Pidato bahasa jawa perpisahan sekolah kelas 9

UKT UI Per Mei 2024 Resmi Naik

2024.05.17 02:29 Hungtown2018 UKT UI Per Mei 2024 Resmi Naik

UKT UI Per Mei 2024 Resmi Naik
Jujur saya malu sebagai lulusan UI, tahun 2017 kelas pararel saja masih 9.5jt per semester. Tahun 2021, per semester 12.5 jt.
Lihat gap kelompok 2 dan kelompok 3, kalo begitu orang yang punya mobil tapi kerja nya sopir gocar bisa2 dapet ukt 10jt per bulan, dengan alesan "Situ kan punya mobil, masa ga mampu"
submitted by Hungtown2018 to indonesia [link] [comments]


2024.05.14 04:03 Danielfaris2001 Historical Linguistics

Historical Linguistics
Shared from https://www.facebook.com/share/oF7Hupf1RRHJSjcZ/?mibextid=oFDknk
Tulisan Arab, Tamil dan ABCD dari Tulisan Mesir Purba!
Gambar ini menunjukkan betapa sebenarnya terdapat 57 skrip penulisan di dunia adalah didasari pengaruhnya datang daripada tulisan Hieroglif yang pernah digunakan oleh masyarakat Mesir Purba.
Kalau anda perhati betul-betul infografik ni, anda akan nampak evolusi dengan senang, bagaimana tulisan dan skrip ni berubah perlahan demi perlahan.
Skrip ini terdiri dari berbagai simbol yang menggambarkan suara dan konsep, dan digunakan sejak sekitar 3200 SM.
Dan tulisan terkenal yang lahir dari tulisan Mesir ialah Aramik.
Hieroglif Mesir menginspirasi penciptaan skrip Proto-Sinaitic sekitar 1800 SM. Proto-Sinaitic ini dicipta ketika itu demi memudahkan lagi pembacaan tulisan Mesir Purba. Anda boleh nampak transformasi tulisan dalam infografik ini.
Kemudian, Dari Proto-Sinaitic, evolusi berlanjut ke skrip Phoenician, yang muncul sekitar abad ke-12 SM. Phoenician merupakan skrip yang sangat efisien dan mudah untuk disebarkan, menyebabkan banyak bangsa mula mengadaptasikan tulisan ini dan disesuaikan dalam bangsa mereka.
Sebab tu kita dapat melihat dalam carta ini, bagaimana skrip Phoenician melahirkan banyak tulisan-tulisan Eropah seperti abjad Yunani yang kelak akan melahirkan tulisan ABC.
Salah satu adaptasi dari Phoenician adalah skrip Aramik, yang muncul sekitar abad ke-10 SM. Tulisan Aramik dikembangkan oleh bangsa Aram yang hidup di wilayah yang sekarang mencakup Syria dan sebahagian dari Turki, Lebanon, dan Irak.
Dek kerana posisinya yang strategik, Aramik menjadi lingua franca di banyak bahagian Timur Tengah kuno, terutama di bawah kerajaan-kerajaan seperti Assyria, Babilonia, dan Parsi.
Akibat Lingua Francanya tulisan Aramik dan bahasanya, makanya bangsa-bangsa lain mula mengadaptasikan ke dalam bahasa mereka. Sebab tu dari carta ni, kita dapat melihat bagaimana Ibrani, Arab, dan Brahmi— yang terlahir lantas mempengaruhi pengembangan skrip di India dan Asia Tenggara.
Kemunculan skrip Brahmi di India pada abad ke-3 SM melahirkan banyak tulisan-tulisan yang kita dilihat di India. Dalam perkembangannya, Brahmi mengalami evolusi dan adaptasi lokal yang berujung pada terciptanya skrip Pallava pada sekitar abad ke-4 hingga ke-9 Masehi. Skrip Pallava, yang dinamai dari dinasti yang berkuasa di wilayah yang dikenali sebagai Tamil Nadu di India hari ini.
Skrip Pallava berperanan penting dalam membentuk skrip di Asia Tenggara melalui laluan perdagangan dan penyebaran agama Buddha. Dari Pallava, skrip seperti Rencong dan Lontara, Khmer Kuno, aksara Kawi yang melahirkan Jawa Kuno, dan bahkan Thai, telah berkembang. Ini menunjukkan bagaimana skrip ini disesuaikan dengan bahasa dan keperluan lokal di berbagai kerajaan di Asia Tenggara.
Dan dari sini juga kalian akan faham kenapa tulisan-tulisan Asia Tenggara dinamakan sebagai tulisan Pasca-Pallava sebab muasalnya daripada tulisan Pallava dari Selatan India.
Juga, kalian akan faham kenapa pakar meletakkan bahawa tulisan Mesir Purba sebagai antara tulisan paling awal, paling original dan paling purba dalam sejarah, melahirkan dan mempengaruhi ratusan peradaban-peradaban dalam sejarah.
Justeru, saya rasa kalau anda mampu baca sampai habis tulisan saya, anda tentu tak ada masalah dengan kontent isi kandungan buku saya, KITAB TAMADUN MESIR PURBA yang akan diluncurkan di PESTA BUKU ANTARABANGSA KUALA LUMPUR 2024 di PWTC ini.
Jemput datang borong buku saya, KITAB TAMADUN MESIR yang memberikan ulasan mendalam pasal sejarah tulis Mesir. Dapatkan juga sign saya di PBAKL di booth yang bernombor 4026, 4027, 4051, 4052, 4061, 4062, 4075 dan 4076 di Dewan Tun Razak 4, PWTC.
Atau kalau anda nak baca bab percuma, boleh ke: https://thepatriots.store/ktmp/
submitted by Danielfaris2001 to Ajar_Malaysia [link] [comments]


2024.04.12 10:39 Real_Situation2697 Please check my Tahun 2 Close passage as there is no answer provided. 3

Hi
I am from brunei and now self study for Bahasa Melayu. As the local published assessment books i bought does not have answer provided, i seek assistance from this forum to check my work, and appreciate it that anyone who is willing to spare their time to check. Thanks in advance

Ternakan Datuk
choosen words: Gelagat membantu menggulai penyauk berziarah berselera Memberi pulang gembira berebut-rebut

Pada cuti sekolah yang lalu, Halim 1.(berziarah) ke rumah datuknya. Setiap pagi dia akan 2.(membantu) datuknya di kolam ikan. Halim membantu datuknya 3.(memberi) ikan-ikan itu makan. Ikan-ikan itu akan 4.(berebut-rebut) ketika mengambil makanan. Halim suak melihat 5.(gelagat) ikan-ikan itu.
Datuknya menangkap beberapa ekor ikan tilapia. Dia menggunakan 6.(penyauk). Halim membawa ikan-ikan itu 7.(pulang) ke rumah. Halim meminta neneknya 8.(menggulai) ikan tilapia itu. Mereka makan hidangan tengah hari dengan sungguh 9.(berselera).
Halima berasa sangat 10.(gembira) kerana dapat membantu datuknya di kolam ikan. Halim beroleh pengalaman semasa membantu datuknya di kolam ikan.


Numborkan dan susun semula ayat di bawah supaya menjadi sebuah cerita mengikut urutan yang betul.
· Datuk Majadi menternak ayam, itik, kambing dan lembu. (2)
· Datuk Majadi seorang peladang dan petani. (1)
· Datuk menternak ayam, itik, lembu dan kambing untuk mendapatkan telur dan daging. (3)
· Rancangan datuk di masa akan datang untuk memperbanyakkan lagi ternakannya. (6)
· Datuk menjual telur dan daging di Tamu Kianggeh. (4)
· Datuk mempunyai ramai pelanggan kerana datuk menjual daging yang segar. (5)
submitted by Real_Situation2697 to bahasamelayu [link] [comments]


2024.04.09 03:44 MelodicConfusion500 JENIS SISIK DAN MITOS KATURANGGANNYA

pukulannya lawan tarung akan merasakan sakit luar dalam Memiliki Mental yang cukup bagus dan banyak dicari oleh para bobotoh Memiliki pergerakan dan keseimbangan kaki yang cukup Lihai
  1. ROTAN (Bulat) Sisik kaki rotan adalah salah satu yang paling banyak dikenal dan sering kita jumpai akan tetapi sisik kaki rotan super yang dipercaya memiliki pukulan menyakitkan bahkan dibilang mematikan. Ayam aduan sisik rotan punya ciri khas kaki berbentuk bulat ramping debgan barisan sisik yang begitu rapih/kerep maka dari itu para penghobi lama lebih menyukai ayam aduan dengan model kaki berbentuk bulat. Memiliki kekuatan pukulan yang begitu keras disertai taji super Memiliki kemampuan pukulan yang dapat Mematahkan tulang leher sehingga lawan tarung tak sanggup menahan rasa sakit Memiliki Mental bagus dan kuat Memiliki Keseimbangan dan pergerakan yang cukup ideal
  2. NAGA BANDA Sisik kaki Naga Banda merupakan jenis kaki ayam bangkok yang paling populer dan dikenal berbahaya tentunya' penghobi sering menyebutkan bahwa ini adalah contoh bentuk kaki ayam bangkokan asli (Original) sejak dulunya. ciri khas Naga banda memiliki sisik yang serupa dengan kulit buah salak melihat dari bentuk kaki dan karakter sisik naga banda memiliki aura yang dapat menakuti lawan. Memiliki Pukulan pedas, panas dan keras sehingga jarang sekali lawan tarung yang tahan jika terkena pukulannya. Memiliki Pukulan Depan yang mampu membuat lawan tersungkur dalam beberapa menit. Memiliki Mental luar Biasa seperti baja. Memiliki Pergerakan kaki yang begitu cepat.
  3. PUTRI KINIRUNG (Selap) Sisik kaki putri kinirung merupakan salah satu katuranggan yang masuk dalam naskah kuno seperti diprimbon jawa misalnya banyak kalangan penghobi mempercayai hal ini. jenis sisik ini diyakini memiliki pukulan yang dapat membuat lawan tarung sempoyongan bahkan lemas. khas putri kinirung sendiri memiliki ciri yaitu sebuah sisik janggal menyelip/melik keluar (dalam bahasa sunda sisik selap) Memiliki pukulan Menyakitkan yang terkenal panas Memiliki kemampuan pukulan yang membuat lawan kebingungan sehingga menjadi lemas bahkan lumpuh Memiliki mental yang bagus dan kuat Memiliki kecepatan dalam pergerakan
  4. SURO WETU Sisik kaki suro wetu merupakan salah satu ayam aduan paling berbahaya dan mematikan Katuranggan yang tersimpan dipercaya memiliki banyak kelebihan dan keampuhan jenis ini masuk kedalam daftar nama - nama ayam suro yang kita ketahui. Selain banyak dicari sisik suro wetu punya nilai harga yang cukup tinggi. Ciri khas Suro wetu yaitu memiliki benjolan pada bagian belakang kaki tepat dibawah taji. Memiliki pukulan yang begitu keras hingga kedalam tulang Memiliki kehebatan yang membuat lawan tumbang dalam beberapa menit. Memiliki Kelebihan dari cara dia melangkan, kuda kuda, dan juga pergerakan Memiliki mental yang cukup dan sulit dikalahkan
11.BATU RANTAI (Buaya) Sisik Kaki Batu Rantai atau dikenal dengan sebutan sisik buaya ini sangat populer dikalangan masyarakat pecinta sabung ayam. Menurut informasi salah satu jenis ini disebutkan keturunan se'ekor buaya maka dari itu setiap penghobi meyakini katuranggan tersimpan didalam sisik ini sangat kuat. Banyak mitos yang mengatakan bahwa sisik batu rantai mudah kelelahan dan tidak boleh bertarung berdekatan dengan pohon bambu. Ciri khas batu rantai sendiri memiliki beberapa sisik pada bagian - bagian bawah jari. Memiliki pukulan yang dikenal pedas dan panas sehingga lawan merasakan nyeri pada bagian urat - urat seperti otot Memiliki Kehebatan pukulan yang mampu membuat tenaga lawan hilang Memiliki mental cukup bagus dan tenaga mudah kembali setelah terkena air Memiliki keseimbangan dan pergerakan kaki yang cukup gesit
  1. BATU LAPAK Sisik batu lapak merupakan salah satu yang paling sulit ditemukan bahkan jarang dimiliki oleh jenis ayam mana pun hanya orang - orang tertentu saja yang beruntung memilikinya. Berbicara katuranggan batu lapak dipercaya memiliki kekuatan pukulan yang dapat mengalahkan lawan dalam sekejap khas batu lapak sendiri punya ciri yaitu terdapat sisik tepat pada bagian telapak kaki. Memiliki pukulan yang dikenal mematikan cukup keras sehingga lawan tarung merasa linu pada bagian - bagian tulang. Memiliki Kehebatan pukulan yang mampu melumpuhkkan lawan dalam sekejap. Memiliki Mental jiwa petarung perkasa. Memiliki pergerakan dan kuda kuda cukup baik.
  2. SATRIYA SINEKTI Sisik kaki satria sinekti adalah salah satu model jenis terlangka sangat sulit ditemukan jenis ini sejak pada jaman dahulu dikenal dengan digdaya yang mempunyai kelebihan sebagai ayam aduan terhebat dan sulit dikalahkan. Menurut primbon yang dituliskan bahwa ayam aduan dengan bentuk kaki seperti ini memiliki katuranggan pada urutan ke 10 dan dijelaskan bahwa satriya sinekti adalah yang tanpa sisik melik dalam artian sisik yang hampir tak terlihat seakan menyatu dengan tulang kaki Memiliki pukulan begitu keras dan mematikan mampu membunuh lawan dengan sangat cepat Memiliki kekuatan pukulan sakti yang bisa membuat lawannya cacat mental Memiliki mental petarung pantang mundur Memiliki pergerakan cepat dalam menyerang
  3. NAGA TEMURUN Sisik kaki Naga temurun merupakan jenis sisik kaki terhebat dan banyak dibicarakan oleh setiap master ayam soal kemampuannya menghabisi lawan. Istilah naga temurun yaitu sisik yang mirip dengan sisik ular naga para penghobi pun mempercayai katuranggan jenis ini punya banyak keistimewaan dari cara teknik bertarung juga pukulan maka dari itu naga temurun dinobatkan salah satu jenis sisik paling berbahaya oleh para lawannya. Ciri khas naga temurun tersebut bisa dibedakan yaitu dilihat dari bentuk barisan sisik belakang yang menurun kesuluruhan memang banyak kalangan penghobi yang keliru tentang hal ini, kami akan menjelaskan secara detail sebetulnya dari kata menurun pada bagian bentuk lengkungan atas berada diposisi bawah tidak berada diatas kalau kita simpulkan secara langsung bentuk sisik berubah menjadi berbalik menghadap ke atas lihat berikut gambar ini.
Tampilan Posisi lengkungan berada dibawah/turun boleh dikatakan sisik kaki ayam aduan naga temurun sesungguhnya !! Memiliki kualitas pukulan super keras/jero Mampu mengalahkan lawan dalam hitungan menit Memiliki kekuatan pukulan bertenaga kuat sampai bagian dalam sehingga lawan merasa kesakitan dan linu pada setiap tulang Memiliki Mental petarung hebat dan kuat Memiliki Keseimbangan dan pergerakan kaki disaat melontarkan pukulan atau pun kuda kuda
  1. TUNGGAK WINARAYAN Sisik Tunggak Winaraya dikenal salah satu sisik mematikan dan banyak dicari para jagoHolic. Dari setiap ciri pecahan pada bagian kedua jari kanan dan kiri (kelingking) dipercaya memiliki katuranggan dari hasil turun temurun. Sisik tunggak winaran sering dikatakan jenis special penghancur lawan bertarung oleh karena itu memiliki ayam aduan dengan khas sisik seperti ini menjadi kebanggaan tersendiri. Memiliki pukulan cukup besar dan mematikan, efek terkena pukulan sisik ini lawan mudah down bahkan stres Memiliki kemampuan pukulan yang dapat membuat bagian tulangan dalam menjadi rusak Memiliki Mental bagus seperti baja Memiliki kecepatan pergerakan dalam menyerang
  2. KAKI BLINGBING SOKA Sisik kaki belingbing soka merupakan salah satu kaki ayam aduan khas ayam bangkok Asli thailan diera ke'emasannya jenis ini dikenal sadis mampu membuat ayam lain cacat seperti kehilangan mental keberanian tentu para pemain lama mengetahui hal tersebut. Ciri sisik blingbing sendiri memiliki khas yaitu bentuk dua barisan sisik yang tersesun rapih dan bagian tengah sedikit menekuk kedalam. Maraknya fovulasi persilangan yang dilakukan setiap penghobi menjadikan sisik jenis ini se'akan menghilang dan jarang terlihat khususnya diwilayah indonesia. Memiliki Pukulan sangat keras dan pedas, satu kali lontaran pukulan yang diluncurkan mampu membuat gangguan pengelihatan pada mata lawan Memiliki kehebatan pukulan tepat pada bagian batangan Memiliki jiwa mental tempur yang bagus Memiliki daya cengkraman dan gerakan baik
  3. NAGA EMAS Sisik kaki Naga Emas salah satu paling berbahaya bahkan dikenal dengan keganasan yang dimiliki dari karakter pukulan atau pun teknik bertarung. Katuranggan naga emas sangat dipercaya akan keampuhan yang tersimpan dari kekuatannya. dilihat dari bentuk fostur dan warna sisik ini punya kemiripan dengan jenis pancuran Emas hanya saja Sisik naga Emas Memiliki tampilan berbeda yaitu bentuk sisik yang tajam dan warna kaki kuning polos. Kini sisik naga emas Terbilang sulit dicari bahkan ditemukan. Memiliki bobot tenaga pukulan tidak terlalu keras namun menyakitkan seperti ditusuk jarum yang mengakibatkan lawan tarung mudur dalam pertempuran Memiliki kehebatan super taji yang dapat merusak bahkan melumpukan Memiliki Mental jiwa seorang petarung sejati Memiliki kecapatan, keseimbang dan pergerakan terbilang agresif/lincah
  4. KADAL METENG Sisik kaki kadal meteng merupakan salah satu sisik ayam aduan yang ditakuti oleh para lawannya dan Katuranggan yang dimiliki masih dipercaya sampai saat ini. Ciri khas jenis ini punya model sisik tajam pada setiap jari kaki. Kadal meteng sering disebutkan salah satu sisik beracun ( dalam bahasa sunda sisik Peurah) biasanya jika terkena pukulan sisik ini akan meninggalkan bekas seperti biru memar. Kadal meteng sebetulnya suatu ciri bentuk sisik yang hanya dimiliki ayam betina/babon maka dari itu jarang sekali terlihat pada ayam jantan berbanggalah anda jika memiliki ayam aduan dengan tampilan sisik seperti berikut ini. Memiliki pukulan pedas dan menyakitkan meski kecil mampu memutuskan saraf Memiliki pukulan tenaga dalam yang banyak disebut pukulan beracun/peurah Memiliki Mental yang terbilang sedikit lambat Memiliki Keseimbangan bagus dan pergerakan lebih lincah
  5. KING SAPU JAGAT Sisik kaki sapu jagat salah satu jenis paling terlangka sulit ditemukan pertama kali ditemukan yaitu dinegara thailan dan Myanmmar hanya orang - orang tertentu saja pernah memilikinya. Berbicara tentang Katuranggan sisik ini sering dikatakan punya banyak keistimewaan seperti aura wibawa dan kesan melihat dari bentuk tampilan king sapu jagat punya pamor sisik menakutkan bahkan para penghobi lama menyebutnya salah satu mesin pembunuh dalam artian mampu mengalahkan lawan hanya dengan 3/4 kali pukulan. ciri khas king sapu jagat sendiri punya ciri sisik aneh dan unik yang menyerupai tulang kalau diperhatikan hampir mirip dengan bentuk taji/jalu Memiliki pukulan sangat keras disertai taji/jalu yang mampu membuat lawannya ambruk dengan hanya berapa pukulan saja Memiliki kehebatan pukulan special depan dan badan sangat ahli dibidang brangkot Memiliki mental cukup ganas saat bertarung Memiliki pergerakan kaki sedikit lamban
  6. ULAR PANDAN (Pandanus Snake) Siapa yang tak mengenal salah satu sisik paling dicari dan populer dengan famor khas sisik kaki berwarna hijau ini menjadi jenis yang terhebat dan berbahaya didunia sabung ayam. Menurut cerita sisik ular pandan dikenal paling ditakuti para bobotoh papan atas pada masa itu jenis ini memiliki pecahan komplit atau istilah tembus pada setiap jari dan sisik utama. Para hobi mempercayai Katuranggan ayam aduan model sisik ular pandan begitu kuat dan sakti Berikut ciri asli sisik ular pandan. Memiliki pukulan super tandes/jero terasa pada setiap tulang dalam, Sangat cepat dibidang menuntaskan pertarungan Memiliki kelebihan balasan pukulan lebih menyakitkan, efek terkena pukulannya mampu memberikan reaksi cepat yang berpengaruh pada setiap otot - otot sehingga lawan tidak bisa berjalan bahkan memukul Memiliki Mental yang dikenal keganasannya Memiliki keseimbangan dan pergerakan super cepat juga baik
  7. GAMBIR Sisik kaki Gambir memiliki khas warna corak merah kecoklatan pada bagian sisik utama' ayam aduan dengan sisik seperti ini merupakan salah satu yang boleh dikatakan paling berbahaya jika terkena pukulanya mampu membuat lawan terguling bahkan K.O dalam beberapa ronde. Sisik gambir menjadikan terfavorit dihati dan dimata pecinta sabung ayam, menurut mitos sisik yang terdapat corak merah adalah ayam terkuat dan sulit untuk dikalahkan. Memiliki pukulan pedas, panas dan keras mampu merusak pada bagian kelemahan lawan Memiliki kekuatan tenaga pukul 2x lipat lebih menyakitkan, Jika terkena pukulan pada bagian sambungan leher bisa berakibat fatal Memiliki mental super dan pemberani Memiliki pergerakan dan kecepatan kaki cukup seimbang saat melakukan penyerangan atau pun kuda - kuda
Mungkin itu saja 21 Nama Sisik Kaki Ayam Petarung Terhebat Dan Paling Banyak Dicari pilihan dari setiap model dan ciri sisik yang saya tuliskan dalam artikel ini merupakan jenis sisik kaki ayam aduan pilihan yang dikenal akan keganasan dan kehebatan masing - masing saya harap informasi ini sedikit memberikan ilmu tentang nama nama dan kualitas jenis sisik.
submitted by MelodicConfusion500 to AYAMBANGKOK [link] [comments]


2024.04.06 02:10 Hidhayat05 Tabel 3.4 Rancangan Naskah (Lanjutan)

Tabel 3.4 Rancangan Naskah (Lanjutan)
Scene 1
Narrator
Bingung mau lanjut kemana?
CUT TO
Scene 2
Narrator
Ke SMK Panca Bhakti Banjarnegara saja, lulus bias langsung kerja
ataupun kuliah
CUT TO
Scene 3
Narrator
SMK Panca Bhakti Banjarneagara merupakan salah satu sekolah menengah kejuruan
yang memiliki akreditasi A
CUT TO
Scene 4
Narrator
SMK Panca Bhakti Banjarnegara sudah berdiri sejak tahun 1971
CUT TO
Scene 5
Narrator
Dan terletak di Jalan Tentara Pelajar Sokanandi Banjarnegara 5 km dari pusat
pemerintahan Kabupaten Banjarnegara
CUT TO
Scene 6
Narrator
Hingga saat ini, SMK Panca Bhakti memiliki lima kompetensi
keahlian, antara lain, Teknik komputer & jaringan, teknik kendaraan ringan otomotif, Teknik & bisnis sepeda motor, Desain permodelan & informasi bangunan & Teknik elektronika industri
CUT TO
Scene 7
Narrator
Kelas
Kelas khusus di SMK Panca Bhakti Banjarnegara antara lain
Axioo kelas program, kelas untuk teknik komputer dan jaringan keunggulan
axioo kelas program dibanding kelas reguler yaitu fasilitas yang lebih lengkap
dan materi juga mendapatkan materi tambahan sesuai arahan dari mitra industrinya
CUT TO
Scene 8
Narrator
Daihatsu kelas program, kelas untuk teknik kendaraan ringan otomotif
Daihatsu kelas program
CUT TO
Scene 9
Narrator
Yamaha kelas program untuk teknik dan bisnis sepeda motor
CUT TO
Scene 10
Narrator
Autocad kelas program untuk desain pemodelan dan informasi bangunan
CUT TO
Scene 11
Narrator
Fukusuke kogyo kelas program untuk teknik elektronika industri
CUT TO
Scene 12
Narrator
Bukan cuma itu SMK Panca Bhakti Banjarnegara memiliki banyak ekstra kulikuler diantaranya
CUT TO
Scene 13
Pencak silat, renang, panahan, atletik, sepak bola, pecinta alam, pmr,
pramuka, pleton inti, paduan suara, radio, music, drumband
CUT TO
Scene 14
Narrator
SMK Panca Bhakti Banjarnegara juga memiliki fasilitas seperti
CUT TO
Scene 15
Narrator
Lab computer, lab kejuruan, perpustakaan, mushola, kantin, lahan parkir
CUT TO
Scene 16
Narrator
Udah cocok dengan SMK Panca Bhakti Banjarnegara, tapi bingung
Cara daftarnya bagaimana…?
CUT TO
Scene 17
Narrator
Yang pertama datang & isi formulir di smk panca bhakti,
Bebas dari tato dan tindik, umur saat mendaftar tidak lebih dari 21 tahun,
Sehat jasmani & rohani, tidak buta warna, menyerahkan pasfoto hitam putih 3x4 sebanyak 5, menyerahkan ijazah atau surat keterangan kelulusan smp,
menyerahkan fotokopi akte kelahiran, menyerahkan fotokopi kartu keluarga, dan menyerahkan kip atau sktm bila ada
CUT TO
Scene 18
Narrator
Dan pendaftaran bias dilakukan secara online melalui link…untuk informasi
Selengkapnya
CUT TO
Scene 19
Narrator
Yuk segera gabung dengan SMK Panca Bhakti Banjarnegara
Tabel 3. 5 Rancangan Storyboard
Scene

gambaran

Narasi

Deskripsi

Durasi
Scene 1


Bingung mau lanjut kemana?

Menampilkan motion graphic yang berisi tulisan dan tanda tanya

Scene 2


Ke SMK Panca Bhakti Banjarnegara saja, lulus bisa langsung kerja
ataupun kuliah

Muncul logo smk panca bhakti dan tulisan

Scene 3


SMK Panca Bhakti Banjarneagara merupakan salah satu sekolah menengah kejuruan
yang memiliki akreditasi A

Menampilkan gambar sekolah kendaraan, pepohonan. Jalan dan animasi logo akreditasi

Scene 4


SMK Panca Bhakti Banjarnegara sudah berdiri sejak tahun 1971

Menampilkan gambar pigura dan logo smk panca bhakti berserta tahun berdirinya

Scene 5


Dan terletak di Jalan Tentara Pelajar Sokanandi Banjarnegara 5 km dari pusat
pemerintahan Kabupaten Banjarnegara

Menampilan animasi peta dari lokasi smk panca bhakti

Scene 6


Hingga saat ini, SMK Panca Bhakti memiliki lima kompetensi
keahlian, antara lain, Teknik komputer & jaringan, teknik kendaraan ringan otomotif,
Teknik & bisnis sepeda motor, Desain permodelan & informasi bangunan & Teknik
elektronika industri

Scene ini menampilkan logo dari setiap kompetensi kejuruan yang ada pada smk panca bhakti

Scene 7


Kelas khusus di SMK Panca Bhakti Banjarnegara antara lain
Axioo kelas program, kelas untuk teknik komputer dan jaringan keunggulan
axioo kelas program dibanding kelas reguler yaitu fasilitas yang lebih lengkap
dan materi juga mendapatkan materi tambahan sesuai arahan dari mitra industrinya


Scene 8


Daihatsu kelas program, kelas untuk teknik kendaraan ringan otomotif
Daihatsu kelas program


Scene 9


Yamaha kelas program untuk teknik dan bisnis sepeda motor


Scene 10


Autocad kelas program untuk desain pemodelan dan informasi bangunan


Scene 11


Fukusuke kogyo kelas program untuk teknik elektronika industri


Scene 12


Bukan cuma itu SMK Panca Bhakti Banjarnegara memiliki banyak ekstra kulikuler
diantaranya


Scene 13


Pencak silat, renang, panahan, atletik, sepak bola, pecinta alam, pmr,
pramuka, pleton inti, paduan suara, radio, music, drumband


Scene 14


SMK Panca Bhakti Banjarnegara juga memiliki fasilitas seperti


Scene 15


Lab computer, lab kejuruan, perpustakaan, mushola, kantin, lahan parkir


Scene 16


Udah cocok dengan SMK Panca Bhakti Banjarnegara, tapi bingung
Cara daftarnya bagaimana…?


Scene 17


Yang pertama datang & isi formulir di smk panca bhakti,
Bebas dari tato dan tindik, umur saat mendaftar tidak lebih dari 21 tahun,
Sehat jasmani & rohani, tidak buta warna, menyerahkan pasfoto hitam putih 3x4
sebanyak 5, menyerahkan ijazah atau surat keterangan kelulusan smp,
menyerahkan fotokopi akte kelahiran, menyerahkan fotokopi kartu keluarga, dan
menyerahkan kip atau sktm bila ada


Scene 18


Dan pendaftaran bias dilakukan secara online melalui link…untuk informasi
Selengkapnya


Scene 19


Yuk segera gabung dengan SMK Panca Bhakti Banjarnegara


submitted by Hidhayat05 to u/Hidhayat05 [link] [comments]


2024.04.06 02:10 Hidhayat05 Naskah

Tabel 3.4 Rancangan Naskah (Lanjutan)
Scene 1
Narrator
Bingung mau lanjut kemana?
CUT TO
Scene 2
Narrator
Ke SMK Panca Bhakti Banjarnegara saja, lulus bias langsung kerja
ataupun kuliah
CUT TO
Scene 3
Narrator
SMK Panca Bhakti Banjarneagara merupakan salah satu sekolah menengah kejuruan
yang memiliki akreditasi A
CUT TO
Scene 4
Narrator
SMK Panca Bhakti Banjarnegara sudah berdiri sejak tahun 1971
CUT TO
Scene 5
Narrator
Dan terletak di Jalan Tentara Pelajar Sokanandi Banjarnegara 5 km dari pusat
pemerintahan Kabupaten Banjarnegara
CUT TO
Scene 6
Narrator
Hingga saat ini, SMK Panca Bhakti memiliki lima kompetensi
keahlian, antara lain, Teknik komputer & jaringan, teknik kendaraan ringan otomotif, Teknik & bisnis sepeda motor, Desain permodelan & informasi bangunan & Teknik elektronika industri
CUT TO
Scene 7
Narrator
Kelas
Kelas khusus di SMK Panca Bhakti Banjarnegara antara lain
Axioo kelas program, kelas untuk teknik komputer dan jaringan keunggulan
axioo kelas program dibanding kelas reguler yaitu fasilitas yang lebih lengkap
dan materi juga mendapatkan materi tambahan sesuai arahan dari mitra industrinya
CUT TO
Scene 8
Narrator
Daihatsu kelas program, kelas untuk teknik kendaraan ringan otomotif
Daihatsu kelas program
CUT TO
Scene 9
Narrator
Yamaha kelas program untuk teknik dan bisnis sepeda motor
CUT TO
Scene 10
Narrator
Autocad kelas program untuk desain pemodelan dan informasi bangunan
CUT TO
Scene 11
Narrator
Fukusuke kogyo kelas program untuk teknik elektronika industri
CUT TO
Scene 12
Narrator
Bukan cuma itu SMK Panca Bhakti Banjarnegara memiliki banyak ekstra kulikuler diantaranya
CUT TO
Scene 13
Pencak silat, renang, panahan, atletik, sepak bola, pecinta alam, pmr,
pramuka, pleton inti, paduan suara, radio, music, drumband
CUT TO
Scene 14
Narrator
SMK Panca Bhakti Banjarnegara juga memiliki fasilitas seperti
CUT TO
Scene 15
Narrator
Lab computer, lab kejuruan, perpustakaan, mushola, kantin, lahan parkir
CUT TO
Scene 16
Narrator
Udah cocok dengan SMK Panca Bhakti Banjarnegara, tapi bingung
Cara daftarnya bagaimana…?
CUT TO
Scene 17
Narrator
Yang pertama datang & isi formulir di smk panca bhakti,
Bebas dari tato dan tindik, umur saat mendaftar tidak lebih dari 21 tahun,
Sehat jasmani & rohani, tidak buta warna, menyerahkan pasfoto hitam putih 3x4 sebanyak 5, menyerahkan ijazah atau surat keterangan kelulusan smp,
menyerahkan fotokopi akte kelahiran, menyerahkan fotokopi kartu keluarga, dan menyerahkan kip atau sktm bila ada
CUT TO
Scene 18
Narrator
Dan pendaftaran bias dilakukan secara online melalui link…untuk informasi
Selengkapnya
CUT TO
Scene 19
Narrator
Yuk segera gabung dengan SMK Panca Bhakti Banjarnegara
Tabel 3. 5 Rancangan Storyboard
Scene

gambaran

Narasi

Deskripsi

Durasi
Scene 1


Bingung mau lanjut kemana?

Menampilkan motion graphic yang berisi tulisan dan tanda tanya

Scene 2


Ke SMK Panca Bhakti Banjarnegara saja, lulus bisa langsung kerja
ataupun kuliah

Muncul logo smk panca bhakti dan tulisan

Scene 3


SMK Panca Bhakti Banjarneagara merupakan salah satu sekolah menengah kejuruan
yang memiliki akreditasi A

Menampilkan gambar sekolah kendaraan, pepohonan. Jalan dan animasi logo akreditasi

Scene 4


SMK Panca Bhakti Banjarnegara sudah berdiri sejak tahun 1971

Menampilkan gambar pigura dan logo smk panca bhakti berserta tahun berdirinya

Scene 5


Dan terletak di Jalan Tentara Pelajar Sokanandi Banjarnegara 5 km dari pusat
pemerintahan Kabupaten Banjarnegara

Menampilan animasi peta dari lokasi smk panca bhakti

Scene 6


Hingga saat ini, SMK Panca Bhakti memiliki lima kompetensi
keahlian, antara lain, Teknik komputer & jaringan, teknik kendaraan ringan otomotif,
Teknik & bisnis sepeda motor, Desain permodelan & informasi bangunan & Teknik
elektronika industri

Scene ini menampilkan logo dari setiap kompetensi kejuruan yang ada pada smk panca bhakti

Scene 7


Kelas khusus di SMK Panca Bhakti Banjarnegara antara lain
Axioo kelas program, kelas untuk teknik komputer dan jaringan keunggulan
axioo kelas program dibanding kelas reguler yaitu fasilitas yang lebih lengkap
dan materi juga mendapatkan materi tambahan sesuai arahan dari mitra industrinya


Scene 8


Daihatsu kelas program, kelas untuk teknik kendaraan ringan otomotif
Daihatsu kelas program


Scene 9


Yamaha kelas program untuk teknik dan bisnis sepeda motor


Scene 10


Autocad kelas program untuk desain pemodelan dan informasi bangunan


Scene 11


Fukusuke kogyo kelas program untuk teknik elektronika industri


Scene 12


Bukan cuma itu SMK Panca Bhakti Banjarnegara memiliki banyak ekstra kulikuler
diantaranya


Scene 13


Pencak silat, renang, panahan, atletik, sepak bola, pecinta alam, pmr,
pramuka, pleton inti, paduan suara, radio, music, drumband


Scene 14


SMK Panca Bhakti Banjarnegara juga memiliki fasilitas seperti


Scene 15


Lab computer, lab kejuruan, perpustakaan, mushola, kantin, lahan parkir


Scene 16


Udah cocok dengan SMK Panca Bhakti Banjarnegara, tapi bingung
Cara daftarnya bagaimana…?


Scene 17


Yang pertama datang & isi formulir di smk panca bhakti,
Bebas dari tato dan tindik, umur saat mendaftar tidak lebih dari 21 tahun,
Sehat jasmani & rohani, tidak buta warna, menyerahkan pasfoto hitam putih 3x4
sebanyak 5, menyerahkan ijazah atau surat keterangan kelulusan smp,
menyerahkan fotokopi akte kelahiran, menyerahkan fotokopi kartu keluarga, dan
menyerahkan kip atau sktm bila ada


Scene 18


Dan pendaftaran bias dilakukan secara online melalui link…untuk informasi
Selengkapnya


Scene 19


Yuk segera gabung dengan SMK Panca Bhakti Banjarnegara


submitted by Hidhayat05 to u/Hidhayat05 [link] [comments]


2024.04.02 07:05 sumpitsakit Anda harus ikut berpartisipasi

Anda harus ikut berpartisipasi submitted by sumpitsakit to ondonesia [link] [comments]


2024.04.02 07:03 pesulap_akademik967 Anda harus ikut berpartisipasi

Anda harus ikut berpartisipasi submitted by pesulap_akademik967 to indonesia [link] [comments]


2024.03.20 08:48 Ben_Belanda Learning Bahasa Indonesia 🇮🇩(JakBar/JakPus)

Hello everyone! An international friend is planning to move this summer to Jakarta for 1,5 years and is looking for an affordable language school for 2-3 days a week for a few months. Just to learn the basics of grammar and especially focus on everyday conversations.
Who can recommend a language school in West Jakarta or Central Jakarta?

Halo semuanya! Seorang teman berencana pindah ke Jakarta untuk 1,5 tahun ini. Dia mencari sekolah bahasa yang terjangkau untuk mengikut kelas 2-3 hari seminggu selama beberapa bulan. Fokusnya untuk mempelajari dasar-dasar tata bahasa dan terutama fokus pada percakapan sehari-hari.
Siapa yang bisa merekomendasikan sekolah bahasa di Jakarta Barat atau Jakarta Pusat?
submitted by Ben_Belanda to Jakarta [link] [comments]


2024.03.18 13:25 zenonidenoni Program Intervensi Literasi dan Numerasi untuk murid belum kuasai 3M

Program Intervensi Literasi dan Numerasi untuk murid belum kuasai 3M
Menterinya, Fadhlina Sidek berkata, inisiatif berkenaan bermula sesi akademik 2024/2025 yang mana pengesanan awal dilaksanakan melalui Pentaksiran Bilik Darjah (PBD) setelah murid mengikuti persekolahan selama tiga bulan.
"Selepas tiga bulan, murid yang dikenal pasti belum menguasi 3M akan diasingkan dari kelas semasa dan diletakkan di bawah program ini selama tiga bulan," katanya ketika sidang akhbar khas intervensi Kurikulum di Kementerian Pendidikan (KPM) di sini pada Isnin.
Ujarnya, murid terbabit akan berada di bawah program intervensi berkenaan selama tiga bulan bermula Julai.
"Jika mereka telah mencapai tahap penguasaan di dalam tempoh intervensi tersebut, murid akan dikeluarkan dan diletakkan semula di dalam kelas asal.
"Murid yang masih lemah akan menerusi Program Intevensi Literasi dan Numerasi bagi tempoh tiga bulan lagi," jelas beliau.
Menurut Fadhlina, KPM juga memandang serius terhadap kegusaran yang diutarakan oleh ibu bapa dan guru seperti aras kurikulum yang tinggi serta kandungan kurikulum kurang sesuai dengan usia murid.
"Bagi menangani kesemua isu tersebut, KPM menyediakan Dokumen Penjajaran Kurikulum Standard Sekolah Rendah (KSSR) (Semakan 2017) Edisi 3 bagi mata pelajaran Sains dan Matematik Tahap I yang digunakan mulai sesi ini.
Dokumen ini disediakan sebagai pilihan kepada guru dalam pelaksanaan kurikulum sekolah rendah dan boleh digunakan bersama-sama Modul Bimbingan Sains dan Matematik Tahap I," katanya. Beliau berkata, dokumen penjajaran bagi mata pelajaran Bahasa Melayu dan Bahasa Inggeris akan menyusul.
Berhubung dengan pelaporan PBD sukar difahami dan ibu bapa tiada akses untuk mendapatkan pelaporan PBD, Fadhlina berkata, KPM mengambil langkah untuk mempermudahkan perkara tersebut. "Selain itu pelaporan tahap penguasaan Ujian Akhir Sesi Akademik (UASA) bagi semua mata pelajaran akan ditukar dalam bentuk peratus dan gred," kata Fadhlina.
Tambah beliau, pelaporan PBD boleh diakses oleh ibu bapa secara dalam talian melalui Sistem Pengurusan Pentaksiran Bersepadu. "Sekarang ibu bapa boleh melihat pelaporan ini secara dalam talian," kata Fadhlina.
Menurutnya, penataran Dokumen Penjajaran KSSR (Semakan 2017) Edisi 3 akan dibuat bermula 19 Mac kepada semua guru mata pelajaran Sains dan Matematik sekolah rendah melalui penganjuran bengkel dan latihan.
"Agenda reformasi pendidikan KPM memastikan tambah baik yang berterusan untuk meningkatkan kualiti demi manfaat semua murid," katanya.
Ujar beliau, kurikulum adalah bersifat dinamik dan progresif serta memerlukan proses penambahbaikan dari semasa ke semasa agar seiring serta relevan dengan keperluan masa kini dan akan datang.
"Maklum balas daripada pelbagai pihak berkepentingan termasuk ibu bapa, merupakan salah satu sumber maklumat yang penting dalam pembangunan kurikulum," katanya.
Dalam masa yang sama, beliau berkata KPM juga mengambil pendekatan untuk melihat ke hadapan, terutamanya dalam rangka persediaan pelaksanaan Kurikulum Persekolahan 2027 yang memberi tumpuan kepada penguasaan literasi, numerasi dan pembentukan karakter.
"Kementerian amat menghargai keprihatinan dan pandangan ibu bapa serta masyarakat terhadap kurikulum persekolahan sedia ada," katanya.
submitted by zenonidenoni to NegarakuMalaysia [link] [comments]


2024.03.06 12:42 ebbster TIL about this 1959 Berita Harian story on a debate over a word's meaning in then Malaya vs. Indonesia

I was looking for sources and citations why Wikipedia needs to change Malacca to Melaka then dragged to the etymology of jawi script, rumi script, and then I saw this.
Archive link here. Below is a partial of the whole text re-typed in modern Malay language.
I have to censor it due to the nature of the word discussed.
Masalah bahasa daerah dalam bahasa indonesia
[BY Abdul Majid, Berita Harian, 3 October 1959]
Di Bandjarmasin Kalimantan (Borneo) baru-baru ini telah dilangsungkan perbahasan khusus mengenai perkataan "butuh" atau "butoh" menurut ejaan di Malaya, dengan dihadiri oleh ramai orang cerdik pandai, para pembesar tempatan dan wartawan.
Sesudah berlangsung lebih dari setengah jam perbahasan ini maka dikeluarkan sebuah pernyatan yang isinya menganjurkan supaya di Kalimantan orang jangan mengeluarkan perkataan ini dalam apa jua pembicaraan maupun pidato.
Bahasa Jawa
"Butoh" menurut bahasa Banjar ialah "kemaluan lelaki."
Perkataan "butuh" yang sekarang sudah tidak asing lagi dipakai dalam surat-surat rasmi pemerintah Indonesia, adalah perkataan Jawa yang ertinya "perlu".
Kebutuhan bererti "keperluan" tetapi di Kalimantan dan Sumatera perkataan ini bererti "kemaluan lelaki" sama juga seperti di Malaya.
Alasan yang dikemukan dalam mengeluarkan pernyataan ini ialah perkatan "butuh" yang selalu diucapkan oleh orang yang berasal dari Kalimantan "sangat menganggu perasaan terutamanya bagi pihak kaum wanita".
"Surat khabar "Pedoman" di sini dalam ulasannya mengenai "pernyataan" di Kalimantan terhadap pemakaian perkataan "butuh" ini menceritakan kononnya ada seorang bangsawan di Malaya yang di masa permulaan revolusi Indonnesia[sic], suka mendengar siaran radio Jogja.
Tutup radio
Pada suatu malam ia mendengar penyiar Radio Jogja menggunakan perkataan "butuh" maka dengan tidak tunggu lagi bangsawan mematikan radionya sambil mengucap "Masha' Allah" oleh kerana di dalam bilik ada beberapa puterinya. . .
since I remember talking to some people in /malaysia about how Malay language is flexible and Malay culture was easy to be embedded, I believe I owe this thread to those language fans instead of sharing this to /bahasamelayu straight. (Sorry, I can't remember your name and I'm lazy to dig my history)
I didn't know that Jawa words are being used and introduced as standardised modern Indonesia (pre-and post 1974). So that is a major TIL on my part.
edit: link
submitted by ebbster to malaysia [link] [comments]


2024.02.18 03:53 maminya_mahae my love story #1

hai, hilmi. mungkin kamu nganggep ini kaya perkataan orang bodoh yang obsess sama kamu, tapi kamu harus tau, ini hal yang pengen aku bilang ke kamu dari lubuk hatiku paling dalam.
aku ketemu kamu di sekolah, tepatnya ruang 11 sekolah kita. ruang kelasku, kamu di bangku nomor satu sedangkan aku di bangku nomor delapan belas. pas itu kita lagi kelas btaq, pas aku denger suaramu, aku kagum, banget. suaramu merdu, mi.
aku ketemu kamu lagi di kelas bahasa inggris, kita sekelas lagi. aku ngeliat kamu.. lucu banget. aku pas itu nggak ada rasa apapun sama kamu kecuali kagum. satu hari, aku nganterin benieng ke kamar mandi. ada dua kakak kelas yang bilang kalo "benieng, kamu deket ya sama hilmi? aku temen sekelas kakaknya" dan mereka kaya ngeship kamu sama benieng, aku diem aja terus ketawa dikit. aku nggak cemburu, karna pas itu juga.. aku belum suka kamu.
makin lama, aku makin ngeliatin kamu, kamu itu.. lucu, banget. caramu ngobrol sama orang, caramu ngomong bahasa inggris, caramu memperlakukan orang, caramu buat bikin semua orang di sekitarmu seneng. aku suka.
satu hari, aku lagi di kopsis. duduk, mau masang sepatu. disebelahku itu kamu, yang sayangnya kakimu lagi cidera, keseleo, garagara kamu sendiri lari larian pas lagi olahraga. lucu, kamu ngerengek ke mamamu, bilang "gamau digendong, malu ada cewe". itu pertama kalinya aku punya another feeling buat kamu, hilmi.
akhirnya aku sering ngeliatin kamu, caranya kamu berinteraksi sama orang, caranya kamu senyum, caranya kamu ketawa. semua yang kamu lakuin, aku liatin dan aku dengerin, hilmi.
aku coba tanya faradisa tentang kamu, akhirnya aku memberanikan diri buat minta nomor kamu dan ngechat kamu, mi. maaf, di awal kita chatan aja aku bikin masalah, maaf ya, aku cuma bercanda sama faradisa pas itu hehe.
akhirnya aku tau, kamu anaknya ceroboh, dan lupa akan sesuatu. pas kamu mudik, aku ngetawain kelucuanmu yang dua kali salah lokasi, lucu banget. dan kamu anaknya suka sharing, suka cerita. what if kamu jadi pacarku, mungkin kamu tiap hari ngespam 100 unread yang isinya a day in ur life ya? hehe, lucu deh.
akhirnya aku juga tau kalo kita punya kesukaan yang sama, yaitu sama sama suka outer space! aku seneng banget pas tau, karna akhirnya kita bisa punya topik pembicaraan.
kamu inget ngga? pas aku ada bikin masalah kecil itu? yang sampe kamu bilang "masalah kecil nggausah dibesar-besarkan." maaf ya hilmi, maaf banget. aku bertingkah kaya gitu pasti kamu risih banget ya? that's why we can't have a relationship. issues ku terlalu banyak, hil. aku nggak pantes buat kamu. aku trust issue, aku juga ngerasa lancang buat bilang "soulmate things" ke ryuza dan faradisa. so ya, maaf ya?
aku pernah ngucapin kamu ucapan ulangtahun ke kamu hil, yaa walaupun ngucapinnya lewat faradisa dan ryuza, semoga pesannya tersampaikan ya. kalau belum, happy birthday, sayang.
i think it is enough for now karna ini cuma cerita tentang how we met? so ya, see u there.
submitted by maminya_mahae to u/maminya_mahae [link] [comments]


2024.01.30 12:58 scott_gaming1 Streak 61

Hari ini adalah hari yang baik. Banyak teman saya menemui, dan saya bercakap dengan guru-guru saya juga. Tahun ini akan sangat saya sukai karena ini tahun pertama yang saya memilih semua mata pelajarannya. Pada saat ini, saya belajar bahasa Indonesia, bahasa Inggris, ilmu kimia, dan dua kelas matematika berbeda. Guru untuk kimia ramah, dan guru matematika pandai sekali. Sayangnya, guru matematika tidak ada di sekolah hari ini karena dia sungguh sakit. Kelas saya mengharap dia sembuh dengan cepat dan mudah.
submitted by scott_gaming1 to writestreakindonesian [link] [comments]


2024.01.29 00:59 RiotReads Textbooks for grammar?

Hi, I need some good grammar textbooks to learn about the sentence structure, prefixes, and suffixes. Saya pelajar antarabangsa, belajar dalamtalian, jadi tak ada kelas bahasa di sekolah saya. Does anyone have good textbook recommendations for advanced grammar? I have already figured out the basics and can hold a reasonable conversation but I really need to know the formal rules at this point. Tq
submitted by RiotReads to bahasamelayu [link] [comments]


2024.01.24 13:16 anton-rs H2H a-rs#1 Mahasiswa sepuh (sm14)

Baru nyadar ada flair 'Heart to Heart', mirip Stories From The Heart (SFTH) di kaskus kah? Jadi kepikiran buat nulis curhatan kehidupan diri sendiri. Sharing sekalian nanya2.

Siapa gue?

Mungkin beberapa udah kenal karena gue sering curhat soal masalah motivasi ngerjain skripsi. Buat yang belum tahu, kenalin gue anton, mahasiswa IT tahun ke 9. Lah kok bisa sampai 9? bukannya maksimal kuliah S1 itu 7 tahun? bener 7 tahun tapi di kampus gue boleh cuti maks 4x jadi 2 tahun tambahan tanpa bayar semesteran.

Kok bisa sampai sm14?

Skripsi, makhluk ajaib yang bisa bikin gue stuck di kehidupan sejak 2018. Udah 8x ambil skripsi, gagal 6x, 1x semester kemarin cukup lancar dan dilanjutin di sm14 ini. Gue tolol? maybe. Tapi secara akademik, gue lancar2 aja. Di semester 7 saat ambil skripsi pertama, gue harusnya udah bisa lulus semester 7 kalau skripsi selesai karena matkul udah mencukupi buat lulus. IPK juga masih ok 3.52. Tapi ga bangga juga sih, soalnya menurut gue gampang dapat IPK segitu di kampus gue, jangan bandingin sama ITB atau UI, jauh, yang udah grinding pun katanya masih sulit dapat IPK bagus disitu.

Flashback kehidupan sekolah

SD

SD ga pernah belajar di rumah tapi diikutin les ke tetangga yang udah retired jadi guru SD. Jadi di kelas pas materinya diulang, gue udah paham duluan dan sering jawab ketika gurunya nanya. 2 moment yang gue inget waktu itu ketika pak A nanya urutan peredaran darah di jantung. Materi yang diajarin minggu lalu dan diajuin pak A buat nge test aja, gue angkat tangan dan jawab bener. Temen cewek si R nyeletuk 'eh lu pinter ya masih inget aja materi minggu lalu'. Yang kedua pas pelajaran MTK dan dikasih 10 soal sehabis dikasih tahu materinya, pak P guru MTK juga bilang 'yang udah selesai boleh istirahat duluan'. Soalnya penjumlahan bilangan pecahan sehabis diajarin FPB dan KPK. Beberapa menit selesai dan gue maju mau ngumpulin ke pak P buat dikoreksi, bener semua dan saat gue mau keluar, pak P nyeletuk ke temen gue si Y yang lagi ngobrol "eh Y, jangan ngobrol mulu, langsung kerjain kayak anton biar pinter juga". Tapi sebenernya gue ga pinter2 amat sih, gue bisa karena udah belajar duluan di les2an. Udah 2x lagi, les2annya cuman 1 ruangan, angkatan gue dan 1 tingkat di atas itu digabung. Gue udah belajar duluan tahun kemarin di les2an, gampang banget jadinya. Btw model les2annya 'siapa yang nanya materi X' malam itu bahas materi X, kalau ga ada yang nanya, pak K bakal ngasih pelajaran di subjek specialitynya 'sejarah', kadang bahas sejarah folklore kayak cerita2 candi, ken arok, atau cerita2 perjuangan kemerdekaan.
IDK why I'm still remember that 2 moments lol.

SMP

Pas lulus SD dapat nilai UN bagus dan bisa masuk SMP favorit. Kebetulan SMP 1 lokasinya di desa gue jadi bisa sepedaan karena deket dengan rumah. SMP berikutnya, SMP 2 punya jarak lokasi 8KM an. Tapi udah expected sih masuk SMP 1, karena di kelas 6, beberapa murid yang pinter2 dapat kelas tambahan buat diajarin lagi supaya bisa ngasih contekan ke temen rata2 nilai UN yang bagus buat SDnya. Walaupun gue minta ke ortu buat dimasukin SMP 2 aja, karena banyak temen2 gue yang masuk situ, tapi ga dibolehin. SMP 1 sama SMP 2 selain jauh jaraknya, SMP 1 emang bener2 favorit, bahkan ada murid2 yang nge kost waktu masuk SMP situ karena rumahnya jauh banget.
Waktu SMP di kelas 7C, karena ga les lagi dan ga pernah belajar di rumah, gue jadi tolol dan dapat ranking paling bawah, rank 32 :') Semester berikutnya Alhamdulillah ada kenaikan jadi ranking 4 tapi dari paling bawah, rank 28.
Bokap guru SMP di luar pulau yang pulang cuman 1-2 minggu tiap liburan semester, akhirnya tahu gue sulit disuruh belajar, ranking bawah dan kerjaannya cuman main PC. Sejak kelas 8 di daftarin bimbel P yang mahal. Gue masih ga belajar di rumah, cuman belajar waktu les dan di kelas. Singkatnya gue jadi dapat ranking 7 dan ranking 1 waktu kelas 8 (beneran rank dari atas). Entah gue yang beneran pinter atau karena gue masuk kelas H di kelas 8. (di SMP kelasnya ada A sampai H, Kelas A dan B itu spesial / favorit, isinya murid2 yang top ranking waktu kelas 7).
Endingnya waktu SMP, gue dapat nilai UN yang cukup lumayan tapi gagal masuk SMA Favorit, udah DP kost2an padahal :')

SMA

Karena gagal masuk SMA 1 G, SMA favorit sekabupaten (jauh tapi ga jauh2 banget), mau ambil SMA Favorit yang di kota juga males karena jauh banget. Akhirnya masuk SMA 1 P yang cukup OK dan ga jauh2 banget, 15m motoran. Ada sih SMA 1 C yang deket rumah tapi waktu itu SMA 1 P secara umum masih lebih bagus katanya. Tapi 1 hal yang bikin nyesek, ternyata di SMA 1 C mata pelajaran ekstranya ada 'bahasa jepang' :') Baru tahu yang namanya anime kelas 12 soalnya, jadi ga ambil pertimbangan mata pelajaran ekstra waktu milih SMA.
Btw info tambahan 'si R temen SD gue'. Dia masuk SMP 1 C juga, sama kayak gue dan dia ada di kelas A / B (kelas favorit). Dan waktu Kelas 9, Kelas A dan B kayak di spread gitu dan gue sekelas lagi sama si R (ga deket sih sama R tapi dia fun, keren, aktif dan sering ketawa anaknya, seinget gue). Pas SMA dia masuk SMA Favorit yang di kota, kelas akselerasi, jadi 2 tahun aja SMAnya, kalau ga salah lagi, dia kuliah HI tapi ga tahu sih, karena ga deket juga.
Tapi ada twist waktu gue masuk SMA, bokap gue juga masuk SMA 1 P di tahun yang sama bareng gue. "Hah, bokap lu masuk SMA?", iya, setelah perjuangan bertahun2 buat ngurus pindah PNS, bokap gue akhirnya berhasil balik ke rumah, btw gue tinggal ama 'mbah uti' (nenek dari bokap).
Satu hal yang beda dari sekolah favorit dan sekolah biasa. Rasa kompetisi waktu di SMP ilang aja gitu dan sekolahnya ga nge enforce murid2nya buat saling kompeitisi (bukan berarti jelek tapi beda aja). Selain nemu hobi baru nonton anime. Gue jadi corrupted sewaktu ujian semester kelas 10 dan sebangku sama kating cwk kelas 11. Contekan. Hal tabu yang ga pernah gue lakuin waktu SMP kecuali pas UN. Zaman itu, 3 hari UN masih jadi penentu lulus ngganya murid.
Karena temen2 kelas waktu itu majority juga pakai contekan dan gue orangnya manipulateable. Gue ikutan punya kebiasaan nyontek, waktu test mingguan, ujian tengah semester dan ujian. Tapi lucunya, gue masih dapat ranking waktu SMA. Bukan karena gue bener2 paham materinya kayak waktu SMP, tapi mungkin karena gue kelihatan pinter, komputer guy (udah bisa ngetik 10 jari dan udah biasa pakai google di daily life dengan HP Nokia 5130XM yang gue pakai selama 9 tahun, dari masuk SMP sampai lulus SMA), dari SMP favorit juga dan anaknya tipikal anak polos baik2 gitu. Dan gue baru tahu ternyata bokap di awal sering nanyain guru2 gue sehabis ujian "eh si anton gimana nilainya? ooh gitu ya, kok bisa segitu nilainya? dll". Mungkin guru2 lain merasa terganggu dan males jawabanya? lol, gue juga bukan siswa bermasalah jadi di bagus2in aja nilainya?. Tapi ada 1 temen seangkatan juga yang ibunya udah lama ngajar di situ tapi ga ranking. Jadi ngga tahu sih, ini pengaruh bokap atau bukan.
Skip ke akhir kelas 12.
Karena gue dikenal pinter, nilai bagus2 dan temen2 sering minta contekan PR karena gue hampir selalu ngerjain (udah manfaatin google buat belajar dan nugas sejak SMP kelas 8, masih banyak yang belum terbiasa nge google sih dulu). Banyak yang expect gue bakal dapai nilai UN bagus di SMA. Tapi... gue kenal DotA2 di kelas 12. Masa-masa yang seharusnya gue pakai buat grinding belajar UN, ngejar ketertinggalan materi. Parahnya lagi gue begadang main DotA2 sewaktu UN dan kena flu, jadi ngerjain harus sambil hati2 ada cairan yang netes dari hidung ke kertas UN.
Akhirnya gue ngecewain banyak orang, gue ga ambil pusing karena di angkatan gue waktu itu, persyaratan lulus atau tidak udah diserahin ke sekolah, bukan karena nilai UN. Karena info UN ga menentukan kelulusan itu, gue commit buat berhenti pakai contekan dan kembali ke jalan yang lurus. Tapi karena nilai UN yang jelek, udah expect juga ga bakal keterima jalur undangan ke pilihan 1 ITS. Sejak kelas 11 udah tahu juga mau ambil jurusan IT, sempet install android studio dan nyicip java dikit pas kelas 12 tapi karena DotA2, sekedar nyicip aja, nyarinya malah tutorial DotA2 di dotaallstars.
Karena jalur undangan gagal, akhirnya coba jalur mandiri di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) karena tanggal testnya lebih dulu dibandingin jalur tulis umum masuk PTN (SBMPTN waktu itu namanya). Karena PENS jalur mandirinya duluan, akreditasi di jurusan komputernya ok, ga terlalu jauh dan ga kemahalan kayak Universitas Surabaya (UBAYA) waktu itu. Sedihnya yang diterima waktu itu 12 dan gue nomor 13nya. Padahal kalau diterima, gue punya waktu jauh lebih banyak main DotA2 sambil nunggu masuk kuliah. Karena ga lolos, akhirnya grinding materi2 SBMPTN lagi lewat langganan bulanan di Zenius dan les offline di bimbel P. Karena ragu dan takut ga lolos kalau ambil ITS di pilihan 1 SBMPTN, akhirnya milih di PTN yang ok juga dan nerima mahasiswa banyak buat jurusan komputernya tapi bukan di surabaya.
Eh ternyata lolos, Alhamdulillah jadi ga perlu ngeluarin duit banyak buat jalur mandiri, tapi keluarnya kok sulit ya ... udah 9 tahun :')
Tapi harusnya lulus sih di sm14 ini, tinggal benerin laporan skripsi yang salah2. Aplikasi udah OK tapi mungkin gue improve lagi kalau ada waktu setelah nulis laporan (optional).

Life is good :D

Awalnya sebelum nulis panjang lebar itu, mau fokus ke bagian ini Life is good. Walaupun gue S1 9 tahun, gue happy2 aja. Kayaknya gue bakal bahagia tetep bahagia selama gue masih bisa duduk depan komputer, ada internet, punya atap atau numpang di rumah ortu dan punya duit buat makan besok.
Laptop spek pas2an, internet ga kenceng2 amat, atap walau hanya kost2an, nasi masak, dengan duit makan sekedar sayur 3k + 2k gorengan dan sekali2 makan hedon pakai gofood nunggu promo. Life is good. 5 tahun lagi gue masih gini juga bodo amat, tapi dalam 5 tahun skill2 gue pasti lebih jago. Rejeki halal juga udah diatur dan ga akan kemana. Gue juga ga bakal mati sebelum semua rezeki yang ditakdirkan buat gue dikasih Tuhan.
Quotes dari islam yang bikin gue ga khawatir di umur 26 baru lulus S1.
submitted by anton-rs to indonesia [link] [comments]


2024.01.20 13:14 tai_bergetar need help finding this book

need help finding this book
(Sorry if i used the wrong flair) Nemu ini di perpus sekolah dan jadi kepengen beli buat sendiri. Sudah coba cari online dan gaada yang bisa ship ke Indo, apakah ada toko buku di Indonesia (khususnya pulau Jawa) yang jual buku ini? kalau bisa dalam versi Bahasa Indonesia karena yang kutemukan ini versi bahasa Inggris. thx!
submitted by tai_bergetar to indonesia [link] [comments]


2024.01.08 18:36 kucingmbelink How do you call this "parent"?

A rant, i dunno where to put this but here we go...
Gw (M20), for the rest of my life gapernah tau bokap kandung gw kaya gmn. "Ur dad is buying milk" joke became true but anyway...
Nyokap nikah lagi, ama duda 3 anak pas gw umur 5th. Setelah nikah, terutama masa SD gw suicidal, parah. Udh suicidal, gak jarang diancem mo dibunuh ama bokap tiri gw. Dari diancem parang sampe mau diceburin sungai gede lagi banjir pas kelas 2SD. Kena bully jg waktu SD itu. Was a rough experience for 6 years or more. But i thought my mom was "lebih galak" at that time, dumb, ik. Anyway, aneh rasanya buat anak SD sampe suicidal. Good thing i survived.
Makin gede makin nyadar, andil dia secara langsung ke gw itu dikit, cenderung negatif malah. SD gw hobby gambar, ya walau jelek sih tp selalu didukung ama keluarga nyokap (TK gw tinggal ama keluarga nyokap). Abis nikah, dia dan anak - anaknya ini gak nanggung ngehujat gambar gw, sampe endingnya gw bener bener stop 100% setelah lulus SMP.
Gw suka ngebuat barang, yaa kaya DIY maker "drpd beli mending gw buat sendiri" sort of thing. Nyokap minta gw buat bikinin lampu meja. Gw bikinin deh, jadi, nyokap oke oke aja. Dia dateng, ngatain bikinan gw ampas banget, dan dia ngomong kalo bikinan dia lebih bagus (even tho nyokap sempet ngeluhin perkara bikinan dia yang gak rapi, kaku, dsb).
Alat alat yang gw beli, gw taro toolbox di garasi tiap abis bikin sesuatu. Tp entah kenapa ni orang tiba tiba ngamuk gede nyuruh gw beresin alat gw. I was like, kan udh beres, udh gw taro tempat alat - alat. Turns out dia gak sudi alat "murah" gw campur ama punya dia dan bakalan dia buangin semua klo masih gw taro situ.
Nyokap gw kena asma, ditambah nyokap (mbah kalo dri gw) dri bokap tiri itu takut ama kucing. Makin menjadi jadi klo bokap tiri ketemu kucing. Tapi, nyatanya gw ama nyokap sering ngasi makan kucing liar yang kebetulan dateng di rumah. Gak lama tu kucing ilang. Terus mak gw pengen kucing anggora, pagi ilang. Taunya dijual ama dia. Terus, nyokap jg cerita ada alasan kenapa adek gw (anak dri nyokap gw + bokap tiri) ada tanda lahir di dada sebelah kiri. Katanya sih bokap ngebunuh kucing waktu nyokap ngandung adek, mitos orang jawa... Yaa walau mitos tp kejadiannya beneran kejadian.
Oh also, gak jarang dia ngaku ke gw klo kucing - kucing yg ilang td emg dia bunuh. Niatnya ngejek gw tp candaan bunuh hewan? Really?
Ada lagi. Anak dia waktu SMA dibeliin mobil pake duit nyokap gw. Sedangkan gw SMA cuma naik sepeda pancal biasa, motor aja ga punya. Harusnya gw bisa ngamuk ke nyokap kenapa gak adil, tp nyokap posisinya tertekan, yaudah akhirnya gw mending diem aja drpd nambahin susah. Anaknya tadi kuliah di jurusan dngn taraf yang katanya guru guru SMA gw "bawah sendiri", dan bokapnya nyuruh dia masuk teknik sipil di univ swasta, double gelar gitu. 3th, cuma tuntas 1 semester dan ngeluh susah. Gw masuk teknik jalur undangan, negeri. UKT bisa dibilang lumayan murah, jelas lebih dikit dari dia. Oh ya, both me and his son got the funding from MY mom.
Also hp anaknya rusak, dia minta gw buat ngasih hp secondary gw, YANG GW BELI PAKE UANG TABUNGAN GW SENDIRI, ke anaknya krn hpnya rusak. Sebenernya bokap tiri waktu itu minta ke gw baik baik, dan bukan minta, tp pinjem. Yaudah deh gw oke. Tp kelakuan anaknya, gw enak enak tidur siang digedor sambil dipalak tu hp. Terus dia ngomong "lu kalo ga ikhlas ngasi ni hp gw pukulin lu". LAH SIAPA YANG IKHLAS KALO GINI CARANYA JINK??
Nah, waktu itu gw pulkam lagi makan di dapur, dia dateng ngebacot kalo kuliah gw kejauhan, harusnya gw milih ke univ yang deketan soalnya gw jg keterima disitu. Dalem ati ya iyalah keterima, mandiri, jurusan yg gw pilih jg peminatnya minim. UKTnya jelas bakalan gak karuan, kasian nyokap gw.
Baru 1th ini gw jadian ama cewe. Ngebacot lagi tuh dia kalo gw masih punya darah bajingan dri bokap kandung gw (meskipun gw gapernah ketemu???) Dan ngomong bakal menjarain gw sampe aneh - aneh.
Gak berhenti disitu soal menjarain gw. Alkisah gw lagi enak enak dengerin lagu pake laptop. Dateng tuh dia ke kamar gw. Dengan nada ngancem "lu harusnya udh tau UU baru buat pacaran, lu bisa dipenjara karena pacaran loh, awas ae". BRO I AM A 20 YEAR OLD MALE, WHAT DO YOU WANT ME TO DO? JACKING OFF TO ANIME PILLOWS????
Gw jelas berontak, nurut gak nurut, nurut pun gegara mental survival karena dia brutal gitu. Takut dibunuh gw. Nyokap jg ngomong hal yang sama, just want me to survive. Gak jarang gw berontak sampai nyokap nangis, takut gw dibunuh. Akhirnya ngalah aja gw. Pergi tuh dia, nyokap ngomong ke gw "ibuk gamau kalo kamu ngebales dia. Ibuk tau kok uang ibuk kemana, yang penting sekolah kamu masih lancar. Gausah dibales, ibuk takut banget kalo malah kamu yang kena. Ibuk tau dia sebrutal apa". Man i'm shakin' a lot after that. Banyak hal lain yang gw udh lupain. I feel really unmotivated to create something. Even i often feel my creations are just straight up cringe, bad, wasting people's time to see. Every steps i made seems like a bad decision because of him. I'm just... Idk, sad? Fearful? I don't know what to do, i'm really afraid to actually take a step in my life. Gatau gw harus gimana.
Oh, lapor pihak berwenang would be a no since he's one of em.
submitted by kucingmbelink to indonesia [link] [comments]


2024.01.06 15:01 scott_gaming1 Streak 37

Apakah Anda semua mengalami kesusahan ketika mencoba menyelesaikan tugas membosankan? Bagi saya, melakukan tugas seperti pekerjaan rumah sekolah sering membosankan, dan tugasnya tidak perlu ingin saya selesaikan. Bukannya tugasnya susah, tetapi saya tidak bisa memulainya karena ada ratusan hal lain yang bisa saya lakukan dengan waktu saya. Misalnya, pada saat ini saya ada pekerjaan rumah kelas Inggris. Namun, saya sangat lebih suka berlatih saksofon atau piano, atau membersihkan rumah, atau hampir semuanya lain. Masalahnya, saya tahu bahwa tugasnya tidak akan saya selesaikan sampai hari-hari saja sebelum jatuh temponya. Apakah masalah ini digalami oleh semua orang, atau saya saja? Sejauh saya tahu, banyak teman saya mengerti persoalannya.
Ketika betul-betul menyelesaikan tugas tersebut, saya perlu musik untuk mengakibatkan pekerjaannya lumayan. Saya menemukan komposer baru. Namanya Evan Call, dan musiknya sangat saya suka. Baru-baru ini album baru dia merilis. Albumnya ditulis untuk anime baru bernama 'Frieren: Beyond Journey's End.' Saya tidak menonton anime, dan sayangnya animenya dalam bahasa Jepang saja, jadi kalau saya ingin menonton, tidak bisa. Evan Call seorang Amerika, tetapi sekarang tinggal di Jepang, dan membuat musik untuk anime Jepang. Kerennya kehidupan dia! Saya mengagumi komposer terpinci sepertinya, dan ingin membuat musik sendiri suatu hari. Bahkan, minggu ke depan saya akan menghadiri perkemahan musik! Di sana, kelas tentang menulis musik akan saya hadiri.
submitted by scott_gaming1 to writestreakindonesian [link] [comments]


2024.01.03 13:10 1stRandomGuy Sekolah nyuruh ortu ngecek HP anak-anaknya, terkhusus grup-grup WA sesama murid.

Sekolah nyuruh ortu ngecek HP anak-anaknya, terkhusus grup-grup WA sesama murid.
context: gw dulu mondok disini, lulus terus kuliah. ada satu temen di circle gw yg adek kelas jadi sekarang dia masih disitu, lg selesaiin kelas 12. Tadi abis Maghrib, dia tiba2 ngirim ini, bilangnya ini himbauan dari tim TAB (Tahfid, Adab, Bahasa) sekolah ke ortu siswa untuk MENGECEK GRUP WA DI HP SISWA. Zaman gw mondok disitu gada pengumuman begini. Ustad-ustad sih pada tau santri kalo diluar beda kelakuannya sama di pondok, tapi mereka ga sampe minta ortu buat cek HP anaknya. Pas gw deket2 mau lulus emang ganti kepsek sih. Kepsek baru orangnya rada2 bego emang, agak sensi-an juga.
Teori komodos apa nih? apa ada yang ketahuan gosipin ustad di grup wa circle?
(Nama sekolah disensor biar gada yg nyariin)
submitted by 1stRandomGuy to indonesia [link] [comments]


2023.12.17 14:07 khwarizmi69 Cam bodo je

Cam bodo je submitted by khwarizmi69 to Bolehland [link] [comments]


2023.12.16 08:08 MiserablePrince Ringkasan Sumber Sejarah Mengenai Masa Majapahit Akhir (Beserta Kĕling & Daha)

Pararaton:
Nama para raja yang menjabat setelah Śri Kṛtawijaya (putra bungsu Wikramawardhana & adik Suhitā) yang bertakhta dari 1447-1451 menurut Pararaton adalah sebagai berikut:
  1. Bhre Pamotan, yang lalu menjabat di Kĕling lalu Kahuripan sebelum menjadi raja, bergelar Śri Rājasawardhana dan berjuluk Sang Sinagara. Menjadi raja pada 1451 dan meninggal pada 1453.
  2. Bhre Wĕngkĕr, bergelar Bhrā Hyang Pūrwawiśeṣa, menjadi raja pada 1456 setelah kekosongan takhta selama tiga tahun (telung tahun tan hana prabhu). Meninggal pada 1466.
  3. Bhre Paṇḍan Salas, yang lalu menjabat di Tumapĕl sebelum menjadi raja, bertakhta pada 1466. Meninggal pada 1478.
Peristiwa terakhir yang terdapat di naskah Pararaton adalah sebagai berikut:
bhre paṇḍan salas añjĕnĕng ing tumapĕl, anuli prabhu i śaka brahmana-naga-kaya-tunggal, 1388, prabhu rong tahun. tumuli sah saking kaḍaton. putranira sang sinagara, bhre koripan, bhre mataram, bhre pamotan, pamungsu bhre kṛtabhūmi, kapernah paman, bhre prabhu sang mokta ring kaḍaton i śaka śunya-nora-yuganing-wong, 1400.
"Bhre Paṇḍan Salas menjabat di Tumapĕl, kemudian [menjadi] prabu pada Śaka brahmana-naga-kaya-tunggal, 1388 (1466 Masehi). [Menjadi] prabu dua tahun. Kemudian pergi dari istana. Anak-anak Sang Sinagara, [yaitu] Bhre Koripan, Bhre Mataram, Bhre Pamotan, [dan] yang bungsu, Bhre Kṛtabhūmi, terhitung paman, Bhre Prabu yang meninggal di istana pada Śaka śunya-nora-yuganing-wong, 1400 (1478 Masehi)."
Sumber Primer dan Sekunder:
  1. Prasasti Waringin Pitu dikeluarkan pada 22 November 1447 oleh Wijayapārakramawardhana Dyah Kṛtawijaya dan memuat nama para raja bawahan pada masanya bertakhta. Nama-nama raja berkelamin pria yang ditulis secara berturut-turut yaitu: Wijayaparākramawardhana Dyah Kṛtawijaya (Mahārāja), Rājasawardhana Dyah Wijayakumāra (Bhre Kahuripan), Girīśawardhana Dyah Sūryawikrama (Bhre Wĕngkĕr), Singhawikramawardhana Dyah Suraprabhāwa (Bhre Tumapĕl), Wijayaparākrama Dyah Samarawijaya (Bhre Matahun), dan Girīndrawardhana Dyah Wijayakaraṇa (Bhre Kĕling).
  2. Bhre Paṇḍan Salas di dalam Pararaton diduga adalah orang yang sama dengan tokoh yang menjabat sebagai Bhre Tumapĕl pada prasasti Waringin Pitu, yaitu Singhawikramawardhana Dyah Suraprabhāwa. Bhre Paṇḍan Salas menjadi raja menggantikan Bhre Wĕngkĕr, yang bergelar Bhrā Hyang Pūrwawiśeṣa. Bhrā Hyang Pūrwawiśeṣa diduga adalah orang yang sama dengan Girīśawardhana Dyah Sūryawikrama pada Prasasti Waringin Pitu, juga menjabat sebagai Bhre Wĕngkĕr. Raja sebelum dirinya adalah Bhre Pamotan, bergelar Rājasawardhana atau Sang Sinagara, diduga orang yang sama dengan Rājasawardhana Dyah Wijayakumāra, juga merupakan Bhre Kahuripan.
  3. Prasasti Trowulan III mencatat bahwa orang yang menjabat sebagai Bhre Tumapĕl, Dyah Suraprabhāwa (pāduka bhaṭāre tumapĕl garbhajanmanāma dyah suraprabhāwa), seperti yang tertera pada Prasasti Waringin Pitu, merupakan putra bungsu sang maharaja (pamungsuputra sira tkap śrī mahārāja) dan beristrikan Bhre Singhapura, Śrī Rājasawardhanadewī Dyah Śrīpurā (bhāryāpati sira muwang ājñā pāduka bhaṭāre singhapura, garbhajanmanāma dyah śrīpurā, śri rājasawardhanadewī nama rājñyabhiṣeka)
  4. Dyah Suraprabhāwa menjadi raja di tahun 1466 pada Pararaton, dan mengeluarkan Prasasti Pamintihan pada 14 Mei 1473, dengan gelar Paduka Śri Mahārājadhirāja Prajaikanātha (Paduka Maharaja Segala Raja).
  5. Nama Suraprabhāwa juga ditulis pada Kakawin Śiwarātrikalpa karya Mpu Tan Akung: tan lyan sryādisuraprabhāwa sira bhūpati sapala girīndrawardhanawangśaja ("Tak lain Śri Adi Suraprabhāwa, dialah raja yang memang sepantasnya dalam keturunan Dinasti Girīndra").
  6. Ditemukan Prasti Jiyu I, II, III, & Prasasti Sidotopo (Jiyu IV), dan Prasasti Petak; semuanya bertahun 1486, di mana nama raja yang tercantum telah berubah, yaitu Girīndrawardhana Dyah Raṇawijaya. Dalam Prasasti Pĕṭak, raja ini mengukuhkan anugerah sima kepada seseorang bernama Brahmārāja Ganggadhara yang merupakan pemberian dari raja sebelumnya yang telah meninggal, yaitu Bhaṭāra Prabhu Sang Mokta ring [A]mṛtāwi[śe]ṣalaya dan seorang tokoh almahrum lain, Sang Mokteng Mahālayabhawana. Pemberian anugerah sima ini adalah atas jasa Brahmārāja Ganggadara dalam membantu kemenangan seorang tokoh berjuluk Sang Munggwing Jinggan (Yang Berkuasa di Jinggan) ketika berhadap-hadapan perang melawan Majapahit (kāraṇaning sinung gañjaran hamrih kādigwijayanira sang munggwing jinggan duk ayun-ayunan yudha lawaning Majapahit).
  7. Prasasti Jiyu III (1486) mengungkapkan raja lain sebelum Raṇawijaya, yaitu Śri Girīndrawardhana, bernama abhiṣeka Śri Singhawardhana, bernama asli Dyah Wijayakusuma yang bertakhta di Kĕling (Śrī Maharaja Bhaṭāre Kling Śrī Girīndrawardhana), yang menganugerahkan sima asrama Trailokyapuri kepada Brahmārāja Ganggadhara yang berperan dalam penyelenggaraan upacara śrāddha peringatan kematian Bhaṭāra ring Dahanapura Sang Mokteng Indranibhawana (Baginda di Daha Yang Berpulang ke Kahyangan Indrani). Sima ini belum sempat tuntas karena sang raja meninggal dunia, sehingga Brahmārāja Ganggadhara memohon kepada penerusnya, Bhaṭāra Prabhu Śri Raṇawijaya untuk menuntaskan anugerah tersebut.
  8. Prasasti Sidotopo atau Jiyu IV (1486) menyebut seorang tokoh lain yang terlibat dalam pemberian anugerah sima kepada Brahmārāja Ganggadhara, yaitu Sang Mokta ring Amṛtabhāsalaya yang tidak tertulis dalam Prasasti Pĕṭak. Tokoh-tokoh almahrum yang menganugerahkan sima dalam prasasti ini yaitu sebagai berikut: Sang Mokta ring Amṛtabhāsalaya, Bhaṭṭāra Prabhu Sang Mokta ring Amṛtawiśeṣalaya, dan Sang Mokteng Mahālayabhawana. Brahmārāja Ganggadhara berjasa membantu kemenangan Sang Ratu hing Jinggan (Sang Raja di Jinggan) ketika berhadap-hadapan perang dengan raja Majapahit (sinung gañjaranira duk ayun-ayunan yudha sang ratu hing majapahit).
  9. Ada pula Kakawin Banawa Sĕkar, juga ditulis oleh Mpu Tan Akung, mengisahkan upacara śrāddha peringatan dua belas tahun meninggalnya Bhaṭāra Sang Mokta Maluy ing Somyālayādhiprabhu oleh Śri Jīwanendrādhipa (Raja Penguasa Jīwana) yang berhubungan darah dengannya. Raja-raja yang mempersembahkan hadiah disebut dari yang termuda ke yang tertua dalam upacara śrāddha, yaitu: Śrī Nātheng Kṛtabhūmi, Naranātha ring Mataram, Sang Nŗpati Pamotan, Śrī Parameśwareng Lasĕm, dan Naranātha ring Kahuripan. Jīwana dalam bahasa Sanskerta dan Kahuripan dalam bahasa Jawa Kuno memiliki arti yang sama, yaitu "kehidupan".
Sumber Sezaman:
  1. Catatan dinasti Ming atau Ming Shilu ("Catatan Veritabel dari Ming") pada bagian Yingzong Shilu jilid 216, 229, 244, mencatat raja Jawa bernama Balawu atau Pa-la-bu (Prabhu) mengirimkan duta ke Tiongkok pada 1452, 1453, dan 1454. Raja Jawa yang menjabat pada 1452 adalah Rājasawardhana Sang Sinagara, tapi Pararaton mengisahkan tokoh ini meninggal pada 1453 sebelum kekosongan takhta selama tiga tahun (telung tahun tan hana prabhu).
  2. Ming Shilu mencatat kedatangan duta dari Jawa untuk mengantar upeti pada 1460 oleh raja bernama Du-ma-ban (Tumapĕl?). Para utusan mampir di Anqing sebelum pulang. Mereka mabuk dan berkelahi dengan sejumlah pendeta asing yang juga membawa upeti, mengakibatkan enam dari mereka terbunuh. Para duta dikirim kembali ke Jawa untuk mendapatkan hukuman dari raja mereka.
  3. Ming Shilu pada Xiazong Shilu jilid 104, mencatat raja Jawa, Bu La Ge De Na Mei (Bhre Kṛtabhūmi?), mengirim utusan ke Tiongkok pada 1 Oktober 1495. Kapal utusan ini porak poranda di dalam badai, hanya menyisakan surat yang dikirim oleh raja Jawa kepada kaisar Tiongkok.
  4. Ming Shilu mencatat kedatangan utusan dari Jawa pada 1499. Kapal pembawa utusan dan upeti karam oleh badai, hanya kapal penerjemah yang selamat dan tiba di Guangzhou. Para utusan dari Jawa semakin jarang datang setelah ini.
  5. Mantan duta Portugis, Tomé Pires, dalam Suma Oriental (1512-1515) mengunjungi Jawa pada 1513, dengan raja yang memimpin bernama Batara Vojyaya (Bhaṭāra Wijaya) yang bertakhta di Dayo (Daha). Tomé Pires memaparkan silsilah sang raja: Batara Vojyaya adalah anak Batara Mataram, putra dari Batara Sinagara, yang merupakan putra dari Batara Mataram [yang sebelumnya].
Keterangan:
submitted by MiserablePrince to u/MiserablePrince [link] [comments]


2023.12.15 16:14 a_HerculePoirot_fan Free SPM tuition by UniKL. You can choose between physical or online classes! Registration link in the comment section.

Free SPM tuition by UniKL. You can choose between physical or online classes! Registration link in the comment section. submitted by a_HerculePoirot_fan to malaysia [link] [comments]


http://activeproperty.pl/