Contoh karya tulis ilmiah anak smp

Pengertian Artikel, Tujuan, Ciri-Ciri, Struktur, dan Contohnya

2024.04.07 12:30 CSazub Pengertian Artikel, Tujuan, Ciri-Ciri, Struktur, dan Contohnya

Pengertian Artikel – Bagi Kamu yang mempunyai kebiasaan membaca, terlebih lagu bacaan nonfiksi, pasti Kamu sering mendengar kata atau istilah artikel. Artikel sendiri sangat mudah untuk ditemui dalam kehidupan sehari-hari, baik dari majalah, koran, dan media online. Mungkin Kamu sadar atau tidak, bahwa sekarang ini Kamu sedang membaca sebuah artikel.
Selain itu, bagi Kamu yang pernah mengerjakan tugas atau proyek karya tulis ilmiah, pasti Kamu sudah terbiasa mencari artikel ilmiah melalui mesin pencari Google. Melalui Google, ada banyak sekali jenis artikel yang dapat Kamu temukan dengan sangat gampang, mulai dari Google Scholar, Scopus, dan lain sebagainya.
submitted by CSazub to u/CSazub [link] [comments]


2024.04.06 17:49 Sensitive_Chair_8842 HAve guys

Dalam keadaan hari-hari biasa, ketika hal tersebut terjadi maka seseorang dapat mengatasi hal tersebut dengan cara mencoba meningkatkan kembali hormon serotonin yang rendah saat bangun tidur. Makananyang tinggi triptofan seperti masakan dari ikan segar, pisang dan cokelat adalah contoh yang sudah terbukti secara ilmiah dapat meningkatkan kadar serotonin di otak.

Tidur Setelah Sahur dan Gangguan Mood
Memang tidak ada ketentuan Islam yang melarang untuk tidur kembali setelah sahur, tapi menengok anjuran Rasulullah SAW yang menyatakan bahwa sebaiknya mengakhirkan sahur sepertinya hal tersebut merupakan suatu pesan bahwa setelah sahur kita disuruh menunggu subuh untuk menjalankan shalat subuh. Jika kita tidur setelah sahur ataupun waktu sahur yang terlalu cepat sehingga tertidur kembali potensi untuk terlewatnya shalat subuh menjadi lebih meningkat.



Konten ini telah tayang di Kompasiana.com dengan judul "Sering Tidur Habis Sahur? Waspada Gangguan Mood Pagi Hari", Klik untuk baca:
https://www.kompasiana.com/meldyelfa/576c1435c923bd210ae2ddb9/sering-tidur-habis-sahur-waspada-gangguan-mood-pagi-hari

Kreator: Meldy Muzada Elfa



Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tulis opini Anda seputar isu terkini di Kompasiana.com
submitted by Sensitive_Chair_8842 to u/Sensitive_Chair_8842 [link] [comments]


2024.04.06 14:23 Original_Passenger80 Pelanggaran HAM Oleh Organisasi Papua Merdeka (OPM)

Setiap tahun, masyarakat internasional di tanggal 10 Desember, selalu memperingati hari hak asasi manusia (HAM) internasional. Peringatan dimaksudkan untuk mengingatkan bahwa pelanggaran HAM adalah kejahatan kemanusiaan yang menjadi musuh masyarakat global, sehingga jelas pelakunya baik individu, kelompok atau organisasi bahkan negara akan dibenci dan dikucilkan oleh masyarakat global.
Peringatan HAM internasional juga bertujuan untuk selalu mengingatkan, mengontemplasi dan merefleksi agar kejadian-kejadian pelanggaran HAM tidak terulang kembali, atau minimal semakin dapat dikurangi. Di masyarakat internasional, perang dan konflik berkepanjangan di Suriah, Iraq, Yaman, Nigeria, Pakistan, Afghanistan dan Palestina jelas sarat diwarnai oleh pelanggaran HAM. Apa yang dilakukan tentara-tentara Israel yang membombardir jalur Gaza dengan alasan menarget para pejuang Hamas, namun roket-roket dan rudal-rudal mereka yang menghantam perumahan sipil bahkan membunuh anak, perempuan, dan lansia jelas merupakan pelanggaran HAM serius bahkan mengarah ke genocida. Hal yang sama juga apa yang dilakukan tentara Myanmar terhadap para pengungsi Rohingya jelas juga merupakan pelanggaran HAM bahkan pengungsian besar-besaran jelas mengindikasikan pelanggaran HAM dimaksud. Jangan ditanya lagi pelanggaran HAM berat yang dilakukan ISIS, Boko Haram, Al Qaeda dan sejumlah kelompok separatis di berbagai belahan bumi lainnya, bahkan tidak sedikit juga banyak yang menilai AS juga layak memperoleh tinta merah dalam pelanggaran HAM yang terjadi dimana-mana dalam kapasitasnya sebagai “polisi dunia”.
Di Indonesia, pelanggaran HAM banyak dilakukan oleh kelompok separatis Organisasi Papua Merdeka (OPM) seperti beberapa contoh aktualnya antara lain pada tangga; 1 Desember 2018 di Jalan Trans Papua, Kabupaten Nduga, Papua, terjadi salah satu peristiwa paling mengerikan bagi warga sipil dalam sejarah kemerdekaan Indonesia, yaitu pembunuhan terhadap sebanyak 31 orang pekerja PT Istaka Karya yang dilakukan Kelompok Kriminal Sipil Bersenjata (KKSB) pimpinan Egianus Kogoya, dilatarbelakangi adanya salah satu pekerja tersebut yang mengambil foto perayaan Hari Ulang Tahun Tentara Pembebasan Nasional/Organisasi Papua Merdeka (HUT TPN OPM) yang sedang dilakukan KKSB pimpinan Egianus Kogoya tersebut. Peristiwa tersebut amat mengiris nadi kemanusiaan kita karena dilakukan oleh sesama masyarakat sipil. Hanya saja, para pembunuh tersebut telah terindoktrinasi ideologi Papua Merdeka.
submitted by Original_Passenger80 to u/Original_Passenger80 [link] [comments]


2024.04.05 14:38 NoEngineering3887 Gaya Hidup Sehat Anak SMP Sekolah Memakai Sepeda Listrik

Gaya Hidup Sehat Anak SMP Sekolah Memakai Sepeda Listrik submitted by NoEngineering3887 to u/NoEngineering3887 [link] [comments]


2024.01.24 13:16 anton-rs H2H a-rs#1 Mahasiswa sepuh (sm14)

Baru nyadar ada flair 'Heart to Heart', mirip Stories From The Heart (SFTH) di kaskus kah? Jadi kepikiran buat nulis curhatan kehidupan diri sendiri. Sharing sekalian nanya2.

Siapa gue?

Mungkin beberapa udah kenal karena gue sering curhat soal masalah motivasi ngerjain skripsi. Buat yang belum tahu, kenalin gue anton, mahasiswa IT tahun ke 9. Lah kok bisa sampai 9? bukannya maksimal kuliah S1 itu 7 tahun? bener 7 tahun tapi di kampus gue boleh cuti maks 4x jadi 2 tahun tambahan tanpa bayar semesteran.

Kok bisa sampai sm14?

Skripsi, makhluk ajaib yang bisa bikin gue stuck di kehidupan sejak 2018. Udah 8x ambil skripsi, gagal 6x, 1x semester kemarin cukup lancar dan dilanjutin di sm14 ini. Gue tolol? maybe. Tapi secara akademik, gue lancar2 aja. Di semester 7 saat ambil skripsi pertama, gue harusnya udah bisa lulus semester 7 kalau skripsi selesai karena matkul udah mencukupi buat lulus. IPK juga masih ok 3.52. Tapi ga bangga juga sih, soalnya menurut gue gampang dapat IPK segitu di kampus gue, jangan bandingin sama ITB atau UI, jauh, yang udah grinding pun katanya masih sulit dapat IPK bagus disitu.

Flashback kehidupan sekolah

SD

SD ga pernah belajar di rumah tapi diikutin les ke tetangga yang udah retired jadi guru SD. Jadi di kelas pas materinya diulang, gue udah paham duluan dan sering jawab ketika gurunya nanya. 2 moment yang gue inget waktu itu ketika pak A nanya urutan peredaran darah di jantung. Materi yang diajarin minggu lalu dan diajuin pak A buat nge test aja, gue angkat tangan dan jawab bener. Temen cewek si R nyeletuk 'eh lu pinter ya masih inget aja materi minggu lalu'. Yang kedua pas pelajaran MTK dan dikasih 10 soal sehabis dikasih tahu materinya, pak P guru MTK juga bilang 'yang udah selesai boleh istirahat duluan'. Soalnya penjumlahan bilangan pecahan sehabis diajarin FPB dan KPK. Beberapa menit selesai dan gue maju mau ngumpulin ke pak P buat dikoreksi, bener semua dan saat gue mau keluar, pak P nyeletuk ke temen gue si Y yang lagi ngobrol "eh Y, jangan ngobrol mulu, langsung kerjain kayak anton biar pinter juga". Tapi sebenernya gue ga pinter2 amat sih, gue bisa karena udah belajar duluan di les2an. Udah 2x lagi, les2annya cuman 1 ruangan, angkatan gue dan 1 tingkat di atas itu digabung. Gue udah belajar duluan tahun kemarin di les2an, gampang banget jadinya. Btw model les2annya 'siapa yang nanya materi X' malam itu bahas materi X, kalau ga ada yang nanya, pak K bakal ngasih pelajaran di subjek specialitynya 'sejarah', kadang bahas sejarah folklore kayak cerita2 candi, ken arok, atau cerita2 perjuangan kemerdekaan.
IDK why I'm still remember that 2 moments lol.

SMP

Pas lulus SD dapat nilai UN bagus dan bisa masuk SMP favorit. Kebetulan SMP 1 lokasinya di desa gue jadi bisa sepedaan karena deket dengan rumah. SMP berikutnya, SMP 2 punya jarak lokasi 8KM an. Tapi udah expected sih masuk SMP 1, karena di kelas 6, beberapa murid yang pinter2 dapat kelas tambahan buat diajarin lagi supaya bisa ngasih contekan ke temen rata2 nilai UN yang bagus buat SDnya. Walaupun gue minta ke ortu buat dimasukin SMP 2 aja, karena banyak temen2 gue yang masuk situ, tapi ga dibolehin. SMP 1 sama SMP 2 selain jauh jaraknya, SMP 1 emang bener2 favorit, bahkan ada murid2 yang nge kost waktu masuk SMP situ karena rumahnya jauh banget.
Waktu SMP di kelas 7C, karena ga les lagi dan ga pernah belajar di rumah, gue jadi tolol dan dapat ranking paling bawah, rank 32 :') Semester berikutnya Alhamdulillah ada kenaikan jadi ranking 4 tapi dari paling bawah, rank 28.
Bokap guru SMP di luar pulau yang pulang cuman 1-2 minggu tiap liburan semester, akhirnya tahu gue sulit disuruh belajar, ranking bawah dan kerjaannya cuman main PC. Sejak kelas 8 di daftarin bimbel P yang mahal. Gue masih ga belajar di rumah, cuman belajar waktu les dan di kelas. Singkatnya gue jadi dapat ranking 7 dan ranking 1 waktu kelas 8 (beneran rank dari atas). Entah gue yang beneran pinter atau karena gue masuk kelas H di kelas 8. (di SMP kelasnya ada A sampai H, Kelas A dan B itu spesial / favorit, isinya murid2 yang top ranking waktu kelas 7).
Endingnya waktu SMP, gue dapat nilai UN yang cukup lumayan tapi gagal masuk SMA Favorit, udah DP kost2an padahal :')

SMA

Karena gagal masuk SMA 1 G, SMA favorit sekabupaten (jauh tapi ga jauh2 banget), mau ambil SMA Favorit yang di kota juga males karena jauh banget. Akhirnya masuk SMA 1 P yang cukup OK dan ga jauh2 banget, 15m motoran. Ada sih SMA 1 C yang deket rumah tapi waktu itu SMA 1 P secara umum masih lebih bagus katanya. Tapi 1 hal yang bikin nyesek, ternyata di SMA 1 C mata pelajaran ekstranya ada 'bahasa jepang' :') Baru tahu yang namanya anime kelas 12 soalnya, jadi ga ambil pertimbangan mata pelajaran ekstra waktu milih SMA.
Btw info tambahan 'si R temen SD gue'. Dia masuk SMP 1 C juga, sama kayak gue dan dia ada di kelas A / B (kelas favorit). Dan waktu Kelas 9, Kelas A dan B kayak di spread gitu dan gue sekelas lagi sama si R (ga deket sih sama R tapi dia fun, keren, aktif dan sering ketawa anaknya, seinget gue). Pas SMA dia masuk SMA Favorit yang di kota, kelas akselerasi, jadi 2 tahun aja SMAnya, kalau ga salah lagi, dia kuliah HI tapi ga tahu sih, karena ga deket juga.
Tapi ada twist waktu gue masuk SMA, bokap gue juga masuk SMA 1 P di tahun yang sama bareng gue. "Hah, bokap lu masuk SMA?", iya, setelah perjuangan bertahun2 buat ngurus pindah PNS, bokap gue akhirnya berhasil balik ke rumah, btw gue tinggal ama 'mbah uti' (nenek dari bokap).
Satu hal yang beda dari sekolah favorit dan sekolah biasa. Rasa kompetisi waktu di SMP ilang aja gitu dan sekolahnya ga nge enforce murid2nya buat saling kompeitisi (bukan berarti jelek tapi beda aja). Selain nemu hobi baru nonton anime. Gue jadi corrupted sewaktu ujian semester kelas 10 dan sebangku sama kating cwk kelas 11. Contekan. Hal tabu yang ga pernah gue lakuin waktu SMP kecuali pas UN. Zaman itu, 3 hari UN masih jadi penentu lulus ngganya murid.
Karena temen2 kelas waktu itu majority juga pakai contekan dan gue orangnya manipulateable. Gue ikutan punya kebiasaan nyontek, waktu test mingguan, ujian tengah semester dan ujian. Tapi lucunya, gue masih dapat ranking waktu SMA. Bukan karena gue bener2 paham materinya kayak waktu SMP, tapi mungkin karena gue kelihatan pinter, komputer guy (udah bisa ngetik 10 jari dan udah biasa pakai google di daily life dengan HP Nokia 5130XM yang gue pakai selama 9 tahun, dari masuk SMP sampai lulus SMA), dari SMP favorit juga dan anaknya tipikal anak polos baik2 gitu. Dan gue baru tahu ternyata bokap di awal sering nanyain guru2 gue sehabis ujian "eh si anton gimana nilainya? ooh gitu ya, kok bisa segitu nilainya? dll". Mungkin guru2 lain merasa terganggu dan males jawabanya? lol, gue juga bukan siswa bermasalah jadi di bagus2in aja nilainya?. Tapi ada 1 temen seangkatan juga yang ibunya udah lama ngajar di situ tapi ga ranking. Jadi ngga tahu sih, ini pengaruh bokap atau bukan.
Skip ke akhir kelas 12.
Karena gue dikenal pinter, nilai bagus2 dan temen2 sering minta contekan PR karena gue hampir selalu ngerjain (udah manfaatin google buat belajar dan nugas sejak SMP kelas 8, masih banyak yang belum terbiasa nge google sih dulu). Banyak yang expect gue bakal dapai nilai UN bagus di SMA. Tapi... gue kenal DotA2 di kelas 12. Masa-masa yang seharusnya gue pakai buat grinding belajar UN, ngejar ketertinggalan materi. Parahnya lagi gue begadang main DotA2 sewaktu UN dan kena flu, jadi ngerjain harus sambil hati2 ada cairan yang netes dari hidung ke kertas UN.
Akhirnya gue ngecewain banyak orang, gue ga ambil pusing karena di angkatan gue waktu itu, persyaratan lulus atau tidak udah diserahin ke sekolah, bukan karena nilai UN. Karena info UN ga menentukan kelulusan itu, gue commit buat berhenti pakai contekan dan kembali ke jalan yang lurus. Tapi karena nilai UN yang jelek, udah expect juga ga bakal keterima jalur undangan ke pilihan 1 ITS. Sejak kelas 11 udah tahu juga mau ambil jurusan IT, sempet install android studio dan nyicip java dikit pas kelas 12 tapi karena DotA2, sekedar nyicip aja, nyarinya malah tutorial DotA2 di dotaallstars.
Karena jalur undangan gagal, akhirnya coba jalur mandiri di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) karena tanggal testnya lebih dulu dibandingin jalur tulis umum masuk PTN (SBMPTN waktu itu namanya). Karena PENS jalur mandirinya duluan, akreditasi di jurusan komputernya ok, ga terlalu jauh dan ga kemahalan kayak Universitas Surabaya (UBAYA) waktu itu. Sedihnya yang diterima waktu itu 12 dan gue nomor 13nya. Padahal kalau diterima, gue punya waktu jauh lebih banyak main DotA2 sambil nunggu masuk kuliah. Karena ga lolos, akhirnya grinding materi2 SBMPTN lagi lewat langganan bulanan di Zenius dan les offline di bimbel P. Karena ragu dan takut ga lolos kalau ambil ITS di pilihan 1 SBMPTN, akhirnya milih di PTN yang ok juga dan nerima mahasiswa banyak buat jurusan komputernya tapi bukan di surabaya.
Eh ternyata lolos, Alhamdulillah jadi ga perlu ngeluarin duit banyak buat jalur mandiri, tapi keluarnya kok sulit ya ... udah 9 tahun :')
Tapi harusnya lulus sih di sm14 ini, tinggal benerin laporan skripsi yang salah2. Aplikasi udah OK tapi mungkin gue improve lagi kalau ada waktu setelah nulis laporan (optional).

Life is good :D

Awalnya sebelum nulis panjang lebar itu, mau fokus ke bagian ini Life is good. Walaupun gue S1 9 tahun, gue happy2 aja. Kayaknya gue bakal bahagia tetep bahagia selama gue masih bisa duduk depan komputer, ada internet, punya atap atau numpang di rumah ortu dan punya duit buat makan besok.
Laptop spek pas2an, internet ga kenceng2 amat, atap walau hanya kost2an, nasi masak, dengan duit makan sekedar sayur 3k + 2k gorengan dan sekali2 makan hedon pakai gofood nunggu promo. Life is good. 5 tahun lagi gue masih gini juga bodo amat, tapi dalam 5 tahun skill2 gue pasti lebih jago. Rejeki halal juga udah diatur dan ga akan kemana. Gue juga ga bakal mati sebelum semua rezeki yang ditakdirkan buat gue dikasih Tuhan.
Quotes dari islam yang bikin gue ga khawatir di umur 26 baru lulus S1.
submitted by anton-rs to indonesia [link] [comments]


2023.12.21 04:25 HeySans_ "Problematika" Pelajar Indonesia Jaman Sekarang (Gen Z di Persekolahan)

Before you read anything Below, Please be a Critical Person In here...
Jadi Saya adalah salah satu Siswa Kelas IX di Sekolah Menengah Pertama di Indonesia. Mungkin Post "Problem Anak Indonesia Jaman Sekarang" Akan saya Ambil contoh-contohnya dari Sekolah yang sudah saya duduki selama 3 Tahun ini, Karena saya tidak mau memberikan Contoh tanpa Bukti Konkret yang benar-benar terjadi didepan mata saya.
Perubahan yang sangat amat Kontras terjadi setelah Covid terjadi dan berdampak sangat Besar kepada Perubahan Society dan Lingkungan Masyarakat di Indonesia, Tidak luput juga dalam Lapisan Pendidikan yaitu Siswa-Siswi di Indonesia.
Saya saat Masih Kelas VII, Saya dan Teman Seangkatan saya tidak ada satupun yang berani Untuk Membantah/Melawan/Membicarakan Keburukan Guru Dibelakang, Karena di jaman saya yang Kelas VII, Kami masih punya Budaya "Moral & Ethics" Yang kuat kepada Senior, Dan itu juga didukung oleh Kakak Kelas IX Saya dulu, Mereka Ramah nan Baik Tidak peduli Laki-laki Maupun Perempuan mereka pasti Ramah dan Baik, Mereka juga mau Menegur dan Memberitahu mana yang salah dan Benar Kepada Kami. Tapi Semua itu Berbeda setelah saya Beranjak ke Kelas IX.
Jadi pada saat saya kelas VI dulu, masuk Sekolah ini lewat Jalur Prestasi yang dimana itu sudah langka banget untuk PPDB Jalur Prestasi, Seumpama Jalur Prestasi "Dipersulit" Karena Kami tidak menggunakan Ordal, Kami kebanyakan Murni dari Nilai Rapot. Tapi sayangnya Sistem Zonasi itu adalah Ibarat "Golden Ticket" Untuk Penyuapan PPDB Baik lewat Uang Maupun Ordal. Tapi Apa Dampaknya ke Lapisan Murid-Murid di Sekolah Saya Ini? Tentu ada, Justru Berubah 180 derajat Seakan Meja telah Dibalik, dan Matahari telah Tenggelam.
Kembali ke Saya yang sudah Menjadi Senior di Kelas IX, Saya bersama Angkatan saya Pun melihat dan beberapa ada yang sadar kalau memang Sekolah saya entah mengapa menjadi mengenaskan, Kelas VII nya sudah sangat amat berani, tak jarang dan bahkan banyak yang tak heran juga kalau mereka Menyudutkan Guru, Membicarakannya dari Belakang, bahkan Menyebut Cara Mengajar mereka "Primitif", Sedangkan angkatan Saya dulu saat Kelas VII, tidak ada satupun yang berani seperti itu. Tapi, Tunggu Dulu, tidak perlu jauh2 ke kelas VII, Teman Seangkatan saya pun ada dan bahkan lebih parah daripada mereka setelah Angkatan saya menerima "Jabatan" Senioritas di Sekolah ini.
Dalih "Masih SMP ngapain belajar, Main aja dulu bro" Terus berkumandang setiap kali saya mengingatkan Teman Seangkatan, dan Adek Kelas. Justru dengan itu, Bukannya harusnya mereka sudah mempersiapkan dari Kecil? Dari Dini? Bukankah guru BK selalu mengajarkan kita untuk Peduli Lingkungan dan Sekitar, atau bahkan diri Sendiri?. Menurut saya, Justru dari Kecil itu mereka harus mempersiapkan Diri, Terlebih lagi teman seangkatan saya yang bentar lagi Lulus SMP dan beranjak ke SMA, Saya melihat teman Seangkatan saya liburan Semester gini malah Foya-Foya, Mengubah rambutnya menjadi Pirang, Ngebut-Ngebut dengan motor Kesayangannya, Pacaran Bermesra-mesraan, Padahal Bentar lagi Ulangan. Tapi Sekali lagi, Sungguh disayangkan, karena Mereka tidak Perlu Belajar. Sistem ulangan Sekolah Kami mudah sekali di-bypass dengan cara membuka Google Chrome di layar Belah.
Saya sebenarnya prihatin melihat mereka ini, Saya kerap kali memikirkan kenapa mereka seperti ini, Apa toh ga kepikiran mereka, Gimana susahnya orang tua mereka Bekerja, Menghabiskan tenaga dan Mengeluarkan Bulir-Bulir Keringat itu, mereka pakai Uangnya dengan tidak benar? Dibelikan Aksesoris Motor demi gengsi, dan bahkan Rokok. Kenapa mereka ga kepikiran sebaliknya? Kenapa mereka gak mau Sama sekali Membanggakan Orangtuanya dengan cara yang benar? Apa mereka ga kepikiran Betapa Bahagianya, bahkan mungkin mereka bisa sampai menangis Terharu melihat Anaknya berhasil dan Sukses alih-alih Rusak dan menjadi Pecundang.
Apa kabar Indonesia? Generasimu sekarang sudah dirusak Sosial Media, Sudah terkorupsi sejak dini dan Kalian masih saja menutup Mata, Mengurus hal lain yang "Lebih penting". Bukankah Pemuda adalah Bibit Negara? Yang akan mengatur Arah dari Seluruh isi diNegara Merah-Putih ini nanti?, Bahkan disini, Sulit sekali ingin menjadi Religius tanpa mendengar sindiran "Sok alim lu ye". Bukankah Seharusnya Orang tua, Keluarga, Masyarakat, Tenaga Kependidikan, Pemerintah, Bahkan Negara Seharusnya Bekerja sama demi negara Ini? Demi Menciptakan Pelajar Yang Berkualitas?.
Pak Nadiem, Kak Seto, Siapapun! Saya Mohon. Kalian pasti Bisa membantu Pelajar Indonesia yang Sedang Krisis Moral dan Etika. Jadi Saya Mohon, Buka lah Mata hati kalian Untuk Menolong Indonesia secara tidak langsung dengan membuka Pandangan Kritis mengenai Hal Ini.
submitted by HeySans_ to pelajar [link] [comments]


2023.11.07 22:30 Xenoryzen_Dragon Mengenal Program Kuliah Setahun Diploma D1 Di Indonesia

Program Diploma Satu (D1) adalah salah satu jenjang pendidikan tinggi pada program vokasi yang paling singkat masa studinya. Pelajar yang memilih program diploma satu (D1) memiliki masa studi kuliah selama satu tahun atau 2 semester dengan bobot studi yang berjumlah 36 SKS (Satuan Kredit Semester). Adapun masa studi paling lama untuk program ini adalah 2 tahun.
Karena program diploma mempersiapkan tenaga yang dapat menguasai suatu kemampuan tertentu, maka bobot perkuliahan praktikum jauh lebih banyak daripada pembelajaran secara teori. Mahasiswa D1 wajib menyelesaikan tugas akhir berupa kerja praktik dan karya ilmiah sebagai syarat kelulusan. Gelar yang diterima oleh mahasiswa yang lulus program diploma 1 adalah Ahli Pratama (A.P.).
Beberapa contoh program studi jenjang D1 yang tersedia di berbagai perguruan tinggi di Indonesia antara lain: Jurusan Pajak, Jurusan Kepabeanan dan Cukai, dan Jurusan Kebendaharaan Negara di Politeknik Keuangan Negara. Selanjutnya adalah Jurusan Perhotelan di Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti, dan Jurusan Teknik Informatika di Akademi Komunitas Negeri Pacitan.\
https://campus.quipper.com/kampuspedia/program-diploma-satu-d1
Bagi ente yang udah nganggur bertahun tahun walau udah kuliah s1/s2 dan habis puluhan juta...........jalan terbaik kuliah lagi di Program D1 hanya setahun plus magang selama 6 bulan di bidang mekanik seperti Teknik HVAC, Teknik otomotif, Teknik Listrik, Teknik Mengelas, Teknik Tenaga Surya, Mekanik Mobil Listrik/EV Repair, Mekanik Tenaga Angin, Teknik KomputeIT, Teknologi Pertenunan, Logisitik, Pengelolahan Limbah, Desain Produk Industri, Pemintalan, Dll
Dgn Skill D1 Minimal bisa buka usaha sendiri/bengkel mekanik independent, alternatif lain bisa ambil Kursus di BLK umumnya 3 bulan pelatihan
submitted by Xenoryzen_Dragon to indonesia [link] [comments]


2023.09.18 12:34 Serious-Guy Apa Nasihat yang Bakal Kamu Beri ke Orang-orang yang Lebih Muda Darimu?

Ya, sesuai dengan titel yang aku tulis. Tidak ada batas minimum usia, kamu anak SMA mau ngasih nasihat ke anak SD-SMP boleh, kalau ada yang umurnya >50 mau beri nasihat ke kita-kita yang lagi merintis keluarga juga silakan. Anything goes, mau konyol juga silakan (tapi ingat kalau ini bukan thread NSFW).
Terima kasih sudah mau berbagi.
submitted by Serious-Guy to indonesia [link] [comments]


2023.05.22 15:55 WhyHowForWhat Sejarah Indonesia apa yang ingin kalian lihat dalam bentuk komik atau animasi, tidak peduli seberapa terlarang atau gelapnya sejarah itu?

Kalo eksekusi bagus, sebagai contoh gua byangin gua bisa sedih banget kayak Graves of the Fireflies. Simpel emang, cerita soal 2 anak yang coba bertahan ketika Jepang terus maju, tetapi nyesek banget karena kalau dipikir2 banyak yang nasibnya mirip sama mereka.
As forbidden or dark as it can be, gua sangat penasaran gimana org bakal ngangkat cerita Santa Hitam, Mangkuk Merah 1967, Sampit, Tragedi2 ketika reformasi (dari perspektif manapun), Marsinah, Sum Kuning, Makam Juang Mandor, korban selamat romusha, korban selamat jugun ianfu dll. Gua yakin salah satu dari yang gua list disini akan diangkat jadi karya yang dikonsumsi umum pada waktu yang 'tepat' (gatau kapan gatau siapa yang eksekusi) tapi yang jelas, gua ga yakin gua bisa nonton ato baca. Mungkin komik masih memungkinkan (flashback BicoStory di yutub) tp animasi? This one will take a lot of effort.
Btw gaakan nolak crossover mcm Fate series ato Drifter. Bayangin coba pak Soeharto di Fate ato Drifter bakal kayak apa bentukan ma kekuatannya. Also might as well make an improved harem story of Soekarno wkwkwkwk
Ayolah pasti bisa, Karl Max aja udh mau dibikinin animenya di Cina.
Edit: Karl Max Anime is real guys
Edit 2: tambah peristiwa pas mall2 dibakar, bikin genre horror thriller survival
Edit 3: gua ma lu juga sejarah pangeran yang isep ilahi pamannya itu jd anime WKWKWKWKWK
Also wild story like that dude who lives his mother and dog or child from fish will be good as well, much better if they make it 18++ hahahaha
Oh iya biar makin banyak yang kontribusi, silahkan masukin kasus2 luar biasa yang pernah terjadi di Indonesia. Sudah ada contoh seperti Ryan Jombang di komentar ato misalnya Lia Eden yang pernah bikin geger ato Ponari yang sampe tanah rumahnya digali2 (entah kenapa).
Let your imagination run wild, silahkan mau sejarah apa, dr POV mana, apa yang mau diceritain, sebejat apa ceritanya terserah pokoknya its a free game. Belajar sejarah ga perlu menjelimet kok, webtoon Indonesia seperti Dedes walaupun reimagining juga sangat berkontribusi buat kemajuan literasi Indonesia terutama soal sejarah.
Moga2 ada yang lirik saran gua dan kalian di sini, ato kalo gua dikasih rezeki dan kemampuan gua sendiri yang bakal coba bikin. We will never know what happen next in the future so dont be shy :)
submitted by WhyHowForWhat to indonesia [link] [comments]


2023.04.04 08:30 nyanard Speech by 2nd Central Kalimantan Governor, Tjilik Riwut, 17th July 1963 about the city of Palangka Raya and its creation during its 6th anniversary (about 1 year after the de facto move of offices)

Para Pembesar Militer,
Kepolisian, Kejaksaan dan Sipil,
Saudara-saudara sekalian, MERDEKA!
17 Juli, Hari Bersejarah bagi rakyat Kalimantan Tengah. Bersejarah, karena mengandung beberapa peristiwa penting. Semuanya peristiwa penting milik rakyat Kalimantan Tengah, termasuk milik bangsa Indonesia. Pertama ialah, lahirnya ibukota Palangka Raya, pusat pemerintahan daerah Kalimantan Tengah, pusat rumah tangga. Keduanya ialah, lahirnya Komando Daerah Militer, pelambang kekuatan rakyat, salah satu ruas yang merupakan susunan tulang punggung kekuatan bangsa, Tentara Nasional nan perwira, Komando Tambun Bungai, pahlawan kusuma-kusuma pejuang, pembela rakyat dan penegak keadilan. Ketiganya yaitu, lahirnya Badan Kesenian dan Kebudayaan Daerah pada tanggal 17 Juli 1943, 20 tahun yang lalu, ialah detik penemuan kembali kepribadian rakyat, saat kebangunan kembali jiwa seni budaya dan rasa peri keindahan murni, bagian mutlak daripada milik bangsa Indonesia. Ketiga-tiganya peristiwa ini, saling isi mengisi, yang satu tidak boleh dipisahkan dari yang lain. Palangka Raya sebagai Pusat Kodam XI Tambun Bungai sebagai tulang punggung kekuatan, dan selaku perisai pembelaan dan pertahanan kampung halaman.
Bakeda sebagai penggali kembali sumber cinta rasa dan kepribadian, satu cabang asal usul diantara pelbagai cabang-cabang dan jenis-jenis asal-usul lainnya daripada bangsa kesatuan Indonesia. Nama “Tambun Bungai” adalah nama khas dalam sejarah asal usul daerah dan rakyat Kalimantan Tengah. Nama “Palangka Raya” merupakan sebutan yang khas pula dalam sejarah pandangan hidup rakyat, dalam sejarah asal usul iklim kepribadian rakyat. Saudara-saudara sekalian, soal mengenai asal usul ini penting sekali, diakui pentingnya menurut pasal 18 Undang-Undang Dasar 45 tentang pembagian daerah-daerah di Indonesia. Sungguh tidak tepat, bila ada seseorang menyangka, pembagian Kalimantan Tengah adalah dilakukan, asal dibagi saja. Itu keliru sekali! Kalimantan Tengah dibentuk karena daerah ini memiliki kepribadian rakyat, memiliki asal usul, memiliki dasar hidup menurut susila dan tata masyarakatnya sendiri. Lebih dari itu, seluruh seluruh daerah Kalimantan Tengah merupakan satu kesatuan ekonomi, dengan sumber-sumber ekonominya, yang diharapkan dapat dibikin menjadi alat untuk mempercepat usaha memajukan daerah dan mempertinggi taraf kehidupan rakyat kehendak perkembangan revolusi.
Tentu sekali ibukotanya Palangka Raya lahir sebagai hasil revolusi. Berlainan sekali dengan lahirnya kota-kota yang besar lainnya. Betapa kota di lain daerah telah mengerjakan peringatan usianya ada yang sudah beberapa abad ulang tahunnya. Kita sebagai bangsa, bangga memiliki kota revolusi Jogja, kota pahlawan Surabaya, kota indoktrinasi Jakarta, kota komando Mandala Makasar. Kota-kota semuanya milik rakyat Indonesia. Juga Palangka Raya, kota ini juga milik rakyat Indonesia. Hasrat keinginan kita yang setinggi tingginya, ialah supaya Palangka Raya juga mempunyai corak dan sifat yang khas. Harapan yang semurni-murninya, supaya Palangka Raya menjadi kota modal dan model. Saudara-saudara sekalian Sebagai modal apakah ?
Modal, diperoleh dari perjuangan, untuk meneruskan perjuangan. Kota modal, yang dengan penuh tenaga dan keringat dibangun. Dari titik ada sampai menjadi ada. Apakah modal permulaannya? Hanyalah tekad dan semangat nyala Api Proklamasi 45. “Modal permulaan” ini ternyata subur. Bukan modal milik seberapa gelintir orang saja. Tapi modal, yang diakui milik bersama seluruh rakyat Kalimantan Tengah. Pengakuan ini penting sekali. Palangka Raya, yang diletakkan dihariban tepi Sungai Kahayan, di desa Pahandut lama, yang sekarang masih tetap dihormati sebutan nama lama ini. Masih segar ingatan kami, ditahun 1956 utusan Bapak Gubernur Milono dikirim pada kami waktu itu di Sampit sebagai Bupati. Manusia memikirkan, Tuhan memutuskan. Syukur Tuhan, akhirnya rakyat Kalimantan Tengah mengakui letaknya Palangka Raya ini. Memang ada sengaja sementara anasir-anasir yang mengadu domba, memecah belah, supaya tidak setuju letaknya ibukota ini. Tapi kesadaran rakyat untuk mengurus hidup rumah tangganya sendiri menghapuskan aliran-aliran reaksioner tadi. Kesadaran nasional dari rakyat melenyapkan aliran-aliran sempit kedaerahan tadi. Rakyat Kalimantan Tengah menganggap pembangunan ibukota Palangka Raya sebagai soal kehormatan nasional, ingin menyumbangkan bakti nasional. “modal permulaan” dari rakyat tadi, mendapat karunia Tuhan. Yaitu, karunia “modal kehormatan” yang tidak ada bandingan nilainya. Modal kehormatan ini tidak dapat diukur dengan nilai rupiah atau benda berharga. Apakah Modal kehormatan ini? Modal kehormatan ini, adalah Komando Presiden Republik Indonesia, yang sekarang kita akui sebagai Pemimpin Besar Revolusi, Komando Revolusi berkumandang : Menyatakan perang melawan hutan”, bersamaan dengan doa restu beliau dengan menancapkan tiang pertama pembangunan ibukota Palangka Raya. Modal kehormatan, Komando kehormantan, dengan inti-inti amanat penting, tak boleh dipisahkan satu sama yang lain.
“Perang melawan hutan” diartikan oleh beliau, yaitu melenyapkan sisa-sisa penjajahan, merombak semua ketidakadilan, menghilangkan keadaan yang tidak seimbang. “Menancapkan tiang pertama” itu diartikan memulai membangun ibukota Palangka Raya, sebagai lambang pembangunan daerah Kalimantan Tengah. Membangun daerah Kalimantan Tengah merupakan Revolusi Pembangunan. Oleh karena itu, membangun Palangka Raya, juga merupakan Revolusi Pembangunan. Karena itu juga, membangun Palangka Raya tidak didasarkan pada membangun di atas tempat atau kota yang sudah ada, seperti di Kuala Kapuas, di Sampit, di Muara Teweh atau tempat lain. Kota Palangka Raya harus bebas dari sisa-sisa asal zaman pembangunan oleh penjajah. Palangka Raya ingin menghirup udara segar, menurut iklim hidup masyarakatnya. Suasana pedalaman yang lebih suci daripada kemungkinan-kemungkinan adanya pengaruh-pengaruh faham atau aliran yang merusak. Dengan Palangka Raya ingin dibangun kembali pribadi rakyat, ingin diletakkan kembali harga diri rakyat. Dalam rangka pribadi nasional bangsa Indonesia, perasaan harga bangsa Indonesia.
Saudara-saudara sekalian, Itulah yang kami sebutkan Palangka Raya, supaya menjadi kota modal yang juga tersimpul didalam arti namanya, yaitu suatu wadah suci. Saudara-saudara sekalian, Palangka Raya diharapkan menjadi “Kota Model”, itu bukan karena kehendak kita sendiri saja. Tentu sekali, dari rakyat dan dari pihak kami sendiri, sangatlah bangga dapat menyaksikan pertumbuhan kota ini menjadi model, menjadi contoh tauladan. Pasti, kita semua, para Catur Tunggal dan semua alat-alat kekuasaan dan alat-alat Negara yang mengasuh dan membina daerah kita ini, merasa bangga kota ini menjadi yang sebaik-baiknya. Tapi itu semua bukanlah hanya diserahkan pada kemauan kita sendiri saja. Peranan kita untuk mengolah kota ini, hanyalah sebahagian saja. Kita di daerah ini hanyalah terikat pada suatu rencana pembangunan nasional, rencana pembangunan khusus. Kita tidak boleh semau-maunya saja membangun, mendirikan, merencanakan ini atau itu. Pertama, garis penentuan rencana diletakkan oleh P.Y.M. Presiden Bung Karno sendiri. Rencana bangunan-bangunan penting, rumah gubernuran, komplek perkampungan pelajar, penentuan blok-blok terpenting, disetujui oleh Kepala Negara. Keduanya, penentuan dan pelaksanaanya dilakukan oleh Yang Mulia Menteri Pekerjaan Umum dan Tenaga. Rencana pembagian-pembagian pembangunan, seperti bahagian pemerintahan, bahagian perumahan/kediaman pegawai, bahagian pusat dagang niaga. Bahagian seni budaya, bahagian pendidikan, bahagian industri sekitarnya, dan bahagian lainya, semuanya ditentukan oleh tingkatan Menteri. Bahkan, gambar-gambarnya dibikin oleh Departemen, oleh Jawatan Tata Kota dan Tata Daerah. Hal ini ketentuan-ketentuan dilakukan bersama, yaitu dengan memperhatikan pertimbangan-pertimbangan juga dari kami selaku Gubernur, yang oleh Pusat juga dianggap perlu untuk keselarasan dengan kepribadian daerah.
Seperti contoh, gambar semula daripada gedung rumah kediaman Gubernur dirubah, yaitu dengan memperhatikan usul-usul perubahan yang kami berikan pada pusat. Saudara-saudara sekalian, maka barulah apa yang tidak termasuk rencana Presiden dan rencana Menteri, itulah yang termasuk wewenang kami, untuk mengolah dan menggaris pembangunan kota ini. Disini perlu kami terangkan khusus hal itu, supaya jangan sampai ada salah faham, seakan-akan semuanya terbit dari fikiran kami sendiri saja. Bahkan untuk lebih dimengerti, bahwa pembangunan Palangka Raya adalah perpaduan rencana nasional, dari otak nasional, dari Presidennya dan Menterinya serta pemikir-pemikir lainnya. Apalagi mengenai perencanaan-perencanaan yang termasuk wewenang dari Gubernur sendiri. Tidaklah benar, jika mutlak atau kehendak kami sendiri. Gubernur untuk itu tetap menghormat corak musyawarah. Dan untuk itu, dengan surat putusan menetapkan terbentuknya Panitia Pembangunan Khusus Palangka Raya, dengan tugas mengurus segala sesuatu yang mengenai perencanaan pelaksanaan dan pengawasan pembangunan Palangka Raya. Sekali lagi, Palangka Raya adalah milik nasional, milik kita semua. Palangka Raya tidak mengenal golongan, tapi merupakan persatuan dan perpaduan dari segenap kekuatan-kekuatan revolusi, dari semua suku-suku, agama dan keyakinan, lapisan masyarakat, kesemuanya menegakkan lambang “Bhineka Tunggal Ika”.
Dengan 6 tahun berdirinya Palangka Raya, sejak peristiwa bersejarah P.Y.M Presiden mendengungkan komando tadi, pada jaam 10 pagi tanggal 17 Juli tahun 1957. Termasuklah Palangka Raya dalam hitungan, dan sekaligus Kalimantan Tengah terhadap dunia luar. Sejak tertancapnya tiang pertama, termasuklah Palangka Raya dalam Peta Indonesia, dalam peta dunia internasional. Maka secara teratur dan tersusun, dimulai pengisian kota ini. Nama-nama pembangunan, pengisi jiwa. Bapak Ir. Pangeran Moh. Noor waktu itu Menteri P.U.T. dan pencinta utama Kalimantan Tengah. Bapak Gubernur Milono, badan pembina dan pemimpin Kalimantan dan peminat utama Kalimantan Tengah. Kolonel Soenitijoso, Panglima yang dicinta oleh rakyat. Overste Darmosoegondo, tokoh pembangunan yang memberikan jiwanya bagi kemajuan daerah dan rakyat. Rangkaian nama-nama, Saudara-saudara Moenasir Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Sdr, Van Der Pijl Kepala Bagian Gedung-Gedung. Sdr. E.Mahar sewaktu itu sebagai Kepala Bagian Desa Kantor Gubernur dengan pegawai-pegawainya, sebagai kelompok pertama yang pindah ke Palangka Raya. Sdr. L.S. Binti Sekretaris Gubernur, yang memimpin pemindahan Kantor Gubernur sejak permulaanya. Saudara-saudara sekalian, Barisan-barisan pahlawan pelopor, perintis pembangunan yang tidak mau menonjolkan diri, tapi pada tempatnya kami berikan tempat kehormatan. Yaitu Saudara-saudara warga veteran Pejuang Kemerdekaan Republik Indonesia. Mereka ini benar-benar menjunjung tinggi nama kehormatan Pejuang. Mereka membuktikan jasa sebagai pejuang pembangunan, menebas, menebang, meratakan lapangan pembangunan Palangka Raya. Mereka ini membangun lapangan terbang “Panarung” ,mendirikan “Gedung Pertemuan” bersahaja dari kayu beratapkan daun rumbia. Tempat penginapan pegawai-pegawai di rumah-rumah yang masih serba “setengah selesai”, tanpa pintu jendela. Tempat berteduh di sementara kapal-kapal, gubuk-gubuk ditepi sungai. Suka duka para pegawainya, lebih banyak derita lahirnya, tapi juga kaya dengan suka bathinnya. Banyak kesukaran-kesukaran dan kekurangan-kekurangan dialaminya, tapi banyak pengalaman-pengalaman kemenangan jiwa diperolehnya.
Ceritera-ceritera dan dongeng-dongeng tentang hidup merintis sesuatu kota yang baru, bukan lagi dibaca dari buku, tapi menjadi kenyataan. Apalagi bagi para penghuni-penghuni Palangka Raya yang pertama. Apalagi bagi para Kepala-Kepala Pemerintahannya Setempat yang pertama juga kita berikan tempat terhormat bagi nama-nama C.Rupock, C.Unjung, J.Manahan, W.Embang, P.K Sawung, J.A. Sandan, Ibung Bangas, J.Timbung, C.U.Ringkin dan lain-lainnya. Jasa, sekali lagi jasa, bagi mereka, Palangka Raya, kota jasa, kota pewujud bakti, kota penguji kekuatan jiwa. Memang, hanya bagi mereka yang memiliki kekuatan jiwa, keuletan semangat, dapat hidup di kota Palangka Raya. Mereka yang cinta karya, mencapai kesenangan bekerja di Palangka Raja. Mereka akan menemukan lapangan karya yang luas sekali, akan menemukan lapangan bakti yang mulia sekali. Saudara-saudara sekalian, Sesudah dasar-dasar pertama pembangunan diwujudkan, maka sejalan dengan itu dimulailah pemindahan Kantor Gubernur. Perlu diberi tempat kehormatan pada para karyawan-karyawan dari seksi Pekerjaan Umum, yang sejak permulaan pembangunan gedung-gedung yang pertama sudah berkedudukan di Palangka Raya. Kantor Gubernur pindah kedudukan resmi di Palangka Raya memenuhi ketentuan Undang-Undang Darurat No.10 tahun 1957, memenuhi Undang-Undang No.21 tahun 1958 yang mensahkan Undang-Undang Darurat tadi, memenuhi Undang-Undang No.27 tahun 1959. Bahwa tempat berpijak pemerintahan daerah yang resmi adalah Palangka Raya, bahwa ibukota ada didalam daerah wewenang sendiri. Karena itu, penting sekali jiwa daripada instruksi Gubernur supaya terhitung tanggal 1 Januari 1961 semua dinas-dinas dan instansi-instansi berpindah kedudukan di Palangka Raya.
Memang banyak sekali kesulitan-kesulitan, apalagi dipandang dari segi kesejahteraan pegawai. Ini terasa sekali bagi para pegawai, apalagi bagi yang sudah berkeluarga. Juga dari sudut kedinasan, karena tidak mudahnya perhubungan. Apalagi, kebanyakan instansi-instansi masih bersifat dirangkap satu, tingkat Selatan dan Tengah. Saudara-saudara sekalian, Tiada kesulitan yang tidak dapat dipecahkan. Bahkan kita hendaknya meninjau segala sesuatunya dari rangkaian yang lebih besar, dari hubungan yang lebih luas. Maka tanggal 1 September 1961 merupakan saat penentuan. Penentuan, siapakah yang berjiwa kerakyatan Kalimantan Tengah. Tanggal 1 September 1961 merupakan tanggal terakhir bagi semua dinas, jawatan, lembaga kemasyarakatan, partai-partai, organisasi-organisasi, untuk berpindah kedudukan resmi ke Palangka Raya. Atau setidak-tidaknya pindah kelain tempat, asalkan termasuk daerah wewenang sendiri Disinilah akan terbukti kemampuan dan kepemimpinan tiap-tiap Kepala, Pemimpin, sebagai pemuka dan pembina daripada anak-buahnya. Juga dalam kecakapan memimpin pekerjaannya, dengan menghadapi segala kekurangan-kekurangan dan kesukarannya. Semua kendaraan-kendaraan mobil, kapal dan alat-alat kendaaran lainnya diwajibkan dipindahkan ke Palangka Raya. Disini, pada tempatnya kami menyampaikan perasaan hormat dan penghargaan kami, juga penghargaan atas nama Catur Tunggal, kepada segenap instansi yang sudah memenuhi kegotong royongan pindah ke Palangka Raya. Pengisian Palangka Raya berangsur-angsur lebih menghebat. Dari pembukaan Kantor Pos, Stasion Radio dengan hubungan radio telefon ke semua ibukota kabupaten dan ke Jakarta/Bandung, hubungan telepon. Perlengkapan pindahnya instansi-instansi tingkat I terus susul-menyusul, dipelopori oleh Catur Tunggal, Kantor Gubernur, Perwakilan Kodam, Kantor Polisi Komisariat, Kejaksaan, Lembaga-lembaga pendidikan susul menyusul, dari Sekolah Taman Kanak-kanak, sampai pada Sekolah Tingkat Menengah Atas, sampai pada pembukaan K.D.C. Rumah-rumah peribadatan, masjid, dengan pengajian-pengajian ajaran agama, gereja-gereja Protestan dan Katolik dengan kebaktian-kebaktian suci, usaha pendirian Balai Kaharingan dengan acara-acara adat nan murni, semuanya hidup subur saling hormat menghormat dan harga menghargai. Memang, sesuai dengan kepribadian rakyat, demikian pula ingin dicerminkan kepribadian Kota Palangka Raja. Ingin sekali Kota Palangka Raya menjadi kota contoh tauladan, kota yang lahir dalam revolusi, dibangun oleh jiwa dan otak bebas dari pengaruh kolonial. Kita ingin pula mengolah Palangka Raya menjadi kota revolusi pembangunan, kota indoktrinasi, kota pelahir watak dan pembentuk pribadi. Saudara-saudara sekalian, Terserahlah pada kita semua, untuk memelihara jiwa revolusi,, meresapkan jiwa indoktrrinasi, setia mendirikan dan taat pada kepribadian Indonesia. Pembangunan Palangka Raya penuh dengan keringat dan tetesan air mata. Tak sedikit jiwa yang sudah mengorbankan diri, dan sekarang mendahului kita menghadap Tuhan. Mereka ini pegawai, warga angkatan Bersenjata, sanak keluarga yang dicintai, yang tadinya ikut pindah ke Palangka Raya, disertai penuh cita-cita dan harapan-harapan suci. Jiwa pikiran kami tujukan pada arwah mereka, dengan doa, semoga tetap mendapat tempat layak disisi Tuhan. Kami serukan, marilah kita perteguh persatuan, perkuat keyakinan bahwa pekerjaan kita pasti berhasil. Dengan kesucian jiwa dan kebulatan tekad ini, kami tidak sangsi akan karunia kebesaran Tuhan, yang selalu berkenan memberi lindungan. Juga pada Palangka Raya diharapkan restu Saudara2-saudara sekalian, supaya selalu benar-benar menjadi wadah suci, sungguh berjiwakan persatuan, kekuatan dan keselarasan watak pribadi, yang didalam hubungan tanah air merupakan persatuan nasional, kekuatan nasional dan kebanguanan persatuan kepribadian nasional pula. Jagalah Palangka Raya melangkah kedepan! Tetaplah Piagam Palangka Raya menjiwai kita semua! Hidup Palangka Raya! Hidup Kalimantan Tengah! Hidup Indonesia! Merdeka!
Palangka Raya, 17 Juli 1963
Gubernur Kepala Daerah Kalimantan Tengah, TJILIK RIWUT
submitted by nyanard to indonesia [link] [comments]


2023.02.17 01:37 si-terkutuk Dikutuk sejak gw dilahirkan? Pengalaman gw dibesarkan oleh ayah yg sombong dan delusional

TL/DR: gw dibesarkan dan di-indoktrinasi oleh bokap gw untuk menjadi org yg sombong/delusional dan pada akhirnya hal tsb menghancurkan hidup gw.
Gw dilahirkan di tengah2 keluarga yg middle income ke atas dan gw selalu berpikir bahwa ortu (khususnya bokap) gw adalah ortu yg normal seperti hal-nya ortu2 di luar sana.
Tetapi, bokap gw tidak normal, dia adalah org yg "sakit" dan dia meng-indoktrinasi gw untuk menjadi sama spt dia.
Bokap gw adalah org yg sombong dan delusional krn selalu merasa diri-nya berada di atas dan lebih baik dibanding orang lain.
Sering kali, tanpa ada yg bertanya, dia mengatakan hal sbb: tidak ada ortu lain di dunia ini yg berkorban untuk anak2-nya spt hal-nya dia berkorban untuk anak2 dia.
Dulu gw tdk terlalu berpikir banyak, tetapi, pd akhirnya gw menyadari, betapa sombongnya pernyataan bokap gw tersebut ketika gw melihat ada ortu2 lain di luar sana yg jg berkorban bahkan hingga berkorban nyawa untuk anak2 mereka.
Gw punya teman main sejak gw msh TK (anggap saja namanya: Andi). Level ekonomi keluarga Andi di bawah keluarga gw dan suatu hari, bokap pernah bilang: jgn terlalu sering main dgn Andi krn kt tdk tahu mereka keluarga spt apa.
Dulu, gw tdk tahu apa artinya “kt tdk tahu mereka keluarga spt apa”, tetapi akhirnya gw tahu (lihat di bawah).
Gw akhirnya sadar (tetapi telat) bahwa bokap gw sdh meng-indoktrinasi gw untuk menjadi orang yg sama spt dia, sombong dan delusional.
Hal ini mempengaruhi gw dalam 3 aspek kehidupan gw: personal, keluarga/hubungan dgn istri, dan profesional.
Personal:
Ketika gw di SMP dan SMA, gw menjadi korban bullying. Dulu ketika gw bercerita dgn bokap gw, dia bilang hal tsb tjd krn anak2 tsb iri dgn gw.
Apa yg bokap gw bilang itu semakin membuat gw double-down dgn kesombongan gw. Gw semakin yakin bahwa gw memang berbeda dibanding org2 lain krn gw org yg luar biasa.
Tetapi pada kenyataan-nya, gw di bully krn gw sangat merendahkan org2 di sekitar gw. Gw sangat pantas di bully.
Gw jg tidak punya banyak teman krn gw sangat selektif dgn siapa gw mau berteman krn gw selalu merasa org2 di sekitar gw tidak pantas berteman dgn org yg luar biasa spt gw ini.
Keluarga/Hubungan dgn istri:
Istri gw berasal dr keluarga yg level ekonomi-nya di bawah keluarga gw. Sejak kt masih pacaran, bokap gw sebetulnya sdh menunjukkan bahwa dia tidak setuju dgn hubungan gw dan istri, tetapi, pada saat itu gw msh merasa tdk ada yg salah dgn bokap gw.
Setelah menikah dan pindah ke amrik, bokap gw dtg mengunjungi, dan bokap gw bilang ke istri gw: istri gw hrs menghormati dia krn, kalau bukan krn dia, istri gw tidak akan bisa tinggal di amrik.
Istri gw marah dan ketika bokap gw balik ke indo, bokap gw menelpon ke rumah istri gw di indo dan bicara dgn salah satu sister-nya istri gw dan bilang: ortu macam apa yg tidak mengajarkan anak2nya untuk hormat.
FYI: kedua ortu istri gw sdh meninggal.
Sejak saat itu, hubungan gw dan istri menjadi rusak.
Profesional:
Gw kuliah S1 akunting tetapi gw tidak pernah sama sekali belajar mengenai akunting dan tidak tahu apapun mengenai akunting. IPK gw cuman 2.3 dan nilai gw hampir semua-nya hanya "C".
Bokap gw jg tidak pernah mengajak gw diskusi mengenai apa yg sebetulnya menjadi ketertarikan gw.
Setelah gw lulus S1, bokap gw "memaksa" gw untuk kuliah di amrik. Bokap gw tidak pernah bertanya sama gw, apakah gw mau kuliah di amrik dan kalau gw mau, apa yg gw mau pelajari disana?
Gw akhirnya kuliah di amrik tanpa tahu mengapa dan untuk apa gw kuliah.
Sekarang gw baru sadar, bokap gw memaksa gw untuk ke amrik hanya supaya dia bisa dgn bangga-nya bilang2 dgn teman2 dia bahwa anak dia di amrik.
Meskipun saat itu gw msh belum sadar apa yg bokap gw lakukan, tetapi krn gw sebetulnya tidak tahu mengapa dan untuk apa gw kuliah, at the end, kuliah gw jg berantakan. Gw lulus MBA tetapi gw tidak pernah belajar.
Setelah gw lulus MBA, saat itu di amrik sedang resesi dan mencari pekerjaan sangat susah tetapi krn gw sombong, gw tetap selektif dlm memilih pekerjaan.
Gw merasa krn gw org yg luar biasa maka gw tidak pantas mengerjakan pekerjaan2 yg rendahan.
Tetapi pada akhir-nya, gw hanya mengerjakan pekerjaan2 yg sifat-nya administratif/clerical selama bertahun2 (gw tdk mencantumkan MBA di resume).
Hingga hari ini, bokap gw selalu bilang yg sama dgn gw, gw boleh balik ke Indonesia, tetapi hanya kalau ada yg mau meng-hire gw sebagai direktur.
Tetapi, siapa yg mau menghire gw sbg direktur ketika pengalaman gw hanya administratif???
Hal ini hanya salah satu contoh lagi, betapa bokap gw adalah org yg delusional menganggap gw (dan dirinya) adalah org yg luar biasa yg layak untuk menjadi direktur.
Setelah gw lulus MBA, bokap gw bilang sama gw bahwa gw tidak pantas bergaul dgn si Andi (lihat di atas). Sekarang gw tahu apa maksudnya “kt tdk tahu mereka keluarga seperti apa”.
Maksudnya ialah: keluarga Andi level-nya di bawah level keluarga gw dan gw tidak pantas bergaul dgn mereka yg level-nya di bawah gw.
Hingga hari ini bokap gw membohongi org2 lain di Indonesia dgn mengatakan bahwa gw sdh sukses dan hidup enak disini.
Padahal, sdh bertahun2 hingga hari ini gw tetap tidak mampu membeli rumah dan balik ke Indo meskipun hanya untuk liburan.
Gw tidak tahu gw tertarik untuk belajar apa untuk menambah ilmu untuk mendapatkan pekerjaan yg lebih baik.
Gw pernah mengambil diploma di Supply Chain Management, tetapi diploma gw tsb pada akhir-nya useless krn gw tetap tidak bs mendapatkan pekerjaan di bidang Supply Chain krn gw tidak punya pengalaman di bidang itu.
Gw kemudian beralih belajar business intelligence, tetapi, gw tidak punya kemampuan.
Gw pernah jg mencoba usaha sendiri tetapi gagal.
Skr gw belajar stock trading, tetapi, sdh 4 bulan gw stock trading dan gw sudah rugi banyak mengurangi gw punya tabungan yg sebetulnya jg sedikit.
Bbrp minggu lalu gw divonis mengidap kanker. Entah berapa lama lagi gw akan hidup.
Hidup gw secara singkat: dilahirkan untuk di-indoktrinasi oleh seseorang yg "sakit" yg pada akhirnya membuat gw jg mjd "sakit", tidak punya kemampuan untuk menghidupi keluarga, dan pada akhirnya mati karena kanker.
Gw benar2 merasa terkutuk sejak gw dilahirkan dan merasa hidup gw hanyalah sebuah kesia2an dan kegagalan belaka.
Pertanyaan gw: apakah gw terlalu menyalahkan bokap gw untuk kegagalan hidup gw?
submitted by si-terkutuk to indonesia [link] [comments]


2023.02.12 10:18 Hidupsulitmatielit List panutan orang pada masanya sebelum kegocek

Karna wa gabut, wa bikinin list orang2 yang dulunya untouchable, adored, well liked, pokoknya gaboleh lu kritik, sekarang malah jatoh dan jadi unlikable. Hiwigo!
1. Harun Yeehaw
Anak 90an sapa yang ga kenal "scholar and preacher" satu ini? Nama doi naik karna buku dan kasetnya soal anti-evolutionist, pake dasar agama dicampur "science". Dulu jaman wa smp-sma, nih orang terkenal bat sampe omongannya sering dikutip guru ipa (mind you, wa dulu smp di negeri rsbi, mayoritas guru udah s2).
Abis ketangkep gara2 jadi sex cult leader sama fraud, baru deh orang2 berani kritik buku doi sebagai buku teori konspirasi.
Dulu, lu kek ga boleh mempertanyakan atau kritis soal "teori ilmiah" seorang Harun Yahya, pokoknya terima aja.
*Doi dipenjara 8rb tahun btw💀☠
2. Yilong Ma
Hear me out, tolong jangan didownvote dulu🙏. Jaman awal2 doi di paypal sama space x, banyak yang kagum karna image doi sebagai pengusaha muda pinter yang punya tujuan mulia (Sapa inget meme👏 review👏 bareng Elon Musk?)
Awal kejatuhan doi menurut wa sih pas di tesla abis ngekick 2 founder aslinya (licik kek betrayal Edison ke Nikola Tesla). Abis itu ngatain penyelamat anak di goa thailand sebagai pedo karna prototype doi ditolak. Terus blunder nft cryptoshit sama tunnel loop pake mobil. Terakhir, urusan beli dan ngurus twitter karna keceplosan ngetwit.
Sebenernya kinerja sama kepemimpinan doi bahkan dari awal2 di paypal udah dipertanyain. Sifat doi tuh moody-an, narcissistic, egocentric, suka pecat tanpa sebab, nidurin karyawan sendiri, dll. Tapi, sama kek Harun Yahya, orang2 baru kritik pas ketipu nft crypto scam itu. Siap2 diratio fanboynya kalo berani ngekritik doi pas 2006-2018.
3. Pdip versi lite
Tahun politik tuh tahun yang paling malesin sih emang, tapi dulu muncul suatu partai yang isinya masbro dan mbaksis yang dikira bakal jadi dark horse perjuangan anak muda.
Gak banyak yang bisa wa tulis kecuali pada akhirnya kalo di politik, ideologis bakal tunduk akan realita. In the end, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) nyepong penguasa dan malah berat sebelah. Yang dirugiin adalah pendukung awal yang naif dan polos lol.
4. Nas Daily
Jangan terlalu percaya orang yang pencitraan positif dan smiley. Sapa tau cuma mau nutupin sifat aslinya yang arogan, ignorant, manipulatif, dan oportunis. Seenggaknya itu yang wa simpulin dari seorang Nuseir Yassin.
Doi content creator lulusan Harvard yang mayoritas videonya positive vibes dan inspirasional. Walau sekarang somehow masih "relevant" dan ga terdampak cancel culture (disambut kemenpar sama masuk WEF), tapi udah banyak kontroversi yang bikin citranya jatoh. Dari awal doi disrespectful ke petani kakao, twitwar sama jurnalis terkenal, eksploitasi kesenian tatto filipina (whang-od), ngatain orang asia tenggara terlalu overproud, ngepromosiin SBF, sampe glorifying gentrification di bali.
Dah segitu dulu dari wa. Mungkin masbro dan mbaksis di sini mau nambahin lagi daftar kejatohan image orang2 di atas? Atau mau nyanggah juga sabi sih.
Wa kepikiran nambah list blunder gowjeknya mas mentri "hyper-experiment the hell out of everything you do", Pakde dan dinasti politik anaknya, Mardigu(?), Duo Botak Dedi Cahyadi Kobuset dan Bottom G Andrew Tate, sama terakhir chef bebelac yang kemaren pake race card, tapi wa males nulis hehe🤡
Edit: lupa nambahin trio politisi sok asik (Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, sama Ridwan Kamil), Budiman Sujadmiko yang dulu ditahan karna jadi aktivis 98, Reza Arap gamer jelek, Mario Teguh, Aa Gym, Ricky Elson, Kanye West.
submitted by Hidupsulitmatielit to indonesia [link] [comments]


2023.02.03 07:10 PutridAccountant713 Contoh Kata Pengantar Singkat Untuk Makalah, Proposal, & Karya Ilmiah

submitted by PutridAccountant713 to ViralContents [link] [comments]


2022.06.29 15:39 vinamarlina Main Slot Anti Rungkat Pake Bocoran Pola

Selamat datang para member baik yang baru bergabung maupun sudah lama bergabung di situs judi slot online resmi ternama yang menyediakan berbagai jenis permainan judi online seperti slot, casino, poker, togel, sabung ayam, tembak ikan, dominoqq, dan lain nya dengan memiliki pelayanan selama 24 jam online hanya ada di situs slotbison. Walaupun banyak orang yang menggemari permainan slot, kami tidak hanya menghadirkan rangkaian permainan slot saja, kami juga memiliki permainan judi lainnya lengkap yang bisa kalian mainkan hanya pada situs kami slotbison.
Tahukah kalian bahwa kini permainan judi merupakan salah satu permainan populer dan banyak dimainkan oleh masyarakat umum dari berbagai kalangan populasi di dunia dan semakin canggih nya teknologi zaman sekarang, sehingga kalian tidak perlu jauh - jauh datang ke tempat judi yang berada di luar negeri sana. Kalian bisa menikmati permainan judi dimanapun dan kapanpun Kalian inginkan tanpa terhalang oleh waktu. Cukup hanya dengan menggunakan fitur perangkat untuk media kalian bermain seperti handphone, komputer, tablet, dan media lainnya. Hingga saat ini, permainan judi yang paling populer ditempati oleh permainan judi slot online kemudian di susul oleh casino dan sportsbook di Indonesia.
Menurut dari sumber Wikipedia mengatakan bahwa mesin slot adalah mesin judi dimana didalam mesin tersebut terdapat peluang untuk konsumen nya untuk mendapatkan kemenangan. Dengan tampilan standar, dengan fitur pada layar yang akan berputar jika permainan di aktifkan. Slot online memang dari dulu sering dijadikan permainan oleh orang - orang untuk mendapatkan keuntungan besar karena hadiah yang ditawarkan sedari dulu memang bernilai fantastis, tidak mengherankan begitu banyak penggemar judi online bermain game slot ini.
Selaku situs judi online terbaik dan terlengkap tentunya slotbison telah bekerja sama secara resmi oleh berbagai provider terbaik seperti Pragmatic Play, Joker, Playstar, CQ9, BNG, BBP, Microgaming, Habanero, PG Soft, Top Trend Gaming, BBIN, dan semua provider terbaik lainnya. Tanpa diragukan lagi kami sebagai situs judi terpercaya telah dilengkapi dengan lisensi dan sertifikat resmi dari lembaga international loh, sehingga tidak perlu ragu dan khawatir untuk mendaftar disitus kami karena tentu sudah terjamin keamanan nya. slotbison memiliki winrate rata-rata setiap permainan nya mencapai 97% sehingga seluruh game judi online pada situs ini dijamin mudah menang dan memiliki penawaran bonus yang sangat spektakuler. Kami tersedia bonus seperti daily wins, bonus VIP member, bonus rebate dan bonus terbaik lainnya.
Slotbison Situs Penyedia Judi Online Terbaik dan Terlengkap
Kita sudah mengetahui bahwa situs judi online resmi slotbison menyediakan berbagai permainan judi online paling lengkap saat ini. Game slot online yang tersedia lebih lengkap dengan koleksi yang bermacam - macam seperti dari provider Pragmatic Play, Habanero, Microgaming, Joker Gaming, Spadegaming dan lain-lain. Untuk yang menyukai judi taruhan olahraga maka disini juga tersedia judi bola paling lengkap terpercaya. Tidak berhenti disitu saja, karena tidak mau kelewatan dengan permainan live casino online yang menggoda seperti blackjack online, sic bo online, dadu online terpercaya, poker online, baccarat online terpercaya, hingga roulette online uang asli.
Kategori Game Judi Online Terlengkap Di Situs slotbison
Bagi para pemula yang baru bergabung dalam dunia judi online pasti masih belum banyak mengetahui informasi - informasi mengenai jenis permainan judi online yang tersedia. Dalam permaian judi tentunya juga memiliki berbagai macam kategori didalam nya yang dilengkapi dengan ratusan permainan yang bisa kalian mainkan hanya dengan menggunakan 1 User ID saja. Apa saja informasi mengenai pilihan game judi online terlengkap berikut penjelasan dibawah ini:
Slot Online
Kategori permainan judi pertama yang paling populer di Indonesia adalah permainan slot yaitu salah satu judi kasino yang cara dimainkan nya dengan cara memutarkan mesin slot online pada tombol "spin" dan dinyatakan menang ketika telah mendapat kombinasi yang sesuai. Seluruh provider yang terdapat di dalam situs kami dan telah menjalin kerja sama dengan provider terpopuler seperti Pragmatic Play, Habanero, PG Soft, Spade Gaming, BBIN, Top Trend Gaming, Microgaming, Joker Gaming, CQ9 Gaming, Booongo dan Slotbison yang mana nama - nama situs judi slot online populer diatas menghasilkan tipe jenis permainan judi slot yang terbaik sehingga kalian tidak akan kecewa dibuatnya.
Sportsbook
Pada kategori permainan judi Sportsbook ini dimana menampilkan taruhan kompetisi olahraga seperti sepak bola, golf, bola basket, pacuan kuda, tinju, seni bela diri dan olahraga lainnya. Tetapi yang paling ramai dan banyak dimainkan yaitu taruhan sepak bola, mengetahui bahwa di Indonesia ramainya para penggemar bola Indonesia maka dari itu hal inilah yang membuat judi bola menjadi incaran dan pilihan oleh pemain sportsbook ini, tetapi bukan berarti judi olahraga yang lain tidak populer yah. Dalam situs slotbison menyediakan dua provider terbaik.
Live Casino
Permainan yang banyak dimainkan selanjutnya yaitu live casino online yang juga merupakan game populer judi di dunia banyak dimainkan dan memiliki sensasi hampir sama seperti bermain di tempat casino asli karena sama - sama ditemai dengan dealer cantik dari berbagai negara. slotbison menyediakan permainan casino dari berbagai provider terkenal seperti Pragmatic Play, Habanero, BBIN, Oriental Gaming, Baccarat, WM Casino, Toptrend Gaming dan Game Play. Dimana dengan provider tersebut kalian bisa menyalurkan kesenangan klaian untuk bermain judi casino online.
Tembak Ikan Online
Nah game judi ini juga tidak kalah populer dengan game lain nya, kini situs slotbison juga telah bekerja sama dengan berbagai macam provider tembak ikan terbaik seperti Pragmatic Play, Joker Gaming, Spade Gaming, CQ9 Gaming dan BBP.
Sabung Ayam Online
Game judi populer lainnya yaitu sabung ayam, nah pasti Kalian sudah pernah mendengar bukan? Ternyata masih banyak di daerah - daerah Indonesia masih melakukan praktik judi sabung ayam offline sebagai permainan taruhan judi juga. Nah apabila Kalian merupakan salah satu pecinta judi Sabung Ayam dan suka mengadu ayam, maka jenis judi ini merupakan pilihan terbaik dan tentunya tersedia di situs kami Slotbison yang bisa kalian saksikan live streaming tanpa perlu bersusah payah mencari permainan taruhan ini di luar sana.
Lottery Online (Lotre)
Permainan lotere ialah bentuk perjudian menebak angka yang melibatkan penarikan banyak hadiah. Untuk permainan lottery juga tersedia dari provider terbaik yang telah bekerja sama dengan kami seperti Pragmatic Play dimana provider tersebut merupakan agen judi lotere terbaik.
Daftar 13 Provider Judi Slot Online Terbaik Tersedia di slotbison
Situs judi slot online terbaik resmi di Indonesia dengan deposit termurah hanya di slotbison! Cukup dengan mengeluarkan modal 10.000 IDR saja maka kalian sudah bisa memainkan seluruh permainan judi online terlengkap dan terpopuler yang memiliki winrate 97% loh! Disitus judi slot online terpercaya tentunya Kalian hanya memerlukan satu user ID saja untuk bisa memainkan seluruh permainan pada situs kami. Cara untuk bergabung juga terlampau mudah dan proses yang singkat. Situs slotbison kini teelah menjadi agen situs judi ternama yang banyak bekerja sama dengan provider terkenal di dunia antara lain yaitu:
Pragmatic Play
Sebagai agen penyedia game ternama di dunia dan menjadi provider terbaik yang pernah ada menjadikan pragmatic play sebagai provider terfavorit sejuta umat di Indonesia khususnya dengan aneka pilihan permainan slot terpopulernya yang sering sekali mengeluarkan jackpot besar seperti Sweet Bonanza, Aztec Gems, Starlight Princess, Sweet Bonanza Gold, Joker’s Jewels, dan game slot gacor lainnya.
Habanero
Para penggemar judi online link slot pasti sudah tidak asing lagi dengan provider yang satu ini. Provider terbaik di dunia yang menawarkan berbagai pilihan permainan slot terbaik yang siap dimainkan. Provider satu ini memiliki kualitas animasi hebat yang mendukung tingkat keseruan para pemain. Tingkat kemenangan dari mesin slot yang dimiliki provider ini adalah 97,68% dengan game andalan nya yaitu Hot-Hot Fruit dan Mystic Fortune Deluxe.
PG Soft
PG Soft sebagai penyedia game link slot online uang asli tersedia di lebih dari 500 kasino di seluruh dunia. Jaminan kemenangannya mencapai hingga 97,29%. Ditambah juga dengan bonus berlimpah dan jackpot sensasional yang memanjakan para member judi slot online. Nikmati bonus slot yang tersedia oleh provider ini dengan memainkan game judi slot online mudah menangnya. Game slot gacor hari di provider PG Soft seperti Vampire’s Charm, Gem Saviour Conquest, dan Candy Burst.
BBIN
BBIN adalah salah satu provider game terbesar dari situs slot online indonesia yang hadir dengan ciri khasnya yaitu fitur animasi terbaik dikelasnya dengan banyak sekali keuntungan atau kelebihan yang nantinya bisa Kalian dapatkan dengan mudah disini sehingga kalian mendapatkan pengalaman tak terlupakan bagi Kalian para penikmat judi slot online. Ketika pertama kali membuka BBIN Slots maka kalian sudah bisa melihat hadiah utamanya yang bernilai puluhan juta rupiah. Mainkan game dan raih bonus dengan memainkan game slot gacornya seperti Candy Pop, Safari, Dragon Palace, Wild Horses, dan game slot gacor lainnya.
CQ9
Provider slot gacor datang dari negara Tiongkok yang sudah tidak asing lagi ditelinga para penggemar judi slot online, memiliki lebih dari 100+ jenis permainan slot mudah menang dengan RTP 97,50% yang tentunya memberikan jackpot sensational bagi Kalian melalui permainan terpopuler nya yaitu Hot DJ, Dragon Koi, King of Atlantis, Zeus, dan masih banyak lagi.
Playtech
Merupakan salah satu provider yang cukup lama dan telah merilis banyak sekali game slot online yaitu. Developer game ini begitu popuer ketika baru mengeluarkan game slot online dan tembak ikan nya. Kini setiap penjuru dunia telah banyak yang bermain dengan permainan tembak ikan buatan provider ini karena seru dimainkan bagi penggemar judi yang suka berpetualang memancing ikan.
Joker Gaming
Bagi Kalian yang ingin bermain judi di provier paling lama dalam dunia pengembang game situs slot gacor maka Joker Gaming jawaban nya. Sebagai salah satu provider terbaik untuk menaruh uang kalian di mesin slot nya, karena provider ini tidak main - main dalam memberikan bonus jackpot yang cukup besar.
Playstar
Provider yang satu ini menawarkan lebih dari 100+ game slot mudah menang yang memiliki rata - rata RTP sebesar 95,45% sehingga menjadikan provider ini sudah tidak asing lagi ditelinga para penikmat game slot online. Game slot gacor hari ini dari provider Playstar yaitu King of Colosseum dan China Express
Top Trend Gaming
Provider terkenal satu ini memiliki win rate hingga 97,80% sehingga menjadikan nya provider link slot gacor dengan permainan slot nya seperti Sword Warriors, Mega Phoenix, Spin City, Perfect Pairs Blackjack, dan game slot lainnya yang tidak kalah seru. Jangan pernah ketinggalan dengan bonus penawaran dan mega jackpot serta bonus menguntungkan lainnya.
Slotbison
Terkenal karena merupakan hasil karya anak bangsa yang mampu bersaing dengan provider slot lain nya sehingga menjadikan nya kini sebagai provider slot online terkenal dengan game slot gacornya. Kalian bisa memilih rangkaian game slot gacornya seperti 88Fortune, King Cat, Lucky Bats, dan game slot gacor lainnya.
BBP
Bagi Kalian yang sedang berburu jackpot besar maka provider slot online BBP cocok salah satu provider pilihan terbaik yang bisa Kalian jadikan sebagai rekomendasi untuk bermain game slot online. Provider slot online ini memiliki banyak permainan yang sangat seru dengan tingkat kemenangan tinggi yang pasti game slotnya selalu menjadi incaran untuk para pemain judi slot.
BNG
Provider slot BNG (Booongo) juga merupakan pemasok game slot online yang memuat beragam permainan slot dengan eksistensi menarik didukung dengan memiliki tema sejarah seperti Rome: Caesar’s Glory dan Scarab Boost dan juga dilengkapi dengan tema dongeng seperti Magic Apple yang luar biasa.
Microgaming
Provider Microgaming telah berkiprah selama hampir 7 tahun dalam mengembangkan permainan slot online nya. Menciptakan permainan slot yang seru dan banyak diminati oleh para pecinta slot online mulai dari pemain professional maupun pemula.
Kami menyediakan fasilitas permainan slot online termurah tanpa adanya potongan untuk kalian mainkan. slotbison selalu memberikan dukungan penuh kepada membernya agar senantiasa dapat bermain dengan mudah, murah, dan cepat jackpot. Hanya dengan mengeluarkan modal sekitar 10 ribu rupiah saja maka kalian bisa dapatkan kesempatan kemenangan berkali - kali lipat dengan akses mudah.
Rekomendasi 6 Game Slot Gacor Hari Ini di Situs slotbison
Setelah kami membahas mengenai provider - provider terbaik yang tersedia pada situs slotbison, maka kami juga akan membagikan info mengenai slot online gacor cepat menang jackpot. Diantara ratusan hingga ribuan aneka permainan mesin slot, tidak mungkin Kalian akan memainkan itu semua bukan? Nah berikut kami hanya akan merekomendasikan beberapa game slot gacor ternama yang akan membuat kalian menuju kemenangan dengan cepat. Berikut ini adalah rekomendasi game slot online gacor hari ini terbaik cepat menang jackpot:
Sweet Bonanza - Pragmatic Play
Game slot gacor yang banyak dimainkan dan direkomendasikan oleh para slotter urutan pertama adalah Sweet Bonanza, yang berasal dari provider Pragmatic Play. Kami merekomendasikan permainan slot ini dikarenakan memberikan fitur free spin dengan mudah dan memberikan keuntungan hingga 100 kali lipat dari taruhan kalian.
Gates of Olympus - Pragmatic Play
Tidak kalah seru dari game slot online seperti di atas, mesin slot online bernama Gates of Olympus ini juga merupakan slot online dari provider Pragmatic Play. Lagi-lagi permainan slot online populer kakek zeus dari Pragmatic Play ini masuk ke dalam daftar game judi slot online mudah menang sehingga selalu menjadi favorit para penggemar judi slot di Indonesia. Bagi Kalian yang memilih untuk bertaruh pada mesin slot online ini, Keuntungan yang Kalian akan dapatkan mencapai 500x perkalian dalam taruhan Kalian. Tingkat RTP dari slot online Olympus ini mencapai 97,53% yang mana cukup tinggi dan membuat Kalian berkesempatan lebih besar untuk memenangkan jackpot dengan cepat.
Aztec Gems - Pragmatic Play
Aztec gems adalah salah satu game slot online dengan tipe mesinslot klasik yang sangat populer dan banyak digemari oleh para pecinta judi slot online di dunia karena RTP nya yang besar yakni sekitar 96,80%
Lucky Neko - PG Soft
Rekomendasi game slot online selanjutnya adalah Lucky Neko yang datang dari situs slot online PG Soft. Game slot online ini bida dimainkan mulai dari bet terkecil hingga terbesar. Jumlah jackpot nya juga tidak kalah besar dengan game slot online lain sehingga banyak digandrungi oleh masyarakat saat ini.
The Koi Gate - Habanero
Datang dari provider slot Habanero yang juga ikut merilis game slot online bernama The Koi Gate yang memberikan jackpot terbesar namun bisa bertaruh dengan bet terkecil.
Joker’s Jewels - Pragmatic Play
Game slot online yang cepat menang jackpot selanjutnya adalah Joker’s Jewels yang berasal dari situs slot online Pragmatic Play. Memiliki formasi 5x3 maka para bettor akan mempercayai bahwa game slot online Joker’s Jewels ini akan memberikan kemenangan hingga mencapai 1,040x dari total bet yang dipertaruhkan. Berbeda dari mesin slot lain nya, Joker’s Jewels memiliki 5 payline dan tingkat kemenangan RTP nya sekitar 96,72%
Kumpulan permainan yang disebutkan diatas adalah salah satu terbaik dari sekian jenis permainan slot yang tersedia dari berbagai berbagai macam provider slot. Ada juga game slot lain nya yang menjadi favorit para bettor seperti game slot Thor Megaways, Wild West Gold dan Mahjong Ways yang tersedia hanya di situs judi slot online terpercaya slotbison.
Live Casino dan Judi Bola Terbaik Saat Ini
Game live casino dan judi taruhan bola hampir mempunyai popularitas yang sama seperti permainan slot online di Indonesia karena eksistensi nya yang membuat masyarakat Indonesia antusias sehingga menjadikan game judi ini tak kalah populer. Tipe permainan casino dan judi taruhan bola merupakan game strategi yang sangat cocok untuk kalian mainkan ketika di waktu luang atau ketika sedang merasa jenuh bermain slot online. Keuntungan dari tiap permainan judi baik game slot, live casino, dan judi bola hampir sama besarnya. Pilihlah jenis game favorit kalian sendiri dan mainkan dari provider terpercaya pilihan kalian.
Game Live Casino Online Terbaik di slotbison
Live casino awalnya merupakan permainan judi yang berada di Las Vegas yang selalu ramai dan tidak pernah sepi dimainkan para bettor karena dikenal sangat mudah. Berikut aneka Permainan live casino terbaik yang tersedia di situs slotbison adalah:
Bonus Eksklusif yang Tersedia untuk Member Setia di Situs Slotbison
Keuntungan yang bisa kalian dapatkan ketika bergabung dengan situs slotbison maka Kalian bisa mendapatkan berbagai macam promosi bonus hingga event terbaik lain nya. Kami tidak membatasasi promo yang berlalu, setiap member berhak untuk menikmati keuntungan dari event bonus yang kami sediakan baik member lama maupun member baru. Berikut dibawah ini adalah bonus promosi yang sudah kami sediakan seperti :
Hari Slot Nasional dengan total hadiah hingga 12 milyar rupiah

Keuntungan Bermain Judi Link Slot Online Pada Situs SLOTBISON

Jika Kaliansudah membaca dan tertarik untuk bergabung dengan situs judi slot online, ada perlu nya untuk mengetahui keuntungan - keuntungan yang bisa Kalian dapatkan saat bergabung dan bermain pada situs judi slot online seperti slotbison. Setiap situs tentunya akan memberikan tawaran keuntungan untuk para membernya, tetapi ketika kalian memutuskan bergabung di slotbison maka Kalian akan dilimpahkan dengan begitu banyak keuntungan yang tidak akan kalian dapatkan disitus lain. Maka dari itu segera daftarkan diri kalian hanya di situs slotbison terpercaya dengan keuntungan melimpah seperti:
Bonus Promosi Menarik yang Mudah Claim
Saat mencari sebuah situs tentu pasti Kalian mencari yang bisa memberikan keuntungan sebanyak mungkin.Dari banyak nya situs yang beredar diluaran sana mungkin Kalian akan menemukan berbagai macam situs dengan penawaran yang menarikdan beragam. Namun kita tetap perlu mewaspadai dengan situs – situs yang banyak melakukan penawaran diluar nalar karena hal tersebut justru yang menjerumuskan kalian untuk memilih ditempat situs slot abal – abal. Bagi para pemain judi berpengalaman tentunya mengetahui ciri – ciri situs judi online resmi terpercaya salah satu contoh nya seperti situs slotbison yang kini menjadi situs terpercaya dengan menyediakan berbagai bonus jackpot terbesar untuk para membernya, apabila ingin langsung bermain juga bisa mendapat seperti bonus cashback, bonus rollingan, bonus deposit dan bonus lainnya. Bonus yang ditawarkan diatas sudah pastiterpercaya dan real, untuk proses claim nya hanya memakan waktu sebentar saja sekitar 5 menit maka seluruh bonus yang Kalian dapatkan bisa masuk ke rekening Kalian.
Fasilitas Game Slot Online Mudah Menang
Sebagai situs resmi judi online terpercaya tentunya ingin para member mendapatkan keuntungan dan membantu mencapai tujuan para pemain untuk mendapatkan jackpot besar hingga ratusan juta rupiah. Maka dari itu kami memfasilitasi setiap mesin permainan judi online yang kami miliki mencapai titik angka 97% sehingga tidak perlu diragukan lagi akan hal tersebut karena akan sangat membantu para pemain taruhan mencapai tujuan Kalian. Selain itu kami dilengkapi dengan tawaran permainan game slot yang sangat seru karena memiliki lebih dari 1000 pilihan game slot anti bosan yang pastinya menyenangkan dan menguntungkan.
Keamanan Terjamin 100%
Saat Kalian telah bergabung pada situs judi slot online terpercaya resmi 2022 slotbison, data Kalian akan terjamin keamanannya yang diberikan oleh situs kami. Karena data Kalian akan terlindungi / terenskripsi dengan kecanggihan teknologi inovatif terbaru. Sehingga data Kalian semaksimal mungkin kami lindungi agar tidak terjadi kebocoran data. Maka Kalian sudah tidak perlu lagi cemas dengan jaminan keamanan informasi pribadi yang sudah Kalian berikan ketika Kalian mendaftar. Kami tekankan kembali karena informasi dari para member akan dijaga sebaik mungkin sesuai dengan teknologi enkripsi data yang digunakan pada situs slotbison. Para member pun juga akan dijamin dengan sistem permainan yang fairplay adil tanpa adanya kecurangan.
Dilayani Customer Service Profesional 24 Jam
Dengan pelayanan excellent dari customer service profesional kami yang sigap untuk merespon masalah apapun yang terjadi ketika para member mengalami seperti kendala ketika mendaftar ataupun kendala terkait deposit maupun withdraw, dan kendala lain nya. Customer services kami akan aktif melayani selama 24 jam dalam sehari melalui live chat, Whatsapp, Facebook serta Instagram. Dengan pelayanan online24jam tanpa henti akan sangat menguntungkan bagi kalian, karena apapun masalah Kalian akan ditangani secara cepat.
Kesimpulan Informasi dari Situs Judi Slot Online Terbaik slotbison
slotbison adalah situs judi slot online terbaik dan terpercaya di Indonesia, tidak heran apabila situs ini menjadi salah satu situs terbesar di Asia khususnya di Indonesia karena menyediakan begitu banyak permainan yang ditawarkan secara lengkap oleh situs ini. Memiliki beberapa game judi terdiri dari game slot online, live casino online, judi bola online, lotre, sabung ayam, dan judi online jenis lainnya. slotbison selaku situs judi online terbaik memiliki win rate hingga 97% yang merupakan persentase kemenangan tertinggi diantara situs judi online resmi lainnya. Tak perlu bingung lagi, Kalian dapat memainkan seluruh game judi online yang tersedia di situs ini pastinya dengan mudah menang hanya dengan deposit murah mulai dari 10.000 Rupiah saja dan Kalian bisa bermain seluruh permainan yang ada dengan keuntungan berkali-kali lipat. Metode transaksi juga sangat mudah seperti yang sudah kami bahas, yaitu dapat menggunakan transfer bank lokal seperti BCA, Mandiri, Cimb Niaga, BNI, BRI, Danamon, Permata Bank dan bank lainnya. Kemudian menggunakan dompet digital terpercaya dan ternama seperti OVO, Gopay, DANA, LinkAja, dan terakhir dapat menggunakan deposit via pulsa Telkomsel dan XL.
Slotbison selaku situs terbaik dan terpercaya sudah resmi bekerja sama dengan para provider berstandar internasional yang sangat terjamin kualitasnya. Provider tersebut yaitu seperti Pragmatic Play, Joker, Playstar, CQ9, BNG, BBP, Microgaming, Toptrend Gaming, PG Soft, Habanero, Spadegaming, yang merupakan top provider populer dunia. Dengan tingkat kemenangan hingga 97%, slotbison memiliki ribuan permainan mudah menang dengan standarisasi internasional memiliki fitur canggih dan tentunya akan
Slotbison selaku situs terbaik dan terpercaya sudah resmi diakui secara international yang sangat terjamin kualitasnya. Bekerja sama dengan provider kelas dunia terbaik seperti Pragmatic Play, Joker, Playstar, CQ9, BNG, BBIN, BBP, Microgaming, Toptrend Gaming, PG Soft, Habanero, Spadegaming, dan provider terbaik lainnya dengan tingkat kemenangan hingga 98%. slotbison memiliki ribuan yang aktif dengan fitur canggih dan tentu nya akan memanjakan Kalian semua. Adapun rekomendasi permainan slot gacor pada situs kami meliputi Aztec Gems, Ancient Egypts, Great Rhino, Joker’s Jewels, The Koi Gate, Four Divine Beasts, Sweet Bonanza, Gate of Olympus, dan game slot gacor mudah menang lainnya. Selain mempunyai tingkat kemenangan yang tinggi, Kalian juga akan dimanjakan dengan bonus deposit hingga 10 juta rupiah, welcome bonus 15%, bonus daily week, bonus refferal, dan bonus lainnya. Hanya di situs resmi terpercaya slotbison, Kalian bisa mendapatkan keuntungan luar biasa. Tidak perlu menunggu lama lagi, segera daftarkan diri Kalian sekarang dan claim bonus terbesar hanya di situs terbaik dan terpercaya slotbison!
Langkah Tepat untuk Meraih Bonus Bermain Game Slot Online di Situs Terbaik Slotbison
Apakah Kalian masih merasa bingung dan kesulitan padahal sudah sering bermain judi online namun belum pernah merasakan nikmat bonusnya? Atau apakah Kalian pemain baru dan ingin mengetahui tips bagaimana cara meraih mega jackpot? Kalian beruntung karena slotbison akan memberikan informasi terkait langkah tepat untuk meraih bonusnya. Simak langkah-langkah dibawah berikut ini dan bersiaplah untuk menjemput kemenangan Kalian!
Kunjungi situs terpercaya slotbison dan daftarkan diri Kalian segera dengan menekan icon “Daftar” yang berada di sisi pojok kanan atas. Selanjutnya, isi data diri Kalian dengan benar dengan menggunakan data yang valid dan pastikan agar tidak salah mengisi agar memudahkan Kalian pada proses pendaftaran.
Kemudian Kalian bisa mengisi deposit melalui form deposit yang tersedia dan mengisi form tersebut dengan nominal yang dimulai dari 10,000 Rupiah dan kemudian melakukan transfer menggunakan bank lokal maupun e-wallet. Setelah itu, pilihlah provider terbaik dan pastikan diri Kalian untuk bermain pada game slot online yang sudah kami rekomendasikan dengan tingkat kemenangan dan RTP yang tinggi.
Ketika Kalian bermain, perhatikanlah fitur game yang ingin kalian mainkan dan pelajari kombinasi yang tersedia. Ini adalah kunci untuk mengatur strategi kalian kedepannya.
Terakhir jangan pernah melupakan konsistensi dalam bermain, semakin sering kalian menekuni permainan yang kalian fokuskan tentunya Kalian akan semakin mengerti kombinasi yang tepat. Semakin sering Kalian bermain maka kalian akan memiliki konsistensi yang tinggi sehingga kalian bisa mengerti kombinasi yang tepat pastinya kemenangan akan mudah di raih. Maka dari itu pentingnya untuk terus fokus pada permainan kalian dan mainkan secara konsisten agar dapat mendapatkan kemenangan ketika kalian bermain game slot online.
Itulah bocoran langkah-langkah untuk meraih bonus pada permainan game slot online di situs terbaik slotbison. Langkah tersebut bisa menjadi pedoman bagi Kalian untuk mendapat mega bonus serta jackpot sensasional. Pastikan diri Kalian mendaftar dan bermain game judi slot online dan game judi online lainnya pada situs terpercaya dan terbaik slotbison. Apakah Kalian sudah siap untuk meraih bonus serta jackpot besar?
Top Provider dan Game Slot Online Menurut Slotbison
Slotbison selaku situs terbaru dan terpercaya, kami memiliki rekomendasi provider terbaik dan game slot online terbaik pilihan. Gunanya apabila Kalian baru pertama kali bergabung tentu pasti akan sangat kebingungan untuk memilih provider dan game slot mana diantara ribuan pilihan yang tersedia. Jangan khawatir karena kami akan membantu menyelesaikan segala kebingungan Kalian. Rekomendasi provider terbaik pilihan kami yang bisa kalian mainkan adalah Pragmatic Play dan Habanero. Dua provider andalan ini selalu mencetak sejarah dalam tingkat kemenangan yang tinggi. Walaupun masih tergolong situs baru, tetapi situs slotbison telah dilengkapi dengan provider terbaik yang memiliki ratusan game mudah menang yang seru dengan tema menarik yang memanjakan mata para pemain setia di situs kami. Tidak heran jika situs kami menjadi situs judi slot online terbaik karena menawarkan berbagai bonus sensasional serta mega jackpot mudah claim.
Setelah kami memberikan rekomendasi provider terbaik, selanjutnya adalah pilihan game slot online terbaik paling gacor yang mudah menang di slotbison. Yap, game slot gacor mudah menang yang kami rekomendasikan adalah Sweet Bonanza. Tidak di pungkiri lagi, game slot Sweet Bonanza memiliki tingkat kemenangan hingga 98,8% dan selalu menjadi daftar game favorit para penggemar judi slot online karena sangat gacor mudah menang. Selain itu, memiliki tampilan tema buah - buahan yang terlihat fresh dimana kalian pasti sangat semangat ketika bermain game slot Bonanza ini. Temukan dan mainkan game judi slot online Sweet Bonanza dan game slot gacor lainnya hanya di situs terbaru dan terpercaya slotbison dan menangkan jackpot sensasional!
submitted by vinamarlina to u/vinamarlina [link] [comments]


2022.06.11 08:27 Fanchang Kematian Eril jadi ajang pencitraan?

Ini bakal kedengeran ga sensitif tp entah kenapa gw ga sreg sama sekali dengan cara RK dan keluarga ngehandle kematian anak mereka. Mulai dari pemberitaan berlebihan sampai ekspose dan komentar ke hal-hal yg menurut gw gak penting. Contoh aja pas masih belom ketemu, RK direkam lg ngumandangin adzan di samping sungai (penting gitu?). Lalu banyak komentar-komentar dr RK maupun jubir keluarga yang kesannya pandering banget ke kelompok tertentu.
Setelah ketemu pun banyak hal-hal ga penting kayak liputan RK ketemu penemu jasad, soal jenazah dimandiin ulama di Swiss, cerita pas dia mandiin jenazah lah, gimana jenazah-nya wangi ekaliptus lah, penjelasan ilmiah lah, dan yg terakhir peti jenazah pun difoto dan dishare.
Gw ga bilang mereka ga berduka ya, gw jg tau setiap orang berduka dgn cara yg berbeda. Hanya menurut gw aneh aja karena biasa orang berduka ya ga banyak bicara. Ini malah kesannya overexposed dan oversharing. Apakah tujuannya mencari simpati? atau pamer kalo keluarganya tuh Islami banget? apa gw yg terlalu jaded dengan media dan sosial media?
submitted by Fanchang to indonesia [link] [comments]


2022.05.08 09:23 bastard_vampiress Kalian pernah ga sih berbenturan sama orang yang percaya hal2 berbau mistis takhayul gitu, karena kalian ga percaya tapi dipaksa untuk percaya?

Jadi gue tuh termasuk org yg rational dan sm skali ga superstitious. Gue juga udah lama jadi agnostic-on-the-way-to-become-atheist.
Ada beberapa hal sih yg gue mw bahas. Mungkin bakal terkesan dikit arogan tapi whateverlah. Gue ga bakalan bahas agama krn gimana pun ortu gue super religious dan gue bisa nerima dan respect sm mereka dan org2 beragama lain. Jadi atheist bukan berarti dpt free pass to be a dick, kan?
Nah yg gue mau bahas itu mengenai hal-hal superstitious dan semacamnya yg sering terjadi dan agak dikit ganggu sebenarnya.
Contohnya org2 yg percaya sama Astrology dan mereka selalu justify kelakukan buruk mereka krn mereka punya zodiac tertentu. Ini contoh aja ya, gue ga tahu apa dalam astrologi mmg zodiac ini karakteristiknya gini.
”Aduh sorry! Gue lupa! Lu tahu sendiri, kan? Gue Libra. Jadi g bisa multitasking.”
“Maaf kemarin gue marah. Lu tau sendiri orang Leo itu gimana?”
Nah kyk gitu2 deh contohnya. Ga banyak sih org2 model gini. Tp lumayan nyebelin dan bikin rusak mood aja gitu kalau tiap kali mereka melakukan kesalahan ujung2nya diasosiasikan sm trait khusus berdasarkan Zodiac. Adik gue soalnya modelnya gini dan dia SETIA gitu ngikutin anjuran ramalan Zodiacnya. Dari yg trivial kyk misal hari ini jgn pake baju merah, nnt km kena sial. Smp yg gede2 kyk Zodiac lu ga boleh pacaran sm Zodiac ini krn ga bakalan cocok. Air dan api.
Sumpah gue kdg suka males klo apa2 tuh sm dy selalu dibawa ke Zodiac. Dy pernah naksir cowo smp baper bgt pas ujung2nya dy tahu zodiac tu cowo apa dan trnyata ga cocok sm zodiac dy, dy langsung mundur dan akhirnya sakit hati sendiri mellow berminggu2.
Hal lain, mengenai takhayul2 yg mmg banyak dipercayai org2 di negara kita. Gue sih jujur aja, menolak mentah2. Mau percaya silakan, tp jangan paksa org lain utk ikutan ngelakuin. Krn gue jg ga maksa org utk ikut cara gue berpikir.
Nah ceritanya waktu itu gue mau ke Medan seminggu krn ada proyek kerja. Gue skrg domisili di Jakarta. Tapi aslinya dari Sulawesi. Nah pas gue blg sama keluarga, tante gue langsung wanti2 katanya hati2 lho di Medan tuh jahat2 orgnya. Ini kata tante gue ya. Trus tau ga dy nyuruh gue malam sblum gue berangkat untuk bungkus jarum, gunting kecil, sama peniti dlm daun pisang terus simpan dalam kopor di bawah tumpukan baju. Gue tanya buat apaan? Katanya utk lindungin kamu spy g ada org niat jahat selama kamu di sana. Dalam hati gue ngakak sebenarnya. Tapi ga mau dia tersinggung. Gue tanya balik tante kok percaya Tuhan, tiap hari ke Gereja masih percaya hal-hal kyk gitu? Nah gue ga tau kalo di agama lain ya, tapi klo dlm Kristen hal2 kyk semacam jimat2, pergi ke dukun, sajen, dll itu ga boleh. Eh tante gue malah marah bilang gue anak kecil kok sok2 nasehatin dia.
Contoh lagi. Jadi di tempat kost lama gue dulu itu kamarnya punya histori yg agak ngenes sih. Jd gue wkt itu lg nyari kost2an yg lokasi pas dsn sesuai budget gue. Nah ktmu kostan yg viewnya keren gt lah. Cityscape. Tp sayangnya kostannya penuh. Pas gue kesana sbnarnya gue lihat ada kamar kosong satu yg dikunci katanya mau dijadiin gudang. Gue tanya pak kostnya kenapa ga disewain. Awalnya dy ga mw cerita tp gue paksa2 krn gue suka tempatnya dan dy cerita kalo penghuni kost sblmnya tuh meninggal kena serangan jantung dlm tuh kamar. Udah bbrp hari nanti udah kemana2 baunya baru ketahuan. Jd sejak itu kamarnya cuma dibersihin terus kosong. Gue bujuklah si pak kost utk kamar itu disewa ke gue. Jujur ga ada serem2nya krn buka jendela view langsung jalan rame. Si pak kost akhirnya mau dgn catatan klo ada apa2 resiko aq tanggung sendiri dan uang ga kembali. Akhirnya kostlah gue di sana.
Pas gue ceritain ke ortu, ibu gue langsung marah2. Ktanya itu 'kamar darah', nanti bisa bawa sial ke kamu. Pengaruh ke psikologi lah. Bisa jd km kerasukanlah, dipake setanlah. Mcm lah. Well, gue ngekost di sana selama 2 tahun dsn hal paling serem yg pernah gue alamin cuma waktu ada kelabang segedo jempol tiba2 ngerayap naik ke paha gue pas lagi coli lol.
Satu contoh lagi ya. Pas anak pertama gue lahir. Jadi istri gue jg kurang lebih sama lah dgn gue mindsetnya. Pas keluarga datang jenguk, opanya tuh bawain kantung2 kecil terbuat dari kain gitu terus tau2 diiket ke kaki anak gue. Gue heran kan gue nanya opa itu apa. Katanya ini pelindung. Biar orok lu ga dideketin makhluk halus atau kuntilanak. Jgn dilepas sampai dia udah umur sebulan. Gue wkt itu cuma 'ooh gt' krn gue ga mau nentang trus dikira ga hormat sm org tua. Tapi begitu mrk pd pulang, istri gue langsung buru2 nyurih gue lepas tuh kantung n buang jauh2.
Bsoknya opa dtg lagi dy lihat kantungnya ga ada dy nanya. Gue pura2 bilang hilang wkt dilepas pas mau dimandiin. Opa blg nnt dy bawain lagi. Sama istri gue ditentang. Dan mereka jadi ribut. Masalahnya tuh kantung dekil banget. Kotor pula. Klo bersih n mungkin motif Hello Kitty ga apa2 kali ya jadi kyk aksesoris.
Segapercayanya gue sama takhayul2 gitu, ya tapi gue masih bisa tetep kok menghargai org yg percaya. Contohnya tiap kali main ke pantai selatan, dikasih tahu jgn pake baju hijau. Pemali. Ya udah gue ga pake. Krn gue hargain itu kepercayaan warga setempat. Contoh lagi wkt main ke kampung temen gue kt naik mobil tuh 5 jam lewat hutan2. Pas lewat tikungan di jurang, temen gue blg nnt klakson 3 kali ya pas lewat situ. Gue tanya kenapa. Katanya minta izin lewat sama penunggunya. Ya udah gue hormatin itu kepercayaan mereka di sana. Masalah gue ga percaya itu ga relevan. Gue klakson dah tiga kali.
Ada ga sih yang punya pengalaman yg mirip gini kayak gue?
submitted by bastard_vampiress to indonesia [link] [comments]


2022.04.29 10:31 iyekrempeyek Kayaknya supir jemputan gue dulu pas SD a pedophile

Sebenernya ga sampe ke sexual assault sih, gue kan paling pertama dan terakhir kalo dianter (dari gue 1 SD sampe 6 SD (cuman dijemput tapi pulang sendiri naik angkot)). Dia nunjukin VCD porno (yg isinya cewe2 mostly) dan pernah bilang kalo gue duduk di depan (tipe mobil suzuki carry) dia suka elus pipi gue kalo gue ketiduran dan suka cium pipi gue. Tapi ga pernah pas gue lg bangun atau sadar. Kadang gue suka ga nyaman jadi gue suka tidur di belakang kalo pas pulang. Gue nanya abang gue (kita satu SD) dan dia bilang dia juga ditunjukin vcd porno itu — this happened circa 2000-2002. Gue lupa nanya ke abang gue kapan, entah pas SMP atau SMA deh. Cuman emang ini supir jemputan fisiknya chindo tapi chindo ganteng. Dia punya satu kaset Micheal Learns To Rock jadi gue sampe hafal satu album MLTR sampe sekarang, karena dia jarang puter radio. Ini juga kayaknya kaset bajakan sih. Dia Punya warung jadi mobil jemputannya kadang suka ada isi krat botol estee dll. Gue juga ga pernah ada di posisi misal abis bangun tidur yg baju gue lepas atau raped. I felt lucky somehow ga pernah yang sampe parah gini. Ada yang ngalamin hal serupa ga? (Ngerawat anak tuh ga gampang sumpah, ada aja exposure sama orang-orang kayak gini)
[EDIT: BTW!! GUE HAMPIR LUPA, dia suka ngomongin soal tytytd dan gue kek ngmg, “emg titit cowo kayak gimana sih om?”, terus dia, “nih om tunjukin kalo mau liat (dia sambil nyetir) sambil mikir dulu ya (mikir jorok kayaknya)” gue nutup2 mata dan ga ngelirik sama sekali - kayak buang muka lah gue. Ini yang lupaa banget gue tulis, kenapa gue sampe ngomong dia pedo. But he didn’t ask me to suck his dick or what ya…sebatas ngasih unjuk (gue kyknya glimpse sedikit tapi ttp ga ngeh bgt lah)]
submitted by iyekrempeyek to indonesia [link] [comments]


2022.03.31 04:27 RandomizedID justified or not, what's the worst dick or assholey move you've ever done? konteksnya bebas (pendidikan, kantor, keluarga), tp please jabarin kenapa lu lakuin itu dan apa dampaknya buat lu dan pihak yg terlibat.

I'll go first.
Although gue berapa kali ngejahatin orang (jaman gue rekrutment), gue gak merasa itu assholey moves. Contohnya: freshgrad yg rese entitled, gue masih kasih kesempatan utk wawancara cuman biar bisa gue roast on site.
Tapi taun lalu... i finally did it. 😅😅 jadi ada sepupu jauh yg gue gak suka (gak suka keluarganya, dan dia juga agak2 ngesok sih). Contoh perilaku yg nyebelinnya: dulu waktu dia SMA ikut extra fotografi, tp gak punya kamera... jadi dia n nyokapnya ke rumah, mo minjem kamera dan lensa. Waktu itu gue udah punya camera 2 (yg lama entry banget n yg lebih baruan gitu), tp adek gue yg di SMP juga lagi mulai picking up fotografi jadi gue kasih kamera lama utk adek... sama lensa entry banget (55mm dan 24-85mm klo gak salah). Tp karena kasian anak ini mo fotografi n adek gue juga masih bocah, nyokap bilang... "boleh, tp tiap minggu dibalikin yaa" (jadi pinjemnya pas mo extra aja). Terus ngambek dia n nyokapnya, nyeletuknya "klo mo minjemin jangan setengah2 dong."
Tengah taun lalu, anaknya ngehubungin gue. Baru lulus s1 dan mo cari kuliah ke LN, idealnya klo gak s3 (fast-track) di US, yaa di Jepang or Jerman. Alesan ngehubungin gue, doi pengen gue nulis surat rekomendasi utk dia. Mind this, gue gak pernah proyekan sama dia... gue emang fokusnya di psikometrik, jadi kuat statistiknya dan dia mau program yg juga kuat statistiknya (kek ekonometrik). Fuck this shit, idek you. Gue tolaklah yaa request dia... gue bilang, "gue emang kenal lu dr kecil, tp gue gak kenal lu dalam akademik or profesi. Lebih enak lu minta dr dosen pembimbing or wali aja." Trus udah dia mundur.
Gue pikir kejadiannya berakhir disana. Ternyata tidak. Ujuk2, kasus gue nolak ngebantu dia ternyata muncul di grup FB keluarga besar estranged bokap deadweight gue. Gue, nyokap, dan keluarga inti kami kan cuman ketawa2 aja... kok bisa sampe rame gini. Terus, berapa hari kemudian, si bokapnya anak ini nelp gue... lengkap sama nyokap dan si sepupu gue ini. Intinya, mereka protes, "kok saudara gak mau saling bantu... bla bla bla" [ofc gue mikir juga, waktu nyokap-gue-n adek2 gue susah... keluarga mereka juga gada yg bantu]. Anyway, akhirnya gue males ladenin mereka dan gue bilang, oke gapapa gue tulisin deh rec-let buat doi, masukin aja email gue di aplikasinya.
Here's where it gets assholey from my part. Di semua program yg dia daftar (i kid you not, 12 programmmms cuy), gue tulis: i don't really know this individual in academic or professional settings. He is my cousin, and that's the only reason he asked me to write his reclet. I have tried to declined, but it he and his family still insisted. So in a way, i can say that he personally has good support system and stubborn streak that may have helped him achieve his goals.
Anyway, up to today... he got rejected from all programs... dan nyokapnya ngechat nyokap gue mgg lalu, nanya kok anaknya gak keterima kuliah lanjut... ofc, masih nyebelin juga krn doi implied, "si random aja keterima, kok anak gue enggak." 😅😅
submitted by RandomizedID to indonesia [link] [comments]


2022.02.15 21:39 leafman_99 Public Choice Theory & Kritikan Gue Terhadap Pemahaman Politik Orang Indonesia

Halo Komodos. Another (hopefully) educative effort posting from me
Setiap gue membaca kritikan kebijakan-kebijakan pemerintah, baik itu dibidang ekonomi, tata kota, lingkungan, dan sebagainya, satu hal yang sering gua temui adalah frasa “.... asal ada kemauan politik” di akhir tulisan. Disini gua asumsikan bahwa “kemauan politik” adalah motivasi bagi pejabat-pejabat untuk melaksanakan kebijakan seperti yang di tulis di artikel-artikel.
Disini gue berpikir: “Kenapa pemerintah Indonesia tidak mau mengikuti kemauan mereka?”. Apakah karna mereka gobloknya gak karuan atau apa mungkin mereka sejahat ibu-ibu tiri di sinetron seperti Bawang Merah Bawang Putih. Sampai akhirnya gua ketemu sebuah teori yang (mungkin) bisa menjelaskan perilaku pejabat-pejabat tercinta Republik Indonesia: Public Choice Theory.
Public Choice Theory adalah sebuah teori politik yang menggunakan asumsi ekonomi dimana setiap aktor akan mengedepankan kepentingan pribadi mereka. Di pasar bebas, dimana setiap penjual & pembeli akan mencoba memaksimalkan pencapaian kepentingan mereka, hal tersebut juga berlaku di arena politik. James Buchanan, salah satu tokoh pencetus Public Choice Theory, mengatakan bahwa ini adalah “politik tanpa romansa”.
Untuk menggambarkan bagaimana teori ini bekerja, gue akan menggambarkan sebuah skenario:
Bayangkan pemerintah RI akan melaksanakan program makan siang sekolah gratis, dimana setiap anak sekolah dari Sabang sampai Merauke akan mendapatkan makan siang di sekolah dari negara yang bergizi. Tentu ini sebuah kebijakan yang bagus bukan? Tentu hanya orang jahat yang mau memblokir kebijakan tersebut.
Tapi bila kebijakan ini dilakukan, akan ada banyak pedagang makanan di kantin-kantin & lingkungan sekolah di Indonesia yang akan kehilangan pendapatan secara signifikan. Tentu pedagang-pedagang ini akan demo ke bupati/walikota masing-masing. Bupati2/Walikota2, bahkan sampai anggota2 dewan tentu melihat ini sebagai kesempatan untuk terlihat ‘merakyat’ demi pemilu kedepan, akhirnya ikutan menolak wacana ini atas nama ‘rakyat kecil’. Pada akhirnya besar kemungkinan wacana ini gagal total.
Disini kita bisa melihat gimana self interest pedagang2 dan politisi2 akhirnya membunuh wacana sebaik makan siang gratis untuk anak2 Indonesia. Tidak ada yang ‘jahat’ disini, semua hanya melindungi kepentingan masing.
Kita bisa melihat ini contohnya di dunia nyata seperti di Bali dimana anggota DPRD meminta angkutan umum untuk ditinjau kembali, akomodasi ormas2 seperti Pemuda Pancasila & FPI oleh pejabat2 negara, kenapa lahan2 di Jakarta banyak dijadikan mall daripada Ruang Terbuka Hijau, kenapa PKS & Golkar mengajukan pajak motor dihapus, dan contoh-contoh lainnya. Disini Public Choice Theory bisa digunakan untuk menjelaskan kenapa fenomena2 tersebut terjadi.
Sekarang gua mau lanjut ke bagian kedua yaitu kritikan gue terhadap cara orang Indonesia melihat politik. Gue melihat banyak di Indonesia, mau pendidikan setinggi apapun, yang naif dalam melihat politik. Masih banyak yang percaya dengan ‘hati nurani pejabat’ atau lebih parahnya percaya bahwa sosok ‘Ratu Adil’ atau ‘Nabi’ akan datang menyelamatkan mereka. Gua berharap bahwa rakyat Indonesia bisa semakin pragmatis dalam melihat politik dan bisa lebih strategis lagi dalam mengubah arah politik Indonesia. Gue berharap Public Choice Theory bisa membawa perspektif baru dalam memahami politik & menyusun strategi untuk membawa perubahan lebih baik di Indonesia.
Semoga bermanfaat.
submitted by leafman_99 to indonesia [link] [comments]


2021.12.19 12:36 Indonesian_Koksaker [serius] hanya ingin mengucapkan terima kasih bagi para redditor yang sudah membantu menyumbang dan percaya sakit saya yang saya post tadi! Semoga Allah membalas kebaikan semuanya. Amin

[serius] Saya butuh saran nih dari teman-teman.
karena di sini saya bisa anonim, saya ingin menceritakan masalah saya, saya harap seseorang dapat membantu. Saya seorang anak laki-laki berusia 23 tahun. Saya mengalami stress berat, sejak saya mencapai pubertas, saya menderita Man-boobs/ginekomastia (pembersaran payudara seperti wanita) ketika sekolah dulu, tubuh saya normal tidak gemuk hanya saja payudara saya mengalami pembengkakan. Saya sangat stres, depresi, cemas, cemburu! Saya bertanya mengapa ini terjadi pada saya dan bukan pada orang lain (seperti teman-teman saya) mereka terlihat bahagia, saya iri dengan remaja lain yang bisa dengan bebas membuka pakaian tanpa malu! cemburu mereka mendapatkan pacar begitu mudah! cemburu karena mereka menikmati masa muda yang begitu terbuka sementara saya? tidak bisa keluar tanpa jaket! Saya harus menyembunyikan payudara saya! Saya ditertawakan, diganggu, dibully, pernah di SMP saya saya di ikat disobek dan tulis dengan spidol permanen “laki-laki titit Tsunade”. (Anda tertawa? Tidak apa-apak kalian bukan orang pertama kok) Saya memohon siang dan malam Pada Allah, nge-gym,olahraga, makan sehat, tetapi payudara pria saya tidak hilang,Saya semakin depresi! tidak ada uang untuk operasi! (ya betul, ini tidak ditanggung oleh BPJS)
Ketika lulus SMA, karena tubuh saya tinggi dan sudah agak terbentuk karena gym saya sempat mendaftar polisi namu saya gagal dalam tes kesehatan ada alasan lain namun payudara saya juga menjadi catatan khusu waktu itu. Saya pun menyerah dan bekerja diMall.
Karena hampir smua pekerjaan di indonesia harus memakai seragam ketat saya banyak ditertawakan di tempat kerja saya, di 4 tempat kerja berbeda semuanya sama. Akhirnya saya pun bekerja sebagai gojek dan berhenti tahun lalu. Saya berusaha menabung. Dan ketika priksa ke dokter, ternyata penyebabnya adalah tumor diotak bagian hormon. Tumor ini membuat pertumbuhan saya tidak normal. Saya disarankan minum obat untuk menghilangkan tumornya, uang saya hanya 7 juta. Dan obat hormon harus di minum 3 bulan dan obat itu tidak di tanggung bpjs.
Saya mencoba membuka donasi seperti di facebook namun saya malah ditertawakan dan bahkan beberapa orang jahat membuat meme, untungnya saya lapor polisi sebelum meme itu tersebar luas. Mungkin anda sudah melihatnya.
Saat ini biaya operasi payudara sekitar 15juta. Saya membuka donasi diwebsite luar negeri jika anda pernah mendengat gofundme? Sayangya negara kita tidak bisa mengakses itu. Saya pun mencoba di gogetfunding, namun karena saya tidak memiliki relasi di luar negeri untuk berdonasi dan membagikan donasi saya (orang indo bisa berdonasi, namun menggunakan paypal) donasi saya masih 0. Sementara minggu depan donasi saya akan tutup. Saya ingin bertanya mengenai saran dan pendapat teman-teman. Siapa tau ada yang berkenan membantu saya? Terima kasih
Terbaru: Terima kasih atas sarannya dipostingan saya sebelumya, saya telah memberanikan diri untuk posting kampanye saya di Kitabisa, dan terima kasih sudah mau percaya kepada saya. Jika dana ini terkumpul saya ingin segera operasi dan memposting hasilnya pada redditor semua. Bagi yang mau ikut membantu link saya siapkan di kolom komentar. Semoga Allah membalas kebaikan Anda semua. Amin…
submitted by Indonesian_Koksaker to indonesia [link] [comments]


2021.12.18 23:33 Indonesian_Koksaker [serius] Saya butuh saran nih dari teman-teman.

karena di sini saya bisa anonim, saya ingin menceritakan masalah saya, saya harap seseorang dapat membantu. Saya seorang anak laki-laki berusia 23 tahun. Saya mengalami stress berat, sejak saya mencapai pubertas, saya menderita Man-boobs/ginekomastia (pembersaran payudara seperti wanita) ketika sekolah dulu, tubuh saya normal tidak gemuk hanya saja payudara saya mengalami pembengkakan. Saya sangat stres, depresi, cemas, cemburu! Saya bertanya mengapa ini terjadi pada saya dan bukan pada orang lain (seperti teman-teman saya) mereka terlihat bahagia, saya iri dengan remaja lain yang bisa dengan bebas membuka pakaian tanpa malu! cemburu mereka mendapatkan pacar begitu mudah! cemburu karena mereka menikmati masa muda yang begitu terbuka sementara saya? tidak bisa keluar tanpa jaket! Saya harus menyembunyikan payudara saya! Saya ditertawakan, diganggu, dibully, pernah di SMP saya saya di ikat disobek dan tulis dengan spidol permanen “laki-laki titit Tsunade”. (Anda tertawa? Tidak apa-apak kalian bukan orang pertama kok) Saya memohon siang dan malam Pada Allah, nge-gym,olahraga, makan sehat, tetapi payudara pria saya tidak hilang,Saya semakin depresi! tidak ada uang untuk operasi! (ya betul, ini tidak ditanggung oleh BPJS)
Ketika lulus SMA, karena tubuh saya tinggi dan sudah agak terbentuk karena gym saya sempat mendaftar polisi namu saya gagal dalam tes kesehatan ada alasan lain namun payudara saya juga menjadi catatan khusu waktu itu. Saya pun menyerah dan bekerja diMall.
Karena hampir smua pekerjaan di indonesia harus memakai seragam ketat saya banyak ditertawakan di tempat kerja saya, di 4 tempat kerja berbeda semuanya sama. Akhirnya saya pun bekerja sebagai gojek dan berhenti tahun lalu. Saya berusaha menabung. Dan ketika priksa ke dokter, ternyata penyebabnya adalah tumor diotak bagian hormon. Tumor ini membuat pertumbuhan saya tidak normal. Saya disarankan minum obat untuk menghilangkan tumornya, uang saya hanya 7 juta. Dan obat hormon harus di minum 3 bulan dan obat itu tidak di tanggung bpjs.
Saya mencoba membuka donasi seperti di facebook namun saya malah ditertawakan dan bahkan beberapa orang jahat membuat meme, untungnya saya lapor polisi sebelum meme itu tersebar luas. Mungkin anda sudah melihatnya.
Saat ini biaya operasi payudara sekitar 15juta. Saya membuka donasi diwebsite luar negeri jika anda pernah mendengat gofundme? Sayangya negara kita tidak bisa mengakses itu. Saya pun mencoba di gogetfunding, namun karena saya tidak memiliki relasi di luar negeri untuk berdonasi dan membagikan donasi saya (orang indo bisa berdonasi, namun menggunakan paypal) donasi saya masih 0. Sementara minggu depan donasi saya akan tutup. Saya ingin bertanya mengenai saran dan pendapat teman-teman. Siapa tau ada yang berkenan membantu saya? Terima kasih
submitted by Indonesian_Koksaker to indonesia [link] [comments]


2021.11.19 21:26 DivisiHumasPolri Penafsiran Pancasila: Beberapa Hal yang Perlu Diketahui (Essay)

Mengenai Pancasila dan Penafsirannya

Pancasila adalah ideologi negara sekaligus falsafah kehidupan berbangsa. Tetapi jarang benar-benar dibahas secara kritis, melainkan antara tidak dianggap serius, maupun dianggap sebagai hukum mutlak (dan kemudian digunakan sebagai senjata politik). Keduanya punya sumber yang sama: Kurangnya pemahaman akan Pancasila. Orang bisa mengetahui tapi tidak memahami, ini yang seringkali menjadi masalah, menyebabkan ketidaksepahaman bahkan penyelewengan.
Semua WNI tentunya paling tidak mengetahui Pancasila, alias menghafal Pancasila dari sila 1 sampai sila 5. Tapi tidak benar-benar memahami, atau memahami hanya secara dangkal, tapi kemudian digunakan untuk menyerang lawan politik. Ini dikarenakan tidak benar-benar ada pedoman yang dapat menjelaskan Pancasila tanpa menimbulkan indoktrinasi maupun multitafsir. Hasilnya adalah dalam suatu isu, kedua belah pihak bisa sama-sama mengklaim bahwa mereka menerapkan dan menjunjung Pancasila. Bagaimana bisa suatu ideologi yang menjadi dasar negara, menjadi sumber semua hukum di negara, ternyata tidak substantif? Jika kaum A bilang "Kebebasan beragama itu Ketuhanan Yang Maha Esa!", sedangkan kaum B bilang "Agama itu yang paling utama!", mana yang benar? Ini problematik karena keduanya sama-sama menggunakan argumen kalau mereka berprinsip Ketuhanan Yang Maha Esa, tapi manakah pihak yang benar?
Inilah mengapa Pancasila perlu dibahas secara mendalam, secara hakikatnya. Jadi Pancasila bukan hanya 5 kalimat yang harus kita hafal, kita patuhi, tapi tidak kita pahami, ini yang perlu diluruskan. Karena sebenarnya sangat bisa Pancasila itu dipahami, cuma jarang saja yang membahas karena memang di level atas sulit (terbentur oleh konstitusi), dan di level bawah juga sulit (karena level pendidikan masyarakat). Diperlukan paling tidak adanya pedoman atau pemahaman mendasar untuk menafsirkan Pancasila, untuk mengklarifikasi nilai-nilai dan prinsip-prinsip di dalamnya agar ada kesapahaman. Layaknya teks Kitab Suci yang memang dijabarkan singkat dalam teks namun belum tentu dapat ditangkap apa maknanya secara langsung, dan oleh karena itu memerlukan pemahaman intepretatif. Perlu untuk memahami Pancasila lebih dalam dan lebih luas dari sekedar butir-butir penghayatannya maupun ayat-ayat dalam pasal-pasal UUD. Mengetahui beberapa hal-hal esensial mengenai interpretasi dan implementasi Pancasila, bisa menjadi titik awal bagi civic education warga negara mengenai nilai serta isu-isu seputar Pancasila secara lebih komprehensif.

Sila-sila Pancasila: Isu-isu Mengenai Interpretasi dan Implementasi

"Pancasila"

Ketuhanan yang Maha Esa
Kemanusiaan yang adil dan beradab
Persatuan Indonesia
Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam pemusyawaratan/perwakilan
Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
Pancasila yang hanya berisi 5 kalimat singkat tidak sesederhana kelihatannya. 5 Kalimat ini adalah fondasi dari seluruh kehidupan berbangsa dan bernegara. Tapi bagi kebanyakan orang, memahami Pancasila luput dari perhatian mereka. Ironisnya walau begitu, apabila Pancasila dianggap tidak mampu menjawab persoalan sosial, kritik akan cepat menyalahkan Pancasila. Kritik dan penyampaian pendapat tentunya diperbolehkan oleh Pancasila. Tetapi perlu juga untuk memahami terlebih dahulu sedikit banyak mengenai Pancasila, apa nilai yang dikandungnya, dan mengapa ada permasalahan dalam penerapannya?
Saya disini akan menguraikan sedikit beberapa persoalan mengenai interpretasi Pancasila dan persoalan implementasinya di masyarakat.
Ketuhanan yang Maha Esa
Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
Persatuan Indonesia

Konsep-konsep yang Esensial untuk Diketahui dalam Penafsiran Pancasila

Penafsiran pancasila dapat dibantu dengan beberapa kerangka pikir dan doktrin
- Pancasila yang hierarkis
Pemahaman ini melihat Pancasila memiliki hierarki sila. Umumnya sila pertama menjadi sila yang dianggap "terpenting" dengan berbagai cara pandang. Cara padang itu termasuk konsep "piramida pancasila", baik yang naik maupun menurun. Piramida yang naik misalnya, melihat sila pertama sebagai fondasi paling dasar, lalu kemudian menjiwai (naik ke) sila kedua, lalu seterusnya hingga puncaknya adalah sila kelima. Beberapa bahkan sangat memegang penafsiran ini hingga memunculkan paham yang saya sebut "primacy sila pertama", yaitu bahwa sila pertama memiliki kedudukan khusus dan menjadi sumber moral bagi sila-sila lain. Paham ini umum dianut oleh kubu yang dikenal sebagai "agamis", karena orientasinya pada peran ketuhanan dan keagamaan.
- Pancasila yang komplementer
Pemahaman ini yang saya anut secara pribadi. Pancasila yang komplementer berarti adalah pancasila dimana sila-silanya saling mengisi satu sama lain. Maka tidak ada sila yang lebih tinggi dari yang lain, dan setiap sila saling melengkapi satu sama lain. Jadi tidak ada hierarki yang kaku dalam penafsiran pancasila, karena setiap sila tidak bisa dibenarkan jika tidak dijiwai secara setara oleh sila-sila lain. Sila pertama harus dijiwai sila kedua, ketiga, dst misalnya. Maka akan tidak dimungkinkan satu sila untuk diadu satu sama lain, karena sifat semua silanya yang saling tidak terpisahkan.
- Pancasila yang partikuler
Pancasila dipahami berdasarkan sila-silanya secara individu, untuk digunakan memahami perkara yang relevan. Misalnya, persoalan mengenai kehidupan beragama maka dipandang hanya menggunakan sila pertama saja. Begitu juga mengenai perekonomian, dipandang dalam lensa sila kelima. Setiap sila memiliki "wilayah" sendiri dan oleh karena itu mengatur bidangnya sendiri-sendiri, walau tidak menutup kemungkinan untuk menggunakan beberapa sila sekaligus pada satu perkara
- Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila (Butir-butir Pancasila)
Uraian mengenai pemaknaan sila Pancasila yang disahkan oleh MPR. Untuk versi terbaru memiliki 45 butir-butir pengalaman Pancasila. Bisa dianggap sebagai sumber otoritatif ketiga mengenai Pancasila, setelah Pancasila itu sendiri, dan UUD 1945. https://www.kemhan.go.id/renhan/2014/11/20/45-butir-pedoman-penghayatan-dan-pengamalan-pancasila.html

Kesimpulan

Pemahaman mengenai Pancasila adalah esensial bagi semua warga negara. Baik ideal maupun ilusi seputar Pancasila perlu untuk diklarifikasi dan untuk dipahami, agar menghindari kesalahpahaman. Kesalahpahaman inilah yang banyak mengundang kritik terhadap Pancasila itu sendiri, seperti kritik mengenai sila pertama yang dianggap menyebabkan intoleransi padahal tidak. Pemahaman yang kurang ini disebabkan oleh kekecewaan warga negara baik saat kecil, karena indoktrinasi Pancasila di sekolah yang terlalu kaku, maupun saat dewasa karena kegagalan negara dalam menyelesaikan persolaan sosial. Maka dari itu, saya mencoba menguraikan dan menafsirkan secara dasar nilai-nilai yang dikandung oleh Pancasila, dan isu apa saja yang sedang dan berpotensi menyertai tafsir dan implementasi nilai Pancasila. Ini dimaksudkan untuk memancing diskusi mengenai Pancasila dan kehidupan bernegara, dan untuk menjawab beberapa miskonsepsi mengenai Pancasila dan mengangkat isu tentang kurangnya informasi mengenai pemahaman Pancasila.
Tulisan ini hanya sebagai materi pemantik singkat saja, tentunya pembahasan Pancasila secara komprehensif akan menjadi sangat panjang dan akademis.
(Problem of Minority part II coming soon)
submitted by DivisiHumasPolri to indonesia [link] [comments]


http://swiebodzin.info