Pidato bahasa jawa bab perpisahan kelas 9

Historical Linguistics

2024.05.14 04:03 Danielfaris2001 Historical Linguistics

Historical Linguistics
Shared from https://www.facebook.com/share/oF7Hupf1RRHJSjcZ/?mibextid=oFDknk
Tulisan Arab, Tamil dan ABCD dari Tulisan Mesir Purba!
Gambar ini menunjukkan betapa sebenarnya terdapat 57 skrip penulisan di dunia adalah didasari pengaruhnya datang daripada tulisan Hieroglif yang pernah digunakan oleh masyarakat Mesir Purba.
Kalau anda perhati betul-betul infografik ni, anda akan nampak evolusi dengan senang, bagaimana tulisan dan skrip ni berubah perlahan demi perlahan.
Skrip ini terdiri dari berbagai simbol yang menggambarkan suara dan konsep, dan digunakan sejak sekitar 3200 SM.
Dan tulisan terkenal yang lahir dari tulisan Mesir ialah Aramik.
Hieroglif Mesir menginspirasi penciptaan skrip Proto-Sinaitic sekitar 1800 SM. Proto-Sinaitic ini dicipta ketika itu demi memudahkan lagi pembacaan tulisan Mesir Purba. Anda boleh nampak transformasi tulisan dalam infografik ini.
Kemudian, Dari Proto-Sinaitic, evolusi berlanjut ke skrip Phoenician, yang muncul sekitar abad ke-12 SM. Phoenician merupakan skrip yang sangat efisien dan mudah untuk disebarkan, menyebabkan banyak bangsa mula mengadaptasikan tulisan ini dan disesuaikan dalam bangsa mereka.
Sebab tu kita dapat melihat dalam carta ini, bagaimana skrip Phoenician melahirkan banyak tulisan-tulisan Eropah seperti abjad Yunani yang kelak akan melahirkan tulisan ABC.
Salah satu adaptasi dari Phoenician adalah skrip Aramik, yang muncul sekitar abad ke-10 SM. Tulisan Aramik dikembangkan oleh bangsa Aram yang hidup di wilayah yang sekarang mencakup Syria dan sebahagian dari Turki, Lebanon, dan Irak.
Dek kerana posisinya yang strategik, Aramik menjadi lingua franca di banyak bahagian Timur Tengah kuno, terutama di bawah kerajaan-kerajaan seperti Assyria, Babilonia, dan Parsi.
Akibat Lingua Francanya tulisan Aramik dan bahasanya, makanya bangsa-bangsa lain mula mengadaptasikan ke dalam bahasa mereka. Sebab tu dari carta ni, kita dapat melihat bagaimana Ibrani, Arab, dan Brahmi— yang terlahir lantas mempengaruhi pengembangan skrip di India dan Asia Tenggara.
Kemunculan skrip Brahmi di India pada abad ke-3 SM melahirkan banyak tulisan-tulisan yang kita dilihat di India. Dalam perkembangannya, Brahmi mengalami evolusi dan adaptasi lokal yang berujung pada terciptanya skrip Pallava pada sekitar abad ke-4 hingga ke-9 Masehi. Skrip Pallava, yang dinamai dari dinasti yang berkuasa di wilayah yang dikenali sebagai Tamil Nadu di India hari ini.
Skrip Pallava berperanan penting dalam membentuk skrip di Asia Tenggara melalui laluan perdagangan dan penyebaran agama Buddha. Dari Pallava, skrip seperti Rencong dan Lontara, Khmer Kuno, aksara Kawi yang melahirkan Jawa Kuno, dan bahkan Thai, telah berkembang. Ini menunjukkan bagaimana skrip ini disesuaikan dengan bahasa dan keperluan lokal di berbagai kerajaan di Asia Tenggara.
Dan dari sini juga kalian akan faham kenapa tulisan-tulisan Asia Tenggara dinamakan sebagai tulisan Pasca-Pallava sebab muasalnya daripada tulisan Pallava dari Selatan India.
Juga, kalian akan faham kenapa pakar meletakkan bahawa tulisan Mesir Purba sebagai antara tulisan paling awal, paling original dan paling purba dalam sejarah, melahirkan dan mempengaruhi ratusan peradaban-peradaban dalam sejarah.
Justeru, saya rasa kalau anda mampu baca sampai habis tulisan saya, anda tentu tak ada masalah dengan kontent isi kandungan buku saya, KITAB TAMADUN MESIR PURBA yang akan diluncurkan di PESTA BUKU ANTARABANGSA KUALA LUMPUR 2024 di PWTC ini.
Jemput datang borong buku saya, KITAB TAMADUN MESIR yang memberikan ulasan mendalam pasal sejarah tulis Mesir. Dapatkan juga sign saya di PBAKL di booth yang bernombor 4026, 4027, 4051, 4052, 4061, 4062, 4075 dan 4076 di Dewan Tun Razak 4, PWTC.
Atau kalau anda nak baca bab percuma, boleh ke: https://thepatriots.store/ktmp/
submitted by Danielfaris2001 to Ajar_Malaysia [link] [comments]


2024.04.09 03:44 MelodicConfusion500 JENIS SISIK DAN MITOS KATURANGGANNYA

pukulannya lawan tarung akan merasakan sakit luar dalam Memiliki Mental yang cukup bagus dan banyak dicari oleh para bobotoh Memiliki pergerakan dan keseimbangan kaki yang cukup Lihai
  1. ROTAN (Bulat) Sisik kaki rotan adalah salah satu yang paling banyak dikenal dan sering kita jumpai akan tetapi sisik kaki rotan super yang dipercaya memiliki pukulan menyakitkan bahkan dibilang mematikan. Ayam aduan sisik rotan punya ciri khas kaki berbentuk bulat ramping debgan barisan sisik yang begitu rapih/kerep maka dari itu para penghobi lama lebih menyukai ayam aduan dengan model kaki berbentuk bulat. Memiliki kekuatan pukulan yang begitu keras disertai taji super Memiliki kemampuan pukulan yang dapat Mematahkan tulang leher sehingga lawan tarung tak sanggup menahan rasa sakit Memiliki Mental bagus dan kuat Memiliki Keseimbangan dan pergerakan yang cukup ideal
  2. NAGA BANDA Sisik kaki Naga Banda merupakan jenis kaki ayam bangkok yang paling populer dan dikenal berbahaya tentunya' penghobi sering menyebutkan bahwa ini adalah contoh bentuk kaki ayam bangkokan asli (Original) sejak dulunya. ciri khas Naga banda memiliki sisik yang serupa dengan kulit buah salak melihat dari bentuk kaki dan karakter sisik naga banda memiliki aura yang dapat menakuti lawan. Memiliki Pukulan pedas, panas dan keras sehingga jarang sekali lawan tarung yang tahan jika terkena pukulannya. Memiliki Pukulan Depan yang mampu membuat lawan tersungkur dalam beberapa menit. Memiliki Mental luar Biasa seperti baja. Memiliki Pergerakan kaki yang begitu cepat.
  3. PUTRI KINIRUNG (Selap) Sisik kaki putri kinirung merupakan salah satu katuranggan yang masuk dalam naskah kuno seperti diprimbon jawa misalnya banyak kalangan penghobi mempercayai hal ini. jenis sisik ini diyakini memiliki pukulan yang dapat membuat lawan tarung sempoyongan bahkan lemas. khas putri kinirung sendiri memiliki ciri yaitu sebuah sisik janggal menyelip/melik keluar (dalam bahasa sunda sisik selap) Memiliki pukulan Menyakitkan yang terkenal panas Memiliki kemampuan pukulan yang membuat lawan kebingungan sehingga menjadi lemas bahkan lumpuh Memiliki mental yang bagus dan kuat Memiliki kecepatan dalam pergerakan
  4. SURO WETU Sisik kaki suro wetu merupakan salah satu ayam aduan paling berbahaya dan mematikan Katuranggan yang tersimpan dipercaya memiliki banyak kelebihan dan keampuhan jenis ini masuk kedalam daftar nama - nama ayam suro yang kita ketahui. Selain banyak dicari sisik suro wetu punya nilai harga yang cukup tinggi. Ciri khas Suro wetu yaitu memiliki benjolan pada bagian belakang kaki tepat dibawah taji. Memiliki pukulan yang begitu keras hingga kedalam tulang Memiliki kehebatan yang membuat lawan tumbang dalam beberapa menit. Memiliki Kelebihan dari cara dia melangkan, kuda kuda, dan juga pergerakan Memiliki mental yang cukup dan sulit dikalahkan
11.BATU RANTAI (Buaya) Sisik Kaki Batu Rantai atau dikenal dengan sebutan sisik buaya ini sangat populer dikalangan masyarakat pecinta sabung ayam. Menurut informasi salah satu jenis ini disebutkan keturunan se'ekor buaya maka dari itu setiap penghobi meyakini katuranggan tersimpan didalam sisik ini sangat kuat. Banyak mitos yang mengatakan bahwa sisik batu rantai mudah kelelahan dan tidak boleh bertarung berdekatan dengan pohon bambu. Ciri khas batu rantai sendiri memiliki beberapa sisik pada bagian - bagian bawah jari. Memiliki pukulan yang dikenal pedas dan panas sehingga lawan merasakan nyeri pada bagian urat - urat seperti otot Memiliki Kehebatan pukulan yang mampu membuat tenaga lawan hilang Memiliki mental cukup bagus dan tenaga mudah kembali setelah terkena air Memiliki keseimbangan dan pergerakan kaki yang cukup gesit
  1. BATU LAPAK Sisik batu lapak merupakan salah satu yang paling sulit ditemukan bahkan jarang dimiliki oleh jenis ayam mana pun hanya orang - orang tertentu saja yang beruntung memilikinya. Berbicara katuranggan batu lapak dipercaya memiliki kekuatan pukulan yang dapat mengalahkan lawan dalam sekejap khas batu lapak sendiri punya ciri yaitu terdapat sisik tepat pada bagian telapak kaki. Memiliki pukulan yang dikenal mematikan cukup keras sehingga lawan tarung merasa linu pada bagian - bagian tulang. Memiliki Kehebatan pukulan yang mampu melumpuhkkan lawan dalam sekejap. Memiliki Mental jiwa petarung perkasa. Memiliki pergerakan dan kuda kuda cukup baik.
  2. SATRIYA SINEKTI Sisik kaki satria sinekti adalah salah satu model jenis terlangka sangat sulit ditemukan jenis ini sejak pada jaman dahulu dikenal dengan digdaya yang mempunyai kelebihan sebagai ayam aduan terhebat dan sulit dikalahkan. Menurut primbon yang dituliskan bahwa ayam aduan dengan bentuk kaki seperti ini memiliki katuranggan pada urutan ke 10 dan dijelaskan bahwa satriya sinekti adalah yang tanpa sisik melik dalam artian sisik yang hampir tak terlihat seakan menyatu dengan tulang kaki Memiliki pukulan begitu keras dan mematikan mampu membunuh lawan dengan sangat cepat Memiliki kekuatan pukulan sakti yang bisa membuat lawannya cacat mental Memiliki mental petarung pantang mundur Memiliki pergerakan cepat dalam menyerang
  3. NAGA TEMURUN Sisik kaki Naga temurun merupakan jenis sisik kaki terhebat dan banyak dibicarakan oleh setiap master ayam soal kemampuannya menghabisi lawan. Istilah naga temurun yaitu sisik yang mirip dengan sisik ular naga para penghobi pun mempercayai katuranggan jenis ini punya banyak keistimewaan dari cara teknik bertarung juga pukulan maka dari itu naga temurun dinobatkan salah satu jenis sisik paling berbahaya oleh para lawannya. Ciri khas naga temurun tersebut bisa dibedakan yaitu dilihat dari bentuk barisan sisik belakang yang menurun kesuluruhan memang banyak kalangan penghobi yang keliru tentang hal ini, kami akan menjelaskan secara detail sebetulnya dari kata menurun pada bagian bentuk lengkungan atas berada diposisi bawah tidak berada diatas kalau kita simpulkan secara langsung bentuk sisik berubah menjadi berbalik menghadap ke atas lihat berikut gambar ini.
Tampilan Posisi lengkungan berada dibawah/turun boleh dikatakan sisik kaki ayam aduan naga temurun sesungguhnya !! Memiliki kualitas pukulan super keras/jero Mampu mengalahkan lawan dalam hitungan menit Memiliki kekuatan pukulan bertenaga kuat sampai bagian dalam sehingga lawan merasa kesakitan dan linu pada setiap tulang Memiliki Mental petarung hebat dan kuat Memiliki Keseimbangan dan pergerakan kaki disaat melontarkan pukulan atau pun kuda kuda
  1. TUNGGAK WINARAYAN Sisik Tunggak Winaraya dikenal salah satu sisik mematikan dan banyak dicari para jagoHolic. Dari setiap ciri pecahan pada bagian kedua jari kanan dan kiri (kelingking) dipercaya memiliki katuranggan dari hasil turun temurun. Sisik tunggak winaran sering dikatakan jenis special penghancur lawan bertarung oleh karena itu memiliki ayam aduan dengan khas sisik seperti ini menjadi kebanggaan tersendiri. Memiliki pukulan cukup besar dan mematikan, efek terkena pukulan sisik ini lawan mudah down bahkan stres Memiliki kemampuan pukulan yang dapat membuat bagian tulangan dalam menjadi rusak Memiliki Mental bagus seperti baja Memiliki kecepatan pergerakan dalam menyerang
  2. KAKI BLINGBING SOKA Sisik kaki belingbing soka merupakan salah satu kaki ayam aduan khas ayam bangkok Asli thailan diera ke'emasannya jenis ini dikenal sadis mampu membuat ayam lain cacat seperti kehilangan mental keberanian tentu para pemain lama mengetahui hal tersebut. Ciri sisik blingbing sendiri memiliki khas yaitu bentuk dua barisan sisik yang tersesun rapih dan bagian tengah sedikit menekuk kedalam. Maraknya fovulasi persilangan yang dilakukan setiap penghobi menjadikan sisik jenis ini se'akan menghilang dan jarang terlihat khususnya diwilayah indonesia. Memiliki Pukulan sangat keras dan pedas, satu kali lontaran pukulan yang diluncurkan mampu membuat gangguan pengelihatan pada mata lawan Memiliki kehebatan pukulan tepat pada bagian batangan Memiliki jiwa mental tempur yang bagus Memiliki daya cengkraman dan gerakan baik
  3. NAGA EMAS Sisik kaki Naga Emas salah satu paling berbahaya bahkan dikenal dengan keganasan yang dimiliki dari karakter pukulan atau pun teknik bertarung. Katuranggan naga emas sangat dipercaya akan keampuhan yang tersimpan dari kekuatannya. dilihat dari bentuk fostur dan warna sisik ini punya kemiripan dengan jenis pancuran Emas hanya saja Sisik naga Emas Memiliki tampilan berbeda yaitu bentuk sisik yang tajam dan warna kaki kuning polos. Kini sisik naga emas Terbilang sulit dicari bahkan ditemukan. Memiliki bobot tenaga pukulan tidak terlalu keras namun menyakitkan seperti ditusuk jarum yang mengakibatkan lawan tarung mudur dalam pertempuran Memiliki kehebatan super taji yang dapat merusak bahkan melumpukan Memiliki Mental jiwa seorang petarung sejati Memiliki kecapatan, keseimbang dan pergerakan terbilang agresif/lincah
  4. KADAL METENG Sisik kaki kadal meteng merupakan salah satu sisik ayam aduan yang ditakuti oleh para lawannya dan Katuranggan yang dimiliki masih dipercaya sampai saat ini. Ciri khas jenis ini punya model sisik tajam pada setiap jari kaki. Kadal meteng sering disebutkan salah satu sisik beracun ( dalam bahasa sunda sisik Peurah) biasanya jika terkena pukulan sisik ini akan meninggalkan bekas seperti biru memar. Kadal meteng sebetulnya suatu ciri bentuk sisik yang hanya dimiliki ayam betina/babon maka dari itu jarang sekali terlihat pada ayam jantan berbanggalah anda jika memiliki ayam aduan dengan tampilan sisik seperti berikut ini. Memiliki pukulan pedas dan menyakitkan meski kecil mampu memutuskan saraf Memiliki pukulan tenaga dalam yang banyak disebut pukulan beracun/peurah Memiliki Mental yang terbilang sedikit lambat Memiliki Keseimbangan bagus dan pergerakan lebih lincah
  5. KING SAPU JAGAT Sisik kaki sapu jagat salah satu jenis paling terlangka sulit ditemukan pertama kali ditemukan yaitu dinegara thailan dan Myanmmar hanya orang - orang tertentu saja pernah memilikinya. Berbicara tentang Katuranggan sisik ini sering dikatakan punya banyak keistimewaan seperti aura wibawa dan kesan melihat dari bentuk tampilan king sapu jagat punya pamor sisik menakutkan bahkan para penghobi lama menyebutnya salah satu mesin pembunuh dalam artian mampu mengalahkan lawan hanya dengan 3/4 kali pukulan. ciri khas king sapu jagat sendiri punya ciri sisik aneh dan unik yang menyerupai tulang kalau diperhatikan hampir mirip dengan bentuk taji/jalu Memiliki pukulan sangat keras disertai taji/jalu yang mampu membuat lawannya ambruk dengan hanya berapa pukulan saja Memiliki kehebatan pukulan special depan dan badan sangat ahli dibidang brangkot Memiliki mental cukup ganas saat bertarung Memiliki pergerakan kaki sedikit lamban
  6. ULAR PANDAN (Pandanus Snake) Siapa yang tak mengenal salah satu sisik paling dicari dan populer dengan famor khas sisik kaki berwarna hijau ini menjadi jenis yang terhebat dan berbahaya didunia sabung ayam. Menurut cerita sisik ular pandan dikenal paling ditakuti para bobotoh papan atas pada masa itu jenis ini memiliki pecahan komplit atau istilah tembus pada setiap jari dan sisik utama. Para hobi mempercayai Katuranggan ayam aduan model sisik ular pandan begitu kuat dan sakti Berikut ciri asli sisik ular pandan. Memiliki pukulan super tandes/jero terasa pada setiap tulang dalam, Sangat cepat dibidang menuntaskan pertarungan Memiliki kelebihan balasan pukulan lebih menyakitkan, efek terkena pukulannya mampu memberikan reaksi cepat yang berpengaruh pada setiap otot - otot sehingga lawan tidak bisa berjalan bahkan memukul Memiliki Mental yang dikenal keganasannya Memiliki keseimbangan dan pergerakan super cepat juga baik
  7. GAMBIR Sisik kaki Gambir memiliki khas warna corak merah kecoklatan pada bagian sisik utama' ayam aduan dengan sisik seperti ini merupakan salah satu yang boleh dikatakan paling berbahaya jika terkena pukulanya mampu membuat lawan terguling bahkan K.O dalam beberapa ronde. Sisik gambir menjadikan terfavorit dihati dan dimata pecinta sabung ayam, menurut mitos sisik yang terdapat corak merah adalah ayam terkuat dan sulit untuk dikalahkan. Memiliki pukulan pedas, panas dan keras mampu merusak pada bagian kelemahan lawan Memiliki kekuatan tenaga pukul 2x lipat lebih menyakitkan, Jika terkena pukulan pada bagian sambungan leher bisa berakibat fatal Memiliki mental super dan pemberani Memiliki pergerakan dan kecepatan kaki cukup seimbang saat melakukan penyerangan atau pun kuda - kuda
Mungkin itu saja 21 Nama Sisik Kaki Ayam Petarung Terhebat Dan Paling Banyak Dicari pilihan dari setiap model dan ciri sisik yang saya tuliskan dalam artikel ini merupakan jenis sisik kaki ayam aduan pilihan yang dikenal akan keganasan dan kehebatan masing - masing saya harap informasi ini sedikit memberikan ilmu tentang nama nama dan kualitas jenis sisik.
submitted by MelodicConfusion500 to AYAMBANGKOK [link] [comments]


2024.04.02 07:05 sumpitsakit Anda harus ikut berpartisipasi

Anda harus ikut berpartisipasi submitted by sumpitsakit to ondonesia [link] [comments]


2024.04.02 07:03 pesulap_akademik967 Anda harus ikut berpartisipasi

Anda harus ikut berpartisipasi submitted by pesulap_akademik967 to indonesia [link] [comments]


2024.03.06 12:42 ebbster TIL about this 1959 Berita Harian story on a debate over a word's meaning in then Malaya vs. Indonesia

I was looking for sources and citations why Wikipedia needs to change Malacca to Melaka then dragged to the etymology of jawi script, rumi script, and then I saw this.
Archive link here. Below is a partial of the whole text re-typed in modern Malay language.
I have to censor it due to the nature of the word discussed.
Masalah bahasa daerah dalam bahasa indonesia
[BY Abdul Majid, Berita Harian, 3 October 1959]
Di Bandjarmasin Kalimantan (Borneo) baru-baru ini telah dilangsungkan perbahasan khusus mengenai perkataan "butuh" atau "butoh" menurut ejaan di Malaya, dengan dihadiri oleh ramai orang cerdik pandai, para pembesar tempatan dan wartawan.
Sesudah berlangsung lebih dari setengah jam perbahasan ini maka dikeluarkan sebuah pernyatan yang isinya menganjurkan supaya di Kalimantan orang jangan mengeluarkan perkataan ini dalam apa jua pembicaraan maupun pidato.
Bahasa Jawa
"Butoh" menurut bahasa Banjar ialah "kemaluan lelaki."
Perkataan "butuh" yang sekarang sudah tidak asing lagi dipakai dalam surat-surat rasmi pemerintah Indonesia, adalah perkataan Jawa yang ertinya "perlu".
Kebutuhan bererti "keperluan" tetapi di Kalimantan dan Sumatera perkataan ini bererti "kemaluan lelaki" sama juga seperti di Malaya.
Alasan yang dikemukan dalam mengeluarkan pernyataan ini ialah perkatan "butuh" yang selalu diucapkan oleh orang yang berasal dari Kalimantan "sangat menganggu perasaan terutamanya bagi pihak kaum wanita".
"Surat khabar "Pedoman" di sini dalam ulasannya mengenai "pernyataan" di Kalimantan terhadap pemakaian perkataan "butuh" ini menceritakan kononnya ada seorang bangsawan di Malaya yang di masa permulaan revolusi Indonnesia[sic], suka mendengar siaran radio Jogja.
Tutup radio
Pada suatu malam ia mendengar penyiar Radio Jogja menggunakan perkataan "butuh" maka dengan tidak tunggu lagi bangsawan mematikan radionya sambil mengucap "Masha' Allah" oleh kerana di dalam bilik ada beberapa puterinya. . .
since I remember talking to some people in /malaysia about how Malay language is flexible and Malay culture was easy to be embedded, I believe I owe this thread to those language fans instead of sharing this to /bahasamelayu straight. (Sorry, I can't remember your name and I'm lazy to dig my history)
I didn't know that Jawa words are being used and introduced as standardised modern Indonesia (pre-and post 1974). So that is a major TIL on my part.
edit: link
submitted by ebbster to malaysia [link] [comments]


2024.01.24 13:16 anton-rs H2H a-rs#1 Mahasiswa sepuh (sm14)

Baru nyadar ada flair 'Heart to Heart', mirip Stories From The Heart (SFTH) di kaskus kah? Jadi kepikiran buat nulis curhatan kehidupan diri sendiri. Sharing sekalian nanya2.

Siapa gue?

Mungkin beberapa udah kenal karena gue sering curhat soal masalah motivasi ngerjain skripsi. Buat yang belum tahu, kenalin gue anton, mahasiswa IT tahun ke 9. Lah kok bisa sampai 9? bukannya maksimal kuliah S1 itu 7 tahun? bener 7 tahun tapi di kampus gue boleh cuti maks 4x jadi 2 tahun tambahan tanpa bayar semesteran.

Kok bisa sampai sm14?

Skripsi, makhluk ajaib yang bisa bikin gue stuck di kehidupan sejak 2018. Udah 8x ambil skripsi, gagal 6x, 1x semester kemarin cukup lancar dan dilanjutin di sm14 ini. Gue tolol? maybe. Tapi secara akademik, gue lancar2 aja. Di semester 7 saat ambil skripsi pertama, gue harusnya udah bisa lulus semester 7 kalau skripsi selesai karena matkul udah mencukupi buat lulus. IPK juga masih ok 3.52. Tapi ga bangga juga sih, soalnya menurut gue gampang dapat IPK segitu di kampus gue, jangan bandingin sama ITB atau UI, jauh, yang udah grinding pun katanya masih sulit dapat IPK bagus disitu.

Flashback kehidupan sekolah

SD

SD ga pernah belajar di rumah tapi diikutin les ke tetangga yang udah retired jadi guru SD. Jadi di kelas pas materinya diulang, gue udah paham duluan dan sering jawab ketika gurunya nanya. 2 moment yang gue inget waktu itu ketika pak A nanya urutan peredaran darah di jantung. Materi yang diajarin minggu lalu dan diajuin pak A buat nge test aja, gue angkat tangan dan jawab bener. Temen cewek si R nyeletuk 'eh lu pinter ya masih inget aja materi minggu lalu'. Yang kedua pas pelajaran MTK dan dikasih 10 soal sehabis dikasih tahu materinya, pak P guru MTK juga bilang 'yang udah selesai boleh istirahat duluan'. Soalnya penjumlahan bilangan pecahan sehabis diajarin FPB dan KPK. Beberapa menit selesai dan gue maju mau ngumpulin ke pak P buat dikoreksi, bener semua dan saat gue mau keluar, pak P nyeletuk ke temen gue si Y yang lagi ngobrol "eh Y, jangan ngobrol mulu, langsung kerjain kayak anton biar pinter juga". Tapi sebenernya gue ga pinter2 amat sih, gue bisa karena udah belajar duluan di les2an. Udah 2x lagi, les2annya cuman 1 ruangan, angkatan gue dan 1 tingkat di atas itu digabung. Gue udah belajar duluan tahun kemarin di les2an, gampang banget jadinya. Btw model les2annya 'siapa yang nanya materi X' malam itu bahas materi X, kalau ga ada yang nanya, pak K bakal ngasih pelajaran di subjek specialitynya 'sejarah', kadang bahas sejarah folklore kayak cerita2 candi, ken arok, atau cerita2 perjuangan kemerdekaan.
IDK why I'm still remember that 2 moments lol.

SMP

Pas lulus SD dapat nilai UN bagus dan bisa masuk SMP favorit. Kebetulan SMP 1 lokasinya di desa gue jadi bisa sepedaan karena deket dengan rumah. SMP berikutnya, SMP 2 punya jarak lokasi 8KM an. Tapi udah expected sih masuk SMP 1, karena di kelas 6, beberapa murid yang pinter2 dapat kelas tambahan buat diajarin lagi supaya bisa ngasih contekan ke temen rata2 nilai UN yang bagus buat SDnya. Walaupun gue minta ke ortu buat dimasukin SMP 2 aja, karena banyak temen2 gue yang masuk situ, tapi ga dibolehin. SMP 1 sama SMP 2 selain jauh jaraknya, SMP 1 emang bener2 favorit, bahkan ada murid2 yang nge kost waktu masuk SMP situ karena rumahnya jauh banget.
Waktu SMP di kelas 7C, karena ga les lagi dan ga pernah belajar di rumah, gue jadi tolol dan dapat ranking paling bawah, rank 32 :') Semester berikutnya Alhamdulillah ada kenaikan jadi ranking 4 tapi dari paling bawah, rank 28.
Bokap guru SMP di luar pulau yang pulang cuman 1-2 minggu tiap liburan semester, akhirnya tahu gue sulit disuruh belajar, ranking bawah dan kerjaannya cuman main PC. Sejak kelas 8 di daftarin bimbel P yang mahal. Gue masih ga belajar di rumah, cuman belajar waktu les dan di kelas. Singkatnya gue jadi dapat ranking 7 dan ranking 1 waktu kelas 8 (beneran rank dari atas). Entah gue yang beneran pinter atau karena gue masuk kelas H di kelas 8. (di SMP kelasnya ada A sampai H, Kelas A dan B itu spesial / favorit, isinya murid2 yang top ranking waktu kelas 7).
Endingnya waktu SMP, gue dapat nilai UN yang cukup lumayan tapi gagal masuk SMA Favorit, udah DP kost2an padahal :')

SMA

Karena gagal masuk SMA 1 G, SMA favorit sekabupaten (jauh tapi ga jauh2 banget), mau ambil SMA Favorit yang di kota juga males karena jauh banget. Akhirnya masuk SMA 1 P yang cukup OK dan ga jauh2 banget, 15m motoran. Ada sih SMA 1 C yang deket rumah tapi waktu itu SMA 1 P secara umum masih lebih bagus katanya. Tapi 1 hal yang bikin nyesek, ternyata di SMA 1 C mata pelajaran ekstranya ada 'bahasa jepang' :') Baru tahu yang namanya anime kelas 12 soalnya, jadi ga ambil pertimbangan mata pelajaran ekstra waktu milih SMA.
Btw info tambahan 'si R temen SD gue'. Dia masuk SMP 1 C juga, sama kayak gue dan dia ada di kelas A / B (kelas favorit). Dan waktu Kelas 9, Kelas A dan B kayak di spread gitu dan gue sekelas lagi sama si R (ga deket sih sama R tapi dia fun, keren, aktif dan sering ketawa anaknya, seinget gue). Pas SMA dia masuk SMA Favorit yang di kota, kelas akselerasi, jadi 2 tahun aja SMAnya, kalau ga salah lagi, dia kuliah HI tapi ga tahu sih, karena ga deket juga.
Tapi ada twist waktu gue masuk SMA, bokap gue juga masuk SMA 1 P di tahun yang sama bareng gue. "Hah, bokap lu masuk SMA?", iya, setelah perjuangan bertahun2 buat ngurus pindah PNS, bokap gue akhirnya berhasil balik ke rumah, btw gue tinggal ama 'mbah uti' (nenek dari bokap).
Satu hal yang beda dari sekolah favorit dan sekolah biasa. Rasa kompetisi waktu di SMP ilang aja gitu dan sekolahnya ga nge enforce murid2nya buat saling kompeitisi (bukan berarti jelek tapi beda aja). Selain nemu hobi baru nonton anime. Gue jadi corrupted sewaktu ujian semester kelas 10 dan sebangku sama kating cwk kelas 11. Contekan. Hal tabu yang ga pernah gue lakuin waktu SMP kecuali pas UN. Zaman itu, 3 hari UN masih jadi penentu lulus ngganya murid.
Karena temen2 kelas waktu itu majority juga pakai contekan dan gue orangnya manipulateable. Gue ikutan punya kebiasaan nyontek, waktu test mingguan, ujian tengah semester dan ujian. Tapi lucunya, gue masih dapat ranking waktu SMA. Bukan karena gue bener2 paham materinya kayak waktu SMP, tapi mungkin karena gue kelihatan pinter, komputer guy (udah bisa ngetik 10 jari dan udah biasa pakai google di daily life dengan HP Nokia 5130XM yang gue pakai selama 9 tahun, dari masuk SMP sampai lulus SMA), dari SMP favorit juga dan anaknya tipikal anak polos baik2 gitu. Dan gue baru tahu ternyata bokap di awal sering nanyain guru2 gue sehabis ujian "eh si anton gimana nilainya? ooh gitu ya, kok bisa segitu nilainya? dll". Mungkin guru2 lain merasa terganggu dan males jawabanya? lol, gue juga bukan siswa bermasalah jadi di bagus2in aja nilainya?. Tapi ada 1 temen seangkatan juga yang ibunya udah lama ngajar di situ tapi ga ranking. Jadi ngga tahu sih, ini pengaruh bokap atau bukan.
Skip ke akhir kelas 12.
Karena gue dikenal pinter, nilai bagus2 dan temen2 sering minta contekan PR karena gue hampir selalu ngerjain (udah manfaatin google buat belajar dan nugas sejak SMP kelas 8, masih banyak yang belum terbiasa nge google sih dulu). Banyak yang expect gue bakal dapai nilai UN bagus di SMA. Tapi... gue kenal DotA2 di kelas 12. Masa-masa yang seharusnya gue pakai buat grinding belajar UN, ngejar ketertinggalan materi. Parahnya lagi gue begadang main DotA2 sewaktu UN dan kena flu, jadi ngerjain harus sambil hati2 ada cairan yang netes dari hidung ke kertas UN.
Akhirnya gue ngecewain banyak orang, gue ga ambil pusing karena di angkatan gue waktu itu, persyaratan lulus atau tidak udah diserahin ke sekolah, bukan karena nilai UN. Karena info UN ga menentukan kelulusan itu, gue commit buat berhenti pakai contekan dan kembali ke jalan yang lurus. Tapi karena nilai UN yang jelek, udah expect juga ga bakal keterima jalur undangan ke pilihan 1 ITS. Sejak kelas 11 udah tahu juga mau ambil jurusan IT, sempet install android studio dan nyicip java dikit pas kelas 12 tapi karena DotA2, sekedar nyicip aja, nyarinya malah tutorial DotA2 di dotaallstars.
Karena jalur undangan gagal, akhirnya coba jalur mandiri di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) karena tanggal testnya lebih dulu dibandingin jalur tulis umum masuk PTN (SBMPTN waktu itu namanya). Karena PENS jalur mandirinya duluan, akreditasi di jurusan komputernya ok, ga terlalu jauh dan ga kemahalan kayak Universitas Surabaya (UBAYA) waktu itu. Sedihnya yang diterima waktu itu 12 dan gue nomor 13nya. Padahal kalau diterima, gue punya waktu jauh lebih banyak main DotA2 sambil nunggu masuk kuliah. Karena ga lolos, akhirnya grinding materi2 SBMPTN lagi lewat langganan bulanan di Zenius dan les offline di bimbel P. Karena ragu dan takut ga lolos kalau ambil ITS di pilihan 1 SBMPTN, akhirnya milih di PTN yang ok juga dan nerima mahasiswa banyak buat jurusan komputernya tapi bukan di surabaya.
Eh ternyata lolos, Alhamdulillah jadi ga perlu ngeluarin duit banyak buat jalur mandiri, tapi keluarnya kok sulit ya ... udah 9 tahun :')
Tapi harusnya lulus sih di sm14 ini, tinggal benerin laporan skripsi yang salah2. Aplikasi udah OK tapi mungkin gue improve lagi kalau ada waktu setelah nulis laporan (optional).

Life is good :D

Awalnya sebelum nulis panjang lebar itu, mau fokus ke bagian ini Life is good. Walaupun gue S1 9 tahun, gue happy2 aja. Kayaknya gue bakal bahagia tetep bahagia selama gue masih bisa duduk depan komputer, ada internet, punya atap atau numpang di rumah ortu dan punya duit buat makan besok.
Laptop spek pas2an, internet ga kenceng2 amat, atap walau hanya kost2an, nasi masak, dengan duit makan sekedar sayur 3k + 2k gorengan dan sekali2 makan hedon pakai gofood nunggu promo. Life is good. 5 tahun lagi gue masih gini juga bodo amat, tapi dalam 5 tahun skill2 gue pasti lebih jago. Rejeki halal juga udah diatur dan ga akan kemana. Gue juga ga bakal mati sebelum semua rezeki yang ditakdirkan buat gue dikasih Tuhan.
Quotes dari islam yang bikin gue ga khawatir di umur 26 baru lulus S1.
submitted by anton-rs to indonesia [link] [comments]


2023.12.16 08:08 MiserablePrince Ringkasan Sumber Sejarah Mengenai Masa Majapahit Akhir (Beserta Kĕling & Daha)

Pararaton:
Nama para raja yang menjabat setelah Śri Kṛtawijaya (putra bungsu Wikramawardhana & adik Suhitā) yang bertakhta dari 1447-1451 menurut Pararaton adalah sebagai berikut:
  1. Bhre Pamotan, yang lalu menjabat di Kĕling lalu Kahuripan sebelum menjadi raja, bergelar Śri Rājasawardhana dan berjuluk Sang Sinagara. Menjadi raja pada 1451 dan meninggal pada 1453.
  2. Bhre Wĕngkĕr, bergelar Bhrā Hyang Pūrwawiśeṣa, menjadi raja pada 1456 setelah kekosongan takhta selama tiga tahun (telung tahun tan hana prabhu). Meninggal pada 1466.
  3. Bhre Paṇḍan Salas, yang lalu menjabat di Tumapĕl sebelum menjadi raja, bertakhta pada 1466. Meninggal pada 1478.
Peristiwa terakhir yang terdapat di naskah Pararaton adalah sebagai berikut:
bhre paṇḍan salas añjĕnĕng ing tumapĕl, anuli prabhu i śaka brahmana-naga-kaya-tunggal, 1388, prabhu rong tahun. tumuli sah saking kaḍaton. putranira sang sinagara, bhre koripan, bhre mataram, bhre pamotan, pamungsu bhre kṛtabhūmi, kapernah paman, bhre prabhu sang mokta ring kaḍaton i śaka śunya-nora-yuganing-wong, 1400.
"Bhre Paṇḍan Salas menjabat di Tumapĕl, kemudian [menjadi] prabu pada Śaka brahmana-naga-kaya-tunggal, 1388 (1466 Masehi). [Menjadi] prabu dua tahun. Kemudian pergi dari istana. Anak-anak Sang Sinagara, [yaitu] Bhre Koripan, Bhre Mataram, Bhre Pamotan, [dan] yang bungsu, Bhre Kṛtabhūmi, terhitung paman, Bhre Prabu yang meninggal di istana pada Śaka śunya-nora-yuganing-wong, 1400 (1478 Masehi)."
Sumber Primer dan Sekunder:
  1. Prasasti Waringin Pitu dikeluarkan pada 22 November 1447 oleh Wijayapārakramawardhana Dyah Kṛtawijaya dan memuat nama para raja bawahan pada masanya bertakhta. Nama-nama raja berkelamin pria yang ditulis secara berturut-turut yaitu: Wijayaparākramawardhana Dyah Kṛtawijaya (Mahārāja), Rājasawardhana Dyah Wijayakumāra (Bhre Kahuripan), Girīśawardhana Dyah Sūryawikrama (Bhre Wĕngkĕr), Singhawikramawardhana Dyah Suraprabhāwa (Bhre Tumapĕl), Wijayaparākrama Dyah Samarawijaya (Bhre Matahun), dan Girīndrawardhana Dyah Wijayakaraṇa (Bhre Kĕling).
  2. Bhre Paṇḍan Salas di dalam Pararaton diduga adalah orang yang sama dengan tokoh yang menjabat sebagai Bhre Tumapĕl pada prasasti Waringin Pitu, yaitu Singhawikramawardhana Dyah Suraprabhāwa. Bhre Paṇḍan Salas menjadi raja menggantikan Bhre Wĕngkĕr, yang bergelar Bhrā Hyang Pūrwawiśeṣa. Bhrā Hyang Pūrwawiśeṣa diduga adalah orang yang sama dengan Girīśawardhana Dyah Sūryawikrama pada Prasasti Waringin Pitu, juga menjabat sebagai Bhre Wĕngkĕr. Raja sebelum dirinya adalah Bhre Pamotan, bergelar Rājasawardhana atau Sang Sinagara, diduga orang yang sama dengan Rājasawardhana Dyah Wijayakumāra, juga merupakan Bhre Kahuripan.
  3. Prasasti Trowulan III mencatat bahwa orang yang menjabat sebagai Bhre Tumapĕl, Dyah Suraprabhāwa (pāduka bhaṭāre tumapĕl garbhajanmanāma dyah suraprabhāwa), seperti yang tertera pada Prasasti Waringin Pitu, merupakan putra bungsu sang maharaja (pamungsuputra sira tkap śrī mahārāja) dan beristrikan Bhre Singhapura, Śrī Rājasawardhanadewī Dyah Śrīpurā (bhāryāpati sira muwang ājñā pāduka bhaṭāre singhapura, garbhajanmanāma dyah śrīpurā, śri rājasawardhanadewī nama rājñyabhiṣeka)
  4. Dyah Suraprabhāwa menjadi raja di tahun 1466 pada Pararaton, dan mengeluarkan Prasasti Pamintihan pada 14 Mei 1473, dengan gelar Paduka Śri Mahārājadhirāja Prajaikanātha (Paduka Maharaja Segala Raja).
  5. Nama Suraprabhāwa juga ditulis pada Kakawin Śiwarātrikalpa karya Mpu Tan Akung: tan lyan sryādisuraprabhāwa sira bhūpati sapala girīndrawardhanawangśaja ("Tak lain Śri Adi Suraprabhāwa, dialah raja yang memang sepantasnya dalam keturunan Dinasti Girīndra").
  6. Ditemukan Prasti Jiyu I, II, III, & Prasasti Sidotopo (Jiyu IV), dan Prasasti Petak; semuanya bertahun 1486, di mana nama raja yang tercantum telah berubah, yaitu Girīndrawardhana Dyah Raṇawijaya. Dalam Prasasti Pĕṭak, raja ini mengukuhkan anugerah sima kepada seseorang bernama Brahmārāja Ganggadhara yang merupakan pemberian dari raja sebelumnya yang telah meninggal, yaitu Bhaṭāra Prabhu Sang Mokta ring [A]mṛtāwi[śe]ṣalaya dan seorang tokoh almahrum lain, Sang Mokteng Mahālayabhawana. Pemberian anugerah sima ini adalah atas jasa Brahmārāja Ganggadara dalam membantu kemenangan seorang tokoh berjuluk Sang Munggwing Jinggan (Yang Berkuasa di Jinggan) ketika berhadap-hadapan perang melawan Majapahit (kāraṇaning sinung gañjaran hamrih kādigwijayanira sang munggwing jinggan duk ayun-ayunan yudha lawaning Majapahit).
  7. Prasasti Jiyu III (1486) mengungkapkan raja lain sebelum Raṇawijaya, yaitu Śri Girīndrawardhana, bernama abhiṣeka Śri Singhawardhana, bernama asli Dyah Wijayakusuma yang bertakhta di Kĕling (Śrī Maharaja Bhaṭāre Kling Śrī Girīndrawardhana), yang menganugerahkan sima asrama Trailokyapuri kepada Brahmārāja Ganggadhara yang berperan dalam penyelenggaraan upacara śrāddha peringatan kematian Bhaṭāra ring Dahanapura Sang Mokteng Indranibhawana (Baginda di Daha Yang Berpulang ke Kahyangan Indrani). Sima ini belum sempat tuntas karena sang raja meninggal dunia, sehingga Brahmārāja Ganggadhara memohon kepada penerusnya, Bhaṭāra Prabhu Śri Raṇawijaya untuk menuntaskan anugerah tersebut.
  8. Prasasti Sidotopo atau Jiyu IV (1486) menyebut seorang tokoh lain yang terlibat dalam pemberian anugerah sima kepada Brahmārāja Ganggadhara, yaitu Sang Mokta ring Amṛtabhāsalaya yang tidak tertulis dalam Prasasti Pĕṭak. Tokoh-tokoh almahrum yang menganugerahkan sima dalam prasasti ini yaitu sebagai berikut: Sang Mokta ring Amṛtabhāsalaya, Bhaṭṭāra Prabhu Sang Mokta ring Amṛtawiśeṣalaya, dan Sang Mokteng Mahālayabhawana. Brahmārāja Ganggadhara berjasa membantu kemenangan Sang Ratu hing Jinggan (Sang Raja di Jinggan) ketika berhadap-hadapan perang dengan raja Majapahit (sinung gañjaranira duk ayun-ayunan yudha sang ratu hing majapahit).
  9. Ada pula Kakawin Banawa Sĕkar, juga ditulis oleh Mpu Tan Akung, mengisahkan upacara śrāddha peringatan dua belas tahun meninggalnya Bhaṭāra Sang Mokta Maluy ing Somyālayādhiprabhu oleh Śri Jīwanendrādhipa (Raja Penguasa Jīwana) yang berhubungan darah dengannya. Raja-raja yang mempersembahkan hadiah disebut dari yang termuda ke yang tertua dalam upacara śrāddha, yaitu: Śrī Nātheng Kṛtabhūmi, Naranātha ring Mataram, Sang Nŗpati Pamotan, Śrī Parameśwareng Lasĕm, dan Naranātha ring Kahuripan. Jīwana dalam bahasa Sanskerta dan Kahuripan dalam bahasa Jawa Kuno memiliki arti yang sama, yaitu "kehidupan".
Sumber Sezaman:
  1. Catatan dinasti Ming atau Ming Shilu ("Catatan Veritabel dari Ming") pada bagian Yingzong Shilu jilid 216, 229, 244, mencatat raja Jawa bernama Balawu atau Pa-la-bu (Prabhu) mengirimkan duta ke Tiongkok pada 1452, 1453, dan 1454. Raja Jawa yang menjabat pada 1452 adalah Rājasawardhana Sang Sinagara, tapi Pararaton mengisahkan tokoh ini meninggal pada 1453 sebelum kekosongan takhta selama tiga tahun (telung tahun tan hana prabhu).
  2. Ming Shilu mencatat kedatangan duta dari Jawa untuk mengantar upeti pada 1460 oleh raja bernama Du-ma-ban (Tumapĕl?). Para utusan mampir di Anqing sebelum pulang. Mereka mabuk dan berkelahi dengan sejumlah pendeta asing yang juga membawa upeti, mengakibatkan enam dari mereka terbunuh. Para duta dikirim kembali ke Jawa untuk mendapatkan hukuman dari raja mereka.
  3. Ming Shilu pada Xiazong Shilu jilid 104, mencatat raja Jawa, Bu La Ge De Na Mei (Bhre Kṛtabhūmi?), mengirim utusan ke Tiongkok pada 1 Oktober 1495. Kapal utusan ini porak poranda di dalam badai, hanya menyisakan surat yang dikirim oleh raja Jawa kepada kaisar Tiongkok.
  4. Ming Shilu mencatat kedatangan utusan dari Jawa pada 1499. Kapal pembawa utusan dan upeti karam oleh badai, hanya kapal penerjemah yang selamat dan tiba di Guangzhou. Para utusan dari Jawa semakin jarang datang setelah ini.
  5. Mantan duta Portugis, Tomé Pires, dalam Suma Oriental (1512-1515) mengunjungi Jawa pada 1513, dengan raja yang memimpin bernama Batara Vojyaya (Bhaṭāra Wijaya) yang bertakhta di Dayo (Daha). Tomé Pires memaparkan silsilah sang raja: Batara Vojyaya adalah anak Batara Mataram, putra dari Batara Sinagara, yang merupakan putra dari Batara Mataram [yang sebelumnya].
Keterangan:
submitted by MiserablePrince to u/MiserablePrince [link] [comments]


2023.12.15 16:14 a_HerculePoirot_fan Free SPM tuition by UniKL. You can choose between physical or online classes! Registration link in the comment section.

Free SPM tuition by UniKL. You can choose between physical or online classes! Registration link in the comment section. submitted by a_HerculePoirot_fan to malaysia [link] [comments]


2023.11.29 20:20 sumpitsakit Aplikasi resmi KBBI mendapatkan pembaruan dengan banyak fitur baru

Aplikasi resmi KBBI mendapatkan pembaruan dengan banyak fitur baru submitted by sumpitsakit to ondonesia [link] [comments]


2023.11.29 12:29 tederby18 Aplikasi resmi KBBI mendapatkan pembaruan dengan banyak fitur baru

Aplikasi resmi KBBI mendapatkan pembaruan dengan banyak fitur baru submitted by tederby18 to indonesia [link] [comments]


2023.11.24 12:00 davtheguidedcreator Im still mad i never got number one in my grade. I know it was 9 years ago but still...

Im still mad i never got number one in my grade. I know it was 9 years ago but still... submitted by davtheguidedcreator to Bolehland [link] [comments]


2023.10.28 14:46 Few-Dragonfruit-4702 Ini salah gw atau ortu gw?

Sebelum saya mau cerita, saya mau klarifikasi dulu kalo gw ngga benci sama ortu saya, cuma heran aja apa ini beneran salah gw atau emang ortu saya yang salah?
Jadi gini, saya dari SD dulu itu anak nya diem dan agak bandel, saya yang susah sosialisasi ini bikin ortu gw kesel sama saya karena sy selalu ngebuat dia malu karena saya sendiri masih ogah berteman sama temen kelas sampe SD kelas 6. dan pas saya SMP, ortu saya ini masih agak merasa cemas kalau saya bakal tetep aja kaya gini. dan pas saya mulai SMP, justru saya jadi anak yang dikenal banyak guru dan mulai bikin relasi/teman karena bisa dibilang salah satu murid berprestasi di sekolah saya. dan pas saya SMA, sya mulai ikut OSIS dan jadi koordinator sekbid 9, saya ngikutin banyak lomba kabupaten/provisi yang berhubungan dengan bahasa, seni, dan hal hal berbau hukum. Waktu dua tahun menjadi OSIS, kita juga berhasil ngundang guest star gede ke HUT sekolah saya tanpa bantuan dari dana sekolah dan pure hasil strategi keuangan kita. jujur aja saya ngerasa saya udah berhasil berubah drastis dan lebih pede sama diri sendiri.
TAPIII nih ya, walau saya udah berubah drastis, ortu saya ini masih ngerasa saya tidak berubah sedikitpun. sampe sekarang ortu saya masih ngerasa tindakan yang akan saya lakuin di masa depan, akan mirip dengan tindakan saya di masa SD. apakah saya salah karena saya sendiri belum bisa berubah dari 6 tahun sekolah?
Ortu saya juga banyak cerita ke temen temen nya tentang sifat gw yang childish dan spoiled, ortu gw bilang kalo tingkah saya sampe sekarang masih childish dan spoiled. Sampe sampe nih ya, pembina OSIS saya yang kebetulan adalah sahabat ortu saya, sering nasehatin saya tentang tingkah saya yang bahkan kaga pernah ngerasa saya lakuin dirumah, dan dia sampe sampe nih, ngga 60% percaya dengan hasil kinerja saya sebagai pemimpin. Saya sekarang ini udah bisa kerja dan cari uang sendiri dari jadi freelancer editor. tapi teteppp aja, ortu masih belum puas sama hasil saya😔🙏 ya walau pas saya dapet sertifikat dan ke lokasinya langsung buat ambil sertif/penghargaannya, ortu saya bilang kalo saya ini anak baik baik dan sebagai orang tua mereka berhasil didik saya menjadi sukses. dan mereka juga bilang ke saya sendiri dan langsung kalo mereka bangga.
(PS. ini beneran kisah nyata, dan kaga ada buatan buatan nya, sy curhat disini karena sy juga ngga ada tempat curhat🥲 curhat ke temen juga solusinya gitu gitu aja, sy dah pernah ngobrol sama mereka dan ngga sengaja curhat, tapi curhatan syaa ini disebar ke temen temennya. sampe sy sendiri ngerasa malu.)
Okeh, sekarang coba kalian pertimbangkan, apakah saya salah dalam hal ini atau memang ortu saya yang salah? Karena jujur setiap mereka ngelakuin hal ini saya merasa saya ini adalah beban keluarga.
submitted by Few-Dragonfruit-4702 to indonesia [link] [comments]


2023.10.09 17:00 DigitalChildish Perjalan Hidup Seorang Gamer

Perjalan Hidup Seorang Gamer
Perkenalkan, namaku Irfan. Usiaku diakhir tigapuluhan mendekati empatpuluh tahun, Saya menikah dan mempunyai seorang putri yang cantik berumur 4 tahun. Dikehidupanku sejauh ini tak pernah mencapai kepemilikan rumah, mobil, motor, bahkan sepeda. Saat ini, saya berada dalam situasi tanpa pekerjaan tetap, dan saya sangat membutuhkan bantuan kalian. Namun, sebelum itu izinkan saya berbagi kisah hidup, semoga ceritaku memberikan penjelasan, inspirasi atau pelajaran hidup kepada banyak orang. Oh iya sebelum mulai, sedikit penjelasan ceritanya akan maju mudur dan pada angka-angka *1*,*2*,*3\*,dll dalam cerita merupakan titik point penting yang seharusnya saya fokuskan dalam hidup. Akan saya jelaskan di akhir cerita. Terimakasih.
Aku adalah anak keempat dari lima bersaudara. Di masa lalu dinegaraku, orang sering mengatakan, "banyak anak, banyak rejeki." Jika diartikan bahwa rejeki itu adalah materi, Tidak salah memang jika semua anak nya sukses, bagaimana jika tidak?
Dan Ini adalah kisah hidupku.

https://preview.redd.it/1j51llpgv6tb1.jpg?width=1024&format=pjpg&auto=webp&s=9b2f04b585c00579817aaa1353b5594770b4c505
Kami hidup dalam keluarga sederhana, bapak ku adalah seorang pegawai swasta di sebuah perusahaan asuransi dan ibuku merupakah ibu rumah tangga yang berhenti bekerja ketika menikah. Waktu kecilku penuh dengan energi yang meluap-luap, dari keisengan mengambil camilan dari warung tetangga lalu lari tanpa membayar, hingga pulang larut malam saat masih SD. Aku bahkan pernah mengambil celengan uang kakakku untuk jajan dan bahkan membakar sofa di teras rumah. Tapi, jangan ditiru ya, waktu itu aku masih sangat polos.
Meski begitu, aku adalah anak yang rajin. Aku sering membantu ibuku membersihkan rumah dan mencuci piring tanpa diminta. Aku juga mulai menunjukkan minatku dalam memperbaiki dan memodifikasi mainan elektronik agar terlihat lebih keren *1\* (Aku tertarik pada elektronik ketika pamanku berkunjung dan meperbaiki mobil-mobilanku yang rusak, dari situ aku baru tahu bahwa alat elektronik bisa diperbaiki dan tidak dibuang), yang membuat ibuku bangga padaku. Di sekolah, aku cukup cerdas dan pernah menduduki peringkat 1-3. Aku bahkan pernah mengikuti kompetisi cerdas cermat disekolah. Hanya dalam olahraga, aku selalu kesulitan karena tubuhku yang agak lemah. Aku selalu merasa pusing dan mual saat berolahraga. Guru-guruku sudah mengetahui kondisiku. Pelajaran favorit ku adalah matematika saat itu, ya betul matematika lho. Tapi saat itu.. sekarang? Sudahlah jangan ditanya, udah lupa berhitung saya, ada kalkulator bro.
Sekarang, izinkan aku bercerita tentang titik krusial dalam hidupku, pertemuan pertamaku dengan sesuatu yang disebut "Game" yang akan mengubah segalanya..

Episode 01: Pacarku ‘Dingdong’

Hari itu adalah hari Minggu yang tak terlupakan. Aku masih jelas mengingat saat itu, bapakku mengajakku naik motor Vespa-nya untuk pergi ke tukang cukur. Setelah cukuran selesai, giliran bapak yang harus dipangkas. Aku mulai merasa bosan dan memutuskan untuk keluar sebentar. Saat berjalan, aku melihat kerumunan orang yang sangat ramai, penasaran, aku mendekat.
Saat aku mendekati, aku melihat sejumlah besar layar berwarna-warni dengan gambar-gambar bergerak yang dikendalikan oleh orang-orang di sekitarnya. Aku bertanya-tanya, apa yang sedang terjadi di sana? Tiba-tiba, seseorang memasukkan koin ke dalam mesin, dan permainan dimulai. Ada yang berteriak, ada yang tertawa, bahkan ada yang terlihat marah. Aku tak bisa mengerti apa yang terjadi, tapi rasanya sangat seru dan penuh gairah. Ya, permainan ini disebut DINGDONG.

https://preview.redd.it/kx3ygys6w6tb1.jpg?width=1500&format=pjpg&auto=webp&s=21ce3d44f122fbb76fd172c14dfc7ac5b90e20b7
Tanpa berpikir panjang, aku berlari kembali ke tempat bapak dan memohon padanya untuk memberiku beberapa koin. Dengan senang hati, aku kembali ke mesin dingdong itu. Aku pun mencoba permainan itu, dan rasanya luar biasa! Itu adalah pengalaman pertamaku bermain game di mesin dingdong, dan aku tahu bahwa ini adalah awal dari sesuatu yang istimewa.
Hari-hari di tukang cukur menjadi saat yang selalu kutunggu-tunggu. Alasannya sederhana: itu adalah kesempatan bagiku untuk bertemu lagi dengan si 'game' ini. Bahkan ketika kami pergi berbelanja di daerah sana, aku selalu lari ke tempat dingdong itu. Walaupun aku hanya seorang anak SD ketika pertama kali bertemu dengan 'game' ini (ya, aku masih kecil), aku akhirnya tahu cara menuju ke sana sendiri.
Kadang, jika aku memiliki sedikit uang ekstra setelah pulang sekolah, aku akan mampir ke sana. Rasanya seperti pacaran, karena aku selalu bertemu dengan si 'game' ini. Pernah suatu hari, ketika aku mendapatkan uang tabungan sekolahku, aku langsung pergi ke sana setelah sekolah dan bermain sampai malam. Hingga akhirnya pulang kerumah, Mama sangat marah menungguku di pintu depan. "Kemana kamu malam-malam baru pulang? Mama cari kamu di sekolah, Kakak cari ke teman-teman kamu tidak ada. Mama sangat khawatir!" katanya.
Aku menjawab, "Aku pergi ke tempat dingdong, mama." Mama bertanya “Main Dingdong?! Sampai malam gini? dari mana uang nya?!” Aku mengaku bahwa uang itu berasal dari tabungan sekolah yang telah dibagikan. Aku hanya menyisakan sedikit dan kuberikan pada mama. Mama hanya menghela nafas dan memelukku erat. "Apakah kamu sudah makan?" tanyanya. Aku menjawab belum, dan dia mengatakan, "Ayo, segera mandi, dan kemudian kita makan malam." Dalam hatiku, aku tahu bahwa mama tidak begitu marah padaku. Dia hanya panik dan sangat mencintai anaknya.
Setelah mandi, aku menemukan bahwa bapak telah pulang kerja. Dia berdiri tegap dan menatapku. Aku terkejut dan ketakutan. Aku berpikir, "Wah, pasti bapak sangat marah padaku sekarang." Namun, akhirnya, bapak hanya berkata, "Hei, kemana kamu pergi? Haha, luar biasa, anak SD yang baru pulang malam. Lihat mama, dia sangat khawatir." Aku kaget karena bapak tidak marah. Dia memberiku banyak nasihat pada malam itu. Singkat cerita karena kebebalanku, keluargaku sekarang tahu bahwa jika aku pulang terlambat, aku pasti ada di tempat dingdong itu, dan mereka selalu datang menjemputku.

Episode 02: Nintendo

Suatu hari, keluargaku pergi ke sebuah supermarket bernama HERO. Ketika kami berada di sana, mataku tertuju pada sebuah mesin kecil yang terpajang di bagian penjualan mainan. Mesin itu berbentuk kotak, dengan sesuatu yang menancap di atasnya (yang akhirnya aku tahu itu adalah kaset game), dan ada kabel yang menjulur keluar. Di ujung kabel, ada kotak kecil yang tipis dengan tombol kontrol (stick). Kabel itu terhubung ke televisi 14 inci, di mana ada gambar karakter yang unik dan lucu, yaitu Mario Bros. Itu adalah pertama kalinya aku melihat sebuah konsol game yang bernama Nintendo. Aku mulai berpikir, "Wow, jika aku punya ini, aku tidak perlu lagi pergi ke tempat dingdong. Aku bisa bermain sepuasnya di rumah tanpa perlu koin." Aku meminta kepada orang tuaku, tetapi mereka mengingatkan bahwa masih banyak kebutuhan dan prioritas keluarga yang harus dipenuhi selain dari mesin Nintendo ini.

https://preview.redd.it/8r1571tnw6tb1.jpg?width=1024&format=pjpg&auto=webp&s=87f4274c19bf65c6f9686f2e70ff8bd6b2257e78
Setiap kali kami berbelanja di HERO, aku selalu berlari dan berhenti sejenak untuk melihat benda kecil yang menakjubkan ini bersama kakak pertamaku. Izinkan aku memperkenalkannya, dia adalah kakakku yang pertama dan saya panggil AA sifatnya agak eksentrik dan sering terlihat aneh. Dia sebenarnya pendiam dan juga bisa galak terkadang, tapi kami cukup dekat ketika kami masih kecil. Dia sering mengajakku bermain di lapangan besar belakang rumah kami, seperti bermain layangan dan mencoba kegiatan ekstrem seperti menjelajah jalan di bukit yang tinggi dan curam, berenang di sungai, dan bahkan suatu kali ketika kami menemukan beberapa orang sedang membersihkan saluran air di bawah jembatan, kami berdua memutuskan untuk "bersedekah" dengan membuang tai kami di sana. Aneh dan kocak, kan? Haha. (Jika Diingat-ingat Bahkan ketika SMP aku pernah menemukan koleksi foto-foto cewe sexy di koper belakang ketika sedang beres-beres. Dan itu ternyata milik kakak pertamaku dia ngamuk dan marah besar sampai memukul kepalaku ketika itu, ya aku nangis mengadu pada mama haha)
Meskipun kadang-kadang dia bisa sangat aneh dan kami sering meributkan hal kecil, dia tetaplah kakak pertamaku yang terbaik. Dia selalu membelaku, bahkan pada suatu hari ketika aku diledek oleh anak-anak dari kampung sebelah. Kakakku datang dan membela aku. Dia juga mencariku ketika aku tak pulang ke rumah pada sore hari karena aku duduk menangis saat layanganku robek oleh anak nakal lain.
Terlepas dari semua keanehan dan insiden lucu yang kami alami, dia tetaplah kakak yang sangat berarti bagi hidupku.
Oh, aku lupa menceritakan tentang orang tua kami. Mama adalah sosok ibu yang luar biasa, mungkin yang terbaik sepanjang masa. Beliau selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk kami, anak-anaknya. Mama adalah sosok yang penuh kreativitas. Masa muda mama selalu penuh petualangan, bepergian ke berbagai tempat, mengikuti seminar di kota ini, belajar di kota itu. Mama adalah tipe yang sangat ekstrovert, suka berbicara banyak, dan selalu membanggakan silsilah keluarga "darah biru"nya (setidaknya itu yang dikatakannya). Mama tak pernah berhenti bekerja, hingga suatu hari, di tempat kerjanya, dia bertemu dengan seorang pria muda. Ya, pria itu adalah bapakku sekarang. Saat itu, dia adalah anak buah mama. Seiring berjalannya waktu, mereka menjalin kasih dan akhirnya menikah. Mama berhenti bekerja saat hamil, dan posisinya di kantor digantikan oleh bapak. Mama mengandung anak pertama (yang sayangnya tidak berhasil bertahan di dunia ini, entah karena keguguran atau meninggal saat lahir, aku lupa). Kalau dihitung-hitung, jumlah anak mama jika masih hidup bisa mencapai 7 orang, tapi yang dua di antaranya meninggal. Semoga mereka menjadi bekal di akhirat, seperti yang dikatakan orang bahwa memiliki anak yang meninggal saat baru lahir adalah jaminan surga bagi ibunya. Karena si anak menunggu mamanya di surga kelak. Aamiin.
Dulu, keuangan keluarga kami cukup baik. Bahkan kami mampu menyekolahkan adik-adik bapak hingga mereka lulus dan berhasil. Keluarga bapak sering menginap dan meminta bantuan kepada keluarga kami saat itu. *2\* Mama pernah menjalankan bisnis konveksi kain dan baju, dan bahkan mencoba berjualan ikan asin, Kue-kue, Kerupuk buatan sendiri dengan menawarkannya kepada tetangga-tetangga. Mama benar-benar akrab dengan para tetangga dan sering menjadi biang tukang gosip di lingkungan kami, seperti halnya ibu-ibu pada umumnya.
Bapak adalah sosok yang baik, perhatian, dan sangat menyayangi anak-anaknya. Namun, beliau jarang bicara panjang lebar. Dan nanti Bapak melakukan kesalahan besar yang sangat-sangat fatal.
Ketika aku berada di depan konsol Nintendo di HERO, tiba-tiba bapak dan mama mendekatiku. Mereka bertanya, "Kamu ingin ini? Ranking 1 dahulu, nanti akan kami belikan untukmu." Rasanya seperti dunia berubah menjadi indah, hanya ada aku bersama konsol Nintendo ini, tidak ada yang lain. Aku bertekad dalam hati, "Nintendo, kita akan bersama suatu hari nanti. Aku akan menunggumu." Itu adalah secercah harapan bagiku untuk memiliki konsol game tersebut.

Episode 03: GIMBOT

Hari, bulan, dan tahun pun berlalu. Rankingku di kelas hanya berkisar antara 2 hingga 5, belum pernah mencapai ranking 1. Namun, suatu hari, bapak mengajakku ke sebuah toko jam. Kami naik Vespa, dan aku berdiri di depannya. Bapak selalu melindungi bagian dadaku dengan satu tangan, sambil berkata, "Kamu jangan sampai masuk angin, ya. Bapak akan menjagamu." Kami melaju pelan sambil menikmati angin sore, dan aku melihat pemandangan yang masih sangat hijau dan asri saat itu. Itu adalah momen yang masih aku ingat hingga sekarang.

https://preview.redd.it/7jn6rwgpx6tb1.png?width=320&format=png&auto=webp&s=ccb567f85ba7c36ba112fb0e3627dc3e84868ae5
Akhirnya, kami sampai di toko jam, dan bapak mulai bertanya-tanya kepada penjualnya. Aku melihat ada sesuatu yang menarik di laci berkaca di depan toko itu. Apa itu? Sebuah kotak kecil hitam dengan layar di dalamnya. Ya, itulah yang disebut Game Watch, atau yang kami sebut Gimbot. Di sekolah, aku sering bermain dengan perangkat ini. Ada abang-abang yang menyewakan berbagai versi Gimbot, ada yang seperti teropong dengan gambar animasi, ada yang bertema koboi, ada permainan ular, ada bola, ada mobil, ada motor, dan masih banyak lagi. Kami cukup membayar 25 atau 50 perak, aku lupa pastinya, dan bisa bermain beberapa menit saja. Abang-abangnya sering mengingatkan, "Sudah, waktu habis, ayo selesai." Terkadang, aku memohon, "Boleh bonus, bang? Kan aku sering main." Karena abangnya mengenal aku, dia sering memberiku bonus bermain lebih lama. Kembali Ketika aku melihat Gimbot dilaci berkaca tersebut dengan mata berbinar, aku tahu itu adalah versi Tetris dengan banyak mode permainan di dalamnya.
Ketika kami pulang, bapak menyodorkan sebuah plastik hitam ke padaku. Didalam plastik itu ternyata ada Gimbot tersebut. Aku terkejut. Wah, dengan senang hati, aku menerimanya. Bapak telah membelikan konsol ini untukku! Aku merasa sangat senang, bahkan ketika kami akan naik motor, aku tak henti-hentinya bermain dengan tombol Gimbot ini. "Eh, sudah, nanti mainnya di rumah!" kata bapak. Aku hanya tertawa senang. Hari itu sangat indah bagiku.

Episode 04: Pentas

Kehidupanku di SD sangat menarik, dan aku sangat mengingat semua hal-hal baru yang terjadi dengan sangat jelas. Pada kelas 4 SD, aku dan temanku yang duduk di sebelahku begitu populer di kelas, meskipun entah kenapa. Sangat jelas dan teringat, nama temanku yang duduk di sebelahku adalah Niar, dia adalah seorang cowok. Meskipun dia sedikit pendiam, namun pandangan teman-temannya selalu menganggapnya keren dan menarik, bahkan menurutku dia terlihat seperti orang yang sangat kaya. Aku bahkan pernah diajak ke rumahnya.
Di rumahnya, aku disuguhi dengan roti yang begitu enak, itu adalah pertama kalinya aku mencicipi sesuatu yang begitu lezat. Ibunya sepertinya sangat memanjakannya, dan dia hanya memiliki seorang kakak. Ada berbagai camilan lain seperti kue dan permen. Aku sangat lahap saat makan roti tersebut, sementara Niar hanya memandanginya di piringnya tanpa menyentuhnya. Namun, di rumahku, makanan atau minuman tidak pernah tersisa. Dalam keluarga kami yang memiliki banyak anak, camilan selalu menjadi rebutan, dan kami sering berdebat bahkan tentang wadah makanan atau gelas minuman. Kami bahkan sampai menggunakan gelas yang sama setiap kalinya secara otomatis meskipun tidak ada nama-nama pemiliknya.
Oh, iya, saat itu kami masih berempat bersaudara, adikku yang paling bungsu belum lahir. Kembali ke rumah Niar, sedikit cerita dengannya, dia mengatakan bahwa dia akan pindah ke Bandung. Aku lahir di Bandung, jadi aku berharap bahwa suatu saat nanti jika aku kembali ke Bandung, kami bisa bertemu lagi. Kami berjanji seperti anak kecil biasanya, tetapi tentu saja kami tidak memiliki nomor telepon satu sama lain saat itu. Itu hanyalah janji anak kecil semata.
Di kelas, ada juga seorang gadis yang menarik perhatianku, namanya dipanggil Yeyi. Dia berkacamata, pintar, cukup cantik, dan rambutnya sedikit ikal. Dia juga anak dari ibu wali kelas kami. Entah apa yang terjadi di kelas pada hari itu, tetapi semua gadis di kelas mulai bertingkah aneh dan lucu. Mereka tiba-tiba membuka rok mereka di depan kami berdua, aku dan Niar. Aku kaget dan bingung, tidak tahu apa yang sedang terjadi. Mereka semua tertawa-tawa. Aku merasa malu dan menutup mataku. Yang anehnya, Yeyi juga ikut-ikutan melakukan hal yang sama di depanku. Kami semua hanya tertawa-tawa. Itu adalah hari yang sangat aneh, absurd dan lucu bagiku, tapi juga sangat berkesan.
Suatu hari, Bu guru wali kelas kami mengumumkan bahwa akan ada acara panggung pentas perpisahan untuk kelas 6. Setiap kelas harus memberikan pertunjukan atau penampilan, biasanya berupa nyanyian atau tarian. Bu guru bertanya, "Ada yang punya ide lain atau siapa yang ingin ikut?" Entah mengapa, aku tiba-tiba mengacungkan tangan dan mengajukan diri. Aku berkata, "Aku ingin membuat pertunjukan komedi, Bu!" Yang lainnya bengong dan terkejut. Aku hanya merasa punya ide tersebut karena kami adalah kelas yang selalu kocak. Ada teman bernama Mbleh, dia selalu punya ingus di hidungnya. Muka dan ekspresinya lucu dan sering membuat kami tertawa. Aku lupa detailnya, tapi intinya ide cerita komedi kami berasal dari Mbleh dan teman-teman yang lain. Saat itu, aku masih kelas 4 SD, jadi mungkin komedinya belum terlalu lucu, haha.

https://preview.redd.it/8u03rodkf7tb1.jpg?width=1024&format=pjpg&auto=webp&s=3e2d65e1c0d2920598d1566163b9eefebff4d4bc
Setiap hari kami berlatih bermain komedi *3\*, dan akhirnya saat pentas tiba. Kami dipanggil ke atas panggung oleh pembawa acara, dan semua orang melihat ke arah kami. Kami terlihat mencolok karena kami adalah satu-satunya yang tampil beda, mengenakan peci dan sarung ala orang Sunda, dan akan melakukan pertunjukan komedi. Hal ini sangat jarang terjadi. Aku ingat inti cerita kami adalah bahwa kami sedang berkumpul, dan tiba-tiba terdengar suara aneh. Mbleh berkata, "Ini nih, ini nih!" sambil menunjuk ke arah pantatnya sambil menungging, lalu tiba-tiba dia kentut besar, dan kami semua terhempas. Semua penonton tertawa terbahak-bahak. Pertunjukan pun berakhir, dan kami semua mendapatkan uang masing-masing sebesar 500 perak dari Bu guru wali kelas. Itu adalah pengalaman pertama kali aku tampil di depan umum, dan sangat berkesan.

Episode 05: Bisnis

Setiap hari, mamaku selalu memberikan uang jajan pas-pasan kepada kami, dan mamaku adalah seorang ahli dalam mengelola keuangan dan membaginya dengan bijak. Karena hal ini, kakakku yang kedua memberikan ide untuk meningkatkan uang jajan kami dengan cara yang kreatif, yaitu dengan menyewakan komik. Mari perkenalkan kakakku yang kedua yang saya panggil Teteh. Dia adalah seorang perempuan tangguh dan penyabar, meskipun dia pendiam, dia selalu bijaksana dan penuh wibawa di mataku. Walaupun aku sering menggodanya, dia hanya akan marah sesaat dan kemudian menjadi seperti biasa lagi. Entah apakah dia masih mengingatnya atau tidak, tapi dia yang pertama kali mengajarkan aku tentang bisnis.*4\*

https://preview.redd.it/krn5p6c6g7tb1.jpg?width=1024&format=pjpg&auto=webp&s=18e438d739ade629d566070fb22b4a13ae771b85
Kami berempat, termasuk kakakku yang pertama dan ketiga, berpartisipasi dengan membantu membawa buku-buku dan komik-komik ke sebuah lapangan yang disebut Lapangan Merdeka. Saat itu bulan puasa dan sore-sore selalu ramai di sana, dengan banyak penjual makanan, minuman, dan berbagai barang di acara tersebut. Kami membawa buku-buku bacaan cerita dan komik-komik yang kami miliki untuk disewakan di sana. Aku tidak tahu sebelumnya bahwa komik & buku bisa disewakan, dan ini sangat mengejutkan bagiku. Wow, lumayan banyak yang menyewa buku-buku kami, mereka duduk di tikar sambil menunggu waktu berbuka puasa. Bagi saya, saat itu adalah pengalaman yang sangat menyenangkan dan hal baru.

Episode 06: Lil Brother

Tahun itu adalah tahun yang penuh kebahagiaan. Mama telah mengandung selama hampir 9 bulan. Ya, adikku yang akan menjadi yang termuda akan segera lahir pada tahun ini. Aku, yang sekarang berstatus sebagai anak bungsu, akan segera memberikan tahtaku sebagai anak bungsu kepada adikku yang akan segera dilahirkan. Sebagai anak bungsu, ada banyak keuntungan, seperti mendapatkan perhatian lebih, dimanja, dan perlindungan ekstra. Meskipun aku tidak bisa mengingat dengan jelas apa saja manfaat yang aku nikmati saat itu, satu hal yang pasti, itu adalah momen yang sangat berharga.
Ketika malam menjelang kelahiran adikku, bapakku terlihat gelisah, bolak-balik antara rumah dan rumah sakit. Seakan-akan dia khawatir tentang kami yang tinggal di rumah, sementara juga khawatir pada mama yang berada di rumah sakit. Pada satu malam, aku terbangun ketika bapakku kembali dengan membawa selimut dan pakaian dari lemari. Dia memberitahuku, "Mama akan melahirkan, jagalah dirimu baik-baik di rumah bersama kakak-kakakmu." Aku hanya mengangguk dan kembali tidur. Pagi harinya, bapakku sudah berada di rumah dengan senyum bahagia di wajahnya. Dia memberitahu kami bahwa adikku telah lahir, seorang bayi laki-laki yang sehat. Inilah adikku anggota yang kelima, sainganku dalam mencari perhatian di rumah (hehe).

https://preview.redd.it/8orww639g7tb1.jpg?width=1024&format=pjpg&auto=webp&s=e44bac656fb92b17c5dbf697b8d445d5419ad38c
Aku sering berbagi makanan kecil dengan adikku ini. Kalau dia memiliki makanan ringan, aku sering berada di sekitarnya dan berusaha baik-baik saja agar dia mau berbagi makanannya (hehe). Tingkahnya sungguh lucu; ketika dia harus buang air besar, dia akan berlari ke sudut dan teriak, "Ee eek eeek!!!" Kami semua tahu bahwa itu adalah tanda bahwa dia harus buang air besar.
Ketika dia masih kecil, kulitnya sangat putih, dia tampak sangat ganteng dan lucu. Banyak orang yang ingin menggendongnya karena pesonanya yang menggemaskan. Ketika dia tumbuh besar saya selalu memanggilnya Jony, dia selalu mengikuti jejakku. Apakah itu dalam hal bermain musik, gaya berpakaian, atau bahkan selera musikku. Bahkan dia juga suka bermain game sama seperti aku. Kami memiliki banyak kesamaan dan hubungan yang erat sebagai saudara.
Setiap hari dan bulan berlalu dengan lancar, kakek dan nenek sering datang ke rumah. Mama selalu menceritakan kepada mereka dan bangga padaku karena sering membantu di rumah dan merawat adik bayi. Hidupku masih berjalan normal seperti biasanya.

Episode 07: The Crack

Tahun demi tahun berlalu, dan akhirnya, pada kenaikan ke kelas 6, aku berhasil meraih peringkat pertama. Sungguh, ini adalah momen yang selama ini telah kusimpan dan kutunggu-tunggu. Akhirnya, “pacar pertamaku”, tunggulah aku! Dengan senang dan penuh kebahagiaan, aku menagih janji pada mama. “Ma, aku ranking satu lho. Asik hadiah nya mana?” Mama hanya tersenyum dan mengiyakan.
https://preview.redd.it/hq9d3mnkg7tb1.jpg?width=1024&format=pjpg&auto=webp&s=5799a156154699e7fc7a0ecc32ed0f6c96099caa
Namun, ada yang berbeda pada mama. Sejak beberapa tahun sebelumnya, ada ketidakharmonisan dalam hubungan dikeluarga. Mama dan bapak sering bertengkar hebat, bahkan kami seringkali pindah-pindah rumah kontrakan untuk menghindari omongan tidak enak dari tetangga. Kami tinggal di kota ini dalam kondisi menyewa. Sebelumnya, kami memiliki rumah di Bandung, namun bapak dipindahkan untuk bekerja di kota ini saat aku masih duduk di kelas 1 SD. Rumah di Bandung kami kontrakan kepada orang lain. Terdapat rumor bahwa bapak terlibat dalam hubungan dengan seorang wanita rekan kerjanya di kantor. Akhirnya, mama memutuskan untuk kembali ke Bandung. Kami kembali ke rumah lama yang pernah kami tinggali saat aku masih berada di TK.
Waktu saya masih TK, kompleks perumahan tempat tinggal saya belum begitu ramai, jadi apa yang kami lakukan tidak akan dilihat orang banyak. Saat itu, saya diajak bermain oleh teman-teman saya, dan kami melihat ada warung yang sepi dengan snack Chiki terpajang jelas di sana. Teman-teman saya mengajak saya untuk mengambilnya, dan karena saya masih kecil dan ikut-ikutan, saya pun mengambil Chiki dan kabur bersama mereka. Kami berlari ke belakang rumah yang tidak berpenghuni dan tertawa-tawa sambil menikmati Chiki hasil rampasan itu. Maafkan saya, pada saat itu, saya tidak tahu bahwa itu dilarang. Saya masih TK dan hanya mengikuti teman-teman. Oh iya, saya ingat, saya pernah bilang membakar sofa, kan? Gini ceritanya, waktu itu di rumah sedang ada tamu Mama, mereka sedang berbincang di ruang depan. Saya sendirian, merasa bosan, karena semua kakak-kakak saya sedang sekolah. Ketika saya duduk di teras depan yang memiliki sofa, saya mendengar suara cicit-cicit yang aneh. Saya melihat ke dalam celah-celah sofa, mencoba mencari tahu apa yang ada di sana. Mungkin itu tikus? Ah, saya akan menembakinya dengan senjata racikan saya (ini bukan senjata nyata, hanya dua batang korek api yang saya tempelkan dan balut dengan kertas rokok, saya diajari kakak pertama mengenai ini).
"Pasti ada tikus, kecoa, atau makhluk-makhluk aneh di dalam sini," pikir saya yang saat itu masih TK. Tanpa berpikir panjang, saya menyalakan korek api dan menembakinya: cuw cuww cuuuwww... Api masuk ke dalam celah sofa, dan tiba-tiba api tersebut mulai membesar. Insting saya mengatakan bahwa ini semakin serius dan harus segera dipadamkan. Saya mengambil gayung kecil yang ada di taman, mengambil air dari kolam ikan di depan rumah. Saya bolak-balik beberapa kali mengambil air.
Mama melihat saya bolak-balik dan mendekati, bertanya, "Hei, Ipan, apa yang sedang kamu lakukan? Kenapa bolak-balik seperti itu?"
"Astagaaa! Apa ini? Tolong, ini kebakaran!!!" Mama melihat api yang telah membesar di sofa. Untungnya, ada seorang tukang ojek yang sedang lewat dan memanggil temannya yang sedang nongkrong.
"Wah, ini kebakaran!!" akhirnya sofa berhasil diangkat keluar dengan cepat ke jalan. Beruntungnya, api belum menjalar ke atas plafon. Kebakaran pun berhasil dipadamkan di tengah jalan. Mama menggendong saya saat itu. Banyak orang yang ikut berkerumun. Aneh, ya, kok saya masih mengingat detail peristiwa itu. Haha.
Tindakan nakal lainnya juga dipengaruhi oleh teman dan lingkungan bermain. Saya bahkan pernah mengambil uang koin dari celengan kakak saya yang ketiga untuk jajan. Perkenalkan, kakak perempuan ketiga saya cukup pemberani dan keras kepala tapi mudah ditipu dan dijahili, saya memanggilnya Wie. Dia sering menjadi target jahil saya, dan kami sering bertengkar karena hal-hal remeh. Salah satunya, saya pernah mengatakan kepadanya, "Nih, rasakan aku kasih kutu!" Saya pura-pura mengambil kutu di rambut saya dan melemparkannya ke kepalanya, dan dia teriak histeris, "Ada kutu di rambut! Gara-gara si Ipon!" (Kami punya panggilan ejek sendiri, saya dipanggil Ipon). Sampai-sampai dia menangis dan mengadu kepada mama. Meskipun kami sering bertengkar ketika kecil, kakak ketiga saya selalu peduli padaku.
Suatu hari, saya melihat topeng kura-kura ninja di sekolahnya ketika berkunjung ke sana. Kakak saya mungkin melihat itu. Esok harinya, ketika dia pulang sekolah, dia tiba-tiba muncul dan membuat saya kaget dengan berpura-pura menjadi kura-kura ninja. Dia berkata, "Taraaa!" sambil memakai topeng kura-kura ninja yang sudah dia belikan. Saya sangat senang ketika itu. Apapun yang terjadi, kami tetap keluarga yang saling menyayangi dan saling mengerti.
Secara singkat, kami semua pindah kembali ke Bandung. Bapak tetap di kota tersebut dan bekerja di sana. Beliau hanya bisa pulang ke Bandung setiap seminggu sekali, atau bahkan dua minggu sekali. Dari saat itu, aku mulai merasa kehilangan sosok bapak dalam kehidupan sehari-hari kami. Oh, dan selama perpindahan itu, impianku untuk memiliki Nintendo pun sirna.

Episode 08: Homie

Di kota baru ini, dimulailah babak baru dalam kehidupanku. Aku dilahirkan di Bandung, kemudian sempat hijrah ke kota lain, tetapi akhirnya kami kembali ke Bandung. Saya pindah ke sini pada pertengahan kelas 6, dan tentu saja saya merasa tertinggal dalam pelajaran. Isi pelajarannya terasa berbeda atau mungkin saya yang belum terbiasa. Di kota sebelumnya, kami diajarkan untuk tidak menyontek dan bekerja sama saat ujian, tetapi di sini, teman-teman sering membantu satu sama lain saat ujian. Saya merasa hal ini cukup menarik.
Di sekolah ini, saya menjadi dekat dengan Ryan dan Agung, dua teman yang cukup berada. Terutama Agung, dia suka membelikan saya jajanan. Aku sering berkunjung ke rumah Ryan saat itu, karena di rumahnya ada konsol SEGA. Ini adalah konsol game terbaru di zamannya.

https://preview.redd.it/lzixs6gobdtb1.png?width=1200&format=png&auto=webp&s=ce860a35bb84a95e4492299e5a0c33775c3796d2
Sungguh, saya sangat senang saat pertama kali mencoba bermain konsol baru Sega ini. Konsol ini jauh lebih canggih dibandingkan dengan Nintendo. Setiap kali saya berkunjung ke rumah Ryan, kami selalu asyik bermain sampai sore bahkan kadang hingga malam jika orang tuanya tidak ada di rumah. Salah satu permainan yang paling kita sukai adalah Mortal Kombat. Kita selalu mencoba gerakan dan jurus-jurus baru dalam permainan ini, bahkan mencari panduan gerakan di sebuah kolom game dalam majalah remaja yang bernama "Fantasi." Majalah itu adalah salah satu bacaan favorit kami selain majalah "Bobo." Bagi mereka yang mengalami masa itu, pasti tahu tentang majalah "Fantasi" ini.

https://preview.redd.it/5e84rdd4bdtb1.jpg?width=448&format=pjpg&auto=webp&s=a0864219a3bac074c47dcc13fade74a2ef16d86d
Kembali ke masa SD di sekolah ini, ternyata beberapa artis dan penyanyi pernah bersekolah di sini, loh. Salah satunya, ada yang sekelas denganku, namanya Widya Saputra (Trio Laris). Mungkin dia tidak mengenaliku, sih, karena saya baru masuk tahun itu, haha. Selain itu, ada juga artis cilik yang bermain di sinetron atau film, Indra namanya, kalau tidak salah. Oh ya, di kelas saya juga pernah menyaksikan situasi yang mirip dengan kasus bullying, meskipun tidak secara langsung. Korban adalah siswi pintar yang selalu meraih juara dan peringkat teratas. Sayangnya, teman-teman sering menggodanya dengan menyebutkan masalah bau badan, seperti bau ketek. Ini sangat membuat saya merasa sedih. Di sekolah SD saya yang sebelumnya, saya juga pernah melihat situasi serupa, bahkan ada anak yang sampai harus pindah sekolah. Ya, begitulah, dunia sekolah bisa menjadi tempat yang cukup sulit untuk beberapa orang.
Kembali ke cerita di kota ini, tahukah kamu? Di sini ada mesin permainan 'dingdong', dan itu berlokasi sangat dekat dengan sekolahku. Setiap kali ada ekstrakurikuler, saya sering mampir ke tempat dingdong, dan Ryan tahu tempat di mana saya berada. Dia suka menjemput saya, "Hei, kamu dicari oleh guru, malah main ke sini lagi." Saya hanya tertawa, saya begitu menyukai permainan game ini. Kami bertiga sering bermain bersama, baik itu renang bersama, bermain game bersama, dan sebagainya. Bahkan ketika kami lulus SD dan akan masuk ke SMP, Ryan masih sering menghubungi saya, mengajak saya bermain di sana-sini. Sayangnya, saya jarang meresponsnya. *5\*

Episode 09: Finally on my Hand

Libur panjang menuju SMP pun tiba.Saya telah lulus dari SD dengan peringkat pertama "dari belakang" Haha. Waktu itu, ujian masih bernama EBTANAS, dan saya meraih nilai NEM yang cukup lumayan. Saya, Ryan, dan Agung akan bersekolah di SMP yang berbeda. Meskipun pertemanan kami singkat, itu adalah momen yang selalu saya ingat.
Cerita masa liburan sekolah ini sungguh menghadirkan rasa campur aduk, saya menderita sekaligus senang. Waktu itu, orang tua saya membawa saya pergi ke suatu tempat yang menarik. Saat keluar dari mobil, saya melihat banyak anak yang mengenakan sarung, tapi ada yang aneh disini. Kenapa ya sarungnya kelihatan berbeda? Ternyata, kejutan yang tak terduga menanti. *Jreng! Saya dibawa untuk menjalani sunat. Itulah yang membuat sarung mereka menonjol, karena mereka memakai pelindung setelah sunat.
Meskipun sebelumnya sudah ada pembicaraan tentang ini, saya tidak menyangka hari itu waktunya. Meski ada perasaan takut dan ragu, tekad yang kuat mendampingi saya. Bapak berjanji akan membelikan saya sebuah Nintendo sebagai hadiah nanti.
Sekadar info buat teman-teman yang belum pernah mengalami sunat, jangan terlalu khawatir lho ya. Awalnya hanya ada sedikit rasa sakit ketika disuntik sebelum proses “penjagalan”, tapi ketika proses berlangsung, rasanya tidak terlalu sakit. Dan sensasi sakit akan terasa setelah beberapa jam disunat, berjalan harus pelan-pelan sekali, tidur harus telentang, dan ketika kencing muncrat kemana-mana. Haha!

https://preview.redd.it/ijglm1oabdtb1.jpg?width=968&format=pjpg&auto=webp&s=cebaa179cdfe168fbe73b8988f710dd210d7ab14
Di sinilah hadiah yang selalu saya nantikan akhirnya tiba. Bapak membeli Sebuah konsol Nintendo hadir lengkap dengan TV 14 inci terbaru untuk menemani hari-hari saya setelah disunat. Akhirnya! Setiap hari, saya bermain game Nintendo ini, hingga banyak judul game yang telah saya tamatkan, dan saya senang bertukar kaset game Nintendo dengan teman-teman lainnya. Bahkan, saya rela mencoba game berbahasa Jepang, yang akhirnya membuat saya tertarik untuk belajar bahasa Jepang. Saya meminta kepada orang tua saya untuk membelikan saya kamus bahasa Jepang. Tanpa berpikir panjang, mereka membelikan saya kamus tebal yang berisi huruf katakana dan hiragana. *6\* Mungkin ini adalah langkah positif yang membuat saya langsung tertarik untuk mempelajari bahasa Jepang. Dari situlah, saya mulai memahami sedikit tentang huruf-huruf Jepang. Ketika memainkan game Tsubasa, motivasi saya untuk belajar bahasa Jepang semakin bertambah.
Singkat Cerita, saatnya saya masuk sekolah baru, Mama memberi tahu guru agar tidak terlalu keras selama ospek karena saya baru saja menjalani sunat. Duh, rasanya malu, saya sudah besar baru disunat, dan dibicarakan kepada orang lain. Tapi itulah mamah.
Bersambung...
Lanjut Part 02 disini yah.

Support Penulis, Untuk beli susu anak gan. Disini atau Disini. Terimakasih
Saya butuh bantuan teman-teman semua jika berkenan:
Mohon maaf sebelumnya, saat ini saya dalam situasi kesulitan finansial. Jika anda atau ada teman sanak saudara yang membutuhkan jasa service, Translate, Transkrip Audio/Video atau butuh membuat Subtitle untuk sebuah video, podcast, wawancara dll. Silahkan kontak saya langsung. Mohon infokan kepada teman-teman anda jika berkenan, terimakasih.
--------------------
Side Effect
- Andy (Misteri Horror)
- Kemelekatan (Inspirasi)
- Anto: Secangkir Kopi (Misteri)

submitted by DigitalChildish to indonesia [link] [comments]


2023.07.01 22:24 itspapaputra Harapan terakhir perekonomian sehat Sulawesi: Kereta Api

Posting jam 4 subuh, terinspirasi dari: https://www.reddit.com/indonesia/comments/14n077m/palu_city_central_sulawesi_1970s_footage_by/
Ya emang, gw yg berdomisili Kota Desa Palu pun kerasa kalau progresinya nih Ibukota lamban cuy, dari dulu gitu2 aja.
Fasilitas? ga terlalu berkembang, adapun ya paling rehab fasilitas yg udah ada plus bikin selokan ama jembatan.
Dari sisi bisnis juga begitu, kurang persaingan jadi harga cenderung ditanggung agak mahal oleh si konsumen padahal apa yang ditawarin ga sebegitu variatif juga. Contoh simpel Nasi sambal terong harga bisa tembus sampai belasan ribu, utensil satuan (e.g spatula) harga belasan ribu di jawa dijual 30an ribu disini.
Travelling? yuk misal mau keluar dari Kota Desa Palu. lebih gila lagi, kuliner yang tidak begitu 'waw' bisa dipatok harga hingga 45rb per porsinya. Pesawat rute dekat, misal ke balikpapan siap siap aja bakar duit sekitar 1750k per orang. one-way, ga pp (rate saat gw nulis ya). Naik kapal? bisa murah karena disubsidi pemerintah tapi ga ada kelas 1-2-3, adanya ekonomi. Kalau lu bepergian ama keluarga dan butuh privasi harus sewa kamar lagi (lewat jalur gelap) dan itu harganya bisa sampai juta jutaan.
Ga tau ya kenapa developmentnya daerah-daerah luar jawa khusus seperti halnya di Kota Desa Palu sangatlah lambat sampai2 bisa menimbulkan konotasi negatif seperti "pejabat daerah ini kerjanya apa sih?", "apakah emang ada dana dari pemerintah pusat untuk pembangunan daerah atau duitnya malah sekedar dikantongi pejabat2 daerah aja?", "Uang dari pemerintah pusat dari dekade2 kemaren kemana aja?"
Kalau gw lihat sih pokok permasalahannya di fasilitas transportasi, mahal uy. Lu naik bis di sulawesi ga ada wcnya, kebelet jam 9 lu harus nunggu sampai bus lu berenti di musholla (jam 12 ampe 01 siang) 🤣 Uda ga nyaman trus ga efisien pula. Lah napa permasalahannya jadi transportasi bang? bukannya karena Sulawesi rawan gempa? Dari awal Sulawesi emang terbentuk dari geseran tektonik bang, ada sebabnya rumah2 disini atapnya pakai seng ga seperti di Jawa. Yang perlu disosialisasikan ya struktur bangunan tahan gempa dan penghindaran daerah tanah sesar (ketauan di tahun 2018)
Jadi ya gitu... Kalau mau lihat ekonomi di Sulawesi tumbuh, harapan terakhir gw ya kereta api. Kenapa? 1. Bisa ngangkut barang, otomatis harga jual ke konsumen bisa dipress lebih murah. 2. Akses keluar masuk daerah pedalaman lebih murah (apalagi yang bawa keluarga) 3. Lu gabungin poin 1 ama 2, siapa yang ngga mau bertempat tinggal atau berkompetisi buka usaha di daerah yg polusinya dikit, harga bahan murah, dan transportasi antar wilayah accessible? 4. Di Palu ada namanya Bandara International Mutiara Sis-Aljufri. Jangan terkecoh dengan julukan 'international' di namanya, 😅tuh bandara besar lapangannya doang! 🤦Pesawat maskapainya bisa cuman dihitung pakai jari saking sepinya.. Tapi kalau Poin no 3 kesampaian, artinya kepadatan penduduk akan bertambah. Maskapai Penerbangan lainpun pasti akan tertarik untuk masuk ke Bandara tsb, otomatis ada persaingan harga rute pesawat. Inget, ini bandara internasional lho bakal gede dampaknya ke ekonomi kalau bener ngelolahnya. (bukan cuman bangga2in bandara direnov besar2an ampe diadain festival ama pamerin parkir e-payment baru dengan gimik smart city, aduh)
Gitu aja deh, sori ngepost panjang2 dan makasih yg udah baca opini pribadi gw yg ga tau dikemanain🫡
Ya emang butuh kerjasama Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Daerah untuk ngebangun semua hal tsb, tapi bukan ga mungkin kalau daerah luar jawa bisa merasakan kemajuan yang pesat seperti halnya di Jawa itu sendiri. Indonesia kan bukan di Jawa aja😁
submitted by itspapaputra to indonesia [link] [comments]


2023.04.17 06:29 idntoto Penjelasan Mengenai Permainan Casino Baccarat Dan Cara Memainkannya

Penjelasan Mengenai Permainan Casino Baccarat Dan Cara Memainkannya

https://preview.redd.it/pzkesvqkddua1.jpg?width=800&format=pjpg&auto=webp&s=e08142c249c9a04e6137e036ca9f58e85fff79a7
Penjelasan Mengenai Permainan Casino Baccarat – bandar besar casino Dan Cara Memainkannya pada situs judi KABAYANSLOT. Baccarat adalah jenis permainan kasino yang sangat populer saat ini. Di mana, di antara banyak jenis permainan kasino, permainan Baccarat sangat mudah dan sederhana untuk dimainkan. Satu-satunya hal adalah Anda harus memilih dua opsi, yaitu Banker atau Player. Baccarat sendiri secara historis berasal dari Italia pada abad ke-15, di mana nama itu sendiri berarti ‘0’ (nol).
Baccarat menghubungi Zero karena pada saat itu kartu Baccarat menunjukkan titik yang berarti Zero. Game ini pertama kali dimainkan oleh pedagang dan bangsawan yang datang dari Perancis. Penemu Felix Falguiere dari Roma sangat bangga dengan permainan Baccarat yang ia temukan. Apa yang paling dimainkan pertama oleh para bangsawan Perancis. Tidak lama setelah bangsawan Prancis bertemu dengan permainan Baccarat ini, mereka juga membawanya ke Prancis bandar besar casino KABAYANSLOT.
Bangsawan Prancis ini juga mengubah namanya menjadi Chemin de Fer. Pada 1500 game ini menjadi populer di Prancis. Di Prancis, permainan ini sangat unik sehingga setiap pemain menjadi bankir. Tidak hanya kasino yang berperan sebagai bankir. Untuk menambah penghasilan mereka, mereka mengambil bagian dari harga sewa pemenang. Permainan Baccarat juga menjadi populer di Eropa.
Game Casino Baccarat sendiri saat ini memiliki 3 jenis permainan seperti Baccarat Banque (bank point), Charming de fur dan Baccarat Macau. Baccarat Banque (bank poin) Dalam permainan ini, Baccarat menggunakan dua hingga empat deck kartu, tetapi umumnya hanya menggunakan tiga deck kartu. Dalam game ini, seorang bankir masih menjadi bankir sementara dia bisa memenangkan permainan ini bandar besar casino.
Posisi Anda akan diganti jika Anda menderita kekalahan baru, pemain lain mungkin bankir. Kulit indah. Dalam permainan ini enam kartu digunakan. Setiap pemain memiliki peluang untuk menjadi bankir. Dimana bankir sendiri memiliki hak untuk menentukan berapa banyak taruhan yang dia inginkan. Tidak hanya itu, Banker dan Player memiliki hak untuk menambahkan kata-kata.
Permainan casino baccarat dan sejarah permainannya Baccarat Macao. Jenis permainan Baccarat hanya menggunakan dua deck kartu. Di sini, jika kartu yang diperoleh pemain berjumlah 10, mereka memiliki hak untuk menolak kartu dan meminta kartu lain. Dalam permainan Baccarat, di mana kita harus bisa mengatasi nilai kartu yang ada di lawan. Jika kartu Bnaker kami harus lebih besar dari kartu Palyer dan sebaliknya. Kartu terbesar di Baccarat adalah Sembilan (9).
Setiap pemain dan bankir masing-masing menerima dua kartu. Pemain akan membuka boarding pass. Pemain akan memiliki kesempatan untuk menambahkan tiga kartu lagi dengan ketentuan bahwa jumlah dua kartu yang dibagikan tidak sama dengan atau sama dengan lima (5). Jika bankir memiliki beberapa kartu yang tidak sama atau sama dengan 6, bankir berhak memutuskan apakah akan menambahkan kartu atau tidak.
Ini akan ditentukan dari nilai kartu pemain. Di Baccarat sendiri ada beberapa jenis taruhan yang bisa kita pilih, seperti bankir, pemain, seri, pasangan pemain, pasangan bankir Bankir Jika Anda bertaruh pada Banker, maka Anda harus mengharapkan kartu Banker lebih tinggi dari kartu Pemain untuk memenangkan pertandingan. Pemain Jika Anda memasang taruhan pada Pemain, Anda harus mengharapkan kartu Pemain lebih tinggi dari kartu Bankir sehingga ia dapat memenangkan taruhan bandar besar casino.
Tai umumnya bahasa yang sama. Baik kartu pemain maupun bankir sama. Kemenangan dalam pemilihan ini cukup besar. Anda akan mendapatkan kemenangan 1: 8. Pasangkan pemain jika Anda memasang taruhan ini, pemain harus memiliki dua kartu yang sama, misalnya, King Heart dan King of Spades untuk memenangkan taruhan. Dalam taruhan ini Anda akan mendapatkan kemenangan 1: 11. Pasangan bankir Jika Anda memasang taruhan ini.
Banker harus memiliki dua kartu yang sama dengan King Heart dan King of Spades untuk memenangkan taruhan. Dalam taruhan ini Anda akan mendapatkan kemenangan 1: 11. itulah yang bisa kami sampaikan pada anda mengenai dalam artikel tentang Penjelasan Mengenai Permainan Casino Baccarat Dan Cara Memainkannya. Kami berharap kepada anda agar dapat menambah pengetahuan Anda di Casino Baccarat stelah membaca artikel ini. Dan bermanfaat bagi Anda suntuk meraih kemenangan selalu. Terima kasih bandar besar casino.
Judi ini adalah permainan dengan sebuah taruhan yang telah sudah ada pada sejak ribuan tahun yang lalu itu. Judi pun ada dimainkan juga oleh berbagai dari kalangan. Dengan ada banyaknya dari kalangan sangat kaya yang ada bermain judi ini, pun ada menjadikan sebuah tempat judi yang sangat mewah untuk berkembang pesat bandar besar casino.
Di asia itu sendiri, Macau pun ada menjadi kota untuk judi yang paling terbesar. Eputasinya ini pun bisa saja disandingkan dengan kota dari Las Vegas. Yang ada terkenal sebagai sebuah kota judi paling terbesar ada di dunia. Macau pun ada dikenal sebagai satu kota mewah itu tidak ada pernah tidur juga. Hiburan malam yang ada di kota Macau ini pun sangatlah menarik.
Tempat judi yang paling terbaik ada di Macau yang juga pertama itu adalah bernama Wyn Macau. Ini yang ada menawarkan resort, juga hotel, bar, juga ada tentunya judi dari kasino. Ini yang ada penampilan dari musik mewah. Tempat satu ini pun ada berlokasi di kota bernama Rua Cidade de Sintra.
Jika anda itu ada berada di dalam tempat satu ini. Dan ada juga bisa merasakan sensasi dengan bermain judi itu seperti di kota Las Vegas. Karena itu memang dari tempat satu ini pun ada terinspirasi oleh kota Las Vegas. Tempat satu ini pun sudah ada sejak tahun 2006 lalu. Tiap tahunnya dari tempat ini pun selalu ada melakukan pembangunan bandar besar casino.
Casino Pertama Di Macau Yaitu Wynn Tempat judi yang paling terbaik di kota Macau yang pada posisi kedua ini adalah bernama Sand Macau ini yang ada didirikan oleh perusahaan Sand Corporation. Dibuka itu pada tahun 2004 yang lalu dan ada semakin diperluas itu pada setiap tahunnya. Pembangunan dari resor ini pun ada menelan biaya sebesar 250 juta usd.
Tempat judi yang paling terbaik di kota Macau yang pada ketiga itu adalah Gedung bernama Grand Lisboa. Ini yang telah menjadi salah satu dari bangunan tertinggi yang ada di dunia. Gedungnya ini pun ada dirancang oleh arsitek yang terkenal. Tidak ada heran bangunan itu di Grand Lisbio pun sangatlah ada mewah elegan bandar besar casino.
Tempat judi yang paling terbaik di kota Macau ini yang pada posisi keempat adalah bernama casino City of Dream. Resort yang satu ini pun sudah ada pada sejak tahun 2009 yang lalu. Di kota City of Dream yang ini. Pun ada tedapat dari puluhan meja judi itu dan ada juga ribuan jenis permainan judi yang ada di dalamnya.
Terakhir Adalah The Venetian Macau Tempat judi kelima ini adalah bernama The Venetian Macau. Untuk sebuah Resor dan juga hotel satu ini juga merupakan saudara itu dari casino bernama Sand Macau. Karena itu pun ada dioperasikan oleh satu dari perusahaan yaitu bernama Las Vegas Sand. Dari Bangunan ini dari satu tempat ini pun ada dirancang oleh seorang arsitek yang kelas dunia bandar besar casino.
Menjadikan itu sebuah bangunan itu sangat mewah dan juga ada glamor. Menjadi dari salah satu sebuah tempat sangat wajib. Itu yang harus ada dikunjungi oleh semua para turis untuk judi dari pada seluruh dunia ini. Orang yang ada dari Amerika dan juga Eropa pun ada datang ke sini. Yang untuk bisa menikmati judi yang sangat mewah dan juga megah.
submitted by idntoto to u/idntoto [link] [comments]


2023.03.19 10:24 dreadedherlock Arti Semua Semboyan Seluruh Kabupaten dan Kota di Indonesia [Edisi Jawa Timur dan Bali]

Sudah agak lama gue absen dari sini. Untuk hari ini provinsi Jawa Timur dan Bali.
Daftar Bagian: Part 1 Part 2 Part 3 Part 4 Part 5 Part 6 Part 7 Part 8 <-- Anda Di Sini Part 9 Part 10
Jawa Timur
  1. (Bangkalan) Cipta Indra Çakti Dharma -> Segala karya berkat rida Tuhan [Bahasa Sanskerta]
  2. (Banyuwangi) Satya Bhakti Praja Mukti -> Setia dan berbakti demi kesejahteraan masyarakat [Bahasa Sanskerta]
  3. (Blitar) Hurub Hambangun Praja -> Semangat membangun negeri [Bahasa Jawa]
  4. (Bojonegoro) Jer Karta Raharja Mawa Karya -> Untuk kesejeahteraan perlu kerja keras [Bahasa Jawa]
  5. (Bondowoso) Swasthi - Bhuwana Krta -> Selamat - Untuk kesemprnaan dunia [Bahasa Sanskerta]
  6. (Gresik) Satya Bina Kertaharja -> Setia membina demi kesejahteraan [Bahasa Sanskerta]
  7. (Jember) Carya Dharma Praja Mukti -> Berkarya dan mengabdi untuk kepentingan bangsa [Bahasa Sanskerta]
  8. (Jombang) Tidak ada semboyan
  9. (Kediri) Canda Bhirawa -> Diikat dengan persatuan [Bahasa Kawi]
  10. (Lamongan) Memayu Raharjaning Praja -> Memperindah ketenteraman daerah [Bahasa Jawa]
  11. (Lumajang) Amreta Brata Wira Bhakti -> Kebajikan yang kekal adalah perbuatan ksatria dan pengabdian [Bahasa Sanskerta]
  12. (Madiun) Tidak ada semboyan
  13. (Magetan) Memayu Hayuning Bawana Suka Ambangun -> Memperidah keindahan dunia dengan rasa suka membangun [Bahasa Jawa]
  14. (Malang) Satata Gama Karta Raharja -> Menata segalanya untuk kesejahteraan [Bahasa Jawa]
  15. (Mojokerto) Wijna Mantriwira -> Pembela negara yang bijak dan berani [Bahasa Kawi]
  16. (Nganjuk) Baswara Yudhia Karana -> Cemerlang karena perjuangan [Bahasa Kawi]
  17. (Ngawi) Negeri Ngawi Ramah [Bahasa Indonesia]
  18. (Pacitan) Tata Pramana Hargeng Praja -> Tekad pemerintah untuk masyarakat yang makmur [Bahasa Jawa]
  19. (Pamekasan) Madu Ganda Mangesti Tunggal - Mekkas Jatna Paksa Jenneng Dibi' -> Madura yang harum mewujudkan negara kesatuan - Dengan kemampuan sendiri dan didukung oleh masyarakat [Bahasa Madura]
  20. (Pasuruan) Guna Karya Sarana Bhakti -> Kerja yang bermanfaat sebagai sarana untuk berbakti [Bahasa Sanskerta]
  21. (Ponorogo) Tidak ada semboyan
  22. (Probolinggo) Prasaja Ngesti Wibawa -> Hidup sederhana demi kewibawaan [Bahasa Jawa]
  23. (Sampang) Trunojoyo Pahlawan nasional dari Madura
  24. (Sidoarjo) Tidak ada semboyan
  25. (Situbondo) Tidak ada semboyan
  26. (Sumenep) Sumekar -> Terus mekar [Bahasa Madura]
  27. (Trenggalek) Jwalita Praja Karana -> Cemerlang karena rakyat [Bahasa Jawa]
  28. (Tuban) Tidak ada semboyan
  29. (Tulungagung) Tidak ada semboyan
  30. (Batu) Hakaryo Guno Mamayu Bawono -> Berkarya guna memperindah dunia (1934 Jawa)[1] [Bahasa Jawa]
  31. (Kota Blitar) Kridha Hangudi Jaya -> Kerja keras demi membangun kejayaan [Bahasa Jawa]
  32. (Kota Kediri) Djojo Ing Bojo -> Berjaya melawan bahaya [Bahasa Jawa]
  33. (Kota Madiun) Tidak ada semboyan
  34. (Kota Malang) Malang Kuçeçwara -> Tuhan menghancurkan yang batil [Bahasa Kawi]
  35. (Kota Mojokerto) Tidak ada semboyan
  36. (Pasuruan) Sura Dira Satya Pati -> Berani teguh dan setia pada pemimpin [Bahasa Jawa]
  37. (Kota Probolinggo) Tri Karsa Bina Praja -> Mengembangkan daerah dengan tiga kekuatan
  38. (Surabaya) Jer Basuki Mawa Beya -> Keberhasilan memerlukan pengorbanan [Bahasa Jawa]
Bali
  1. (Badung) Ҫura Dharma Rakṣaka -> Berani membela kebenaran [Bahasa Sanskerta]
  2. (Bangli) Bhukti Mukti Bhakti -> Pengabdian secara lahir dan batin [Bahasa Sanskerta]
  3. (Buleleng) Singa Ambara Raja -> Singa raja langit [Bahasa Sanskerta]
  4. (Gianyar) Dharma Raksata Raksita -> Yang berbuat Dharma akan dilindungi Dharma [Bahasa Sanskerta]
  5. (Jembrana) Tri Ananta Bhakti -> Tiga pengabdian kekal [Bahasa Sanskerta]
  6. (Karangasem) Raksakeng Dharma Prajahita -> Perlindungan Dharma untuk kesejahteraan rakyat [Bahasa Kawi]
  7. (Klungkung) Dharmaning Ksatriya Mahottama -> Dharma seseorang berjiwa ksatria sungguh mulia [Bahasa Kawi]
  8. (Tabanan) Sadhu Mawang Anuraga -> Setia pada Dharma demi kecintaan pada rakyat [Bahasa Kawi]
  9. (Denpasar) Puradhipa Bhara Bhavana -> Ibukota mendukung daerah [Bahasa Sanskerta]
Kabupaten di Bali semboyannya tak ada yang Bahasa Bali. Semuanya Kawi ato Sanskerta
Catatan
[1]. Sengkalan. Penjelasan lebih lanjut dapat dilihat di catatan Part 7
submitted by dreadedherlock to indonesia [link] [comments]


2023.03.08 12:23 dreadedherlock Arti Semua Semboyan Seluruh Kabupaten dan Kota di Indonesia [Edisi Jawa Tengah dan Yogyakarta]

Sudah tahu deh apa thread ini. Hari ini provinsi Jawa Tengah dan Yogyakarta.
Daftar Bagian: Part 1 Part 2 Part 3 Part 4 Part 5 Part 6 Part 7 <-- Anda Di Sini Part 8 Part 9 Part 10
Jawa Tengah
  1. (Banjarnegara) Manunggaling Swara Tumataning Praja -> Bersatu suara membangun negara (1571 M)[1] [Bahasa Jawa]
  2. (Banyumas) Rarasing Rasa Wiwaraning Praja -> Rasa serasi merupakan pintu gerbang negara (1966 M)[1] [Bahasa Jawa]
  3. (Batang) Tidak ada semboyan
  4. (Blora) Çaçana Jaya Kerta Bhumi -> Tempat kejayaan dan kemakmuran daerah [Bahasa Sanskerta]
  5. (Boyolali) Boja-Lali -> Jangan lupa [Bahasa Jawa]
  6. (Brebes) Mangesti Wicara Ebahing Praja -> Bertekad bersama membangun negara (1678 M)[1] [Bahasa Jawa]
  7. (Cilacap) Jala Bhumi Wijayakusuma Çakti -> Air dan tanah untuk kejayaan tertinggi [Bahasa Sanskerta]
  8. (Demak) Tidak ada semboyan
  9. (Grobogan) Tidak ada semboyan
  10. (Jepara) Trus Karya Tataning Bumi -> Terus bekerja membangun negara (1549 M)[1] [Bahasa Jawa]
  11. (Karanganyar) Tidak ada semboyan
  12. (Kebumen) Bhumi Tirta Praja Mukti -> Tanah dan air untuk kesejahteraan negara [Bahasa Sanskerta]
  13. (Kendal) Ngesti Widdhi -> Mengharap rida Tuhan [Bahasa Jawa]
  14. (Klaten) Tumenga Tata Anggatra Rahardja -> Menatap keharmonisan demi membangun kesejahteraan (1950 M)[1] [Bahasa Jawa]
  15. (Kudus) Nagri Carta Bhakti -> Negeri yang makmur dan berbakti [Bahasa Sanskerta]
  16. (Magelang) Tidak ada semboyan
  17. (Pati) Bumi Mina Tani -> Tanah perikanan dan pertanian [Bahasa Jawa]
  18. (Pekalongan) Tidak ada semboyan
  19. (Pemalang) Tidak ada semboyan
  20. (Purbalingga) Prasetyaning Nayaka Amangun Praja -> Pemerintah setia membangun daerah (1830 M)[1] [Bahasa Jawa]
  21. (Purworejo) Tidak ada semboyan
  22. (Rembang) Tidak ada semboyan
  23. (Semarang) Dharmottama Satya Praja -> Berbuat yang terbaik demi rakyat [Bahasa Sanskerta]
  24. (Sragen) Tidak ada semboyan
  25. (Sukoharjo) Tidak ada semboyan
  26. (Tegal) Tidak ada semboyan
  27. (Temanggung) Swadaya Bhumi Phala -> Dengan kemandirian perkukuh hasil bumi [Bahasa Sanskerta]
  28. (Wonogiri) Sabda Sakti Nugrahaning Praja -> Kata suci pengorbanan untuk daerah (1967 M)[1] [Bahasa Jawa]
  29. (Wonosobo) Sabda Pandhawa Raga Nyawiji -> Perkataan Pandawa menyatukan tubuh (1957 M)[1] [Bahasa Jawa]
  30. (Kota Magelang) Tidak ada semboyan
  31. (Kota Pekalongan) Tidak ada semboyan
  32. (Salatiga) Srir Astu Swasti Prajabhyah -> Semoga bahagia dan selamat rakyat sekalian[2] [Bahasa Sanskerta]
  33. (Kota Semarang) Tidak ada semboyan
  34. (Surakarta) Rinaras Dadi Trus Manunggal -> Selaras berdiri terus bersatu (1946 M)[1] [Bahasa Jawa]
  35. (Kota Tegal) Tidak ada semboyan
Yogyakarta
  1. (Bantul) Hamemayu Hayuning Bawana -> Memperindah keindahan dunia [Bahasa Jawa]
  2. (Gunungkidul) Dhaksinarga Bhumikarta -> Pegunungan Selatan makmur negerinya [Bahasa Kawi]
  3. (Kulon Progo) Hamemayu Hayuning Bawana -> Memperindah keindahan dunia [Bahasa Jawa]
  4. (Sleman) Catur Rasa Trus Manunggal -> Empat watak selalu bersatu (1964 M)[1] [Bahasa Jawa]
  5. (Kota Yogyakarta) Mangayu Hayuning Bawana -> Memperindah keindahan dunia [Bahasa Jawa]
Banyak kabupaten yang tidak ada semboyannya pemerintahnya buat sengkala tapi aku sengaja tidak masukin karena itu lebih ke semboyan hari jadinya daripada semboyan daerah itu sendiri. Dan kalo mautahu sengkala akan dijelaskan di bawah.
Catatan
[1].Jadi maksud tahun di sini adalah sengkalan. Sengkalan itu sejenis kronogram yang berarti suatu kata diasosiasikan dengan nomor. Misalkan ada sengkalan sirna ilang kertaning bumi. Masing-masing kata adalah sandi yang dapat diterjemahkan ke nomor. Sirna = 0, Ilang = 0, Kerta = 4, dan Bumi = 1. Jika dibalikkan maka menjadi 1400 Saka, tahun kejatuhan Majapahit. Tentu saja nggak sengkalan harus ada artinya sendiri. Sengkalan ini sendiri artinya kemakmuran bumi ini telah lenyap dan hilang. [2]. Kalimat pertama dari prasasti Plumpungan.
submitted by dreadedherlock to indonesia [link] [comments]


2023.03.06 06:20 dreadedherlock Arti Semua Semboyan Seluruh Kabupaten dan Kota di Indonesia [Edisi Banten, Jakarta, dan Jawa Barat]

Mulai masuk kita ke daerah Jawa. Untuk hari ini 3 provinsi, yaitu Banten, Jakarta, dan Jawa Barat.
Daftar Bagian: Part 1 Part 2 Part 3 Part 4 Part 5 Part 6 <-- Anda Di Sini Part 7 Part 8 Part 9 Part 10
Banten
  1. (Lebak) Iman Aman Uman Amin -> Iman, aman, tenteram, amin [Bahasa Sunda]
  2. (Pandeglang) Tidak ada semboyan
  3. (Serang) Sepi Ing Pamrih Rame Ing Gawe -> Tanpa imbalan giat bekerja [Bahasa Jawa]
  4. (Tangerang) Satya Karya Kerta Raharja -> Setia bekerja menuju kesejahteraan [Bahasa Sanskerta]
  5. (Cilegon) Akur Sedulur Jujur Adil Makmur [Bahasa Indonesia]
  6. (Kota Serang) Kota Serang Madani [Bahasa Indonesia}
  7. (Kota Tangerang) Bhakti Karya Adhi Kertaraharja -> Kerja berbakti menuju kesejahteraan [Bahasa Sanskerta]
  8. (Tangerang Selatan) Cerdas Modern Religius [Bahasa Indonesia]
Jakarta (Hanya satu saja)
  1. (Kepulauan Seribu) Daya Bersehaty Budaya, Bersih, Sehat, Senyum [Bahasa Indonesia]
Jawa Barat
  1. (Bandung) Repeh Rapih Kerta Raharja -> Damai, rukun, berkecukupan, sejahtera [Bahasa Sunda]
  2. (Bandung Barat) Wibawa Mukti Kerta Raharja -> Berwibawa, berbahagia, berkecukupan, sejahtera [Bahasa Sunda]
  3. (Bekasi) Swatantra Wibawa Mukti -> Berdiri sendiri, berwibawa, makmur [Bahasa Sunda]
  4. (Bogor) Prayoga Tohaga Sayaga - Kuta Udaya Wangsa - Tegar Beriman -> Utama, kokoh, sedia - Kota fajar bangsa - Tegar beriman [Bahasa Sunda]
  5. (Ciamis) Mahayuna Ayuna Kadatuan -> Menghadapi pembangunan untuk kebahagian daerah [Bahasa Sunda]
  6. (Cianjur) Sugih Mukti -> Kaya dan makmur [Bahasa Sunda]
  7. (Cirebon)Rame Ing Gawe Suci Ing Pamrih -> Giat bekerja dengan harapan yang suci [Bahasa Jawa]
  8. (Garut) Tata Tengtrem Kerta Raharja -> Tertib, tenteram, berkecukupan, sejahtera [Bahasa Sunda]
  9. (Indramayu) Darma Ayu[1] Mulih Harja -> Kebenaran yang elok, Kelak akan makmur [Bahasa Sanskerta- Jawa]
  10. (Karawang) Pangkal Perjuangan [Bahasa Indonesia]
  11. (Kuningan) Rapih Winangun Kerta Raharja -> Tertib membangun untuk kemakmuran dan kesejahteraan [Bahasa Sunda]
  12. (Majalengka) Sindangkasih Sugih Mukti -> Saling mengasihi untuk kesejahteraan [Bahasa Sunda]
  13. (Pangandaran) Jaya Karsa Makarya Praja -> Unggul dalam pemikiran untuk menciptakan pemerintahan yang kuat [Bahasa Sunda]
  14. (Purwakarta) Wibawa Karta Raharja -> Berwibawa, makmur, sejahtera [Bahasa Sunda]
  15. (Subang) Benteng Pancasila, Karya Utama Satya Negara -> Benteng Pancasila, mengutamakan kerja demi negara [Bahasa Sanskerta]
  16. (Sukabumi) Gemah Ripah Loh Jinawi -> Tenteram, sejahtera, subur, makmur [Bahasa Sunda]
  17. (Sumedang) Insun Medal[2] -> Aku dilahirkan [Bahasa Sunda]
  18. (Tasikmalaya) Sukapura Ngadaun Ngora -> Sukapura[3] kelak maju ekonominya [Bahasa Sunda]
  19. (Kota Bandung) Gemah Ripah Wibawa Mukti -> Tenteram, sejahtera, berwibawa, berbahagia [Bahasa Sunda]
  20. (Banjar) Somahna Bagja di Buana -> Rakyatnya berbahagia di dunia [Bahasa Sunda]
  21. (Kota Bekasi) Kota Patriot [Bahasa Indonesia]
  22. (Kota Bogor) Di Nu Kiwari Ngancik Nu Bihari Seja Ayeuna Sampeureun Jaga -> Hasil masa kini adalah berkat upaya masa lalu, yang diperbuat sekarang adalah untuk masa depan [Bahasa Sunda]
  23. (Cimahi) Saluyu Ngawangun Jati Mandiri -> Bersama membangun jati kemandirian [Bahasa Sunda]
  24. (Kota Cirebon) Gemah Ripah Loh Jinawi -> Tenteram, sejahtera, subur, makmur [Bahasa Jawa]
  25. (Depok) Paricara Darma -> Mengabdi pada kebaikan [Bahasa Sanskerta]
  26. (Kota Sukabumi) Reugreug Pageuh Repeh Rapih -> Teguh, kukuh, damai, rukun [Bahasa Sunda]
  27. (Kota Tasikmalaya) Kota Resik -> Kota bersih [Bahasa Sunda]
Bahasa Sunda dan Jawa di level krama hampir tidak dapat dibedakan dengan bahasa Sanskerta jadi agak sulit untuk memastikan peletakan bahasanya.
Catatan
[1]. Juga merupakan nama pendiri Indramayu [2]. Berasal dari sabda Prabu Tajimalela yang lengkapnya adalah insun medal, insun madangan. Artinya aku dilahirkan, aku mencerahkan. [3]. Sukapura adalah nama kerajaan di Tasikmalaya
submitted by dreadedherlock to indonesia [link] [comments]


2023.02.26 00:43 dreadedherlock Arti Semua Semboyan Seluruh Kabupaten dan Kota di Indonesia [Part 1]

Karena aku lagi bosan. Untuk hari ini provinsi Aceh dan Sumatera Utara.
Daftar bagian: Part 1 <-- Anda Di Sini Part 2 Part 3 Part 4 Part 5 Part 6 Part 7 Part 8 Part 9 Part 10
Aceh
  1. (Aceh Besar) Putöh Ngon Meupakat, Kuwat Ngön Meuseuraya -> Putus dengan mufakat, kuat dengan musyawarah [Bahasa Aceh]
  2. (Aceh Jaya) Tidak ada semboyan
  3. (Aceh Singkil) Sekata Sepekat -> Sekata setuju [Bahasa Singkil]
  4. (Aceh Tamiang) Kaseh Pape, Setie Mate -> Kasih sesama, setia sampai mati [Bahasa Melayu Tamiang]
  5. (Aceh Tengah) Keramat Meupakat -> Mulia bermusyawarah [Bahasa Gayo]
  6. (Aceh Timur) Udep Saree Matee Syahid -> Hidup terhormat, mati syahid [Bahasa Aceh]
  7. (Aceh Utara) Tidak ada semboyan
  8. (Aceh Selatan) Satya Bhakti -> Setia dan berbakti [Bahasa Sanskerta]
  9. (Aceh Tenggara) Sepakat Segenep -> Setuju satu tujuan [Bahasa Alas]
  10. (Aceh Barat Daya) Sapeue Kheuen Sahou Langkah -> Seiya sekata menyatukan langkah [Bahasa Aceh]
  11. (Aceh Barat) Tidak ada semboyan
  12. (Bener Meriah) Musara Pakat -> Bersatu bermusyawarah [Bahasa Gayo]
  13. (Bireuen) Tidak ada semboyan
  14. (Gayo Lues) Musara -> Bersatu [Bahasa Gayo]
  15. (Nagan Raya) Tidak ada semboyan
  16. (Pidie) Pang Ulee Buet Ibadat, Pang Ulee Hareukat Meugoe -> Sebaiknya perbuatan adalah ibadah, sebaiknya pekerjaan adalah bertani [Bahasa Aceh]
  17. (Pidie Jaya) Peugah Lagèe Buet Peubuet Lagèe Na -> Katakan yang kau kerjakan, kerjakan yang kau katakan [Bahasa Aceh]
  18. (Simeulue) Tidak ada semboyan
  19. (Banda Aceh) Tidak ada semboyan
  20. (Langsa) Tidak ada semboyan
  21. (Lhokseumawe) Tidak ada semboyan
  22. (Sabang) Tidak ada semboyan
  23. (Subulussalam) Sada Kata -> Satu kata [Bahasa Singkil]
Sumatera Utara
  1. (Asahan) Rambate Rata Raya[1] -> Kerja keras bersama [Bahasa Jawa]
  2. (Batubara) Sejahtera Berjaya [Bahasa Melayu]
  3. (Dairi) Tidak ada semboyan
  4. (Deli Serdang) Bhinneka Perkasa Jaya -> Kuat dan berjaya dalam keberagaman [Bahasa Jawa Kuno]
  5. (Karo) Pijer Podi[2] -> Gotong royong [Bahasa Batak Karo]
  6. (Humbang Hasundutan) Bona Pasogit Nauli -> Kampung halaman yang indah [Bahasa Batak Toba]
  7. (Labuhanbatu) Ika Bina En Pabolo -> Itu dibina, ini diperbaiki [Bahasa Kreol Batak-Melayu]
  8. (Labuhanbatu Selatan) Santun Berkata Bijak Berkarya [Bahasa Melayu]
  9. (Labuhanbatu Utara) Basimpul Kuat Babontuk Elok -> Bersimpul kuat, berbentuk cantik [Bahasa Melayu Asahan]
  10. (Langkat) Bersatu Sekata, Berpadu Berjaya [Bahasa Melayu]
  11. (Mandailing Natal) Madina yang Madani [Bahasa Indonesia]
  12. (Nias) Data Tuwu Tano Niha -> Mari kita membangun tanah Nias [Bahasa Nias]
  13. (Nias Barat) Hasambua -> Hanya satu [Bahasa Nias]
  14. (Nias Selatan) FURAI Futi Rai Ana'a -> Mahkota emas putri [Bahasa Nias]
  15. (Nias Utara) Tafaeri -> Sama sekali tidak tahu [Bahasa Nias]
  16. (Padang Lawas) Tidak ada semboyan
  17. (Padang Lawas Utara) Tidak ada semboyan
  18. (Pakpak Bharat) Bage Ate Rejekki Bage Tennah Sodip - Njuah-Njuah -> Begitulah rezeki permintaan hati, Begitulah nasihatlah doa - Salam [Bahasa Batak Dairi]
  19. (Samosir) Satahi Saoloan -> Satu tujuan sepakat [Bahasa Batak Toba]
  20. (Serdang Bedagai) Tanah Bertuah, Negeri Beradat [Bahasa Melayu]
  21. (Simalungun) Habonaron do Bona -> Kebenaran adalah pokok [Bahasa Batak Simalungun]
  22. (Tapanuli Selatan) Sahata Saoloan -> Sekata sepakat [Bahasa Batak Angkola]
  23. (Tapanuli Tengah) Sahata Saoloan -> Sekata sepakat [Bahasa Batak Toba]
  24. (Tapanuli Utara) Arga do Bona ni Pinasa[3] -> Kampung halaman itu berharga [Bahasa Batak Toba]
  25. (Toba) Semboyan tidak resmi. Tampakna do Rantosna, Rim ni Tahi do Gogona -> Yang tumpul akan menjadi tajam, karena kesatuan hati menjadi kekuatannya [Bahasa Batak Toba]
  26. (Binjai) Tidak ada semboyan
  27. (Gunungsitoli) Samaeri -> Sesama [Bahasa Nias]
  28. (Medan) Tidak ada semboyan
  29. (Padang Sidempuan) Salumpat Saindege -> Selangkah seirama [Bahasa Batak Angkola]
  30. (Pematangsiantar) Sapangambei Manoktok Hitei -> Bekerja sama demi tujuan mulia [Bahasa Batak Simalungun]
  31. (Sibolga) Sibolga Nauli -> Sibolga yang indah [Bahasa Batak Toba]
  32. (Tanjungbalai) Balayar Satujuan Batambat Satangkahan -> Berlayar satu tujuan, bertambat bersama [Bahasa Melayu Asahan]
  33. (Tebing Tinggi) Esa Hilang Dua Terbilang -> Satu hilang, dua terganti [Bahasa Melayu]
Lebih susah dari yang dipikirkan. Banyak pemerintah nggak cantumin makna dan yang cantumin makna itu bukan arti harfiahnya tapi arti yang panjang dan kayaknya dibuat-buat. Kalo salah mohon perbaiki.
Catatan
[1]. Dari yang aku lihat ini sebnarnya jargon pelayaran. Rambate itu kayak bagian depan kapal yang harus diaratain agar seimbang. [2]. Arti harfiahnya adalah patri dari serbuk logam. Serbuk logam dicampur boraks agar patrinya kokoh. [3]. Bona ni Pinasa arti harfiahnya adalah pohon nangka.
submitted by dreadedherlock to indonesia [link] [comments]


2023.02.09 12:34 Malayhistorynerd Since everyone is like posting their exam results, here's mine. Yes, I fucking suck at addmath 😔

Since everyone is like posting their exam results, here's mine. Yes, I fucking suck at addmath 😔 submitted by Malayhistorynerd to Bolehland [link] [comments]


2023.02.09 12:09 Smol_Cocks420 bruh...yall just built different

bruh...yall just built different submitted by Smol_Cocks420 to Bolehland [link] [comments]


2023.02.08 12:14 NukeEnjoyer122 Kaget liat rapot di negara tetangga tidak dipengaruhi cancer yang disebut KKM kayak di negara kita tercinta. Honestly I prefer hasil kayak gini dari pada rata 83 minimum tapi dongo

Kaget liat rapot di negara tetangga tidak dipengaruhi cancer yang disebut KKM kayak di negara kita tercinta. Honestly I prefer hasil kayak gini dari pada rata 83 minimum tapi dongo submitted by NukeEnjoyer122 to indonesia [link] [comments]


http://swiebodzin.info