Bahasa sunda lama

Apakah Work Culture di Indonesia semakin Buruk?

2024.04.28 07:34 MICKY5789 Apakah Work Culture di Indonesia semakin Buruk?

Mau post ini udah lama tapi dulu masih pemilu jadi gak bisa ngepost.
Dulu waktu masih muda dan baru lulus sekolah, saya diberi mindset "namanya kerja di tempat orang gak ada yang enak, mau gaji kecil atau gede jalanin aja itu namanya melatih mental".
Saya mendapatkan pekerjaan di pabrik salah satu kota besar Indonesia. Perusahaan yang terbilang cukup besar dan memiliki ribuan karyawan, jam kerja disana cukup berat karyawan harus siap kerja 12 jam - 13 jam sehari disaat produksi meningkat, siap kerja di hari Minggu/tanggal merah, dan gajinya di bawah UMR, saya tidak keberatan dengan itu dan saya pikir itu hal yang normal untuk orang yang baru bekerja. Karena environment nya lumayan bagus sih jadi enjoy - enjoy aja kerja disana walaupun capek juga kerja dari pagi sampai malam.
Saya punya hobi main game dan nonton film, awal-awal masih bisa ambil waktu buat main game dan nonton film tapi terkadang ada saat nya lebih pilih tidur karena lelah.
After a year of working, I resigned and continued studying because my parents demanded that I go to college. While studying, I also took part in my family's business.
Bertambah nya umur dan banyak sekali ilmu yang dipelajari mulailah tersadar mengenai mental health dan pentingnya work life balance demi kesejahteraan hidup, selain itu pengalaman saat bekerja di pabrik tersebut ternyata kurang manusiawi kalau dipikir-pikir secara kritis.
After graduation of course I want get a new job with good money for my future life. Dan saat melihat-lihat info lowker. Banyak sekali lowker dengan job desk bejibun, designer, marketing online, akuntan, customer service semua jadi satu. Itu belum dengan batasan usia yang sangat muda sebagai persyaratan nya. Tapi masih tetap berpikir positif mungkin itu bukan buat satu orang ngerjain job desk itu semua buktinya orang-orang di komunitas gaming masih ada yang berkerja dan memiliki waktu luang untuk bisa namatin Starfield, Baldur's Gate 3 dalam seminggu .
Tapi setelah mendapatkan panggilan kerja disebuah perusahaan sebagai admin dan melakukan interview rasanya ada batin yang mengganjal karena bahasa interviewer saat dengan user terasa kurang profesional, saat saya tanya bagaimana dengan job desk dan kultur perusahaan nya, interviewer balik nanya "kamu siap kerja atau enggak?! Dan gak neko-neko!", ada perasaan terintimidasi dan membuat saya takut untuk menolak pekerjaan yang pada akhirnya hanya jawab "ya", "ya", dan "ya".
Saat bekerja disana ya tuhan..... selain job utama mengolah data perusahaan di Excel yang bejibun, saya harus meng-handle kerjaan sebagai marketing mulai dari mencari client hingga melakukan penagihan, belum lagi mendapatkan caci maki dari atasan kalau gak dapat target. Pulang sering jam 10 malam bahkan lebih. Mending kalau gajinya gede, ini mah enggak cuman dibayar dibawah sejutaan. Cukup aneh perusahaan berbadan hukum PT tapi berasa UMKM.
It feels like a modern slave, this is the worst work experience of my life. This is bad work culture. Just one month I survive from that company. Sebenarnya masuk ke perusahaan macam itu juga diperlukan koneksi, ya saya pun sempat melontarkan kekecewaan saya ke orang koneksi nya dan merasa orang itu hanya ingin mendapatkan imbalan dariku saja.
Apakah work culture di Indonesia mulai semakin buruk dan tidak manusiawi? Apakah hanya beberapa perusahaan saja yang seperti itu? Saya masih menyakini bahwa work culture di Indonesia masih baik-baik saja tentunya itu berlaku di perusahaan besar dan sudah menerapkan sistem 3 shift, anda masih bisa mendapatkan work life balance dan upah yang layak jika perusahaan tersebut mau menerapkan sistem 3 shift.
Namun dengan populasi yang besar dan lapangan pekerjaan yang tidak sebanding, tentu akan membuat perusahaan mencari kesempatan untuk mengeksploitasi karyawan seperti yang sudah saya alami. Walaupun Indonesia memiliki undang-undang ketenagakerjaan namun masih dapat mendapatkan celah untuk melakukan eksploitasi karyawan. Apalagi padatnya penduduk dan persaingan yang tinggi tentu orang-orang yang sudah depress akan mau-mau aja dibayar sangat murah dengan beban kerja dan jam kerja yang tinggi. Belum lagi outsourcing sekarang semakin meluas dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.
I really feel sorry for workers, especially young workers who are trapped in an unhealthy work culture. Apalagi dengan iming-iming demi masa depan yang baik, melatih mental, menguji mental, meningkatkan wawasan dan pengalaman, itu semua hanya omong kosong untukku yang telah mengetahui kenyataan nya yang sebenarnya tidak akan indah akhirnya you just to be a slave yeah corporate slave.
submitted by MICKY5789 to indonesia [link] [comments]


2024.04.26 09:40 no_name_619 Old Songs VS New Songs

Purano geet haru sunyo vane kasto ramro hunxa like melodious hunxa, so many musical instruments are used to create melody But nowadays, mostly guitar use garxan and they make a song which sounds like shit ( sabai lai vanya hoina hai, exceptions are always there ). It might offend many people.
I feel like purano songs haru ma Open Throat Singing hunthyo tara ahile dherai lai Closed Throat Singing garnu parya xa. Teti matrai hora vanya singers haru ko aawaj ni ramro hunna.
I feel like todays singers are like guys next door who somehow sings. Old singers were a huge deal , i cant have a vocal like them no matter how much i try type ko feeling aauxa old songs sunda. Eg: Narayan Gopal,Udit Narayan Jha,Prem Dhoj Pradhan, Ram Krishna Dhakal, Nabin K Bhattarai, Rajesh Payal Rai, Raju Lama, they have extra-ordinary vocal and the composition of their songs were legendary.
One more thing, yesto sunanai nasakine singers ko geet ma 40/50/60 millions views aauni raixa. Ek choti khana banauni bela, geet bajhirathyo mobile ma, ani ahile ka naya geet bajhyo, and i listened to these songs and decided to never listened to these.
submitted by no_name_619 to NepalSocial [link] [comments]


2024.04.24 22:29 Sea-Chance-9249 Bahasa Inggrisnya Nalangin?

Serius nanya bahasa inggrisnya nalangin apa ya? Tapi tapi sblm itu just want to make sure is “nalangin” even bahasa indonesia apa bahasa sunda ya?😂 duh maaf bgt ni kadang suka gakbisa bedain mana bahasa indonesia mana bahasa sunda (contoh: serutan vs rautan, serodotan vs perosotan - all these times i thought serutan dan serodotan tu bhs indo pdhl sunda). Tapi in case nalangin tuh bahasa sunda, definisi nalangin:
“Biar aku bayarin dulu, kamu gantiin nanti aja” <- “biar aku talangin dulu deh”
TAPI INI BUKAN NGUTANG Y GAES.
Kaya temporarily bayarin dulu gitu ngerti gaksih kalo misal buru2.
Yauda gitu aja kalo ada yg tau simplified word of “nalangin” in English plis kasi tau. Hatur nuhun suhu🙏🏻
*btw makasi guys jawaban2nya tp ini sbnrnya untuk professional context jd kaya mau bikin wording utk sistem nalangin di suatu organisasi, kalo ada yg tau kata singkatnya ato ngasi inspirasi nama sistem nalangin kabar2i yaa (mau dibikin kyk rekber gt wkwk kaskus bgt yak)
submitted by Sea-Chance-9249 to indonesia [link] [comments]


2024.04.22 11:10 Danielfaris2001 Siapa Sasterawan Negara ke-16???

KUALA LUMPUR: Tiada istilah lama atau baharu, apa yang pasti jika ada calon yang layak dan memenuhi kriteria ditetapkan pasti saja individu itu akan dinobatkan sebagai Sasterawan Negara (SN), itu kata Ketua Pengarah Dewan Bahasa dan Pustaka, Dr Hazami Jahari.
Hazami berkata, DBP menyedari pelbagai jenis pandangan dan persepsi akan timbul sebaik saja mana-mana penganugerahan sastera diumumkan sama ada Anugerah Sastera Negara yang membawa gelaran SN atau Anugerah Penulisan Asia Tenggara (SEA Write).
Menganggapnya hal lumrah, DBP katanya sebagai sekretariat terbuka kepada sebarang pandangan namun pencalonan dan pemilihan dibuat berdasarkan syarat yang digariskan, justeru, tidak timbul isu lama, baharu tua atau muda.
Malah kata Hazami, jika memang tiada calon layak pada tahun pencalonan seperti diputuskan panel, maka tidak akan ada tokoh yang akan dinamakan.
"Sebagai sekretariat kita menyediakan bahan yang cukup."
"Pencalonan Sasterawan Negara itu boleh dikemukakan bukan saja oleh badan atau institusi tetapi juga orang perseorangan yang berwibawa dalam bidang sastera.
"Pencalon bagaimanapun hendaklah mengemukakan satu nama saja dan setiap pencalonan mesti mengemukakan hujah secara bertulis berdasarkan penilaian karya sastera yang dihasilkan calon," katanya.
Tegas Hazami, bersama pencalonan itu juga pencalon mesti mengemukakan penilaian sumbangan fikiran calon dan kegiatannya yang mendorong ke arah pembinaan serta pengembangan sastera kebangsaan, jika ada.
Katanya, panel pemilihan ASN juga SEA Write datang daripada pelbagai latar belakang dan DBP tidak mengehadkannya kepada mereka yang hanya datang daripada bidang sastera sahaja.
Dalam hal ini katanya, meskipun majoriti panel adalah sarjana dan pemikir sastera, sekretariat melihat perlu ada tokoh dalam bidang lain bagi mengimbanginya.
"Kita juga perlu pandangan pakar dalam bidang lain yang berkaitan dalam melihat pencalonan.
"Kepakaran dalam bidang lain yang memaknakan sastera itu akan memberi nilai tambah. Mereka yang dipilih sebagai panel juga adalah dilantik oleh perdana menteri dengan nasihat sekretariat," katanya.
Tegasnya, DBP tidak mengamal 'favouritisme' malah tidak pun terbabit secara langsung untuk menentukan pemenang.
Siapapun yang dipilih katanya, adalah berdasarkan keputusan yang dibuat panel dilantik dan diperakukan oleh Menteri Pendidikan selaku pengerusi sekretariat.
ASN adalah pengiktirafan tertinggi kerajaan kepada tokoh sasterawan yang menulis dalam bahasa Melayu serta memberikan sumbangan cemerlang dalam perkembangan kesusasteraan tanah air. Bagi tahun ini pencalonan ASN bakal menobatkan SN ke-16 dan tarikh tutup pencalonan adalah pada 1 April 2024.
Sejak idea mengenainya diungkapkan oleh Perdana Menteri ketika itu, Tun Hussien Onn sempena Majlis Penyampaian Hadiah Karya Sastera pada 11 November 1977. Panel ASN diwujudkan tiga tahun kemudian dengan dipengerusikan oleh Menteri Pendidikan ketika itu, Tun Musa Hitam, manakala DBP bertindak sebagai sekretariat.
Sehingga kini 15 pengarang sudah dinobatkan sebagai SN (Sasterawan Negara) bermula dengan Kamaludin Muhammad atau Keris Mas (1981); Prof Emeritus Datuk Dr Shahnon Ahmad (1982); Datuk Usman Awang (1983); Datuk Seri A Samad Said (1985); Muhammad Dahlan Abdul Biang atau Arena Wati (1987); Prof Emeritus Dr Muhammad Haji Salleh (1991); Datuk Noordin Hassan (1993); Datuk Abdullah Hussain (1996); Dr Syed Othman Syed Omar atau S Othman Kelantan (2003); Datuk Dr Anwar Ridhwan (2009); Datuk Dr Ahmad Kamal Abdullah atau Kemala (2011); Datuk Baharuddin Zainal atau Baha Zain (2013); Datuk Dr Zurinah Hassan (2015); Datuk Dr Siti Zainon Ismail (2019) dan Datuk Rahman Shaari (2022)
Tokoh yang dinamakan sebagai SN bakal menerima wang tunai sebanyak RM60,000 selain beberapa imbuhan lain antaranya penerbitan 50,000 naskhah buku (atau bernilai maksimum RM500,000) untuk dibeli oleh kerajaan, kemudahan untuk penerbitan karya dan penterjemahan karya ke bahasa asing selain elaun sara hidup bernilai RM5,000 sebulan.
Sementara itu bagi SEA Write, Hazami berkata pencalonan dibuka sehingga 25 Mac 2024. Berbeza dengan ASN, SEA Write adalah penganugerahan yang diwujudkan sejak 1979 oleh Thailand bagi mengiktiraf penulis dari rantau Asia Tenggara.
Katanya, jika dahulu penulis dari Malaysia yang dipilih adalah berdasarkan penggiliran genre namun hal sebegitu tidak lagi terpakai.
Hazami berkata, apa yang penting pencalonan boleh dikemukakan bukan saja oleh badan atau institusi tetapi juga orang perseorangan yang berwibawa dalam bidang sastera berdasarkan format dan syarat yang ditetapkan sekretariat.
https://www.bharian.com.my/rencana/sastera/2024/03/1222105/tiada-sasterawan-negara-ke-16-jika-tidak-ada-yang-layak
submitted by Danielfaris2001 to Ajar_Malaysia [link] [comments]


2024.04.21 14:15 yp_IA 23 [M4R] [M4F] Looking for friends (or perhaps more?) to hangout with at Semarang

Hello. 23M here. Decent looking guy originally from SOLO/Surakarta looking for connections in Semarang, preferred Semarang tengah but any region is fine anyway.
Just recently got accepted as an Illustrator at Semarang Barat and now what? I barely know this place leave alone friends haha... Looking for friend(s) to chat with and maybe if we both have time, we can hang out together too?
I'm fine with going to cafes or some street food like warung/pedagang kaki lima, I'm not quite picky with places, just so you know that I'm not that rich but also not that poor either, as long as it's within my budget kemana aja gassin wkwkwk...
i want a person to talk to so much. so here's me a guy trying his luck. this is my effort of 'putting myself out there' or 'touch some grass' i guess (?)
it has always been my intention to seriously seek for a prospective long-term partner once i secure myself a job. and now that I've become a fulltime Illustrator, so yeah, again, here i am, definitely trying to mitigate that misery of loneliness hahahh....
little about me! :
hygiene guy ofc,170cm-ish, 55kg-ish (pretty much ideal body type not fat not slim either), kulit sawo matang, rambut agak panjang,
I can't quite say that i am a chatty person, but I don't have any problem socializing definitely not an awkward person. I'm okay with carrying the conversation if you happened to be an awkward person, seengaknya lu bales klo gw ngomong itu dh cukup wkwkwk...
pretty decent at using English so if you happen to be that person who use bahasa kentut so much or maybe you're a Bule, I definitely can still catch up.
SANGAT welcome dengan Deep Talk, Hey! I do have problems you know; I'd be glad if we could share our story lmao... \huft... life...* a self-proclaimed pendengar yang baik gw mh wkwkwk
Things I like are mostly Japanese based culture like:
- Anime (mostly anime lama tahun 2017-an kebawah keknya, tapi masih ngikutin kabar anime baru juga)
- Manga (the one I like the most is 'Three Days of Happiness')
- J-pop
- Vocaloid/UTAU/SyntV and etc. (I happened to know quite alot about it but never make any song myself)
- Gacha games (not quite often but I play Reverse 1999)
- also, a bit of tech freaks esp about Computer stuffs. I watch western movies such like Harry Potter, Narnia, Percy Jackson, etc. also quite informed about fashion industry.
we can start our little conversation from any of those topics, I'm also fine to talk about anything else, I'm eager to learn something new.
(damn I think I typed too much, seems like I desperately wanting friends or circles lmaoo) just chat or pull me to you circles/community if you want lol
So yeah... just hmu on my DMs or comment below if you interested, I hope that we can know each other more, Peace! :)
submitted by yp_IA to IndoR4R [link] [comments]


2024.04.21 07:27 RegularTemporary2707 Pindah ke luar negri

Hi komodos, saya sebenernya udah kepikiran lama untuk pindah keluar negri tapi akhir akhir ini makin mikir untuk pindah lebih kuat karna beberapa alasan seperti keadaan sociopolitik, ekonomi, sama diskriminasi di indo yang bikin saya punya minim harapan buat tinggal disini lebih lanjut. saya sebenarnya sudah mencoba untuk nyaman dan menerima tinggal di indonesia namun agak sulit untuk saya sendiri untuk menetap di negara ini krna jujur saya beberapa kali bekerja dengan proyek pemerintahan dan dengan kinerja pemerintahan sekarang serta segala hal yang perlu dilakukan “under the table” saya merasa muak dengan sistem yang sudah mengakar tersebut, ditambah saya juga kaum minoritas yang setiap hari lelah melihat orang orang menanggap saya dibawah manusia karna “berbeda”
Se tangkepnya saya disini banyak komodos yang tinggal di luar negri dan saya cuma mau tau aja gimana kalian bisa pindah ? Boleh share pengalaman pengalaman pindah dan mungkin pros and cons pindah tersebut ? Saya sendiri punya kemampuan bahasa inggris yang lumayan fasih dan bisa bahasa jepang sedikit, untuk keahlian pekerjaan saya sudah bersertifikasi di bidang arsitektur dan lulus dari kampus ptn yang lumayan bagus, menurut komodos chance saya untuk bisa pindah keluar negri lumayan atau hanya angan saja ?
Maaf karna post ini terkesan agak negatif dan pesimis, terimakasih jawabannya
submitted by RegularTemporary2707 to indonesia [link] [comments]


2024.04.18 13:48 Khaganofrum Bagaimana dan di platform mana saya dapat berbicara dengan orang Indonesia?

Saya sudah lama tertarik dengan bahasa Indonesia dan Indonesia. Itulah mengapa saya ingin berbicara dengan orang Indonesia dan menjelajahi Indonesia, tetapi saya tidak tahu platform mana yang harus saya gunakan, platform apa yang paling banyak digunakan orang Indonesia?
submitted by Khaganofrum to indonesia [link] [comments]


2024.04.17 08:40 Gloomy_Stage How do I get these labels off?

How do I get these labels off?
I purchased an IKEA KOLON floor protector but I have been unable to remove the product labels.
Is there an easy way to get these off without using my fingernails?
One of the labels is pretty large but isn’t this a design flaw?
submitted by Gloomy_Stage to IKEA [link] [comments]


2024.04.12 05:10 Mission-Boss2860 Koridor Baru Tiongkok-Myanmar: Membangun Koridor, Berbagi Platform, Mendorong Pembangunan

Ramai dan mempesona. Berjalan melalui lokasi pameran Pameran Ekonomi dan Perdagangan Perbatasan Myanmar (Lashio) - Tiongkok (Lincang) ke-4 dan Pameran Ekonomi dan Perdagangan Perbatasan Myanmar (Naypyidaw) - Tiongkok (Lincang) (selanjutnya disebut Pameran Perbatasan Tiongkok-Myanmar ke-4), kita harus menghela nafas karena kegiatan yang ramai telah kembali dan acara akbar telah kembali.
Ini adalah pameran perbatasan offline pertama sejak epidemi Xin Guan, yang diadakan pada tanggal 25 hingga 28 Mei di Naypyidaw, Myanmar. Berfokus pada tema "Membangun Koridor Baru - Mencari Pembangunan Baru Bersama", Pameran Perbatasan bertujuan untuk secara proaktif melayani dan berintegrasi dengan Tiongkok dan Myanmar dalam membangun "Sabuk dan Jalan", Koridor Ekonomi Tiongkok-Myanmar, dan Koridor Baru Tiongkok-Myanmar di Samudra Hindia. Dengan mencari pengembangan baru kerja sama ekonomi dan perdagangan serta berbagi pencapaian baru kerja sama yang saling menguntungkan, hal ini mengkonsolidasikan persahabatan antara Tiongkok dan Myanmar dan memperdalam kerja sama perdagangan dan investasi.
Membangun Platform, Membangun Merek, dan Menjalin Pertemanan
Dalam Pameran Perbatasan ini, pihak China mengirimkan delegasi ekonomi dan perdagangan yang terdiri dari 156 anggota untuk berpartisipasi dalam pameran di Myanmar, di mana 82 perusahaan dari Yunnan, Shandong, Sichuan, Chongqing, Guangxi, Jiangsu, Guangdong, Henan, dan provinsi lain (daerah otonom dan kotamadya) secara kolektif muncul dalam pameran, dan produk yang dipamerkan termasuk makanan, kebutuhan sehari-hari, peralatan rumah tangga, produk fotovoltaik, kendaraan listrik, produk elektromekanis, suku cadang mobil, sepeda motor, dan aksesori lebih dari 500 jenis. Pihak Myanmar secara aktif mengorganisir perusahaan-perusahaan dari semua provinsi dan negara bagian untuk berpartisipasi dalam pameran, dan perusahaan-perusahaan China dan pengusaha China di luar negeri di Myanmar juga dengan antusias mendaftar untuk berpartisipasi dalam pameran.
Teman baru dan teman lama berkumpul bersama, membangun momentum membangun merek.
"Di sini, lihatlah ke sekeliling stan, yang semuanya merupakan mitra perusahaan kami di seluruh negeri dan di berbagai bidang." Meng Yao, Manajer Penjualan Wilayah Asia-Pasifik Asia Tenggara Sunshine Power Supply Co. Sebelumnya, Meng Yao dengan riang memperkenalkan bisnis perusahaan dalam bahasa Inggris kepada para tamu seperti Chen Hai, duta besar Tiongkok untuk Myanmar, dan Win Hin, wakil perdana menteri dan menteri perencanaan dan keuangan Myanmar, yang datang untuk berkeliling paviliun.
Meng Yao mengatakan bahwa sebagai perusahaan terkemuka di industri ini, Sunshine Energy sangat mementingkan Pameran Perbatasan ini. Tidak hanya membawa produk dan teknologi terbaru ke pameran, tetapi juga merekomendasikan pemasok nasional bahan dan aksesori terkait untuk menghadiri pameran bersama, melakukan upaya bersama untuk meningkatkan kesadaran merek seluruh rantai.
"Pameran singkat selama dua hari ini telah mencapai efek publisitas yang diharapkan." Myo De Piao, manajer umum Myanmar Golden Goat Co Ltd, melakukan perjalanan khusus dari Mandalay untuk berpartisipasi dalam Pameran Perbatasan. Peserta pameran dari Tiongkok sangat tertarik dengan jus tanduk asam merek "Crown" yang diproduksi oleh perusahaannya, dan ia sangat sibuk di stan.
Merapatkan mitra yang baik, membuka pasar Cina yang luas, berbagi pengalaman pengembangan yang kaya ...... pertama kalinya berpartisipasi dalam pameran perbatasan, panen Myo De Piao. "Pameran Perbatasan Myanmar-Tiongkok yang keempat telah memberi saya banyak kejutan, dan saya lebih percaya diri untuk memanfaatkan peluang bisnis dan memperluas kerja sama dengan perusahaan-perusahaan Tiongkok untuk saling menguntungkan dan saling menguntungkan." Myo De Piao mengatakan bahwa ia akan terus berpartisipasi dalam pameran tahun depan dan terus memperluas area gerainya untuk meningkatkan popularitas caper di Myanmar.
"Dibandingkan dengan Pameran Perbatasan pertama pada tahun 2019, Pameran Perbatasan kali ini menyajikan 'tiga hal tertinggi dan tiga hal lainnya'." Zhou Yongzhi, direktur Biro Perdagangan Kota Lincang, menjelaskan bahwa "tiga tertinggi" adalah peningkatan visibilitas, partisipasi dan kualitas produk, dan "tiga lebih banyak" adalah lebih banyak provinsi yang berpartisipasi, lebih banyak perusahaan yang berpartisipasi, dan lebih banyak produk yang berpartisipasi.
Dilaporkan bahwa dalam pameran 4 hari tersebut, omset di tempat mencapai 5 juta RMB, dan menerima lebih dari 10.000 pelanggan dari berbagai jenis. 19 perusahaan China dan Myanmar berhasil menandatangani 10 proyek, yang melibatkan perdagangan impor dan ekspor, pembelian dan penjualan produk pertanian dan sampingan, kerja sama perdagangan peralatan listrik industri dan rumah tangga serta bidang lainnya, dan jumlah kumulatif perjanjian tersebut mencapai lebih dari 800 juta yuan, dan denyut nadi kedua belah pihak dari pertukaran perdagangan menjadi lebih kuat.
Saluran baru, pengembangan baru, peluang baru
"Kami berkumpul karena pameran perbatasan dan berpelukan lebih erat karena saluran baru." Wakil sekretaris komite partai kota Lincang, walikota Du Jianhui mengatakan, saluran baru Samudra Hindia China-Myanmar melalui seluruh Myanmar, adalah negara-negara Samudra Hindia yang terhubung ke jalur penting pasar besar China, yang terhubung langsung ke barat daya China, tidak hanya kebutuhan untuk pengembangan Lincang, Yunnan, tetapi juga pasti akan membawa keuntungan besar bagi perkembangan Myanmar.
Dividen, dalam Pameran Perbatasan China-Myanmar keempat dapat dilihat.
Biro Perdagangan Kota Lincang Zhou Yongzhi memperkenalkan, pameran perbatasan semua pameran di China melalui pintu keluar pelabuhan Sungai Qingshui, naik kereta api ekspres Jalur Baru Samudera Hindia China-Myanmar ini, langsung ke Naypyidaw, Myanmar.
Bagaimana komoditas Myanmar dapat diangkut ke konsumen Tiongkok melalui Jalur Baru Samudra Hindia Tiongkok-Myanmar? Jawabannya dapat dilihat pada tata letak bisnis Pabrik Mebel "Citra Baru" Myanmar.
"Lashio adalah kota simpul penting dari koridor baru Samudra Hindia Myanmar-Tiongkok, untuk memfasilitasi ekspor luar negeri, kami menempatkan gudang transit di Lashio beberapa tahun yang lalu, tetapi di masa lalu, jalur darat dari Lashio ke Lincang, Tiongkok, karena infrastruktur yang buruk dan tidak perlu dikhawatirkan." Ao Kyaw Soe, kepala pabrik mebel, mengatakan bahwa dengan promosi aktif pembangunan Koridor Baru Samudra Hindia Myanmar-Tiongkok, Jembatan Jalur Bergulir yang dibantu oleh Tiongkok di Myanmar telah berhasil ditutup.
Memperluas Kerja Sama, Menikmati Sumber Daya, dan Berkembang Bersama
"Pameran Perbatasan adalah pertukaran budaya, berbaur adalah hati masyarakat, panen adalah persahabatan, mengejar pembangunan bersama." Zhou Yongzhi, direktur Biro Perdagangan Kota Lincang, berbicara dengan nada yang sama dengan para peserta pameran.
"Pameran Perbatasan memberikan kesempatan penting untuk kerja sama antara perusahaan-perusahaan Tiongkok dan Myanmar, dan pada saat yang sama mencerminkan bagaimana Lincang telah berubah dari sebuah kota kecil di daerah perbatasan barat daya menjadi jendela perbatasan untuk membuka diri ke Myanmar." Berbicara tentang pentingnya Pameran Perbatasan, Li Hui, penanggung jawab Lincang Shuangchuang Centre (selanjutnya disebut sebagai Shuangchuang Centre), mengatakan tanpa ragu-ragu. Dia mengamati bahwa banyak perusahaan luar biasa datang untuk mencari peluang bisnis dengan produk, sumber daya, saluran, dan solusi operasi terbaru mereka.
Proyek Shuangchuang Centre, yang dipimpin oleh Li Hui, berbasis di Lincang Hi-tech Zone dan menjangkau seluruh Kota Lincang. Pusat ini membangun sistem layanan yang mengintegrasikan informasi, pembiayaan, hak kekayaan intelektual, penelitian dan pengembangan ilmiah dan teknologi, pelatihan, manajemen, dan fungsi-fungsi lain untuk membantu perusahaan tumbuh secara sehat dan membimbing serta melayani kewirausahaan dan inovasi secara massal.
Li Hui memperkenalkan bahwa dalam beberapa tahun terakhir, Zona Teknologi Tinggi Lincang telah mengembangkan sejumlah perusahaan industri terkemuka dengan daya saing inti dan perusahaan ekonomi baru dengan kekuatan yang kuat, teknologi baru, pangsa pasar yang tinggi, dan pertumbuhan yang baik dengan meningkatkan kebijakan dukungan yang relevan dan mekanisme manajemen, yang memberdayakan pengembangan berkualitas tinggi di Lincang. Kali ini, sebanyak tujuh perusahaan dari Zona Teknologi Tinggi Lincang berpartisipasi dalam pameran tersebut.
Mempromosikan lapangan kerja dan kewirausahaan melalui kerja sama terbuka. Kantor Urusan Tiongkok Luar Negeri dari Pemerintah Kota Lincang telah membangun platform dengan departemen pemerintah Myanmar untuk membuat program pertukaran, merekrut lebih dari 200 siswa Myanmar setiap tahun ke Sekolah Tinggi Guru Sains dan Teknologi Yunnan Barat untuk pelatihan keterampilan kejuruan sebelum epidemi. "Dengan tujuan pertukaran, interaksi, pembelajaran, dan berbagi, Sekolah Tinggi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Yunnan Barat dan Shuangchuang Centre membangun kerja sama sekolah-perusahaan untuk memberikan magang kepada para siswa Myanmar di perusahaan yang didanai Tiongkok, untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam mengenai masyarakat, budaya, dan kebijakan Tiongkok, serta membuka jalan bagi mereka untuk mendapatkan pekerjaan dan berwirausaha." Kata Li Hui.
Selain berbagi bakat, "saling melengkapi" juga menjadi kata kunci yang disebutkan oleh para peserta pameran. "Perusahaan kami baru akan pindah ke Myanmar pada tahun 2020, dan kami berencana untuk menginkubasi Myanmar sebagai pasar utama." ujar Meng Yao, manajer penjualan Asia Tenggara untuk Wilayah Asia-Pasifik Sunny Power Supply Co.
Meng Yao menjelaskan bahwa Myanmar sering mengalami pemadaman listrik, dan kekurangan listrik yang parah telah mempengaruhi perkembangan sosial. "Listrik pada dasarnya dapat memenuhi permintaan selama musim hujan, tetapi ketika musim kemarau, keterbatasan pembangkit listrik tenaga air muncul ke permukaan. Pada saat yang sama, beberapa daerah di Myanmar memiliki sumber daya cahaya yang melimpah. Naypyidaw, misalnya, memiliki hingga 2.000 jam cahaya yang tersedia per tahun." Meng Yao mengatakan bahwa pengenalan fotovoltaik dapat menjadi pelengkap dengan pembangkit listrik tenaga air, sehingga masyarakat Myanmar dapat sepenuhnya menikmati kekuatan energi baru.
Memperdalam kerja sama ekonomi dan perdagangan China-Myanmar dengan saling melengkapi keunggulan masing-masing dan berbagi sumber daya adalah harapan bersama kedua belah pihak.
"China bersedia untuk memperkuat pertukaran dan saling pengertian dengan Myanmar, memperdalam persahabatan dan kerja sama, memberikan dukungan dan bantuan, serta menyumbangkan kebijaksanaan dan kekuatan China untuk perdamaian, stabilitas, dan pembangunan Myanmar." Pada upacara pembukaan Pameran Perbatasan China-Myanmar keempat, Chen Hai, duta besar China untuk Myanmar, mengatakan bahwa China dengan tegas akan mengejar strategi keterbukaan yang saling menguntungkan dan saling menguntungkan, dan mempercepat pembangunan pola pembangunan baru yang didominasi oleh siklus makro domestik, dengan siklus ganda domestik dan internasional yang saling mendorong satu sama lain, yang akan membawa peluang baru bagi pembangunan Myanmar. Wakil Perdana Menteri dan Menteri Perencanaan dan Keuangan Myanmar Win Htin mengatakan bahwa pihak Myanmar telah sepakat untuk bersama-sama membangun Koridor Ekonomi Myanmar-Tiongkok, untuk melaksanakan pembangunan proyek "Belt and Road" secara kooperatif, dan untuk mendirikan Zona Kerjasama Ekonomi Perbatasan Myanmar-Tiongkok.
Setelah keberhasilan tiga sesi pertama, Pameran Perbatasan telah menjadi kartu nama yang cemerlang untuk mengkonsolidasikan dan memperdalam pertukaran persahabatan dan kerja sama ekonomi dan perdagangan antara China dan Myanmar. Peluang bisnis bertabrakan dengan pameran, dan kerja sama dibangun dengan pameran. Semakin banyak perusahaan dan pengusaha China dan Myanmar telah menjadi "mitra internasional" dalam proses Koridor Baru Samudra Hindia China-Myanmar melalui platform, jembatan, dan pembawa Pameran Perbatasan.
submitted by Mission-Boss2860 to u/Mission-Boss2860 [link] [comments]


2024.04.09 03:44 MelodicConfusion500 JENIS SISIK DAN MITOS KATURANGGANNYA

pukulannya lawan tarung akan merasakan sakit luar dalam Memiliki Mental yang cukup bagus dan banyak dicari oleh para bobotoh Memiliki pergerakan dan keseimbangan kaki yang cukup Lihai
  1. ROTAN (Bulat) Sisik kaki rotan adalah salah satu yang paling banyak dikenal dan sering kita jumpai akan tetapi sisik kaki rotan super yang dipercaya memiliki pukulan menyakitkan bahkan dibilang mematikan. Ayam aduan sisik rotan punya ciri khas kaki berbentuk bulat ramping debgan barisan sisik yang begitu rapih/kerep maka dari itu para penghobi lama lebih menyukai ayam aduan dengan model kaki berbentuk bulat. Memiliki kekuatan pukulan yang begitu keras disertai taji super Memiliki kemampuan pukulan yang dapat Mematahkan tulang leher sehingga lawan tarung tak sanggup menahan rasa sakit Memiliki Mental bagus dan kuat Memiliki Keseimbangan dan pergerakan yang cukup ideal
  2. NAGA BANDA Sisik kaki Naga Banda merupakan jenis kaki ayam bangkok yang paling populer dan dikenal berbahaya tentunya' penghobi sering menyebutkan bahwa ini adalah contoh bentuk kaki ayam bangkokan asli (Original) sejak dulunya. ciri khas Naga banda memiliki sisik yang serupa dengan kulit buah salak melihat dari bentuk kaki dan karakter sisik naga banda memiliki aura yang dapat menakuti lawan. Memiliki Pukulan pedas, panas dan keras sehingga jarang sekali lawan tarung yang tahan jika terkena pukulannya. Memiliki Pukulan Depan yang mampu membuat lawan tersungkur dalam beberapa menit. Memiliki Mental luar Biasa seperti baja. Memiliki Pergerakan kaki yang begitu cepat.
  3. PUTRI KINIRUNG (Selap) Sisik kaki putri kinirung merupakan salah satu katuranggan yang masuk dalam naskah kuno seperti diprimbon jawa misalnya banyak kalangan penghobi mempercayai hal ini. jenis sisik ini diyakini memiliki pukulan yang dapat membuat lawan tarung sempoyongan bahkan lemas. khas putri kinirung sendiri memiliki ciri yaitu sebuah sisik janggal menyelip/melik keluar (dalam bahasa sunda sisik selap) Memiliki pukulan Menyakitkan yang terkenal panas Memiliki kemampuan pukulan yang membuat lawan kebingungan sehingga menjadi lemas bahkan lumpuh Memiliki mental yang bagus dan kuat Memiliki kecepatan dalam pergerakan
  4. SURO WETU Sisik kaki suro wetu merupakan salah satu ayam aduan paling berbahaya dan mematikan Katuranggan yang tersimpan dipercaya memiliki banyak kelebihan dan keampuhan jenis ini masuk kedalam daftar nama - nama ayam suro yang kita ketahui. Selain banyak dicari sisik suro wetu punya nilai harga yang cukup tinggi. Ciri khas Suro wetu yaitu memiliki benjolan pada bagian belakang kaki tepat dibawah taji. Memiliki pukulan yang begitu keras hingga kedalam tulang Memiliki kehebatan yang membuat lawan tumbang dalam beberapa menit. Memiliki Kelebihan dari cara dia melangkan, kuda kuda, dan juga pergerakan Memiliki mental yang cukup dan sulit dikalahkan
11.BATU RANTAI (Buaya) Sisik Kaki Batu Rantai atau dikenal dengan sebutan sisik buaya ini sangat populer dikalangan masyarakat pecinta sabung ayam. Menurut informasi salah satu jenis ini disebutkan keturunan se'ekor buaya maka dari itu setiap penghobi meyakini katuranggan tersimpan didalam sisik ini sangat kuat. Banyak mitos yang mengatakan bahwa sisik batu rantai mudah kelelahan dan tidak boleh bertarung berdekatan dengan pohon bambu. Ciri khas batu rantai sendiri memiliki beberapa sisik pada bagian - bagian bawah jari. Memiliki pukulan yang dikenal pedas dan panas sehingga lawan merasakan nyeri pada bagian urat - urat seperti otot Memiliki Kehebatan pukulan yang mampu membuat tenaga lawan hilang Memiliki mental cukup bagus dan tenaga mudah kembali setelah terkena air Memiliki keseimbangan dan pergerakan kaki yang cukup gesit
  1. BATU LAPAK Sisik batu lapak merupakan salah satu yang paling sulit ditemukan bahkan jarang dimiliki oleh jenis ayam mana pun hanya orang - orang tertentu saja yang beruntung memilikinya. Berbicara katuranggan batu lapak dipercaya memiliki kekuatan pukulan yang dapat mengalahkan lawan dalam sekejap khas batu lapak sendiri punya ciri yaitu terdapat sisik tepat pada bagian telapak kaki. Memiliki pukulan yang dikenal mematikan cukup keras sehingga lawan tarung merasa linu pada bagian - bagian tulang. Memiliki Kehebatan pukulan yang mampu melumpuhkkan lawan dalam sekejap. Memiliki Mental jiwa petarung perkasa. Memiliki pergerakan dan kuda kuda cukup baik.
  2. SATRIYA SINEKTI Sisik kaki satria sinekti adalah salah satu model jenis terlangka sangat sulit ditemukan jenis ini sejak pada jaman dahulu dikenal dengan digdaya yang mempunyai kelebihan sebagai ayam aduan terhebat dan sulit dikalahkan. Menurut primbon yang dituliskan bahwa ayam aduan dengan bentuk kaki seperti ini memiliki katuranggan pada urutan ke 10 dan dijelaskan bahwa satriya sinekti adalah yang tanpa sisik melik dalam artian sisik yang hampir tak terlihat seakan menyatu dengan tulang kaki Memiliki pukulan begitu keras dan mematikan mampu membunuh lawan dengan sangat cepat Memiliki kekuatan pukulan sakti yang bisa membuat lawannya cacat mental Memiliki mental petarung pantang mundur Memiliki pergerakan cepat dalam menyerang
  3. NAGA TEMURUN Sisik kaki Naga temurun merupakan jenis sisik kaki terhebat dan banyak dibicarakan oleh setiap master ayam soal kemampuannya menghabisi lawan. Istilah naga temurun yaitu sisik yang mirip dengan sisik ular naga para penghobi pun mempercayai katuranggan jenis ini punya banyak keistimewaan dari cara teknik bertarung juga pukulan maka dari itu naga temurun dinobatkan salah satu jenis sisik paling berbahaya oleh para lawannya. Ciri khas naga temurun tersebut bisa dibedakan yaitu dilihat dari bentuk barisan sisik belakang yang menurun kesuluruhan memang banyak kalangan penghobi yang keliru tentang hal ini, kami akan menjelaskan secara detail sebetulnya dari kata menurun pada bagian bentuk lengkungan atas berada diposisi bawah tidak berada diatas kalau kita simpulkan secara langsung bentuk sisik berubah menjadi berbalik menghadap ke atas lihat berikut gambar ini.
Tampilan Posisi lengkungan berada dibawah/turun boleh dikatakan sisik kaki ayam aduan naga temurun sesungguhnya !! Memiliki kualitas pukulan super keras/jero Mampu mengalahkan lawan dalam hitungan menit Memiliki kekuatan pukulan bertenaga kuat sampai bagian dalam sehingga lawan merasa kesakitan dan linu pada setiap tulang Memiliki Mental petarung hebat dan kuat Memiliki Keseimbangan dan pergerakan kaki disaat melontarkan pukulan atau pun kuda kuda
  1. TUNGGAK WINARAYAN Sisik Tunggak Winaraya dikenal salah satu sisik mematikan dan banyak dicari para jagoHolic. Dari setiap ciri pecahan pada bagian kedua jari kanan dan kiri (kelingking) dipercaya memiliki katuranggan dari hasil turun temurun. Sisik tunggak winaran sering dikatakan jenis special penghancur lawan bertarung oleh karena itu memiliki ayam aduan dengan khas sisik seperti ini menjadi kebanggaan tersendiri. Memiliki pukulan cukup besar dan mematikan, efek terkena pukulan sisik ini lawan mudah down bahkan stres Memiliki kemampuan pukulan yang dapat membuat bagian tulangan dalam menjadi rusak Memiliki Mental bagus seperti baja Memiliki kecepatan pergerakan dalam menyerang
  2. KAKI BLINGBING SOKA Sisik kaki belingbing soka merupakan salah satu kaki ayam aduan khas ayam bangkok Asli thailan diera ke'emasannya jenis ini dikenal sadis mampu membuat ayam lain cacat seperti kehilangan mental keberanian tentu para pemain lama mengetahui hal tersebut. Ciri sisik blingbing sendiri memiliki khas yaitu bentuk dua barisan sisik yang tersesun rapih dan bagian tengah sedikit menekuk kedalam. Maraknya fovulasi persilangan yang dilakukan setiap penghobi menjadikan sisik jenis ini se'akan menghilang dan jarang terlihat khususnya diwilayah indonesia. Memiliki Pukulan sangat keras dan pedas, satu kali lontaran pukulan yang diluncurkan mampu membuat gangguan pengelihatan pada mata lawan Memiliki kehebatan pukulan tepat pada bagian batangan Memiliki jiwa mental tempur yang bagus Memiliki daya cengkraman dan gerakan baik
  3. NAGA EMAS Sisik kaki Naga Emas salah satu paling berbahaya bahkan dikenal dengan keganasan yang dimiliki dari karakter pukulan atau pun teknik bertarung. Katuranggan naga emas sangat dipercaya akan keampuhan yang tersimpan dari kekuatannya. dilihat dari bentuk fostur dan warna sisik ini punya kemiripan dengan jenis pancuran Emas hanya saja Sisik naga Emas Memiliki tampilan berbeda yaitu bentuk sisik yang tajam dan warna kaki kuning polos. Kini sisik naga emas Terbilang sulit dicari bahkan ditemukan. Memiliki bobot tenaga pukulan tidak terlalu keras namun menyakitkan seperti ditusuk jarum yang mengakibatkan lawan tarung mudur dalam pertempuran Memiliki kehebatan super taji yang dapat merusak bahkan melumpukan Memiliki Mental jiwa seorang petarung sejati Memiliki kecapatan, keseimbang dan pergerakan terbilang agresif/lincah
  4. KADAL METENG Sisik kaki kadal meteng merupakan salah satu sisik ayam aduan yang ditakuti oleh para lawannya dan Katuranggan yang dimiliki masih dipercaya sampai saat ini. Ciri khas jenis ini punya model sisik tajam pada setiap jari kaki. Kadal meteng sering disebutkan salah satu sisik beracun ( dalam bahasa sunda sisik Peurah) biasanya jika terkena pukulan sisik ini akan meninggalkan bekas seperti biru memar. Kadal meteng sebetulnya suatu ciri bentuk sisik yang hanya dimiliki ayam betina/babon maka dari itu jarang sekali terlihat pada ayam jantan berbanggalah anda jika memiliki ayam aduan dengan tampilan sisik seperti berikut ini. Memiliki pukulan pedas dan menyakitkan meski kecil mampu memutuskan saraf Memiliki pukulan tenaga dalam yang banyak disebut pukulan beracun/peurah Memiliki Mental yang terbilang sedikit lambat Memiliki Keseimbangan bagus dan pergerakan lebih lincah
  5. KING SAPU JAGAT Sisik kaki sapu jagat salah satu jenis paling terlangka sulit ditemukan pertama kali ditemukan yaitu dinegara thailan dan Myanmmar hanya orang - orang tertentu saja pernah memilikinya. Berbicara tentang Katuranggan sisik ini sering dikatakan punya banyak keistimewaan seperti aura wibawa dan kesan melihat dari bentuk tampilan king sapu jagat punya pamor sisik menakutkan bahkan para penghobi lama menyebutnya salah satu mesin pembunuh dalam artian mampu mengalahkan lawan hanya dengan 3/4 kali pukulan. ciri khas king sapu jagat sendiri punya ciri sisik aneh dan unik yang menyerupai tulang kalau diperhatikan hampir mirip dengan bentuk taji/jalu Memiliki pukulan sangat keras disertai taji/jalu yang mampu membuat lawannya ambruk dengan hanya berapa pukulan saja Memiliki kehebatan pukulan special depan dan badan sangat ahli dibidang brangkot Memiliki mental cukup ganas saat bertarung Memiliki pergerakan kaki sedikit lamban
  6. ULAR PANDAN (Pandanus Snake) Siapa yang tak mengenal salah satu sisik paling dicari dan populer dengan famor khas sisik kaki berwarna hijau ini menjadi jenis yang terhebat dan berbahaya didunia sabung ayam. Menurut cerita sisik ular pandan dikenal paling ditakuti para bobotoh papan atas pada masa itu jenis ini memiliki pecahan komplit atau istilah tembus pada setiap jari dan sisik utama. Para hobi mempercayai Katuranggan ayam aduan model sisik ular pandan begitu kuat dan sakti Berikut ciri asli sisik ular pandan. Memiliki pukulan super tandes/jero terasa pada setiap tulang dalam, Sangat cepat dibidang menuntaskan pertarungan Memiliki kelebihan balasan pukulan lebih menyakitkan, efek terkena pukulannya mampu memberikan reaksi cepat yang berpengaruh pada setiap otot - otot sehingga lawan tidak bisa berjalan bahkan memukul Memiliki Mental yang dikenal keganasannya Memiliki keseimbangan dan pergerakan super cepat juga baik
  7. GAMBIR Sisik kaki Gambir memiliki khas warna corak merah kecoklatan pada bagian sisik utama' ayam aduan dengan sisik seperti ini merupakan salah satu yang boleh dikatakan paling berbahaya jika terkena pukulanya mampu membuat lawan terguling bahkan K.O dalam beberapa ronde. Sisik gambir menjadikan terfavorit dihati dan dimata pecinta sabung ayam, menurut mitos sisik yang terdapat corak merah adalah ayam terkuat dan sulit untuk dikalahkan. Memiliki pukulan pedas, panas dan keras mampu merusak pada bagian kelemahan lawan Memiliki kekuatan tenaga pukul 2x lipat lebih menyakitkan, Jika terkena pukulan pada bagian sambungan leher bisa berakibat fatal Memiliki mental super dan pemberani Memiliki pergerakan dan kecepatan kaki cukup seimbang saat melakukan penyerangan atau pun kuda - kuda
Mungkin itu saja 21 Nama Sisik Kaki Ayam Petarung Terhebat Dan Paling Banyak Dicari pilihan dari setiap model dan ciri sisik yang saya tuliskan dalam artikel ini merupakan jenis sisik kaki ayam aduan pilihan yang dikenal akan keganasan dan kehebatan masing - masing saya harap informasi ini sedikit memberikan ilmu tentang nama nama dan kualitas jenis sisik.
submitted by MelodicConfusion500 to AYAMBANGKOK [link] [comments]


2024.04.07 12:28 cock_pussy It is a likely fact that the statue vandalized is a Datuk Gong or Na Tuk Gong, a local guardian spirit. Most Datuk Gongs are believed to be local Malays who are worshiped by regional Chinese communities for protecting them/their land.

It is a likely fact that the statue vandalized is a Datuk Gong or Na Tuk Gong, a local guardian spirit. Most Datuk Gongs are believed to be local Malays who are worshiped by regional Chinese communities for protecting them/their land. submitted by cock_pussy to malaysia [link] [comments]


2024.03.30 18:10 ShioSouta Terjemahan Kitab Suci Buddhism dan Hinduism dalam bahasa Melayu

Saya sekarang sedang menterjemahkan Tipitaka dan Tao Te Ching ke dalam Bahasa Melayu. Saya dah lama tertarik dengan agama Buddha dan Hindu ni. Saya berazam untuk memperkasakan masyarakat Melayu dengan pemahaman mereka terhadap kitab suci Buddha dan Hindu yang kebanyakannya hanya tersedia dalam bahasa asal masing2. Kebetulan pula tak semua fasih dalam bahasa Inggeris akademik. Saya lebih terpanggil untuk melakukan perkara ini apabila melihat ramai masyarakat Melayu yang jahil tentang agama lain? Adakah rakyat Malaysia akan membacanya? Saya berharap terjemahan saya dapat diterbitkan suatu hari nanti🙏
submitted by ShioSouta to bahasamelayu [link] [comments]


2024.03.25 21:35 Surohiu Panca curiga: sang lima senjata (ilmu)

PANCA CURIGA
Jika bangsa lain mempunyai istilah Semiotik dan Hermeneutik dalam kajian sastranya. Maka khazanah budaya Sunda pun ada yang namanya PANCA CURIGA, artinya lima senjata (ilmu) untuk memaknai sesuatu; mungkin sesuatu itu berupa bentuk huruf, kata, gambar, gerak tubuh, benda-benda, upacara, bentuk ritual, serta seluruh unsur budaya.
  1. SILIB, sesuatu yang dikatakan secara tidak langsung tetapi dikiaskan pada hal lain.
  2. SINDIR, sesuatu yang dikatakan secara tidak langsung tetapi menggunakan susunan kalimat yang berbeda.
  3. SIMBUL, menyampaikan suatu maksud dalam bentuk lambang.
  4. SILOKA, menyampaikan suatu maksud dalam bentuk pengandaian.
  5. SASMITA, pemaknaan yang berkaitan dengan perasaan hati.
Kemampuan ber-Panca Curiga inilah yang menundukkan seseorang dianggap sebagai empu kebudayaan. Orang yang berkemampuan mumpuni ini disebut sebagai orang yang: "WACIS, WERUH SADURUNG WINARAH, WASPADA PERMANA TINGAL" Artinya orang yang telah faham dan mampu memprediksi segala hal yang akan terjadi.
Kemampuan untuk memaknai sesuatu atau memberi makna kepada sesuatu, telah dikenal oleh masyarakat Sunda sejak lama, seperti ujaran sang Juru Pantun di bawah ini:
...tĕndĕn dihandĕlĕm siĕm, tunda dihanjuang siang, paragi nyokot ninggalkĕn, dituruban ku mandepun, diwadahan cupu manik astagina, ditĕndĕn di liliwatan, dibuka ku nu ngaliwat, anu weruh ka semuna, anu apal ka basana, anu rancagé haténa, anu rancingas rasana, dibuka pating halĕang, putra putu tigang éwu, bangawan sawidak lima, nu ménta dilalakonkĕn...
Arti Harfiah: (... simpanlah di kerimbunan perdu handeuleum, letakkanlah dibayang-bayang pohon hanjuang nan rindang yang mekar berkembang, yaitu tempat mengambil dan menyimpan, ditutupi kain sutera, diwadahi kotak baiduri bersegi delapan, diletakkan di tempat orang berlalu-lalang, dibuka orang yang lewat, yaitu orang yang faham akan raut roman mukanya, yang hafal bahasanya, yang terampil dan terang hatinya, yang tajam dan halus perasaannya, bila dibuka semuanya bersenandung, yaitu senandung anak dan cucu sejumlah tiga ribu, aliran sungai sebanyak enam puluh dua ditambah lima, yang meminta untuk dilakonkan...)
Semoga dengan memakai PANCA CURIGA ini, kita bisa faham apa yang dimaksud dengan SUNDA dan KASUNDAAN.
*disadur dari "RAWAYAN JATI" - Hidayat Suryalaga
submitted by Surohiu to Pasundan [link] [comments]


2024.03.25 20:28 Syuu-Chan Masuk Teknik Informatika Karena Hobi?? Bisa Yuk!!

Halo, perkenalkan, namaku Agus Syuhada. Aku merupakan mahasiswa semester 4 Program Studi Teknik Informatika di Universitas Riau.
Aku ingin bercerita sedikit tentang pengalamanku selama berkuliah di jurusan Teknik Informatika di Universitas Riau. Sebelum berkuliah, aku berasal dari SMA jurusan Matematika dan Ilmu Alam (MIA). Mungkin bagi sebagian orang, lulusan SMA seperti aku tidak cocok untuk masuk jurusan seperti ini. Ya, mungkin ada benarnya, tapi tidak sepenuhnya benar. Saat SMA, aku sangat hobi bermain komputer dan laptop. Aku selalu bermain dan belajar tentang itu, serta senang mempelajari hal-hal baru. Bahkan, aku suka untuk belajar merakit PC sendiri. Itulah awalnya aku tertarik dengan bidang IT. Semakin lama, aku semakin penasaran tentang bagaimana IT itu bekerja, kok begitu keren. Jadinya, dengan tekad bulat, aku berusaha untuk masuk Program Studi Teknik Informatika. Alhamdulillah, aku diterima di PTN yang lumayan aku sukai, yaitu Universitas Riau.
Baca juga : Syarat Wajib Kuliah Di Informatika UNRI
Selama menjadi mahasiswa Teknik Informatika, aku merasa cukup senang. Aku bisa mengetahui bagaimana IT itu dan belajar seluk-beluknya, mulai dari Web Developer, Backend Developer, hingga UI/UX Designer. Meskipun di semester 1 aku masih merasa seperti SMA, tapi ada satu mata kuliah yang membuatku berbeda, yaitu Dasar Pemrograman. Di situ, kami belajar dasar-dasar bagaimana sebuah program bekerja, bagaimana program itu dimulai, dan bagaimana membangun sebuah program dasar sederhana. Saat itu, kami belajar dengan bahasa C#. Kemudian, di semester 2, aku belajar mata kuliah Algoritma dan Struktur Data, yang seru dan sudah meningkat dari sebelumnya. Di sini, aku belajar dengan Bahasa C++, meskipun sempat kaget, tapi ini membuatku tertarik.
Di semester 4, kami mulai belajar merancang sebuah aplikasi, mulai dari Mockup, Front End, dan sebagainya. Mata kuliah yang kusukai di sini adalah Pemrograman berbasis Objek dengan bahasa Java. Kemudian, di Semester 4 ini, aku semakin tertarik ke dunia IT, salah satunya belajar menjadi Fullstack Developer. Hal ini sangat menarik dan aku berharap akan terus menjadi sesuatu yang selalu kubanggakan nantinya.
Terima kasih sudah mendengarkan ceritaku. Yuk, mampir ke website yang kubuat https://www.bitmudah.com/.
submitted by Syuu-Chan to u/Syuu-Chan [link] [comments]


2024.03.24 02:36 Pink_inthenightcream Sastera atau Karya Agung.

Awak2,nak tanya, dulu masa time sekolah kan, saya byk membaca buku ala2 Melayu lama. Tak pasti kalau kita panggil Melayu Lama,Sastera atau Karya Agung. Buku yang bertemakan permaisuri,Raja2 yang bahasa Dia indah mcm kanda, dinda,ibunda,penuh puisi macam tu. Boleh X sarankan buku mcm tu? Masih ada ke?
submitted by Pink_inthenightcream to bahasamelayu [link] [comments]


2024.03.21 04:29 budkalon Jika kalian bisa mengubah/menambah/mengurangi fitur dalam bahasa Indonesia, maka fitur apakah itu?

Basically, apakah ada fitur dalam bahasa Indonesia yang ingin komodos ubah atau bahkan hilangkan? Atau apakah ada fitur yang ingin komodos tambahkan? Misal, ingin menambahkan grammatical gender, noun mark, atau sebagainya. Bisa juga soal aksara dll.
BTW, ini masuknya hanya thought experiment, ya
Tidak perlu sangat realistis atau berdampak besar, sih. Pertanyaan ini saya ajukan karena kebetulan saya sedang menggarap basareka (bahasa buatan, conlang) yang berbasiskan bahasa Indonesia (versi baku dan beberapa ragam dialek daerah) berlatarkan tahun 2500+ masehi, dan butuh inspirasi untuk beberapa cabang bahasanya. Sejauh ini udah ada beberapa hal yang saya utak-atik sih:
Contoh kalimat dalam basareka ini:
Aban, vakto dumiliko nalam sadī, dudaheptako bot tagalamko? Akaza malam doro dalam banat, gavagola kalo malagoko do kalo ana nayarko ado bedan mayam. 
Terjemahan: "Tuan, ketika Anda memutuskan untuk menyelam sendiri, siapkah Anda untuk tenggelam? Angkasa malam adalah tempat yang sangat dalam, tidak bijaklah apabila Anda melakukan itu jika hanya untuk mengejar satu bintang temaram."
Cuman, kayaknya bakal lebih imersif aja kalo dapet input dari pengguna bahasa Indonesia lain wkwk. Kalau bisa menduga, kayaknya sistem tenses semacaman yang ada dalam bahasa Inggris bakal muncul, tapi kali aja ada fitur lain yang belum pernah terpikirkan muncul juga.
submitted by budkalon to indonesia [link] [comments]


2024.03.17 04:41 scrollingatu Plis kasih masukan : Mending Balik Kampung apa Budak Korporat?

Halo reddit-ers, mau minta pendapat, kalau kalian jadi saya, apa yang akan kalian lakukan?
Jadi gue udah mau 1 tahun resign dari kantor karena waktu itu gue ga betah di kantor lama (overload kerjaan dan toxic) terbukti pas gue cabut role gue diganti sama 3 orang sekaligus. Gw akhirnya kerja sama temen gue membangun startup sendiri,ini alasan gue cabut juga dari kantor lama, tapi ga berjalan sesuai harapan karena investor tiba-tiba cabut. Alhasil kita belum bisa lanjut. Nah gue kan jadi bergantung sama tabungan dan investasi gue aja nih sekarang. tapi mau sampe kapan?
*gue belum berkeluarga dan belum punya anak ya
Gue ada 2 opsi untuk saat ini :
  1. Balik kerja lagi sama orang, kantor lama gue manggil balik sebenernya, tapi gue trauma overload. Gue udah coba apply-apply lagi ke company lain tapi belum dapet yang pas. Btw gaji gue range 15-20an sebulan di kantor lama.
  2. Ke kampung halaman orang tua, buat nyoba bikin usaha. Bokap kebetulan ada warisan tanah cukup luas, dan lagi berusaha ditanemin kopi. Kalau gue ke sana rencananya mau mulai produksi kopinya sebagai barang jadi (jual bubuk/biji) yang udah diroasting. Cuma konsnya gue ga bisa bahasa daerah lokal dan blm punya temen di sana, dan gw dan keluarga ga ada yang punya basic jadi pengusaha sebenernya. Jadi bener-bener ngerintis banget. Mungkin kalau ada temen-temen yang pulang ke kampung halaman dan rintis usaha, ada masukan?
Kalau kalian jadi gue kalian akan ngapain? Thank you in advance buat yang mau bantuin kasih masukan.
submitted by scrollingatu to finansial [link] [comments]


2024.03.12 23:21 Billy_NoMate List of reused categories

Because I like useless statistics, here's a list of categories that have been reused as well as what number puzzle it was used in and the words used in that category. Note: I grouped items together if they were close enough even if the categories weren't exactly the same e.g. the Baseball ones.
11 Times
Homophones of Items (#59 "Fruit", #101 "Numbers", #116 "Insects", #194 "Animals", #215 "Colors", #239 "Cities", #254 "Vegetables", #277 "Greek Letters", #321 "Names", #328 "Units of Measure", #337 "Musicals")
LYME, MELLON, PAIR, PLUMB, ATE, FOR, TOO, WON, AUNT, BEATLE, FLEE, NAT, DEAR, HAIR, HOARSE, WAIL, BLEW, CHORAL, READ, ROWS, DELI, NIECE, ROAM, SOUL, BEAT, CHARRED, LEAK, PEE, MOO, NEW, PIE, ROW, CURT, HAIRY, KNEEL, WANE, CARROT, HURTS, JEWEL, OM, GREECE, HARE, KATZ, MAIM
7 Times
TV Shows (#58, #92, #130, #143, #166, #177, #204)
CATFISH, CRIBS, JACKASS, STATE, 24, BONES, FIREFLY, WEEDS, FARGO, FLEABAG, FLIPPER, ER, HOUSE, RATCHED, SCRUBS, ALONE, CHOPPED, SURVIVOR, CHEERS, EUPHORIA, FELICITY, GLEE, FEUD, MILLIONAIRE, PYRAMID, WHEEL
Words Beginning with Items (#228 "Body Parts", #259 "Instruments", #283 "Rock Bands", #292 "Body Parts", #299 "Metals", #308 "Weekday Abbreviations", #326 "Music Genres")
HANDSOME, HIPPO, LEGEND, LIPID, BASSINET, CELLOPHANE, HARPOON, ORGANISM, CREAMSICLE, JOURNEYMAN, KISSCAM, RUSHMORE, ARMY, COLONY, LIVERY, SHINY, GOLDILOCKS, IRONIC, LEADERSHIP, TINDER, FRIAR, MONKEY, SUNDRY, WEDDING, POPCORN, RAPTURE, ROCKETRY, SOULMATE
6 Times
Rapper Names (#6, #21 "Lil", #56 "Minus Numbers", #76 "First Words", #124 "The(e)", #206 "Minus First Letters")
COMMON, FUTURE, ICE CUBE, Q-TIP, BABY, JON, KIM, WAYNE, CENT, CHAINZ, PAC, SAVAGE, FOXY, GUCCI, KILLER, NOTORIOUS, CREATOR, DUDE, RAPPER, STALLION, 40, COLE, PAIN, TIP
Mild Oaths/Exclamations (#25, #130, #136, #185, #222, #239)
DARN, FUDGE, HECK, SHOOT, FIDDLESTICKS, FIE, FRICK, GOODNESS, HEAVENS, LORD, MERCY, ENOUGH, STOP, MERCY, UNCLE, CURSES, RATS, BROTHER, PLEASE, SHEESH
Quantity (#59, #166, #170, #208, #266, #330)
FEW, HANDFUL, SEVERAL, SOME, AMOUNT, NUMBER, QUANTITY, VOLUME, COUNT, GROSS, SUM, TOTAL, DOZEN, PAIR, SCORE, MASS, SEA, SLEW, TON, MANY
5 Times
Homophones of Each Other (#13, #84, #157, #160, #236)
GNU, KNEW, NEW, NU, EWE, U, YOU, YEW, OUI, WE, WEE, WII, PEAK, PEKE, PEEK, PIQUE, HOLEY, HOLI, HOLY, WHOLLY
BotheAnnoy (#49, #186, #208, #255, #336)
NEEDLE, POKE, RIB, TEASE, BADGER, BUG, HOUND, NAG, JOSH, KID, BADGERS, BUGS, HOUNDS, NAGS
Starts of Items (#50 "US Coins", #178 "Zodiac Signs", #284 "Planets", #297 "US States", #329 "Monsters")
DIM, NICK, QUART, PEN, CAN, GEM, LIB, TAU, EAR, MAR, MER, SAT, KENT, MARY, MASS, WASH, FRANK, MUM, VAMP, WERE
Interval of Time/Life (#66, #194, #215, #263, #333)
CENTURY, DECADE, MILLENNIUM, YEAR, PERIOD, STRETCH, SPELL, WHILE, CHAPTER, STAGE, PHASE, AGE, DAY, ERA, TIME
4 Times
Shoes (#2, #69, #250, #262)
BOOT, LOAFER, PUMP, SNEAKER, CLOG, SLIDE, WEDGE, CROC, MOCCASIN, SLIPPER, CUBAN, KITTEN, STILETTO
Magazines (#2, #23, #46, #157)
ESSENCE, PEOPLE, TIME, US, FORTUNE, ROLLING STONE, VOGUE, WIRED, ALLURE, ELLE, GLAMOUR, W, O, OK
Single Letter Homophones (#2, #145, #201, #295)
ARE, QUEUE, SEA, WHY, SEE, YOU, BEE, EX, GEE, JAY, 🐝(BEE), 🐑(EWE), 👁️(EYE), 🫖(TEA)
Countries (#10, #26, #41, #165)
CHAD, GEORGIA, JORDAN, TOGO, DENMARK, GREECE, POLAND, PORTUGAL, CUBA, JAPAN, MALTA, PALAU, TUNISIA, TURKEY
Birds (#10, #28, #43, #200)
CRANE, JAY, SWALLOW, TURKEY, EMU, KIWI, OSTRICH, PENGUIN, BOOBY, GULL, PELICAN, PUFFIN, CARDINAL, LARK, SWIFT
Silent Letters (#13 "G", #90 "L", #165 "T", #230 "W")
GNAT, GNAW, GNOCCHI, GNOME, COLONEL, SALMON, WALK, YOLK, BOUQUET, PARFAIT, RAGOUT, RAPPORT, ANSWER, TWO, WRIST, WRONG
Bands (#23, #71, #249, #325)
BEACH BOY, BEATLE, BYRD, MONKEE, GENESIS, KANSAS, YES, RUSH, BLUR, OASIS, PULP, SUEDE, ANIMAL, DOOR, KINK, SUPREME
Dances (#23, #56, #163, #223)
DOUGIE, MACARENA, MASHED POTATO, TWIST, HUSTLE, SALSA, SWING, TANGO, FLOSS, ROBOT, VOGUE, WORM, MODERN, TAP
Disney Characters (#28, #48, #49, #292)
BASHFUL, DOC, GRUMPY, HAPPY, BEAST, GENIE, SCAR, STITCH, DAISY, DEWEY, DONALD, SCROOGE, GOOFY, LADY
Cuts of Meat (#33, #77, #196, #336)
FLANK, LOIN, ROUND, SHANK, BREAST, DRUMSTICK, TENDER, WING, BELLY, CHOP, HOCK, SHOULDER, CHUCK
Extremely (#68, #220, #292, #306)
AWFUL, QUITE, SUPER, VERY, RATHER, PRETTY, REAL, MIGHTY, REALLY, HYPER, UBER, ULTRA
Pursue (#73, #184, #252, #286)
DOG, FOLLOW, TAIL, TRACK, SHADOW, TRAIL, HUNT, STALK, CHASE
Golf Terms (#77, #111, #185, #211)
DRIVER, EAGLE, HOLE, STROKE, IRON, PUTTER, WEDGE, WOOD, BUNKER, FAIRWAY, GREEN, ROUGH, CART, CLUB, TEE
Information (#93, #144, #219, #311)
DIRT, DISH, SCOOP, SKINNY, DATA, INTEL, INFO, NEWS, DOPE, WORD, INFORMATION, INTELLIGENCE, SECRETS
Division (#116, #149, #256, #276)
ARM, BRANCH, CHAPTER, WING, CAMP, DIVISION, FACTION, CLASS, RANK, TIER
Excellent/Cool (#137, #207, #226, #332)
ACES, KEEN, NEATO, NIFTY, FIRE, LIT, SICK, TIGHT, FINE, PRIME, QUALITY, STERLING, BEST, CREAM, PICK, TOP
What Letters Might Mean (#193 "I", #208 "X", #240 "O", #265 "K")
IODINE, IOTA, MYSELF, ONE, ADULT, KISS, TEN, TIMES, HUG, OF, OXYGEN, ZERO, KELVIN, OKAY, POTASSIUM, THOUSAND
3 Times
NBA Teams (#1, #45, #288)
BUCKS, HEAT, JAZZ, NETS, KING, MAGIC, SUN, THUNDER, CLIPPER, PACER, ROCKET, SPUR
Palindromes (#1, #118, #284)
KAYAK, LEVEL, MOM, RACECAR, EVE, HANNAH, OTTO, NATAN, BIB, EYE, GAG, POP
Units of Length (#2, #50, #327)
FOOT, LEAGUE, MILE, YARD, INCH, FATHOM
Eat Voraciously (#3, #164, #272)
CHOW, GOBBLE, SCARF, WOLF, GORGE, GULP, DOWN, INHALE
Dog Breeds (#3, #22, #275)
LAB, PEKE, PIT, POM, BOXER, DALMATIAN, HUSKY, POODLE, BOSTON, GOLDEN
Musicals (#4, #91, #255)
CABARET, CAROUSEL, CATS, CHICAGO, COMPANY, GREASE, HAIR, RENT, ANNIE
Condiments/Sauces (#5, #248, #324)
KETCHUP, MAYO, RELISH, TARTAR, OYSTER, PLUM, SOY, XO, AIOLI, BARBECUE, MARINARA, RANCH
Board Games (#8, #32, #76)
BACKGAMMON, CHECKERS, CHESS, GO, CLUE, RISK, SORRY, TROUBLE, TABOO
Shades of Red (#8, #112, #332)
CHERRY, FIRE TRUCK, RUBY, STOP SIGN, BEET, BRICK, CARDINAL, POPPY, BRICK, ROSE
Vegetables/Vegetables that are Actually Fruit (#9, #31, #120)
BEET, CARROT, CORN, ONION, CUCUMBER, EGGPLANT, PEPPER, TOMATO
Fruits (#10, #28, #98)
DATE, KIWI, LEMON, ORANGE, BANANA, COCONUT, MANGO, PINEAPPLE, APRICOT, FIG, GRAPE, LIME
Spices (#11, #152, #276)
CARDAMOM, CLOVE, CORIANDER, CUMIN, ANISE, DILL, NUTMEG, SAGE, FENNEL, LICORICE, TARRAGON
Animal Group Names (#12, #53, #135)
FLOCK, PACK, POD, SCHOOL, COLONY, HERD, PRIDE, SWARM
Airlines (#13, #99, #308)
FRONTIER, SPIRIT, UNITED, VIRGIN, ALASKA, SOUTHWEST, AMERICAN
Colors (#15, #221, #287)
BROWN, PINK, TURQUOISE, VIOLET, BLUE, GREEN, WHITE, YELLOW, BEIGE, CAMEL, KHAKI, TAN
TV Shows' Main Characters (#18, #99, #105)
GREY, HOUSE, HOWSER, QUINN, LASSO, MARS, ROGERS, SMART, CLEAVER, BUNKER, PARTRIDGE, TANNER
Dispute (#19, #290, #302)
ROW, QUARREL, SPAT, TIFF, FIGHT, SCRAP, CLASH, TANGLE
Facial Hair (#25, #73, #316)
HANDLEBAR, HORSESHOE, PENCIL, WALRUS, BEARD, GOATEE, MUSTACHE, STUBBLE, FUZZ, SCRUFF, SHADOW, WHISKERS
Parts of a Book (#27, #192, #198)
COVER, JACKET, PAGE, SPINE, APPENDIX, CHAPTER, INDEX, PREFACE, FOLIO, LEAF, SHEET
Fish (#29, #58, #90)
TANG, TETRA, SKATE, SOLE, CHAR, EEL, PERCH, SHARK, CARP, CATFISH, FLOUNDER, SMELT
Sandwiches (#33, #51, #331)
CLUB, CUBAN, MELT, SUB, HERO, HOAGIE, GRINDER, BUN, ROLL, WRAP
Move Quickly (#42, #200, #223)
BOLT, DASH, RACE, SPRINT, DART, ZIP, BLAZE, FLY, TEAR
States of Matter (#44, #65, #214)
GAS, LIQUID, PLASMA, SOLID
Anagrams (#44, #94, #243 "Numbers")
LEAST, SLATE, STALE, TESLA, NOPE, OPEN, PEON, PONE, EON, ETHER, NET, TOW
Transportation/Vehicles (#45, #102, #195)
BOAT, CAR, PLANE, TRAIN, BUS, MOTORCYCLE, TRUCK
Cocktails (#46, #150 "Second Words", #336 "Minus Place Names")
COMSOPOLITAN, HURRICANE, MANHATTAN, SCREWDRIVER, BREEZE, MARY, MULE, RUSSIAN, LIBRE, MAMA, SLING
Repeated Words (#47, #145, #179)
CAN, CHA, GO, NAE, HEAR, KNOCK, THERE, TUT, BOO, POM, TOM, YO
Musical Instruments (#52, #171, #289)
HARP, HORN, ORGAN, TRIANGLE, BASS, BASSOON, RECORDER
Exercises (#63, #159, #323)
CURL, LUNGE, PLANK, PRESS, DIPS, LUNGES, PLANKS, SQUATS, BRIDGE, CRUNCH, DIP, SQUAT
Look (#64, #160, #249)
CATCH, NOTICE, OBSERVE, SEE, GANDER, GLANCE, GLIMPSE, LOOK, MONITOR, SURVEY, TRACK, WATCH
Pastries (#67, #83, #165)
CAKE, COBBLER, PIE, TART, BUN, DANISH, MUFFIN, TURNOVER, PASTY
Companion (#69, #267, #316)
BUD, CHUM, MATE, PAL, ASSOCIATE, FELLOW, PARTNER, PEER
Baseball Terms (#90, #205, #229)
BALL, OUT, SAFE, STRIKE, DOUBLE, HIT, RUN, WALK, BASE, BAT, GLOVE
Connect/Connection (#100, #175, #330)
BOND, LINK, RELATION, TIE, COUPLE, HITCH, COUPLE
Decline (#104, #180, #223)
DIP, DROP, FALL, SINK, EBB, FADE, FLAG, WANE
Singers (#104, #268, #334)
KEYS, NICKS, SUMMER, SWIFT, GRANDE, MARS, STYLES, FERRY, MERCURY, PLANT
Rhymes with Each Other (#118, #234, #295)
DARREN, KAREN, SHARON, AARON, CHOIR, FIRE, LIAR, FRYER, 🧠(BRAIN), ✈️(PLANE), 🌧️(RAIN), 🚂(TRAIN)
Origin (#121, #161, #256)
GENESIS, GERM, SEED, SOURCE, BIRTH, CREATION, DAWN, START, CRADLE, FONT, ROOT
Foremost (#122, #190, #221)
HEAD, LEAD, PRIME, TOP, CHIEF, FIRST, MAIN, PRINCIPAL, PARAMOUNT, SUPREME
Balderdash (#132, #158, #314)
BALONEY, BUNK, CROCK, TRIPE, BULL, HOGWASH, NONSENSE, ROT, HORSEFEATHERS
Boldness (#138, #189, #334)
BRASS, CHEEK, GALL, NERVE, GUTS, STONES
Brief Moment (#141, #190, #302)
FLASH, HEARTBEAT, SECOND, WINK, JIFFY, JIFF
Restrict (#174, #198, #333)
CAP, CHECK, CURB, LIMIT, STEM, CONTAIN
Hit Hard (#229, #233, #242)
BLOW, LICK, SOCK, STRIKE, BANG, HAMMER, POUND, SLAM, BELT, CLOCK, DECK, SLUG
2 Times
Keyboard Keys (#1, #273)
OPTION, SHIFT, RETURN, TAB, COMMAND, CONTROL
Sneaker Brands (#4, #114)
ADIDAS, NIKE, PUMA, REEBOK, CONVERSE, JORDAN, VANS
Shades of Blue (#6, #292)
BABY, MIDNIGHT, POWDER, ROYAL, NAVY, SKY, TIFFANY
Things with Keys (#8, #255)
CRYPTOGRAPHY, FLORIDA, LOCKSMITH, PIANO, COMPUTER, SUPER, TESTS
Shirts (#9, #201)
CAMI, HALTER, TANK, TEE, CROP, POLO
Insects (#9, #29)
ANT, BEETLE, MANTIS, TERMITE, FLY, GNAT, MOTH, WASP
Zodiac Symbols (#10, #178)
FISH, GOAT, SCALES, TWINS, BULL, CRAB
Terms of Endearment (#11, #197)
BOO, HONEY, SUGAR, SWEETIE, BABY, DEAR, LOVE
Greek Letters (#13, #62)
BETA, CHI, DELTA, IOTA, MU, NU, PI, XI
Shades of Green (#16, #257)
EMERALD, FOREST, KELLY, OLIVE, LIME, MINT
NFL Teams (#18, #30)
BEAR, BILL, BROWN, COMMANDER, BRONCO, COWBOY, PACKER, RAVEN
Anti-Vampire (#19, #335)
CRUCIFIX, GARLIC, MIRROR, STAKE, CROSS, SILVER, SUN
Movie Directors (#20, #142)
BONG, FORD, LEE, STONE, ASTER, CARPENTER, CRAVEN, WAN
Music Genres (#21, #34)
JAZZ, POP, PUNK, RAP, BLUES, COUNTRY, FUNK, SOUL
Candy Bars (#24, #36)
BOUNTY, CRUNCH, HEATH, MILKY WAY, CHUNKY, MARS, MOUNDS
Band Names Minus (#24 "Numbers", #45 "Colors")
BLINK, MAROON, SUM, U, DAY, FLOYD, SABBATH, STRIPES
Names Minus Numbers (#24 "Bands", #246 "Movies")
BLINK, MAROON, SUM, U, APOLLO, CANDLES, FANTASTIC, SAMURAI
Imitate (#26, #162)
COPY, ECHO, MIMIC, PARROT, APE, MIME, MIRROR
_____Cat (#29, #42)
ALLEY, COOL, COPY, LAP, DOJA, FAT, HOUSE, JUNGLE
Pasta Shapes (#30, #296)
BOWTIE, ELBOW, SHELL, SPIRAL, TUBE, WHEEL
Heteronyms (#31, #202)
JOB, LIMA, MOBILE, POLISH, BASS, DOVE, DESERT, WIND
Parts of a Shoe (#32, #183)
HEEL, LACE, SOLE, TONGUE, EYELET
Names that are Verbs (#33, #118)
CHUCK, JOSH, ROB, SUE, DREW, MAY, ROSE, WILL
Smell (#34, #209)
AROMA, BOUQUET, FRAGRANCE, SCENT, FUNK, MUSK, ODOR, TANG
Male Animals (#34, #217)
BOAR, BUCK, BULL, JACK, TOM
Metal Elements (#35, #138)
IRON, LEAD, TIN, ZINC, COPPER, GOLD, NICKEL, SILVER
Slang for Money (#36, #295)
CHEDDAR, DOUGH, PAPER, STACKS, 🥓(BACON), 🍞(BREAD), 🧀(CHEDDACHEESE), 🥬(GREEN)
Bike Parts (#37, #73)
BRAKE, CHAIN, SADDLE, SPOKE, GEAR, HANDLEBAR, PEDAL, WHEEL
Bagel Flavors (#38, #329)
EVERYTHING, ONION, PLAIN, POPPY, EGG
Hairstyles (#39, #305)
BOB, CROP, PIXIE, SHAG, BOWL, BUZZ, CREW
Woodwinds (#40, #82)
BASSOON, CLARINET, FLUTE, OBOE, SAXOPHONE
Coverings (#40, #333)
CAP, COVER, LID, TOP, CORK, TAB
Keyboard Shortcuts (#44, #126)
COPY, CUT, PASTE, UNDO, FIND, PRINT, SAVE
Yoga Poses (#47, #244)
COBRA, LOTUS, TREE, WARRIOR, CAT, COW, MOUNTAIN, TRIANGLE
Fabrics (#48, #183)
CORDUROY, DENIM, LINEN, TWEED, CHIFFON, SATIN, SILK, VELVET
Newspapers (#59, #233)
GLOBE, JOURNAL, POST, SUN, CHRONICLE, HERALD, REGISTER
Sports Venues (#60, #186)
COURT, DIAMOND, FIELD, RANK, ARENA, BOWL, DOME
Make Happy (#60, #188)
CHARM, DELIGHT, PLEASE, TICKLE, AMUSE
Horror Movies (#60, #295)
PURGE, RING, SAW, SCREAM, 👽(ALIEN), 🧛(DRACULA), 🪚(SAW), 😱(SCREAM)
State Abbreviations (#62, #179)
CO, MA, ME, PA, HI, LA, OK
Fasteners (#63, #181)
BUCKLE, BUTTON, SNAP, ZIP, BOLT, NAIL, RIVET, SCREW
Slang for Zero (#63, #302)
JACK, NADA, NOTHING, SQUAT, LOVE, ZIP
Captains (#63, #245)
CRUNCH, KANGAROO, OBVIOUS, PLANET, AMERICA, HOOK, MORGAN, NEMO
Dog Names (#64, #237)
FIDO, LUCKY, ROVER, SPOT, FLUFFY, REX
Oomph (#65, #197)
JUICE, SPIRIT, STEAM, VIGOR, ENERGY, FIRE, ZIP
AlteFalsify (#67, #130)
DISTORT, DOCTOR, FUDGE, TWIST, FABRICATE, FAKE, FIX, FORGE
Tiny (#70, #192)
MINUTE, SLIGHT, SMALL, WEE, DINKY, LITTLE
Failures (#74, #128)
BUSTS, FLOPS, MISSES, TURKEYS, BOMB, DUD, FLOP, LEMON
Easter (#75, #267)
BUNNY, EGG, ISLAND, SUNDAY, JELLY BEAN, PEEP
Scheme (#78, #188)
CON, FAST ONE, HUSTLE, RACKET, PLOT, PLOY, RUSE, TRICK
Exit (#79, #291)
BOOK, BOUNCE, RUN, SPLIT, DEPARTED, LEFT, WENT
Imperfection (#81, #176)
CHIP, DING, NICK, SCRATCH, MARK
Football Terms (#83, #216)
FUMBLE, PUNT, SACK, SNAP, CENTER, END, SAFETY, TACKLE
Female Animals (#84, #284)
COW, DOE, HEN, MARE, EWE
Pronouns (#84, #94)
I, IT, THEY, WE, ME, THEM, US, YOU
Intelligence Operative (#87, #265)
AGENT, MOLE, PLANT, SPY, ASSET, SLEEPER
Hot Drinks (#93, #238)
CHAI, COCOA, COFFEE, TEA, MATE
Parts of the Eye (#95, #227)
IRIS, LENS, PUPIL, RETINA, CONE
Majestic (#98, #161)
DELUXE, GRAND, LAVISH, OPULENT, AUGUST, NOBLE, REGAL
What Colors Might Mean (#98 "Green", #257 "Blue")
ENVIOUS, NAIVE, FRESH, UNWELL, DEMOCRATIC, EROTIC, NOBLE, SAD
Intelligent (#99, #152)
BRIGHT, CLEVER, QUICK, SHARP, SMART
Featured in Westerns (#99, #323)
COWBOY, DRIFTER, OUTLAW, SHERIFF, BOUNTY, DUEL, SALOON
Web Browser Features (#100, #325)
BOOKMARK, HISTORY, TAB, WINDOW, FILE, VIEW
Soda Fountain Orders (#103, #181)
FLOAT, MALT, SHAKE, SUNDAE, SPLIT
Strong (#104, #235)
FIT, HEALTHY, SOUND, STRONG, BUILT, JACKED, RIPPED, SWOLE
Snakes (#107, #296)
BOA, MAMBA, PYTHON, VIPER, ADDER, MOCCASIN
Summary (#107, #321)
ABSTRACT, BRIEF, DIGEST, RUNDOWN, OUTLINE
Lacking (#111, #153)
LOW, SHORT, SHY, WANTING, LIGHT, SPARE, THIN
Phone Apps (#113, #227)
CLOCK, MAIL, MAPS, NOTES, CALCULATOR, CALENDAR, CAMERA
Chatter (#114, #284)
BLATHER, CHAT, JABBER, GAB, JAW, YAK, YAP
Things with Stripes (#115, #246)
CANDY CANE, CROSSWALK, REFEREE, TIGER, MIME, PRISONER, SAILOR
MLB Teams (#116, #159)
ANGEL, CUB, MET, RED, CARDS, JAYS, NATS, YANKS
Art Movements (#117, #260)
DADA, DECO, GOTHIC, POP, EXPRESSION, MANNER, ROMANTIC, SURREAL
Slang for Head (#120, #276)
CROWN, DOME, MELON, NOODLE, BEAN, NUT
Conceal (#123, #273)
BLOCK, COVER, HIDE, MASK, OBSCURE
Poetry Units (#124, #265)
LINE, METER, RHYME, VERSE, FOOT
Butt (#125, #274)
BOTTOM, BUNS, SEAT, TAIL, BOOTY, BUM, CAN, REAR
Workshop Tools (#126, #253)
HAMMER, FILE, LEVEL, SAW, DRILL, GRINDER, ROUTER
Pull (#126, #308)
JERK, TUG, WRENCH, YANK, RIP, TEAR
Break Contact (#128, #222)
DESERT, GHOST, IGNORE, JILT, DITCH, MAROON, STRAND
Sharp Quality (#129, #271)
BITE, KICK, TANG, ZIP, EDGE, PUNCH, SPICE
Singular Things of Pairs (#129, #217)
BOXER, GOGGLE, PANT, TONG, JEAN, SHORT, TIGHT
Acronyms/Initialisms (#132, #336)
LASER, RADAR, SCUBA, SPAM, MIA, OMG, PIN, RAM
Predicament (#133, #293)
BIND, PICKLE, SCRAPE, SPOT, BINDS, JAMS, PICKLES, SPOTS
Encourage (#134, #247)
DRIVE, INSPIRE, MOTIVATE, SPUR, EGG, GOAD, URGE
Increase (#137, #306)
BUILD, GROW, SWELL, MOUNT, BALLOON, MUSHROOM, SNOWBALL
Go Up Against (#140, #260)
CHALLENGE, CONFRONT, FACE, OPPOSE, BRAVE, MEET
Filler Words (#143, #328)
ERM, UH, UM, WELL, LIKE, LITERALLY
Training (#146, #308)
DRILL, PRACTICE, STUDY, TRAIN, EXERCISE, ROUTINE
Financial Terms (#147, #168)
BOND, CD, OPTION, STOCK, CAPITAL, EQUITY, INTEREST
Car Companies (#154, #166)
BMW, HONDA, JAGUAR, SUBARU, FIAT, MINI, RAM
Shepherd (#158, #193)
DIRECT, GUIDE, LEAD, STEER
Pretense (#160, #282)
ACT, BLUFF, CHARADE, FRONT, AFFECT, AIRS
Religious Figures (#162, #239)
CARDINAL, LAMA, MONK, PASTOR, BISHOP, PASTOR, PRIOR
Fashionable (#163, #228)
CHIC, HIP, HOT, IN, BIG, POPULAR
Criticize (#166, #278)
KNOCK, PAN, ROAST, SLAM, BLAST, TRASH
Rooms (#170, #267)
BEDROOM, DEN, KITCHEN, STUDY, HALL, LIBRARY, LOUNGE
Fill to Excess (#170, #244)
CRAM, JAM, PACK, STUFF, SQUEEZE
Allotment (#173, #311)
CUT, PIECE, SHARE, TAKE, INTEREST, PERCENTAGE, STAKE
Assure, as a Win (#176, #340)
CLINCH, GUARANTEE, LOCK, SECURE, CINCH, ICE
Jump (#182, #263)
BOUND, LEAP, SPRING, VAULT, HOP, JUMP
Comedic Performance (#191, #238)
BIT, JOKE, ROUTINE, SKETCH, ACT, SET
Words Ending with _______ (#191 "Numbers", #269 "Clothing")
CANINE, FREIGHT, OFTEN, STONE, FOXGLOVE, GUMSHOE, TURNCOAT, WINDSOCK
Little Bit (#195, #332)
DASH, DROP, PINCH, SPLASH, SPOT, SPRINKLE
Geometric Objects (#197, #325)
LINE, POINT, RAY, SEGMENT, PLANE, SOLID
Parts of a Car (#200, #215)
BUMPER, HOOD, TIRE, TRUNK, DASH, SHOCK, TANK WHEEL
Apex (#208, #231)
HEIGHT, MAX, PEAK, TOP, VERTEX, CREST, SUMMIT
Transaction Record (#217, #324)
BILL, CHECK, INVOICE, TAB, RECEIPT, STATEMENT
Deceive/Cheat (#219, #224)
CON, DUPE, FOOL, TRICK, FLEECE, HOSE, ROB, STIFF
Give Attention to (#230, #311)
GUARD, MIND, TEND, WATCH, FOLLOW, OBSERVE, REGARD
Adjusted Colors (#237 "Minus First Letters", #256 "Changed First Letters")
INK, LACK, OLD, RANGE, CLUE, FROWN, MELLOW, PREEN
Track and Field Equipment (#262, #314)
HAMMER, HURDLE, JAVELIN, POLE, BATON
Food Preservation Techniques (#271, #293)
CAN, CURE, DRY, FREEZE, CANS, CURES, SALTS, SMOKES
submitted by Billy_NoMate to NYTConnections [link] [comments]


2024.03.07 08:41 Tirtaodd997 First Time Baby

First Time Baby submitted by Tirtaodd997 to infinitecraft [link] [comments]


2024.02.23 11:45 barudak-well Pupujian Teh Salah Sahiji Karya Sastra Sunda Dina Wangun

Pupujian Teh Salah Sahiji Karya Sastra Sunda Dina Wangun

https://preview.redd.it/kod2c5p5ebkc1.jpg?width=700&format=pjpg&auto=webp&s=6376924c42691b667629360c3814ef09ca6bee67
Pupujian Teh Salah Sahiji Karya Sastra Sunda Dina Wangun...
a. ugeran
b. lancaran
c. drama
d. prosa
Jawaban :
Dilansir dari Ensiklopedia, Pupujian teh salah sahiji karya sastra sunda dina wangunpupujian teh salah sahiji karya sastra sunda dina wangun ugeran.
Penjelasan
Kenapa jawabanya A. ugeran? Hal tersebut sudah tertulis secara jelas pada buku pelajaran, dan juga bisa kamu temukan di internet
Kenapa jawabanya bukan B. lancaran? Nah ini nih masalahnya, setelah saya tadi mencari informasi, ternyata jawaban ini lebih tepat untuk pertanyaan yang lain.
Kenapa nggak C. drama? Kalau kamu mau mendaptkan nilai nol bisa milih jawabannya ini, hehehe.
Terus jawaban yang D. prosa kenapa salah? Karena menurut saya pribadi jawaban ini sudah keluar dari topik yang ditanyakan.
Kesimpulan
Jadi disini sudah bisa kamu simpulkan ya, jawaban yang benar adalah A. ugeran.
Sumber : https://barudakwell.com/pupujian-teh-salah-sahiji-karya-sastra-sunda-dina-wangun/
submitted by barudak-well to barudakwell [link] [comments]


2024.02.23 11:45 barudak-well Pupujian Teh Salah Sahiji Karya Sastra Sunda Dina Wangun

Pupujian Teh Salah Sahiji Karya Sastra Sunda Dina Wangun

https://preview.redd.it/gxjscce2ebkc1.jpg?width=700&format=pjpg&auto=webp&s=16b23dc644628e11250d7044ff01f8e865de1cb3
Pupujian Teh Salah Sahiji Karya Sastra Sunda Dina Wangun...
a. ugeran
b. lancaran
c. drama
d. prosa
Jawaban :
Dilansir dari Ensiklopedia, Pupujian teh salah sahiji karya sastra sunda dina wangunpupujian teh salah sahiji karya sastra sunda dina wangun ugeran.
Penjelasan
Kenapa jawabanya A. ugeran? Hal tersebut sudah tertulis secara jelas pada buku pelajaran, dan juga bisa kamu temukan di internet
Kenapa jawabanya bukan B. lancaran? Nah ini nih masalahnya, setelah saya tadi mencari informasi, ternyata jawaban ini lebih tepat untuk pertanyaan yang lain.
Kenapa nggak C. drama? Kalau kamu mau mendaptkan nilai nol bisa milih jawabannya ini, hehehe.
Terus jawaban yang D. prosa kenapa salah? Karena menurut saya pribadi jawaban ini sudah keluar dari topik yang ditanyakan.
Kesimpulan
Jadi disini sudah bisa kamu simpulkan ya, jawaban yang benar adalah A. ugeran.
Sumber : https://barudakwell.com/pupujian-teh-salah-sahiji-karya-sastra-sunda-dina-wangun/
submitted by barudak-well to u/barudak-well [link] [comments]


2024.02.18 06:55 Surohiu Sa'alit tentang Cisadane.

Sebelum disebut Cisadane, sungai ini aslinya bernama Sadane. "Ci" dalam bahasa Sunda artinya sungai. Sedangkan kata "Sadane" berasal dari bahasa Sanskerta yang berarti istana kerajaan. Sehingga nama Ci Sadane atau Cisadane berarti sungai yang berasal dari istana kerajaan. Kemungkinan yang dimaksud istana kerajaan adalah Kerajaan Pajajaran dengan Ibukota di Pakuan, Bogor.
Ada pula pendapat lain yang menyebut, "Sadane" berasal dari kata “Sadhana” yang mengandung arti “Jalan Kebijaksanaan”. Seperti kita ketahui, Kerajaan Pajajaran merupakan kerajaan yang menganut agama Hindu yang sangat menghormati air sungai dari gunung sebagai sarana untuk membersihkan diri menuju jalan kebijaksanaan. Cisadane yang dulu mengalir bersih menjadi sungai suci bagi masyarakat Hindu Kerajaan Pajajaran.
Processing img slfvp7qy9ajc1...
submitted by Surohiu to Pasundan [link] [comments]


http://rodzice.org/