Foto ngentot masuk pepek ke peler

Masalah tukang parkir

2024.05.04 03:11 AdRepresentative5029 Masalah tukang parkir

Masalah tukang parkir
Entah bagaimana kadang suka kesel sama tukang parkir khususnya yang ada di minimarket apalagi yang ada di atm, ataupun spbu.
Pernah sekali pas itu sering belok di sebuah spbu untuk ke minimarket, beberapa minggu aman gaada tukang parkirnya hingga muncullah beliau padahal disana sudah tertulis jelas bahwa parkir gratis.
Dalam beberapa kejadian sebenarnya tukang parkir bisa di berantas, gue sering nongkrong di minimarket sehabis pulang kerja pernah tuh kejadian ada tukang parkir mendadak masuk dan izin ke kasir nya buat parkir di minimarketnya, sama kasirnya di izinin.
Nah disini kalau mau kasir harus bisa menolak, iya gue tahu tukang parkir itu akamsi tapi sadar ga sih tukang parkir itu benalu simbiosis yang merugikan jatuhnya malah.
Khususnya untuk umkm kaya contohnya pedagang bakso, mie ayam, atau apapun itu.
Ketika pedagang itu mengizinkan mereka ada beberapa persen manusia yang gajadi beli makanan di tempatnya karena lihat benalu itu.
Pemkot itu gabisa berantas parkir, tukang parkir itu ibarat rumput liar ketika lu bersihin dia bakal tumbuh lagi.
https://preview.redd.it/n3ihcwal8byc1.jpg?width=3072&format=pjpg&auto=webp&s=fd8d24a54efe7888a3425ab26c5d5ee9d6f8fefb
Foto di atas adalah plang parkir gratis yang luntur lalu di tulis gitu, lokasinya di kabupaten sebelah gue.
submitted by AdRepresentative5029 to indonesia [link] [comments]


2024.04.24 07:40 androbuntu Cara Agar Foto WhatsApp Tidak Masuk ke Galeri

Cara Agar Foto WhatsApp Tidak Masuk ke Galeri submitted by androbuntu to u/androbuntu [link] [comments]


2024.04.22 10:21 androbuntu Cara Agar Foto WhatsApp Tidak Masuk ke Galeri

Cara Agar Foto WhatsApp Tidak Masuk ke Galeri submitted by androbuntu to androbuntu [link] [comments]


2024.04.21 22:34 mistadobaloner How to cope with aging parents?

Pertama-tama, i wanna say that i am grateful that i have a loving parents. Ya, orang tua gua gak sempurna sama seperti manusia pada umumnya, banyak kok salahnya, tapi gw termasuk orang yg mikir klo orang tua udah melakukan yg terbaik yg mereka bisa, anggap produk terbaik bagi generasi mereka. Gua bisa liat dari cerita² mereka dan sepengamatan gua sendiri sih dibanding adek kakaknya dan generasi sebelumnya/orang tua mereka, merekalah yg gw liat paling baik atau at least termasuk yg paling baik. Tahun ini mereka 50 tahun. Banyak mungkin yg nganggep 50 tahun ga begitu tua, dan iya sih dulu pun pas gw masuk kelas 1 SMP bahkan ada yg orang tuanya udh 50an. Tapi ngeliat fisik mereka, it hurts. Mereka juga kayak ga seriang dan energik kayak let's say 7 tahun lalu. Gua ngeliat foto-foto nyokap gua di FB dari 7-10+ tahun lalu kayak damn, keliatan banget banyak perubahan fisiknya khususnya di muka, dan banyak juga foto² mereka keliatan genuinely happy (well, same as me, i was much happier back then too).
Idk gua tau manusia itu makhluk fana yg ga akan selamanya ada di dunia ini, tapi inget tahun 2020-2021an pada saat kakek dan uwa (abangnya ayah) meninggal dan anaknya ini seumuran sama gua, gw sekarang jadi semakin inget bahwa orang tua kita bisa meninggal kapan aja, kita gak tau. It doesn't help that tahun 2022-2023 ada berita di grup kelas kayak 3-4 anak, orang tuanya meninggal, it hits me more.
2 tahun terakhir hingga sekarang, bokap gw udah ada masalah di prostatnya, rabu kemaren klo ga salah beliau berobat ke rumah sakit saat gw baru berangkat ke kos yg udah di provinsi lain. I know my father, he's a crazy hardworking man, sama kayak nyokap gua juga, keduanya gua perhatiin suka kurang tidur karena kerjaan mereka. Belum lagi dua sisi keluarga punya riwayat penyakit jantung. I just can't imagine living without them in this world.
submitted by mistadobaloner to indonesia [link] [comments]


2024.03.29 03:21 pelariarus Book Review : Jakarta A Dining History

Book Review : Jakarta A Dining History
Jakarta A Dining History by Kevindra Soemantri
Buku ini menceritakan perjalanan kuliner dari high class dining ala perancis di masa Hindia Belanda hingga datangnya chinese food sampai ke restoran india dan mongolian barbeque ke Jakarta.
Buku ini dikemas dalam bentuk kronologi. Ditulis okeh Kevindra Soemantri, top 10 Masterchef Indonesia season 1. Penulis sering menulis buku-buku mengenai kuliner Indonesia. Terutama guide makan di Ibukota.
Pros: Buku ini ditulis dengan semangat dan terlihat dalam tulisanya yang membawa kita berfantasi makan french cuisine di pelataran restoran di depan Weltrevreden (Juanda-Veteran) atau mebayangkan Bung Hatta dan Sjahrir makan mie goreng dari restoran trio pada masanya. Kita juga jadi tahu gaya hidup Soekarno yang extravagan bahkan untuk hitungan saat ini.
Cons: Bukunya terkesan buru-buru di setengah bagian kedua saat masuk ke tahun 1900-masa kini. Entah terkesan penulis kurang waktu atau memang tidak terlalu tertarik untuk masa itu. Selain itu beberapa orang mungkin nggak suka dengan gaya penulisan kronologi seperti ini.
Dalam pendapat saya buku ini layak dibeli orang yang suka sejarah, kuliner atau ingin bacaan ringan atau yang butuh referensi kehidupan di era jaman dahulu dari segi kuliner
u/ModarJayaAbadi dia udah minta ijin lu belum ngambil foto itu?
submitted by pelariarus to indonesia [link] [comments]


2024.03.02 04:45 barudak-well Gaji Rs Hermina

Gaji Rs Hermina

https://preview.redd.it/rfqpe4gfeulc1.png?width=999&format=png&auto=webp&s=dde08c721d413a9adde50d60257df977999e6dd2
Gaji Rs Hermina – Halo teman InfoGajian.com, tahukah kamu seberapa jumlah usaha industri manufaktur di indonesia? Jumlah usaha manufaktur skala menengah dan besar pada tahun 2023 berjumlah sekitar 29 ribu perusahaan.

Gaji Rs Hermina

Dari 29000 usaha manufaktur kita akan membahas salah satu adalah Rs Hermina. Apa yang dimaksud dengan Rs Hermina? Tahun berapa Rs Hermina berdiri? Rs Hermina mengoperasikan di sektor apa? Rs Hermina milik siapa? Dan berapa gaji di Rs Hermina? Segala pertanyaan-pertanyaan itu dijawab di sini. Tidak hanya itu kita juga akan mengabarkan lowongan kerja di Rs Hermina dan syarat-syaratnya. Karenanya, jangan tunggu terlalu lama lagi, langsung saja kita bahas di bawah ini.
Mungkin kamu sudah pernah mendengar apa yang dimaksud dengan Rs Hermina, tetapi kita bahas lagi secara mendalam mengenai Rs Hermina. Informasi ini kami ambil dari situs web milik perusahaan langsung, karenanya, ini terjaminlah kredibilitasnya. Kamu sudah bertanya-tanya kan profile Rs Hermina bagaimana? langsung saja simak di bawah ini.

Profil Rs Hermina

Rs Hermina terus-menerus menyongsong secara bagus kedatangan dari banyak tenaga kerja yang mahir supaya bisa berikan perannya pada perusahaan di berapa bidang keahlian. Sejumlah ketrampilan yang diperlukan ini dimulai dari Penjualan, information Technology (IT), Engineering, Finance, Human Resouces, serta ada banyak lagi.
Menjadi satu diantara perusahaan besar, jadi Rs Hermina ini pastilah banyak memiliki pegawai dengan peletakan kerja atau posisi masing-masing. Oleh karenanya, buat Gaji Rs Hermina ini juga yang pasti berlainan, bergantung dari jabatan yang di menempati.
Semakin tinggi jabatan seseorang, semakin besar pula gaji yang diterima, sejalan dengan tingkat tanggung jawab yang mereka emban. Berikut adalah daftar gaji yang perlu Anda ketahui di Rs Hermina:
Gaji yang diberikan di Rs Hermina sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan, dan untuk mencapai posisi tersebut tentunya bukan perkara yang mudah. Selain harus memberikan yang terbaik, Anda juga harus bersaing dengan kandidat lain agar dapat mendapatkan jabatan yang Anda inginkan.

Daftar Gaji Rs Hermina

Selanjutnya kita akan membahas Berapakah gaji karyawan di Rs Hermina? Gaji average untuk insinyur Rs Hermina adalah Rp 4.300.000 per bulan, 40% di atas average nasional. Jumlah ini akan naik seiring lamanya kamu bekerja di Rs Hermina dan gaji ini juga belum termasuk tambahan per tahunnya dan fasilitas-fasilitas atau benefit kerja yang disediakan Rs Hermina. Jika kamu tertarik untuk mengetahui selengkapnya tentang gaji Rs Hermina bisa kamu baca lebih lanjut di tabel di bawah ini.
Tabel Gaji Rs Hermina : https://infogajian.com/gaji-rs-hermina-2/
Terlihat dari daftar gaji yang kami paparkan di Rs Hermina memang lah relatif besar atau sekitar setara dengan UMR sekarang, yaitu Rp 4.400.000, tetapi tergantung kamu menjabat atau berposisi di jabatan apa dan di mana.
Di samping itu kamu harus tahu loh Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) pada bulan Agustus 2022 sebesar 5,86 persen, menurun sebesar 0,63 persen poin dibandingkan dengan Agustus 2021. Terdapat 4,15 juta orang (1,98 persen) penduduk usia kerja. Maka dari itu jika kamu salah satu dari 5,86 tersebut dan berminat melamar pekerjaan di Rs Hermina anda silakan baca selengkapnya di bawah ini.

Syarat Syarat Melamar Kerja di Rs Hermina

Setelah menyimak lowongan kerja kamu tahu gak sebelum melamar ke Rs Hermina anda harus memenuhi syarat-syarat umumnya terlebih dahulu? Nah, apa sih kriteria-kriteria tersedia untuk mengajukan lamaran ke Rs Hermina? tanpa basa-basi baca informasi di bawah ini.
Tentu saja dalam melamar pekerjaan kita harus memenuhi syarat-syarat tersedia yang ada perusahaan tersebut, kamu harus mengetahui beberapa persyaratan umum yang harus dipenuhi ketika ini melamar kerja ke Rs Hermina, berikut ini persyaratan-persyaratan umum untuk masuk Rs Hermina:
  • Tak bertindik dan memiliki tato dalam tubuh
  • minimal tinggi setidaknya wanita / pria di atas 155 cm
  • Tidak menderita buta warna
  • Level pendidikan minimal SMA/SMK (operator), sedangkan untuk D3/S1 (staf)
  • Dalam keadaan sehat jasmani dan rohani tanpa kecacatan fisik (terlampir hasil medical check up)
  • Siap Bekerja jujur, ulet, dan tekun Dapat bekerja sendiri-sendiri maupun dalam tim
  • Bersedia bekerja dalam sistem shift / bergilir
  • Memiliki dan Melampirkan dokumen yang diperlukan seperti (Fotocopy KTP, Ijazah, SKCK, Foto 4×6, Dll)
  • Diutamakan yang sudah berpengalaman pada bidangnya

Benefit Bekerja di Rs Hermina

Setelah menyimak lowongan kerja, apakah kamu tahu ga si kalian di samping menyediakan gaji pokok Rs Hermina pun memberi beri benefit seperti tunjangan dan sarana/fasilitas kerja sesuai dengan jabatan pegawai/karyawannya loh, apa yang tunjangan-tunjangan dan benefitnya menjadi karyawan Rs Hermina? Nah ini beberapa contoh-contoh tunjangan-tunjangan yang diberikan Rs Hermina:
  • BPJS Kesehatan serta BPJS Ketenagakerjaan
  • Medical Check Up Rutin Tiap tahun
  • Makan
  • Uang Transportasi
  • Mobil / Bus Jemputan Karyawan
  • Intensif Kehadiran
  • THR (Tunjangan Hari Raya)
  • Bonus Akhir Tahun
Nah, demikianlah informasi selengkapnya dari InfoGajian.com mengenai Gaji Rs Hermina setiap bulan karyawan sesuai posisi atau jabatan beserta tunjangan dan syarat pengajuan lamaran kerja. Mungkin hanya itu saja informasi dari kami, di harapkan artikel di atas bermanfaat.
submitted by barudak-well to barudakwell [link] [comments]


2024.03.02 04:44 barudak-well Gaji Rs Hermina

Gaji Rs Hermina

https://preview.redd.it/r85slevceulc1.png?width=999&format=png&auto=webp&s=ff7bdc558ed8a228343ef84b7dcc9635a331d901
Gaji Rs Hermina – Halo teman InfoGajian.com, tahukah kamu seberapa jumlah usaha industri manufaktur di indonesia? Jumlah usaha manufaktur skala menengah dan besar pada tahun 2023 berjumlah sekitar 29 ribu perusahaan.

Gaji Rs Hermina

Dari 29000 usaha manufaktur kita akan membahas salah satu adalah Rs Hermina. Apa yang dimaksud dengan Rs Hermina? Tahun berapa Rs Hermina berdiri? Rs Hermina mengoperasikan di sektor apa? Rs Hermina milik siapa? Dan berapa gaji di Rs Hermina? Segala pertanyaan-pertanyaan itu dijawab di sini. Tidak hanya itu kita juga akan mengabarkan lowongan kerja di Rs Hermina dan syarat-syaratnya. Karenanya, jangan tunggu terlalu lama lagi, langsung saja kita bahas di bawah ini.
Mungkin kamu sudah pernah mendengar apa yang dimaksud dengan Rs Hermina, tetapi kita bahas lagi secara mendalam mengenai Rs Hermina. Informasi ini kami ambil dari situs web milik perusahaan langsung, karenanya, ini terjaminlah kredibilitasnya. Kamu sudah bertanya-tanya kan profile Rs Hermina bagaimana? langsung saja simak di bawah ini.

Profil Rs Hermina

Rs Hermina terus-menerus menyongsong secara bagus kedatangan dari banyak tenaga kerja yang mahir supaya bisa berikan perannya pada perusahaan di berapa bidang keahlian. Sejumlah ketrampilan yang diperlukan ini dimulai dari Penjualan, information Technology (IT), Engineering, Finance, Human Resouces, serta ada banyak lagi.
Menjadi satu diantara perusahaan besar, jadi Rs Hermina ini pastilah banyak memiliki pegawai dengan peletakan kerja atau posisi masing-masing. Oleh karenanya, buat Gaji Rs Hermina ini juga yang pasti berlainan, bergantung dari jabatan yang di menempati.
Semakin tinggi jabatan seseorang, semakin besar pula gaji yang diterima, sejalan dengan tingkat tanggung jawab yang mereka emban. Berikut adalah daftar gaji yang perlu Anda ketahui di Rs Hermina:
Gaji yang diberikan di Rs Hermina sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan, dan untuk mencapai posisi tersebut tentunya bukan perkara yang mudah. Selain harus memberikan yang terbaik, Anda juga harus bersaing dengan kandidat lain agar dapat mendapatkan jabatan yang Anda inginkan.

Daftar Gaji Rs Hermina

Selanjutnya kita akan membahas Berapakah gaji karyawan di Rs Hermina? Gaji average untuk insinyur Rs Hermina adalah Rp 4.300.000 per bulan, 40% di atas average nasional. Jumlah ini akan naik seiring lamanya kamu bekerja di Rs Hermina dan gaji ini juga belum termasuk tambahan per tahunnya dan fasilitas-fasilitas atau benefit kerja yang disediakan Rs Hermina. Jika kamu tertarik untuk mengetahui selengkapnya tentang gaji Rs Hermina bisa kamu baca lebih lanjut di tabel di bawah ini.
Tabel Gaji Rs Hermina : https://infogajian.com/gaji-rs-hermina-2/
Terlihat dari daftar gaji yang kami paparkan di Rs Hermina memang lah relatif besar atau sekitar setara dengan UMR sekarang, yaitu Rp 4.400.000, tetapi tergantung kamu menjabat atau berposisi di jabatan apa dan di mana.
Di samping itu kamu harus tahu loh Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) pada bulan Agustus 2022 sebesar 5,86 persen, menurun sebesar 0,63 persen poin dibandingkan dengan Agustus 2021. Terdapat 4,15 juta orang (1,98 persen) penduduk usia kerja. Maka dari itu jika kamu salah satu dari 5,86 tersebut dan berminat melamar pekerjaan di Rs Hermina anda silakan baca selengkapnya di bawah ini.

Syarat Syarat Melamar Kerja di Rs Hermina

Setelah menyimak lowongan kerja kamu tahu gak sebelum melamar ke Rs Hermina anda harus memenuhi syarat-syarat umumnya terlebih dahulu? Nah, apa sih kriteria-kriteria tersedia untuk mengajukan lamaran ke Rs Hermina? tanpa basa-basi baca informasi di bawah ini.
Tentu saja dalam melamar pekerjaan kita harus memenuhi syarat-syarat tersedia yang ada perusahaan tersebut, kamu harus mengetahui beberapa persyaratan umum yang harus dipenuhi ketika ini melamar kerja ke Rs Hermina, berikut ini persyaratan-persyaratan umum untuk masuk Rs Hermina:
  • Tak bertindik dan memiliki tato dalam tubuh
  • minimal tinggi setidaknya wanita / pria di atas 155 cm
  • Tidak menderita buta warna
  • Level pendidikan minimal SMA/SMK (operator), sedangkan untuk D3/S1 (staf)
  • Dalam keadaan sehat jasmani dan rohani tanpa kecacatan fisik (terlampir hasil medical check up)
  • Siap Bekerja jujur, ulet, dan tekun Dapat bekerja sendiri-sendiri maupun dalam tim
  • Bersedia bekerja dalam sistem shift / bergilir
  • Memiliki dan Melampirkan dokumen yang diperlukan seperti (Fotocopy KTP, Ijazah, SKCK, Foto 4×6, Dll)
  • Diutamakan yang sudah berpengalaman pada bidangnya

Benefit Bekerja di Rs Hermina

Setelah menyimak lowongan kerja, apakah kamu tahu ga si kalian di samping menyediakan gaji pokok Rs Hermina pun memberi beri benefit seperti tunjangan dan sarana/fasilitas kerja sesuai dengan jabatan pegawai/karyawannya loh, apa yang tunjangan-tunjangan dan benefitnya menjadi karyawan Rs Hermina? Nah ini beberapa contoh-contoh tunjangan-tunjangan yang diberikan Rs Hermina:
  • BPJS Kesehatan serta BPJS Ketenagakerjaan
  • Medical Check Up Rutin Tiap tahun
  • Makan
  • Uang Transportasi
  • Mobil / Bus Jemputan Karyawan
  • Intensif Kehadiran
  • THR (Tunjangan Hari Raya)
  • Bonus Akhir Tahun
Nah, demikianlah informasi selengkapnya dari InfoGajian.com mengenai Gaji Rs Hermina setiap bulan karyawan sesuai posisi atau jabatan beserta tunjangan dan syarat pengajuan lamaran kerja. Mungkin hanya itu saja informasi dari kami, di harapkan artikel di atas bermanfaat.
submitted by barudak-well to u/barudak-well [link] [comments]


2024.02.16 15:37 FantasticWizard7532 Manggarai Central Station Plan Diorama

Manggarai Central Station Plan Diorama
Tadi sore habis ke Stasiun Manggarai and saw this interesting diorama
Manggarai Central Station Plan Diorama (Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan)
Dari yang Saya Amati:
  • Hmm, akhirnya dipikiran juga tuh lebarin area jalan sekitarnya buat pikirin akses penumpang jarak jauhnya. (Konteks: katanya in the future KAJJ mau dipindahkan yang dari Stasiun Gambirnya ke Stasiun Manggarai).
  • Tapi, jalanannya masih kurang lebar jujur aja, mungkin masih mempertimbangkan keberadaan gedung-gedung existing yang menghalangi pelebaran jalan
Jalan (Diorama)
Jalan (Foto Satelit)
Jalan (Foto Satelit)
  • Jembatan di kiri atas gambar sepertinya mau dibikin untuk nyambung ke... either Halte Bus baru atau... Drop-Off Zone baru? Semoga jadi tempat turunin atau jempat baru sih, akan jauh lebih lebar dari yang sekarang dan ada akses jembatan yang tertutup (semoga ber-AC)
Drop-off Zone Sekarang
Potensi Drop Zone atau Halte Bus Baru?
  • Moga2 itu di diorama bermaksud Jalan Tambak dan Sultan Agung akan diperlebar dari yang sekarang dan bukan skala yang ngaco. Kedua jalan itu sangat krusial untuk akses stasiunnya dan kalau masih saja sempit seperti sekarang, bener-bener akan bikin macet aksesnya sampai tidak gerak dan akan menjadi sangat tidak menarik bagi calon penumpang KAJJ di masa depan
Jalan Tambak dan Jalan Sultan Agung
  • IDK bagian ini buat apa, mungkin jadi bagian untuk ruang tunggu, loket tiket dan etc. untuk KAJJ dan bercampur fungsi/atau jadi akses masuk stasiun yang baru?
New Station Access/ Long-Distance Train Building?
MISSING FEATURES NOTED:
Overall way better than I expected/. Kekurangannya masih jalan akses yang kurang lebar (apalagi yang lewat bawah viaduct relnya (Tambak/Sultan Agung), itu sangat krusial) dan implementasi parkir kendaraan dan bagaimana implementasi rencana ini seiring dengan progres penggusuran pemukiman liar di sekitar Stasiun Manggarai?
submitted by FantasticWizard7532 to indonesia [link] [comments]


2023.12.19 07:17 earphone_stomper Supervisor dijulid-in staf yang ga mau kerja

Halo, maaf agak panjang, bingung cerita ke siapa. Kesannya kok receh banget kalo mesti dibawa ke psikolog.
Konteks: Gua kerja di pemerintahan. Mungkin buat yang belum tau, sebagian besar pegawai pemerintah (kecuali Pejabat gede) itu thp nya kecil. Selama ini, cara utama dan paling gampang buat dapet penghasilan tambahan di pemerintahan itu perjalanan dinas. Makanya sering liat pns/non asn bolak-balik dinas, ya itu tujuan utamanya
Nah, dari sini masuk ke topik. Jadi, supervisor atau atasan saya ini punya 3 staf, gua dan si yang ga mau kerja ini salah duanya. Selama ini, supervisor gua prefer ga dinas, termasuk nyuruh staf nya dinas, kecuali untuk pekerjaan yang emang penting, karena toh Jobdesk kita administrasi. Kalo ada rapat apapun juga prefer zoom aja, substansi rapat kita selama ini sangat-sangat jarang yang saking penting nya sampe mesti dinas ke Daerah-Daerah.
Karena kami jarang dinas, otomatis penghasilan tambahan juga berkurang, apalagi kalo dibandingin sama bagian sebelah yang apapun urusannya, bolak-balik dinas (Anggaran kami pun sebagian diambil buat dinasnya bagian sebelah). Nah, pegawai yang ga mau kerja ini, bolak-balik julid-in spv gua, katanya modal zoom doang lah, ga bisa nyari duit lah, yang julidnya itu open ya, dalam artian tiap julid ngomongnya keras-keras. Awalnya sih ga ngerasa apa-apa ya, tapi bahan gua sebagai staf pun risih karena ini bisa dianggep sebagai verbal bullying. Pun bukan berarti spv gua ga mau ngasih dia dinas. Tiap ada dinas, pasti nama dia diajuin, tapi atasannya spv gua ga pernah setuju dia dinas, ya karena dia nya yang ga mau kerja. Kalo dinas pun ya maunya foto-foto aja.
Ada saran kah buat nanganin kasus begini? Mau ngomong langsung, tapi nanti malah makin jadi. Dulu orang ini pernah diomongin, eh malah dianya tambah julidin yang ngomong baik-baik
submitted by earphone_stomper to indonesia [link] [comments]


2023.11.17 09:49 techtutsite 7 ciri iOS tersembunyi yang perlu diketahui oleh setiap pemilik iPhone baharu

Salah satu sebab mengapa iPhone adalah kegembiraan untuk digunakan adalah keupayaannya untuk sentiasa mengejutkan. Walaupun kebanyakan julat ciri yang mengagumkan agak jelas, sebilangan besar ciri itu hanya menjadi jelas apabila seseorang benar-benar menunjukkannya. Kemudian anda tertanya-tanya bagaimana anda pernah hidup tanpa mereka — dan mengapa Apple tidak membenderakannya dengan lebih baik.
Jika anda pengguna iPhone baharu, ada kemungkinan besar anda tidak pernah mempertimbangkan beberapa ciri iOS tersembunyi ini. Jadi dalam panduan ini, kami melihat segelintir helah tersembunyi yang paling berguna untuk pemilik iPhone, perkara seperti yang anda pasti mahu gunakan dan kongsi dengan orang lain.
Semua ciri iOS tersembunyi yang diserlahkan di sini direka untuk menjadikan hidup anda lebih mudah, pergi jauh ke arah mewajarkan mengapa kami menganggap iPhone adalah salah satu telefon terbaik yang ada.
Jadi mari kita terperangkap dengan 7 helah tersembunyi untuk pemilik iPhone baharu. Kami juga mengumpulkan beberapa yang lain pada penghujungnya dan tidak perlu dikatakan bahawa anda akan menemui lebih banyak lagi.
7 ciri iOS tersembunyi yang perlu diketahui oleh setiap pemilik iPhone baharu
Nota: Untuk memanfaatkan sepenuhnya contoh di bawah, pastikan anda tahu cara mengemas kini iPhone supaya ia berada pada versi iOS terkini.
  1. Tangkap skrin halaman penuh
Jika anda menyemak imbas web dan anda ingin mengambil tangkapan skrin tapak web, anda mungkin fikir anda perlu mengambil gambar, tatal, tangkap yang lain, tatal dan sebagainya. Pada halaman yang panjang, itu akan mengambil masa yang sama lama. Jadi adakah cara yang lebih baik? Pasti ada.
Anda boleh menangkap keseluruhan halaman web dalam penyemak imbas web Safari sekali gus. Dalam Safari, tekan butang Sisi dan Kelantangan Naik untuk mengambil tangkapan skrin. Seterusnya, ketik kotak pratonton tangkapan skrin dan ketik Halaman Penuh di bahagian atas. Ketik Selesai dan kemudian Simpan PDF ke Fail .
Panduan penuh: Cara untuk tangkapan skrin halaman penuh pada iPhone dan iPad
  1. Dayakan Ketik Belakang
Tidak banyak butang pada iPhone tetapi ada satu yang, melainkan anda tahu ia ada di sana, anda pasti akan terlepas. Ia adalah butang yang terbina pada bahagian belakang peranti dan diaktifkan dengan beberapa ketikan, yang boleh mempunyai pelbagai fungsi yang diberikan kepadanya, termasuk lampu suluh atau alat tangkapan skrin.
Ia dipanggil Ketik Kembali dan untuk mendayakannya buka apl Tetapan dan ketik Kebolehcapaian . Seterusnya, ketik Sentuh , kemudian pilih Ketik Kembali . Kini anda boleh menetapkan tindakan kepada bilangan ketikan tertentu itu. Apabila anda selesai, ketik chevron belakang , kiri atas.
Panduan penuh: Cara mendayakan Ketik Belakang pada iPhone .
  1. Cas iPhone anda dengan lebih pantas
Perlu mengecas iPhone anda memang susah, tetapi anda boleh membuat proses itu kurang memakan masa dengan menekan satu atau dua butang. Ini sangat berguna jika anda perlu mengecas dengan tergesa-gesa, terutamanya semasa masih menggunakan telefon anda.
Buka Tetapan dan togol pada mod Pesawat (walaupun jika anda masih mahu menggunakan Wi-Fi atau selular peranti anda, biarkan ini dimatikan). Sekarang ketik Bateri dan togol pada Mod Kuasa Rendah . Untuk pengecasan terpantas, anda pasti mahu kedua-duanya dihidupkan pada masa yang sama.
Panduan penuh: Cas iPhone anda dengan lebih pantas menggunakan dua tetapan ini
  1. Sekat iklan dalam Safari
Serta penunjuk kuki, tinjauan pop timbul dan halaman yang melompat-lompat, menyemak imbas internet bermakna anda juga akan melihat iklan. Tetapi terdapat cara mudah untuk menghapuskan lot dan ia dibina terus ke dalam Safari.
Ia dipanggil alat Pembaca dan ia memberikan anda halaman web yang bagus dan bersih tanpa iklan dan pelbagai kekacauan lain. Ia tidak akan berfungsi setiap kali tetapi apabila ia berfungsi, ia cukup bersih.
Lancarkan halaman web dalam Safari . Sekarang ketik ikon AA di penjuru kiri sebelah atas. Pilih Tunjukkan Pembaca .
Panduan penuh: Cara menggunakan Pembaca Safari iPhone
  1. Cerminkan kamera hadapan
Selfie tidak selalu menjadi seperti yang anda mahu — dan kami tidak mengatakan ini kerana anda terus memenggal bahagian atas kepala anda. Imej yang anda lihat dalam pratonton Kamera kelihatan sedikit berbeza daripada imej yang sebenarnya anda dapat. Dan itu kerana kamera iPhone membalikkan imej yang anda lihat dalam pratonton selepas anda mengambil tangkapan anda. Apa yang anda lihat sebenarnya ialah hasil akhirnya ialah apa yang orang lihat apabila mereka melihat anda!
Jika anda tidak menyukainya, terdapat cara untuk membetulkannya dan ia bergantung kepada ciri kecil yang dipanggil Mirror Front Camera. Buka Tetapan , kemudian ketik Kamera dan togol pada Mirror Front Camera . Sekarang cuba ambil foto dan anda akan nampak perbezaannya.
Panduan penuh: Bagaimana untuk mencerminkan kamera hadapan pada iPhone
  1. Edit atau buat asal hantar teks
Jadi anda baru sahaja melepaskan mesej teks dan ia penuh dengan kesilapan ejaan, tidak masuk akal atau terbuka sepenuhnya kepada salah tafsir. Tetapi lihat, ia telah dihantar jadi sudah terlambat. Atau anda mungkin berfikir.
Sebenarnya, pada iPhone anda mempunyai 15 minit untuk membuat pembetulan (walaupun ia tidak akan berfungsi jika penerima menggunakan Android atau versi iOS yang lebih awal).
Dalam masa 15 minit selepas menghantar teks, ketik dan tahan pada mesej dan pilih Edit . Sekarang buat pembetulan anda dan ketik tanda semak biru . Anda juga boleh mengetik Buat asal Hantar untuk mengingat semula mesej sepenuhnya — anda hanya mempunyai dua minit untuk melakukan ini.
Panduan penuh: Cara mengedit mesej teks dalam iOS 16 Messages
  1. Angkat subjek daripada foto
Helah kecil ini terasa seperti sihir: anda sebenarnya boleh menarik subjek daripada foto, meninggalkan latar belakang dan sama ada menyalin imej itu di tempat lain atau berkongsinya. Ia adalah jenis perkara yang pakej penyuntingan foto peringkat atas akan membolehkan anda lakukan dengan sedikit mengutak-atik. Namun iPhone anda menjadikannya semudah menahan pada skrin! Ia berfungsi dengan imej dalam gulungan kamera anda dan mana-mana yang anda temui di Safari, Pandangan Pantas atau tangkapan skrin.
Mula-mula, cari foto kemudian ketik dan tahan padanya . Subjek harus diserlahkan dan jika anda menyeret jari anda , anda akan melihat bahawa subjek bergerak bersamanya. Jika anda terus menahan anda boleh memilih salin — lakukan ini dan anda akan dapat menampal subjek dalam apl lain — atau pilih kongsi . Helaian saham akan muncul membenarkan subjek dihantar melalui media sosial, teks dan sebagainya.
Untuk lebih banyak tutorial iPhone, pastikan anda menyemak panduan kami yang lain termasuk cara menggunakan tahap semangat terbina dalam pada iPhone , cara menggunakan mod pemulihan iPhone , cara menutup apl pada iPhone dan cara menggunakan mod akses berpandu iPhone .
submitted by techtutsite to u/techtutsite [link] [comments]


2023.11.17 09:49 techtutsite 7 ciri iOS tersembunyi yang perlu diketahui oleh setiap pemilik iPhone baharu

Salah satu sebab mengapa iPhone adalah kegembiraan untuk digunakan adalah keupayaannya untuk sentiasa mengejutkan. Walaupun kebanyakan julat ciri yang mengagumkan agak jelas, sebilangan besar ciri itu hanya menjadi jelas apabila seseorang benar-benar menunjukkannya. Kemudian anda tertanya-tanya bagaimana anda pernah hidup tanpa mereka — dan mengapa Apple tidak membenderakannya dengan lebih baik.
Jika anda pengguna iPhone baharu, ada kemungkinan besar anda tidak pernah mempertimbangkan beberapa ciri iOS tersembunyi ini. Jadi dalam panduan ini, kami melihat segelintir helah tersembunyi yang paling berguna untuk pemilik iPhone, perkara seperti yang anda pasti mahu gunakan dan kongsi dengan orang lain.
Semua ciri iOS tersembunyi yang diserlahkan di sini direka untuk menjadikan hidup anda lebih mudah, pergi jauh ke arah mewajarkan mengapa kami menganggap iPhone adalah salah satu telefon terbaik yang ada.
Jadi mari kita terperangkap dengan 7 helah tersembunyi untuk pemilik iPhone baharu. Kami juga mengumpulkan beberapa yang lain pada penghujungnya dan tidak perlu dikatakan bahawa anda akan menemui lebih banyak lagi.
7 ciri iOS tersembunyi yang perlu diketahui oleh setiap pemilik iPhone baharu
Nota: Untuk memanfaatkan sepenuhnya contoh di bawah, pastikan anda tahu cara mengemas kini iPhone supaya ia berada pada versi iOS terkini.
  1. Tangkap skrin halaman penuh
Jika anda menyemak imbas web dan anda ingin mengambil tangkapan skrin tapak web, anda mungkin fikir anda perlu mengambil gambar, tatal, tangkap yang lain, tatal dan sebagainya. Pada halaman yang panjang, itu akan mengambil masa yang sama lama. Jadi adakah cara yang lebih baik? Pasti ada.
Anda boleh menangkap keseluruhan halaman web dalam penyemak imbas web Safari sekali gus. Dalam Safari, tekan butang Sisi dan Kelantangan Naik untuk mengambil tangkapan skrin. Seterusnya, ketik kotak pratonton tangkapan skrin dan ketik Halaman Penuh di bahagian atas. Ketik Selesai dan kemudian Simpan PDF ke Fail .
Panduan penuh: Cara untuk tangkapan skrin halaman penuh pada iPhone dan iPad
  1. Dayakan Ketik Belakang
Tidak banyak butang pada iPhone tetapi ada satu yang, melainkan anda tahu ia ada di sana, anda pasti akan terlepas. Ia adalah butang yang terbina pada bahagian belakang peranti dan diaktifkan dengan beberapa ketikan, yang boleh mempunyai pelbagai fungsi yang diberikan kepadanya, termasuk lampu suluh atau alat tangkapan skrin.
Ia dipanggil Ketik Kembali dan untuk mendayakannya buka apl Tetapan dan ketik Kebolehcapaian . Seterusnya, ketik Sentuh , kemudian pilih Ketik Kembali . Kini anda boleh menetapkan tindakan kepada bilangan ketikan tertentu itu. Apabila anda selesai, ketik chevron belakang , kiri atas.
Panduan penuh: Cara mendayakan Ketik Belakang pada iPhone .
  1. Cas iPhone anda dengan lebih pantas
Perlu mengecas iPhone anda memang susah, tetapi anda boleh membuat proses itu kurang memakan masa dengan menekan satu atau dua butang. Ini sangat berguna jika anda perlu mengecas dengan tergesa-gesa, terutamanya semasa masih menggunakan telefon anda.
Buka Tetapan dan togol pada mod Pesawat (walaupun jika anda masih mahu menggunakan Wi-Fi atau selular peranti anda, biarkan ini dimatikan). Sekarang ketik Bateri dan togol pada Mod Kuasa Rendah . Untuk pengecasan terpantas, anda pasti mahu kedua-duanya dihidupkan pada masa yang sama.
Panduan penuh: Cas iPhone anda dengan lebih pantas menggunakan dua tetapan ini
  1. Sekat iklan dalam Safari
Serta penunjuk kuki, tinjauan pop timbul dan halaman yang melompat-lompat, menyemak imbas internet bermakna anda juga akan melihat iklan. Tetapi terdapat cara mudah untuk menghapuskan lot dan ia dibina terus ke dalam Safari.
Ia dipanggil alat Pembaca dan ia memberikan anda halaman web yang bagus dan bersih tanpa iklan dan pelbagai kekacauan lain. Ia tidak akan berfungsi setiap kali tetapi apabila ia berfungsi, ia cukup bersih.
Lancarkan halaman web dalam Safari . Sekarang ketik ikon AA di penjuru kiri sebelah atas. Pilih Tunjukkan Pembaca .
Panduan penuh: Cara menggunakan Pembaca Safari iPhone
  1. Cerminkan kamera hadapan
Selfie tidak selalu menjadi seperti yang anda mahu — dan kami tidak mengatakan ini kerana anda terus memenggal bahagian atas kepala anda. Imej yang anda lihat dalam pratonton Kamera kelihatan sedikit berbeza daripada imej yang sebenarnya anda dapat. Dan itu kerana kamera iPhone membalikkan imej yang anda lihat dalam pratonton selepas anda mengambil tangkapan anda. Apa yang anda lihat sebenarnya ialah hasil akhirnya ialah apa yang orang lihat apabila mereka melihat anda!
Jika anda tidak menyukainya, terdapat cara untuk membetulkannya dan ia bergantung kepada ciri kecil yang dipanggil Mirror Front Camera. Buka Tetapan , kemudian ketik Kamera dan togol pada Mirror Front Camera . Sekarang cuba ambil foto dan anda akan nampak perbezaannya.
Panduan penuh: Bagaimana untuk mencerminkan kamera hadapan pada iPhone
  1. Edit atau buat asal hantar teks
Jadi anda baru sahaja melepaskan mesej teks dan ia penuh dengan kesilapan ejaan, tidak masuk akal atau terbuka sepenuhnya kepada salah tafsir. Tetapi lihat, ia telah dihantar jadi sudah terlambat. Atau anda mungkin berfikir.
Sebenarnya, pada iPhone anda mempunyai 15 minit untuk membuat pembetulan (walaupun ia tidak akan berfungsi jika penerima menggunakan Android atau versi iOS yang lebih awal).
Dalam masa 15 minit selepas menghantar teks, ketik dan tahan pada mesej dan pilih Edit . Sekarang buat pembetulan anda dan ketik tanda semak biru . Anda juga boleh mengetik Buat asal Hantar untuk mengingat semula mesej sepenuhnya — anda hanya mempunyai dua minit untuk melakukan ini.
Panduan penuh: Cara mengedit mesej teks dalam iOS 16 Messages
  1. Angkat subjek daripada foto
Helah kecil ini terasa seperti sihir: anda sebenarnya boleh menarik subjek daripada foto, meninggalkan latar belakang dan sama ada menyalin imej itu di tempat lain atau berkongsinya. Ia adalah jenis perkara yang pakej penyuntingan foto peringkat atas akan membolehkan anda lakukan dengan sedikit mengutak-atik. Namun iPhone anda menjadikannya semudah menahan pada skrin! Ia berfungsi dengan imej dalam gulungan kamera anda dan mana-mana yang anda temui di Safari, Pandangan Pantas atau tangkapan skrin.
Mula-mula, cari foto kemudian ketik dan tahan padanya . Subjek harus diserlahkan dan jika anda menyeret jari anda , anda akan melihat bahawa subjek bergerak bersamanya. Jika anda terus menahan anda boleh memilih salin — lakukan ini dan anda akan dapat menampal subjek dalam apl lain — atau pilih kongsi . Helaian saham akan muncul membenarkan subjek dihantar melalui media sosial, teks dan sebagainya.
Untuk lebih banyak tutorial iPhone, pastikan anda menyemak panduan kami yang lain termasuk cara menggunakan tahap semangat terbina dalam pada iPhone , cara menggunakan mod pemulihan iPhone , cara menutup apl pada iPhone dan cara menggunakan mod akses berpandu iPhone .
submitted by techtutsite to u/techtutsite [link] [comments]


2023.10.25 12:31 dafarsk Apakah saya kena Blacklist SLIK OJK/BI Checking?

Kemarin saya nunggak Gopaylater, jatuh tempo tanggal 1 saya bayar tanggal 10 (nunggu gajian).
Nah pas tanggal 6 kemarin ada orang WA ngancem-ngancem biasa debt collector kan, saya bilang belum bisa bayar karena ada keadaan darurat dari keluarga, dia bilang gak peduli, terus saya bilang apa bisa bayar sebagian dulu, ya gak bisa lah (setau saya emang fintech gak ada yang bisa bayar sebagian unlike conventional bank), yaudah saya ignore aja, saya bilang kalo gitu nanti tanggal 10 atau 11 saya bayar beserta dendanya.
Fast forward tanggal 10 dia WA lagi jam 9 pagi katanya kalo jam 12 belom bayar mau dibikin ribut sama diblacklist, saya bayar jam 10 terus dia bilang terima kasih yaudah oke kan, saya pikir beres.
Tapi beberapa hari yang lalu saya coba bayar listrik pake paylater, gak ada yang bisa, gopay, kredivo, akulaku, shopee semua gak bisa.
Lalu saya hari ini iseng buka spam email ternyata ada email dari debt collector dengan domain gmail. Tanggal 9 ada tiga yang masuk, dua masuk pukul 14:39, ini email duplikat isinya sama tapi beda sender intinya minta bayar, nadanya baik-baik kok. Nah, email ketiga masuk pukul 15:00 ini bernada ancaman, here's the email verbatim: " Segala bentuk peringatan pembayaran dari kami masih juga anda abaikan. Anda sudah terduga melakukan tindakan WANPRESTASI (Pelanggaran kesepakatan pembayaran) terhadap aplikasi GopayLater Cicil BY MAB. Sampai hari ini tidak ada itikad baik dari anda, data kami alihkan ke pihak ke 3 kami untuk diproses lebih lanjut dan kami akan konfirmasi ke kontak darurat serta kantor anda utk menitipkan pesan. Jaga reputasi nama baik anda sendiri "
Tapi anehnya email ketiga ini saya dapet bcc ke alamat saya namun to ke alamat orang lain (foto profil macan idk), normal?
Terus ada lagi email tiga lagi, sama persis seperti email yang dua tadi masuk tanggal 10 pukul 14:38, 16:46 dan 16:48 padahal seperti yang saya bilang tadi udah bayar pas jam 10, udah konfirmasi ke debt collectornya juga kan.
So, telat 9 hari apa bisa kena blacklist? if so, what do I do now?
submitted by dafarsk to finansial [link] [comments]


2023.10.18 05:17 takeshikaneshiro_jkt Teruntuk anak orang kaya, stop bersekolah !!!!!!

Untuk background, gw SD SMP SMA sampe kuliah ga pernah bersekolah. Gw diajarin ama bokap nyokap gw di rumah. Kami berpendapat karena banyak anak Indo yang perlu sekolah, ngambil jatah mereka bahkan di sekolah inter ga fair. Daripada membiayai anak kaya males, ngapain? Mending ngasih jatahnya ke anak yang perlu beasiswa. That's why bahkan sampai kuliah pun masih bokap nyokap yang ngajarin gw.

Kalian itu maunya apaan sih di sekolah? Naikin status? HAH! Taek kucing. Status lu udah tinggi, noh kasih ke yang membutuhkan. Ortu lu kan mampu, mending datengin tutor. Ato mending ngajarin lu dah di rumah. Kasian ngentot orang2 yang membutuhkan, jatahnya diambil lintah darat kayak lu semua.

Ga cuma SMA, let's talk kuliah. Orang jaman sekarang bisa kuliah online, ngapain pake acara masuk PTN PTS segala??? Nyerobot lu??? Naikin 'status'???? HALAH! Status lu udah tinggi ngapain pake acara naik2in segala cih.


submitted by takeshikaneshiro_jkt to indonesia [link] [comments]


2023.10.09 17:00 DigitalChildish Perjalan Hidup Seorang Gamer

Perjalan Hidup Seorang Gamer
Perkenalkan, namaku Irfan. Usiaku diakhir tigapuluhan mendekati empatpuluh tahun, Saya menikah dan mempunyai seorang putri yang cantik berumur 4 tahun. Dikehidupanku sejauh ini tak pernah mencapai kepemilikan rumah, mobil, motor, bahkan sepeda. Saat ini, saya berada dalam situasi tanpa pekerjaan tetap, dan saya sangat membutuhkan bantuan kalian. Namun, sebelum itu izinkan saya berbagi kisah hidup, semoga ceritaku memberikan penjelasan, inspirasi atau pelajaran hidup kepada banyak orang. Oh iya sebelum mulai, sedikit penjelasan ceritanya akan maju mudur dan pada angka-angka *1*,*2*,*3\*,dll dalam cerita merupakan titik point penting yang seharusnya saya fokuskan dalam hidup. Akan saya jelaskan di akhir cerita. Terimakasih.
Aku adalah anak keempat dari lima bersaudara. Di masa lalu dinegaraku, orang sering mengatakan, "banyak anak, banyak rejeki." Jika diartikan bahwa rejeki itu adalah materi, Tidak salah memang jika semua anak nya sukses, bagaimana jika tidak?
Dan Ini adalah kisah hidupku.

https://preview.redd.it/1j51llpgv6tb1.jpg?width=1024&format=pjpg&auto=webp&s=9b2f04b585c00579817aaa1353b5594770b4c505
Kami hidup dalam keluarga sederhana, bapak ku adalah seorang pegawai swasta di sebuah perusahaan asuransi dan ibuku merupakah ibu rumah tangga yang berhenti bekerja ketika menikah. Waktu kecilku penuh dengan energi yang meluap-luap, dari keisengan mengambil camilan dari warung tetangga lalu lari tanpa membayar, hingga pulang larut malam saat masih SD. Aku bahkan pernah mengambil celengan uang kakakku untuk jajan dan bahkan membakar sofa di teras rumah. Tapi, jangan ditiru ya, waktu itu aku masih sangat polos.
Meski begitu, aku adalah anak yang rajin. Aku sering membantu ibuku membersihkan rumah dan mencuci piring tanpa diminta. Aku juga mulai menunjukkan minatku dalam memperbaiki dan memodifikasi mainan elektronik agar terlihat lebih keren *1\* (Aku tertarik pada elektronik ketika pamanku berkunjung dan meperbaiki mobil-mobilanku yang rusak, dari situ aku baru tahu bahwa alat elektronik bisa diperbaiki dan tidak dibuang), yang membuat ibuku bangga padaku. Di sekolah, aku cukup cerdas dan pernah menduduki peringkat 1-3. Aku bahkan pernah mengikuti kompetisi cerdas cermat disekolah. Hanya dalam olahraga, aku selalu kesulitan karena tubuhku yang agak lemah. Aku selalu merasa pusing dan mual saat berolahraga. Guru-guruku sudah mengetahui kondisiku. Pelajaran favorit ku adalah matematika saat itu, ya betul matematika lho. Tapi saat itu.. sekarang? Sudahlah jangan ditanya, udah lupa berhitung saya, ada kalkulator bro.
Sekarang, izinkan aku bercerita tentang titik krusial dalam hidupku, pertemuan pertamaku dengan sesuatu yang disebut "Game" yang akan mengubah segalanya..

Episode 01: Pacarku ‘Dingdong’

Hari itu adalah hari Minggu yang tak terlupakan. Aku masih jelas mengingat saat itu, bapakku mengajakku naik motor Vespa-nya untuk pergi ke tukang cukur. Setelah cukuran selesai, giliran bapak yang harus dipangkas. Aku mulai merasa bosan dan memutuskan untuk keluar sebentar. Saat berjalan, aku melihat kerumunan orang yang sangat ramai, penasaran, aku mendekat.
Saat aku mendekati, aku melihat sejumlah besar layar berwarna-warni dengan gambar-gambar bergerak yang dikendalikan oleh orang-orang di sekitarnya. Aku bertanya-tanya, apa yang sedang terjadi di sana? Tiba-tiba, seseorang memasukkan koin ke dalam mesin, dan permainan dimulai. Ada yang berteriak, ada yang tertawa, bahkan ada yang terlihat marah. Aku tak bisa mengerti apa yang terjadi, tapi rasanya sangat seru dan penuh gairah. Ya, permainan ini disebut DINGDONG.

https://preview.redd.it/kx3ygys6w6tb1.jpg?width=1500&format=pjpg&auto=webp&s=21ce3d44f122fbb76fd172c14dfc7ac5b90e20b7
Tanpa berpikir panjang, aku berlari kembali ke tempat bapak dan memohon padanya untuk memberiku beberapa koin. Dengan senang hati, aku kembali ke mesin dingdong itu. Aku pun mencoba permainan itu, dan rasanya luar biasa! Itu adalah pengalaman pertamaku bermain game di mesin dingdong, dan aku tahu bahwa ini adalah awal dari sesuatu yang istimewa.
Hari-hari di tukang cukur menjadi saat yang selalu kutunggu-tunggu. Alasannya sederhana: itu adalah kesempatan bagiku untuk bertemu lagi dengan si 'game' ini. Bahkan ketika kami pergi berbelanja di daerah sana, aku selalu lari ke tempat dingdong itu. Walaupun aku hanya seorang anak SD ketika pertama kali bertemu dengan 'game' ini (ya, aku masih kecil), aku akhirnya tahu cara menuju ke sana sendiri.
Kadang, jika aku memiliki sedikit uang ekstra setelah pulang sekolah, aku akan mampir ke sana. Rasanya seperti pacaran, karena aku selalu bertemu dengan si 'game' ini. Pernah suatu hari, ketika aku mendapatkan uang tabungan sekolahku, aku langsung pergi ke sana setelah sekolah dan bermain sampai malam. Hingga akhirnya pulang kerumah, Mama sangat marah menungguku di pintu depan. "Kemana kamu malam-malam baru pulang? Mama cari kamu di sekolah, Kakak cari ke teman-teman kamu tidak ada. Mama sangat khawatir!" katanya.
Aku menjawab, "Aku pergi ke tempat dingdong, mama." Mama bertanya “Main Dingdong?! Sampai malam gini? dari mana uang nya?!” Aku mengaku bahwa uang itu berasal dari tabungan sekolah yang telah dibagikan. Aku hanya menyisakan sedikit dan kuberikan pada mama. Mama hanya menghela nafas dan memelukku erat. "Apakah kamu sudah makan?" tanyanya. Aku menjawab belum, dan dia mengatakan, "Ayo, segera mandi, dan kemudian kita makan malam." Dalam hatiku, aku tahu bahwa mama tidak begitu marah padaku. Dia hanya panik dan sangat mencintai anaknya.
Setelah mandi, aku menemukan bahwa bapak telah pulang kerja. Dia berdiri tegap dan menatapku. Aku terkejut dan ketakutan. Aku berpikir, "Wah, pasti bapak sangat marah padaku sekarang." Namun, akhirnya, bapak hanya berkata, "Hei, kemana kamu pergi? Haha, luar biasa, anak SD yang baru pulang malam. Lihat mama, dia sangat khawatir." Aku kaget karena bapak tidak marah. Dia memberiku banyak nasihat pada malam itu. Singkat cerita karena kebebalanku, keluargaku sekarang tahu bahwa jika aku pulang terlambat, aku pasti ada di tempat dingdong itu, dan mereka selalu datang menjemputku.

Episode 02: Nintendo

Suatu hari, keluargaku pergi ke sebuah supermarket bernama HERO. Ketika kami berada di sana, mataku tertuju pada sebuah mesin kecil yang terpajang di bagian penjualan mainan. Mesin itu berbentuk kotak, dengan sesuatu yang menancap di atasnya (yang akhirnya aku tahu itu adalah kaset game), dan ada kabel yang menjulur keluar. Di ujung kabel, ada kotak kecil yang tipis dengan tombol kontrol (stick). Kabel itu terhubung ke televisi 14 inci, di mana ada gambar karakter yang unik dan lucu, yaitu Mario Bros. Itu adalah pertama kalinya aku melihat sebuah konsol game yang bernama Nintendo. Aku mulai berpikir, "Wow, jika aku punya ini, aku tidak perlu lagi pergi ke tempat dingdong. Aku bisa bermain sepuasnya di rumah tanpa perlu koin." Aku meminta kepada orang tuaku, tetapi mereka mengingatkan bahwa masih banyak kebutuhan dan prioritas keluarga yang harus dipenuhi selain dari mesin Nintendo ini.

https://preview.redd.it/8r1571tnw6tb1.jpg?width=1024&format=pjpg&auto=webp&s=87f4274c19bf65c6f9686f2e70ff8bd6b2257e78
Setiap kali kami berbelanja di HERO, aku selalu berlari dan berhenti sejenak untuk melihat benda kecil yang menakjubkan ini bersama kakak pertamaku. Izinkan aku memperkenalkannya, dia adalah kakakku yang pertama dan saya panggil AA sifatnya agak eksentrik dan sering terlihat aneh. Dia sebenarnya pendiam dan juga bisa galak terkadang, tapi kami cukup dekat ketika kami masih kecil. Dia sering mengajakku bermain di lapangan besar belakang rumah kami, seperti bermain layangan dan mencoba kegiatan ekstrem seperti menjelajah jalan di bukit yang tinggi dan curam, berenang di sungai, dan bahkan suatu kali ketika kami menemukan beberapa orang sedang membersihkan saluran air di bawah jembatan, kami berdua memutuskan untuk "bersedekah" dengan membuang tai kami di sana. Aneh dan kocak, kan? Haha. (Jika Diingat-ingat Bahkan ketika SMP aku pernah menemukan koleksi foto-foto cewe sexy di koper belakang ketika sedang beres-beres. Dan itu ternyata milik kakak pertamaku dia ngamuk dan marah besar sampai memukul kepalaku ketika itu, ya aku nangis mengadu pada mama haha)
Meskipun kadang-kadang dia bisa sangat aneh dan kami sering meributkan hal kecil, dia tetaplah kakak pertamaku yang terbaik. Dia selalu membelaku, bahkan pada suatu hari ketika aku diledek oleh anak-anak dari kampung sebelah. Kakakku datang dan membela aku. Dia juga mencariku ketika aku tak pulang ke rumah pada sore hari karena aku duduk menangis saat layanganku robek oleh anak nakal lain.
Terlepas dari semua keanehan dan insiden lucu yang kami alami, dia tetaplah kakak yang sangat berarti bagi hidupku.
Oh, aku lupa menceritakan tentang orang tua kami. Mama adalah sosok ibu yang luar biasa, mungkin yang terbaik sepanjang masa. Beliau selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk kami, anak-anaknya. Mama adalah sosok yang penuh kreativitas. Masa muda mama selalu penuh petualangan, bepergian ke berbagai tempat, mengikuti seminar di kota ini, belajar di kota itu. Mama adalah tipe yang sangat ekstrovert, suka berbicara banyak, dan selalu membanggakan silsilah keluarga "darah biru"nya (setidaknya itu yang dikatakannya). Mama tak pernah berhenti bekerja, hingga suatu hari, di tempat kerjanya, dia bertemu dengan seorang pria muda. Ya, pria itu adalah bapakku sekarang. Saat itu, dia adalah anak buah mama. Seiring berjalannya waktu, mereka menjalin kasih dan akhirnya menikah. Mama berhenti bekerja saat hamil, dan posisinya di kantor digantikan oleh bapak. Mama mengandung anak pertama (yang sayangnya tidak berhasil bertahan di dunia ini, entah karena keguguran atau meninggal saat lahir, aku lupa). Kalau dihitung-hitung, jumlah anak mama jika masih hidup bisa mencapai 7 orang, tapi yang dua di antaranya meninggal. Semoga mereka menjadi bekal di akhirat, seperti yang dikatakan orang bahwa memiliki anak yang meninggal saat baru lahir adalah jaminan surga bagi ibunya. Karena si anak menunggu mamanya di surga kelak. Aamiin.
Dulu, keuangan keluarga kami cukup baik. Bahkan kami mampu menyekolahkan adik-adik bapak hingga mereka lulus dan berhasil. Keluarga bapak sering menginap dan meminta bantuan kepada keluarga kami saat itu. *2\* Mama pernah menjalankan bisnis konveksi kain dan baju, dan bahkan mencoba berjualan ikan asin, Kue-kue, Kerupuk buatan sendiri dengan menawarkannya kepada tetangga-tetangga. Mama benar-benar akrab dengan para tetangga dan sering menjadi biang tukang gosip di lingkungan kami, seperti halnya ibu-ibu pada umumnya.
Bapak adalah sosok yang baik, perhatian, dan sangat menyayangi anak-anaknya. Namun, beliau jarang bicara panjang lebar. Dan nanti Bapak melakukan kesalahan besar yang sangat-sangat fatal.
Ketika aku berada di depan konsol Nintendo di HERO, tiba-tiba bapak dan mama mendekatiku. Mereka bertanya, "Kamu ingin ini? Ranking 1 dahulu, nanti akan kami belikan untukmu." Rasanya seperti dunia berubah menjadi indah, hanya ada aku bersama konsol Nintendo ini, tidak ada yang lain. Aku bertekad dalam hati, "Nintendo, kita akan bersama suatu hari nanti. Aku akan menunggumu." Itu adalah secercah harapan bagiku untuk memiliki konsol game tersebut.

Episode 03: GIMBOT

Hari, bulan, dan tahun pun berlalu. Rankingku di kelas hanya berkisar antara 2 hingga 5, belum pernah mencapai ranking 1. Namun, suatu hari, bapak mengajakku ke sebuah toko jam. Kami naik Vespa, dan aku berdiri di depannya. Bapak selalu melindungi bagian dadaku dengan satu tangan, sambil berkata, "Kamu jangan sampai masuk angin, ya. Bapak akan menjagamu." Kami melaju pelan sambil menikmati angin sore, dan aku melihat pemandangan yang masih sangat hijau dan asri saat itu. Itu adalah momen yang masih aku ingat hingga sekarang.

https://preview.redd.it/7jn6rwgpx6tb1.png?width=320&format=png&auto=webp&s=ccb567f85ba7c36ba112fb0e3627dc3e84868ae5
Akhirnya, kami sampai di toko jam, dan bapak mulai bertanya-tanya kepada penjualnya. Aku melihat ada sesuatu yang menarik di laci berkaca di depan toko itu. Apa itu? Sebuah kotak kecil hitam dengan layar di dalamnya. Ya, itulah yang disebut Game Watch, atau yang kami sebut Gimbot. Di sekolah, aku sering bermain dengan perangkat ini. Ada abang-abang yang menyewakan berbagai versi Gimbot, ada yang seperti teropong dengan gambar animasi, ada yang bertema koboi, ada permainan ular, ada bola, ada mobil, ada motor, dan masih banyak lagi. Kami cukup membayar 25 atau 50 perak, aku lupa pastinya, dan bisa bermain beberapa menit saja. Abang-abangnya sering mengingatkan, "Sudah, waktu habis, ayo selesai." Terkadang, aku memohon, "Boleh bonus, bang? Kan aku sering main." Karena abangnya mengenal aku, dia sering memberiku bonus bermain lebih lama. Kembali Ketika aku melihat Gimbot dilaci berkaca tersebut dengan mata berbinar, aku tahu itu adalah versi Tetris dengan banyak mode permainan di dalamnya.
Ketika kami pulang, bapak menyodorkan sebuah plastik hitam ke padaku. Didalam plastik itu ternyata ada Gimbot tersebut. Aku terkejut. Wah, dengan senang hati, aku menerimanya. Bapak telah membelikan konsol ini untukku! Aku merasa sangat senang, bahkan ketika kami akan naik motor, aku tak henti-hentinya bermain dengan tombol Gimbot ini. "Eh, sudah, nanti mainnya di rumah!" kata bapak. Aku hanya tertawa senang. Hari itu sangat indah bagiku.

Episode 04: Pentas

Kehidupanku di SD sangat menarik, dan aku sangat mengingat semua hal-hal baru yang terjadi dengan sangat jelas. Pada kelas 4 SD, aku dan temanku yang duduk di sebelahku begitu populer di kelas, meskipun entah kenapa. Sangat jelas dan teringat, nama temanku yang duduk di sebelahku adalah Niar, dia adalah seorang cowok. Meskipun dia sedikit pendiam, namun pandangan teman-temannya selalu menganggapnya keren dan menarik, bahkan menurutku dia terlihat seperti orang yang sangat kaya. Aku bahkan pernah diajak ke rumahnya.
Di rumahnya, aku disuguhi dengan roti yang begitu enak, itu adalah pertama kalinya aku mencicipi sesuatu yang begitu lezat. Ibunya sepertinya sangat memanjakannya, dan dia hanya memiliki seorang kakak. Ada berbagai camilan lain seperti kue dan permen. Aku sangat lahap saat makan roti tersebut, sementara Niar hanya memandanginya di piringnya tanpa menyentuhnya. Namun, di rumahku, makanan atau minuman tidak pernah tersisa. Dalam keluarga kami yang memiliki banyak anak, camilan selalu menjadi rebutan, dan kami sering berdebat bahkan tentang wadah makanan atau gelas minuman. Kami bahkan sampai menggunakan gelas yang sama setiap kalinya secara otomatis meskipun tidak ada nama-nama pemiliknya.
Oh, iya, saat itu kami masih berempat bersaudara, adikku yang paling bungsu belum lahir. Kembali ke rumah Niar, sedikit cerita dengannya, dia mengatakan bahwa dia akan pindah ke Bandung. Aku lahir di Bandung, jadi aku berharap bahwa suatu saat nanti jika aku kembali ke Bandung, kami bisa bertemu lagi. Kami berjanji seperti anak kecil biasanya, tetapi tentu saja kami tidak memiliki nomor telepon satu sama lain saat itu. Itu hanyalah janji anak kecil semata.
Di kelas, ada juga seorang gadis yang menarik perhatianku, namanya dipanggil Yeyi. Dia berkacamata, pintar, cukup cantik, dan rambutnya sedikit ikal. Dia juga anak dari ibu wali kelas kami. Entah apa yang terjadi di kelas pada hari itu, tetapi semua gadis di kelas mulai bertingkah aneh dan lucu. Mereka tiba-tiba membuka rok mereka di depan kami berdua, aku dan Niar. Aku kaget dan bingung, tidak tahu apa yang sedang terjadi. Mereka semua tertawa-tawa. Aku merasa malu dan menutup mataku. Yang anehnya, Yeyi juga ikut-ikutan melakukan hal yang sama di depanku. Kami semua hanya tertawa-tawa. Itu adalah hari yang sangat aneh, absurd dan lucu bagiku, tapi juga sangat berkesan.
Suatu hari, Bu guru wali kelas kami mengumumkan bahwa akan ada acara panggung pentas perpisahan untuk kelas 6. Setiap kelas harus memberikan pertunjukan atau penampilan, biasanya berupa nyanyian atau tarian. Bu guru bertanya, "Ada yang punya ide lain atau siapa yang ingin ikut?" Entah mengapa, aku tiba-tiba mengacungkan tangan dan mengajukan diri. Aku berkata, "Aku ingin membuat pertunjukan komedi, Bu!" Yang lainnya bengong dan terkejut. Aku hanya merasa punya ide tersebut karena kami adalah kelas yang selalu kocak. Ada teman bernama Mbleh, dia selalu punya ingus di hidungnya. Muka dan ekspresinya lucu dan sering membuat kami tertawa. Aku lupa detailnya, tapi intinya ide cerita komedi kami berasal dari Mbleh dan teman-teman yang lain. Saat itu, aku masih kelas 4 SD, jadi mungkin komedinya belum terlalu lucu, haha.

https://preview.redd.it/8u03rodkf7tb1.jpg?width=1024&format=pjpg&auto=webp&s=3e2d65e1c0d2920598d1566163b9eefebff4d4bc
Setiap hari kami berlatih bermain komedi *3\*, dan akhirnya saat pentas tiba. Kami dipanggil ke atas panggung oleh pembawa acara, dan semua orang melihat ke arah kami. Kami terlihat mencolok karena kami adalah satu-satunya yang tampil beda, mengenakan peci dan sarung ala orang Sunda, dan akan melakukan pertunjukan komedi. Hal ini sangat jarang terjadi. Aku ingat inti cerita kami adalah bahwa kami sedang berkumpul, dan tiba-tiba terdengar suara aneh. Mbleh berkata, "Ini nih, ini nih!" sambil menunjuk ke arah pantatnya sambil menungging, lalu tiba-tiba dia kentut besar, dan kami semua terhempas. Semua penonton tertawa terbahak-bahak. Pertunjukan pun berakhir, dan kami semua mendapatkan uang masing-masing sebesar 500 perak dari Bu guru wali kelas. Itu adalah pengalaman pertama kali aku tampil di depan umum, dan sangat berkesan.

Episode 05: Bisnis

Setiap hari, mamaku selalu memberikan uang jajan pas-pasan kepada kami, dan mamaku adalah seorang ahli dalam mengelola keuangan dan membaginya dengan bijak. Karena hal ini, kakakku yang kedua memberikan ide untuk meningkatkan uang jajan kami dengan cara yang kreatif, yaitu dengan menyewakan komik. Mari perkenalkan kakakku yang kedua yang saya panggil Teteh. Dia adalah seorang perempuan tangguh dan penyabar, meskipun dia pendiam, dia selalu bijaksana dan penuh wibawa di mataku. Walaupun aku sering menggodanya, dia hanya akan marah sesaat dan kemudian menjadi seperti biasa lagi. Entah apakah dia masih mengingatnya atau tidak, tapi dia yang pertama kali mengajarkan aku tentang bisnis.*4\*

https://preview.redd.it/krn5p6c6g7tb1.jpg?width=1024&format=pjpg&auto=webp&s=18e438d739ade629d566070fb22b4a13ae771b85
Kami berempat, termasuk kakakku yang pertama dan ketiga, berpartisipasi dengan membantu membawa buku-buku dan komik-komik ke sebuah lapangan yang disebut Lapangan Merdeka. Saat itu bulan puasa dan sore-sore selalu ramai di sana, dengan banyak penjual makanan, minuman, dan berbagai barang di acara tersebut. Kami membawa buku-buku bacaan cerita dan komik-komik yang kami miliki untuk disewakan di sana. Aku tidak tahu sebelumnya bahwa komik & buku bisa disewakan, dan ini sangat mengejutkan bagiku. Wow, lumayan banyak yang menyewa buku-buku kami, mereka duduk di tikar sambil menunggu waktu berbuka puasa. Bagi saya, saat itu adalah pengalaman yang sangat menyenangkan dan hal baru.

Episode 06: Lil Brother

Tahun itu adalah tahun yang penuh kebahagiaan. Mama telah mengandung selama hampir 9 bulan. Ya, adikku yang akan menjadi yang termuda akan segera lahir pada tahun ini. Aku, yang sekarang berstatus sebagai anak bungsu, akan segera memberikan tahtaku sebagai anak bungsu kepada adikku yang akan segera dilahirkan. Sebagai anak bungsu, ada banyak keuntungan, seperti mendapatkan perhatian lebih, dimanja, dan perlindungan ekstra. Meskipun aku tidak bisa mengingat dengan jelas apa saja manfaat yang aku nikmati saat itu, satu hal yang pasti, itu adalah momen yang sangat berharga.
Ketika malam menjelang kelahiran adikku, bapakku terlihat gelisah, bolak-balik antara rumah dan rumah sakit. Seakan-akan dia khawatir tentang kami yang tinggal di rumah, sementara juga khawatir pada mama yang berada di rumah sakit. Pada satu malam, aku terbangun ketika bapakku kembali dengan membawa selimut dan pakaian dari lemari. Dia memberitahuku, "Mama akan melahirkan, jagalah dirimu baik-baik di rumah bersama kakak-kakakmu." Aku hanya mengangguk dan kembali tidur. Pagi harinya, bapakku sudah berada di rumah dengan senyum bahagia di wajahnya. Dia memberitahu kami bahwa adikku telah lahir, seorang bayi laki-laki yang sehat. Inilah adikku anggota yang kelima, sainganku dalam mencari perhatian di rumah (hehe).

https://preview.redd.it/8orww639g7tb1.jpg?width=1024&format=pjpg&auto=webp&s=e44bac656fb92b17c5dbf697b8d445d5419ad38c
Aku sering berbagi makanan kecil dengan adikku ini. Kalau dia memiliki makanan ringan, aku sering berada di sekitarnya dan berusaha baik-baik saja agar dia mau berbagi makanannya (hehe). Tingkahnya sungguh lucu; ketika dia harus buang air besar, dia akan berlari ke sudut dan teriak, "Ee eek eeek!!!" Kami semua tahu bahwa itu adalah tanda bahwa dia harus buang air besar.
Ketika dia masih kecil, kulitnya sangat putih, dia tampak sangat ganteng dan lucu. Banyak orang yang ingin menggendongnya karena pesonanya yang menggemaskan. Ketika dia tumbuh besar saya selalu memanggilnya Jony, dia selalu mengikuti jejakku. Apakah itu dalam hal bermain musik, gaya berpakaian, atau bahkan selera musikku. Bahkan dia juga suka bermain game sama seperti aku. Kami memiliki banyak kesamaan dan hubungan yang erat sebagai saudara.
Setiap hari dan bulan berlalu dengan lancar, kakek dan nenek sering datang ke rumah. Mama selalu menceritakan kepada mereka dan bangga padaku karena sering membantu di rumah dan merawat adik bayi. Hidupku masih berjalan normal seperti biasanya.

Episode 07: The Crack

Tahun demi tahun berlalu, dan akhirnya, pada kenaikan ke kelas 6, aku berhasil meraih peringkat pertama. Sungguh, ini adalah momen yang selama ini telah kusimpan dan kutunggu-tunggu. Akhirnya, “pacar pertamaku”, tunggulah aku! Dengan senang dan penuh kebahagiaan, aku menagih janji pada mama. “Ma, aku ranking satu lho. Asik hadiah nya mana?” Mama hanya tersenyum dan mengiyakan.
https://preview.redd.it/hq9d3mnkg7tb1.jpg?width=1024&format=pjpg&auto=webp&s=5799a156154699e7fc7a0ecc32ed0f6c96099caa
Namun, ada yang berbeda pada mama. Sejak beberapa tahun sebelumnya, ada ketidakharmonisan dalam hubungan dikeluarga. Mama dan bapak sering bertengkar hebat, bahkan kami seringkali pindah-pindah rumah kontrakan untuk menghindari omongan tidak enak dari tetangga. Kami tinggal di kota ini dalam kondisi menyewa. Sebelumnya, kami memiliki rumah di Bandung, namun bapak dipindahkan untuk bekerja di kota ini saat aku masih duduk di kelas 1 SD. Rumah di Bandung kami kontrakan kepada orang lain. Terdapat rumor bahwa bapak terlibat dalam hubungan dengan seorang wanita rekan kerjanya di kantor. Akhirnya, mama memutuskan untuk kembali ke Bandung. Kami kembali ke rumah lama yang pernah kami tinggali saat aku masih berada di TK.
Waktu saya masih TK, kompleks perumahan tempat tinggal saya belum begitu ramai, jadi apa yang kami lakukan tidak akan dilihat orang banyak. Saat itu, saya diajak bermain oleh teman-teman saya, dan kami melihat ada warung yang sepi dengan snack Chiki terpajang jelas di sana. Teman-teman saya mengajak saya untuk mengambilnya, dan karena saya masih kecil dan ikut-ikutan, saya pun mengambil Chiki dan kabur bersama mereka. Kami berlari ke belakang rumah yang tidak berpenghuni dan tertawa-tawa sambil menikmati Chiki hasil rampasan itu. Maafkan saya, pada saat itu, saya tidak tahu bahwa itu dilarang. Saya masih TK dan hanya mengikuti teman-teman. Oh iya, saya ingat, saya pernah bilang membakar sofa, kan? Gini ceritanya, waktu itu di rumah sedang ada tamu Mama, mereka sedang berbincang di ruang depan. Saya sendirian, merasa bosan, karena semua kakak-kakak saya sedang sekolah. Ketika saya duduk di teras depan yang memiliki sofa, saya mendengar suara cicit-cicit yang aneh. Saya melihat ke dalam celah-celah sofa, mencoba mencari tahu apa yang ada di sana. Mungkin itu tikus? Ah, saya akan menembakinya dengan senjata racikan saya (ini bukan senjata nyata, hanya dua batang korek api yang saya tempelkan dan balut dengan kertas rokok, saya diajari kakak pertama mengenai ini).
"Pasti ada tikus, kecoa, atau makhluk-makhluk aneh di dalam sini," pikir saya yang saat itu masih TK. Tanpa berpikir panjang, saya menyalakan korek api dan menembakinya: cuw cuww cuuuwww... Api masuk ke dalam celah sofa, dan tiba-tiba api tersebut mulai membesar. Insting saya mengatakan bahwa ini semakin serius dan harus segera dipadamkan. Saya mengambil gayung kecil yang ada di taman, mengambil air dari kolam ikan di depan rumah. Saya bolak-balik beberapa kali mengambil air.
Mama melihat saya bolak-balik dan mendekati, bertanya, "Hei, Ipan, apa yang sedang kamu lakukan? Kenapa bolak-balik seperti itu?"
"Astagaaa! Apa ini? Tolong, ini kebakaran!!!" Mama melihat api yang telah membesar di sofa. Untungnya, ada seorang tukang ojek yang sedang lewat dan memanggil temannya yang sedang nongkrong.
"Wah, ini kebakaran!!" akhirnya sofa berhasil diangkat keluar dengan cepat ke jalan. Beruntungnya, api belum menjalar ke atas plafon. Kebakaran pun berhasil dipadamkan di tengah jalan. Mama menggendong saya saat itu. Banyak orang yang ikut berkerumun. Aneh, ya, kok saya masih mengingat detail peristiwa itu. Haha.
Tindakan nakal lainnya juga dipengaruhi oleh teman dan lingkungan bermain. Saya bahkan pernah mengambil uang koin dari celengan kakak saya yang ketiga untuk jajan. Perkenalkan, kakak perempuan ketiga saya cukup pemberani dan keras kepala tapi mudah ditipu dan dijahili, saya memanggilnya Wie. Dia sering menjadi target jahil saya, dan kami sering bertengkar karena hal-hal remeh. Salah satunya, saya pernah mengatakan kepadanya, "Nih, rasakan aku kasih kutu!" Saya pura-pura mengambil kutu di rambut saya dan melemparkannya ke kepalanya, dan dia teriak histeris, "Ada kutu di rambut! Gara-gara si Ipon!" (Kami punya panggilan ejek sendiri, saya dipanggil Ipon). Sampai-sampai dia menangis dan mengadu kepada mama. Meskipun kami sering bertengkar ketika kecil, kakak ketiga saya selalu peduli padaku.
Suatu hari, saya melihat topeng kura-kura ninja di sekolahnya ketika berkunjung ke sana. Kakak saya mungkin melihat itu. Esok harinya, ketika dia pulang sekolah, dia tiba-tiba muncul dan membuat saya kaget dengan berpura-pura menjadi kura-kura ninja. Dia berkata, "Taraaa!" sambil memakai topeng kura-kura ninja yang sudah dia belikan. Saya sangat senang ketika itu. Apapun yang terjadi, kami tetap keluarga yang saling menyayangi dan saling mengerti.
Secara singkat, kami semua pindah kembali ke Bandung. Bapak tetap di kota tersebut dan bekerja di sana. Beliau hanya bisa pulang ke Bandung setiap seminggu sekali, atau bahkan dua minggu sekali. Dari saat itu, aku mulai merasa kehilangan sosok bapak dalam kehidupan sehari-hari kami. Oh, dan selama perpindahan itu, impianku untuk memiliki Nintendo pun sirna.

Episode 08: Homie

Di kota baru ini, dimulailah babak baru dalam kehidupanku. Aku dilahirkan di Bandung, kemudian sempat hijrah ke kota lain, tetapi akhirnya kami kembali ke Bandung. Saya pindah ke sini pada pertengahan kelas 6, dan tentu saja saya merasa tertinggal dalam pelajaran. Isi pelajarannya terasa berbeda atau mungkin saya yang belum terbiasa. Di kota sebelumnya, kami diajarkan untuk tidak menyontek dan bekerja sama saat ujian, tetapi di sini, teman-teman sering membantu satu sama lain saat ujian. Saya merasa hal ini cukup menarik.
Di sekolah ini, saya menjadi dekat dengan Ryan dan Agung, dua teman yang cukup berada. Terutama Agung, dia suka membelikan saya jajanan. Aku sering berkunjung ke rumah Ryan saat itu, karena di rumahnya ada konsol SEGA. Ini adalah konsol game terbaru di zamannya.

https://preview.redd.it/lzixs6gobdtb1.png?width=1200&format=png&auto=webp&s=ce860a35bb84a95e4492299e5a0c33775c3796d2
Sungguh, saya sangat senang saat pertama kali mencoba bermain konsol baru Sega ini. Konsol ini jauh lebih canggih dibandingkan dengan Nintendo. Setiap kali saya berkunjung ke rumah Ryan, kami selalu asyik bermain sampai sore bahkan kadang hingga malam jika orang tuanya tidak ada di rumah. Salah satu permainan yang paling kita sukai adalah Mortal Kombat. Kita selalu mencoba gerakan dan jurus-jurus baru dalam permainan ini, bahkan mencari panduan gerakan di sebuah kolom game dalam majalah remaja yang bernama "Fantasi." Majalah itu adalah salah satu bacaan favorit kami selain majalah "Bobo." Bagi mereka yang mengalami masa itu, pasti tahu tentang majalah "Fantasi" ini.

https://preview.redd.it/5e84rdd4bdtb1.jpg?width=448&format=pjpg&auto=webp&s=a0864219a3bac074c47dcc13fade74a2ef16d86d
Kembali ke masa SD di sekolah ini, ternyata beberapa artis dan penyanyi pernah bersekolah di sini, loh. Salah satunya, ada yang sekelas denganku, namanya Widya Saputra (Trio Laris). Mungkin dia tidak mengenaliku, sih, karena saya baru masuk tahun itu, haha. Selain itu, ada juga artis cilik yang bermain di sinetron atau film, Indra namanya, kalau tidak salah. Oh ya, di kelas saya juga pernah menyaksikan situasi yang mirip dengan kasus bullying, meskipun tidak secara langsung. Korban adalah siswi pintar yang selalu meraih juara dan peringkat teratas. Sayangnya, teman-teman sering menggodanya dengan menyebutkan masalah bau badan, seperti bau ketek. Ini sangat membuat saya merasa sedih. Di sekolah SD saya yang sebelumnya, saya juga pernah melihat situasi serupa, bahkan ada anak yang sampai harus pindah sekolah. Ya, begitulah, dunia sekolah bisa menjadi tempat yang cukup sulit untuk beberapa orang.
Kembali ke cerita di kota ini, tahukah kamu? Di sini ada mesin permainan 'dingdong', dan itu berlokasi sangat dekat dengan sekolahku. Setiap kali ada ekstrakurikuler, saya sering mampir ke tempat dingdong, dan Ryan tahu tempat di mana saya berada. Dia suka menjemput saya, "Hei, kamu dicari oleh guru, malah main ke sini lagi." Saya hanya tertawa, saya begitu menyukai permainan game ini. Kami bertiga sering bermain bersama, baik itu renang bersama, bermain game bersama, dan sebagainya. Bahkan ketika kami lulus SD dan akan masuk ke SMP, Ryan masih sering menghubungi saya, mengajak saya bermain di sana-sini. Sayangnya, saya jarang meresponsnya. *5\*

Episode 09: Finally on my Hand

Libur panjang menuju SMP pun tiba.Saya telah lulus dari SD dengan peringkat pertama "dari belakang" Haha. Waktu itu, ujian masih bernama EBTANAS, dan saya meraih nilai NEM yang cukup lumayan. Saya, Ryan, dan Agung akan bersekolah di SMP yang berbeda. Meskipun pertemanan kami singkat, itu adalah momen yang selalu saya ingat.
Cerita masa liburan sekolah ini sungguh menghadirkan rasa campur aduk, saya menderita sekaligus senang. Waktu itu, orang tua saya membawa saya pergi ke suatu tempat yang menarik. Saat keluar dari mobil, saya melihat banyak anak yang mengenakan sarung, tapi ada yang aneh disini. Kenapa ya sarungnya kelihatan berbeda? Ternyata, kejutan yang tak terduga menanti. *Jreng! Saya dibawa untuk menjalani sunat. Itulah yang membuat sarung mereka menonjol, karena mereka memakai pelindung setelah sunat.
Meskipun sebelumnya sudah ada pembicaraan tentang ini, saya tidak menyangka hari itu waktunya. Meski ada perasaan takut dan ragu, tekad yang kuat mendampingi saya. Bapak berjanji akan membelikan saya sebuah Nintendo sebagai hadiah nanti.
Sekadar info buat teman-teman yang belum pernah mengalami sunat, jangan terlalu khawatir lho ya. Awalnya hanya ada sedikit rasa sakit ketika disuntik sebelum proses “penjagalan”, tapi ketika proses berlangsung, rasanya tidak terlalu sakit. Dan sensasi sakit akan terasa setelah beberapa jam disunat, berjalan harus pelan-pelan sekali, tidur harus telentang, dan ketika kencing muncrat kemana-mana. Haha!

https://preview.redd.it/ijglm1oabdtb1.jpg?width=968&format=pjpg&auto=webp&s=cebaa179cdfe168fbe73b8988f710dd210d7ab14
Di sinilah hadiah yang selalu saya nantikan akhirnya tiba. Bapak membeli Sebuah konsol Nintendo hadir lengkap dengan TV 14 inci terbaru untuk menemani hari-hari saya setelah disunat. Akhirnya! Setiap hari, saya bermain game Nintendo ini, hingga banyak judul game yang telah saya tamatkan, dan saya senang bertukar kaset game Nintendo dengan teman-teman lainnya. Bahkan, saya rela mencoba game berbahasa Jepang, yang akhirnya membuat saya tertarik untuk belajar bahasa Jepang. Saya meminta kepada orang tua saya untuk membelikan saya kamus bahasa Jepang. Tanpa berpikir panjang, mereka membelikan saya kamus tebal yang berisi huruf katakana dan hiragana. *6\* Mungkin ini adalah langkah positif yang membuat saya langsung tertarik untuk mempelajari bahasa Jepang. Dari situlah, saya mulai memahami sedikit tentang huruf-huruf Jepang. Ketika memainkan game Tsubasa, motivasi saya untuk belajar bahasa Jepang semakin bertambah.
Singkat Cerita, saatnya saya masuk sekolah baru, Mama memberi tahu guru agar tidak terlalu keras selama ospek karena saya baru saja menjalani sunat. Duh, rasanya malu, saya sudah besar baru disunat, dan dibicarakan kepada orang lain. Tapi itulah mamah.
Bersambung...
Lanjut Part 02 disini yah.

Support Penulis, Untuk beli susu anak gan. Disini atau Disini. Terimakasih
Saya butuh bantuan teman-teman semua jika berkenan:
Mohon maaf sebelumnya, saat ini saya dalam situasi kesulitan finansial. Jika anda atau ada teman sanak saudara yang membutuhkan jasa service, Translate, Transkrip Audio/Video atau butuh membuat Subtitle untuk sebuah video, podcast, wawancara dll. Silahkan kontak saya langsung. Mohon infokan kepada teman-teman anda jika berkenan, terimakasih.
--------------------
Side Effect
- Andy (Misteri Horror)
- Kemelekatan (Inspirasi)
- Anto: Secangkir Kopi (Misteri)

submitted by DigitalChildish to indonesia [link] [comments]


2023.09.27 07:13 Cookierunplayerslol Why is 🗿 in my TikTok FYP with an fedora hat and smoking an cigarette, is he stupid

Why is 🗿 in my TikTok FYP with an fedora hat and smoking an cigarette, is he stupid submitted by Cookierunplayerslol to PinkFloydCircleJerk [link] [comments]


2023.09.26 06:37 dane17eduard Berbagi pengalaman membuat SIM di Kota Bandung

pagi komodos!
mau berbagi aja pengalaman bikin SIM C di Bandung, mudah2an berguna buat komodos Bandung yang mau bikin SIM juga
buat momod kalo flairnya kurang sesuai langsung kasih tau aja yah biar nanti saya edit

Sedikit background, pada awalnya saya ingin menjalani semua proses secara resmi dan tidak ingin terlibat dengan hal2 seperti menggunakan jasa calo ataupun sogok menyogok. Jadilah saya datang ke satpas minggu lalu hari selasa dengan pola pikir seperti itu. Saya tiba sekitar pukul 8.30, di depan gerbang ada pak pol yang berjaga. Saya bilang aja "mau bikin SIM", pak pol langsung bertanya "mau tes dulu apa langsung foto?". Sejujurnya gak kaget sih dengan pertanyaannya, tapi karena baru kali ini merasakan sendiri jadi saya tertawa aja dalam hati. Saya jawab "tes dulu pak", lalu pak pol balas "yaudah tes kesehatan sama psikologi dulu, belok kiri terus nanti masuk ke gang di seberang". Oke saya turuti arahannya.
Setelah jalan sebentar, saya sampai di tempat tes kesehatan. Oh iya saya datang ini bener2 gak bawa apa2, jadi waktu di tes kesehatan saya baru tau ternyata harus bawa fotokopi KTP. Yang bikin saya kaget itu pas ngeliat persis di depan rumah tempat tes kesehatan ini ada bapak yang jaga mesin printephotocopier, kayaknya udah tau kalo pasti dibutuhin. Jadi saya langsung fotokopi KTP di situ, 2 lembar aja bayar 2 ribu. Setelah itu saya masuk ke ruangan.
Di ruangan itu tes kesehatannya menurut saya sangat singkat. Karena dulu saya juga pernah ikut tes kesehatan di puskesmas, jadi saya punya perbandingan pengalamannya. Di tempat ini, tes kesehatannya cuma ditanya tinggi dan berat badan, diukur tensi, dan tes buta warna saja. Untuk tes ini saya harus membayar 65 ribu, sangat mahal dibandingkan waktu tes kesehatan di puskesmas yang cuma 10 ribu saja (walaupun yang di puskesmas udah lama sih sekitar tahun 2018).
Setelah tes kesehatan saya lanjut ke tes psikologi, yang menurut saya sangat2 aneh dan tidak masuk akal. Untuk mendaftar tes psikologi ini saya harus membayar 70 ribu. Tesnya sangat2 sederhana, bahkan menurut saya tidak layak disebut tes psikologi. Dulu waktu saya kuliah tes psikologi itu sangat lama, bisa memakan waktu paling tidak 3 jam. Tetapi di sini saya mengerjakan tesnya cuma sekitar 10 menit, setelah itu diperiksa tidak sampai semenit dan diberikan ke saya kalau hasilnya lulus. Di sini juga saya cuma bisa tertawa dalam hati.
Oke kedua proses ini sudah selesai, berarti saatnya masuk ke satpas. Saya langsung masuk dan mendaftarkan diri, hasil kedua tes saya dicek, kemudian pengambilan foto, sampai akhirnya masuk ke ruangan tes teori menggunakan komputer. Sepanjang proses ini semua tidak ada masalah dan lancar2 saja. Tetapi ketika tes teori ini ada sesuatu yang menurut saya cukup lucu, yaitu saat mengerjakan tes, ternyata ada soal tes yang berulang, jadi saya pikir "wah enak juga ini jadi gampang tinggal pilih jawaban yang sama". Selesai tes langsung keluar hasilnya menyatakan saya lulus, saya kemudian disuruh keluar ruangan dan menunggu peserta lainnya.
Nah di momen ini lah mulai pengalaman yang uniknya. Sesaat setelah saya keluar, ada seorang bapak2 yang keluar mengikuti saya karena dia juga lulus tes teori, sebut saja bapak A. Kami jadi mengobrol sambil menunggu yang lainnya. Dia bercerita beberapa hal seperti waktu mau masuk dia sempat nanya2 ke calo "berapa kalo mau langsung jadi", calonya menjawab "850 ribu tapi tes kesehatan dan psikologi sendiri"; dulu sekali dia bilang waktu bikin SIM dia nembak bayarnya sekitar 500 ribu sudah termasuk tes kesehatan. Dia juga memperlihatkan ke saya sertifikat mengemudi kendaraan beroda dua yang dia pikir menjadi syarat untuk membuat SIM C.
Di sini kami menunggu cukup lama, mungkin sekitar 20 menit sebelum akhirnya disuruh petugas ke ruangan lain untuk menunggu lagi. Kali ini saya pikir akan menunggu untuk tes simulator karena saya melihat motor2an di depan komputer yang sedang memperlihatkan screen saver windows XP. Di sini pun kami menunggu cukup lama untuk sesuatu yang tidak jelas. Tidak ada peserta yang sedang mengikuti tes simulatornya dan kami cuma bisa terdiam tanpa ada yang memberikan arahan.
Akhirnya setelah sekitar 20 menit juga, tiba2 kami disuruh pergi keluar untuk mengikuti tes praktek. Saya cukup kaget karena sebelum saya berniat untuk membuat SIM, saya sempat bertanya2 ke teman saya dan dia bilang ada tes simulator dan cukup sulit karena motor2annya pakai kopling. Walaupun kaget saya juga merasa lega karena saya jelas tidak bisa menggunakan motor kopling, jadi bisa langsung tes praktik yang menggunakan motor matic.
Sebelum memulai tes petugasnya bilang kalau kesempatannya cuma sekali, kalau gagal baru bisa mengulang lagi minggu depan. Saya harus mengakui bahwa saya hanya pernah beberapa kali saja mengendarai motor, bisa dibilang saya sama sekali tidak bisa mengendarai motor. Jadi walaupun trek tes prakteknya sekarang jauh lebih mudah, saya langsung gagal di bagian memutar balik. Ternyata orang2 yang mengikuti tes praktik di satu batch saya ini gagal semua, termasuk si bapak A, jadi petugasnya bilang semacam "nanti jam 1 balik lagi ke sini boleh coba lagi". Saat ini waktu menunjukkan sekitar pukul 11.30. Karena masih lama sebelum pukul 13, saya mengunjungi kantin untuk makan siang.
Sekitar pukul 12.30, saat saya sedang duduk menunggu di sebuah ruangan indoor dekat tempat tes praktek, bapak A datang ke ruangan yang sama dan duduk dekat dengan saya. Kali ini kami tidak kembali mengobrol, saya hanya senyum ke arah si bapak sambil mengangguk. Tidak lama kemudian, petugas tes praktik tadi masuk ke ruangan ini juga dan duduk dekat si bapak lalu mereka mengobrol dengan bahasa sunda yang saya sama sekali tidak mengerti.
Setelah mereka mengobrol, bapak A kemudian menghampiri saya dan mengatakan "kamu mau ikut saya gak? cukup bayar 100 aja sama petugas ini, gak usah ikut tes praktek lagi nanti langsung cetak". Saya cukup kaget mendengar ini. Seketika pola pikir saya di awal yang niatnya mau mengikuti keseluruhan secara resmi runtuh, saya langsung mengangguk2 ke bapak A dan bilang "boleh pak". Setelah memberikan 100 ribu ke petugas, dokumen kami langsung disisihkan dan kami disuruh pergi ke loket pembayaran cetak SIM. Dari sini semua kembali berjalan mulus, kami berdua akhirnya mendapatkan SIM C kami dan setelah keluar dari satpas, kami berpamitan.
Perlu saya beritahu bahwa dulunya saya adalah orang yang tidak suka bersosialisasi. Saya merasa sangat tidak nyaman untuk mengobrol dengan random stranger. Tetapi saya memutuskan untuk berubah ketika saya mulai bekerja sekitar 2 tahun lalu. Dan pada hari saya membuat SIM ini saya memetik buahnya, walaupun ini bukan merupakan perbuatan yang benar, tetapi saya cukup senang bisa langsung mendapatkan SIMnya tanpa harus mengulang tes lagi dan cukup membayar harga yang tidak terlalu mahal dibanding calo di depan.
Sekian cerita saya. Terima kasih sudah membaca sampai habis! Sekarang saya mau latihan mengendarai motor lagi sampai benar2 lancar.
submitted by dane17eduard to indonesia [link] [comments]


2023.09.26 03:53 rajacuanselalu 4 Tempat Seru Main Sepatu Roda di Jakarta dan Sekitarnya

Udah beli sepatu roda, udah ikut les sepatu roda Cibubur, tapi giliran mau main sendiri malah bingung mau main di mana? Tenang, di sini bakal kita kupas tuntas tempat main sepatu roda indoor dan outdoor di Jakarta dan sekitarnya. Simak, ya!

Spot Seru dan Mulus Buat Main Sepatu Roda

Buat lo yang udah masukin anak ke tempat les sepatu roda anak Jakarta, lo gak mau, kan uang lo terbuang sia-sia cuma karena gak tau mau ajak anak main sepatu roda di mana? Daripada penasaran, mending langsung kita bahas aja tempat terbaik buat main sepatu roda!

Life, La Piazza Skate

Mau ngerasin sensasi main sepatu roda di mall Jakarta? Cobain main di Life, La Piazza Kelapa Gading. Tadinya, tempat ini cuma toko inline skate Jakarta biasa aja. Tapi, karena lama-lama banyak yang main roller skate di sini, jadilah dibuka area skatepark. Skatepark indoor ini terbuka untuk umum dan lo cuma cukup bayar tiket masuk seharga Rp 15.000 aja!

Moja Museum

Kalau tadi di mall, sekarang di museum! Buat lo yang gak punya sepatu roda, lo gak perlu khawatir, karena Moja Museum juga tempat sewa sepatu roda di Jakarta dan lo bisa langsung mainin sepatunya di saat itu juga! Interior di area skating Moja Museum juga sebagus itu! Lo bisa foto-foto aesthetic sekaligus olahraga!

QBig BSD

Selanjutnya, ada tempat main sepatu roda di Tangerang Selatan: QBig BSD. Mulai dari anak-anak sampai orang dewasa, banyak yang main roller skate di sini. Kalau capek, lo bisa istirahat sambil kulineran di sekitar QBig, karena ada banyak banget rumah makan, resto ramen halal, street food, dan lain sebagainya. Buat main inline skate di QBig, lo gak harus beli tiket masuk. Cukup bayar tiket parkir aja kalau emang lo bawa kendaraan.

Sketa Taman Puring

Selain terkenal sebagai tempat berkumpulnya toko sepatu roda Jakarta, Taman Puring juga punya space yang bisa lo gunakan sebagai tempat main sepatu roda. Taman Sketa ini terbuka untuk masyarakat umum dan gak dipungut biaya sepeser pun buat main roller skate di sini.

Main sepatu roda emang asik banget kalau lo udah nemuin spot yang cocok. Lo bisa meluncur setiap hari, latihan trik-trik menarik, dan belajar skating biar makin lancar di tempat-tempat yang udah gue sebutkan barusan. Ada banyak merek inline skate yang bisa lo beli dan pakai main di skatepark, tapi lo harus pastikan kalau inline skate yang lo beli bisa awet meskipun dipakai di medan jenis apapun.
submitted by rajacuanselalu to u/rajacuanselalu [link] [comments]


2023.09.05 05:36 ozgoldebron Breakdown cultural decades (Indonesia version)

Seperti yang kita sudah tahu, ada kecenderungan sejak abad ke-20 bahwa orang membagi budaya pop suatu era berdasarkan dekade, misalnya, musik era 1970-an, film era 1980-an, tren era 1990-an, dll.
Pertanyaan saya, bagaimana kita menentukan batas dari "dekade" ini. Secara kalender jelas, 1980-an itu ya dari 1980 sampai 1989. Secara budaya pop, apakah 1980 sudah dianggap masuk era 1980-an? Apakah kalau kita melihat foto dari tahun 1981 (tanpa tahu tahunnya), kita akan langsung berkata "Oh, ini tahun 1980-an!" atau kita mengira "Ini pasti tahun 70-an.". Kalau kita melihat film atau acara TV dari tahun 1992, apakah sudah terasa seperti era 90-an atau masih lebih dominan 80-an.
Pembahasan tidak terbatas pada 1970-an, 1980-an, dan 1990-an saja ya. Terima kasih.
submitted by ozgoldebron to indonesia [link] [comments]


2023.08.02 19:29 KiloMegaGigaTera [FR] Meet Up Nobar Barbie + Piknik Taman Kota GBK + Makan Malam di FX Sudirman 29 Juli 2023

[FR] Meet Up Nobar Barbie + Piknik Taman Kota GBK + Makan Malam di FX Sudirman 29 Juli 2023
Selamat siang sore malam wahai para penduduk Indonesia dan Daily Chat Thread sebangsa, setanah air dan para pencari passport baru diaspora di manapun kalian berada. Puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa karena atas berkat dan limpahan rahmat-Nya tulisan ini dapat tercipta.
Okay enough with that cringe opening. Let's go to our main topic.

Atas usulan om u/asuransi maka diadakanlah kegiatan meetup DCT dengan acara nonton bareng film Barbie dan piknik di hutan kota GBK (Gelora Bung Karno, Jakarta). Acara dimulai dari nobar Barbie jam 13.00. Gw dateng telat jam 13.05 karena bangun siang (siapa juga yang bangun pagi di weekend et dah). Sesampai di bioskop gw udah disambit disambut om u/asuransi dengan pakaiannya yang fancy menyelaraskan dengan film yang akan ditonton. Yang lainnya udah pada masuk ke studio sementara kita berdua masih menunggu salah satu redditor yang belum dateng hingga 13.15. Karena hingga waktu yang ditentukan belum nampak batang hidungnya maka kita putuskan untuk masuk terlebih dahulu. Beberapa menit kemudian beliaunya datang juga ke studio. Usut punya usut, ternyata dia berangkat dari planet Bekasi yang nun jauh di sana. Well what can we say, right? My sincere condolences to you
Filmnya sangat menarik untuk ditonton. Saking menariknya gw ketiduran di tengah - tengah film, bangun - bangun udah sampe Barbieland sudah dijajah oleh si paling patriarki Ken . Mohon maap yak nyambung tidur di bioskop hehehe. Skip Skip, film dah selesai terus pada keluar kan para penontonnya. Akhirnya muncul juga para redditor yang ikut nobar, WANJAY BANYAK BET BRAY! 2 row penuh booked sama redditor doang! Personelnya yaitu ada gw, om u/asuransi, pasangan baru u/ShigeruAoyama dan u/MangoKweni, babang u/KnightModern, u/FireWyvern_, u/ezkailez, u/ditto_long, u/PeterTheSad, meia (mon maap ga tau usernamenya kk), kakak u/teitantei, dan u/annabhun.
Abis nonton kita langsung berburu sajen buat piknik nanti. Terjadi pertempuran batin ingin membeli durian, apa daya gw takut digebuk orang - orang se taman kalo beli akhirnya dibatalkan niat tersebut. Jadinya gw cuman beli chiki balls sama susu doang titipan redditor. Sambil berbelanja babang u/gefrost7 ikutan join langsung dari kantor doi di atas mall. Setelah kelar belanja kita sempetin buat foto2 sebelum u/ShigeruAoyama dan u/MangoKweni berpisah karena mau ngedate. Cieeeeee ngedateeee cieeeeeeeeeeeeeeeeeee
Langsung gas kita ke GBK pake 2 taksi burung biru dari TKP Senayan City. Sampe di GBK langsung menuju hutan kota buat nyari spot pikniknya. Taksi gw berangkatnya terakhir tapi bisa dateng pertama, usut punya usut taksinya u/asuransi salah belok karena supirnya keasyikan ngobrol politik sama mereka lol. Setelah berdebat sengit dengan u/teitantei karena ga mau berdekatan dengan sekelompok orang yang pake tiker piknik literally sama persis sama kepunyaan beliau, akhirnya kita menemukan spot yang asoy untuk didudukin bersama.
Sembari menggelar lapak untuk piknik, beberapa redditor mulai datang buat yang join piknik doang. Kakak u/bip_77 datang langsung dari kantornya sambil membawa oleh - oleh nasi goreng dan gado - gado yang mana gw abisin nasgor nya karena belum makan dari pagi ehehehe. Kakak u/milo_nugget dateng beberapa menit kemudian langsung dari Impactnation di lapak sebelah. Sungguh wibu sejati beliaunya. Setelah lapak dibuka dan bincang - bincang dimulai, abang u/ptbn_ join langsung dari Jakarta Timur. Acara pun berjalan dengan khidmat dan tanpa halangan berarti. Kita makan belanjaan yang udah dibeli sebelumnya, ngobrol ngalor ngidul ketawa ketiwi membicarakan bagaimana cara menggulingkan rezim mod zalim Blazing, main game Werewolf di Telegram terus lanjut main custom Werewolf yang dimoderatorin u/FireWyvern pake kartunya u/milo_nugget. It was fun!!
Tepat pukul 5 sore suara petugas hutan kota berteriak lantang mengusir pengunjung dikarenakan tempatnya akan tutup. Sayup sayup terdengar lagu Memories nya Maki Otsuki dari event wibu sebelah mengiringi kepergian kita dari sana. Tempat selanjutnya yaitu FX Sudirman buat cari makan malam. Naiklah kita ke lantai atas di food courtnya and it was ..... so quiet?? Ga banyak yang ditawarkan di sini kalo menurut gw. Lagi pengen makan yang berkuah panas - panas sayangnya ga ada stall yang sedia. Ada sih soto tapi habis hiks. Jadinya gw ga makan di sana cuman ngabisin jajanan sisa piknik tadi. Yang lainnya karena pada laper jadi pada pesen makan dari pecel, sate sampe ayam betutu. Tidak lupa menyusul kakak u/haltecsw buat nongkrong dan ngobrol hangat di food courtnya FX. Setelah semuanya selesai tibalah saatnya perpisahan untuk mengakhiri acara kita. Sebelum berpisah kita foto - foto dulu di depan FX sebagai bukti bahwa para introvert itu bisa berkumpul dan bercengkrama bersama ehehehe. Gw cabut seinget gw bareng u/milo_nugget, u/annabhun, u/gefrost7 dan u/haltecsw naik MRT.


Selesai sudah rangkaian acara pada hari itu. Overall score kalo menurut gw:
FJ (Friendliness Journey): 10/10
BJ (Brotherhood Journey): 10/10
HJ (Halte to Halte Journey): ga ada
DC: tiket nonton + chiki balls + susu = 114k
RO: sudah pasti, tunggu invitation meetup selanjutnya. Spoiler alert, TMII incoming.

Demikian Field Report ini saya buat dengan tulus ikhlas tanpa paksaan dari pihak manapun. Apabila ada kesamaan username dan wajah berarti bukan salah saya.
Peace out yo





Lampiran:
Foto Kegiatan

Piknik
Piknik lagi
Habis Nobar Barbie
Habis Makan Malem di FX
Mau piknik lagi di trotoar tapi diusir pol pp
SMILE :)
submitted by KiloMegaGigaTera to indonesia [link] [comments]


2023.07.26 06:47 _nandermind [FAQ & Guide] Membeli Rumah

Info: ini bakal jadi postingan yg sangat panjang, jadi bookmark kalo ga bisa baca habis.

Mumpung ada yg minta nih soal apa aja yg perlu ditanyakan pas beli rumah dan apa aja yang harus diperhatikan. Then I will categorize it into three: on decision, on contract, dan handover

On Decision: Pas lagi survei rumah
On Contract: Udah genap dan mau beli rumah, jadi bikin SPK dll dulu
Handover: pas mo nerimo rumah dan kunci nya

Red flag level
Level 1: Sales nya mgkn ga tau, jadi best bet itu cari sendiri dulu, kalo misalnya rupanya sus lansung escalate ke Level 3. Kalo cuma miskom balik ke diri sendiri.
Level 2: Hati hati, ada jebakan betmen, bikin perjanjian hitam diatas putih sama kontraktor nya + minta benerin. kalo ga mau, escalate ke level 3.
Level 3: Drop it. block aja semua contact mereka kalo mereka masih gangu. buat yg terlanjur bayar DP lansung minta DP nya balik, biasanya boleh kecuali booking fee nya. Kalo terlanjur pas KPR ya overkredit aja.

Terminology

Gagal Jawab: ga bisa jawab/alihkan pembicaraan/ga ada barbuk nya/jawab ga sesuai kenyataan, dst yg serupa.
Fengshui: metafisika asal Tiongkok yang mempelajari tentang elemen serta item positioning, ini SANGAT PENTING krn ada hub nya sama psychology dan geography. Salah" bisa berabe. Donald Trump ga bakal pake jasa Fengshui buat analisa lokasi proyek kalo memang fengshui itu bullshit, so Fengshui aint a joke.
Jawab ga pasti: kalo jawabannya ada kayak "Iya sih" , "Insya Allah" ato sejenisnya, by default Red Flag level 2.
SHM: Sertifikat Hak Milik (tanah punya lu, bangunan punya lu juga)
SHGB: Sertifikat Hak Guna Bangunan (bangunan punya lu tapi tanah lu sewa)
AJB: Akta Jual beli, salah 1 akta yg dirilis sama Notaris buat bukti penjualan, kalo redditor ada ini fix bisa escalate issue kalo ada kasus.
UWTO: Uang Wajib Tahunan Otorita, basically paid 30 years once, batam only thing.
IPL : biaya bulanan perumahan (biasanya di rumah mewah harganya ikut luas tanah, kalo yg biasa udah fix harganya)
KPR: Kredit Kepemilikan Rumah
KPA: Kredit Kepemilikan Apartemen


On Decision

Disini buat tahapan pas lagi mau cari rumah.

Ini lokasi nya dekat mana aja? (Redflag Level kalo gagal jawab: 1)
Fungsi pertanyaan ini: biar kalian bisa estimate kira" rumah ini deket sama tempat yg kalian desire ga?

Bakal BanjiGempa (any possible disaster that could happen on the place) Ga? (Redflag level kalo gagal jawab: 3)
Fungsi pertanyaan ini: Property aint cheap bro. jgn pilih daerah yg rawan bencana.

Ini tanah nya kejamin ga? Terus tanah nya gimana ya? (Redflag level kalo gagal jawab: 3)
Fungsi pertanyaan ini: gamau kan rumah digusur cuma gara" ga lengkap sertifikat/info nya?.

Gimana cara hitung IPL nya? (Redflag level kalo gagal jawab: 2)
Fungsi pertanyaan ini: IPL itu ga murah, jgn pas masuk terus ente pada bayar 2-3jt/bulan padahal luas rumah cuma 90sqmtr. Tanya sedetail"nya, IPL nya udah sama apa aja, terus kalo separated brp dll.

Boleh izin minta jasa fengshui untuk cek kondisi wilayah dulu? (Redflag Level kalo gagal jawab: 1, kalo nutup nutupin: level 3)
Fungsi pertanyaan: balik ke terminology.

Cara keluar masuk nya gimana? (Redflag Level kalo gagal jawab: 1)
Fungsi pertanyaan ini: Biar redditor bisa tau kira" apa aja yg bisa dilakukan biar bisa ke lokasi yg redditor inginkan.

Fasilitas apa aja yang dikasi? (Redflag level kalo gagal jawab: 2)
Fungsi pertanyaan ini: Ini ada hubnya sama IPL, kalo gajelas bisa digetok mahal kita nya. so be careful.

Ada rumah contoh/Rumah yang bisa disurvei? (Redflag level kalo gagal jawab: 3)
Fungsi pertanyaan ini: wajib wajib dan SANGAT WAJIB! biar teman teman bisa tau contoh rumah nya ato buat yg beli rumah seken, dicek aja, kalo ga pande bisa bawa temen yg pande.

Row Jalan gimana? apa kami dapat carport/row jalan lebih luas? (Redflag level kalo gagal jawab: 2)
Fungsi pertanyaan ini: demi kerukunan warga, biar temen" ga barbar ngasal parkir. hahahaha. dan ini harus ditanya biar kita tau berapa kendaraan yang bisa kita bawa masuk, gamau kan nanti pas ga ditanya dan ga dibaca guide nya eh tau"nya dapet row 1 dan ga ada carport terus situ bawa pajero?

On Contract

Setelah dapet rumahnya dan dah fix mau ambil situ, pasti kalian bayar DP kan? Regardless of how you pay, baik KPR maupun cash keras, tetep inget 1. jangan bayar full.

Contoh:
si A mau bayar 900jt sebagai DP buat developer Ciputra. Si A cuma kasi 300jt dulu karena dia ga yakin hasilnya gimana krn cuma ada rumah contoh. Dan Kalo memang bener bagus hasilnya, ya lansung DP 900jt.

p.s: bagian DP dan nego ini agak menantang, lu cuma punya waktu 2 minggu ke KPR kalo lu KPR. jadi saran gw itu di discuss di awal, jgn mau kebuai janji manis sales dengan alasan "nanti ga dapet loh rumahnya pak/bu". its a bullshit ngl. lu mo KPR kapan itu urusan lu sama bank bukan sama developer. Toh lu udh bayar DP yg ga sedikit kan?

Ini udah masuk apa aja ya? (gagal jawab: Level 3)
Fungsi pertanyaan ini: Ini harus ditanya ya, biasanya udah sama biaya sertifikat SHM (kalo tanah SHM), akta notaris, AJB dll sesuai dengan kebijakan developer. Ini harus ditanya kalo ga bisa digetok ratusan juta. Biar tau free nya apa aja, inclusion nya apa aja. jgn bengong" ttd terus tiba tiba disuruh tambah 400jt. kan lawak

Berapa lama pengerjaan nya? (gagal jawab: Level 3, jawab ga pasti: Level 2)
Fungsi pertanyaan ini: Biar redditor bisa hands on rumah nya dan kira" kapan jadi nya, jadinya redditor bisa siap" pada saat itu.

Berapa tahun sekali harus kami bayar untuk biaya pertanahan nya? (buat yg SHGB)
Fungsi pertanyaan ini: Ini SANGAT SANGAT WAJIB! Gw sering kali nemu kasus org gagal bayar UWTO di Batam terus ujung"nya tanah nya disita. this is really dangerous.

Berapa biaya PBB nya? (buat yg SHM)
Fungsi pertanyaan ini: sama kayak yg diatas, baik yg diatas maupun yg ini, redflag level nya 3 kalo orgnya ga transparan/gagal jawab.

Gimana caranya biar kami bisa perluas rumah kami? (buat yg beli rumah hook), gagal jawab: level 2
Fungsi pertanyaan ini: for the loophole. Biasanya sales bakal ngasitau apa aja yg dilakukan biar bisa gedein rumah nya tanpa kena alasan "oh harus sama dan semuanya kami urus aja biar seragam". there are many loopholes of it depending on your place. Kalo di kasus gw, gw bikin garasi di tanah Hook nya sama extension rumah, jadi bentukan di depan nya gw samain aja sama yg di tetanggaan, jadinya gw ga perlu kena warning + bisa perluas rumah jg.

How about beli rumah gandeng? ezpz. Ask the sales to make 2x land version of that house you need. They will direct you to their architect and its your call.

Kalau pengerjaan telat selesai dispensasi kami apaan? gagal jawab: level 3
Fungsi pertanyaan ini: ini wajib ditanya, kalo telat apa dispensasi nya? Biasanya ada kayak free renov apa apa gitu dll, kalo ga ada ya yowes, tapi kalo jawab nya kayak ditutup"in gitu ya level 3 jadinya. kalo di ciputra/sinarmas biasanya free furnitur tergantung hitung"an nya, kalo yg lain gw ga tau.

Kalau ada defect di rumah kami Dispensasi kami apaan? gagal jawab: level 3
Fungsi pertanyaan ini: ga mau kan redditor liat rumah nya retak retak gajelas padahal baru dibangun? Gamau juga kan kalo rumah nya ada changes yg u gatau?

Garansi setelah Rumah jadi berapa lama? gagal jawab: level 3
Fungsi pertanyaan ini: INI SANGAT HARUS BUAT RUMAH BARU, biar kalo masih ada defect yg ketemu lagi masih bisa diperbaiki gratis, rennovation aint cheap at all.

Handover
Disini sehabis rumah jadi, pastikan semua under contract dan kalo ada violation lansung dispute.

Semuanya sudah lengkap? (gagal jawab: level 2)
Fungsi pertanyaan ini: Biar rumah lu ga dibajak/disalahgunakan pihak selain dirimu. Thats it.

Disini kalian cek semua, kalo misalnya ada masalah, catet dan foto, terus tunjukin ke kontraktor / developer nya, dan ini pertanyaan nya

Ini ya pak/bu, kami lihat ada yang kurang (sebutin kurang nya) , bisa dibenerin ga pak/bu? (gagal jawab: level 3)
Fungsi pertanyaan ini: Jangan mo nerima barang cacat. lu keluarin duit ratusan juta sampe miliaran. kalo cacat sikit lansung komplen! Indonesia terkenal suka legowo" gini makanya suka jadi bahan abuse developer.

=== End Note ===

Ingat 1 hal aja: lu yg punya duit, you call the shots! Developer itu ga ada hak buat abuse lu krn mereka juga butuh duit lu. Masa mau aja 100% manut" sama developer padahal lu lagi dikerok dari dalem?
Be a smart buyer, sometimes being a smartass isnt a bad thing.
"Lu mau duit ga? Kalo ga mau ya gua ke PKP aja daripada sama Ciputra" - Nander 2k21 pas on Contract buat beli rumah.

btw yg ngasih award: makasih banyak ges, ga nyangka bisa well received seperti ini T.T *terharu.
submitted by _nandermind to indonesia [link] [comments]


2023.06.18 15:33 genuine-salamander Apa Saja Hotel Favorit Kalian di Indonesia?

Halo everyone semuanya dulur kabeh araranjeun sadayana dan lain-lain!
Salamander iseng mau nanya2 nih, sekalian buat referensi gua pribadi, dan kali aja bisa bantu komodongs komodettes lain yang baca.
Intinya sih simpel, hotel favorit kalian apa nih yang berlokasi di tanah air beta yang masuk versi v77.10 ini. Kalau yang ada di negara lain sekip dulu ya, ntar kali bisa masuk post lain hehe.
Pastinya yang pernah senggaknya nginep semalam gitu, mau bayar sendiri, dibayarin emak bapak, dibayarin ayang, dibayarin open BO, dibayarin kantor, atau menyelinap masuk dinoraurus hehe. Asal jangan mampir 5 menit nganter makanan juga atau yang jadi bahan konten misal kalian ngojol wkwk.
Boleh mencantumkan holding company (misal Accor, Marriott Bonvoy, IHG, dll), brand hotelnya (misal Mandarin Oriental, Grand Hyatt, InterContinental, dll), atau spesifik lokasinya (misal Crowne Plaza Bandung, Hotel Indonesia Kempinski, OYO samping kantor, dll)
Mau sebut namanya doang gapapa, review teks lebih baik, ada fotonya mantap sih asal jangan foto mantap2 dipost juga wkwk.
So start from me I guess, mungkin Hotel Sultan yang deket GBK itu karena ada sentimental value aja pas kecil sering diajak ke sana bareng2 keluarga. Tapi secara kualitas banyak yang di atas itu sih. Kalau penasaran pengen nyoba Westin yang katanya hotel tertinggi di Jakarta. Atau Mandarin Oriental yang sampai jadi kamar presiden. Atau Hotel Indonesia yang sampai jadi nama bunderan favorit orang mabok itu wkwk. Lanjut!
Edit: Ini bukan inspirasi buat ngamar ya, emang suka aja nyobain hotel sekalian trip kantor. Kalau orang lain cari inspirasi buat ngamar ya bebas wkwkwkwk
submitted by genuine-salamander to indonesia [link] [comments]


2023.06.18 08:06 slotviva89 BONUS PERKALIAN STARLIGHT PRINCESS ??

BONUS PERKALIAN STARLIGHT PRINCESS ??

HANYA UNTUK PERMAINAN SLOT STARLIGHT PRINCESS

starlight princess viva89

BET 200 – 800

- Dapat perkalian 100x klaim Bonus 50k - Dapat perkalian 250x klaim Bonus 125k - Dapat perkalian 500x klaim Bonus 250k

BET 1.200 atau lebih

- Dapat perkalian 100x klaim Bonus 100k - Dapat perkalian 250x klaim Bonus 250k - Dapat perkalian 500x klaim Bonus 500k

SYARAT & KETENTUAN KLAIM BONUS :

* Untuk perkalian 100x, 250x dan 500x HARUS PECAH disaat SPIN MANUAL (TIDAK TERMASUK UNTUK BUYSPIN & FREESPIN MURNI) * Member hanya bisa klaim satu fitur perkalian jikalau muncul 2 atau lebih fitur perkalian dalam satu spin manual * Member WAJIB BERHENTI spin jika menang di fitur perkalian merah dan langsung menghubungi CS melalui WA atau livechatuntuk mengklaim bonusnya * Jika ada spin lain setelah kemenangan perkalian merah yang ingin diklaim maka bonus dinyatakan HANGUS * Diharapkan untuk mengirim foto bukti kemenangan perkalian merah ke WA Resmi VIVA89 * Semua member bisa mengklaim bonus ini hanya SEKALI setiap harinya

Cara konfirmasi kemenangan perkalian merah di VIVA89 :

  1. Kirim ID atau USERNAME
  2. Screenshot pecahnya perkalian yang ingin di klaim ke WhatsApp VIVA89 (081327437018)
  3. Share Screenshot pecahnya perkalian ke group facebook resmi Viva89 (https://www.facebook.com/groups/promoviva89)

PENTING !!!

1. Tidak boleh lanjut bermain sebelum bonus yang diklaim masuk ke dalam akun. 2. Bonus ini tidak dapat digabungkan dengan bonus lain.
submitted by slotviva89 to u/slotviva89 [link] [comments]


http://activeproperty.pl/