Contoh karya tulis ilmiah biologi sma

Pengertian Artikel, Tujuan, Ciri-Ciri, Struktur, dan Contohnya

2024.04.07 12:30 CSazub Pengertian Artikel, Tujuan, Ciri-Ciri, Struktur, dan Contohnya

Pengertian Artikel – Bagi Kamu yang mempunyai kebiasaan membaca, terlebih lagu bacaan nonfiksi, pasti Kamu sering mendengar kata atau istilah artikel. Artikel sendiri sangat mudah untuk ditemui dalam kehidupan sehari-hari, baik dari majalah, koran, dan media online. Mungkin Kamu sadar atau tidak, bahwa sekarang ini Kamu sedang membaca sebuah artikel.
Selain itu, bagi Kamu yang pernah mengerjakan tugas atau proyek karya tulis ilmiah, pasti Kamu sudah terbiasa mencari artikel ilmiah melalui mesin pencari Google. Melalui Google, ada banyak sekali jenis artikel yang dapat Kamu temukan dengan sangat gampang, mulai dari Google Scholar, Scopus, dan lain sebagainya.
submitted by CSazub to u/CSazub [link] [comments]


2024.04.06 17:49 Sensitive_Chair_8842 HAve guys

Dalam keadaan hari-hari biasa, ketika hal tersebut terjadi maka seseorang dapat mengatasi hal tersebut dengan cara mencoba meningkatkan kembali hormon serotonin yang rendah saat bangun tidur. Makananyang tinggi triptofan seperti masakan dari ikan segar, pisang dan cokelat adalah contoh yang sudah terbukti secara ilmiah dapat meningkatkan kadar serotonin di otak.

Tidur Setelah Sahur dan Gangguan Mood
Memang tidak ada ketentuan Islam yang melarang untuk tidur kembali setelah sahur, tapi menengok anjuran Rasulullah SAW yang menyatakan bahwa sebaiknya mengakhirkan sahur sepertinya hal tersebut merupakan suatu pesan bahwa setelah sahur kita disuruh menunggu subuh untuk menjalankan shalat subuh. Jika kita tidur setelah sahur ataupun waktu sahur yang terlalu cepat sehingga tertidur kembali potensi untuk terlewatnya shalat subuh menjadi lebih meningkat.



Konten ini telah tayang di Kompasiana.com dengan judul "Sering Tidur Habis Sahur? Waspada Gangguan Mood Pagi Hari", Klik untuk baca:
https://www.kompasiana.com/meldyelfa/576c1435c923bd210ae2ddb9/sering-tidur-habis-sahur-waspada-gangguan-mood-pagi-hari

Kreator: Meldy Muzada Elfa



Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tulis opini Anda seputar isu terkini di Kompasiana.com
submitted by Sensitive_Chair_8842 to u/Sensitive_Chair_8842 [link] [comments]


2023.11.07 22:30 Xenoryzen_Dragon Mengenal Program Kuliah Setahun Diploma D1 Di Indonesia

Program Diploma Satu (D1) adalah salah satu jenjang pendidikan tinggi pada program vokasi yang paling singkat masa studinya. Pelajar yang memilih program diploma satu (D1) memiliki masa studi kuliah selama satu tahun atau 2 semester dengan bobot studi yang berjumlah 36 SKS (Satuan Kredit Semester). Adapun masa studi paling lama untuk program ini adalah 2 tahun.
Karena program diploma mempersiapkan tenaga yang dapat menguasai suatu kemampuan tertentu, maka bobot perkuliahan praktikum jauh lebih banyak daripada pembelajaran secara teori. Mahasiswa D1 wajib menyelesaikan tugas akhir berupa kerja praktik dan karya ilmiah sebagai syarat kelulusan. Gelar yang diterima oleh mahasiswa yang lulus program diploma 1 adalah Ahli Pratama (A.P.).
Beberapa contoh program studi jenjang D1 yang tersedia di berbagai perguruan tinggi di Indonesia antara lain: Jurusan Pajak, Jurusan Kepabeanan dan Cukai, dan Jurusan Kebendaharaan Negara di Politeknik Keuangan Negara. Selanjutnya adalah Jurusan Perhotelan di Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti, dan Jurusan Teknik Informatika di Akademi Komunitas Negeri Pacitan.\
https://campus.quipper.com/kampuspedia/program-diploma-satu-d1
Bagi ente yang udah nganggur bertahun tahun walau udah kuliah s1/s2 dan habis puluhan juta...........jalan terbaik kuliah lagi di Program D1 hanya setahun plus magang selama 6 bulan di bidang mekanik seperti Teknik HVAC, Teknik otomotif, Teknik Listrik, Teknik Mengelas, Teknik Tenaga Surya, Mekanik Mobil Listrik/EV Repair, Mekanik Tenaga Angin, Teknik KomputeIT, Teknologi Pertenunan, Logisitik, Pengelolahan Limbah, Desain Produk Industri, Pemintalan, Dll
Dgn Skill D1 Minimal bisa buka usaha sendiri/bengkel mekanik independent, alternatif lain bisa ambil Kursus di BLK umumnya 3 bulan pelatihan
submitted by Xenoryzen_Dragon to indonesia [link] [comments]


2023.02.12 10:18 Hidupsulitmatielit List panutan orang pada masanya sebelum kegocek

Karna wa gabut, wa bikinin list orang2 yang dulunya untouchable, adored, well liked, pokoknya gaboleh lu kritik, sekarang malah jatoh dan jadi unlikable. Hiwigo!
1. Harun Yeehaw
Anak 90an sapa yang ga kenal "scholar and preacher" satu ini? Nama doi naik karna buku dan kasetnya soal anti-evolutionist, pake dasar agama dicampur "science". Dulu jaman wa smp-sma, nih orang terkenal bat sampe omongannya sering dikutip guru ipa (mind you, wa dulu smp di negeri rsbi, mayoritas guru udah s2).
Abis ketangkep gara2 jadi sex cult leader sama fraud, baru deh orang2 berani kritik buku doi sebagai buku teori konspirasi.
Dulu, lu kek ga boleh mempertanyakan atau kritis soal "teori ilmiah" seorang Harun Yahya, pokoknya terima aja.
*Doi dipenjara 8rb tahun btw💀☠
2. Yilong Ma
Hear me out, tolong jangan didownvote dulu🙏. Jaman awal2 doi di paypal sama space x, banyak yang kagum karna image doi sebagai pengusaha muda pinter yang punya tujuan mulia (Sapa inget meme👏 review👏 bareng Elon Musk?)
Awal kejatuhan doi menurut wa sih pas di tesla abis ngekick 2 founder aslinya (licik kek betrayal Edison ke Nikola Tesla). Abis itu ngatain penyelamat anak di goa thailand sebagai pedo karna prototype doi ditolak. Terus blunder nft cryptoshit sama tunnel loop pake mobil. Terakhir, urusan beli dan ngurus twitter karna keceplosan ngetwit.
Sebenernya kinerja sama kepemimpinan doi bahkan dari awal2 di paypal udah dipertanyain. Sifat doi tuh moody-an, narcissistic, egocentric, suka pecat tanpa sebab, nidurin karyawan sendiri, dll. Tapi, sama kek Harun Yahya, orang2 baru kritik pas ketipu nft crypto scam itu. Siap2 diratio fanboynya kalo berani ngekritik doi pas 2006-2018.
3. Pdip versi lite
Tahun politik tuh tahun yang paling malesin sih emang, tapi dulu muncul suatu partai yang isinya masbro dan mbaksis yang dikira bakal jadi dark horse perjuangan anak muda.
Gak banyak yang bisa wa tulis kecuali pada akhirnya kalo di politik, ideologis bakal tunduk akan realita. In the end, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) nyepong penguasa dan malah berat sebelah. Yang dirugiin adalah pendukung awal yang naif dan polos lol.
4. Nas Daily
Jangan terlalu percaya orang yang pencitraan positif dan smiley. Sapa tau cuma mau nutupin sifat aslinya yang arogan, ignorant, manipulatif, dan oportunis. Seenggaknya itu yang wa simpulin dari seorang Nuseir Yassin.
Doi content creator lulusan Harvard yang mayoritas videonya positive vibes dan inspirasional. Walau sekarang somehow masih "relevant" dan ga terdampak cancel culture (disambut kemenpar sama masuk WEF), tapi udah banyak kontroversi yang bikin citranya jatoh. Dari awal doi disrespectful ke petani kakao, twitwar sama jurnalis terkenal, eksploitasi kesenian tatto filipina (whang-od), ngatain orang asia tenggara terlalu overproud, ngepromosiin SBF, sampe glorifying gentrification di bali.
Dah segitu dulu dari wa. Mungkin masbro dan mbaksis di sini mau nambahin lagi daftar kejatohan image orang2 di atas? Atau mau nyanggah juga sabi sih.
Wa kepikiran nambah list blunder gowjeknya mas mentri "hyper-experiment the hell out of everything you do", Pakde dan dinasti politik anaknya, Mardigu(?), Duo Botak Dedi Cahyadi Kobuset dan Bottom G Andrew Tate, sama terakhir chef bebelac yang kemaren pake race card, tapi wa males nulis hehe🤡
Edit: lupa nambahin trio politisi sok asik (Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, sama Ridwan Kamil), Budiman Sujadmiko yang dulu ditahan karna jadi aktivis 98, Reza Arap gamer jelek, Mario Teguh, Aa Gym, Ricky Elson, Kanye West.
submitted by Hidupsulitmatielit to indonesia [link] [comments]


2023.02.03 07:10 PutridAccountant713 Contoh Kata Pengantar Singkat Untuk Makalah, Proposal, & Karya Ilmiah

submitted by PutridAccountant713 to ViralContents [link] [comments]


2022.03.31 04:27 RandomizedID justified or not, what's the worst dick or assholey move you've ever done? konteksnya bebas (pendidikan, kantor, keluarga), tp please jabarin kenapa lu lakuin itu dan apa dampaknya buat lu dan pihak yg terlibat.

I'll go first.
Although gue berapa kali ngejahatin orang (jaman gue rekrutment), gue gak merasa itu assholey moves. Contohnya: freshgrad yg rese entitled, gue masih kasih kesempatan utk wawancara cuman biar bisa gue roast on site.
Tapi taun lalu... i finally did it. 😅😅 jadi ada sepupu jauh yg gue gak suka (gak suka keluarganya, dan dia juga agak2 ngesok sih). Contoh perilaku yg nyebelinnya: dulu waktu dia SMA ikut extra fotografi, tp gak punya kamera... jadi dia n nyokapnya ke rumah, mo minjem kamera dan lensa. Waktu itu gue udah punya camera 2 (yg lama entry banget n yg lebih baruan gitu), tp adek gue yg di SMP juga lagi mulai picking up fotografi jadi gue kasih kamera lama utk adek... sama lensa entry banget (55mm dan 24-85mm klo gak salah). Tp karena kasian anak ini mo fotografi n adek gue juga masih bocah, nyokap bilang... "boleh, tp tiap minggu dibalikin yaa" (jadi pinjemnya pas mo extra aja). Terus ngambek dia n nyokapnya, nyeletuknya "klo mo minjemin jangan setengah2 dong."
Tengah taun lalu, anaknya ngehubungin gue. Baru lulus s1 dan mo cari kuliah ke LN, idealnya klo gak s3 (fast-track) di US, yaa di Jepang or Jerman. Alesan ngehubungin gue, doi pengen gue nulis surat rekomendasi utk dia. Mind this, gue gak pernah proyekan sama dia... gue emang fokusnya di psikometrik, jadi kuat statistiknya dan dia mau program yg juga kuat statistiknya (kek ekonometrik). Fuck this shit, idek you. Gue tolaklah yaa request dia... gue bilang, "gue emang kenal lu dr kecil, tp gue gak kenal lu dalam akademik or profesi. Lebih enak lu minta dr dosen pembimbing or wali aja." Trus udah dia mundur.
Gue pikir kejadiannya berakhir disana. Ternyata tidak. Ujuk2, kasus gue nolak ngebantu dia ternyata muncul di grup FB keluarga besar estranged bokap deadweight gue. Gue, nyokap, dan keluarga inti kami kan cuman ketawa2 aja... kok bisa sampe rame gini. Terus, berapa hari kemudian, si bokapnya anak ini nelp gue... lengkap sama nyokap dan si sepupu gue ini. Intinya, mereka protes, "kok saudara gak mau saling bantu... bla bla bla" [ofc gue mikir juga, waktu nyokap-gue-n adek2 gue susah... keluarga mereka juga gada yg bantu]. Anyway, akhirnya gue males ladenin mereka dan gue bilang, oke gapapa gue tulisin deh rec-let buat doi, masukin aja email gue di aplikasinya.
Here's where it gets assholey from my part. Di semua program yg dia daftar (i kid you not, 12 programmmms cuy), gue tulis: i don't really know this individual in academic or professional settings. He is my cousin, and that's the only reason he asked me to write his reclet. I have tried to declined, but it he and his family still insisted. So in a way, i can say that he personally has good support system and stubborn streak that may have helped him achieve his goals.
Anyway, up to today... he got rejected from all programs... dan nyokapnya ngechat nyokap gue mgg lalu, nanya kok anaknya gak keterima kuliah lanjut... ofc, masih nyebelin juga krn doi implied, "si random aja keterima, kok anak gue enggak." 😅😅
submitted by RandomizedID to indonesia [link] [comments]


2021.05.18 16:59 einsteinseo Gimana cara buat skripsi ?

Salah satu syarat yang harus dilalui oleh seluruh mahasiswa agar dapat lulus dan meraih gelar sarjana S1 mereka, khususnya di Indonesia, adalah dengan menyelesaikan skripsi.
Skripsi dapat dikatakan pula sebagai penelitian akhir yang menjadi salah satu bukti bahwa sang mahasiswa sudah cukup mumpuni dalam menguasai ilmu-ilmu yang dipelajari selama di bangku kuliah.
Nah, maka dari itu setiap mahasiswa wajib hukumnya untuk mengetahui langkah-langkah membuat skripsi itu sendiri.
Meskipun sebenarnya hampir semua Perguruan Tinggi akan memberikan buku panduan skripsi untuk para mahasiswa yang mengambil mata kuliah satu ini, tentu akan ada beberapa dari kalian yang kurang paham dengan buku panduan tersebut karena sebagian besar ditulis menggunakan bahasa akademik.
Karena hal itulah di dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang langkah-langkah membuat skripsi dengan menggunakan bahasa yang lebih sederhana dan mudah dimengerti. Yuk simak bersama-sama.
note : kalo ga sanggup buat skripsi, pake jasa skripsi ekonomi dan akuntansi aja !

Langkah-langkah Membuat Skripsi

1. Tentukan Judul dan Topik

Menentukan judul dan topik merupakan langkah-langkah membuat skripsi yang tidak boleh terlewatkan.
Hal tersebut dikarenakan banyaknya ilmu-ilmu yang dipelajari selama di bangku kuliah membuat setiap mahasiswa harus memfokuskannya penelitian mereka ke satu teori saja. Agar hasil penelitiannya pun menjadi lebih mendalam.
Biasanya, dosen akan memberikan kebebasan penuh kepada mahasiswa untuk memilih tema yang paling mereka sukai atau yang dianggap paling mudah. Selain itu, judul dan topik penelitian juga bisa kamu ambil dari berbagai perspektif dan sudut pandang.
Kamu bisa mencari isu-isu yang tengah menjadi trend di kalangan masyarakat agar ketika waktunya terjun ke lapangan untuk mengambil data, kamu bisa mendapatkan hasil yang memuaskan karena banyaknya sumber yang bisa digunakan.
Walaupun misalkan kamu ingin membuat penelitian yang lebih berbobot agar bisa mendapatkan nilai yang baik, jangan lupa untuk mempertimbangkan tingkat kesulitannya pula.
Apakah topik ini memungkinkan untuk kita teliti? Lalu apakah sumber datanya akan mudah untuk didapat? Dan apakah dalam pengambilan data kamu akan membutuhkan dana dan waktu yang lebih?
Nah, apabila kamu memiliki prinsip “yang penting cepat lulus, tanpa perduli bidangnya apa”, kamu bisa mencari topik penelitian yang tidak membutuhkan waktu lama, sederhana, dan murah meriah.

2. Pilihlah Dosen Pembimbing yang Menguasai Topik Penelitian mu

Mungkin poin satu ini sering kali dianggap sepele oleh kebanyakan mahasiswa. Tetapi nyatanya, dosen pembimbing juga memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap kelancaran dalam langkah-langkah membuat skripsi yang kamu lakukan lho.
Perlu diketahui bahwa walaupun berstatus sebagai dosen, sebenarnya tidak semua dosen menguasai mata kuliah yang diajarkan. Ada dosen yang lebih menguasai kualitatif, ada pula dosen yang lebih menguasai kuantitatif.
Ada dosen yang menguasai topik tertentu, tetapi ia justru tidak terlalu menguasai topik lainnya.
Nah, hal ini perlu menjadi bahan pertimbanganmu. Salah memilih dosen bisa menimbulkan kendala baru selama pembuatan skripsi.
Maka dari itu, jangan hanya memilih dosen dari cara mereka mengajar di kelas saja, tetapi juga pilihlah dosen yang menguasai topik penelitian mu.

3. Membuat Kerangka Penelitian

Langkah-langkah membuat skripsi selanjutnya yaitu dengan menyusun kerangka penelitian. Biasanya, beberapa Perguruan Tinggi memiliki standar yang berbeda-beda mengenai kerangka penelitian ini, yang mana hal satu ini sudah bisa kamu dapatkan di buku panduan yang diterbitkan oleh setiap fakultas. Namun secara umum, kerangka penelitian mempergunakan:
Isi dari bab satu biasanya mencakup latar belakang penelitian, permasalahan, tujuan penelitian, manfaat dan kegunaan penelitian, hipotesis dan sistematika penulisan.
Nah, tugas kamu di bab 1 ini adalah melengkapi poin-poin yang baru saja disebutkan dengan didasari oleh topik dan teori-teori yang kamu gunakan di dalam penelitian.
Biasanya, di dalam satu skripsi kamu akan diminta untuk menggunakan satu sampai dua teori untuk bisa dihubungkan ke dalam topik penelitian yang kamu pilih. Pada nantinya, teori-teori tersebut harus kamu kaitkan mulai dari bab 1 sampai dengan bab 5.
Tidak hanya teori, kamu juga akan diminta untuk menggunakan sumber-sumber dari jurnal, buku, internet, hingga karya ilmiah terdahulu untuk menunjukan validitas data di dalam peneli
Apabila di bab 1 kamu masih bisa memasukan kutipan dari internet, maka di bab 2 kamu harus benar-benar menggunakan sumber resmi saja, seperti jurnal, karya ilmiah, buku, serta berbagai literatur dan dokumen penting pemerintahan.
Meskipun kamu juga tetap bisa mencarinya di internet, tetapi pastikan bahwa sumber yang kamu gunakan terpercaya dan bisa dipertanggungjawabkan.
Bab 3 adalah Metode Penelitian, yang artinya adalah kamu harus menjelaskan secara rinci mengenai apa dan bagaimana kamu akan mengumpulkan data untuk penelitian, mulai dari alat-alat yang akan digunakan, metode penelitian, hingga analisis data.
Nah, bab 4 biasanya memberikan lebih banyak kendala dibandingkan bab-bab sebelumnya bagi para mahasiswa.
Hal tersebut disebabkan pada bab 4, kamu diharuskan untuk menjelaskan secara mendalam mengenai hasil temuan dan pembahasan yang sudah kamu lakukan, dan apakah hasil temuan tersebut sesuai dengan hipotesis yang sudah kamu buat di bab 1 sebelumnya.
Biasanya bab 4 akan memakan lebih banyak halaman dan memberikan pengaruh yang cukup signifikan terhadap ketebalan skripsimu pada nantinya.
Sementara itu untuk bab 5 kamu hanya perlu memberikan kesimpulan dan saran dari hasil penelitian yang sudah kamu lakukan.

4. Sidang Proposal

Sebelum mengarah ke sidang akhir, biasanya para mahasiswa harus melalui langkah-langkah membuat skripsi satu ini. Sidang proposal menjadi penentu apakah topik yang kamu pilih disetujui atau tidak.
Berhubungan dengan poin sebelumnya mengenai kerangka penelitian, di sidang proposal ini kamu hanya diminta untuk membuat proposal dari bab 1 sampai dengan bab 3 saja. Sedangkan untuk bab 4 dan bab 5 barus bisa kamu tulis setelah melalui sidang proposal ini.
Biasanya di sidang proposal, kamu akan dihadapkan oleh dosen pembimbing 1 yang mana merupakan dosen pembimbingmu sendiri dan dosen pembimbing 2 yang pada nantinya akan menjadi penguji dari sidang skripsi yang akan kamu lakukan.
Dalam hal ini, kamu harus meminta persetujuan dari kedua dosen pembimbing terlebih dahulu mengenai isi dari skripsi yang kamu buat.
Pada nantinya kedua dosen masing-masing akan memberikan catatan perubahan maupun perbaikan yang harus dilakukan sang mahasiswa agar isi skripsi menjadi lebih sempurna.

5. Bimbingan dan Revisi Proposal

Langkah-langkah membuat skripsi setelah sidang proposal adalah melakukan bimbingan dan revisi. Apapun hasil kamu dapat ketika sidang proposal, kamu tetap harus melakukan bimbingan dan revisi.
Hanya saja di tahap ini, kamu tidak hanya melakukan bimbingan dengan dosen pembimbing utama saja, melainkan juga dengan dosen pembimbing 2 atau yang pada nantinya akan menjadi penguji di sidang akhir.
Biasanya inilah yang sering kali dilupakan dan diabaikan oleh mahasiswa. Banyak mahasiswa yang sudah merasa aman ketika sidang proposal berakhir.
Padahal, skripsi mereka sama sekali masih jauh dari kata selesai. Perlu diketahui bahwa di langkah-langkah membuat skripsi inilah justru kamu akan berhadapan dengan perjuangan yang sebenarnya.
Kamu akan mulai sering datang ke kampus untuk bimbingan, menghabiskan waktu di perpustakan kampus, turun ke lapangan untuk wawancara atau menyebar kuesioner, hingga sering begadang untuk menyelesaikan revisi.
Di dalam tahap ini kamu benar-benar diharuskan untuk menjaga stamina dan kesehatan agar tidak gugur di tengah-tengah.
Proses ini harus kamu lakukan sampai antara dosen pembimbing 1 dan dosen pembimbing 2 sudah memberikan tanda tangan persetujuan bahwa kamu siap maju di sidang akhir.
Apabila kedua dosen sudah memberikan tanda tangan, maka dapat dikatakan bahwa skripsimu sudah di posisi 90 persen dari sempurna.
Lalu, bagaimana dengan 10 persen lainnya? 10 Persen adalah persiapanmu ujian Meja Hijau atau sidang akhir yang menjadi penentu apakah kamu berhak mendapatkan gelar sarjana atau tidak.

6. Penulisan dan Penjilidan

Penulisan dan penjilidan harus sesuai dengan format yang telah dikeluarkan dan ditentukan oleh masing-masing Perguruan Tinggi, termasuk warna dari sampul serta sistem penulisan.
Nah, langkah-langkah membuat skripsi satu ini biasanya sudah bisa kamu lihat di dalam buku panduan skripsi yang diterbitkan oleh setiap fakultas. Jadi, jangan lupa untuk membaca buku panduan itu dengan sungguh-sungguh ya.

7. Sidang Sarjana atau Ujian Skripsi

Ini dia langkah-langkah membuat skripsi terakhir, yaitu sidang ujian akhir. Di dalam tahap ini, kamu diharuskan untuk mempersiapkan presentasi sebaik-baiknya dan pastikan bahwa kamu benar-benar menguasai materi yang terdapat di dalam skripsi.
Biasanya, materi-materi yang harus kamu persiapkan adalah: a. Penguasaan dari judul skripsi dan latar belakang, b. Apa yang menjadi permasalahan di dalam skripsi tersebut, c. Metode apa yang dipergunakan dalam melakukan penelitian, dan d. Hasil dari temuan dan pembahasan.
Selain itu, pastikan bahwa kamu memberikan jawaban yang memuaskan ketika sang penguji memberikan mu pertanyaan.
Kamu tidak perlu memberikan jawaban yang bertele-tele, justru penguji tidak akan suka dengan itu.
Berikanlah jawaban yang singkat, padat, dan jelas dari seluruh pertanyaan yang diajukan. Dan yang pasti, tunjukan bahwa kamu benar-benar menguasai materi yang dipresentasikan.
Tidak hanya itu, biasanya presentasi akhir memiliki waktu yang telah ditentukan, dan apabila presentasi kamu melebihi waktu tersebut, maka dosen akan memintamu untuk berhenti dan tidak melanjutkan presentasi lagi.
Maka dari itu, pastikan pula bahwa presentasi yang kamu lakukan tidak melebihi jangka waktu yang telah ditentukan.
Ketika kamu sudah memasuki tahap mendekati sidang skripsi akhir, tentu saat itu pula kamu sudah harus memikirkan mengenai hal-hal apa saja yang ingin kamu lakukan ketika lulus nanti.
Mulai dari melamar pekerjaan, menentukan jenjang karir, hingga persiapan S2 bagi yang ingin melanjutkan pendidikannya.
Nah, persiapan untuk S2 itu sendiri tidak hanya meliputi pilihan Universitas dan programnya saja lho, melainkan juga harus mempersiapkan dana yang cukup.
submitted by einsteinseo to u/einsteinseo [link] [comments]


2021.04.08 03:12 RandomizedID Tentang Beasiswa S2 n S3 non-LPDP dan non-dinas. [Saya abis diminta untuk jadi narsum tentang beasiswa, barangkali ada yang minat/perlu, berikut repost and edited materi gue. Mayoritasnya untuk kuliah ke-LN, tapi ada beberapa hal yang bisa dipake untuk cari beasiswa dalam negeri kok].

note: akun reddit gue yg ini baru, jadi comment2 gue gak langsung kepublish di post2 ini. I'm trying to reply as pronto as I can, but if there's a delay, please bear with me.

WHY Non-LPDP dan Non-Dinas (disini, Fullbright, Erasmus, masuk ke kategori dinas)?
Tergantung orangnya (baik kepribadian dan situasi kondisi pribadi), untuk saya sendiri, LPDP/Dinas itu ada ikatan dinas 2N+1 dan saya belom kebayang apakah saya mau pulang ke Indonesia dan mengabdi disini. Fokus karir saya selalu riset, sementara itu, riset di Indonesia relatif gak berkembang. Jadi kalau saya ikut LPDP, saya akan kehilangan kesempatan untuk post-doc dan belajar riset lebih lanjut. Selain itu, kondisi saya saat itu udah tunangan dengan non-WNI, jadi setelah ngobrol sama dosen/boss/babeh penelitian (yang kebetulan salah satu pejabat assessor LPDP), beliau nyaranin gue untuk cari yang non-LPDP juga.
Intinya, kalau kamu udah yakin bahwa mengabdi di Indonesia adalah pilihan yang tepat, mendingan coba LPDP dulu sebelum coba yang lain. Apalagi untuk kuliah S2, mengabdi 5 tahun di Indonesia (sekalian untuk membangun karir) is usually the best option.

Kalau bukan LPDP or Dinas, Beasiswanya dari mana?
Mayoritas beasiswa non-LPDP/Dinas berasal dari Univeristas atau Research Institutenya (mostly in Europe) sendiri. Tapi tahun 2021 ini (or maybe 2020 lalu), LIPI juga udah ngadain beasiswa by-research, setau gue, masiswa yg ikutan by-research juga dapat stipend dari LIPI.
Untuk kuliah gratis S2 or S3 eropa, coba cari tahu negara2 seperti German. Untuk S2 German, kuliah selalu gratis, biaya hidup yang agak susah. Kalau bisa dapat mini-job (10hrs a week) dan punya tabungan seenggaknya untuk satu semester disana, kemungkinan VISA masih bisa dapet. Tapi inget, mini-jobnya harus udah jelas dulu. Sementara itu, untuk S3, mayoritas research labs in university biasanya bisa ngegaji mahasiswa kok. Kadang mahasiswa kerja di lab sebagai RA (teknisi dll) or kerja sebagai TA (teaching assistant, kalian bakal ngajar lab untuk anak2 s1). Beberapa negara eropa lainnya juga punya sistem seperti ini untuk mahasiswa S3, contohnya: Univ of Amsterdam, beasiswanya dapat dalam bentuk tuition dan RA/TAship for stipend.
Untuk kuliah gratis di US, mayoritasnya untuk mahasiswa S3 doang. S3 di US kebanyakan gak perlu S2 dulu, sistemnya fast-track, 5tahun untuk Master and PhD. Untuk program-program ini, mahasiswa biasanya dipekerjakan juga sebagai RA/TA. Disini kalian dapat beasiswa untuk tuition, RA/TA for stipend. Saat kuliah, 30% waktu kalian bakal kepake untuk RA/TA (entah ngajar, ngelab, office hours, etc), 30% untuk kelas dan nugas, 40% untuk riset kalian sendiri.
Untuk kuliah gratis di Indonesia, yang gue tau mayoritasnya untuk S2, beasiswa dalam bentuk tuition tapi gak dapat stipend. Sejujurnya gue gak tau detailnya bagaimana dan formalnya seperti apa, rasanya gak banyak univ2 Indo yang publish tentang program beasiswa mereka. Tapi gue tahu bahwa banyak univ/prodi punya budget untuk beasiswa mahasiswa S2, apalagi universitas swasta. Sering kalli untuk hal ini calon mahasiswa harus ngehubungi prodinya sendiri, tanya apakah ada beasiswa untuk mahasiswa S2. Dalam kasus gue pernah dapat tawaran beasiswa S2 dari SBM ITB, UNPAR, Marnatha, UNTAR, UGM, UPH karena gue peneliti (i guess they need publications, gue publish paper di jurnal2 SCOPUS etc tiap tahun ada jadi mungkin ini salah satu faktor). Gue gak pernah ambil beasiswanya sih, jadi sejujurnya gue gak tau gimana sistemnya, tapi saran gue, kalau kalian dapat beasiswa yang gak umum seperti ini, cobalah bikin surat kontrak beasiswa antara kalian dan prodi. Biasanya yang nawarin ini adalah dosen2 tetua di prodinya, jadi mungkin ada baiknya kalau kenalan dengan mereka (maybe?).

What to Expect, Work/Study as non-LPDP/non-Dinas Scholarship Students.
Again, semua tergantung universitasnya dan status kalian. Berikut pengalaman2 gue.
As visiting researcher di New Zealand (Messey U), Mar-Jun 2017. Stipend gue (sekitar NZD 900) per bulan, tapi gue nebeng tinggal sama Professor yang punya Lab. Gue kerja di Lab biasanya ngikutin jadwal beliau, sekitar jam9 sampe jam4/6 sore tiap senen-jumat, kadang-kadang libur.
As visiting researcher di German (Ludwig-Maximillian Univ), Sept 2017-Jan 2018. Gue dapat stipend (sekitar 1,050 euro per bulan) dari lab, gue boleh ikut kelas (i took 2 classes) dan mayoritas waktu gue abis di lab. Masuk Lab jam 8-8.30, pulang sekitar jam4-6, tergantung banyak kerjaan atau enggak. Jumat kebetulan gue gak kerja, jadi biasanya weekend gue maen sama grad-students disana.
As visiting researcher di Jepang (Kyoto-U dan JDI), Mar-Sept 2018. Gue dapat stipend dari lab juga (sekitar 95,000 yen per bulan). Kalau gak salah, Jepang punya banyak beasiswa dari MEXT or JASSO juga. Gak boleh ikutan kelas, kecuali untuk audit dan kelas bahasa. Masuk Lab jam8-8.30 dan pulang jam6/7an, senin-jumat.
As Visiting researcher di Abu Dhabi (NYU, not sure if I should conclude this as US or AD), May-Aug 2019. Stipend gue dapat dari Lab, USD1,200 sebulan, tapi gue dapat boarding dll. Gue bisa ikut kelas juga, tapi saat itu belum ada grad-level classes jadi tetep wee gue gak ikut kelas.
As PhD student di US, sejak Aug 2019 (please remember, ini tergantung univeristasnya juga, tapi yaa mayoritas hidup kami gini-gini aja) (Gue di Connecticut, nama Univ disensor for anonimity reason). Stipend sekitar 24k-28k per 9-bulan (academic year). Jangan kaget kalau kamu kerja plus kuliah sekitar 60-70jam per minggu. Gue ngantor jam 7.30-8 pulang jam 5-6sore, terus baca jurnal/ngerjain tugas sampe jam9-10 malem. Tiap semester gue ambil 2 kelas (per minggu: 6jam di kelas, minimal 6jam belajar mandiri), ngajar 4-praktikum sections atau 2-praktikum plus 1-kelas (4jam kelas, 4jam office hours, 4-6jam prep materi, 6-8jam grading etc), seminar prodi (3jam per minggu), lab-meeting (3jam per minggu), dan riset independen (gak keitung berapa jamnya, mulai dari nyari jurnal, bikin alat ukur, managing ambil data, ngurusin data, dan terutama nulis dan revisi paper). Gue termasuk beruntung sebagai TA, kebanyakan temen-temen gue yang RA (mereka gak ngajar) relatif harus kerja di lab sekitar 35-40jam per minggu, ini tuh diluar riset independent mereka.
Ini beda jauh sama kebanyakan mahasiswa LPDP/Dinas. Biasanya mahasiswa LPDP/Dinas yang gue tau gak harus ngeRA/TA, kalaupun mereka RA/TA, biasanya ini sebagai degree requirement dan mereka gak dibayar lagi, biasanya mereka perlu alokasi 4-6jam per minggu per semester. Ini juga jadi salah satu keuntungan LPDP, kalian bakal punya lebih banyak waktu untuk independen riset, jalan-jalan, dsb.

What To Prepare.
Again, kasus tiap orang biasanya beda. Tapi dalam kasus gue, yang sangat amat membantu gue untuk dapat beasiswa adalah research experience. Mayoritas Univ nyari mahasiswa yang bakal publish, like it or not... most post-grad life can be summed up as "publish or perish". Gue udah cukup aktif dalam riset sejak jaman kuliah (part-time gue ngurusin data di satu konsultan management dan market research), jadi waktu jaman bikin skripsi pun, gue gak empot-empotan mikirin data gue mau diapain dll. Setelah gue lulus (tahun 2013), gue tetep berkutat di bidang yang sama (management gue fokus ke HR untuk rekrutment dan development, market research gue fokus ke etnographic study). Gue gak pernah kerja fulltime, karena gue bisa belajabekerja lebih banyak dengan ngefreelance dimana2. Sejak 2014, gue mulai sering dapat proyekan dengan pemda2 pelosok dan NGO luar negeri (e.g: WHO, UNESCO, JDI). Sejak 2017, gue minimalisir freelancing di bidang industri dan fokust ke riset akademis (emang lebih minat kesini juga. Enaknya, sbg academic researcher (gue kerja sama dengan ITB, Atmajaya, UNPAD, etc) gue bisa publish paper dan gampang dapat data karena gue bisa nitip kuesioner ke kuesioner lab2 ini. Gak enaknya, penghasilan bulanan gak akan pernah sebesar penghasilan jaman kerja di industri (contoh: jadi researcher di SBM ITB, per proyek paling dibayar 2-4jt per bulan (sekitar 20-30jam per minggu), sementara itu, dengan effort dan alokasi waktu yang sama, kalau proyekan di industri gue bisa dapat seenggaknya 6-12jtan). But anyhow, riset-riset akademis ini enaknya bisa ketemu banyak profesor dari univ2 di negara lain, disinilah gue dapat banyak koneksi dan undangan untuk jadi visiting-researcher (biasanya mereka nawarin untuk kuliah lagi jadi anak bimbingannya, dalam kasus gue, gue masih doyan jalan-jalan gonta-ganti lab, jadi gue request visitation aja)... dan ini juga caranya gue dapat rekomendasi untuk daftar S3.
Selain research experience yang memadai, lu wajib punya reseach outlook yang jelas juga. Gak bisa asal daftar dan ngirim aplikasi ke banyak prodi, siapa tau dapet satu. Disini, lu harus ingat bahwa yang menentukan apakah you're a good investment (they are investing a lot of money to pay for your tuition and stipend, even though it's basically cheap labour lol) adalah prodi dan lab. Ketika aplikasi lu diterima, Profs dari prodi itu akan ngeliat, apakah lu cocok untuk lab mereka atau enggak. Masing-masing prof ini bakal milih calon2 yang cocok dengan lab mereka, setelahnya mereka ranking yang mana yang paling oke dan request hire satu atau dua orang (tergantung budget) ke prodi. Prodi kemudian nentuin apakah worth it atau enggak untuk ngehire calon-calon ini berdasarkan standard prodi. Intinya, lu bisa aja diterima sama lab tapi ditolak prodi OR bisa juga lu bisa masuk ke prodi, tapi gak ada lab yang mau ngehost lu. Ini dia kenapa research outlook lu harus jelas dan sebisa mungkin sejalan dengan lab(s) yang ada di prodi yang lu mau... kalau misalnya gak sejalan sama sekali dengan prodi yang lu mau, lu harus bikin riset lu semenarik mungkin sampe siapapun yang baca proposal lu bakal pengen ngehost lu.
Hal lain yang wajib bisa itu Bahasa Inggris. Majoritas prodi minta standar iBT 90-100 (sekitar 588-600 pBT), apakah ini akurat? Sejujurnya enggak, ini bener-bener requirement minimum yang diminta oleh prodi. Kalau kalian apply ke prodi tanpa beasiswa dr Univ, yes, nilai yang kurang-kurang dikit gak akan dipeduliin, tapi kalau kalian ngincer beasiswa... apalagi kalau harus RA/TA, gak jarang prodi demand TOEFL score minimal 110 (speaking minimum 27/30).
Selain itu, tergantung negara dan tergantung universitasnya, gak jarang juga diminta GRE score (or GMAT for Business Management). Ini sebernernya seperti TPA (test potensi akademik), cuman dalam bahasa Inggris sih, dibagi jadi 3 seksi: Quant, Verbal, and Writing (W section is kinda overlooked though), nilai masing-masing seksi rentang 130-170. Tergantung Univ/Prodi apa yang lu pilih, standardnya juga makin tinggi. Pada umumnya, kalau aplikasi lu udah kuat, skor 160/170 untuk Quant dan Verbal udah cukup sih, untuk non-English native, biasanya nilai Verbal lebih rendah (150an) pun masih gak terlalu masalah. Untuk prodi2 yang lebih beken/susah (e.g: Ivys, UMich, UChig, CMU, UCLA, etc), gak jarang nilai Quant yang aman itu 168/170 keatas. NOTE: kalau aplikasi lu outstanding (aka extraordinary), nilai GRE sedikit lebih rendah biasanya juga gak apa2.
Faktor lain yang ngebantu banget untuk dapet beasiswa dari univ (terlebih kalau prodi yang lu pilih masuk ke Social Science and Humanistic) adalah third-language proficiency. Ini gak wajib, tapi berdasarkan pengalaman gue, bisa bahasa lain selain Indonesia dan Inggris (dan bahasa daerah, maybe) itu relatif membantu banget. Bukan cuman untuk tinggal di negara itu aja, tapi juga untuk membangun relasi sama researcher2 lain di negara lain. Misalnya, Lab yang lu pengenin ini di US (so English is fine), tapi Lab ini banyak kerja sama dengan Lab2 di Mexico dan Spanyol, artinya kalau lu bisa bahasa spanyol, lu akan lebih gampang untuk keterima di lab ini. Basically, their investment of hiring you has more benefit (or potential benefit) compared to risk. Selain itu, mayoritas akademisi (again, especially in SocSci dan Hum) percaya bahwa multilinguals are superior individuals hehe.
Lastly, contacting a researcher. This point is a bit tricky. Kasarnya, lu bisa aja ngeemail prof tertentu dan nanya yang intinya "hey, lu mau hire gue jadi mahasiswa lu gak?" tapi yaa resikonya juga gede. But then again, gak ada alesannya lu gak coba ngehubungin prof yang lu taksir (naksir akademis please, bukan naksir beneran) untuk tanya apakah dia nyari mahasiswa tahun ajaran ini or enggak dan kalau dia nyari, dia nyari yang seperti apa. Also, perlu diingat bahwa banyak profs yang dapet kek 100emails seperti ini tiap tahunnya, jadi jangan ngarep2 banget juga mereka akan balas lu dan jangan ngerepotin minta update dll sering2. Dalam kasus gue, gue gak pernah to the point nge-email untuk nanya sih, tapi beberapa temen gue ada yang keterima lewat cara ini. Setau gue juga, kalau lu bakal ikut LPDP dan sebagainya, lebih baik juga lu ngehubungin si dosen/lab yang lu pengenin, bilang bahwa lu punya dana sendiri, gimana caranya kalau lu pengen kuliah disana dll (yeah yeah, i know... belom tentu keterima LPDPny juga, tapi kan kalau lu bilang lu udah punya funding, kemungkinan lu keterima di Univnya lebih gede... dan kalau lu udah keterima di Univnya, kemungkinan lu dpt LPDP juga lebih gede cuy). Dari pengalaman visitasi2 gue, banyaknya gue diskusi sama researcher2, dan somehow jadi dikenalin ke kolega2nya, dan lanjut diskusi... dan ujuk2 dapet tawaran riset bareng. Tapi untuk pengalaman daftar S3 gue, kebetulan gue gak ngontak siapa2 dulu, lansung aja daftar ke prodi.

About Finance
Salah satu faktor utama untuk dipertimbangkan kalau kalian mau nyari beasiswa non-LPDP/non-Dinas pada akhirnya UUD (ujung-ujungnya duit). Kalau ikutan LPDP/Dinas, seenggaknya kalian dapat uang untuk relokasi, sementara beasiswa dari universitas... sigh, boro-boro duit untuk relokasi, dibantuin cari tempat tinggal aja udah untung.
Biaya untuk relokasi itu gak kecil, biarpun kalian dapat stipend dari Uni, tetep harus pertimbangkan biaya administrasi, tetek-bengek travel (tiket dll), biaya rental (apalagi kalau gak dapat housing dari pihak uni), dan biaya hidup seenggaknya 2-bulan pertama. Mayoritas univ punya housing service, this is true, tapi seringnya kita gak bisa ngandelin housing service mereka. Alokasi dana gue untuk masing-masing tempat jelas beda, tergantung gue bisa haggle fasilitas apa aja dari Univnya hehe. Terakhir untuk ke US, alokasi dana gue (diluar biaya pendaftaran, test, dll) itu sekitar USD 4,500. Sekitar USD 1,200 abis untuk transport (tiket, VISA/SEVIS dan tetek-bengeknya, biaya dijalan, dan ofc biaya tranportasi dari JFK ke Connecticut). First month rent dan deposit USD 1,800. Beli ini itu untuk apartment, transport bulan pertama (we have subsidized bus card), ganti nomor HP dan pulsa, makan (sumpah gue makan kalo bukan McD, Chinese food, or buah2an doang selama 1 bulan pertama) USD 900. Bulan ke2-3 gue disini, tetep aja besar pasak dari pada tiang. Finance gue mulai stabil setelah bulan ke-5 kalau gak salah.

Which is Harder to Get?
Gue gak bisa bilang yang mana yang lebih susah sih. Tentunya kalau diliat dari pengalaman gue sendiri, gue maunya bilang jelas-jelas lebih susah dapet beasiswa non-LPDP/Dinas. Banyak anak2 beasiswa dari negaranya di US (from Ivy schools), mereka bilang bahwa standard penerimaan mereka jauh lebih rendah dari pada standard mahasiswa lain. Di aplikasi mereka, or sebelum daftar waktu mereka ngehubungin dosen/lab, mereka bilang bahwa mereka udah punya funding dll, jadi dari segi prodi/lab, mereka gak rugi apa2 untuk nerima lu, toh mereka gak bayar apa2 untuk lu. Disisi lain, mereka bahkan bisa mempekerjakan lu gratisan (biarpun gak sampe 20-40jam seminggu lol).
Tapi, disisi lain, gue rasa untuk LPDP pun susah untuk di dapet karena ribet ngurusin ini itunya. Gue beberapa kali ikutan jadi assessornya LPDP untuk tahun 2015 dan 2016, dan rasanya banyak banget tetek-bengek yang harus disediain sama pendaftarnya. Jadi, menurut gue, usaha anak2 yang ikutan LPDP itu juga gak lebih kecil dari usaha yang gue keluarin untuk ngelaman beasiswa sendiri.

Which Country?
Ini adalah salah satu pertanyaan yang super sering ditanyain sama orang2 pengincar beasiswa. TBH, gue gak tahu negara apa yang lebih bagus, semuanya pasti ada plus-minusnya. Misalnya:
Negara apapun di Eropa enaknya lu bisa jalan-jalan, gak enaknya lu wajib belajar bahasa baru (german, prancis, belanda, spanyol, dll).
US, enaknya semuanya bahasa Inggris, networking gampang, setelah kuliah bisa kerja disini 1tahun, bisa join lab univ2 Ivy, banyak beasiswa dan research grants; gak enaknya, budaya kerjanya cukup berat, gaji super kecil, apa2 mahal, wajib nyicil mobil (or pay expensive rent near the bus line).
Jepang, well... jepang is jepang, hidup gue di jepang kek cuman kerja kerja kerja... clubing and drinking.
Australia, lu bisa ke Ausi untuk jadi AuPair dulu (or visa work/vacation, gak tau detailnya sih karena gak pernah pake visa ini juga), terus pelan-pelan baru mutusin kuliah lagi. Gak enaknya? Entahlah, gue belom pernah kerja di Aussie.
NZ, yaa gitu2 aja... rada2 mirip sama filipina sih kesannya. (gue belom pernah kerja di filipina, tapi kalau gue bandingin sama temen yang kuliah s2 di filipina, pengalaman gue visitasi di NZ yang paling mirip). Everything is pretty in NZ tho.
Canada, agak2 mirip US, tapi funded PhD is not that common setau gue. Bagusnya, kalau lu bisa dapet funded-PhD, lu bisa bawa pasangan ke Canada dan pasangan bisa kerja disana. Setelah lulus pun relatif lebih gampang untuk pindah permanen ke Canada.

Pengalaman Daftar Kuliah
Soal daftar gradschool, jangan kaget kalau lu daftar 10, terus cuman keterima 3... or 1. Gue relatif hoki2 aja soal keterima mah, gue jelas2 gak hoki soal duit (hehe... see? UUD). So far, gue pernah ngelamar ke 8-prodi/univ/research insitute, gue keterima di 6 prodi yang ada. IDK if this is relevan, but berikut kronologisnya:
Untuk Academic Year (AY) 2015, gue daftar UCL untuk behavioural economic M.Res/PhD. Gue keterima, full tuition free, tapi gak tau mau bayar biaya hidup gimana. Disini gue kepikirian untuk ikut LPDP, tapi kalau gue ambil LPDP, gue cuman bisa M.Res (LPDP dulu gak nyediain biaya untuk fast-track, gak tau tah kalau sekarang masih gitu juga enggak).
Untuk AY 2016, gue daftar ke-2 univ (LMU dan Humboldt). 1). Humboldt (German) untuk M.S/PhD neuroscience. Gak tau juga kenapa gue daftar untuk neuroscience dan gue ditolak, mentah-mentah. Bahkan gak sampe seleksi tahap 2 aka interview. 2). LMU (German) untuk M.S/PhD learning science (fokus gue ke psikometrik dan assessment). Again, gue keterima. German is free tuition, which is good. Gue dapet mini-job (10hrs a week) di satu research institute deket kampus itu juga. Tapi kemudian tabungan gue dipake untuk biaya pengobatan keluarga, jadi waktu ngajuin VISA gue gak punya cukup duit untuk kesana (kalau gak salah minimal harus punya 4,000 euro untuk biaya 6-bulan dan bukti gue punya kerjaan, tabungan gue saat itu cuman 2,500an, belom lagi untuk tiket dll).
Untuk AY 2019, gue daftar ke 3 Univ dan 2 Research Institute. Untuk semuanya gue ngejer M.S/PhD, fokus penelitian gue ke HCI, terutama untuk psychometric and assessment using Language Analysis, mostly in Cyberspace. Berikut daftar Univ/RInya: 1). MPI Psycholingusitic, Netherland; 2). MPI Informatics (HCI), Germany; 3). NYU, Dept of Psychology, AD; 4). Univ of Michigan, Psychology; 5). Univ tempat gue kuliah sekarang, Psychology, CT. Gue keterima di semuanya kecuali Michigan, again, karena outlook penelitian gue gak sesuai dengan lab di prodi mereka. Semuanya offer full-tuition scholarship dan stipend, untuk MPIs keduanya nawaring 900-Euro untuk tahun pertama (no RA/TA) dan tahun ke2 dst standard salary TV-L 11 atau 13 (cannot remember the detail). Personally, gue pilih US karena alesan pribadi banget... satu, tunangan gue orang US; dua, networking di US lebih gampang, Univ gue banyak akses untuk exchange (i should be in Korea for Fall 2020, but damn Covid). Dan sejujurnya gue nyesel juga gak ngambil NYU karena tertanya kalau gue ambil NYU pun, tahun 1-2 gue di NY. T_T.

NOTE tentang Nepotisme dan Priviledge.
Sebelom orang-orang bilang bahwa gue ngegampangin cari beasiswa terus ujuk2 nuduh gue anak orkay dan gue nepotisme untuk bisa kemana-mana or bilang bahwa gue cuman bisa kemana-mana karena i'm born with privilege, keknya perlu gue tulis disini sikon gue.
Satu, gue bukan dari keluarga kaya. Nyokap gue emang dokter PNS, tapi dia juga single Mom, punya anak 4. Boro2 untuk nguliahin gue S2, nguliahin gue S1 (gue univ swasta) dulu aja udah empot-empotan, gue kudu dapet beasiswa dari kampus or dede gue terancam gak kuliah (gue masuk semester 7, dede gue masuk semester 1). Dari jaman S1, gue wajib sampingan ngelesin anak SD/SMP/SMA (untungnya gue bisa akuntansi dan bahasa inggris), bokap dari anak les gue terus ngehire gue untuk bantuin kantor konsultan dia dan mulailah gue part-time dimana-mana.
Kedua, gue gak pernah kerja/kuliah dll karena koneksi orang laen. Gue cukup beruntung untuk bisa gampang deket n nyambung sama orang (baca: dosen-dosen). Kalau dosen-dosen gue punya kegiatan (ngurus semnas or sem-internas dll), yaa gue ikutan ngebantuin, lumayan bisa ikutan seminar gratis. Disini gue kenalan sama banyak dosen dari univ lain, dalam dan luar negeri.
SO, please don't just assume that i was fed a silver spoon. I work hard to get where I am.
submitted by RandomizedID to indonesia [link] [comments]


2021.01.18 17:23 MrViesar Buku Finansial Literasi dan Investasi Terbaik dan Wishlist Buku Gue

Halo finansial komodo, jadi disini gue bakal sebutin dan jelasin buku-buku yang ngerubah hidup gue terkait personal finance dan investasi.
**Sesi Personal Finance
  1. Rich Dad Poor Dad by Robert Kiyosaki -> Buku ini merupakan buku terpenting bagi gue karena berperan sebagai eye-opener terkait dunia personal finance dan investasi. Buku ini pertama kali gue baca ketika SMP, setelah baca buku ini gue yang setiap hari ke warnet dan selalu top up g-cash tiap minggu untuk beli dragonuv cg + quick change + char robot di pb jadi tobat dan ngalihin duit buat beli emas antam. Pengalaman lucu gue ketika beli emas antam pertama kali itu diusir satpam gara-gara gue masih bocah ingusan dan bawa sepeda ke butik emasnya Antam. Tapi setelah kunjungan kedua akhirnya mba-mbanya ngerti.
  2. I Will Teach You To Be Rich by Ramit Sethi -> Buku ini penyelamat gue semasa awal merantau buat kuliah. Saat jadi maba gue pertama kali ngerasain yang namanya kebebasan di ibukota jadi saking bebasnya gue hangout setiap jumat sabtu sampe akhirnya gue mutusin buat berhemat dan mulai catat pengeluaran tiap hari. Tapi belum ada sebulan gue kelupaan catat pengeluaran dan balik lagi ke kebiasaan boros. Akhirnya gue nemu buku ini dan mulai spending duit di hal-hal yg bener bener gue suka yaitu fashion dan belajar pelit untuk hal yg gue anggap b aja atau gue benci. Gara-gara buku ini juga gue bisa jadi buka rekening khusus buat tabungan, goals, dan pengeluaran sehari-hari.
  3. Money Master the Game by Tony Robbins -> Buku ini gue baca ketika awal pandemi karena bingung juga mau ngapain. So far buku personal finance yang ngasi practical advice terbaik. Karena si penulis ngeinterview pengalaman average joe dalam membangun kekayaan. Di buku ini juga si penulis ngeinterview tokoh-tokoh finance terkenal kayak Carl Icahn, Ray Dalio, David Swensen, etc terkait strategi investasi dan portfolio mereka. Karena buku ini gue jadi rajin nonton interview orang-orang yg berpengaruh di dunia finance di cnbc, bloomberg, dan yahoo finance.
**Sesi Investasi
  1. Unknown by Unknown -> untuk buku ini gue lupa penulisnya siapa dan judulnya apa karena gue beli di pasar ketika SMA. Yang pasti covernya warna biru dan isi penjelasan terkait reksadana dan saham. Bukunya tipis ga sampe 150 halaman dan bahasanya kaku banget.
  2. The Intelligent Investor by Benjamin Graham -> Buku ini gue baca ketika kelas 3 SMA. Isinya kurang lebih pemikiran Benjamin Graham (Father of Value Investing) dan gue lebih ngerti commentary dari Jason Zweigg-nya ketimbang penjelasannya Ben Graham. Tapi dari buku ini gue belajar risiko saham, teori Mr. Market, Margin of Safety, pentingnya pelajarin bisnis perusaahan, dan belajar control emosi. Setelah baca buku ini gue beli saham pertama gue yaitu SHIP yg baru IPO (masa-masa gue persiapan ujian nasional) dan cuan 120%an ketika jaman ospek jadi maba.
  3. One Up on Wall Street by Peter Lynch -> Buku ini gue baca kira-kira semester 3. Buku ini termasuk buku yang ngebakar semangat optimisme gue buat investasi. Karena gaya penulisannya Peter Lynch yg menekankan kalo investasi saham itu gampang dan gue sebagai individual investor punya keunggulan lebih banyak ketimbang investor institusi. Gara-gara buku ini gue mulai mainin financial ratio.
  1. The Five Rules for Successful Stock Investing by Pat Dorsey -> Buku ini sebagai eye opener gue ke dunia equity analysis karena teknis banget. Gue baca ini setelah tamatin Money Master the Game dan lagi mode terinspirasi banget sama David Swensen (orang yang Tony Robbins interview di bukunya). Disini gue mulai belajar baca laporan keuangan secara komprehensif (sampe gue bela-belain ngeprint laporan keuangan 2 emiten favorit gue & beli kalkulator Texas Instrument yang dipake sertifikasi CFA) dan buku ini juga bikin gue bener-bener peduli sama moat (competitive advantage). Pokoknya buat yg mau belajar analisa saham secara quantitative dan qualitative buku ini cukup. Mulai dari penjelasan akuntansi kayak perjalanan sales ke net income after tax, analisa dan mendeteksi jenis-jenis moat perusahaan sampe valuasi DCF juga ada disini.
  2. Value Investing From Graham to Buffett and Beyond by Bruce Greenwald (Second Edition) -> lagi baca sekarang dan masih chapter 3. So far buku ini kaku banget mengingat penulisnya Bruce Greenwald seorang profesor dari Columbia University. Dan gaya penulisannya mirip Systematic Literature Review artikel ilmiah, jadi setiap teori yang dia mention dia ada nyantumin sumbernya beserta sumber contoh penelitian yang menggunakan teori tersebut. Tapi so far dari perspektif pembaca yang masih di chapter 3, buku ini jelasin teori value investing paling detail yang pernah gue baca (Gue highlight lebih dri 50% dari apa yg gue baca jadi ya RIP kertas bukunya jd kuning-kuning semua)
**Kesimpulan:
Kalo gue disuruh ngasi buku terbaik tentang:
  1. Personal Finance: Money Master the Game by Tony Robbins
  2. Mindset Investasi: The Intelligent Investor by Benjamin Graham
  3. Strategi Investasi & Valuasi: The Five Rules for Successful Stock Investing by Pat Dorsey
  4. Best overall terkait mindset dan strategi investasi: The Five Rules for Successful Stock Investing by Pat Dorsey.

**Wishlist buku yang akan gue pelajarin:
  1. McKinsey: Measuring and Managing the Value of Companies by Tim Koller
  2. Competition Demystified by Bruce Greenwald
  3. Understanding Michael Porter by Joan Magretta
  4. Quality Investing: Owning the Best Companies for the Long Term by Lawrence A. Cunningham
  5. Thinking Fast and Slow by Daniel Kahneman
  6. Flash Boys by Michael Lewis
  7. Liar's Poker by Michael Lewis
  8. Devil Take The Hindmost A History of Financial Speculator by Edward Chancellor
submitted by MrViesar to finansial [link] [comments]


2020.11.05 14:13 Ok-Ad6574 082214297187, LOWONGAN PRAKERIN SMK CIMAHI, TEMPAT PRAKERIN SMK BANDUNG

082214297187, LOWONGAN PRAKERIN SMK CIMAHI, TEMPAT PRAKERIN SMK BANDUNG
Assalamualaikum Wr. Wb, perkenalkan, nama saya Amry Musyaffa Zain. Saya merupakan siswa SMKN 1 Cimahi, kompetensi keahlian SIJA (Sistem Informatika Jaringan dan Aplikasi). Alhamdulillah saya mendapat kesempatan melakukan PRAKERIN (Praktik kerja industri) atau lebih dikenal dengan PKL di perusahaan FS Indonesia yang beralamatkan di Gg. Ijan, Jl. Ciwaruga, kecamatan Parongpong, Kab. Bandung Barat.

Di kesempatan saya kali ini, saya akan berbagi sedikit pengalaman saya melakukan PRAKERIN berbasis WFH (work from home) di FS Indonesia. Sedikit informasi tentang FS Indonesia, dikutip dari situs resmi FS indonesia https://fsindonesia.com/ , FS Indonesia merupakan perusahaan berbasis home industry yang bergerak di bidang Bergerak Dibidang IT. Beberapa Bidang Usaha Yang Berjalan Yaitu Online Store, Jasa Konsultan, Dan Produksi. Berdiri pada Tahun 2012 Di kota Bandung. FS Indonesia Fokus Pada Digital Marketing Untuk Melakukan Penjulan Di Beberapa Bidang Usaha Nya, Karena Itu Fs Indonesia 80% Aktivitas Online Yang Sebagian Melakukan Pemasaran Online SEO, Social Media Marketing , Market Place Itu Beberapa Strategi Yang Kita Gunakan Agar Perusahaan Tetap Berjalan Sepenuhnya. Saat Ini Ada 3 Perusahaan Yang Sudah PT Yang Sudah Kerjasama Yaitu PT KK INDONESIA , PT CITRA TRAVELINDO , PT PROLOV JUARA PROPERTY.

Seperti pada umumnya, saat melakukan kegiatan PRAKERIN, akan mendapat bimbingan dari perusahaan agar berjalan dengan semestinya. Yang spesial pada saat saya prakerin adalah, saya dibimbing langsung oleh Bapak Maulana Muhamad Faisal .ST , owner dari FS Indonesia. Karena saya PRAKERIN berbasis WFH, hanya perwakilan siswa PRAKERIN dan perwakilan guru saja yang mendapatkan kesempatan untuk datang ke kantor FS Indonesia.

Beberapa yang menjadi perhatian khusus adalah penugasan dari industri. Beberapa contoh penugasan dari FS Indonesia (untuk siswa kompetensi keahilan informatika) adalah mendesign produk FS Indonesia untuk promosi menggunakan PowerPoint dan Platform editing lainnya, mempelajari tentang SEO dan mempraktikannya. Tak lepas dari diskusi, kami beberapa melakukan diskusi virtual menggunakan platform yang menyediakan. Untuk selengkapnya, mungkin dapat dilihat di https://fsindonesia.com/. Untuk jam kerja sendiri dibagi menjadi 2 shift, jam 8 pagi hingga dan 2 siang, serta jam 2 siang hingga jam 8 malam. Namun karena saya melaksanakan prakerin berbasis WFH, jam kerja dipukul rata, dari jam 2 siang hingga jam 10 malam atau seberesnya tugas, hehe.

Selain itu, FS Indonesia juga bersedia membantu siswa PRAKERIN hingga laporan dicetak dan dilapisi Hardcover, yang artinya membantu hingga tahap laporan karya tulis jadi 100%. Overall, PKL di FS Indonesia mendapatkan dua jempol dari saya. Ilmu pun mudah diraih serta dibantu untuk mengaplikasikan nya.

Terakhir, bila ada yang tertarik melaksanakan PRAKERIN di FS Indonesia, bisa kunjungi situs resmi FS Indonesia di https://fsindonesia.com/ , atau klik logo Whatsapp di bawah ini. Atau yang ingin mengunjugni kantor FS Indonesia, bisa lihat map dibawah. Demikian yang dapat saya sampaikan, terimakasih.

https://pengalamanprakerinamry12.blogspot.com/2020/11/082214297187-lowongan-prakerin-smk.html
submitted by Ok-Ad6574 to u/Ok-Ad6574 [link] [comments]


2020.11.05 14:09 Ok-Ad6574 082214297187, LOWONGAN PRAKERIN SMK CIMAHI, TEMPAL PRAKERIN SMK BANDUNG


Di kesempatan saya kali ini, saya akan berbagi sedikit pengalaman saya melakukan PRAKERIN berbasis WFH (work from home) di FS Indonesia. Sedikit informasi tentang FS Indonesia, dikutip dari situs resmi FS indonesia https://fsindonesia.com/ , FS Indonesia merupakan perusahaan berbasis home industry yang bergerak di bidang Bergerak Dibidang IT. Beberapa Bidang Usaha Yang Berjalan Yaitu Online Store, Jasa Konsultan, Dan Produksi. Berdiri pada Tahun 2012 Di kota Bandung. FS Indonesia Fokus Pada Digital Marketing Untuk Melakukan Penjulan Di Beberapa Bidang Usaha Nya, Karena Itu Fs Indonesia 80% Aktivitas Online Yang Sebagian Melakukan Pemasaran Online SEO, Social Media Marketing , Market Place Itu Beberapa Strategi Yang Kita Gunakan Agar Perusahaan Tetap Berjalan Sepenuhnya. Saat Ini Ada 3 Perusahaan Yang Sudah PT Yang Sudah Kerjasama Yaitu PT KK INDONESIA , PT CITRA TRAVELINDO , PT PROLOV JUARA PROPERTY.

Seperti pada umumnya, saat melakukan kegiatan PRAKERIN, akan mendapat bimbingan dari perusahaan agar berjalan dengan semestinya. Yang spesial pada saat saya prakerin adalah, saya dibimbing langsung oleh Bapak Maulana Muhamad Faisal .ST , owner dari FS Indonesia. Karena saya PRAKERIN berbasis WFH, hanya perwakilan siswa PRAKERIN dan perwakilan guru saja yang mendapatkan kesempatan untuk datang ke kantor FS Indonesia.

Beberapa yang menjadi perhatian khusus adalah penugasan dari industri. Beberapa contoh penugasan dari FS Indonesia (untuk siswa kompetensi keahilan informatika) adalah mendesign produk FS Indonesia untuk promosi menggunakan PowerPoint dan Platform editing lainnya, mempelajari tentang SEO dan mempraktikannya. Tak lepas dari diskusi, kami beberapa melakukan diskusi virtual menggunakan platform yang menyediakan. Untuk selengkapnya, mungkin dapat dilihat di https://fsindonesia.com/. Untuk jam kerja sendiri dibagi menjadi 2 shift, jam 8 pagi hingga dan 2 siang, serta jam 2 siang hingga jam 8 malam. Namun karena saya melaksanakan prakerin berbasis WFH, jam kerja dipukul rata, dari jam 2 siang hingga jam 10 malam atau seberesnya tugas, hehe.

Selain itu, FS Indonesia juga bersedia membantu siswa PRAKERIN hingga laporan dicetak dan dilapisi Hardcover, yang artinya membantu hingga tahap laporan karya tulis jadi 100%. Overall, PKL di FS Indonesia mendapatkan dua jempol dari saya. Ilmu pun mudah diraih serta dibantu untuk mengaplikasikan nya.

Terakhir, bila ada yang tertarik melaksanakan PRAKERIN di FS Indonesia, bisa kunjungi situs resmi FS Indonesia di https://fsindonesia.com/ , atau klik logo Whatsapp di bawah ini. Atau yang ingin mengunjugni kantor FS Indonesia, bisa lihat map dibawah. Demikian yang dapat saya sampaikan, terimakasih.

https://pengalamanprakerinamry12.blogspot.com/2020/11/082214297187-lowongan-prakerin-smk.html
submitted by Ok-Ad6574 to u/Ok-Ad6574 [link] [comments]


2020.04.25 04:57 treatyoyoself Apa cerita seru dari masa remajamu (SMA - Kuliah)?

Gara-gara muter konser Sheila On 7, jadi kepikiran pertanyaan ini. Gua termasuk no life SMA-Kuliah. SMA waktu abis ngefreelance, ekskul nerd macem debat bahasa inggris dan karya ilmiah. Pas kuliah juga nyambi kerja.
Kadang gua ngiri sama temen-temen yang ngerasain pengalaman jadi mahasiswa seutuhnya. Bayangan gua:
  1. Kos di Jogja
  2. Jalan-jalan ama temen
  3. Ga nyambi kerja.
  4. Nongkrong sama temen di burjo atau warkop
Gua ga rasain sama sekali di masa remaja gua.. masuk SMA 2008, kuliah 2011. Aktivitas gua dulu itu:
  1. Latihan debat bahasa inggris
  2. Kerjain naskah karya tulis buat disubmit lomba
  3. Ngefreelance ngerjain editan video, benerin laptop orang, ngerjain multimedia pembelajaran dsb
  4. Ikut pelajaran sekolah reguler ama lab (gua SMK dulu)
Diajak maen mesti ogah. Padahal gua sering banget balik dari sekolah jam 9 malem.
Share dong pengalaman kalian. Gua pengen tahu apa yang bikin kalian hepi di masa-masa itu.
Playlist macem:
Anak Warnet 2000an: https://open.spotify.com/playlist/2Xhi7lIiI6XGHJHgcgp3ut?si=fmw3Wh83RXW1YQRXrEFqAg
Oom Leo Berkaraoke Bersama Andika Mahesa, Radja, Wali, dan Setia Band live at Synchronize Fest 2019: https://www.youtube.com/watch?v=GXqz2P0TSw0
itu harta karun bagi gua.
submitted by treatyoyoself to indonesia [link] [comments]


2020.04.05 12:50 Adam_harith SIAPA AL-KHAWARIZMI? PART 2

Sambungan kepada SIAPA AL-KHAWARIZMI? (Part 2 ni panjang sikit tapi panjang mana pun tolong baca sampai habis,banyak ilmu yang korang boleh dapat)
Setiap tokoh-tokoh Islam yang terkenal pasti menghasilkan sebuah karya ilmiah.Begitu juga Al-Khawarizmi.Antara karya-karyanya ialah:
  1. Sistem Nombor: Karya De Numero Indorum yang diterjemahkan ke dalam bahasa Latin.
  2. Mufatih al-Ulum’ :membawa maksud beliau adalah pencinta ilmu dalam pelbagai bidang.
  3. Al-Jami wa al-Tafsir bi Hisab al-Hind : Karya ini diterjemahkan oleh Prince Boniopagri ke dalam bahasa Latin.
  4. Al-Mukhtasar Fi Hisab al-Jabr wa al-Muqabalah : Pada tahun 820M dan ia mengenai algebra.
  5. Al-Tarikh
  6. Al-Amal bi’ Usturlab’
  7. Al-Maqala Fi Hisab al-Jabr wa al-Muqabilah.
Hmm.Boleh tahan banyak jugak karya Al-Khawarizmi ni.
KETOKOHAN AL-KHAWARIZMI
Setiap tokoh mempunyai sifat ketokohannya yang tersendiri.Ketokohan Al-Khawarizmi dapat dilihat dari dua sudut iaitu dari bidang matematik dan astronomi.
Penggunaan matematik dalam astronomi sebelum tamadun Islam amat sedikit dan terhad kerana kemunduran pengetahuan matematik yang terhad kepada pengguna aritmetik dan geometri.
PERIBADI AL-KHAWARIZMI
>Keperibadian al-Khawarizmi telah diakui oleh orang Islam dan Barat sebagai sarjana matematik dan dapat dibuktikan oleh kata-kata G.Sarton iaitu “pencapaian-pencapaian yang tertinggi telah diperolehi oleh orang-orang Timur....” Maka temasuklah al-Khawarizmi itu sendiri.
>Al-Khawarizmi merupakan seorang yang pintar dan mempunyai sifat keperibadian yang tinggi disanjung orang Islam kerana dapat dibuktikan oleh kata-kata Wiedman iaitu ’Al-Khawarizmi mempunyai personaliti yang teguh dan seorang yang bergeliga sains’.
STRATEGI PENGISLAMAN SAINS MATEMATIK
Wahh,Sains dan matematik pun kena diislamkan.Macam mana diorang nak ucap syahadah?Jangan nak fikir benda mengarut baca ni dan faham betul-betul.
Pengislaman sains matematik perlu dilandaskan dengan beberapa perkara iaitu tauhid, syariah dan akhlak kerana tokoh Islam perlu melaksanakan tugasan atau pekerjaan mengikut undang-undang Islam
Tauhid
>Tauhid merupakan landasan falsafah matematik Islam sepertimana dengan ilmu-ilmu Islam yang lain. Mengikut matlamat Islam, lambang kebesaran, kewujudan, dan keEsaan Tuhan adalah Ayyatullah (tanda-tanda Allah). Kita tidak harus menerima falsafah dan estimologi sains matematik secara bulat-bulat tanpa syarat.
Syariah
> Tindak tanduk masyarakat yang dikenali dari asas undang-undang. Masalah perbuatan hukum syariah seperti judi,riba dan mencabar kebenaran hakiki diselesaikan oleh ahli matematik Islam melalui sudut ini bagi memperkukuhkan institusi. Justeru , perkembangan matematik Islam yang selari amat penting dan harus menepati sudut syariah.
Akhlak
> Ciri-ciri akhlak mulia hendaklah disemaikan kedalam matematik. Akhlak yang terdapat dalam bidang matematik ini adalah penemuan aljabar yang melambangkan keadilan yang dituntut dalam agama Islam. Pembinaan akhlak dapat diperkukuhkan lagi melalui asas pradigma tauhid dan sya’iyah.
CABANG MATEMATIK
Antara cabang yang diperkanalkan oleh al-Khawarizmi seperti geometri, algebra, aritmetik dan lain- lain.
Geometri
> Cabang kedua dalam matematik. Selan itu, isi kandungan membincangkan tentang asal usul geometri. Seterusnya, Kitab al-Ustugusat[The Elements] dijadikan sumber rujukan. Dari segi ilmu, geometri bermaksud ilmu yang mengkaji hal yang berhubung dengan magnitud dan sifat-sifat ruang. Geometri ini dipelajari ketika zaman firaun 20000 Sebelum Masihi. Selepas itu, Thales memperkenalkan geometri Mesir kepada Grik. Akhirnya, sarjana Islam telah mengemaskanikan kaedah sains.
Algebra/aljabar
>Merupakan nadi matematik algebra. Sebelum ini tidak ada istilah aljabar sehingga munculnya karya ‘ Hisab al-Jibra wa al Muqabalah yang ditulis oleh al-Khawarizmi pada tahun 820M. Diterjemahkan oleh Gerhard of Gremano dan Robert of Chaster ke dalam bahasa Eropah pada abad ke-12.
Habis pun.Amacam penat baca?Yang buat ni lagi penat.Satu jam kot,tapi takpelah.Tamatlah sudah episod SIAPA AL-KHAWARIZMI?.Boleh berikan pendapat/pandangan korang tentang post kali ini.Sekian,terima kasih.Assalamualaikum.
(oo,sebelum saya terlupa.sedikit kata kata hikmat daripada Al-Khawarizmi,tapi dalam bahasa Inggeris lah,kalau nak dalam bahasa Melayu,sila translate sendiri)
"... When I consider what people generally want in calculating, I found that it always is a number. I also observed that every number is composed of units and that any number may be divided into units. Moreover, I found that every number which may be expressed from one to ten, surpasses the preceding by one unit: afterwards the ten is doubled or tripled just as before the units were: thus arise twenty, thirty, etc. until a hundred: then the hundred is doubled and tripled in the same manner as the units and the tens, up to a thousand;… so forth to the utmost limit of numeration."
submitted by Adam_harith to Ajar_Malaysia [link] [comments]


2019.04.06 20:26 satuqqpoker Permainan Domino99 Online

Kesimpulan Permainan Domino99 Online

Para peneliti permainan domino99 online sering memiliki hubungan yang tidak biasa dengan kolaborator mereka. "Ahli" adalah entah bagaimana "pengetahuan direkayasa" sehingga apa yang mereka tahu dapat dimasukkan ke dalam program. Permainan domino99 onlinememiliki sejarah panjang penelitian kolaboratif, dan tidak cocok dengan model AI ini. Ilmuwan komputer dan ahli biologi sering memiliki harapan yang berbeda tentang kolaborasi, pendidikan, konferensi dan banyak aspek lain yang tampaknya duniawi penelitian. Dalam rangka untuk bekerja dengan ahli biologi, para peneliti AI harus memahami kesepakatan yang baik tentang domain dan menemukan cara untuk menjembatani kesenjangan antara budaya ilmiah yang agak berbeda.
Ini survei singkat permainan domino99 online dimaksudkan untuk membantu ilmuwan komputer mendapatkan berorientasi dan memahami beberapa istilah yang umum digunakan dalam domain. Banyak buku yang lebih rinci, tapi masih dapat diakses tercantum dalam referensi. Saya menemukan materi ini menarik. Bukan hanya menarik sebagai domain untuk penelitian AI, tetapi menyediakan seperangkat metafora untuk berpikir tentang kecerdasan: algoritma genetik, jaringan saraf dan Darwinian automata hanyalah beberapa pendekatan komputasi untuk perilaku berdasarkan biologis Ide. Akan ada, tidak diragukan lagi, akan lebih banyak.

Penghargaan Permainan Domino99 Online

Bab ini ditulis atas dorongan permainan domino99 online, yang memahami jauh sebelum saya melakukan itu pengenalan seperti itu memang bisa dicapai dalam waktu kurang dari 1000 halaman. Dia juga mengajar kursus biokimia yang akhirnya saya ambil, dua tahun setelah menyelesaikan Ph.D. David J. States layak mendapatkan banyak kredit juga. Dalam tiga tahun kami telah bekerja sama, ia sangat memperluas pemahaman saya tidak hanya apa yang tahu ahli biologi, tapi bagaimana mereka berpikir. Dia telah membaca beberapa draft bab ini dan membuat saran bermanfaat. Permainan domino99 online, Mark Boguski, Kalí Tal dan Jill Shirmer juga telah membaca bab ini dan membuat usulan. Angel Lee anggun memasok gel yang digunakan dalam gambar 4. Tentu saja, semua kesalahan yang tersisa adalah tanggung jawab saya.

Linguistik Komputasional Sekuensi Biologi Permainan Domino99 Online

Tak lama setelah Watson dan penemuan Crick tentang struktur DNA, dan pada saat yang sama bahwa kode genetik dan fakta penting dari ekspresi gen yang telah terungkap, bidang linguistik sedang sama merevolusi oleh karya Noam Chomsky [permainan domino99 online]. Mengamati bahwa berbagai bahasa yang tampaknya tak terbatas tersedia bagi setiap manusia berdasarkan sumber daya dan pengalaman yang jelas, ia mengusulkan representasi formal dari aturan atau sintaks bahasa, yang disebut tata bahasa generatif, yang dapat menyediakan terbatas-memang, ringkas-karakterisasi dari bahasa tak terbatas seperti. Sama seperti terobosan dalam biologi molekuler di era itu disajikan untuk jangkar konsep genetik dalam struktur fisik dan membuka sepenuhnya paradigma eksperimental novel, begitu pula wawasan Chomsky berfungsi untuk energi bidang linguistik, dengan diduga berkorelasi proses kognitif yang bisa untuk pertama kalinya beralasan tentang axiomatik serta fenomenologis. Sementara permainan domino99 online dan pengikutnya dibangun secara ekstensif di atas fondasi ini di bidang linguistik, tata bahasa generatif juga segera diintegrasikan ke dalam kerangka teori komputasi, dan Selain itu sekarang membentuk dasar untuk upaya komputasi ahli linguistik untuk mengotomatisasi proses dan pemahaman bahasa manusia.
Karena cukup sering menegaskan bahwa permainan domino99 online adalah bahasa yang kaya-ekspresif untuk menentukan struktur dan proses kehidupan, juga dengan potensi untuk berbagai tampaknya tak terbatas, mengherankan bahwa relatif sedikit yang telah dilakukan untuk berlaku untuk biologis urutan hasil yang luas dan metode yang dikembangkan selama dekade intervensi di bidang teori bahasa formal. Sementara pendekatan tersebut telah diusulkan [Brendel dan Busse, 1984], sebagian besar penyelidikan sepanjang baris ini telah menggunakan Formalisme tata bahasa sebagai alat untuk apa yang pada dasarnya informasi-teori studi [Ebeling dan permainan domino99 online, 1980; Jimenez-Montano, 1984], atau telah melibatkan analisis statistik pada tingkat kosakata (mencerminkan pengertian yang lebih tradisional tentang linguistik komparatif) [Brendel et al., 1986; Pevzner et al., 1989a, b; Pietrokovski et al., 1990]. Hanya sangat baru-baru ini memiliki tata bahasa generatif untuk kepentingan mereka sendiri dipandang sebagai model fenomena biologis seperti regulasi gen [colladovides, 1989a, b, 1991a], struktur gen dan ekspresi [searls, 1988], rekombinasi [kepala, 1987] dan bentuk lain dari mutasi dan penataan kembali [Searls, 1989a], konformasi makromolekul [Searls, 1989a], dan khususnya sebagai dasar untuk analisis komputasi dari urutan data [Searls, 1989b; Searls dan Liebowitz, 1990; Searls dan Noordewier, 1991].
Namun demikian, ada kecenderungan yang meningkat di seluruh bidang permainan domino99 online komputasi ke arah abstrak, pandangan hierarkis dari urutan biologis, yang sangat banyak dalam semangat linguistik komputasi. Pada saat yang sama, telah ada proliferasi perangkat lunak untuk melakukan berbagai jenis pencarian permainan domino99 online dan bentuk lain dari analisis, yang juga bisa mendapatkan keuntungan dari dasar formal yang menawarkan teori bahasa untuk perusahaan tersebut. Dengan munculnya proyek pengurutan skala yang sangat besar, dan banjir yang dihasilkan data urutan, seperti Yayasan mungkin sebenarnya terbukti penting.
submitted by satuqqpoker to u/satuqqpoker [link] [comments]


2019.02.05 17:36 FikriWildanNugraha Membuat Surat Lamaran Kerja Sesuai EYD yang Baik dan Benar

Membuat Surat Lamaran Kerja Sesuai EYD yang Baik dan Benar
*Membuat Surat Lamaran Kerja Sesuai EYD yang Baik dan Benar*

Inilah yang saya janjikan di postingan sebelumnya Contoh Surat Melamar Kerja Tulis Tangan di Kertas Folio Dan Ketik Komputer, yakni pelajaran membuat surat lamaran sesuai dengan standar kaidah EYD yang baik dan benar. Untuk anak-anak SMA kelas 3 atau XII wajib masuk kesini kalau gak salah anak sekolah khususnya kelas 3 SMA sedang mempelajari pelajaran cara membuat surat lamaran sesuai standar kaidah EYD ini. Berikut saya berikan penjelasan lengkap dari kepala surat sampai kaki surat

INDEX :
  1. Hal dan Lampiran Surat
  2. Tempat dan Tanggal Surat
  3. Alamat Tujuan Surat
  4. Salam Pembuka dan Kalimat Pembuka Surat
  5. Isi Surat Dan Biodata
  6. Kalimat Penutup Surat
  7. Salam Penutup Surat
  8. List Lampiran Surat

https://preview.redd.it/v1yw2ot82se21.jpg?width=1131&format=pjpg&auto=webp&s=fd6f6e32ff77bb59f202854e1f61960bb415c76f
[...]More Below
https://www.fikriwildannugraha.com/2015/03/membuat-surat-lamaran-sesuai-kaidah-eyd.html

Tag :
#Membuat #Surat #Lamaran #Kerja #Sesuai #EYD #yang #Baik #dan #Benar #contoh #pelajaran #cara #buat #melamar #pekerjaan #mudah #diterima #perusahaan #penjelasan #format #menulis #standar #hal #lampiran #tampat #tanggal #kapital #alamat #tujuan #salam #kalimat #pembuka #isi #biodata #penutup
submitted by FikriWildanNugraha to u/FikriWildanNugraha [link] [comments]


2018.07.09 17:40 minggupoker Pagi ini aku sudah menyelesaikan karya tulisku yang akan aku serahkan ke panitia lomba karya tulis ilmiah di sekolahku.

Pagi ini aku sudah menyelesaikan karya tulisku yang akan aku serahkan ke panitia lomba karya tulis ilmiah di sekolahku. submitted by minggupoker to u/minggupoker [link] [comments]


http://activeproperty.pl/