Cerita ngentot ah

KENA SCAM PENIPUAN SEGITIGA

2024.04.24 11:28 RenattaSIMP KENA SCAM PENIPUAN SEGITIGA

KENA SCAM PENIPUAN SEGITIGA
Barusan kena scam penipuan segitiga.
https://preview.redd.it/9mcionofcewc1.jpg?width=1080&format=pjpg&auto=webp&s=786b5e42d3f27eaac18060c66d1ecca3db481201
Gua sebagai penjual Laptop. Gua posting laptop ke FB marketplace.
Dihubungi penipu yang katanya mau beli laptop buat karyawannya.
Si penipu mau datang ke rumah gua buat cek laptop, tapi tiba2 telfon kalo dia ada acara dadakan dan gabisa datang cek barang, instead dia nyuruh karyawannya buat datang cek laptop.
Nah ternyata dibalik layar se penipu ini posting Laptop yg gua jual dengan harga yg lebih murah. Dan ternyata si karywannya yg mau datang buat cek laptop ke rumah gua ini si pembeli yg liat postingan dari penipu.
Pas posisi si pembeli(yg disuruh ngaku jadi karyawan) lagi OTW ke rumah gua, tiba2 si penipu nelfon gua buat minta tolong suruh gua pura2 jadi saudara si penipu. Dengan alasan dia bilang ke si 'karyawan' dia kalo dia beliin laptop buat karyawannya dan bakal dipotong gaji setiap bulan, si penipu ini bilang ke pembeli kalo laptop nya punya saudara penipu.
Penipu juga wanti2 ke gua kalo si 'karywan' dia bakal dateng ke rumah gua buat cek laptop kalo dia suka si penipu bakal tf duit ke gua. dia berkali kali bilang jangan kasih laptop ke 'karywan' dia kalo si penipu belum tf duit ke gua.
Gua sebagai penjual merasa ga masalah buat ngaku sebagai saudara karna gua juga bisa tanya ke 'karyawan' dia beneran karyawan dari si penipu bukan.
Singkat cerita si pembeli/karyawan ini dateng ke rumah gua. pertama ketemu gua tanya 'karyawan mas Ahmad (Nama si penipu) ya?' dia bilang iya, nah disini gua mulai percaya. Si pembeli ini juga tanya ke gua 'saudara mas Ahmad ya?' gua jawab juga iya. karna gua kira bener dia karyawannya alhasil gua kasih laptop gua buat dicek sama pembeli. Setelah lumayan lama dia cek laptop tiba2 dia tunjukin ke gua bukti tf dia bayar laptop. Disini gua mulai curiga, kok dia bayar dimana setau gua di ini karyawan yg dibeliin laptop bosnya dengan potong gaji tiap bulan. Gua chat si penipu tapi centang 1 gua cek rekening gua juga gada duit masuk. Disitu lah gua sadar barusan kena tipu, gua confront si pembeli apa dia beneran karyawan dari si penipu ini. beberapa kali dia ttp jawab karyawan tapi akhirnya dia jawab kalo dia suruh ngaku jadi karyawan. Dia sadar juga kalo dah kena tipu tapi tetap ngotot kalo ini laptop dah milik dia karna dia dah bayar. Ribut lah disitu kita, setelah debat lama akhirnya laptop berhasil gua rebut. dan kita putusin buat laporan penipuan di polda.
Nah beberapa hari kemudian si korban pembeli chat gua minta gua tanggung jawab karna gua dah sekongkol sama penipu. Nah masalah nya dia juga sekongkol dengan dia mengaku sebagai karyawannya.
Dan gua gada sama sekali buat suruh di TF kemanapun dan sebelum ketemu di rumah gua gua gapernah sama sekali ada kontak sama korban pembeli ini. Semua kontak(WA) antara gua dan penipu dimana penipu bilang kalo gua si penipu yg bakal tf ke gua pas karyawan(korban pembeli) dah cocok sama laptopnya. Si korban pembeli juga sama semua kontak juga ke si penipu gada yg ke gua.
Jadi si penipu ini dah buat skenario buat gua sebagai penjual dan buat si pembeli.
Yg jadi pertanyaan gua apakah secara hukum si pembeli bisa menuntut gua untuk ganti rugi?
Gua dah emosi karna si pembeli ini nyalahin gua mulu padahal dia juga jelas2 'sekongkol' ngaku sebagai karyawan. Dan gua tambah emosi pas liat chat WA antara si korban pembeli ini sama penipu, udah keliatan bgt dari chat an si penipu kalo ini SCAM tapi si korban pembeli ini masih aja ttp lanjut (Ya mungkin tergoda harga murah yg ditawarkan penipu)
Mohon masukan nya, siapa tau ada komodos ahli hukum disini.
edited: kasih skema
submitted by RenattaSIMP to indonesia [link] [comments]


2024.04.09 03:44 MelodicConfusion500 JENIS SISIK DAN MITOS KATURANGGANNYA

pukulannya lawan tarung akan merasakan sakit luar dalam Memiliki Mental yang cukup bagus dan banyak dicari oleh para bobotoh Memiliki pergerakan dan keseimbangan kaki yang cukup Lihai
  1. ROTAN (Bulat) Sisik kaki rotan adalah salah satu yang paling banyak dikenal dan sering kita jumpai akan tetapi sisik kaki rotan super yang dipercaya memiliki pukulan menyakitkan bahkan dibilang mematikan. Ayam aduan sisik rotan punya ciri khas kaki berbentuk bulat ramping debgan barisan sisik yang begitu rapih/kerep maka dari itu para penghobi lama lebih menyukai ayam aduan dengan model kaki berbentuk bulat. Memiliki kekuatan pukulan yang begitu keras disertai taji super Memiliki kemampuan pukulan yang dapat Mematahkan tulang leher sehingga lawan tarung tak sanggup menahan rasa sakit Memiliki Mental bagus dan kuat Memiliki Keseimbangan dan pergerakan yang cukup ideal
  2. NAGA BANDA Sisik kaki Naga Banda merupakan jenis kaki ayam bangkok yang paling populer dan dikenal berbahaya tentunya' penghobi sering menyebutkan bahwa ini adalah contoh bentuk kaki ayam bangkokan asli (Original) sejak dulunya. ciri khas Naga banda memiliki sisik yang serupa dengan kulit buah salak melihat dari bentuk kaki dan karakter sisik naga banda memiliki aura yang dapat menakuti lawan. Memiliki Pukulan pedas, panas dan keras sehingga jarang sekali lawan tarung yang tahan jika terkena pukulannya. Memiliki Pukulan Depan yang mampu membuat lawan tersungkur dalam beberapa menit. Memiliki Mental luar Biasa seperti baja. Memiliki Pergerakan kaki yang begitu cepat.
  3. PUTRI KINIRUNG (Selap) Sisik kaki putri kinirung merupakan salah satu katuranggan yang masuk dalam naskah kuno seperti diprimbon jawa misalnya banyak kalangan penghobi mempercayai hal ini. jenis sisik ini diyakini memiliki pukulan yang dapat membuat lawan tarung sempoyongan bahkan lemas. khas putri kinirung sendiri memiliki ciri yaitu sebuah sisik janggal menyelip/melik keluar (dalam bahasa sunda sisik selap) Memiliki pukulan Menyakitkan yang terkenal panas Memiliki kemampuan pukulan yang membuat lawan kebingungan sehingga menjadi lemas bahkan lumpuh Memiliki mental yang bagus dan kuat Memiliki kecepatan dalam pergerakan
  4. SURO WETU Sisik kaki suro wetu merupakan salah satu ayam aduan paling berbahaya dan mematikan Katuranggan yang tersimpan dipercaya memiliki banyak kelebihan dan keampuhan jenis ini masuk kedalam daftar nama - nama ayam suro yang kita ketahui. Selain banyak dicari sisik suro wetu punya nilai harga yang cukup tinggi. Ciri khas Suro wetu yaitu memiliki benjolan pada bagian belakang kaki tepat dibawah taji. Memiliki pukulan yang begitu keras hingga kedalam tulang Memiliki kehebatan yang membuat lawan tumbang dalam beberapa menit. Memiliki Kelebihan dari cara dia melangkan, kuda kuda, dan juga pergerakan Memiliki mental yang cukup dan sulit dikalahkan
11.BATU RANTAI (Buaya) Sisik Kaki Batu Rantai atau dikenal dengan sebutan sisik buaya ini sangat populer dikalangan masyarakat pecinta sabung ayam. Menurut informasi salah satu jenis ini disebutkan keturunan se'ekor buaya maka dari itu setiap penghobi meyakini katuranggan tersimpan didalam sisik ini sangat kuat. Banyak mitos yang mengatakan bahwa sisik batu rantai mudah kelelahan dan tidak boleh bertarung berdekatan dengan pohon bambu. Ciri khas batu rantai sendiri memiliki beberapa sisik pada bagian - bagian bawah jari. Memiliki pukulan yang dikenal pedas dan panas sehingga lawan merasakan nyeri pada bagian urat - urat seperti otot Memiliki Kehebatan pukulan yang mampu membuat tenaga lawan hilang Memiliki mental cukup bagus dan tenaga mudah kembali setelah terkena air Memiliki keseimbangan dan pergerakan kaki yang cukup gesit
  1. BATU LAPAK Sisik batu lapak merupakan salah satu yang paling sulit ditemukan bahkan jarang dimiliki oleh jenis ayam mana pun hanya orang - orang tertentu saja yang beruntung memilikinya. Berbicara katuranggan batu lapak dipercaya memiliki kekuatan pukulan yang dapat mengalahkan lawan dalam sekejap khas batu lapak sendiri punya ciri yaitu terdapat sisik tepat pada bagian telapak kaki. Memiliki pukulan yang dikenal mematikan cukup keras sehingga lawan tarung merasa linu pada bagian - bagian tulang. Memiliki Kehebatan pukulan yang mampu melumpuhkkan lawan dalam sekejap. Memiliki Mental jiwa petarung perkasa. Memiliki pergerakan dan kuda kuda cukup baik.
  2. SATRIYA SINEKTI Sisik kaki satria sinekti adalah salah satu model jenis terlangka sangat sulit ditemukan jenis ini sejak pada jaman dahulu dikenal dengan digdaya yang mempunyai kelebihan sebagai ayam aduan terhebat dan sulit dikalahkan. Menurut primbon yang dituliskan bahwa ayam aduan dengan bentuk kaki seperti ini memiliki katuranggan pada urutan ke 10 dan dijelaskan bahwa satriya sinekti adalah yang tanpa sisik melik dalam artian sisik yang hampir tak terlihat seakan menyatu dengan tulang kaki Memiliki pukulan begitu keras dan mematikan mampu membunuh lawan dengan sangat cepat Memiliki kekuatan pukulan sakti yang bisa membuat lawannya cacat mental Memiliki mental petarung pantang mundur Memiliki pergerakan cepat dalam menyerang
  3. NAGA TEMURUN Sisik kaki Naga temurun merupakan jenis sisik kaki terhebat dan banyak dibicarakan oleh setiap master ayam soal kemampuannya menghabisi lawan. Istilah naga temurun yaitu sisik yang mirip dengan sisik ular naga para penghobi pun mempercayai katuranggan jenis ini punya banyak keistimewaan dari cara teknik bertarung juga pukulan maka dari itu naga temurun dinobatkan salah satu jenis sisik paling berbahaya oleh para lawannya. Ciri khas naga temurun tersebut bisa dibedakan yaitu dilihat dari bentuk barisan sisik belakang yang menurun kesuluruhan memang banyak kalangan penghobi yang keliru tentang hal ini, kami akan menjelaskan secara detail sebetulnya dari kata menurun pada bagian bentuk lengkungan atas berada diposisi bawah tidak berada diatas kalau kita simpulkan secara langsung bentuk sisik berubah menjadi berbalik menghadap ke atas lihat berikut gambar ini.
Tampilan Posisi lengkungan berada dibawah/turun boleh dikatakan sisik kaki ayam aduan naga temurun sesungguhnya !! Memiliki kualitas pukulan super keras/jero Mampu mengalahkan lawan dalam hitungan menit Memiliki kekuatan pukulan bertenaga kuat sampai bagian dalam sehingga lawan merasa kesakitan dan linu pada setiap tulang Memiliki Mental petarung hebat dan kuat Memiliki Keseimbangan dan pergerakan kaki disaat melontarkan pukulan atau pun kuda kuda
  1. TUNGGAK WINARAYAN Sisik Tunggak Winaraya dikenal salah satu sisik mematikan dan banyak dicari para jagoHolic. Dari setiap ciri pecahan pada bagian kedua jari kanan dan kiri (kelingking) dipercaya memiliki katuranggan dari hasil turun temurun. Sisik tunggak winaran sering dikatakan jenis special penghancur lawan bertarung oleh karena itu memiliki ayam aduan dengan khas sisik seperti ini menjadi kebanggaan tersendiri. Memiliki pukulan cukup besar dan mematikan, efek terkena pukulan sisik ini lawan mudah down bahkan stres Memiliki kemampuan pukulan yang dapat membuat bagian tulangan dalam menjadi rusak Memiliki Mental bagus seperti baja Memiliki kecepatan pergerakan dalam menyerang
  2. KAKI BLINGBING SOKA Sisik kaki belingbing soka merupakan salah satu kaki ayam aduan khas ayam bangkok Asli thailan diera ke'emasannya jenis ini dikenal sadis mampu membuat ayam lain cacat seperti kehilangan mental keberanian tentu para pemain lama mengetahui hal tersebut. Ciri sisik blingbing sendiri memiliki khas yaitu bentuk dua barisan sisik yang tersesun rapih dan bagian tengah sedikit menekuk kedalam. Maraknya fovulasi persilangan yang dilakukan setiap penghobi menjadikan sisik jenis ini se'akan menghilang dan jarang terlihat khususnya diwilayah indonesia. Memiliki Pukulan sangat keras dan pedas, satu kali lontaran pukulan yang diluncurkan mampu membuat gangguan pengelihatan pada mata lawan Memiliki kehebatan pukulan tepat pada bagian batangan Memiliki jiwa mental tempur yang bagus Memiliki daya cengkraman dan gerakan baik
  3. NAGA EMAS Sisik kaki Naga Emas salah satu paling berbahaya bahkan dikenal dengan keganasan yang dimiliki dari karakter pukulan atau pun teknik bertarung. Katuranggan naga emas sangat dipercaya akan keampuhan yang tersimpan dari kekuatannya. dilihat dari bentuk fostur dan warna sisik ini punya kemiripan dengan jenis pancuran Emas hanya saja Sisik naga Emas Memiliki tampilan berbeda yaitu bentuk sisik yang tajam dan warna kaki kuning polos. Kini sisik naga emas Terbilang sulit dicari bahkan ditemukan. Memiliki bobot tenaga pukulan tidak terlalu keras namun menyakitkan seperti ditusuk jarum yang mengakibatkan lawan tarung mudur dalam pertempuran Memiliki kehebatan super taji yang dapat merusak bahkan melumpukan Memiliki Mental jiwa seorang petarung sejati Memiliki kecapatan, keseimbang dan pergerakan terbilang agresif/lincah
  4. KADAL METENG Sisik kaki kadal meteng merupakan salah satu sisik ayam aduan yang ditakuti oleh para lawannya dan Katuranggan yang dimiliki masih dipercaya sampai saat ini. Ciri khas jenis ini punya model sisik tajam pada setiap jari kaki. Kadal meteng sering disebutkan salah satu sisik beracun ( dalam bahasa sunda sisik Peurah) biasanya jika terkena pukulan sisik ini akan meninggalkan bekas seperti biru memar. Kadal meteng sebetulnya suatu ciri bentuk sisik yang hanya dimiliki ayam betina/babon maka dari itu jarang sekali terlihat pada ayam jantan berbanggalah anda jika memiliki ayam aduan dengan tampilan sisik seperti berikut ini. Memiliki pukulan pedas dan menyakitkan meski kecil mampu memutuskan saraf Memiliki pukulan tenaga dalam yang banyak disebut pukulan beracun/peurah Memiliki Mental yang terbilang sedikit lambat Memiliki Keseimbangan bagus dan pergerakan lebih lincah
  5. KING SAPU JAGAT Sisik kaki sapu jagat salah satu jenis paling terlangka sulit ditemukan pertama kali ditemukan yaitu dinegara thailan dan Myanmmar hanya orang - orang tertentu saja pernah memilikinya. Berbicara tentang Katuranggan sisik ini sering dikatakan punya banyak keistimewaan seperti aura wibawa dan kesan melihat dari bentuk tampilan king sapu jagat punya pamor sisik menakutkan bahkan para penghobi lama menyebutnya salah satu mesin pembunuh dalam artian mampu mengalahkan lawan hanya dengan 3/4 kali pukulan. ciri khas king sapu jagat sendiri punya ciri sisik aneh dan unik yang menyerupai tulang kalau diperhatikan hampir mirip dengan bentuk taji/jalu Memiliki pukulan sangat keras disertai taji/jalu yang mampu membuat lawannya ambruk dengan hanya berapa pukulan saja Memiliki kehebatan pukulan special depan dan badan sangat ahli dibidang brangkot Memiliki mental cukup ganas saat bertarung Memiliki pergerakan kaki sedikit lamban
  6. ULAR PANDAN (Pandanus Snake) Siapa yang tak mengenal salah satu sisik paling dicari dan populer dengan famor khas sisik kaki berwarna hijau ini menjadi jenis yang terhebat dan berbahaya didunia sabung ayam. Menurut cerita sisik ular pandan dikenal paling ditakuti para bobotoh papan atas pada masa itu jenis ini memiliki pecahan komplit atau istilah tembus pada setiap jari dan sisik utama. Para hobi mempercayai Katuranggan ayam aduan model sisik ular pandan begitu kuat dan sakti Berikut ciri asli sisik ular pandan. Memiliki pukulan super tandes/jero terasa pada setiap tulang dalam, Sangat cepat dibidang menuntaskan pertarungan Memiliki kelebihan balasan pukulan lebih menyakitkan, efek terkena pukulannya mampu memberikan reaksi cepat yang berpengaruh pada setiap otot - otot sehingga lawan tidak bisa berjalan bahkan memukul Memiliki Mental yang dikenal keganasannya Memiliki keseimbangan dan pergerakan super cepat juga baik
  7. GAMBIR Sisik kaki Gambir memiliki khas warna corak merah kecoklatan pada bagian sisik utama' ayam aduan dengan sisik seperti ini merupakan salah satu yang boleh dikatakan paling berbahaya jika terkena pukulanya mampu membuat lawan terguling bahkan K.O dalam beberapa ronde. Sisik gambir menjadikan terfavorit dihati dan dimata pecinta sabung ayam, menurut mitos sisik yang terdapat corak merah adalah ayam terkuat dan sulit untuk dikalahkan. Memiliki pukulan pedas, panas dan keras mampu merusak pada bagian kelemahan lawan Memiliki kekuatan tenaga pukul 2x lipat lebih menyakitkan, Jika terkena pukulan pada bagian sambungan leher bisa berakibat fatal Memiliki mental super dan pemberani Memiliki pergerakan dan kecepatan kaki cukup seimbang saat melakukan penyerangan atau pun kuda - kuda
Mungkin itu saja 21 Nama Sisik Kaki Ayam Petarung Terhebat Dan Paling Banyak Dicari pilihan dari setiap model dan ciri sisik yang saya tuliskan dalam artikel ini merupakan jenis sisik kaki ayam aduan pilihan yang dikenal akan keganasan dan kehebatan masing - masing saya harap informasi ini sedikit memberikan ilmu tentang nama nama dan kualitas jenis sisik.
submitted by MelodicConfusion500 to AYAMBANGKOK [link] [comments]


2024.03.30 08:55 Tukang-Gosip I find it funny

Langsung aja yes - gue sekarang liat kebanyakan orang orang kita itu lucu (abis ngedenger ama ngeliat kisah teman dan beberapa kenalan gue)
Lucu nya nape? Ya karena di dumay ama irl tereak tereak 'mental health awareness' yet kebanyakan dari mereka ini menganggap wajar toxic behaviour
Ini gue pake dari kisah beberapa kenalan ama temen gue (2 contoh dulu) , mungkin ada yang pernah ngalamin / ngeliat dengan mata kepala sendiri irl juga kayak gue
  1. people pleasing : ada banyak kenalan gue yang suka dinasehatin 'jangan mau jadi people pleaser' - ya begitu kenalan gue beneran lebih sibuk ama keluarga dan kehidupannya sendiri dan beberapa orang 'nolak kemauan si orang lain' (in this case yang gue liat : arranged marriage - abang ato mbaknya udah berumur - akhirnya 'dijodohin' lah ke kenalan gue) : kikipelit, individualis, egoist etc....funny thing pas dibalikin omongan mereka, mereka ngomongnya 'suka gak suka budaya timur itu budaya nyenengin orang-mau gak mau mesti ada salah satu pihak yang mesti turutin maunya suatu pihak'......terus buat apa nasehatin orang soal boundaries ama mental health kalo ujungnya mereka anggep wajar dan memaklumi sifat people pleaser?
  2. lomba adu nasib : ada banyak temen gue yang ngalamin nasib sial di workplacenya kayak
A. Ada yang kontrak kerjanya kelar tapi evaluation reportnya diobrak abrik ama bosnya - dilabelin 'insubordinate' (ngelawan atasan) dan berakhir dengan dapet status 'do not rehire' aka diblacklist (gara gara masalah sepele - temen gue inj komplen soal keponakan salah satu manager yang udah nggak bisa kerja / low perform - suka lempar tanggung jawab juga - spv nya cerita temen gue ini yang suka benerin laporan ama ngerjain kerjaannya ponakan si manager tsb) kebanyakan temen gue begini nasibnya btw : evaluation report diobrak abrik cuman gara gara masuk shit list manager
B. Ada juga temen gue yang diterminate cuman gara gara dia komplen soal kelakuan pacar bosnya ke dia (aka dia dilaporin harrassment)
Pas mereka curhat soal struggle mereka - malah jadi 'lomba adu nasib' (ada yang terang terangan ngomong lah 'di blacklist ama dimusuhin pihak management mah masalah biasa di dunia kerja - gue yang sering dimaki maki financial controller tanpa alasan jelas aja selow' ama 'udah 8 tahun kerja di administrasi baru ngeluh sekarang soal black list ama masuk shit list manager? Lebay ah...itu hal biasa') pas mereka bales komplen ya responnya : ' lah lomba adu nasib ama gaslit biarpun kesannya negatif tapi diperluin - tujuannya biar lu gak jadi drama king ama gak berlarut di masalah lu' (dan banyak random stranger di medsos kenalan ama kawan gue yang setuju soal gini - 'budaya kita itu ketimuran dan gotong royong - udah pastilah sifat people pleaser itu wajib dipake... suka gak suka pasti ada momen dimana kita wajib ngikutin ama nurutin maunya pihak lain.....' ama 'lomba adu nasib emang perlu di real life, buat nunjukin kalo bukan cuma lu yang punya masalah' (gue rasa ini para manusia menganggap serius komik ama karakter fiktif kayak naruto ama recca yang hobi suka lomba adu nasib ama lawannya lmao)
Sama kayak diatas.....ngapain ngomong soal self care, empati, mental health kalo hal kayak gaslit, 'invalidate feelings' ama lomba adu nasib dianggap wajar dan perlu?
Gue penasaran, buat apa sebenarnya teriak teriak soal mental health kalo ujungnya toxic behaviour masih dipake dan dianggap penting dan wajib?
submitted by Tukang-Gosip to indonesia [link] [comments]


2024.03.17 12:37 habitbuddy Jual rumah warisan untuk re-investasi bisnis & financial product

Halo!
Saya di sini mau berbagi cerita sekaligus bertanya ke yang berpengalaman atau punya pengetahuan di sini. Sudah setahun ini ayah saya meninggal menyusul ibu yang sudah lebih dulu karena sakit. Warisan harta & utang sudah diterima saya dan kakak-adik sebagai ahli waris, utang sudah diselesaikan bersama dan harta sudah dibagi sesuai kesepakatan.
Saya kebagian rumah tinggal, namun sayangnya tidak ditinggali karena ada pekerjaan di luar kota. Sejak kuliah, saya udah terbiasa untuk investasi di saham, reksadana, dan deposito bank digital. Jadi saat ini lebih tertarik jika rumahnya dijual aja lalu diputar di instrumen keuangan dan investasi bisnis. Anggap saja nilai rumahnya sesuai NJOP Rp703.976.000
Berikut ini ada beberapa opsi yang sempat terlintas dan saya pelajari:
  1. Renovasi rumah untuk disewakan dengan estimasi nilai sewa 20jutaan per tahun. Cons: harus keluar biaya perawatan setiap selesai sewa, atau ada kemungkinan sulit tersewa)
  2. Jual rumah seharga NJOP kemudian diputar di instrumen investasi. (Misal di SBR020-T5 6.4% per tahun selama 5 tahun = 45jt/tahun)
  3. Jual rumah seharga NJOP kemudian diputar di investasi bisnis yang udah mature dengan proyeksi ROI sekitar 20% per tahun = 140jt/tahun. Cons: Bisnis termasuk investasi High risk
  4. Jaminkan rumah untuk KPR Refinance / KUR dan digunakan untuk investasi bisnis seperti poin 3. Cons = Harus bayar cicilan per bulan & resiko gagal bayar jika bisnis sedang lesu
Berdasarkan pengetahuan dan pengalaman, kelihatan ya kalau saya lebih cocok untuk menjalankan poin 2. Karena hasil dari investasi bisa digunakan untuk biaya sewa rumah di luar kota tempat saya kerja dan sisanya bisa dipakai untuk hidup / reinvestasi. Tentunya gaji bulanan tetap akan digunakan untuk kebutuhan hidup & investasi juga.
Tapi mungkin ada yang punya pengalaman serupa dan mau berbagi cerita dari perspektfi lain monggo yaa.
submitted by habitbuddy to finansial [link] [comments]


2024.03.03 09:23 Naj_laylow Daycare and so called policies

Daycare & so called policies
So cerita nya cemani, whether you guys agree or not. It happened to me recently. As you know japem is responsible untuk daycare di Brunei ani.. for yang daycare di Brunei ani 6 month before lesen daycare mansuh kana remind sudah ni ah so on 1st February daycare ani menagih payment for February punya payment and aku pun baru tau lesen drg mansuh 1st February, then 3rd feb ada memo yg drg ani paksa tutup lah ah since lesen mansuh.. and to buat process membaharui lesen drg then dlm fikiran eh cemana ni kn hntr anak daycare lapas ni.. so yeah i ask for refund my payment February ani tpi no, the owner ckp sorry our policies inda dpt refund. What? Drg ckp cannot tpi hntr sja after drg buka.. and its free tapi kan ku inda lagi mau hntr sana bah which is they need to refund lah sepatutnya.. what do u guys think?
submitted by Naj_laylow to nasikatok [link] [comments]


2024.01.20 21:46 LongEnormousSchlong Rant about my friends. Will be written in BM because I’m angry.

Assalamualaikum, nak rant pasal perangai member.
Ada member aku, Ali dan Amir bukan nama sebenar.
Ali ni jenis perangai dia tak hormat masa orang. Pernah sekali Ali nak pinjam tools bapak aku nak buat moto katanya. Aku cakap la “hantar kedai la”, dia boleh balas “hantar kedai mahal la aku buat dekat rumah kau je la”. Aku dah pening tak tau nak reply apa. Apa dia ingat rumah aku ni kedai moto ke? Aku dah la ada plan hujung minggu, dia dengan selamba nak datang buat moto dia guna barang aku. Kalau pinjam tools je boleh la, ni dia nak guna tools pastu buat moto dekat rumah aku. Aku dah jem. Dia ni tak paham ke masa aku cakap “hantar bengkel la”. Dah dia datang mesti kena layan punya ragam dia.
Sekarang pasal Amir pulak. Perangai dia ni pulak acah keras acah hebat. Bila lepak cerita dia paling hebat. Dia paling berani, dia paling rajin, dia paling baik. Setiap sekali aku cakap aku tak pergi kerja sebab sakit Amir ni akan cakap “ah kau ni pemalas, banyak alasan!”. Ayat yang sama akan keluar bila aku cakap aku tak kerja sabtu dengan ahad. EVERY FUCKING TIME AYAT YANG SAMA. Setiap kali lepak mesti keluar ayat ni. Dah la dia ni tak reti berborak, bila borak keluar ayat bodoh macam ni. Asal lepak menghadap anime, hadap tiktok. Apa function kau datang lepak babi?
Satu lagi perangai dia, semua benda dia ingat boleh buat lawak. Aku pernah kena kacau, ada orang ketuk pintu bilik tapi family aku semua dah tidur. Time ni memang aku takut gila, auto bukak semua lampu bilik. Esoknya aku pun cerita la dekat si Ali & Amir. Ali ni boleh ajak borak lagi, dia reti panjangkan conversation. Tapi si Amir ni antara spesis babi. Time aku tengah cerita dia boleh potong and cakap, “alah kena kacau sikit dah takut”. Aku balas “kau tak pernah kena kacau kau diam”. Amir balas “aku dah pernah kena la dulu, setakat bunyi jalan dekat siling rumah, bunyi ketuk2 ni dah biasa”. Aku pun balas “ha kalau macam tu kau tak boleh nak samakan level berani kau dengan aku. Kau berani jangan anggap orang lain berani macam kau babi”. Amir reply “aku mana berani” suara slow je pastu dia diam. Reti pulak guna suara slow? Selama ni cakap bukan main gah. Bukan main kuat cara kau cakap sebelum ni. Bila kena point out terus jadi slow suara?
Dia punya perangai sumpah aku tak boleh brain. Dia tak paham perasaan orang. Dia tak reti baca situasi. Tak reti berborak. Tak reti panjangkan conversation. Bila lepak jadi hiasan penuhkan ruang je. Bila cakap menyakitkan hati. Nak kata introvert, kita dah jadi kawan lebih 15 tahun kot. Nak malu menda kawan dah 15 tahun?
Sekian, terima kasih.
submitted by LongEnormousSchlong to malaysians [link] [comments]


2024.01.17 17:31 BubblyStranger9729 Ekspektasi sebelum vs sesudah resign..

Sekedar sharing & open to advices.
Jadi ceritanya gw (25F) resign dari kantor setelah kerja hampir 7 thn jd bottom feeder (karna lulusan SMA dan ga ada backup ortu, alhasil g berani asal resign)
Karna faktor lingkungan di kantor yg teramat sangat toxic, gw mau g mau hrs resign sih, kalo ga toxic ya gw tahanin demi uang. Atasan & team gw nyepelein workload gw gitu sampe2 gw pernah dikatain anjing & bangsat dll pas lg panas2nya debat karna ada team member yg somehow merasa gw maksa dia bantuin kerjaan2 gw, realitanya: dia yg mau bantuin dan gw ngelihat dia mau bantuin ya gw ga tolak dong. Tpi di mata mereka itu gw ngelempar kerjaan. Then ada suatu waktu ngegibah sama team member yg lain, tau2 gw dicepuin wkwkwk entah knp gw ga cepuin balik.. Well ga yakin mereka bakal percaya jg klo gw cepuin balik. Akhir dari perdebatan tuh mereka kek ada plan buat pelan2 nambahin workload gw (maybe mereka mikirnya "balas dendam"?). Yaudah gw resign, pengganti gw 2 org malah.
Anyway... Sebelum resign gw rutin bikin kalkulasi2, dan ekspektasi gw sblm resign tuh gaji 2 bln terakhir + uang perpisahan bisa ngecover biaya hidup gw sendiri sampe ±1-1.5thn. Jadi harapannya tuh pas sebelum resign uang bpjs dicairin bisa jd modal invest (±20jt) karna gw masih ada tabungan di reksadana jg sekitar 40jt
Skrg 3 bln setelah resign... Pengeluaran gw malah lumayan fantastis.. duit perpisahan sama gaji 2 bln terakhir dah abis, duit bpjs setengah gw masukin reksadana, setengah jd cash buat jaga2 ada keperluan..
Kebutuhan: - Ngekos: 1.5jt/bln = 4.5jt - Monthly expense: ± 1jt/bln (termasuk makan, kebutuhan di kosan, dll) = 3jt - Ganti lcd, upgrade ram & ssd laptop = 3.2jt (+ongkir pp bbrp kali total 100k) ->> ini gw lakuin karna uang perpisahan yg gw dapetin lbh tinggi dri ekspektasi gw sebelumnya - bayar les mandarin (dari des'23): 350k/bln = 700k Total: 11.5jt
Jajan (yg ini parah sih gw akuin): - Merch & album kpop: 1.2jt - Event anime & game: 1.4jt (50% PO, udh bayar dari pas msh kerja) - Hangout sama temen 3x?: 400k - TU game: 80rb/bln + 175rb/2bln: 590k Total: 3.6jt
Trip 2024 (jalan2 perdana ke LN): - Passport : 600k - Book tiket2 pesawat: 3.6jt Total: 4.2jt
Extra: - beliin baju & keperluan CNY ortu: 1jt - beli baju CNY: 400k - beli hp baru karna yg lama dah rusak: 2.8jt - beli kipas baru karna yg lama dah rusak: 150k (ga berani servis karna dah belasan tahun juga..) - dipinjem ortu: 6.65jt Total: 10.85jt
Jdi udh keluarin ±30jt dgn kemungkinan expense ga kecatet ±1 jt (yg kecil2 klo dikumpulin ya bsa jd bukit..)
Ada jg stuck 5jt di saham karna dlu asal nyemplung aja & 6.3jt di RDPS karna omongan manis RM bank :)
Ah iya... lupa mention, jd gw dri juni 2023 ikut bootcamp coding gitu, pembelajarannya dah kelar sisa 4 bln tahapan persiapan kerja gitu tpi karna gw msh berasa belom bisa.. gw niatnya buat fokusin setahun ini buat belajar.. Meskipun ga nutup kemungkinan buat sambil kerja lgi sih kalo ada yg berminat hire mah :)
Anyhow... Kalau ada advice, thank you banget in advance, dan kalau ada temen2 yg niatan resign, ambil cerita gw ini buat jd pembelajaran jg ya, karna selain emergency spending, ada jg faktor khilaf wkwk
submitted by BubblyStranger9729 to finansial [link] [comments]


2023.12.31 06:52 bleh_bleh_bleh_157 Nama je Islam tapi...

Nama je Islam tapi tak solat
Nama je Islam tapi tak puasa
Nama je Islam tapi agama buat main
Nama je Islam tapi makan babi/minum arak
Nama je Islam tapi sambut Krismas
Nama je Islam tapi freehair
Nama je Islam tapi couple/ok tengok anak couple
Nama je Islam tapi sokong LGBT+
Selalu dengar kan ? As if kebanyakan golongan yang kau call out ni memang minta pun nak letak Islam dalam IC. Yang convert tu lain cerita ah, tapi kebanyakan yang kena tohmahan macam ni adalah yang lahir lahir Islam, terutamanya orang Melayu. Kang kalau kita kata, "Islam ni bukan untuk aku kan" Haa macam macam kena, silap silap boleh dijatuhkan hukuman lagi
submitted by bleh_bleh_bleh_157 to MalaysianExMuslim [link] [comments]


2023.12.29 20:58 ConfidenceCritical36 Rumah Sebenar Datuk Seri Uppik/Maslan Sani

Rumah Sebenar Datuk Seri Uppik/Maslan Sani
follow up post sebelum ni…
as you can see, dalam gambar pertama tu ada kereta lamborghini aventador dgn audi r8 dan ya bgitu la rumahnya last sy tgk. tidak dinafikan banyak rumah2 di Semporna cantik2 tapi ndk pula semua menjual stuff🤣.
mari sini sy kasi tunjuk detail2 rumah2 femes di semporna
  1. Istana Putih: Rumah keluarga Cikgu Nasir Paisal. Rumah ni didirikan atas kerjasama adik2 beradik Cikgu Nasir sendiri yang merupakan someone yang bekerja di PPD Semporna. Kebetulan juga ada adiknya contractor.
  2. Rumah Istana: Tidak banyak info yg sy tahu pasal rumah ni tapi rumah ni sudah lama ada. mungkin lepas tahun 2005 rumah ni sudah ada. dengar cerita pemilik rumah ni ada berekar2 tanah kelapa sawit sebagai pendapatan. Kaya sebab ada sawit adalah salah satu kekayaan yang common amongst upperclass di semporna.
  3. Rumah putih: Dimiliki oleh contractobusinessman yang berasal dari Semporna. Erwan bin Sabardin (Anak angkat Arwah Datin Manis Muka, Adun Bugaya 2018-2020). macam biasa, kekayaan beliau mostly dari sawit. ada juga resort yg dia ada share (nusa kuya resort). fun fact Erwan bin Sabardin adalah abang kepada Rashdey bin Sabardin, pernah jadi artis Sabah sekitar awal 2000an. khabar angin ada juga bgtau yg dia ni ahli Freemason Lodge Kinabalu tapi baca boleh, percaya jangan.
  4. Rumah coklat: dimiliki oleh seorang guru dari SMK Datuk Panglima Abdullah, Cikgu Raman Muhamad. rumah ni bersebelah ja dengan rumah ketiga tadi tu. isteri kepada guru ini mempunyai hubungan keluarga dgn Arwah Datin Manis Muka. Isterinya jga seorang guru di sekolah rendah. Ikut tale2 dari folks2 semporna, isteri kepada Cikgu Raman ni mewarisi kekayaan org tua nya. Org tuanya juga diceritakan sebagai “peneroka” di semporna dan menetap di area Indani selepas berpindah daripada persekitaran pulau bum-bum pada pertengahan 1900an.
jadi apa kaitannya sama kes datuk uppik ni? sebenarnya ndkda kaitan tapi baru2 ni viral di social media yg rumah2 dlm gambar2 tersebut milik datuk uppik. tidak cukup dengan fitnah itu, masuk lagi hal politik. kesahihan bahawa ex-ahli parlimen sepanggar Dato Azis Jamman ada kaitan dengan datuk uppik masih belum ada bukti yang kukuh. Sudah buta oleh politik, memainkan sentimen bangsa pulak. Kepelbagaian bangsa dalam Sabah bukan lah satu kelebihan utk Sabahans. Medium sentimen bangsa ni lah yang memundurkan kita dan membantutkan kemajuan kita. yang bajau, cakap si uppik ni suluk, yang suluk cakap dia bajau. yang lain tuduh bangsa2 ini merosakkan Sabah. Sabahans, this is why we will never prosper. As long as kita mementingkan bangsa kita sendiri mcmmna kita mau ajak bangsa2 yang lain maju? Kalau kita Sabahan berterusan jadi minyak dan air, sampai bila2 pun kita tidak boleh memajukan Sabah kalau Sabahans sendiri yang tidak mau bersatu.
submitted by ConfidenceCritical36 to Sabah [link] [comments]


2023.12.23 14:09 robotechmaster SIAPA PENDUDUK PRIBUMI FALASTIN?

SIAPA PENDUDUK PRIBUMI FALASTIN?
SIAPA PENDUDUK PRIBUMI FALASTIN?
Sinopsis Ringkas:
12,500-9,500 SM (Sebelum Masihi): Bangsa Natufia kuno adalah bangsa pertama bermastautin di Jericho (di Tebing Barat, Falastina). Kajian struktur DNA bangsa Natufia melibatkan peratusan 61.2% Arab, 21.2% Afrika Utara, 10.9% Asia Barat & 6.8% Habsyah (Ethiopia).
Pribumi asal Natufia hidup bersama2 bangsa imigran dari seluruh dunia. Bila populasi di Jericho berkembang beranak pinak sesama Natufia dengan berasimilasi bangsa pendatang selang beberapa generasi, bangsa ini dikenali sebagai pribumi Kanaan - populasi puak pribumi yang tinggal di kawasan Ash-Shams atau dulunya nama kuno wilayah Kanaan (Falastin, Jordan, Syria & Lubnan)
Keturunan pribumi Kanaan masih lagi terdapat dalam bangsa Arab & Yahudi di Falastin sekarang.
2,150 - 1975 SM: Nabi Ibrahim AS (seorang Rasul dalam agama2 wahyu Yahudi, Nasrani & Islam) dilahirkan di kawasan yang kini dikenali sebagai Iraq. Bertahun kemudian, baginda dengan keluarga berhijrah ke Kanaan (sekarang Tebing Barat, Falastin) kerana Allah SWT memerintahkan Nabi Ibrahim & tanah Kanaan dijanjikan sebagai Tanah yang Dijanjikan aka "Promised Land". Ini selepas Nabi Ibrahim melepaskan diri dari seksaan Namrud, & kajian silang sejarah menyatakan Nabi Ibrahim dilahirkan dalam tamadun Sumeria purba. Pada masa ni juga, anak saudara Nabi Ibrahim AS iaitu Nabi Luth diperintahkan berhijrah ke kota Sadum untuk berdakwah.
Nabi Ibrahim tinggal di Kanaan sepanjang kehidupan baginda. Anak2 baginda iaitu Nabi Ismail dengan Siti Hajar hidup di Bakkah (kemudian menjadi Makkah) bersama kaum Arab Jurhum & memulakan jalur bangsa Arab, manakala anak baginda dengan Siti Sarah iaitu Nabi Ishak di Kanaan memulakan jalur keturunan bangsa Yahudi. Anak Nabi Ishak iaitu Nabi Yaakub dilahirkan & digelar Isra'il (Tentera Allah).
Disebabkan masalah kebuluran di Kanaan, Nabi Yaakub bersama 70 orang ahli keluarga baginda berhijrah ke Mesir Kuno dimana anak baginda Nabi Yusuf AS berkhidmat sebagai Mamanda Menteri bagi Dinasti ke 15 Hyksos Mesir dimana baginda sekeluarga hidup aman sentosa dengan 12 orang anak lelaki yang keturunan mereka kemudiannya membentuk 12 puak Bani Isra'il.
4 generasi kemudian, keturunan Nabi Yaakub telah berkembang sehingga berjumlah lebih kurang 600,000 dikenali Bani Isra'il.
Firaun Mesir pada masa tu pulak (Ramses II dari Dinasti ke 19 Mesir) rasa curiga dengan keturunan imigran Bani Isra'il yang makin ramai lalu memperhambakan mereka berjemaah dijadikan buruh kuli paksa.
Nabi Musa AS dilahirkan & dibesarkan dalam keluarga Firaun lepastu baginda melarikan diri ke Kanaan kerana kesalahan membunuh seorang lelaki Mesir Qibti. Di Kanaan pula Nabi Musa bertemu dengan Nabi Syuaib AS serta diperisterikan dengan anak dara Nabi Syuaib. Baginda pulang ke Mesir berdakwah pada Firaun dengan bantuan adik lelaki baginda Nabi Harun AS & berhijrah ke Falastin setelah Laut Merah terbelah dua manakala Firaun dengan bala tenteranya mati tenggelam bila Laut bercantum semula. Bani Isra'il ni ingkar, siap sembah patung emas Lembu Samiri walaupun ditegah Nabi Harun AS, & keingkaran mereka ni diturunkan bala takleh masuk Kanaan. Pada masa ni Nabi Musa pegi hijrah sekejap diperintahkan Allah bertemu Nabi Khidr. Bani Isra'il yang insaf dipimpin Nabi Musa kembali ke Kanaan sebagaimana janji Allah kepada Nabi Ibrahim dulu.
1,200-1,050 SM: Bani Isra'il berjihad ke atas bangsa pribumi Kanaan penyembah berhala & menakluki bumi Kanaan. Ia dinamakan sebagai Tanah Isra'il & dibahagikan kepada 12 bahagian mengikut 12 puak Bani Isra'il. Inilah permulaan Kerajaan Isra'il Raya kuno.
926 SM: Ini selepas era Nabi Daud AS & anakandanya Nabi Sulaiman AS yanh diberi mukjizat oleh Allah SWT menundukkan angin dan jadi Raja sekalian mahkluk haiwan, jin & manusia. Selepas kewafatan Nabi Sulaiman AS, 12 puak bani Isra'il bertelagah sehingga Kerajaan Isra'il Raya berpecah kepada Kerajaan Isra'il di Utara (dengan 10 puak) & Kerajaan Judah (termasuk Baitulmuqaddis & Haikal Sulaiman) di Selatan (dengan 2 puak).
800BC - 722 SM: Biasalah Bani Isra'il, degil kembali jahiliyyah. Kerajaan Isra'il di Utara siap ada murtad sembah berhala Baal yang dijadikan agama rasmi pemerintah selain ajaran Tauhid. Maka Empayar Assyria menakluki semua jajahan takluk Kerajaan Isra'il-Judah & angkut halau 10 puak bani Isra'il sampai sekarang taktau mana hilang 10 puak ni tak tersisa. Pada tahun 722 SM, Kerajaan Isra'il di Utara dihancurkan padang jarak padang tekukur.
586 SM - Kerajaan Judah di Selatan sama jugak mangkuk wal hayun jadi sesat wal menyesatkan ahlul punah wal ranah habis kepercayaan tauhid dicampuradukkan dengan bidaah dholalah termasuk penyembahan berhala. Maka ditimpakan bala, Empayar Babylon dibawah Raja kejam Nebuchadnezzar II (Bukht-Nassar) menakluki Judah, sembelih puak2 ni, bakar habis semua kitab Taurat serta Zabur & meruntuhkan Haikal Sulaiman. Sakibaki 2 puak bani Isra'il habis diangkut dicampak kat tengah2 Iraq (masa tu wilayah Babylon).
580-530 SM: Empayar Parsi Achaemenid dibawah Raja beriman Cyrus Agung (Kurush) mengalahkan Babylon & membebaskan Baitulmuqaddis. Semua 30,000 keturunan Bani Isra'il pelarian di Babylon dibenarkan balik tapi puak2 ni dah lupa ajaran Taurat Nabi Musa serta Zabur Nabi Daud, maka Allah SWT menghidupkan semula Nabi Uzair AS dari tulang belulang untuk mengajarkan hafazan Taurat kat puak2 ni. Pada masatu jugak Raja Cyrus Agung perintahkan Haikal Sulaiman kedua dibina kembali. Oh, ada sejarawan Islam berpendapat Dhul Qar-Nayn dalam Quran adalah Raja Cyrus Agung ni lah.
330 SM: Alexander the Great (Iskandar Agung) Raja Yunani Macedon mengalahkan Darius III Empayar Parsi Achaemenid & menakluk Falastin. Lepas kematian dia, puak2 Yahudi nim pakat puja pakat campuraduk budaya Yunani Hellenistik Macedon kasik bidaah dholalah lam agama Yahudi. Aku dah cakap depa Bani Isra'il punya ketegaq len machiem woooo. Masa ni Falastin dibawah Empayar Parsi-Yunani Seleucid.
63 SM - 135 M (Masihi): Tanah Isra'il jadi balaci Empayar Rom. Masa ni depa punya sesat hangpa jangan cerita. Zaman ni sehinggakan 3 NABI Allah diutuskan pada zaman yang sama nak dakwahkan puak2 degil jahiliyyah muraqab nim iaitu Nabi Zakaria AS, putera baginda Nabi Yahya AS & lepastu Nabi Isa Al Masih AS. Para agamawan Yahudi kaki rasuah, kaki klepet, sampaikan kitab Taurat & Zabur diselewengkan ikut nafsu depa. Nabi Yahya dibunuh Raja Yahudi si Herod yang kawin ngan anak sedara pompuan dia, Nabi Zakaria pun dibunuh masa berdakwah kat Bani Israil ni. Nabi Isa AS pula dibantu para sahabah Huwariyyun berdakwah tapi dikhianati bani Isra'il kepada Rom. Allah SWT selamatkan Nabi Isa dari disalib dengan diangkat ke langit. Maka puak2 pengkhianat ni mana reti diam depa memberontak lawan Rom sampai Rom bengang menjajah sembelih habis semua & bakar satu kota Baitulmuqaddis serta Haikal Sulaiman kedua dihancurkan! Pada masa ni lah bani Isra'il dihalau keluar bertebaran ke Parsi hingga Tanah Arab sebab Romawi MENGHARAMKAN Yahudi menjejakkan kaki ke Falastin. (Berapa kali kena halau daaa, bala bala puak2 nim).
324 M: Empayar Rum Baizentin menawan Falastin dari jajahan Empayar Parsi Sassaniyah. Ramai orang beragama Nasrani berhijrah ke Baitulmuqaddis. Oh, puak Yahudi masih DIHARAMKAN dari Falastin sebab Romawi dari zaman Jahiliyyah hingga memeluk Nasrani tetap berdendam ngan Yahudi ni.
610 - 750 M: Kebangkitan Islam. Puak Yahudi Yathrib iaitu: - Bani Alfageer - Bani Awf - Bani Harith - Bani Jusham - Bani Quda'a - Bani Shutayba - Bani Qaynuqa - Bani Qurayzah - Bani Nadir bersama2 suku Arab Aws & Khazraj berbaiah pada Nabi Muhammad SAW semasa pembentukan Kerajaan Islam Madinah.
Bani Qaynuqa dihalau keluar sebab melanggar Perlembagaan Madinah, Bani Nadir dihalau sebab nak memberontak & membantu bagi maklumat pada musuh masa Perang Khandak, serta Bani Qurayzah diperangi sebab belot & menyerang bahagian belakang tentera Islam yang bertahan di Madinah masa Perang Khandak.
Bani Nadir tak puas hati kena halau pi pulak hasut Yahudi Khaybar untuk bermusuh dengan Kerajaan Islam Madinah. Tak pasal2 hah amik Bani Nadir & Yahudi Khaybar diperangi kerana merancang nak serang Madinah.
Sebab tu Abdullah ibn Salam dari Bani Qaynuqa, bekas pendeta Yahudi merangkap sahabah yang dijanjikan syurga ketika dia masih hidup mengingatkan Nabi Muhammad tentang sifat talam 2 muka Yahudi ni. Tapi Rasulullah SAW tetap memperisterikan Sayyidatina Safiyyah bint Huyayy puteri ketua Bani Nadir & Sayyidatina Rayhanah bint Zayd dari Bani Nadir.
Masa zaman Khilafah Ar Rashiddin, Saydina Umar Al Khattab RA membebaskan Ash-Shams dari Rum Baizentin, & kaum Yahudi buat pertama kali selepas 500 tahun dibenarkan pulang ke Falastin. Maka berduyun2 puak ni balik ke Baitulmuqaddis yang turut didiami Nasrani, Yahudi & Muslim. Aman2 jah sentosa bahagia. Khilafah Ar Rashiddin memberi jaminan Yahudi & Nasara kebebasan beragama di Falastin & jajahan takluk Islam sehinggalah era Khilafah Umayyah, Khilafah Abbasiyyah, & masa Kerajaan Islam Al Andalus, ramai Yahudi berhijrah mendapat kemakmuran sehinggakan ilmuwan & agamawan Yahudi memulakan tradisi pengumpulan teks2 Yahudi. Yahudi di Al Andalus mencapai zaman Keemasan agama Yahudi serta keintelektualan falsafah, saintifik, astrologi seiring dengan zaman Keemasan Islam di Baghdad & Al Andalus.
Bangsa persekutuan barbarik Khazar menganut agama Yahudi & ramai Yahudi berhijrah ke negara Khazar untuk berdakwah. Yahudi jadi agama anutan rasmi Khazar di Kaukasus (sebahagian Russia) untuk mengimbangi kekuatan kekhalifahan Islam & Nasrani Rum Baizentin.
950 - 969 M: Yahudi Khazar & Khilafah Abbasiyyah jadi sekutu melawan bangsa Viking Kievan Rus yang menceroboh melanun merompak kota2 Yahudi Khazar & pusat2 perdagangan Islam sehinggalah negara Yahudi Khazar dihancurkan Kievan Rus. Pelarian Yahudi Khazar kembali ke jajahan takluk Abbasiyyah & berhijrah pelusuk wilayah Khilafah.
1100 - 1200an M: Siri peperangan Salib menyaksikan penyembelihan orang2 Yahudi, Islam serta orang Nasrani Falastin sendiri oleh kezaliman para Salibi Katolik Eropah. Yahudi & Muslim dihalau keluar dari Falastin yang terjajah sehingga 100 tahun kemudian Salahuddin Al Ayyubi as-Sultan Mamluk Mesir membebaskan Falastin & Baitulmuqaddis, barulah umat Islam dengan Yahudi kembali semula.
Masa kekacauan era Mongol menghancurkan Kerajaan Islam Khwarizmiyyah hingga Khilafah Abbasiyyah dihancurkan, maka sekali lagi umat Yahudi berhijrah ke Al Andalus menyelamatkan diri.
1600an - 1800an M: Ketika Al Andalus ditakluk kempen Reconquista Sepanyol, Yahudi Al Andalus melarikan diri ke serata Eropah & sebahagian minoriti ada yang berhijrah ke Maghrib (Morocco) serta kembali ke Falastin atas jemputan perlindungan Khilafah Uthmaniyyah. Di Falastin bangsa Muslim, Nasrani & Yahudi terus dilindungi kekhalifahan Daulah Uthmaniyyah.
1920an - 1948 M: Falastin dijajah British setelah wilayah Uthmaniyyah dibahagikan dibawah Perjanjian Sykes-Picot. Falastin dijadikan sebagai British Mandate. Sebahagian penduduk pribumi Falastin samada Islam, Kristian & Yahudi Falastin menentang penjajahan British. British amalkan dasar pecah & perintah, bawa masuk ramai pendatang Yahudi Ashkenazi Eropah supaya sosio politik tempatan Falastin berpihak pada British. Selepas WW2, British dengan kerjasama PBB membawa masuk lebih ramai pelarian Yahudi Ashkenazi yang pada 1948 mengisytiharkan negara Isreal moden membawa konflik Falastin sampai loni 70 tahun lebih tak setel.
Kesimpulan, kewujudan Isra'il adalah berdasarkan janji Allah SWT kepada Nabi Ibrahim AS.
Masalah timbul bila Isra'il ditafsirkan seolah2 khusus untuk bangsa terpilih eksklusif kononnya Yahudi semata2. Ikut tafsiran ikut sedap tekak Isreal loni, pribumi asal Kanaan di Falastin, kaum asal menduduki Kanaan (merangkumi Falastin & Isreal moden) juga termasuk bangsa Arab Falastin (beragama Islam & Kristian Ortodoks) tak dianggap Bangsa Terpilih & takde hak langsung ke atas Isreal serta Falastin (pening kepala aku lojik kepala lutut Yahudi Zion ni).
Ribuan tahun, Empayar demi Empayar datang & pergi menakluk wilayah Kanaan / Isra'il / Falastin beberapa kali & Yahudi acapkali dihalau keluar sehinggalah Daulah Islamiyyah mempelawa mereka pulang ke Falastib dan diberi perlindungan sebagai Ahlul Kitab.
Jadi sapa sebenarnya PRIBUMI ASAL Kanaan (Isreal & Falastin)?
Orang Yahudi Isreal & Arab Falastin kedua2nya menegakkan hak bahawa Falastin adalah wilayah yang didiami nenek moyang masing2, mengaku dioranglah pribumi asal Falastin & menuduh samada Yahudi atau Arab Falastin bangsa pendatang.
“Kami adalah keturunan peribumi Kanaan, tanah ini milik rakyatnya …yang telah lama berada di sini sejak 5,000 tahun lampau”, tegas Presiden Pihak Berkuasa Falastin, Mahmoud Abbas.
PM Isreal Benjamin Netanyahu pun tuduh nenek moyang Arab Falastin pendatang “yang berasal dari Semenanjung Tanah Arab ke Tanah Isra'il beribu tahun” selepas Bani Isra'il (abah dia pegi kedai beli cincau, mak dia pegi kedai beli cabai ... angin aku).
Kajian DNA pada tahun 2020 mendapati “the present-day inhabitants of the region are, to a large extent, descended from its ancient residents (the Canaanites)" iaitu penduduk Falastin di kawasan berkenaan, sebahagian besar populasi adalah berketurunan dari pribumi asal kuno wilayah berkenaan (bangsa Kanaan).
FAKTA TAMBAHAN ASAL USUL NAMA FALASTIN:
Berasal dari suku Filistin (Philistines) salah satu cabang bangsa Kanaan. Dalam Qasas ul Anbiya', suku kaum Jalut yang berperang dengan Raja Talut dan tentera Bani Isra'il yang beriman termasuk Nabi Daud AS yang menewaskan Jalut.
Bahasa Mesir Kuno era Firaun sebut Filistin sebagai Palusata. Dalam bahasa Ibrani (bahasa Bani Isra'il) dalam Taurat ialah Plistim, Filistin dalam bahasa Aramaic (bahasa Nabi Isa al Masih) dalam Injil ialah Philistia. Bahasa Akkadia / Assyria / Babylon Kuno sebut Filistin sebagai Palastu.
Yunani sebut Phylistiim, Romawi sebut Palaestina. Bahasa Arab sebut Filistin / Filastin / Falastin.
Maknanya lama beribu tahun nama ni. Agaknya Yahudi bengang nama Falastin lebih fofuler dari nama Isra'il yang diadaptasi jadi Isreal tu.
P/S: Gambar2 ni bukan imej Bani Isra'il tapi gambaran pribumi asal Kanaan Kuno, bangsa Jalut.
submitted by robotechmaster to Ajar_Malaysia [link] [comments]


2023.12.04 08:29 P2Y0 Paid parking somewhere

Paid parking somewhere submitted by P2Y0 to malaysia [link] [comments]


2023.12.02 08:40 MerkuriIntan Hi komodos, sekedar mau ngeluapin cerita disini sebagai seseorang yang mencap diri "failed as a human, brother and son" dan berfikiran untuk "menutup buku"

Hi komodos, sekedar mau ngeluapin cerita disini sebagai seseorang yang mencap diri
Halo komodos, aku izin sekedar mau cerita disini karena sejujurnya selama ini hanya jadi SR. Aku sudah sekian lama pengen menulis dan menceritakan ini, namun karena terkendala waktu, mood dan mngkn rasa takut jadi baru bisa keturutan sekarang.
Maaf, sekiranya apabila ceritanya bakalan panjang banget.
Jadi aku (M24) adalah seorang lulusan prodi sasing dari salah satu ptn di jateng. Sekarang ini aku tengah menganggur selama kurang lebih 6/7 bulan yang mostly juga karena kesalahanku sendiri yang begitu teledor dan kurang bijak dalam menyikapi usia dewasa. Aku sempat bekerja di sebuah bimbel bahasa inggris sebagai admin disana selama kurang lebih 7 bulan sebelum diriku memutuskan untuk resign dari sana, tanpa mempertimbangkan adanya pekerjaan pengganti atau tidak sebelumnya. Sebelumnya memang sudah ada beberapa interview sebelum aku benar-benar keluar dari situ, namun memang belum berjodoh apa gimana aku belum benar-benar bisa secure pekerjaan sebelum aku memutuskan resign. Aku merasa sangat unwise dan terlalu larut dalam overthinkingku kala itu (akan aku perjelas di paragraf selanjutnya).
Ada beberapa hal yang mendasari keputusanku untuk resign, namun 2 yang menjadi poin utama adalah mengenai benefit gaji dan jam kerja. Memang di awal sudah ditekankan apabila gaji yang diberikan akan dibawah UMK yang ada (hanya di angka 1 juta sekian). Itupun ternyata, masih ada potongan sekian persen dikarenakan bimbelnya masih dianggap oleh pihak Finance terdampak oleh pandemi, dan tidak dapat dipastikan untuk bisa kembali ke penghitungan gaji normal apakah bisa dilakukan dalam waktu dekat.
Untuk benefit gaji sendiri aku merasa masih bisa menyanggupi karena aku juga untuk hitungan FG yang “sangat” minim skill (bahkan mngkn hampir ga punya) merasakan untuk mungkin mencoba mendapatkan pengalaman kerja yang nantinya, berharapnya, bisa dipergunakan untuk mempercantik CV. Untuk jam kerjanya, aku menanyakan soal hal itu, dan dari snaanya memberitahu apabila untuk jam kerja 6 jam dengan 2 shift (6 jam karena mngkn msh terdampak pandemi tadi, apabila sudah kembali bisa saja jadi 8 jam). Dan ada agenda-agenda lain seperti dinas ke luar kota dsb yang perlu dilakukan dan bisa saja menyita jam reguler yang sudah ada. Poin terakhir inilah yang mungkin menjadi pertimbanganku dan membuatku berfikir ulang.
Jadi untuk bimbel ini sendiri ngga cuman bergerak di kantor utama, namun juga bekerja sama dengan sekolah-sekolah dalam mengisi ekstrakurikuler mereka atau menawarkan jasa pengadaan lab bahasa (include dengan guru freelance dan buku mapelnya). Jobdesc ku disini kebanyakan berfokus pada observasi dan monitoring bagaimana kegiatan belajar mengajar baik dari guru freelance di kantor utama maupun yang ditempatkan di sekolah-sekolah tadi. Aku juga berkoordinasi dengan koordinator sekolah terkait dengan performa guru yang ada, respons murid, kualitas materi yang diberikan serta pengaturan jadwal seperti sesi foreigner (disini ada freelance foreigner juga, tapi ku lihat2 yang bisa stabil dtg cuman 1 orang) ujian mid dan final test.
Pada mulanya, tepatnya 3 bulan pertama, aku masih merasakan enjoy dan senang untuk melakukan semua jobdesc yang ada. Walau terkadang masih sesekali kena tegur karena datang terlambat (jarak rumah ke kantor dulu memakan waktu krg lbh 45 menit) namun untuk perihal yang lain so far aku sendiri ngerasa masih sanggup-sanggup saja. Namun, hal yang sama mungkin ngga aku temui dengan orang rumah alias ortu yang ngerasa pekerjaanku memang dinilai masih terasa kurang dan mereka berharap jga aku bisa mendapatkan pekerjaan yang lebih baik. Opini mereka menurutku valid karena aku sendiri punya 2 kakak yang memang sudah terlampau sukses, 1 bekerja di BUMN dan satunya lagi bekerja di sebuah perusahaan startup unicorn di Indonesia.
Memang, sedari aku kuliah semester 1 aku mulai sadar apabila aku memang super inferior dibanding kakak-kakak ku. Aku memang ngerasa gapunya sesuatu hal lebih yang mngkn ga dimiliki oleh kedua kakakku. Aku terkadang takut untuk melihat mereka di kala diriku yang super inferior ini masih belum bisa berdiri tegap “setara” dengan mereka.
Bahkan ortuku sendiri juga mengiyakan hal tersebut, dan memang aku jga merasakan hal yang sama. Pernah ada momen dimana ketika aku terselip gaji yang biasa kudapat hanya sekian 1 juta pun, ada sedikit gelak tawa dari ortuku karena merasa memang terlampau jauh bgt dari yang beliau harapkan (gajiku paling rendah di keluarga). Walau memang setelahnya mereka juga mengucap untuk tetap bersyukur akan rejeki yang ada, namun celetukan tawa tadi seolah-olah kutanggapi dengan mood negatif karena mengira memang aku akan berakhir jadi anak yang gagal di keluarga ini. Ortuku keduanya adalah seorang guru pns, bapak sudah pensiun dan ibu tahun depan ikut juga. Walau begitu, ada rasa malu dan merasa terbebani apabila aku nggak bisa mengikuti jejak anak-anak ortuku yang lain yang sudah sukses. Terlebih, kesan aku menjadi adik yang beban dan ortu yang enabling sepertinya juga jelek juga.
Kembali ke topik pekerjaan di bimbel tadi, aku mulai merasakan ketidakselarasan antara workload dan benefit yang kuterima ketika aku mulai menjalani agenda dinas keluar kota. Mulanya aku berfikir agenda biasa pergi ke luar kota gitu, namun tidak. Aku diharuskan untuk berangkat jam 3 pagi demi untuk mem-paskan waktu dengan kegiatan KBM sekolah di luar kota sana (aku sudah melakukan agenda ini sekitar 4 kali, 2 kali ke kab. di jatim dan 2 kali juga di kab. di jateng).
Biasanya, agenda ini dilakukan dengan perihal pembuatan laporan observasi lab bahasa atau untuk pelaksanaan TOEFL/TOEIC secara offline. Aku sedikit kaget mulanya karena aku berangkat pagi-pagi buta dan pulangnya pun bisa jadi melebihi jam kerja yang ada (oh iya aku lupa memberitahukan apabila tidak ada uang lembur disini). Apabila aku ngga salah, agenda ini ngga setiap waktu ada, minimum 1 bulan sekali memang. Yang mungkin lebih susah untuk ditebak adalah ketika ada agenda keluar kota terdekat (minimal 30-45 menitan jaraknya) yang mengharuskan untuk menggantikan guru freelance yang berhalangan secara mendadak.
Memang, sudah ada pemberitahuan apabila hendak ijin bisa memberitahukan lebih awal. Namun terkadang aku masih menemui kasus dimana seharusnya aku jam 2 siang sudah bisa pulang, terpaksa harus menggantikan guru yang bersangkutan karena baru memberitahukan ijinnya pada saat jam 11-12 siang. Dan hal ini benar-benar tidak bisa diprediksi, dan akupun yang memang merasa skill mengajarku sangat kalah apabila dibandingkan anak-anak pendidikan otomatis kalang kabut ketika mendadak harus menyiapkan materi, absensi dan apa yang sekiranya bakal aku lakuin di sana nantinya.
Kembali ke agenda keluar kota yang berangkat jam 3 pagi tadi, puncaknya adalah ketika aku ditugaskan untuk pergi ke cilacap dan berangkat jam 10 malam. Berbeda dengana agenda sebelumnya yang mungkin aku bisa pulang 2-3 jam dari jam seharusnya aku pulang, disini I’m literally working for 24 hours. Aku berangkat jam 10 malam dan tiba kembali disini pun jam 10 malam keesokannya pula, itupun aku sampai di kantor bukan yang sampai di rumah. Agendanya sedikit berbeda karena bukan observasi yang bisa sebentar, melainkan pendampingan untuk foreigner atas permintaan personal sekolah.
Darisitulah aku merasa kalau mungkin kayak, apakah worth it untuk tetap melanjutkan ini? Dengan benefit sekian yang gaada lembur serta mungkin tidak ada kejelasan naik benefit or jenjang karir? Terlebih kadang aku merasa berfikiran negatif dengan orang tua di rumah karena melihat anak bungsunya yang mungkin akan berakhir tragis tidak bisa mengikuti jejak kedua kakaknya. Hal ini sudah kurasakan semenjak tahun lalu saat ku masih skripsian juga, saat judulku ditolak 2x dan aku merasa hilang arah karena banyak cibiran yang kuterima kala itu dari dosen-dosen yang menanyakan mengenai progress skripsiku, karena aku jauh tertinggal drpd temen2ku. Untungnya, aku sendiri ntah bagaimana bisa menyelesaikannya tepat waktu dan aku merasa itu menjadi salah satu best experience yg pernah kualami sejauh ini (mngkn terdengar sepele, namun bagiku sangat berkesan krn aku sering pusing dan nyetok obat pusing dari apotek kala itu).
Setelah menimbang-nimbang, membaca-baca sedikit artikel tentang masa kerja normal untuk resign dsb, aku memutuskan untuk resign pada bulan ke tujuhku disana. Aku menyelesaikan semua tugasku disana dan mengucap goodbye sembari membelikan rekan-rekan disana beberapa roti dan kaleng wafer.
Satu bulan pertama aku masih giat untuk mencari pekerjaan baru. Mengirimkan lamaran di lowongan yang ada, dan menunggu balasan yang ada. Akan tetapi, ntah apa yang merasuki diriku, pada bulan 2-4 aku seperti kehilangan minat dan arah dalam menata hidupku yang kacau balau ini. Aku sering membaca curhatan salah satu komodos disini yang sering berkeluh kesah soal skripsinya yang sudah diujung tanduk semester terakhir di DCT, dan komodos itu juga bilang apabila dia merasakan dirinya seolah-olah kehilangan minat dan keuletan untuk menuntaskan studinya. Aku serasa berada di perahu yang sama dengan komodos itu, hanya berbeda konteks saja karena aku dalam urusan pekerjaan. Aku benar-benar kehilangan arah dan terkadang hanya mengisi waktu dengan main game or baca-baca sosmed (I’m really sorry for being this lazy). Terkadang masih aku coba untuk memaksa diriku untuk menulis artikel sesuatu di sebuah website gitu yang membayar kontributornya untuk sekedar mengisi waktu luang, namun juga mencari mood dan menghadapi writer block jga bukanlah hal yang mudah. Ah iya, aku masih sesekali mengajar privat gitu. Ku merasa lebih mudah menghandle satu anak daripada satu kelas begitu.
Kemarin sempat ikut tes cpns oleh ortu, aku juga coba jabanin demi serasa untuk “showing effort” ke mereka agar tidak terkesan hikkikomori/nolep bgt begitu. Namun melihat bahwa di formasiku bener2 hanya dibutuhin 1 biji orang saja, seketika mengerucutkan semangatku dan benar saja, tanpa persiapan matang aku gagal di tes nya dengan skor TIU ku dibawah passing grade. Setelahnya, sekarang ini, aku kembali mencoba untuk sekedar melamr lagi di beberapa tempat. Aku ngga terlalu tau pasti skill apa yang kupunya, terkadang aku lebih memilih untuk memasukkan lamaran di posisi seperti admin dsb, dengan berharap bisa mendapatkan gaji yang jauh lebih baik seenggaknya umk.
Dalam lubuk hati, rasanya aku begitu bingung dan linglung mau dibawa kemana jiwa dan raga ini. Serasa aku hanya menjadi aib bagi keluargaku karena banyak hal yang aku gabisa kulakukan demi bisa setara dengan kakak-kakakku. Terlebih, pikiran negatifku dan overthinkingku semakin membabibuta kala mba iparku semua memiliki adik-adik yang seumuran denganku(or lebih tua dikit) jauh lebih sukses dan bisa menata hidup mereka dengan baik. Aku serasa menjadi seorang beban bagi kakak-kakakku. Terkadang sampai-sampai aku berfikir apabila mba iparku apakah membandingkan diriku dengan adik-adik mba iparku kala mereka sedang berada di ranjang.
Aku tidak tahu darimana overthinking ini berasal, mungkin sudah terlalu lama aku bergumul dengan perasaan ini. Aku takut ketika banyak konten motivasi untuk menata hidup yang baik harus dimulai dengan memenuhi goals2 tertentu, atau membuat milestone tertentu. Seperti usia 25 harus sudah punya rumah, sudah punya tabungan/aset sekian, sudah financially independent dll. Terlebih apabila nanti sudah diburu dengan usia untuk dituntut berkeluarga. Urusan perut sendiri aja masih belum sepenuhnya kelar, apalagi perut orang lain gitu.
2x aku mencoba ke psikolog (yang masih terjangkau untuk dompetku) baik sebelum maupun sesudah resign belum bisa sepenuhnya menghilangkan overthinking dan rasa takutku akan masa depanku. Mau jadi apa aku? Mau ntar gimana setelah ortu pensiun semua, or bahkan ditinggal mangkat duluan? Apakah bakal tetep jadi aib keluarga yg gabisa dibanggain di mata ortu lain? Apakah bakal mati menyendiri sebatang kara?
Sewaktu-waktu aku melihat ventilasi ruangan, kadang ada penglihatan untuk melihat diriku menggantung disana. Sekali pernah ketika orang rumah sedang pergi keluar semua, tak ada seorang pun, aku mencoba untuk mearik sebuah kursi dibawah ventilasi tsb dan menggantungkan sebuah sarung yang coba kulilitkan diantara leherku. 2-3 menit ku terdiam memikirkan “Am I already hit the rock bottom? Will I give myself another chance? Isn’t this the perfect way to end it?”. Aku urungkan niat tersebut krn aku merasa belum bener2 hit the rock bottom, tpi pikiran soal aku menggantung itu kerapkali terngiang.

ilustrasi saja
Kalaupun memang aku matipun, aku pengen meninggalkan rekening serta barang2 elektronikku untuk mereka bisa jual nantinya. Ga banyak memang, rekeningku sendiri hanya sekitar 12jt aja aku bener2 simpen selama 6 bulan ini hasil bekerja dan sisa dana kkn dulu. Aku ga main slot, judi ataupun pijol dll. Mungkin hanya itulah yg bisa kutinggalkan untuk mereka. Aku merasa hopeless, takut, menjadi seseorang yg hanya jadi beban dan aib bagi orang lain. Takut menjadi yang paling ketinggalan kereta daripada yang lain.
Pernah saking tantrum dan bingungnya aku jedotin kepalaku ke sebuah meja beton sampai benjol, atau kepala belakang ke tembok gitu. Pengen mencoba donor darah biar seenggaknya merasa bis aada value as a human being buat bisa berguna buat org lain, selalu ditolak gara2 tensi tinggi/hb nya yg lewat. Aku pernah dulu semasa kerja kepala serasa digetok palu kencang bgt randomly gitu, dan ternyata kena tensi di angka 100an/90an lbh. Kata dokternya emg jangan terlalu banyak pikiran dulu dan jaga waktu tidur istirahat gitu.
ilustrasi saja
Semenjak awal tahun ini rasanya jadi gampang bgt terlalu larut dalam kesedihan sampai-sampai hanya krn aku trerlalu was-was akan gimana soal masa depan sendiri nantinya, aku kerap menangis sendiri di dalam kamar cukup lama. Hanya dengan membenturkan kepala di touchpad laptop saja sembari memikirkan diriku 5 tahun kedepa, seketika membuatku mataku berlinang air dan sesenggukan.
Aku malu untuk mengakuinya, karena kesan disini memang cowo lebih tegar, kuat dlm menutupi emosi yang ada. Cowo lebih membuang semua perasaan itu buat nemuin jalan keluar yg ada, namun aku sendiri ga bisa melakukan hal semacam itu, ntah kenapa. Aku malu menjadi cowo yang gampang nangis gini, kesannya ga manly gitu.
Aku pengen senggaknya bisa mengukir senyum bangga di wajah kedua orangtuaku sebelum aku bakal say goodbye for the last time ama mereka. Mba iparku pernah sekali bilang ke aku pas lebaran "gausah malu-malu dek, anggep aja kakak sendiri", serasa aku pengen jawab "I will never be your younger brother, sis, not until I am as successfull as your biological younger brother. I am worthless and only bring shame to this family". Tapi kurungkan dalam hati saja. Aku begitu takut menemui orang-orang yang kukenal.
Mungkin ini bbakal jadi post terakhirku jga dengan akun ini. Aku gamau terlalu banyak ngepost krn takut mngkn akan mengganggu komodos yang lain. Melihat postingan Quora mba Grita Amelia dulu disini jga serasa membuatku takut untuk open up cerita seperti ini. Aku sering banget membaca postingan H2H disini yang mungkin membuatku merasa I am not that alone, but stil…,
Hanya 3 orang real life yang tau aku ceritakan seperti ini, dan yah aku berharap mereka ga ngebocorinnya ke siapa2. At least sebelum aku mngkn meninggalkan mereka.
Sekali lagi, maaf komodos klo emg terkesan panjang banget , ngalor ngidul, dan hopeless gini. Thanks for reading.

TL;DR :
Aku ngerasa gagal menjadi seorang manusia, anak dan adik buat kakak-kakakku maupun kakak iparku karena aku masih belum bisa merasa "setara" dengan mereka dan ortu pun juga berharap begitu, namun aku ngga tahu cara untuk mewujudkannya. Merasa makin tertinggal dengan balapan umur yang ada with no particular skill I could offer. Severe overthinking and always seeing my future as a bleak cloud ahead of me, bagai kapal yang terombang ambing di tengah lautan gatau mau berlabuh kemana. Suicide keeps crossing in my mind as an option, cuz that's the only way to relieve my pain of being such a failure in the eyes of everyone that I know..

Maaf komodos ga ngasi TLDR, sorry for this shitty long post

submitted by MerkuriIntan to indonesia [link] [comments]


2023.11.20 03:57 GameOnline420 Keunikan Dari Holiday Ride Yang Membuatnya Menjadi Game Online Terpercaya

Game Online Terpercaya Holiday Ride menonjol di antara segudang permainan online karena perpaduan unik antara elemen bertema liburan dan jackpot progresifnya. Ini menangkap esensi musim liburan dengan grafisnya yang dinamis, efek suara yang ceria, dan alur cerita menawan yang membenamkan pemain dalam suasana meriah. Pencipta permainan Holiday Ride telah dengan ahli menggabungkan mekanisme elemen desain modern, menghasilkan permainan yang menarik baik bagi pemain berpengalaman maupun pendatang baru.
Salah satu aspek utama yang membedakan Holiday Ride adalah integrasi simbol dan motif liburan yang mulus ke dalam permainan. Mulai dari manusia yang periang dan sebuah taxi hingga ornamen meriah dan hadiah yang dibungkus kado, setiap aspek permainan ini dipenuhi dengan semangat liburan. Perhatian terhadap detail ini menciptakan pengalaman yang seru, membawa pemain ke dunia tempat keajaiban musim menjadi nyata di setiap putaran. Selain itu, Holiday Ride menawarkan berbagai fitur inovatif yang meningkatkan pengalaman bermain. Baik itu putaran bonus interaktif, animasi gulungan dinamis, atau hadiah menarik yang menunggu untuk ditemukan. Permainan ini dirancang untuk membuat pemain tetap terlibat dan terhibur sepanjang perjalanan liburan mereka di situs DEWAASIA.
submitted by GameOnline420 to u/GameOnline420 [link] [comments]


2023.10.17 06:12 basokuahenakrasanya Cara ngingetin temen biar ga kena jeratan pinjol

Jadi ada temen gua dengan posisi OB di kantor gua kerja, kaya lagi mau minjem-minjem pinjol gitu dari gelagatnya (kita sebut dia si A). Hari ini sebelum masuk kantor, kita sempet ngobrol sama satu temen OB juga yang lain (kita sebut OB lain ini si B).
Awal obrolan cuma gua sama si A ini, awalnya cuma bahas kerjaan dll lah. Obrolannya mulai berubah ketika si B muncul, si A langsung nyeletuk "Eh si B, lu ga jadi minjem ke app ini? Mayan kalau mau buat kredit motor daripada naik kereta mulu". Si B jawab "Engga ah, takut bunganya gede gitu" abis itu dia noleh ke gua bilang "Tu Pak si A ngajarin pake pinjol". Gua waktu itu langsung tanya ke si A "cair berapa & app apa?" dia jawab "dapet 300k angsuran 186k 2 bulan & app A*u La*u".
Abis itu gua kebetulan cerita kalau dulu pernah kerja di Koperasi yang minjemin duit, yang narik iurannya perbulan ke rumah-rumah itu lah, kalian semua pasti tau. Si A ini denger cerita gua langsung kaya tertarik gitu, tanya soal maksimal minjem, angsuran dll. Gua di sini udah mulai curiga kalau ni anak kayaknya lagi banyak pengeluaran entah buat apa. Latar belakang si A itu dia emang punya kredit 2 motor, pengeluaran gede mungkin cuma buat angsuran motor sama modif motor, gaji juga UMR Jakarta.
Gua belum ngingetin dia sampe sekarang, gua binggung biar dia percaya kalau itu bahaya. Terlebih dia tu orangnya awam banget kalau soal beginian.
submitted by basokuahenakrasanya to indonesia [link] [comments]


2023.10.13 12:15 DigitalChildish Kemelekatan

Kemelekatan
Bu Nunik adalah seorang wanita modis, berkecukupan, dan hidup dalam kemewahan. Dia memiliki seorang anak perempuan dan suaminya seorang pejabat. Sehari-harinya, Bu Nunik hanya sibuk dengan gosip, berbelanja, dan berpesta dengan teman-temannya. Setiap kali ada teman atau tetangga yang membeli sesuatu, Bu Nunik selalu mencari dan membeli barang yang sama atau bahkan yang lebih mewah, kemudian memamerkannya. Ia jarang peduli dengan urusan rumah karena menganggap bahwa asisten dan pembantu di rumah akan menangani semuanya. Sikapnya sangat sombong terhadap teman-temannya yang tidak dianggap sejajar dengannya. Bahkan, ia pernah menolak dengan tegas permintaan bantuan dari seorang teman lama yang sedang kesulitan.

https://preview.redd.it/tu7tssiayxtb1.jpg?width=1024&format=pjpg&auto=webp&s=3dba93621589b04ae811d156ac9b8eef314a5a56
Anak satu-satunya hanya diberi uang dan kemewahan dari Bu Nunik. Ia meyakini bahwa dengan memenuhi semua kebutuhan putrinya, itu sudah lebih dari cukup.
"Ah, perhiasan ini pasti cocok untuk putriku. Berapa harganya, ya jeng? 100 juta? Gampang saya bayar cash sekarang juga.” Ucap Bu Nunik pada temannya di suatu pesta.
Malam harinya dengan perasaan senang akan reaksi putrinya menerima perhiasan yang dia bawa. Bu Nunik pulang kerumah, Menuju lantai dua kamar anaknya. Ia sangat terkejut dengan apa yang dilihatnya. Ia menjatuhkan perhiasaan mewahnya ke lantai dan menjerit “SHINTAAA!!!”
Pak Jody, seorang pria paruh baya bepenampilan cukup menarik terlihat berwibawa dimata para rekan-rekannya. Dia lebih memilih banyak aktivitas diluar ketimbang dirumah. Kebutuhan rumah tangga selalu terpenuhi bahkan berlebihan. Pak Jody memiliki kemampuan berpolitik yang handal sehingga dia berhasil menjadi seorang dewan yang terhormat. Segala macam cara dia lakukan untuk demi posisinya saat itu. Banyak prestasi yang dia lakukan dibidang politik, namun tanpa orang ketahui semua itu dilakukan dengan cara main belakang. Sogokan dan Korupsi sudah menjadi budaya dalam hidupnya demi mendapat kekuasaan. Sebagai kepala rumah tangga, urusan dirumah dia serahkan sepenuhnya pada istrinya. Ia jarang pulang, dan bahkan ketika putrinya mencoba menghubunginya, ia hanya punya sedikit waktu untuknya.
“Pak Jod, Proyek ini jika masuk nanti bapak dapat deh 30% plus nama bapak naik nih. Ajukan pada dewan yang lain. Nanti gampang lah kesananya” Tanpa banyak berpikir, Pak Jody menyetujuinya, dan mereka berdua mendiskusikannya dengan panjang lebar. Waktu pun berlalu dengan cepat, dan tiba-tiba malam telah tiba. Pak Jody melihat ponsel pintarnya telah menerima sejumlah panggilan tak terjawab dari Mbo Mirnah, pembantunya.
“Krrrinnng ttttutt krriinng, iya mbo ada apa yah. Tumben nelfon-nelfon?”
“Pak Bapak, cepat pulang pakk, mba Shinta pakkk. Mba Shitaa sama Ibu..” kata Mbo Mirnah dengan panik sambil memberikan kabar yang mengagetkan.
Di persidangan Pengadilan Agama, suasana begitu hening saat keputusan akhirnya diumumkan. Pak Jody dan Ibu Nunik secara resmi telah bercerai. Keputusan ini tercapai setelah malam yang penuh konflik dan keputusan drastis. Pak Jody menuduh istrinya tidak mampu menjaga anak mereka dengan baik, sehingga ia mengucapkan talak tiga. Pertengkaran dan kepedihan mendalam menghiasi perjalanan keluarga ini.
Kehidupan Ibu Nunik yang sebelumnya glamor dan bahagia berubah drastis. Ia tenggelam dalam stres, depresi, dan akhirnya ditempatkan di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) untuk mendapatkan perawatan yang tepat. Sementara itu, kehidupan Pak Jody juga berjalan tidak sebaik dulu. Ia terjerat dalam daftar KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi), menghadapi konsekuensi atas tindakan-tindakannya yang tidak benar.
Shinta adalah seorang mahasiswi di salah satu universitas terkemuka di Jakarta. Ia memiliki penampilan yang menarik, cantik, selalu wangi, modis, penuh semangat, dan aktif di kampusnya. Suatu ketika, ia bertemu dengan seorang pria, dan tidak butuh waktu lama bagi mereka untuk memulai hubungan asmara. Hari demi hari mereka jalani dengan keindahan dan kemesraan yang membuat Shinta benar-benar jatuh hati pada pria ini. Mereka adalah pasangan yang sangat romantis.

https://preview.redd.it/bf5iv0kwyxtb1.jpg?width=1024&format=pjpg&auto=webp&s=2bb745ef2c64102d15417bfda51c94b42547cdd7
Namun, setelah beberapa lama berpacaran, pria itu mulai menunjukkan sisi buruknya. Ia menjadi mudah marah, seringkali kasar, dan selalu meminjam uang pribadi Shinta. Dia tidak bisa menolak semua permintaannya, cinta Shinta pada pria tersebut terlalu besar. Dia merasa terjebak dalam perasaan cinta buta kepada pria itu.
Hubungan mereka berubah menjadi rusak dan toxic, tetapi Shinta masih mencintai pria itu. Dia terus berharap, "Mungkin suatu hari nanti dia akan berubah, Gw harus bertahan dan membantunya." Shinta merasa terikat kepada pria tersebut. Istilahnya, dia sudah terlanjur "bucin," cinta mati kepada pria itu.
Namun, suatu ketika, Shinta dengan pahit menemukan sang pria berselingkuh. Perasaan sakit, sedih, dan kehancuran menghantui hidupnya. Itulah yang ada di benak Shinta pada saat itu. Sayangnya, dia tidak bisa berbagi beban tersebut dengan siapapun, termasuk keluarganya sendiri, karena pada saat itu Shinta juga tengah mengandung selama tiga bulan. Akhirnya, dia memutuskan untuk mengakhiri hidupnya dengan cara yang tragis, dengan menggantung diri di depan pintu kamarnya.
End.

So, dari cerita singkat sebuah keluarga diatas. Kesamaan kondisi apa yang terjadi? KEMELEKATAN, bingung, mahluk apa itu? baru dengar istilah tersebut? Ya, mari saya jelaskan secara singkat. Apa sih Kemelekatan itu?
Kemelekatan merupakan sebuah kondisi atau sesuatu yang terikat secara berlebihan.
- Ibu Nunik, terlalu terikat kepada uang dan kemewahan.
- Bapak Jody, terlalu terikat kepada tahta dan kekuasaan.
- Shinta, terlalu terikat kepada cinta yang berlebihan.
Perasaan atau sesuatu yang telah terjadi dalam cerita tersebut, adakah nilai ketuhananya? Jawabanya tidak. Terlalu bergantung atau berlebihan kepada hal duniawi akan membuatmu jauh dari sang sumber yang maha kuasa yaitu Tuhan.
Apakah Tuhan yang memberikan masalah-masalah yang terjadi pada keluarga itu? Jawabannya tidak, itu merupakan pilihan hidup masing-masing individu.
Jika hidup mereka dibumbui nilai Ketuhanan,
  • Bu Nunik dapat menjadi pribadi yang baik, dapat mengatur keuangan, peduli sesama dan keluarga.
  • Pak Jody dapat menjadi lebih bersyukur, bekerja secara jujur dan amanah.
  • Shinta dapat menjadi lebih berfikir kedepan, matang dan logis saat pertama pacaran dengan orang yang toxic, dapat lebih terbuka kepada keluarga, dan lebih bersyukur dengan kondisi yang serba berkecukupan dengan rupawan yang cantik. Siapa pria lain yang lebih baik akan menolak?
Pernah kah Tuhan melarang kamu berbuat ini dan itu secara langsung? Jawabannya Tidak, Bahkan Tuhan memberikan rasa ‘Free Will’ atau kebebasan kamu untuk memilih. Ingin menjadi Dokter, Penyanyi, Pemabuk, Penjudi, Atheis, Biksu, Biarawati, Ustad, Kiyai, Sopir, Maling, Mencuri, Berantem, Membunuh, Free Sex, Minum Alkohol, Makan Babi, Makan Ayam, Makan Pisang dll.
Kamu memilih jalan “Kanan” atau jalan “Kiri” Tuhan tidak akan mengintervensi itu. Semua pilihan ada ditangan mu. Kamu masih bisa merubah semua langkah dan keputusan selama kamu masih hidup, namun ketika nanti ajal sudah sampai padamu. Semua hal dan keputusan mu di dunia akan dinilai. Dan itu final, penyesalan atau kebahagianmu tidak bisa ulang. Jadi pikirkan baik-baik dengan kepala dingin dan matang setiap keputusan mu dan bumbui semuanya dengan rasa atau nilai Ketuhanan.
Contoh-contoh Nilai ketuhanan itu apa saja sih? Rasa sayang, rasa peduli, cinta kasih yang tidak berlebihan ke sesama mahluk hidup, ikhlas dan ridho dalam melakukan sesuatu, saling membantu, saling memaafkan, berdamai dengan diri sendiri, memelihara tumbuhan, menjaga alam, mengerti dan bersimpati kepada seseorang, memberi makan kucing, cinta damai, sayang orang tua, sayang anak, sayang keluarga, dll.
“Lalu bagaimana jika saya hidup lurus-lurus saja tapi ternyata saya di bully, saya dihina, dicaci, dilecehkan dan sebagainya?” Ingat ini, Tuhan ingin kamu bertumbuh. DIA akan memberikan beberapa ujian, seberapa bisa kamu menahannya dan berhasil. Selain itu, kita semua diberikan modal awal dalam hidup ini. Modal tersebut berbeda-beda setiap individu bisa berupa harta, keluarga, kecerdasan, bakat dalam musik, seni, menulis, melukis, berani, kuat, cantik, tampan dan sebagainya. Saat kita menghadapi kesulitan, kita harus menghadapinya dengan tekad untuk menghadapi tantangan (Face), berjuang untuk meraih keadilan atau perubahan (Fight), dan pada akhirnya, menerima kenyataan, meskipun itu sulit (Accept).
Tanamkan dalam piikiranmu, Tuhan tidak akan memberikan ujian lebih besar atau lebih berat dari yang kamu bisa tampung atau hadapi! Terlepas dari seberat apa pun ujian yang kita hadapi, dengan keyakinan dan tekad yang kuat, kita pasti mampu melewatinya. Ambil inspirasi dari kisah-kisah sukses individu yang telah menghadapi cobaan serupa, dan kamu akan menemukan bahwa mereka berhasil menciptakan hidup yang lebih baik. Meskipun perjalanan ini mungkin berat, itu akan membentuk kita menjadi pribadi yang lebih kuat dan bijaksana.

Perbedaan MASALAH & UJIAN
MASALAH, sudah pasti dibuat oleh kamu sendiri secara sadar atau tidak sadar. Contoh kecil; kamu menghardik seseorang dijalan dengan marah-marah karena membunyikan klakson, nambah deh masalah berujung kepada perkelahian, lalu nambah lagi deh masalah masuk BAP kepolisian. (Sederhananya kamu cukup menegurnya, terlepas dari dia mendengarkan atau tidak, kamu cukup lega untuk menegur dan kamu dapat +1 point lho dan orang itu menjadi -1. Sukur-sukur orang yang ditegur mendengarkan, kamu dapat +1 dan orang tersebut juga dapat +1). See, kamu gak akan dapat masalah bahkan dapat pahala.
UJIAN, Sudah pasti Alam yang memberikannya kepadamu. Tanpa ada angin tanpa ada hujan, tiba-tiba kamu dirampok misalnya. Cukup 3 hal Hadapi, Perjuangkan & Ikhlas.
Setiap orang memang memiliki perbedaan dalam hal sifat, perilaku, dan lingkungan. Setiap individu ditempatkan dalam kondisi yang unik dengan tujuan dan makna tertentu. Tuhan ingin kita belajar dan bertumbuh menjadi manusia yang lebih baik melalui ujian dan pengalaman. Dengan semua ujian yang diberikan, penting untuk tetap memiliki keyakinan bahwa asal kita Hadapi, Perjuangkan & Ikhlas, maka kita dapat melewati segala cobaan.
Tuhan, baik secara langsung maupun tidak langsung, selalu memberikan bantuan kepada kita melalui berbagai cara, terkadang melalui keputusan yang kita buat dengan kehendak bebas (free will) kita selama kita hidup di dunia ini. Tuhan selalu ada dan sayang kepada seluruh makhluk-Nya selama mereka tidak meninggalkan-Nya. Teruslah percaya dan berupaya untuk tumbuh dan belajar dari setiap pengalaman dalam hidup, karena inilah yang mungkin menjadi bagian dari rencana-Nya bagi kita.

Terimakasih.

------------------------------------
Autobiografi Saya

Side Effect
- Andy (Misteri Horror)
- Anto: Secangkir Kopi (Misteri)


submitted by DigitalChildish to indonesia [link] [comments]


2023.10.09 17:00 DigitalChildish Perjalan Hidup Seorang Gamer

Perjalan Hidup Seorang Gamer
Perkenalkan, namaku Irfan. Usiaku diakhir tigapuluhan mendekati empatpuluh tahun, Saya menikah dan mempunyai seorang putri yang cantik berumur 4 tahun. Dikehidupanku sejauh ini tak pernah mencapai kepemilikan rumah, mobil, motor, bahkan sepeda. Saat ini, saya berada dalam situasi tanpa pekerjaan tetap, dan saya sangat membutuhkan bantuan kalian. Namun, sebelum itu izinkan saya berbagi kisah hidup, semoga ceritaku memberikan penjelasan, inspirasi atau pelajaran hidup kepada banyak orang. Oh iya sebelum mulai, sedikit penjelasan ceritanya akan maju mudur dan pada angka-angka *1*,*2*,*3\*,dll dalam cerita merupakan titik point penting yang seharusnya saya fokuskan dalam hidup. Akan saya jelaskan di akhir cerita. Terimakasih.
Aku adalah anak keempat dari lima bersaudara. Di masa lalu dinegaraku, orang sering mengatakan, "banyak anak, banyak rejeki." Jika diartikan bahwa rejeki itu adalah materi, Tidak salah memang jika semua anak nya sukses, bagaimana jika tidak?
Dan Ini adalah kisah hidupku.

https://preview.redd.it/1j51llpgv6tb1.jpg?width=1024&format=pjpg&auto=webp&s=9b2f04b585c00579817aaa1353b5594770b4c505
Kami hidup dalam keluarga sederhana, bapak ku adalah seorang pegawai swasta di sebuah perusahaan asuransi dan ibuku merupakah ibu rumah tangga yang berhenti bekerja ketika menikah. Waktu kecilku penuh dengan energi yang meluap-luap, dari keisengan mengambil camilan dari warung tetangga lalu lari tanpa membayar, hingga pulang larut malam saat masih SD. Aku bahkan pernah mengambil celengan uang kakakku untuk jajan dan bahkan membakar sofa di teras rumah. Tapi, jangan ditiru ya, waktu itu aku masih sangat polos.
Meski begitu, aku adalah anak yang rajin. Aku sering membantu ibuku membersihkan rumah dan mencuci piring tanpa diminta. Aku juga mulai menunjukkan minatku dalam memperbaiki dan memodifikasi mainan elektronik agar terlihat lebih keren *1\* (Aku tertarik pada elektronik ketika pamanku berkunjung dan meperbaiki mobil-mobilanku yang rusak, dari situ aku baru tahu bahwa alat elektronik bisa diperbaiki dan tidak dibuang), yang membuat ibuku bangga padaku. Di sekolah, aku cukup cerdas dan pernah menduduki peringkat 1-3. Aku bahkan pernah mengikuti kompetisi cerdas cermat disekolah. Hanya dalam olahraga, aku selalu kesulitan karena tubuhku yang agak lemah. Aku selalu merasa pusing dan mual saat berolahraga. Guru-guruku sudah mengetahui kondisiku. Pelajaran favorit ku adalah matematika saat itu, ya betul matematika lho. Tapi saat itu.. sekarang? Sudahlah jangan ditanya, udah lupa berhitung saya, ada kalkulator bro.
Sekarang, izinkan aku bercerita tentang titik krusial dalam hidupku, pertemuan pertamaku dengan sesuatu yang disebut "Game" yang akan mengubah segalanya..

Episode 01: Pacarku ‘Dingdong’

Hari itu adalah hari Minggu yang tak terlupakan. Aku masih jelas mengingat saat itu, bapakku mengajakku naik motor Vespa-nya untuk pergi ke tukang cukur. Setelah cukuran selesai, giliran bapak yang harus dipangkas. Aku mulai merasa bosan dan memutuskan untuk keluar sebentar. Saat berjalan, aku melihat kerumunan orang yang sangat ramai, penasaran, aku mendekat.
Saat aku mendekati, aku melihat sejumlah besar layar berwarna-warni dengan gambar-gambar bergerak yang dikendalikan oleh orang-orang di sekitarnya. Aku bertanya-tanya, apa yang sedang terjadi di sana? Tiba-tiba, seseorang memasukkan koin ke dalam mesin, dan permainan dimulai. Ada yang berteriak, ada yang tertawa, bahkan ada yang terlihat marah. Aku tak bisa mengerti apa yang terjadi, tapi rasanya sangat seru dan penuh gairah. Ya, permainan ini disebut DINGDONG.

https://preview.redd.it/kx3ygys6w6tb1.jpg?width=1500&format=pjpg&auto=webp&s=21ce3d44f122fbb76fd172c14dfc7ac5b90e20b7
Tanpa berpikir panjang, aku berlari kembali ke tempat bapak dan memohon padanya untuk memberiku beberapa koin. Dengan senang hati, aku kembali ke mesin dingdong itu. Aku pun mencoba permainan itu, dan rasanya luar biasa! Itu adalah pengalaman pertamaku bermain game di mesin dingdong, dan aku tahu bahwa ini adalah awal dari sesuatu yang istimewa.
Hari-hari di tukang cukur menjadi saat yang selalu kutunggu-tunggu. Alasannya sederhana: itu adalah kesempatan bagiku untuk bertemu lagi dengan si 'game' ini. Bahkan ketika kami pergi berbelanja di daerah sana, aku selalu lari ke tempat dingdong itu. Walaupun aku hanya seorang anak SD ketika pertama kali bertemu dengan 'game' ini (ya, aku masih kecil), aku akhirnya tahu cara menuju ke sana sendiri.
Kadang, jika aku memiliki sedikit uang ekstra setelah pulang sekolah, aku akan mampir ke sana. Rasanya seperti pacaran, karena aku selalu bertemu dengan si 'game' ini. Pernah suatu hari, ketika aku mendapatkan uang tabungan sekolahku, aku langsung pergi ke sana setelah sekolah dan bermain sampai malam. Hingga akhirnya pulang kerumah, Mama sangat marah menungguku di pintu depan. "Kemana kamu malam-malam baru pulang? Mama cari kamu di sekolah, Kakak cari ke teman-teman kamu tidak ada. Mama sangat khawatir!" katanya.
Aku menjawab, "Aku pergi ke tempat dingdong, mama." Mama bertanya “Main Dingdong?! Sampai malam gini? dari mana uang nya?!” Aku mengaku bahwa uang itu berasal dari tabungan sekolah yang telah dibagikan. Aku hanya menyisakan sedikit dan kuberikan pada mama. Mama hanya menghela nafas dan memelukku erat. "Apakah kamu sudah makan?" tanyanya. Aku menjawab belum, dan dia mengatakan, "Ayo, segera mandi, dan kemudian kita makan malam." Dalam hatiku, aku tahu bahwa mama tidak begitu marah padaku. Dia hanya panik dan sangat mencintai anaknya.
Setelah mandi, aku menemukan bahwa bapak telah pulang kerja. Dia berdiri tegap dan menatapku. Aku terkejut dan ketakutan. Aku berpikir, "Wah, pasti bapak sangat marah padaku sekarang." Namun, akhirnya, bapak hanya berkata, "Hei, kemana kamu pergi? Haha, luar biasa, anak SD yang baru pulang malam. Lihat mama, dia sangat khawatir." Aku kaget karena bapak tidak marah. Dia memberiku banyak nasihat pada malam itu. Singkat cerita karena kebebalanku, keluargaku sekarang tahu bahwa jika aku pulang terlambat, aku pasti ada di tempat dingdong itu, dan mereka selalu datang menjemputku.

Episode 02: Nintendo

Suatu hari, keluargaku pergi ke sebuah supermarket bernama HERO. Ketika kami berada di sana, mataku tertuju pada sebuah mesin kecil yang terpajang di bagian penjualan mainan. Mesin itu berbentuk kotak, dengan sesuatu yang menancap di atasnya (yang akhirnya aku tahu itu adalah kaset game), dan ada kabel yang menjulur keluar. Di ujung kabel, ada kotak kecil yang tipis dengan tombol kontrol (stick). Kabel itu terhubung ke televisi 14 inci, di mana ada gambar karakter yang unik dan lucu, yaitu Mario Bros. Itu adalah pertama kalinya aku melihat sebuah konsol game yang bernama Nintendo. Aku mulai berpikir, "Wow, jika aku punya ini, aku tidak perlu lagi pergi ke tempat dingdong. Aku bisa bermain sepuasnya di rumah tanpa perlu koin." Aku meminta kepada orang tuaku, tetapi mereka mengingatkan bahwa masih banyak kebutuhan dan prioritas keluarga yang harus dipenuhi selain dari mesin Nintendo ini.

https://preview.redd.it/8r1571tnw6tb1.jpg?width=1024&format=pjpg&auto=webp&s=87f4274c19bf65c6f9686f2e70ff8bd6b2257e78
Setiap kali kami berbelanja di HERO, aku selalu berlari dan berhenti sejenak untuk melihat benda kecil yang menakjubkan ini bersama kakak pertamaku. Izinkan aku memperkenalkannya, dia adalah kakakku yang pertama dan saya panggil AA sifatnya agak eksentrik dan sering terlihat aneh. Dia sebenarnya pendiam dan juga bisa galak terkadang, tapi kami cukup dekat ketika kami masih kecil. Dia sering mengajakku bermain di lapangan besar belakang rumah kami, seperti bermain layangan dan mencoba kegiatan ekstrem seperti menjelajah jalan di bukit yang tinggi dan curam, berenang di sungai, dan bahkan suatu kali ketika kami menemukan beberapa orang sedang membersihkan saluran air di bawah jembatan, kami berdua memutuskan untuk "bersedekah" dengan membuang tai kami di sana. Aneh dan kocak, kan? Haha. (Jika Diingat-ingat Bahkan ketika SMP aku pernah menemukan koleksi foto-foto cewe sexy di koper belakang ketika sedang beres-beres. Dan itu ternyata milik kakak pertamaku dia ngamuk dan marah besar sampai memukul kepalaku ketika itu, ya aku nangis mengadu pada mama haha)
Meskipun kadang-kadang dia bisa sangat aneh dan kami sering meributkan hal kecil, dia tetaplah kakak pertamaku yang terbaik. Dia selalu membelaku, bahkan pada suatu hari ketika aku diledek oleh anak-anak dari kampung sebelah. Kakakku datang dan membela aku. Dia juga mencariku ketika aku tak pulang ke rumah pada sore hari karena aku duduk menangis saat layanganku robek oleh anak nakal lain.
Terlepas dari semua keanehan dan insiden lucu yang kami alami, dia tetaplah kakak yang sangat berarti bagi hidupku.
Oh, aku lupa menceritakan tentang orang tua kami. Mama adalah sosok ibu yang luar biasa, mungkin yang terbaik sepanjang masa. Beliau selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk kami, anak-anaknya. Mama adalah sosok yang penuh kreativitas. Masa muda mama selalu penuh petualangan, bepergian ke berbagai tempat, mengikuti seminar di kota ini, belajar di kota itu. Mama adalah tipe yang sangat ekstrovert, suka berbicara banyak, dan selalu membanggakan silsilah keluarga "darah biru"nya (setidaknya itu yang dikatakannya). Mama tak pernah berhenti bekerja, hingga suatu hari, di tempat kerjanya, dia bertemu dengan seorang pria muda. Ya, pria itu adalah bapakku sekarang. Saat itu, dia adalah anak buah mama. Seiring berjalannya waktu, mereka menjalin kasih dan akhirnya menikah. Mama berhenti bekerja saat hamil, dan posisinya di kantor digantikan oleh bapak. Mama mengandung anak pertama (yang sayangnya tidak berhasil bertahan di dunia ini, entah karena keguguran atau meninggal saat lahir, aku lupa). Kalau dihitung-hitung, jumlah anak mama jika masih hidup bisa mencapai 7 orang, tapi yang dua di antaranya meninggal. Semoga mereka menjadi bekal di akhirat, seperti yang dikatakan orang bahwa memiliki anak yang meninggal saat baru lahir adalah jaminan surga bagi ibunya. Karena si anak menunggu mamanya di surga kelak. Aamiin.
Dulu, keuangan keluarga kami cukup baik. Bahkan kami mampu menyekolahkan adik-adik bapak hingga mereka lulus dan berhasil. Keluarga bapak sering menginap dan meminta bantuan kepada keluarga kami saat itu. *2\* Mama pernah menjalankan bisnis konveksi kain dan baju, dan bahkan mencoba berjualan ikan asin, Kue-kue, Kerupuk buatan sendiri dengan menawarkannya kepada tetangga-tetangga. Mama benar-benar akrab dengan para tetangga dan sering menjadi biang tukang gosip di lingkungan kami, seperti halnya ibu-ibu pada umumnya.
Bapak adalah sosok yang baik, perhatian, dan sangat menyayangi anak-anaknya. Namun, beliau jarang bicara panjang lebar. Dan nanti Bapak melakukan kesalahan besar yang sangat-sangat fatal.
Ketika aku berada di depan konsol Nintendo di HERO, tiba-tiba bapak dan mama mendekatiku. Mereka bertanya, "Kamu ingin ini? Ranking 1 dahulu, nanti akan kami belikan untukmu." Rasanya seperti dunia berubah menjadi indah, hanya ada aku bersama konsol Nintendo ini, tidak ada yang lain. Aku bertekad dalam hati, "Nintendo, kita akan bersama suatu hari nanti. Aku akan menunggumu." Itu adalah secercah harapan bagiku untuk memiliki konsol game tersebut.

Episode 03: GIMBOT

Hari, bulan, dan tahun pun berlalu. Rankingku di kelas hanya berkisar antara 2 hingga 5, belum pernah mencapai ranking 1. Namun, suatu hari, bapak mengajakku ke sebuah toko jam. Kami naik Vespa, dan aku berdiri di depannya. Bapak selalu melindungi bagian dadaku dengan satu tangan, sambil berkata, "Kamu jangan sampai masuk angin, ya. Bapak akan menjagamu." Kami melaju pelan sambil menikmati angin sore, dan aku melihat pemandangan yang masih sangat hijau dan asri saat itu. Itu adalah momen yang masih aku ingat hingga sekarang.

https://preview.redd.it/7jn6rwgpx6tb1.png?width=320&format=png&auto=webp&s=ccb567f85ba7c36ba112fb0e3627dc3e84868ae5
Akhirnya, kami sampai di toko jam, dan bapak mulai bertanya-tanya kepada penjualnya. Aku melihat ada sesuatu yang menarik di laci berkaca di depan toko itu. Apa itu? Sebuah kotak kecil hitam dengan layar di dalamnya. Ya, itulah yang disebut Game Watch, atau yang kami sebut Gimbot. Di sekolah, aku sering bermain dengan perangkat ini. Ada abang-abang yang menyewakan berbagai versi Gimbot, ada yang seperti teropong dengan gambar animasi, ada yang bertema koboi, ada permainan ular, ada bola, ada mobil, ada motor, dan masih banyak lagi. Kami cukup membayar 25 atau 50 perak, aku lupa pastinya, dan bisa bermain beberapa menit saja. Abang-abangnya sering mengingatkan, "Sudah, waktu habis, ayo selesai." Terkadang, aku memohon, "Boleh bonus, bang? Kan aku sering main." Karena abangnya mengenal aku, dia sering memberiku bonus bermain lebih lama. Kembali Ketika aku melihat Gimbot dilaci berkaca tersebut dengan mata berbinar, aku tahu itu adalah versi Tetris dengan banyak mode permainan di dalamnya.
Ketika kami pulang, bapak menyodorkan sebuah plastik hitam ke padaku. Didalam plastik itu ternyata ada Gimbot tersebut. Aku terkejut. Wah, dengan senang hati, aku menerimanya. Bapak telah membelikan konsol ini untukku! Aku merasa sangat senang, bahkan ketika kami akan naik motor, aku tak henti-hentinya bermain dengan tombol Gimbot ini. "Eh, sudah, nanti mainnya di rumah!" kata bapak. Aku hanya tertawa senang. Hari itu sangat indah bagiku.

Episode 04: Pentas

Kehidupanku di SD sangat menarik, dan aku sangat mengingat semua hal-hal baru yang terjadi dengan sangat jelas. Pada kelas 4 SD, aku dan temanku yang duduk di sebelahku begitu populer di kelas, meskipun entah kenapa. Sangat jelas dan teringat, nama temanku yang duduk di sebelahku adalah Niar, dia adalah seorang cowok. Meskipun dia sedikit pendiam, namun pandangan teman-temannya selalu menganggapnya keren dan menarik, bahkan menurutku dia terlihat seperti orang yang sangat kaya. Aku bahkan pernah diajak ke rumahnya.
Di rumahnya, aku disuguhi dengan roti yang begitu enak, itu adalah pertama kalinya aku mencicipi sesuatu yang begitu lezat. Ibunya sepertinya sangat memanjakannya, dan dia hanya memiliki seorang kakak. Ada berbagai camilan lain seperti kue dan permen. Aku sangat lahap saat makan roti tersebut, sementara Niar hanya memandanginya di piringnya tanpa menyentuhnya. Namun, di rumahku, makanan atau minuman tidak pernah tersisa. Dalam keluarga kami yang memiliki banyak anak, camilan selalu menjadi rebutan, dan kami sering berdebat bahkan tentang wadah makanan atau gelas minuman. Kami bahkan sampai menggunakan gelas yang sama setiap kalinya secara otomatis meskipun tidak ada nama-nama pemiliknya.
Oh, iya, saat itu kami masih berempat bersaudara, adikku yang paling bungsu belum lahir. Kembali ke rumah Niar, sedikit cerita dengannya, dia mengatakan bahwa dia akan pindah ke Bandung. Aku lahir di Bandung, jadi aku berharap bahwa suatu saat nanti jika aku kembali ke Bandung, kami bisa bertemu lagi. Kami berjanji seperti anak kecil biasanya, tetapi tentu saja kami tidak memiliki nomor telepon satu sama lain saat itu. Itu hanyalah janji anak kecil semata.
Di kelas, ada juga seorang gadis yang menarik perhatianku, namanya dipanggil Yeyi. Dia berkacamata, pintar, cukup cantik, dan rambutnya sedikit ikal. Dia juga anak dari ibu wali kelas kami. Entah apa yang terjadi di kelas pada hari itu, tetapi semua gadis di kelas mulai bertingkah aneh dan lucu. Mereka tiba-tiba membuka rok mereka di depan kami berdua, aku dan Niar. Aku kaget dan bingung, tidak tahu apa yang sedang terjadi. Mereka semua tertawa-tawa. Aku merasa malu dan menutup mataku. Yang anehnya, Yeyi juga ikut-ikutan melakukan hal yang sama di depanku. Kami semua hanya tertawa-tawa. Itu adalah hari yang sangat aneh, absurd dan lucu bagiku, tapi juga sangat berkesan.
Suatu hari, Bu guru wali kelas kami mengumumkan bahwa akan ada acara panggung pentas perpisahan untuk kelas 6. Setiap kelas harus memberikan pertunjukan atau penampilan, biasanya berupa nyanyian atau tarian. Bu guru bertanya, "Ada yang punya ide lain atau siapa yang ingin ikut?" Entah mengapa, aku tiba-tiba mengacungkan tangan dan mengajukan diri. Aku berkata, "Aku ingin membuat pertunjukan komedi, Bu!" Yang lainnya bengong dan terkejut. Aku hanya merasa punya ide tersebut karena kami adalah kelas yang selalu kocak. Ada teman bernama Mbleh, dia selalu punya ingus di hidungnya. Muka dan ekspresinya lucu dan sering membuat kami tertawa. Aku lupa detailnya, tapi intinya ide cerita komedi kami berasal dari Mbleh dan teman-teman yang lain. Saat itu, aku masih kelas 4 SD, jadi mungkin komedinya belum terlalu lucu, haha.

https://preview.redd.it/8u03rodkf7tb1.jpg?width=1024&format=pjpg&auto=webp&s=3e2d65e1c0d2920598d1566163b9eefebff4d4bc
Setiap hari kami berlatih bermain komedi *3\*, dan akhirnya saat pentas tiba. Kami dipanggil ke atas panggung oleh pembawa acara, dan semua orang melihat ke arah kami. Kami terlihat mencolok karena kami adalah satu-satunya yang tampil beda, mengenakan peci dan sarung ala orang Sunda, dan akan melakukan pertunjukan komedi. Hal ini sangat jarang terjadi. Aku ingat inti cerita kami adalah bahwa kami sedang berkumpul, dan tiba-tiba terdengar suara aneh. Mbleh berkata, "Ini nih, ini nih!" sambil menunjuk ke arah pantatnya sambil menungging, lalu tiba-tiba dia kentut besar, dan kami semua terhempas. Semua penonton tertawa terbahak-bahak. Pertunjukan pun berakhir, dan kami semua mendapatkan uang masing-masing sebesar 500 perak dari Bu guru wali kelas. Itu adalah pengalaman pertama kali aku tampil di depan umum, dan sangat berkesan.

Episode 05: Bisnis

Setiap hari, mamaku selalu memberikan uang jajan pas-pasan kepada kami, dan mamaku adalah seorang ahli dalam mengelola keuangan dan membaginya dengan bijak. Karena hal ini, kakakku yang kedua memberikan ide untuk meningkatkan uang jajan kami dengan cara yang kreatif, yaitu dengan menyewakan komik. Mari perkenalkan kakakku yang kedua yang saya panggil Teteh. Dia adalah seorang perempuan tangguh dan penyabar, meskipun dia pendiam, dia selalu bijaksana dan penuh wibawa di mataku. Walaupun aku sering menggodanya, dia hanya akan marah sesaat dan kemudian menjadi seperti biasa lagi. Entah apakah dia masih mengingatnya atau tidak, tapi dia yang pertama kali mengajarkan aku tentang bisnis.*4\*

https://preview.redd.it/krn5p6c6g7tb1.jpg?width=1024&format=pjpg&auto=webp&s=18e438d739ade629d566070fb22b4a13ae771b85
Kami berempat, termasuk kakakku yang pertama dan ketiga, berpartisipasi dengan membantu membawa buku-buku dan komik-komik ke sebuah lapangan yang disebut Lapangan Merdeka. Saat itu bulan puasa dan sore-sore selalu ramai di sana, dengan banyak penjual makanan, minuman, dan berbagai barang di acara tersebut. Kami membawa buku-buku bacaan cerita dan komik-komik yang kami miliki untuk disewakan di sana. Aku tidak tahu sebelumnya bahwa komik & buku bisa disewakan, dan ini sangat mengejutkan bagiku. Wow, lumayan banyak yang menyewa buku-buku kami, mereka duduk di tikar sambil menunggu waktu berbuka puasa. Bagi saya, saat itu adalah pengalaman yang sangat menyenangkan dan hal baru.

Episode 06: Lil Brother

Tahun itu adalah tahun yang penuh kebahagiaan. Mama telah mengandung selama hampir 9 bulan. Ya, adikku yang akan menjadi yang termuda akan segera lahir pada tahun ini. Aku, yang sekarang berstatus sebagai anak bungsu, akan segera memberikan tahtaku sebagai anak bungsu kepada adikku yang akan segera dilahirkan. Sebagai anak bungsu, ada banyak keuntungan, seperti mendapatkan perhatian lebih, dimanja, dan perlindungan ekstra. Meskipun aku tidak bisa mengingat dengan jelas apa saja manfaat yang aku nikmati saat itu, satu hal yang pasti, itu adalah momen yang sangat berharga.
Ketika malam menjelang kelahiran adikku, bapakku terlihat gelisah, bolak-balik antara rumah dan rumah sakit. Seakan-akan dia khawatir tentang kami yang tinggal di rumah, sementara juga khawatir pada mama yang berada di rumah sakit. Pada satu malam, aku terbangun ketika bapakku kembali dengan membawa selimut dan pakaian dari lemari. Dia memberitahuku, "Mama akan melahirkan, jagalah dirimu baik-baik di rumah bersama kakak-kakakmu." Aku hanya mengangguk dan kembali tidur. Pagi harinya, bapakku sudah berada di rumah dengan senyum bahagia di wajahnya. Dia memberitahu kami bahwa adikku telah lahir, seorang bayi laki-laki yang sehat. Inilah adikku anggota yang kelima, sainganku dalam mencari perhatian di rumah (hehe).

https://preview.redd.it/8orww639g7tb1.jpg?width=1024&format=pjpg&auto=webp&s=e44bac656fb92b17c5dbf697b8d445d5419ad38c
Aku sering berbagi makanan kecil dengan adikku ini. Kalau dia memiliki makanan ringan, aku sering berada di sekitarnya dan berusaha baik-baik saja agar dia mau berbagi makanannya (hehe). Tingkahnya sungguh lucu; ketika dia harus buang air besar, dia akan berlari ke sudut dan teriak, "Ee eek eeek!!!" Kami semua tahu bahwa itu adalah tanda bahwa dia harus buang air besar.
Ketika dia masih kecil, kulitnya sangat putih, dia tampak sangat ganteng dan lucu. Banyak orang yang ingin menggendongnya karena pesonanya yang menggemaskan. Ketika dia tumbuh besar saya selalu memanggilnya Jony, dia selalu mengikuti jejakku. Apakah itu dalam hal bermain musik, gaya berpakaian, atau bahkan selera musikku. Bahkan dia juga suka bermain game sama seperti aku. Kami memiliki banyak kesamaan dan hubungan yang erat sebagai saudara.
Setiap hari dan bulan berlalu dengan lancar, kakek dan nenek sering datang ke rumah. Mama selalu menceritakan kepada mereka dan bangga padaku karena sering membantu di rumah dan merawat adik bayi. Hidupku masih berjalan normal seperti biasanya.

Episode 07: The Crack

Tahun demi tahun berlalu, dan akhirnya, pada kenaikan ke kelas 6, aku berhasil meraih peringkat pertama. Sungguh, ini adalah momen yang selama ini telah kusimpan dan kutunggu-tunggu. Akhirnya, “pacar pertamaku”, tunggulah aku! Dengan senang dan penuh kebahagiaan, aku menagih janji pada mama. “Ma, aku ranking satu lho. Asik hadiah nya mana?” Mama hanya tersenyum dan mengiyakan.
https://preview.redd.it/hq9d3mnkg7tb1.jpg?width=1024&format=pjpg&auto=webp&s=5799a156154699e7fc7a0ecc32ed0f6c96099caa
Namun, ada yang berbeda pada mama. Sejak beberapa tahun sebelumnya, ada ketidakharmonisan dalam hubungan dikeluarga. Mama dan bapak sering bertengkar hebat, bahkan kami seringkali pindah-pindah rumah kontrakan untuk menghindari omongan tidak enak dari tetangga. Kami tinggal di kota ini dalam kondisi menyewa. Sebelumnya, kami memiliki rumah di Bandung, namun bapak dipindahkan untuk bekerja di kota ini saat aku masih duduk di kelas 1 SD. Rumah di Bandung kami kontrakan kepada orang lain. Terdapat rumor bahwa bapak terlibat dalam hubungan dengan seorang wanita rekan kerjanya di kantor. Akhirnya, mama memutuskan untuk kembali ke Bandung. Kami kembali ke rumah lama yang pernah kami tinggali saat aku masih berada di TK.
Waktu saya masih TK, kompleks perumahan tempat tinggal saya belum begitu ramai, jadi apa yang kami lakukan tidak akan dilihat orang banyak. Saat itu, saya diajak bermain oleh teman-teman saya, dan kami melihat ada warung yang sepi dengan snack Chiki terpajang jelas di sana. Teman-teman saya mengajak saya untuk mengambilnya, dan karena saya masih kecil dan ikut-ikutan, saya pun mengambil Chiki dan kabur bersama mereka. Kami berlari ke belakang rumah yang tidak berpenghuni dan tertawa-tawa sambil menikmati Chiki hasil rampasan itu. Maafkan saya, pada saat itu, saya tidak tahu bahwa itu dilarang. Saya masih TK dan hanya mengikuti teman-teman. Oh iya, saya ingat, saya pernah bilang membakar sofa, kan? Gini ceritanya, waktu itu di rumah sedang ada tamu Mama, mereka sedang berbincang di ruang depan. Saya sendirian, merasa bosan, karena semua kakak-kakak saya sedang sekolah. Ketika saya duduk di teras depan yang memiliki sofa, saya mendengar suara cicit-cicit yang aneh. Saya melihat ke dalam celah-celah sofa, mencoba mencari tahu apa yang ada di sana. Mungkin itu tikus? Ah, saya akan menembakinya dengan senjata racikan saya (ini bukan senjata nyata, hanya dua batang korek api yang saya tempelkan dan balut dengan kertas rokok, saya diajari kakak pertama mengenai ini).
"Pasti ada tikus, kecoa, atau makhluk-makhluk aneh di dalam sini," pikir saya yang saat itu masih TK. Tanpa berpikir panjang, saya menyalakan korek api dan menembakinya: cuw cuww cuuuwww... Api masuk ke dalam celah sofa, dan tiba-tiba api tersebut mulai membesar. Insting saya mengatakan bahwa ini semakin serius dan harus segera dipadamkan. Saya mengambil gayung kecil yang ada di taman, mengambil air dari kolam ikan di depan rumah. Saya bolak-balik beberapa kali mengambil air.
Mama melihat saya bolak-balik dan mendekati, bertanya, "Hei, Ipan, apa yang sedang kamu lakukan? Kenapa bolak-balik seperti itu?"
"Astagaaa! Apa ini? Tolong, ini kebakaran!!!" Mama melihat api yang telah membesar di sofa. Untungnya, ada seorang tukang ojek yang sedang lewat dan memanggil temannya yang sedang nongkrong.
"Wah, ini kebakaran!!" akhirnya sofa berhasil diangkat keluar dengan cepat ke jalan. Beruntungnya, api belum menjalar ke atas plafon. Kebakaran pun berhasil dipadamkan di tengah jalan. Mama menggendong saya saat itu. Banyak orang yang ikut berkerumun. Aneh, ya, kok saya masih mengingat detail peristiwa itu. Haha.
Tindakan nakal lainnya juga dipengaruhi oleh teman dan lingkungan bermain. Saya bahkan pernah mengambil uang koin dari celengan kakak saya yang ketiga untuk jajan. Perkenalkan, kakak perempuan ketiga saya cukup pemberani dan keras kepala tapi mudah ditipu dan dijahili, saya memanggilnya Wie. Dia sering menjadi target jahil saya, dan kami sering bertengkar karena hal-hal remeh. Salah satunya, saya pernah mengatakan kepadanya, "Nih, rasakan aku kasih kutu!" Saya pura-pura mengambil kutu di rambut saya dan melemparkannya ke kepalanya, dan dia teriak histeris, "Ada kutu di rambut! Gara-gara si Ipon!" (Kami punya panggilan ejek sendiri, saya dipanggil Ipon). Sampai-sampai dia menangis dan mengadu kepada mama. Meskipun kami sering bertengkar ketika kecil, kakak ketiga saya selalu peduli padaku.
Suatu hari, saya melihat topeng kura-kura ninja di sekolahnya ketika berkunjung ke sana. Kakak saya mungkin melihat itu. Esok harinya, ketika dia pulang sekolah, dia tiba-tiba muncul dan membuat saya kaget dengan berpura-pura menjadi kura-kura ninja. Dia berkata, "Taraaa!" sambil memakai topeng kura-kura ninja yang sudah dia belikan. Saya sangat senang ketika itu. Apapun yang terjadi, kami tetap keluarga yang saling menyayangi dan saling mengerti.
Secara singkat, kami semua pindah kembali ke Bandung. Bapak tetap di kota tersebut dan bekerja di sana. Beliau hanya bisa pulang ke Bandung setiap seminggu sekali, atau bahkan dua minggu sekali. Dari saat itu, aku mulai merasa kehilangan sosok bapak dalam kehidupan sehari-hari kami. Oh, dan selama perpindahan itu, impianku untuk memiliki Nintendo pun sirna.

Episode 08: Homie

Di kota baru ini, dimulailah babak baru dalam kehidupanku. Aku dilahirkan di Bandung, kemudian sempat hijrah ke kota lain, tetapi akhirnya kami kembali ke Bandung. Saya pindah ke sini pada pertengahan kelas 6, dan tentu saja saya merasa tertinggal dalam pelajaran. Isi pelajarannya terasa berbeda atau mungkin saya yang belum terbiasa. Di kota sebelumnya, kami diajarkan untuk tidak menyontek dan bekerja sama saat ujian, tetapi di sini, teman-teman sering membantu satu sama lain saat ujian. Saya merasa hal ini cukup menarik.
Di sekolah ini, saya menjadi dekat dengan Ryan dan Agung, dua teman yang cukup berada. Terutama Agung, dia suka membelikan saya jajanan. Aku sering berkunjung ke rumah Ryan saat itu, karena di rumahnya ada konsol SEGA. Ini adalah konsol game terbaru di zamannya.

https://preview.redd.it/lzixs6gobdtb1.png?width=1200&format=png&auto=webp&s=ce860a35bb84a95e4492299e5a0c33775c3796d2
Sungguh, saya sangat senang saat pertama kali mencoba bermain konsol baru Sega ini. Konsol ini jauh lebih canggih dibandingkan dengan Nintendo. Setiap kali saya berkunjung ke rumah Ryan, kami selalu asyik bermain sampai sore bahkan kadang hingga malam jika orang tuanya tidak ada di rumah. Salah satu permainan yang paling kita sukai adalah Mortal Kombat. Kita selalu mencoba gerakan dan jurus-jurus baru dalam permainan ini, bahkan mencari panduan gerakan di sebuah kolom game dalam majalah remaja yang bernama "Fantasi." Majalah itu adalah salah satu bacaan favorit kami selain majalah "Bobo." Bagi mereka yang mengalami masa itu, pasti tahu tentang majalah "Fantasi" ini.

https://preview.redd.it/5e84rdd4bdtb1.jpg?width=448&format=pjpg&auto=webp&s=a0864219a3bac074c47dcc13fade74a2ef16d86d
Kembali ke masa SD di sekolah ini, ternyata beberapa artis dan penyanyi pernah bersekolah di sini, loh. Salah satunya, ada yang sekelas denganku, namanya Widya Saputra (Trio Laris). Mungkin dia tidak mengenaliku, sih, karena saya baru masuk tahun itu, haha. Selain itu, ada juga artis cilik yang bermain di sinetron atau film, Indra namanya, kalau tidak salah. Oh ya, di kelas saya juga pernah menyaksikan situasi yang mirip dengan kasus bullying, meskipun tidak secara langsung. Korban adalah siswi pintar yang selalu meraih juara dan peringkat teratas. Sayangnya, teman-teman sering menggodanya dengan menyebutkan masalah bau badan, seperti bau ketek. Ini sangat membuat saya merasa sedih. Di sekolah SD saya yang sebelumnya, saya juga pernah melihat situasi serupa, bahkan ada anak yang sampai harus pindah sekolah. Ya, begitulah, dunia sekolah bisa menjadi tempat yang cukup sulit untuk beberapa orang.
Kembali ke cerita di kota ini, tahukah kamu? Di sini ada mesin permainan 'dingdong', dan itu berlokasi sangat dekat dengan sekolahku. Setiap kali ada ekstrakurikuler, saya sering mampir ke tempat dingdong, dan Ryan tahu tempat di mana saya berada. Dia suka menjemput saya, "Hei, kamu dicari oleh guru, malah main ke sini lagi." Saya hanya tertawa, saya begitu menyukai permainan game ini. Kami bertiga sering bermain bersama, baik itu renang bersama, bermain game bersama, dan sebagainya. Bahkan ketika kami lulus SD dan akan masuk ke SMP, Ryan masih sering menghubungi saya, mengajak saya bermain di sana-sini. Sayangnya, saya jarang meresponsnya. *5\*

Episode 09: Finally on my Hand

Libur panjang menuju SMP pun tiba.Saya telah lulus dari SD dengan peringkat pertama "dari belakang" Haha. Waktu itu, ujian masih bernama EBTANAS, dan saya meraih nilai NEM yang cukup lumayan. Saya, Ryan, dan Agung akan bersekolah di SMP yang berbeda. Meskipun pertemanan kami singkat, itu adalah momen yang selalu saya ingat.
Cerita masa liburan sekolah ini sungguh menghadirkan rasa campur aduk, saya menderita sekaligus senang. Waktu itu, orang tua saya membawa saya pergi ke suatu tempat yang menarik. Saat keluar dari mobil, saya melihat banyak anak yang mengenakan sarung, tapi ada yang aneh disini. Kenapa ya sarungnya kelihatan berbeda? Ternyata, kejutan yang tak terduga menanti. *Jreng! Saya dibawa untuk menjalani sunat. Itulah yang membuat sarung mereka menonjol, karena mereka memakai pelindung setelah sunat.
Meskipun sebelumnya sudah ada pembicaraan tentang ini, saya tidak menyangka hari itu waktunya. Meski ada perasaan takut dan ragu, tekad yang kuat mendampingi saya. Bapak berjanji akan membelikan saya sebuah Nintendo sebagai hadiah nanti.
Sekadar info buat teman-teman yang belum pernah mengalami sunat, jangan terlalu khawatir lho ya. Awalnya hanya ada sedikit rasa sakit ketika disuntik sebelum proses “penjagalan”, tapi ketika proses berlangsung, rasanya tidak terlalu sakit. Dan sensasi sakit akan terasa setelah beberapa jam disunat, berjalan harus pelan-pelan sekali, tidur harus telentang, dan ketika kencing muncrat kemana-mana. Haha!

https://preview.redd.it/ijglm1oabdtb1.jpg?width=968&format=pjpg&auto=webp&s=cebaa179cdfe168fbe73b8988f710dd210d7ab14
Di sinilah hadiah yang selalu saya nantikan akhirnya tiba. Bapak membeli Sebuah konsol Nintendo hadir lengkap dengan TV 14 inci terbaru untuk menemani hari-hari saya setelah disunat. Akhirnya! Setiap hari, saya bermain game Nintendo ini, hingga banyak judul game yang telah saya tamatkan, dan saya senang bertukar kaset game Nintendo dengan teman-teman lainnya. Bahkan, saya rela mencoba game berbahasa Jepang, yang akhirnya membuat saya tertarik untuk belajar bahasa Jepang. Saya meminta kepada orang tua saya untuk membelikan saya kamus bahasa Jepang. Tanpa berpikir panjang, mereka membelikan saya kamus tebal yang berisi huruf katakana dan hiragana. *6\* Mungkin ini adalah langkah positif yang membuat saya langsung tertarik untuk mempelajari bahasa Jepang. Dari situlah, saya mulai memahami sedikit tentang huruf-huruf Jepang. Ketika memainkan game Tsubasa, motivasi saya untuk belajar bahasa Jepang semakin bertambah.
Singkat Cerita, saatnya saya masuk sekolah baru, Mama memberi tahu guru agar tidak terlalu keras selama ospek karena saya baru saja menjalani sunat. Duh, rasanya malu, saya sudah besar baru disunat, dan dibicarakan kepada orang lain. Tapi itulah mamah.
Bersambung...
Lanjut Part 02 disini yah.

Support Penulis, Untuk beli susu anak gan. Disini atau Disini. Terimakasih
Saya butuh bantuan teman-teman semua jika berkenan:
Mohon maaf sebelumnya, saat ini saya dalam situasi kesulitan finansial. Jika anda atau ada teman sanak saudara yang membutuhkan jasa service, Translate, Transkrip Audio/Video atau butuh membuat Subtitle untuk sebuah video, podcast, wawancara dll. Silahkan kontak saya langsung. Mohon infokan kepada teman-teman anda jika berkenan, terimakasih.
--------------------
Side Effect
- Andy (Misteri Horror)
- Kemelekatan (Inspirasi)
- Anto: Secangkir Kopi (Misteri)

submitted by DigitalChildish to indonesia [link] [comments]


2023.10.06 08:42 todasun Typo dikit ga ngaruh (ngenyot) 😂

Typo dikit ga ngaruh (ngenyot) 😂 submitted by todasun to indonesia [link] [comments]


2023.10.04 02:58 antiphising MERAKTOTO SITUS PENIPU SITUS PHING MERAKTOTO SITUS TIDAK JUJUR

MERAKTOTO SITUS PENIPU SITUS PHING MERAKTOTO SITUS TIDAK JUJUR
MERAKTOTO SITUS JUDI ONLINE PENIPU, DEPOSIT MASUK WITHDRAW KECIL ATAUPUN BESAR GAAKAN DIBAYAR
Hati Hati Dengan Situs MERAKTOTO Penipu Selaku Programmer yang ahli di bidang situs judi online, saya mengumpulkan beberapa bukti data yang berhubungan dengan aksi penipuan oleh situs MERAKTOTO . Sudah banyak member pecinta judi online yang ditipu oleh situs nuswon penipu satu ini. Alangkah baiknya untuk para pecinta slot online tidak bermain di situs tersebut.
Data Member Yang Sudah Tertipu di MERAKTOTO Kami selaku pihak netral pastinya memberikan informasi yang sesuai dengan realita dan fakta, berkas data yang dikirimkan oleh korban dari situs penipu tersebut. Memastikan artikel yang kami posting bukanlah sebarangan data. Melainkan ada bukti kuat yang kami lampirkan di konten halaman tersebut. Berikut id yang telah merasa di tipu MERAKTOTO PENIPU :
Kecoaterbang : Wd Rp 50.000 tidak di bales sama lc nya njing !
maxwin88 : Wd di cancel disuruh depo dulu baru bisa wd abis itu akun di banned
fatir232 : duit masuk cuman ga di proses proses ! kuple13 : saldo tiba tiba ditarik pas maen kontol !
rungkadterus : Situs Kontol gua depo gak di proses proses
gajahduduk : depo 1 Juta Tidak Di Proses
pemadamrungkad : Nyesel Maen di MERAKTOTO nipu duit gua ilang anjing
bayuwin2 : Puluhan Juta duit gua di gelapin
emberijo : WD 500 GAK DI PROSES NGENTOT
gayungpink : Akun gua gabisa login pas mau wd kontol
kampleng21 : jangan mau main di MERAKTOTO klo gamau nyesel kaya gua
rahmann96 : memek
klemer22 : ilang gajelas duit gua bangsat
asu21 : id gua namanya asu, tapi situs kalian lebih asu!
memekbasah: : situs terbangsat ya MERAKTOTO
pastimaxwin : jangan maen disini
yaseerridho: : Wd Tak diproses padahal wd 65ribu
Data di atas adalah data yang benar dari member yang telah merasa tertipu di situs MERAKTOTO , Maka itu kami akan menandai situs MERAKTOTO menjadi Situs Penipu atau abal-abal. Data tersebut akan bertambah banyak seiring banyaknya kasus penipuan yang terjadi di dunia perjudian slot online ini.
https://preview.redd.it/keq42xks33sb1.jpg?width=900&format=pjpg&auto=webp&s=530670461c14fa3e684fadc64a770952476134c8
submitted by antiphising to u/antiphising [link] [comments]


2023.10.03 17:10 linkkodoktoto Kodoktoto - Situs Bandar Togel Online Resmi No 1 Pasti JP

Selamat datang di situs bandar togel online resmi Kodoktoto yang selalu membagikan jackpot dengan mudah dan mendantangkan keberuntungan kalian dalam bermain judi online. Tidak hanya togel, kami menyediakan jenis permainan taruhan online seperti live casino dan juga slot online.
Togel Online adalah game judi online yang sangatlah populer yang sudah ada sejak zaman dulu. Dan sampai saat ini masih ramai dimainkan oleh berbagai kalangan di masyarakat Asia terutama di Indonesia. Oleh karena itu, kami sebagai penyedia game taruhan online akan membantu kalian meraih jackpot terbesar hari Ini.
Tidak hanya togel kami menyediakan rtp Kodoktoto yang sangat tinggi persennya dan yang tertinggi yang kami sediakan untuk kalian hari ini adalah sebesar 98%. Penasaran? Buruan daftar sekarang juga dan raih jackpot maxwin terbesar.

Bandar Togel Kodoktoto

Dalam beberapa tahun terakhir, perjudian online telah menjadi sangat populer, dan salah satu bentuk perjudian yang menarik minat banyak orang Indonesia adalah Bandar Togel Kodoktoto. Bandar Togel Kodoktoto adalah platform perjudian togel online yang memungkinkan pemain berpartisipasi dalam berbagai permainan togel dari kenyamanan rumah mereka.
Istilah "Bandar Togel" mengacu pada bandar togel, dan Kodok toto adalah salah satu platform terkemuka di Indonesia yang menawarkan berbagai permainan togel. Dengan Kodoktoto, pemain bisa mengalami sensasi serta kegembiraan dari permainan togel tanpa harus pergi ke kasino darat atau tempat judi lainnya.
Dalam beberapa tahun terakhir, perjudian online telah menjadi sangat populer, dan salah satu bentuk perjudian yang menarik minat banyak orang Indonesia adalah Bandar Togel Kodoktoto. Bandar Togel Kodoktoto adalah platform perjudian togel online yang memungkinkan pemain berpartisipasi dalam berbagai permainan togel dari kenyamanan rumah mereka.
Bandar Togel Kodok toto sudah meraih popularitas yang besar di kalangan pecinta perjudian yang ada di Indonesia. Akses yang mudah, kemudahan, dan berbagai macam permainan telah menarik banyak pemain.
Selain itu, daya tarik memenangkan jackpot besar dan sensasi menantikan hasil togel juga turut menyumbang popularitasnya yang meningkat. Dengan Kodoktoto, Bandar Togel yang terpercaya, pemain dapat merasakan kegembiraan perjudian togel tanpa batas waktu dan lokasi.
Bermain Bandar Togel Kodoktoto login cukup mudah. Pertama, Anda perlu membuat akun di platform Kodoktoto. Setelah mendaftar, Anda akan diberi kesempatan untuk menjelajahi berbagai jenis permainan togel yang tersedia dan memilih yang paling menarik menurut Anda.
Bermain Bandar Togel Kodok toto secara online memiliki beberapa keuntungan yang signifikan. Pertama-tama, melalui platform online, Anda dapat dengan mudah dan nyaman mengakses berbagai permainan togel yang beragam.
Anda tidak usah lagi pergi ke tempat perjudian darat atau terikat dari jam operasional yang ketat. Selain itu, platform daring sering kali menawarkan insentif dan promosi menggiurkan bagi para pemainnya. Terakhir, Anda dapat bermain secara anonim dan menjaga privasi Anda, yang mungkin menjadi pertimbangan penting bagi sebagian orang.

Login Kodoktoto

Untuk dapat mengakses dan memainkan permainan seru di Kodoktoto 1, Anda perlu melakukan login ke akun Anda. Berikut ini adalah langkah-langkah panduan lengkap untuk masuk ke Kodok togel:

Daftar Kodoktoto

Apakah Anda tertarik untuk bergabung untuk daftar Kodoktoto dan mencoba peruntungan Anda dalam perjudian togel online? Berikut ini termasuk langkah demi langkah untuk daftar akun di Kodoktoto:
Penting untuk diingat bahwa mendaftar di Kodoktoto 4d hanya diperbolehkan bagi mereka yang memenuhi persyaratan usia yang ditetapkan oleh platform. Mohon pastikan Anda mematuhi aturan dan ketentuan yang berlaku sebelum mendaftar.
Sekarang Anda dapat mendaftar di Kodoktogel dan mulai menikmati permainan togel online yang seru.

Link Alternatif Kodoktoto

Dengan adanya link alternatif Kodoktoto adalah tautan atau URL alternatif yang berguna untuk mengakses situs Kodok toto jika situs yang utamanya terganggu. Situs web seringkali memiliki beberapa link alternatif yang dapat digunakan oleh pengguna jika situs utama mengalami masalah teknis, pemblokiran oleh otoritas, atau gangguan lainnya.
Link alternatif membantu pengguna tetap terhubung dengan situs web yang diinginkan tanpa harus mengalami hambatan akses. Ketika pengguna menghadapi masalah mengakses situs utama, mereka dapat mencoba link alternatif untuk tetap dapat mengunjungi situs tersebut dan menggunakan layanannya.
Pada contoh Kodoktoto, link alternatif memberikan opsi kepada pengguna untuk mengakses situs Kodok toto ketika situs utama tidak dapat diakses. Dengan menggunakan link alternatif yang valid, pengguna tetap dapat berpartisipasi dalam perjudian togel online dan menikmati pengalaman bermain.
Sangat penting untuk diingat bahwa link alternatif bisa berubah sewaktu-waktu, dan penting untuk mencari informasi terbaru melalui sumber resmi atau komunitas terpercaya sebelum menggunakan link alternatif yang tersedia.

5 Pasaran Togel Terpopuler

Terdapat berbagai pasaran togel yang dapat dimainkan, namun ada beberapa pasaran yang paling populer dan diminati oleh pemain. Berikut adalah 5 pasaran togel terpopuler:

1. Pasaran Togel Taiwan

Saya berbicara tentang pasaran togel Taiwan, sebuah perpaduan antara seni dan keberuntungan yang memikat hati banyak orang. Saat matahari terbenam di cakrawala Taiwan, jalanan mulai berkerlipan dengan gemerlapnya lampu neon dan musik yang menggema di udara.
Kota ini hidup dengan semangat yang tak tertandingi, dan begitulah juga dengan pasaran togel Taiwan. Seperti aliran sungai yang tak pernah berhenti mengalir, setiap harinya membawa harapan dan mimpi bagi mereka yang berani terjun ke dalam permainan ini.
Di tengah keriuhan kota, terdapat para penjuru yang mengawasi pasaran ini. Mereka adalah penjaga setia, yang dengan cermat mencatat angka-angka yang ditarik setiap harinya. Seperti seorang seniman yang menggambar lukisan di atas kanvas kosong, mereka menciptakan pola dan tren yang dapat mempengaruhi takdir para pemain.
Namun, di balik keindahan dan pesonanya, pasaran togel Taiwan juga menjadi medan pertempuran bagi para pemain yang penuh antusiasme. Seperti samurai yang mengasah pedangnya, mereka mempelajari setiap angka dan memperhatikan setiap petunjuk yang muncul. Dengan hati-hati, mereka merangkai strategi dan mempertaruhkan nasib mereka dalam setiap taruhan.
Tidak ada yang bisa memprediksi dengan pasti hasil dari pasaran togel Taiwan. Permainan ini mengharuskan keberanian dan keakuratan yang tinggi. Namun, di balik kerumitan dan ketidakpastian, terdapat juga keindahan dalam setiap tarikan angka.
Seperti matahari terbit di ufuk timur, setiap harinya membawa harapan baru dan peluang yang tak terbatas. Saya berbicara tentang pasaran togel Taiwan, sebuah perpaduan antara seni dan keberuntungan yang memikat hati banyak orang.

2. Pasaran Togel Hongkong

Di tengah kegelapan malam yang menyelimuti kota Hongkong, ada suatu ritual misterius yang dilakukan oleh ribuan orang dengan hati-hati dan penuh harap. Ritual ini tak lain adalah Pasaran Togel Hongkong, tempat di mana mimpi dan keberuntungan bertemu di antara angka-angka yang tersembunyi.
Setiap harinya, para penjudi yang bersemangat menggantungkan harapan mereka pada hasil pengundian togel ini. Mereka memasang taruhan dengan harapan bisa meraih keberuntungan besar. Dalam suatu kamar gelap yang dipenuhi dengan aroma dupa dan kegembiraan, angka-angka dituliskan dengan teliti di atas tiket-tiket kecil. Seakan menari dengan penuh semangat, tiket-tiket itu kemudian ditempelkan pada dinding kamar itu sendiri.
Dalam ritual ini, angka-angka menjadi pahlawan yang tak ternilai harganya. Mereka adalah bahasa rahasia yang menghubungkan kehidupan para penjudi dengan harapan mereka. Angka-angka ini seperti pelangi yang menuntun mereka ke dunia baru, tempat di mana kehidupan bisa berubah dalam sekejap mata.
Namun, di balik cahaya berkilauan dan harapan yang menyala-nyala, ada juga kegelapan yang mengintai. Pasaran Togel Hongkong bukanlah sekadar permainan keberuntungan biasa, tetapi juga lahan bagi penipu dan pengecut yang ingin memanfaatkan kerapuhan hati para penjudi. Mereka merayu dan menipu dengan janji-janji palsu, menyedot energi positif yang semestinya dihujani pada tiket-tiket keberuntungan.
Tetapi, di tengah keriuhan dan kemungkinan kecurangan itu, ada keindahan yang tersimpan dalam Pasaran Togel Hongkong. Keindahan itu terletak pada keyakinan dan harapan yang tumbuh di hati setiap penjudi. Mereka tidak hanya mengandalkan keberuntungan semata, tetapi juga melibatkan perasaan, naluri, dan intuisi mereka. Dalam setiap tiket yang mereka beli, tersembunyi cerita hidup mereka sendiri.
Pasaran Togel Hongkong, dengan semua kompleksitas dan keindahannya, adalah sebuah perwujudan dari sifat manusia itu sendiri. Ia mencerminkan keragaman dan hasrat manusia untuk mencari keberuntungan di tengah ketidakpastian hidup. Ia adalah tempat di mana mimpi-mimpi tercipta dan harapan-harapan terlukis di antara angka-angka yang tak berujung.

3. Pasaran Togel China

Pasaran Togel China adalah salah satu varian permainan judi togel yang populer di kalangan penjudi di seluruh dunia. Dengan keunikan khasnya, pasaran togel China memberikan pengalaman bermain yang menarik dan berbeda dari pasaran togel lainnya.
Salah satu hal yang membedakan pasaran togel China adalah format angka yang digunakan. Pasaran ini menggunakan angka dari 0 hingga 9, sehingga terdapat 10 angka yang dapat dipilih. Para pemain togel China akan memilih beberapa angka dari 0 hingga 9, dan kemudian memasang taruhan pada kombinasi angka yang mereka pilih.
Selain itu, pasaran togel China juga memiliki variasi taruhan yang menarik. Pemain dapat memasang taruhan pada kombinasi angka tunggal, di mana mereka memilih satu angka tunggal dan bertaruh bahwa angka tersebut akan muncul di hasil undian. Mereka juga dapat memasang taruhan pada kombinasi angka ganda, di mana mereka memilih dua angka yang berbeda dan bertaruh bahwa salah satu atau kedua angka tersebut akan muncul di hasil undian.
Terdapat juga taruhan pada kombinasi angka tiga digit, empat digit, dan lima digit yang dapat mengubah semuanya. Pemain dapat memilih beberapa angka dan bertaruh bahwa angka-angka tersebut akan muncul dalam urutan yang benar di hasil undian. Taruhan ini menawarkan tingkat kesulitan yang lebih tinggi, namun juga memberikan pembayaran yang lebih tinggi.
Selain variasi taruhan yang menarik, pasaran togel China juga dikenal dengan sistem undian yang teratur. Secara umum, undian togel China biasanya diadakan setiap hari dengan pengumuman hasil undian yang langsung dan transparan. Dengan demikian, pemain merasa yakin bahwa permainan ini adil dan tidak ada manipulasi hasil yang terjadi.

4. Pasaran Togel Sydney

Togel Sydney merupakan salah satu jenis permainan lotere yang sangat diminati oleh para pecinta judi di Indonesia, dengan tingkat popularitas yang tinggi. Pasaran ini telah menjadi favorit bagi banyak pemain karena menawarkan berbagai peluang dan hadiah yang menarik.
Saat Anda memasuki dunia Pasaran Togel Sydney, Anda akan disambut dengan suasana yang penuh dengan kegembiraan dan antisipasi. Situs-situs perjudian online menyediakan platform yang mudah digunakan, di mana Anda dapat memilih angka-angka yang Anda yakini akan keluar dalam undian berikutnya.
Untuk memainkan Togel Sydney, Anda harus memilih angka-angka dari 0000 hingga 9999. Anda boleh memilih satu angka, dua angka, tiga angka, atau empat angka. Semakin banyak angka yang anda pilih, peluang anda untuk memenangi hadiah besar semakin tinggi.
Salah satu aspek menarik dari Pasaran Togel Sydney adalah berbagai jenis taruhan yang tersedia. Anda dapat memasang taruhan pada hasil undian langsung (4D), taruhan pada tiga angka terakhir (3D), dua angka terakhir (2D), atau bahkan satu angka terakhir (1D). Selain itu, terdapat juga opsi taruhan kombinasi, di mana Anda dapat memilih beberapa angka dan berharap mereka muncul dalam urutan yang tepat.
Setiap harinya, Togel Sydney menyelenggarakan undian secara langsung di Pasaran. Prosedur pengundian dilakukan dengan transparan dan terbuka, memastikan integritas dan keadilan permainan. Hasil pengundian ditentukan oleh angka-angka acak yang ditarik secara objektif. Jika angka-angka yang Anda pilih cocok dengan hasil undian, Anda berhak atas hadiah yang telah ditentukan sebelumnya.

5. Pasaran Togel Bullseye

Di dalam dunia gelap di mana ketegangan dan keberuntungan bersatu, ada sebuah permainan yang menjadi pusat perhatian para pemain judi daring: Pasaran Togel Bullseye. Seperti namanya yang kuat dan memikat, Bullseye memangkas jalan menuju hadiah besar dengan penuh tantangan dan adrenalina.
Dalam arena ini, bettor diantarkan ke dalam dunia yang sarat dengan misteri dan kejutan yang mengguncangkan. Ketika malam merangkul hari, angka-angka yang tersembunyi di balik tirai kegelapan mulai menguak rahasia mereka. Tidak ada yang dapat memprediksi hasilnya, karena Bullseye memiliki keunikan yang tak tertandingi.
Dalam permainan ini, pemain dihadapkan pada tugas berat: menebak dua angka yang muncul sebagai pemenang. Namun, seperti memanah, mereka harus membidik dengan tepat. Mereka harus menjatuhkan panah mereka tepat di sasaran, yaitu dua angka yang keluar secara bersamaan.
Para pemain mengamati setiap petunjuk, mencoba memecahkan kode tersembunyi di balik angka-angka itu. Apakah itu hanya keberuntungan semata ataukah ada pola-pola yang tersembunyi di balik tirai misteri ini? Hanya mereka yang memiliki intuisi dan keberanian untuk mencoba yang bisa menguak kebenarannya.
Setiap pengumuman hasil Bullseye menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu. Ketegangan terasa di udara, jantung berdegup kencang, dan napas terhenti sejenak. Pemain-pemain ini berharap bisa menjadi pemenang, mengubah hidup mereka dengan satu tembakan sempurna.
Bullseye tidak hanya tentang keberuntungan semata, tetapi juga menguji mental dan kesabaran pemain. Mereka harus tetap tenang dan fokus, menjaga pikiran mereka bekerja dengan baik di tengah hiruk-pikuk perjudian. Setiap putaran adalah tantangan baru, dan hanya yang terkuatlah yang bisa bertahan.

5 Jenis Bettingan Togel Paling Populer

Banyak orang tertarik pada togel karena mereka melihatnya sebagai cara yang menarik untuk meraih keberuntungan dan memenangkan hadiah besar. Namun, sebelum Anda memulai petualangan di dunia togel, penting untuk memahami berbagai jenis taruhan yang tersedia. Dalam artikel ini, kami akan menguraikan lima jenis taruhan togel yang sangat diminati.

1. Togel 4d

Togel 4D, yang juga dikenal sebagai Toto Gelap 4D, adalah salah satu permainan lotere yang populer dan menarik. Dalam permainan ini, kesempatan diberikan kepada Anda untuk memilih empat angka dari rentang 0000 hingga 9999. Setiap angka terdiri dari empat digit, menjadikannya sebagai permainan yang menantang dan menyenangkan.
Dalam Togel 4D, Anda dapat memilih nomor favorit Anda, atau menggunakan strategi dan analisis untuk memilih kombinasi angka yang tepat. Setelah nomor-nomor itu Anda pilih, Anda diperbolehkan untuk menempatkan taruhan dengan jumlah yang sesuai keinginan Anda.
Hasil pengundian Togel 4D didasarkan pada metode acak, yang membuat setiap angka memiliki peluang yang sama untuk muncul. Pengundian dilakukan secara terbuka dan transparan, mengikuti aturan yang ditetapkan oleh pihak penyelenggara lotere.
Jika nomor-nomor yang Anda pilih cocok dengan hasil pengundian, Anda akan menjadi pemenang undian 4D Togel. Hadiah yang Anda peroleh tergantung pada berbagai faktor, seperti jumlah taruhan yang Anda pasang dan jenis taruhan yang Anda mainkan. Hadiah yang ditawarkan dalam permainan ini bisa sangat menggiurkan, dan ini menjadi salah satu alasan mengapa Togel 4D begitu populer di kalangan pecinta permainan lotere.

2. Togel Colok Naga

Togel Colok Naga merupakan salah satu jenis permainan togel yang populer dan menarik. Dalam permainan yang menarik ini, pemain diuji untuk menebak angka yang akan muncul pada hasil undian berikutnya. Namun, yang membedakan Colok Naga dari permainan togel lainnya adalah peraturan yang harus ditaati oleh pemain.
Dalam permainan Togel Colok Naga, pemain harus menebak angka secara tepat yang akan muncul pada posisi tertentu pada hasil pengundian. Pemain harus memilih satu angka tunggal dari 0 hingga 9 untuk ditempatkan pada posisi ratusan, puluhan, atau satuan. Misalnya, jika pemain memilih angka 5 dan memasangkannya pada posisi ratusan, maka angka 5 harus muncul sebagai angka ratusan pada hasil pengundian.
Agar bisa menang dalam permainan Togel Colok Naga, para pemain harus berhasil menebak angka secara akurat dan sesuai dengan posisi yang telah mereka pilih. Jika angka yang telah dipilih muncul pada posisi yang tepat, maka pemain akan meraih kemenangan dan mendapatkan pembayaran sesuai dengan aturan yang berlaku. Namun, jika angka yang dipilih tidak muncul pada posisi yang benar, maka pemain tidak akan berhasil memenangkan taruhan yang telah mereka pasang.
Permainan Togel Colok Naga ini menuntut pemain untuk memiliki kemampuan analisis dan prediksi yang kuat. Pemain perlu mempelajari pola angka yang muncul pada hasil pengundian sebelumnya, melakukan riset terhadap data-data statistik, serta menggunakan strategi yang tepat untuk meningkatkan peluang kemenangan.

3. Togel Colok Bebas

Togel Colok Bebas, game yang misterius dengan daya tarik yang tak terbantahkan. Seperti sapuan angin yang membelah malam, game ini mengundang pemainnya ke dalam dunia yang penuh dengan misteri dan keberuntungan. Di balik tirai gelap dan angka-angka yang menyala, tersembunyi potensi untuk mengubah hidup seseorang dalam sekejap.
Bayangkanlah, sebuah papan hitam dengan serangkaian angka yang tersusun rapi. Sebuah tantangan menantimu, siapa yang berani memecahkan kode dan menggenggam kemenangan? Di sinilah letak keajaiban Togel Colok Bebas.
Dalam game ini, pemain bebas memilih angka yang akan menjadi taruhannya. Tidak ada aturan yang mengikat, hanya kebebasan mutlak untuk meraih kemenangan. Apakah itu angka yang memiliki makna khusus dalam hidupmu? Ataukah hanya sekadar angka-angka yang muncul dalam mimpi-mimpi terdalammu?
Lalu, saat gulungan angka berputar dan menentukan nasibmu, kesejukan mengalir dalam nadimu. Setiap angka memiliki kekuatannya sendiri, memiliki pesona magis yang bisa menerbangkan imajinasimu ke tempat-tempat yang tak terduga. Mungkin saja angka itu mengandung keberuntungan besar yang telah menanti untuk diungkap.
Dalam dunia Togel Colok Bebas, setiap taruhan adalah petualangan yang membawa pemainnya ke dalam aliran arus waktu yang tak terduga. Mungkin hari ini adalah saat yang tepat untuk memilih angka kesukaanmu, mempercayai nalurimu, dan melepaskan diri dalam permainan yang memacu adrenalin.

4. Togel Colok Jitu

Di tengah keramaian kota yang gemerlap, terdapat sebuah game yang legendaris dan memikat hati para penggemarnya. Namanya adalah Togel Colok Jitu. Dalam dunia perjudian, Togel Colok Jitu telah menjelma menjadi ikon yang diperhitungkan. Ia memiliki daya tarik yang begitu kuat, mampu menjerat hati siapa pun yang tergila-gila dalam keindahan dan misteri yang tersimpan di dalamnya.
Seperti lukisan masterpiece yang diukir oleh seniman jenius, Togel Colok Jitu memadukan unsur-unsur magis dan matematis menjadi satu kesatuan harmonis yang tak terlukiskan. Ia adalah perpaduan antara keberuntungan dan kecerdasan, di mana setiap langkahnya memancarkan pesona yang tak tertandingi.
Dalam permainan Togel Colok Jitu, pemain harus melibatkan segala inderanya. Mereka harus memasuki alam semesta angka yang berputar-putar di dalam pikiran mereka, mencari petunjuk dari mimpi-mimpi yang menghantui tidur malam mereka, dan membaca setiap gerak langkah tak terduga yang terjadi di sekitar mereka. Dalam dunia ini, segalanya menjadi mungkin.
Namun, tidak sembarang orang bisa menjadi ahli dalam Togel Colok Jitu. Hanya mereka yang memahami setiap sudut kegelapan dan terang yang tersembunyi di balik angka-angka tersebut yang berhak menyandang gelar master dalam permainan ini. Mereka harus belajar memahami pola-pola yang tersembunyi di balik angka-angka, merasakan denyut nadinya, dan menyelami makna di balik setiap seruan dari takdir itu sendiri.

5. Togel Macau Shio

Togel Macau Shio merupakan salah satu permainan judi yang cukup populer di kalangan masyarakat pecinta taruhan. Dalam game taruhan ini, para pemain harus menerka angka-angka yang akan muncul berdasarkan ramalan yang terhubung dengan shio sesuai dengan tahun kelahiran mereka.
Togel Macau Shio adalah kombinasi antara permainan Togel Macau dan ramalan shio dari kalender Cina. Togel Macau, pada dasarnya, adalah sebuah jenis permainan lotere yang berawal dari kota Macau yang terkenal dengan industri perjudiannya.
Sementara itu, shio merupakan lambang yang digunakan dalam kalender Cina untuk mewakili 12 hewan, yaitu tikus, kerbau, macan, kelinci, naga, ayam, anjing, kambing, babi, monyet, ular, dan kuda.
Dalam permainan Togel Macau Shio, setiap shio memiliki angka yang berhubungan dengannya. Misalnya, tikus memiliki angka 1, kerbau memiliki angka 2, dan seterusnya hingga babi dengan angka 12.
Pemain harus menggunakan tahun kelahiran mereka dan melihat shio yang terkait dengan tahun tersebut. Kemudian, mereka akan mencoba menebak angka-angka yang akan keluar dalam hasil pengundian togel berdasarkan ramalan dari shio tersebut.

Keuntungan Bermain Di Kodoktoto

Bermain di Kodoktoto 88, tentunya kalian akan mendapatkan banyak keuntungan karena Kodok toto termasuk situs yang sangat terpercaya, berikut keuntungannya:
Kemudahan akses dan tampilan yang ramah pengguna
Kodok toto memberikan kemudahan akses bagi semua pemainnya. Dengan kehadiran versi situs yang responsif dan aplikasi seluler yang dapat diunduh di Android dan iOS, pemain dapat mengakses platform ini dengan mudah di waktu dan tempat yang mereka inginkan. Antarmuka yang ramah pengguna juga mempermudah para pemain untuk menjelajahi situs ini dan menemukan permainan yang mereka sukai.
Bonus serta Promosi Menarik
Kodok togel menghadirkan beragam bonus dan promosi yang menarik bagi para pemainnya. Mulai dari tawaran selamat datang, bonus deposit, hingga bonus loyalitas, semua ini bisa dimanfaatkan oleh pemain guna meningkatkan peluang mereka dalam mencapai kemenangan. Selain itu, adanya promosi rutin juga memberikan kesempatan kepada para pemain untuk memenangkan hadiah-hadiah menarik.
Banyak pilihan Permainan Beragam
Kodok toto menawarkan ragam pilihan permainan yang berbeda-beda. Tersedia togel dengan banyak pasaran yang dapat dipilih, permainan casino seperti blackjack dan roulette, serta slot online yang menghibur. Pemain dapat memilih permainan sesuai minat dan keahlian mereka, sehingga mereka takkan merasa jenuh.
Keamanan dan Privasi Dijamin Tuntas
Kodok togel sungguh-sungguh mementingkan aspek keamanan dan privasi bagi semua pemainnya. Situs ini menerapkan teknologi enkripsi tingkat tinggi guna menjaga kerahasiaan data pribadi serta transaksi keuangan para pemain. Dengan demikian, para pemain dapat bermain dengan penuh ketenangan tanpa perlu merasa waswas tentang kemungkinan terjadinya kebocoran informasi pribadi.
submitted by linkkodoktoto to u/linkkodoktoto [link] [comments]


2023.09.16 02:30 Mindless_Essay_7129 Open letter for NFABD

Open letter for NFABD
Assalamualaikum/saalam sejethera...
To: Team Manager /Clubs and Association yang bergabong dengan FABD ( melalui focal points)
To : PgPresident/General Secretary /ExCom members copy : FABD Dept head , copy: Audit Compliance Committee members, copy: Integrity dan Security Committee members
Assalamualaikum
Surat Terbuka/ open letter to Club Managers /Persatuan
Special Meeting PgPresident bersama wakil kelab @IGS wed 16/8
  1. Ada desus2 cerita mengkhabarkan bahawa PgPresident/GS telah mengadakan perjumpaan dengan wakil2 kelab pada 16/8 untok buat undi tidak percaya. Details nya samar2 kesahihkan masih tanda tanya .. tapi kami ambil maklum usaha PgPresident / GS yang dibuat tanpa pengetahuan ExCom.
  2. Kami telah difahamkan bahawa Tuan Hj Adee , yang sedang bersama team kebangsaan u23 diluar negara , yang telah menghubongi dari luar negara perwakilan kelab untok perjumpaan ini.
  3. Difahamkan PgPresident /GenSec telah memaklumkan pada wakil kelab2 bahawa beliau/GS telah "difitnah " olih beberapa ahli ExCom hingga menyebabkan Agency Biro Mencegah Rasuah ( BMR) telah datang mengeledah/ambil dokumen dari rumah /ofis FABD untok bantu siasatan.
  4. Difahamkan PgPresident telah mengumumkan bahawa BMR tidak mendapati apa2 bukti salah sebab itu beliau/GS tidak ditahan selanjutnya . Beliau menerangkan "fitnah " yg d buat olih 8 orang ahli ExCom bolih menjejaskan operasi FABD dan kes BAFA bolih berlaku lagi., bolasepak akan digantung lagi.
  5. Kami fahamkan yang bermula dari PgPresident minta pengesahan kepercayaan wakil2 kelab untok beliau terus menerajui FABD ., telah menjadi "Undi Tidak Percaya" kepada beberapa ahli ExCom di katakan PgPresident membuat " fitnah" keatas beliau dan GS
  6. Kami terasa terkilan dan terharu bila mengetahui ada team/club sendiri / dari daerah sendiri yg telah ikut buat usul/sokong undi TIDAK PERCAYA .. tapi kami tidak merasa kecil hati atau menyalahkan biskita..
  7. Mungkin wakil2 club/persatuan kurang arif dengan issu dalaman FABD . Mungkin ada yg mudah terpengaruh dgn apa yg disampaikan olih PgPresident /GS tanpa usul periksa ..lebih2 lagi tiada wakil ExCom yg "ditudoh buat fitnah" berada disana untok menjawab soalan /beri penerangan.
  8. Mungkin biskita masih ingat mengapa Financial Statement perbelanjaan tahun2022 yang dibentangkan dalam Congress bulan May2023 TIDAK disokong lulus dalam Congress ... sebab ada beberapa issu yang telah dibangkitkan dalam audit yang perlu siasatan lanjutan dan keterangan dari PgPresident/GS
  9. Untok makluman biskita kami senghaja tidak pernah menceritakan issu yg dibincangkan dalam ExCom mtg d luar bilek meeting ., Issue ini hanya dibincangkan diantara ExCom , FABD staff dan ahli jawatankuasa tertentu
  10. Audit telah menimbul kan beberapa "red flags" ., jestru siasatan lanjutan dalaman perlu dijalankan walaupun PgPresident/GS tidak mempersetujuinya. Undi dalaman 8 orang ExCom sokong dan 4 ExCom tidak sokong untok buat siasatan.
  11. kami senghaja tidak pernah menceritakan apa yg dibungkar dedah olih audit kewangan diluar FABD/ExCom. ., selain dari apa yg biskita dengar dalam Congress. Audit FS2022 telah mendedahkan beberapa "red flags" yang perlu siasatan lanjutan.
  12. Kami senghaja tidak pernah mengkhabarkan bahawa ExCom telah mengundi ( 8 ExCom sokong / 4 ExCom tidak sokong) untok membuat siasatan lanjutan mempastikan jika ada salah gunakuasa dan salah guna dana seperti yang telah d dedahkan dalam Audit.
  13. Mungkin kalau wakil kelab2 mengetahui bahawa siasatan dalaman sedang dijalankan dan jika biskita membaca ToR ( skop siasatan ) mungkin .. mungkin .. persepi biskita akan berbedza siapa patut diundi Tidak Percaya.
    1. Terkeduhong PgPresident/GS sudah mendedahkan kepada wakil kelab2 yg ada 8 ExCom yg telah buat "fitnah" hingga Agency BMR datang buat siasatan ., ini telah memberi peluang untok kami khabarkan issu yg sebenar. ( 8 ExCom yang sokong buat siasatan dalaman)
    2. Amba kira ini telah memberi kami peluang untok sebar luaskan ToR skop siasatan dalaman kepada kelab2 jua.
  14. Siasatan dalaman FABD masih in progress ., ( siasatan BMR berbedza dari siasatan dalaman ) . kami belum bolih membuat tudohan pada mana2 pehak walaupun kami pernah meminta PgPresident/GS jawab berapa "tunjoksebab" issu/pembelanjaan/keputusan yg dibangkitkan olih audit
  15. Tujuan asal kami ialah pabila siasatan dalaman selesai ., kami akan tundoki hasil siasatan bersama didalam ExCom dulu untok buat keputusan/ tindakkan selanjutnya dan akan menyampaikan pada Congress untok ambil keputusan bersama.
  16. Dua pekara (a) 14/8 BMR sudah datang serbu rumah/opis FABD (b) 16/8 PgPresident/GS buka pakong didada buat undi "tidak percaya" pada 8 ExCo yg sokong buat siasatan dalaman .
  17. Jestru disini kami kongsikan skop siasatan dalaman FABD kepada kelab2/persatuan secara formal untok pengetahuan dan pernilaian biskita
  18. Kami serahkan kepada budi bicara biskita untok baca dan buat pernilaian sendiri.
  19. Biskita bolih hubongi nama2 ahli ExCom yang tersenarai dalam ToR untok penjelasan selanjutnya.
Kami serahkan pada AllahSWT memberi perlindongan pada kitani semua dari fitnah dunia dan akhirat
Mewakili ExCom
Wassalam SallehBostaman Z-Abidin VP-FABD Jumaat 18/8/2023@ 10:00am...
submitted by Mindless_Essay_7129 to Brunei [link] [comments]


2023.09.07 14:49 dedenanda Bisnis Online Menjadi Penulis Lepas Dibayar

Bisnis Online Menjadi Penulis Lepas Dibayar

📷
  1. Mongabay.co.id
Mongabay.co.id merupakan web kabar area yang lumayan terkenal di Indonesia. Semenjak kehadirannya di Indonesia dekat 8 tahun kemudian, web ini banyak merendahkan liputan tentang area, flora serta fauna serta dan konflik binatang.
Mongabay.co.id merupakan bagian dari jaringan web kabar area yang lumayan terkenal di dunia ialah mongabay. com yang didirikan oleh Rhett A. Butler pada tahun 1999.
Diluncurkan serta beroperasi semenjak April 2012 buat tingkatkan atensi terhadap alam serta pemahaman warga terhadap permasalahan area di Indonesia. Mongabay. co. id mempunyai fokus spesial pada hutan, namun pula sediakan kabar, analisis, serta data lain yang berhubungan dengan area.
Menariknya, web ini membuka kesempatan untuk siapa saja buat mengirim tulisan serta postingan dengan topik yang fokus pada isu area. Buat tiap tulisan yang dilansir, penulis hendak memperoleh honor yang layak.
Seseorang sahabat aku yang jadi kontributor web ini mengaku tulisannya di Mongabay dibayar per kata. Jadi, jika mau memperoleh honor dari web ini, kalian wajib jadi kontributor: lepas ataupun kontributor kontrak( kontributor formal).
Tidak hanya menerima postingan, mongabay pula menerima kiriman gambar yang berkaitan dengan isu area. Buat mengirimkan tulisan ke web ini, kalian wajib jadi kontributor. Semacam telah dipaparkan di atas, terdapat 2 tipe kontributor di Mongabay.
Kontributor lepas merupakan tiap orang yang mengirim tulisan di web ini tanpa terikat secara langsung dengan Mongabay. Dengan demikian, tulisan yang dikirim jadi tanggung jawab Kamu sendiri.
Kontributor formal merupakan anggota kontributor Mongabay yang telah dilengkapi dengan ID ataupun ciri pengenal formal. Kontributor formal ini dapat bawa ID pers miliknya yang dikeluarkan oleh pihak Mongabay dikala meliput kabar.
Serta tiap kontributor, baik kontributor lepas ataupun formal, hendak mendapatkan hak berbentuk imbalan atas hasil kerjanya.
Bila terdapat postingan ataupun gambar yang kamu kirim ke web ini serta sukses terbit hingga pengirim berhak memperoleh kompensasi, dengan perhitungan semacam:
– Buat tulisan, bayarannya dihitung per kata di mana satu kata dihargai Rp750
– Buat gambar hendak menemukan kompensasi sebesar Rp50. 000–100. 000 per foto
Misalkan aku kita menulis tulisan selama 1200 kata serta sukses tayang di web ini, hingga kita berhak atas honor senilai Rp900 ribu. Jumlah yang tidak kecil, bukan? Terlebih bila tulisan tersebut dilengkapi dengan gambar karya kita sendiri, pasti honornya lebih besar lagi.
Buat data lebih jelas terpaut metode kirim tulisan ke web Mongabay. co. id, silakan merujuk pada halaman donasi ini.[Update: Terpaut taman donasi baca uraian pihak Mongabay. co. id]
  1. Basabasi.co
Kamu bahagia berbasa- basi serta kerap menulis tulisan- tulisan pendek semata- mata basi- basi? Jangan lewati peluang buat menulis serta mengirim tulisan ke web Basabasi. co.
Dari namanya saja, kita dapat ketahui jika Basabasi lebih fokus pada artikel- artikel ringan mulai dari opini, cerpen serta resensi novel. Mereka pula membuat sebagian jenis tulisan, serta tiap naskah yang dikirim memiliki harga yang berbeda- beda.
Bila kamu mengirimkan tulisan ringan ke web ini dalam wujud opini serta esai, misalnya, Kamu hendak memperoleh honor Rp100. 000 per tulisan.
Tetapi terdapat sebagian penulis yang dibayar hingga Rp300. 000 buat jenis opini ataupun esai. Sedangkan buat puisi serta resensi novel, Kamu hendak memperoleh honor Rp250 ribu serta Rp200. 000. Jumlah honor tersebut pasti saja lebih besar dari honor yang sanggup dibayarkan media lokal.
Tetapi, tulisan yang Kamu kirim tidak dan merta langsung dilansir. Tulisan yang dikirim hendak disunting terlebih dulu, itu juga bila lolos pilih regu editor di web Basabasi. co.
Bila layak, hingga tulisan kamu hendak diterbitkan langsung. Tidak hanya itu, bila tulisan yang Kamu kirim itu ialah tulisan awal yang sukses diterbitkan, Kamu hendak memperoleh souvenir berbentuk kaos plus honor.
Buat perinci lebih lengkap tentang tata metode pengiriman naskah di basabasi. co. Selamat berupaya.
  1. Alif.id
ALIF. ID didatangkan selaku ikhtiar kecil buat membuka atmosfer keberagamaan kita yang lebih bermacam- macam serta selaras dengan ruh ajaran Islam. Kami mengajukan visi Berkeislaman dalam Kebudayaan supaya jalur Islam yang luas kian terbuka.
Dengan visi di atas, Alif. ID bersungguh- sungguh memperkenalkan, atmosfer, warna, gagasan bermacam- macam dalam keberislaman kita. Harapannya, alid. id bisa membuka jalur baru kemaslahatan.
Alif. id menerima tulisan seputar budaya Islam, isu keberagaman serta tulisan pencerahan yang lain. Konon, buat tiap tulisan yang sukses dilansir, penulis hendak memperoleh honor Rp250. 000.
Bila mau mengirim tulisan ke web Alif ini, silakan merujuk pada halaman donasi.
  1. Remotivi.or.id
Remotivi tercantum web sungguh- sungguh serta sebagian besar kontennya berupa opini serta esai. Remotivi sangat fokus pada tulisan- tulisan yang berkaitan dengan isu jurnalisme.
Bila membaca web ini, kalian hendak memandang banyak postingan yang berkaitan dengan media semacam koran, Televisi, majalah, wartawan, kontributor media serta lain sebagainya.
Jika Kamu mempunyai keahlian menganalisis framing kabar serta metode kerja media, tidak terdapat salahnya mengirim ke web ini. Sebab jerih payah Kamu hendak dibayar mahal.
Kemudian, berapa honor yang didapat dikala mengirim tulisan ke web ini? Dari data yang aku miliki dari sahabat penulis, honor tulisannya merupakan Rp350. 000 per tulisan.
Penulis apalagi dapat memperoleh bayaran lebih besar, menggapai Rp. 1. 500. 000 per tulisan, bila tulisan tersebut dikira fresh, menarik serta relevan.
Buat memandang perinci lengkap tercantum tata metode serta pedoman ngirim tulisan di Remotivi, silahkan klik di mari.
  1. Geotimes.co.id
GEOTIMES Indonesia merupakan portal kolom terkenal serta terbaru tentang tokoh serta kebijakan publik. Web ini berikan ruang untuk para pembaca dengan perspektif tajam dari para ahli serta publik seputar agama, ekonomi, politik, sosial, serta media.
Web yang kerap diucap Geotimes Indonesia berisi tulisan dari penulis bermacam- macam latar balik, dengan perspektif serta sudut pandang yang tidak biasa.
Bila mau mengirim tulisan ke web ini, kalian wajib mencermati ketentuan serta syarat supaya tulisan yang kalian kirim layak memuat. Misalnya, dari faktor kenyataan, relevansi serta teori- teori pendukung lain. Sebagian besar konten di web ini berupa Opini serta Esai.
Tidak hanya itu, terdapat sebagian syarat- syarat yang wajib dicermati bila kamu mau mengirim naskah di web ini, semacam:
– Tulisan terdiri dari 750- 1000 kata
– Biodata pengirim wajib jelas serta cocok dengan bukti diri yang dimiliki
– Responsif terhadap isu- isu aktual
– Postingan wajib argumentatif
– Tidak memiliki SARA
– Tulisan seluruhnya jadi tanggungjawab penulis
Dari ketentuan di atas, sangat jelas jika tulisan di Geotimes sangat sungguh- sungguh. Karenanya tulisan yang kalian kirim tidak hanya berisi tema sungguh- sungguh, pula butuh menjajaki trend yang terdapat.
Berapa Geotimes membayar penulis? Konon, buat satu tulisan yang dilansir, seseorang penulis hendak memperoleh Rp350 ribu. Buat memandang ketentuan serta pedoman penyusunan postingan di Geotimes, silahkan rujuk taman ini.
  1. VoxPop.id
Web Voxpop sesungguhnya tidak jauh beda dengan Mojok. Sebagian besar konten yang dilansir di web ini berbentuk opini serta pula pemikiran terpaut dengan kehidupan warga. Pula ditulis dengan style ngepop.
Bila style menulis Kamu tidak sangat satire alias masih cenderung sungguh- sungguh, tidak terdapat salahnya mengirim ke VoxPop ini.
Lalu, berapa honor yang didapat bila postingan sukses tayang di Voxpop? Bagi penuturan sebagian sahabat penulis, mereka memperoleh honorarium Rp250 ribu per naskah.
Buat memandang perinci serta syarat pengiriman naskah di Voxpop. Ayo, dicoba!
  1. Buruan.co
Buruan. co merupakan web yang fokus pada kajian serta apresiasi dengan visi utama buat mengakomodasi atensi baca tulis secara daring. Selaku media kajian serta apresiasi, Buruan lebih menuju ke sastra yang disesuaikan sama atensi serta keahlian penulis.
Hasil amatan penulis, terdapat 2 tipe rubrik yang diterima ialah cerpen[cerita pendek] serta puisi. Nah, bila Kamu lagi mencari platform menulis puisi dibayar ataupun mau kirim cerpen serta memperoleh honor dapat manfaatkan web Buruan ini.
Menariknya, web ini tidak cuma menerima tulisan serta puisi berbahasa Indonesia tetapi pula berbahasa Sunda. Ini persis semacam Mojok yang pula mengakomodasi tulisan berbahasa Jawa.
Buat 2 tipe karya tulis di atas Kamu hendak menerima honor sebesar Rp200. 000. Ayo, amati ketentuan serta syarat pengiriman naskah ke Buruan. co di mari.
  1. Mojok.co
Aku belum sempat menulis serta mengirim tulisan buat web yang memiliki motto“ sedikit bandel banyak ide” itu. Tetapi aku sempat mendengar bila web berisi konten satir ini membayar penulis dengan honor yang lumayan layak.
Berapa sesungguhnya honor buat penulis yang tulisannya dilansir di Mojok? Bagi data di web Mojok, besaran honornya berkisar Rp250. 000- 350. 000 buat satu tulisan, serta honor tersebut dikirim tiap hari Senin. Bagi pengelola Mojok, honor tersebut lumayan buat menaktir pacar di suatu restoran populer.
Aku tidak ketahui apakah honor tersebut tercantum besar ataupun kecil buat tulisan, yang bagi mereka“ tulisan di Mojok cuma membutuhkan waktu sebagian menit serta dapat ditulis sembari menunggu bus kota” itu. Ya, jika dilihat dari tulisan yang dilansir memanglah simpel serta hanya membutuhkan 2–3 gelas kopi buat menyelesaikannya.
Oh ya, bila kalian mengirimkan tulisan ke mojok jangan kurang ingat melampirkan no rekening yang wajib diletakkan di tubuh email. Jika kalian jenis orang yang malas memberitahukan no rekening, dianjurkan buat tidak mengirim tulisan buat Mojok. Soal ini dapat kalian baca sendiri di bagian“ syarat mengirim tulisan” di web Mojok.
Serta, satu lagi saat sebelum aku kurang ingat. Belum lama ini Mojok membuka kanal“ halte” yang mirip halaman keroyokan ala Kompasiana ataupun Vivalog, di mana siapa juga dapat berkontribusi di situ. Kanal halte dimaksudkan selaku web auto- generated- content ataupun AGC yang menerima tulisan dari jalan non- reguler, sebab penulis dapat memposting sendiri tulisannya asal telah mempunyai akun. Pihak mojok yang nantinya memutuskan menayangkan tulisan ataupun tidak. Tetapi, sepanjang tulisan kalian menarik serta segar, aku yakin orang mojok tentu hendak terburu- buru memuatnya.
Reward ataupun benefit apa yang kita terima bila tulisan kita tayang di kanal halte? Bagi data yang aku baca, bila tulisan kita dilansir hingga kita berhak menerima 1 poin. Satu tulisan berarti 1 poin. Serta tiap sukses mengumpulkan 10 poin, kita hendak memperoleh duit Rp250. 000,-. Tiap penulis cuma dibolehkan mengumpulkan 20 poin ataupun Rp500. 000,- per bulan.
Nah, tunggu terlebih, ini kesempatan bagus buat mengais dollar, eh rupiah! Mau mengirim tulisan ke web ini, baca ketentuannya di mari.
  1. IDN Times
Bagi data yang aku baca di halaman IDN Times, per Februari 2017, media online tersebut merilis kanal IDN Times Community, suatu kanal yang dimaksudkan selaku medium/ platform menulis untuk generasi milenial, paling utama buat mereka yang memiliki hobi menulis serta tertarik pada passion tertentu.
Kemudian, gimana para penulisnya dibayar? IDN Times mencari para penulis terkenal yang tulisannya banyak dilihat serta dibaca orang, paling utama topik yang masih segar serta jadi trending. Terus menjadi terkenal suatu tulisan, hingga terus menjadi besar kesempatan si penulisnya memperoleh bayaran besar.
Dari data yang aku baca, kalau tiap 100 views dari postingan yang kalian tulis serta tayang di IDN Times, kalian hendak memperoleh 1 poin. Terus menjadi banyak tulisan yang kalian tulis serta memperoleh views yang melimpah, poinmu hendak terus meningkat. Poin itu dapat diganti dengan duit ataupun benda yang disediakan. Minimun poin yang bisa ditukarkan merupakan 500 poin serta kelipatannya.
Selaku ilustrasi: Jika postingan yang kalian tulis menciptakan 150. 790 pageviews. Hingga kalian hendak memperoleh 1500 poin. Poin ini dapat kalian tukarkan( redeem) dengan duit tunai senilai 150. 000 ataupun hadiah tertentu. Sisanya tidak hendak lenyap, melainkan jadi saldo poinmu.
Tunggu terlebih, lekas buat saya di IDN Times Community, serta mulailah menulis. Kumpulkan poin sebanyak- banyaknya. Sebab terus menjadi banyak poin yang dapat kalian kumpulkan, terus menjadi besar pemasukan yang kalian terima. Ketentuan serta syarat menulis di IDN Times dapat merujuk pada halaman ini.
https://www.dedenanda.com/2023/04/bisnis-online-menjadi-penulis-lepas.html
submitted by dedenanda to u/dedenanda [link] [comments]


2023.09.05 21:07 OppositePublic4061 Cerita Kosong

WHO
OppositePublic4061 is Sabahan just like you, whose talent is in Workers Rights. Previously with Tenaganita and doing data gathering on migrant worker in Sabah especially oil palm estate. Information are collated and processed further by ILO. Speciality in labour law. Background in Management and completed Masters in 2021. The government say, oil palm is good and lift the people of Sabah out of poverty. But the statistics dont tell lie. Most of the estate are owned by corporation. And the land owner are paid miniscule dividend monthly. Like MYR1500 just to be a shareholder that exist on registration only. And when Sabahan tried to end the agreement, the corporation paint Sabahan as the bad guy. By using negative word as fight back or lawan. When the corporation are under attacked, they use positive wording like, encroachment on our land, pencerobohan tanah , setinggan di estet etc.
WHERE
Operates mostly in Kota Kinabalu area. Kudat and the Interior District. Work together with other individual and organisation related to forced labour, exploited and indentured service. We cant save all of them but we try to save those we are able to reach out to. My regret? Haunted by the fact i lied to them and failed to rescue them. Nanti kami datang balik juga minggu depan. Haunted by the fact that we are not strong enough to rescue them and not having the financial resources to continue the legal fight. Menang atas kertas ja. Whats the point if you waste years of your life doing this meaningless things and your friends are progressing with their life with career growth? Because its what we do. If not us, who else?
WHAT
We do what we do because its the right thing to do. To see a fellow human being treated less than an animal would break my heart. Pekerja mati akibat industrial accident hari ini, besok jawatan kosong. Who needs SOCSO or EPF when the employers treat their worker like their own family member? The one that would be toxic. The corporation would say 4D, Dirty Dangerous, Demeaning Difficult. If oil palm is so good and beneficial, why wont they hire Sabahan? Pekerja tempatan malas. Cerewet. Tidak setaraf pendidikan. Mengharap gaji tinggi.
WHY
Because we are human being. They would not want people to treat them like that and yet they treat them like disposable ware. The local news would side with the oil palm estate. CSR. Growth. Sustainability. Giving back to the community. We have to do what we do even when some quarters dont like our work. Is this what God want from us?
WHEN
We work all the time. There is no office hour for us. Sometimes i myself would apply for a job as general worker for any vacancy in the oil palm estate. And the working condition are horrific. The massive oil palm estate are a country within a country in itself. Company law is enforced with private security (thugs). Polis Bantuan arent there for you. They are there for the company.
HOW
We are financed by charity. Since we are Non Government, whatever expenses we spent, its either from fund raising or external donor. Which is a thorn in the government side. Government even charged us with treason or espionage for assisting foreign power or receiving aid from foreign country. Example; EU ban on oil palm products or raw material coming out from Borneo. The same goes with foreign country investment in KKIP or Sepanggar. On paper its all positive and good for the country. The pristine beach of Kudat are being mined for the sand to be processed into silica and exported out of the country. Do they pay the taxes? Yes. Does the tax income benefit Sabahan? Renung-renungkanlah
Trafficked women involved in the sex trade arent like the one you would see in the movie where the bad guy looks cool and have an evil expression. Thats just the movie. In Sabah, to pay off debt from Pakistan, even their own mother would solicit them in trade ie uncle will come for a visit and you can wear this dress. And this is just the surface. Think i am spinning a long tale? Do your own research and reference the local case where the Pakistani trader are being fined or jailed because of sex crime offences.
Personally for me, i disagree with beauty contest and i do not want to cross the line like Mssr. Marcel Jude Joseph did. If you only have one talent that you can bring to the discussion and its only your beauty, i have bad news for you. apa suda tu cerita pilip among tu?
There is so much to do. From my side, i just focus on migrant worker. There is so many of them and i cant rescue all of them. The worse part of it all? The one we rescued went back to the same Hell hole they came out of because they feel more comfortable with their captor. Why cant they just run away? Its not like in the movie, where the pimp held them against their will in some squalid back room. In fact, its quite the opposite. These women are free to roam anywhere they like, provided they pay their pimp later. When you are so deep in the rabbit hole, sometimes you start to doubt yourself. Only God can save me.
Mungkin tahun ni last lah. Saya nak migrate sudah ni. Rasa mahu give up. Bagus sa focus dengan career growth saya. Kata orang jaga tepi kain sendiri. Kenapa? Shinsung E&G dan SK Nexilis keras boss. Dia punya lawyer, siap ada ahli politik tempatan lagi backup. Hak pekerja kita, kita pula yang salah. Janji bayar gaji sebelum 7/4/23 haribulan. Dibayar pada 18/4/23 haribulan. Bukan ada hitam putih ka tu? Tu agreement lebih menjaga hak majikan bossku
submitted by OppositePublic4061 to Sabah [link] [comments]


http://rodzice.org/