Contoh pidato narkoba dalam bahasa sunda

RokokBet - Dasar-dasar Komputer: Fondasi Teknologi yang Mengubah Dunia

2024.05.10 21:33 Financial_One5453 RokokBet - Dasar-dasar Komputer: Fondasi Teknologi yang Mengubah Dunia

RokokBet - Komputer telah menjadi salah satu teknologi paling penting dalam sejarah manusia, mengubah cara kita bekerja, berkomunikasi, dan hidup sehari-hari. Di balik kompleksitasnya, ada dasar-dasar yang mendasari operasi komputer modern. Mari kita jelajahi dasar-dasar komputer yang membentuk pondasi bagi teknologi yang kita nikmati hari ini.
1. Konsep Binari Pada dasarnya, komputer adalah mesin biner yang menggunakan sistem angka biner (0 dan 1) untuk melakukan semua operasinya. Konsep ini mendasari semua proses komputasi, mulai dari penyimpanan data hingga eksekusi program.
2. Perangkat Keras (Hardware) Perangkat keras adalah komponen fisik dari komputer yang meliputi CPU (Central Processing Unit), RAM (Random Access Memory), penyimpanan (hard drive atau SSD), dan perangkat input/output seperti keyboard, mouse, dan monitor. Ini adalah bagian-bagian yang secara fisik melakukan tugas-tugas komputasi.
3. Perangkat Lunak (Software) Perangkat lunak adalah program-program yang dijalankan oleh komputer untuk melakukan berbagai tugas. Ini termasuk sistem operasi (seperti Windows, macOS, atau Linux), aplikasi (seperti Microsoft Word, Adobe Photoshop, atau Google Chrome), dan program-program utilitas yang mengelola operasi dasar komputer.
4. Sistem Operasi Sistem operasi adalah perangkat lunak yang mengelola sumber daya komputer dan menyediakan antarmuka antara pengguna dan perangkat keras. Ini memungkinkan pengguna untuk menjalankan program, mengakses file, dan melakukan tugas-tugas lainnya dengan mudah. Contoh sistem operasi populer termasuk Windows, macOS, dan Linux.
5. Bahasa Pemrograman Bahasa pemrograman adalah alat yang digunakan untuk menulis program komputer. Ada berbagai macam bahasa pemrograman, mulai dari yang tingkat tinggi seperti Python dan Java, hingga yang tingkat rendah seperti C dan Assembly. Bahasa pemrograman memungkinkan pengembang untuk menginstruksikan komputer untuk melakukan tugas-tugas tertentu.
6. Algoritma Algoritma adalah serangkaian langkah-langkah terstruktur yang digunakan untuk menyelesaikan masalah atau melakukan tugas tertentu. Mereka membentuk dasar dari semua program komputer, memandu komputer melalui proses komputasi dari input ke output.
7. Jaringan Komputer Jaringan komputer memungkinkan komputer untuk terhubung satu sama lain dan berbagi sumber daya dan informasi. Ini adalah dasar dari internet dan memungkinkan komunikasi global dan akses ke berbagai layanan online.
Mengerti Dasar-dasar untuk Memahami Komputer Pemahaman dasar-dasar komputer adalah kunci untuk mengerti bagaimana teknologi ini bekerja dan bagaimana kita dapat memanfaatkannya untuk memecahkan masalah dan meningkatkan produktivitas. Dengan menguasai konsep-konsep dasar ini, kita dapat membuka potensi tak terbatas dari dunia komputer dan teknologi informasi.
submitted by Financial_One5453 to u/Financial_One5453 [link] [comments]


2024.04.24 22:29 Sea-Chance-9249 Bahasa Inggrisnya Nalangin?

Serius nanya bahasa inggrisnya nalangin apa ya? Tapi tapi sblm itu just want to make sure is “nalangin” even bahasa indonesia apa bahasa sunda ya?😂 duh maaf bgt ni kadang suka gakbisa bedain mana bahasa indonesia mana bahasa sunda (contoh: serutan vs rautan, serodotan vs perosotan - all these times i thought serutan dan serodotan tu bhs indo pdhl sunda). Tapi in case nalangin tuh bahasa sunda, definisi nalangin:
“Biar aku bayarin dulu, kamu gantiin nanti aja” <- “biar aku talangin dulu deh”
TAPI INI BUKAN NGUTANG Y GAES.
Kaya temporarily bayarin dulu gitu ngerti gaksih kalo misal buru2.
Yauda gitu aja kalo ada yg tau simplified word of “nalangin” in English plis kasi tau. Hatur nuhun suhu🙏🏻
*btw makasi guys jawaban2nya tp ini sbnrnya untuk professional context jd kaya mau bikin wording utk sistem nalangin di suatu organisasi, kalo ada yg tau kata singkatnya ato ngasi inspirasi nama sistem nalangin kabar2i yaa (mau dibikin kyk rekber gt wkwk kaskus bgt yak)
submitted by Sea-Chance-9249 to indonesia [link] [comments]


2024.04.23 03:32 GuiltyOctopus2022 Is this an example of inciting racial discord? /s

Is this an example of inciting racial discord? /s
Their IG account screams "racial supremacist".
submitted by GuiltyOctopus2022 to Bolehland [link] [comments]


2024.04.09 03:44 MelodicConfusion500 JENIS SISIK DAN MITOS KATURANGGANNYA

pukulannya lawan tarung akan merasakan sakit luar dalam Memiliki Mental yang cukup bagus dan banyak dicari oleh para bobotoh Memiliki pergerakan dan keseimbangan kaki yang cukup Lihai
  1. ROTAN (Bulat) Sisik kaki rotan adalah salah satu yang paling banyak dikenal dan sering kita jumpai akan tetapi sisik kaki rotan super yang dipercaya memiliki pukulan menyakitkan bahkan dibilang mematikan. Ayam aduan sisik rotan punya ciri khas kaki berbentuk bulat ramping debgan barisan sisik yang begitu rapih/kerep maka dari itu para penghobi lama lebih menyukai ayam aduan dengan model kaki berbentuk bulat. Memiliki kekuatan pukulan yang begitu keras disertai taji super Memiliki kemampuan pukulan yang dapat Mematahkan tulang leher sehingga lawan tarung tak sanggup menahan rasa sakit Memiliki Mental bagus dan kuat Memiliki Keseimbangan dan pergerakan yang cukup ideal
  2. NAGA BANDA Sisik kaki Naga Banda merupakan jenis kaki ayam bangkok yang paling populer dan dikenal berbahaya tentunya' penghobi sering menyebutkan bahwa ini adalah contoh bentuk kaki ayam bangkokan asli (Original) sejak dulunya. ciri khas Naga banda memiliki sisik yang serupa dengan kulit buah salak melihat dari bentuk kaki dan karakter sisik naga banda memiliki aura yang dapat menakuti lawan. Memiliki Pukulan pedas, panas dan keras sehingga jarang sekali lawan tarung yang tahan jika terkena pukulannya. Memiliki Pukulan Depan yang mampu membuat lawan tersungkur dalam beberapa menit. Memiliki Mental luar Biasa seperti baja. Memiliki Pergerakan kaki yang begitu cepat.
  3. PUTRI KINIRUNG (Selap) Sisik kaki putri kinirung merupakan salah satu katuranggan yang masuk dalam naskah kuno seperti diprimbon jawa misalnya banyak kalangan penghobi mempercayai hal ini. jenis sisik ini diyakini memiliki pukulan yang dapat membuat lawan tarung sempoyongan bahkan lemas. khas putri kinirung sendiri memiliki ciri yaitu sebuah sisik janggal menyelip/melik keluar (dalam bahasa sunda sisik selap) Memiliki pukulan Menyakitkan yang terkenal panas Memiliki kemampuan pukulan yang membuat lawan kebingungan sehingga menjadi lemas bahkan lumpuh Memiliki mental yang bagus dan kuat Memiliki kecepatan dalam pergerakan
  4. SURO WETU Sisik kaki suro wetu merupakan salah satu ayam aduan paling berbahaya dan mematikan Katuranggan yang tersimpan dipercaya memiliki banyak kelebihan dan keampuhan jenis ini masuk kedalam daftar nama - nama ayam suro yang kita ketahui. Selain banyak dicari sisik suro wetu punya nilai harga yang cukup tinggi. Ciri khas Suro wetu yaitu memiliki benjolan pada bagian belakang kaki tepat dibawah taji. Memiliki pukulan yang begitu keras hingga kedalam tulang Memiliki kehebatan yang membuat lawan tumbang dalam beberapa menit. Memiliki Kelebihan dari cara dia melangkan, kuda kuda, dan juga pergerakan Memiliki mental yang cukup dan sulit dikalahkan
11.BATU RANTAI (Buaya) Sisik Kaki Batu Rantai atau dikenal dengan sebutan sisik buaya ini sangat populer dikalangan masyarakat pecinta sabung ayam. Menurut informasi salah satu jenis ini disebutkan keturunan se'ekor buaya maka dari itu setiap penghobi meyakini katuranggan tersimpan didalam sisik ini sangat kuat. Banyak mitos yang mengatakan bahwa sisik batu rantai mudah kelelahan dan tidak boleh bertarung berdekatan dengan pohon bambu. Ciri khas batu rantai sendiri memiliki beberapa sisik pada bagian - bagian bawah jari. Memiliki pukulan yang dikenal pedas dan panas sehingga lawan merasakan nyeri pada bagian urat - urat seperti otot Memiliki Kehebatan pukulan yang mampu membuat tenaga lawan hilang Memiliki mental cukup bagus dan tenaga mudah kembali setelah terkena air Memiliki keseimbangan dan pergerakan kaki yang cukup gesit
  1. BATU LAPAK Sisik batu lapak merupakan salah satu yang paling sulit ditemukan bahkan jarang dimiliki oleh jenis ayam mana pun hanya orang - orang tertentu saja yang beruntung memilikinya. Berbicara katuranggan batu lapak dipercaya memiliki kekuatan pukulan yang dapat mengalahkan lawan dalam sekejap khas batu lapak sendiri punya ciri yaitu terdapat sisik tepat pada bagian telapak kaki. Memiliki pukulan yang dikenal mematikan cukup keras sehingga lawan tarung merasa linu pada bagian - bagian tulang. Memiliki Kehebatan pukulan yang mampu melumpuhkkan lawan dalam sekejap. Memiliki Mental jiwa petarung perkasa. Memiliki pergerakan dan kuda kuda cukup baik.
  2. SATRIYA SINEKTI Sisik kaki satria sinekti adalah salah satu model jenis terlangka sangat sulit ditemukan jenis ini sejak pada jaman dahulu dikenal dengan digdaya yang mempunyai kelebihan sebagai ayam aduan terhebat dan sulit dikalahkan. Menurut primbon yang dituliskan bahwa ayam aduan dengan bentuk kaki seperti ini memiliki katuranggan pada urutan ke 10 dan dijelaskan bahwa satriya sinekti adalah yang tanpa sisik melik dalam artian sisik yang hampir tak terlihat seakan menyatu dengan tulang kaki Memiliki pukulan begitu keras dan mematikan mampu membunuh lawan dengan sangat cepat Memiliki kekuatan pukulan sakti yang bisa membuat lawannya cacat mental Memiliki mental petarung pantang mundur Memiliki pergerakan cepat dalam menyerang
  3. NAGA TEMURUN Sisik kaki Naga temurun merupakan jenis sisik kaki terhebat dan banyak dibicarakan oleh setiap master ayam soal kemampuannya menghabisi lawan. Istilah naga temurun yaitu sisik yang mirip dengan sisik ular naga para penghobi pun mempercayai katuranggan jenis ini punya banyak keistimewaan dari cara teknik bertarung juga pukulan maka dari itu naga temurun dinobatkan salah satu jenis sisik paling berbahaya oleh para lawannya. Ciri khas naga temurun tersebut bisa dibedakan yaitu dilihat dari bentuk barisan sisik belakang yang menurun kesuluruhan memang banyak kalangan penghobi yang keliru tentang hal ini, kami akan menjelaskan secara detail sebetulnya dari kata menurun pada bagian bentuk lengkungan atas berada diposisi bawah tidak berada diatas kalau kita simpulkan secara langsung bentuk sisik berubah menjadi berbalik menghadap ke atas lihat berikut gambar ini.
Tampilan Posisi lengkungan berada dibawah/turun boleh dikatakan sisik kaki ayam aduan naga temurun sesungguhnya !! Memiliki kualitas pukulan super keras/jero Mampu mengalahkan lawan dalam hitungan menit Memiliki kekuatan pukulan bertenaga kuat sampai bagian dalam sehingga lawan merasa kesakitan dan linu pada setiap tulang Memiliki Mental petarung hebat dan kuat Memiliki Keseimbangan dan pergerakan kaki disaat melontarkan pukulan atau pun kuda kuda
  1. TUNGGAK WINARAYAN Sisik Tunggak Winaraya dikenal salah satu sisik mematikan dan banyak dicari para jagoHolic. Dari setiap ciri pecahan pada bagian kedua jari kanan dan kiri (kelingking) dipercaya memiliki katuranggan dari hasil turun temurun. Sisik tunggak winaran sering dikatakan jenis special penghancur lawan bertarung oleh karena itu memiliki ayam aduan dengan khas sisik seperti ini menjadi kebanggaan tersendiri. Memiliki pukulan cukup besar dan mematikan, efek terkena pukulan sisik ini lawan mudah down bahkan stres Memiliki kemampuan pukulan yang dapat membuat bagian tulangan dalam menjadi rusak Memiliki Mental bagus seperti baja Memiliki kecepatan pergerakan dalam menyerang
  2. KAKI BLINGBING SOKA Sisik kaki belingbing soka merupakan salah satu kaki ayam aduan khas ayam bangkok Asli thailan diera ke'emasannya jenis ini dikenal sadis mampu membuat ayam lain cacat seperti kehilangan mental keberanian tentu para pemain lama mengetahui hal tersebut. Ciri sisik blingbing sendiri memiliki khas yaitu bentuk dua barisan sisik yang tersesun rapih dan bagian tengah sedikit menekuk kedalam. Maraknya fovulasi persilangan yang dilakukan setiap penghobi menjadikan sisik jenis ini se'akan menghilang dan jarang terlihat khususnya diwilayah indonesia. Memiliki Pukulan sangat keras dan pedas, satu kali lontaran pukulan yang diluncurkan mampu membuat gangguan pengelihatan pada mata lawan Memiliki kehebatan pukulan tepat pada bagian batangan Memiliki jiwa mental tempur yang bagus Memiliki daya cengkraman dan gerakan baik
  3. NAGA EMAS Sisik kaki Naga Emas salah satu paling berbahaya bahkan dikenal dengan keganasan yang dimiliki dari karakter pukulan atau pun teknik bertarung. Katuranggan naga emas sangat dipercaya akan keampuhan yang tersimpan dari kekuatannya. dilihat dari bentuk fostur dan warna sisik ini punya kemiripan dengan jenis pancuran Emas hanya saja Sisik naga Emas Memiliki tampilan berbeda yaitu bentuk sisik yang tajam dan warna kaki kuning polos. Kini sisik naga emas Terbilang sulit dicari bahkan ditemukan. Memiliki bobot tenaga pukulan tidak terlalu keras namun menyakitkan seperti ditusuk jarum yang mengakibatkan lawan tarung mudur dalam pertempuran Memiliki kehebatan super taji yang dapat merusak bahkan melumpukan Memiliki Mental jiwa seorang petarung sejati Memiliki kecapatan, keseimbang dan pergerakan terbilang agresif/lincah
  4. KADAL METENG Sisik kaki kadal meteng merupakan salah satu sisik ayam aduan yang ditakuti oleh para lawannya dan Katuranggan yang dimiliki masih dipercaya sampai saat ini. Ciri khas jenis ini punya model sisik tajam pada setiap jari kaki. Kadal meteng sering disebutkan salah satu sisik beracun ( dalam bahasa sunda sisik Peurah) biasanya jika terkena pukulan sisik ini akan meninggalkan bekas seperti biru memar. Kadal meteng sebetulnya suatu ciri bentuk sisik yang hanya dimiliki ayam betina/babon maka dari itu jarang sekali terlihat pada ayam jantan berbanggalah anda jika memiliki ayam aduan dengan tampilan sisik seperti berikut ini. Memiliki pukulan pedas dan menyakitkan meski kecil mampu memutuskan saraf Memiliki pukulan tenaga dalam yang banyak disebut pukulan beracun/peurah Memiliki Mental yang terbilang sedikit lambat Memiliki Keseimbangan bagus dan pergerakan lebih lincah
  5. KING SAPU JAGAT Sisik kaki sapu jagat salah satu jenis paling terlangka sulit ditemukan pertama kali ditemukan yaitu dinegara thailan dan Myanmmar hanya orang - orang tertentu saja pernah memilikinya. Berbicara tentang Katuranggan sisik ini sering dikatakan punya banyak keistimewaan seperti aura wibawa dan kesan melihat dari bentuk tampilan king sapu jagat punya pamor sisik menakutkan bahkan para penghobi lama menyebutnya salah satu mesin pembunuh dalam artian mampu mengalahkan lawan hanya dengan 3/4 kali pukulan. ciri khas king sapu jagat sendiri punya ciri sisik aneh dan unik yang menyerupai tulang kalau diperhatikan hampir mirip dengan bentuk taji/jalu Memiliki pukulan sangat keras disertai taji/jalu yang mampu membuat lawannya ambruk dengan hanya berapa pukulan saja Memiliki kehebatan pukulan special depan dan badan sangat ahli dibidang brangkot Memiliki mental cukup ganas saat bertarung Memiliki pergerakan kaki sedikit lamban
  6. ULAR PANDAN (Pandanus Snake) Siapa yang tak mengenal salah satu sisik paling dicari dan populer dengan famor khas sisik kaki berwarna hijau ini menjadi jenis yang terhebat dan berbahaya didunia sabung ayam. Menurut cerita sisik ular pandan dikenal paling ditakuti para bobotoh papan atas pada masa itu jenis ini memiliki pecahan komplit atau istilah tembus pada setiap jari dan sisik utama. Para hobi mempercayai Katuranggan ayam aduan model sisik ular pandan begitu kuat dan sakti Berikut ciri asli sisik ular pandan. Memiliki pukulan super tandes/jero terasa pada setiap tulang dalam, Sangat cepat dibidang menuntaskan pertarungan Memiliki kelebihan balasan pukulan lebih menyakitkan, efek terkena pukulannya mampu memberikan reaksi cepat yang berpengaruh pada setiap otot - otot sehingga lawan tidak bisa berjalan bahkan memukul Memiliki Mental yang dikenal keganasannya Memiliki keseimbangan dan pergerakan super cepat juga baik
  7. GAMBIR Sisik kaki Gambir memiliki khas warna corak merah kecoklatan pada bagian sisik utama' ayam aduan dengan sisik seperti ini merupakan salah satu yang boleh dikatakan paling berbahaya jika terkena pukulanya mampu membuat lawan terguling bahkan K.O dalam beberapa ronde. Sisik gambir menjadikan terfavorit dihati dan dimata pecinta sabung ayam, menurut mitos sisik yang terdapat corak merah adalah ayam terkuat dan sulit untuk dikalahkan. Memiliki pukulan pedas, panas dan keras mampu merusak pada bagian kelemahan lawan Memiliki kekuatan tenaga pukul 2x lipat lebih menyakitkan, Jika terkena pukulan pada bagian sambungan leher bisa berakibat fatal Memiliki mental super dan pemberani Memiliki pergerakan dan kecepatan kaki cukup seimbang saat melakukan penyerangan atau pun kuda - kuda
Mungkin itu saja 21 Nama Sisik Kaki Ayam Petarung Terhebat Dan Paling Banyak Dicari pilihan dari setiap model dan ciri sisik yang saya tuliskan dalam artikel ini merupakan jenis sisik kaki ayam aduan pilihan yang dikenal akan keganasan dan kehebatan masing - masing saya harap informasi ini sedikit memberikan ilmu tentang nama nama dan kualitas jenis sisik.
submitted by MelodicConfusion500 to AYAMBANGKOK [link] [comments]


2024.04.07 19:21 awang124 tips untuk public speaking

Berikut adalah beberapa tips untuk public speaking yang bisa membantu Anda tampil lebih percaya diri dan efektif di depan publik:
  1. Persiapkan Materi Anda dengan Bai: Ketika Anda memberikan pidato atau presentasi, pastikan Anda mempersiapkan materi Anda dengan baik. Ketahui topik yang akan Anda bicarakan, susunlah poin-poin utama, dan siapkan contoh atau ilustrasi yang mendukung.

  1. Latihan Berulang-ulang: Latihan adalah kunci untuk menjadi lebih percaya diri saat berbicara di depan umum. Latihlah presentasi Anda secara berulang-ulang, baik secara verbal maupun mental. Cobalah berlatih di depan cermin atau dengan merekam diri sendiri untuk menilai ekspresi tubuh dan intonasi suara Anda.

  1. Ketahui Audiens Anda: Usahakan untuk memahami siapa audiens Anda dan apa yang mereka harapkan dari presentasi Anda. Penyesuaian konten dan gaya berbicara Anda dengan audiens dapat membuat Anda lebih terhubung dan efektif dalam menyampaikan pesan.

  1. Gunakan Bahasa Tubuh yang Positif: Bahasa tubuh Anda dapat memengaruhi cara Anda disampaikan dan diterima oleh audiens. Usahakan untuk menggunakan gerakan tubuh yang mendukung dan menunjukkan kepercayaan diri, seperti postur tubuh yang tegak, kontak mata, dan senyum.

  1. Berbicara dengan Jelas dan Tenang: Cobalah untuk berbicara dengan jelas dan tenang. Kendalikan laju bicara Anda, hindari mengumbar kata-kata, dan beri penekanan pada kata-kata kunci. Juga, jangan takut untuk menggunakan jeda yang sesuai untuk memberikan penekanan dan membuat audiens mengikuti.

  1. Gunakan Visual Aids dengan Bijak: Jika Anda menggunakan visual aids seperti slide PowerPoint, pastikan mereka mendukung presentasi Anda tanpa mengalihkan perhatian dari Anda sebagai pembicara. Gunakan gambar, grafik, atau diagram dengan sedikit teks dan pastikan mereka relevan dengan pesan Anda.

  1. Jangan Takut dengan Keterlibatan Audiens: Membuat keterlibatan dengan audiens dapat membuat presentasi Anda lebih menarik dan interaktif. Ajukan pertanyaan, undang tanggapan, atau bahkan lakukan aktivitas pendukung yang melibatkan audiens.

  1. Menerima Umpan Balik: Setelah Anda selesai, minta umpan balik dari audiens atau rekan sejawat. Hal ini dapat membantu Anda memperbaiki presentasi Anda di masa depan dan menumbuhkan keterampilan public speaking Anda.
submitted by awang124 to u/awang124 [link] [comments]


2024.03.24 15:40 akram_ajarians Penggunaan perkataan dalam peperiksaan

Saya nak tanya,boleh ke kalau Kita nak pakai perkataan bahasa melayu yang jarang digunakan seperti kencana,lengkara,pawaka,ancala dan lain-lain di dalam jawapan kertas periksa (sebagai contoh dalam karangan BM)
submitted by akram_ajarians to Ajar_Malaysia [link] [comments]


2024.03.21 04:29 budkalon Jika kalian bisa mengubah/menambah/mengurangi fitur dalam bahasa Indonesia, maka fitur apakah itu?

Basically, apakah ada fitur dalam bahasa Indonesia yang ingin komodos ubah atau bahkan hilangkan? Atau apakah ada fitur yang ingin komodos tambahkan? Misal, ingin menambahkan grammatical gender, noun mark, atau sebagainya. Bisa juga soal aksara dll.
BTW, ini masuknya hanya thought experiment, ya
Tidak perlu sangat realistis atau berdampak besar, sih. Pertanyaan ini saya ajukan karena kebetulan saya sedang menggarap basareka (bahasa buatan, conlang) yang berbasiskan bahasa Indonesia (versi baku dan beberapa ragam dialek daerah) berlatarkan tahun 2500+ masehi, dan butuh inspirasi untuk beberapa cabang bahasanya. Sejauh ini udah ada beberapa hal yang saya utak-atik sih:
Contoh kalimat dalam basareka ini:
Aban, vakto dumiliko nalam sadī, dudaheptako bot tagalamko? Akaza malam doro dalam banat, gavagola kalo malagoko do kalo ana nayarko ado bedan mayam. 
Terjemahan: "Tuan, ketika Anda memutuskan untuk menyelam sendiri, siapkah Anda untuk tenggelam? Angkasa malam adalah tempat yang sangat dalam, tidak bijaklah apabila Anda melakukan itu jika hanya untuk mengejar satu bintang temaram."
Cuman, kayaknya bakal lebih imersif aja kalo dapet input dari pengguna bahasa Indonesia lain wkwk. Kalau bisa menduga, kayaknya sistem tenses semacaman yang ada dalam bahasa Inggris bakal muncul, tapi kali aja ada fitur lain yang belum pernah terpikirkan muncul juga.
submitted by budkalon to indonesia [link] [comments]


2024.03.06 12:42 ebbster TIL about this 1959 Berita Harian story on a debate over a word's meaning in then Malaya vs. Indonesia

I was looking for sources and citations why Wikipedia needs to change Malacca to Melaka then dragged to the etymology of jawi script, rumi script, and then I saw this.
Archive link here. Below is a partial of the whole text re-typed in modern Malay language.
I have to censor it due to the nature of the word discussed.
Masalah bahasa daerah dalam bahasa indonesia
[BY Abdul Majid, Berita Harian, 3 October 1959]
Di Bandjarmasin Kalimantan (Borneo) baru-baru ini telah dilangsungkan perbahasan khusus mengenai perkataan "butuh" atau "butoh" menurut ejaan di Malaya, dengan dihadiri oleh ramai orang cerdik pandai, para pembesar tempatan dan wartawan.
Sesudah berlangsung lebih dari setengah jam perbahasan ini maka dikeluarkan sebuah pernyatan yang isinya menganjurkan supaya di Kalimantan orang jangan mengeluarkan perkataan ini dalam apa jua pembicaraan maupun pidato.
Bahasa Jawa
"Butoh" menurut bahasa Banjar ialah "kemaluan lelaki."
Perkataan "butuh" yang sekarang sudah tidak asing lagi dipakai dalam surat-surat rasmi pemerintah Indonesia, adalah perkataan Jawa yang ertinya "perlu".
Kebutuhan bererti "keperluan" tetapi di Kalimantan dan Sumatera perkataan ini bererti "kemaluan lelaki" sama juga seperti di Malaya.
Alasan yang dikemukan dalam mengeluarkan pernyataan ini ialah perkatan "butuh" yang selalu diucapkan oleh orang yang berasal dari Kalimantan "sangat menganggu perasaan terutamanya bagi pihak kaum wanita".
"Surat khabar "Pedoman" di sini dalam ulasannya mengenai "pernyataan" di Kalimantan terhadap pemakaian perkataan "butuh" ini menceritakan kononnya ada seorang bangsawan di Malaya yang di masa permulaan revolusi Indonnesia[sic], suka mendengar siaran radio Jogja.
Tutup radio
Pada suatu malam ia mendengar penyiar Radio Jogja menggunakan perkataan "butuh" maka dengan tidak tunggu lagi bangsawan mematikan radionya sambil mengucap "Masha' Allah" oleh kerana di dalam bilik ada beberapa puterinya. . .
since I remember talking to some people in /malaysia about how Malay language is flexible and Malay culture was easy to be embedded, I believe I owe this thread to those language fans instead of sharing this to /bahasamelayu straight. (Sorry, I can't remember your name and I'm lazy to dig my history)
I didn't know that Jawa words are being used and introduced as standardised modern Indonesia (pre-and post 1974). So that is a major TIL on my part.
edit: link
submitted by ebbster to malaysia [link] [comments]


2024.02.27 12:43 Affectionate_Cat293 Geopolitik Indonesia Menurut Lemhannas

Geopolitik Indonesia Menurut Lemhannas
Biasanya untuk memahami geopolitik Indonesia atau alasan kenapa pindah ibu kota negara, kita sering bergantung pada sumber luar (yang amatir), seperti Caspian Report. Tapi sebenarnya ada sumber yang jauh lebih bagus dan lebih tepercaya, yaitu paparan dari Lemhannas ("Lemhannas dibentuk sebagai sekolah Geopolik. Sekolah yang mempelajari interaksi antara geografi dan politik") dan publikasi mantan Gubernur Lemhannas Andi Widjajanto. Contoh:
  1. 19 Mei 2022-Gubernur Lemhannas RI Andi Widjajanto pada Orasi Ilmiah
  2. 21 Juni 2022-Gubernur Lemhannas RI Andi Widjajanto menjadi Narasumber dalam Kuliah Umum dan Bincang-Bincang Ibu Kota Negara (IKN) oleh Universitas Balikpapan
  3. 2 Maret 2023-Gubernur Lemhannas RI Andi Widjajanto pada Seminar Nasional Universitas Jenderal Achmad Yani
  4. 9 Agustus 2022-Gubernur Lemhannas RI Andi Widjajanto pada Seminar Nasional PPRA 63 Lemhannas RI
  5. 10 Agustus 2022-Gubernur Lemhannas RI Andi Widjajanto pada Pembukaan Pemantapan Nilai-nilai Kebangsaan bagi Komponen Bangsa Provinsi Papua dan Kuliah Umum Universitas Cenderawasih
  6. 25 Januari 2023-Gubernur Lemhannas RI Andi Widjajanto pada FGD "Memutus Kekerasan di Papua melalui Pendekatan Hankam"
Lengkapnya di sini: https://www.lemhannas.go.id/index.php/publikasi/kup
Isinya menarik sekali dan membuat kita paham cara pikir pemerintah Indonesia soal geopolitik. Beberapa hal menarik yang aku temui:
Salah satu tonggak penting geopolitik Indonesia adalah pengembangan konsep Wawasan Nusantara. Wawasan Nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa, tentang jati diri dan lingkungan yang mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa, serta kesatuan wilayah untuk mendukung pencapaian kepentingan nasional. Deklarasi Djuanda yang kemudian diwujudkan melalui Konvensi Hukum Laut Dunia telah memfasilitasi gagasan kesatuan wilayah. Deklarasi Djuanda menyatakan Indonesia menganut prinsip-prinsip kenegaraan berlandaskan kepulauan. Wawasan Nusantara terutama dibentuk dalam rangka mengantisipasi skenario terburuk berupa perang semesta yang diluncurkan oleh negara lain untuk menguasai titik-titik strategis kepulauan Nusantara. Skenario terburuk tersebut pernah dilakukan oleh armada Jepang dalam Perang Pasifik dengan menggelar operasi laut dari bulan Desember 1941 hingga April 1942 untuk secara total melumpuhkan dan menguasai semua benteng pertahanan dan fasilitas strategis Hindia Belanda.
Guna mencegah berulangnya invasi total, Indonesia mengandalkan doktrin pertahanan rakyat semesta yang memadukan pilar mobilisasi, pertahanan berlapis, pertahanan dalam, strategi defensif aktif, hingga gelar operasi gabungan yang mengandalkan kemampuan untuk melakukan perang asimetris yang berlarut. Peta strategi pertahanan laut Nusantara (Gambar 13) serta peta gelar komando utama operasi TNI (Gambar 14) pada dasarnya menunjukkan bahwa geostrategi militer Indonesia sudah disiapkan untuk mengantipati gelar ekspansionis ofensif berskala perang semesta seperti yang dulu dilakukan Jepang dalam perang Pasifik.
Hal ini menunjukkan kalau pemerintah Indonesia sangat waswas dengan ancaman dari utara (bukan dari selatan, jadi ketakutan orang Oz di geopolitics soal Indonesia sangat tidak berdasar). Maka perencanaan militer dan geopolitik diarahkan untuk menanggulangi ancaman tersebut.
https://preview.redd.it/v4a4h1wr74lc1.png?width=1402&format=png&auto=webp&s=e8cd954f9a9d8ff76afaa28fa4dde40d550cda11
Pemerintah terutama sangat khawatir dengan kontrol atas Selat Makassar:
Dari sisi konektivitas, posisi Nusantara berdekatan dengan Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) II dan titik rawan (choke point) Selat Makassar. Sebagai salah satu jalur perdagangan dan pelayaran strategis, jalur tersebut turut disertai dengan beragam risiko yang perlu menjadi perhatian terkait kerawanan pertahanan nusantara. Selain itu, kerawanan turut terpantau pada posisi Nusantara yang memiliki perbatasan darat dengan Malaysia. IKN juga rentan terhadap agresi dari negara asing. Posisi IKN relatif berada di garda terdepan pertahanan nasional. Secara historis, lokasi IKN merupakan salah titik awal yang diinfiltrasi militer Jepang di era Perang Pasifik (Perang Dunia II).
Habis ngebaca ini, aku jadi yakin kalau analisisnya annadpk dan weilim soal geopolitik Indonesia itu sangat akurat dan juga menunjukkan bagaimana pemerintah Indonesia sebenarnya melihat geopolitik. Soal ancaman dari utara, ini sudah pernah dianalisis annadpk:
To the Indonesian military strategist the threat is from the North. Right now its like the period after Majapahit had defeated the Mongols, and spent the next 20-30 years, expanding and ultimately waiting for the return of the Mongols. The Majapahit Navy had a fleet based in Natuna and also the Makassar Strait waiting for another Mongol invasion fleet.
You see that now in Indonesia, Natuna is again being militarized. The capital is moving Northward to secure control over the Makassar Strait-Lombok Strait
Soal rentannya Selat Makassar juga sudah pernah diangkat oleh weilim:
Lastly, this analysis will talk about Makassar Strait-Sulu-Celebes Sea region, which gets very little press in both the West and China, but is an important region in Asia. First it contains the third, and wider, access point from the Pacific to the Indian Ocean after the Malacca and Sunda Strait. Most of the supertanker ply the Makassar-Lombok Strait route from Middle East into East Asia. Secondly, it was the route the Austronesian used when they travelled from Taiwan to Southeast Asia 5000 years ago. During the 13-16th century the Chinese traded directly with traders in this region for spices like cloves and nutmeg During Second World War, one reason why Japan attacked the US and by extension the Philippines, was to get access to oil fields in East Kalimantan. Currently, most of Indonesia's exports to East Asia (especially China) come from this region. The bulk of China and Hong Kong's private investment in Indonesia is invested in this region.
NOTE: In East Asian and Southeast Asian geopolitics there are only two period were a country managed to achieve hegemony in the region one was during the Yuan and Early Ming Dynasty. I lump these two together, the reality is these Yuan and early Ming should be treated as one when it comes to geopolitics. The second is the Japanese invasion during the Second World War. The Mongols and Japanese had different goals, invasion routes and faced different geopolitical realities. When the Mongols tried to invade Java in 1292, their invasion forcesailed through the South China Sea. In contrast, the Japanese main invasion route was through the Philippines down through Makassar Strait capturing the oil fields in Balikpapan enroute to Java. The second invasion force captured Malaya and Singapore by invading it from the North via a land invasion. While the Japanese did send invasion force through the South China Seas, its was minor compared to the two other forces. The Japanese didn't have to worry about Thailand or French Indochina since they belonged to allied governments.
Terakhir soal pemindahan ibu kota, media asing selama ini ribut soal Jakarta tenggelam, tapi menurut Lemhannas ini sebenarnya alasannya:
Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara tidak hanya ditujukan untuk menjawab tantangan nasional, tetapi juga global. Melihat pembangunan IKN dari kacamata empat kapasitas sebelumnya, pemindahan IKN ke tengah wilayah Indonesia yang merepresentasikan keadilan merupakan perwujudan dari sistem Demokrasi. Pemindahan IKN diharapkan mendorong pemerataan akses serta pertumbuhan semua wilayah Indonesia.
Jadinya analisisnya weilim soal "MOVING AWAY FROM JAVA CENTRISM" benar-benar terkonfirmasi oleh Andi Widjajanto dari Lemhannas sendiri.

Jadi apa inti post ini? Mungkin ke depannya, buat yang mau bikin effort post soal gepolitik Indonesia (baik itu di sini maupun geopolitics), bisa pakai paparan Lemhannas sebagai sumber yang jelas. Dengan melihat paparan tersebut kita jadi bisa tahu mana analisis yang benar-benar tajam dan mana yang cuma karangan bule doang tanpa sumber yang jelas.
submitted by Affectionate_Cat293 to indonesia [link] [comments]


2024.02.26 06:20 barudak-well Surat Cinta Dalam Bahasa Jepang

Surat Cinta Dalam Bahasa Jepang

https://preview.redd.it/piqruxox6vkc1.jpg?width=640&format=pjpg&auto=webp&s=e1dfeb064e1242f42b1aee5f1cfa9e4290924a9b
Surat Cinta Dalam Bahasa Jepang
Jawaban :
Surat cinta (恋文 - koibumi); Kanji: こいぶみ (スラッ チンタ);文 こいぶみ ぶん ブン すらっ ちんた. Surat cinta (ラブレター - raburetaa); Kanji: らぶれたあ (スラッ チンタ);ラブレター らぶれたあ らぶれたあ ラブレタア すらっと ちんた.
Contoh 1 Surat Cinta Dalam Bahasa Jepang :
大好きな [Nama Pasangan],
いつも一緒にいると、心が幸せでいっぱいになります。君と過ごす時間は、私の人生で一番素晴らしいものです。
君の笑顔は、私の心を温かく包み込みます。その笑顔があれば、どんな困難も乗り越えられる気がします。
君との出会いは、私の人生を変えました。君と一緒にいることが、私の幸せです。
いつも君を思っています。君のことが大好きです。これからもずっと一緒にいたいと願っています。
愛しています。
[Nama Anda]
Arti Contoh 1 Surat Cinta Dalam Bahasa Jepang :
Kepada yang tercinta [Nama Pasangan],
Setiap saat bersamamu, hatiku dipenuhi kebahagiaan. Waktu yang aku habiskan bersamamu adalah yang paling indah dalam hidupku.
Senyummu membungkus hatiku dengan kehangatan. Dengan senyum itu, aku merasa bisa mengatasi segala kesulitan.
Pertemuan denganmu mengubah hidupku. Menjadi bersamamu adalah kebahagiaanku.
Aku selalu memikirkanmu. Aku mencintaimu. Aku berharap kita dapat terus bersama-sama.
Dengan cinta,
[Nama Anda]
Contoh 2 Surat Cinta Dalam Bahasa Jepang :
愛する(Kekasih),
初めてあなたを見た瞬間から、何かが違うと感じていました。あなたの素敵な笑顔、明るく響く笑い声、そして優しい心遣いに心を奪われました。あなたを知るほど、あなたへの想いが深まっていきました。
あなたはいつも私を幸せにしてくれます。どんなに落ち込んでいても、あなたは私を笑顔にしてくれます。私が泣きたいときはそばにいて肩を貸し、楽しいときは一緒に笑い合います。
あなたはいつも私を成長させてくれます。私の夢を応援し、信じ続けてくれます。自分自身では信じられなかった時でも、あなたは私を信じてくれました。
あなたはいつも私に安心感を与えてくれます。そばにいてくれるだけで、私は世界で一番大切な存在だと感じられます。
言葉では言い表せないほど、あなたを愛しています。あなたに出会えて、本当に幸せです。これからもずっと一緒にいましょう。
愛を込めて、
(Nama Kamu)
追伸
あなたと人生を共にできる日が待ち遠しいです。
Arti Contoh 2 Surat Cinta Dalam Bahasa Jepang :
Kepada (Nama Kekasih)
Sejak pertama kali aku melihatmu, aku tahu bahwa ada sesuatu yang berbeda tentangmu. Senyummu yang menawan, tawamu yang menular, dan kebaikan hatimu membuatku terpesona. Semakin aku mengenalmu, semakin aku jatuh cinta padamu.
Aku mencintai cara kamu selalu membuatku merasa bahagia. Kamu selalu tahu bagaimana membuatku tertawa, bahkan saat aku sedang sedih. Kamu selalu ada untukku, baik saat aku membutuhkan bahu untuk menangis maupun saat aku membutuhkan seseorang untuk diajak bersenang-senang.
Aku mencintai cara kamu selalu menantangku untuk menjadi versi diriku yang terbaik. Kamu selalu mendorongku untuk mencapai mimpiku dan kamu selalu percaya padaku, bahkan saat aku sendiri tidak percaya diri.
Aku mencintai cara kamu selalu membuatku merasa aman dan dicintai. Kamu selalu ada di sisiku dan kamu selalu membuatku merasa seperti aku adalah orang yang paling penting di dunia bagimu.
Aku mencintaimu lebih dari kata-kata yang bisa diungkapkan. Kamu adalah orang terbaik yang pernah aku temui dan aku sangat beruntung memilikimu dalam hidupku.
Dari (Nama Kamu)
P.S. Aku tidak sabar untuk menghabiskan sisa hidupku bersamamu.
Ungkapan Cinta dalam Bahasa Jepang:
  • 愛しています (Aishite imasu): Aku cinta padamu.
  • 大好き (Daisuki): Aku sangat menyukaimu.
  • あなたが好きです (Anata ga suki desu): Aku menyukaimu.
  • あなたは私の人生で最も大切な人です (Anata wa watashi no jinsei de mottomo taisetsu na hito desu): Kamu adalah orang yang paling penting dalam hidupku.
  • あなたがいなくては生きていけません (Anata ga inakute wa ikite iけません): Aku tidak bisa hidup tanpamu.
  • ずっと一緒にいようね (Zutto issho ni iyou ne): Mari kita bersama selamanya.
Sumber : https://barudakwell.com/surat-cinta-dalam-bahasa-jepang/
https://barudakwell.com/
submitted by barudak-well to barudakwell [link] [comments]


2024.02.26 06:20 barudak-well Surat Cinta Dalam Bahasa Jepang

Surat Cinta Dalam Bahasa Jepang

https://preview.redd.it/wmckrhxu6vkc1.jpg?width=640&format=pjpg&auto=webp&s=a483c68048a34b34c9ff82db684377fb06148f8d
Surat Cinta Dalam Bahasa Jepang
Jawaban :
Surat cinta (恋文 - koibumi); Kanji: こいぶみ (スラッ チンタ);文 こいぶみ ぶん ブン すらっ ちんた. Surat cinta (ラブレター - raburetaa); Kanji: らぶれたあ (スラッ チンタ);ラブレター らぶれたあ らぶれたあ ラブレタア すらっと ちんた.
Contoh 1 Surat Cinta Dalam Bahasa Jepang :
大好きな [Nama Pasangan],
いつも一緒にいると、心が幸せでいっぱいになります。君と過ごす時間は、私の人生で一番素晴らしいものです。
君の笑顔は、私の心を温かく包み込みます。その笑顔があれば、どんな困難も乗り越えられる気がします。
君との出会いは、私の人生を変えました。君と一緒にいることが、私の幸せです。
いつも君を思っています。君のことが大好きです。これからもずっと一緒にいたいと願っています。
愛しています。
[Nama Anda]
Arti Contoh 1 Surat Cinta Dalam Bahasa Jepang :
Kepada yang tercinta [Nama Pasangan],
Setiap saat bersamamu, hatiku dipenuhi kebahagiaan. Waktu yang aku habiskan bersamamu adalah yang paling indah dalam hidupku.
Senyummu membungkus hatiku dengan kehangatan. Dengan senyum itu, aku merasa bisa mengatasi segala kesulitan.
Pertemuan denganmu mengubah hidupku. Menjadi bersamamu adalah kebahagiaanku.
Aku selalu memikirkanmu. Aku mencintaimu. Aku berharap kita dapat terus bersama-sama.
Dengan cinta,
[Nama Anda]
Contoh 2 Surat Cinta Dalam Bahasa Jepang :
愛する(Kekasih),
初めてあなたを見た瞬間から、何かが違うと感じていました。あなたの素敵な笑顔、明るく響く笑い声、そして優しい心遣いに心を奪われました。あなたを知るほど、あなたへの想いが深まっていきました。
あなたはいつも私を幸せにしてくれます。どんなに落ち込んでいても、あなたは私を笑顔にしてくれます。私が泣きたいときはそばにいて肩を貸し、楽しいときは一緒に笑い合います。
あなたはいつも私を成長させてくれます。私の夢を応援し、信じ続けてくれます。自分自身では信じられなかった時でも、あなたは私を信じてくれました。
あなたはいつも私に安心感を与えてくれます。そばにいてくれるだけで、私は世界で一番大切な存在だと感じられます。
言葉では言い表せないほど、あなたを愛しています。あなたに出会えて、本当に幸せです。これからもずっと一緒にいましょう。
愛を込めて、
(Nama Kamu)
追伸
あなたと人生を共にできる日が待ち遠しいです。
Arti Contoh 2 Surat Cinta Dalam Bahasa Jepang :
Kepada (Nama Kekasih)
Sejak pertama kali aku melihatmu, aku tahu bahwa ada sesuatu yang berbeda tentangmu. Senyummu yang menawan, tawamu yang menular, dan kebaikan hatimu membuatku terpesona. Semakin aku mengenalmu, semakin aku jatuh cinta padamu.
Aku mencintai cara kamu selalu membuatku merasa bahagia. Kamu selalu tahu bagaimana membuatku tertawa, bahkan saat aku sedang sedih. Kamu selalu ada untukku, baik saat aku membutuhkan bahu untuk menangis maupun saat aku membutuhkan seseorang untuk diajak bersenang-senang.
Aku mencintai cara kamu selalu menantangku untuk menjadi versi diriku yang terbaik. Kamu selalu mendorongku untuk mencapai mimpiku dan kamu selalu percaya padaku, bahkan saat aku sendiri tidak percaya diri.
Aku mencintai cara kamu selalu membuatku merasa aman dan dicintai. Kamu selalu ada di sisiku dan kamu selalu membuatku merasa seperti aku adalah orang yang paling penting di dunia bagimu.
Aku mencintaimu lebih dari kata-kata yang bisa diungkapkan. Kamu adalah orang terbaik yang pernah aku temui dan aku sangat beruntung memilikimu dalam hidupku.
Dari (Nama Kamu)
P.S. Aku tidak sabar untuk menghabiskan sisa hidupku bersamamu.
Ungkapan Cinta dalam Bahasa Jepang:
  • 愛しています (Aishite imasu): Aku cinta padamu.
  • 大好き (Daisuki): Aku sangat menyukaimu.
  • あなたが好きです (Anata ga suki desu): Aku menyukaimu.
  • あなたは私の人生で最も大切な人です (Anata wa watashi no jinsei de mottomo taisetsu na hito desu): Kamu adalah orang yang paling penting dalam hidupku.
  • あなたがいなくては生きていけません (Anata ga inakute wa ikite iけません): Aku tidak bisa hidup tanpamu.
  • ずっと一緒にいようね (Zutto issho ni iyou ne): Mari kita bersama selamanya.
Sumber : https://barudakwell.com/surat-cinta-dalam-bahasa-jepang/
https://barudakwell.com/
submitted by barudak-well to u/barudak-well [link] [comments]


2024.02.21 15:56 Practical-Sign-814 Kimia dalam bahasa

Kimia dalam bahasa
Kenapa bila sebutan kimia bagi sesuatu bahan dalam bahasa melayu lagi lebih kurang sama dengan sebutan pendek dia contoh potasium in english, kalium dalam bahasa melayu dan sebutan pendek dia ialah K.
submitted by Practical-Sign-814 to Ajar_Malaysia [link] [comments]


2024.02.18 06:55 Surohiu Sa'alit tentang Cisadane.

Sebelum disebut Cisadane, sungai ini aslinya bernama Sadane. "Ci" dalam bahasa Sunda artinya sungai. Sedangkan kata "Sadane" berasal dari bahasa Sanskerta yang berarti istana kerajaan. Sehingga nama Ci Sadane atau Cisadane berarti sungai yang berasal dari istana kerajaan. Kemungkinan yang dimaksud istana kerajaan adalah Kerajaan Pajajaran dengan Ibukota di Pakuan, Bogor.
Ada pula pendapat lain yang menyebut, "Sadane" berasal dari kata “Sadhana” yang mengandung arti “Jalan Kebijaksanaan”. Seperti kita ketahui, Kerajaan Pajajaran merupakan kerajaan yang menganut agama Hindu yang sangat menghormati air sungai dari gunung sebagai sarana untuk membersihkan diri menuju jalan kebijaksanaan. Cisadane yang dulu mengalir bersih menjadi sungai suci bagi masyarakat Hindu Kerajaan Pajajaran.
Processing img slfvp7qy9ajc1...
submitted by Surohiu to Pasundan [link] [comments]


2024.02.07 07:17 Sorry_Landscape_9675 Kenapa bahasa melambangkan bangsa

Rupanya sebab bahasa yg ditutur adalah berkisar perihal kehidupan seharian kita. Kita ambil contoh nasi. Nasi lain, beras lain, padi lain, sebab itu makanan ruji kita.
Kalau English, nasi pun rice, beras pun rice, malah sebelum nama paddy field diperkenalkan, mereka sebut rice field. Ini kerana, tak penting bagi mereka nak beza²kan tu semua, rice tu bagi mereka semua sama saja lah.
Lain pula dengan kita, kalau roti tu roti je la. Tak ada nama beza². Tapi untuk English, ada Bread, ada Loaf, Bun, ada Baguette, Matzah, Shortbread, Breadstick, Flatbread dan ada banyak lagi walaupun kita jarang dengar.Tapi, kita peduli apa, semua tu bagi kita roti je lah.
Kalau Eskimo, mereka tinggal dikawasan penuh salji. Jadi nama salji pun ada banyak. Ada Aput: Snow on the ground, Qana: Falling snow, Piqsirpoq: Drifting snow, Qimuqsuq: Snowdrift, Qanuk: Snowflake, Kaneq: Frost, Kanevvluk: Fine snow dan banyak lagi.
Manakala bahasa juga menentukan perilaku kita. Macam orang barat, disebabkan tak kenal rice ni jugaklah puncanya mereka suka rebus beras sampai jadi nasi. Mereka rasa, alah apa bezanya rebus ke apa ke, rice jugak. Diorang tak beli rice cooker, guna pun tak pandai, tapi pandai² pergi rebus nasi sampai Uncle Roger pun tension.
Demikianlah pentingnya kita fasih lebih dari 2 bahasa (bilingual)kerana dengan bahasa, kita lebih kenal sifat dan perangai manusia. Sesuai dengan tuntutan agama untuk saling kenal mengenali antara bangsa.
Dengan bahasa juga kita boleh suarakan isi hati kita. Cuba tengok bayi, dia belum belajar bahasa, jadi bila nak apa apa, dia nangis je lah, sebab nangis tak perlukan ilmu, nangis hanya berlaku secara intuisi.
Cuba tengok golongan kurang pendidikan, tutur katanya penuh dengan cacian, makian, sungutan dan rungutan. Mereka ada banyak ketidakpuasan hati tapi tak pandai lontarkan dalam bentuk idea.
Bayangkan kalau kita nak cakap kita sayang pada seseorang.
"In the depths of my being, there exists an ineffable adoration for you, my dearest. Your presence in my life fills it with an unparalleled joy and warmth that transcends words. Each moment spent with you is a treasure, a testament to the depth of my affection. My love for you is as boundless as the cosmos, enduring and eternal. You are the very essence of my existence, and I am endlessly grateful for your love and companionship."
Pastinya tak sama rasa yang dapat kita sentuh kalau ditutur dalam bahasa melayu atau bahasa lain kan.
submitted by Sorry_Landscape_9675 to Ajar_Malaysia [link] [comments]


2024.01.23 19:43 Surohiu Contoh Sisindiran Bahasa Sunda Kocak, Mampu Menggelitik dan Bikin Tertawa Terbahak-bahak

Contoh Sisindiran Bahasa Sunda Kocak, Mampu Menggelitik dan Bikin Tertawa Terbahak-bahak submitted by Surohiu to Pasundan [link] [comments]


2024.01.22 02:06 abdulsamri89 Semua kaum perlu buktikan taat setia kepada negara

Some of the article wrote...
Bahkan, tidak jatuh maruah jika kaum Cina dan India menjadikan kenyataan Dr Mahathir sebagai cabaran untuk membuktikan tahap kesetiaan mereka sebagai rakyat Malaysia amat jitu dan tidak boleh dipersoalkan.
Sebagai contoh, jika soal kesetiaan itu boleh diukur dengan kemampuan berbahasa kebangsaan dengan fasih, maka ini masanya untuk kaum terbabit membuktikan mampu menguasainya dengan lebih baik lagi selepas ini.
Namun, hakikat hari ini, kita boleh lihat masih ada sebahagian rakyat tidak fasih atau lancar berbahasa Melayu yang diiktiraf Perlembagaan sebagai bahasa kebangsaan tanpa meminggirkan kebebasan bahasa ibunda lain yang dituturkan di negara ini
Apa yang penting, setiap rakyat perlu sentiasa merujuk lima perkara dalam Rukun Negara yang elemennya penting untuk memupuk semangat perpaduan antara kaum dan kesetiaan kepada negara. Rukun Negara diisytiharkan Yang di-Pertuan Agong pada 31 Ogos 1970 sepatutnya menjadi pegangan, panduan serta amalan seluruh rakyat Malaysia ke arah pemupukan dan pengukuhan semangat perpaduan, ketaatan dan kecintaan kepada bangsa serta negara.
submitted by abdulsamri89 to malaysia [link] [comments]


2024.01.21 09:56 Soggy-Cockroach9421 Perspektif Komprehensif Pengurusan Hidup Wanita dalam Batasan Islam

Perspektif Komprehensif Pengurusan Hidup Wanita dalam Batasan Islam
Dalam bidang ajaran Islam, Quran dan Hadith menyediakan kerangka holistik bagi wanita untuk menjalani kehidupan, merangkumi tanggungjawab keluarga, membesarkan anak, dan pekerjaan. Artikel ini menggali panduan yang ditawarkan oleh kitab suci Islam, mengambil inspirasi dari kehidupan perniaga wanita pada zaman Nabi Muhammad SAW.
https://preview.redd.it/pp2co9wqardc1.png?width=1280&format=png&auto=webp&s=fb594c8fef55a34d7561a5842a02ac21105d0886

Asas dalam Hikmah Quran:

1. Keluarga sebagai Asas:

Ayat-ayat Quran menekankan kepentingan utama kehidupan keluarga. Menyeimbangkan aspirasi profesional dengan tugas berkeluarga menjadi kewajiban yang suci, dengan keluarga berfungsi sebagai tapak asas kehidupan wanita.
Quran 30:21: "Dan di antara tanda-tanda (kebesaran-Nya) ialah Dia menciptakan untukmu pasangan hidup dari jenismu sendiri supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antara kamu rasa kasih dan sayang. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir."

2. Memupuk Masa Depan:

Quran menekankan peranan ibu dalam membesarkan generasi seterusnya. Ia menekankan impak mendalam yang ibu miliki terhadap perkembangan moral dan rohani anak-anak mereka.
Quran 31:14: "Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada ibu bapanya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyusukannya dalam dua tahun. Bersyukurlah kamu kepada-Ku dan kepada ibu bapamu, hanya kepada-Kulah kembali kamu."

Panduan dari Hadith:

1. Sokongan Nabi Muhammad terhadap Peranan Wanita:

Hadith menceritakan situasi di mana Nabi Muhammad SAW menyokong dan mendorong wanita dalam pelbagai peranan, termasuk usaha perniagaan. Beliau mengakui dan menghargai sumbangan mereka kepada masyarakat.
Diceritakan oleh Aisha (RA): "Nabi (SAW) biasa memperbaiki kasutnya sendiri, menjahit pakaiannya dan menjalankan tugas rumah tangga. Beliau tidak menolak untuk terlibat dalam tanggungjawab domestik." Rujukan Hadith: Sahih Bukhari, Buku 8, Hadith 116

2. Amalan Perniagaan Beretika:

Hadith juga menekankan urusniaga beretika yang sepatutnya mengawal kehidupan profesional wanita. Integriti, kejujuran, dan urusniaga yang adil adalah sifat-sifat yang ditekankan dalam menjalankan urusan perniagaan.
Diceritakan oleh Abdullah ibn Umar (RA): "Para pedagang akan dibangkitkan pada Hari Kiamat sebagai orang-orang yang berdosa, kecuali mereka yang takut kepada Allah, jujur, dan berkata benar." Rujukan Hadith: Sunan Ibn Majah, Buku 22, Hadith 218

Pengajaran dari Kehidupan Perniaga Wanita:

1. Khadijah bint Khuwaylid (RA):

Khadijah, isteri terkemuka Nabi Muhammad SAW, adalah seorang perniaga wanita berjaya yang terkenal dengan kecerdasan dan integriti. Contohnya menunjukkan bahawa wanita boleh cemerlang dalam bidang profesional sambil mengekalkan asas keluarga yang kukuh.

2. Umm Salamah (RA):

Umm Salamah, seorang sahabat terhormat Nabi Muhammad SAW, secara aktif terlibat dalam aktiviti perniagaan. Hidupnya menggambarkan keserasian kerjaya yang berjaya dengan tanggungjawab keluarga yang memuaskan.

"Roadmap" Terperinci untuk Pengurusan Hidup Wanita dalam Islam:

  1. Tetapkan Keutamaan yang Jelas: Mulakan dengan mengenal pasti dan memberi keutamaan kepada nilai-nilai utama, meletakkan keluarga dan kewajipan agama di barisan hadapan.
  2. Pengurusan Masa: Peruntukkan masa yang ditetapkan untuk setiap aspek kehidupan, memastikan komitmen profesional tidak merosakkan tugas keluarga atau keagamaan.
  3. Cari Ilmu: Sentiasa berusaha untuk meningkatkan pengetahuan agama dan profesional untuk melalui cabaran hidup dengan hikmah.
  4. Tingkah Laku Beretika dalam Kehidupan Profesional: Pertahankan standard tertinggi kejujuran, integriti, dan keadilan dalam semua urusan perniagaan, sejajar dengan prinsip-prinsip Islam.
  5. Melibatkan Keluarga dalam Usaha Profesional: Apabila mungkin, melibatkan ahli keluarga dalam aktiviti perniagaan untuk membina persekitaran sokongan dan berkongsi tanggungjawab.
  6. Fleksibiliti: Bersedia untuk menyesuaikan diri dengan perubahan keadaan, mencari panduan dari prinsip-prinsip Islam.
  7. Sentiada bermuhasabah dan bertaubat: Selalu merenungkan tindakan sendiri dan memohon ampun untuk sebarang kekurangan, memahami bahawa taubat yang ikhlas adalah aspek penting dalam pertumbuhan rohaniah.
  8. Sokongan Komuniti: Membangunkan rangkaian komuniti yang menyokong, berinteraksi dengan individu yang sefikiran yang berkongsi nilai-nilai yang sama dan boleh memberikan panduan dan dorongan.

Kesimpulan:

Pada asasnya, ajaran Islam menyediakan panduan komprehensif bagi wanita, menekankan integrasi harmoni kehidupan berkeluarga, membesarkan anak, dan usaha profesional. Contoh-contoh wanita terkemuka dari zaman Nabi Muhammad SAW menjadi sumber inspirasi, menunjukkan bahawa kejayaan dalam bidang peribadi dan profesional dapat dicapai dalam rangka nilai-nilai Islam. Menyeimbangkan peranan ini memerlukan kesungguhan, tingkah laku beretika, dan komitmen kepada prinsip-prinsip yang terkandung dalam Quran dan Hadith.

Artikel ini ditulis oleh Mohd Hamid dan telah diterjemahkan ke Bahasa Melayu.
Artikel asal https://www.linkedin.com/pulse/comprehensive-perspective-womens-life-management-within-mohd-hamid-8kmxc%3FtrackingId=wB83WNMASEmMbvm%252BpvSORw%253D%253D/?trackingId=wB83WNMASEmMbvm%2BpvSORw%3D%3D

submitted by Soggy-Cockroach9421 to jannahcircle [link] [comments]


2024.01.12 02:19 ContactAdventurous22 Etimologi "Orang" dan "Udang" dalam bahasa Melayu, Sunda, dan Jawa

Etimologi submitted by ContactAdventurous22 to u/ContactAdventurous22 [link] [comments]


2024.01.11 15:23 sumpitsakit Etimologi "Orang" dan "Udang" dalam bahasa Melayu, Sunda, dan Jawa

Etimologi submitted by sumpitsakit to ondonesia [link] [comments]


2024.01.11 10:43 budkalon Etimologi "Orang" dan "Udang" dalam bahasa Melayu, Sunda, dan Jawa

Etimologi submitted by budkalon to indonesia [link] [comments]


2023.12.14 21:56 upperballsman Apakah Pembelajaran Sejarah Indonesia Pra Nasional (Era Prasejarah, Klasik dan Kesultanan) Perlu Lebih Ditekankan daripada yang Sekarang di Kurikulum Pendidikan?

TLDR: Closing statement di paling bawah, dengan penekanan ini, kita bisa memperkuat identitas bangsa sehingga gk mudah dipecah belah, dan pada yang saat bersamaan juga memperkuat dalam hal mempromosikan persatuan republik.
Bila anda tidak tau masa lalu, maka anda secara harfiah tak akan tau apapun, anda tak akan mempunyai bahasa, mempunyai sejarah, jdi hal pertama yang akan terjadi adalah ketidak-utuhan secara personal (Wendell Berry).
Keutuhan macam apakah yang dibicirakan Wendell Berry ini? untuk konteksnya, saya lagi membaca "of Palm and Wine" karya David W Bade tentang Invasi Mongol ke Jawa.
Namun saya rasa bagian tengah buku ini begitu luar biasa, membahas tentang alasan personal kenapa Khubilai dan Kertanegara merasa adil dan benar dalam perspektif masing masing. detailnya tidak relevan dengan judul post, tpi bagian pembahasan-nya ada yang menurut saya relevan dengan judul diatas.
yaitu kutipan dari Plato yang bunyinya begini:
"Pergerakan umat manusia diarahkan kepada pencarian kejelasan tentang diri sendiri. Ia tidak dapat mendapat kejelasan tentang diri sendiri kecuali ketika Ia mendapat kejelasan dari hal hal yang ada disekitarnya"
dua kutipan dari Wendell dan Plato itu membuat saya kontemplasi malam2 ditengah gk bisa tidurnya saya. karena saya merasa kok ya bisa saja dihubung hubungkan dengan historiografi tradisional kita.

1. Pencarian Jati Diri dalam bentuk ideal

Contohnya Babad Tanah Jawi terkenal sebagai propaganda Mataram yang menyerukan garis dinasti mereka turunan langsung dari Brawijaya, hal ini turun terus menerus dari berbagai generasi sampai kraton Jogjakarta, dimana mereka menemukan diri mereka dikerdili oleh kekuasaan eropa, dimana Kraton mereka dijarah habis, dan kekuatan duniawinya dicabut sampai hampir seutuhnya. kita akan lihat tren disini bahwa tutur akan menjadi semakin rumit dan rumit seiring jalanya waktu.
Seperti tutur kekalahan mongol di catatan jawa, yang awalnya dikisahkan "dapat dikalahkan" lama kelamaan berkembang jadi "raja mongol pun mati di jawa", begitupun juga dengan Brawijaya, dari yang cuma Brawijaya saja di Babad Tanah Jawi, ujug ujug semakin berjalan waktu tiba tiba Brawijaya ada seriesnya sampe yang ke 5 di Serat Pustaka Rajapurwa.
ini semua proses pencarian jati diri yang wajar menurut saya, sebagaimana orang-orang saat itu-- terutama dinasti berkuasa --mengklaim mandat dari surga, mengklaim keturunan ki ageng yang bisa menjinakan petir, keturunan dari alexander, atau bahkan nabi adam sekalipun, itu wajar. apa yang mereka lakukan itu sejatinya pencarian jati diri-dengan waktu yang bersamaan juga upaya memahami dunia yang ada disekitarnya, dan bagaimana caranya membuat masuk akal apa yang ada kala itu.

2. Pencarian Jati diri di era Modern

Hal itu terjadi pada saya, ketika tau bahwa indonesia ini katanya memiliki "peradaban besar" "dahulu kala" "pusat perdagangan internasional". saya pun penasaran dengan semua itu dan, karena kecewa dengan materi ala kadarnya di sekolahan, saya berusaha menyelami lebih dalam tentang hal ini. dan betapa kagetnya saya ketika mempelajari bahwa kurikulum melewatkan semua ini. banyakkkkkkk sekali yang dapat dijabarkan disini.
Ada sumber kebangaan daerah, ada fakta2 menarik mengenai multi kulturalisme, dan yang paling penting, ini adalah kesamaan dalam setiap cerita itu, yang paling penting adalah betapa jelasnya bangsa ini SANGAT MUDAH di pecah belah.
Saya gk ngomongin entengnya entitas lokal memberikan perjanjian terhadap kekuatan eropa, dari kacamata zaman-nya, cukup jelas bahwa bentuk perjanjian kerjasama itu hal yang niscaya dilakukan sultan pelabuhan yang kesejahteraanya tergantung dari arus dagang, tidak. yang saya bicarakan disini adalah pecah belah antar internal entitas lokal, ceritanya selalu sama, yaitu:
"VOC memberi bantuan pada pangeran tandingan, pangeran tandingan dijadikan boneka, negara diambang kehancuran".
ya, saya tentu saja oversimplify hal hal disini, banyak diskusi yang lebih nuanced, tapi itu intinya.

3. Kenapa menurut saya harus lebih ditekankan

saya rasa, kesejarahan lokal, perlu lebih ditekankan lagi dalam sekolah sekolah. kembali ke perumpamaan babad tanah jawi, kurikulum yang ada dulu dan (mungkin)sekarang ini lebih ke model babad tanah jawi yang mana hanya dilihatkan penggambaran ideal dari kegemerlapan masa lalu saja. nggak ada bedanya dengan babad mataram yang hanya menampilkan gemerlap, menjadikan babad tersebut sebagai basis justifikasi tiraninya.
maka menurut saya ada 3 manfaat yang akan didapat bila pengajaran sejarah lokal lebih ditekankan:
  1. seperti kutipan pertama, masing masing daerah makan dengan itu akan lebih sadar akan kebangaanya dalam kesejarahan, multi-kulturalisme yang sangat penting di negara kita, dan memiliki jati diri yang jelas. hal ini berdampak nyata di dunia nyata, contoh paling segar, ada kasus beberapa orang mempermasalahkan dekorasi naga merah di pagar bupati pontianak. berkata bahwa "itu terlalu kecina cinaan" seandaikan mereka lebih ditekankan wawasan sejarahnya, pasti mereka bisa menerima penjelasan bahwa dekorasi itu merupakan gabungan motif dayak, melayu, dan cina, etnis kalimatan barat semenjak zaman kesultanan, bahkan kesultanan pun pernah beraliansi dengan kongsi cina melawan kolonialisme.
  2. jati diri ini sangat penting bagi negara seperti kita, ini saya hubungkan dengan Thesis Yoko Harada yang membahas kompleksitas inferior atau dengan kata lain, rasa tidak pede dengan bangsa sendiri, rasa "kurang dari bangsa lain" ini timbul dari kolektif identitas bangsa yang merasa "kurang dewasa" dari peradaban bangsa lain, Yoko Harada menggunakan contoh Jepang dan Newzealand post WWII sebagai contohnya, namun saya disini umpamakan saja misalkan Sejarah Surabaya yang "hanya" berkutat di 10 November saja, dengan "cerita yang kita ingat" cuma disekitaran situ saja, dapat menghasilkan persepsi bahwa bangsa kita kurang dari, lets say Inggris. Yoko Harada berkesimpulan kompleks inferioritas ini dapat menghasilkan sifat anti-produktif, saya contohkan disini misalkan oleh sebagian orang yang udah pesimis duluan dengan indonesia sehingga selalu berkata "ahh indo mah bisa apa". hal ini berdampak nyata (asumsi saya) pada persepsi kasus sehari hari, seperti contohnya kapan hari saya melihat opini di twt yang lumayan banyak yang menyetujui kira kira bunyinya begini "selamat berkomuter :) (menyinggung gerbong yang empet2an)" dan "emang indo tuh gk cocok dibuat kendaraan umum kek luar negeri". dalam hal ini kompleksitas inferiornya adalah asumsi bahwa indo gk cocok di aplikasikan transportasi umum bagai luar negeri, dan persepsi seperti itu yang gk produktif, padahal keputusan pembelian gerbong tambahan itu sangat mungkin terjadi di pemerintahan, instead of bersama sama menyuarakan tekanan, mereka malah jatuh kedalam inferiority complex, ini dapat dipahami, karena seperti yang dibilang sebelumnya, mereka cuma berusaha memahami dari apa yang ada di sekitar mereka saja. andai saja mereka sadar sejarah bahwa dahulu kala trem2 semerbak dan bisa beroperasi dengan efektif, mungkin mereka tidak akan dengan begitu mudah kena propaganda car-centrist.
  3. yang terpenting adalah, penekanan terhadap sejarah kelokalan ini akan lebih menekankan pentingnya persatuan dan kesatuan, kenapa bisa begitu? karena dalam bayangan saya, dengan bersamaanya pembelajaran kelokalan, maka orang pasti sadar betapa jeleknya sistem kesultanan/feodalisme kita di masa akhir kolonialisme, heck, bahkan betapa tidak dapat diandalkanya sistem kesultanan di zaman VOC, ini harus, dan sangat harus ditekankan dalam pembelajaran lokal, bahwa kesultanan tidak mampu mempertahankan daulatnya dan seringkali diadu domba secara internal oleh penguasa luar, dan dosa terbesar mereka adalah bagaimana mereka secara sadar memperbesar beban rakyat di zaman kolonial, dengan konsensi2 tanah, dan pemberatan kewajiban tradisional diatas kewajiban kolonial pada rakyat, ini menurut saya justifikasi yang lebih dari pantas untuk argumen republik harus berdiri. sebangga bangga nya mereka dengan kesaktian dayak, sultan agung, cetbang, kottamara, atau turunan bukit siguntang ini harus ditekankan. kebangaan regional yang berlebihan hanya membawa kesengsaraan.
Jadi, dengan begitu, daerah masing masing dapat menelusuri jati diri mereka masing masing, sehingga tidak mudah disetir (oleh buzzemedia luar misalkan), tapi dalam saat yang bersamaan mereka juga semakin sadar akan wawasan persatuan.
submitted by upperballsman to indonesia [link] [comments]


2023.12.14 02:37 MiserablePrince Beberapa Miskonsepsi Umum Sejarah Majapahit

1. Majapahit adalah nama kerajaan. Nama-nama seperti Kaḍiri, Tumapĕl (Singhasāri), Mataram, dan Majapahit bukanlah nama-nama kerajaan maupun negara, melainkan nama-nama ibukota yang berkuasa. Dalam berbagai teks Jawa Kuno maupun catatan sezaman, negara yang disebut hanya bernama Jawa seperti pulaunya. Satu-satunya negara di pulau Jawa yang tidak disebut sebagai "Jawa" adalah Suṇḍa, yang merupakan sebuah kerajaan yang benar-benar berbeda dari Jawa.
2. Gajah Mada bergelar Mahapatih. Dalam berbagai prasasti era Majapahit yang dapat ditemukan, tidak ada gelar yang bernama Mahapatih atau "patih tertinggi". Gelar yang digunakan oleh Gajah Mada dan para pejabat sebelum dirinya adalah mapatih atau apatih. Menurut Tomé Pires dalam catatannya, Suma Oriental, terdapat penyebutan raja bawahan sebagai patih, akan tetapi patih yang berkuasa di ibukota tidak dijuluki Mahapatih, melainkan Gusti Patih. Gelar penuh Gajah Mada dalam prasasti Prapañcasa̅rapura adalah rake mapatih ring majhapahit pu gajah mada, bukan rake mahapatih ring majhapahit pu gajah mada.
3. Raden Wijaya keturunan Sunda. Pada era Kesultanan Mataram, naskah Babad Tanah Jawi menyebutkan bahwa pendiri Majapahit berasal dari Pajajaran dan bernama Jaka Sesuruh, diambil dari cerita rakyat Sunda Jaka Susuru. Berita ini tidak benar, karena diketahui bahwa pendiri Majapahit bukan bernama Jaka Sesuruh dan tidak berasal dari Pajajaran, melainkan bernama Narārya Sanggrāmawijaya, seorang pangeran dari Tumapĕl. Gagasan dari Babad Tanah Jawi diambil kembali oleh penulis Naskah Wangsakĕrta, konon berasal dari Cirebon, yang menyebutkan bahwa ayah Dyah Wijaya, Dyah Lĕmbu Tal, merupakan seorang wanita dan menikahi putra raja Suṇḍa. Autentisitas Naskah Wangsakĕrta diragukan oleh banyak sejarawan. Diperkirakan bahwa naskah ini ditulis pada tahun 1960-an, bukan abad ke-17 seperti yang diklaim. Nama Dyah Lĕmbu Tal terdapat pada Kakawin Nāgarakṛtāgama dan merupakan putra dari Narasinghamūrti, raja Tumapĕl, dicandikan sebagai Buddha setelah kematiannya. Ada pula Harṣawijaya, yang juga merupakan putra dari Narasinghamūrti, akan tetapi apakah mereka adalah orang yang sama tidak diketahui dengan pasti.
4. Jayanagara putra Dara Pĕṭak dari Malayu. Nama Dara Pĕṭak terdapat pada naskah Pararaton yang ditulis pada sekitar akhir abad ke-15 Masehi. Disebutkan bahwa Dara Pĕṭak adalah putri Malayu yang diperistri oleh Raden Wijaya (Kṛtarājasa) dan melahirkan Raden Kalagĕmĕt (Jayanagara). Namun, prasasti-prasasti yang dikeluarkan oleh Kṛtarājasa tidak pernah menyebut nama Dara Pĕṭak sama sekali, dan justru menyatakan bahwa Jayanagara merupakan putra dari Tribhuwaneśwarī, permaisurinya. Selain itu, Pararaton juga salah menyebutkan bahwa hanya ada dua putri Kṛtānagara yang menjadi istri Wijaya, di mana prasasti menyatakan bahwa keempatnya menikahi Wijaya. Jayanagara juga tidak pernah memiliki nama Kalagĕmĕt, melainkan sudah bernama Jayanagara sejak lahir, seperti yang tertera pada prasasti Kudadu (1294).
5. Majapahit runtuh oleh Dĕmak. Dalam tradisi Jawa Baru, dipercaya bahwa Majapahit runtuh oleh serangan Dĕmak di bawah kepemimpinan Raden Patah. Akan tetapi, ini tidak benar. Menyinggung miskonsepsi nomor 1, diketahui di dalam Pararaton bahwa Majapahit bukan lagi ibukota Jawa sejak tahun 1478, setelah serangan anak-anak Sang Sināgara (Rājasawardhana) yang membuat basis pertahanan di Jinggan* melawan paman mereka, Singhawikramawardhana Dyah Suraprabhāwa. Dalam prasasti Pĕṭak dan Jiyu III (1486) yang dikeluarkan raja Girīndrawardhana Dyah Raṇawijaya, ibukota Jawa pernah berpindah ke Kĕling setelah perang melawan Majapahit. Pada Suma Oriental (1513), ibukota telah berpindah lagi ke Daha, kemungkinan dengan raja yang sama. Serangan Dĕmak pada 1527 meruntuhkan Daha, bukan Majapahit, dan berada di bawah kepemimpinan Sultan Tranggana, bukan Raden Patah.
6. Brawijaya adalah raja Majapahit terakhir. Miskonsepsi ini juga berasal dari Babad Tanah Jawi dan naskah-naskah Jawa Baru era Kesultanan Mataram lainnya, yang menyebutkan bahwa raja Majapahit terakhir bernama Brawijaya. Ada pula yang menyebutkan bahwa Brawijaya adalah gelar terus menurus raja-raja Majapahit, dengan raja yang terakhir bergelar Brawijaya V. Seperti yang disinggung pada nomor 4, raja Jawa yang ditulis dalam Suma Oriental diperkirakan merupakan raja yang sama dengan Girīndrawardhana Dyah Raṇawijaya, hal ini dikarenakan nama raja Jawa dalam Suma Oriental adalah Batara Vojyaya (ejaan Portugis untuk Baṭhāra Wijaya), nama yang mirip dengan Raṇawijaya. Gelar Bhaṭāra dalam bahasa Jawa dapat disandhikan (disingkat) menjadi Bhrā, sehingga didapatkanlah nama Bhrā Wijaya. Nama inilah yang kemudian dituliskan sebagai Brawijaya dalam berbagai naskah Jawa Baru. Tidak ada pula Brawijaya sebagai gelar terus menerus dalam satu pun naskah maupun prasasti era Majapahit. Pada umumnya, gelar abhiṣeka seorang raja Jawa Kuno tidak diturunkan terus-menerus layaknya gelar raja pada era Jawa Baru.
7. Raden Patah adalah putra Brawijaya. Menyinggung nomor 6, telah kita ketahui bahwa tokoh Brawijaya dalam naskah-naskah Jawa Baru bukanlah raja Majapahit yang sesungguhnya. Lantas, apakah Raden Patah merupakan putra Dyah Raṇawijaya, raja wangsa Rājasa yang terakhir? Silsilah kekeluargaan Raden Patah dapat ditemukan dalam Suma Oriental, catatan perjalanan duta Portugis Tomé Pires yang mengunjungi Jawa pada 1513. Disebutkan bahwa kakek Pate Rodim (Raden Patah) merupakan seorang budak dari Gresik yang dimiliki penguasa Dĕmak sekitar empat puluh tahun yang lalu. Penguasa Dĕmak memerintahkannya untuk melawan Cirebon dan akhirnya menjadi penguasa (patih) Cirebon. Ada juga yang menyebutkan bahwa kakek Pate Rodim adalah seorang pedagang. Hal ini sesuai dengan catatan Tomé Pires yang sebelumnya mengenai para patih muslim yang berkuasa di pesisir utara pulau Jawa, bahwa mereka adalah keturunan dari pedagang-pedagang muslim dari luar Jawa yang mengambil alih kekuasaan para penguasa Jawa yang sebelumnya.
submitted by MiserablePrince to u/MiserablePrince [link] [comments]


http://rodzice.org/