Gmbar cwek dibawah umur telanjang

Pelaku sodomi terhadap 4 anak dibawah umur ditangkap Polisi (13/5/2024) , Modus pelaku imingi main Playstation.

2024.05.15 17:52 sumpitsakit Pelaku sodomi terhadap 4 anak dibawah umur ditangkap Polisi (13/5/2024) , Modus pelaku imingi main Playstation.

Pelaku sodomi terhadap 4 anak dibawah umur ditangkap Polisi (13/5/2024) , Modus pelaku imingi main Playstation. submitted by sumpitsakit to ondonesia [link] [comments]


2024.05.15 17:50 beelzelbub Pelaku sodomi terhadap 4 anak dibawah umur ditangkap Polisi (13/5/2024) , Modus pelaku imingi main Playstation.

Pelaku sodomi terhadap 4 anak dibawah umur ditangkap Polisi (13/5/2024) , Modus pelaku imingi main Playstation. submitted by beelzelbub to indonesia [link] [comments]


2024.04.28 07:34 MICKY5789 Apakah Work Culture di Indonesia semakin Buruk?

Mau post ini udah lama tapi dulu masih pemilu jadi gak bisa ngepost.
Dulu waktu masih muda dan baru lulus sekolah, saya diberi mindset "namanya kerja di tempat orang gak ada yang enak, mau gaji kecil atau gede jalanin aja itu namanya melatih mental".
Saya mendapatkan pekerjaan di pabrik salah satu kota besar Indonesia. Perusahaan yang terbilang cukup besar dan memiliki ribuan karyawan, jam kerja disana cukup berat karyawan harus siap kerja 12 jam - 13 jam sehari disaat produksi meningkat, siap kerja di hari Minggu/tanggal merah, dan gajinya di bawah UMR, saya tidak keberatan dengan itu dan saya pikir itu hal yang normal untuk orang yang baru bekerja. Karena environment nya lumayan bagus sih jadi enjoy - enjoy aja kerja disana walaupun capek juga kerja dari pagi sampai malam.
Saya punya hobi main game dan nonton film, awal-awal masih bisa ambil waktu buat main game dan nonton film tapi terkadang ada saat nya lebih pilih tidur karena lelah.
After a year of working, I resigned and continued studying because my parents demanded that I go to college. While studying, I also took part in my family's business.
Bertambah nya umur dan banyak sekali ilmu yang dipelajari mulailah tersadar mengenai mental health dan pentingnya work life balance demi kesejahteraan hidup, selain itu pengalaman saat bekerja di pabrik tersebut ternyata kurang manusiawi kalau dipikir-pikir secara kritis.
After graduation of course I want get a new job with good money for my future life. Dan saat melihat-lihat info lowker. Banyak sekali lowker dengan job desk bejibun, designer, marketing online, akuntan, customer service semua jadi satu. Itu belum dengan batasan usia yang sangat muda sebagai persyaratan nya. Tapi masih tetap berpikir positif mungkin itu bukan buat satu orang ngerjain job desk itu semua buktinya orang-orang di komunitas gaming masih ada yang berkerja dan memiliki waktu luang untuk bisa namatin Starfield, Baldur's Gate 3 dalam seminggu .
Tapi setelah mendapatkan panggilan kerja disebuah perusahaan sebagai admin dan melakukan interview rasanya ada batin yang mengganjal karena bahasa interviewer saat dengan user terasa kurang profesional, saat saya tanya bagaimana dengan job desk dan kultur perusahaan nya, interviewer balik nanya "kamu siap kerja atau enggak?! Dan gak neko-neko!", ada perasaan terintimidasi dan membuat saya takut untuk menolak pekerjaan yang pada akhirnya hanya jawab "ya", "ya", dan "ya".
Saat bekerja disana ya tuhan..... selain job utama mengolah data perusahaan di Excel yang bejibun, saya harus meng-handle kerjaan sebagai marketing mulai dari mencari client hingga melakukan penagihan, belum lagi mendapatkan caci maki dari atasan kalau gak dapat target. Pulang sering jam 10 malam bahkan lebih. Mending kalau gajinya gede, ini mah enggak cuman dibayar dibawah sejutaan. Cukup aneh perusahaan berbadan hukum PT tapi berasa UMKM.
It feels like a modern slave, this is the worst work experience of my life. This is bad work culture. Just one month I survive from that company. Sebenarnya masuk ke perusahaan macam itu juga diperlukan koneksi, ya saya pun sempat melontarkan kekecewaan saya ke orang koneksi nya dan merasa orang itu hanya ingin mendapatkan imbalan dariku saja.
Apakah work culture di Indonesia mulai semakin buruk dan tidak manusiawi? Apakah hanya beberapa perusahaan saja yang seperti itu? Saya masih menyakini bahwa work culture di Indonesia masih baik-baik saja tentunya itu berlaku di perusahaan besar dan sudah menerapkan sistem 3 shift, anda masih bisa mendapatkan work life balance dan upah yang layak jika perusahaan tersebut mau menerapkan sistem 3 shift.
Namun dengan populasi yang besar dan lapangan pekerjaan yang tidak sebanding, tentu akan membuat perusahaan mencari kesempatan untuk mengeksploitasi karyawan seperti yang sudah saya alami. Walaupun Indonesia memiliki undang-undang ketenagakerjaan namun masih dapat mendapatkan celah untuk melakukan eksploitasi karyawan. Apalagi padatnya penduduk dan persaingan yang tinggi tentu orang-orang yang sudah depress akan mau-mau aja dibayar sangat murah dengan beban kerja dan jam kerja yang tinggi. Belum lagi outsourcing sekarang semakin meluas dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.
I really feel sorry for workers, especially young workers who are trapped in an unhealthy work culture. Apalagi dengan iming-iming demi masa depan yang baik, melatih mental, menguji mental, meningkatkan wawasan dan pengalaman, itu semua hanya omong kosong untukku yang telah mengetahui kenyataan nya yang sebenarnya tidak akan indah akhirnya you just to be a slave yeah corporate slave.
submitted by MICKY5789 to indonesia [link] [comments]


2024.04.12 14:08 Far-Caterpillar9294 Problem with Ex

Jadi gw baru jadian sama cewe, umur nya dibawah gw. Pas kita pedekate dia cerita kalo dia sering digangguin mantannya, dan setelah kita jadian gw baru tau kalo cewe gw ini trauma berat sama mantannya bahkan kalo ketemu dijalan aja dia bisa takut bgt Dan baru tau lagi kalo selama ini dia sering di dm si bang*at buat ketemuan dan pake kata kata kasar parah
Setiap kali gw mau bantu atw coba hadepin si bangat pasti cewe gw nolak dan bilang kalo ini mslh yg dia bawa sendiri Kalo gw laporin ke polsek atas pelanggaran UU ITE bisa gak ya stlh ada revisi kemarin?? Atw gw lsg labrak aja ya si anjng itu??
submitted by Far-Caterpillar9294 to indonesia [link] [comments]


2024.03.28 09:58 02-02-2029 Freelance here! Pajaknya kok mahal sih..

Umur 22, sejak 2021, sayaudah keja sebagi freelance. Dibidang Coaching sama Joki Video Game. Dan tahun 2023 kemarin saya baru punya NPWP.
Keuntungan saya jadi freelance sekitar 20-30% dari total omset karena kerjaan selalu saya oper ke rekan rekan saya yang lebih ahli. Saya cuman menfasilitasi untuk cari customer, belum juga kepotong dengan biaya operasional untuk iklan, bayar designer, dan admin untuk bales chat.
Ada yang bilang saya bisa pake pajak 0,5%? Caranya gimana ya? Soalnya saya liat internet ga ada yang diajarin secara detail bayar pajak freelance. Saya liat sistemnya pake cara 50% dari total omset, kalau diitung itung itu saya bayar pajaknya gede banget dari net profit
Dan bodohnya saya, kemarin udah lapor pajak untuk 2021 pake 0,5% tapi pas saya baca diinternet, ternyata yang dibawah 500 Juta omset ga perlu lapor pajak. Takutnya dikira saya bayar pajak 0.5% 2021 itu dianggap saya punya omset diatas 500 juta.
Pertanyaan saya: 1. Cara memperbaiki kekeliruan pajak di 2021 itu gimana ya? 2. Apakah saya layak disebeut sebagai UMKM pada usaha saya ini? 3. Berapa denda yang harus saya bayar yang udah telat sejak 2021. 4. Orang tua saya pernah pake nama saya buat beli tanah, apakah saya wajib bayar pajak tanah itu juga?
Thank you yang udah bantu, sisa 3 hari lagi nih lapor :<<
submitted by 02-02-2029 to finansial [link] [comments]


2024.03.27 11:51 Rabbidscool Sudah nganggur setahun setelah lulus kuliah. IPK dibawah 3.00, susah cari kerja dan mau mencoba lewat BUMN, semua lowongan minimal harus 3.00 IPK. What should I do.

(25M) Jadi gw lulusan ekonomi/akuntansi dengan IPK dibawah 3.00. Alhamdullilah masih bisa bantu bisnis orang tua selama gw belum dapet kerja. Sudah setahun dan cari kerja susah. Pakai aplikasi semacam Kupu, Jobstreet, Pintarnya, LinkedIn juga belum ada keberuntungan. Belum punya experience jadi butuh kerja yang tempatnya tidak toxic atau scam seperti memilih orang yang mudah biar gampang dibodohi dan gaji dibawah UMR (cough 25thn maks/5 thn pengalaman).
Jarang belanja atau jajan yang mahal-mahal. Cukup beli makanan secukupnya dan bayar listrik/kuota HP. Lama kelamaan berasa kalau tabungan gw menipis. Masih susah dapet kerja.
Apakah gw ambil low minimum wage aja semacam busboy (kebersihan dapur), jadi cashier supermarket atau OB?
Jujur, apply kerja tanpa pengalaman semacam jadi Admin aja sering ditolak.
What should I do?
EDIT: Gw jujur masih ada cerita panjang. Bisa jadi gw "salah" jurusan. Jadi memang Akuntansi gw itu rada cesplenk karena permasalahan dosen yang ngajarin mahasiswa kurang serius dan sering males. Udah 2 kali ganti dosen, itu mah keterlaluan dari kampusnya sampe 1 kelas tuh harus ulang materi. Buang duit, nanya sesuatu yang nggak ngerti aja dikatain/ejek ama dosen sendiri.
Nah gw kyk mau fresh start nyari kerja buat pengalaman apapun. Maybe not too hard but not too easy too. At least nggak semacam memalukan kyk udah lulus ekonomi knp bisa end up ke kasiOB. Kan kocak (Unless kalau gaji tinggi gw sih ambil wkwkwk).
Nah jadi kerjaan apa yang memang tidak butuh pengalaman kerja atau lulusan kuliah dan tidak ada max/min umur? Mau blue collar atau white collar bebas.
submitted by Rabbidscool to finansial [link] [comments]


2024.02.26 05:54 DropMinimum1991 Saham US dan Saham ID

Umur 18 M, udah punya cukup tabungan di bibit untuk kuliah sampe 8 semester dari nge-freelance dan sekarang ngerantau dan baru dapat kerja (ga sampe 2 bulan yang lalu) untuk cari karir yang jelas (walaupun gajinya jauh sekali dibandingkan waktu nge-freelance). baru dapat gaji pertama bulan kemarin dan ada uang hasil jual motor di kampung, langsung disuruh buat beliin emas 11jt sama ortu. dan bentar lagi bakal gajian untuk bulan ke 2. rencana-nya mau DCA terus ke saham big bank BMRI/BBCA/BBRI, tapi denger-denger banyak yang invest di stock US jadinya tertarik ke sana.
menurut redditors dan yang lebih pengalaman. lebih bagus tetep invest DCA di saham big bank indo atau saham-saham bluechip us buat long-term dan ngikutin inflasi rupiah.
investnya ga banyak, 1jt/bulan aja
dan minta saran juga brokesekuritas buat beli saham us yang rendah fee dan aman tentunya.
  1. Pluang = baru daftar dan harus nunggu 2 hari lagi buat bisa beli saham, katanya pluang pake CFD dan banyak yang bilang kalo itu kurang bagus.
  2. ibkr = fee untuk topup dari wise nya lumayan gede menurut ku
  3. GoTrade = udah nyobain dan ga bisa untuk yang dibawah 21 Tahun
atau ada saran brokesekuritas lain. Thanks
submitted by DropMinimum1991 to finansial [link] [comments]


2024.01.21 01:13 flying_komodo Konteks dunia jobseeker, idealis / pragmatis? humanis / eksploitatif?

Oke sesuai judul, gw penasaran sama pandangan para komodos, kita semua tau ya beberapa taun ini kita udah ngalami bonus demografi, dan efeknya sangat kerasa.
sesuai judul, menurut kalian, kalau dari POV perusahaan, kenapa perusahaan harus tetap mengutamakan prinsip humanis ketika supply pekerja sedang membludak? contoh kasusnya yang eksploitatif : requirement pekerja yang makin ga masuk akal (pengalaman X taun di umur < 23, belum menikah, berpenampilan menarik, dll), gaji dan benefit bulanan yang dibawah standar, beban kerja gak sesuai gaji, dll. Sedangkan kita juga tau, kalau dengan berbagai kejelekan itu pun tetep aja masih banyak pekerja yang mau nerima, simply karena emang banyak angka pengangguran / banyak supply pekerja. Sedangkan kemnaker ataupun kemenperin juga kelihatan gak ada itikad melindungi pekerja.
Lalu yang kedua, kalau dari POV pencari kerja, menurut kalian pada akhirnya lebih baik pragmatis dan terima apa adanya pekerjaan yang gak manusiawi tersebut (cepet dapet kerja, walopun gak ideal) atau tetep idealis cari pekerjaan dengan environment yang waras (kerjaan nyaman, walopun potensi nganggur lebih lama) ?
submitted by flying_komodo to indonesia [link] [comments]


2024.01.19 13:02 meister_furu25 Dumb about job seekers in indonesia

Sudah 4 tahun kerja hospitality diqatar, dan baru pulkam sejak november. Msih bingung sampai skarang cari kerja dibagian perhotelan… pernah nemu dinstagram kebanyakan umur hrus dibawah 25, cari dijobstreet antara dighosting / dilupakan, apps lain seperti kita lulus sedikit untuk bidang yg sama. Apa ada saran semacam recruiter perhotelan dijakarta jika da yg tau.. Pengen dpet rezeki diindo tapi klo gk da, hrus nyerah dan lanjutin jdi expat lgi.
submitted by meister_furu25 to indonesia [link] [comments]


2024.01.12 13:58 carbon7911 Apakah hukum di Indonesia sangat lemah? (Perbandingan kasus Muhammad Al Zahra vs Farkhunda Malikzada)

Barusan saya nemu video tentang pembantaian Farkhunda Malikzada di Afganistan, seorang perempuan yang dituduh bakar Alquran lalu dipukuli masa, di rajam, ditabrak mobil dan akhirnya dibakar, saya jadi teringat dengan kasus di Indonesia yang sejenis yaitu Muhammad Al Zahra yang dituduh nyolong Amplifier Masjid lalu dipukuli dan dibakar, tapi kedua kasus ini hukumannya sangat jauh berbeda untuk kasus Farkhunda 3 orang dihukum 20 tahun, 8 orang 16 tahun, 1 orang 10 tahun karena mengaku dibawah umur, bahkan 11 polisi dihukum satu tahun (sumber Wikipedia sementara itu untuk kasus Al Zahra hukuman terberat itu hanya 8 tahun dan sisanya 7 tahun (Sumber Kompas memang keduanya tidak persis sama tetapi masa segitu jauhnya beda hukuman terhadap pelaku yang menghabisi nyawa manusia, apakah hukum Indonesia memang segitu lemahnya? Redditor yang lulusan hukum bisa bantu jawab?
submitted by carbon7911 to indonesia [link] [comments]


2024.01.08 19:44 Rakan_Dzakwan Opini Saya Terhadap Drama Postingan "Pembenci Perokok" di FB

Akhir-akhir ini lagi rame di FB (dan mungkin bentar lagi di Twitter, who know) tentang postingan komentar seseorang yang bilang "Gw kok benci ya sama perokok" yang diserang ribuan komentar oleh perokok. Tentu banyak juga yang setuju sama dia, termasuk kebanyakan redditor di sini.
Saya cuman mau ngasih opini sebagai orang yang gak merokok dan menurut saya, postingan dia emang cukup berani, tapi useless as fuck .
Sebagai konteks, awal mula cerita dari sebuah postingan meme di grup FB yang kurang lebih maksud memenya "mending rokok A atau B". Udah jelas dong, yang ngirim pasti perokok dan yang komen pasti sama-sama perokok juga. Eh gak ada angin gak ada ujan tiba-tiba ada yang komentar "Gw kok benci ya sama perokok" dengan gambar emote Hertha, karakter dari game HSR (is it? CMIIW). Ya sekarang logika aja lah, postingan tentang rokok dibales komen anti rokok. Ya gimana gak ribut gak tuh.
Ya saya tau, dia bebas berkomentar dan dia memang udah tau dia bakal diserang banyak orang. Cuman menurut saya kayak kurang kerjaan dia komentar begitu dari awal, di postingan yang jelas-jelas bahas rokok.
Kenapa saya punya opini kayak gini? Karena saya walaupun gak merokok gak pernah masalah duduk dekat sama perokok dengan banyak asap. Malah sebenarnya pas usia saya udah 18 tahun ke atas saya pernah nyoba-nyoba vape punya teman saya, yang katanya gak ada apa-apa dibanding rokok beneran. Baru sekali nyoba saya batuk-batuk. Akhirnya saya gak kepikiran buat ngerokok. Tapi saya gak pernah masalah, ngeluh, apalagi misuh kena asap rokok dari orang lain. Ya udah biasa aja gitu. Bapak ngerokok, adek ngerokok (bahkan masih dibawah umur), temen-temen ngerokok. Jadi asap rokok orang lain bukan hal yang asing dan merugikan buat saya.
Saya paham orang lain yang gak ngerokok banyak yang gak kuat sama asap rokok orang lain, cuman ya saya rasa percuman ngingetin mereka buat berhenti merokok. Jauhi ajalah mereka kalo ngengganggu kalian. Biarin mereka penyakitan gara-gara asap rokok mereka. Kita gak usah misuh-misuh di internet sampe mancing keributan.
submitted by Rakan_Dzakwan to indonesia [link] [comments]


2024.01.01 05:17 Rezathon Hidup Fit and Healthy

Tahun ini umur saya 41th, saya ingin hidup lebih sehat dan fit. Just wanna be there for my wife and kids. Lately udah sering ada keluhan kesehatan yang jarang atau tidak pernah terjadi sebelum nya.
Semenjak pandemi dan terkena covid 2 th lalu tidak pernah berolahraga yang serius dan rutin. 2023 lalu kerja sudah mulai normal and by normal i mean 9 to 9. Saya punya waktu bebas hanya setelah subuh sampai 6.30 setiap weekday.
Diet juga bermasalah karena makanan dikantor ngga jauh dari nasi padang, pecel ayam dan goreng-gorengan. Sampai rumah sekitar 10.30-11.00 malam kadang masih harus menghabiskan jatah makanan yang dimasak istri.
Ohh ya tinggi saya 166cm dan berat 70kg. Saya ingin bantuan informasi pertama oleh raga terbaik dengan time constraints diatas dan makanan diet dengan budget dibawah 25k, dan semisal ada hal lain yang bisa saya lakukan.
T.I.A
*if you need more information if me in order to give me the best answer fire away.
submitted by Rezathon to indonesia [link] [comments]


2023.12.23 18:10 upperballsman Beberapa Catatan Menarik dari Kesaksian Pelayaran Kompeni Ke Hindia Timur (Nusantara) 1596-1598.

Darimanakah Catatan Ini

Di Weekend yang bahagia ini, saya bersyukur bisa nemu buku menarik terbitan London pada tahun 1703. Buku ini Berjudul "A Collection of Voyages Undertaen by the Dutch East-India Company, for the Imrpovement of Trade and Navigation" Diterjemahkan kedalam bahasa Inggris dan diilustrasikan oleh beberapa diagram (peta).
buat teman teman yang penasaran, silahkan bisa langsung diakses disini: https://archive.org/details/ldpd_6424148_000
Jangan Khawatir, meskipun terbitan 1703, Bahasa Inggrisnya relatif cukup mudah dipahami, cuma beda penggunaan huruf dan ejaan aja, misalkan, "s" ringan masih ditulis dengan "f" tanpa diakritik horizontal, atau banyak kata2 asing, seperti "Rushes" yang berarti Serat2 yang diikat2, atau "Pateteroes" dan "Fusils" yang berarti meriam swivvel semacam cetbang, dan musket pemantik batu (flintlock).
Dari proses pembacaan ini, ada beberapa screenshot yang ku ambil yang terjemahanya akan kutuliskan dibawah biar gk pusing2 banget baca huruf kabur2 dan jadul.
Catatan2 menarik ini mostly berupa deskripsi Visual dari Banten, Tuban, Arosbaya, sampai Bali, Ambon, Banda dan Ternate.
Gk semua yang menurut saya menarik saya ingat untuk screenshot, jdi ini lebih ke promosi isi buku yang menarik aja sih in hopes of ada yang lebih paham dan mau menyelami lebih dalam, dan last of all, tentu saja buat bersenang2, karena hal2 ini menarik bagi saya.

Catatan-Catatan Menarik

1. 23 Juni 1596 Deskripsi Belanda ketika pertama kali melihat Kapal Jong, di Perairan Banten.

... Pada 23 Juni, Comissioner masing masing Kapal (Dari 4 Kapal yang berlayar kala itu) Mengambil Posisi Kapten dan Cornelis de Houtman dijadikan KApten Mayor. Pada hari yang sama mereka melihat di Teluk Jawa, sebuah kapal yang oleh penduduk disebut "Jonque" (Jong)": Ia memiliki Tiang Depan, Tiang Utama, dan Tiang Mizzen (yang paling tinggi), dengan Layar Utama dan Layar Sprit. Dari Jauh ia terlihat seperti Kapal Nelayan Ikan Herring, namun cara Ia Berlayar benar benar berbeda. Layar Layar itu ditenun dari Serat, tali tali layar itu terbuat dari bahan yang sama. Sebagian besar Kapal itu disambungkan dengan cara yang sama sebagaimana Tukang Kayu (Cooper) menyambungkan gentongan kayu (Cask). Beratnya adalah 30-40 Ton. Aula nya juga diselimuti oleh serat-serat sebagaimana rumah rumah Orang Desa di Holland. Ketika Jong itu mendapat angin yang kencang, mereka mengencangkan tali dari Tiang Tengah ke Tiang Depan, dan Tiang Utama ke yang lainya, Layar Layar itu di jahit ke Ratingues di bawah dan diatasnya pada jarak yang sama, hal seperti itu sama sekali merupakan pemandangan yang baru dan luar biasa bagi orang Eropa (saya gk menemukan apa arti Ratingues)

2. Deskripsi tentang Kantor Asuransi Perkapalan di Banten tahun 1596.

[konteksnya mereka sedang mendeskripsikan kondisi Pasar Banten dengan sangat detil] ... Dekat tempat itu mereka menjual kacang kacangan dari berbagai warna, Putih, Hitam, Merah, Kuning, Hijau, Abu Abu. Lalu setelah melewati Kain Linen dan Jalanan Pedagang lain, adalah Pasar untuk Bawang Bawangan, Kantor Asuransi untuk Kapal ditempatkan disini, ketika Kapal Kapal itu selamat pulang, mereka mendapat keuntungan, tapi ketika kapal kapal itu tidak selamat pulang, mereka kehilangan uang mereka.

3. Deskripsi Visual Penampilan Pangeran Tuban pada tahun 1596.

.... Setelah Sehari Mendarat, mereka melihat sang pangeran duduk di Gajahnya, dengan kakinya yang disilangkan seperti tukang jahit kita, dia disana dinaungi penutup (atap), yang berbentuk sapi, dengan pembagian pada satu sisi nya (?)(with a partition on one side), dan kanopi diatas kepalanya, untuk melindunginya dari panas dan hujan. Dia mengenakan Doublet (Jaket ala eropa) yang berwarna beludru hitam dengan lengan yang lebar. (ini mungkin maksudnya Surjan), dan yang mendampinginya bersenjatakan Musket dan Javelin, yang beberapanya memiliki besi besar diujungnya. Orang yang mengendarai gajah memegang kail di tanganya untuk menyetir jalan-nya gajah yang bisa berlari secepat kuda.

3. Deskripsi Visual Penampilan Orang Biasa dan Bangsawan Tuban pada tahun 1596.

Orang Orang biasanya hidup dari mencari ikan dan beternak, mereka telanjang dari pinggang ke atas, sisanya ditutupi oleh Kain (Callico) dan Keris (Dagger) menggantung dari Sabuk (Girdle) Mereka; Para Bangsawan mengenakan Jubah Kecil (Little Camlet Coat)

4. Deskripsi Visual Armada Kora Kora Ambon 1589.

Mereka berlayar dengan kapal perang mereka, yang mana mereka sangat bangga terhadapnya. Kapal Perang mereka berbentuk bagaikan Naga, dan dapat berlayar dengan baik, Kapal tersebut membawa Bendera-Bendera dan Ornamen Kecil Lainya ... Ketika Admiral Ambon mendatangi mereka (Belanda), dengan 3 Kapal perang terbaik mereka, yang mana mereka sebut sebagai Kora Kora (Caracoores), mereka diisi dengan banyak orang yang berlaku baik, dan disertai juga kebutuhan perang untuk darat dan laut Dia (Admiral) menunjukan pada kunjungan itu, semua tanda kebahagiaan: Orang Orang bernyanyi, dan memukul Drum Panjang dan Basin Tembaga (semacam gamelan) mereka, yang mana mereka bersahut sahutan dengan suara dan ayunan mereka, yang memang kejadian itu cukup menyenangkan. Setiap Kora Kora membawa 3 Meriam Putar (Patereroes) yang mereka ledakan untuk menghormati Belanda, yang mana juga meledakan Meriam mereka dalam balas budi.

5. Deskripsi Armada Jawa (Mungkin Sunan Giri) yang Membantu Ambon perang melawan Portugis

15 Maret 1599, ketika 2 kapal (Belanda) memasang jangkar di Ambon, 2 Kapal Jong Perang datang dari Jawa, membawa prajurit untuk membantu penduduk Ambon, yang menginginkan orang Jawa untuk mengirimkan Pasukan Bantuan untuk menyerbu benteng Portugis yang mengganggu kehidupan sehari hari, Pasukan Tambahan ini disambut dengan kehormatan dan kebahagiaan. (bisa jadi ini adalah armada Terakhir Sunan Giri Prapen yang kala itu sudah sangat tua berdasarkan catatan De Graaf, dari berbagai sumber tutur dan catatan tradisional Sudah sejak masa Raden Paku (Sunan Giri I) Giri menanamkan pengaruhnya di Hitu (Ambon), pada ekspedisi Belanda Selanjutnya tahun 1602 Oliver Noord melihat bahwa Giri-Gresik sudah dalam kuasa Surabaya (De Graaf) )

6. Deskripsi Visual Penampilan Penduduk Ternate Akhir Abad 16

Para Penduduk Pulau ini sangat cinta warna warni, dan terkhusus dengan warna Merah darah ... Para Abdi mengenakan Sutra, dan Kain kain yang indah, Celana mereka sangat lebar, mengikuti gaya portugis mereka mengenakan Jaket Kain (Doublets made of Calico), atau baju berbahan Kulit Pohon, yang dibuat secara luar biasa, Pendeknya, Penduduk adalah orang orang yang baik dan jujur, lebih mudah tertawa dan lebih adil daripada orang Jawa. Semua Kapten sudah tua dengan Jenggot Abu abu yang panjang. Sang Raja memiliki 30 Kora Kora, yang sebagian membawa 4 sampai 6 Meriam Putar.

7. Deskripsi Visual Prajurit Maluku (Overall) di Akhir Abad 16.

.... Mereka menggunakan tameng Vertikal sepanjang 1,2 Meter, dan Pisau yang panjang dan berat, yang mana mereka bisa pakai dengan cepat, karena orang tua mereka mengejari anak-anaknya untuk menggunakan tangan dengan lincah. Mereka juga punya Musket dan Meriam Putar, dan ketika mereka pergi ke suatu ekspedisi, mereka membawa Javelin panjang sepanjang 3 Meter (a fathom and a half), yang mereka lemparkan dengan begitu kuat dan akuratnya, sampai memungkinkan untuk menembus tubuh manusia. lalu mereka mengambil dagger mereka dan berkelahi dengan penuh amarah. Mereka juga menggunakan senjata lain yang dibuat seperti Besi Penguat (Cramps-Iron), di kencangkan di ujung stik, dan diikat dengan tali, mereka melemparnya bagaikan anak panah dan menariknya kembali. (Gue rasa ini basically Spear-Launcher mirip yang dibuat Primitive Technology) Mereka juga punya Pakaian Kepala yang sangat mereka hargai, terbuat bagaikan Coeks-Comb (??, Maybe Cooks-Comb? Bunga India?) dan diatasnya adalah Burung Cendrawasih alih alih Bulu Burung, karena mereka percaya bahwa Burung ini akan melindungi mereka, (Mungkin Burung yang diawetkan?) Para Bangsawan menggunakan Armor, dan berpikir bahwa mereka sangat aman akan ancaman dan luka luka.

8. Gladiator Maluku Menantang Duel Belanda

Mereka punya Gladiator, atau Penduel, yang disebut "Bakeleiers" (Gue gk tau ini ejaan asli nya apa), yang mengenakan pakaian kepala, dan Burung Cendrawasih diatasnya. Ketika bertarung mereka berdiri pada satu kaki, siap menerjang musuh yang juga melompat kebelakang dengan satu kaki, dan ini dilakukanya dengan cepat dan lincah. Mereka sangat bangga dengan ini dang terus terusan menantang Belanda untuk berduel dengan-nya, menawarkan satu lawan enam: Memang, Suatu Belanda menawarkan duel dengang Pedang dan Dagger, tapi mereka tidak menerima tawaran itu. Penduduk hanya mau diel dengan Dagger dan Tameng Panjang.

Penutup

Sebenarnya, masih banyak sekali Deskripsi kejadian menarik yang ada dalam buku ini, seperti misalkan ketegangan Houtman melawan Penduduk Banten yang diadu domba portugis, Pangeran Pangiri (Pangeran Terakhir Demak) yang memusuhi Belanda, Kalahnya Belanda di Arosbaya, Jong Vs Kapal Belanda, dan masih banyak lagi, highly reccomend u check the book out!
submitted by upperballsman to NusantaraRaya [link] [comments]


2023.12.20 16:43 Specialist-Control38 Cuma pikiran random, tapi kalian setuju ga kalau anak dibawah umur yang melakukan kriminal dengan "sengaja" dihukuman nya pas uda 18 tahun ?

Anak-anak dibawah umur sering lepas dari hukuman ketika melakukan kriminal. jadi daripada ga kena hukuman sama sekali apakah lebih baik kalau hukuman nya di delay saja tunggu 18 tahun?
Konteks dihukum disini bukan penjara saja tapi bisa berupa ganti rugi. Kecuali kriminal yang uda gabisa direverse seperti pembunuhan dan rape
Minimal kalau ga dipenjara dikasih gesper sama bangku hijau biar ada efek jera. Kurangnya ketegasan untuk anak dibawah umur merupakan salah satu penyebab masih banyak tawuran antar pelajar. Karena mereka tau mereka gabakal dipenjara.
View Poll
submitted by Specialist-Control38 to indonesia [link] [comments]


2023.12.08 08:24 Repulsive-Agent7278 [Reflektif] Socmed sangat gabaik untuk anak2 perempuan terutama yang dibawah umur

TLDR: Maybe kita perlu age restriction utk social media, filtered content as well if we can
Jadi sempat lah tadi pas break iseng buka tiktok temen (aku gaada tiktok btw), dan nyoba2 ngescroll banyak bgt isian tiktok yang isinya dance dance gitu kan ciwi2. Ya aku gapapa lah kalau dia udah gede gitu kan, kata orang2 dia udah cewe dewasa biarin dia mau ngapain aja. Walau aku juga ga setuju dengan ini, tapi yang lebih aku gasetuju lagi adalah banyaknya jumlah gadis muda yang aku entah gaktau gimana ceritanya ngedance tapi bajunya yaampunn. Yah minim lah yah nge flash panties lah (gaada shortnya) astafirulloh... maksud aku ya masa iya sih sekecil lu bibit2 nakalnya udah ada sih, conerning banget apalagi nanti kalo kita ada anak2 masa iya anak cewe gua mau jadi begitu kan gimana ya :(( mending kalo udah 21 up lah gua masih bisa dengerin reasonnya tapi kalo masih seumur jagung masa iya sih... dan yang saya liat ya orang2 korea yang di fyp tiktoknya si temen aku ini dia juga dance2 pake rok tau2 isiannya keliatan dan sama juga gapake celana. Buset dah hampir bgt mau nanya itu k-pop atau k-porn?? Asli jangankan cuma ke cewe, misal bocah2 sd cowo nonton itu sange juga mereka amit2 bisa gituin temen2 cewe mereka ga si?
What do you guys think we should do untuk menahan rusaknya generasi ini? Menurut aku age restriction utk socmed sih dan algoritmanya maybe diganti (sama kayak ads yt kids), dan ya kalo misalnya cowo udah gede cewe udah gede ya suka2 lah mau ngapain dan nonton apa toh udah paham resikonya. Lah bocah jago dance followers berapa juta distalk orang di sekolahan konoha apa kaga takut tuh? Dibawa kabur ama om2 penculik kek di film?
submitted by Repulsive-Agent7278 to indonesia [link] [comments]


2023.12.02 08:40 MerkuriIntan Hi komodos, sekedar mau ngeluapin cerita disini sebagai seseorang yang mencap diri "failed as a human, brother and son" dan berfikiran untuk "menutup buku"

Hi komodos, sekedar mau ngeluapin cerita disini sebagai seseorang yang mencap diri
Halo komodos, aku izin sekedar mau cerita disini karena sejujurnya selama ini hanya jadi SR. Aku sudah sekian lama pengen menulis dan menceritakan ini, namun karena terkendala waktu, mood dan mngkn rasa takut jadi baru bisa keturutan sekarang.
Maaf, sekiranya apabila ceritanya bakalan panjang banget.
Jadi aku (M24) adalah seorang lulusan prodi sasing dari salah satu ptn di jateng. Sekarang ini aku tengah menganggur selama kurang lebih 6/7 bulan yang mostly juga karena kesalahanku sendiri yang begitu teledor dan kurang bijak dalam menyikapi usia dewasa. Aku sempat bekerja di sebuah bimbel bahasa inggris sebagai admin disana selama kurang lebih 7 bulan sebelum diriku memutuskan untuk resign dari sana, tanpa mempertimbangkan adanya pekerjaan pengganti atau tidak sebelumnya. Sebelumnya memang sudah ada beberapa interview sebelum aku benar-benar keluar dari situ, namun memang belum berjodoh apa gimana aku belum benar-benar bisa secure pekerjaan sebelum aku memutuskan resign. Aku merasa sangat unwise dan terlalu larut dalam overthinkingku kala itu (akan aku perjelas di paragraf selanjutnya).
Ada beberapa hal yang mendasari keputusanku untuk resign, namun 2 yang menjadi poin utama adalah mengenai benefit gaji dan jam kerja. Memang di awal sudah ditekankan apabila gaji yang diberikan akan dibawah UMK yang ada (hanya di angka 1 juta sekian). Itupun ternyata, masih ada potongan sekian persen dikarenakan bimbelnya masih dianggap oleh pihak Finance terdampak oleh pandemi, dan tidak dapat dipastikan untuk bisa kembali ke penghitungan gaji normal apakah bisa dilakukan dalam waktu dekat.
Untuk benefit gaji sendiri aku merasa masih bisa menyanggupi karena aku juga untuk hitungan FG yang “sangat” minim skill (bahkan mngkn hampir ga punya) merasakan untuk mungkin mencoba mendapatkan pengalaman kerja yang nantinya, berharapnya, bisa dipergunakan untuk mempercantik CV. Untuk jam kerjanya, aku menanyakan soal hal itu, dan dari snaanya memberitahu apabila untuk jam kerja 6 jam dengan 2 shift (6 jam karena mngkn msh terdampak pandemi tadi, apabila sudah kembali bisa saja jadi 8 jam). Dan ada agenda-agenda lain seperti dinas ke luar kota dsb yang perlu dilakukan dan bisa saja menyita jam reguler yang sudah ada. Poin terakhir inilah yang mungkin menjadi pertimbanganku dan membuatku berfikir ulang.
Jadi untuk bimbel ini sendiri ngga cuman bergerak di kantor utama, namun juga bekerja sama dengan sekolah-sekolah dalam mengisi ekstrakurikuler mereka atau menawarkan jasa pengadaan lab bahasa (include dengan guru freelance dan buku mapelnya). Jobdesc ku disini kebanyakan berfokus pada observasi dan monitoring bagaimana kegiatan belajar mengajar baik dari guru freelance di kantor utama maupun yang ditempatkan di sekolah-sekolah tadi. Aku juga berkoordinasi dengan koordinator sekolah terkait dengan performa guru yang ada, respons murid, kualitas materi yang diberikan serta pengaturan jadwal seperti sesi foreigner (disini ada freelance foreigner juga, tapi ku lihat2 yang bisa stabil dtg cuman 1 orang) ujian mid dan final test.
Pada mulanya, tepatnya 3 bulan pertama, aku masih merasakan enjoy dan senang untuk melakukan semua jobdesc yang ada. Walau terkadang masih sesekali kena tegur karena datang terlambat (jarak rumah ke kantor dulu memakan waktu krg lbh 45 menit) namun untuk perihal yang lain so far aku sendiri ngerasa masih sanggup-sanggup saja. Namun, hal yang sama mungkin ngga aku temui dengan orang rumah alias ortu yang ngerasa pekerjaanku memang dinilai masih terasa kurang dan mereka berharap jga aku bisa mendapatkan pekerjaan yang lebih baik. Opini mereka menurutku valid karena aku sendiri punya 2 kakak yang memang sudah terlampau sukses, 1 bekerja di BUMN dan satunya lagi bekerja di sebuah perusahaan startup unicorn di Indonesia.
Memang, sedari aku kuliah semester 1 aku mulai sadar apabila aku memang super inferior dibanding kakak-kakak ku. Aku memang ngerasa gapunya sesuatu hal lebih yang mngkn ga dimiliki oleh kedua kakakku. Aku terkadang takut untuk melihat mereka di kala diriku yang super inferior ini masih belum bisa berdiri tegap “setara” dengan mereka.
Bahkan ortuku sendiri juga mengiyakan hal tersebut, dan memang aku jga merasakan hal yang sama. Pernah ada momen dimana ketika aku terselip gaji yang biasa kudapat hanya sekian 1 juta pun, ada sedikit gelak tawa dari ortuku karena merasa memang terlampau jauh bgt dari yang beliau harapkan (gajiku paling rendah di keluarga). Walau memang setelahnya mereka juga mengucap untuk tetap bersyukur akan rejeki yang ada, namun celetukan tawa tadi seolah-olah kutanggapi dengan mood negatif karena mengira memang aku akan berakhir jadi anak yang gagal di keluarga ini. Ortuku keduanya adalah seorang guru pns, bapak sudah pensiun dan ibu tahun depan ikut juga. Walau begitu, ada rasa malu dan merasa terbebani apabila aku nggak bisa mengikuti jejak anak-anak ortuku yang lain yang sudah sukses. Terlebih, kesan aku menjadi adik yang beban dan ortu yang enabling sepertinya juga jelek juga.
Kembali ke topik pekerjaan di bimbel tadi, aku mulai merasakan ketidakselarasan antara workload dan benefit yang kuterima ketika aku mulai menjalani agenda dinas keluar kota. Mulanya aku berfikir agenda biasa pergi ke luar kota gitu, namun tidak. Aku diharuskan untuk berangkat jam 3 pagi demi untuk mem-paskan waktu dengan kegiatan KBM sekolah di luar kota sana (aku sudah melakukan agenda ini sekitar 4 kali, 2 kali ke kab. di jatim dan 2 kali juga di kab. di jateng).
Biasanya, agenda ini dilakukan dengan perihal pembuatan laporan observasi lab bahasa atau untuk pelaksanaan TOEFL/TOEIC secara offline. Aku sedikit kaget mulanya karena aku berangkat pagi-pagi buta dan pulangnya pun bisa jadi melebihi jam kerja yang ada (oh iya aku lupa memberitahukan apabila tidak ada uang lembur disini). Apabila aku ngga salah, agenda ini ngga setiap waktu ada, minimum 1 bulan sekali memang. Yang mungkin lebih susah untuk ditebak adalah ketika ada agenda keluar kota terdekat (minimal 30-45 menitan jaraknya) yang mengharuskan untuk menggantikan guru freelance yang berhalangan secara mendadak.
Memang, sudah ada pemberitahuan apabila hendak ijin bisa memberitahukan lebih awal. Namun terkadang aku masih menemui kasus dimana seharusnya aku jam 2 siang sudah bisa pulang, terpaksa harus menggantikan guru yang bersangkutan karena baru memberitahukan ijinnya pada saat jam 11-12 siang. Dan hal ini benar-benar tidak bisa diprediksi, dan akupun yang memang merasa skill mengajarku sangat kalah apabila dibandingkan anak-anak pendidikan otomatis kalang kabut ketika mendadak harus menyiapkan materi, absensi dan apa yang sekiranya bakal aku lakuin di sana nantinya.
Kembali ke agenda keluar kota yang berangkat jam 3 pagi tadi, puncaknya adalah ketika aku ditugaskan untuk pergi ke cilacap dan berangkat jam 10 malam. Berbeda dengana agenda sebelumnya yang mungkin aku bisa pulang 2-3 jam dari jam seharusnya aku pulang, disini I’m literally working for 24 hours. Aku berangkat jam 10 malam dan tiba kembali disini pun jam 10 malam keesokannya pula, itupun aku sampai di kantor bukan yang sampai di rumah. Agendanya sedikit berbeda karena bukan observasi yang bisa sebentar, melainkan pendampingan untuk foreigner atas permintaan personal sekolah.
Darisitulah aku merasa kalau mungkin kayak, apakah worth it untuk tetap melanjutkan ini? Dengan benefit sekian yang gaada lembur serta mungkin tidak ada kejelasan naik benefit or jenjang karir? Terlebih kadang aku merasa berfikiran negatif dengan orang tua di rumah karena melihat anak bungsunya yang mungkin akan berakhir tragis tidak bisa mengikuti jejak kedua kakaknya. Hal ini sudah kurasakan semenjak tahun lalu saat ku masih skripsian juga, saat judulku ditolak 2x dan aku merasa hilang arah karena banyak cibiran yang kuterima kala itu dari dosen-dosen yang menanyakan mengenai progress skripsiku, karena aku jauh tertinggal drpd temen2ku. Untungnya, aku sendiri ntah bagaimana bisa menyelesaikannya tepat waktu dan aku merasa itu menjadi salah satu best experience yg pernah kualami sejauh ini (mngkn terdengar sepele, namun bagiku sangat berkesan krn aku sering pusing dan nyetok obat pusing dari apotek kala itu).
Setelah menimbang-nimbang, membaca-baca sedikit artikel tentang masa kerja normal untuk resign dsb, aku memutuskan untuk resign pada bulan ke tujuhku disana. Aku menyelesaikan semua tugasku disana dan mengucap goodbye sembari membelikan rekan-rekan disana beberapa roti dan kaleng wafer.
Satu bulan pertama aku masih giat untuk mencari pekerjaan baru. Mengirimkan lamaran di lowongan yang ada, dan menunggu balasan yang ada. Akan tetapi, ntah apa yang merasuki diriku, pada bulan 2-4 aku seperti kehilangan minat dan arah dalam menata hidupku yang kacau balau ini. Aku sering membaca curhatan salah satu komodos disini yang sering berkeluh kesah soal skripsinya yang sudah diujung tanduk semester terakhir di DCT, dan komodos itu juga bilang apabila dia merasakan dirinya seolah-olah kehilangan minat dan keuletan untuk menuntaskan studinya. Aku serasa berada di perahu yang sama dengan komodos itu, hanya berbeda konteks saja karena aku dalam urusan pekerjaan. Aku benar-benar kehilangan arah dan terkadang hanya mengisi waktu dengan main game or baca-baca sosmed (I’m really sorry for being this lazy). Terkadang masih aku coba untuk memaksa diriku untuk menulis artikel sesuatu di sebuah website gitu yang membayar kontributornya untuk sekedar mengisi waktu luang, namun juga mencari mood dan menghadapi writer block jga bukanlah hal yang mudah. Ah iya, aku masih sesekali mengajar privat gitu. Ku merasa lebih mudah menghandle satu anak daripada satu kelas begitu.
Kemarin sempat ikut tes cpns oleh ortu, aku juga coba jabanin demi serasa untuk “showing effort” ke mereka agar tidak terkesan hikkikomori/nolep bgt begitu. Namun melihat bahwa di formasiku bener2 hanya dibutuhin 1 biji orang saja, seketika mengerucutkan semangatku dan benar saja, tanpa persiapan matang aku gagal di tes nya dengan skor TIU ku dibawah passing grade. Setelahnya, sekarang ini, aku kembali mencoba untuk sekedar melamr lagi di beberapa tempat. Aku ngga terlalu tau pasti skill apa yang kupunya, terkadang aku lebih memilih untuk memasukkan lamaran di posisi seperti admin dsb, dengan berharap bisa mendapatkan gaji yang jauh lebih baik seenggaknya umk.
Dalam lubuk hati, rasanya aku begitu bingung dan linglung mau dibawa kemana jiwa dan raga ini. Serasa aku hanya menjadi aib bagi keluargaku karena banyak hal yang aku gabisa kulakukan demi bisa setara dengan kakak-kakakku. Terlebih, pikiran negatifku dan overthinkingku semakin membabibuta kala mba iparku semua memiliki adik-adik yang seumuran denganku(or lebih tua dikit) jauh lebih sukses dan bisa menata hidup mereka dengan baik. Aku serasa menjadi seorang beban bagi kakak-kakakku. Terkadang sampai-sampai aku berfikir apabila mba iparku apakah membandingkan diriku dengan adik-adik mba iparku kala mereka sedang berada di ranjang.
Aku tidak tahu darimana overthinking ini berasal, mungkin sudah terlalu lama aku bergumul dengan perasaan ini. Aku takut ketika banyak konten motivasi untuk menata hidup yang baik harus dimulai dengan memenuhi goals2 tertentu, atau membuat milestone tertentu. Seperti usia 25 harus sudah punya rumah, sudah punya tabungan/aset sekian, sudah financially independent dll. Terlebih apabila nanti sudah diburu dengan usia untuk dituntut berkeluarga. Urusan perut sendiri aja masih belum sepenuhnya kelar, apalagi perut orang lain gitu.
2x aku mencoba ke psikolog (yang masih terjangkau untuk dompetku) baik sebelum maupun sesudah resign belum bisa sepenuhnya menghilangkan overthinking dan rasa takutku akan masa depanku. Mau jadi apa aku? Mau ntar gimana setelah ortu pensiun semua, or bahkan ditinggal mangkat duluan? Apakah bakal tetep jadi aib keluarga yg gabisa dibanggain di mata ortu lain? Apakah bakal mati menyendiri sebatang kara?
Sewaktu-waktu aku melihat ventilasi ruangan, kadang ada penglihatan untuk melihat diriku menggantung disana. Sekali pernah ketika orang rumah sedang pergi keluar semua, tak ada seorang pun, aku mencoba untuk mearik sebuah kursi dibawah ventilasi tsb dan menggantungkan sebuah sarung yang coba kulilitkan diantara leherku. 2-3 menit ku terdiam memikirkan “Am I already hit the rock bottom? Will I give myself another chance? Isn’t this the perfect way to end it?”. Aku urungkan niat tersebut krn aku merasa belum bener2 hit the rock bottom, tpi pikiran soal aku menggantung itu kerapkali terngiang.

ilustrasi saja
Kalaupun memang aku matipun, aku pengen meninggalkan rekening serta barang2 elektronikku untuk mereka bisa jual nantinya. Ga banyak memang, rekeningku sendiri hanya sekitar 12jt aja aku bener2 simpen selama 6 bulan ini hasil bekerja dan sisa dana kkn dulu. Aku ga main slot, judi ataupun pijol dll. Mungkin hanya itulah yg bisa kutinggalkan untuk mereka. Aku merasa hopeless, takut, menjadi seseorang yg hanya jadi beban dan aib bagi orang lain. Takut menjadi yang paling ketinggalan kereta daripada yang lain.
Pernah saking tantrum dan bingungnya aku jedotin kepalaku ke sebuah meja beton sampai benjol, atau kepala belakang ke tembok gitu. Pengen mencoba donor darah biar seenggaknya merasa bis aada value as a human being buat bisa berguna buat org lain, selalu ditolak gara2 tensi tinggi/hb nya yg lewat. Aku pernah dulu semasa kerja kepala serasa digetok palu kencang bgt randomly gitu, dan ternyata kena tensi di angka 100an/90an lbh. Kata dokternya emg jangan terlalu banyak pikiran dulu dan jaga waktu tidur istirahat gitu.
ilustrasi saja
Semenjak awal tahun ini rasanya jadi gampang bgt terlalu larut dalam kesedihan sampai-sampai hanya krn aku trerlalu was-was akan gimana soal masa depan sendiri nantinya, aku kerap menangis sendiri di dalam kamar cukup lama. Hanya dengan membenturkan kepala di touchpad laptop saja sembari memikirkan diriku 5 tahun kedepa, seketika membuatku mataku berlinang air dan sesenggukan.
Aku malu untuk mengakuinya, karena kesan disini memang cowo lebih tegar, kuat dlm menutupi emosi yang ada. Cowo lebih membuang semua perasaan itu buat nemuin jalan keluar yg ada, namun aku sendiri ga bisa melakukan hal semacam itu, ntah kenapa. Aku malu menjadi cowo yang gampang nangis gini, kesannya ga manly gitu.
Aku pengen senggaknya bisa mengukir senyum bangga di wajah kedua orangtuaku sebelum aku bakal say goodbye for the last time ama mereka. Mba iparku pernah sekali bilang ke aku pas lebaran "gausah malu-malu dek, anggep aja kakak sendiri", serasa aku pengen jawab "I will never be your younger brother, sis, not until I am as successfull as your biological younger brother. I am worthless and only bring shame to this family". Tapi kurungkan dalam hati saja. Aku begitu takut menemui orang-orang yang kukenal.
Mungkin ini bbakal jadi post terakhirku jga dengan akun ini. Aku gamau terlalu banyak ngepost krn takut mngkn akan mengganggu komodos yang lain. Melihat postingan Quora mba Grita Amelia dulu disini jga serasa membuatku takut untuk open up cerita seperti ini. Aku sering banget membaca postingan H2H disini yang mungkin membuatku merasa I am not that alone, but stil…,
Hanya 3 orang real life yang tau aku ceritakan seperti ini, dan yah aku berharap mereka ga ngebocorinnya ke siapa2. At least sebelum aku mngkn meninggalkan mereka.
Sekali lagi, maaf komodos klo emg terkesan panjang banget , ngalor ngidul, dan hopeless gini. Thanks for reading.

TL;DR :
Aku ngerasa gagal menjadi seorang manusia, anak dan adik buat kakak-kakakku maupun kakak iparku karena aku masih belum bisa merasa "setara" dengan mereka dan ortu pun juga berharap begitu, namun aku ngga tahu cara untuk mewujudkannya. Merasa makin tertinggal dengan balapan umur yang ada with no particular skill I could offer. Severe overthinking and always seeing my future as a bleak cloud ahead of me, bagai kapal yang terombang ambing di tengah lautan gatau mau berlabuh kemana. Suicide keeps crossing in my mind as an option, cuz that's the only way to relieve my pain of being such a failure in the eyes of everyone that I know..

Maaf komodos ga ngasi TLDR, sorry for this shitty long post

submitted by MerkuriIntan to indonesia [link] [comments]


2023.09.22 08:45 Salty-Field-803 TIL that there are different minimum age for both smoking and drinking

TIL that there are different minimum age for both smoking and drinking submitted by Salty-Field-803 to malaysians [link] [comments]


2023.08.18 10:31 Independent_Force_19 I need support for a competition tomorrow

Jadi gue disini siswa SMP kelas 9, baru beberapa minggu aja naik kelas. Gua sebenernya agak bingung buat mulai darimana dulu. Mungkin gua kenalan dulu aja deh? Jadi gue umur 14 dan saat ini lagi mengenyam pendidikan di salah satu SMP di Jakarta, gua ikut ekskul yang bisa dibilang melelahkan. Sebenernya gua ga masalah melelahkan secara fisik. Tapi yang jadi masalah adalah tekanan batin. Mungkin udah ketauan ya? Yap, jawabannya paskibra. Gua tau gua siswa SMP, dan banyak dari kalian yang udah kuliah bahkan udah kerja yang pasti beban yang ditanggung lebih banyak. But right now, di level gue ini mungkin salah satu tantangan paling berat buat gue sekarang, gua juga butuh pelajaran buat menghadapi hal2 kayak gini kedepannya. so I hope y'all will listen to me, tia
So, let's start. Nggak kayak kebanyakan anggota paskibra lainnya, gua mungkin capek secara mental bukan karena sering dimarahin senior atau sering kena hukuman. Gua udah lewatin masa-masa itu pas di kelas 7 dan 8. Itu semua udah jadi pelajaran buat gua. Paskibra di sekolah gua bisa dibilang bukan yang bagus-bagus amat. (Itu pada awalnya.) senior 1 angkatan diatas gue pun bahkan cuma sekali ikut lomba dan itu pun juga berbarengan dengan lomba perdana angkatan gue juga. Setelah tim dibentuk dan kebetulan tim gue ini full angkatan gue semua, gue akhirnya riset gimana cara suara danton yang baik (kebetulan posisi gue sekarang ini danton), gimana pbb yang bener, dan juga cara aba-aba yang bener. Gua tontonin itu semua video lomba lkbb di youtube biar tau cara-cara nya. And... setelah semua latihan itu, setelah banyak banget koreksi aba-aba yang salah yang diajarin angkatan sebelumnya, surprisingly kita juara in lomba itu walaupun dibawah juaranya. Tapi itu udah termasuk prestasi bagi gue, secara senior gue ini ga dapet piala dan juara sama sekali. (Gua turut kasihan sama mereka since angkatan gua dan angkatan mereka udah deket banget) and that's it, lomba pertama.
Setelah itu, kita masih punya spare time banyak berhubung kita masih kelas 8 dan kelas 9 (senior gue) itu udah lulus karena lomba yang pertama itu dilakukan buat ngejar sertif dan itu mepet banget sama ujian sekolah mereka.
Akhirnya angkatan gue pun ikut lomba lagi dan kali ini bawa angkatan bawah (junior) dan... ini mungkin awal dari ceritanya. Well, kita di lomba kedua (lomba kedua buat angkatan gue dan lomba pertama buat angkatan bawah gue). surprisingly kita jauh banget improve dari lomba sebelumnya, but angkatan dibawah gue secara mengejutkan cuma gap sekitar 6 juara di bawah gue. Dan lo semua tau lah ketika lo hampir dikalahin sama orang yang lo ajarin. That's.. kinda hurt.
Lanjut, kejadian saat ini yaitu lomba ke 3 buat angkatan gue. Lomba ini bisa dibilang bukan lomba main-main since sertifikatnya ditandatanganin salah satu dinas yang saya lupa namanya. Nah, di lomba ke 3 ini, ada beberapa perombakkan anggota tim tapi ga masalah. Kita harus bikin sedikit chemistry baru lagi tapi itu bukan masalah besar. Masalah besarnya adalah ketika pelatih kita ngasih metronom yang sebelumnya gapernah dipake (contoh metronom buat langkah tegap:96) Metronom itu semacam bunyi tik2 tergantung angkanya biar tau kecepatan aba2 jalan-jalan (seperti langkah tegap, biasa, lari, dll) nah, pas dikasih kita itu berkembangnya lebih lambat daripada tim junior gue (oh iya gue lupa pas lomba kedua angkatan gue, ada angkatan gue yang dipecah ke tim junior supaya bisa ngajar mereka, ga tanggung-tanggung sekitaran 5 orang termasuk danton dari 14 orang di pasukan adalah angkatan gue. Sisa 9 orangnya itu junior kami. dan hal ini kejadian lagi di lomba ke 3 ini) tim gua mulai hilang performa dan sulit adaptasi sama metronom baru ini, dan yang bikin nyeseknya lagi, temen2 gua yang dipecah ke tim junior itu sebenernha orang2 yang dominan (istilahnya bisa ngomong lah, bisa manage tim dengan baik) sedangkan tim gua ini seolah2 cuma rely ke gua doang dan 1 temen cewek gua. Jadi apa2 istilahnya diserahin ke danton yaitu gue. semua masukan, kritik diserahin ke gue. Gua kadang suka iri liat danton tim sebelah yang cuma ngasih aba2 doang tanpa harus mimpin tim, itu karena udah banyak angkatan gue yang dominan di tim junior itu. Sedangkan tim gue? Ya begitulah. Ngurusin banyak orang itu sesuatu yang capek banget, apalagi harus jadi tempat buat ngeluarin unek2 tim gua ini tanpa ada backup an dari orang lain, seolah-olah ini membuat gue carry the team walaupun jadi danton, mental gua ngedown banget ketika mereka ngeluarin kritik, saran, unek2 itu semua ke gue. Gua tau mereka juga capek... gua juga pernah masuk barisan sebelumnya. But still, being the leader is not easy, especially ketika gaada yang backup. Gua cuma takut gak kuat aja nahan beban ini, apalagi besok adalah hari H lomba-nya. Barusan pun tadi gue nangis buat mikirin tim gua bakal juara diatas tim junior ga ya? Apakah nanti bakal sama kayak lomba pertama ketika angkatan atas ga dapet juara? Kok enak banget ya tim sebelah, banyak yang bisa ngatur? That's all i fear. Gue bener-bener butuh support sekarang ini, gua gelisah dan ga tau harus ceritain ke siapa.
Note: sebenernya performa gua sama tim junior ga beda jauh amat (kayaknya) tapi banyak kegelisahan dalam hati gue dan rasa iri ke tim sebelah yang udah lancar banget apa-apa nya (termasuk menjalankan setiap aba-aba)
Semoga kalian semua mengerti, gue sangat berterima kasih bagi kalian yang mau jawab cerita gue ini. Terimasih!
submitted by Independent_Force_19 to indonesia [link] [comments]


2023.07.01 08:43 Top-Search-2870 Mengenal Lebih Jauh Spadegaming

Spadegaming adalah, sebuah perusahaan judi online yang memiliki induk yang ada di negara Filipina, dan telah diterbitkan pada tahun 2007, perusahaan ini pun akhirnya mendapatkan izin dari sebuah lembaga MGA yang mengontrol permainan di negara Malta,dari sebagian besar lembaga ini telah mengatur segala jenis bentuk perjudian yang ada dinegara Malta.

Salah satu contohna dari perjudian lainnya yang berbasis tentang kasino, hiburan, mesin slot, taaruhan, lotre dan juga termasuk beberapa layanan yang di perjudian online salah satu contoh nya bisnis bisnis consumen dan bisnis ke bisnis lainnya, MGA salah satu lembaga perjudian online yang sangat terkenal di seluruh dunia.

Lembaga ini sangat berfungsi untuk mengatur sektor industri perjudian yang memastikan bermacam keadilan bagi para pemain judi yang telah menggunakan pelayanan perjudian, selain itu bertindak juga dengan tugas mereka sebagai lembaga untuk mencegah beberapa kejahatan yang ada di bidang perjudian online yang merekan bangun, salah satu kejahatan yang harus mereka cegah, kejahatan, korupsi, pencucian uang, dan juga melindungi para pemain yang akan dibantu untuk dimenangi.

MGA memilki beberapa regulator tentang perjudian yang pertama kali menawarkan tentang undang undang yang mereka atur tentang aktivitas dari sebuah perusahan yang berbasis dengan judi online, agar membuat suasana yang aman untuk para pemain, dengan arahan yang dapat mengatur dalam perindustrian judi online, namun dari bisnin perjudian online tersebut sudah berkembang pada tahun 2001, lalu mereka menghasilkan kurang lebih 12 persen negara Spadegaming adalah, sebuah perusahaan judi online yang memiliki induk yang ada di negara Filipina, dan telah diterbitkan pada tahun 2007, perusahaan ini pun akhirnya mendapatkan izin dari sebuah lembaga MGA yang mengontrol permainan di negara Malta,dari sebagian besar lembaga ini telah mengatur segala jenis bentuk perjudian yang ada dinegara Malta.

Salah satu contohna dari perjudian lainnya yang berbasis tentang kasino, hiburan, mesin slot, taaruhan, lotre dan juga termasuk beberapa layanan yang di perjudian online salah satu contoh nya bisnis bisnis consumen dan bisnis ke bisnis lainnya,\ MGA salah satu lembaga perjudian online yang sangat terkenal di seluruh dunia.

Lembaga ini sangat berfungsi untuk mengatur sektor industri perjudian yang memastikan bermacam keadilan bagi para pemain judi yang telah menggunakan pelayanan perjudian, selain itu bertindak juga dengan tugas mereka sebagai lembaga untuk mencegah beberapa kejahatan yang ada di bidang perjudian online yang merekan bangun, salah satu kejahatan yang harus mereka cegah, kejahatan, korupsi, pencucian uang, dan juga melindungi para pemain yang akan dibantu untuk dimenangi.

MGA memilki beberapa regulator tentang perjudian yang pertama kali menawarkan tentang undang undang yang mereka atur tentang aktivitas dari sebuah perusahan yang berbasis dengan judi online, agar membuat suasana yang aman untuk para pemain, dengan arahan yang dapat mengatur dalam perindustrian judi online, namun dari bisnin perjudian online tersebut sudah berkembang pada tahun 2001, lalu mereka menghasilkan kurang lebih 12 persen negara Malta.

MGA membuat sebuah aturan yang berfungsi untuk melindungi perindustrian perjudian dengan beberapa aturan yang mereka punya sebagai berikut, yaitu ada delalapn aturan yang mereka punya.

  1. Tidak membolehkan anak dibawah umur dan orang yang memiliki penyakit.
  2. Menciptakan sebuah bisnis tersebut dengan di tempatkan di wilayah lingkungan yang sangat aman dan bertanggung jawab.
  3. Mengeluarkan izin dan aturan kedapa setiap pemain.
  4. Perlindungan sesama tunai pemain, bahwa untuk memastika bahwa setoran dan penarikan tunai aman terkendali.
  5. Memastikan perangkat pemain melalui sistem audit dan juga fasilitas pengujian untuk memastikan hasil acak dari hasil
ke semua pemain.
  1. Memantau setiap kegiatan pemegang hak untuk memastikan peraturan yang mereka patuhi.
  2. Menjaga setiap hak pemain/
  3. Pastikan untuk memantau dalam setiap aktivitas perjudian, bebas dari kriminal haris dijaga dalam aktivitas tersebut.

MGA telah meresmikan atas pendirian suatu perusahaan judi online dari Spadegaming, dan beberapa permainan yang sangat menguntungkan dari permainan berjenis slot dari Spadegaming yaitu salah satu contohnya, Double Fortune.

Double Fortune merupakan salah satu permainan slot yang telah dibentuk oleh sebuah perusahaan SPadegaming, yang banyak dimainkan para pemain setiap harinya, mungkin penasaran bagi orang orang yang belum pernah memainkan slot dengan nama
Double Fortune.

Apa saja keunikan dari permainan slot tersebut, sehingga banyak pemain yang menggunakan peermainan slot ini, di waktu hampir setiap harinya, keunikan nya yaitu.

Didalam permainan Double Fortune, terdapat 25 pola yang bergambar unik, namun didalam putaran tersebut, memiliki 15 putaran
gratis, dengan lambang scatter x3, jika pemain mendapatkan hal tersebut dalam game ini, pastinya akan mendapatkan keuntungan yang sangat besar, tergantung dengan taruhan yang di pasang oleh pemain, semakin besar taruhan nya, semakin besar hasil kemenangan yang telah di dapatkan oleh pemain.


Malta.

MGA membuat sebuah aturan yang berfungsi untuk melindungi perindustrian perjudian dengan beberapa aturan yang mereka punya sebagai berikut, yaitu ada delalapn aturan yang mereka punya.

  1. Tidak membolehkan anak dibawah umur dan orang yang memiliki penyakit.
  2. Menciptakan sebuah bisnis tersebut dengan di tempatkan di wilayah lingkungan yang sangat aman dan bertanggung jawab.
  3. Mengeluarkan izin dan aturan kedapa setiap pemain.
  4. Perlindungan sesama tunai pemain, bahwa untuk memastika bahwa setoran dan penarikan tunai aman terkendali.
  5. Memastikan perangkat pemain melalui sistem audit dan juga fasilitas pengujian untuk memastikan hasil acak dari hasil
ke semua pemain.
  1. Memantau setiap kegiatan pemegang hak untuk memastikan peraturan yang mereka patuhi.
  2. Menjaga setiap hak pemain/
  3. Pastikan untuk memantau dalam setiap aktivitas perjudian, bebas dari kriminal haris dijaga dalam aktivitas tersebut.

MGA telah meresmikan atas pendirian suatu perusahaan judi online dari Spadegaming, dan beberapa permainan yang sangat menguntungkan dari permainan berjenis slot dari Spadegaming yaitu salah satu contohnya, Double Fortune.

Double Fortune merupakan salah satu permainan slot yang telah dibentuk oleh sebuah perusahaan SPadegaming, yang banyak dimainkan para pemain setiap harinya, mungkin penasaran bagi orang orang yang belum pernah memainkan slot dengan nama
Double Fortune.

Apa saja keunikan dari permainan slot tersebut, sehingga banyak pemain yang menggunakan peermainan slot ini, di waktu hampir setiap harinya, keunikan nya yaitu.

Didalam permainan Double Fortune, terdapat 25 pola yang bergambar unik, namun didalam putaran tersebut, memiliki 15 putaran gratis, dengan lambang scatter x3, jika pemain mendapatkan hal tersebut dalam game ini, pastinya akan mendapatkan keuntungan yang sangat besar, tergantung dengan taruhan yang di pasang oleh pemain, semakin besar taruhan nya, semakin besar hasil kemenangan yang telah di dapatkan oleh pemain.



submitted by Top-Search-2870 to u/Top-Search-2870 [link] [comments]


2023.06.25 20:37 DefiantObjective9269 cara bertahan hidup ketika diusir dari rumah tanpa uang

ini mungkin udah ditanyain sama org lain tapi berhubung kondisi dan lokasi gua berbeda gua mau nanya lagi.
ini belum kejadian tapi gue ttp nanya, umur gua 20an, gua cuma nyiapin ktp, fc KK, ijasah sma, punya depresi tapi ga berat (gua bisa handle) karena hidup dipasung semenjak kuliah online, bawa uang cuma dibawah 50k, daerah sekitar klampok-purbalingga di jawa tengah , opsi rumah temen cuma satu (butuh jawaban klo opsi ini ga bisa juga)
diusir karena drop out dari kuliah karena masalah pilihan hidup (planning kedepan, pekerjaan dan agama) padahal ga ada yg negatif, ttg agama ortu ga mau hidup bareng sama org yg berbeda agama atau sama agama tapi pura2 mereka suka ngode2 ngasih warning tiap hari, ini didukung keluarga besar, gua diancam dihapus dari KK, jadi ga punya pilihan lain kalau keluar, ada saran dan masukan kah? gue harus kemana, harus ngapain?
submitted by DefiantObjective9269 to indonesia [link] [comments]


2023.06.25 14:55 Secodic tidak sepenuhnya privilege

Hey, saya masih duduk di bangku SMA, harus saya akui orang tua dan keluarga saya cukup berada sampai-sampai saya seringkali dapat uang yang jumlahnya lumayan dalam beberapa kesempatan (imlek, tahun baru, ultah). Untuk sekarang, tabungan saya sekitar +- 110 jt, lumayan ketumpuk jadi gunung karena saya orangnya cenderung nabung dan hemat (gofood enggak pernah, jalan kesana kemari naik transportasi umum, hobby makan emperan). Kalau dibandingkan saudara saya yang lebih tua, tabungannya bisa dibilang “raib” dan jauh dibawah saya meskipun kita dapat nominal yang sama. Motivasi saya dulu menabung mulai di sekitar umur 12, saat saya mulai menyadari makna uang dan waktu itu sempat mau balap teman saya yang sudah menabung dengan nominal yang cukup besar waktu itu.
Orang tua saya dulu sudah expose saya tentang investasi, tapi diumur segitu karena saya tau mau investasi saham gamungkin, saya kumpulin uang dikit-dikit buat beli kepingan emas kecil sendiri (3 gr, 5 gr, 1 gr, dll), saya ingat dulu naik public transport sepulang sekolah hari jumat buat “jajan” emas di Blok M. Uang gak pernah saya biarin endap di rekening bank, karena saya di umur segitu udah nyadar betapa jeleknya return dari endapin uang di rekening. Saya juga mulai nabung uang jajan saya, saya ingat mulai nabung cuma pake uang 100 rb, 10 rb 10 lembar, saya taruh di kotak. Lama kelamaan, kotak diganti laci baju, sampai laci diganti ke briefcase bekas bapak saya.
Lalu pas masa-masa covid, saya sempat dapat keuntungan yang lumayan besar, yang membuat saya mulai semangat lebih giat lagi berinvestasi. Saya beli cengkeh dari nenek saya sekitar 9 juta (waktu itu harga cuma 65k satu kilo), tadinya sih cuma iseng aja soalnya kan nenek saya pedagang cengkeh), dalam waktu 3 bulan harganya melonjak sampai 115k per kilo, wah cuan besar +-6 juta. Dari sini saya udah punya 15 juta di rekening, nggak tau mau diapain. Dengan uang itu saya membujuk ibu saya untuk memperbolehkan saya trading saham pakai akun saham punyanya yang sudah lama tidak terpakai. Mulailah “frenzy” saya jadi investor saham, value investing maupun speculation.
Kekayaan saya lumayan terdiversifikasi sebagai berikut. 35% emas 55% saham sisa sekitar 10% campur (cash, uang asing, dll)
Investasi saham saya udah sekitar 2 tahun, ROI >25% (sounds crazy tapi saya spekulan akut + rebound covid lumayan jadi ladang cuan). Sekarang lagi fokus spekulasi saham, untung cukup besar dalam kurun waktu yang singkat (jangan ditiru, kalau rugi, ruginya juga gila dalam sekejap). Namun belakangan ini karena fokus sekolah, saham saya kurang saya perhatiin.
Kedengerannya emang aneh, anak 12 tahun udah punya hobi nabung yang datang dari diri sendiri tanpa paksaan dari orangtua, dan sekarang umur 17 udah lumayan ok dalam pengelolaan keuangan. Saya juga sering bertanya kepada teman dan kerabat saya mengenai tabungan mereka (iseng-iseng mau tau hehe), most of the time mereka bilang ya nggak punya dan ga berniat untuk punya. Bahkan sekarang saya di SMA, teman sekolah saya kebanyakan berfoya-foya dengan uang orangtuanya. Disaat teman saya sibuk beli iphone terbaru, saya lagi mikirin apa saham yang sebaiknya saya jual atau beli. Disaat teman saya makan di restoran-restoran gourmet sampai habis ratusan ribu, saya lagi nego gorengan biar di bonusin oncom sama abang gorengan. Tapi kadang ada juga sih, waktu dimana saya kelolosan boros buat makan bareng teman. Yah begitulah, tapi memang saya akui privilege yang saya miliki, orang tua saya yang ngerti dan ngajarin investasi sejak dini, dan uang juga.
Saya tulis ini karena kurang setuju sepenuhnya dengan orang-orang yang suka nuduh privielege dan keadaan, kamu bisa kaya tapi kalau nggak bisa urus ya akhirnya abis juga lah, dan juga sebaliknya kalau kamu kurang beruntung tapi rajin nabung mau sedikit apapun itu juga lama2 jadi gunung.
Maaf kalau ada salah tutur kata, seandainya ada yang berbeda pendapat silahkan di jelaskan dibawah, saya terbuka untuk opini-opini para user subreddit ini.
<3 - A
submitted by Secodic to finansial [link] [comments]


2023.06.03 12:47 Polressiak Tim Unit Reskrim Polsek Lubuk Dalam Amankan Pelaku Kekerasan Terhadap Anak Dibawah Umur

Tim Unit Reskrim Polsek Lubuk Dalam Amankan Pelaku Kekerasan Terhadap Anak Dibawah Umur
LUBUK DALAM – Tim Unit Reskrim Polsek Lubuk Dalam amankan pelaku “Kekerasan terhadap anak dibawah umur” yang baru diketahui terjadi pada hari Sabtu tanggal 27 Mei 2023 sekitar pukul 08.00 Wib di Peladangan Inti V PTPN V Kebun Lubuk Dalam Kec. Lubuk Dalam Kab. Siak.
Sebagaimana dimaksud dalam Pasal 80 ayat (2) Undangan Undang Nomor 35 Tahun 2014.
Kapolres Siak AKBP Ronald Sumaja S.I.K melalui Kapolsek Lubuk Dalam AKP Januar Edwin Sitompul,S.H.,M.H membenarkan penangkapan pelaku kekerasan terhadap anak dibawah umur” tersebut.
Kronologi dari persitiwa tersebut adalah pada hari Jum’at tanggal 02 Juni 2023 sekitar pukul 21.00 Wib telah datang ke Polsek Lubuk Dalam seorang laki laki melaporkan tentang kekerasan terhadap anak dibawah umur yang di lakukan oleh pelaku SDM terhadap korban Emon Lasse yang terjadi pada hari kamis tanggal 01 Juni 2023. https://polressiak.id/tim-unit-reskrim-polsek-lubuk-dalam-amankan-pelaku-kekerasan-terhadap-anak-dibawah-umu
https://preview.redd.it/4ksa3xj09s3b1.jpg?width=994&format=pjpg&auto=webp&s=ba04f4a4bacfe04ed88314a7424cd970fad83a49
submitted by Polressiak to u/Polressiak [link] [comments]


http://swiebodzin.info