Teman suami ku

Was I too sensitive/emotional? (Ex) Boyfriend seolah nyembunyiin aku.

2024.05.05 10:57 cheesesoes Was I too sensitive/emotional? (Ex) Boyfriend seolah nyembunyiin aku.

(Ini pengalaman yg udah lama terjadinya, tapi karena barusan liat thread di Twitter yang lagi nge-hit dan ngebahas soal ini, aku jadi keinget)
Dulu aku pernah pacaran sama orang yang sempat kerja sama aku. Gambaran kasarnya adalah aku 'klien' dan dia utusan dari kantornya yang nge-handle aku. Karena hubungan kami ada bau kerjasamanya juga, kami berdua nggak pernah mengumumkan kalau kami berpacaran. Dia nggak mau kalau bos/rekan-rekan kerjanya tau, dan aku paham situasinya tsb. Jadi, meskipun aku pernah beberapa kali ke kantornya dan ketemu dia (dalam rangka bisnis), we always tried to keep it look professional. The fact that both of us are extremelly physically awkward to each other really helped, too. Dari luar, kami nggak ada chemistry sama sekali. Jadi aku rasa nggak ada orang yang pernah menebak kalau kami berpacaran.
Anyway, meskipun awalnya aku setuju untuk nyembunyiin hubungan ini, lama-lama aku ngerasa pengen 'bebas'. Aku pengen sesekali upload potret hubungan kami di sosmed/update soal dinner date kami/share sepenggal chat lucu kami meski tanpa nunjukin sosok/identitas kami. Pernah suatu saat, kami berdua liburan ke luar pulau, dan aku upload foto pesawat kami yg mendarat di bandara (tanpa ada sosok dia sama sekali). Begitu mantanku ini sadar, dia langsung negur aku untuk segera hapus IG story ku, karena takut rekan2 kerjanya connect the pattern dan sadar (ada bbrp rekan kerjanya yang follow sosmedku). Meskipun keberatan, akhirnya aku nurut aja.
Karena insiden tersebut, aku bertanya apa boleh aku sesekali share hubungan kami ke sosmed. Dia keberatan, masih dengan alasan yang sama. Dia juga bilang apakah sharing soal itu penting. Well, it was for me. Aku pengen tunjukkin ke dunia kalau ada orang yang sayang sama aku. Dia nyahut kalau hubungan kami cukup kami berdua yang tau, karena kami berdua yang ngejalaninnya, dan itu yang terpenting. Aku paham sudut pandangnya, tapi...
Yah, akhirnya sejak saat itu aku nggak pernah upload apa-apa soal kami berdua. Even setelah dia keluar dari kantornya dan harusnya aman untuk kami nggak backstreet lagi.
Anyway, selain itu juga, dia nggak pernah ngenalin temen-temennya ke aku. Aku paham kalau dia nggak mau campur-adukin circle pertemanannya sama aku, tapi kami udah kenal selama 4 tahun lebih sebelum berpacaran. Like I think I deserved to know his friends? Apalagi aku udah ngenalin temen-temenku ke dia, dan bahkan salah satu dari temenku sampai jadi teman curhatnya dia juga. Aku pernah protes soal ini, tapi dia nggak pernah mau ngejawab soal itu. 'Buat apa', 'kamu nggak kenal dia kok', dsb. Same old, same old. Seakan dia nggak mau bahas tentang itu. Tapi dia suka nyinggung 'sahabatnya' ini di tengah-tengah percakapan kami. Aku tuh kayak.... yeah, okay??? who's your friend?!??!? Can you introduce me to them?!?
Dua hal tersebut bikin aku ngerasa nggak 'disayang' sama dia. Kayak dia berusaha keras nutupin aku dari dunianya (kecuali keluarganya). Sempet mikir, apa aku terlalu jelek/malu-maluin/nggak worth it buat dikenalin? Tapi ketika kami ngobrol berdua, dia suka banget love-bombing aku dengan segala kasih sayang. And I loved him for that, tapi aku ttp ngerasa ada yang kosong aja.
Was it ego? Was I being ungrateful? Was I being too emotional? Was that normal for a guy?
(I know he was a bit shady, but I could 100% assure you that he's not cheating. Aku pernah nginep di rumahnya, ketemu satu keluarganya, nggak ada indikasi kalau dia main di belakang. He just really hates pamer apa-apa di sosmed)
submitted by cheesesoes to Perempuan [link] [comments]


2024.05.01 09:27 sumpitsakit Triple trouble

Triple trouble submitted by sumpitsakit to ondonesia [link] [comments]


2024.05.01 09:26 zablay Triple trouble

Triple trouble submitted by zablay to indonesia [link] [comments]


2024.04.26 16:35 Craft099 Shin-tae-yong husbando.

Wah, wah, di mana saya harus memulai. Shin-tae-yong... sayang, beruang pookie-ku. Aku mencintaimu sejak pertama kali aku melihatmu. Cara kau mewarnai rasa ketakutan di mata musuh kau. Sentuhan halus Anda di sekeliling gawang itu, dan lompatan indah itu. Saya akan melakukan apapun untukmu. Saya berharap waktu dapat dibekukan sehingga saya tidak perlu melihat cintaku pensiun.
Kamu memiliki masa kecil yang sulit, tetapi kau tidak pernah putus asa. Kamu bahkan luar biasa di luar lapangan, kamu adalah suami dan ayah yang hebat, terkadang aku bahkan memanggilmu ayah.
Saya selamanya takut dan menangis, memikirkan hari dimana suatu hari nanti Shin-tae-yong ku akan pensiun. Aku akan mengorbankan hidupku sendiri, itulah satu-satunya hal yang bisa membuat wajah tampan mu tersenyum.
Kau telah memberi saya begitu banyak kegembiraan dan patah hati selama bertahun-tahun. Aku ingat saat kau diperlakukan lalu dikeluarkan meninggalkan Korea dan rasanya hatiku hancur berkeping-keping.
Tapi air mata masih menetes dari mata kananku saat aku melihatmu memenangkan kejuaraan ke-2 AFF 2020, karena jauh di lubuk hati, rajaku yang mulia pantas mendapatkannya. Aku hanya ingin kamu kembali ke Indonesia.
Lalu, ya, bayi laki-lakiku yang manis pulang dan aku bersukacita. Tahun 2020 adalah tahun yang berat bagi kami sayang, namun di tahun 2024 kamu membuat sejarah terjadi. Anda bangkit dari kedudukan 1-1 (11-10 penalti) dan saya tidak dapat mempercayainya.
Aku menangis, bahkan menangis, dan aku mendengar rajaku yang mulia berseru, "KABUPATEN CIBINONG, INI UNTUKMU!" Anda tidak hanya mengubah permainan bola dan dunia selamanya, tetapi Anda juga mengubah dunia saya selamanya. Dan sekarang kamu semakin tua, tapi tetaplah kambing, kambingku. Aku mencintaimu beruang pookie, rajaku yang mulia, Shin-tae-yong.
submitted by Craft099 to indowibu [link] [comments]


2024.04.23 11:31 hangayomip Just Humor

Ada seorang suami yang di dalam dompetnya terdapat foto istrinya. Saat teman-temannya melihat, ia dipuji sebagai suami yang sangat baik.
Lalu, satu di antara temannya bertanya apa fungsinya membawa foto sang istri. Dia menjawab: "kalau aku punya permasalahan di kantor, aku selalu memandang foto itu, dan permasalahan yang dihadapi hilang begitu saja".
"Wah alangkah berbahagianya kamu mempunyai istri seperti itu, bagaimana bisa begitu?" tanya teman-temannya.
Sang suami menjawab kembali: "Ya, kalau saya melihat foto istri saya, semua permasalahan apa pun di kantor, menjadi tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan permasalahan dengan dia!"
submitted by hangayomip to u/hangayomip [link] [comments]


2024.04.11 05:58 rr_bebs saran & masukan

Halo guys, ijin mau bertanya.
Sebelumnya, aku cerita dulu latar belakangku. Aku dulu awalnya seorang hotelier, yg punya pengalaman kerja salama 4 tahun, sebagai seorang accounting clerk. Nah, waktu covid pariwisata mengalami gejolak, akhirnya aku pulang ke kampung (Manado), tuk bantu orang tua dengan bisnis Rumah makannya + homestay selama 2 tahun.
Sekarang, aku ngirim lamaran kerja ke berbagai perusahaan (krna sepupuku udh bantuin ortuku tuk handle bisnis mereka), namun aku udh fokusin, tuk tetap mencari industri / perusahaan dibidang jasa, agar masih tetap nyambung dengan background pendidikan (management perhotelan) & pengalaman kerja sebelumnya, plus aku sempet ikut bootcamp IT disalah satu edutech terkenal di indo (revoU), disela - sela pencarian kerja baru, slama 6 bln.
Akhirnya aku dapet offering letter disalah 1 perusahaan leasing terbesar di Indo.
Yg jadi pertanyaan ku, adakah dari teman" disini, bekerja di industri leasing / multifinance? Kira" apa plus & minesnya masuk di industri ini ?
(kalau soal tekanan & corporate work culture, aku aman) Diluar ini, apa yg perlu menjadi concernku tuk survive dalam pekerjaan ini? (Jika ada yg mau ngasi informasi sampai detail, aku sungguh berterimakasih)šŸ™
Karena aku ngelamar pekerjaan pariwisata di kampung, kurang ada yg cocok.
submitted by rr_bebs to finansial [link] [comments]


2024.03.21 10:55 Educational_Waltz637 Hi girls aku selama ini merasa sangat insecure karena face shape aku, bisa kasih rec influencer?

Aku punya bentuk muka yg gk ada jawline dan pipi aku yang chubby(tapi gk lucuc kayak umjišŸ˜‚). Aku ngerasa insecure kalo liat influencer yg aku ikutin karena mereka kalaupun chubby setidaknya ada jawline nya gitu, begitupun sama teman aku. Yes itā€™s very objective of me dan aku minta maaf banget, tapi sejauh ini aku belum pernah ngeliat influencer yang bentuk mukanya mirip aku gitu jadi entah deh aku kayak ngerasa gk bisa pede ajašŸ„²
Bentuk muka ku tu agak bulat oval and chubby, i know this might not be healthy tapi cara ku jadi pede itu kalau liat org yg agak mirip2 gitušŸ„²
submitted by Educational_Waltz637 to Perempuan [link] [comments]


2024.03.04 03:20 Large-Bobcat-3516 Well, well, wellā€¦ if it isnā€™t the consequences of my own actions

Well, well, wellā€¦ if it isnā€™t the consequences of my own actions submitted by Large-Bobcat-3516 to indonesia [link] [comments]


2024.02.21 01:46 Street_Earth_8800 Hello girls, seeking relationship advice, friendship and self development mendekati usia 30āœØ

Hello girls! Currently not doing anything and I want to talk my heart out šŸ„¹ So, next few years aku bakal 30 tahun, dan entah kenapa aku cukup excited. Status saat ini single and not seeking any relationship. Beberapa orang udah nge hint supaya aku mikirin nikah, tapi setelah pengalaman sebelumnya, I realized aku cukup emotionally fulfilled dengan pertemanan sj. I need a lot of space and variety in relationship dan unfortunately some guys need constant communication and emotional support. Mksudnya aku butuh banget circle lain selain pacar, dan kadang some guys kurang bisa nerima. Anggapnya I prioritise my friends over them. I just think itā€™s exhausting. I think itā€™s also not fair for them, so I stop trying. Do you think itā€™s weird? I also quite skeptical with having children (ga percaya diri bisa besarin anak dgn baik, kudos utk para parents diluar sana ya).
Talking about friendship, aku justru pengen banget punya temen cewek yang banyak, tapi entah kenapa rasanya susah. I think I struggle in this department karena personality ku yg quite introvert, a little bit too sensitive and not really into gossiping (I just donā€™t like it). Semakin tua I realized itā€™s hard to maintain friendship, terutama pertemanan prempuan. Dulunya punya beberapa teman cewek di kantor, but I realized quite late that no one is truly your friend in office (learn it the hard way). I think after the office fiasco, Iā€™m kinda traumatised to trust people. My old friends alrdy have their own life, not to mention our friendships kinda fallout for some social reason (aku yg agnostik, economic and educational difference). I just stop trying, so I only have one bff left. But honestly I miss those days when I can hangout with many friends.
And so, I realized itā€™s best to just develop my self. Saat ini Iā€™m pursuing master degree and thinking my skill is still lacking. Aku pengen banget beljar data science bersertifikat but dunno where (I mean legit place to learn yg sertifikasinya diakui). Aku sempat belajar UI/UX tapi mentok. Bener2 pengen dalamin dua hal itu. Trus aku juga pengen banget kembangin hobby, I love flowers and pretty accessories. Aku pengen banget gardening lagi and making cute accessories. Aku juga pengen belajar tari tradisional :D Just wondering where I can learn this hobbies and find communities in Jakarta.
Sekian girls. I know this is a long post and probably too long to read šŸ˜… Thank you šŸ¤
submitted by Street_Earth_8800 to Perempuan [link] [comments]


2024.02.14 21:17 chocbananana Advice on Life after marriage

Aku (22F) rencana nikah sama pacar (32M) november tahun ini, and i need some advice. Pls dont attack me for our age gapšŸ™ i can create a separate post if youā€™re curious of our relationship
Kita memutuskan untuk nikah karena umur suami yg sudah ā€œmepetā€ dan kita mau spent time together dulu sebelum punya anak. Suami rencana mau sekolah spesialis tahun depan, makanya kita memutuskan untuk menikah tahun ini secara sekolah spesialis itu berlangsung selama 4 tahun. Kita rencana having kids setelah suami lulus. Kita tidak mau menikah setelah suami lulus, karena setelah nikah harus segera punya anak (tidak bisa spent time together dulu).
Aku butuh saran mengenai:
  1. Career
Keluarga suami mempunyai usaha UMKM yg masih bisa terus berkembang. Perusahaan ini sudah memiliki banyak langganan tetap. Suami mau aku bantu mengurusi usaha ini bersama adiknya, dan aku sekarang baru mulai membantu dalam bagian pembukuan (karena aku lulusan accounting). Sampai saat ini yg mengurus usaha ini ada 3 orang (aku, adik ipar (31F), teman adik ipar (31F)). Hubungan adik ipar & temannya sudah begitu dekat secara mereka sudah berteman sejak SD. Sedangkan aku sering merasa tidak cocok dengan mereka (apalagi sama temannya adik ipar), karena karakter mereka dengan aku berbeda jauh (opposites) dan ide2 dan cara pemikiranku selalu berbeda dengan mereka, dan aku tidak terlalu bisa berinisiatif karena belum ada pengalaman kerja. Aku merasa tidak berguna (karena ada tidaknya aku tidak mempengaruhi usaha ini) dan tidak cocok untuk bekerja disini.
Tetapi aku juga mempertimbangkan kalau mencari pekerjaan diluar itu tidak mudah, dan gaji yg didapatkan belum tentu bisa se-berkembang gaji yg didapatkan dari usaha UMKM ini kalau sudah berkembang.
  1. Home
Suami ingin aku tinggal bersama keluarganya sampai dia lulus spesialisnya, lalu kita akan cari rumah dekat keluarganya & tinggal dirumah sendiri setelah itu. Mereka tinggal di ruko yg cukup besar (ruko bagian depan untuk usaha UMKM, dan rumahnya berada di bagian belakang). Yg tinggal dirumah tersebut ada 5 orang (suami, mama(61F) & papanya(64M), adik & kakak ipar(36F)). Aku merasa tidak nyaman tinggal bersama mereka karena keluarganya yg cukup ā€˜ramaiā€™ dan aku tipe org yg butuh privasi tinggi (apalagi masalah hubungan aku & suami). Dan aku juga kurang cocok sama keseharian mereka (menurutku keluarganya terlalu kaku & formal).
Aku sebenarnya memiliki apartemen, tetapi jika aku bekerja di usahanya, artinya aku harus tetap kerumahnya senin-jumat karena usaha tersebut berada dirumahnya. Tidak jauh berbeda jika aku tinggal di tempat lain.
Jadi apakah aku harus bantu mengurus usaha keluarga mereka dan tinggal bersama mereka, atau mencari pekerjaan baru dan tinggal di apartemenku? Atau apakah ada solusi lain?
submitted by chocbananana to Perempuan [link] [comments]


2024.02.14 00:27 Western_Jeweler_8121 Ijin bertanya : yes or no

Jadi dulu aku suka melukis badan aku sendiri hingga satu moment aku sadar bahwa aku gak bisa melukis punggung ku. jadi aku ada keinginan melukis punggung orang secara langsung dengan cat kuas , tapi aku malu jika meminta dari keluarga atau teman , aku merasa dapat tatapan judge buruk dan apakah menurut kalian pesan BO itu boleh ? Atau ada saran lain ? Jika BO aku gak mau di layanin cukup minta jadi patung dan aku menggambar di punggung saja. Kalau laki takut pada mikir aneh aneh .
Fyi aku F jadi gak mungkin aku lesbi or something , jelas saya suka laki. Klo anak anak saya gak mau nanti dikira pedofil
submitted by Western_Jeweler_8121 to indonesia [link] [comments]


2024.01.22 12:14 rin-820 Blocked IMEI and iPhone

Hi everyone,
Same old IMEI shenanigans and after all this time, sadly, it finally happened to a close circle.
ART-ku yang udah kerja lama banget dan jagain anakku beli iPhone di orange-ecommerce, with cheaper price than the regular of corsss.
iPhone nya berfungsi baik sekitar 4 bulanan ini, tiba-tiba udah beberapa hari ini jaringannya kosong dan showing symptoms of blocked IMEI.
Website pemerintah, baik dari Kemenperin and Kemenkeu ngga bisa diandalkan untuk cek IMEI apakah benar terblokir. Apakah teman-teman di sini ada yang pernah ngalamin hal yang sama dan solusinya gimana? Apakah bisa dibawa ke bandara buat daftar IMEI, karena kayanya baca-baca cuma bisa daftar handphone yang beneran dibawa dari luar dan within 60 days window.
I feel bad, I want to help and pay any additional fee if necessary, I see how hard sheā€™s been working and how prolly couple millions rupiah that are relatively small for certain people is a big thing for her and she saved up months for that. Unfortunately, Iā€™m also not in the economic place to buy her a new, authorized one, but Iā€™m willing to pay for regis if it helps her and prolly lower than the actual iphone price?
Any suggestions and advice are greatly appreciated, guys, thank you
submitted by rin-820 to indonesia [link] [comments]


2024.01.18 01:06 ZakiYamagi Namanya cowo pasti selingkuh

Namanya cowo pasti selingkuh submitted by ZakiYamagi to u/ZakiYamagi [link] [comments]


2024.01.17 13:00 sumpitsakit Namanya cowo pasti selingkuh

Namanya cowo pasti selingkuh submitted by sumpitsakit to ondonesia [link] [comments]


2024.01.17 01:40 gajibuta Namanya cowo pasti selingkuh

Namanya cowo pasti selingkuh submitted by gajibuta to indonesia [link] [comments]


2024.01.06 19:32 howtovalorant Masa Sma paling enak?

halo aku masih umur 17 dan kata kata orang masa sma itu masa terindah ato masa smp jg
aku sekarang kelas 2sma dan tidak merasakan masa indah yang ada malah di bully stiap hari sblum liburan pas di sekolah aku sering di omongin kuat karena aku ngasih tau mereka kalau aku ngegym
dan ada salah satu pembully yang ngajak minum2 dan judi online stiap kali aku menolak ajakan mereka.salah satu dari mereka sering bilang *kuat* karena aku menolak ajakan mereka dan pergi ke gym.sekarang mereka sering menyebutku kuat.saat di kantin ataupun saat ketemuan aku menjadi merasa terjauhi dan teman teman sekelas ku juga membuat candaan tersebut *memanggilku kuat*
di sekolah aku juga merasa terjauhi oleh teman temanku karena hal itu padahal sebelumnya mereka baik baik saja kepadaku
bagi yang sudah lulus sma bisa minta saran apa yang membuat masa sma itu seru? maaf jika ada kata kataku yang salah
submitted by howtovalorant to indonesia [link] [comments]


2024.01.01 05:16 altsilverhand Tempat simpan emergency fund/temporary savings

Hi all, Happy New Year!
Mau minta saran / pengalaman teman-teman semua untuk tempat penyimpanan dana yang butuh bisa ditarik sewaktu-waktu atau relatif cepat (so no time deposit), tapi terpisah dari CASA account (supaya ga 'termakan' inadvertently).
Terpikir kegunaannya untuk emergency fund, dan tabungan temporer misal untuk travel dalam beberapa bulan ke depan (jadi beda dengan uang yang memang untuk invest long term).
Yang sudah kepikiran, bikin akun yang tanpa biaya admin dari BCA (TabunganKu). Memang ga ada akses internet banking, tapi masih OK sepertinya apalagi institusi bona fide spt BCA.
But wondering if I'm missing out on other instruments yang lebih baik, misalnya apa ada yang bisa ada bunga/yield nya (while not putting the principal at risk). Some kind of gov't bonds maybe? Would love any thoughts. Terima kasih sebelumnya!

Edit: Mod(s), apologies if flair is off-thought this isn't 'investing' per se but more of a general advice. Please feel free to change and thank you
submitted by altsilverhand to finansial [link] [comments]


2023.12.25 06:23 dindt-21 I want to move on. Aku pengin berubah, barangkali Komodos disini ada yang butuh asisten di bidang data Aku sangat ingin punya mentor.

Aku cowo 24 tahun semenjak pandemi hidupku berantakan mulai dari bapak kena stroke, laptop satu - satunya gue rusak sampe kuliah berantakan. Beruntungnya Aku hidup di desa terus ada sawah jadi untuk kehidupan sehari - hari masih terpenuhi.
Baru belakangan ini aku dihibahin laptop bekas dari kakak ipar, dan Aku memutuskan pengin move on, pengin nyelesain kuliah, pengen lanjutin fokus belajar data di umur Aku yang sekarang. Aku sadar dengan portofolio ku sekarang bakalan makan waktu dan susah untuk qualify diterima kerjaan. Maka dari itu, dipikiranku cara paling cepat dan efektif buat ningkatin skill+nambah portfolio adalah dengan nyari mentor.
Barangkali Komodos disini ada yang butuh asisten di bidang data ngga dibayarpun ngga papa aku cuman butuh mentor mau jadi sponge yang ngeresap ilmu sekaligus teman diskusi. Untuk gambaran skill yang aku punya, aku pernah enroll sertifikasi data analytic google di coursera, bisa excel/google spreadsheet, beginner ke itermediate sql dan beginner ke itermediate di python. Bisa dicek juga portofolio.
submitted by dindt-21 to indonesia [link] [comments]


2023.12.23 18:10 upperballsman Beberapa Catatan Menarik dari Kesaksian Pelayaran Kompeni Ke Hindia Timur (Nusantara) 1596-1598.

Darimanakah Catatan Ini

Di Weekend yang bahagia ini, saya bersyukur bisa nemu buku menarik terbitan London pada tahun 1703. Buku ini Berjudul "A Collection of Voyages Undertaen by the Dutch East-India Company, for the Imrpovement of Trade and Navigation" Diterjemahkan kedalam bahasa Inggris dan diilustrasikan oleh beberapa diagram (peta).
buat teman teman yang penasaran, silahkan bisa langsung diakses disini: https://archive.org/details/ldpd_6424148_000
Jangan Khawatir, meskipun terbitan 1703, Bahasa Inggrisnya relatif cukup mudah dipahami, cuma beda penggunaan huruf dan ejaan aja, misalkan, "s" ringan masih ditulis dengan "f" tanpa diakritik horizontal, atau banyak kata2 asing, seperti "Rushes" yang berarti Serat2 yang diikat2, atau "Pateteroes" dan "Fusils" yang berarti meriam swivvel semacam cetbang, dan musket pemantik batu (flintlock).
Dari proses pembacaan ini, ada beberapa screenshot yang ku ambil yang terjemahanya akan kutuliskan dibawah biar gk pusing2 banget baca huruf kabur2 dan jadul.
Catatan2 menarik ini mostly berupa deskripsi Visual dari Banten, Tuban, Arosbaya, sampai Bali, Ambon, Banda dan Ternate.
Gk semua yang menurut saya menarik saya ingat untuk screenshot, jdi ini lebih ke promosi isi buku yang menarik aja sih in hopes of ada yang lebih paham dan mau menyelami lebih dalam, dan last of all, tentu saja buat bersenang2, karena hal2 ini menarik bagi saya.

Catatan-Catatan Menarik

1. 23 Juni 1596 Deskripsi Belanda ketika pertama kali melihat Kapal Jong, di Perairan Banten.

... Pada 23 Juni, Comissioner masing masing Kapal (Dari 4 Kapal yang berlayar kala itu) Mengambil Posisi Kapten dan Cornelis de Houtman dijadikan KApten Mayor. Pada hari yang sama mereka melihat di Teluk Jawa, sebuah kapal yang oleh penduduk disebut "Jonque" (Jong)": Ia memiliki Tiang Depan, Tiang Utama, dan Tiang Mizzen (yang paling tinggi), dengan Layar Utama dan Layar Sprit. Dari Jauh ia terlihat seperti Kapal Nelayan Ikan Herring, namun cara Ia Berlayar benar benar berbeda. Layar Layar itu ditenun dari Serat, tali tali layar itu terbuat dari bahan yang sama. Sebagian besar Kapal itu disambungkan dengan cara yang sama sebagaimana Tukang Kayu (Cooper) menyambungkan gentongan kayu (Cask). Beratnya adalah 30-40 Ton. Aula nya juga diselimuti oleh serat-serat sebagaimana rumah rumah Orang Desa di Holland. Ketika Jong itu mendapat angin yang kencang, mereka mengencangkan tali dari Tiang Tengah ke Tiang Depan, dan Tiang Utama ke yang lainya, Layar Layar itu di jahit ke Ratingues di bawah dan diatasnya pada jarak yang sama, hal seperti itu sama sekali merupakan pemandangan yang baru dan luar biasa bagi orang Eropa (saya gk menemukan apa arti Ratingues)

2. Deskripsi tentang Kantor Asuransi Perkapalan di Banten tahun 1596.

[konteksnya mereka sedang mendeskripsikan kondisi Pasar Banten dengan sangat detil] ... Dekat tempat itu mereka menjual kacang kacangan dari berbagai warna, Putih, Hitam, Merah, Kuning, Hijau, Abu Abu. Lalu setelah melewati Kain Linen dan Jalanan Pedagang lain, adalah Pasar untuk Bawang Bawangan, Kantor Asuransi untuk Kapal ditempatkan disini, ketika Kapal Kapal itu selamat pulang, mereka mendapat keuntungan, tapi ketika kapal kapal itu tidak selamat pulang, mereka kehilangan uang mereka.

3. Deskripsi Visual Penampilan Pangeran Tuban pada tahun 1596.

.... Setelah Sehari Mendarat, mereka melihat sang pangeran duduk di Gajahnya, dengan kakinya yang disilangkan seperti tukang jahit kita, dia disana dinaungi penutup (atap), yang berbentuk sapi, dengan pembagian pada satu sisi nya (?)(with a partition on one side), dan kanopi diatas kepalanya, untuk melindunginya dari panas dan hujan. Dia mengenakan Doublet (Jaket ala eropa) yang berwarna beludru hitam dengan lengan yang lebar. (ini mungkin maksudnya Surjan), dan yang mendampinginya bersenjatakan Musket dan Javelin, yang beberapanya memiliki besi besar diujungnya. Orang yang mengendarai gajah memegang kail di tanganya untuk menyetir jalan-nya gajah yang bisa berlari secepat kuda.

3. Deskripsi Visual Penampilan Orang Biasa dan Bangsawan Tuban pada tahun 1596.

Orang Orang biasanya hidup dari mencari ikan dan beternak, mereka telanjang dari pinggang ke atas, sisanya ditutupi oleh Kain (Callico) dan Keris (Dagger) menggantung dari Sabuk (Girdle) Mereka; Para Bangsawan mengenakan Jubah Kecil (Little Camlet Coat)

4. Deskripsi Visual Armada Kora Kora Ambon 1589.

Mereka berlayar dengan kapal perang mereka, yang mana mereka sangat bangga terhadapnya. Kapal Perang mereka berbentuk bagaikan Naga, dan dapat berlayar dengan baik, Kapal tersebut membawa Bendera-Bendera dan Ornamen Kecil Lainya ... Ketika Admiral Ambon mendatangi mereka (Belanda), dengan 3 Kapal perang terbaik mereka, yang mana mereka sebut sebagai Kora Kora (Caracoores), mereka diisi dengan banyak orang yang berlaku baik, dan disertai juga kebutuhan perang untuk darat dan laut Dia (Admiral) menunjukan pada kunjungan itu, semua tanda kebahagiaan: Orang Orang bernyanyi, dan memukul Drum Panjang dan Basin Tembaga (semacam gamelan) mereka, yang mana mereka bersahut sahutan dengan suara dan ayunan mereka, yang memang kejadian itu cukup menyenangkan. Setiap Kora Kora membawa 3 Meriam Putar (Patereroes) yang mereka ledakan untuk menghormati Belanda, yang mana juga meledakan Meriam mereka dalam balas budi.

5. Deskripsi Armada Jawa (Mungkin Sunan Giri) yang Membantu Ambon perang melawan Portugis

15 Maret 1599, ketika 2 kapal (Belanda) memasang jangkar di Ambon, 2 Kapal Jong Perang datang dari Jawa, membawa prajurit untuk membantu penduduk Ambon, yang menginginkan orang Jawa untuk mengirimkan Pasukan Bantuan untuk menyerbu benteng Portugis yang mengganggu kehidupan sehari hari, Pasukan Tambahan ini disambut dengan kehormatan dan kebahagiaan. (bisa jadi ini adalah armada Terakhir Sunan Giri Prapen yang kala itu sudah sangat tua berdasarkan catatan De Graaf, dari berbagai sumber tutur dan catatan tradisional Sudah sejak masa Raden Paku (Sunan Giri I) Giri menanamkan pengaruhnya di Hitu (Ambon), pada ekspedisi Belanda Selanjutnya tahun 1602 Oliver Noord melihat bahwa Giri-Gresik sudah dalam kuasa Surabaya (De Graaf) )

6. Deskripsi Visual Penampilan Penduduk Ternate Akhir Abad 16

Para Penduduk Pulau ini sangat cinta warna warni, dan terkhusus dengan warna Merah darah ... Para Abdi mengenakan Sutra, dan Kain kain yang indah, Celana mereka sangat lebar, mengikuti gaya portugis mereka mengenakan Jaket Kain (Doublets made of Calico), atau baju berbahan Kulit Pohon, yang dibuat secara luar biasa, Pendeknya, Penduduk adalah orang orang yang baik dan jujur, lebih mudah tertawa dan lebih adil daripada orang Jawa. Semua Kapten sudah tua dengan Jenggot Abu abu yang panjang. Sang Raja memiliki 30 Kora Kora, yang sebagian membawa 4 sampai 6 Meriam Putar.

7. Deskripsi Visual Prajurit Maluku (Overall) di Akhir Abad 16.

.... Mereka menggunakan tameng Vertikal sepanjang 1,2 Meter, dan Pisau yang panjang dan berat, yang mana mereka bisa pakai dengan cepat, karena orang tua mereka mengejari anak-anaknya untuk menggunakan tangan dengan lincah. Mereka juga punya Musket dan Meriam Putar, dan ketika mereka pergi ke suatu ekspedisi, mereka membawa Javelin panjang sepanjang 3 Meter (a fathom and a half), yang mereka lemparkan dengan begitu kuat dan akuratnya, sampai memungkinkan untuk menembus tubuh manusia. lalu mereka mengambil dagger mereka dan berkelahi dengan penuh amarah. Mereka juga menggunakan senjata lain yang dibuat seperti Besi Penguat (Cramps-Iron), di kencangkan di ujung stik, dan diikat dengan tali, mereka melemparnya bagaikan anak panah dan menariknya kembali. (Gue rasa ini basically Spear-Launcher mirip yang dibuat Primitive Technology) Mereka juga punya Pakaian Kepala yang sangat mereka hargai, terbuat bagaikan Coeks-Comb (??, Maybe Cooks-Comb? Bunga India?) dan diatasnya adalah Burung Cendrawasih alih alih Bulu Burung, karena mereka percaya bahwa Burung ini akan melindungi mereka, (Mungkin Burung yang diawetkan?) Para Bangsawan menggunakan Armor, dan berpikir bahwa mereka sangat aman akan ancaman dan luka luka.

8. Gladiator Maluku Menantang Duel Belanda

Mereka punya Gladiator, atau Penduel, yang disebut "Bakeleiers" (Gue gk tau ini ejaan asli nya apa), yang mengenakan pakaian kepala, dan Burung Cendrawasih diatasnya. Ketika bertarung mereka berdiri pada satu kaki, siap menerjang musuh yang juga melompat kebelakang dengan satu kaki, dan ini dilakukanya dengan cepat dan lincah. Mereka sangat bangga dengan ini dang terus terusan menantang Belanda untuk berduel dengan-nya, menawarkan satu lawan enam: Memang, Suatu Belanda menawarkan duel dengang Pedang dan Dagger, tapi mereka tidak menerima tawaran itu. Penduduk hanya mau diel dengan Dagger dan Tameng Panjang.

Penutup

Sebenarnya, masih banyak sekali Deskripsi kejadian menarik yang ada dalam buku ini, seperti misalkan ketegangan Houtman melawan Penduduk Banten yang diadu domba portugis, Pangeran Pangiri (Pangeran Terakhir Demak) yang memusuhi Belanda, Kalahnya Belanda di Arosbaya, Jong Vs Kapal Belanda, dan masih banyak lagi, highly reccomend u check the book out!
submitted by upperballsman to NusantaraRaya [link] [comments]


2023.11.16 17:26 Practical_Plate4921 Lapor disnaker

Jadi perusahaan ayah-ku mulai lay off employees, katanya kantornya mau pindah ke jakarta (kemungkinan hanya alasan, karena petinggi dan saudara bos hanya diam). Padahal ayah-ku sudah 9 tahun disana, tapi diberitahu kepada karyawaanya yang mau ikut ke Jakarta silahkan (tempat tinggal & makan siang tidak di provide (disini ada) & gaji disesuaikan (tidak disebutkan kenaikan berapa)). Yang ga mau ikut disuruh tulis surat resign sendiri dan diberi ucapan terima kasih saja (tidak jelas berapa nominalnya). Sebelumnya sudah pernah ada pemecatan besar-besaran dan dibawa ke pengadilan karena tidak dibayar pesangon. Dan disuruh cicil saja pesangonnya (hanya dibayar 2 bulan) dan sampai sekarang tidak dibayar lagi (menurut info teman"nya). Apakah memang sudah tidak ada solusi lagi teman-teman? Mohon pencerahannya.
submitted by Practical_Plate4921 to finansial [link] [comments]


2023.11.02 00:23 reddit1200 Dikatakan Salah Juga Tidak Benar

Dikatakan Salah Juga Tidak Benar submitted by reddit1200 to indonesia [link] [comments]


2023.10.20 14:45 DeNatix Pengen Curhat

halo ges, saya ingin sedikit curhat biar lega sedikit
Saat ini saya berumur 20 masih kuliah, dan saya merasa capek sekali buat hidup. Ayah saya, sudah menganggur semenjak saya SD dan sampai sekarang tidak ada usaha untuk mencari kerja. Keadaan finansial sekarang juga kalau dibilang kurang dari cukup. Sangat bersyukur, bahwa mama saya masih memiliki tabungan dan sudah memberikan asuransi pendidikan sejak kecil. Satu-satuny tujuan saya hidup sekarang hanya agar mama saya tidak sedih, dan semoga suatu hari nanti mengingat umur mama saya yang sudah cukup tua, bisa membahagiakannya.
Namun hari-hari semakin berat untuk dilewati, saya mempunyai seorang kakak yang baru saja menyelesaikan pendidikan sarjananya dan seharusnya ini sedang magang Namun, karena kakak saya yang katanya mengidap penyakit "mental health" akibat magang tersebut, kakak saya sedang cuti dan tidak ngapain-ngapain sembari bingung apakah ingin melanjutkan magang tersebut.
Imbasnya sayalah yang dituntut mencari uang sembari melanjutkan kuliah. Saya merasa sangat terbebani dengan tuntutan tersebut, sejujurnya saya tidak merasa terbebani dengan kecapekannya. Namun saya capek, melihat kakak dan papa saya yang tidak ada kesibukan, malah diam dirumah tidak ngapa-ngapain sedangkan saya yang masih berkuliah harus mencari uang.
Memangnya saya tidak capek, memangnya saya tidak deperesi. Pikiran untuk mati, bunuh diri selalu terlintas sehari-hari. Jangankan hanya pikiran, usaha untuk bundir juga udah pernah, sayangya gak berhasil, dan untungnya dari keluarga gak ada yg tahu. Saya juga merasa terbebani dengan pikiran saya sendiri, namun saya selalu berpikir "Dunia tidak akan bersabar, hanya karena anda tidak sanggup", Maka dari itu saya harus bertahan.
Salahkah saya membenci ayah saya, yang meskipun tidak melaksanakan kewajibannya, namun masih marah marah di rumah seolah dia paling benar. Salahkah saya jika saya membenci kakak saya, yang karena penyakit mentalnya berhenti melanjutkan magangnya.
Terlepas dari itu, keluarga dan juga teman-temen saya menganggap saya orang yang riang, bahagia, dan tidak ada masalah. Bisa dibilang saya orangnya cukup good-looking, salah satu faktor yang membuat saya gampang untuk akrab dan didekati oleh orang. Selain itu, di kampus saya juga aktif di berbagai organisasi dan kepanitiaan, untuk mengalihkan pikiran dari masalahku dan tetap merasa seperti mahasiswa yang normal.
Namun di tempat ku bisa bahagia juga terkadang dibatasi oleh keluarga. Selalu berusaha dikala gempuran "Ngapain ikut-ikut gituan, bikin cape gak ada gunanya, mending cari uang" dari bapakku tercinta yang kerjanya gak ngapa ngapain selain nongkrong bareng temennya tiap pagi terkadang sampai malam. Ya gw juga ttp kerja, entah joki tugas ini lah, free lance ini itu lah(Waktu kampus tidak memungkinkan untuk kerja tetap).
Salahkah saya jika membenci papa dan kakak saya. Gw juga ingin bahagia, bahkan lupa kapan terakhir benar-benar bahagia. Pls Help :')
submitted by DeNatix to indonesia [link] [comments]


http://swiebodzin.info