Cikgu shida main degan anak murid

H2H a-rs#1 Mahasiswa sepuh (sm14)

2024.01.24 13:16 anton-rs H2H a-rs#1 Mahasiswa sepuh (sm14)

Baru nyadar ada flair 'Heart to Heart', mirip Stories From The Heart (SFTH) di kaskus kah? Jadi kepikiran buat nulis curhatan kehidupan diri sendiri. Sharing sekalian nanya2.

Siapa gue?

Mungkin beberapa udah kenal karena gue sering curhat soal masalah motivasi ngerjain skripsi. Buat yang belum tahu, kenalin gue anton, mahasiswa IT tahun ke 9. Lah kok bisa sampai 9? bukannya maksimal kuliah S1 itu 7 tahun? bener 7 tahun tapi di kampus gue boleh cuti maks 4x jadi 2 tahun tambahan tanpa bayar semesteran.

Kok bisa sampai sm14?

Skripsi, makhluk ajaib yang bisa bikin gue stuck di kehidupan sejak 2018. Udah 8x ambil skripsi, gagal 6x, 1x semester kemarin cukup lancar dan dilanjutin di sm14 ini. Gue tolol? maybe. Tapi secara akademik, gue lancar2 aja. Di semester 7 saat ambil skripsi pertama, gue harusnya udah bisa lulus semester 7 kalau skripsi selesai karena matkul udah mencukupi buat lulus. IPK juga masih ok 3.52. Tapi ga bangga juga sih, soalnya menurut gue gampang dapat IPK segitu di kampus gue, jangan bandingin sama ITB atau UI, jauh, yang udah grinding pun katanya masih sulit dapat IPK bagus disitu.

Flashback kehidupan sekolah

SD

SD ga pernah belajar di rumah tapi diikutin les ke tetangga yang udah retired jadi guru SD. Jadi di kelas pas materinya diulang, gue udah paham duluan dan sering jawab ketika gurunya nanya. 2 moment yang gue inget waktu itu ketika pak A nanya urutan peredaran darah di jantung. Materi yang diajarin minggu lalu dan diajuin pak A buat nge test aja, gue angkat tangan dan jawab bener. Temen cewek si R nyeletuk 'eh lu pinter ya masih inget aja materi minggu lalu'. Yang kedua pas pelajaran MTK dan dikasih 10 soal sehabis dikasih tahu materinya, pak P guru MTK juga bilang 'yang udah selesai boleh istirahat duluan'. Soalnya penjumlahan bilangan pecahan sehabis diajarin FPB dan KPK. Beberapa menit selesai dan gue maju mau ngumpulin ke pak P buat dikoreksi, bener semua dan saat gue mau keluar, pak P nyeletuk ke temen gue si Y yang lagi ngobrol "eh Y, jangan ngobrol mulu, langsung kerjain kayak anton biar pinter juga". Tapi sebenernya gue ga pinter2 amat sih, gue bisa karena udah belajar duluan di les2an. Udah 2x lagi, les2annya cuman 1 ruangan, angkatan gue dan 1 tingkat di atas itu digabung. Gue udah belajar duluan tahun kemarin di les2an, gampang banget jadinya. Btw model les2annya 'siapa yang nanya materi X' malam itu bahas materi X, kalau ga ada yang nanya, pak K bakal ngasih pelajaran di subjek specialitynya 'sejarah', kadang bahas sejarah folklore kayak cerita2 candi, ken arok, atau cerita2 perjuangan kemerdekaan.
IDK why I'm still remember that 2 moments lol.

SMP

Pas lulus SD dapat nilai UN bagus dan bisa masuk SMP favorit. Kebetulan SMP 1 lokasinya di desa gue jadi bisa sepedaan karena deket dengan rumah. SMP berikutnya, SMP 2 punya jarak lokasi 8KM an. Tapi udah expected sih masuk SMP 1, karena di kelas 6, beberapa murid yang pinter2 dapat kelas tambahan buat diajarin lagi supaya bisa ngasih contekan ke temen rata2 nilai UN yang bagus buat SDnya. Walaupun gue minta ke ortu buat dimasukin SMP 2 aja, karena banyak temen2 gue yang masuk situ, tapi ga dibolehin. SMP 1 sama SMP 2 selain jauh jaraknya, SMP 1 emang bener2 favorit, bahkan ada murid2 yang nge kost waktu masuk SMP situ karena rumahnya jauh banget.
Waktu SMP di kelas 7C, karena ga les lagi dan ga pernah belajar di rumah, gue jadi tolol dan dapat ranking paling bawah, rank 32 :') Semester berikutnya Alhamdulillah ada kenaikan jadi ranking 4 tapi dari paling bawah, rank 28.
Bokap guru SMP di luar pulau yang pulang cuman 1-2 minggu tiap liburan semester, akhirnya tahu gue sulit disuruh belajar, ranking bawah dan kerjaannya cuman main PC. Sejak kelas 8 di daftarin bimbel P yang mahal. Gue masih ga belajar di rumah, cuman belajar waktu les dan di kelas. Singkatnya gue jadi dapat ranking 7 dan ranking 1 waktu kelas 8 (beneran rank dari atas). Entah gue yang beneran pinter atau karena gue masuk kelas H di kelas 8. (di SMP kelasnya ada A sampai H, Kelas A dan B itu spesial / favorit, isinya murid2 yang top ranking waktu kelas 7).
Endingnya waktu SMP, gue dapat nilai UN yang cukup lumayan tapi gagal masuk SMA Favorit, udah DP kost2an padahal :')

SMA

Karena gagal masuk SMA 1 G, SMA favorit sekabupaten (jauh tapi ga jauh2 banget), mau ambil SMA Favorit yang di kota juga males karena jauh banget. Akhirnya masuk SMA 1 P yang cukup OK dan ga jauh2 banget, 15m motoran. Ada sih SMA 1 C yang deket rumah tapi waktu itu SMA 1 P secara umum masih lebih bagus katanya. Tapi 1 hal yang bikin nyesek, ternyata di SMA 1 C mata pelajaran ekstranya ada 'bahasa jepang' :') Baru tahu yang namanya anime kelas 12 soalnya, jadi ga ambil pertimbangan mata pelajaran ekstra waktu milih SMA.
Btw info tambahan 'si R temen SD gue'. Dia masuk SMP 1 C juga, sama kayak gue dan dia ada di kelas A / B (kelas favorit). Dan waktu Kelas 9, Kelas A dan B kayak di spread gitu dan gue sekelas lagi sama si R (ga deket sih sama R tapi dia fun, keren, aktif dan sering ketawa anaknya, seinget gue). Pas SMA dia masuk SMA Favorit yang di kota, kelas akselerasi, jadi 2 tahun aja SMAnya, kalau ga salah lagi, dia kuliah HI tapi ga tahu sih, karena ga deket juga.
Tapi ada twist waktu gue masuk SMA, bokap gue juga masuk SMA 1 P di tahun yang sama bareng gue. "Hah, bokap lu masuk SMA?", iya, setelah perjuangan bertahun2 buat ngurus pindah PNS, bokap gue akhirnya berhasil balik ke rumah, btw gue tinggal ama 'mbah uti' (nenek dari bokap).
Satu hal yang beda dari sekolah favorit dan sekolah biasa. Rasa kompetisi waktu di SMP ilang aja gitu dan sekolahnya ga nge enforce murid2nya buat saling kompeitisi (bukan berarti jelek tapi beda aja). Selain nemu hobi baru nonton anime. Gue jadi corrupted sewaktu ujian semester kelas 10 dan sebangku sama kating cwk kelas 11. Contekan. Hal tabu yang ga pernah gue lakuin waktu SMP kecuali pas UN. Zaman itu, 3 hari UN masih jadi penentu lulus ngganya murid.
Karena temen2 kelas waktu itu majority juga pakai contekan dan gue orangnya manipulateable. Gue ikutan punya kebiasaan nyontek, waktu test mingguan, ujian tengah semester dan ujian. Tapi lucunya, gue masih dapat ranking waktu SMA. Bukan karena gue bener2 paham materinya kayak waktu SMP, tapi mungkin karena gue kelihatan pinter, komputer guy (udah bisa ngetik 10 jari dan udah biasa pakai google di daily life dengan HP Nokia 5130XM yang gue pakai selama 9 tahun, dari masuk SMP sampai lulus SMA), dari SMP favorit juga dan anaknya tipikal anak polos baik2 gitu. Dan gue baru tahu ternyata bokap di awal sering nanyain guru2 gue sehabis ujian "eh si anton gimana nilainya? ooh gitu ya, kok bisa segitu nilainya? dll". Mungkin guru2 lain merasa terganggu dan males jawabanya? lol, gue juga bukan siswa bermasalah jadi di bagus2in aja nilainya?. Tapi ada 1 temen seangkatan juga yang ibunya udah lama ngajar di situ tapi ga ranking. Jadi ngga tahu sih, ini pengaruh bokap atau bukan.
Skip ke akhir kelas 12.
Karena gue dikenal pinter, nilai bagus2 dan temen2 sering minta contekan PR karena gue hampir selalu ngerjain (udah manfaatin google buat belajar dan nugas sejak SMP kelas 8, masih banyak yang belum terbiasa nge google sih dulu). Banyak yang expect gue bakal dapai nilai UN bagus di SMA. Tapi... gue kenal DotA2 di kelas 12. Masa-masa yang seharusnya gue pakai buat grinding belajar UN, ngejar ketertinggalan materi. Parahnya lagi gue begadang main DotA2 sewaktu UN dan kena flu, jadi ngerjain harus sambil hati2 ada cairan yang netes dari hidung ke kertas UN.
Akhirnya gue ngecewain banyak orang, gue ga ambil pusing karena di angkatan gue waktu itu, persyaratan lulus atau tidak udah diserahin ke sekolah, bukan karena nilai UN. Karena info UN ga menentukan kelulusan itu, gue commit buat berhenti pakai contekan dan kembali ke jalan yang lurus. Tapi karena nilai UN yang jelek, udah expect juga ga bakal keterima jalur undangan ke pilihan 1 ITS. Sejak kelas 11 udah tahu juga mau ambil jurusan IT, sempet install android studio dan nyicip java dikit pas kelas 12 tapi karena DotA2, sekedar nyicip aja, nyarinya malah tutorial DotA2 di dotaallstars.
Karena jalur undangan gagal, akhirnya coba jalur mandiri di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) karena tanggal testnya lebih dulu dibandingin jalur tulis umum masuk PTN (SBMPTN waktu itu namanya). Karena PENS jalur mandirinya duluan, akreditasi di jurusan komputernya ok, ga terlalu jauh dan ga kemahalan kayak Universitas Surabaya (UBAYA) waktu itu. Sedihnya yang diterima waktu itu 12 dan gue nomor 13nya. Padahal kalau diterima, gue punya waktu jauh lebih banyak main DotA2 sambil nunggu masuk kuliah. Karena ga lolos, akhirnya grinding materi2 SBMPTN lagi lewat langganan bulanan di Zenius dan les offline di bimbel P. Karena ragu dan takut ga lolos kalau ambil ITS di pilihan 1 SBMPTN, akhirnya milih di PTN yang ok juga dan nerima mahasiswa banyak buat jurusan komputernya tapi bukan di surabaya.
Eh ternyata lolos, Alhamdulillah jadi ga perlu ngeluarin duit banyak buat jalur mandiri, tapi keluarnya kok sulit ya ... udah 9 tahun :')
Tapi harusnya lulus sih di sm14 ini, tinggal benerin laporan skripsi yang salah2. Aplikasi udah OK tapi mungkin gue improve lagi kalau ada waktu setelah nulis laporan (optional).

Life is good :D

Awalnya sebelum nulis panjang lebar itu, mau fokus ke bagian ini Life is good. Walaupun gue S1 9 tahun, gue happy2 aja. Kayaknya gue bakal bahagia tetep bahagia selama gue masih bisa duduk depan komputer, ada internet, punya atap atau numpang di rumah ortu dan punya duit buat makan besok.
Laptop spek pas2an, internet ga kenceng2 amat, atap walau hanya kost2an, nasi masak, dengan duit makan sekedar sayur 3k + 2k gorengan dan sekali2 makan hedon pakai gofood nunggu promo. Life is good. 5 tahun lagi gue masih gini juga bodo amat, tapi dalam 5 tahun skill2 gue pasti lebih jago. Rejeki halal juga udah diatur dan ga akan kemana. Gue juga ga bakal mati sebelum semua rezeki yang ditakdirkan buat gue dikasih Tuhan.
Quotes dari islam yang bikin gue ga khawatir di umur 26 baru lulus S1.
submitted by anton-rs to indonesia [link] [comments]


2023.12.21 04:25 HeySans_ "Problematika" Pelajar Indonesia Jaman Sekarang (Gen Z di Persekolahan)

Before you read anything Below, Please be a Critical Person In here...
Jadi Saya adalah salah satu Siswa Kelas IX di Sekolah Menengah Pertama di Indonesia. Mungkin Post "Problem Anak Indonesia Jaman Sekarang" Akan saya Ambil contoh-contohnya dari Sekolah yang sudah saya duduki selama 3 Tahun ini, Karena saya tidak mau memberikan Contoh tanpa Bukti Konkret yang benar-benar terjadi didepan mata saya.
Perubahan yang sangat amat Kontras terjadi setelah Covid terjadi dan berdampak sangat Besar kepada Perubahan Society dan Lingkungan Masyarakat di Indonesia, Tidak luput juga dalam Lapisan Pendidikan yaitu Siswa-Siswi di Indonesia.
Saya saat Masih Kelas VII, Saya dan Teman Seangkatan saya tidak ada satupun yang berani Untuk Membantah/Melawan/Membicarakan Keburukan Guru Dibelakang, Karena di jaman saya yang Kelas VII, Kami masih punya Budaya "Moral & Ethics" Yang kuat kepada Senior, Dan itu juga didukung oleh Kakak Kelas IX Saya dulu, Mereka Ramah nan Baik Tidak peduli Laki-laki Maupun Perempuan mereka pasti Ramah dan Baik, Mereka juga mau Menegur dan Memberitahu mana yang salah dan Benar Kepada Kami. Tapi Semua itu Berbeda setelah saya Beranjak ke Kelas IX.
Jadi pada saat saya kelas VI dulu, masuk Sekolah ini lewat Jalur Prestasi yang dimana itu sudah langka banget untuk PPDB Jalur Prestasi, Seumpama Jalur Prestasi "Dipersulit" Karena Kami tidak menggunakan Ordal, Kami kebanyakan Murni dari Nilai Rapot. Tapi sayangnya Sistem Zonasi itu adalah Ibarat "Golden Ticket" Untuk Penyuapan PPDB Baik lewat Uang Maupun Ordal. Tapi Apa Dampaknya ke Lapisan Murid-Murid di Sekolah Saya Ini? Tentu ada, Justru Berubah 180 derajat Seakan Meja telah Dibalik, dan Matahari telah Tenggelam.
Kembali ke Saya yang sudah Menjadi Senior di Kelas IX, Saya bersama Angkatan saya Pun melihat dan beberapa ada yang sadar kalau memang Sekolah saya entah mengapa menjadi mengenaskan, Kelas VII nya sudah sangat amat berani, tak jarang dan bahkan banyak yang tak heran juga kalau mereka Menyudutkan Guru, Membicarakannya dari Belakang, bahkan Menyebut Cara Mengajar mereka "Primitif", Sedangkan angkatan Saya dulu saat Kelas VII, tidak ada satupun yang berani seperti itu. Tapi, Tunggu Dulu, tidak perlu jauh2 ke kelas VII, Teman Seangkatan saya pun ada dan bahkan lebih parah daripada mereka setelah Angkatan saya menerima "Jabatan" Senioritas di Sekolah ini.
Dalih "Masih SMP ngapain belajar, Main aja dulu bro" Terus berkumandang setiap kali saya mengingatkan Teman Seangkatan, dan Adek Kelas. Justru dengan itu, Bukannya harusnya mereka sudah mempersiapkan dari Kecil? Dari Dini? Bukankah guru BK selalu mengajarkan kita untuk Peduli Lingkungan dan Sekitar, atau bahkan diri Sendiri?. Menurut saya, Justru dari Kecil itu mereka harus mempersiapkan Diri, Terlebih lagi teman seangkatan saya yang bentar lagi Lulus SMP dan beranjak ke SMA, Saya melihat teman Seangkatan saya liburan Semester gini malah Foya-Foya, Mengubah rambutnya menjadi Pirang, Ngebut-Ngebut dengan motor Kesayangannya, Pacaran Bermesra-mesraan, Padahal Bentar lagi Ulangan. Tapi Sekali lagi, Sungguh disayangkan, karena Mereka tidak Perlu Belajar. Sistem ulangan Sekolah Kami mudah sekali di-bypass dengan cara membuka Google Chrome di layar Belah.
Saya sebenarnya prihatin melihat mereka ini, Saya kerap kali memikirkan kenapa mereka seperti ini, Apa toh ga kepikiran mereka, Gimana susahnya orang tua mereka Bekerja, Menghabiskan tenaga dan Mengeluarkan Bulir-Bulir Keringat itu, mereka pakai Uangnya dengan tidak benar? Dibelikan Aksesoris Motor demi gengsi, dan bahkan Rokok. Kenapa mereka ga kepikiran sebaliknya? Kenapa mereka gak mau Sama sekali Membanggakan Orangtuanya dengan cara yang benar? Apa mereka ga kepikiran Betapa Bahagianya, bahkan mungkin mereka bisa sampai menangis Terharu melihat Anaknya berhasil dan Sukses alih-alih Rusak dan menjadi Pecundang.
Apa kabar Indonesia? Generasimu sekarang sudah dirusak Sosial Media, Sudah terkorupsi sejak dini dan Kalian masih saja menutup Mata, Mengurus hal lain yang "Lebih penting". Bukankah Pemuda adalah Bibit Negara? Yang akan mengatur Arah dari Seluruh isi diNegara Merah-Putih ini nanti?, Bahkan disini, Sulit sekali ingin menjadi Religius tanpa mendengar sindiran "Sok alim lu ye". Bukankah Seharusnya Orang tua, Keluarga, Masyarakat, Tenaga Kependidikan, Pemerintah, Bahkan Negara Seharusnya Bekerja sama demi negara Ini? Demi Menciptakan Pelajar Yang Berkualitas?.
Pak Nadiem, Kak Seto, Siapapun! Saya Mohon. Kalian pasti Bisa membantu Pelajar Indonesia yang Sedang Krisis Moral dan Etika. Jadi Saya Mohon, Buka lah Mata hati kalian Untuk Menolong Indonesia secara tidak langsung dengan membuka Pandangan Kritis mengenai Hal Ini.
submitted by HeySans_ to pelajar [link] [comments]


2023.12.15 07:51 TruthversusSlander Part 1 : Penceramah bingai. Mendidik pelajar jadi gatal.

Generasi sekarang dipengaruhi oleh hiburan-hiburan melampau, kurang disiplin krn ayah bekerja dihantar pula ke taska, dan dididik oleh guru2 muda yang bersolek.
Maka wujudlah generasi yang lantang bercakap tapi tiada adab.
“Adakah ini budaya baru? Style baru dalam industri penceramahan dan motivasi pendidikan anak-anak di sekolah hari ini?”
‎Tapi, aku tak peduli. Aku nak lontarkan pandangan aku. Aku tak setuju dengan ajaran atau budaya atau style baru ini. Aku tak setuju dan aku nak kritik!
‎Tapi sebelum itu aku dah bertanya kepada 2 orang sahabat aku yang aktif dalam edukasi dan motivasi kanak-kanak dan remaja. Mereka juga tidak setuju.
‎Aku faham pickup line ini sekadar gurauan. Tetapi apa matlamat anak-anak ini disuruh buat pickup line dekat seorang guru? Budaya apa yang cuba dibawa?
‎Melihat aksi remaja itu merenyam, menggelitat, dan menggedik sebegitu, aku merasakan sesuatu yang tidak kena. Dah kenapa budak ni? Memang budak-budak zaman la ni bila buat pickup line akan ada anjakan paradigma sebegitu ke?
‎Ini pandangan aku. Hidup ini, matlamat tidak menghalalkan cara. Matlamat harus jelas baru cara pun jelas. Sekolah adalah tempat pembelajaran dan belajar, tempat mendidik dan didik.
‎Sudah pasti matlamat asas orang ke sekolah adalah untuk jadi bijak, jadi baik, jadi matang, jadi rasional, jadi manusia yang boleh memberi manfaat kepada dunia dan kemanusiaan.
‎Aku tak nampak apa-apa matlamat yang jelas dengan membuatkan remaja itu menggilitat akan menjadikan dia pemenang Nobel Prize di masa hadapan.
‎Atau mungkin ada kajian terbaru yang berimpak tinggi, telah terbukti secara saintifik dan statistik yang melakukan pickup line kepada guru akan melahirkan generasi masa depan yang baik akhlaknya, tidak akan jadi s*x predator mania di masa hadapan.
‎Aku jadi keliru. Zaman aku bersekolah dahulu. Aku pun ada cikgu yang baik dan cantik. Rasa sayang dan hormat terhadap mereka pun jauh menebal. Tidak pula aku berani nak bersikap miang hatta hanya sekadar gurauan.
‎Aku kira kita kena ada budaya kita sendiri. Budaya timur yang telah menjadi budaya rasmi kita. Biarlah dunia barat terbalik, murid dan guru tiada beza. Kita wajar kekalkan budaya timur kita. Kenapa kita nak ubah budaya yang memang sudah baik?
Kalau korang tak nak anak korang jadi mcm tu jangan bagi dia tengok youtube dan tv banyak sangat
Penceramah tu kejar views je, cari content untuk up view and dapat job baru.
Tapi yang paling menakutkan, generasi muda sekarang dah start follow trend macam tu.
Apa sebabnya? Kurangnya pendidikan and guidance. Diorang ni lebih banyak terdedah dengan input yang tak berfaedah, input positif kurang.
Ingat zaman kita dulu, bapak sorang je kerja pun cukup untuk support keluarga. Balik kerja, sempat lagi ajar kita baca Quran ke, buat homework ke.
Sekarang, both parents kena kerja. Bukan sebab suka-suka, tapi keadaan memaksa. Anak-anak kat rumah kurang attention and guidance sejak kecil. Bila dah besar, makin liat nak bentuk
Pasal sekolah, lagi la. Dulu, satu kelas maybe 20 orang. Sekarang? Boleh sampai 50 orang satu kelas. Cikgu-cikgu overwhelmed, tak sempat nak focus pada setiap murid. Banyak sangat workload, jadi as long as siapkan kerja, itu pun dah cukup sebab nak kena handle banyak kelas lagi.
So, kualiti & jati diri seseorang tu pun affected.
Kurang input yang bersih, memang la jadi macam ni, diri dibentuk oleh program di internet dan tv.
‎Teringat aku satu hadis pendek,
‎Daripada Abu Hurairah R.A, Nabi SAW telah bersabda,
‎الدُّنْيَا مَلْعُونَةٌ، مَلْعُونٌ مَا فِيهَا إِلَّا ذِكْرَ اللهِ أَوْ عَالِمًا أَوْ مُتَعَلِّمًا
‎ “Dunia ini dan seisinya adalah laknat kecuali mengingati Allah, yang membawa kepada taat kepada-Nya, orang alim (guru) dan pelajar.”
‎[HR Ibn Majah (4112) dan al-Tirmizi (2322)]
‎ps : Kalau majoriti para guru terima budaya baru ini, aku mohon berselisih pandangan.
Kredit: @Alturkistiano .
submitted by TruthversusSlander to NegarakuMalaysia [link] [comments]


2023.12.02 08:40 MerkuriIntan Hi komodos, sekedar mau ngeluapin cerita disini sebagai seseorang yang mencap diri "failed as a human, brother and son" dan berfikiran untuk "menutup buku"

Hi komodos, sekedar mau ngeluapin cerita disini sebagai seseorang yang mencap diri
Halo komodos, aku izin sekedar mau cerita disini karena sejujurnya selama ini hanya jadi SR. Aku sudah sekian lama pengen menulis dan menceritakan ini, namun karena terkendala waktu, mood dan mngkn rasa takut jadi baru bisa keturutan sekarang.
Maaf, sekiranya apabila ceritanya bakalan panjang banget.
Jadi aku (M24) adalah seorang lulusan prodi sasing dari salah satu ptn di jateng. Sekarang ini aku tengah menganggur selama kurang lebih 6/7 bulan yang mostly juga karena kesalahanku sendiri yang begitu teledor dan kurang bijak dalam menyikapi usia dewasa. Aku sempat bekerja di sebuah bimbel bahasa inggris sebagai admin disana selama kurang lebih 7 bulan sebelum diriku memutuskan untuk resign dari sana, tanpa mempertimbangkan adanya pekerjaan pengganti atau tidak sebelumnya. Sebelumnya memang sudah ada beberapa interview sebelum aku benar-benar keluar dari situ, namun memang belum berjodoh apa gimana aku belum benar-benar bisa secure pekerjaan sebelum aku memutuskan resign. Aku merasa sangat unwise dan terlalu larut dalam overthinkingku kala itu (akan aku perjelas di paragraf selanjutnya).
Ada beberapa hal yang mendasari keputusanku untuk resign, namun 2 yang menjadi poin utama adalah mengenai benefit gaji dan jam kerja. Memang di awal sudah ditekankan apabila gaji yang diberikan akan dibawah UMK yang ada (hanya di angka 1 juta sekian). Itupun ternyata, masih ada potongan sekian persen dikarenakan bimbelnya masih dianggap oleh pihak Finance terdampak oleh pandemi, dan tidak dapat dipastikan untuk bisa kembali ke penghitungan gaji normal apakah bisa dilakukan dalam waktu dekat.
Untuk benefit gaji sendiri aku merasa masih bisa menyanggupi karena aku juga untuk hitungan FG yang “sangat” minim skill (bahkan mngkn hampir ga punya) merasakan untuk mungkin mencoba mendapatkan pengalaman kerja yang nantinya, berharapnya, bisa dipergunakan untuk mempercantik CV. Untuk jam kerjanya, aku menanyakan soal hal itu, dan dari snaanya memberitahu apabila untuk jam kerja 6 jam dengan 2 shift (6 jam karena mngkn msh terdampak pandemi tadi, apabila sudah kembali bisa saja jadi 8 jam). Dan ada agenda-agenda lain seperti dinas ke luar kota dsb yang perlu dilakukan dan bisa saja menyita jam reguler yang sudah ada. Poin terakhir inilah yang mungkin menjadi pertimbanganku dan membuatku berfikir ulang.
Jadi untuk bimbel ini sendiri ngga cuman bergerak di kantor utama, namun juga bekerja sama dengan sekolah-sekolah dalam mengisi ekstrakurikuler mereka atau menawarkan jasa pengadaan lab bahasa (include dengan guru freelance dan buku mapelnya). Jobdesc ku disini kebanyakan berfokus pada observasi dan monitoring bagaimana kegiatan belajar mengajar baik dari guru freelance di kantor utama maupun yang ditempatkan di sekolah-sekolah tadi. Aku juga berkoordinasi dengan koordinator sekolah terkait dengan performa guru yang ada, respons murid, kualitas materi yang diberikan serta pengaturan jadwal seperti sesi foreigner (disini ada freelance foreigner juga, tapi ku lihat2 yang bisa stabil dtg cuman 1 orang) ujian mid dan final test.
Pada mulanya, tepatnya 3 bulan pertama, aku masih merasakan enjoy dan senang untuk melakukan semua jobdesc yang ada. Walau terkadang masih sesekali kena tegur karena datang terlambat (jarak rumah ke kantor dulu memakan waktu krg lbh 45 menit) namun untuk perihal yang lain so far aku sendiri ngerasa masih sanggup-sanggup saja. Namun, hal yang sama mungkin ngga aku temui dengan orang rumah alias ortu yang ngerasa pekerjaanku memang dinilai masih terasa kurang dan mereka berharap jga aku bisa mendapatkan pekerjaan yang lebih baik. Opini mereka menurutku valid karena aku sendiri punya 2 kakak yang memang sudah terlampau sukses, 1 bekerja di BUMN dan satunya lagi bekerja di sebuah perusahaan startup unicorn di Indonesia.
Memang, sedari aku kuliah semester 1 aku mulai sadar apabila aku memang super inferior dibanding kakak-kakak ku. Aku memang ngerasa gapunya sesuatu hal lebih yang mngkn ga dimiliki oleh kedua kakakku. Aku terkadang takut untuk melihat mereka di kala diriku yang super inferior ini masih belum bisa berdiri tegap “setara” dengan mereka.
Bahkan ortuku sendiri juga mengiyakan hal tersebut, dan memang aku jga merasakan hal yang sama. Pernah ada momen dimana ketika aku terselip gaji yang biasa kudapat hanya sekian 1 juta pun, ada sedikit gelak tawa dari ortuku karena merasa memang terlampau jauh bgt dari yang beliau harapkan (gajiku paling rendah di keluarga). Walau memang setelahnya mereka juga mengucap untuk tetap bersyukur akan rejeki yang ada, namun celetukan tawa tadi seolah-olah kutanggapi dengan mood negatif karena mengira memang aku akan berakhir jadi anak yang gagal di keluarga ini. Ortuku keduanya adalah seorang guru pns, bapak sudah pensiun dan ibu tahun depan ikut juga. Walau begitu, ada rasa malu dan merasa terbebani apabila aku nggak bisa mengikuti jejak anak-anak ortuku yang lain yang sudah sukses. Terlebih, kesan aku menjadi adik yang beban dan ortu yang enabling sepertinya juga jelek juga.
Kembali ke topik pekerjaan di bimbel tadi, aku mulai merasakan ketidakselarasan antara workload dan benefit yang kuterima ketika aku mulai menjalani agenda dinas keluar kota. Mulanya aku berfikir agenda biasa pergi ke luar kota gitu, namun tidak. Aku diharuskan untuk berangkat jam 3 pagi demi untuk mem-paskan waktu dengan kegiatan KBM sekolah di luar kota sana (aku sudah melakukan agenda ini sekitar 4 kali, 2 kali ke kab. di jatim dan 2 kali juga di kab. di jateng).
Biasanya, agenda ini dilakukan dengan perihal pembuatan laporan observasi lab bahasa atau untuk pelaksanaan TOEFL/TOEIC secara offline. Aku sedikit kaget mulanya karena aku berangkat pagi-pagi buta dan pulangnya pun bisa jadi melebihi jam kerja yang ada (oh iya aku lupa memberitahukan apabila tidak ada uang lembur disini). Apabila aku ngga salah, agenda ini ngga setiap waktu ada, minimum 1 bulan sekali memang. Yang mungkin lebih susah untuk ditebak adalah ketika ada agenda keluar kota terdekat (minimal 30-45 menitan jaraknya) yang mengharuskan untuk menggantikan guru freelance yang berhalangan secara mendadak.
Memang, sudah ada pemberitahuan apabila hendak ijin bisa memberitahukan lebih awal. Namun terkadang aku masih menemui kasus dimana seharusnya aku jam 2 siang sudah bisa pulang, terpaksa harus menggantikan guru yang bersangkutan karena baru memberitahukan ijinnya pada saat jam 11-12 siang. Dan hal ini benar-benar tidak bisa diprediksi, dan akupun yang memang merasa skill mengajarku sangat kalah apabila dibandingkan anak-anak pendidikan otomatis kalang kabut ketika mendadak harus menyiapkan materi, absensi dan apa yang sekiranya bakal aku lakuin di sana nantinya.
Kembali ke agenda keluar kota yang berangkat jam 3 pagi tadi, puncaknya adalah ketika aku ditugaskan untuk pergi ke cilacap dan berangkat jam 10 malam. Berbeda dengana agenda sebelumnya yang mungkin aku bisa pulang 2-3 jam dari jam seharusnya aku pulang, disini I’m literally working for 24 hours. Aku berangkat jam 10 malam dan tiba kembali disini pun jam 10 malam keesokannya pula, itupun aku sampai di kantor bukan yang sampai di rumah. Agendanya sedikit berbeda karena bukan observasi yang bisa sebentar, melainkan pendampingan untuk foreigner atas permintaan personal sekolah.
Darisitulah aku merasa kalau mungkin kayak, apakah worth it untuk tetap melanjutkan ini? Dengan benefit sekian yang gaada lembur serta mungkin tidak ada kejelasan naik benefit or jenjang karir? Terlebih kadang aku merasa berfikiran negatif dengan orang tua di rumah karena melihat anak bungsunya yang mungkin akan berakhir tragis tidak bisa mengikuti jejak kedua kakaknya. Hal ini sudah kurasakan semenjak tahun lalu saat ku masih skripsian juga, saat judulku ditolak 2x dan aku merasa hilang arah karena banyak cibiran yang kuterima kala itu dari dosen-dosen yang menanyakan mengenai progress skripsiku, karena aku jauh tertinggal drpd temen2ku. Untungnya, aku sendiri ntah bagaimana bisa menyelesaikannya tepat waktu dan aku merasa itu menjadi salah satu best experience yg pernah kualami sejauh ini (mngkn terdengar sepele, namun bagiku sangat berkesan krn aku sering pusing dan nyetok obat pusing dari apotek kala itu).
Setelah menimbang-nimbang, membaca-baca sedikit artikel tentang masa kerja normal untuk resign dsb, aku memutuskan untuk resign pada bulan ke tujuhku disana. Aku menyelesaikan semua tugasku disana dan mengucap goodbye sembari membelikan rekan-rekan disana beberapa roti dan kaleng wafer.
Satu bulan pertama aku masih giat untuk mencari pekerjaan baru. Mengirimkan lamaran di lowongan yang ada, dan menunggu balasan yang ada. Akan tetapi, ntah apa yang merasuki diriku, pada bulan 2-4 aku seperti kehilangan minat dan arah dalam menata hidupku yang kacau balau ini. Aku sering membaca curhatan salah satu komodos disini yang sering berkeluh kesah soal skripsinya yang sudah diujung tanduk semester terakhir di DCT, dan komodos itu juga bilang apabila dia merasakan dirinya seolah-olah kehilangan minat dan keuletan untuk menuntaskan studinya. Aku serasa berada di perahu yang sama dengan komodos itu, hanya berbeda konteks saja karena aku dalam urusan pekerjaan. Aku benar-benar kehilangan arah dan terkadang hanya mengisi waktu dengan main game or baca-baca sosmed (I’m really sorry for being this lazy). Terkadang masih aku coba untuk memaksa diriku untuk menulis artikel sesuatu di sebuah website gitu yang membayar kontributornya untuk sekedar mengisi waktu luang, namun juga mencari mood dan menghadapi writer block jga bukanlah hal yang mudah. Ah iya, aku masih sesekali mengajar privat gitu. Ku merasa lebih mudah menghandle satu anak daripada satu kelas begitu.
Kemarin sempat ikut tes cpns oleh ortu, aku juga coba jabanin demi serasa untuk “showing effort” ke mereka agar tidak terkesan hikkikomori/nolep bgt begitu. Namun melihat bahwa di formasiku bener2 hanya dibutuhin 1 biji orang saja, seketika mengerucutkan semangatku dan benar saja, tanpa persiapan matang aku gagal di tes nya dengan skor TIU ku dibawah passing grade. Setelahnya, sekarang ini, aku kembali mencoba untuk sekedar melamr lagi di beberapa tempat. Aku ngga terlalu tau pasti skill apa yang kupunya, terkadang aku lebih memilih untuk memasukkan lamaran di posisi seperti admin dsb, dengan berharap bisa mendapatkan gaji yang jauh lebih baik seenggaknya umk.
Dalam lubuk hati, rasanya aku begitu bingung dan linglung mau dibawa kemana jiwa dan raga ini. Serasa aku hanya menjadi aib bagi keluargaku karena banyak hal yang aku gabisa kulakukan demi bisa setara dengan kakak-kakakku. Terlebih, pikiran negatifku dan overthinkingku semakin membabibuta kala mba iparku semua memiliki adik-adik yang seumuran denganku(or lebih tua dikit) jauh lebih sukses dan bisa menata hidup mereka dengan baik. Aku serasa menjadi seorang beban bagi kakak-kakakku. Terkadang sampai-sampai aku berfikir apabila mba iparku apakah membandingkan diriku dengan adik-adik mba iparku kala mereka sedang berada di ranjang.
Aku tidak tahu darimana overthinking ini berasal, mungkin sudah terlalu lama aku bergumul dengan perasaan ini. Aku takut ketika banyak konten motivasi untuk menata hidup yang baik harus dimulai dengan memenuhi goals2 tertentu, atau membuat milestone tertentu. Seperti usia 25 harus sudah punya rumah, sudah punya tabungan/aset sekian, sudah financially independent dll. Terlebih apabila nanti sudah diburu dengan usia untuk dituntut berkeluarga. Urusan perut sendiri aja masih belum sepenuhnya kelar, apalagi perut orang lain gitu.
2x aku mencoba ke psikolog (yang masih terjangkau untuk dompetku) baik sebelum maupun sesudah resign belum bisa sepenuhnya menghilangkan overthinking dan rasa takutku akan masa depanku. Mau jadi apa aku? Mau ntar gimana setelah ortu pensiun semua, or bahkan ditinggal mangkat duluan? Apakah bakal tetep jadi aib keluarga yg gabisa dibanggain di mata ortu lain? Apakah bakal mati menyendiri sebatang kara?
Sewaktu-waktu aku melihat ventilasi ruangan, kadang ada penglihatan untuk melihat diriku menggantung disana. Sekali pernah ketika orang rumah sedang pergi keluar semua, tak ada seorang pun, aku mencoba untuk mearik sebuah kursi dibawah ventilasi tsb dan menggantungkan sebuah sarung yang coba kulilitkan diantara leherku. 2-3 menit ku terdiam memikirkan “Am I already hit the rock bottom? Will I give myself another chance? Isn’t this the perfect way to end it?”. Aku urungkan niat tersebut krn aku merasa belum bener2 hit the rock bottom, tpi pikiran soal aku menggantung itu kerapkali terngiang.

ilustrasi saja
Kalaupun memang aku matipun, aku pengen meninggalkan rekening serta barang2 elektronikku untuk mereka bisa jual nantinya. Ga banyak memang, rekeningku sendiri hanya sekitar 12jt aja aku bener2 simpen selama 6 bulan ini hasil bekerja dan sisa dana kkn dulu. Aku ga main slot, judi ataupun pijol dll. Mungkin hanya itulah yg bisa kutinggalkan untuk mereka. Aku merasa hopeless, takut, menjadi seseorang yg hanya jadi beban dan aib bagi orang lain. Takut menjadi yang paling ketinggalan kereta daripada yang lain.
Pernah saking tantrum dan bingungnya aku jedotin kepalaku ke sebuah meja beton sampai benjol, atau kepala belakang ke tembok gitu. Pengen mencoba donor darah biar seenggaknya merasa bis aada value as a human being buat bisa berguna buat org lain, selalu ditolak gara2 tensi tinggi/hb nya yg lewat. Aku pernah dulu semasa kerja kepala serasa digetok palu kencang bgt randomly gitu, dan ternyata kena tensi di angka 100an/90an lbh. Kata dokternya emg jangan terlalu banyak pikiran dulu dan jaga waktu tidur istirahat gitu.
ilustrasi saja
Semenjak awal tahun ini rasanya jadi gampang bgt terlalu larut dalam kesedihan sampai-sampai hanya krn aku trerlalu was-was akan gimana soal masa depan sendiri nantinya, aku kerap menangis sendiri di dalam kamar cukup lama. Hanya dengan membenturkan kepala di touchpad laptop saja sembari memikirkan diriku 5 tahun kedepa, seketika membuatku mataku berlinang air dan sesenggukan.
Aku malu untuk mengakuinya, karena kesan disini memang cowo lebih tegar, kuat dlm menutupi emosi yang ada. Cowo lebih membuang semua perasaan itu buat nemuin jalan keluar yg ada, namun aku sendiri ga bisa melakukan hal semacam itu, ntah kenapa. Aku malu menjadi cowo yang gampang nangis gini, kesannya ga manly gitu.
Aku pengen senggaknya bisa mengukir senyum bangga di wajah kedua orangtuaku sebelum aku bakal say goodbye for the last time ama mereka. Mba iparku pernah sekali bilang ke aku pas lebaran "gausah malu-malu dek, anggep aja kakak sendiri", serasa aku pengen jawab "I will never be your younger brother, sis, not until I am as successfull as your biological younger brother. I am worthless and only bring shame to this family". Tapi kurungkan dalam hati saja. Aku begitu takut menemui orang-orang yang kukenal.
Mungkin ini bbakal jadi post terakhirku jga dengan akun ini. Aku gamau terlalu banyak ngepost krn takut mngkn akan mengganggu komodos yang lain. Melihat postingan Quora mba Grita Amelia dulu disini jga serasa membuatku takut untuk open up cerita seperti ini. Aku sering banget membaca postingan H2H disini yang mungkin membuatku merasa I am not that alone, but stil…,
Hanya 3 orang real life yang tau aku ceritakan seperti ini, dan yah aku berharap mereka ga ngebocorinnya ke siapa2. At least sebelum aku mngkn meninggalkan mereka.
Sekali lagi, maaf komodos klo emg terkesan panjang banget , ngalor ngidul, dan hopeless gini. Thanks for reading.

TL;DR :
Aku ngerasa gagal menjadi seorang manusia, anak dan adik buat kakak-kakakku maupun kakak iparku karena aku masih belum bisa merasa "setara" dengan mereka dan ortu pun juga berharap begitu, namun aku ngga tahu cara untuk mewujudkannya. Merasa makin tertinggal dengan balapan umur yang ada with no particular skill I could offer. Severe overthinking and always seeing my future as a bleak cloud ahead of me, bagai kapal yang terombang ambing di tengah lautan gatau mau berlabuh kemana. Suicide keeps crossing in my mind as an option, cuz that's the only way to relieve my pain of being such a failure in the eyes of everyone that I know..

Maaf komodos ga ngasi TLDR, sorry for this shitty long post

submitted by MerkuriIntan to indonesia [link] [comments]


2023.10.25 15:21 blakz111 what is your opinion regarding this issue? i know kids sometimes love to lie to their parents and they believes what their kids told them OR shall we install CCTV camera in all classroom so we know the truth? should MOE implement that in all classroom to prevent teacher being innocently accuse?

what is your opinion regarding this issue? i know kids sometimes love to lie to their parents and they believes what their kids told them OR shall we install CCTV camera in all classroom so we know the truth? should MOE implement that in all classroom to prevent teacher being innocently accuse? submitted by blakz111 to Brunei [link] [comments]


2023.06.29 15:44 Beginning_Paper_6845 Father of 'caged' pupil claimed PPD made false statement to cover up issue

Father of 'caged' pupil claimed PPD made false statement to cover up issue submitted by Beginning_Paper_6845 to malaysia [link] [comments]


2023.02.01 06:13 plsdontattackmeok Syed Saddiq: Murid naik flying fox, Cikgu redah lumpur, Jeti roboh Kenapa infrastruktur di Sabah masih begini? Sabah terima peruntukan RM6.3b, antara negeri dengan peruntukan terbanyak! Gaji menteri naik RM30,000 tahun lepas! Tapi nasib anak-anak sekolah di Sabah? Sampai bila?

submitted by plsdontattackmeok to Sabah [link] [comments]


2022.12.13 05:00 iqbalpratama Ide anime berlatar Depok

Terinspirasi dari berita penutupan SDN 1 Pondok Cina
https://megapolitan.kompas.com/read/2022/12/09/06450061/babak-baru-penggusuran-sdn-pondok-cina-1--orangtua-murid-gugat-wali-kota?page=all
dimana trope "murid memperjuangkan sekolahnya yg diancam digusur / ditutup biar ga jadi ditutup" adalah trope yg umum ada di anime2, mulai dari Girls und Panzer der Film sampai movie Ghibli yg From Up on Poppy Hill yg plotnya mempertahankan gedung lama biar ga digusur. Maka dengan ini, aku dan temanku kepikiran suatu anime movie dengan latar the semi-mythical land of Depok dengan plot yg menggabungkan common trope "mempertahankan sekolah biar ga ditutup" dengan berbagai kisah mitologi keajaiban tanah Depok. Kira2 isinya begini:
Bagus jadi movie atau series?
submitted by iqbalpratama to indonesia [link] [comments]


2022.06.23 01:09 Epiphyte_ Anak Dai Kondang Buya Arrazy Usia 3 Tahun Tewas Tertembak oleh Kakak

https://www.merdeka.com/peristiwa/anak-dai-kondang-buya-arrazy-usia-3-tahun-tewas-tertembak-oleh-kakak.html
Beritanya: Anak kedua dai Dr Arrazy Hasyim yang berumur 3 tahun tewas tertembak senjata api yang dimainkan kakaknya (5 tahun). Senpi tsb milik polisi pengawal yang ditinggal karena pemiliknya sedang sholat.
Hikmahnya menurut saya:
-Senjata api barang berbahaya, jangan pernah ditinggal kecuali di tempat yang bisa diyakinkan tidak akan dicomot siapapun. Kalau perlu, dibawa saja waktu sholat.
-Lebih baik anak tidak dibiasakan bermain dengan mainan mirip senjata api (pistol, senapan) maupun senjata lainnya (pedang, dll.). Sebenarnya hakikat sebagian mainan itu tiruan benda-benda yang biasa ada di kehidupan sehari-hari. Misalnya mobil-mobilan, boneka bayi, balok bangunan. Menurut saya anak jangan bermain dengan mainan meniru benda yang fungsi aslinya menyakiti (senjata). Saya sendiri sejak anak saya lahir tidak pernah membelikan dia mainan senjata. Kalau dia ajak main yang melibatkan senjata (tembak-tembakan, dll) saya tidak tanggapi, tidak seperti kalau kami main yang lain seperti membangun dengan lego.

FYI, Dr Arrazy Hasyim ini salah seorang dai muda asal Sumatra Barat yang sedang naik daun, terkenal moderat dan anti-Wahabi, murid alm KH Ali Mustafa Yaqub yang dulu imam Istiqlal dan Syekh Taufik al-Buthi (Suriah).
https://redaksiindonesia.com/read/arrazy-hasyim-ujung-tombak-minangkabau-lawan-wahabi
submitted by Epiphyte_ to indonesia [link] [comments]


2022.05.21 09:46 PaulSkyWallKey Dipermalukan saat sekolah

sumber : Quora
Ini adalah salah satu penghinaan terbesar saat aku duduk dibangku sekolah.
Aku ingat betul saat itu waktu aku masih kelas 11 SMA. Waktu itu memang aku suka mengoleksi buku novel dan buku filsafat. Saking sukanya, aku selalu membawa buku kemanapun aku pergi. Termasuk saat di sekolah, aku tidak pernah lupa membawa buku.
Dan, kebetulan di satu hari aku bawa beberapa novel yang baru kubeli. Dan ada temanku yang meminjam salah satu buku ku. Tiba tiba aja guru mapel wali kelasku datang. Biar kujelaskan sedikit, beliau ini guru yang kataku sering curhat mengenai masalah pribadinya saat jam kelas. And ya, aku paling bosan jika hal itu sudah terjadi. Jadi, aku berfikir lebih baik membaca buku filsafat yang aku bawa, tajuknya adlah Etika Nikomachea yanh ditulis oleh aristoteles. Dan tiba tiba saja, wali kelasku menyaut buku yang sedang kubaca dan melemparkannya kearah wajahku. Katanya "Kamu ini memang berandal ya, bukannya mendengarkan malah asik sendiri membaca buku apa ini!" Ucapnya keras tepat didepan muka ku. Lalu diangkatnya lagi buku itu, dia baca dengan keras judulnya.
Lalu beliau berkata lagi "kamu ini masih kecil suka baca buku yang aneh gak jelas begini! Mau jadi apa kamu nanti! Dasar, udah terbiasa dimanja jadinya ya begini, ga ada pemikiran waras sama kaya orang tuanya!"
Dan apakah Disitu aku cuma bisa diam, sambil tahan tangis?
Ya engga lah, aku berdiri dan ambil lagi buku yang dia rebut dan aku balas argumennya
"Maaf ya buk, saya tanpa mengurangi rasa hormat saya. Satu, saya bukannya gak dengerin ibu tapi nyatanya ibu lagi CURHAT dan saya ga ada kewajiban untuk menanggapi cerita rumah tangga ibu. Dua, yang saya baca bukan buku aneh dan ga bener, jelas jelas itu buku filsafat yang didalamnya banyak teori teori yang bermanfaat bagi saya. Atau ibu ga pernah tau apa itu buku filsafat? Pengetahuan ibu ga sampai situ?. Tiga, ibu kenapa bawa bawa orang tua saya? Dendam kah? Atau apa?"
Dan setelah bicara panjang lebar seperti itu, guru itu kembali mengambil buku ku dan menyuruh salah satu teman saya untuk menggeledah tasku. Diambilnya semua buku buku yang aku bawa, mau itu novel atau buku filsafat lainnya.
Marah? Woiya jelas, aku marah sejadi jadinya
Dan aku rebut lagi buku itu, kumasukkn dalam tas dan aku keluar dari kelas. Esoknya, orang tua ku dipanggil ke sekolah. Dan disana, pihak sekolah malah mengatakan hal yang tak pantas ke kedua orangtuaku. Dan ya, aku dikeluarkan tanpa surat pindah sekolah. Akhirnya, aku harus mengulang kelas 10.
Untuk ibu, mungkin ibu main quora juga. Kalau ibu ga sengaja nemu tulisan ini, maaf banget bu. Saya sebar disini karna ya memang seperti itu kejadiannya. Ga aku kurangi dan lebihi isinya. Semoga ibu cepat sadar, dan sampai saat ini saya sudah lulus sekolah. Saya masih tunggu permintaan maaf ibu. Karna perbuatan ibu ga hanya sebatas mempermalukan aku didepan kelas, aku juga tau kalau ibu yang melaporkan aku ke kepala sekolah dan menyebabkan aku harus hengkang dari sekolah di tahun ketiga.
Sekali lagi bu, tolong lebih menghargai orang disekitar ibu. Mau itu lebih tua atau lebih muda. Karna pada dasarnya manusia akan dihormati ketika ia juga menghormati orang disekitarnya.
Terimakasih.
Edit (30 November)
Banyak pro dan kontra dalam kolom komentar dibawah. Sebenarnya saya sedikit terganggu dengan beberapa komen yang menyatakan bahwa saya tidak menghargai guru (walaupun beliau sedang curhat)
las i said, keluarga saya membayar untuk saya sekolah dan mendapat ilmu. Saya akui saya bebal, dari lahir saya memang memiliki bakat untuk keras kepala.
But is it wrong? Jika saya ingin yang terbaik atas apa yang sudah saya bayar?
Saya bukan meremehkan atau mengecap buruk semua tenaga pendidik yang ada di Indonesia. Masih banyak diluar sana guru yang benar benar guru.
Sebenarnya masalah ini akan selesai jika pihak mereka tidak membebankan semua kesalahan kepada keluarga saya. Orang tua saya juga bukan orang yang gila akan hormat. Mereka hanya ingin yang terbaik untuk saya, untuk semua biaya hasil keringat mereka. Saya sekolah bukan untuk mendengar kisah rumah tangga orang lain, wajar jika satu kali dua kali bercerita dengan murid. Tapi apa wajar jika hampir setiap jam mata pelajaran dibuka dengan kisah berbelit bak sinetron?
Mungkin ini kembali lagi ke individu, ada yang suka ketika diajak curhat, dan ada lagi yang seperti saya. Saya menghormati setiap pendapat yang ada, itu kebebasan dalam bermedia sosial.
Fyi, beberapa tahun setelah pindah sekolah a.k.a dikeluarkan, saya mendengar beliau sudah bercerai dengan suaminya dan sudah menikah lagi. Pernah saya bertemu beliau dengan keluarga barunya saat sedang makan di sebuah restoran. Ya, mereka kelihatan bahagia.
Apakah beliau pernah sekalipun memikirkan bahwa ia hampir merusak hidup seorang anak?
submitted by PaulSkyWallKey to indonesia [link] [comments]


2021.10.04 13:48 MrBucket7 Pertanyaan bagi yang pernah ke pondok pesantren (and help me with a little bit of decision making)

(Maaf jika bahasa kelihatan sedikit campur aduk, sometimes i talk better in english)
Im 14 (M) with a religious parents. Who often try to convice me untuk ikut pondok pesantren which i don't want to. Why? saya jelaskan nanti as we go along.
Their argument is that i'll become more independent and learn more about religion. Mungkin sebagian dari itu benar. Namun saya merasa pengetahuan tentang agama sudah cukup, with me being in an Islamic School. Dan lagi, menurut saya the everyday inconvenience of being in a pesantren doesn't make up for the things you'll learn and the things you'll lose.
For one, the bathroom queue on the morning and afternoon will be absurdly long. At home you don't need to worry about this, just study and that's it. Dan sebagai murid SMP Islam, saya setiap malam juga mengahafal sedikit snippet of the quran. Doing that out loud every night would definitely annoy everyone else, no? Jadi saya menghafal pelajaran dan Quran tidak bisa dengan suara keras (which for me is REAL hard). Mungkin yang membuat orang tua ingin memondokkan saya is my video game addiction, which is fair. Tapi saya setiap hari tidak hanya bermain video game. Menurut saya, saya memiliki potensi di berbagai bidang digital (desain grafis, video editing, 3d modelling, etc.). Saya memiliki minat dan saya senang bermain-main dengan software seperti Illustrator dan Premiere. But i wouldn't be able to learn more about those if i were in a pesantren because i'd be away from my computer.
You might think that i should've asked these on my parents instead. But everytime i try to argue their points it always end with them saying "Jawab terus." :( Saya tidak ingin terdengar seperti anak durhaka karena saya sayang orang tua saya. But my parents won't give any or come up with any answers for my arguments, its the same "Ini untuk masa depanmu", "Agar kamu lebih mandiri" kind of stuff.
So this is why i ask you instead. 1. Apakah all the hassle di pondok pesantren worth it? 2. Apakah yang kamu pelajari (hidup sederhana, kemandirian, adab dan perilaku, agama, etc etc) di pondok pesantren benar benar membayar di masa depan? 3. Apakah pondok pesantren memang benacocok bagi saya? Am i in the wrong here or are my parents?
Thank you for your responses.
submitted by MrBucket7 to indonesia [link] [comments]


2021.09.20 11:01 ebookcikgufadli Asas PECAHAN.

Asas PECAHAN.

https://reddit.com/link/prqyv7/video/f8ydcaj2imo71/player
Asas yang sepatutnya murid kuasai sejak tahun 3 lagi. Malangnya tahun 6 pun masih ada yang tak kuasai. 😢

Fahamkan dan ajar anak-anak ya!

t.me/EbookCikguFadli www.cikgufadli.com
submitted by ebookcikgufadli to cikgufadlionline [link] [comments]


2021.09.20 10:58 ebookcikgufadli Asas PECAHAN.

Asas PECAHAN.

https://reddit.com/link/prqxe3/video/se9hd4avhmo71/player
Asas yang sepatutnya murid kuasai sejak tahun 3 lagi. Malangnya tahun 6 pun masih ada yang tak kuasai. 😢

Fahamkan dan ajar anak-anak ya!

t.me/EbookCikguFadli www.cikgufadli.com
submitted by ebookcikgufadli to u/ebookcikgufadli [link] [comments]


2021.08.28 15:13 ebookcikgufadli Ebook Stories In Maths (Storm) mengandungi teknik untuk anak-anak kita menguasai soalan KBAT dengan mudah.

Ebook Stories In Maths (Storm) mengandungi teknik untuk anak-anak kita menguasai soalan KBAT dengan mudah.
Ebook Stories In Maths (Storm) mengandungi teknik untuk anak-anak kita menguasai soalan KBAT dengan mudah.
Mereka perlu fikir, mereka dibimbing untuk memberi jawapan tepat seterusnya mereka sendiri membina soalan berdasarkan jawapan mereka sebelum menjawab.
Anda akan dapat 4 Ebook yang bewarna dengan kisah menarik yang menerapkan nilai murni dan tauladan digabungkan dengan unsur-unsur matematik supaya anak anda mudah untuk belajar melalui teknik penceritaan dan pengiraan.
Anda juga akan terhibur dengan 3 rakaman video oleh Cikgu Mohd. Fadli Salleh dengan telatah dan gelagatnya mengajar yang mencuit hati untuk memudahkan pemahaman anak-anak.
Sangat bagus untuk anak seawal usia 5 tahun hingga 8 tahun.
https://preview.redd.it/hn9trs8dm3k71.png?width=1080&format=png&auto=webp&s=7897d8e54704cab0a52e7619ac880412d71ef819
Storm in Math BM ➖➖➖➖➖➖
📚 Mengandungi 7 siri cerita Matematik yang berlainan. Setiap kisah memperkenalkan nombor, asas wang, asas timbangan dan juga asas ukuran dalam Matematik.
🧒 Watak yang berbeza direka untuk menonjolkan kelainan bagi setiap siri dan kisah ini merupakan kisah yang dekat dengan diri anak-anak. Contohnya Misi Ramadhan, Kisah haiwan di zoo dan juga hadiah hari jadi.
🧮 Setiap siri juga mengandungi soalan ringkas Matematik, memperkenalkan anak-anak kepada operasi matematik.
🌼 Akhirnya diselitkan juga pengajaran yang boleh dipraktiskan dalam kehidupan. Kemahiran yang akan dikuasai anak-anak melalui ebook ini ialah kemahiran membaca Bahasa Melayu dan mengira.
Storm in Math BI ➖➖➖➖➖➖
🚩 Merupakan buku BM yang telah diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggeris.
✅ Mengandungi isi kandungan yang sama.
🤔 Tujuan utama ialah memberi pendedahan kepada perbendaharaan kata Bahasa Inggeris yang lebih luas.
👨‍🏫 Kemahiran yang akan dikuasai anak-anak melalui ebook ini ialah kemahiran membaca Bahasa Inggeris dan mengira nombor.
Eja Dan Kira ➖➖➖➖➖➖
📒 Mengandungi 10 set latihan dalam bentuk cerita yang perlu dilengkapkan oleh anak-anak.
✒️Cerita ini perlu disempurnakan oleh anak-anak sendiri dengan meletakkan perkataan dan nombor yang sesuai mengikut imaginasi dan pengetahuan mereka.
👍 Kemahiran utama yang akan dikuasai oleh anak-anak dalam modul ini ialah kemahiran membaca, menulis dan mengira.
Tip 5 jari ➖➖➖➖➖➖
📖 Ebook ini merupakan modul terakhir yang akan membawa anak-anak mengenali format soalan penyelesaian masalah dalam silibus Matematik dan peperiksaan sebenar.
5️ Terdapat 5tips ringkas yang akan diperkenalkan.
📓 Tujuan akhir ialah supaya murid akan membaca soalan dengan baik dan menyelesaikan soalan KBAT dengan betul.
Harga biasa pakej ini adalah #RM199 tetapi kami tawarkan pada harga promosi #RM70 sahaja. . Info lanjut tentang pakej dan pembelian : https://www.cikgufadli.com/storm
#Storm #MFSEmpire
submitted by ebookcikgufadli to cikgufadlionline [link] [comments]


2021.08.28 15:12 ebookcikgufadli Ebook Stories In Maths (Storm) mengandungi teknik untuk anak-anak kita menguasai soalan KBAT dengan mudah.

Ebook Stories In Maths (Storm) mengandungi teknik untuk anak-anak kita menguasai soalan KBAT dengan mudah.
Ebook Stories In Maths (Storm) mengandungi teknik untuk anak-anak kita menguasai soalan KBAT dengan mudah.
Mereka perlu fikir, mereka dibimbing untuk memberi jawapan tepat seterusnya mereka sendiri membina soalan berdasarkan jawapan mereka sebelum menjawab.
Anda akan dapat 4 Ebook yang bewarna dengan kisah menarik yang menerapkan nilai murni dan tauladan digabungkan dengan unsur-unsur matematik supaya anak anda mudah untuk belajar melalui teknik penceritaan dan pengiraan.
Anda juga akan terhibur dengan 3 rakaman video oleh Cikgu Mohd. Fadli Salleh dengan telatah dan gelagatnya mengajar yang mencuit hati untuk memudahkan pemahaman anak-anak.
Sangat bagus untuk anak seawal usia 5 tahun hingga 8 tahun.

https://preview.redd.it/9nkvmr58m3k71.png?width=1080&format=png&auto=webp&s=641a045cd6394a7f1f32356b145531e6de9a84de
Storm in Math BM ➖➖➖➖➖➖
📚 Mengandungi 7 siri cerita Matematik yang berlainan. Setiap kisah memperkenalkan nombor, asas wang, asas timbangan dan juga asas ukuran dalam Matematik.
🧒 Watak yang berbeza direka untuk menonjolkan kelainan bagi setiap siri dan kisah ini merupakan kisah yang dekat dengan diri anak-anak. Contohnya Misi Ramadhan, Kisah haiwan di zoo dan juga hadiah hari jadi.
🧮 Setiap siri juga mengandungi soalan ringkas Matematik, memperkenalkan anak-anak kepada operasi matematik.
🌼 Akhirnya diselitkan juga pengajaran yang boleh dipraktiskan dalam kehidupan. Kemahiran yang akan dikuasai anak-anak melalui ebook ini ialah kemahiran membaca Bahasa Melayu dan mengira.
Storm in Math BI ➖➖➖➖➖➖
🚩 Merupakan buku BM yang telah diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggeris.
✅ Mengandungi isi kandungan yang sama.
🤔 Tujuan utama ialah memberi pendedahan kepada perbendaharaan kata Bahasa Inggeris yang lebih luas.
👨‍🏫 Kemahiran yang akan dikuasai anak-anak melalui ebook ini ialah kemahiran membaca Bahasa Inggeris dan mengira nombor.
Eja Dan Kira ➖➖➖➖➖➖
📒 Mengandungi 10 set latihan dalam bentuk cerita yang perlu dilengkapkan oleh anak-anak.
✒️Cerita ini perlu disempurnakan oleh anak-anak sendiri dengan meletakkan perkataan dan nombor yang sesuai mengikut imaginasi dan pengetahuan mereka.
👍 Kemahiran utama yang akan dikuasai oleh anak-anak dalam modul ini ialah kemahiran membaca, menulis dan mengira.
Tip 5 jari ➖➖➖➖➖➖
📖 Ebook ini merupakan modul terakhir yang akan membawa anak-anak mengenali format soalan penyelesaian masalah dalam silibus Matematik dan peperiksaan sebenar.
5️ Terdapat 5tips ringkas yang akan diperkenalkan.
📓 Tujuan akhir ialah supaya murid akan membaca soalan dengan baik dan menyelesaikan soalan KBAT dengan betul.
Harga biasa pakej ini adalah #RM199 tetapi kami tawarkan pada harga promosi #RM70 sahaja. . Info lanjut tentang pakej dan pembelian : https://www.cikgufadli.com/storm
#Storm #MFSEmpire
submitted by ebookcikgufadli to u/ebookcikgufadli [link] [comments]


2021.06.09 10:30 ebookcikgufadli Modul Masteri Ukuran

Masteri Ukuran merupakan satu modul (Ebook) yang dapat membantu murid-murid untuk mengukuhkan penguasaan mereka terhadap tajuk ukuran, iaitu panjang, jisim dan isispadu cecair.
https://preview.redd.it/m5w761jya7471.png?width=1080&format=png&auto=webp&s=f58cfc6c7a1270fc817336e42059c1d124891cd6
Nota dan latihan dalam bentuk pdf yang terdapat dalam Ebook ini akan membantu murid untuk mengukuhkan konsep mereka berkenaan tajuk ini disamping membantu mereka untuk menyelesaikan soalan Matematik dengan lebih pantas.
Ianya juga direka dengan cantik dan berwarna warni yang mampu menarik minat murid. Paling penting, Cikgu Hakim telah menyediakan dengan 8 Video pengajaran yang mudah untuk difahami dan latihan alat pengukur yang memang sukar untuk dijumpai di pasaran.
Berikut adalah hasil setelah memperaktikan teknik dan kaedah dalam ebook Masteri Ukuran:
✅ Tukar Unit Dengan Pantas
Murid dapat menukar unit dengan pantas. Penggunakan teknik yang sesuai akan sangat-sangat membantu murid untuk menyelesaikan soalan Matematik terutamanya kertas 1.
☑️ Mudah Selesai Soalan KBAT Penguasaan asas murid akan lebih kukuh seterusnya akan membantu mereka untuk menyelesaikan soalan berbentuk penyelesaian masalah dan KBAT.
✅ Jawab Dengan Pantas Murid dapat menyelesaikan soalan membaca alat pengukur seterusnya skor soalan-soalan yang berkait.
☑️ Yakin Dan Minat Dengan Matematik Bila murid dapat menjawab soalan dengan baik, mereka akan lebih yakin dan minat kepada subjek Matematik.
✅ Seronok Belajar Matematik Murid akan memperolehi tip-tip yang menarik dan best.
Ayuh dapatkan Masteri Ukuran. Ebook lengkap bagi bantu anak kuasai topik Ukuran. Sesuai untuk Tahun 4,5 dan 6. Klik link untuk dapatkanya ya: https://www.cikgufadli.com/masteri-ukuran
✨ Ebook ini berbentuk file digital pdf dan rakaman video boleh muat turun, bukan buku atau pakej fizikal dan tidak dipos.
#MasteriUkuran #MFSEmpire #CikguHakim
submitted by ebookcikgufadli to cikgufadlionline [link] [comments]


2021.06.09 10:29 ebookcikgufadli Modul Masteri Ukuran

Modul Masteri Ukuran
Masteri Ukuran merupakan satu modul (Ebook) yang dapat membantu murid-murid untuk mengukuhkan penguasaan mereka terhadap tajuk ukuran, iaitu panjang, jisim dan isispadu cecair.
https://preview.redd.it/yqhpco7va7471.png?width=1080&format=png&auto=webp&s=04e5a824c36533d01e843aa418aa2d608ad839e5
Nota dan latihan dalam bentuk pdf yang terdapat dalam Ebook ini akan membantu murid untuk mengukuhkan konsep mereka berkenaan tajuk ini disamping membantu mereka untuk menyelesaikan soalan Matematik dengan lebih pantas.
Ianya juga direka dengan cantik dan berwarna warni yang mampu menarik minat murid. Paling penting, Cikgu Hakim telah menyediakan dengan 8 Video pengajaran yang mudah untuk difahami dan latihan alat pengukur yang memang sukar untuk dijumpai di pasaran.
Berikut adalah hasil setelah memperaktikan teknik dan kaedah dalam ebook Masteri Ukuran:
✅ Tukar Unit Dengan Pantas
Murid dapat menukar unit dengan pantas. Penggunakan teknik yang sesuai akan sangat-sangat membantu murid untuk menyelesaikan soalan Matematik terutamanya kertas 1.
☑️ Mudah Selesai Soalan KBAT Penguasaan asas murid akan lebih kukuh seterusnya akan membantu mereka untuk menyelesaikan soalan berbentuk penyelesaian masalah dan KBAT.
✅ Jawab Dengan Pantas Murid dapat menyelesaikan soalan membaca alat pengukur seterusnya skor soalan-soalan yang berkait.
☑️ Yakin Dan Minat Dengan Matematik Bila murid dapat menjawab soalan dengan baik, mereka akan lebih yakin dan minat kepada subjek Matematik.
✅ Seronok Belajar Matematik Murid akan memperolehi tip-tip yang menarik dan best.
Ayuh dapatkan Masteri Ukuran. Ebook lengkap bagi bantu anak kuasai topik Ukuran. Sesuai untuk Tahun 4,5 dan 6. Klik link untuk dapatkanya ya: https://www.cikgufadli.com/masteri-ukuran
✨ Ebook ini berbentuk file digital pdf dan rakaman video boleh muat turun, bukan buku atau pakej fizikal dan tidak dipos.
#MasteriUkuran #MFSEmpire #CikguHakim
submitted by ebookcikgufadli to u/ebookcikgufadli [link] [comments]


2021.06.08 09:39 ebookcikgufadli Cuba anda tukarkan 1km kepada ukuran sentimeter

Cuba anda tukarkan 1km kepada ukuran sentimeter
Cuba anda tukarkan 1km kepada ukuran sentimeter. Ambil timer, tengok berapa masa yang anda perlukan untuk selesaikan soalan ringkas ini.
https://preview.redd.it/9wki3hdywz371.png?width=1080&format=png&auto=webp&s=a5f0cb411370cd7c824d896c828fe5551774ffad
Jika anda sendiri mengambil masa lebih 30 saat untuk menjawabnya, apatah lagi murid sekolah rendah yang lemah matematik. Malah, murid cemerlang juga adakalanya terkeliru dan cuai memberikan jawapan yang betul.
Bukan itu sahaja, murid juga tidak cukup masa ketika menjawab soalan dalam dewan peperiksaan. Mereka tidak dapat menyelesaikan soalan yang melibatkan penyelesaian masalah dengan baik.
Ini masalah yang biasa murid hadapi. Bila nampak sahaja soalan berayat yang panjang, mereka keliru dan tertanam dalam fikiran mereka yang soalan penyelesaian masalah ini susah.
Ebook Masteri Ukuran adalah satu modul yang direka khas oleh Cikgu Mohamad Hakim untuk membantu murid tahun 4, 5 dan 6, menguasai Tajuk Panjang, Jisim dan Isipadu Cecair.
Tajuk yang sangat popular dalam peperiksaan. Murid akan didedahkan dengan kaedah menukar unit dengan pantas dan teknik-teknik yang sesuai untuk menyelesaikan soalan matematik terutamanya kertas 1.
Tajuk panjang, jisim dan isipadu cecair ini terkandung dalam silibus subjek Matematik dan Sains. Ebook ini akan membantu murid untuk skor kedua-dua subjek ini sekaligus.
Ia bermula dari kemahiran yang paling asas iaitu pengenalan kepada unit yang digunakan kemudian membaca alat pengukur hinggalah membantu murid untuk menyelesaikan soalan yang melibatkan penyelesaian masalah.
Jom dapatkan Masteri Ukuran di sini: https://www.cikgufadli.com/masteri-ukuran
Bantu anak kuasai topik penting ini dengan mudah dan cepat.
#MFSEmpire #MasteriUkuran
submitted by ebookcikgufadli to cikgufadlionline [link] [comments]


2021.06.08 09:38 ebookcikgufadli Cuba anda tukarkan 1km kepada ukuran sentimeter

Cuba anda tukarkan 1km kepada ukuran sentimeter
Cuba anda tukarkan 1km kepada ukuran sentimeter. Ambil timer, tengok berapa masa yang anda perlukan untuk selesaikan soalan ringkas ini.
https://preview.redd.it/nqfe35aswz371.png?width=1080&format=png&auto=webp&s=7188cacd7c67c82d37d07221a858752dfed6ce9d
Jika anda sendiri mengambil masa lebih 30 saat untuk menjawabnya, apatah lagi murid sekolah rendah yang lemah matematik. Malah, murid cemerlang juga adakalanya terkeliru dan cuai memberikan jawapan yang betul.
Bukan itu sahaja, murid juga tidak cukup masa ketika menjawab soalan dalam dewan peperiksaan. Mereka tidak dapat menyelesaikan soalan yang melibatkan penyelesaian masalah dengan baik.
Ini masalah yang biasa murid hadapi. Bila nampak sahaja soalan berayat yang panjang, mereka keliru dan tertanam dalam fikiran mereka yang soalan penyelesaian masalah ini susah.
Ebook Masteri Ukuran adalah satu modul yang direka khas oleh Cikgu Mohamad Hakim untuk membantu murid tahun 4, 5 dan 6, menguasai Tajuk Panjang, Jisim dan Isipadu Cecair.
Tajuk yang sangat popular dalam peperiksaan. Murid akan didedahkan dengan kaedah menukar unit dengan pantas dan teknik-teknik yang sesuai untuk menyelesaikan soalan matematik terutamanya kertas 1.
Tajuk panjang, jisim dan isipadu cecair ini terkandung dalam silibus subjek Matematik dan Sains. Ebook ini akan membantu murid untuk skor kedua-dua subjek ini sekaligus.
Ia bermula dari kemahiran yang paling asas iaitu pengenalan kepada unit yang digunakan kemudian membaca alat pengukur hinggalah membantu murid untuk menyelesaikan soalan yang melibatkan penyelesaian masalah.
Jom dapatkan Masteri Ukuran di sini: https://www.cikgufadli.com/masteri-ukuran
Bantu anak kuasai topik penting ini dengan mudah dan cepat.
#MFSEmpire #MasteriUkuran
submitted by ebookcikgufadli to u/ebookcikgufadli [link] [comments]


2021.06.06 11:11 ebookcikgufadli Pagi-pagi lihat anak belajar begini rasa syahdu kan?

Pagi-pagi lihat anak belajar begini rasa syahdu kan?
Pagi-pagi lihat anak belajar begini rasa syahdu kan? Kita nak ajar sendiri, kurang arif. Namun jika ada Mathzier, ia umpama personal tutor datang ke rumah!
https://preview.redd.it/fh8ny0mk3m371.png?width=1080&format=png&auto=webp&s=0ab9c534c146bf69b8ddff429544f042d99b32e5
Cuba lihat anak Puan Ruby buka buku teks tu. Kenapa? Kerana setiap sub topik yang diajar berdasarkan buku teks bahkan Cikgu Fadli sebut muka surat berapa murid perlu buka. Dah macam dalam real class you. 😁
Lagi best, sesiapa yang tiada printer untuk print modul atau nota, tak perlu risau untuk buat latih tubi. Setiap sub topik yang diajar, soalan latih tubi yang sama dengannya ada dalam buku teks.
Okey, jom dapat Mathzier untuk anak-anak di tahun 4, 5 dan 6 gais. Semua 6 bab dah complete untuk Tahun 4 dan 6. Bagi Tahun 5 bab 1 dan 2 sudah siap mengikut silibus terbaru.
Ayuh dapatkan di sini : https://www.cikgufadli.com/mathzier
Pakej ini berbentuk video rakaman, slide dan nota pdf boleh download. Link akan diemailkan selepas selesai pembelian.
#MFSEmpire #Mathzier
submitted by ebookcikgufadli to cikgufadlionline [link] [comments]


2021.06.06 11:11 ebookcikgufadli Pagi-pagi lihat anak belajar begini rasa syahdu kan?

Pagi-pagi lihat anak belajar begini rasa syahdu kan?
Pagi-pagi lihat anak belajar begini rasa syahdu kan? Kita nak ajar sendiri, kurang arif. Namun jika ada Mathzier, ia umpama personal tutor datang ke rumah!
https://preview.redd.it/wb3e82ii3m371.png?width=1080&format=png&auto=webp&s=3a93f674fa565061c34e6a491c21088b82e725d1
Cuba lihat anak Puan Ruby buka buku teks tu. Kenapa? Kerana setiap sub topik yang diajar berdasarkan buku teks bahkan Cikgu Fadli sebut muka surat berapa murid perlu buka. Dah macam dalam real class you. 😁
Lagi best, sesiapa yang tiada printer untuk print modul atau nota, tak perlu risau untuk buat latih tubi. Setiap sub topik yang diajar, soalan latih tubi yang sama dengannya ada dalam buku teks.
Okey, jom dapat Mathzier untuk anak-anak di tahun 4, 5 dan 6 gais. Semua 6 bab dah complete untuk Tahun 4 dan 6. Bagi Tahun 5 bab 1 dan 2 sudah siap mengikut silibus terbaru.
Ayuh dapatkan di sini : https://www.cikgufadli.com/mathzier
Pakej ini berbentuk video rakaman, slide dan nota pdf boleh download. Link akan diemailkan selepas selesai pembelian.
#MFSEmpire #Mathzier
submitted by ebookcikgufadli to u/ebookcikgufadli [link] [comments]


2021.06.03 14:54 ebookcikgufadli Antara SEBAB Kenapa anak kita lemah Matematik?

Antara SEBAB Kenapa anak kita lemah Matematik?
Antara SEBAB Kenapa anak kita lemah Matematik?
https://preview.redd.it/n6srfq7os1371.png?width=1080&format=png&auto=webp&s=22b4d95674a1261e1071748710f68edbe1cf3f65
  1. Mereka tak tumpu perhatian semasa guru mengajar. Tiada ulangan dah sebaik habis topik. Cikgu terus move on ke topik seterusnya sebab silibus padat.
  2. Anak kita keluar ke tandas, berlatih Choral Speaking dan sebagainya sehingga tertinggal apa yang cikgu ajar.
Haaa, di sini pentingnya Mathzier. Semua topik Cikgu Fadli ajar melalui video macam dalam kelas. Boleh ulang tayang sampai betul-betul faham dan terus buat latihan dalam buku teks dan modul yang disediakan.
Lebih 300 soalan kami bina sendiri berdasarkan buku teks tau. Siap ada skema jawapan lagi. Elok sangat untuk anak-anak belajar secara kendiri atau dibantu ibubapa di rumah.
Lengkap pula dengan Nota Padat yang boleh di print out kemudian letak kat meja study anak-anak. Boleh mereka baca dan fahamkan elok-elok.
Bab-bab dalam Mathzier semuanya berasaskan silibus yang dipelajari di sekolah. Jadi mereka belajar di sekolah, pengukuhan pula melalui video, slide dan modul Mathzier, InsyaAllah cepat faham.
Waktu cuti sekolah dan lockdown ni, gunakan untuk ulangkaji subjek matematik, lebih-lebih lagi sejak PKP anak-anak banyak ketinggalan.
Dapatkan segera di link ini : https://www.cikgufadli.com/mathzier
Nota : Ini adalah produk digital dalam bentuk pdf dan video. Ianya diemelkan ya. Hanya untuk murid tahun 4,5 dan 6 sahaja. Yang Mathzier Fizikal untuk latih tubi tu yang lain ya.
#MFSEmpire #mathzier - Jom support pembelajaran anak-anak di rumah -
submitted by ebookcikgufadli to cikgufadlionline [link] [comments]


http://activeproperty.pl/