Cerita nikmat pecah dara

Long Rant (I think), and question

2024.05.08 08:57 Numerous_mango_1919 Long Rant (I think), and question

TLDR; Anak saya mengalami pendarahan masif, tubuhnya gak bisa memproduksi sel darah sendiri dan dia butuh banyak transfusi darah dan platelet (trombosit). Adik saya bilang kalau kami beruntung tinggal di sini (Taiwan), karena gak perlu kesulitan mencari pendonor ke sana sini. "Kadang, mau cari 1 kantong aja, susah," katanya.
Menurut kalian, faktor apa yang membuat Indonesia kekurangan stok darah? Apakah kesadaran masyarakat untuk mendonorkan darah, masih kurang? Ataukah peran pemerintah untuk mengedukasi yang masih kurang?

Tanggal 5 Mei, anak saya masuk RS jalur IGD, karena batuk dan muntah darah yang parah, dia kehilangan sekitar 3 liter darah di rumah dan selama perjalanan ke IGD. Dan lebih banyak lagi saat sampai di IGD, tapi kami gak tau berapa banyak, karena darahnya ada di mana-mana.
Setelah pemeriksaan, pendarahannya berasal dari Varises Esofagus, yang memang sudah ada diagnosanya sejak lama. Saya gak akan jelasin detail itu apa, karena bukan inti ceritanya.
Rupture Esophageal Varices is one of the most "bloody bath" incident, according to the IGD nurses. They don't experience it that often, though. Mungkin karena tekanan darah di dalam Varises itu tinggi, jadi kalau pecah akan terjadi pendarahan masif.
Selain kehilangan darah yang (sangat) banyak, anak saya juga punya diagnosa Anemia Aplastik, basically sumsum tulangnya sudah gak memproduksi sel darah sendiri lagi. No Red blood cell, white blood cell and platelet. Jadi dia bergantung transfusi darah merah dan platelet. Kalau darah putih, it's a different story.
Setelah operasi minor untuk menutup sumber pendarahan dan sedot darah yang sempat terhirup ke paru-paru, kami fokus untuk mengembalikan volume darah yang hilang. Rencananya 30 kantong darah merah dan 30++ kantong platelet. Or even more.
As a reminder, my son's body is not be able to produce its own blood cells, the transfusions are the only way for his blood to back to the goal level. Dia sudah bergantung transfusi darah merah setiap 5-6 hari sekali dan transfusi platelet setiap 3 hari sekali.
Setelah cerita ke keluarga, adik saya bilang kalau kami beruntung tinggal di sini (Taiwan). Karena mendapatkan 30 kantong darah dan 30++ kantong platelet, kelihatan mudah. Kami gak perlu lari dari satu bank darah ke bank darah lain. Gak perlu upload minta bantuan donor ke sana sini.
I don't say Taiwan is perfect. Kalau stok darah lagi tipis banget pun, ada kok yang juga minta tolong orang untuk jadi donor pengganti. Tapi selama lebih dari 10 tahun di Taiwan, baru 1 kali saya dengar kejadian itu.
So menurut kalian, faktor apa yang membuat Indonesia kekurangan stok darah? Apakah kesadaran masyarakat untuk mendonorkan darah, masih kurang? Ataukah peran pemerintah untuk mengedukasi yang masih kurang?

Oh ya, please pray for my son. Dia sudah masuk ke ruang operasi, operasi ususnya yang stricture untuk yang ke sekian kali. :) Crohn's sucks!
Thanks, komodos!
submitted by Numerous_mango_1919 to indonesia [link] [comments]


2024.05.01 13:03 Big_Yesterday1548 Have you ever experienced the worst toothache in your life?

Aku perlukan distraction ni coz sekarang ni aku tengah sakit gigi. So aku nak korang kongsi la pengalaman korang time korang sakit gigi. Apa yg korang buat? Terus ke klinik gigi or just ambil painkillers? Or just tahan sakit tu macam tu je?? Or korang ada petua sakit gigi yg korang boleh kongsi?
Sejak awal bulan Mac lagi aku dah mengalami masalah gigi yang teruk, sakit gigi dan kesakitan di sekeliling bahagian kanan rahang/muka , telinga dan leher aku. Masa awal bulan Mac tu, aku tak buat apa-apa sgt coz rasa sakit itu taklah terlalu teruk dan dapat diredakan dengan painkillers (Naproxen Sodium), dan aku jugak kunyah bawang putih tiap kali aku sakit sakit gigi and it really worked!
Sampaila sekarang ni, akhir bulan April and dah masuk bulan Mei, aku mula mengalami sakit gigi yang paling teruk sekali. Aku rasa sakit ini disebabkan oleh gigi atas aku yang retak and dah berlubang. Bahagian kanan rahang/muka, telinga dan leher aku sakit giler sampai berdenyut2. Kadang2 aku bimbang kalau2 jangkitan teruk ni dah sampai ke otak aku. Macam nak pecah kepala aku dibuatnya. Salah aku jugak sebab malas pergi klinik gigi utk check up😭. Padan muka aku.
Semalam, aku ambik masa lebih kurang 4 jam untuk tidur coz of sakit gigi yg teramat sangat! Aku try berkumur dengan air garam and kunyah bawang putih. Sakit tu hilang la sekejap sebelum pusingan ke-2 sakit tu start lagi. Aku ambik painkillers tapi tak berkesan sangat. Serius wei, aku rasa sakit gigi la sakit yang paling teruk sekali sampai tak boleh nak tidur, tak boleh nak buat pape pun. Rasa cam nak nangis je.
Esok aku nak try ke klinik gigi nak cabut terus gigi yg rosak ni. Harap2 semuanya dipermudahkan esok.
Thanks pada yg sudi baca cerita aku and thanks pada yg sudi kongsi cerita/pengalaman sakit gigi korang!
Edit: Aku baru je balik dari klinik (KKM) tadi. Alhamdulillah dah remove pun gigi yg rosak ni. Nasib baik tak sakit time doktor remove coz doktor bg ubat bius. Doktor ckp susah jugak nk remove coz gigi aku dah tinggal separuh 😬 tp Alhamdulillah, semuanya dah settle. Hrp2 lepas hilg kesan ubat bius ni xla sakit sgt.
Again, thanks sangat2 pada yg sudi baca story/experience aku and thanks juga pada yg sudi share story/pengalaman korang😁. Rupa2nya, ramai gak yg senasib dgn aku.
submitted by Big_Yesterday1548 to Bolehland [link] [comments]


2024.02.26 14:55 TruthversusSlander Toxic parents Toxic relationship between mom and dad will affect the child's upbringing and worsen the kid's future in a negative direction. Baca kisah ini. (credit to life_in_a_fast_lane).

Toxic parents Toxic relationship between mom and dad will affect the child's upbringing and worsen the kid's future in a negative direction. Baca kisah ini. (credit to life_in_a_fast_lane).
Ada kisah disebalik gambar ini. Walaupun kisah ini tidaklah “rare” tapi itu tidak mengubah kesan dan akibat yang telah berlaku.
4.40pm smalam,staf letak 2 kad pt atas meja. Aku & kawan ambil sorang satu dan memanggil. Rupanya 2 pesakit tersebut adalah ibu dan anak. Si ibu lewat 20an dan anaknya 9 tahun. Bila masuk, aku memberi laluan kepada kawan untuk melihat si anak dahulu sambil aku pegang kad si ibu.
Si anak bermasalah dalam pembelajaran di sekolah. Si ibu dah jumpa dengan pihak sekolah tentang prestasi anak dan berbincang. Maka sekolah mencadangkan buat pemeriksaan Murid Berkeperluan Khas (MBK). Selepas dinilai beberapa aspek, diagnosis awal adalah Learning Disability.
Kawan aku menerangkan perlu rujukan kepada juruterapi carakerja untuk penilaian penuh tumbesaran (developmental assessment). Selepas penilaian itu kami tengok semula apa langkah seterusnya. Si ibu faham dan bersetuju.
Tibalah giliran aku untuk melihat si ibu sambil kawan buat surat rujukan dan dokumentasi konsultasi si anak. Si ibu bermula dengan ayat “saya tak tahu nak cakap macam mana masalah saya ni.” Dan aku jawab “takpe cerita je macam mana pun, saya okay jee..”
Maka si ibu pun bgthu yg kerap ada mslh tidur, tiba2 dada rasa nk pecah, tgn terketar n bila jadi mcm ni dia nk termuntah n susah nak bernafas. Aku pun syak ini bukan kes biasa tak sihat, tp mesti ada kisah disebaliknya. Terus aku tya “hbgan dengan suami,keluarga atau kawan2 ok?”
Dia pun cakap baru je berpisah beberapa bulan lepas. Perkahwinan 9 tahun dia pilih untuk tamatkan kerana memakan dirinya atas beberapa isu. Bekas suaminya menderanya secara verbal,emosi,fizikal dan seksual.
Sorg laki yg sgt panas baran n dia dh hidup bersama slama 9 thn tnpa tahu smpai bila prlu hadap. Mereka prnah berpisah skali beberapa thun lepas tp rujuk balik sbb si llki janji utk berubah, janji tinggal janji. Rutin penderaan kmbali hinggalah berpisah ke-2 beberapa bulan lepas.
Si ibu tidak dibenarkan bekerja diluar kerana cemburu dan “trust issue” walaupun isu itu tidak wujud, sekadar kongkongan dan dominasi si bekas suami. Hanya si lelaki yang bekerja. Si ibu buat bisnes dari rumah berbekalkan bakat yang ada iaitu membuat kek.
Dgn pendapatan bisnes dr rumah tulah dia mmpu membeli rumah dan kereta walaupun kereta tu dia tak pakai sebab tak dibenarkan keluar rumah. Hanya si bekas suami yang menggunakan kereta. Si ibu tidak menceritakan secara terperinci tentang nafkah zahir yang lain n aku pun tak tanya.
Pergaduhan mereka hampir setiap hari dan tahapnya bukan macam kebanyakan kita (gaduh2 manja comel2). Dicarut dihamun tanpa tapisan dengan nada yang tinggi. Makian tanpa batasan dihadapan anak.
Si ibu berhenti seketika mengelap airmata sambil tanya “eh takpe ke saya cerita ni?saya malu”. Aku jawab “jangan risau, awak di tempat yang selamat. Kalau awak tak kisah, cerita je. Saya boleh dengar, kami boleh tunggu sampai awak selesai.”
Ada hari yg order agk byk 8 kek. Siap buat kek,bgkus n sedia utk hantar (tak bagitahu hantar sendiri,pick up/runner). Bekas suami mengamuk sbb dia tak dgr dipanggil, sibuk uruskan kek. Maka si bekas suami mengambil 1 persatu kek n hempas ke lantai sambil memaki hamun n pijak kek.
⁃Hempas kek pertama “kau bab” ⁃Hempas kek kedua “memang perempuan sil kau ni” ⁃Hempas kek ketiga “betina bodoh” dan keempat kelima.
Maka 5 pesanan pelanggan tak dapat disempurnakan dan duit pelanggan terpaksa dipulangkan secara penuh walaupun kek dah siap cuma tunggu hantar je. Dan ini terjadi depan anak.
Dan beberapa minit lepas insiden tu, si bekas suami meminta dia nafkah batin. Dalam ketakutan,kemarahan,kesedihan dan kekecewaan dia turuti. “Kalau saya kata taknak atau lawan,lagi sakit saya kena fizikal dan seksual.”
Di hari yang lain, bekas suami minta untuk dikejutkan tidur untuk pergi kerja. Maka dia pun kejutkan suami berkali-kali. Bila bangun si suami bengang kerana tidurnya diganggu. “Kau apasal perangai macam pukmak sangat ni?” “menyakitkan hati aku betul la bab sekor ni”
Makian cmni bukannya dgn nada rendah. Tak mgkin anak dpt tidur. anak pun terpinga tgk n dgr bapa kata gitu kpd ibu hmpir stiap hari slama bertahun. Bnda ni jadi bkn kali pertama n bukan sekali tu je. Itulah rutin bertahun yg lepas. Itulah yang anak dengar dan tengok setiap hari.
“Jujur doktor, saya pernah je cuba nak habiskan nyawa saya. Saya duduk dalam kereta 2 jam tutup tingkap tengah panas tanpa hidupkan enjin. Tapi saya stop sebab teringat muka anak.”
“Saya pernah pegang racun tikus kat supermarket nak beli, tapi letak balik sebab saya takut anak saya makan sekali bila dia tengok saya makan”
“Kadang saya ada harap bila dia pukul saya, biar lah sampai saya mati dia pukul tu. Sampai bila saya nak hadap macam ni.” Dan pelbagai lagi idea ataupun lintasan fikiran yang dia ada tapi tak diteruskan kerana terbayang anak yang takde siapa akan jaga kalau dia tiada.
Dia bru tahu beberapa mggu lepas yg kereta dia dijual oleh bekas suaminya n 1 sen pun dia tak trima duit hasil jualan wlaupun kereta ats nama dia. “Saya tk tahu mcm mana dia jual tnpa persetujuan saya”. Sekarang ni saya takut rumah tu pun dia jual jugak sebab rumah tu nama saya.
“Sekarang saya balik kampung duduk dengan mak saya. Dia takde ganggu saya dah cuma contact sesekali berkaitan anak. Sekarang saya rasa tengah menghadapi realiti trauma lepas saya hadap dia 9 tahun.”
Dan sekarang baru dia ada ruang dan masa untuk beri perhatian tumbesaran anak. “Anak saya ni tercicir banyak, banyak dia terlepas, banyak dia tertinggal.” Dia tahu anaknya takde zaman kanak-kanak yang seronok macam orang lain.
Benarlah, rumah yang tidak harmoni akan membantutkan otak kanak-kanak. Ibubapa yang bergaduh teruk depan anak-anak akan memberi kesan terhadap mereka.
Aku saja minta si anak untuk tulis nombor, huruf dan buat operasi matematik mudah (tambah tolak), tapi memang tak berjaya. Untuk usia 9 tahun, kebolehan membaca,mengira dan menulis bukan macam ni. Ini lebih kepada usia 6-7 tahun.
Sesi konsultasi,perbualan dan penceritaan ni hampir 1 jam. Banyak lagi yang tak mampu aku tulis. Tapi cukup panjang ini dan yang baca faham apa yang aku nak sampaikan.
Sehelai kertas ini adalah bukti dan manifestasi yang kelakuan ibubapa dirumah mempengaruhi tumbesaran anak-anak. Dan yang ada depan mata aku sekarang adalah seteruk ini. Dan kesannya bukan kepada 1 individu, tapi 2. Si ibu dan si anak terkesan dengan cara mereka tersendiri.
Si ibu n anak beransur kluar dgn management yg aku n kwn rangka. Aku kemas bag, punchkad dan hidupkan enjin motor untuk balik. Sepanjang perjalanan terngiang suara si ibu dan si anak dalam bilik dengan kisah mereka. Ini bukan kali pertama aku dengar, dan juga bukan yg terakhir.
Si ibu taknak teruskan hidup dengan pasangan sebegitu seumur hidup, kerana seumur hidup itu terlalu lama. Terlalu lama.
Tamat.
submitted by TruthversusSlander to NegarakuMalaysia [link] [comments]


2024.02.24 16:05 trenchman_ Feeling suicidal

just telling my story
2 years ago, gw dapet kerja di fnb dimasukin sama kaka dari kaka ipar gw. seingkat cerita gw kerja disitu cuma semingu karna coworkers didn't tell me what I supposed to do, mereka ngasih tau apa yang harus dilakukan setiap hari tu cuma setengah-setengah & mereka gak memberitahu apa yang gw lakukan itu salah. contoh ketika gw dikasih jadwal cuma 4 jam nah di 4 jam itu di toko cuma ada 2 org gw sama co worker gw, nah selesai 4 jam gw balik dan ningalin co worker gw sendiri dan dia gak ngasih tau gw bahwa seharus nya gw lembur, kalau dia ngasih tau gw harus lembur gw bakal dan bisa lembur. next day gw masuk shif pagi nah setiap pagi karyawan wajib nyiapin raw material makanan, gw langsung motongin bawang, bawang daun & wortel, but my co worker said "gak usah stock di kulkas masih banyak, duduk aja sambil nungu pesenan biar gw nyiapin japche" ya udah gw duduk, tapi cctv liat gw duduk gak ngelakuin daily morning task. thats my second mistakes. my third mistakes pada hari itu pesenan banyak dan ada satu pelangan yang balik ke toko dia bilang minumannya kurang satu dan gw langsung bikinin minuman yang kurang itu dan gw apologize ke dia. gw gak tau siapa yang lupa masukin minuman nya apa kah gw atau co worker gw, dan co worker gw bilang that was me, dan dia bilang untuk hati hati lain kali & dia bilang "Kumaha lamun di Skorsing" dan gw bilang "Keun we lah" dan disitu gw di cap sebagai Bad Altitude. hari selanjut nya gw gak dapet jadwal dan besok nya gw dapet WhatsApp gw gak bisa kerja lagi disitu and my mother was mad. disitu mental gw langsung pecah.
bebera bulan kemudian gw dapet duit dari pra-kerja dan gw bilang ke ibu gw, gw mau pake duit nya buat beli laptop biar gw bisa kerja online. gw dapet lumayan dari online dan cukup buat gw sendiri dan ibu gw gak suka karna dia pengan nya gw punya kerja dengan gaji umr dan itu membuat gw a little bit depreses
bulan lalu suami sepupu gw nawarin gw kerjaan jadi cleaning service di suatu universitas di bandung karna ayah nya suami sepupu gw adalah salah satu staff di universitas itu, gw agak takut karna kejadian tahun lalu & gw juga takut dengan lingkungan baru, orang-orang baru dan kerja di lingkungan dangan banyak orang lalu lalang seperti universitas, gw admit gw punya mental lemah. dan ibu gw maksa gw untuk mau kerja disitu. seminggu kemudian gw dapet panggilan dan gw nervous setengah mati, setelah di interview besok nya gw ikut training dan gw di ajarin cuma CARA BERSIH BERSIH nge pel, nyapu, ngilangin sarang laba laba di ceiling dll. setelah di training gw ditempatin di salah satu gedung disitu. nah svp & leader nyuruh salah satu cleaning service senior(lawan shift gw) di gedung itu untuk ngajarin apa aja daily activity apa yang harus di lakukan setiap hari, and gues what dia ngasih tau nya cuma setengah setengah, dia gak ngasih tau setiap hari sabtu itu harus nyuci tong sampah, bersihin pantry, kalau dapet shift malem closingan harus ngapain aja, gw sempet nanya ke senior lain & gw mulai beradaptasi tapi tetep svp & senior nge cap gw buruk, tadi(sabtu) gw dipangil sama svp & leader dan gw dipindah jadi relifer. and I feel down & very depressed dan gw merasa malu sama pekerja cleaning service disitu
I'm tired, I can't take it anymore, gw akui gw punya mental lemah sedikit sedikit merasa down, it gets worse day by day. dari yang sekedar pikiran jadi pengen ngelakuin jadi ngelakuin beneran. tadi gw coba gantung diri by door knob hanging pake kabel stopkontak tapi malah putus kabel nya gak kuat nahan beban berat badan gw and I write this instead. Now I remember kenapa gw punya mental lemah, gw dulu waktu kecil selalu di bully sama sepupu-sepupu gw yang kaya raya.
dulu gw takut dengan kematian, apa yang akan terjadi setelah kematian, sekarang gw pengen cepet cepet. maaf bukannya mau caper nulis ginian I'm just trying to feel better

submitted by trenchman_ to indonesia [link] [comments]


2024.01.31 17:28 royale_high_shop Thoughts?

So cerita dia camni,I was a prefect time form 4...a new prefect teacher replaced the previous teacher,this teacher is an Ustaz and he hates me smh...He calls up on students or prefects he doesn't like and yell at them for stupid reasons or prefect stuff..example he called me and ask me if I could go to the prefect camp,I replied with "Tidak boleh Ustaz" he asked why so I replied la "Parents saya balik kampung jadi saya kena jaga adik saya".He asked my parents to call him,my parents are strict parents so they refused to let me go to the camp and they refuse to call the Ustaz since that should be the ustaz's job to call upon the students parents regarding school/prefect problems and so on...Few weeks later I was told that I got kicked out of prefect because I didn't go to the camp?Ofc I was so pissed off cuz it was just a stupid camp,kononnya la "Nak mantapkan pengawas".Prefect camp once every year and I see no difference at all!Ofc as I was so angry towards the Ustaz I cried and opened up to my teachers and my friends,the story spread and sort off given him a bad name.Ofc some or most of the teachers are on his side since teachers have to stay together even if they're in the wrong smh.2 months later me and my classmate was in the library,suddenly the Ustaz entered the library for a meeting behind the library.My friend stupidly says out loud "Weh Zal,Ustaz favorite kau dah sampai" The Ustaz looks at him and said "Kau pahal?Kau kalau aku pecah muka kau satgi kau ngadu" like excuse me?Do all Ustaz do that?!The next day during recess he called my friend who was being sarcastic about the Ustaz.My friend mengadu kata Ustaz tu kata ini kata itu, threatening him and stuff,exactly what happened to me...
During class,The Ustaz came to my class asking for my class to go to the badminton court,He asked every student in my class if we have any problem with him,none of us do,he told my friend to "jaga mulut" then he stared at me and asked "kau ada masalah ngan aku ke?" I had enough of his attitude and replied "Ustaz punya ugutan apa semua ni dah melampau".Tahu tahu I got slapped 💀
Hilang semangat weh srs
submitted by royale_high_shop to Bolehland [link] [comments]


2023.12.23 14:09 robotechmaster SIAPA PENDUDUK PRIBUMI FALASTIN?

SIAPA PENDUDUK PRIBUMI FALASTIN?
SIAPA PENDUDUK PRIBUMI FALASTIN?
Sinopsis Ringkas:
12,500-9,500 SM (Sebelum Masihi): Bangsa Natufia kuno adalah bangsa pertama bermastautin di Jericho (di Tebing Barat, Falastina). Kajian struktur DNA bangsa Natufia melibatkan peratusan 61.2% Arab, 21.2% Afrika Utara, 10.9% Asia Barat & 6.8% Habsyah (Ethiopia).
Pribumi asal Natufia hidup bersama2 bangsa imigran dari seluruh dunia. Bila populasi di Jericho berkembang beranak pinak sesama Natufia dengan berasimilasi bangsa pendatang selang beberapa generasi, bangsa ini dikenali sebagai pribumi Kanaan - populasi puak pribumi yang tinggal di kawasan Ash-Shams atau dulunya nama kuno wilayah Kanaan (Falastin, Jordan, Syria & Lubnan)
Keturunan pribumi Kanaan masih lagi terdapat dalam bangsa Arab & Yahudi di Falastin sekarang.
2,150 - 1975 SM: Nabi Ibrahim AS (seorang Rasul dalam agama2 wahyu Yahudi, Nasrani & Islam) dilahirkan di kawasan yang kini dikenali sebagai Iraq. Bertahun kemudian, baginda dengan keluarga berhijrah ke Kanaan (sekarang Tebing Barat, Falastin) kerana Allah SWT memerintahkan Nabi Ibrahim & tanah Kanaan dijanjikan sebagai Tanah yang Dijanjikan aka "Promised Land". Ini selepas Nabi Ibrahim melepaskan diri dari seksaan Namrud, & kajian silang sejarah menyatakan Nabi Ibrahim dilahirkan dalam tamadun Sumeria purba. Pada masa ni juga, anak saudara Nabi Ibrahim AS iaitu Nabi Luth diperintahkan berhijrah ke kota Sadum untuk berdakwah.
Nabi Ibrahim tinggal di Kanaan sepanjang kehidupan baginda. Anak2 baginda iaitu Nabi Ismail dengan Siti Hajar hidup di Bakkah (kemudian menjadi Makkah) bersama kaum Arab Jurhum & memulakan jalur bangsa Arab, manakala anak baginda dengan Siti Sarah iaitu Nabi Ishak di Kanaan memulakan jalur keturunan bangsa Yahudi. Anak Nabi Ishak iaitu Nabi Yaakub dilahirkan & digelar Isra'il (Tentera Allah).
Disebabkan masalah kebuluran di Kanaan, Nabi Yaakub bersama 70 orang ahli keluarga baginda berhijrah ke Mesir Kuno dimana anak baginda Nabi Yusuf AS berkhidmat sebagai Mamanda Menteri bagi Dinasti ke 15 Hyksos Mesir dimana baginda sekeluarga hidup aman sentosa dengan 12 orang anak lelaki yang keturunan mereka kemudiannya membentuk 12 puak Bani Isra'il.
4 generasi kemudian, keturunan Nabi Yaakub telah berkembang sehingga berjumlah lebih kurang 600,000 dikenali Bani Isra'il.
Firaun Mesir pada masa tu pulak (Ramses II dari Dinasti ke 19 Mesir) rasa curiga dengan keturunan imigran Bani Isra'il yang makin ramai lalu memperhambakan mereka berjemaah dijadikan buruh kuli paksa.
Nabi Musa AS dilahirkan & dibesarkan dalam keluarga Firaun lepastu baginda melarikan diri ke Kanaan kerana kesalahan membunuh seorang lelaki Mesir Qibti. Di Kanaan pula Nabi Musa bertemu dengan Nabi Syuaib AS serta diperisterikan dengan anak dara Nabi Syuaib. Baginda pulang ke Mesir berdakwah pada Firaun dengan bantuan adik lelaki baginda Nabi Harun AS & berhijrah ke Falastin setelah Laut Merah terbelah dua manakala Firaun dengan bala tenteranya mati tenggelam bila Laut bercantum semula. Bani Isra'il ni ingkar, siap sembah patung emas Lembu Samiri walaupun ditegah Nabi Harun AS, & keingkaran mereka ni diturunkan bala takleh masuk Kanaan. Pada masa ni Nabi Musa pegi hijrah sekejap diperintahkan Allah bertemu Nabi Khidr. Bani Isra'il yang insaf dipimpin Nabi Musa kembali ke Kanaan sebagaimana janji Allah kepada Nabi Ibrahim dulu.
1,200-1,050 SM: Bani Isra'il berjihad ke atas bangsa pribumi Kanaan penyembah berhala & menakluki bumi Kanaan. Ia dinamakan sebagai Tanah Isra'il & dibahagikan kepada 12 bahagian mengikut 12 puak Bani Isra'il. Inilah permulaan Kerajaan Isra'il Raya kuno.
926 SM: Ini selepas era Nabi Daud AS & anakandanya Nabi Sulaiman AS yanh diberi mukjizat oleh Allah SWT menundukkan angin dan jadi Raja sekalian mahkluk haiwan, jin & manusia. Selepas kewafatan Nabi Sulaiman AS, 12 puak bani Isra'il bertelagah sehingga Kerajaan Isra'il Raya berpecah kepada Kerajaan Isra'il di Utara (dengan 10 puak) & Kerajaan Judah (termasuk Baitulmuqaddis & Haikal Sulaiman) di Selatan (dengan 2 puak).
800BC - 722 SM: Biasalah Bani Isra'il, degil kembali jahiliyyah. Kerajaan Isra'il di Utara siap ada murtad sembah berhala Baal yang dijadikan agama rasmi pemerintah selain ajaran Tauhid. Maka Empayar Assyria menakluki semua jajahan takluk Kerajaan Isra'il-Judah & angkut halau 10 puak bani Isra'il sampai sekarang taktau mana hilang 10 puak ni tak tersisa. Pada tahun 722 SM, Kerajaan Isra'il di Utara dihancurkan padang jarak padang tekukur.
586 SM - Kerajaan Judah di Selatan sama jugak mangkuk wal hayun jadi sesat wal menyesatkan ahlul punah wal ranah habis kepercayaan tauhid dicampuradukkan dengan bidaah dholalah termasuk penyembahan berhala. Maka ditimpakan bala, Empayar Babylon dibawah Raja kejam Nebuchadnezzar II (Bukht-Nassar) menakluki Judah, sembelih puak2 ni, bakar habis semua kitab Taurat serta Zabur & meruntuhkan Haikal Sulaiman. Sakibaki 2 puak bani Isra'il habis diangkut dicampak kat tengah2 Iraq (masa tu wilayah Babylon).
580-530 SM: Empayar Parsi Achaemenid dibawah Raja beriman Cyrus Agung (Kurush) mengalahkan Babylon & membebaskan Baitulmuqaddis. Semua 30,000 keturunan Bani Isra'il pelarian di Babylon dibenarkan balik tapi puak2 ni dah lupa ajaran Taurat Nabi Musa serta Zabur Nabi Daud, maka Allah SWT menghidupkan semula Nabi Uzair AS dari tulang belulang untuk mengajarkan hafazan Taurat kat puak2 ni. Pada masatu jugak Raja Cyrus Agung perintahkan Haikal Sulaiman kedua dibina kembali. Oh, ada sejarawan Islam berpendapat Dhul Qar-Nayn dalam Quran adalah Raja Cyrus Agung ni lah.
330 SM: Alexander the Great (Iskandar Agung) Raja Yunani Macedon mengalahkan Darius III Empayar Parsi Achaemenid & menakluk Falastin. Lepas kematian dia, puak2 Yahudi nim pakat puja pakat campuraduk budaya Yunani Hellenistik Macedon kasik bidaah dholalah lam agama Yahudi. Aku dah cakap depa Bani Isra'il punya ketegaq len machiem woooo. Masa ni Falastin dibawah Empayar Parsi-Yunani Seleucid.
63 SM - 135 M (Masihi): Tanah Isra'il jadi balaci Empayar Rom. Masa ni depa punya sesat hangpa jangan cerita. Zaman ni sehinggakan 3 NABI Allah diutuskan pada zaman yang sama nak dakwahkan puak2 degil jahiliyyah muraqab nim iaitu Nabi Zakaria AS, putera baginda Nabi Yahya AS & lepastu Nabi Isa Al Masih AS. Para agamawan Yahudi kaki rasuah, kaki klepet, sampaikan kitab Taurat & Zabur diselewengkan ikut nafsu depa. Nabi Yahya dibunuh Raja Yahudi si Herod yang kawin ngan anak sedara pompuan dia, Nabi Zakaria pun dibunuh masa berdakwah kat Bani Israil ni. Nabi Isa AS pula dibantu para sahabah Huwariyyun berdakwah tapi dikhianati bani Isra'il kepada Rom. Allah SWT selamatkan Nabi Isa dari disalib dengan diangkat ke langit. Maka puak2 pengkhianat ni mana reti diam depa memberontak lawan Rom sampai Rom bengang menjajah sembelih habis semua & bakar satu kota Baitulmuqaddis serta Haikal Sulaiman kedua dihancurkan! Pada masa ni lah bani Isra'il dihalau keluar bertebaran ke Parsi hingga Tanah Arab sebab Romawi MENGHARAMKAN Yahudi menjejakkan kaki ke Falastin. (Berapa kali kena halau daaa, bala bala puak2 nim).
324 M: Empayar Rum Baizentin menawan Falastin dari jajahan Empayar Parsi Sassaniyah. Ramai orang beragama Nasrani berhijrah ke Baitulmuqaddis. Oh, puak Yahudi masih DIHARAMKAN dari Falastin sebab Romawi dari zaman Jahiliyyah hingga memeluk Nasrani tetap berdendam ngan Yahudi ni.
610 - 750 M: Kebangkitan Islam. Puak Yahudi Yathrib iaitu: - Bani Alfageer - Bani Awf - Bani Harith - Bani Jusham - Bani Quda'a - Bani Shutayba - Bani Qaynuqa - Bani Qurayzah - Bani Nadir bersama2 suku Arab Aws & Khazraj berbaiah pada Nabi Muhammad SAW semasa pembentukan Kerajaan Islam Madinah.
Bani Qaynuqa dihalau keluar sebab melanggar Perlembagaan Madinah, Bani Nadir dihalau sebab nak memberontak & membantu bagi maklumat pada musuh masa Perang Khandak, serta Bani Qurayzah diperangi sebab belot & menyerang bahagian belakang tentera Islam yang bertahan di Madinah masa Perang Khandak.
Bani Nadir tak puas hati kena halau pi pulak hasut Yahudi Khaybar untuk bermusuh dengan Kerajaan Islam Madinah. Tak pasal2 hah amik Bani Nadir & Yahudi Khaybar diperangi kerana merancang nak serang Madinah.
Sebab tu Abdullah ibn Salam dari Bani Qaynuqa, bekas pendeta Yahudi merangkap sahabah yang dijanjikan syurga ketika dia masih hidup mengingatkan Nabi Muhammad tentang sifat talam 2 muka Yahudi ni. Tapi Rasulullah SAW tetap memperisterikan Sayyidatina Safiyyah bint Huyayy puteri ketua Bani Nadir & Sayyidatina Rayhanah bint Zayd dari Bani Nadir.
Masa zaman Khilafah Ar Rashiddin, Saydina Umar Al Khattab RA membebaskan Ash-Shams dari Rum Baizentin, & kaum Yahudi buat pertama kali selepas 500 tahun dibenarkan pulang ke Falastin. Maka berduyun2 puak ni balik ke Baitulmuqaddis yang turut didiami Nasrani, Yahudi & Muslim. Aman2 jah sentosa bahagia. Khilafah Ar Rashiddin memberi jaminan Yahudi & Nasara kebebasan beragama di Falastin & jajahan takluk Islam sehinggalah era Khilafah Umayyah, Khilafah Abbasiyyah, & masa Kerajaan Islam Al Andalus, ramai Yahudi berhijrah mendapat kemakmuran sehinggakan ilmuwan & agamawan Yahudi memulakan tradisi pengumpulan teks2 Yahudi. Yahudi di Al Andalus mencapai zaman Keemasan agama Yahudi serta keintelektualan falsafah, saintifik, astrologi seiring dengan zaman Keemasan Islam di Baghdad & Al Andalus.
Bangsa persekutuan barbarik Khazar menganut agama Yahudi & ramai Yahudi berhijrah ke negara Khazar untuk berdakwah. Yahudi jadi agama anutan rasmi Khazar di Kaukasus (sebahagian Russia) untuk mengimbangi kekuatan kekhalifahan Islam & Nasrani Rum Baizentin.
950 - 969 M: Yahudi Khazar & Khilafah Abbasiyyah jadi sekutu melawan bangsa Viking Kievan Rus yang menceroboh melanun merompak kota2 Yahudi Khazar & pusat2 perdagangan Islam sehinggalah negara Yahudi Khazar dihancurkan Kievan Rus. Pelarian Yahudi Khazar kembali ke jajahan takluk Abbasiyyah & berhijrah pelusuk wilayah Khilafah.
1100 - 1200an M: Siri peperangan Salib menyaksikan penyembelihan orang2 Yahudi, Islam serta orang Nasrani Falastin sendiri oleh kezaliman para Salibi Katolik Eropah. Yahudi & Muslim dihalau keluar dari Falastin yang terjajah sehingga 100 tahun kemudian Salahuddin Al Ayyubi as-Sultan Mamluk Mesir membebaskan Falastin & Baitulmuqaddis, barulah umat Islam dengan Yahudi kembali semula.
Masa kekacauan era Mongol menghancurkan Kerajaan Islam Khwarizmiyyah hingga Khilafah Abbasiyyah dihancurkan, maka sekali lagi umat Yahudi berhijrah ke Al Andalus menyelamatkan diri.
1600an - 1800an M: Ketika Al Andalus ditakluk kempen Reconquista Sepanyol, Yahudi Al Andalus melarikan diri ke serata Eropah & sebahagian minoriti ada yang berhijrah ke Maghrib (Morocco) serta kembali ke Falastin atas jemputan perlindungan Khilafah Uthmaniyyah. Di Falastin bangsa Muslim, Nasrani & Yahudi terus dilindungi kekhalifahan Daulah Uthmaniyyah.
1920an - 1948 M: Falastin dijajah British setelah wilayah Uthmaniyyah dibahagikan dibawah Perjanjian Sykes-Picot. Falastin dijadikan sebagai British Mandate. Sebahagian penduduk pribumi Falastin samada Islam, Kristian & Yahudi Falastin menentang penjajahan British. British amalkan dasar pecah & perintah, bawa masuk ramai pendatang Yahudi Ashkenazi Eropah supaya sosio politik tempatan Falastin berpihak pada British. Selepas WW2, British dengan kerjasama PBB membawa masuk lebih ramai pelarian Yahudi Ashkenazi yang pada 1948 mengisytiharkan negara Isreal moden membawa konflik Falastin sampai loni 70 tahun lebih tak setel.
Kesimpulan, kewujudan Isra'il adalah berdasarkan janji Allah SWT kepada Nabi Ibrahim AS.
Masalah timbul bila Isra'il ditafsirkan seolah2 khusus untuk bangsa terpilih eksklusif kononnya Yahudi semata2. Ikut tafsiran ikut sedap tekak Isreal loni, pribumi asal Kanaan di Falastin, kaum asal menduduki Kanaan (merangkumi Falastin & Isreal moden) juga termasuk bangsa Arab Falastin (beragama Islam & Kristian Ortodoks) tak dianggap Bangsa Terpilih & takde hak langsung ke atas Isreal serta Falastin (pening kepala aku lojik kepala lutut Yahudi Zion ni).
Ribuan tahun, Empayar demi Empayar datang & pergi menakluk wilayah Kanaan / Isra'il / Falastin beberapa kali & Yahudi acapkali dihalau keluar sehinggalah Daulah Islamiyyah mempelawa mereka pulang ke Falastib dan diberi perlindungan sebagai Ahlul Kitab.
Jadi sapa sebenarnya PRIBUMI ASAL Kanaan (Isreal & Falastin)?
Orang Yahudi Isreal & Arab Falastin kedua2nya menegakkan hak bahawa Falastin adalah wilayah yang didiami nenek moyang masing2, mengaku dioranglah pribumi asal Falastin & menuduh samada Yahudi atau Arab Falastin bangsa pendatang.
“Kami adalah keturunan peribumi Kanaan, tanah ini milik rakyatnya …yang telah lama berada di sini sejak 5,000 tahun lampau”, tegas Presiden Pihak Berkuasa Falastin, Mahmoud Abbas.
PM Isreal Benjamin Netanyahu pun tuduh nenek moyang Arab Falastin pendatang “yang berasal dari Semenanjung Tanah Arab ke Tanah Isra'il beribu tahun” selepas Bani Isra'il (abah dia pegi kedai beli cincau, mak dia pegi kedai beli cabai ... angin aku).
Kajian DNA pada tahun 2020 mendapati “the present-day inhabitants of the region are, to a large extent, descended from its ancient residents (the Canaanites)" iaitu penduduk Falastin di kawasan berkenaan, sebahagian besar populasi adalah berketurunan dari pribumi asal kuno wilayah berkenaan (bangsa Kanaan).
FAKTA TAMBAHAN ASAL USUL NAMA FALASTIN:
Berasal dari suku Filistin (Philistines) salah satu cabang bangsa Kanaan. Dalam Qasas ul Anbiya', suku kaum Jalut yang berperang dengan Raja Talut dan tentera Bani Isra'il yang beriman termasuk Nabi Daud AS yang menewaskan Jalut.
Bahasa Mesir Kuno era Firaun sebut Filistin sebagai Palusata. Dalam bahasa Ibrani (bahasa Bani Isra'il) dalam Taurat ialah Plistim, Filistin dalam bahasa Aramaic (bahasa Nabi Isa al Masih) dalam Injil ialah Philistia. Bahasa Akkadia / Assyria / Babylon Kuno sebut Filistin sebagai Palastu.
Yunani sebut Phylistiim, Romawi sebut Palaestina. Bahasa Arab sebut Filistin / Filastin / Falastin.
Maknanya lama beribu tahun nama ni. Agaknya Yahudi bengang nama Falastin lebih fofuler dari nama Isra'il yang diadaptasi jadi Isreal tu.
P/S: Gambar2 ni bukan imej Bani Isra'il tapi gambaran pribumi asal Kanaan Kuno, bangsa Jalut.
submitted by robotechmaster to Ajar_Malaysia [link] [comments]


2023.12.14 21:56 upperballsman Apakah Pembelajaran Sejarah Indonesia Pra Nasional (Era Prasejarah, Klasik dan Kesultanan) Perlu Lebih Ditekankan daripada yang Sekarang di Kurikulum Pendidikan?

TLDR: Closing statement di paling bawah, dengan penekanan ini, kita bisa memperkuat identitas bangsa sehingga gk mudah dipecah belah, dan pada yang saat bersamaan juga memperkuat dalam hal mempromosikan persatuan republik.
Bila anda tidak tau masa lalu, maka anda secara harfiah tak akan tau apapun, anda tak akan mempunyai bahasa, mempunyai sejarah, jdi hal pertama yang akan terjadi adalah ketidak-utuhan secara personal (Wendell Berry).
Keutuhan macam apakah yang dibicirakan Wendell Berry ini? untuk konteksnya, saya lagi membaca "of Palm and Wine" karya David W Bade tentang Invasi Mongol ke Jawa.
Namun saya rasa bagian tengah buku ini begitu luar biasa, membahas tentang alasan personal kenapa Khubilai dan Kertanegara merasa adil dan benar dalam perspektif masing masing. detailnya tidak relevan dengan judul post, tpi bagian pembahasan-nya ada yang menurut saya relevan dengan judul diatas.
yaitu kutipan dari Plato yang bunyinya begini:
"Pergerakan umat manusia diarahkan kepada pencarian kejelasan tentang diri sendiri. Ia tidak dapat mendapat kejelasan tentang diri sendiri kecuali ketika Ia mendapat kejelasan dari hal hal yang ada disekitarnya"
dua kutipan dari Wendell dan Plato itu membuat saya kontemplasi malam2 ditengah gk bisa tidurnya saya. karena saya merasa kok ya bisa saja dihubung hubungkan dengan historiografi tradisional kita.

1. Pencarian Jati Diri dalam bentuk ideal

Contohnya Babad Tanah Jawi terkenal sebagai propaganda Mataram yang menyerukan garis dinasti mereka turunan langsung dari Brawijaya, hal ini turun terus menerus dari berbagai generasi sampai kraton Jogjakarta, dimana mereka menemukan diri mereka dikerdili oleh kekuasaan eropa, dimana Kraton mereka dijarah habis, dan kekuatan duniawinya dicabut sampai hampir seutuhnya. kita akan lihat tren disini bahwa tutur akan menjadi semakin rumit dan rumit seiring jalanya waktu.
Seperti tutur kekalahan mongol di catatan jawa, yang awalnya dikisahkan "dapat dikalahkan" lama kelamaan berkembang jadi "raja mongol pun mati di jawa", begitupun juga dengan Brawijaya, dari yang cuma Brawijaya saja di Babad Tanah Jawi, ujug ujug semakin berjalan waktu tiba tiba Brawijaya ada seriesnya sampe yang ke 5 di Serat Pustaka Rajapurwa.
ini semua proses pencarian jati diri yang wajar menurut saya, sebagaimana orang-orang saat itu-- terutama dinasti berkuasa --mengklaim mandat dari surga, mengklaim keturunan ki ageng yang bisa menjinakan petir, keturunan dari alexander, atau bahkan nabi adam sekalipun, itu wajar. apa yang mereka lakukan itu sejatinya pencarian jati diri-dengan waktu yang bersamaan juga upaya memahami dunia yang ada disekitarnya, dan bagaimana caranya membuat masuk akal apa yang ada kala itu.

2. Pencarian Jati diri di era Modern

Hal itu terjadi pada saya, ketika tau bahwa indonesia ini katanya memiliki "peradaban besar" "dahulu kala" "pusat perdagangan internasional". saya pun penasaran dengan semua itu dan, karena kecewa dengan materi ala kadarnya di sekolahan, saya berusaha menyelami lebih dalam tentang hal ini. dan betapa kagetnya saya ketika mempelajari bahwa kurikulum melewatkan semua ini. banyakkkkkkk sekali yang dapat dijabarkan disini.
Ada sumber kebangaan daerah, ada fakta2 menarik mengenai multi kulturalisme, dan yang paling penting, ini adalah kesamaan dalam setiap cerita itu, yang paling penting adalah betapa jelasnya bangsa ini SANGAT MUDAH di pecah belah.
Saya gk ngomongin entengnya entitas lokal memberikan perjanjian terhadap kekuatan eropa, dari kacamata zaman-nya, cukup jelas bahwa bentuk perjanjian kerjasama itu hal yang niscaya dilakukan sultan pelabuhan yang kesejahteraanya tergantung dari arus dagang, tidak. yang saya bicarakan disini adalah pecah belah antar internal entitas lokal, ceritanya selalu sama, yaitu:
"VOC memberi bantuan pada pangeran tandingan, pangeran tandingan dijadikan boneka, negara diambang kehancuran".
ya, saya tentu saja oversimplify hal hal disini, banyak diskusi yang lebih nuanced, tapi itu intinya.

3. Kenapa menurut saya harus lebih ditekankan

saya rasa, kesejarahan lokal, perlu lebih ditekankan lagi dalam sekolah sekolah. kembali ke perumpamaan babad tanah jawi, kurikulum yang ada dulu dan (mungkin)sekarang ini lebih ke model babad tanah jawi yang mana hanya dilihatkan penggambaran ideal dari kegemerlapan masa lalu saja. nggak ada bedanya dengan babad mataram yang hanya menampilkan gemerlap, menjadikan babad tersebut sebagai basis justifikasi tiraninya.
maka menurut saya ada 3 manfaat yang akan didapat bila pengajaran sejarah lokal lebih ditekankan:
  1. seperti kutipan pertama, masing masing daerah makan dengan itu akan lebih sadar akan kebangaanya dalam kesejarahan, multi-kulturalisme yang sangat penting di negara kita, dan memiliki jati diri yang jelas. hal ini berdampak nyata di dunia nyata, contoh paling segar, ada kasus beberapa orang mempermasalahkan dekorasi naga merah di pagar bupati pontianak. berkata bahwa "itu terlalu kecina cinaan" seandaikan mereka lebih ditekankan wawasan sejarahnya, pasti mereka bisa menerima penjelasan bahwa dekorasi itu merupakan gabungan motif dayak, melayu, dan cina, etnis kalimatan barat semenjak zaman kesultanan, bahkan kesultanan pun pernah beraliansi dengan kongsi cina melawan kolonialisme.
  2. jati diri ini sangat penting bagi negara seperti kita, ini saya hubungkan dengan Thesis Yoko Harada yang membahas kompleksitas inferior atau dengan kata lain, rasa tidak pede dengan bangsa sendiri, rasa "kurang dari bangsa lain" ini timbul dari kolektif identitas bangsa yang merasa "kurang dewasa" dari peradaban bangsa lain, Yoko Harada menggunakan contoh Jepang dan Newzealand post WWII sebagai contohnya, namun saya disini umpamakan saja misalkan Sejarah Surabaya yang "hanya" berkutat di 10 November saja, dengan "cerita yang kita ingat" cuma disekitaran situ saja, dapat menghasilkan persepsi bahwa bangsa kita kurang dari, lets say Inggris. Yoko Harada berkesimpulan kompleks inferioritas ini dapat menghasilkan sifat anti-produktif, saya contohkan disini misalkan oleh sebagian orang yang udah pesimis duluan dengan indonesia sehingga selalu berkata "ahh indo mah bisa apa". hal ini berdampak nyata (asumsi saya) pada persepsi kasus sehari hari, seperti contohnya kapan hari saya melihat opini di twt yang lumayan banyak yang menyetujui kira kira bunyinya begini "selamat berkomuter :) (menyinggung gerbong yang empet2an)" dan "emang indo tuh gk cocok dibuat kendaraan umum kek luar negeri". dalam hal ini kompleksitas inferiornya adalah asumsi bahwa indo gk cocok di aplikasikan transportasi umum bagai luar negeri, dan persepsi seperti itu yang gk produktif, padahal keputusan pembelian gerbong tambahan itu sangat mungkin terjadi di pemerintahan, instead of bersama sama menyuarakan tekanan, mereka malah jatuh kedalam inferiority complex, ini dapat dipahami, karena seperti yang dibilang sebelumnya, mereka cuma berusaha memahami dari apa yang ada di sekitar mereka saja. andai saja mereka sadar sejarah bahwa dahulu kala trem2 semerbak dan bisa beroperasi dengan efektif, mungkin mereka tidak akan dengan begitu mudah kena propaganda car-centrist.
  3. yang terpenting adalah, penekanan terhadap sejarah kelokalan ini akan lebih menekankan pentingnya persatuan dan kesatuan, kenapa bisa begitu? karena dalam bayangan saya, dengan bersamaanya pembelajaran kelokalan, maka orang pasti sadar betapa jeleknya sistem kesultanan/feodalisme kita di masa akhir kolonialisme, heck, bahkan betapa tidak dapat diandalkanya sistem kesultanan di zaman VOC, ini harus, dan sangat harus ditekankan dalam pembelajaran lokal, bahwa kesultanan tidak mampu mempertahankan daulatnya dan seringkali diadu domba secara internal oleh penguasa luar, dan dosa terbesar mereka adalah bagaimana mereka secara sadar memperbesar beban rakyat di zaman kolonial, dengan konsensi2 tanah, dan pemberatan kewajiban tradisional diatas kewajiban kolonial pada rakyat, ini menurut saya justifikasi yang lebih dari pantas untuk argumen republik harus berdiri. sebangga bangga nya mereka dengan kesaktian dayak, sultan agung, cetbang, kottamara, atau turunan bukit siguntang ini harus ditekankan. kebangaan regional yang berlebihan hanya membawa kesengsaraan.
Jadi, dengan begitu, daerah masing masing dapat menelusuri jati diri mereka masing masing, sehingga tidak mudah disetir (oleh buzzemedia luar misalkan), tapi dalam saat yang bersamaan mereka juga semakin sadar akan wawasan persatuan.
submitted by upperballsman to indonesia [link] [comments]


2023.12.14 02:37 MiserablePrince Beberapa Miskonsepsi Umum Sejarah Majapahit

1. Majapahit adalah nama kerajaan. Nama-nama seperti Kaḍiri, Tumapĕl (Singhasāri), Mataram, dan Majapahit bukanlah nama-nama kerajaan maupun negara, melainkan nama-nama ibukota yang berkuasa. Dalam berbagai teks Jawa Kuno maupun catatan sezaman, negara yang disebut hanya bernama Jawa seperti pulaunya. Satu-satunya negara di pulau Jawa yang tidak disebut sebagai "Jawa" adalah Suṇḍa, yang merupakan sebuah kerajaan yang benar-benar berbeda dari Jawa.
2. Gajah Mada bergelar Mahapatih. Dalam berbagai prasasti era Majapahit yang dapat ditemukan, tidak ada gelar yang bernama Mahapatih atau "patih tertinggi". Gelar yang digunakan oleh Gajah Mada dan para pejabat sebelum dirinya adalah mapatih atau apatih. Menurut Tomé Pires dalam catatannya, Suma Oriental, terdapat penyebutan raja bawahan sebagai patih, akan tetapi patih yang berkuasa di ibukota tidak dijuluki Mahapatih, melainkan Gusti Patih. Gelar penuh Gajah Mada dalam prasasti Prapañcasa̅rapura adalah rake mapatih ring majhapahit pu gajah mada, bukan rake mahapatih ring majhapahit pu gajah mada.
3. Raden Wijaya keturunan Sunda. Pada era Kesultanan Mataram, naskah Babad Tanah Jawi menyebutkan bahwa pendiri Majapahit berasal dari Pajajaran dan bernama Jaka Sesuruh, diambil dari cerita rakyat Sunda Jaka Susuru. Berita ini tidak benar, karena diketahui bahwa pendiri Majapahit bukan bernama Jaka Sesuruh dan tidak berasal dari Pajajaran, melainkan bernama Narārya Sanggrāmawijaya, seorang pangeran dari Tumapĕl. Gagasan dari Babad Tanah Jawi diambil kembali oleh penulis Naskah Wangsakĕrta, konon berasal dari Cirebon, yang menyebutkan bahwa ayah Dyah Wijaya, Dyah Lĕmbu Tal, merupakan seorang wanita dan menikahi putra raja Suṇḍa. Autentisitas Naskah Wangsakĕrta diragukan oleh banyak sejarawan. Diperkirakan bahwa naskah ini ditulis pada tahun 1960-an, bukan abad ke-17 seperti yang diklaim. Nama Dyah Lĕmbu Tal terdapat pada Kakawin Nāgarakṛtāgama dan merupakan putra dari Narasinghamūrti, raja Tumapĕl, dicandikan sebagai Buddha setelah kematiannya. Ada pula Harṣawijaya, yang juga merupakan putra dari Narasinghamūrti, akan tetapi apakah mereka adalah orang yang sama tidak diketahui dengan pasti.
4. Jayanagara putra Dara Pĕṭak dari Malayu. Nama Dara Pĕṭak terdapat pada naskah Pararaton yang ditulis pada sekitar akhir abad ke-15 Masehi. Disebutkan bahwa Dara Pĕṭak adalah putri Malayu yang diperistri oleh Raden Wijaya (Kṛtarājasa) dan melahirkan Raden Kalagĕmĕt (Jayanagara). Namun, prasasti-prasasti yang dikeluarkan oleh Kṛtarājasa tidak pernah menyebut nama Dara Pĕṭak sama sekali, dan justru menyatakan bahwa Jayanagara merupakan putra dari Tribhuwaneśwarī, permaisurinya. Selain itu, Pararaton juga salah menyebutkan bahwa hanya ada dua putri Kṛtānagara yang menjadi istri Wijaya, di mana prasasti menyatakan bahwa keempatnya menikahi Wijaya. Jayanagara juga tidak pernah memiliki nama Kalagĕmĕt, melainkan sudah bernama Jayanagara sejak lahir, seperti yang tertera pada prasasti Kudadu (1294).
5. Majapahit runtuh oleh Dĕmak. Dalam tradisi Jawa Baru, dipercaya bahwa Majapahit runtuh oleh serangan Dĕmak di bawah kepemimpinan Raden Patah. Akan tetapi, ini tidak benar. Menyinggung miskonsepsi nomor 1, diketahui di dalam Pararaton bahwa Majapahit bukan lagi ibukota Jawa sejak tahun 1478, setelah serangan anak-anak Sang Sināgara (Rājasawardhana) yang membuat basis pertahanan di Jinggan* melawan paman mereka, Singhawikramawardhana Dyah Suraprabhāwa. Dalam prasasti Pĕṭak dan Jiyu III (1486) yang dikeluarkan raja Girīndrawardhana Dyah Raṇawijaya, ibukota Jawa pernah berpindah ke Kĕling setelah perang melawan Majapahit. Pada Suma Oriental (1513), ibukota telah berpindah lagi ke Daha, kemungkinan dengan raja yang sama. Serangan Dĕmak pada 1527 meruntuhkan Daha, bukan Majapahit, dan berada di bawah kepemimpinan Sultan Tranggana, bukan Raden Patah.
6. Brawijaya adalah raja Majapahit terakhir. Miskonsepsi ini juga berasal dari Babad Tanah Jawi dan naskah-naskah Jawa Baru era Kesultanan Mataram lainnya, yang menyebutkan bahwa raja Majapahit terakhir bernama Brawijaya. Ada pula yang menyebutkan bahwa Brawijaya adalah gelar terus menurus raja-raja Majapahit, dengan raja yang terakhir bergelar Brawijaya V. Seperti yang disinggung pada nomor 4, raja Jawa yang ditulis dalam Suma Oriental diperkirakan merupakan raja yang sama dengan Girīndrawardhana Dyah Raṇawijaya, hal ini dikarenakan nama raja Jawa dalam Suma Oriental adalah Batara Vojyaya (ejaan Portugis untuk Baṭhāra Wijaya), nama yang mirip dengan Raṇawijaya. Gelar Bhaṭāra dalam bahasa Jawa dapat disandhikan (disingkat) menjadi Bhrā, sehingga didapatkanlah nama Bhrā Wijaya. Nama inilah yang kemudian dituliskan sebagai Brawijaya dalam berbagai naskah Jawa Baru. Tidak ada pula Brawijaya sebagai gelar terus menerus dalam satu pun naskah maupun prasasti era Majapahit. Pada umumnya, gelar abhiṣeka seorang raja Jawa Kuno tidak diturunkan terus-menerus layaknya gelar raja pada era Jawa Baru.
7. Raden Patah adalah putra Brawijaya. Menyinggung nomor 6, telah kita ketahui bahwa tokoh Brawijaya dalam naskah-naskah Jawa Baru bukanlah raja Majapahit yang sesungguhnya. Lantas, apakah Raden Patah merupakan putra Dyah Raṇawijaya, raja wangsa Rājasa yang terakhir? Silsilah kekeluargaan Raden Patah dapat ditemukan dalam Suma Oriental, catatan perjalanan duta Portugis Tomé Pires yang mengunjungi Jawa pada 1513. Disebutkan bahwa kakek Pate Rodim (Raden Patah) merupakan seorang budak dari Gresik yang dimiliki penguasa Dĕmak sekitar empat puluh tahun yang lalu. Penguasa Dĕmak memerintahkannya untuk melawan Cirebon dan akhirnya menjadi penguasa (patih) Cirebon. Ada juga yang menyebutkan bahwa kakek Pate Rodim adalah seorang pedagang. Hal ini sesuai dengan catatan Tomé Pires yang sebelumnya mengenai para patih muslim yang berkuasa di pesisir utara pulau Jawa, bahwa mereka adalah keturunan dari pedagang-pedagang muslim dari luar Jawa yang mengambil alih kekuasaan para penguasa Jawa yang sebelumnya.
submitted by MiserablePrince to u/MiserablePrince [link] [comments]


2023.12.05 03:33 FoxtrotWhiskyTango [SERIOUS] Need advice to resolve home issue

Jadi saya (28M) tinggal bersama istri saya(28F) dan anak saya yang baru dua tahun. Pernikahan kami sebenarnya tidak terlalu smooth karena menurut istri saya, orang tua saya/mertuanya itu terlalu banyak "intervensi" to the point I cannot have casual phone with my mother anymore(who in my opinion, not perfect but good person overall).

Kami dulu menikah pas 2020 di tengah COVID. Personally kami berdua maunya acara sederhana saja, cukup ke KUA dan slametan biasa saja. However my mother pushed us to get a wedding (yang mungkin ukuran dari ortu saya nggak besar, 100 person yang anggotanya extended family). Kalau berasumsi "oh disuruh bayar sendiri?" Nggak, family paid it all. Family disini maksudnya keluarga saya, soalnya istri saya itu yatim piatu sejak SD. Diasuh oleh Budhe-nya (yang setelah talking banyak, ya orangnya baik-baik walau banyak flawnya).

Lalu alhamdulillah sekali, anak saya itu datangnya cepet banget. 2022 akhir sudah lahir. A very cute and smart babygirl. Problemnya sejak hamil, istri saya itu gampang sakit, karena saya harus kerja full, terpaksa saya minta tolong orang tua saya agar istri saya selama kehamilan dan setahun pertama anak saya bisa ikut di rumahnya. Ibu saya has no issue dan saya personally menilai ibu saya selama mendidik saya juga dididik baik-baik walau saya banyak personal flaw-nya.

Then, from here, things starts rolling over downhill.

Saya jujur paham kalau usually hubungan mertua-menantu itu akan bumpy as heck from start. Tapi karena saya (walau pas COVID) harus kerja masuk kantor, saya putuskan agar istri saya ikut orang tua saya supaya bila tiba-tiba istri saya ngedrop ada yang langsung handle. Karena tempat kerja saya dan rumah saya pada saat itu jaraknya 90 menit commuting. Then, my wife mental health starts deteriorating.

Sebelum menikah, istri saya itu orangnya "no-nonsense person" dan suka charging full speed at her issue. Kalau kata ipar saya itu, saat istri menikah sama saya jadinya itu "Ratu jalanan tiba-tiba masuk keraton" Yang biasanya suka outing tiba2 harus dirumah terus gegara COVID. Terus nggak sampe setengah tahun nikah sudah hamil. Ibu saya dokter, jadi pas COVID itu benar2 strict. Nggak boleh keluar rumah. Dari luar (apapun dan darimanapun) harus langsung mandi dan keramas. Masker hanya dibuka pas makan atau mandi saya. That strict. Karena kami sekeluarga juga terpapar COVID. walau alhamdulillah nggak ada yang sampai masuk RS.

Selama disana, istri saya selalu curhat ke saya kalau pembantu saya itu suka semena-mena (which in retrospect, memang iya). Entah ngatain "nggak bondo" atau "nunggu harta warisan doang" and some other stuff along that line including karena istri saya makannya banyak, biasnaya ada lauk yang bisa dibawa pulang dihabiskan semua sama istri saya yang hamil.. Ibu saya memang bilang ke istri saya yang hamil biar nggak usah bantu-bantu yang berat. Cukup banyak2 istirahat aja.

Sempat pecah secara terbuka dan istri saya hampir mau kabur karena kelakuan pembantu saya itu. Pembantu saya itu for the last 20+ years memang sudah ikut di rumah orang tua saya. Ibu saya mencoba menengahi dan membaikkan antara istri dan pembantu. Tapi istri saya itu suddenly, walau ratu jalanan, perkataannya itu selalu sopan, "nggak bisa saya bisa langsung memaafkan". Which in my opinion masih masuk akal walau ibu saya menerimanya agak aneh. Lalu istri saya menuduh ibu saya "berat" ke pembantu saya. Alasan istri saya, pembantu sudah 20+ tahun ikut sedangkan istri saya baru seumur jagung.

Lalu it even got worse. Saya jujur nggak tahu asal usul gosip ini dari mana, tapi di desa saya dan istri saya (kami ketemuannya di Malang dan kaget kalau desa mbah saya dan desa istri saya itu tetanggaan di kampung) muncul gosip "kalau saya ini mau dijodohkan bla bla bla". Since then, kalau ada sesuatu yang saya lakukan bagi dia tapi tidak sesuai dengan karep e selalu "kono lho, pegat o ben iso rabi karo menantu idaman mbokmu"(tuh, cerai aja ben isa nikah sama memantu idaman ibumu). Saya jujur sangat tidak senang dengan perlakuan ini. Karena walau saya masih banyak flaw saya sangat mencintai istri saya. Because I chose her with full of my consciense and judgement. Saya menyari calon istri yang mau saat hidup berada di bawah dan diatas tetapi saling cinta. And that what I see in my wife.

Setelah gosip itu beredar, semua tindakan-tindakan (yang menurut saya) baik dari keluarga inti atau extended family saya selalu direspon oleh istri saya dengan "mau ikut campur urusan rumah tangga" atau "biar nanti bisa diungkit lek ada sesuatu yang nggak sreg dengan mereka". Baik disini itu adalah kami sempat dibantu pindahan, dibantu juga dicarikan kontrakan baru karena saya pindah kerja. Dikunjungin every other week or two. and even monetary help soalnya anak saya juga sedang sakit TB.

Saya sempat dipesani oleh ibu saya, "lek cerita masalahmu, nango keluargane istrimu sebelum cerita ke ibu. Ben terbuka sama keluarganya" And I did it. and Demi Allah I swear that my wife extended family is the absolute nicest people I've ever met. And I did it religiously. Sebelum cerita ke orang tua saya, saya selalu cerita ke Budhe/Pakdhe/Mas/Mbak/Ipar istri saya dulu. And my wife responded as "Ganok sing membela aku, keluargaku ae mbelain kamu". And things also spiraling sampai kami sempat ada inciden antara pas lebaran 2022 tiba2 istri saya meledak di rumah budhenya sampe ninggal anak saya begitu saja seharian. Saya dan kakak-kakaknya nyari seharian keliling desa nyari istri saya.

Akibat insiden itu, istri saya sempat diruqyah oleh Pak Lik Ipar saya. Dan ternyata ada "yang nempelin" sehingga kadang bertindak irrasional. and things were getting better for a short respite. Istri juga sempat kami bawa ke mental health provider dan secara medis dan spiritual getting better.

Tapi good times grinds to halt. Beberapa minggu terakhir ini saya dan istri saya gesekan terus karena kita beberapa waktu terakhir memang banyak emergency spending karena anak saya sempat hospitalized dan membantu pakdhe istri saya juga habis kecelakaan. Money was become tight and we both know that we are not exactly a good thrift spender. Kita nggak hidup royal. Hidupnya menurut saya cukup mild dalam spending dan alhamdulillah gaji saya itu pretty much cukup untuk daily basis. We am trying to live independently.

Sempat saya mencoba memarahi istri saya karena perkataannya itu terkadang semakin menyakitkan. Saya juga mengiyakan karena I am not exactly a good role model even though I try my best to become one. Saya khawatirnya istri saya akan starting to (naudzubillah semoga jangan sampai) abusing my daughter entah secara verbal atau fisik. Kami sebenarnya ingin mencoba marriage conselling tapi gaji saya nggak bisa untuk mengakomodir routine visit, which we are in dire need.

Verbal abuse ke saya makin parah (walau saya nggak bisa menolak sepenuhnya karena ada beberapa hal yang memang benar). Saya mencoba bertahan untuk hanya sekedar memarahi secara lisan saya. Saya tidak ingin "kasar" ke istri saya because it is wrong to do so. But I'm running out of options. Kalau saya kabur ke desa, saya khawatir anak saya nanti gimana dan anak saya itu sangat attach dengan ibunya. Nelpon orang desa juga saya nggak yakin apakah bisa membantu. Dan menelpon orang tua saya is definitely out of option karena bakal memperkeruh suasana. Need advice on how to tackle this issue.
submitted by FoxtrotWhiskyTango to indonesia [link] [comments]


2023.10.15 13:25 ManKal777 Siapa Selebriti dan Politikus yang bermain di slot gacor WinSlot389?

Sebenarnya banyak, berhubung alasan rahasia perorangan maka sebaiknya tidak kita sebutkan.
Tapi, konon ceritanya… tidak lama yang lalu…
Bag.1: "Pertarungan Permainan Slot"
Di kota metropolitan Jakarta yang ramai, dua pasangan berkuasa, Raffi Ahmad & Lesti Kejora serta Fadli Zon & Ayu Ting Ting, telah menjadi sahabat selama puluhan tahun. Kehidupan mereka berkisar pada kemewahan dan glamor industri hiburan dan politik, namun mereka selalu menemukan waktu untuk satu sama lain.
📷
Suatu malam yang hangat, mereka berkumpul di rumah anggun Raffi dan Lesti. Di tengah gelak tawa dan dentingan gelas, Raffi dengan semangat mengungkap passion baru yang ia dan Lesti temukan - game slot online.
📷
"Slot keren di www.winslot389.live ini sungguh luar biasa!" seru Raffi. "Kamu harus mencobanya!"
📷
Mata Ayu Ting Ting berbinar penuh minat, dan Fadli Zon yang selalu siap menghadapi tantangan pun nyengir. "Wah, kita nggak boleh mundur dari pertandingan persahabatan kan? Bagaimana kalau Tim Raffi dan Lesti versus Tim Fadli dan Ayu di pertarungan pamungkas slot game?"
Taruhannya telah ditetapkan, dan garis pertempuran telah ditentukan. Mereka masuk ke www.winslot389.live, situs web teratas Asia untuk permainan slot online, dengan akun khusus pro-Thailand yang dijalankan dari server khusus yaitu server Thailand. Dan, sistim komputerisasi Winslot389 akan menentukan pemenangnya.
Raffi melakukan deposit dengan cara kiriman rekening bank BCA dan Lesti deposit dengan cara transfer pulsa telepon. Sementara itu, Fadli melakukan deposit lewat E-Wallet dan Ayu tambahkan deposit nya lewat Go-Pay.
Ruangan itu dipenuhi kegembiraan saat mereka memutar gulungan digital dari permainan slot. Slot hebat dari game bertema Olympus dan petualangan yang terinspirasi Zeus membuat mereka terpesona. Dengan setiap putaran, mereka semakin dekat dengan kemenangan atau kekalahan.
📷
Saat Winslot389 menghitung hasilnya, ketegangan memenuhi ruangan. Layar berkedip dan Winslot389 menyatakan, "Tim Raffi dan Lesti adalah pemenang!" Sorak-sorai dan tawa pecah, dan Ayu dengan anggun mengakui, "Bagus sekali, teman-teman. Kalian telah meraih kemenangan ini."
📷
bersambung...
  1. oleh: Anis Arrow BusEdan (keponakan Enny Arrow), terinspirasi novel legendaris "Prahara Cinta Kandang Kambing"
CERITAINIHANYAFIKTIFBELAKA.JIKAADAKESAMAANNAMATOKOH,TEMPATKEJADIANATAUPUNCERITA,ITUADALAHKEBETULANSEMATA⁣��������������������������.������������������������,���������������������������,������������������������
Jika Anda merasa postingan ini bermanfaat, mohon pertimbangkan untuk membagikannya ke jaringan Anda.
Bagikan tautan ini www.SlotBletak.com
📷
Kekalahan dalam adu permainan slot tak menyurutkan semangat bersaing Fadli dan Ayu. Hal ini memicu keinginan mereka untuk melakukan pertandingan ulang. Untuk putaran kedua, mereka memilih www.imba4d.ink yang terkenal dengan permainan togel 4 digitnya yang terpercaya, pembayaran cepat, dan layanan pelanggan yang sangat baik.
📷
Untuk kali ini, Raffi depo pakai kripto dan Lesti pakai Go-Pay. Sedangkan Fadli dan Ayu masing-masing pakai bank Mandiri dan E-Wallet.
📷
Saat mereka berkumpul di sekitar layar mereka, masing-masing dengan nomor keberuntungannya, antisipasi terlihat jelas. Ruangan itu dipenuhi kegembiraan saat nomor lotre diundi.
📷
Babak ini bukan tentang strategi tetapi murni keberuntungan dan intuisi. Raffi dan Lesti menyaksikan dengan napas tertahan saat nomor mereka terungkap. Namun kali ini Fadli dan Ayu lah yang mengamankan kemenangan.
📷
Dalam semangat persahabatan, Raffi dan Lesti dengan ramah mengucapkan selamat kepada lawan mereka, mengakui bahwa keberuntungan kali ini berpihak pada pihak lain.
📷
bersambung...
  1. oleh: Anis Arrow BusEdan (keponakan Enny Arrow), terinspirasi novel legendaris "Prahara Cinta Kandang Kambing"
Jika Anda merasa postingan ini bermanfaat, mohon pertimbangkan untuk membagikannya ke jaringan Anda.
Bagikan tautan ini www.SlotBletak.com
⁣CERITA INI HANYA FIKTIF BELAKA. JIKA ADA KESAMAAN NAMA TOKOH, TEMPAT KEJADIAN ATAUPUN CERITA, ITU ADALAH KEBETULAN SEMATA
📷
Dengan skor imbang, panggung telah disiapkan untuk pertarungan pamungkas di www.taraslot88.store. Situs web teratas ini terkenal dengan permainan slot kelas tinggi, menampilkan server Rusia khusus bayaran tinggi dan hadiah milyaran rupiah, termasuk mobil sport mewah.
📷
Kedua pihak melakukan deposit besar dengan cara kiriman bank serta uang kripto di babak final ini. Saat mereka login, ruangan dipenuhi dengan antisipasi. Slot keren dan slot hebat TaraSlot88 menanti mereka, menjanjikan kekayaan seperti Olympus itu sendiri. Pertempuran terakhir telah dimulai.
📷
Selama berjam-jam, mereka memutar gulungan digital, masing-masing berharap untuk mengklaim gelar juara permainan slot. Ruangan itu dipenuhi ketegangan saat keberuntungan berayun seperti pendulum. Jackpot jutaan dolar ada dalam genggaman mereka.
📷
Saat putaran terakhir dilakukan, ruangan menjadi sunyi. Hasilnya sudah diperhitungkan, kali ini Tim Fadli dan Ayu lah yang keluar sebagai pemenang dan mendapatkan hadiah utama Maxwin! Selain uang tunai milyaran, pasangan Fadli dan Ayu juga dihadiahkan sebuah mobil Lamborghini Revuelto 2024.
📷📷📷
Akhiran: Merayakan Persahabatan di Bali
Dengan berakhirnya 3 babak permainan online berhadiah, mereka memutuskan untuk merayakan persahabatan abadi mereka dengan penuh gaya. Mereka terbang ke pulau Bali yang indah dan menginap di hotel mewah di tepi pantai.
📷
Di bawah matahari terbenam yang keemasan dan pohon palem yang bergoyang, mereka mengenang petualangan mereka dan persaingan persahabatan yang telah memperkuat ikatan mereka. Permainan slot telah menjadi latar belakangnya, namun harta sebenarnya adalah persahabatan mereka.
📷
Saat mereka mengangkat gelas untuk bersulang, mereka tahu bahwa dalam hidup, jackpot terbesar adalah hadiah abadi berupa persahabatan sejati. Bali menjadi latar perayaan mereka, dan mereka saling menghargai kebersamaan di surga tropis ini. Sensasi slot gacor dan situs WinSlot389 Imba4D serta TaraSlot88 telah mendekatkan mereka, dan petualangan mereka terus berlanjut, baik online maupun di dunia nyata.
TAMAT�����
oleh:AnisArrowBusEdan(keponakanEnnyArrow),terinspirasinovellegendaris"PraharaCintaKandangKambing"���ℎ:����������������(������������������),���������������������������"���ℎ����������������������"
Jika Anda merasa postingan ini bermanfaat, mohon pertimbangkan untuk membagikannya ke jaringan Anda.
Bagikan tautan ini www.SlotBletak.com
⁣CERITA INI HANYA FIKTIF BELAKA. JIKA ADA KESAMAAN NAMA TOKOH, TEMPAT KEJADIAN ATAUPUN CERITA, ITU ADALAH KEBETULAN SEMATA
submitted by ManKal777 to u/ManKal777 [link] [comments]


2023.10.11 22:41 DigitalChildish Andy

Andy

"Cekrek, tak cekrek, tuk cekrek, klik, klik." Suara ketukan keyboard bergema dengan jelas di dalam ruangan yang remang-remang. Asap rokok menggantung di udara, dengan puntung rokok berserakan di sekitar. "Monster kill!" terdengar suara komputer dari speaker.

https://preview.redd.it/yk2kk0lqo5vb1.jpg?width=1024&format=pjpg&auto=webp&s=71a95302e9fd238423f5fcc9dacbb7912f0bed2e
"Ma, Mama, denger gak? Udah Andy bilang, itu tuh bukan salah Andy!" Andy terus bermain, rokok menyala di mulutnya, headset ditempelkan ke telinganya. Matanya tertuju pada layar, sesekali menghisap asap rokok.
"Mereka yang mulai duluan, tiap hari makanan Andy diambilin, disuruh-suruh, dikerjain. Sama kaya Mama, suka manggil Andy 'Si Cungkring'!" Matanya tetap menatap layar PC.
"Tau gak, Pah, duit yang Papa kasih kemarin, Andy pake buat traktir mereka. Kan papa pernah bilang, 'Duit segalanya, dengan duit semua beres'. Dan Papa Jarang dirumah karena banyak lembur buat keluarga, itu kan yang papa bilang! Aturan Papa dan Mama, udah Andy turutin semua. Belajar ini, belajar itu, biar jadi orang sukses dan kaya. Emang Papa kurang kaya apa sih? Ampe minta Andy seperti Papa juga? Apa yang kurang, Pah? Apa Papa pengen nambah kaya raya buat seneng-seneng sama cewek lain diluaran sana?" Andy menghela nafas dan menyandarkan diri ke kursi gaming-nya. Sambil menatap arah pintu dapur.
"Lihat kan, Ma? Kelakuan Papa? Makanya jangan terlalu banyak keluar rumah juga, sering jalan-jalan sama teman-teman, gosip? Tuh lihat kan, jadinya. Mama juga gak percaya dan suka marah-marah kalau Andy cerita apapun. Di mata Mama, Andy selalu salah."
"Hmm, ngomong-ngomong, Si Merli, putri kesayangan Mama, kok belum pulang jam segini?" Andy berdiri, lalu mengambil pisau yang penuh bekas darah di atas meja. Darah bercucuran ke lantai sementara tangan Andy memegangnya, ia berjalan menuju dapur.
"Si Merli pintar ya Ma, bisa ngakalin Mama sama Papa buat uang jajan. Malah suka nyuruh-nyuruh sama ambilin duit Andy juga. Bilangnya buat tambah beli buku ini, beli itu. Padahal duitnya buat pacaran loh, Ma. Andy pernah ngeliat dia... Sama kemarin, dia juga nyolong duit Papa tuh yang di dalam lemari. Tenang, Pa, nanti Andy kasih pelajaran!" Pisau yang Andy pegang menancap di pintu dapur. Ia masuk ke dalam dapur.

https://preview.redd.it/f5oytg6to5vb1.jpg?width=1024&format=pjpg&auto=webp&s=ba97d3447b7723a00b7509b609e7d589e4846db5
Suasana dapur terlihat berantakan, piring kaca pecah berserakan di mana-mana. Bau amis menusuk hidung, dan ruangan agak berkabut oleh asap rokok. Lampu dapur berkedip-kedip remang-remang memperlihatkan beberapa bercak darah didinding. Di salah satu pojok yang gelap, terlihat sosok wanita paruh baya terselungkup, berlumuran darah. Di sampingnya terbaring seorang pria paruh baya dengan banyak luka terbuka yang mengalir darah, tak lagi bernyawa.
Andy duduk terjongkok di kursi kecil sambil terus menghisap rokoknya. "Ma, Pa, Andy dibully di sekolah. Baru kali ini kalian mendengarkan ku dengan tenang"
Lalu, tiba-tiba terdengar suara langkah kaki dan pintu rumah dibuka di ruangan depan. "Ceklek, ceklek! Aku pulang. Ma, diluar ujan! Kok pagar depan gak di tutup? Lah gelap amat. Pada kemana sih?"
Dengan tersenyum sedikit sinis Andy berdiri, lalu mengambil pisau yang tertancap di pintu.
End.

Support Penulis, Untuk beli susu anak gan. Disini atau Disini. Terimakasih
Saya butuh bantuan teman-teman semua jika berkenan:
Mohon maaf sebelumnya, saat ini saya dalam situasi kesulitan finansial. Jika anda atau ada teman sanak saudara yang membutuhkan jasa service, Translate, Transkrip Audio/Video atau butuh membuat Subtitle untuk sebuah video, podcast, wawancara dll. Silahkan kontak saya langsung. Mohon infokan kepada teman-teman anda jika berkenan, terimakasih.
---------
Autobiografi Saya

Side Effect
- Kemelekatan (Inspirasi)
- Anto: Secangkir Kopi (Misteri)

submitted by DigitalChildish to indonesia [link] [comments]


2023.10.11 13:02 DigitalChildish Perjalanan Hidup Seorang Gamer - Part 02

Perjalanan Hidup Seorang Gamer - Part 02
Ok, terimakasih sudah mengikuti perjalan kisah hidupku. Postingan ini merupakan lanjutan dari "Perjalan Hidup Seorang Gamer - Part 01" Masih perkenalan-perkenalan, Drama nya nanti pas di Masa Kuliah yah.

Episode 10: Remaja

Masa-masa SMP adalah periode perubahan drastis dalam hidup saya dan mungkin Episode ini saya Rating 16++ bagi yang belum cukup umur skip saja haha. Di sini, saya mulai mengenal tubuh wanita. Maaf jika terdengar sedikit kurang sopan, tetapi itulah yang terjadi. Saat istirahat di sekolah, teman-teman dan saya sering pergi ke belakang perpustakaan, tempat rahasia para siswa berkumpul. Di sini adalah perbatasan dengan Sekolah Putri SMK. Kami kadang-kadang mencoba mengintip ke kelas putri melalui jendela. Kadang, kami melihat siswi-siswi berganti pakaian olahraga, meskipun tidak terlihat jelas karena terhalang oleh debu di kaca. Kami sering kali ketahuan dan mereka akan berteriak, "Hei, ngapain kalian, dasar bocah gendeng!" Sambil menggebrak kaca atau meja. Mereka selalu tahu bahwa kami seringkali mengintip mereka. Tapi kami hanya lari dan tertawa-tawa.

https://preview.redd.it/44pnee4n1ktb1.jpg?width=492&format=pjpg&auto=webp&s=0e709433f38140ea88a95c43c05cd6f757a3c7ac
Di tempat ini, saya juga diperkenalkan kepada anatomi wanita secara lebih lengkap dan gamblang. Seorang teman membawa sebuah buku dewasa dengan gambar-gambar sensual di dalamnya. Saya merasa campur aduk antara takut, kaget, berkeringat, dan penasaran. Itulah pertama kalinya saya memahami tentang wanita melalui gambar-gambar tersebut. Dulu, dalam pikiran saya, tubuh wanita terlihat mulus tanpa ada yang namanya bulu di ketiak atau bulu kemaluan (jembut). Dan yang saya tahu tentang hubungan badan adalah bahwa seorang pria dan wanita hanya bersentuhan tubuh, lalu munculah kehamilan. Ya dulu saya masih polos.
Saya ingat betul, kehilangan keperjakaan saya terjadi dalam sebuah momen yang cukup tidak terduga (Hmm bisakah ini disebut kehilangan keperjakaan?), Ceritanya yaitu saat saya sedang menghapal pelajaran agama. Untuk membantu saya ingat apa yang sedang saya pelajari, saya sering kali berbaring dan menegangkan tubuh saya. Suatu waktu, tanpa sengaja, tangan saya bergerak ke area 'si Robert'. Saya mulai menggosok-gosoknya dengan secara tidak sadar saat saya terus menghapal pelajaran. Lama kelamaan, sensasi yang aneh tapi menyenangkan muncul, dan tiba-tiba, semuanya terasa sangat nikmat. Saya bingung ketika mengetahui celana saya sudah basah. Tanpa saya sadari, ya cairan putih sudah keluar. Sungguh ironisnya, ini terjadi ketika saya sedang menghapal pelajaran agama. Saya jadi bertanya-tanya apakah ini mungkin adalah jalan Tuhan yang diberkati untuk saya. xD. Pada saat itu, saya juga mulai mengalami jerawat dan mulai tertarik pada lawan jenis.
Di masa ini, saya juga pertama kali terlibat dalam pertarungan satu lawan satu, perkelahian bahkan hampir tauran. Lucunya, saya sering berkomentar tentang anak-anak SMP yang terlihat sibuk pacaran atau tauran dalam berita pada saat ini, padahal sebenarnya saya juga pernah mengalami hal serupa. Haha! Ini adalah masa di mana saya pertama kali tahu tentang hal-hal berbau negatif di dunia. Tapi untungnya Merokok belum menjadi kebiasaan saya saat itu.
Saya sering bolos sekolah, terutama untuk bermain game, seperti main dingdong atau menyewa Playstation, yang sedang populer saat itu adalah Winning Eleven dan Resident Evil. Mama sering dipanggil oleh guru BP karena saya sering bolos. Akhirnya, mama memberikan ultimatum, mengancam akan melaporkan ke bapak jika saya masih sering bolos. Dan dengan demikian, saya kembali menjadi rajin di sekolah sementara. Ada beberapa mata pelajaran di mana nilai saya turun, dan saya merasa ada yang kurang dalam hidup saya. Saya merasa kehilangan sosok ayah di rumah.
Bapak pulang hanya dua minggu sekali dan hanya sebentar. Yang saya tunggu darinya hanyalah cemilan oleh-oleh ketika beliau pulang. Uniknya bapak selalu membeli jumlah cemilan sesuai dengan jumlah anak-anaknya. Misalnya, jika dia membeli ciki, dia akan membelinya sebanyak lima. Eskrim, lima. Coklat, juga lima. Semua makanan ringan itu selalu dihitung dan dibagikan secara adil kepada setiap anak. Namun, saat tiba di rumah, biasanya terjadi kekacauan saat kami semua berebutan untuk mengambil satu-satu. Itulah yang terjadi ketika memiliki banyak anak di rumah, selalu ada saja yang diributkan. Yah hanya sekedar itu, saya pun terlalu takut untuk bertanya atau ngobrol dengannya. Saya tidak memiliki patokan pria yang bisa saya jadikan panutan. Kemana si AA? Sama, kita merasakan hal yang sama ketika itu.

https://preview.redd.it/j2llhjiq1ktb1.jpg?width=986&format=pjpg&auto=webp&s=5a045605584817b149d8e0b53fcdab08f4e96421
Hari-hari di sekolah berjalan seperti biasa. Pada masa itu, saya masih merasa agak grogi dan cemas ketika harus berbicara dengan wanita, terutama jika wanita tersebut cantik. Dan tahukah kamu, bahkan disekolah ini salah satu teman saya seorang cewek menghadapi situasi yang cukup sulit. Dia seringkali dijauhi dan bahkan secara tidak langsung dibully oleh teman-teman cewek lainnya. Saya bisa melihatnya dengan jelas. Salah dia apa? Ya karena Cantik, dan tentu saja, setiap cewek di kelas terlihat iri padanya. Bullying ini terjadi secara tidak langsung, melalui sikap dan perlakuan yang membuatnya merasa terasing. Hai kamu cewek-cewek diluaran sana, pengen nanya nih. Apakah benar cewek sesama cewek suka seperti itu?
Setelah beberapa waktu, saya kembali bolos sekolah. Yah dunia game terus memanggilku. Selain itu saya juga sering naik kereta api tanpa membayar keliling kota mecari tempat-tempat game yang asik. Akhirnya Mama mengadukan hal ini kepada bapak, dan malam itu saya dipanggil untuk bicara. Bapak berkata, “Apa yang kamu mau?” dan saya sudah tahu dia akan marah. "Bolos sekolah? Ngapain, kamu merokok!? Silahkan! Kamu berantem, silahkan! Kamu nakal, silahkan! Main game? Boleh! Kamu mau kursus apapun, silahkan! Bapak mumpung masih bisa biayain semuanya! Asal satu, jangan bolos sekolah."Namun, dia memberikan pemahaman yang berbeda. Dia mengizinkan banyak hal, termasuk bermain game, selama saya tidak bolos sekolah. Kata-kata tersebut memotivasi saya untuk kembali berfokus pada pendidikan. Saya menyadari bahwa bermain game masih bisa dilakukan tanpa harus bolos sekolah.
Akhirnya, masa SMP pun berakhir, dan saya siap memasuki babak baru di SMA. Teman-teman baru, lingkungan baru, pengalaman baru, tetapi wajah saya tetap sama. xD.

Episode 11: New Hobby

Hari pertama masuk SMA, wajah saya penuh dengan jerawat. Saya merasa marah, kesal, dan frustrasi, tapi tidak tahu kepada siapa saya harus melampiaskan perasaan ini. Anehnya, saya teringat teman saya di SMP yang pernah memberi saran saat pertama kali muncul komedo di wajah saya. Dia berkata, "Bro, lu punya komedo? Biar gak keliatan, tinggal pakai ini aja. Nanti setelah makan gorengan, pasti ada minyak bekasnya di tangan. Nah, lu olesin aja ke komedo, biar muka lu kinclong lagi." Mungkin karena saya belum tahu banyak atau mungkin saya bego, saya mengikuti saran teman tersebut. Beberapa hari kemudian, jerawat-jerawat pun bermunculan di wajah saya. Sungguh, keputusan yang ndableg. (Sigh)

https://preview.redd.it/ccqa19lni5vb1.jpg?width=1024&format=pjpg&auto=webp&s=a9fc4bb87eb6d43898688df9a189cff2de6b523f
Masuklah ospek di SMA, suasana sangat berbeda dibandingkan dengan SMP. Saya merasa bahwa para siswi di sini sangat berbeda dan wangi-wangi. Teman-teman cowok juga terlihat lebih keren dan dewasa. Beberapa siswi di kelas saya saat itu sangat cantik. Kelas kami sangat kompak, baik dalam pelajaran maupun pertemanan. Kami dijuluki "Si Kelas 7" itu yang diingat oleh para guru disekolah. Guru-guru selalu mengingat nama kelas kami dan senang mengajar disini karena kami selalu aktif bertanya dalam kelas, sangat bersemangat dan juga paling sering berpartisipasi. Sebenernya Kami memiliki sebuah rahasia yaitu sering berbagi jawaban PR dan saling membantu saat ujian hehe.
Pada masa ini, saya diperkenalkan dengan genre musik pop rock oleh teman-teman sekolah dan teman-teman di rumah. Mulai dari Greenday, Blink-182, Rancid, Cranberries, bahkan Weezer dan Sixpence None the Richer, saya mulai menyukai beragam jenis musik. Saya sangat ingin mengenal dunia musik lebih dalam. Saya meminta kepada orang tua untuk membelikan saya gitar, dan mereka mengabulkannya. Saya senang sekali dengan gitar itu, meskipun sayangnya suaranya agak cempreng, seperti suara saya yang juga cempreng (iya, suara asli saya memang cempreng). Tapi saya tetap bersemangat untuk berlatih bermain gitar. Saya bahkan membuat drum dari kaleng bekas agar bisa berlatih main drum. Setiap malam, ketika saya menginap di rumah teman, saya selalu berlatih bermain musik. *7*

https://preview.redd.it/o9otoxsfj5vb1.jpg?width=1024&format=pjpg&auto=webp&s=3c30197b457e67e5fe79bc239ea1632c8207923a
SMA penuh dengan kenangan indah, tapi saya masih suka bermain game dan dingdong. Teman-teman di kelas dan di rumah tahu akan hobi saya itu. Ketertarikan saya terhadap lawan jenis sedikit bertambah, dan jerawat di wajah saya sudah tidak terkendali. Saya merasa kurang pede dan sering minder. Namun, jerawat bukanlah halangan untuk mencoba dan berani lho.
Ada seorang teman perempuan di kelas yang sering berpindah ke kursi di sebelah saya ketika bosan atau lelah duduk di depan. Namanya SENI. Dia memiliki pesona yang menarik, dan para cowok suka melihatnya dengan penuh rasa kagum ketika dia berjalan di depan kelas. Di masa itu, saya hanya bisa duduk dengan perasaan gugup ketika dia berada di dekat saya. Dia sering bertanya berbagai hal, seperti, "Males gw di depan, gw duduk sini yah," "Bangunin gw klo udah ada guru yah," "parfum gw baru nih cium deh, wangi gak?" atau "eh, makeup aku ketebelan gak sih?" Saya hanya bisa menjawab dengan ragu-ragu, Enggak & Tidak sambil tetap gugup dan salah tingkah (Oh Tuhan Sekarang saya lebih percaya diri dalam berbicara, sayangnya waktu itu saya tidak berani melanjutkan banyak pembicaraan dengan dia, entah bagaimana jika saya lebih berani ketika itu).
Di masa ini, saya mulai mengenal rokok dan sering merokok secara diam-diam di atas genteng rumah. Saya sering mengambil beberapa batang rokok milik bapak yang ditaruh di meja. Saya berpikir bapak tidak akan tahu atau mendengarnya, tapi sayangnya, beliau mengetahuinya. "Eh, rokok bapak kok ilang lagi sih? Hayo siapa? Kamu udah mulai merokok ya, Fan?" kata bapak sambil tertawa. Ups, ketahuan! Akhirnya bapak selalu memberi saya uang lebih saat beliau berada di rumah ketika saya ingin pergi bersama teman-teman. Saya sering pulang malam dan bahkan menginap di rumah teman. Mama sering mengingatkan, "Kamu tidak menggunakan narkoba, kan? Hati-hati jangan sampai tergoda untuk merokok yang teman-teman tawarkan. Lebih baik beli sendiri." Saya menjawab iya-iya untuk menghilangkan kekhawatiran mama, meskipun sebenarnya di rumah teman saya hanya berkumpul dan berbincang saja. Oh iya, salah satu teman saya mahir dalam mencukur rambut, jadi saya sering pergi ke rumahnya dan mendapatkan cukuran gratis, haha.
Selama liburan sekolah, saya sering menyewa PS1 karena saya belum memiliki konsol tersebut. Bahkan, saya membeli banyak CD game PS1 meskipun belum memiliki PlayStation. Tumpukan CD game itu sudah cukup banyak beberapa kardus. Teman-teman saya heran, "Kenapa kamu punya begitu banyak CD game PS1, tapi tidak punya konsolnya? Buat apa?" Saya menjawab, "Itu koleksi, bro." Ya, hobi bermain game saya belum berkurang sedikit pun.

https://preview.redd.it/0dm11vrlj5vb1.png?width=500&format=png&auto=webp&s=78638c231dd0b4f8a103aeb936734576a24a51d3
Singkat cerita, masa SMA pun berakhir. Kami semua lulus, meskipun ada beberapa mata pelajaran yang nilainya di bawah 3 (Waktu itu belum ada peraturan batasan minimal angka untuk kelulusan). Meskipun ada mata pelajaran yang nilai nya jelek, kami semua merasa aman. Semua lulus dengan bahagia. Ada banyak kisah seru selama masa SMA yang tidak saya ceritakan di sini, tapi secara singkat akhirnya teman-teman kami berpisah dan melanjutkan kehidupan masing-masing, ada yang kuliah, bekerja, keluar negeri, dan bahkan ada yang langsung menikah. Semua orang memiliki jalannya sendiri-sendiri. Saya pun memasuki masa kuliah dan disinilah puncaknya drama, yang sudah retak makin retak.

Bersambung...

Support Penulis, Untuk beli susu anak gan. Disini atau Disini. Terimakasih
Saya butuh bantuan teman-teman semua jika berkenan:
Mohon maaf sebelumnya, saat ini saya dalam situasi kesulitan finansial. Jika anda atau ada teman sanak saudara yang membutuhkan jasa service, Translate, Transkrip Audio/Video atau butuh membuat Subtitle untuk sebuah video, podcast, wawancara dll. Silahkan kontak saya langsung. Mohon infokan kepada teman-teman anda jika berkenan, terimakasih.
--------------------
Side Effect
- Andy (Misteri Horror)
- Kemelekatan (Inspirasi)
- Anto: Secangkir Kopi (Misteri)


submitted by DigitalChildish to indonesia [link] [comments]


2023.06.03 17:07 Lopsided-Low4062 FAKTOR UTAMA PENYEBAB RETAKNYA HUBUNGAN SUAMI ISTRI

Kisah nyata ini dialami oleh riski dan maya.
Seorang suami istri yang hidup pas-pas an. Riski yang berkerja sebagai ojek online dan maya adalah ibu rumah tangga biasa , awal mula pertengkaran suami istri ini disebabkan oleh Maya yang selalu menuntut kehidupan yang lebih baik ke Riski.
Pertengkaran Riski dan Maya ini pun pecah ketika sang istri meminta uang bulanan , sedangkan job atau penghasilan sebagai tukang ojek online pun tak mencukupi kebutuhan bulanan , maya pun mengancam akan pulang kerumah orang tuanya jika keinginannya tak dikabulkan.
Riski yang kebingungan pun hanya bisa melamun dibawah pohon besar yang biasa ia tempati ketika sedang beristirahat , tak lama berselang seorang teman riski yang satu profesi dengannya menghampirinya ketika sedang bingung.
temannya pun bertanya kepada riski , "ada apa kok keliatannya bingung gitu ?" riski pun menjawabnya dengan helaan nafas panjang, "yaaa biasalah uang dapur kurang".
Tak lama dari situ teman riski bercerita tentang apa yang ia dapatkan semalam karena bermain sebuah game, "Gue habis dapat jackpot 17 juta ris" . Riski pun terkejut dan tak percaya akan cerita temannya tersebut , "ahh masa , kok bisa ?" kata riski. Temannya pun mejelaskan darimana ia bisa mendapat uang sebesar itu dalam waktu yang singkat.
"Gue kemarin main game , yang gue lihat dari youtube game itu gampang banget buat dimainin , karena gue penasaran gue coba dan hasilnya luar biasa " ujar teman riski. Sontak kaget dan tak percaya Riski pun penasaran dan ingin menjobanya. "Lu coba aja main di YUK69" saut temannya.
Tak butuh waktu lama riski pun mengikuti arahan dari temannya tersebut dan langsung DAFTAR YUK69 , dalam benak riski mungkin ini adalah jawaban dari kesusahannya selama ini , benar saja tak butuh waktu lama ia pun mendapatkan penghasilan yang berkali-kali lipat dari biasanya.
Raut wajah bahagiapun terpancar dari wajah riski , ia pun bergegas pulang dan memberikan hasil yang ia dapat ke istrinya , hal itupun sontak membuat maya membatalkan niatnya untuk pulang kerumah orang tuanya , dan kembali tinggal bersama riski.
submitted by Lopsided-Low4062 to u/Lopsided-Low4062 [link] [comments]


2023.05.21 10:51 RaidenMains Pengalaman buruk murid pindahan dari korea

Ada yang pernah punya murid pindahan yang datang dari luar negeri ? dulu pas gw sd, lupa kelas berapa , keknya kelas 3 sd atau 4 sd. Tahun 2000-an, ada dua murid pindahan dari Korea.
Yang cewe udah SMA dan yang cowo masi sd, satu kelas ama gw. Yang cowo ini, gk bisa bahasa indonesia dan guru di sekolah gw dengan sabar ngajarin dia. Nah masalahnya dia ini sangat bandel, atau mungkin lebih dari itu, gw rasa dia punya penyakit bipolar ? karena dia sangat temperamental , sangat suka marah dan memukul orang.
Gw dulu pernah di pukul ama dia, waktu itu gk ada yg berani ama dia soalnya badan dia gede dan berotot, dia pun bisa bela diri. Dia suka banget ribut dan mukul banyak orang, teman-teman sekelas udah banyak yang jadi korban dan takut ama dia, cewe pun ama dia bisa di pukul.
Waktu itu guru-guru udah berusaha ngasih tahu dia, dulu sampai manggil orang tua, cuman yang dateng kakak cewenya. Gw masih ingat dia menampar dengan sangat keras ke adik cowo nya, terus maki-maki adiknya pake bahasa korea, adik cowonya pun cuman diam tertunduk di marahi.
Habis itu dia berubah, mungkin sedikit, soalnya dia mau mukul orang sekarang udah gk di depan umum dan selalu nonjok perut karena dia tahu mukul muka bakal ada bekas memar. Waktu itu sekolah gw lumayan banyak ada chindo, gw jg chindo ya ngomong-ngomong, sekitar 40% murid di sana chindo.
Si bocah korea ini bikin geng yang isinya anak-anak bandel chindo, abis pulang sekolah ,dia suka naik sepeda sama geng dia buat mukulin orang, dan itu di luar sekolah. Waktu itu gw masih ingat, abis pulang sekolah gw lagi nunggu di jemput ama orang tua gw, dia tiba-tiba dateng, narik kerah baju gw dan marah-marah, nanya di mana si Hendra.
Si Hendra ini teman satu geng dia , dan dia jg chindo. Gw pun bilang dengan ketakutan, gw gk tahu, dia pun bilang kalo lihat, kasih tau gw, lo ampe coba umpetin, bakal gw habisi. Dia udah mulai bisa bahasa indonesia ngomong-ngomong, anaknya sebenarnya pintar.
Abis itu gw pun pulang di jemput, agak trauma jg, gw pikir si Hendra mau di apain ama dia. Besok-besoknya gw lihat si Hendra di sekolah, biasa aja , gak ada luka bonyok atau apapun. Si Hendra ini jg termasuk anak bandel, cuman orangnya easy going, dia gk suka mukul orang.
Si bocah korea ini pun dateng ke kelas, mukanya emosian, gk tau kenapa, guru-guru sampai nanya kamu kenapa, cuman dia diam aja, malah sampai keluar kelas, sampai guru gw emosi lihat kelakuan ini anak.
Begitu terus dalam 1 minggu, pas pagi hari dia gk masuk sekolah, pas lagi pelajaran dia tiba-tiba dateng, gebrak pintu, dan bawa tongkat besi. Dia ngamuk-ngamuk mukulin itu tongkat membabi buta, guru cewe yang lagi ngajar di kelas gw teriak-teriak suruh kita pada keluar, dan dia nahan si cowo korea ini.
Pada akhirnya guru-guru cowo datang, nahan ini orang, walau masih bocah, bisa di bilang kuat banget, apalagi dia bawa tongkat besi yang panjang. Seisi kelas hancur ama dia, kaca pecah, semua barang-barang dari kotak pensil dan lain-lain hancur, dia ngebanting semua meja dan kursi di sana.
Gw ada kotak pensil yang gw ngerengek-rengek buat di beliin ama ibu gw, harganya mahal, waktu itu sekitar rp 50.000 rupiah, jaman segitu sangat mahal karena kotak pensil biasanya harganya paling 8000-10000. Kotak pensil nya bagus punya, dan hancur ama ini bajingan. Masih bisa di pake kotak pensil nya, cuman banyak bagian yang pecah dan retak, kotak pensil tingkat 3, menjadi kotak pensil tingkat 1, semua bagiannya hancur, gw pake sampai smp, dan masih ada di rumah.
Pada akhirnya si cowo korea ini di keluarkan dari sekolah, guru cewe yang nahan dia di pukul pake tongkat besi, dan dia juga sebenarnya ngelawan dengan mukul ini cowo, mau bagaimana pun dia masih bocah sd. Abis lihat semua muridnya udah keluar, dia pun juga lari keluar minta tolong, dia pikir di kejar ama ini bocah, nyata dia ngamuk-ngamuk hancurin semua yang ada di kelas.
Kakak cewenya malu banget karena bikin heboh, yang gw denger dia jg keluar dari sekolah.
Pas gw smp, gw sekelas ama si Hendra ini, gw pun nanya dulu kenapa dia bisa selamat dari ini orang gila. Dia pun bilang si bocah korea ini, emang gila, dia suka mukul orang , dan sampai akhirnya dia mukul kakak kelas smp yang masih satu sekolah.
Di smp jg ada geng nya , di pegang sama kakak kelas namanya si Tompel. Mukanya ada tompel hitam di pipinya, mukanya sangar, dan dia terkenal suka berkelahi dengan murid sekolah lain. Intinya si Tompel gk suka si bocah korea ini sok jagoan mukul orang-orang di sana, anak-anak smp yang di pukul ama bocah korea ini juga punya kakak laki-laki yang sma di sana dan jg berandalan di sana.
Si Hendra jg teman dekat ama si tompel ini, waktu itu si Hendra ngebilangin dia baik-baik jgn mukul orang lagi soalnya temannya si Tompel gk seneng dan dia gk mau ribut besar. bocah korea ini gak seneng, ribut ama si Hendra ini. Di lerai sama teman-teman satu geng dia, si Hendra pun keluar dari geng tersebut. Bocah korea ini gk terima dan gk puas kalau gk mukul si Hendra ini, dia pun gk tahu kalau si Hendra jg sebenarnya yang nahan-nahan si Tompel untuk gk ribut ama ini bocah korea.
Akhirnya pas dia nyari Hendra, ketemu sama si Hendra, dan dia lagi nongkrong ama si Tompel dan berandalan-berandalan dari sekolah gw, sampai ada yang dari sma.
Ribut ama si Hendra dan si Hendra di tonjok di bagian perut secara tiba-tiba , si Tompel gk seneng, mereka pun ribut. Bocah korea ini kalah, si Tompel badannya lebih gede, dan dia juga jago berkelahi, waktu itu 1vs1, teman-teman si Tompel sama berandalan dari sma cuma nonton.
Abis dia kalah, semua teman geng dia jg di gamparin satu-satu , di katain penghianat , di tanya lu orang mana, hah kok lu mihak orang korea, lu kalau mati , di kubur di korea emang ? si bocah korea ini di permaluin habis-habisan, berandalan dari sma pun juga menghina kakak cewe nya, dan bilang dia inget ini bocah korea yang mukul adik-adik kelas dia yg smp.
Mereka maksa teman satu geng ama ini bocah korea buat ngeludahin ini orang, si Hendra pun cuman bisa diam soalnya ada satu yang berandalan sma, lebih sangar dari si Tompel, si Tompel aja takut ama ini berandalan. Perutnya jg di tonjok dan di kasih tahu, kalau macem-macem lagi bakal di habisi.
Si bocah korea ini pun cuman bisa diam tertunduk, dan semua teman geng dia nagnis minta ampun. Abis itu ya dia sepertinya mendam semua yang terjadi, merasa harga dirinya terluka. dan akhirnya meledak dan gw gk tahu kenapa dia ngamuk-ngamuk di kelas dia sendiri. Si Hendra beda kelas ama dia, gw rasa dia takut kalau macem-macemin si Hendra bakal kena masalah lagi ama berandalan-berandalan di sana. Semua teman geng dia pun juga menjauhi dia dan malah tunduk ama si Hendra ini.
Bisa di bilang itu pengalaman gw ama orang korea pas lagi sd, lagi sial aja gw dapet yg bipolar.
Gw jg suka nonton film running man dari korea atau baca webtoon korea, gw gk bilang semua orang korea seperti itu orang. Dan gw juga gk fanatik ama korea ya, gw jg tau sisi gelap dari orang-orang korea yang memandang rendah negara lain.
Gw bikin ini cerita soalnya nemu kotak pensil ini, gw jadi teringat ama ini bocah korea.
submitted by RaidenMains to indonesia [link] [comments]


2022.10.30 10:30 Altruistic_Set9960 Trik Sukses Bermain Permainan Judi Online

Trik Sukses Bermain Permainan Judi Online
Dengan tambah populernya permainan judi SBOBET secara online di kalangan masyarakat. Tentunya kita akan bertanya, Apakah bermain permainan judi ini benar benar bisa menguntungkan pemainnya? Atau, cuma merugikan saja?

walaupun di setiap iklan web judi online yang kita lihat begitu mengundang selera didalam beri tambahan keuntungan. Kita termasuk perlu memahami berasal dari cerita yang sebenarnya berasal dari para penjudi ini. Di lihat berasal dari data, Tidak sedikit pemain judi online yang jadi bangkrut karena judi, dan cukup banyak termasuk pemain yang merasakan nikmat keuntungannya. disinilah web yang tepat untuk bermain judi sbobet terpercaya dan menguntungkan

Lalu bagaimana agar kita bisa meraih duwit bersama dengan berhasil bermain judi secara online. Simak artikel ini terus ya kawan.

SBOBET mensponsori seragam untuk tim West Ham United sampai akhir musim 2012–2013. Sebelumnya mereka juga telah mensponsori seragam tim Cardiff City untuk musim 2010–2011. Pada bulan Oktober 2009, karena keprihatinan yang diajukan oleh perwakilan dari Liga Utama Inggris tentang mengekspos pemuda untuk berjudi, SBOBET mengganti logo mereka di semua seragam tim akademi remaja Cardiff City dengan Ty Hafan Children's Hospice.
submitted by Altruistic_Set9960 to u/Altruistic_Set9960 [link] [comments]


2022.10.18 07:49 r31ya Asal mula kode nomor Plat di Indonesia

Asal mula kode nomor Plat di Indonesia
Setelah ada postingan menanyakan kenapa Kalimantan selatan platnomornya DA, dimana lain2nya [K]alimantan [U]tara, [K]alimantan [T]imur, dll.
Setelah googling dan buanyak nara sumber gak jelas.
Salah satu artikel yg timelinenya paling awal mengatakan, pengkodean wilayah berdasarkan Batalyon inggris yg datang untuk mengambil alih kekuasaan Belanda. Batalyon inggris diberi kode batalyon A sampai Z, dan kode wilayah diberikan sesuai kode bataylon yg sukses menguasai kota target, Batalyon A menguasai Banten, Batalyon L menguasai Surabaya. Disayangkan blum nemu sumber valid untuk cerita yg satu ini. (klo ada yg nemu tolong di post)
Redditor TheArstotzkan, menemukan sumber yg lebih valid yg juga tertera di sumber wiki. Yaitu artikel dari website belanda mengenai awal mulai pengkodean mobil jaman penjajahan belanda.
Dari artikel tersebut, diawal tahun 1900 ada peraturan klo mobil harus ada Plat tanda pengenal. Plat harus hitam putih, ada nama wilayah, dan nomor mobil. tetapi gak ada peraturan baku harus ditulis seperti apa dan ditaruh dimana. ada beberapa nama nama kota yg disingkat seperti ngasih kode CH(cirebon) ato SB (surabaya).
Pada tahun 1917, keluarlah peraturan standarisasi kode wilayah dan wujud penulisan plat nomor. Kode nomornya tidak tahu apakah melanjutan kode inggris atau hanya diberi dari mostly urut dari barat ke timur (A banten, L surabaya)
---
Berikut nara sumber artikel tersebut, buku "Handbook Motorist and Motorcyclist" dari Java Motor Club

Kode wilayah dari Handbook Motorist and Motorcyclist by Java Motor Club. 01

Kode wilayah dari Handbook Motorist and Motorcyclist by Java Motor Club. 02

Tata cara penulisan Plat Nomor dari Handbook Motorist and Motorcyclist by Java Motor Club

contoh plat mobil
https://www.conam.info/kentekens/kentekens-in-nederlands-indie
---
Setelah Kemerdekaan ditahun 1950an, berhubung dilakukan pemecahan wilayah baru, terjadi beberapa pengkodean ulang untuk wilayah2 tertentu Seperti kalimantan yg mekar dari 2 wilayah dijaman belanda, menjadi lebih banyak. Kalimantan Selatan tetap menggunakan Kode jaman belanda, tapi kalimantan barat yg pecah jadi beberapa propinsi mendapat kode wilayah baru. (artikel sumbernya gak ketemu lagi)
---
well, thats all folks, mau nyari tau lagi tapi kerjaan yg ditungguin akhirnya nongol. so procrastination over unfortunately. klo ada yg mau ngelanjut silahkan.
submitted by r31ya to indonesia [link] [comments]


2022.06.20 21:25 NBS-Therapy ED Treatment Oil (Minyak Terapi zakar yang lemah)

Energy is Real!

Produk ini telah di kod kan dengan Tenaga Superb melalui Kaedah Quantum Metafizik.

ED (Erectile Dysfunction) Treatment Oil

Minyak Terapi rawatan zakar ini HANYA di NBS Therapy.
Untuk sebarang maklumbalas, sila hantarkan ke e-mail kami, nurulbaqiyasshifa.therapy@gmail.com
Tidak ada salahnya produk ini digunakan untuk membantu diri atau orang lain yang benar-benar bermasalah dalam melayari bahtera rumahtangga. Kepada mereka yang belum bernikah, saya tidak bertanggungjawab di atas penyalahgunaan produk ini. Minyak ini tidak gatal, tidak meninggalkan kesan ruam, tidak melelaskan kulit anda. Ini adalah produk selamat, HALAL dan tiada campuran sumber haiwan. 100% dihasilkan oleh bumiputera.
Khasiat Minyak Ini:
Melambatkan proses ejakulasi (pancut awal), Memberi stamina pada tubuh badan, Isteri merasai nikmat luarbiasa semasa berhubungan intim, Mengeraskan alat kelamin kaum lelaki, Membangkitkan ghairah semasa berhubungan intim, Memberikan rasa puas kepada pasangan, Isteri merasai nikmat luar biasa semasa hubungan intim, Sapuan dan urutan LUARAN SAHAJA, TIDAK BOLEH DIMAKAN
Minyak ini telah di hasilkan dengan herba terpilih khusus untuk terapi saraf tunjang zakar dan saraf yang berada di sekeliling zakar. Juga untuk mengeluarkan udara yang terperangkap pada salur tunjang dengan bantuan senaman kemutan anda sendiri.
KESAN-KESAN SEMASA TERAPI:
  1. Pada 1 minit yang pertama akan ada kesan sedikit hangat dan suam-suam pada zakar. Lakukan urutan sehingga 10 ke 15 minit bertujuan KHASIAT herba minyak ED Treatment Oil ini meresap ke zakar anda.
  2. Anda tidak perlu risau apabila zakar terasa hangat, lakukan terapi urutan zakar sehingga selesai. Minyak ini tidak gatal, tidak meninggalkan kesan ruam, tidak melelaskan kulit anda.
  3. Pada minit yang ke 10, anda akan merasakan dan melihat kepala zakar anda penuh, gemok dan berwarna merah, menandakan banyak darah turun dan memenuhi setiap urat zakar anda. Lakukan terapi ini dengan betul untuk mendapatkan kesan ini. Pada waktu ini juga anda akan merasakan ngilu yang teramat sangat. Ini bertujuan khusus untuk anda menikmati hubungan bahtera dengan pasangan anda. Reminder: Lakukan senaman kemutan selama 20saat, kemudian berhenti 7saat. Pada waktu ini, urutan dilakukan bersama-sama senaman kemutan. Urutan dan kemutan mestilah dibuat serentak.
  4. Untuk mendapatkan kesan maksimum zakar yang KERAS, anda Dilarang melakukan onani ketika melakukan terapi ini.

KAEDAH PENGGUNAAN DAN TATACARA URUTAN:

  1. Goncangkan botol minyak terapi ED Treatment Oil
  2. Titiskan 15 ke 20 titis minyak Ed treatment oil dan basahkan zakar anda.
  3. Tarik nafas dalam-dalam. Kemutkan dubur, genggam pangkal batang zakar dengan tangan kanan menggunakan ibu jari dan jari telunjuk. Urut urat tunjang zakar (dari lubang dubur naik keatas).
  4. Urut lubang cincin untuk mengeluarkan angin dan pecah lemak pada kawasan pundi kencing.
  5. Urut sekitar pundi kencing. Kemudian fokuskan urutan pada no 5.
  6. Dengan menggunakan genggaman ibu jari dan jari telunjuk, lurutkan batang zakar anda, dari pangkal ke hujung zakar tapi hendaklah anda berhenti bila sampai ke takuk zakar. Dengan cara ini, anda menghantar lebih banyak darah ke dalam kepala zakar dan dikunci tangannya oleh cengkaman tangan tadi. Kemudian lepaskan. Lakukan senaman kemutan selama 20saat, kemudian berhenti 7saat. Pada waktu ini, urutan dilakukan serentak dengan senaman kemutan. Ulangi Senaman kemutan. Selangi urutan urat tunjang zakar (dari lubang dubur naik keatas). Ulang 10 ke 15 minit.
  7. Ulang rawatan terapi ini setiap hari (blh nampak kesan seawal 7 hari). Waktu terbaik adalah pada waktu pagi. Boleh juga di lakukan pada waktu malam jika tiada masa. Boleh juga dilakukan terapi ini 2 kali dalam satu hari. 1 Botol penggunaan khas untuk sebulan.

#minyakurutzakar

#minyakzakar
#minyakkeraskanzakar
https://www.facebook.com/pages/category/Health-beauty/NBS-Therapy-105510748872376/
https://sites.google.com/view/minyak-terapi-zakar-mati-pucuk
https://shopee.com.my/product/32891047/19206604112?smtt=0.32892431-1655139045.3
Untuk perkhidmatan lain, kami menjalankan therapi gangguan mistik, sihir, ghaib, saka, minyak terapi rukyah, mandian aura dan sebagainya. Sila hubungi kami di nurulbaqiyasshifa.therapy@gmail.com
submitted by NBS-Therapy to u/NBS-Therapy [link] [comments]


2022.04.16 06:38 Ok_Blackberry_6942 TIL Tom Clancy pernah menulis novel yang "memprediksi" kehancuran indonesia pada tahun 2005 di bab Operation Merdeka, dalam novelnya yang berjudul Special Forces. Novel ini merupakan seri ketujuh atau terakhir dari karyanya, Guided Final, terbitan Berkley Books, New York, 2001.

Indonesia 2005 Menurut Tom Clancy

Tom Clancy menginformasikan – lewat novelnya yang terbit tahun ini dan konon cukup laku dalam bursa buku di AS – Indonesia pada 2005 rusak berat. Kehancuran Indonesia pada 2005 itu tertuang eksplisit dalam bab Operation Merdeka, dalam novelnya yang berjudul Special Forces. Novel ini merupakan seri ketujuh atau terakhir dari karyanya, Guided Final, terbitan Berkley Books, New York, 2001.
Memang, Pak Clancy boleh gigit jari, sebab ramalannya tentang Gus Dur yang tetap berkuasa sampai 2004, ternyata tidak terbukti. Tapi bagaimana dengan ramalan-ramalannya yang lain? Dillukiskan dalam novel, pada 2004 di Indonesia terjadi pergantian presiden. Nama presiden baru tersebut Gajah Mada — nama mahapatih masa Majapahit. Dalam kekuasaan Presiden Gajah Mada itulah, Indonesia terpuruk ibarat menjadi Sodom dan Gomorah.
Kita boleh murka atau menganggap sepi “ramalan” Clancy. Toh cuma novel. Buat apa digubris? Siapa pula Clancy? Kok berani betul menulis gila-gilaan? Atas dasar apa gagasan yang nyleneh mengerikan itu? Tapi, terus terang, saya takut. Bagaimana kalau novelis yang karyanya sudah seabrek-abrek dan cukup laris di AS itu, ternyata tidak sekedar “menulis asal menulis”?
Indonesia Tahun 2005
Sebelum sampai pada alasan- alasan Clancy “menyodom-gomorahkan” Indonesia, sekilas kita simak dulu isinya. Kehancuran Indonesia itu antara lain dilukiskan dalam tujuh butir tragedi nasional:
Pertama, sampai 2004, Indonesia tak mampu keluar dari krisis, dan pada tahun itu Aceh dan Irian menjadi negara merdeka. Konflik di Maluku makin parah. Lalu pecah kerusuhan sektarian di seluruh negeri. Situasi kalang kabut itu terus berlanjut sampai Indonesia memperoleh presiden Gajah Mada. Kekalutan makin menjadi-jadi, sekalipun Presiden Gajah Mada sudah didampingi seorang Wapres. Nama sang Wapres adalah Ratu Adil, seorang lelaki, sebab disebut he. Ia jenderal angkatan udara yang populer, bergelar BSc dari Universitas Kalifornia di Los Angeles dan lulusan National Defense University di Washington.
Kedua, di tengah kekalutan itu, senjata nuklir dijeblukkan di Ambon oleh kelompok keras militer, pada malam Natal tahun 2005. Bom itu satu dari lima bom yang diperoleh oleh kelompok militer garis keras dari Pakistan, buatan Tiongkok dan berkekuatan 50-60 kiloton. Akibat ledakan nuklir, Ambon hancur. Pulau Timor terkena dampak radiasi yang mematikan. Radiasi juga sampai di Darwin, kota di bagian barat Australia. Bom itu sengaja diledakkan pada malam Natal, agar kelompok Kristen bisa dijadikan kambing hitam. Pelakunya telah memperhitungkan, akibat bom di Ambon, Jawa juga akan turut kacau.
Ketiga, akibat logis huru-hara, maka pemimpin garis keras militer – anonim – muncul di TV mengumumkan negara dalam keadaan darurat. Pemerintahan diambil alih oleh Dewan Restorasi Republik bentukan militer. Dalam kudeta, militer membunuh Presiden Gajah Mada. Sejumlah prajurit terlatih menerobos kantor Menteri Pertahanan. Di sana sedang ada pertemuan antara Wapres Ratu Adil dan sejumlah jenderal. Gerakan itu berhasil membunuh Menhan dan para jenderal pendukung presiden. Tapi Wapres Ratu Adil tidak dibunuh. Ia diculik dan dibawa ke sebuah markas militer dekat lapangan terbang Husein Sastranegara di Bandung. Di tempat itu juga disimpan empat bom nuklir lainnya.
Keempat, huru-hara di Indonesia merisaukan banyak negara tetangga. Australia mengajak negara-negara ASEAN — Singapura, Filipina, Malaysia — membentuk South East Asia Coalition, untuk melakukan operasi kemanusiaan di Maluku. Dalam pada itu, sebuah operasi militer dirancang AS dan Australia. Operasi melibatkan divisi pertama 75th Ranger Regiment AS, yang telah siaga di Darwin, Australia. Tugasnya merebut Bandara Husein Sastranegara di Bandung dengan hitungan waktu 20 menit saja. Pada saat pasukan AS beraksi, satuan Special Air Service Australia akan membebaskan Wapres Ratu Adil, yang ditahan dan disandera kelompok militer garis keras, dan sekaligus menyita bom nuklir yang tersimpan di sana.
Kelima, Kostrad melawan operasi militer dari luar negeri tersebut. Dianggap ikut campur urusan dalam negeri. Kekisruhan, dan apalagi serbuan musuh dari luar negeri ini, selanjutnya menjadi tambahan legitimasi bagi kudeta kelompok militer keras dengan pendukungnya. Maka perang pun berkobar. Kawasan Husein dan sekitarnya dijaga pasukan elite Kostrad, yang telah memasang artileri anti pesawat dan misil darat-ke-udara Rapier. Sebelum pasukan AS menyerang, B2-bomber telah lebih dahulu menjinakkan pasukan Kostrad dengan “pesta bom”. Selain itu, di udara Bandung, terus terbang pesawat transpor C-130 milik AS. Pesawat ini membawa Nuclear Emergency Search Team dari Nevada, AS. Di pesawat itu siaga tim Technical Escort Unit dari the Defense Non-Proliferation Agency. Mereka bekerja untuk mengantisipasi apabila terjadi ledakan nuklir. Singkatnya, operasi digambarkan sukses.
Keenam, “nasib” Indonesia selanjutnya kian suram. Menurut pimpinan puncak tentara AS, pemerintah baru Indonesia tak mampu menguasai seluruh Jawa, apalagi seluruh negeri, sebab mereka tidak melakukan tugasnya dengan baik. Tentang sikap pihak militer Indonesia terhadap operasi AS dan Ausralia, jendral AS itu berkata: “Mereka memang tak senang kita bergerak di negara mereka. Tapi keberatan mereka selanjutnya hilang dibawa angin.”
Ketujuh, alhasil, Indonesia kembali “diurus dan dirawat” tentara.
“Cuma” Novel
Ngawur? Atau mengerikan? Jika Clancy ngawur, kita boleh lega. Yang mengerikan, bagaimana jika prediksi Clancy itu bukan sekedar khayal, tapi berdasar analisis logika futuristik dengan modal data rahasia militer AS yang ia miliki.
Konon, kata isu, Clancy mampu menembus informasi rahasia militer AS. Tapi isu ini sudah ia bantah. Katanya, ia tidak pernah melihat dokumen rahasia dan juga tak ingin melakukannya. Semua info itu bersifat terbuka untuk siapa saja. Soalnya cuma Anda mengetahui atau tidak cara-cara mendapatkannya.
Entah Clancy berkata sebenarnya atau berbohong, tapi dari seabrek novelnya semisal The Bear and The Dragon, Rainbow Six, Executive Orders, The Hunt for Red October, Without Remorse, International Intrigue, Point of Impact – dan masih banyak lagi – tersirat bahwa Clancy begitu terobsesi dengan dunia militer, terutama AS. Militer selalu digambarkannya sebagai perwira putih. Kedekatannya dengan para petinggi militer di AS dikabarkan telah emberinya kemudahan untuk mendapatkan informasi penting, yang sulit didapat wargasipil lainnya. Begitu dekatnya, sampai-sampai Clancy pernah diizinkan menerbangkan pesawat tempur, ikut dalam joy rides untuk tank tempur. Ia pernah ikut menyelam dengan kapal selam nuklir.
Yang pasti, novelis yang berani meramal tentang kehancuran Indonesia ini adalah mantan pialang asuransi, menjadi techno-geek, dan sering dilecehkan cuma sebagai penjual “fantasi militer”. Tapi, lewat beberapa karyanya, dia telah terbukti punya reputasi dalam hal membuat prediksi — terutama yang berhubungan dengan situasi geopolitik dunia. Dalam novelnya Debt of Honour (1994) misalnya, diprediksi AS dan Jepang hampir terlibat perang karena hasrat balas dendam dalam diri para pemimpin dua negeri yang pernah terlibat dalam Perang Dunia Kedua itu. Setahun kemudian, pada 1995, ternyata AS dan Jepang memang hampir “perang” –walaupun masih dalam bentuk ancam-mengancam. Soal gawat yang tak sempat didengar publik itu, syukurlah, berhasil didinginkan oleh kearifan semua pihak terkait.
Juga, Clancy pernah diisukan tengah diincar dan bakal diusut pemerintah AS gara-gara bukunya Hunt For Red October. Pemerintah ingin mengusut bagaimana Clancy bisa mendapatkan fakta yang ia tuliskan dalam buku itu – yang ternyata sebagian besar akurat. Namun Clancy membantah isu pengusutan itu. “Itu bohong! Saya malah ingin tahu bagaimana semua kebohongan itu bermula.”
Pesan Cerita
Akhirnya, tak penting siapa Clancy, kita semua tidak rela jika Indonesia hancur lebur. Dan jika kita mau mengambil hikmahnya, mungkin pesan novel itu bisa menjadi semacam “peringatan”. Jika Indonesia tidak mau terpuruk dalam huru-hara perang yang cuma membuat susah seluruh bangsa, maka siapa pun Presiden Indonesia sampai 2004, harus mampu – tanpa perlu dengan penggunaan senjata dan kekerasan – menyelesaikan seluruh krisis multidimensional yang sampai detik ini terjadi. Dengan itu, semoga Irian dan Aceh bahagia tetap menjadi bagian Indonesia. Juga, krisis di Maluku dan berbagai tempat lain bisa diatasi secara arif.
Singkatnya, Indonesia tidak butuh senjata dan perang untuk menggarap krisis. Indonesia sudah kapok “diurus dan dirawat” tentara sehingga terpaksa harus memberhalakannya.
Hilversum, 2001
source
submitted by Ok_Blackberry_6942 to indonesia [link] [comments]


2022.02.24 20:24 slotonlinebankbpd Manfaat Lengkap Jagung Untuk Ayam Aduan Bangkok

Manfaat Lengkap Jagung Untuk Ayam Aduan Bangkok


Manfaat Lengkap Jagung Untuk Ayam Aduan Bangkok – Dengan kesempatan kali ini kami akan membahas sesuatu yang sering di tanyakan. Pertanyaan yang datang kepada kami cukup banyak untuk membahas sesuatu hal ini. Penasaran dengan apa yang kami pemain ayam berikan hari ini. Kali ini kami pemain ayam akan membahas lengkap dan tuntas tentang manfaat jagung. Pakan ayam yang satu ini sudah banyak di gunakan. Pertama kami akan membahas tentang jagung karena itu adalah makanan yang paling sering diberikan. Jagung tidak hanya bisa di konsumsi untuk manusia saja tetapi bisa juga di berikan kepada hewan peliharaan kita. Salah satunya ialah ayam aduan bangkok kesayangan kita pun suka dengan jagung.
Jagung untuk ayam bangkok. Salah satu makanan pokok yang di konsumi masyarakat di Indonesia ini sebagai sumber karbohidat dan berbagai protein ialah jagung. Berbagai produk olahan jagung dapat kita lihat dan temui. Khususnya industri pakan ternak yang dapat di konsumsi oleh ayam aduan bangkok. Jagung identik dengan daun yang berlapis lapis, buahnya juga berbentuk biji bijian kecil yang memiliki rasa yang manis. Tetapi walaupun berbentuk biji bijian kecil jagung juga dapat di jadikan sumber minyak nabati. Selain itu, jagung dapat di olah dengan cara di rebus dan bisa juga di bakar maupun tambahan untuk sup dalam menu sehari hari.
Biji jagung juga dapat di konsumsi secara utuh untuk burung dara, bisa juga di pecah untuk burung pengicau. Khusus untuk unggas seperti ayam aduan bangkok kesayangan anda dapat di konsumsi dengan cara di haluskan dengan di giling hingga berbentuk bubuk. Bijijagung yang sudah berbentuk bubuk tersebut banyak di kenal dengan sebutan dedak. Konsumsi dedak untuk ayam bangkok yang di campurkan dengan ransum lain nya.
Baca Juga : Cara Mengobati Goham Pada Ayam Aduan Bangkok

Beberapa Kandungan Gizi yang Terkandung Pada Jagung

  1. Jagung memiliki karbohidrat sebesar 73 gram.
  2. Kandungan kalori yang cukup tinggi pada jagung sebesar 355 gram.
  3. Memiliki protein sekitar 9 gram.
  4. Memiliki Lemak sebesar 4 gram.
  5. Mempunyai beberapa vitamin pada jagung seperti Vitamin A.
  6. Tidak hanya memiliki Vitamin A tetapi jagung juga memiliki vitamin lain seperti Vitamin B1.
  7. Kalsium sebesar 10 mg.
  8. Fosfor sekitar 256 mg.
  9. Zat besi yang baik untuk ayam sebesar 2.5 gram.
  10. Mempunyai kandungan air yang cukup baik sebanyak 12 gram.
Dari kandungan gizi yang telah kami pemain ayam berikan dapat di simpulkan bahwa kandungan karbohidrat dan protein pada jagung cukup baik. Dengan kandungan protein dan karbohidrat seeperti itu dapat memenuhi kebutuhan gizi ayam aduan bangkok. Persentasi kandungan protein pada jagung lebih tinggi di bandingkan dengan beras. Namun, emamng kandungan karbohidrat pada jagung lebih rendah. Gizi pada jagung juga dapat di cerna sebanyak 90%.

Beberapa Manfaat Jagung Untuk Ayam Aduan Bangkok

  1. Sumber Energi Bagi Tubuh Sang Ayam Aduan Bangkok Karena mengandung karbohidrat dan lemak yang tinggi dapat membuat ayam aduan bangkok lebih sehat dan bugar ketika sedang bertarung di arena.
  2. Meningkatkan Kesehatan Sistem Pencernaan Pada Ayam Aduan Bangkok Karena mudah di cerna dan diserap oleh tubuh sang ayam aduan bangkok setelah di konsumsi.
  3. Menambahkan Bobot Ayam Aduan Bangkok Karena memiliki tingkat kalori yang cukup tinggi sehingga ayam dapat menjadi lebih montok dan lebih bagus.
  4. Dapat Memperkuat Otot dan Tulang Sang Ayam Aduan Bangkok karena jagung memiliki kandungan seperti kalsium dan zat besi yang dapat membantu pertumbuhan jaringan ikat pada tulang dan otot sang ayam aduan bangkok.
Demikian lah informasi yang dapat kami pemain ayam dapat berikan tentang Manfaat Lengkap Jagung Untuk Ayam Aduan Bangkok. Semoga dengan informasi yang kami berikan para sobat pemain ayam lebih mengetahui kandungan gizi di dalam jagung. Terimakasih.
submitted by slotonlinebankbpd to u/slotonlinebankbpd [link] [comments]


2022.01.06 11:01 AgenAjb88 JUDI ONLINE TERPECAYA DAN PERMAINAN TERLENGKA

JUDI ONLINE TERPECAYA DAN PERMAINAN TERLENGKA
Judi online sudah menjadi tren di kalangan masyarakatkususnya di indonesia Memberikam informasi langkah dalam judi online terpecaya adalah hal yang langkahbegitu juga dengan permainan judi online yang bermain dengan santai dan tenang bukan dengan emosi.
Kami situs judi online terpecaya ajb88 memberikan pelayanan yang cepat dan terpecaya dan kami juga memberika banyak event - event yang menarik yang bisa kalin klaim.Berikut saya akan memberi tau cara bermain judi onlone yang benar.Trik Sukses Bermain Permainan Judi Online
Dengan semakin populernya permainan judi secara online di kalangan masyarakat. Tentunya kita akan bertanya, Apakah bermain permainan judi ini benar benar bisa menguntungkan pemainnya? Atau, hanya merugikan saja? meskipun di setiap situs judi online yang kita lihat begitu menggiurkan dalam memberikan keuntungan,
Kita juga harus tau dari cerita yang sebenarnya dari para penjudi. Di lihat dari pendataan Tidak sedikit pemain judi online yang menjadi bangkrut karena judi, dan cukup banyak juga member yang merasakan nikmat keuntungannya.
Lalu bagaimana agar kita dapat mendapatkan uang dengan sukses bermain judi secara online.

https://preview.redd.it/3yrre8oij1a81.png?width=500&format=png&auto=webp&s=4b25347366a1546f1979fa9ddc65ae499e3c4c50
submitted by AgenAjb88 to u/AgenAjb88 [link] [comments]


2022.01.02 13:29 Few-Meaning-41 Kaget Kali! Dapat Uang 3 Juta Dari Hasil Bermain Game slot

Kaget Kali! Dapat Uang 3 Juta Dari Hasil Bermain Game slot
Terkejut dikagetin sahabat sudah biasa, terkejut dapat jackpot dari hasil bermain game slot pg soft murah baru luar biasa. Seperti halnya seorang pria bernama Rozi, yang mendadak dapat uang 3 juta dari hasil bermain game slot online Indonesia. Siapa sih yang tidak mengenal permainan game slot terbaik ini. Bukan rahasia lagi jika permainan slot sudah menjamur di seluruh dunia, karena dengan keunggulan nya mudah mendapatkan jackpot. Rozi yang berkehidupan miskin, tentunya sangat berubah drastis saat ia mengenal permainan slot yang gampang jackpot ini. Penasaran dengan cerita rozi yang bersangkutan dengan game yang sangat populer ini. Pastinya kami akan menceritakan dengan detail dibawah ini sebagai berikut.

https://preview.redd.it/blcij84tp9981.jpg?width=960&format=pjpg&auto=webp&s=952b3b6673df1e76a3c5307a0907deee9d06db0c

Rozi Sebelum Mengenal Permainan Slot

Sebelum rozi mengenal permainan game slot yang sangat populer ini, ia hanya manusia yang sederhana dengan hidup yang berkecukupan. Rozi yang tinggal berdua dengan neneknya tentunya mempunyai kepribadian yang tangguh. Sebagai cucu tentunya rozi mencari uang tambahan sehari-hari, agar bisa memenuhi kebetuhan hidup. Rozi yang sedari dulu sudah berangan-angan untuk membahagiakan neneknya sebelum ajalnya tiba. Akan tetapi rozi belum menemukan jalan keluar untuk meraih kesuksesan yang bisa membuat neneknya bahagia. Namun, keberuntungan sangat berpihak besar kepada rozi, hingga suatu ketika hidupnya lebih berwarna saat mengenal permainan game slot online Indonesia.
Pekerjaan rozi untuk mempertahankan hidup, hanya sebatas pekerjaan cleaning service. Namun berkat pekerjaan tersebut, rozi bisa mengenal permainan game slot online yang sangat di buru oleh pejuang rupiah seperti Anda. Rozi yang secara tak sengaja melihat seorang karyawan kantor bernama Lil bermain game slot online terbaik. Rozipun penasaran dan jiwanya meronta-ronta sehingga ingin coba untuk bermain game tersebut.

Kaget! Uang Hasil Game Slot

Menakjubkan sekali, dalam waktu 15 menit rozi bisa mendapatkan uang sebesar 3 juta dalam bermain game slot online. Tentunya rozy sangat senang sekali saat 3 juta, karena untuk mendapatkan uang tersebut rozi harus bekerja 1 bulan penuh untuk mendapatkan 3 juta. Pastinya sangat berbeda dan terkejut karena dengan mudahnya mendapatkan uang dari hasil game slot online.

Rozi Lebih Berwana Dari Game Slot

Kehidupan rozi yang dulunya sangat ketergantungan dengan pekerjaan buruh, sekarang sangat nikmat berkat permainan slot online. Rozipun tentunya menangis bahagia, sebab selama ini impian rozi untuk membahagiakan neneknya sudah terwujud. Sebagai nenekpun pastinya senang jika melihat cucunya sukses besar dengan segalah hal apapun itu. Maka dari itu game slot mudah menang besar, sudah menjadi moment terbaik untuk semua orang termaksud rozi.

Keuntungan

Slot terbaik dan terpercaya memiliki keuntungan yang tak terhitung jumlahnya, apalagi dengan kenyamanan yang 100% penuh. Situs slot terbaru tentunya selalu menyediakan bonus referal, bonus chasback, bonus turnover, bonus event dan bonus perkalian yang sudah tersedia setiap bulanya. Dengan bonus yang tak terhitung jumlahnya. Bukan hanya gampang maxwin dalam permainan game slot online, Anda juga akan menikmati tampilan yang sudah tersedia.

Situs slot yang dikenakan rozi tentunya memiliki tampilan tema dan efek suara yang membuat Anda hidup dan bersinar kembali. Dengan tampilan tema yang memanjakan mata, serta efek suara yang bernostalgia dan membuat Anda berdebar-debar seakan pingin nagih. Pastinya kami berani jamin Anda akan ketagihan dalam bermain game slot online yang sangat mudah mendapatkan jackpot dalam ratusan permainan.
submitted by Few-Meaning-41 to u/Few-Meaning-41 [link] [comments]


2021.11.30 03:07 sumpitsehat Ada Cerita Tentang Teman/Pemilik/Penghuni Kos yang Aneh atau Menyebalkan?

Buat yg suka baca DCT pasti kadang baca cerita gw kalo gw tinggal bareng couple asli Cina mainland yg misuh tiap hari. Gw mulai nulis ini malem2 gara2 kebangun ada suara gelas pecah. Anjing kan. Jadi pengen deh denger cerita kalian tentang manusia2 teraneh atau menyebalkan yg kalian pernah temui selama hidup ngekos. Ini cerita gw (di tempat kos beda2):
1. Si Tante Tukang Sensi dan Rumah Penuh Tai (Literally). Tante ini ibu kos. Di rumah banyak banget satwa (anjing, kucing, burung). Tiap malem lampu luar harus mati biar burungnya ga bangun (sounds wrong but actual birds). Karena banyak satwa jadi banyak tai di mana2 juga. Jadi... tiap malem kalo gw mau ke kamar mandi, gw harus melewati lantai penuh tai di tengah kegelapan. Untungnya keburu pindah sebelom kejadian nginjek tai.
Nah si Tante kos ini juga sensi banget ke gw ga tau kenapa, mungkin gara2 gw anak baru? Pernah sekali saluran air mesin cuci lepas, jadi banjir ke mana2 seruangan. Dia langsung WA gw dong panjang lebar ngamuk, katanya nyusahin lah harus panggil cleaner lah. Lah si anjing ya gw bilang dong gw ga pake mesin cuci. Dia cuma bilang "oh kalo gitu mungkin anak kos lain." Tetep ga minta maaf dia. 👍
2. Si Fuckboy Berbulu Si Cupu. Pernah 1 kos sama ini orang, yg kalo diliat penampilannya ya tipikal culun gitu deh. Not the tallest, not the sexiest, not the brightest, and definitely not the most handsome. Tapi hampir tiap minggu bawa cewek ke kos-kosan DAN kadang ceweknya beda-beda. Madlad.
3. Si Cewek Bugil Tengah Malam. Sumpah ga boong dan ga akan lupa. Waktu itu kamar gw paling ujung, liat jendela langsung jalanan. Suatu malam, ada cewek di-drop off taxi di depan rumah. Entah mabok atau apa, tapi dia marah2 sendiri, coba ngejar taxi-nya??? Dia teriak2 sambil nangis2. Ya gw liatin aja. Sampe.... tiba2 dia mulai nge-strip atasan + bra dia. Topless cuk. Gw deg2an. Si anying kenapa sampe lepas baju? Endingnya dia duduk di pinggir jalan sambil nangis sendirian setengah bugil, terus ga lama ilang. Gw GA berani samperin. I froze. Takud bro.
4. Si Couple Bangsat Gelud Tiap Hari. Yup ini couple yg stay sama gw sekarang. 2-2nya Cina mainland umur 40an? Gelud pake Mandarin dan gw GA ngerti. Si ceweknya tipe teriak2 abusive. Si cowoknya lembek soft-spoken. Karena gw ga ngerti putonghua, gw cuma bisa catch kata2 kasar doang. CIBAIIII MA DEEE, atau basic phrases lah minimal. Sengsara banget karena berantemnya tuh suka di jam tidur.
Geludnya di ruang tamu, jadi kalo gw mau beli makan atau ke mana suka gw tahan2 biar ga berada di battlefield. Si cewek suka lempar2 barang juga. Piring lah, gelas lah, nendang kursi lah. Bro... I feel like I live in a broken family that isn't even mine.
Gimana cerita kalian?
Edit: selain itu udah sering lah gw ketemu orang yg nyebelin tapi batas standar: setel lagu kenceng2 di kamar mandi, piring ga pernah dicuci, badannya bau sampah...dll.
submitted by sumpitsehat to indonesia [link] [comments]


http://activeproperty.pl/