Nyonyot susu badan

Too Much Addiction Will Have Negative Impact. So Yeah

2024.05.08 02:29 Tshirt_Drager_444 Too Much Addiction Will Have Negative Impact. So Yeah

submitted by Tshirt_Drager_444 to Bolehland [link] [comments]


2024.04.07 09:08 SebagianCerah Cara Menurunkan Darah Tinggi Secara Aman Tanpa Obat

Memiliki tekanan darah tinggi dapat menyebabkan hipertensi, yang pada akhirnya dapat meningkatkan risiko terkena serangan jantung. Karena terdapat risiko yang besar, maka Anda perlu memahami bagaimana cara menurunkan darah tinggi.
Selain mengonsumsi obat-obatan, ada beberapa cara alami yang dapat Anda lakukan untuk menurunkan darah tinggi. Yuk, kenali dan terapkan beberapa cara mengatasi darah tinggi dalam pembahasan berikut ini!
Cara Menurunkan Darah Tinggi Tanpa Obat
Tekanan darah normal seseorang adalah sekitar 120/80 mmHg. Apabila tekanan darah lebih dari angka tersebut, maka artinya mengalami peningkatan tekanan darah. Tekanan darah perlu diperhatikan apabila angkanya telah melebihi 130/80 mmHg. Nah, dalam hal ini, berikut beberapa cara menurunkan darah tinggi yang dapat dilakukan.
  1. Menjaga Berat Badan Ideal
Cara mengatasi darah tinggi selanjutnya adalah dengan menjaga berat badan yang ideal. Berat badan berlebih dapat menyebabkan tekanan lebih pada arteri yang mengakibatkan tekanan darah meningkat.
Menjaga berat badan ideal tidak hanya bermanfaat untuk menurunkan darah tinggi dan menghindari penyakit metabolik lainnya, tetapi juga menunjang kesehatan tubuh secara keseluruhan.
  1. Mengurangi Konsumsi Natrium
Natrium adalah kandungan yang banyak terdapat dalam garam, baik itu pada garam makanan, camilan, minuman ringan, maupun makanan kaleng. Konsumsi garam yang berlebih dapat memicu peningkatan natrium (sodium) di dalam tubuh, hal ini dapat menjadi salah satu penyebab hipertensi.
Maka dari itu, penderita hipertensi selalu dianjurkan untuk mengurangi konsumsi makanan yang mengandung garam. Kadar sodium untuk orang dewasa yang dianjurkan adalah sebanyak 1500-2000 mg per harinya setara dengan 6 gram garam atau 1 sendok teh garam per hari.
  1. Olahraga dengan Rutin
Cara menurunkan darah tinggi juga bisa dilakukan dengan memulai hidup sehat, misalnya rutin berolahraga setidaknya 30 menit sehari. Melakukan olahraga secara rutin dan konsisten dapat membantu Anda menurunkan tekanan darah sebanyak 5-8 mmHg.
Beberapa contoh olahraga yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan tekanan darah adalah jogging, jalan kaki, senam, berenang, dan bersepeda.
  1. Memperbanyak Asupan Kalium
Meningkatkan konsumsi kalium dapat membantu pembuluh darah melawan kerusakan yang dipicu oleh natrium. Hal ini karena semakin banyak kalium yang dimakan, maka akan semakin banyak natrium dan juga air yang dapat dikeluarkan tubuh sehingga tekanan darah menjadi berkurang.



Seseorang yang rutin mengonsumsi makanan kaya kalium akan cenderung memiliki tekanan darah normal. Beberapa makanan yang mengandung kalium adalah susu sapi, bayam, pisang, kacang polong, dan kentang panggang.



  1. Menjaga Pola Makan Sehat
Kenaikan tekanan darah secara drastis biasanya juga dipicu oleh kesalahan dalam memilih makanan. Salah satu cara menurunkan darah tinggi adalah dengan memulai pola makan sehat berupa DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension), seperti mengonsumsi buah, sayur, susu rendah lemak, dan biji-bijian utuh.
Adapun beberapa buah penurun darah tinggi adalah buah yang mengandung kalium seperti jeruk, pisang, dan anggur. Rekomendasi mengonsumsi kalium yang perlu dicukupi sebagai cara menurunkan darah tinggi adalah sebanyak 4500-4700 mg per hari.
  1. Menghentikan Kebiasaan Merokok dan Minum Alkohol
Merokok dan mengonsumsi alkohol secara berlebihan merupakan dua kebiasan yang dapat menimbulkan beberapa masalah kesehatan, seperti tekanan darah tinggi. Orang yang sering merokok dan minum alkohol diketahui memiliki risiko lebih tinggi mengalami komplikasi hipertensi, seperti stroke dan penyakit jantung.
Jadi, bagi Anda yang memiliki riwayat tekanan darah tinggi dan sering kambuh, ada baiknya untuk mengurangi atau menghentikan kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol.
  1. Mengelola Stres
Tahukah Anda bahwa stres yang berkepanjangan rupanya bisa menyebabkan tekanan darah tinggi pada seseorang? Ketika Anda sedang banyak pikiran dan mengalami peningkatan tekanan darah, maka hal yang perlu dilakukan adalah berusaha tenang sebagai cara menangani stres.
Melakukan beberapa kegiatan sesuai hobi seperti seperti meditasi, yoga, menonton film, atau kegiatan lain yang disukai juga dapat membantu Anda mengalihkan rasa cemas Anda.
  1. Mengurangi Asupan Kafein
Bagi Anda yang tidak terbiasa mengonsumsi kafein (paling sering terdapat dalam kopi) maka Anda harus berhati-hati. Mengapa? Karena bagi orang yang jarang mengonsumsinya, kafein berpotensi meningkatkan tekanan darah hingga 10 mmHg.
Namun, jika Anda sudah terbiasa mengonsumsi kafein, maka tidak berefek signifikan pada tekanan darah Anda.
Nah, itulah beberapa cara menurunkan darah tinggi yang dapat Anda lakukan. Mulai dari rutin olahraga hingga menjaga pola makan sehat dan lain sebagainya. Apabila Anda sering mengalami peningkatan tekanan darah, maka ada baiknya untuk tidak melewatkan tips-tips di atas.
Selain melalui cara-cara yang sudah dijelaskan, penting juga bagi Anda untuk melakukan pemeriksaan rutin untuk mendeteksi risiko hipertensi sejak dini. Siloam Hospitals telah menyediakan berbagai paket medical check up yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan kesehatan Anda.
Selain itu, Anda bisa juga mengunjungi Siloam Hospital terdekat untuk dapat berkonsultasi tentang tekanan darah Anda dengan dokter ahli yang akan membantu Anda.
Untuk menemukan dokter spesialis yang berkaitan dengan tekanan darah tinggi di Siloam Hospitals, kami menyediakan fitur Cari Dokter yang dapat membantu menemukan dokter spesialis penyakit dalam yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
Selain itu, aplikasi MySiloam juga dapat menjadi teman sehari-hari Anda. Aplikasi ini mampu memberikan akses cepat ke informasi dokter dan janji temu. Jadi, jangan tunda lagi, ambil tindakan sekarang untuk menjaga kesehatan Anda #BersamaSiloam!
submitted by SebagianCerah to TomketAirdropID [link] [comments]


2024.03.10 11:05 Filipino-Asker Bumili ako ng chocolate mura lang 110 each

Bumili ako ng chocolate mura lang 110 each
Yummy yum yum... Ayoko ng almonds na cadbury, masarap pero gusto ko ng ibat'-iba araw araw
submitted by Filipino-Asker to ITookAPicturePH [link] [comments]


2024.03.08 04:05 Grazevoska Need help! Cara nambah massa entah fat atau otot itu biar body proporsional gimana ya?? I

Need help! Cara nambah massa entah fat atau otot itu biar body proporsional gimana ya?? I
havent tried any protein shake atau minum susu penambah berat badan.... I can run 12Km nonstop, but I cant lift 10Kg more than 6 times.
Heres a photo of the comparison ↑
submitted by Grazevoska to sehat [link] [comments]


2024.01.10 10:39 RasyidMystery Komodos yang pernah minum susu/suplemen penambah berat badan, Does it Works?

gua cowo sekarang umur 25 tahun, dan seumur hidup gua selalu underweight. SMA berat badan 45 kg, kuliah kisaran 48 kg, sekarang pas udh kerja kisaran berat di 51kg, sedangkan tinggi badan 170an.
gua kepikiran mau beli suplemen/susu penambah berat badan, tpi mau coba denger testimoni dari komodos yg udh pernah pake, make merk apa trus works/nggak (agak skeptis klo sama review langsung di marketplace).

submitted by RasyidMystery to indonesia [link] [comments]


2023.10.31 04:52 orangpelupa Ternyata kecanduan gula itu gampang sekali

gw dari dulu jarang konsumsi gula karena minum ya air biasa, terus kalau minuman yang punya rasa paling teh tawar. terus snack2 dan jajan paling makan beberapa bulan sekali.
nah sejak beberapa minggu lalu gw makan sereal dan minum susu....
dan gw jadi kecanduan gula 🤣. sekarang kalau sehari aja ga konsumsi gula:

submitted by orangpelupa to indonesia [link] [comments]


2023.10.11 13:02 DigitalChildish Perjalanan Hidup Seorang Gamer - Part 02

Perjalanan Hidup Seorang Gamer - Part 02
Ok, terimakasih sudah mengikuti perjalan kisah hidupku. Postingan ini merupakan lanjutan dari "Perjalan Hidup Seorang Gamer - Part 01" Masih perkenalan-perkenalan, Drama nya nanti pas di Masa Kuliah yah.

Episode 10: Remaja

Masa-masa SMP adalah periode perubahan drastis dalam hidup saya dan mungkin Episode ini saya Rating 16++ bagi yang belum cukup umur skip saja haha. Di sini, saya mulai mengenal tubuh wanita. Maaf jika terdengar sedikit kurang sopan, tetapi itulah yang terjadi. Saat istirahat di sekolah, teman-teman dan saya sering pergi ke belakang perpustakaan, tempat rahasia para siswa berkumpul. Di sini adalah perbatasan dengan Sekolah Putri SMK. Kami kadang-kadang mencoba mengintip ke kelas putri melalui jendela. Kadang, kami melihat siswi-siswi berganti pakaian olahraga, meskipun tidak terlihat jelas karena terhalang oleh debu di kaca. Kami sering kali ketahuan dan mereka akan berteriak, "Hei, ngapain kalian, dasar bocah gendeng!" Sambil menggebrak kaca atau meja. Mereka selalu tahu bahwa kami seringkali mengintip mereka. Tapi kami hanya lari dan tertawa-tawa.

https://preview.redd.it/44pnee4n1ktb1.jpg?width=492&format=pjpg&auto=webp&s=0e709433f38140ea88a95c43c05cd6f757a3c7ac
Di tempat ini, saya juga diperkenalkan kepada anatomi wanita secara lebih lengkap dan gamblang. Seorang teman membawa sebuah buku dewasa dengan gambar-gambar sensual di dalamnya. Saya merasa campur aduk antara takut, kaget, berkeringat, dan penasaran. Itulah pertama kalinya saya memahami tentang wanita melalui gambar-gambar tersebut. Dulu, dalam pikiran saya, tubuh wanita terlihat mulus tanpa ada yang namanya bulu di ketiak atau bulu kemaluan (jembut). Dan yang saya tahu tentang hubungan badan adalah bahwa seorang pria dan wanita hanya bersentuhan tubuh, lalu munculah kehamilan. Ya dulu saya masih polos.
Saya ingat betul, kehilangan keperjakaan saya terjadi dalam sebuah momen yang cukup tidak terduga (Hmm bisakah ini disebut kehilangan keperjakaan?), Ceritanya yaitu saat saya sedang menghapal pelajaran agama. Untuk membantu saya ingat apa yang sedang saya pelajari, saya sering kali berbaring dan menegangkan tubuh saya. Suatu waktu, tanpa sengaja, tangan saya bergerak ke area 'si Robert'. Saya mulai menggosok-gosoknya dengan secara tidak sadar saat saya terus menghapal pelajaran. Lama kelamaan, sensasi yang aneh tapi menyenangkan muncul, dan tiba-tiba, semuanya terasa sangat nikmat. Saya bingung ketika mengetahui celana saya sudah basah. Tanpa saya sadari, ya cairan putih sudah keluar. Sungguh ironisnya, ini terjadi ketika saya sedang menghapal pelajaran agama. Saya jadi bertanya-tanya apakah ini mungkin adalah jalan Tuhan yang diberkati untuk saya. xD. Pada saat itu, saya juga mulai mengalami jerawat dan mulai tertarik pada lawan jenis.
Di masa ini, saya juga pertama kali terlibat dalam pertarungan satu lawan satu, perkelahian bahkan hampir tauran. Lucunya, saya sering berkomentar tentang anak-anak SMP yang terlihat sibuk pacaran atau tauran dalam berita pada saat ini, padahal sebenarnya saya juga pernah mengalami hal serupa. Haha! Ini adalah masa di mana saya pertama kali tahu tentang hal-hal berbau negatif di dunia. Tapi untungnya Merokok belum menjadi kebiasaan saya saat itu.
Saya sering bolos sekolah, terutama untuk bermain game, seperti main dingdong atau menyewa Playstation, yang sedang populer saat itu adalah Winning Eleven dan Resident Evil. Mama sering dipanggil oleh guru BP karena saya sering bolos. Akhirnya, mama memberikan ultimatum, mengancam akan melaporkan ke bapak jika saya masih sering bolos. Dan dengan demikian, saya kembali menjadi rajin di sekolah sementara. Ada beberapa mata pelajaran di mana nilai saya turun, dan saya merasa ada yang kurang dalam hidup saya. Saya merasa kehilangan sosok ayah di rumah.
Bapak pulang hanya dua minggu sekali dan hanya sebentar. Yang saya tunggu darinya hanyalah cemilan oleh-oleh ketika beliau pulang. Uniknya bapak selalu membeli jumlah cemilan sesuai dengan jumlah anak-anaknya. Misalnya, jika dia membeli ciki, dia akan membelinya sebanyak lima. Eskrim, lima. Coklat, juga lima. Semua makanan ringan itu selalu dihitung dan dibagikan secara adil kepada setiap anak. Namun, saat tiba di rumah, biasanya terjadi kekacauan saat kami semua berebutan untuk mengambil satu-satu. Itulah yang terjadi ketika memiliki banyak anak di rumah, selalu ada saja yang diributkan. Yah hanya sekedar itu, saya pun terlalu takut untuk bertanya atau ngobrol dengannya. Saya tidak memiliki patokan pria yang bisa saya jadikan panutan. Kemana si AA? Sama, kita merasakan hal yang sama ketika itu.

https://preview.redd.it/j2llhjiq1ktb1.jpg?width=986&format=pjpg&auto=webp&s=5a045605584817b149d8e0b53fcdab08f4e96421
Hari-hari di sekolah berjalan seperti biasa. Pada masa itu, saya masih merasa agak grogi dan cemas ketika harus berbicara dengan wanita, terutama jika wanita tersebut cantik. Dan tahukah kamu, bahkan disekolah ini salah satu teman saya seorang cewek menghadapi situasi yang cukup sulit. Dia seringkali dijauhi dan bahkan secara tidak langsung dibully oleh teman-teman cewek lainnya. Saya bisa melihatnya dengan jelas. Salah dia apa? Ya karena Cantik, dan tentu saja, setiap cewek di kelas terlihat iri padanya. Bullying ini terjadi secara tidak langsung, melalui sikap dan perlakuan yang membuatnya merasa terasing. Hai kamu cewek-cewek diluaran sana, pengen nanya nih. Apakah benar cewek sesama cewek suka seperti itu?
Setelah beberapa waktu, saya kembali bolos sekolah. Yah dunia game terus memanggilku. Selain itu saya juga sering naik kereta api tanpa membayar keliling kota mecari tempat-tempat game yang asik. Akhirnya Mama mengadukan hal ini kepada bapak, dan malam itu saya dipanggil untuk bicara. Bapak berkata, “Apa yang kamu mau?” dan saya sudah tahu dia akan marah. "Bolos sekolah? Ngapain, kamu merokok!? Silahkan! Kamu berantem, silahkan! Kamu nakal, silahkan! Main game? Boleh! Kamu mau kursus apapun, silahkan! Bapak mumpung masih bisa biayain semuanya! Asal satu, jangan bolos sekolah."Namun, dia memberikan pemahaman yang berbeda. Dia mengizinkan banyak hal, termasuk bermain game, selama saya tidak bolos sekolah. Kata-kata tersebut memotivasi saya untuk kembali berfokus pada pendidikan. Saya menyadari bahwa bermain game masih bisa dilakukan tanpa harus bolos sekolah.
Akhirnya, masa SMP pun berakhir, dan saya siap memasuki babak baru di SMA. Teman-teman baru, lingkungan baru, pengalaman baru, tetapi wajah saya tetap sama. xD.

Episode 11: New Hobby

Hari pertama masuk SMA, wajah saya penuh dengan jerawat. Saya merasa marah, kesal, dan frustrasi, tapi tidak tahu kepada siapa saya harus melampiaskan perasaan ini. Anehnya, saya teringat teman saya di SMP yang pernah memberi saran saat pertama kali muncul komedo di wajah saya. Dia berkata, "Bro, lu punya komedo? Biar gak keliatan, tinggal pakai ini aja. Nanti setelah makan gorengan, pasti ada minyak bekasnya di tangan. Nah, lu olesin aja ke komedo, biar muka lu kinclong lagi." Mungkin karena saya belum tahu banyak atau mungkin saya bego, saya mengikuti saran teman tersebut. Beberapa hari kemudian, jerawat-jerawat pun bermunculan di wajah saya. Sungguh, keputusan yang ndableg. (Sigh)

https://preview.redd.it/ccqa19lni5vb1.jpg?width=1024&format=pjpg&auto=webp&s=a9fc4bb87eb6d43898688df9a189cff2de6b523f
Masuklah ospek di SMA, suasana sangat berbeda dibandingkan dengan SMP. Saya merasa bahwa para siswi di sini sangat berbeda dan wangi-wangi. Teman-teman cowok juga terlihat lebih keren dan dewasa. Beberapa siswi di kelas saya saat itu sangat cantik. Kelas kami sangat kompak, baik dalam pelajaran maupun pertemanan. Kami dijuluki "Si Kelas 7" itu yang diingat oleh para guru disekolah. Guru-guru selalu mengingat nama kelas kami dan senang mengajar disini karena kami selalu aktif bertanya dalam kelas, sangat bersemangat dan juga paling sering berpartisipasi. Sebenernya Kami memiliki sebuah rahasia yaitu sering berbagi jawaban PR dan saling membantu saat ujian hehe.
Pada masa ini, saya diperkenalkan dengan genre musik pop rock oleh teman-teman sekolah dan teman-teman di rumah. Mulai dari Greenday, Blink-182, Rancid, Cranberries, bahkan Weezer dan Sixpence None the Richer, saya mulai menyukai beragam jenis musik. Saya sangat ingin mengenal dunia musik lebih dalam. Saya meminta kepada orang tua untuk membelikan saya gitar, dan mereka mengabulkannya. Saya senang sekali dengan gitar itu, meskipun sayangnya suaranya agak cempreng, seperti suara saya yang juga cempreng (iya, suara asli saya memang cempreng). Tapi saya tetap bersemangat untuk berlatih bermain gitar. Saya bahkan membuat drum dari kaleng bekas agar bisa berlatih main drum. Setiap malam, ketika saya menginap di rumah teman, saya selalu berlatih bermain musik. *7*

https://preview.redd.it/o9otoxsfj5vb1.jpg?width=1024&format=pjpg&auto=webp&s=3c30197b457e67e5fe79bc239ea1632c8207923a
SMA penuh dengan kenangan indah, tapi saya masih suka bermain game dan dingdong. Teman-teman di kelas dan di rumah tahu akan hobi saya itu. Ketertarikan saya terhadap lawan jenis sedikit bertambah, dan jerawat di wajah saya sudah tidak terkendali. Saya merasa kurang pede dan sering minder. Namun, jerawat bukanlah halangan untuk mencoba dan berani lho.
Ada seorang teman perempuan di kelas yang sering berpindah ke kursi di sebelah saya ketika bosan atau lelah duduk di depan. Namanya SENI. Dia memiliki pesona yang menarik, dan para cowok suka melihatnya dengan penuh rasa kagum ketika dia berjalan di depan kelas. Di masa itu, saya hanya bisa duduk dengan perasaan gugup ketika dia berada di dekat saya. Dia sering bertanya berbagai hal, seperti, "Males gw di depan, gw duduk sini yah," "Bangunin gw klo udah ada guru yah," "parfum gw baru nih cium deh, wangi gak?" atau "eh, makeup aku ketebelan gak sih?" Saya hanya bisa menjawab dengan ragu-ragu, Enggak & Tidak sambil tetap gugup dan salah tingkah (Oh Tuhan Sekarang saya lebih percaya diri dalam berbicara, sayangnya waktu itu saya tidak berani melanjutkan banyak pembicaraan dengan dia, entah bagaimana jika saya lebih berani ketika itu).
Di masa ini, saya mulai mengenal rokok dan sering merokok secara diam-diam di atas genteng rumah. Saya sering mengambil beberapa batang rokok milik bapak yang ditaruh di meja. Saya berpikir bapak tidak akan tahu atau mendengarnya, tapi sayangnya, beliau mengetahuinya. "Eh, rokok bapak kok ilang lagi sih? Hayo siapa? Kamu udah mulai merokok ya, Fan?" kata bapak sambil tertawa. Ups, ketahuan! Akhirnya bapak selalu memberi saya uang lebih saat beliau berada di rumah ketika saya ingin pergi bersama teman-teman. Saya sering pulang malam dan bahkan menginap di rumah teman. Mama sering mengingatkan, "Kamu tidak menggunakan narkoba, kan? Hati-hati jangan sampai tergoda untuk merokok yang teman-teman tawarkan. Lebih baik beli sendiri." Saya menjawab iya-iya untuk menghilangkan kekhawatiran mama, meskipun sebenarnya di rumah teman saya hanya berkumpul dan berbincang saja. Oh iya, salah satu teman saya mahir dalam mencukur rambut, jadi saya sering pergi ke rumahnya dan mendapatkan cukuran gratis, haha.
Selama liburan sekolah, saya sering menyewa PS1 karena saya belum memiliki konsol tersebut. Bahkan, saya membeli banyak CD game PS1 meskipun belum memiliki PlayStation. Tumpukan CD game itu sudah cukup banyak beberapa kardus. Teman-teman saya heran, "Kenapa kamu punya begitu banyak CD game PS1, tapi tidak punya konsolnya? Buat apa?" Saya menjawab, "Itu koleksi, bro." Ya, hobi bermain game saya belum berkurang sedikit pun.

https://preview.redd.it/0dm11vrlj5vb1.png?width=500&format=png&auto=webp&s=78638c231dd0b4f8a103aeb936734576a24a51d3
Singkat cerita, masa SMA pun berakhir. Kami semua lulus, meskipun ada beberapa mata pelajaran yang nilainya di bawah 3 (Waktu itu belum ada peraturan batasan minimal angka untuk kelulusan). Meskipun ada mata pelajaran yang nilai nya jelek, kami semua merasa aman. Semua lulus dengan bahagia. Ada banyak kisah seru selama masa SMA yang tidak saya ceritakan di sini, tapi secara singkat akhirnya teman-teman kami berpisah dan melanjutkan kehidupan masing-masing, ada yang kuliah, bekerja, keluar negeri, dan bahkan ada yang langsung menikah. Semua orang memiliki jalannya sendiri-sendiri. Saya pun memasuki masa kuliah dan disinilah puncaknya drama, yang sudah retak makin retak.

Bersambung...

Support Penulis, Untuk beli susu anak gan. Disini atau Disini. Terimakasih
Saya butuh bantuan teman-teman semua jika berkenan:
Mohon maaf sebelumnya, saat ini saya dalam situasi kesulitan finansial. Jika anda atau ada teman sanak saudara yang membutuhkan jasa service, Translate, Transkrip Audio/Video atau butuh membuat Subtitle untuk sebuah video, podcast, wawancara dll. Silahkan kontak saya langsung. Mohon infokan kepada teman-teman anda jika berkenan, terimakasih.
--------------------
Side Effect
- Andy (Misteri Horror)
- Kemelekatan (Inspirasi)
- Anto: Secangkir Kopi (Misteri)


submitted by DigitalChildish to indonesia [link] [comments]


2023.10.09 17:00 DigitalChildish Perjalan Hidup Seorang Gamer

Perjalan Hidup Seorang Gamer
Perkenalkan, namaku Irfan. Usiaku diakhir tigapuluhan mendekati empatpuluh tahun, Saya menikah dan mempunyai seorang putri yang cantik berumur 4 tahun. Dikehidupanku sejauh ini tak pernah mencapai kepemilikan rumah, mobil, motor, bahkan sepeda. Saat ini, saya berada dalam situasi tanpa pekerjaan tetap, dan saya sangat membutuhkan bantuan kalian. Namun, sebelum itu izinkan saya berbagi kisah hidup, semoga ceritaku memberikan penjelasan, inspirasi atau pelajaran hidup kepada banyak orang. Oh iya sebelum mulai, sedikit penjelasan ceritanya akan maju mudur dan pada angka-angka *1*,*2*,*3\*,dll dalam cerita merupakan titik point penting yang seharusnya saya fokuskan dalam hidup. Akan saya jelaskan di akhir cerita. Terimakasih.
Aku adalah anak keempat dari lima bersaudara. Di masa lalu dinegaraku, orang sering mengatakan, "banyak anak, banyak rejeki." Jika diartikan bahwa rejeki itu adalah materi, Tidak salah memang jika semua anak nya sukses, bagaimana jika tidak?
Dan Ini adalah kisah hidupku.

https://preview.redd.it/1j51llpgv6tb1.jpg?width=1024&format=pjpg&auto=webp&s=9b2f04b585c00579817aaa1353b5594770b4c505
Kami hidup dalam keluarga sederhana, bapak ku adalah seorang pegawai swasta di sebuah perusahaan asuransi dan ibuku merupakah ibu rumah tangga yang berhenti bekerja ketika menikah. Waktu kecilku penuh dengan energi yang meluap-luap, dari keisengan mengambil camilan dari warung tetangga lalu lari tanpa membayar, hingga pulang larut malam saat masih SD. Aku bahkan pernah mengambil celengan uang kakakku untuk jajan dan bahkan membakar sofa di teras rumah. Tapi, jangan ditiru ya, waktu itu aku masih sangat polos.
Meski begitu, aku adalah anak yang rajin. Aku sering membantu ibuku membersihkan rumah dan mencuci piring tanpa diminta. Aku juga mulai menunjukkan minatku dalam memperbaiki dan memodifikasi mainan elektronik agar terlihat lebih keren *1\* (Aku tertarik pada elektronik ketika pamanku berkunjung dan meperbaiki mobil-mobilanku yang rusak, dari situ aku baru tahu bahwa alat elektronik bisa diperbaiki dan tidak dibuang), yang membuat ibuku bangga padaku. Di sekolah, aku cukup cerdas dan pernah menduduki peringkat 1-3. Aku bahkan pernah mengikuti kompetisi cerdas cermat disekolah. Hanya dalam olahraga, aku selalu kesulitan karena tubuhku yang agak lemah. Aku selalu merasa pusing dan mual saat berolahraga. Guru-guruku sudah mengetahui kondisiku. Pelajaran favorit ku adalah matematika saat itu, ya betul matematika lho. Tapi saat itu.. sekarang? Sudahlah jangan ditanya, udah lupa berhitung saya, ada kalkulator bro.
Sekarang, izinkan aku bercerita tentang titik krusial dalam hidupku, pertemuan pertamaku dengan sesuatu yang disebut "Game" yang akan mengubah segalanya..

Episode 01: Pacarku ‘Dingdong’

Hari itu adalah hari Minggu yang tak terlupakan. Aku masih jelas mengingat saat itu, bapakku mengajakku naik motor Vespa-nya untuk pergi ke tukang cukur. Setelah cukuran selesai, giliran bapak yang harus dipangkas. Aku mulai merasa bosan dan memutuskan untuk keluar sebentar. Saat berjalan, aku melihat kerumunan orang yang sangat ramai, penasaran, aku mendekat.
Saat aku mendekati, aku melihat sejumlah besar layar berwarna-warni dengan gambar-gambar bergerak yang dikendalikan oleh orang-orang di sekitarnya. Aku bertanya-tanya, apa yang sedang terjadi di sana? Tiba-tiba, seseorang memasukkan koin ke dalam mesin, dan permainan dimulai. Ada yang berteriak, ada yang tertawa, bahkan ada yang terlihat marah. Aku tak bisa mengerti apa yang terjadi, tapi rasanya sangat seru dan penuh gairah. Ya, permainan ini disebut DINGDONG.

https://preview.redd.it/kx3ygys6w6tb1.jpg?width=1500&format=pjpg&auto=webp&s=21ce3d44f122fbb76fd172c14dfc7ac5b90e20b7
Tanpa berpikir panjang, aku berlari kembali ke tempat bapak dan memohon padanya untuk memberiku beberapa koin. Dengan senang hati, aku kembali ke mesin dingdong itu. Aku pun mencoba permainan itu, dan rasanya luar biasa! Itu adalah pengalaman pertamaku bermain game di mesin dingdong, dan aku tahu bahwa ini adalah awal dari sesuatu yang istimewa.
Hari-hari di tukang cukur menjadi saat yang selalu kutunggu-tunggu. Alasannya sederhana: itu adalah kesempatan bagiku untuk bertemu lagi dengan si 'game' ini. Bahkan ketika kami pergi berbelanja di daerah sana, aku selalu lari ke tempat dingdong itu. Walaupun aku hanya seorang anak SD ketika pertama kali bertemu dengan 'game' ini (ya, aku masih kecil), aku akhirnya tahu cara menuju ke sana sendiri.
Kadang, jika aku memiliki sedikit uang ekstra setelah pulang sekolah, aku akan mampir ke sana. Rasanya seperti pacaran, karena aku selalu bertemu dengan si 'game' ini. Pernah suatu hari, ketika aku mendapatkan uang tabungan sekolahku, aku langsung pergi ke sana setelah sekolah dan bermain sampai malam. Hingga akhirnya pulang kerumah, Mama sangat marah menungguku di pintu depan. "Kemana kamu malam-malam baru pulang? Mama cari kamu di sekolah, Kakak cari ke teman-teman kamu tidak ada. Mama sangat khawatir!" katanya.
Aku menjawab, "Aku pergi ke tempat dingdong, mama." Mama bertanya “Main Dingdong?! Sampai malam gini? dari mana uang nya?!” Aku mengaku bahwa uang itu berasal dari tabungan sekolah yang telah dibagikan. Aku hanya menyisakan sedikit dan kuberikan pada mama. Mama hanya menghela nafas dan memelukku erat. "Apakah kamu sudah makan?" tanyanya. Aku menjawab belum, dan dia mengatakan, "Ayo, segera mandi, dan kemudian kita makan malam." Dalam hatiku, aku tahu bahwa mama tidak begitu marah padaku. Dia hanya panik dan sangat mencintai anaknya.
Setelah mandi, aku menemukan bahwa bapak telah pulang kerja. Dia berdiri tegap dan menatapku. Aku terkejut dan ketakutan. Aku berpikir, "Wah, pasti bapak sangat marah padaku sekarang." Namun, akhirnya, bapak hanya berkata, "Hei, kemana kamu pergi? Haha, luar biasa, anak SD yang baru pulang malam. Lihat mama, dia sangat khawatir." Aku kaget karena bapak tidak marah. Dia memberiku banyak nasihat pada malam itu. Singkat cerita karena kebebalanku, keluargaku sekarang tahu bahwa jika aku pulang terlambat, aku pasti ada di tempat dingdong itu, dan mereka selalu datang menjemputku.

Episode 02: Nintendo

Suatu hari, keluargaku pergi ke sebuah supermarket bernama HERO. Ketika kami berada di sana, mataku tertuju pada sebuah mesin kecil yang terpajang di bagian penjualan mainan. Mesin itu berbentuk kotak, dengan sesuatu yang menancap di atasnya (yang akhirnya aku tahu itu adalah kaset game), dan ada kabel yang menjulur keluar. Di ujung kabel, ada kotak kecil yang tipis dengan tombol kontrol (stick). Kabel itu terhubung ke televisi 14 inci, di mana ada gambar karakter yang unik dan lucu, yaitu Mario Bros. Itu adalah pertama kalinya aku melihat sebuah konsol game yang bernama Nintendo. Aku mulai berpikir, "Wow, jika aku punya ini, aku tidak perlu lagi pergi ke tempat dingdong. Aku bisa bermain sepuasnya di rumah tanpa perlu koin." Aku meminta kepada orang tuaku, tetapi mereka mengingatkan bahwa masih banyak kebutuhan dan prioritas keluarga yang harus dipenuhi selain dari mesin Nintendo ini.

https://preview.redd.it/8r1571tnw6tb1.jpg?width=1024&format=pjpg&auto=webp&s=87f4274c19bf65c6f9686f2e70ff8bd6b2257e78
Setiap kali kami berbelanja di HERO, aku selalu berlari dan berhenti sejenak untuk melihat benda kecil yang menakjubkan ini bersama kakak pertamaku. Izinkan aku memperkenalkannya, dia adalah kakakku yang pertama dan saya panggil AA sifatnya agak eksentrik dan sering terlihat aneh. Dia sebenarnya pendiam dan juga bisa galak terkadang, tapi kami cukup dekat ketika kami masih kecil. Dia sering mengajakku bermain di lapangan besar belakang rumah kami, seperti bermain layangan dan mencoba kegiatan ekstrem seperti menjelajah jalan di bukit yang tinggi dan curam, berenang di sungai, dan bahkan suatu kali ketika kami menemukan beberapa orang sedang membersihkan saluran air di bawah jembatan, kami berdua memutuskan untuk "bersedekah" dengan membuang tai kami di sana. Aneh dan kocak, kan? Haha. (Jika Diingat-ingat Bahkan ketika SMP aku pernah menemukan koleksi foto-foto cewe sexy di koper belakang ketika sedang beres-beres. Dan itu ternyata milik kakak pertamaku dia ngamuk dan marah besar sampai memukul kepalaku ketika itu, ya aku nangis mengadu pada mama haha)
Meskipun kadang-kadang dia bisa sangat aneh dan kami sering meributkan hal kecil, dia tetaplah kakak pertamaku yang terbaik. Dia selalu membelaku, bahkan pada suatu hari ketika aku diledek oleh anak-anak dari kampung sebelah. Kakakku datang dan membela aku. Dia juga mencariku ketika aku tak pulang ke rumah pada sore hari karena aku duduk menangis saat layanganku robek oleh anak nakal lain.
Terlepas dari semua keanehan dan insiden lucu yang kami alami, dia tetaplah kakak yang sangat berarti bagi hidupku.
Oh, aku lupa menceritakan tentang orang tua kami. Mama adalah sosok ibu yang luar biasa, mungkin yang terbaik sepanjang masa. Beliau selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk kami, anak-anaknya. Mama adalah sosok yang penuh kreativitas. Masa muda mama selalu penuh petualangan, bepergian ke berbagai tempat, mengikuti seminar di kota ini, belajar di kota itu. Mama adalah tipe yang sangat ekstrovert, suka berbicara banyak, dan selalu membanggakan silsilah keluarga "darah biru"nya (setidaknya itu yang dikatakannya). Mama tak pernah berhenti bekerja, hingga suatu hari, di tempat kerjanya, dia bertemu dengan seorang pria muda. Ya, pria itu adalah bapakku sekarang. Saat itu, dia adalah anak buah mama. Seiring berjalannya waktu, mereka menjalin kasih dan akhirnya menikah. Mama berhenti bekerja saat hamil, dan posisinya di kantor digantikan oleh bapak. Mama mengandung anak pertama (yang sayangnya tidak berhasil bertahan di dunia ini, entah karena keguguran atau meninggal saat lahir, aku lupa). Kalau dihitung-hitung, jumlah anak mama jika masih hidup bisa mencapai 7 orang, tapi yang dua di antaranya meninggal. Semoga mereka menjadi bekal di akhirat, seperti yang dikatakan orang bahwa memiliki anak yang meninggal saat baru lahir adalah jaminan surga bagi ibunya. Karena si anak menunggu mamanya di surga kelak. Aamiin.
Dulu, keuangan keluarga kami cukup baik. Bahkan kami mampu menyekolahkan adik-adik bapak hingga mereka lulus dan berhasil. Keluarga bapak sering menginap dan meminta bantuan kepada keluarga kami saat itu. *2\* Mama pernah menjalankan bisnis konveksi kain dan baju, dan bahkan mencoba berjualan ikan asin, Kue-kue, Kerupuk buatan sendiri dengan menawarkannya kepada tetangga-tetangga. Mama benar-benar akrab dengan para tetangga dan sering menjadi biang tukang gosip di lingkungan kami, seperti halnya ibu-ibu pada umumnya.
Bapak adalah sosok yang baik, perhatian, dan sangat menyayangi anak-anaknya. Namun, beliau jarang bicara panjang lebar. Dan nanti Bapak melakukan kesalahan besar yang sangat-sangat fatal.
Ketika aku berada di depan konsol Nintendo di HERO, tiba-tiba bapak dan mama mendekatiku. Mereka bertanya, "Kamu ingin ini? Ranking 1 dahulu, nanti akan kami belikan untukmu." Rasanya seperti dunia berubah menjadi indah, hanya ada aku bersama konsol Nintendo ini, tidak ada yang lain. Aku bertekad dalam hati, "Nintendo, kita akan bersama suatu hari nanti. Aku akan menunggumu." Itu adalah secercah harapan bagiku untuk memiliki konsol game tersebut.

Episode 03: GIMBOT

Hari, bulan, dan tahun pun berlalu. Rankingku di kelas hanya berkisar antara 2 hingga 5, belum pernah mencapai ranking 1. Namun, suatu hari, bapak mengajakku ke sebuah toko jam. Kami naik Vespa, dan aku berdiri di depannya. Bapak selalu melindungi bagian dadaku dengan satu tangan, sambil berkata, "Kamu jangan sampai masuk angin, ya. Bapak akan menjagamu." Kami melaju pelan sambil menikmati angin sore, dan aku melihat pemandangan yang masih sangat hijau dan asri saat itu. Itu adalah momen yang masih aku ingat hingga sekarang.

https://preview.redd.it/7jn6rwgpx6tb1.png?width=320&format=png&auto=webp&s=ccb567f85ba7c36ba112fb0e3627dc3e84868ae5
Akhirnya, kami sampai di toko jam, dan bapak mulai bertanya-tanya kepada penjualnya. Aku melihat ada sesuatu yang menarik di laci berkaca di depan toko itu. Apa itu? Sebuah kotak kecil hitam dengan layar di dalamnya. Ya, itulah yang disebut Game Watch, atau yang kami sebut Gimbot. Di sekolah, aku sering bermain dengan perangkat ini. Ada abang-abang yang menyewakan berbagai versi Gimbot, ada yang seperti teropong dengan gambar animasi, ada yang bertema koboi, ada permainan ular, ada bola, ada mobil, ada motor, dan masih banyak lagi. Kami cukup membayar 25 atau 50 perak, aku lupa pastinya, dan bisa bermain beberapa menit saja. Abang-abangnya sering mengingatkan, "Sudah, waktu habis, ayo selesai." Terkadang, aku memohon, "Boleh bonus, bang? Kan aku sering main." Karena abangnya mengenal aku, dia sering memberiku bonus bermain lebih lama. Kembali Ketika aku melihat Gimbot dilaci berkaca tersebut dengan mata berbinar, aku tahu itu adalah versi Tetris dengan banyak mode permainan di dalamnya.
Ketika kami pulang, bapak menyodorkan sebuah plastik hitam ke padaku. Didalam plastik itu ternyata ada Gimbot tersebut. Aku terkejut. Wah, dengan senang hati, aku menerimanya. Bapak telah membelikan konsol ini untukku! Aku merasa sangat senang, bahkan ketika kami akan naik motor, aku tak henti-hentinya bermain dengan tombol Gimbot ini. "Eh, sudah, nanti mainnya di rumah!" kata bapak. Aku hanya tertawa senang. Hari itu sangat indah bagiku.

Episode 04: Pentas

Kehidupanku di SD sangat menarik, dan aku sangat mengingat semua hal-hal baru yang terjadi dengan sangat jelas. Pada kelas 4 SD, aku dan temanku yang duduk di sebelahku begitu populer di kelas, meskipun entah kenapa. Sangat jelas dan teringat, nama temanku yang duduk di sebelahku adalah Niar, dia adalah seorang cowok. Meskipun dia sedikit pendiam, namun pandangan teman-temannya selalu menganggapnya keren dan menarik, bahkan menurutku dia terlihat seperti orang yang sangat kaya. Aku bahkan pernah diajak ke rumahnya.
Di rumahnya, aku disuguhi dengan roti yang begitu enak, itu adalah pertama kalinya aku mencicipi sesuatu yang begitu lezat. Ibunya sepertinya sangat memanjakannya, dan dia hanya memiliki seorang kakak. Ada berbagai camilan lain seperti kue dan permen. Aku sangat lahap saat makan roti tersebut, sementara Niar hanya memandanginya di piringnya tanpa menyentuhnya. Namun, di rumahku, makanan atau minuman tidak pernah tersisa. Dalam keluarga kami yang memiliki banyak anak, camilan selalu menjadi rebutan, dan kami sering berdebat bahkan tentang wadah makanan atau gelas minuman. Kami bahkan sampai menggunakan gelas yang sama setiap kalinya secara otomatis meskipun tidak ada nama-nama pemiliknya.
Oh, iya, saat itu kami masih berempat bersaudara, adikku yang paling bungsu belum lahir. Kembali ke rumah Niar, sedikit cerita dengannya, dia mengatakan bahwa dia akan pindah ke Bandung. Aku lahir di Bandung, jadi aku berharap bahwa suatu saat nanti jika aku kembali ke Bandung, kami bisa bertemu lagi. Kami berjanji seperti anak kecil biasanya, tetapi tentu saja kami tidak memiliki nomor telepon satu sama lain saat itu. Itu hanyalah janji anak kecil semata.
Di kelas, ada juga seorang gadis yang menarik perhatianku, namanya dipanggil Yeyi. Dia berkacamata, pintar, cukup cantik, dan rambutnya sedikit ikal. Dia juga anak dari ibu wali kelas kami. Entah apa yang terjadi di kelas pada hari itu, tetapi semua gadis di kelas mulai bertingkah aneh dan lucu. Mereka tiba-tiba membuka rok mereka di depan kami berdua, aku dan Niar. Aku kaget dan bingung, tidak tahu apa yang sedang terjadi. Mereka semua tertawa-tawa. Aku merasa malu dan menutup mataku. Yang anehnya, Yeyi juga ikut-ikutan melakukan hal yang sama di depanku. Kami semua hanya tertawa-tawa. Itu adalah hari yang sangat aneh, absurd dan lucu bagiku, tapi juga sangat berkesan.
Suatu hari, Bu guru wali kelas kami mengumumkan bahwa akan ada acara panggung pentas perpisahan untuk kelas 6. Setiap kelas harus memberikan pertunjukan atau penampilan, biasanya berupa nyanyian atau tarian. Bu guru bertanya, "Ada yang punya ide lain atau siapa yang ingin ikut?" Entah mengapa, aku tiba-tiba mengacungkan tangan dan mengajukan diri. Aku berkata, "Aku ingin membuat pertunjukan komedi, Bu!" Yang lainnya bengong dan terkejut. Aku hanya merasa punya ide tersebut karena kami adalah kelas yang selalu kocak. Ada teman bernama Mbleh, dia selalu punya ingus di hidungnya. Muka dan ekspresinya lucu dan sering membuat kami tertawa. Aku lupa detailnya, tapi intinya ide cerita komedi kami berasal dari Mbleh dan teman-teman yang lain. Saat itu, aku masih kelas 4 SD, jadi mungkin komedinya belum terlalu lucu, haha.

https://preview.redd.it/8u03rodkf7tb1.jpg?width=1024&format=pjpg&auto=webp&s=3e2d65e1c0d2920598d1566163b9eefebff4d4bc
Setiap hari kami berlatih bermain komedi *3\*, dan akhirnya saat pentas tiba. Kami dipanggil ke atas panggung oleh pembawa acara, dan semua orang melihat ke arah kami. Kami terlihat mencolok karena kami adalah satu-satunya yang tampil beda, mengenakan peci dan sarung ala orang Sunda, dan akan melakukan pertunjukan komedi. Hal ini sangat jarang terjadi. Aku ingat inti cerita kami adalah bahwa kami sedang berkumpul, dan tiba-tiba terdengar suara aneh. Mbleh berkata, "Ini nih, ini nih!" sambil menunjuk ke arah pantatnya sambil menungging, lalu tiba-tiba dia kentut besar, dan kami semua terhempas. Semua penonton tertawa terbahak-bahak. Pertunjukan pun berakhir, dan kami semua mendapatkan uang masing-masing sebesar 500 perak dari Bu guru wali kelas. Itu adalah pengalaman pertama kali aku tampil di depan umum, dan sangat berkesan.

Episode 05: Bisnis

Setiap hari, mamaku selalu memberikan uang jajan pas-pasan kepada kami, dan mamaku adalah seorang ahli dalam mengelola keuangan dan membaginya dengan bijak. Karena hal ini, kakakku yang kedua memberikan ide untuk meningkatkan uang jajan kami dengan cara yang kreatif, yaitu dengan menyewakan komik. Mari perkenalkan kakakku yang kedua yang saya panggil Teteh. Dia adalah seorang perempuan tangguh dan penyabar, meskipun dia pendiam, dia selalu bijaksana dan penuh wibawa di mataku. Walaupun aku sering menggodanya, dia hanya akan marah sesaat dan kemudian menjadi seperti biasa lagi. Entah apakah dia masih mengingatnya atau tidak, tapi dia yang pertama kali mengajarkan aku tentang bisnis.*4\*

https://preview.redd.it/krn5p6c6g7tb1.jpg?width=1024&format=pjpg&auto=webp&s=18e438d739ade629d566070fb22b4a13ae771b85
Kami berempat, termasuk kakakku yang pertama dan ketiga, berpartisipasi dengan membantu membawa buku-buku dan komik-komik ke sebuah lapangan yang disebut Lapangan Merdeka. Saat itu bulan puasa dan sore-sore selalu ramai di sana, dengan banyak penjual makanan, minuman, dan berbagai barang di acara tersebut. Kami membawa buku-buku bacaan cerita dan komik-komik yang kami miliki untuk disewakan di sana. Aku tidak tahu sebelumnya bahwa komik & buku bisa disewakan, dan ini sangat mengejutkan bagiku. Wow, lumayan banyak yang menyewa buku-buku kami, mereka duduk di tikar sambil menunggu waktu berbuka puasa. Bagi saya, saat itu adalah pengalaman yang sangat menyenangkan dan hal baru.

Episode 06: Lil Brother

Tahun itu adalah tahun yang penuh kebahagiaan. Mama telah mengandung selama hampir 9 bulan. Ya, adikku yang akan menjadi yang termuda akan segera lahir pada tahun ini. Aku, yang sekarang berstatus sebagai anak bungsu, akan segera memberikan tahtaku sebagai anak bungsu kepada adikku yang akan segera dilahirkan. Sebagai anak bungsu, ada banyak keuntungan, seperti mendapatkan perhatian lebih, dimanja, dan perlindungan ekstra. Meskipun aku tidak bisa mengingat dengan jelas apa saja manfaat yang aku nikmati saat itu, satu hal yang pasti, itu adalah momen yang sangat berharga.
Ketika malam menjelang kelahiran adikku, bapakku terlihat gelisah, bolak-balik antara rumah dan rumah sakit. Seakan-akan dia khawatir tentang kami yang tinggal di rumah, sementara juga khawatir pada mama yang berada di rumah sakit. Pada satu malam, aku terbangun ketika bapakku kembali dengan membawa selimut dan pakaian dari lemari. Dia memberitahuku, "Mama akan melahirkan, jagalah dirimu baik-baik di rumah bersama kakak-kakakmu." Aku hanya mengangguk dan kembali tidur. Pagi harinya, bapakku sudah berada di rumah dengan senyum bahagia di wajahnya. Dia memberitahu kami bahwa adikku telah lahir, seorang bayi laki-laki yang sehat. Inilah adikku anggota yang kelima, sainganku dalam mencari perhatian di rumah (hehe).

https://preview.redd.it/8orww639g7tb1.jpg?width=1024&format=pjpg&auto=webp&s=e44bac656fb92b17c5dbf697b8d445d5419ad38c
Aku sering berbagi makanan kecil dengan adikku ini. Kalau dia memiliki makanan ringan, aku sering berada di sekitarnya dan berusaha baik-baik saja agar dia mau berbagi makanannya (hehe). Tingkahnya sungguh lucu; ketika dia harus buang air besar, dia akan berlari ke sudut dan teriak, "Ee eek eeek!!!" Kami semua tahu bahwa itu adalah tanda bahwa dia harus buang air besar.
Ketika dia masih kecil, kulitnya sangat putih, dia tampak sangat ganteng dan lucu. Banyak orang yang ingin menggendongnya karena pesonanya yang menggemaskan. Ketika dia tumbuh besar saya selalu memanggilnya Jony, dia selalu mengikuti jejakku. Apakah itu dalam hal bermain musik, gaya berpakaian, atau bahkan selera musikku. Bahkan dia juga suka bermain game sama seperti aku. Kami memiliki banyak kesamaan dan hubungan yang erat sebagai saudara.
Setiap hari dan bulan berlalu dengan lancar, kakek dan nenek sering datang ke rumah. Mama selalu menceritakan kepada mereka dan bangga padaku karena sering membantu di rumah dan merawat adik bayi. Hidupku masih berjalan normal seperti biasanya.

Episode 07: The Crack

Tahun demi tahun berlalu, dan akhirnya, pada kenaikan ke kelas 6, aku berhasil meraih peringkat pertama. Sungguh, ini adalah momen yang selama ini telah kusimpan dan kutunggu-tunggu. Akhirnya, “pacar pertamaku”, tunggulah aku! Dengan senang dan penuh kebahagiaan, aku menagih janji pada mama. “Ma, aku ranking satu lho. Asik hadiah nya mana?” Mama hanya tersenyum dan mengiyakan.
https://preview.redd.it/hq9d3mnkg7tb1.jpg?width=1024&format=pjpg&auto=webp&s=5799a156154699e7fc7a0ecc32ed0f6c96099caa
Namun, ada yang berbeda pada mama. Sejak beberapa tahun sebelumnya, ada ketidakharmonisan dalam hubungan dikeluarga. Mama dan bapak sering bertengkar hebat, bahkan kami seringkali pindah-pindah rumah kontrakan untuk menghindari omongan tidak enak dari tetangga. Kami tinggal di kota ini dalam kondisi menyewa. Sebelumnya, kami memiliki rumah di Bandung, namun bapak dipindahkan untuk bekerja di kota ini saat aku masih duduk di kelas 1 SD. Rumah di Bandung kami kontrakan kepada orang lain. Terdapat rumor bahwa bapak terlibat dalam hubungan dengan seorang wanita rekan kerjanya di kantor. Akhirnya, mama memutuskan untuk kembali ke Bandung. Kami kembali ke rumah lama yang pernah kami tinggali saat aku masih berada di TK.
Waktu saya masih TK, kompleks perumahan tempat tinggal saya belum begitu ramai, jadi apa yang kami lakukan tidak akan dilihat orang banyak. Saat itu, saya diajak bermain oleh teman-teman saya, dan kami melihat ada warung yang sepi dengan snack Chiki terpajang jelas di sana. Teman-teman saya mengajak saya untuk mengambilnya, dan karena saya masih kecil dan ikut-ikutan, saya pun mengambil Chiki dan kabur bersama mereka. Kami berlari ke belakang rumah yang tidak berpenghuni dan tertawa-tawa sambil menikmati Chiki hasil rampasan itu. Maafkan saya, pada saat itu, saya tidak tahu bahwa itu dilarang. Saya masih TK dan hanya mengikuti teman-teman. Oh iya, saya ingat, saya pernah bilang membakar sofa, kan? Gini ceritanya, waktu itu di rumah sedang ada tamu Mama, mereka sedang berbincang di ruang depan. Saya sendirian, merasa bosan, karena semua kakak-kakak saya sedang sekolah. Ketika saya duduk di teras depan yang memiliki sofa, saya mendengar suara cicit-cicit yang aneh. Saya melihat ke dalam celah-celah sofa, mencoba mencari tahu apa yang ada di sana. Mungkin itu tikus? Ah, saya akan menembakinya dengan senjata racikan saya (ini bukan senjata nyata, hanya dua batang korek api yang saya tempelkan dan balut dengan kertas rokok, saya diajari kakak pertama mengenai ini).
"Pasti ada tikus, kecoa, atau makhluk-makhluk aneh di dalam sini," pikir saya yang saat itu masih TK. Tanpa berpikir panjang, saya menyalakan korek api dan menembakinya: cuw cuww cuuuwww... Api masuk ke dalam celah sofa, dan tiba-tiba api tersebut mulai membesar. Insting saya mengatakan bahwa ini semakin serius dan harus segera dipadamkan. Saya mengambil gayung kecil yang ada di taman, mengambil air dari kolam ikan di depan rumah. Saya bolak-balik beberapa kali mengambil air.
Mama melihat saya bolak-balik dan mendekati, bertanya, "Hei, Ipan, apa yang sedang kamu lakukan? Kenapa bolak-balik seperti itu?"
"Astagaaa! Apa ini? Tolong, ini kebakaran!!!" Mama melihat api yang telah membesar di sofa. Untungnya, ada seorang tukang ojek yang sedang lewat dan memanggil temannya yang sedang nongkrong.
"Wah, ini kebakaran!!" akhirnya sofa berhasil diangkat keluar dengan cepat ke jalan. Beruntungnya, api belum menjalar ke atas plafon. Kebakaran pun berhasil dipadamkan di tengah jalan. Mama menggendong saya saat itu. Banyak orang yang ikut berkerumun. Aneh, ya, kok saya masih mengingat detail peristiwa itu. Haha.
Tindakan nakal lainnya juga dipengaruhi oleh teman dan lingkungan bermain. Saya bahkan pernah mengambil uang koin dari celengan kakak saya yang ketiga untuk jajan. Perkenalkan, kakak perempuan ketiga saya cukup pemberani dan keras kepala tapi mudah ditipu dan dijahili, saya memanggilnya Wie. Dia sering menjadi target jahil saya, dan kami sering bertengkar karena hal-hal remeh. Salah satunya, saya pernah mengatakan kepadanya, "Nih, rasakan aku kasih kutu!" Saya pura-pura mengambil kutu di rambut saya dan melemparkannya ke kepalanya, dan dia teriak histeris, "Ada kutu di rambut! Gara-gara si Ipon!" (Kami punya panggilan ejek sendiri, saya dipanggil Ipon). Sampai-sampai dia menangis dan mengadu kepada mama. Meskipun kami sering bertengkar ketika kecil, kakak ketiga saya selalu peduli padaku.
Suatu hari, saya melihat topeng kura-kura ninja di sekolahnya ketika berkunjung ke sana. Kakak saya mungkin melihat itu. Esok harinya, ketika dia pulang sekolah, dia tiba-tiba muncul dan membuat saya kaget dengan berpura-pura menjadi kura-kura ninja. Dia berkata, "Taraaa!" sambil memakai topeng kura-kura ninja yang sudah dia belikan. Saya sangat senang ketika itu. Apapun yang terjadi, kami tetap keluarga yang saling menyayangi dan saling mengerti.
Secara singkat, kami semua pindah kembali ke Bandung. Bapak tetap di kota tersebut dan bekerja di sana. Beliau hanya bisa pulang ke Bandung setiap seminggu sekali, atau bahkan dua minggu sekali. Dari saat itu, aku mulai merasa kehilangan sosok bapak dalam kehidupan sehari-hari kami. Oh, dan selama perpindahan itu, impianku untuk memiliki Nintendo pun sirna.

Episode 08: Homie

Di kota baru ini, dimulailah babak baru dalam kehidupanku. Aku dilahirkan di Bandung, kemudian sempat hijrah ke kota lain, tetapi akhirnya kami kembali ke Bandung. Saya pindah ke sini pada pertengahan kelas 6, dan tentu saja saya merasa tertinggal dalam pelajaran. Isi pelajarannya terasa berbeda atau mungkin saya yang belum terbiasa. Di kota sebelumnya, kami diajarkan untuk tidak menyontek dan bekerja sama saat ujian, tetapi di sini, teman-teman sering membantu satu sama lain saat ujian. Saya merasa hal ini cukup menarik.
Di sekolah ini, saya menjadi dekat dengan Ryan dan Agung, dua teman yang cukup berada. Terutama Agung, dia suka membelikan saya jajanan. Aku sering berkunjung ke rumah Ryan saat itu, karena di rumahnya ada konsol SEGA. Ini adalah konsol game terbaru di zamannya.

https://preview.redd.it/lzixs6gobdtb1.png?width=1200&format=png&auto=webp&s=ce860a35bb84a95e4492299e5a0c33775c3796d2
Sungguh, saya sangat senang saat pertama kali mencoba bermain konsol baru Sega ini. Konsol ini jauh lebih canggih dibandingkan dengan Nintendo. Setiap kali saya berkunjung ke rumah Ryan, kami selalu asyik bermain sampai sore bahkan kadang hingga malam jika orang tuanya tidak ada di rumah. Salah satu permainan yang paling kita sukai adalah Mortal Kombat. Kita selalu mencoba gerakan dan jurus-jurus baru dalam permainan ini, bahkan mencari panduan gerakan di sebuah kolom game dalam majalah remaja yang bernama "Fantasi." Majalah itu adalah salah satu bacaan favorit kami selain majalah "Bobo." Bagi mereka yang mengalami masa itu, pasti tahu tentang majalah "Fantasi" ini.

https://preview.redd.it/5e84rdd4bdtb1.jpg?width=448&format=pjpg&auto=webp&s=a0864219a3bac074c47dcc13fade74a2ef16d86d
Kembali ke masa SD di sekolah ini, ternyata beberapa artis dan penyanyi pernah bersekolah di sini, loh. Salah satunya, ada yang sekelas denganku, namanya Widya Saputra (Trio Laris). Mungkin dia tidak mengenaliku, sih, karena saya baru masuk tahun itu, haha. Selain itu, ada juga artis cilik yang bermain di sinetron atau film, Indra namanya, kalau tidak salah. Oh ya, di kelas saya juga pernah menyaksikan situasi yang mirip dengan kasus bullying, meskipun tidak secara langsung. Korban adalah siswi pintar yang selalu meraih juara dan peringkat teratas. Sayangnya, teman-teman sering menggodanya dengan menyebutkan masalah bau badan, seperti bau ketek. Ini sangat membuat saya merasa sedih. Di sekolah SD saya yang sebelumnya, saya juga pernah melihat situasi serupa, bahkan ada anak yang sampai harus pindah sekolah. Ya, begitulah, dunia sekolah bisa menjadi tempat yang cukup sulit untuk beberapa orang.
Kembali ke cerita di kota ini, tahukah kamu? Di sini ada mesin permainan 'dingdong', dan itu berlokasi sangat dekat dengan sekolahku. Setiap kali ada ekstrakurikuler, saya sering mampir ke tempat dingdong, dan Ryan tahu tempat di mana saya berada. Dia suka menjemput saya, "Hei, kamu dicari oleh guru, malah main ke sini lagi." Saya hanya tertawa, saya begitu menyukai permainan game ini. Kami bertiga sering bermain bersama, baik itu renang bersama, bermain game bersama, dan sebagainya. Bahkan ketika kami lulus SD dan akan masuk ke SMP, Ryan masih sering menghubungi saya, mengajak saya bermain di sana-sini. Sayangnya, saya jarang meresponsnya. *5\*

Episode 09: Finally on my Hand

Libur panjang menuju SMP pun tiba.Saya telah lulus dari SD dengan peringkat pertama "dari belakang" Haha. Waktu itu, ujian masih bernama EBTANAS, dan saya meraih nilai NEM yang cukup lumayan. Saya, Ryan, dan Agung akan bersekolah di SMP yang berbeda. Meskipun pertemanan kami singkat, itu adalah momen yang selalu saya ingat.
Cerita masa liburan sekolah ini sungguh menghadirkan rasa campur aduk, saya menderita sekaligus senang. Waktu itu, orang tua saya membawa saya pergi ke suatu tempat yang menarik. Saat keluar dari mobil, saya melihat banyak anak yang mengenakan sarung, tapi ada yang aneh disini. Kenapa ya sarungnya kelihatan berbeda? Ternyata, kejutan yang tak terduga menanti. *Jreng! Saya dibawa untuk menjalani sunat. Itulah yang membuat sarung mereka menonjol, karena mereka memakai pelindung setelah sunat.
Meskipun sebelumnya sudah ada pembicaraan tentang ini, saya tidak menyangka hari itu waktunya. Meski ada perasaan takut dan ragu, tekad yang kuat mendampingi saya. Bapak berjanji akan membelikan saya sebuah Nintendo sebagai hadiah nanti.
Sekadar info buat teman-teman yang belum pernah mengalami sunat, jangan terlalu khawatir lho ya. Awalnya hanya ada sedikit rasa sakit ketika disuntik sebelum proses “penjagalan”, tapi ketika proses berlangsung, rasanya tidak terlalu sakit. Dan sensasi sakit akan terasa setelah beberapa jam disunat, berjalan harus pelan-pelan sekali, tidur harus telentang, dan ketika kencing muncrat kemana-mana. Haha!

https://preview.redd.it/ijglm1oabdtb1.jpg?width=968&format=pjpg&auto=webp&s=cebaa179cdfe168fbe73b8988f710dd210d7ab14
Di sinilah hadiah yang selalu saya nantikan akhirnya tiba. Bapak membeli Sebuah konsol Nintendo hadir lengkap dengan TV 14 inci terbaru untuk menemani hari-hari saya setelah disunat. Akhirnya! Setiap hari, saya bermain game Nintendo ini, hingga banyak judul game yang telah saya tamatkan, dan saya senang bertukar kaset game Nintendo dengan teman-teman lainnya. Bahkan, saya rela mencoba game berbahasa Jepang, yang akhirnya membuat saya tertarik untuk belajar bahasa Jepang. Saya meminta kepada orang tua saya untuk membelikan saya kamus bahasa Jepang. Tanpa berpikir panjang, mereka membelikan saya kamus tebal yang berisi huruf katakana dan hiragana. *6\* Mungkin ini adalah langkah positif yang membuat saya langsung tertarik untuk mempelajari bahasa Jepang. Dari situlah, saya mulai memahami sedikit tentang huruf-huruf Jepang. Ketika memainkan game Tsubasa, motivasi saya untuk belajar bahasa Jepang semakin bertambah.
Singkat Cerita, saatnya saya masuk sekolah baru, Mama memberi tahu guru agar tidak terlalu keras selama ospek karena saya baru saja menjalani sunat. Duh, rasanya malu, saya sudah besar baru disunat, dan dibicarakan kepada orang lain. Tapi itulah mamah.
Bersambung...
Lanjut Part 02 disini yah.

Support Penulis, Untuk beli susu anak gan. Disini atau Disini. Terimakasih
Saya butuh bantuan teman-teman semua jika berkenan:
Mohon maaf sebelumnya, saat ini saya dalam situasi kesulitan finansial. Jika anda atau ada teman sanak saudara yang membutuhkan jasa service, Translate, Transkrip Audio/Video atau butuh membuat Subtitle untuk sebuah video, podcast, wawancara dll. Silahkan kontak saya langsung. Mohon infokan kepada teman-teman anda jika berkenan, terimakasih.
--------------------
Side Effect
- Andy (Misteri Horror)
- Kemelekatan (Inspirasi)
- Anto: Secangkir Kopi (Misteri)

submitted by DigitalChildish to indonesia [link] [comments]


2023.08.28 11:23 almanarherbafit Jasa Maklon Obat oles, Kapsul Pelangsing, Susu Bubuk call 0812-1553-2000

Jasa Maklon Obat oles, Kapsul Pelangsing, Susu Bubuk call 0812-1553-2000

Jasa Maklon Almanar Herbafit
Jasa maklon telah menjadi salah satu pilar penting dalam industri kesehatan, mendapatkan peran yang semakin vital seiring dengan perkembangan industri ini. Maklon, singkatan dari "manufacturing on behalf of," merujuk pada praktik outsourcing produksi produk kepada pihak ketiga yang memiliki keahlian dan fasilitas produksi yang diperlukan. Dalam konteks industri kesehatan, seperti suplemen makanan, obat-obatan, dan produk perawatan kesehatan lainnya, jasa maklon memiliki dampak yang signifikan.
Pentingnya jasa maklon dalam industri kesehatan diakui karena beberapa alasan kunci. Pertama, maklon memungkinkan perusahaan untuk fokus pada pengembangan dan pemasaran produk mereka tanpa harus mengalami beban biaya, risiko, dan kompleksitas produksi. Ini memungkinkan perusahaan untuk lebih responsif terhadap perubahan tren pasar dan permintaan konsumen, serta mempercepat peluncuran produk baru.
Maklon Obat Oles
Dengan berbekal tim ahli yang berpengalaman dalam bidang formulasi dan teknologi produksi, Almanar Herbafit dapat membantu perusahaan mengembangkan obat oles dengan formulasi yang sesuai dengan kebutuhan pasar. Proses dimulai dari perencanaan formulasi yang teliti, mengintegrasikan bahan-bahan alami dan berkualitas tinggi yang terbukti efektif dalam perawatan kulit atau masalah kesehatan tertentu.
Komitmen Almanar Herbafit terhadap standar keamanan dan kualitas produk sangatlah penting dalam jasa maklon obat oles. Bahan-bahan yang digunakan dalam formulasi obat oles dikaji dengan seksama untuk memastikan keamanan penggunaan jangka panjang dan efek yang diharapkan. Selain itu, seluruh tahapan produksi di Almanar Herbafit dijalankan dengan ketat sesuai dengan regulasi dan pedoman industri yang berlaku.
Proses produksi obat oles melalui jasa maklon di Almanar Herbafit melibatkan langkah-langkah uji kualitas yang ketat untuk memastikan setiap produk memenuhi standar yang ditetapkan. Pengujian ini mencakup aspek seperti stabilitas, konsistensi, serta efektivitas produk dalam memberikan manfaat yang dijanjikan. Hasil dari pengujian ini memberikan keyakinan kepada perusahaan pemesan bahwa produk yang dihasilkan memiliki kualitas yang unggul.
Maklon Kapsul Pelangsing
Dalam perjalanan menuju gaya hidup yang lebih sehat dan bugar, keinginan untuk mengurangi lemak tubuh seringkali menjadi salah satu fokus utama. Maklon kapsul pelangsing herbal muncul sebagai solusi yang menarik bagi mereka yang ingin mencapai tujuan ini secara alami dan efektif. Kapsul pelangsing herbal merupakan produk yang dikembangkan dengan menggunakan bahan-bahan alami yang telah dikenal karena potensi mereka dalam membantu proses penurunan berat badan.
Bahan-bahan alami yang digunakan dalam formulasi kapsul pelangsing dapat meliputi tumbuhan, biji-bijian, herbal, dan bahan alami lainnya yang memiliki efek positif terhadap metabolisme dan pembakaran lemak dalam tubuh. Ini berarti produk ini dapat membantu Anda mengurangi lemak tubuh tanpa perlu mengandalkan bahan-bahan kimia yang mungkin memiliki efek samping.
Salah satu aspek menarik dari maklon kapsul pelangsing herbal adalah adanya beragam pilihan bahan alami yang dapat diintegrasikan dalam formulasi. Setiap bahan memiliki karakteristik unik yang dapat memberikan manfaat khusus, seperti meningkatkan metabolisme, mengurangi nafsu makan, atau membantu meningkatkan energi.
Maklon Susu Bubuk
Komitmen Almanar Herbafit terhadap kualitas dan keamanan tercermin dalam pemilihan bahan baku yang ketat dan dalam proses produksi yang terkendali. Setiap bahan baku diperiksa dengan cermat untuk memastikan bahwa mereka memenuhi standar kualitas yang ketat dan bebas dari kontaminasi. Selain itu, proses produksi di Almanar Herbafit dijalankan sesuai dengan regulasi industri dan pedoman keamanan yang berlaku.
Salah satu keunggulan dari jasa maklon susu bubuk di Almanar Herbafit adalah fleksibilitas dalam merancang formula produk. Perusahaan pemesan dapat bekerja sama dengan tim ahli untuk menciptakan formula yang unik sesuai dengan kebutuhan dan preferensi konsumen. Selain itu, Almanar Herbafit juga dapat membantu dalam merancang kemasan yang menarik dan informatif untuk produk susu bubuk, memungkinkan produk untuk bersaing di pasar dengan daya tarik visual yang kuat.
Dengan fasilitas produksi yang modern dan proses produksi yang teruji, Almanar Herbafit mampu memproduksi susu bubuk dalam jumlah besar tanpa mengorbankan kualitas. Kolaborasi dengan Almanar Herbafit dalam jasa maklon susu bubuk membawa jaminan bahwa perusahaan akan mendapatkan produk susu bubuk berkualitas tinggi yang siap memenuhi permintaan pasar dan memenuhi harapan konsumen akan nutrisi dan rasa yang optimal.
Keunggulan Almanar Herbafit
Almanar Herbafit telah membangun reputasi yang kuat sebagai mitra terpercaya dalam menyediakan jasa maklon produk kesehatan yang unggul. Berbagai faktor menjadikan Almanar Herbafit menonjol dalam industri ini, memberikan nilai tambah bagi perusahaan yang mencari kolaborasi untuk mengembangkan produk-produk kesehatan berkualitas tinggi.
  1. Tim Ahli Berpengalaman: Almanar Herbafit memiliki tim ahli yang berpengalaman dalam pengembangan produk-produk kesehatan. Mereka memiliki pengetahuan mendalam tentang formulasi, bahan baku, teknologi produksi, dan peraturan industri. Tim ini siap membantu perusahaan pemesan dalam merancang produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar dan standar kualitas yang tinggi.
  2. Kualitas dan Keamanan: Salah satu keunggulan utama Almanar Herbafit adalah komitmen mereka terhadap kualitas dan keamanan produk. Setiap tahap produksi diawasi dengan ketat, dari pemilihan bahan baku hingga proses produksi dan pengujian akhir. Hal ini memastikan bahwa setiap produk yang dihasilkan memenuhi standar keamanan dan kualitas yang ketat.
  3. Inovasi dan Fleksibilitas: Almanar Herbafit memahami pentingnya inovasi dalam industri produk kesehatan. Dengan fleksibilitas dalam merancang formula produk, perusahaan pemesan dapat menciptakan produk-produk yang unik dan sesuai dengan tren terkini. Tim ahli di Almanar Herbafit dapat memberikan saran dan panduan untuk mencapai hasil terbaik.
  4. Pematuhan Regulasi: Industri produk kesehatan sering kali tunduk pada regulasi yang ketat. Almanar Herbafit memiliki pemahaman yang mendalam tentang peraturan-peraturan ini dan memastikan bahwa setiap produk yang dihasilkan sesuai dengan pedoman keamanan dan kepatuhan yang berlaku.
  5. Fasilitas Modern: Dengan fasilitas produksi yang modern dan dilengkapi dengan teknologi terkini, Almanar Herbafit dapat menghasilkan produk dalam skala besar tanpa mengorbankan kualitas. Peralatan-produksi canggih ini memungkinkan produksi yang efisien dan konsisten.
  6. Pengalaman Panjang: Almanar Herbafit memiliki pengalaman panjang dalam industri ini. Ini memberi mereka wawasan yang mendalam tentang dinamika pasar, tren konsumen, dan perkembangan teknologi terbaru dalam produk-produk kesehatan.
Dengan kombinasi keunggulan-keunggulan ini, Almanar Herbafit menjelma sebagai pilihan yang kuat bagi perusahaan yang ingin menjalin kerjasama dalam pengembangan produk kesehatan. Dengan fokus pada kualitas, keamanan, dan inovasi, Almanar Herbafit membawa nilai tambah bagi setiap perusahaan yang mencari solusi terpercaya dalam produksi produk-produk kesehatan yang unggul.
Jadi jangan ragu untuk menghubungi kontak kami di 0812-1553-2000 atau cek juga sosial media kami di https://linktr.ee/herbafitalmanar untuk informasi lebih lanjut tentang produk dan jasa yang kami tawarkan. Kami siap membantu Anda dalam memproduksi produk herbal yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
submitted by almanarherbafit to u/almanarherbafit [link] [comments]


2023.07.17 00:00 devados Diet TWS/TR90 yang katanya diet sultan + curahan kekhawatiran finansial

So, sebagai opening.. kakak gw (34) yang memang dari dulu udah overweight dengan perkiraan tinggi 178cm dan bb 100kg+ baru aja bayar 16,5jt buat program diet TWS dan bakal mulai segera.
Jadi ada tetangga (beserta keluarganya) yang sering beli ayam goreng atau thai tea yang gw jual, tapi dianya udah gak pernah beli lagi dan memang terlihat lebih kurusan sama cowoknya juga. Suatu hari dia lagi bawa anjingnya keluar dan kebetulan anjing gw juga lagi nangkring di depan akhirnya ngumpul lah dan ada kakak gw ngobrol layaknya obrolan tetangga. Kakak gw seneng bersosialisasi makanya kenalan/temennya cukup banyak, di sela obrolan mereka gw ada mendengar si tetangga ini kerjanya TWS apalah dan kakak gw ternyata tau apa itu TWS, dia juga termasuk orang yang penasaran pengen tau/nyobain sesuatu.
Gak lama setelah hari itu tetangga ini mampir lagi tapi buat ngobrol sama kakak gw di ruang tamu, cukup lama dan gw gak gitu peduli jadi gak tau apa yang dibahas. Well actually karena gw mau tau singkatan yang dibahas mereka, after a quick search ternyata itu program diet mahal yang kisarannya mulai dari 1jt-an dan mungkin max 4jt, tapi biasanya kakak gw kalo udah keprospek duit"an yang mahal bakal alibi lagi susah (faktanya emang finansial lagi gak makmur).
Skip sampe 1-2 bulan i think, ada kenalan ortu (cukup kenal baik bekas tetangga dulu) yang pernah nyobain diet serupa tapi si salesnya juga masih sodaraan, mampirlah mereka beserta temen si sales yang orang malaysia dan ternyata berhasil fat loss dari program itu. Mungkin karena namanya orang tua mau memberikan yang terbaik untuk anaknya, denger testimoni bagus dari kenalan jadi mau mempertemukan ke kakak gw. Singkat cerita nimbang bb dan ngobrol" yang berujung kakak gw beralasan gak ada duit, meskipun sampe ditawar"in buat cicilan tetep nggak mau (di sini gw belom tau nominalnya).
Nah hari minggu kemaren.. si tetangga itu mampir dan nyariin kakak gw tapi lagi keluar, gw tanyalah ke nyokap kok kesini lagi? Ternyata kakak gw jadi ambil tuh program.. "enam belas setengah" nyokap gw bilang. Gw mempertanyakan kenapa? Disuruh bokap katanya, pake duit dia dulu nanti kalo udah ada duit balikin. Ini karena bokap gw udah berkali" suruh kakak gw kurusin badan.
Huft.. oke first reaction gw kaget bener" kaget, gw kira it couldn't get much worse than jutaan for some most effective tactics available in weight loss. Gw yang merasa cukup paham dengan prinsip perkalorian dan udah menjadikan workout sebagai lifestyle berkeinginan untuk save expense yang terlalu berlebihan ini, bahkan kalo mau spend mahal begini mending gw contactin brodibalo (fitness youtuber indo yang jadi panutan gw) buat online coaching. Tapi ternyata susu beserta pernak-pernik suplemennya udah dikirim and yes gw cek rekening bokap gw ternyata emang udah ditransfer ke nuskin bulan kemaren, yang berarti gak bisa refund. Baru sekarang karena ternyata kakak gw mau puas"in dulu sebelum diatur dietnya.
*Fyi hanya dengan sangat mengurangi nasi dan makan ayam goreng tanpa kulit crispynya gw berhasil turun 3kg dari 69kg ke 66kg dalam waktu yang memang cukup lama mungkin 4-6 bulan, side effectnya kalo ngegym lemes banget pas maen berat.
Sedikit background, kakak gw sempet ngegym cukup lama dan cukup strong ngangkatnya, bahkan berani keluar duit beli suplemen jutaan (yang akhirnya 1-2 dus expired) dan bayar personal trainer nyobain yang ini dan itu sampe akhirnya ngegym kalo pake personal trainer aja. Nowadays dia olahraga cuma badminton sesekali sama temen sekolah, membership gym ada di gold's gym tapi cuma jadi donatur (udah kek gini dari awal" gym pinggir jalan dulu, bisa 2 bulan gak gym samsek tapi jalan terus itu membership).
Sekarang poin utamanya dari TWS ini.. denger" dari yang gw liat di internet, dietnya itu ngebatesin konsumsi makanan tertentu kayak gorengan, kacang"an, kurangin karbo, banyakin protein, serat dll. Ditambah susu dan persuplemen some shitnya itu, plus ditambah olahraga (don't know yet what kind). Terus kalo gak salah bakal dimonitoring juga makanannya tiap hari and i was like.. balik lagi ke ngurangin makan/pola hidup sehat gak sih? Mau hedon kenapa gak sekalian healthy catering aja.
Terus gw juga merasa ini vibesnya MLM banget, dari apa yang dijual sampe testimoninya itu ala white knight banget (yang gak mau ngakuin prinsipnya sama yaitu defisit kalori dan olahraga). Gw ngomong gini karena dulu kakak gw yang satunya pernah jadi sales kangzen yang logonya KK dan keluarga gw sempet nyetok beli berbagai produknya (sebagai bentuk dukungan ortu ke kakak gw juga) mulai dari suplemen, susu, odol, sabun, softex, sampe kalung kesehatan yang katanya teknologi USA bahkan harga per kalungnya minimal sejutaan dan gw disuruh pake ke sekolah juga tapi gak ada perbedaan sama sekali, entah udah berapa juta yang dihabiskan di tahun 2013-an itu tapi saat itu kondisi finansial keluarga masih oke masih bisa makan enak, bokap juga masih sehat dan punya usaha.
Inilah concern utama gw kenapa akhirnya memutuskan untuk ngepost ini, finansial. Tadinya mau mengeluarkan isi pikiran di daily chat tapi dengan bertambahnya satu masalah jadi kepanjangan ntar.
Bokap sakit PAD berujung amputasi semua jari kaki kirinya semenjak tahun kemaren, memang sebagian besar biaya perumah sakitan dicover asuransi yang cukup mahal iuran bulanannya tapi selama bolak balik RS gak ada pemasukan sampe di titik gw dipercayakan untuk deposito simpenan 500jt buat masa depan pendidikan kedua adik gw yang paling kecil, karena so far bokap gw menilai kedua kakak gw udah ngabisin duit banyak secara sia-sia.
Gw yang sudah mengenal reksadana lebih prefer taro di bibit karena gak seribet deposito dan bisa ditarik kalo ada keperluan bahkan itung" bunganya lebih gede dibanding deposito, bokap sebenernya skeptis sama "investasi" selain tanah atau deposito tapi karena kondisinya lagi parah saat itu jadi keputusan diserahkan ke gw selama aman" aja katanya. Setelah mencari tau keamanan duit yang bakal gw masukin ke bibit akhirnya gw masukinlah dan dalam beberapa bulan udah plus 25jt tapi kebetulan goto lagi IPO dan tertarik tuh gw karena merasa spesial dapet kuota 30jt-an apalagi pas itu mereka masih jadi favorit gak kek sekarang yang biaya admin 2k, cuma bisa pilih gratis ongkir atau voucher cashback, promo" gofut dikurangin abis"an.
Berhubung tabungan gw sejak jaman kuliah udah berkurang buat makan ini itu selama ini, gw ambil sebagian dari simpenan itu (sebenernya udah sedikit" gw ambil juga buat isi saldo gopay kedua adik gw), toh nanti juga balik 500jt lagi bahkan lebih kalo gw bisa untung dari goto ini (which is menjadi penyesalan terbesar gw untuk percaya jangka panjang unicorn startup). Setelah berangsur-angsur keadaan bokap mulai membaik, dia nanyain lagi soal simpen duitnya di deposito, disuruh nyari bank yang bunganya gede tapi masih bisa dipercaya. Begitu tau gw simpen di reksadana dia langsung ogah"an dan minta balik kalo gw gak mau deposito.
All because temennya ada yang kena tipu reksadana, this, the biggest problem I've been facing. Omongan temen ditelen bulet" dan sekarang belom ada setahun semenjak gw balikin udah di bawah 200jt karena duitnya cuma ngendep di rekening dan kepake buat berbagai kebutuhan, beberapa diantaranya memang larinya ke renovasi rumah di kampung buat nanti disewa/dijual tapi selain itu ada 2 hal yang mau gw highlight.
Pertama, karena bokap dari dulu usaha konveksi dan udah jadi makanan sehari" jual baju di tanah abang atau terima order baju partai, dia mau puter lagi duitnya dengan beli baju sisa yang gak laku kejual buat dijual online (jadi beberapa tahun belakangan ini gw jualin jersey sisa gak laku termasuk yang dulu kakak gw tinggalin jualan sama baju sisa produksi konveksi bokap dulu dan memang sebulan dua bulan ada aja yang kejual), total 50jt buat baju yang gambarnya campur aduk mungkin ada 5000 baju, padahal sekeluarga udah nasehatin jangan langsung keluarin sebanyak itu di kondisi sekarang terutama kakak gw yang tau baju begituan susah laku. Tapi tetep bersikeras beranggapan itu aset yang puluhan tahun pun masih bisa laku, dengan pendirian bahwa dia udah pengalaman puluhan tahun jual baju mau jaman sekarang juga sama aja cuma ada online aja.
Menurut gw ya gimana ya.. kalo kapasitas sekarang belom bisa ngolah barang senilai segitu kenapa gak diinvest dulu sesimpel di reksadana? Gw saat ini lagi gila nabung dan dengan kemampuan sekarang gw rasa pilihan yang wise untuk pilih reksadana (kalo udah makin paham dan berani baru atur saham sendiri).
Alasannya karena dia menganggap gw bisa jualin online, mending coy kalo gambarnya cuma beberapa tapi ini bener" gak tau ada berapa aja. Bokap taunya tinggal masuk online gampang padahal buat bersaing jual baju beginian, barang dagangan diliat orang aja udah bagus. Gw jadi terbebani banget harus usahain supaya semua ini not to be wasted.
Plot twistnya adalah belinya sama temennya, terus tetangga seberang rumah gw kan usahanya jualin baju sisaan beginian, nah karyawannya yang nyebrang ngangkutin ke rumah gw, kalo gini mending langsung ke tetangga yang bos baju gak sih? Malah diuntungin dulu sama temennya.
Kedua, ekonomi lagi sulit tapi keluarin pengeluaran yang lebih gak guna. Entah dari dulu bokap gw selalu kemakan iming" solusi cepat begini, kalo atas dasar penasaran dan finansial lagi gak di ujung tombak yaudahlahya. Masalah terbesarnya ketika liat temen berhasil = harus dicoba meskipun mahal.
In my opinion mungkin bagi orang" yang gak paham sekedar kalori atau mau belajar mengenai gizi dan kawan"nya bakal worth to try, tapi monmaap nih bukannya mau ngerendahin atau apa ya.. masa iya lebih ngabisin duit dibanding yang emang ahli di bidangnya kek konsultan gizi atau paling gampang lah personal trainer. Iya sih lulusan sekolah juga tergantung orangnya bisa jadi ahli kalo ditekunin, tapi di satu sisi seawam-awamnya orang yang berolahraga juga bisa belajar hal yang sama.
Summary:
Kedua adik gw baru kelas 3 SMA dan bokap gw berkeinginan buat nyekolahin anak"nya sampe minimal S1.
Kakak gw usaha bordir tapi lagi susah musti bayar tagihan listrik, kartu kredit, dll. Sedangkan langganan cuma 1 itupun barely sufficient.
I should've went to sleep instead of writing this whole night, gotta work in 4 hours..
submitted by devados to indonesia [link] [comments]


2023.02.24 10:58 Serious-Guy Menghidupkan Lagi Medan ”Parijs van Sumatra”

Menghidupkan Lagi Medan ”Parijs van Sumatra”
Di tengah tegakan beton Kota Medan, ruang-ruang publik baru mulai tercipta. Di sana, masyarakat kian betah karena munculnya kedai kopi jalanan, nasi goreng gerobak, penyewaan skuter, sepeda listrik, hingga kantor pos yang disulap menjadi pusat kuliner.
Gedung-gedung tinggi menjulang di tengah Kota Medan, Sumatera Utara, di sekitar Lapangan Merdeka dan kawasan Kesawan, Sabtu (4/2/2023). Saat malam tiba, ruang di antara hutan beton itu berubah menjadi ruang publik tempat kaum urban bersenang-senang, bersantai, melupakan kesibukan rutin sehari-hari.
Anak-anak muda bermain skuter listrik mengelilingi kawasan Kesawan dan jalan di sekeliling Lapangan Merdeka yang sedang direvitalisasi. Pasangan anak muda duduk menghabiskan waktu di kursi taman di trotoar Lapangan Merdeka. Beberapa orang lainnya berswafoto dengan latar belakang bangunan-bangunan dari tempo dulu.
Syafrizal Efendy (30), karyawan perusahaan di bidang marketing, duduk bersama teman dan kerabatnya. Setelah menghabiskan segelas kopi, ia menyewa skuter listrik. Memakai helm dan rompi dengan lampu pantul, ia melaju menelusuri kawasan Kesawan.
”Hampir setiap malam minggu saya dan teman-teman sealu nongkrong di kawasan Kesawan ini karena suasana kotanya enak dan ramai. Walaupun rumah saya agak jauh, saya bela-belain datang ke sini,” kata warga Medan Marelan itu.
Zein Assegaf (24) ikut dalam kesibukan malam itu. Ia bergerak lincah melayani pelanggannya. Sudah hampir empat tahun dia berjualan kopi dan berbagai jenis minuman serta makanan ringan di sekitar Lapangan Merdeka. Sebuah minibus diubahnya menjadi dapur kafe jalanan bernama Kawanua. Beberapa temannya direkrut sebagai barista untuk membantunya.
”Kafe dengan konsep street ini cukup diminati anak-anak muda karena suasana kota yang nyaman dan harganya bersahabat. Pesan satu gelas sanger (kopi susu khas Aceh) bisa nongkrong sampai tengah malam,” kata Zein sambil tertawa.
Zein menyebut, pelanggannya didominasi anak kuliah dan SMA. Sebagian lagi adalah anak muda yang baru bekerja. Saat hari libur, banyak konsumennya yang datang dari luar kota. Pemerintah kota membantu mereka mengurus legalitas berupa surat izin usaha dan badan hukum usahanya.
”Belakangan ini, pemerintah lumayan mendukung UMKM (usaha mikro, kecil, dan menengah). Urus legalitasnya dipermudah,” kata Zein.
Kini seiring revitalisasi di jantung Medan, warga kembali dapat menikmati kemolekan kota itu dengan skuter, sepeda listrik, atau berjalan kaki. Masyarakat dapat menapaki kembali sejumlah tinggalan bersejarah seperti Gedung London Sumatra, Gedung Warenhuis yang sudah terbengkalai, Kedai Kopi Apek legendaris yang berdiri sejak 1923, hingga Rumah Tjong A Fie.
Masyarakat juga bisa mengelilingi Lapangan Merdeka yang sudah ada sejak 1880. Sejatinya, ketegangan masih melingkupi ikon Kota Medan itu. Koalisi Masyarakat Sipil menolak konsep revitalisasi yang kini tengah berjalan karena dinilai tidak menjaga nilai sejarah dan tidak berpihak pada ruang publik yang lebih terbuka bagi semua kelompok.
Di sisi utara Lapangan Merdeka, Kantor Pos Besar Medan yang merupakan kompleks cagar budaya kini turut dimanfaatkan sebagai pusat jajanan dan tempat nongkrong.
Bentuk aslinya tetap dijaga, tetapi fungsinya yang bergeser meskipun tetap ada satu ruangan dipertahankan untuk layanan pos. Ada juga ruangan untuk memamerkan benda-benda pos tempo dulu seperti timbangan, alat hitung, mesin cetak, dan sejarah pos di Indonesia.
”Saya sudah beberapa kali membawa keluarga ke Pos Bloc karena bisa mengenalkan ke anak-anak gedung kantor pos dan benda-benda bersejarah. Ini jadi pilihan alternatif untuk keluarga karena selama ini kalau jalan-jalan di Medan pilihannya hanya ke mal,” kata Irawan (35), warga Medan pengunjung Pos Bloc.
Tenaga Ahli Cagar Budaya Kota Medan, Rita Margaretha Setianingsih, mengatakan, ruang publik yang muncul di sekitar pusat inti bersejarah di Lapangan Merdeka dan Kesawan menjadi tempat baru untuk masyarakat urban. Kawasan itu juga bisa menjadi daya tarik destinasi pariwisata kota jika dikemas lebih baik lagi.
Rita mengatakan, ruang publik di kawasan inti bersejarah harus terus dikembangkan dan diperluas. Jangan sampai kawasan itu hanya sebagai tempat membangun gedung pencakar langit tanpa menyisakan ruang publik. Bagaimanapun, sejak awal, kawasan tersebut telah lekat sebagai pusat aktivitas warga.
Lapangan Merdeka sebagai ruang publik terintegrasi dengan balai kota, kantor pos, stasiun kereta api, kantor perbankan, perhotelan, hingga pusat komersial kawasan Kesawan. Tak heran, jika kala itu Medan dijuluki sebagai ”Parijs van Sumatra”.
Rita mengapresiasi munculnya ruang publik dan pusat jajanan di tengah hutan beton Medan masa kini. Namun, ia berharap pusat jajanan itu diramakan makanan tradisional dari berbagai etnis di Sumatera Utara. Pos Bloc diharapkan memberi ruang untuk jajanan yang harganya lebih terjangkau oleh semua lapisan masyarakat.
Di sini ada yang dari Medan dan saat ini tinggal di sana? Kalau ada cerita, boleh bagi-bagi dong.
submitted by Serious-Guy to indonesia [link] [comments]


2023.02.21 14:18 WhyHowForWhat Pertanyaan seputar porsi makan untuk mengurangi berat badan

Pertama kali post mohon maklum 🙏
Emang bener nih gua kudu kurang2in makan nasi dan banyakin minum air putih. Dah ngetes padahl gua sempet nge teh susu ma makan manis2 trs makan nasi dikit (sekitar 3 sendokan, saran sepupu gua) ama lauk yang diusahain kgk goreng2 pas siang dan berat badan gua nampaknya mulai turun lebih cepat. Nah masalahnya gua takut kalo nambah makan sore lg ambyar semua. Gua paham konsep makan itu harus less kalori tp gua takut kena mag. Gua akhir2 ini suka kebiasaan skip makan dan gua ngeri sendiri.
Disaranin ngemil makan buah2an gt tp gua gatau takarannya takutnya gua mlh jd nafsuan gr2 seicip. Maaf ada yang punya refrensi makan buahnya lebih baik berapa banyak? Sebagai contoh, gua disaranin makan buah apel, buah pear, buah naga, buah pepaya (bukan pepaya madu).
Selain itu gua juga diberikan SKP. Setalh guaa perhatiin, it doesnt seem effect me that much so gua butuh opini soal obat ini juga. Cmn bikin berak2 aja tapi lama2 gua ngerasa ga enak berak tiap hari mulu. Dan juga ada obat D'Slim herba yang katanya bisa nahan nafsu makan gua tapi sejujurnya saya ngerasa gak ada efek apa2. Jadilah gua nge ditch 2 obat ini, apakah keptusan gua baik?
Sekian Terima Kasih.
Edit: dan maaf sama gua mau nambah, gua disaranin untuk jalan kaki tiap hari 45 menit sehari, sebenernya kurang kah apakah perlu gua tambah lg durasinya?
submitted by WhyHowForWhat to sehat [link] [comments]


2023.02.05 11:31 RudolfFarr Susu Dancow Penambah Berat Badan Orang Dewasa - Info Aktual

Susu Dancow Penambah Berat Badan Orang Dewasa - Info Aktual submitted by RudolfFarr to u/RudolfFarr [link] [comments]


2023.02.03 01:16 PutridAccountant713 Susu Penggemuk Dan Peninggi Badan Untuk Dewasa - Info Aktual

Susu Penggemuk Dan Peninggi Badan Untuk Dewasa - Info Aktual submitted by PutridAccountant713 to ViralContents [link] [comments]


2023.01.08 03:12 keturunanbule Menu Diet Han Hyo Joo, Sarapan dengan Pisang, Telur Rebus, Susu Kedelai, Ampuh Turunkan Berat Badan - TribunJatim.com

Menu Diet Han Hyo Joo, Sarapan dengan Pisang, Telur Rebus, Susu Kedelai, Ampuh Turunkan Berat Badan - TribunJatim.com submitted by keturunanbule to Pisang [link] [comments]


2022.07.23 17:54 dhannemon13 Apakah saya memanajemen cuan saya dengan (setidaknya) benar?

Udah 2 bulanan dan hampir 3 bulan kerja (dan FG, jadi it's my first job), hampir kurang lebih 80% dari gaji gue ya bisa dibilang 'habis', karena emang kebutuhan (kost, sehari-hari, maintenance motor (gue ganti oli 1.5 bulan sekali dan ini wajib di gue, kapok jebolin piston+blok lagi :( ), bayar liability ke teman yang udah lama gue utangin) dan... Gue yang menuhin wishlist barang (raket badminton) yang gue inginkan sejak lama. Before you go cringey 'ngapain beli raket deck deck', itu masih masuk di 30% pembagian dari rumus 5:3:2 gaji gue kok dan untungnya gak (begitu) ganggu sektor lain.
Cuma yang gue sayangkan sih disini, pembagian kebutuhan (50%) gue ternyata masih suka overbudget yang (sayangnya) ujungnya ngambil dari tempat lain, kayak dana darurat yang 20% emang gue sisihin, tapi bulan depan gue ganti (gak sepenuhnya cuma karena yah... Kebutuhan). Gak pernah sampai bener-bener habis kok, paling engga kayak 100-300k gitu untuk nombokinnya.
Simple ajasih ya, not gonna lie, berusaha hemat pun kadang juga ketutupan dengan rasa malas untuk 'dahlah beli aja nasinya' padahal di kosan ada 15 KG beras (10 KG dibawain bokap, 5 KG sebelumnya gue beli sendiri di awal bulan kemarin, eh taunya bokap bawain pas mampir ke kosan). Bisa aja bangun 6.30, bangun bentar cuci beras + masak nasi, tinggal tidur lagi sampai 7.30, jam 7.58 berangkat ke kantor (kantor ganyampe 1 KM, dan gue naik motor). Cuma... Asli, males banget kadang karena mungkin capek pikiran sih ya. Parahnya barusan tadi sih, ganti oli biaya jasa 30k sendiri (yang padahal gue bisa aja ganti sendiri cuma gak ada tempat+alatnya).
Selain itu, gue kalo stress orangnya ya ngopi (dan make susu UHT asli karena, monmaap, udah habit bertahun-tahun) sambil ngemil (dan sayangnya cemilan sering beli sendiri), jadi estimasi gue per-hari 30k untuk makan/etc, kadang jadinya suka lebih. Belanja mingguan gue (beli lauk masak sendiri, beli susu UHT 5-6 bungkus untuk ngopi, dan oh susu ini agaknya non-negotiable karena di kosan gak ada kulkas untuk UHT 1 literan (takut basi), dan taro kulkas kantor... Tau sendiri tiba-tiba ilang 1/4 isi kotak. And yes, I need that daily dose of caffeine. Still much better than 15-18k/cup coffee indeed. Dan etc lainnya lah yang kira-kira emang butuh). Belanja mingguan ini bisa 50-150k per minggu tergantung kondisi.
Gue nanya begini karena... Hal begini masih wajar ya? Soalnya demi gue enggak begitu melakukan hal yang sama kedepannya yang ujungnya malah jadi terlalu boros. I gotta say, gue ngerasa masih 'cukup' sih duit kebutuhan ini, meskipun di akhir bulan ujungnya pengeluaran harus agak gue teken dari sisi kebutuhan.
Also, sebenarnya apakah jadi masalah kalau gue agak prioritas untuk beli keinginan (yang gue juga gamau lebih dari budget beli keinginan kok) dulu? Konteksnya karena, yah, ningkatin quality of life sih ya, salah satunya gue nabung beli GPU PC (secondhand) karena... Gue intropret yang suka main game PC dari dulu, dan keadaan PC sekarang cuma make integrated GPU Intel HD, dan... Gue kangen main game single player. Tapi ini gabakal gue beli sampai emang duitnya ada beneran (anti sama kredit dulu, kemahalan bunganya euy) dan gak sampai bener-bener habis akumulasi tabungan keinginannya sih. Misal, gue budget GPU 2jt, ya di tabungan keinginan harus ada sisa paling minimal 300-500k. Kemarin ajasih gue beli raket (secondhand dari temen, daripada beli baru juga lumayan beda 150k), mungkin tabungan sisa 150k karena tbh aja udah ngebet banget. Ini udah diluar dana darurat ya, gue gamau make dana darurat untuk yang hal gini juga.
Lastly, gue udah agak kepikiran soal tempat tinggal, dan urusannya dengan KPR. Gue penasaran, kira-kira di umutabungan/penghasilan berapa udah bisa dibilang 'stabil dan aman' untuk dapetin properti? Not gonna lie, sekarang properti emang jauh susah banget sih ketimbang cerita bokap gue yang umur 30-an udah punya rumah 2 dari KPR (mana gede-gede lagi, sekarang mana bisa keraih dengan mudah :( ). Kerennya, dari cerita bokap, kayak gaji dia hampir 60-70% dulu tuh untuk bayar KPR rumah. Buset dah, bisa ya, gue heran asli.
Also, fun fact, berat badan gue naik 12% (dan ini rekor tertinggi gue) ketimbang sebelum gue kerja sih. Mungkin kesejahteraan emang perlu 'agak boros' kayaknya ya.
Dan, maaf apabila panjang, gue sebenarnya udah lama pengen keluarin uneg-uneg tapi baru kesampaian sekarang.
Well, let me know of your advice and critics. I'm all open.
submitted by dhannemon13 to finansial [link] [comments]


2022.06.26 03:12 keturunanbule Pengganti Susu Penambah Berat Badan Anak 2 Tahun: Buah Pisang hingga Telur Bisa Jadi Solusi Tepat Agar Berat Badan Si Kecil Naik Drastis - Nakita

Pengganti Susu Penambah Berat Badan Anak 2 Tahun: Buah Pisang hingga Telur Bisa Jadi Solusi Tepat Agar Berat Badan Si Kecil Naik Drastis - Nakita submitted by keturunanbule to Pisang [link] [comments]


2022.03.30 05:32 ClosetMugger Bagaimana cara menghitung kalori? (For beginners)

Disclaimer: Saya bukan certified dietitian, licensed nutritionist ataupun dokter. Apa yang saya ingin share hanyalah informasi dari riset pribadi saya setelah bertahun-tahun. Maafkan bila penggunaan bahasa Indonesia saya agak aneh, admittedly I have poor command of the Indonesian language and poor writing skills.
Salam sehat sejahtera. Trit ini adalah bagian pertama dari total 3 bagian (tentatively) calorie management for beginners. Bagian pertama ini saya akan membahas soal bagaimana kita dapat menghitung kalori yang kita makan. Pastinya ada berbagai cara untuk mengestimasi dan menghitung kalori, namun pada kesempatan kali ini saya akan membagi kiat-kiat dan cara yang saya adopsi sendiri. Perlu ditekankan bahwa calorie counting itu tidak bisa 100% akurat; banyak sekali faktor dan elemen ketidakpastian yang berkontribusi ke ketidakakuratan tersebut. Untungnya, akurasi bukanlah yang kita cari dalam menghitung kalori melainkan presisi dan konsistensi.
Berikut langkah-langkah untuk menghitung kalori yang ingin saya share:

1. You'll need something to help you record your food intake and calories

Sekarang sudah banyak mobile apps yang bisa membantu kita untuk mengdokumentasikan asupan makanan dan minuman kita, seperti myfitnesspal, fatsecret, etc. namun tidak jarang juga orang-orang memakai spreadsheets or even the old-fashioned way; tulis di notebook. Just pick anyone, it doesn’t matter. Dokumentasi ini hanya untuk menjaga kita agar bisa konsisten dalam mencatat asupan kalori kita. Saya dari dulu pakainya myfitnesspal.
Catat setiap makanan dan minuman yang kamu konsumsi. Agar konsisten saya merekomendasikan untuk just stick to one or two sources of information karena terlalu banyak source pasti bingung nantinya, apalagi kalau datanya berbeda tiap sumber. Untuk yang memakai mobile apps, biasanya apps tersebut juga sudah memiliki user-submitted database untuk nutritional information beragam jenis makanan dan minuman. Untuk makanan yang tidak ada di apps, atau untuk yang tidak pakai mobile apps, google is your best friend. Untuk makanan yang sudah ada info nutrisi di packagingnya, pakai data itu saja.
Selanjutnya, saya rekomendasikan untuk memiliki food scale, any brand will do, yang penting ada fungsi zero/tare nya for convenience. Tujuannya untuk menimbang (duh!) setiap jenis makanan dan minuman yang akan kamu makan karena kebanyakan nutritional data menggunakan berat sebagai acuannya. Measuring cup is also handy to have to measure liquids atau minuman yang nutritional infonya sering dalam volume.

2. Now, to actually count the calories

Untuk mengilustrasikan bagaimana saya menghitung kalori, saya akan menunjukkannya dengan beberapa contoh jenis sajian yang sering kita temui; makanan/minuman siap saji, makanan masakan sendiri, dan makanan takeaway/resto.
Makanan/minuman siap saji di sini maksudnya makanan/minuman yang bisa langsung dimakan langsung dari kemasan, di mana kemasannya yang sudah ada label nutritional info seperti, susu, biskuit-biskuit, etc. Untuk makanan/minuman kategori ini, perhitungannya paling mudah. Just follow the numbers on the label exactly, according to your serving size. Jadi misalnya kalau kita makan keripik Kusuka ini, kalau kita ingin membatasi asupan kalori dari keripik ini di 150 kalori, artinya kita perlu makan sebanyak 1,5 kali dari serving sizenya, yaitu 30 gram. Kalau kita mau makan habis sebungkus, kita sesuaikan dengan total berat nettonya atau jumlah serving per kemasannya, di kasus ini artinya 300 kalori.
Untuk menghitung kalori makanan masakan sendiri (atau emak, istri, pembantu), di mana bahan-bahannya seringkali tidak memiliki nutritional info tercatat pada kemasan, penting untuk kamu mengetahui setiap jenis ingredients dan berat atau volume mereka di dalam satu dish tersebut. Sebagai contoh, saya akan menghitung kalori makanan ini yang pernah saya post di reddit.
Ingredients beserta kalori menurut google atau nutritional info label:
Food item Amount Calories
Onion 100g 40cals
Tomat kalengan Cirio 0,5 kaleng (200g) 54 cals
Rapeseed oil 1tbsp 120 cals
Telur 3 biji 216 cals
Paprika powder
Cumin powder
Chopped dried basil
Salt pepper chili flakes
Parsley
Total kalori per resep 430 cals
Untuk seasoning dan spices, biasanya saya tidak memperhitungkan kalorinya karena practically negligible (usually less than 5-10 cals), unless it’s sugar ofc.
Satu resep ini, saya makan kira-kira 2/3 bagian dan istri saya makan 1/3 bagian. Artinya jumlah kalori yang saya makan adalah 2/3 x 430 = 287cals. Rinse and repeat for any dish you make.
Lastly, dan ini yang paling susah, menghitung kalori makanan resto/takeaway. Honestly speaking, memang ini yang paling susah karena most of the time, kita tidak tahu apa saja yang dimasukkan ke dalam makanan/minuman tersebut. What I usually do, is to break down the dish to each of the element and then count them each. Sebagai contoh, let’s say kita pesan Bakmi GM Spesial Pangsit Rebus with 5 Pangsit Goreng as the side dish.
Pertama-tama kita breakdown menjadi mi, daging dan jamur kecap, pangsit rebus, sayur, kuah dan pangsit goreng. Lalu ambil timbanganmu dan timbang masing-masing:
Food item Amount Calories
Mi kuning 200g 272 cals
Braised chicken mushroom 80g 156 cals
Pangsit rebus 130g 176 cals
Sayur 20g 3 cals
Pangsit goreng 5 buah 310 cals
Kuah ~200g 32 cals
Total kalori 949 cals
Angka untuk hasil timbangan hanyalah ilustrasi, saya tidak pernah timbang bakmi gm spesial.
Dengan ini, kita dapat mengestimasi kalo kita makan 950cals in one sitting. Apakah ini akurat? Jujur saja saya pun tidak tahu apakah benar segitu atau tidak, namun yang perlu kita exercise dari ini adalah konsistensi dalam menghitung kalori untuk tiap jenis makanan tersebut. Jadi di kemudian hari jika kita makan bakmi lagi, mau di resto lain atau tidak, timbang lagi masing-masing item tapi pakai source data kalori yang sama dengan sebelumnya.
Yang paling penting, cara kita menghitung dan sourcenya itu harus konsisten.
Oke tapi bagaimana caranya menghitung kalori minuman, closetmugger? Gak mungkin dong gw timbang satu2 es, susu, gula aren, kopi dan bobanya. Okay funnily enough, I’ve never counted calories for kopi susu boba kekinian, but let’s count it now. Contoh minuman kopi kenangan mantan pakai boba, extra sugar no ice (who the fuck drink this tho?). Cara hitungnya, sama persis dengan makanan namun butuh sedikit workaroun biasanya:
Food item Amount Calories
Kopi susu gula aren 1 cup 190 cals (apparently ada di mfp lol)
Extra sugar 108 cals
Booba 100 cals
Total kalori 398 cals
Untuk extra sugar, saya asumsi 2tbsp of gula aren karena kalo menurut gw 2tbsp gula aren dilelehkan tampaknya bakal dapat kira-kira 1tbsp lebih, which is probably about that amount. Untuk bobanya, 50g tampaknya masuk akal.
Jadi, menurut gw minuman itu ada sekitar 400 kalori terkandung di dalamnya. Sama dengan makanan, kalau lain kali kita mau order kosuren boba lagi, pakailah source yang sama agar konsisten.
Sekian saja dulu, sharing singkat ini. Mudah-mudahan dapat membantu para komodo untuk coba menghitung asupan kalori kita masing-masing. Sampai jumpa di trit bagian kedua dari trilogi ini, di mana saya akan sharing info tentang bagaimana kita menghitung kebutuhan kalori tubuh kita.

FAQs:

1. Tapi closetmugger, kalo gw bawa timbangan ke mana2 apa gak dikira orang gw saikopat? Emang closetmugger bawa timbangan ke mana2?

Gw pada dasarnya memang jarang banget beli makan di luar sih dari dulu. Waktu gw mulai belajar hitung kalori, gw pun latihannya dengan cara memasak sendiri. Tapi ketika udah sering timbang sana sini di rumah, gw jadi bisa kira2in berat atau volume makanan dan minuman di luar dan gw pun gak timbang2 makanan kalo makan di resto. “Oh ini nasinya kira2 lebih sedikit seperempat dibanding yang biasa gw makan dan udah sering timbang di rumah. Artinya kalori nasinya gw kurangi seperempat dari hitungan biasa.” “Oh ini ayamnya tampaknya lebih besar 10-15% dari yang biasa gw makan di rumah. Artinya kalorinya gw tambah 10% aja dari hitungan di rumah.”
Anyway, ada kok orang yang bawa timbangan kalo makan di luar tapi ya kebanyakan di awal saja waktu noob. Nanti udah kebiasaan, udah jago eyeballingnya.

2. Ini di google, mfp, fatsecret dll pilihan makanannya ada yang mentah dan yang cooked. Pilih yang mana ya?

Proses memasak itu sangat tidak konsisten tergantung jenis makanan, cara memasak, resep dan siapa yang memasak. Contoh, 100g beras setelah saya tanak mungkin menghasilkan 200g nasi sementara jumlah beras yang sama ditanak oleh komodo A mungkin menghasilkan 250g nasi. Logikanya, mau dimasak bagaimanapun, kalori 100g beras itu tetap sama (ofc ada loss of starch etc. but that’s not relevant) namun kalori 200g nasi dan 250g nasi itu tidak akan sama. Sama dengan misalnya masak daging sapi. Saya beli ribeye 300g, saya garami, pan sear dan oven hingga masak, beratnya tinggal say 150g. Komodo A beli ribeye 300g juga, langsung dimasak sous vide hingga mateng, beratnya say 220g. Jumlah kalori dalam 2 makanan ini tetap sama (di luar pemakaian minyak untuk pan searing, you need to count the oil calories) meskipun berat setelah matengnya berbeda. Oleh karena itu, agar konsisten, selalu gunakan angka untuk makanan mentahnya.
Untuk makanan resto atau takeaway, most of the time gak ada pilihan selain memilih angka yang sudah mateng. Tapi gapapa, yang penting cara kamu hitung itu konsisten.

3. Kenapa hitungan gw sama hitungan temen gw untuk satu makanan yang sama bisa berbeda ya? Hitungan temen gw 700 kalori, tapi gw hitung cuman 500 kalori. Kalo hitungan gw yang salah, yang ada gw makin gendud dong bukan kurus.

Sekali lagi, cara hitung dan eyeballing tiap orang itu pasti berbeda. Dan kita bukan mengincar suatu angka yang secara objektif akurat, tapi angka yang presisi secara subjektif masing-masing orang-orang.
Sebagai ilustrasi, asumsi Komodo A hitung total 3 mealnya 1.500 kalori tapi Komodo B hitung total 3 mealnya Komodo A 2.100 kalori, sementara kebutuhan kalori harian Komodo A adalah 1.800 kalori untuk maintain bodyweight dan dia ingin menurunkan berat badan. Setelah 2 minggu, berat badan Komodo A ternyata malah naik terus, sebanyak kira2 1kg selama 2 minggu (defisit hampir 300 kalori per hari). It seems that perhitungan Komodo B lebih akurat secara objektif tapi apa yang Komodo A bisa lakukan adalah menyesuaikan asumsi maintenance calorienya menjadi 300 kalori di bawah yang sedang dia makan i.e. maintenance calorie Komodo A sekarang menjadi 1.200 kalori per hari dan artinya dia perlu makan 900 kalori per hari untuk menurunkan berat badan dia sebanyak 1 kg selama 2 minggu. We are effectively shifting the goal post here but that’s completely fine karena sekarang kita tau berapa banyak yang harus kita makan untuk maintain/nurunin/naikkin bodyweight kita. This is the main takeaway of this whole exercise.
Objectively speaking, pastinya gak mungkin Komodo A makan 900 kalori tiap hari without feeling like death but seiring waktu, semakin banyak kita nimbang dan hitung2an kalori, kita akan menjadi semakin aware dan tau juga kok angka yang mana yang lebih masuk akal mana yang bogus.

4. Panjang banget, males gw bacanya. Ada tldrnya gak?

Gak.
submitted by ClosetMugger to sehat [link] [comments]


2022.01.27 12:39 IRON4D Tips Memulai Gaya Hidup Sehat sebagai Vegetarian

IRON4D - Gaya hidup sehat semakin banyak dilakukan oleh masyarakat sekarang ini. Tujuannya adalah untuk menjaga kesehatan tubuh terutama menjaga berat badan agar lebih stabil. Vegetarian menjadi gaya hidup sehat yang bisa dipilih. Makna vegetarian sendiri adalah suatu pola makan yang hanya mengonsumsi makanan yang berasal dari protein nabati seperti sayuran, buah, gandum, kacang-kacangan, jamur, dan juga umbi-umbian.
Orang yang menjalani gaya hidup sebagai vegetarian biasanya menghindari makanan yang berasal dari protein hewani. Apakah kamu tertarik dengan gaya hidup vegetarian? Mengubah gaya hidup sebagai vegetarin bukan hal yang mudah, perlu motivasi yang kuat. Tapi, kita juga bisa memulainya dengan cara yang mudah untuk memulainya. Nah tips berikut bisa kamu coba lakukan:
1. Bekali Diri dengan Ilmu Vegetarian
Orang yang melakukan gaya hidup vegetarian alangkah lebih baik mencari tahu dahulu hal apa saja yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi dan mencari tahu sumber-sumber nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Ketika memulai pola makan vegetarian, kamu perlu menentukan tujuan. Hal itu agar nantinya jika saat melakukan prosesnya, kamu tidak merasa terbebani.
2. Belajar Defisit Produk Hewani
Defisit atau pengurangan konsumsi produk hewani dapat dilakukan secara perlahan agar tubuh kamu terbiasa. Kamu juga dapat mencari tahu sumber makanan sehat dan bernutrisi yang bisa menggantikan produk hewani yang sudah dikurangi. Contohnya, daging merah, unggas atau ikan dapat diganti dengn tahu, tempe, dan jamur. Susu sapi dapat diganti dengan susu almond atau susu kedelai.
3. Variasikan Menu Makanan
Vegetarian identik dengan banyak makan buah dan sayur saja. Namun ternyata masih banyak jenis makanan lain yang bisa dikonsumsi. Agar menu makanan bisa bervariasi kamu bisa membuat inovasi makanan baru dari bahan dasar sayur atau tumbuh-tumbuhan. Setiap harinya kamu boleh menggunakan menu yang berbeda.
4. Porsi Makan Bisa Ditambah
Menjalani proses sebagai vegetarian terkadang membuatmu ingin menambah makan karena makanan vegetarian cenderung rendah energi sehingga kamu diperbolehkan menambah porsi makan. Porsi makan bisa ditambah asal tidak berlebihan.
5. Mencukupi Kebutuhan Nutrisi
Gaya hidup vegetarian dapat menjaga kesehatan dan menurunkan resiko kanker dan diabetes. Namun, kamu dapat kekurangan nutrisi lain seperti zat besi, vitamin B-12, dan asam lemak omega-3 yang biasanya terdapat di produk hewani sehingga bagi kamu yang menjalani pola makan vegetarian dapat memperoleh nutrisi yang sama dengan mengonsumsi suplemen atau makanan yang banyak mengandung nutrisi tersebut.
Sumber - IRON4D
submitted by IRON4D to u/IRON4D [link] [comments]


2021.11.14 05:12 keturunanbule Manfaat Susu Pisang, Turunkan Berat Badan - Sinar harapan

Manfaat Susu Pisang, Turunkan Berat Badan - Sinar harapan submitted by keturunanbule to Pisang [link] [comments]


2021.10.18 03:12 keturunanbule Bisa Menurunkan Berat Badan, Ini 5 Manfaat Susu Pisang Bagi Kesehatan - Fimela.com

Bisa Menurunkan Berat Badan, Ini 5 Manfaat Susu Pisang Bagi Kesehatan - Fimela.com submitted by keturunanbule to Pisang [link] [comments]


2021.06.25 11:28 fettleride Harga Deto Slim - Teh Langsing Organik Detoksifikasi untuk Tubuh Yang Bugar!

Harga Deto Slim - Teh Langsing Organik Detoksifikasi untuk Tubuh Yang Bugar!
Zee Krstic adalah editor kesehatan untuk Deto Slim, di mana ia meliput berita kesehatan dan nutrisi terbaru, mendekode tren diet dan kebugaran, dan meninjau produk terbaik di lorong kesehatan. Sebuah postingan Instagram baru memamerkan perjalanan penurunan berat badan Adele saat ia merayakan ulang tahunnya yang ke-32. Artis yang tampil mungkin mematuhi Diet Sirtfood yang ketat, yang melibatkan puasa dan makan barang-barang hasil bumi tertentu. Rencana diet memang mencakup hal-hal seperti anggur merah dan cokelat hitam, tetapi juga memiliki beberapa keterbatasan yang intens.

https://preview.redd.it/r20rmbotrd771.jpg?width=600&format=pjpg&auto=webp&s=2da7ca5fd91b7efb13c143b9866c1e0088cbc6d6
Angin harus tetap berdiri di depan semua orang Melihat kembali Liu Feng, dan kemudian di Yao Yao, angin menghela nafas. Ketika Liu Zhongyuan memikirkan hal ini, dia penuh darah, tetapi pada saat ini, daftar Qingyun berubah lagi, dan ada banyak seruan yang berubah lagi! Tau kembali dengan seorang gadis, dan alis saya sedikit mengerutkan kening Matahari Tau tua berjalan ke arah saya dengan senyum dan berkata, Orang tua, Im kembali dengan kemenangan, Nomor 1 Lapar Lemak Chick Berat Badan Turun Xiao. Susu dan susu bayi adalah kebutuhan hidup, dan Yang Huiyan, hanya 31 yang mampu mencapai tempat ke-11 di Forbes mengandalkan Country Garden, industri real estat yang kuat.
https://www.fettleride.com/harga-deto-slim/
submitted by fettleride to u/fettleride [link] [comments]


http://swiebodzin.info