Bapak mertua rogol menantu

Akhirnya merasa di titik ter rendah, lebay? I Need advice.

2024.04.23 06:34 Mirato03 Akhirnya merasa di titik ter rendah, lebay? I Need advice.

Saya seorang suami (28th) dengan 1 Anak, jabatan Asmen di kantor tapi gaji belum di sesuaikan thp di 13juta. Mertua sakit & tabungannya sudah mau habis sehingga saya sebagai menantu ingin membantu, Belum punya rumah & persiapan pendidikan anak menjadi hal yang saya renungkan beberapa bulan terakhir karena gaji.
Saat ini cicilan hanya kta untuk renov rumah mertua, 3jt perbulan.
Pekerjaan di kantor sangat hectic, bisa dibilang saat ini saya adalah core di department saya bahkan untuk department yang sama dalam 1 group. Diangkat jadi asmen dengan know how & problem solving level mid manager tapi gaji masih sama seperti level supervisor. Awalnya saya anggap ini fase tapi akhirnya saya makin merasa di eksploitasi, bahkan karna saking hecticnya team saya tidak bisa handle semua sehingga saya pun juga sebagai doer.
Pilihan saya ada 4 1. Stay & menunggu penyesuain Gaji. 2. Pindah ke perusahaan lain di Indonesia tapi mungking gambling juga karna harus menjalani status sebagai karyawan kontrak lagi, benefit bisa jadi down grade. (Di tempat sekarang sangat ok khususnya untuk medical rawat jalan/inap free tidak perlu reimburse, bonus min 2x, cuti 16 hari, uang cuti 1x gapok, cop, dll). 3. Pindah ke malaysia untuk upgrade (sehubungan kantor sekarang ini bergerak di perkebunan sawit). 4. Ambil double job? Tapi apa yg flexible mengingat hectic di kantor.
Any advice would be appreciated, thanks in advance.
submitted by Mirato03 to indonesia [link] [comments]


2023.12.05 03:33 FoxtrotWhiskyTango [SERIOUS] Need advice to resolve home issue

Jadi saya (28M) tinggal bersama istri saya(28F) dan anak saya yang baru dua tahun. Pernikahan kami sebenarnya tidak terlalu smooth karena menurut istri saya, orang tua saya/mertuanya itu terlalu banyak "intervensi" to the point I cannot have casual phone with my mother anymore(who in my opinion, not perfect but good person overall).

Kami dulu menikah pas 2020 di tengah COVID. Personally kami berdua maunya acara sederhana saja, cukup ke KUA dan slametan biasa saja. However my mother pushed us to get a wedding (yang mungkin ukuran dari ortu saya nggak besar, 100 person yang anggotanya extended family). Kalau berasumsi "oh disuruh bayar sendiri?" Nggak, family paid it all. Family disini maksudnya keluarga saya, soalnya istri saya itu yatim piatu sejak SD. Diasuh oleh Budhe-nya (yang setelah talking banyak, ya orangnya baik-baik walau banyak flawnya).

Lalu alhamdulillah sekali, anak saya itu datangnya cepet banget. 2022 akhir sudah lahir. A very cute and smart babygirl. Problemnya sejak hamil, istri saya itu gampang sakit, karena saya harus kerja full, terpaksa saya minta tolong orang tua saya agar istri saya selama kehamilan dan setahun pertama anak saya bisa ikut di rumahnya. Ibu saya has no issue dan saya personally menilai ibu saya selama mendidik saya juga dididik baik-baik walau saya banyak personal flaw-nya.

Then, from here, things starts rolling over downhill.

Saya jujur paham kalau usually hubungan mertua-menantu itu akan bumpy as heck from start. Tapi karena saya (walau pas COVID) harus kerja masuk kantor, saya putuskan agar istri saya ikut orang tua saya supaya bila tiba-tiba istri saya ngedrop ada yang langsung handle. Karena tempat kerja saya dan rumah saya pada saat itu jaraknya 90 menit commuting. Then, my wife mental health starts deteriorating.

Sebelum menikah, istri saya itu orangnya "no-nonsense person" dan suka charging full speed at her issue. Kalau kata ipar saya itu, saat istri menikah sama saya jadinya itu "Ratu jalanan tiba-tiba masuk keraton" Yang biasanya suka outing tiba2 harus dirumah terus gegara COVID. Terus nggak sampe setengah tahun nikah sudah hamil. Ibu saya dokter, jadi pas COVID itu benar2 strict. Nggak boleh keluar rumah. Dari luar (apapun dan darimanapun) harus langsung mandi dan keramas. Masker hanya dibuka pas makan atau mandi saya. That strict. Karena kami sekeluarga juga terpapar COVID. walau alhamdulillah nggak ada yang sampai masuk RS.

Selama disana, istri saya selalu curhat ke saya kalau pembantu saya itu suka semena-mena (which in retrospect, memang iya). Entah ngatain "nggak bondo" atau "nunggu harta warisan doang" and some other stuff along that line including karena istri saya makannya banyak, biasnaya ada lauk yang bisa dibawa pulang dihabiskan semua sama istri saya yang hamil.. Ibu saya memang bilang ke istri saya yang hamil biar nggak usah bantu-bantu yang berat. Cukup banyak2 istirahat aja.

Sempat pecah secara terbuka dan istri saya hampir mau kabur karena kelakuan pembantu saya itu. Pembantu saya itu for the last 20+ years memang sudah ikut di rumah orang tua saya. Ibu saya mencoba menengahi dan membaikkan antara istri dan pembantu. Tapi istri saya itu suddenly, walau ratu jalanan, perkataannya itu selalu sopan, "nggak bisa saya bisa langsung memaafkan". Which in my opinion masih masuk akal walau ibu saya menerimanya agak aneh. Lalu istri saya menuduh ibu saya "berat" ke pembantu saya. Alasan istri saya, pembantu sudah 20+ tahun ikut sedangkan istri saya baru seumur jagung.

Lalu it even got worse. Saya jujur nggak tahu asal usul gosip ini dari mana, tapi di desa saya dan istri saya (kami ketemuannya di Malang dan kaget kalau desa mbah saya dan desa istri saya itu tetanggaan di kampung) muncul gosip "kalau saya ini mau dijodohkan bla bla bla". Since then, kalau ada sesuatu yang saya lakukan bagi dia tapi tidak sesuai dengan karep e selalu "kono lho, pegat o ben iso rabi karo menantu idaman mbokmu"(tuh, cerai aja ben isa nikah sama memantu idaman ibumu). Saya jujur sangat tidak senang dengan perlakuan ini. Karena walau saya masih banyak flaw saya sangat mencintai istri saya. Because I chose her with full of my consciense and judgement. Saya menyari calon istri yang mau saat hidup berada di bawah dan diatas tetapi saling cinta. And that what I see in my wife.

Setelah gosip itu beredar, semua tindakan-tindakan (yang menurut saya) baik dari keluarga inti atau extended family saya selalu direspon oleh istri saya dengan "mau ikut campur urusan rumah tangga" atau "biar nanti bisa diungkit lek ada sesuatu yang nggak sreg dengan mereka". Baik disini itu adalah kami sempat dibantu pindahan, dibantu juga dicarikan kontrakan baru karena saya pindah kerja. Dikunjungin every other week or two. and even monetary help soalnya anak saya juga sedang sakit TB.

Saya sempat dipesani oleh ibu saya, "lek cerita masalahmu, nango keluargane istrimu sebelum cerita ke ibu. Ben terbuka sama keluarganya" And I did it. and Demi Allah I swear that my wife extended family is the absolute nicest people I've ever met. And I did it religiously. Sebelum cerita ke orang tua saya, saya selalu cerita ke Budhe/Pakdhe/Mas/Mbak/Ipar istri saya dulu. And my wife responded as "Ganok sing membela aku, keluargaku ae mbelain kamu". And things also spiraling sampai kami sempat ada inciden antara pas lebaran 2022 tiba2 istri saya meledak di rumah budhenya sampe ninggal anak saya begitu saja seharian. Saya dan kakak-kakaknya nyari seharian keliling desa nyari istri saya.

Akibat insiden itu, istri saya sempat diruqyah oleh Pak Lik Ipar saya. Dan ternyata ada "yang nempelin" sehingga kadang bertindak irrasional. and things were getting better for a short respite. Istri juga sempat kami bawa ke mental health provider dan secara medis dan spiritual getting better.

Tapi good times grinds to halt. Beberapa minggu terakhir ini saya dan istri saya gesekan terus karena kita beberapa waktu terakhir memang banyak emergency spending karena anak saya sempat hospitalized dan membantu pakdhe istri saya juga habis kecelakaan. Money was become tight and we both know that we are not exactly a good thrift spender. Kita nggak hidup royal. Hidupnya menurut saya cukup mild dalam spending dan alhamdulillah gaji saya itu pretty much cukup untuk daily basis. We am trying to live independently.

Sempat saya mencoba memarahi istri saya karena perkataannya itu terkadang semakin menyakitkan. Saya juga mengiyakan karena I am not exactly a good role model even though I try my best to become one. Saya khawatirnya istri saya akan starting to (naudzubillah semoga jangan sampai) abusing my daughter entah secara verbal atau fisik. Kami sebenarnya ingin mencoba marriage conselling tapi gaji saya nggak bisa untuk mengakomodir routine visit, which we are in dire need.

Verbal abuse ke saya makin parah (walau saya nggak bisa menolak sepenuhnya karena ada beberapa hal yang memang benar). Saya mencoba bertahan untuk hanya sekedar memarahi secara lisan saya. Saya tidak ingin "kasar" ke istri saya because it is wrong to do so. But I'm running out of options. Kalau saya kabur ke desa, saya khawatir anak saya nanti gimana dan anak saya itu sangat attach dengan ibunya. Nelpon orang desa juga saya nggak yakin apakah bisa membantu. Dan menelpon orang tua saya is definitely out of option karena bakal memperkeruh suasana. Need advice on how to tackle this issue.
submitted by FoxtrotWhiskyTango to indonesia [link] [comments]


2023.11.03 07:35 sumpitsakit Mertua di Pasuruan Berusaha Perkosa Menantu yang Hamil Sebelum Membunuhnya

Mertua di Pasuruan Berusaha Perkosa Menantu yang Hamil Sebelum Membunuhnya submitted by sumpitsakit to ondonesia [link] [comments]


2023.11.02 07:16 sumpitsakit Mertua di Pasuruan Berusaha Memperkosa Menantu yang Hamil Sebelum Membunuhnya

Mertua di Pasuruan Berusaha Memperkosa Menantu yang Hamil Sebelum Membunuhnya submitted by sumpitsakit to ondonesia [link] [comments]


2023.10.12 01:06 Frequent_Hawk9238 i know it’s a bit stupid but could anyone maybe explain to me why the sentence structure goes this way? :)

i know it’s a bit stupid but could anyone maybe explain to me why the sentence structure goes this way? :) submitted by Frequent_Hawk9238 to indonesian [link] [comments]


2023.07.16 21:38 WhyHowForWhat Most Normal Yaoi Comic Title in Indonesia

Most Normal Yaoi Comic Title in Indonesia
Ni lapak kreatif amat translate nama nya biar kgk ke track. No fkin way I check on this, Im not into Yaoi and sama bapak mertua lg, mana tag cheating/infidelity sama incest (technically mrk msh keluarga) anjeeeer woi 😭
submitted by WhyHowForWhat to indowibu [link] [comments]


2023.07.02 12:13 TruthversusSlander FYI lelaki baju hitam tu abang kepada mangsa rogol, yang merakam ni bapak a.k.a si perogol. Bapak dia rakam sebab nak PLAY VICTIM sekiranya anak dia ni mengamuk atau apa.

FYI lelaki baju hitam tu abang kepada mangsa rogol, yang merakam ni bapak a.k.a si perogol. Bapak dia rakam sebab nak PLAY VICTIM sekiranya anak dia ni mengamuk atau apa. submitted by TruthversusSlander to NegarakuMalaysia [link] [comments]


2022.12.28 19:50 d5bludzpsds Watch Mertua Dan Menantu full Viral Video trending on Twitter and Reddit

submitted by d5bludzpsds to u/d5bludzpsds [link] [comments]


2022.12.28 12:23 sahamedzaky6102 Watch Mertua Dan Menantu Viral Video trending on social media

Watch Mertua Dan Menantu Viral Video trending on social media submitted by sahamedzaky6102 to JustUSAthing [link] [comments]


2022.12.28 11:44 d5bludzpsds Watch Mertua Dan Menantu Viral Video trending on social media

submitted by d5bludzpsds to u/d5bludzpsds [link] [comments]


2022.12.28 06:10 d5bludzpsds Watch Mertua Dan Menantu Viral Video

submitted by d5bludzpsds to u/d5bludzpsds [link] [comments]


2022.05.02 19:57 MajorSurprise9882 Curhatan tentang Bapak Br*ngsek dengan keluarga (KISAH NYATA)

Hallo bro / sis komodos saya mau curhat nih tentang masalah hubungan keluarga saya tentang bapak saya yang kelakuannya brengsek dengan keluarga. Saya sengaja menulis di Reddit karena Anonim dan juga bukan sebuah platform yg mudah diakses di indonesia. Ceritanya ini sangatlah panjang (2012-sekarang) dan mungkin ada beberapa cerita yang saya potong untuk menjaga privasi dan agar lebih singkat. Mohon maaf bila tulisannya sangatlah panjang.
Bapak dan ibu saya dulunya bekerja di salah satu BUMN Manufaktur kapal terbesar di indonesia, lalu pada tahun 2008 bapak dan ibu saya keluar dari perusahaan karena pengurangan karyawan.
Awal cerita pada tahun 2009 bapak saya mendirikan sebuah perusahaan CV reparasi kapal militer di surabaya dan ibu saya pun bertugas untuk mengurusi keuangan dan administrasi perusahaan itu. Lalu pada tahun 2012 bapak saya ketahuan berselingkuh dengan sebuah wanita berinisial A. Lalu Terjadilah beberapa kali cekcok dan perkelahian antara ibu saya dan bapak saya sampai suatu ketika Ibu saya sampai dipukui bapak belur oleh bapak saya hingga masuk ke rumah sakit. Dan parahnya lagi bapak saya tidak peduli dan tidak membiayai biaya rumah sakit ibu saya. Lalu ibu saya pun melapor ke mertua bapak saya tentang kelakuan anaknya, alangkah terkejutnya si mertua ini lebih membela anaknya dan malah menyalakan ibu saya yang katanya TIDAK BERBAKTI KEPADA SUAMI!!. Mendengar perkataan itu, ibu saya pun sakit hati dan ingin bunuh diri. Namun untungnya ibu saya masih ingat dengan Anak-Anaknya sehingga ia pun tidak jadi untuk melakukannya.

Lalu Lanjut pada tahun 2016, kantor perusahaan bapak saya pun pindah kelokasi baru dan berkembang menjadi sebuah PT. Dan ternyata, Selingkuhan bapakku si A ini menjadi DIREKTUR DARI PERUSAHAAN PT BAPAK SAYA!!. Ibu saya yang awalnya mengelola keuangan perusahaan CV keluar dari perusahaan karena tidak sanggup mengelola keuangan perusahaan yang lebih besar pasak daripada tiang, dan memutuskan untuk fokus mengurusi keluarga.
Karena Ibu saya tidak mengurusi keuangan dan administrasi perusahaan ini, Si A akhirnya mengelola semua keuangan dari perusahaan bapak saya!! Di tahun ini terjadi beberapa cekcok antara ibu saya dan bapak saya, namun ibu saya pun akhirnya mengalah karena mementingkan masa depan anaknya.
Kemudian pada tahun 2018, Bapak saya memberi Uang 1,5 milyar ke ibu saya. Lalu ibu saya pun menggunakan uang tersebut untuk merenovasi 2 rumah yang sederhana, Namun kemudian bapak saya lalu meminta kembali uang sebesar setengah milyar dengan alasan untuk usaha petelur Ayam, Kemudian bapak saya juga meminta untuk dibelikan sebuah pickup, lalu ibu saya dengan sabar pun menuruti permintaan bapak saya.

Lanjut pada tahun 2020, Virus Covid 19 melanda indonesia. Perusahaan PT bapak saya pun sepi orderan, Lalu bapak saya pun mulai berhenti berhenti untuk memberikan uang belanja bulanan ke ibu saya, Pada tahun sebelumnya juga memang sangat sulit untuk meminta uang kepada bapak saya sehingga ibu saya sudah mempersiapkan tabungan agar keluarga saya dapat survive dengan keadaan sekarang. Tahun demi tahun pun berlalu, bapak saya pun menjual asset mobil termasuk mobil yang dibelikan oleh ibu saya, Namun tidak ada SEPERSENPUN uang yang diberikan ke ibu saya. Malah bapak saya pun berhutang 100 juta ke ibunya ibu saya yang hanya janda pensiunan guru SD.

Lalu pada pertengahan 2021, kakak saya baru saja mendapatkan sebuah pekerjaan. Kemudian bapak saya pun menyuruh ke kakak saya untuk mengambil KREDIT RUMAH di mojokerto alasannya dia akan cicil, Kakak saya pun langsung menolak mentah2 suruhan dari bapak saya karena lokasi rumah tersebut jauh dari tempat kerja dan juga gaji kakak saya hanya UMR.
Kemudian pada bulan november 2021, bapak saya pun meminta hutang ke saya sebesar 7 juta, saya awalnya menolak karena itu adalah semua tabungan saya dan uang tersebut akan digunakan untuk membayar uang UKT dan juga Laptop. Lalu bapak saya bilang kalau nanti akan dibalikkan selama 2 minggu. Akhirnya dengan polos dan bodohnya saya pun mentransfer uang 7 juta ke bapak saya. 2 minggu pun berlalu, awalnya saya hanya menagih chat namun bapak saya beralasan tidak punya uang, Hingga waktu pembayaran UKT pun tiba Namun bapak saya tidak kunjung membayar hutang!! Lalu ibu saya kasian dengan anaknya yang belum bayar UKT pun akhirnya memutuskan untuk menyisihkan uang Tabungan yang sudah menipis sejak tahun 2020 untuk membayar UKT saya.

pada tahun 2022 Awal, bapak saya berusaha untuk melakukan pinjaman Online dan ibu saya pun dijadikan Bapak saya sebagai nomor penjamin. Ibu saya pun akhirnya stress karena tiap hari di terror oleh si pinjol, Lalu ibu saya memiliki inisiatif untuk membayar semua pinjol bapak saya meskipun uang tabungan sudah menipis. Lalu Bapak saya menyuruh transfer 15 juta ke rekening si A selingkuhannya, ibu saya yang curiga pun akhirnya hanya mentransfer 1,5 juta untuk mengetest. Ternyata meskipun sudah di transfer, si Pinjol tersebut masih saja menerror no ibu saya hingga ia pun memutuskan untuk mengganti nomor.
Beberapa hari kemudian, ada 2 bank yang mendatangi rumah saya untuk menagih hutang bapak2 saya, Jumlahnya cukuplah banyak sekitar 100 juta jika di total. Kami satu keluarga pun syok dan karena ibu saya takut di apa2in oleh Debt collector, akhirnya terpaksa kami sekeluarga pun pindah ke rumah lain tanpa memberitahu bapak.

Lalu kakak saya pun mencoba untuk menstalking sosial media selingkuhan bapak saya (Si A). Ternyata kehidupan si A ini sangatlah Mewah2an dan ia pun juga sering berkeliling luar negeri. Hal ini sangatlah kontras dengan keluarga saya yang selalu hidup sederhana. Lalu dari hasil stalking itu kakak saya menemukan alamat rumah si A ini, setelah di telusuri di google map ternyata Rumah tersebut sangat mewah. Sedangkan rumah yang saya dan keluarga kami tinggali adalah sebuah perumahan biasa. Lalu setelah ditelusuri kembali ternyata Si A ini juga punya APARTEMEN MEWAH di mall mewah di surabaya!! lalu di sosial medianya juga si A ini masih Pamer hidup mewah dan juga dia Kuliah di Universitas Swasta Bisnis yang harganya mahal. Mendengar hal ini, saya pun sangatlah marah mengingat uang UKT saya saja di hutangi oleh bapak saya sedangkan si A ini masih hidup bermewah2an dan kuliah di Universitas mahal sedangkan saya sendiri saja hanya berkuliah di universitas negeri yang UKT nya saja lebih murah dari si A.

Minggu demi minggu pun berlalu, Hutang saya yang 7 juta masih belum dibalikkan, Awalnya saya mengingatkan dengan sopan, namun bapak saya tidak menggubris. Akhirnya saya pun kehabisan kesabaran dan mulai menagih hutangnya secara Tegas. Setelah saya tagih berbulan2, akhirnya bapak saya mengembalikan uang 6 juta saya.
Lalu pada bulan april 2022, Di No HP ibu saya yang lama, terdapat pesan penagihan utang pinjol Bapak saya, Awalnya saya kira itu hanya penagihan hutang pinjol biasa, namun setelah saya check lebih lanjut ternyata JIKA BAPAK SAYA TIDAK MEMBAYAR HUTANG PINJOL MAKA KK KELUARGA SAYA AKAN KENA BLACKLIST DARI OJK, Saya dan kakak saya pun marah besar dan mencoba menghubungi bapak saya namun tidak digubris, Akhirnya saya dan kakak saya pun berinisiatif langsung mendatangi bapak saya. di sana SAYA MELUAPKAN EMOSI SANGAT BESAR karena sudah sangat merugikan keluaga, "SUDAH TIDAK MEMBERIKAN UANG BELANJA SEJAK 2020, SEKARANG KELUARGA SAYA HARUS MENANGGUNG BEBAN HUTANG PINJOL BAPAK SAYA!!", Bapak saya pun sampai shock melihat saya marah dan ibu saya pun sampai menangis, padahal saya pribadi bukan orang yang pernah marah dan pertama kali ini saya marah dengan geram!! Setelah saya marah saya dan kakak saya pun bergegas keluar sambil membawa HP bapak saya.

Saya dan kakak saya pun langsung mengecek isi dari HP bapak saya, TERNYATA... HUTANGNYA JAUH LEBIH BESAR DARIPADA YANG SAYA BAYANGKAN. Apartemen Mewah Yang dimiliki si A ini ternyata masih nyicil dan cicilannya mencapai 30 JUTA PER BULAN!!, Ternyata uang 15 juta yang diminta oleh bapak ke ibu saya ibu bukan untuk mencicil Pinjol. Melainkan untuk membayar cicilan Apartemennya yang sudah macet 2 bulan.

Selain itu bapak saya juga banyak berhutang di banyak bank dan juga pinjol hingga BI CHECKINGNYA Macet, Ia juga Meminta uang sebesar ratusan juga ke teman2nya dengan alasan Investasi di usahanya yang gagal. Dan yang paling parah lagi, ia menggunakan KTP teman dan juga karyawan dan juga disuruh untuk SELFIE dengan KTP Untuk Minjam ke Pinjol atas nama karyawan dan juga TEMANNYA!!


To be continued

Demikian curhatan saya yang sangatlah panjang ini, Mungkin para komodo bisa membantu saya dengan memberikan saran atau komentar di kolom komentar. Terimakasih.
submitted by MajorSurprise9882 to indonesia [link] [comments]


2021.11.03 13:39 7raninp0e1997 sex mertua menantu bokep video

submitted by 7raninp0e1997 to u/7raninp0e1997 [link] [comments]


2021.05.24 10:29 SedangBingung Tanya tentang pengalaman KPR & Kredit Multiguna

selamat sore semua penghuni finansial, mau tanya tentang KPR dong. saat ini: gw dan istri bekerja.
jadi gini, gw dan istri di tawarin beli rumah (ahli debitutake over KPR), di rumah yang sedang gw kontrak saat ini. dari gaya bahasa nya, si empunya rumah ini lagi BU. jadi tawarannya bersifat time-based, at least sampe masa kontrak rumah ini habis (Desember).
Menurut kita ber-2 harga yang ditawarkan cukup murah untuk lingkungan sekitarannya (~4xx juta). Ditambah cukup dekat dengan rumah mertua gw, yang sudah 30+ tahun hidup di lingukungan rt rw tersebut. Dan selama waktu tersebut, belum pernah banjir.
Sialnya saat ini kita belum punya cash keras buat nge-DP 15/20%, karena satu dan lain hal. Kita perkirakan setidaknya butuh 1-2 tahun lagi buat bisa nge-DP at least 15% dari harga rumahnya.
Mertua tahu tentang hal ini, dan mereka ingin membantu. They said, kurang lebihnya "Hei u/SedangBingung, nih gadai-in aja sertifikat rumah bapak buat bayar DP rumahnya"". Istri gw = anak emas di keluarga mereka, dengan menjadi anak paling sukses secara karir, hence mereka dengan senang hati membantu kita.
Nah pertanyaan gw, menurut kalian opsi ini bagaimana ya? ambil kredit multiguna bank A -> DP untuk KPR di bank B. atau mendingan ngontrak (cari tempat lain) lagi aja sampe bisa bayar DPnya (dan let it go rumah ini, belum rejeki)?
Kebetulan gw dan istri udah simulasi sederhana, pake tools gratisan di internet, untuk bayar biaya bulanan kredit multiguna + KPR nya, kita masih mampu bayar, dengan asumsi selama masa tenor 10/15/20 tahun kedepan, masih sehat dan bekerja.
Terima kasih atas future insight and answernya.
submitted by SedangBingung to finansial [link] [comments]


2021.03.08 07:11 Jemtha RIP Kuroneko

Hi semua, posting ini murni untuk aku curhat tentang kucingku. Semoga boleh :)
Edit: ini Kuroneko http://imgur.com/gallery/HFg2lZx Dan ini foto terakhir Kuroneko dua hari lalu pas lagi main sama suami http://imgur.com/gallery/9vQfow9
Aku lagi berduka banget karena kucing pertama yang aku dan suami pelihara, baru tadi pagi (edit tambahan) diberitahu mati karena diracun tetangga. Namanya Kuroneko. Sesuai namanya, bulunya hitam pekat, kecuali di bagian ketek depan warnanya putih hehe.
Dia datang November 2020 ke kompleks, sering ditendang bocah-bocah kompleks, pernah dibuang berkali-kali oleh bapak-bapak kompleks, tapi dia kembali lagi. Pertama datang, dia kurus banget, pitak, flu berat, seolah-olah hidup segan mati tak mau. Suatu hari, dia datang ke teras rumah kami dan suamiku kasih dia makan (kebetulan kami sedia makanan kucing).
Sejak itu dia stay di teras rumah sampai kubawa ke dokter. Kami rawat sampai dia sembuh, lalu kami vaksin. Bulunya udah lebat lagi, dia lebih gemuk, dan rencananya 2 minggu lagi akan divaksin kedua. Setelah itu mau kami neuter.
Sejak dia datang, depresiku hilang. Keinginan untuk mati juga hilang. Dia bener-bener menyelamatkan hidupku banget.
Kuro kucing pintar, pup dan pee di litter box ga perlu diajarin. Suka nongkrong di atas motomobil kami pribadi. Ga rese gangguin bocah tetangga. Dia memang kami taro di luar karena dia ga mengganggu siapa-siapa (kebetulan teras rumah juga luas) dan ga hobi jalan-jalan. Dia suka banget tidur, serius.
Oh, dia suka ngasih kami hadiah kayak tikus, keong, kecoa, dan terakhir -beberapa hari yg lalu- cicak.
Kemarin aku dan suami menginap di rumah ortuku dan ini kesempatan seorang tetangga ngeracun kucingku. Biasanya aku taro makan di tempat biasa. Tapi tadi pagi Kuro tidak ada dan makanannya tidak disentuh.
Lalu seorang tetangga mengabari kalau kucingku sudah mati, katanya makan tikus yg sudah mati makan racun di rumah tetangga lain (sebutlah Pak A). Jelas aku enggak percaya karena di rumah pun aku pernah nyebar racun tikus dan bahkan dia ga pernah tertarik waktu mengendusnya. Kuro juga enggak pernah ngejar atau makan hewan mati :")
Mengingat Kuro pernah dibuang orang kompleks, aku jadi mikir apa memang dia betulan sengaja diracun. Apalagi sudah ada kejadian kelinci tetangga ditabrak mobil tetangga lain karena kelincinya keluar-keluar rumah. Kuro udah sehat, lebih gemuk, dan pakai kalung. Dia ga pernah bikin gara-gara. Kenapa mereka tega? Dia kucing kesayanganku, suami, ortuku dan bahkan mertua.
Sepi banget rumah sekarang. Kalau pulang ga ada suara krincing2 kalungnya. Ga ada suara meong khasnya dia kalau lagi caper. Ga ada yang tidur di kasurnya di atas mobil lagi. Dia bikin kami bahagia banget.
Yang paling membuatku sedih, aku ga bisa lihat tubuhnya karena sudah dibuang. Bahkan kalungnya ga bisa kusimpan untuk kenang-kenangan...
I miss you so much Kuro, I'm sorry you had to go that way. I'm sorry we weren't there for you. I love you. I love you so much 💔 Ga laper-laper lagi ya kamu sekarang dan bisa tidur terus, kapan-kapan ketemu lagi ya kita~ :")
Edit: aku adopsi kucing feral lain yang sudah beberapa hari stay di rumah ortu, namanya Gori.
http://imgur.com/gallery/SqZyCqD
submitted by Jemtha to indonesia [link] [comments]


2020.09.24 01:59 blackred44 Sharing Pengalaman Hamil & Melahirkan

Halo (calon) bapak-bapak dan (calon) ibu-ibu di Reddit!
Baru 1-2 jam lalu aku post di DCT tapi aku rasa lebih baik bikin postingan tersendiri. Walaupun mayoritas komodos masih muda-muda, aku rasa gak ada salahnya untuk saling sharing persiapan kehamilan, melahirkan, dan kehidupan setelahnya.
Sharing di sini lingkupnya saat rencana (atau gak sengaja) hamil, situasi hamil (prosedur di fasilitas kesehatan gimana, standarnya apa), dan kehidupan setelah anak lahir (apakah masih fasilitas kesehatan atau pemerintah ada perhatian, atau malah dari keluarga, kantor, teman, dsb. Atau sbg orangtua baru apa yang harus dipersiapkan). Termasuk juga, apakah biaya sendiri, asuransi, BPJS kesehatan (dan setaranya di negara masing-masing), atau mungkin dapat subsidi dari kantornya. Info juga prosesnya ini di kota mana atau negara mana ya.

----------- U P D A T E -----------
Terima kasih untuk antusiasme para redditor untuk sharing pengalamannya, dari pengalaman praktis sampai emosional, di Indonesia sampai luar negeri. Gak disangka bakal rame apalagi dapet awards. Karena antusiasme yg besar, gk ada salahnya aku bikin rekap dari hasil sharingnya.
Persiapan Kehamilan. Ini agak hampir gak ada yang share sih, tapi ada yang nanya gimana proses bisa hamil. Ya teknisnya gak perlu dijelaskan lah ya, yakin gue redditor di sini udah paham betul. Tapi perlu diingat ada pasangan yang memang mudah untuk hamil dan ada pula yang kesulitan sampai harus minta bantuan profesional. Sudah hamil pun belum tentu tidak ada komplikasi, bisa aja ada komplikasi tertentu atau keguguran dengan sendirinya. Jadi boleh lah kadang kita berkaca sedikit dengan para pejuangan di luar sana yg struggling untuk punya anak. Sebagai referensi (mon maap ya mod, ini gk maksud promosi sub lain), boleh coba cek TryingForABaby dan cek flair vent/rant untuk bisa empati sedikit dengan contoh2 nyata di sekitar kita.
Proses, Perkembangan Kehamilan, & Melahirkan. Ini variatif banget, sharingnya ada yang di Indonesia, Jepang, Australia, bahkan US. Tentu tiap negara pasti punya beda-beda standar, satu negara aja kadang bisa beda regulasi sedikit. Nah bagian ini akan dibagi jadi beberapa kategori:
  1. Finansial. Di Indonesia, justru tidak disarankan beli premi asuransi kehamilan secara pribadi (lain cerita kalau itu asuransi dari kantor ya, gapapa, justru pake aja). Biaya pribadi ada menyebutkan habis 9 juta utk biaya melahirkannya saja & disarankan siap dgn BPJS Kesehatan jikalau ada komplikasi. Ada juga yang pakai BPJS Kesehatan. Ada yang bilang BPJS tidak ribet, ada yang merasa antriannya panjang bukan main. Tips BPJS Kesehatan, usahakan bayar untuk kelas 1 (kelas itu utk pembeda kamar saja, fasilitas lainnya sama aja); daftarin calon anak ke BPJS Kesehatan, jika ada komplikasi tertentu setelah anak lahir bisa segera dicover BPJS Kesehatan; mulai familiarisasi dgn prosedur BPJS Kesehatan biar gak kagok saat hari H.Di Jepang, saat ini pemerintah sdg menggalakkan program kehamilan. Kebetulan sharingnya ini diawali dengan biaya pribadi kemudian dicover oleh pemerintah lewat buku kupon periksa (ada keluar uang sendiri tapi gak banyak dan tergantung daerahnya juga, semakin ke tengah kota ya semakin mahal). Range biaya melahirkan dari 350k JPY sampai jutaan tapi ada subsidi dari pemerintah, terlebih kalau anaknya kembar, bayar biaya melahirkan cukup 1 anak tapi subsidinya bisa dobel/triple dst (sesuai jumlah anak yg lahir). Penting utk belajar bahasa Jepang supaya bisa dapat obgyn yang lebih murah harganya.Di Australia, ada yang pakai medicare (ini setara BPJS Kesehatan) dan ada yang private (bayar sendiri atau asuransi). Kalau pakai medicare waktu proses awal, biasanya ada keluar uang pribadi dulu, sampai terbukti bahwa beneran hamil, langsung diambil alih sama klinik antenatal dan gak bayar apapun setelahnya. Kalau pakai medicare, secara umum sebenernya sudah cukup bagus, cuma tidak bisa pilih obgyn. Sedangkan untuk private bisa pilih obgyn dan biayanya bisa beda-beda. Kalau private tinggal nanti bayar apa yang gk dicover asuransi aja. Ada subsidi dari pemerintah juga untuk anak yg lahir.Di US, infonya untuk biaya lahiran itu asuransi chargenya per admission sebesar $250, gak masalah mau stay 1 hari atau 1 minggu.
  2. Periksa, Kontrol, Tes, & Melahirkan. Di Indonesia, periksa kandungan minimal 1 trimester sekali, kecuali trimester pertama disarankan tiap bulan. USG juga minimal 1x tiap trimester. Di trimester terakhir periksa kandungan lebih sering. BPJS Kesehatan cover kelahiran normal di bidan, kalau mau di RS harus biaya sendiri. Tes-tes biasanya tes dasar, seperti rubella, HIV, vitamin dsb. (yang tes darah, urine), tes diabetes. Tes lainnya jika tidak ada indikasi tidak ada. Di luar dari sharing ini, memang opsi2 tes tertentu ada tapi sifatnya tidak wajib, dilakukan jika memang ada indikasi, butuh, atau calon orangtuanya memang mau tes tersebut. Vitamin disarankan jika memang dibutuhkan.Di Jepang, ada standar untuk periksa USG minimal 15 kali. Tes semua gratis (tokso, rubella, hepatitis, dsb.). Cek ke dokter gigi juga memungkinkan jika berkaitan dgn kehamilan.Di Australia, periksa biasanya ke GP dulu, lalu lanjut ke obgyn. Bisa direfer ke klinik antenatal juga jika pasien umum (pakai medicare). Frekuensi pertemuan sama dokter itu diatur oleh klinik antenatal tergantung kehamilannya low risk atau high risk. Tes-tes (darah, urine, diabetes), USG biasanya sudah gk perlu bayar kalau pake medicare, termasuk genetic screening. Genetic screening ini opsional sifatnya, utk lihat resiko down syndrome, trisomy 18, neural tube defects. Ibu hamil harus divaksin dengan flu shot (gratis juga). Disarankan tambah suplemen atau vitamin jika ada kekurangan tertentu. Dikasih juga buku & brosur guidance dari klinik antenatal untuk baca-baca selama hamilDi US, rutin ada pemeriksaan ke dokter & USG. Kebetulan di RSnya sudah ada prosedur genetic screening dan tes seperti NIPT. Tes-tes lain kurang lebih sama dengan JP dan AU. Tapi utk proses lahir tidak bisa pilih mau normal atau c-section. C-section jika memang ada indikasi aja.
  3. Parenting Class. Di Indonesia, gak ada yang spesifik. Biasanya diajari oleh perawatnya atau malah belajar sendiri dari YT, tanya2 keluarga, tetangga dsb. Ada yang memang RS nya yg cukup proaktif mengajarkan, jadi ini tergantung institusi kesehatannya.Di Jepang, ada kelasnya tapi sementara ditiadakan karena situasi pandemi. Jadi ada kelas private nanti setelah lahiran di RS/klinik masing-masing.Di Australia, ada parenting class. Kalo private ya dari rumah sakitnya yg atur, kalau public dari klinik antenatal yg atur jadwalnya.Di US, ada parenting class di RS masing-masing tapi skrg bentuknya online class saja karena pandemi.
  4. Situasi Pandemi. Di Indonesia, N/ADi Jepang, ibu hamil JP harus melahirkan sendiri tanpa ditemani suami/keluarga di RS ataupun klinik. Bahkan si suami baru bisa bertemu anak setelah H+5 (jika normal) atau H+11 (jika c-section).Di Australia, cuma boleh ditemani/dijenguk 1 orang.Di US, N/A
  5. Hal Lainnya. Kehamilan itu butuh peran penting dari pasangan, jadi suami juga harus suportif, lebih baik lagi jika keluarga (orangtua, mertua, saudara) juga suportif. Untuk pros & cons kelahiran normal vs caesar, bisa refer jawaban ini. Untuk di AU berdasarkan sharing, masalah psikologis si ibu juga menjadi pertimbangan dan support secara psikologis selama hamil dan sesudah melahirkan ada, jadi tidak perlu khawatir jika (amit-amit) terkena baby blues/PPD dsb. Khususnya dari sharing di JP dan AU, jika memang calon bayi ada masalah bawaan atau memang dari si ibu atau pasangan tidak bahagia atas kehamilannya, aborsi bisa menjadi opsi.
Pasca Melahirkan.
  1. Di Indonesia, biasanya diisi sesi belajar mengurus bayi baru lahir, tergantung RS/klinik/bidan setempat. Imunisasi juga penting. Jika ada asuransi dari kantor yang bagus, kalau gak harus siap2 juga untuk ini. Puskesmas setahuku gratis (atau kalau bayar pun lebih murah).
  2. Di Jepang, ibu-ibunya bisa istirahat dulu di RS/klinik karena standar stay di RS/klinik cukup panjang untuk membantu proses penyembuhan si ibu.
  3. Di Australia, ada midwife yang akan datangi rumah selama 2 minggu untuk cek apakah si orangtua baru ini bisa menyusui dengan benar, pola tidur, sama berat badan si anak. Cek juga kondisi si orangtua, apakah baik2 saja, stres, atau gimana. Ada penekanan untuk memperhatikan masalah psikologis.
  4. Di US, ada newborn care. Tiap 2 minggu ke RS untuk cek perkembangan bayi baru diikuti ke dokter anak (pediatrician). Disarankan untuk cari ped yang memang teliti dalam mengecek kondisi anak.
Nah sekian kurang lebih rekapnya. Kalau ada yg ke skip, boleh tolong bantu diingatkan. Thank you semuanya, ketemu lagi di thread berikutnya setelah lahiran!
----------- E N D O F U P D A T E -----------

Berangkat dari pengalaman saat ini. Aku lagi hamil di AU, anak pertama. Belom sempet beli asuransi karena baru pindah juga, jadi pake public health scheme di sini, medicare namanya (mirip BPJS kesehatan, minus ribetnya). Karena belom lahiran jadi sharingnya berdasarkan pengalaman sampe saat ini dan "teori" dari apa yg diinfo ya. Warning, panjang nih sharingnya.
Pengalaman pribadi:
  1. Setelah tes pake test pack dan positif, aku bikin appointment sama dokter umum (general practitioneGP), bisa klinik/RS. Satu hal yang memorable dari GP adalah, pas pertama datang, ditanya apakah aku (khususnya) sbg calon ibu, bahagia dengan berita kehamilan ini atau tidak. Bagiku yg mengharapkan anak ya jelas bahagia, tapi gk semua orang ada posisiku dan ini small gesture yg menurutku penuh empati sih. Karena aku mengharapkan kehamilan ini, GP biasanya akan bantu hitung perkiraan usia kandungan, ditanya2 riwayat kesehatan/penyakit, diinfo makanan yg harus dihindari, termasuk dalam mengurus binatang peliharaan (misalnya kucing). Stlh itu dirujuk utk tes lab (ambil darah, urine untuk cek dasar kaya AIDS, rubella, diabetes, kondisi saat ini, kurang nutrisi apa dsb.) dan USG (untuk memastikan usia kandungan). Biaya dokter, sebagian ditanggung Medicare (sistemnya kita bayar full dulu, lalu swipe lagi kartu debit dan dlm hitungan detik subsidi dari medicare balik masuk ke rekening kita). Lab somehow gak bayar (gak ngerti sistemnya kenapa bisa gk bayar). USG bayar full (lumayan ini sekali USG hampir 200 AUD, setara 2 juta IDR). Semua hasil lab dan USG itu udah digital dan tersentralisasi, jadi tiap dokter yg nanganin kita bisa langsung lihat di database (ini ada informed consentnya juga kok). Tapi USG tetep dikasih CD isinya foto-foto USG buat kita simpan sendiri.
  2. Setelah hasil lab keluar, balik lagi ke dokter, dokter cuma buat rujukan ke klinik antenatal/prenatal dan kasih keputusan ini kehamilan low risk atau high risk (ini juga gak bayar, gk tau apakah karena ditanggung medicare atau bulk bill alias udah bayar di awal semua atau emang beneran gak bayar). Dokter juga info soal tes yg namanya nuchal translucency*.* Tes ini untuk cek nuchal fluid di kepala fetus, supaya bisa lihat memberikan indikasi apakah ada keabnormalan kromosom, tesnya digabung antara USG + darah dan harus dilakukan sebelom lewat minggu ke-13 5 hari. Kalo ikutin dari dokter, bayar sendiri yg harganya juga 200 AUD+ or so, atau tunggu rujukan dari klink antenatal, jadi harganya lebih murah atau malah gratis. Hasil tesnya gak bisa definitif, cuma bisa bilang bahwa ini low risk apa high risk. Klinik antenatal itu klinik khusus ibu2 hamil. Dari situ, mulai ditangani midwife (bidan). Bidan lagi digalakkan banget oleh pemerintah di sini. Appointment pertama +/- 1 jam, interview ditanya lebih detail riwayat kesahatan orangtua masing2, situasi hidup gimana, keadaan finansial, sampe ada kuesioner utk cek stabilitas mental/emosi si calon ibu. Dikasih juga buku guidance kehamilan, kesehatan gigi, manage berat badan yg ideal selama hamil, termasuk jadwal kelas parenting. Kelas parenting langsung dibookingin mau hari apa, sesuai jadwal dari mereka (so far kasus covid di state gue udah 0, makanya di sini hidupnya udah kaya normal lagi). Buku guidancenya ini sih yg menurutku bagus untuk dibaca-baca banget! Bisa cek daftar isinya di sini.
  3. Dari klinik antenatal, mereka yg akan manage semua jadwal appointment sama dokteobgyn. Berhubung gue low risk, jadi jadwal ketemu dokter cuma sebulan sekali dan so far tiap bulan ada USG untuk lihat perkembangan fetusnya (krn dirujuk oleh klinik antenatal, ini semua gk ada yg bayar sama sekali, termasuk tes nuchal translucency). Ada satu waktu gue kena batuk pilek & sesuai protokol kesehatan, gk boleh kemana-mana kalo lagi bapil. Jadinya konsultasi sama obgyn hanya by phone.
  4. Rencananya kalau sudah masuk minggu ke-20 akan ada kelas parenting, tes diabetes diulang lagi dan tes lanjutan dari nuchal translucency lagi. Jujur gue belom sampe sini sih, tapi appointment udah dibooking semua, aku tinggal go show aja.
  5. Saat mau lahiran, secara teori aku tinggal telepon ambulance dan nanti langsung ditangani dan telepon midwife yg ditunjuk untuk urusin aku, supaya dia bisa segera datang bersama dokter untuk proses lebih lanjut. Untuk lahiran normal, IIRC, waktu stay di RS cuma 24 jam dengan catatan, jika tidak ada komplikasi. Kalo ada komplikasi akan stay selama dibutuhkan. Lahiran caesar itu 3 hari, jika tanpa komplikasi. Tambahan juga, karena masih suasana pandemi, walaupun kasus aktif udah 0 di negara bagian ini, ibu hamil cuma bisa ditemeni/dijenguk maksimal 1 orang. Jadi gk bisa tiba2 keluarga, mertua, sanak saudara datang jenguk ramai-ramai. Sampe sini sih, harusnya semua ditanggung Medicare. Semuanya itu dihandle sama RS umum/pemerintah. Dan menurutku, gk terlalu ada keperluan untuk harus bayar sendiri, so far pelayanan masih ok. Terus perlu juga sudah harus pasang car seat buat anak mendekati hari2 mau lahiran. Karena saat bawa pulang anak dari RS pakai mobil sendiri, harus ada child car seat yg hadap belakang untuk bayi 0-6 bulan. Kalo gak.. ya ditilang :))
  6. Setelah pulang dari RS, akan ada bidan yang datang ke rumah untuk beberapa waktu. Make sure, kita sbg orangtua baru bisa urus si anak dengan benar. Bisa menyusui dengan benar.
So far ya baru ini info dan pengalamanku. Jujur aku belom cek apakah ada subsidi tertentu di sini kalo anak sudah lahir. Teorinya sih ada, tapi gak tau yang mana karena buanyak banget informasinya sampe bingung sendiri.
Karena ini anak pertama, gue banyak kekhawatiran/kebingungan tersendiri sih. Walaupun di sini kesannya udah cukup terstandar se-nasional, tetap aja kadang ada bingung, nanti kalo gini gimana, kalo gitu gimana. Maka dari itu, ada sesi sharing ini supaya bisa saling mengisi kalau di tempat lain ada plus poin tertentu yg bisa kita ambil.
submitted by blackred44 to indonesia [link] [comments]


2020.07.15 06:16 irfanburningowl FAQ Nikah Muda

ADA UPDATE FAQ SEARCH: UPDATE001

HONORABLE MENTIONS:

Disclaimer:
KATEGORI A: GENERAL
Q: Apa sih Nikah Muda itu?
A: Nikah muda persepsinya sesuai umur, padahal sebenarnya bukan. Nikah muda itu adalah ketika seseorang menikah ketika mereka belum matang secara fisik, mental, psikologi, uang, keputusan hidup, soft skills, komunikasi dan gambaran masa depan.
Q: Boleh nggak sih nikah muda?
A: Boleh, tapi pertimbangkan dulu siap-nggaknya di atas tadi. Kalau sudah berhasil mempersiapkan segalanya, itu baru namanya nikah beneran, bukan nikah muda lagi. Targetmu ke situ.
Q: Apakah nikah muda itu baik?
A: TIDAK BAIK. Mau apapun alasannya, nikah muda nggak pernah baik. Satu, mempersiapkan fisik, mental dkk itu butuh waktu lama. Kalau belum pernah mempersiapkan itu dari kecil, atau at least belajar dulu sampai bisa paham konsep2nya, artinya belum siap. Ini baru buat dirimu sendiri, belum buat pasanganmu. Tapi at least ya, salah satu dari kalian harus sudah paham dan bisa.
Q: Nikah muda itu rasanya kaya gimana?
A: Kalau belum pernah, jangan kebanyakan mikir rasanya gimana. Fokus kepada meningkatkan dirimu sendiri saja. Sampaikan sentimen yang sama kepada pasanganmu. Samakan tujuan, kesiapan, tabungan dan lain2. Jangan kemakan orang2 yang bilang NIKAH MUDA ITU ENACC LHO atau WAH MASIH KECIL PASTI RAPET. Itu semua bullshit. Kita nggak pernah tau keadaan keluarga lain kaya apa secara faktual. Sekali lagi, fokus sama dirimu sendiri dulu.
Q: Kalau mau siap2, tapi belum pernah nyoba, enaknya mulai dari mana?
A: Mulai dari merenung dulu. Dari masalah uang, fisik, mental, psikologi, komunikasi dan gambaran masa depan, mana saja yang kira2 sudah kamu punya dan mana yang belum. Bidang yang bisa dicicil di sini adalah uang dan komunikasi, sisanya lebih baik fokus. Pertama2 fokus dulu sama hal2 yang sudah kamu punya, pertajam kesiapanmu di situ dulu baru pindah ke bidang yang lain.
Q: Kalau cuma siap fisik, mental dan uang, apakah sudah cukup untuk modal nikah?
A: Justru minimalnya bukan fisik dan uang, tapi mental dan komunikasi. Uang bisa dicari, fisik bisa kompensasi, tapi kamu akan hidup terus sama pasanganmu maka perbagus cara kalian berkomunikasi, kurangi marah karena hal2 sepele, beritahu cara kalian marah dan cara masing2 meredam amarah. Misalnya, ada orang yang marah harus meledak dan langsung reda; ada orang yang harus diem dulu beberapa saat baru berangsu2 reda. Jangan sampai kalau pas lagi proses meredam amarah malah dikompor2in.
Q: Contoh indikator berhasil dalam hal psikologi itu seperti apa?
A: (PANJANG) Indikatornya dimulai dari komunikasi dulu. Fokus komunikasi adalah kejujuran, tapi cara tahunya bagaimana? Semua dimulai dari diri sendiri. Ga usah pencitraan, ga usah banyak flexing, biasa aja menghadapi segala hal. Kalau keadaan nyaman dan rileks, orang bisa jujur dengan lebih nyaman juga. Ini butuh waktu tergantung masing2 orang.
Kemudian setelah jujur menjadi sebuah kenyamanan dan hal lumrah, baru masuk ke urusan psikologi. Di bagian ini 11 12 sama persiapan mental, tapi lebih spesifik kepada memahami diri dan kepribadian masing2 dari kalian. Dimulai dari diri sendiri dulu, misalnya "aku ga suka sama orang2 yang pamer" berarti kamu ngaca dulu kamu suka pamer apa nggak; "aku benci motor alay goblok bangsat keparat" berarti ngaca dulu, kalo naik motor udah taat apa belum. Setelah hal2 kecil semacam itu, coba diagnosis mandiri apakah kamu punya semacam syndrome atau masalah psikologis formal (e.g. depresi, bipolar, ADHD, autisme) tapi jangan otomatis menganggap dirimu seperti itu dulu. Itu udah ranah psikolog profesional. Cukup tau aja, kemudian pelajari gejala psikologi tersebut dan persiapkan diri menghadapi kalau memang itu terjadi suatu saat nanti.
Nah ini yang agak susah diukur kalo sama pasangan. Pemahaman diri orang beda2, dan banyakan yang bebal daripada yang berusaha paham diri sendiri. Gapapa2, ini bisa dicicil pelan2 bahkan setelah nikah. Yang harus itu salah satu pasangan harus paham psikologi. Ini juga berkaitan langsung dengan pendiidkan anak, hubungan seks dan hubungan keluarga jangka panjang. Nanti pelan2 analisis hal2 apa yang ngetrigger kalian, dan cari tahu cara mengatasinya bareng2. Ya, bareng2, jadikan ini tujuan jangka panjang. Kalau nggak sama2 diomongin dan dilalui, kasian anak dan masa depan kalian.
Q: Terus indikator keputusan hidup bagaimana?
A: Keputusan hidup dan soft skill sebenarnya berkaitan erat. Soft skill dulu ya, jadi macam2nya adalah: naik mobil & motor manual, nukang, masak, basa inggris, belanja di pasar basah, mbengkel kecil2an (at least bisa ganti oli sama jump start pakai aki/kick start motor), jalanan kota, tempat2 makan yang sehat DAN murah (paling susah), kalau butuh apa2 harus nelpon siapa (misalnya tukang ledeng, urusan meninggal, polisi, ambulans, pak RT, bendaraha RT), dan lain2. Soft skill bisa dipelajari kapan saja dan pelan2, jadi ga usah ngoyo belajar semuanya sekaligus.
Nahh hubungannya sama keputusan hidup itu, semakin banyak soft skill kita, semakin mudah kita membuat keputusan hidup. Tiap ada masalah pasti ada derajat prioritasnya. Sesuai dengan soft skill yang kita punya, kita bisa mengutamakan mana dulu masalah yang bisa diselesaikan dan mana yang butuh bantuan orang lain. Dengan begini, hidup akan lebih santai tapi pasti.
Q: Kalau udah berhasil semua, dan asumsi udah siap nikah, bagaimana cara melamar pasangan?
A: Ya jangan tanya saya
Q: Kalau gitu Gambaran Masa Depan itu apa?
A: Gambaran masa depan adalah gabungan dari semua indikator lainnya, yang disatukan menjadi visi dan misi keluarga. Ini sebenarnya optional, tapi sangat penting. Sekarang coba saya minta kalian tanya orang tua kalian, "pak buk visi misi keluarga kita apa sih?". Saya bisa yakin 9 dari 10 keluarga nggak bisa langsung menjawabnya.
Nah visi dan misi keluarga itu penting untuk menetapkan tahapan2 dan jenjang2 apa saja yang perlu dilewati keluarga dalam jangka pende, menengah dan panjang. Ini butuh penjelasan spesifik per keluarga karena nggak ada visi misi yang general.
KATEGORI B: SPESIFIK
Q: Pak pacarku(F) baru lulus SMA, aku(M) udah 28 tahun. Boleh nggak aku menikahinya?
A: coba telpon 110 dulu
Q: Pacar saya(M) udah kebelet nikah pak, tapi dia cuma buruh pabrik sedangkan saya(F) masih mahasiswi. Kami udah pacaran 3 tahun.
A: Selama ini sering berantem ga? Sering kangen2an ga jelas ga? Frekuensi ngomongin nikah kaya gimana, dan apa alesan dia ngajak nikah? Definisi "kebelet" di sini bisa dikategorikan menjadi kebelet nikah apa kebelet ngewe halal. Coba cari tahu dulu.
Q: Teman saya (M & F) menikah muda persis setelah lulus SMA, dan 3 tahun kemudian bercerai. Cowoknya nggak mau kerja dan ceweknya selingkuh sama orang kaya, padahal mereka udah pacaran sejak SMP. Biar nggak kaya gini, saya harus gimana pak?
A: Nah dinamika orang nikah memang berbeda sama waktu pacaran. Pacaran biasanya diisi pencitraan kan, apalagi 2 orang itu ga ada yang kerja jadi sebelum nikah masih bener2 bergantung sama keluarga masing2. Cara mengatasinya gampang, fokus aja dulu sama bidang komunikasi dan mental.
Q(?): Saya iri sama temen pak. Saya(F) udah pacaran 5 tahun lebih tapi mereka baru kenal 3 bulan langsung nikah dan bahagia banget di sosmednya, jalan2, liburan... Sedangkan pacarku disuruh nikah katanya mau fokus kerja dulu.
A: Coba dipikir deh, kamu iri sama jalan2nya, apa sama sosmednya, apa sama nikahnya? Kalo iri jalan2, kamu juga bisa. Iri sama sosmed, semua sosmed itu ajang pencitraan, kalau mau cari bahan iri ga bakal ada habisnya. Kalo iri sama nikahnya, ya perbaiki coba caramu komunikasi sama pacarmu. Daripada bilang "maasss buruan nikahin akuu cepeeet ga kuat ini rahimku selak kering", coba bilangnya begini "mas, sebenarnya yang bikin kamu belum mau nikah apa sih? Kalau fokus kerjaan, ada apa dengan kerjaanmu sampai gabisa disambi nikah? Kan habis nikah bisa lanjut kerjanya. Gimana mas, coba cerita2 sini kendalanya yuk". Dan ada hal yang perlu diperhatikan dalam komunikasi, yaitu kepentingan bersama. Jangan fokus sama iri dengan orang lain, fokus sama apa yang kalian butuhkan aja.
Q: Pak aku(M) naksir sama temenku(F), tapi dia tipe ukti yang luar biasa ukhtinya. Dalam hal kecantikan, kecerdasan, dan pandangan hidup. Tapi aku cuma orang biasa yang nggak level, gimana caranya biar aku bisa nikah sama dia?
A: Dalam hal mencintai, nggak ada namanya level2an. Cinta ya cinta aja, rasakan sensasinya, pahami cintanya seperti apa, utarakan bila perlu. Di sini karena lawanmu ukhti, dah yakin belum dia mau pacaran apa nggak?
Q: Nggak mau pacaran pak, dosa katanya
A: OK, ya kalau begitu langsung bilang aja "mbak, mohon maaf tapi saya serius ingin menimangmu. Boleh saya kenalan pelan2, atau boleh saya bertemu orang tua mbak?"
Q: Lho kok ketemu ortunya pak?
A: Asumsi saya karena tipe ukti gamau pacaran, artinya pakainya sistem taaruf. Di sini kalau kamu beneran dan serius, ya ketemu orang tuanya. Ngobrol sama mereka. Persiapkan diri dengan baik (mental, komunikasi, soft skill, pandangan hidup). Nggak udah pencitraan bilang kamu manajer atau CEO, bilang aja apa adanya. Nanti penilaian selanjutnya bisa saya kasih seelah kamu ketemu ortunya
Q (bbrp minggu kemudian): pak saya sudah ketemu bapaknya. Bapaknya menanggapi dengan kurang bagus, pak. Katanya anaknya lebih baik lulus kuliahnya dulu, dan saya jujur bilang saya cuma ojol dan bapaknya ga suka karena ojol itu riba.
A: Masih mau lanjut apa nyerah? Ngomong apa aja pas ketemu bapaknya? Ibunya ke mana? Pas di rumah, si cewek itu ada di mana?
Q: Lanjut pak. Saya beneran jatuh cinta sama si mbak itu. Ibunya sudah MD sejak lama. Si mbak nggak ada, katanya lagi ngaji di kamar.
A: OK, ngomongin apa lagi?
Q: Bapaknya lebih suka orang kantoran, terus anaknya udah dijodohin dan nunggu jodohnya pulang dari mesir. Saya tanya, dia kenal jodohnya apa enggak, katanya bukan urusan saya. Udah begitu saja pak.
A: OK, well done. Kamu berani sampai di situ berarti kamu memang niat. Jadi ada 2 pilihan. Yang pertama tanya ceweknya langsung tentang calon jodohnya, kemudian kalau memang ceweknya ga kenal/ga setuju, pertahankan keinginanmu menikahinya. Tapi di sini kamu harus belajar urusan riba dan berani ngajak bapaknya debat logika x agama.
Pilihan kedua adalah... jujur aja ya, bapaknya keliatan sangat mengontrol si cewek itu. Menurut saya kalau kamu ngebet menikahinya dan kejadian, ya siap2 aja kalau hidupmu bakal dikontrol sama mertua. Di sisi ini, komunikasimu dnegan si cewek udah harus bagus dan sejalan buat ngelawan kekangan mertua. Ini bisa butuh bertahun2 melihat kondisinya kaya gitu, belum lagi bidang kesiapan yang lain yang belum kamu tau kan.
(spoiler: pada akhirnya dia berhasil dan mereka udah tunangan sekarang)
Q: Pak saya(M) nikah karena dijodohkan sama guru saya. Istri saya sebenarnya saya tahu tapi dulu belum kenal, dia adik kelas saya di SMA. Waktu taaruf juga dia pakai cadar dan nggak pernah berbicara banyak. Setelah menikah saya benar2 kecewa karena toketnya dia sangat rata, pak. Saya suka yang dadanya besar. Kekecewaan saya berpengaruh sama kehidupan seks dan suka marah2 sendiri. Ini gimana terusan, pak?
A: ...ya mau gimana lagi, kamu dari awal ga bilang kalau sukanya jilboob toge. Kaya saya dong, meski tertutup cadar saya tetap bisa lihat.
Q: Pak saya(tua, 36 tahun) suka daun muda tapi kelas2 lulusan mahasiswi jadi nggak perlu panggil polisi. Kira2 masyarakat melihat saya nanti bagaimana ya?
A: Ya ga usah mikirin masyarakat. Lulusan S1 kan udah dewasa, 21 tahunan. Nikah ya nikah aja. Tapi RPnya banyak lho pak, inget meski bapak sudah tua tapi bidang2 kesiapan nikah udah siap semua belum? Terus siap nggak ngajarin calone bapak buat itu semua? Jangan cuma nikahin daun muda biar jadi ratu aja, ajari juga buat ngadepin hidup sama2.
UPDATE001
Q: Pak saya(M) udah pacaran lama, ini mau nikah tapi calon mertua saya kok tidak setuju. Alasannya karena status orang tua saya yang pedagang pasar. Bagaimana cara meyakinkan calon mertua?
A: Kalau hubungannya sama status orang tuamu, yang perlu diyakinkan buan camer tapi calon istrimu. Pertama2 yakinkan bahwa dirimu memang pantas buat dia, mengesampingkan orang tuamu. Kemudian perlahan2 ajak dia buat membujuk orang tuanya bahwa dirimu memang pantas, sekali lagi mengesampingkan status orang tuamu. Terus saja buktikan dirimu, harapannya camer nanti lama2 akan luluh. Ini dengan asumsi kalian sama2 berusaha lho ya, kalau cuma salah satu dari kalian yang berusaha ya percuma.
Q: Pak istri saya kalau marah selalu ngancem2 mau cerai kemudian balik ke rumah orang tuanya beberapa hari, ninggal saya sama anak. Mentang2 saya cuma tukang bangunan, dikira saya bisa asal libur saja, akhirnya anak sering saya bawa ke lokasi dan diasuh mbak resepsionis. Udah berkali2 kejadian dan saya lama2 muak pak. Baiknya bagaiamana?
A: Ini agak rumit karena yang perlu mengupayakan sesuatu di sini bukan hanya bapak, tapi terutama istri bapak. Jadi selain bapak harus berusaha meyakinkan istri, si istri juga harus memperbaiki cara dia marah. Mungkin dia anak manja yang dikit2 selalu lapor ortu kan, berarti ada masalah psikologis (spot on btw). Dia pasti bakal ngeyel kalo disuruh pergi ke psikolog (tepat). Cara terbaik adalah ngajak ngomong saat bedtalk, atau persis setelah momen bahagia misalnya jalan2. Jangan langsung nembak, awali kata2 dengan "say, sebenarnya aku pengen ngomongin tentang caramu marah. Bisa nggak kita omongin sekarang?". Kalau dia menolak, jangan menyerah, bujuk berkali2 kalau perlu. Ingatlah perjuangan kecil ini dilakukan demi masa depan keluarga kalian dan anak2 kalian.
Q: Pak pacar saya[F] hobinya ngegame, padahal saya[M] sendiri padahal nggak terlalu suka. Dia gabisa masak, kamarnya berantakan dan itu mengganggu saya banget karena saya harapannya bisa bisa ngurus rumah...
A: Stop. Sebentar, kamu di sini egois sekali. Maunya pacarmu A B C. Ya saya tahu ngegame berlebihan itu nggak baik, tapi bukan berarti gabisa masak dan kamar berantakan gara2 game kan. Siapa tahu dia ada masalah keluarga, masalah teman atau apalah. Coba kalian komunikasi dulu pelan2. Tanya yang bikin dia addicted sama game itu apa. Jangan langsung nyetop, alihkan perhatiannya dari game pelan2. Kalo dia gabisa masak, ya kamu ajak dia masak bareng2 misalnya. Untuk urusan kamar berantakan, itu bisa dikaitkan dengan depresi kecil atau memang pemalas, intinya komunikasi kalian perlu diperkental dulu.
OK update pertama sampe sini dulu karena harus ngurus rumah sek. Mungkin akan ada update2 lagi ke depannya, nanti tak taruh di DCT. Thank you semua yang sudah mau baca sampai sini
submitted by irfanburningowl to indonesia [link] [comments]


2020.03.18 04:10 Hafiz_Legasi Cabaran Quran untuk tempoh berkurung

BOSAN DUDUK RUMAH?
Marilah jawab 100 soalan Quran ini 📷:)
ini link jawapan: https://www.youtube.com/watch?v=ZbsHH5DpcXg&list=PLSY6G9xtMZkIoityKmN-2vCh17oyJ1X5M
Dan ini ialah senarai soalan dan petunjuk:
S1 : Neraka yang banyak pintu dalam Quran. P: Surah Hijr
S2: 2 bahan yang Zulqarnain guna buat tembok yakjuj makjuj : P: awal juzuk 16
S3: Berapa banyak mukjizat nabi Musa? P: Surah bernama semut
S4: mengapa piramid dibina? P: surah al-qasas
S5: Apakah cabaran yang raja namrud tidak dapat buat? P:Berada dalam awal juz 3
S6: Siapakah yang dimaksudkan Zun Nun di dalam Quran? P: Surah Al-anbiya
S7: Apakah haiwan yang Allah cabar berhala cipta? P:akhir surah Al-Hajj
S8: Juzuk yang semua surah di dalamnya bermula dengan Haa Mim. P: Antara Juzuk 20-30.
S9: Namakan negara yang Allah jadikan nama Surah di dalam Quran. P: Juzuk 21.
S10: Namakan dua nabi yang kisahnya di dalam Quran ada selitkan haiwan bernama ikan. P:Surah Anbiya dan akhir juzuk 15
S11: 2 mukjizat Nabi Musa yang diperlihatkan kepada Firaun pada awal dakwah baginda. P: muka surat pertama surah Naml
S12: Selain Nabi Isa, Nabi apa yang kelahirannya dikhabarkan oleh Malaikat? P: Akhir juzuk 26 dan juzuk 3
S13: Berapa lamakah masa Allah ambil untuk cipta 7 lapisan langit. P: Surah Fusilat
S14: Juzuk berapakah yang hanya ada 1 surah? P: Bawah Juzuk 10
S15: Sahabat Nabi Muhammad yang tertulis namanya di dalam Quran. P: awal juzuk 22
S16: Dalam Surah Baqarah, berapa muka surat yang menceritakan tentang sapi betina? Dan muka surat berapa? P:pertengahan Juzuk 1.
S17: Malaikat singgah sejenak mengkhabarkan tentang kelahiran anak nabi ...... sebelum mereka mengazab sebuah kaum Nabi Luth. (Isi tempat kosong) P: baca muka surat 222-232.
S18: Namakan 2 Nabi yang hidup satu waktu tetapi berbeza kaum. P: Juzuk 12 dan Surah Qasas
S19: Kaum yang diazab dengan petir. P: Surah Fusilat
S20: Apakah cabaran Allah terhadap kaum musyrikin? P: Surah Hud atau surah yunus
S21: Nabi yang dirakam perbualannya bersama Jin Ifrit di dalam Quran. P: surah An-Naml
S22: Apakah lafaz baiat yg dilafazkan oleh wanita mukmin di dalam surah al-mumtahanah? P: Surah mumtahanah
S23: Surah ini telah menamakan seorang musyrikin ini masuk neraka sewaktu dia masih hidup. Apakah namanya? P: Juzuk 30
S24: Namakan 2 Nabi yang mukjizatnya ialah menghidupkan burung. P: Juzuk 7 dan Juzuk 3
S25: Kaum yang diazab dengan hujan batu. P: surah al-A’raf
S26: Berapakah puak dalam Bani Israel yang diselamatkan oleh Nabi Musa? P: Juzuk 1
S27: Muka surat berapakah mempunyai ayat paling terpanjang di dalam Quran? P:Al-baqarah.
S28: 3 Berhala zaman Nabi Muhammad yang terdapat di dalam Quran. P: Juzuk 27
S29: Ayat Qursi terletak di dalam juzuk? P: Surah Baqarah
S30. Bagaimanakah Allah menunjukkan kuasa-Nya menghidupkan orang yang telah mati kepada nabi Ibrahim? P: Juzuk 3
S31: Berapakah golongan yang akan Allah bahagikan sewaktu hari kiamat kelak (Paling banyak)? P:awal surah Al-Waqiah
S32: Surah yang setiap ayatnya berakhir dengan huruf sin. P: Juzuk 30
S33: Setiap juzuk mempunyai 20+- muka surat kecuali 2 juzuk iaitu.... P: Tiada
S34: Kenapakah Nabi Nuh mendoakan agar Allah membinasakan semua manusia musyrikin dari kaum Baginda? P: tengah juzuk 29.
S35: Dosa yang dianggap memakan daging saudaranya yang telah mati. P: Juzuk 26
S36: Raja yang dilantik oleh Nabi dan berjaya mengembalikan Tabut. (Tabut ialah peti tempat menyimpan taurat) P: Pengakhiran juzuk 2
S37: Nabi yang pernah meminta untuk melihat Allah. P: Surah Al-A’raf
S38: Surah yang terpanjang. P: Juzuk 2,3dan setengah 4.
S39: Apakah bukti jin tidak tahu tentang perkara ghaib? P: Surah Saba.
S40: Antara anjing, ular, burung , keldai, kucing dan lalat mana satu haiwan yang tidak disebut didalam Quran? P : Tiada
S41: Kenapa Allah memasukkan manusia ke neraka Saqar? P : Surah al-mudathir
S42: Surah apakah yang semua ayatnya berakhir dengan huruf dal? P: Juzuk 30
S43: Nabi yang menjaga Maryam. P: Juzuk 3
S44: Kaum yang menipu dalam timbangan. P: akhir juzuk 8
S45: Penduduk kota apakah yang mampu memahat gunung untuk dijadikan rumah? P: Surah Hijr
S46: Selain Kaum Nabi Nuh, ada satu lagi kaum yang Allah azab dengan banjir yang besar iaitu kaum ....... ? P: Juzuk 22
S47: Kisah Nabi apakah yang terdapat di dalam Surah As-syams? P:Juzuk 30
S48: Surah yang tidak dibacakan basmalah. P: juzuk 10
S49: Satu-satunya nabi yang pernah menyuruh umatnya bunuh diri dan dirakam ucapannya di dalam Quran? P: Juzuk 1
S50: Berapa lamakah iddah bagi Wanita hamil dan menopous? P: Surah At-talak
S51: Namakan semua jenis minuman syurga yang terdapat dalam surah Al-Insan. P:Surah Al-Insan.
S52: Namakan 2 tuduhan yang sering dituduh kepada Rasul. P: awal juzuk 27.
S53: Isteri Nabi apakah yang melahirkan zuriat ketika di usia tua? P: ada 2 Nabi . Juzuk 3 dan Juzuk 26
S54: Apakah ujian ke atas firaun dan negaranya setelah menolak dakwah Nabi Musa? P: awal juzuk 9
S55: Syurga yang Allah nyatakan di bawahnya mengalir sungai-sungai ialah syurga .... ? P: Surah Taha
S56: Apakah soalan terakhir di saat ajal Nabi Yaakub? P: Juzuk 1
S57: Siapakah Zabaniyah? P: Juzuk 30
S58: Berapa lamakah Nabi Musa menerima janji untuk bekerja sebagai bayaran kahwin baginda? P: Juzuk 20
S59. Benda apakah yang pernah diangkat ke atas Bani Israel? P: Juzuk 1
S60: Apakah bahan bakar neraka di dalam surah At-tahrim. P: Surah at-tahrim.
S61: Sebutkan ayat Quran yang paling terpendek. (tidak termasuk alif lam mim dan mana-mana ayat yang tidak punyai sebarang maksud) P: ada 5 huruf sahaja ayat ini di dalam Quran dan terdapat di dalam juzuk 29.
S62: Bilakah nabi Muhammad melihat Jibril dalam Quran? P: Surah Najm
S63: Sebutkan semua mukjizat Nabi Isa P: juzuk 3.
S64: Surah yang setiap ayatnya berakhir dengan huruf sin. P: juzuk 30.
S65: Siapakah yang telah menyesatkan kaum Nabi Musa? P: akhir juzuk 26.
S66: Anggota wudhuk yang dinyatakan di dalam Quran. P: ada 4 dan di dlam Surah Maidah
S67: 2 Neraka apakah yang terdapat di dalam surah Al-Qari’ah dan Al-Humazah? P: Juzuk 30 dan kedua-duanya bermula dengan huruf H
S68: Nabi yang sempat berjumpa dengan 2 Nabi yang lain. P: Surah Qasas
S69: Apakah karamah yang dikurniakan kepada Maryam sewaktu dalam jagaan Nabi Zakaria? P: Surah Al-Imran
S70: Berapa lamakah Allah azab kaum Ad? P: Juzuk 29
S71. Apakah doa Syaitan yang Allah makbulkan?
P: Juz 8
S72: Arab jahiliyah menganggap malaikat sebagai anak ........ P: Surah Najm
S73: Kaum pada zaman Nabi apakah yang diturunkan nikmat mann dan salwa. P: Juzuk 1
S74: Jika orang Nasrani kata Isa itu anak Allah, orang yahudi pula mengatakan .... itu anak Allah. P: pertengahan juzuk 10
S75: Apakah hasutan Iblis kepada Nabi Adam untuk makan pohon khuldi? P: pengakhiran juzuk 16.
S76: Burung apakah yang ajar anak Nabi Adam menguburkan saudaranya? P: Juzuk 6
S77: 2 Nabi apakah yang hubungannya ialah menantu dan mertua? P: Juzuk 20
S78: Allah menyamakan penciptaan Nabi Isa dengan penciptaan ...... ? P: Juzuk 3
S79: Haiwan yang menolong Ashabul Kahfi. P: Surah al-Kahfi.
S80: Berapa malaikat yang menjunjung Arasy Allah? P: Surah Al-Haqqah
S81: Namakan dua surah yang panjangnya melebihi satu juzuk di dalam Quran. P: bawah Juzuk 7
S82: Nabi apakah yang mukjizatkan mentakwil mimpi? P: Juzuk 13
S83: Mengapakah Bani Israel pernah dipanah kilat? P: Juzuk 1
S84: Pada waktu bilakah Kaum Luth di azab? P: Surah Hud
S85: Selain Madyan, Nama apakah lagi Quran nyatakan buat kaum Nabi Syuaib? P: Juzuk 19
S86: Berapa lamakah Nabi Musa dan umatnya disesatkan di padang pasir? P: pertengahan juzuk 6
S87: Nabi yang ada dua anak lelaki dan dinyatakan di dalam Quran. P: juzuk 23
S88: Wanita yang dipanggil saudara perempuan Harun oleh Bani Israel dan dirakam di dalam Quran. P: juzuk 26
S89: Antara golongan terawal memeluk agama Nabi Musa dan Harun setelah dakwah mereka bermula. P: Surah Taha
S90: Namakan berhala pada zaman Nabi Nuh yang dinyatakan di dalam Quran? P: pertengahan juzuk 29.
S91: Siapakah kaum yang sebelum di azab mereka menyangka awan yang bakal mengazab mereka itu awan mengandungi hujan? P: 10 muka surat pertama juzuk 26.
S92: Ayat yang paling terpanjang di dalam Quran menyatakan syariat berkenaan apa? P: Pengkahiran surah Al-baqarah.
S93: Antara Nasrani dan Yahudi. Manakah yang Allah kata paling keras dan paling dekat persahabatan dengan Orang beriman? P: Pengakhiran juzuk 6
S94: Nyatakan satu Surah yang hanya ada satu kisah Rasul P: Juzuk 22 dan Juzuk 23
S95: Siapakah yang firaun suruh dibinanya bangunan yang tinggi pada zamannya? P: Juzuk 20
S96: Nabi yang ada dua anak perempuan. P: Juzuk 20
S97: Sebelum malaikat mengazab kaum Nabi Luth, mereka berhenti di rumah siapa? P: Juzuk 27.
S98: Hukum Zihar diterang Allah pada surah? P: Juzuk 28
S99: Berapa lamakah Nabi Musa pergi bermunajat kepada Allah? P: juzuk 1
S100. Kaum apakah yang meminta Nabi mereka buat berhala? P:Juzuk 9
submitted by Hafiz_Legasi to Ajar_Malaysia [link] [comments]


2019.04.16 07:32 Ayuoktavia231 Miris, Hanya Karena Mertua Beli Kasur Baru, Seorang Menantu Tega Bakar Mertuanya Hingga Tewas , Begini Video Kejadiannya ..

Berita Terkini - Baru-baru ini warga Dusun Ngebrong, Desa Tawang Sari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur di hebohkan dengan kejadian seorang menantu yang dengan teganya membakar hidup-hidup mertuanya sendiri hanya karena masalah yang kecil dirinya dengan tega membakar mertuanya yang pada saat itu sedang tertidur lelap dengan menggunakan bensin .
Korban di ketahui bernama siti berusia ( 50 ), sebelumnya kejadian naas tersebut korban sudah cekcok sejak dua bulan terakhir dengan menantunya tersebut , sang suami korban mengatakan bahwa mereka sudah beberapa minggu ini cekcok mulut akan tetapi suami korban tidak pernah menyangka bahwa menantunya tersebut akan tega melakukan hal tersebut kepada mertuanya sendiri .
Baca juga : Miris, Hanya Karena Mertua Beli Kasur Baru, Seorang Menantu Tega Bakar Mertuanya Hingga Tewas , Begini Video Kejadiannya ..
Ningsi Nekat membakar mertuanya tersebut dengan menggunakan bensin yang di beli dari kios yang tidak jauh dari rumahnya tersebut hanya karena hal sepele saja , pada saat kejadian tersebut suami korban yang pada saat itu yang sedang tidak berada di rumah tersebut mengatakan bahwa dirinya pada saat itu sedang berada di mesjid untuk sholat pada saat dirinya menuju penjalanan kerumah dirinya di kagetkan dengan banyaknya orang yang berada di rumahnya tersebut .
Meski korban sudah di selamatkan oleh warga dengan diberi handuk basah dan korban juga sudah di larikan ke rumah sakit RS hasta brata akan tetapi nyawa korban tidak dapat di selamatkan , korban di nyatakan meninggal dunia pada saat korban baru saja tiba di rumah sakit tersebut, sementara pelaku di ketahui melarikan diri ke hutan, dan kini sudah diamankan pihak kepolisian.
pihak kepolisian mengatakan bahwa mereka menemukan tersangka di dalam hutan “Kami temukan dia di hutan. Dia tidak berani keluar karena takut dihajar massa,”
[embed]https://www.youtube.com/watch?v=Hv3Y0Yw0oh4\[/embed\]
submitted by Ayuoktavia231 to u/Ayuoktavia231 [link] [comments]


2019.04.15 12:05 indoliputan Pesan Terakhir Mertua yang Tewas Dibakar Menantu Bikin Merinding

Pesan Terakhir Mertua yang Tewas Dibakar Menantu Bikin Merinding submitted by indoliputan to u/indoliputan [link] [comments]


2019.04.11 03:09 24jzoya Menantu Kencani Mertua atas Rujukan Bini Sendiri

Menantu Kencani Mertua atas Rujukan Bini Sendiri submitted by 24jzoya to u/24jzoya [link] [comments]


2019.04.06 02:43 24jzoya Jika Ibu Mertua Kesepian Menantu Menjadi Gigolo

KESEPIAN ditambah kegatelan, itulah Ny. Sumiati, 46, dari Surabaya. Semenjak ditinggal mati suami, dia tega menjadikan sang menantu, Saptono, 30, sebagai gigolo. Lama-lama istri Saptomo tahu juga kelakuan ibunya. Langsung saja dia minta cerai, biarlah ibunya kelonan dengan Saptono sampai tua!

Dunia semakin tua saja rupanya. Orang tak peduli lagi dengan batasan hukum. Yang haram dijadikan halal, yang halal apa lagi. Orang menjadi semakin tak punya malu, gara-gara memanjakan dia punya kemaluan. Bayangkan, dulu makan adik ipar merupakan aib luar biasa. Tapi kini, mertua makan anak menantu juga mulai terjadi di mana-mana.

Ny. Sumiati warga Surabaya, rupanya juga sangat merindukan “manuk” kaum lelaki. Sebab sejak suaminya meninggal beberapa tahun lalu, dia menjadi vakum urusan begituan. Biasanya seminggu dua kali sesendok makan bisa dipastikan, sekarang sama sekali nol alias ngaplo.

Kebetulan keluarga anak perempuannya, Watik, 25, masih tinggal serumah dengannya, karena Saptono sang menantu belum punya rumah sendiri. Awalnya memang untuk menemani sang ibu, ketimbang bengong sendirian di rumah yang lumayan besar. Tapi lama-lama, Saptono menjadi berfungsi ganda. Bukan saja menemani di rumah, tapi juga menemani tidur di ranjang dengan segala aktivitasnya.

Watik sama sekali tak curiga dengan keakraban suami dengan ibunya. Mertua sering ngobrol sama menantu kan lumrah. Nggak tahunya, ketika rumah sepi Saptono itu malah diajak masuk kamar untuk melayani kebutuhan biologisnya. Awalnya Saptono kikuk juga, tapi karena Ny. Sumiati memberi semangat, akhirnya ya gliyak-gliyak, jalan juga! Dengan kata pembuka “nuwun sewu bu” semuanya berlangsung lancar jaya.

Sekali waktu di tengah malam nan sunyi, Watik kaget tak menemukan suami di sampingnya. Dia lalu mencarinya, eh….di kamar ibunya terdengar kesibukan tersendiri. Begitu diintip, jabang bayik…… Saptono sang suami tengah menggauli ibu mertuanya. Mau nggeblag (pingsan) rasanya Watik melihat adegan itu.

Selesai menservis ibunya, langsung Saptono diinterogasi. Karena ketangkap basah suami pun bercerita bahwa aksi mesum ini terjadi sejak 6 bulan lalu. Berapa kali berlangsung, Gatot sudah tak ingat lagi. Jika seminggu 2 kali saja, sudah bisa dihitung sendirilah selama 6 bulan itu.

Yang lebih bikin kaget, Saptono juga terus terang bahwa setiap habis berbuat sang ibu mertua memberi uang barang Rp 300.000,- hingga Rp 500.000,-

Begitu mendalam sakit hati Watik, hari berikutnya dia langsung mendatangi Pengadilan Agama Surabaya untuk menggugat cerai. Bekas suami mau terus jadi gigolo ibunya, atau cari obyek lain terserah. Yang penting tak lagi ndeleng mata. Sudah muak melihat Saptono

Ibu mertua kok rasa emak-emak (Pos-Kota)


submitted by 24jzoya to u/24jzoya [link] [comments]


http://swiebodzin.info