Contoh surat eksposisi

requesting filter for

2024.05.13 13:02 Solomoncjy requesting filter for

https://preview.redd.it/fkiwcf2nd60d1.png?width=1366&format=png&auto=webp&s=bd5e5973c5ff2cf30419c186212dbf109194240f
Can anyone one here make a filter to prevent the *unlock this page after an ad" and the blur behind the contnent thenks. link is https://www.scribd.com/doc/263218410/Contoh-Surat-Aduan but the filter should work on https://www.scribd.com/doc/^[0-9]+$/^
submitted by Solomoncjy to uBlockOrigin [link] [comments]


2024.04.03 01:56 Denslow82 Deklarasi bulat dari tigabelas negara Amerika

Di Kongres, 4 Juli 1776
Deklarasi bulat dari tigabelas negara Amerika, Ketika dalam peristiwa-peristiwa kemanusiaan, menjadi penting bagi satu bangsa untuk membubarkan kelompok-kelompok politik yang telah menghubungkan mereka dengan yang lain, dan untuk mengambil alih kekuasaan di bumi, yang terpisah-pisah dan kedudukan yang sama sebagaimana yang diberikan oleh Hukum Alam dan Tuhan Yang Maha Esa, penghormatan yang layak terhadap pendapat umat manusia mengharuskan mereka untuk menyatakan sebab-sebab yang mendorong mereka untuk berpisah.
Kami meyakini kebenaran-kebenaran ini sudah jelas, bahwa semua manusia diciptakan sama, bahwa mereka diberkahi oleh Pencipta mereka dengan Hak-Hak tertentu yang tidak dapat dicabut, bahwa di antaranya adalah Hak Hidup, Kebebasan, dan pencarian Kebahagiaan.--Bahwa untuk menjamin hak-hak ini, Pemerintahan dilembagakan di antara Manusia, yang kekuasaannya diperoleh secara adil dari persetujuan mereka yang diperintah, - Bahwa setiap kali suatu Bentuk Pemerintahan merusak tujuan-tujuan tersebut, maka Rakyat mempunyai Hak untuk mengubah atau menghapuskannya, dan untuk membentuk Pemerintahan baru. , meletakkan landasannya pada prinsip-prinsip tersebut dan mengatur kekuasaannya dalam bentuk yang menurut mereka paling mungkin mempengaruhi Keamanan dan Kebahagiaan mereka. Memang benar bahwa kehati-hatian akan menentukan bahwa pemerintahan yang sudah lama berdiri tidak boleh diubah karena alasan-alasan yang ringan dan sementara; Oleh karena itu, semua pengalaman telah menunjukkan bahwa umat manusia lebih cenderung menderita, sementara kejahatan dapat diderita, daripada memperbaiki diri mereka sendiri dengan menghapuskan bentuk-bentuk yang biasa mereka lakukan. Namun ketika rangkaian panjang pelanggaran dan perampasan kekuasaan, yang mengejar Objek yang sama, menunjukkan adanya rencana untuk menjatuhkan mereka ke dalam Despotisme absolut, maka mereka berhak, sudah menjadi kewajiban mereka, untuk memecat Pemerintah tersebut, dan menyediakan Pengawal baru demi keamanan masa depan mereka. .--Demikianlah penderitaan yang dialami koloni-koloni ini; dan kebutuhan inilah yang menghambat mereka untuk mengubah Sistem Pemerintahan mereka yang lama. Sejarah Raja Inggris Raya saat ini adalah sejarah penindasan dan perampasan kekuasaan yang berulang-ulang, yang semuanya mempunyai tujuan langsung terhadap pembentukan Tirani mutlak atas negara-negara tersebut. Untuk membuktikannya, biarlah Fakta disampaikan kepada dunia yang jujur.
Dia telah menolak Persetujuannya terhadap Hukum, yang paling bermanfaat dan diperlukan untuk kepentingan publik.
Ia telah melarang para Gubernurnya untuk mengesahkan Undang-undang yang mempunyai kepentingan mendesak dan mendesak, kecuali jika undang-undang tersebut ditangguhkan pelaksanaannya sampai Persetujuannya diperoleh; dan ketika ditangguhkan, dia sama sekali lalai memperhatikannya.
Ia menolak untuk mengesahkan undang-undang lain yang mengatur akomodasi bagi sebagian besar penduduk, kecuali jika orang-orang tersebut melepaskan hak untuk diwakili di Badan Legislatif, sebuah hak yang tidak dapat dihargai oleh mereka dan hanya dapat dilakukan oleh para tiran.
Ia telah mengumpulkan badan-badan legislatif di tempat-tempat yang tidak biasa, tidak nyaman, dan jauh dari tempat penyimpanan Catatan publik mereka, dengan tujuan semata-mata untuk membuat mereka lelah agar mematuhi tindakannya.
Dia telah berulang kali membubarkan Dewan Perwakilan Rakyat karena dengan tegas menentang pelanggarannya terhadap hak-hak rakyat.
Dia sudah lama menolak, setelah pembubaran seperti itu, untuk membuat orang lain terpilih; dimana kekuasaan Legislatif, yang tidak mampu dimusnahkan, telah dikembalikan kepada Rakyat pada umumnya untuk dilaksanakan; Sementara itu, Negara yang tersisa dihadapkan pada segala bahaya invasi dari luar, dan gejolak di dalam.
Dia telah berusaha untuk mencegah populasi negara-negara ini; untuk itu menghalangi Undang-Undang Naturalisasi Orang Asing; menolak untuk melewati negara lain untuk mendorong migrasi mereka ke sini, dan meningkatkan kondisi Perampasan Tanah yang baru.
Dia telah menghalangi Administrasi Kehakiman, dengan menolak Persetujuannya terhadap Hukum untuk menetapkan kekuasaan Kehakiman.
Dia telah membuat para Hakim bergantung pada Surat Wasiatnya saja, untuk masa jabatan mereka, dan jumlah serta pembayaran gaji mereka.
Dia telah mendirikan banyak Kantor Baru, dan mengirim segerombolan Petugas ke sini untuk mengganggu rakyat kita, dan memakan habis harta benda mereka.
Dia telah menjaga di antara kita, di masa damai, Pasukan Tetap tanpa Persetujuan dari badan legislatif kita.
Dia telah membuat militer independen dan lebih unggul dari kekuasaan sipil.
Dia telah bergabung dengan pihak lain untuk menjadikan kita tunduk pada yurisdiksi yang asing dengan konstitusi kita, dan tidak diakui oleh hukum kita; memberikan Persetujuannya terhadap Tindakan Legislasi palsu mereka:
Untuk membagi sejumlah besar pasukan bersenjata di antara kita:
Untuk melindungi mereka, melalui Pengadilan tiruan, dari hukuman atas Pembunuhan apa pun yang harus mereka lakukan terhadap Penduduk Negara-Negara ini:
Untuk memutus Perdagangan kami dengan seluruh belahan dunia:
Untuk mengenakan Pajak pada kami tanpa Persetujuan kami:
Karena dalam banyak kasus, kita kehilangan manfaat dari Pengadilan oleh Juri:
Karena membawa kami ke luar Lautan untuk diadili karena pelanggaran yang dilakukan secara pura-pura
Untuk menghapuskan Sistem Hukum Inggris yang bebas di Provinsi tetangga, mendirikan pemerintahan Sewenang-wenang di sana, dan memperluas Batas-batasnya sehingga menjadikannya sebagai contoh dan instrumen yang tepat untuk memperkenalkan aturan absolut yang sama ke dalam Koloni-koloni ini:
Karena mencabut Piagam kita, menghapuskan Undang-Undang kita yang paling berharga, dan mengubah Bentuk Pemerintahan kita secara mendasar:
Karena menangguhkan Badan Legislatif kita sendiri, dan menyatakan diri mereka mempunyai kekuasaan untuk membuat undang-undang untuk kita dalam segala hal.
Dia telah melepaskan Pemerintahan di sini, dengan mendeklarasikan kita keluar dari Perlindungannya dan berperang melawan kita.
Dia telah menjarah lautan kita, merusak pesisir kita, membakar kota-kota kita, dan menghancurkan kehidupan rakyat kita.
Dia saat ini sedang mengangkut pasukan tentara bayaran asing dalam jumlah besar untuk menyelesaikan pekerjaan kematian, kehancuran dan tirani, yang sudah dimulai dengan keadaan Kekejaman & pengkhianatan yang hampir tidak ada bandingannya di zaman yang paling biadab, dan sama sekali tidak layak menjadi Kepala negara yang beradab.
Dia telah memaksa sesama Warga Negara kita yang ditawan di Laut Lepas untuk mengangkat senjata melawan Negara mereka, untuk menjadi algojo bagi teman-teman dan Saudara-saudara mereka, atau untuk jatuh ke tangan mereka sendiri.
Dia telah mengobarkan pemberontakan dalam negeri di antara kita, dan telah berupaya untuk mendatangkan penduduk di perbatasan kita, orang-orang Indian Savage yang tak kenal ampun, yang aturan peperangannya dikenal, merupakan kehancuran yang tidak bisa dibedakan dari segala usia, jenis kelamin dan kondisi.
Dalam setiap tahap Penindasan ini, Kami telah Memohon Pemulihan dengan cara yang paling sederhana: Permohonan kami yang berulang-ulang hanya dijawab dengan luka yang berulang-ulang. Seorang Pangeran yang karakternya ditandai dengan setiap tindakan yang dapat mendefinisikan seorang Tiran, tidak layak menjadi penguasa rakyat bebas.
Kami juga tidak pernah kekurangan perhatian terhadap saudara-saudara kami di Inggris. Kami telah memperingatkan mereka dari waktu ke waktu mengenai upaya badan legislatif mereka untuk memperluas yurisdiksi yang tidak dapat dibenarkan atas kami. Kami telah mengingatkan mereka tentang keadaan emigrasi dan pemukiman kami di sini. Kami telah memohon keadilan dan kemurahan hati mereka, dan kami telah menyulap mereka dengan ikatan kekerabatan kami untuk menolak perampasan kekuasaan ini, yang pasti akan mengganggu koneksi dan korespondensi kami. Mereka juga tuli terhadap suara keadilan dan kekerabatan. Oleh karena itu, kita harus menyetujui kebutuhan yang mencela Keterpisahan kita, dan menganggap mereka, sebagaimana kita menganggap umat manusia lainnya, Musuh dalam Perang, sebagai Sahabat Damai.
Oleh karena itu, kami, para Perwakilan Amerika Serikat, di Kongres Umum, Bersidang, memohon kepada Hakim Agung dunia atas kebenaran niat kami, melakukan, atas Nama, dan atas Kekuasaan Rakyat yang baik di Koloni-koloni ini , dengan sungguh-sungguh mengumumkan dan mendeklarasikan, Bahwa Koloni-koloni Bersatu ini adalah, dan seharusnya merupakan Negara-Negara Merdeka dan Merdeka; bahwa mereka Dibebaskan dari segala Kesetiaan kepada Kerajaan Inggris, dan bahwa semua hubungan politik antara mereka dan Negara Inggris Raya, telah dan harus dibubarkan sepenuhnya; dan bahwa sebagai Negara Merdeka dan Merdeka, mereka mempunyai Kekuasaan penuh untuk memungut Perang, mengadakan Perdamaian, mengontrak Aliansi, mendirikan Perdagangan, dan melakukan semua Tindakan dan Hal lain yang boleh dilakukan oleh Negara Merdeka. Dan untuk mendukung Deklarasi ini, dengan ketergantungan yang teguh pada perlindungan Penyelenggaraan Ilahi, kami saling mengikrarkan Kehidupan, Kekayaan, dan Kehormatan suci kami satu sama lain.
submitted by Denslow82 to UnalienableRights [link] [comments]


2024.03.12 15:48 Merchant_Lawrence Surat Lamaran Kerja harus ditulis huruf kapital semuakah ?

Halo komodos, saya ingin tau apakah surat lamaran itu sebenarnya ditulis font biasa atau huruf kaptial semua (tulis tangan) karena orang tua bilang "kapital semua atau auto tidak terima" sedangkan contoh yang ada di internet saya lihat semua bentuknya biasa biasa saja tidak kaptial semua, jadi mana yang benar.
terima kasih.
submitted by Merchant_Lawrence to indonesia [link] [comments]


2024.02.26 06:20 barudak-well Surat Cinta Dalam Bahasa Jepang

Surat Cinta Dalam Bahasa Jepang

https://preview.redd.it/piqruxox6vkc1.jpg?width=640&format=pjpg&auto=webp&s=e1dfeb064e1242f42b1aee5f1cfa9e4290924a9b
Surat Cinta Dalam Bahasa Jepang
Jawaban :
Surat cinta (恋文 - koibumi); Kanji: こいぶみ (スラッ チンタ);文 こいぶみ ぶん ブン すらっ ちんた. Surat cinta (ラブレター - raburetaa); Kanji: らぶれたあ (スラッ チンタ);ラブレター らぶれたあ らぶれたあ ラブレタア すらっと ちんた.
Contoh 1 Surat Cinta Dalam Bahasa Jepang :
大好きな [Nama Pasangan],
いつも一緒にいると、心が幸せでいっぱいになります。君と過ごす時間は、私の人生で一番素晴らしいものです。
君の笑顔は、私の心を温かく包み込みます。その笑顔があれば、どんな困難も乗り越えられる気がします。
君との出会いは、私の人生を変えました。君と一緒にいることが、私の幸せです。
いつも君を思っています。君のことが大好きです。これからもずっと一緒にいたいと願っています。
愛しています。
[Nama Anda]
Arti Contoh 1 Surat Cinta Dalam Bahasa Jepang :
Kepada yang tercinta [Nama Pasangan],
Setiap saat bersamamu, hatiku dipenuhi kebahagiaan. Waktu yang aku habiskan bersamamu adalah yang paling indah dalam hidupku.
Senyummu membungkus hatiku dengan kehangatan. Dengan senyum itu, aku merasa bisa mengatasi segala kesulitan.
Pertemuan denganmu mengubah hidupku. Menjadi bersamamu adalah kebahagiaanku.
Aku selalu memikirkanmu. Aku mencintaimu. Aku berharap kita dapat terus bersama-sama.
Dengan cinta,
[Nama Anda]
Contoh 2 Surat Cinta Dalam Bahasa Jepang :
愛する(Kekasih),
初めてあなたを見た瞬間から、何かが違うと感じていました。あなたの素敵な笑顔、明るく響く笑い声、そして優しい心遣いに心を奪われました。あなたを知るほど、あなたへの想いが深まっていきました。
あなたはいつも私を幸せにしてくれます。どんなに落ち込んでいても、あなたは私を笑顔にしてくれます。私が泣きたいときはそばにいて肩を貸し、楽しいときは一緒に笑い合います。
あなたはいつも私を成長させてくれます。私の夢を応援し、信じ続けてくれます。自分自身では信じられなかった時でも、あなたは私を信じてくれました。
あなたはいつも私に安心感を与えてくれます。そばにいてくれるだけで、私は世界で一番大切な存在だと感じられます。
言葉では言い表せないほど、あなたを愛しています。あなたに出会えて、本当に幸せです。これからもずっと一緒にいましょう。
愛を込めて、
(Nama Kamu)
追伸
あなたと人生を共にできる日が待ち遠しいです。
Arti Contoh 2 Surat Cinta Dalam Bahasa Jepang :
Kepada (Nama Kekasih)
Sejak pertama kali aku melihatmu, aku tahu bahwa ada sesuatu yang berbeda tentangmu. Senyummu yang menawan, tawamu yang menular, dan kebaikan hatimu membuatku terpesona. Semakin aku mengenalmu, semakin aku jatuh cinta padamu.
Aku mencintai cara kamu selalu membuatku merasa bahagia. Kamu selalu tahu bagaimana membuatku tertawa, bahkan saat aku sedang sedih. Kamu selalu ada untukku, baik saat aku membutuhkan bahu untuk menangis maupun saat aku membutuhkan seseorang untuk diajak bersenang-senang.
Aku mencintai cara kamu selalu menantangku untuk menjadi versi diriku yang terbaik. Kamu selalu mendorongku untuk mencapai mimpiku dan kamu selalu percaya padaku, bahkan saat aku sendiri tidak percaya diri.
Aku mencintai cara kamu selalu membuatku merasa aman dan dicintai. Kamu selalu ada di sisiku dan kamu selalu membuatku merasa seperti aku adalah orang yang paling penting di dunia bagimu.
Aku mencintaimu lebih dari kata-kata yang bisa diungkapkan. Kamu adalah orang terbaik yang pernah aku temui dan aku sangat beruntung memilikimu dalam hidupku.
Dari (Nama Kamu)
P.S. Aku tidak sabar untuk menghabiskan sisa hidupku bersamamu.
Ungkapan Cinta dalam Bahasa Jepang:
  • 愛しています (Aishite imasu): Aku cinta padamu.
  • 大好き (Daisuki): Aku sangat menyukaimu.
  • あなたが好きです (Anata ga suki desu): Aku menyukaimu.
  • あなたは私の人生で最も大切な人です (Anata wa watashi no jinsei de mottomo taisetsu na hito desu): Kamu adalah orang yang paling penting dalam hidupku.
  • あなたがいなくては生きていけません (Anata ga inakute wa ikite iけません): Aku tidak bisa hidup tanpamu.
  • ずっと一緒にいようね (Zutto issho ni iyou ne): Mari kita bersama selamanya.
Sumber : https://barudakwell.com/surat-cinta-dalam-bahasa-jepang/
https://barudakwell.com/
submitted by barudak-well to barudakwell [link] [comments]


2024.02.26 06:20 barudak-well Surat Cinta Dalam Bahasa Jepang

Surat Cinta Dalam Bahasa Jepang

https://preview.redd.it/wmckrhxu6vkc1.jpg?width=640&format=pjpg&auto=webp&s=a483c68048a34b34c9ff82db684377fb06148f8d
Surat Cinta Dalam Bahasa Jepang
Jawaban :
Surat cinta (恋文 - koibumi); Kanji: こいぶみ (スラッ チンタ);文 こいぶみ ぶん ブン すらっ ちんた. Surat cinta (ラブレター - raburetaa); Kanji: らぶれたあ (スラッ チンタ);ラブレター らぶれたあ らぶれたあ ラブレタア すらっと ちんた.
Contoh 1 Surat Cinta Dalam Bahasa Jepang :
大好きな [Nama Pasangan],
いつも一緒にいると、心が幸せでいっぱいになります。君と過ごす時間は、私の人生で一番素晴らしいものです。
君の笑顔は、私の心を温かく包み込みます。その笑顔があれば、どんな困難も乗り越えられる気がします。
君との出会いは、私の人生を変えました。君と一緒にいることが、私の幸せです。
いつも君を思っています。君のことが大好きです。これからもずっと一緒にいたいと願っています。
愛しています。
[Nama Anda]
Arti Contoh 1 Surat Cinta Dalam Bahasa Jepang :
Kepada yang tercinta [Nama Pasangan],
Setiap saat bersamamu, hatiku dipenuhi kebahagiaan. Waktu yang aku habiskan bersamamu adalah yang paling indah dalam hidupku.
Senyummu membungkus hatiku dengan kehangatan. Dengan senyum itu, aku merasa bisa mengatasi segala kesulitan.
Pertemuan denganmu mengubah hidupku. Menjadi bersamamu adalah kebahagiaanku.
Aku selalu memikirkanmu. Aku mencintaimu. Aku berharap kita dapat terus bersama-sama.
Dengan cinta,
[Nama Anda]
Contoh 2 Surat Cinta Dalam Bahasa Jepang :
愛する(Kekasih),
初めてあなたを見た瞬間から、何かが違うと感じていました。あなたの素敵な笑顔、明るく響く笑い声、そして優しい心遣いに心を奪われました。あなたを知るほど、あなたへの想いが深まっていきました。
あなたはいつも私を幸せにしてくれます。どんなに落ち込んでいても、あなたは私を笑顔にしてくれます。私が泣きたいときはそばにいて肩を貸し、楽しいときは一緒に笑い合います。
あなたはいつも私を成長させてくれます。私の夢を応援し、信じ続けてくれます。自分自身では信じられなかった時でも、あなたは私を信じてくれました。
あなたはいつも私に安心感を与えてくれます。そばにいてくれるだけで、私は世界で一番大切な存在だと感じられます。
言葉では言い表せないほど、あなたを愛しています。あなたに出会えて、本当に幸せです。これからもずっと一緒にいましょう。
愛を込めて、
(Nama Kamu)
追伸
あなたと人生を共にできる日が待ち遠しいです。
Arti Contoh 2 Surat Cinta Dalam Bahasa Jepang :
Kepada (Nama Kekasih)
Sejak pertama kali aku melihatmu, aku tahu bahwa ada sesuatu yang berbeda tentangmu. Senyummu yang menawan, tawamu yang menular, dan kebaikan hatimu membuatku terpesona. Semakin aku mengenalmu, semakin aku jatuh cinta padamu.
Aku mencintai cara kamu selalu membuatku merasa bahagia. Kamu selalu tahu bagaimana membuatku tertawa, bahkan saat aku sedang sedih. Kamu selalu ada untukku, baik saat aku membutuhkan bahu untuk menangis maupun saat aku membutuhkan seseorang untuk diajak bersenang-senang.
Aku mencintai cara kamu selalu menantangku untuk menjadi versi diriku yang terbaik. Kamu selalu mendorongku untuk mencapai mimpiku dan kamu selalu percaya padaku, bahkan saat aku sendiri tidak percaya diri.
Aku mencintai cara kamu selalu membuatku merasa aman dan dicintai. Kamu selalu ada di sisiku dan kamu selalu membuatku merasa seperti aku adalah orang yang paling penting di dunia bagimu.
Aku mencintaimu lebih dari kata-kata yang bisa diungkapkan. Kamu adalah orang terbaik yang pernah aku temui dan aku sangat beruntung memilikimu dalam hidupku.
Dari (Nama Kamu)
P.S. Aku tidak sabar untuk menghabiskan sisa hidupku bersamamu.
Ungkapan Cinta dalam Bahasa Jepang:
  • 愛しています (Aishite imasu): Aku cinta padamu.
  • 大好き (Daisuki): Aku sangat menyukaimu.
  • あなたが好きです (Anata ga suki desu): Aku menyukaimu.
  • あなたは私の人生で最も大切な人です (Anata wa watashi no jinsei de mottomo taisetsu na hito desu): Kamu adalah orang yang paling penting dalam hidupku.
  • あなたがいなくては生きていけません (Anata ga inakute wa ikite iけません): Aku tidak bisa hidup tanpamu.
  • ずっと一緒にいようね (Zutto issho ni iyou ne): Mari kita bersama selamanya.
Sumber : https://barudakwell.com/surat-cinta-dalam-bahasa-jepang/
https://barudakwell.com/
submitted by barudak-well to u/barudak-well [link] [comments]


2024.02.20 03:38 Dun_be_stoopid EPF Withdrawal

Hi, good morning. Some context before my question, I need to withdraw part of my EPF account 2 for my mother's Surgery. I have used my emergency savings to fund it and it's several thousand and since I have bills to pay as well as my mom is under my tanggungan, I've decided to withdraw from my epf. I went to the KWSP website and check. I'll need a Surat pengesahan majikan mengenai tanggungan kos rawatan and my birth cert to verify our hubungan. I have asked My colleague cus she said her brother have withdrawn before for medical for family and her bro say he doesn't need the Surat cus he's not working. But the birth cert is a must.
Question 1: I'm a bit confused on what to write about the Surat pengesahan majikan mengenai tanggungan kos rawatan as I'm the one who paid. And anyone have a contoh on what to write? That it's not my company who will pay but me and I have already paid? I've search Google but I keep finding contoh Surat lain instead.
Question 2: My birth cert is an issue. I was born in Sabah, and the thing is the birth cert that's was issue by the hospital, well, the details was handwritten by the staff there. My father, blessed him, maybe he was too happy with my birth, didn't check my mom's name thoroughly and it's spelt wrongly like the 1st name all the way to the maiden's name. Will they accept it? Or do I need to do something before submitting? If I must re-amend my mom's names then that's difficult as I might need to fly back to Sabah with my Mom. Or is it possible to just angkat sumpah that we're blood related mother-daughter?
I actually tried calling KWSP the past week and yesterday but nobody answered the phone and since the nearest KWSP is far, I thot to ask here. Because it feels redundant to take a leave just to ask some questions and I've taken a bit too much leave for my mom's medical.
Thank you very much in advance for any help.
submitted by Dun_be_stoopid to malaysia [link] [comments]


2024.02.12 16:10 Forgetful_Learner [ASK] Kenapa pada slot tanda tangan edaran atau surat resmi instansi dibubuhi banyak paraf/coretan?

[ASK] Kenapa pada slot tanda tangan edaran atau surat resmi instansi dibubuhi banyak paraf/coretan?
Apakah ada yang pernah bekerja di sektor pemerintahan dengan birokrasi yang kompleks?
Saya penasaran tiap kali lihat surat menyurat di kampus PTN, yg masih mementingkan ttd basah, pada slot ttd biasanya ada coretan/paraf, kadang terbaca a.n. (atas nama) kadang juga justru disamping nama ada seperti coretan o.f.
Apakah ada yang pernah memperhatikan dan tahu mengapa seperti ini? Apakah validasi dari tiap elemen kewenangan atau tanda khusus agar surat bisa diidentifikasi?
Berikut contoh dari pengumuman rektor UI mengenai UKT dan IPI TA 2023/2024. Coba perhatikan di sekeliling nama rektor, banyak paraf atau coretan, apakah ada yang bisa membantu menjelaskan apa fungsi hal tersebut dalam birokrasi, bila kantornya juga demikian dalam memperlakukan surat atau edaran.
https://preview.redd.it/ufjl4tox66ic1.jpg?width=329&format=pjpg&auto=webp&s=08b17a95beea832cd20794c2f72ff6a528373457
submitted by Forgetful_Learner to indonesia [link] [comments]


2024.01.16 04:26 Educational_Waltz637 Cara buka loker? Apa aja yang diminta? Apa ini sudah benar?

Gw diminta tolong sama sodara buat buka loker gitu di platform lain, mau nanya biasa yang kita minta sebagai yang open loker apa aja ya sama kita masukin kriteria apa? Udah sempet liat2 dari beberapa loker mereka minta dokumen2 ini sudah bener belum? (Ini CONTOH aja ya) ini UMKM ya kawan
Dom kerja bandung Criteria: Pria/wanita S3 pertanian Teliti, Rajin dan Jujur (Kriteria lain yg diperlukan…)
Dokumen yg diminta: - CV dan Surat Lamaran - Ijazaha Terakhir dan Transkrip Nilai - fc ktp dan kk Kirim ke email xxx
submitted by Educational_Waltz637 to indonesia [link] [comments]


2023.12.24 09:39 topandroidd Nani!? Dia bangkit kembali

Nani!? Dia bangkit kembali submitted by topandroidd to indonesia [link] [comments]


2023.12.22 08:46 ExpensiveCow154 Jasa Import Barang China Bersama Mitraco

Mitraco adalah perusahaanjasa import barang China yang terpercaya dan berpengalaman. Mitraco telah melayani ribuan pelanggan dari berbagai kalangan, mulai dari perorangan hingga perusahaan besar.
Mitraco menawarkan berbagai layanan import barang China, mulai dari jasa pembelian barang, jasa perizinan, jasa pengiriman, hingga jasa pengurusan dokumen. Dengan menggunakan jasa Mitraco, Anda bisa melakukan import barang China dengan mudah, praktis, dan hemat.
Berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan jasa import barang China bersama Mitraco:
Mitraco juga menawarkan layanan konsultasi gratis bagi pelanggan yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang jasa import barang China. Anda bisa menghubungi Mitraco melalui telepon, email, atau situs web mereka.
Berikut adalah beberapa tips untuk menggunakan jasa import barang China bersama Mitraco:
Berikut adalah beberapa contoh barang yang sering diimpor dari China:
Dengan menggunakan jasa import barang China bersama Mitraco, Anda bisa mendapatkan barang-barang berkualitas dari China dengan harga yang kompetitif.
submitted by ExpensiveCow154 to u/ExpensiveCow154 [link] [comments]


2023.12.01 15:31 schatzi88 WNI tinggal di luar negri, beli rumah cash di Indonesia. Bagaimana pengurusan pajak / NPWP?

Hi all, saya berencana beli rumah dengan cash di Indonesia lewat developer, namun saya ragu dikarenakan saya punya NPWP tapi ga pernah bayar pajak / lapor sejak tahun 2009, karena dulu dibuatkan dari kantor saya pertama bekerja dan gaji saya masih umr waktu itu. Saya sudah ga tinggal di Indonesia sejak 2014 dan pasangan saya orang luar negri (tidak ada surat nikah). Saya pun ga punya akun bank di Indonesia ataupun harta apa2 atas nama saya. Sudah bayar UTJ untuk rumahnya dan tiba2 dipusingkan dengan soal NPWP oleh agent propertynya. Saya sempat konsultasi sama konsultan yang bisa membantu mengurus NPWP, tapi semuanya menyarankan saya untuk dibuatkan SPT dll agar seakan-akan saya punya penghasilan / usaha di Indonesia, saya kurang setuju, dan nilainya juga besar karena dihitung berdasarkan nilai rumah yang saya mau beli dan saya harus tetap lanjut bayar pajak sampai tahun2 berikutnya dengan cara ini. Saya ga sedang di Indonesia jadi susah untuk datang langsung ke kantor pajak atau mencari informasi yang akurat. Setau saya kalau sudah tidak kerja atau tinggal di Indonesia harusnya sudah tidak wajib pajak lagi ya..? Pertanyaan saya, apakah kalau saya tetap membeli rumah tetapi pembayarannya di transfer melalui rekening luar negri milik pasangan saya (jadi transferan atas nama dia) , apakah rumah saya nanti tetap akan di dipertanyakan orang pajak soal dari mana dananya dan saya dikenakan denda? Karena NPWP saya sudah NE (Non Effective) , maka developer akan menggunakan nomor NPWP 000 untuk pelaporan pajak ke DJP, apakah ini akan berdampak negative kedepannya? Sebagai contoh, saya punya teman perempuan orang Indonesia dan suaminya orang eropa, dia beli rumah cash 6M pada saat covid (langsung dari owner bukan developer) dan beliau hanya ibu rumah tangga tanpa penghasilan, sedangkan suaminya bekerjanya di luar negri. Teman saya ini punya NPWP tapi dia tidak bayar pajak sama sekali bahkan pada saat pembelian rumah, beliau hanya membayar pajak pembeli dll tapi tanpa pernah lapor SPT etc. Saran dari dia adalah “cabut pajak” , ini saya juga kurang ngerti lol. Kalau ada orang pajak disini atau yang pernah mengalami hal yg sama, mohon pencerahannya. Saya bener2 buta banget soalnya soal pajak seperti begini.
submitted by schatzi88 to finansial [link] [comments]


2023.10.19 05:14 One_Ad434 Google Bard AI: Model Bahasa Generatif Terbaru dari Google

Google Bard AI adalah model bahasa besar (LLM) generatif yang dikembangkan oleh Google AI. Bard dilatih pada dataset teks dan kode yang sangat besar, dan dapat digunakan untuk berbagai macam tugas, termasuk:
Bard masih dalam pengembangan, tetapi telah menunjukkan kemampuan yang luar biasa dalam berbagai macam tugas. Bard dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan, seperti:
Berikut adalah beberapa contoh penggunaan Google Bard AI:
Google Bard AI adalah alat yang sangat bertenaga, dan memiliki potensi untuk mengubah cara kita bekerja, belajar, dan berkomunikasi. Bard masih dalam pengembangan, tetapi telah menunjukkan kemampuan yang luar biasa dalam berbagai macam tugas. Saya sangat tertarik untuk melihat apa yang dapat dilakukan Bard di masa depan.
Baca selengkapnya di : Nextechpulse
submitted by One_Ad434 to KecerdasanBuatan [link] [comments]


2023.10.10 07:14 One_Ad434 ChatGPT, chatbot AI paling terkenal yang bisa ngelakuin apa aja. Yang masih bingung silahkan baca !

ChatGPT adalah model bahasa generatif yang dikembangkan oleh OpenAI. ChatGPT dilatih pada dataset teks dan kode yang sangat besar, dan dapat digunakan untuk menghasilkan teks, menerjemahkan bahasa, menulis berbagai jenis konten kreatif, dan menjawab pertanyaan kalian dengan cara yang informatif. ChatGPT masih dalam pengembangan, tetapi telah menunjukkan hasil yang mengesankan dalam berbagai tugas.

Berikut adalah beberapa fitur utama ChatGPT:

ChatGPT dapat menghasilkan teks yang mirip manusia. ChatGPT dapat menghasilkan teks yang terdengar alami dan koheren, baik dalam format percakapan maupun dalam format naratif.
ChatGPT dapat menerjemahkan bahasa. ChatGPT dapat menerjemahkan bahasa dari satu bahasa ke bahasa lain dengan akurat dan lancar.
ChatGPT dapat menulis berbagai jenis konten kreatif. ChatGPT dapat menulis berbagai jenis konten kreatif, seperti puisi, kode, skrip, karya musik, email, surat, dan lain-lain.
ChatGPT dapat menjawab pertanyaan kalian dengan cara yang informatif. ChatGPT dapat menjawab pertanyaan kalian dengan cara yang komprehensif dan informatif, bahkan jika pertanyaan kalian terbuka, menantang, atau aneh.
ChatGPT dapat digunakan oleh berbagai jenis pengguna, termasuk:

Pengembang: ChatGPT dapat membantu pengembang untuk menulis kode, menguji kode, dan menemukan bug.
Penulis: ChatGPT dapat membantu penulis untuk menulis berbagai jenis konten, seperti blog post, artikel, dan buku.
Siswa: ChatGPT dapat membantu siswa untuk belajar berbagai topik dan mengerjakan tugas sekolah mereka.
Pelanggan: ChatGPT dapat digunakan oleh perusahaan untuk menjawab pertanyaan pelanggan dan memberikan dukungan pelanggan.
Berikut adalah beberapa contoh penggunaan ChatGPT:

Seorang pengembang dapat menggunakan ChatGPT untuk menulis kode untuk aplikasi baru mereka.
Seorang penulis dapat menggunakan ChatGPT untuk menulis blog post tentang topik tertentu, seperti "tips menulis blog post yang sukses" atau "cara menjadi penulis lepas".
Seorang siswa dapat menggunakan ChatGPT untuk belajar tentang topik tertentu, seperti "apa itu pemanasan global?" atau "bagaimana cara menghitung luas segitiga?".
Perusahaan dapat menggunakan ChatGPT untuk menjawab pertanyaan pelanggan tentang produk atau layanan mereka.
ChatGPT masih dalam pengembangan, tetapi platform ini telah menunjukkan potensi yang besar untuk berbagai aplikasi. ChatGPT dapat digunakan untuk menciptakan pengalaman yang lebih menarik, informatif, dan produktif bagi pengguna di berbagai bidang.

Berikut adalah beberapa tips untuk menggunakan ChatGPT:

Gunakan bahasa yang jelas dan spesifik. Semakin jelas dan spesifik bahasa yang kalian gunakan, semakin baik hasil yang dihasilkan oleh ChatGPT.
Gunakan kata kunci yang relevan. Kata kunci adalah kata-kata yang menggambarkan apa yang ingin kalian hasilkan. ChatGPT akan menggunakan kata kunci tersebut untuk menghasilkan teks yang relevan.
Coba berbagai instruksi dan gaya penulisan. ChatGPT dapat menghasilkan berbagai gaya penulisan, mulai dari formal hingga informal. Eksperimen dengan berbagai instruksi dan gaya penulisan untuk menemukan kombinasi yang terbaik untuk Anda.
Edit dan proofread teks Anda. Meskipun ChatGPT dapat menghasilkan teks yang mirip manusia, tetap penting untuk mengedit dan proofread teks kalian sebelum menggunakannya.
Saya harap penjelasan ini bermanfaat. Jika kalian memiliki pertanyaan lain, jangan ragu untuk bertanya.

baca selengkapnya di : website
submitted by One_Ad434 to KecerdasanBuatan [link] [comments]


2023.09.20 18:06 persianfish Identity crisis: Mixed race people, what do you identify yourself as?

Sorry klw title dia confusing. obviously kalau org tanya 'apa bangsa kau' mestilah kita bgtau jak kan bangsa kita apa.
Tapi kalau kamu ada more than 2 mix? apa kamu cakap? contoh mother: chinese+ dusun , father: bajau
Masa sekolah rendah klw kena tanya saya akan cakap Bajau sbb mostly org akan ikut bangsa bapa diorang.
Start masuk sekolah menengah parents sy encourage utk saya ckp seja yg saya Sino-Dusun+Bajau untuk embrace both of my parents ethicity.
Masuk university, makin sy punya identity crisis ni menjadi jadi 😂 Saya belajar di Semenanjung.
Pernah saya kena tanya oleh kwn semenanjung,
"apa bangsa awak?" "mama saya Sino-Dusun, bapa saya Bajau" "ooo so Melayu lah kan?" "eh nda la, i mean yala Malaysian tapi bukan Melayu" "habistu dlm surat beranak awak bukan Melayu?" "bukan, dlm surat beranak saya (my bangsa, mls taip haha)"
i dont blame them being confuse sbb even saya sendiri as a Sabahan pun confuse kadang2 🤣
Since I look just like typical Malaysian girl, some of ppl question me when I told them my ethnicty. "Takde rupa chinese pon?"
FYI, di tiktok selalu ada trend 'reveal your race', and banyak yg kedapatan tipu yg dorang ada mixed race, tapi sebenarnya pure ___ (insert race)😅 nda tau la kenapa drg mau sangat ada mix. So bagi saya drg punya doubt tu valid.
Funny enough ppl never question my brother sbb he had the typical Chinese phenotype.
So during this period of time klw org tanya, sy just ckp saya Dusun sbb itu race yg paling selalu org Malaysia dengar.
Apparently racial identity crisis ni common di kalangan orang yg mixed race. How do you guys with the same problem deal with this?
submitted by persianfish to Sabah [link] [comments]


2023.09.08 16:31 Tamotsu_Kei Mohon Bantuannya Boss!

Intinya: Ada orang yang minta tolong ke gua untuk menghapus postingan tiktok yang "mencemarkan nama baik supir hingga dia tidak bisa bekerja"
2 Bulan lalu, temen dari tetangga gua, minta tolong ke kakak gua, yang permintaan tolong itu akhirnya disalurkan ke gua.
Orang ini punya masalah, yaitu karena postingan tiktok milik suatu lurah, supir ini tidak bisa bekerja.Supir ini berkerja sebagai driver Pupuk cair organik (untuk sawah tebu?) yang kata lurah di postingan itu "bau" dan "menyebabkan pencemaran udara".
Masalahnya, Postingan ini viral dan menyebabkan reputasi dari supir ini tercemar dan membuat dia tidak bisa menafkahi keluarganya lagi (anaknya ga bisa sekolah), karena surat jalannya ditolak. Uniknya, si Lurah ini sulit untuk diajak mediasi, kalaupun bisa, permintaannya tidak main-main, seperti contoh, minta mobil untuk "mendamaikan situasi".
Jadi, sopir tersebut minta tolong kepada gua untuk setidaknya postingan tiktok lurah tersebut dihapus dari medsos. Sudah gua report (bullying; penyebaran dokumen; dll), tapi belum ada apa-apa.jadi minta tolong, bagaimana ini pemecahan masalahnya guys
submitted by Tamotsu_Kei to indonesia [link] [comments]


2023.06.16 08:25 Distinct-Ad3277 Buat para HRD: List pengalaman kerja tetapi berbeda bidang di CV ?

Kepada yth HRD di reddit.
Apakah lebih baik kita tidak mention pengalaman kerja kita jika pekerjaan yang mau kita lamar berbeda bidang dengan pengalaman kerja kita, berikut dengan surat referensi/rekomendasinya ?
Sebagai contoh, saya memiliki pengalaman di dunia hospitality selama 7 tahun, dan memiliki pengalaman di berbagai tempat dan surat referensi/rekomendasi.
Saya ingin melamar sebagai admin di kantor.
Apakah lebih baik saya tidak mention pengalaman kerja saya di CV dan ketika interview di tanya baru saya jelaskan ? Bagaimana dengan surat referensi dan rekomendasi, apakah tidak usah dikasih ?
Terima kasih
submitted by Distinct-Ad3277 to indonesia [link] [comments]


2023.06.03 15:51 orangpelupa Kenapa sebagian orang menganggap hafal/baca surat-surat al quran tanpa tahu artinya maka otomatis akan bisa mengamalkan kebaikannya dan akan membuat orang tersebut menjadi lebih baik?

googling gak ketemu jawabannya. ketemunya contoh perubahan-perubahan positif yang akan terjadi. misalnya akan jadi lebih berwibawa, lebih tenang hatinya, dll
thus this thread. menurutmu, kenapa sebagian orang menganggap hafal/baca surat-surat al quran tanpa tahu artinya maka otomatis akan bisa mengamalkan kebaikannya dan akan membuat orang tersebut menjadi lebih baik?

Update:
thanks for the replies!
to summarize:
submitted by orangpelupa to indonesia [link] [comments]


2023.06.01 13:36 SAY0NARA31 Cara Nolak Tawaran Kerja dari Keluarga

So few days ago, my uncle offer me a job. Doi bilang punya kenalan yang kerja jadi petinggi di one of perusahaan B*MN nanti langsung ditempatin gitu dan cukup kasih surat lamaran dan beberapa berkas kyk (ijazah, KTP, dan KK). Tapi, ngerasa gw ada beberapa kecurigaan.
  1. Di surat lamarannya, gw gk boleh masukin posisi yang dilamar dan pengalaman kerja gw (sebenernya pengalaman magang sih) cukup gelar sama dari univ mana. dari sini feeling gw gk bakalan dapet kerjaan yg sesuai.
  2. KK (kartu keluarga), sejak kapan lamar kerja butuh KK?
  3. Sebenernya ini agak privacy but it's ok. Singkat cerita kalau paman gw itu bisa dibilang mudah percaya sama orang asing. contoh, rela ngasih uang pensiunnya ke seseorang yg dia pikir bisa nge-duplicate uangnya.
Dari gw beberapa kecurigaan itu gw mencoba untuk nolak. but, idk cara nolaknya. Mungkin komodos disini ada punya saran atau mungkin punya pengalaman yg mungkin hampir sama?
submitted by SAY0NARA31 to indonesia [link] [comments]


2023.04.14 05:19 INDOMIEFORLIFE What do you guys think about pengadilan pertanahan/agraria di indonesia

untuk permaslahannya di indonesia ini banyak sekali permaslahan tanah seperti surat ganda, tanah yang negara dibangun orang jadi punya dia (plumpang) , tanah adat diambil (IKN), tanah tni diambil swasta(KG) dan kasus sengketa lainnya yang di selesaikan oleh pengadilan negeri umum dan pengadilan tata usaha negera. untuk sekarang dari tahun 2021 sudah ada panitia tim agraria. tapi apakah pengadilan pertanahan/agraria ini penting untuk dibuat kalau penting kenapa kalau nggak kenapa? kalau bisa berikan contoh dan data yang jelas.
submitted by INDOMIEFORLIFE to indonesia [link] [comments]


2023.04.04 08:30 nyanard Speech by 2nd Central Kalimantan Governor, Tjilik Riwut, 17th July 1963 about the city of Palangka Raya and its creation during its 6th anniversary (about 1 year after the de facto move of offices)

Para Pembesar Militer,
Kepolisian, Kejaksaan dan Sipil,
Saudara-saudara sekalian, MERDEKA!
17 Juli, Hari Bersejarah bagi rakyat Kalimantan Tengah. Bersejarah, karena mengandung beberapa peristiwa penting. Semuanya peristiwa penting milik rakyat Kalimantan Tengah, termasuk milik bangsa Indonesia. Pertama ialah, lahirnya ibukota Palangka Raya, pusat pemerintahan daerah Kalimantan Tengah, pusat rumah tangga. Keduanya ialah, lahirnya Komando Daerah Militer, pelambang kekuatan rakyat, salah satu ruas yang merupakan susunan tulang punggung kekuatan bangsa, Tentara Nasional nan perwira, Komando Tambun Bungai, pahlawan kusuma-kusuma pejuang, pembela rakyat dan penegak keadilan. Ketiganya yaitu, lahirnya Badan Kesenian dan Kebudayaan Daerah pada tanggal 17 Juli 1943, 20 tahun yang lalu, ialah detik penemuan kembali kepribadian rakyat, saat kebangunan kembali jiwa seni budaya dan rasa peri keindahan murni, bagian mutlak daripada milik bangsa Indonesia. Ketiga-tiganya peristiwa ini, saling isi mengisi, yang satu tidak boleh dipisahkan dari yang lain. Palangka Raya sebagai Pusat Kodam XI Tambun Bungai sebagai tulang punggung kekuatan, dan selaku perisai pembelaan dan pertahanan kampung halaman.
Bakeda sebagai penggali kembali sumber cinta rasa dan kepribadian, satu cabang asal usul diantara pelbagai cabang-cabang dan jenis-jenis asal-usul lainnya daripada bangsa kesatuan Indonesia. Nama “Tambun Bungai” adalah nama khas dalam sejarah asal usul daerah dan rakyat Kalimantan Tengah. Nama “Palangka Raya” merupakan sebutan yang khas pula dalam sejarah pandangan hidup rakyat, dalam sejarah asal usul iklim kepribadian rakyat. Saudara-saudara sekalian, soal mengenai asal usul ini penting sekali, diakui pentingnya menurut pasal 18 Undang-Undang Dasar 45 tentang pembagian daerah-daerah di Indonesia. Sungguh tidak tepat, bila ada seseorang menyangka, pembagian Kalimantan Tengah adalah dilakukan, asal dibagi saja. Itu keliru sekali! Kalimantan Tengah dibentuk karena daerah ini memiliki kepribadian rakyat, memiliki asal usul, memiliki dasar hidup menurut susila dan tata masyarakatnya sendiri. Lebih dari itu, seluruh seluruh daerah Kalimantan Tengah merupakan satu kesatuan ekonomi, dengan sumber-sumber ekonominya, yang diharapkan dapat dibikin menjadi alat untuk mempercepat usaha memajukan daerah dan mempertinggi taraf kehidupan rakyat kehendak perkembangan revolusi.
Tentu sekali ibukotanya Palangka Raya lahir sebagai hasil revolusi. Berlainan sekali dengan lahirnya kota-kota yang besar lainnya. Betapa kota di lain daerah telah mengerjakan peringatan usianya ada yang sudah beberapa abad ulang tahunnya. Kita sebagai bangsa, bangga memiliki kota revolusi Jogja, kota pahlawan Surabaya, kota indoktrinasi Jakarta, kota komando Mandala Makasar. Kota-kota semuanya milik rakyat Indonesia. Juga Palangka Raya, kota ini juga milik rakyat Indonesia. Hasrat keinginan kita yang setinggi tingginya, ialah supaya Palangka Raya juga mempunyai corak dan sifat yang khas. Harapan yang semurni-murninya, supaya Palangka Raya menjadi kota modal dan model. Saudara-saudara sekalian Sebagai modal apakah ?
Modal, diperoleh dari perjuangan, untuk meneruskan perjuangan. Kota modal, yang dengan penuh tenaga dan keringat dibangun. Dari titik ada sampai menjadi ada. Apakah modal permulaannya? Hanyalah tekad dan semangat nyala Api Proklamasi 45. “Modal permulaan” ini ternyata subur. Bukan modal milik seberapa gelintir orang saja. Tapi modal, yang diakui milik bersama seluruh rakyat Kalimantan Tengah. Pengakuan ini penting sekali. Palangka Raya, yang diletakkan dihariban tepi Sungai Kahayan, di desa Pahandut lama, yang sekarang masih tetap dihormati sebutan nama lama ini. Masih segar ingatan kami, ditahun 1956 utusan Bapak Gubernur Milono dikirim pada kami waktu itu di Sampit sebagai Bupati. Manusia memikirkan, Tuhan memutuskan. Syukur Tuhan, akhirnya rakyat Kalimantan Tengah mengakui letaknya Palangka Raya ini. Memang ada sengaja sementara anasir-anasir yang mengadu domba, memecah belah, supaya tidak setuju letaknya ibukota ini. Tapi kesadaran rakyat untuk mengurus hidup rumah tangganya sendiri menghapuskan aliran-aliran reaksioner tadi. Kesadaran nasional dari rakyat melenyapkan aliran-aliran sempit kedaerahan tadi. Rakyat Kalimantan Tengah menganggap pembangunan ibukota Palangka Raya sebagai soal kehormatan nasional, ingin menyumbangkan bakti nasional. “modal permulaan” dari rakyat tadi, mendapat karunia Tuhan. Yaitu, karunia “modal kehormatan” yang tidak ada bandingan nilainya. Modal kehormatan ini tidak dapat diukur dengan nilai rupiah atau benda berharga. Apakah Modal kehormatan ini? Modal kehormatan ini, adalah Komando Presiden Republik Indonesia, yang sekarang kita akui sebagai Pemimpin Besar Revolusi, Komando Revolusi berkumandang : Menyatakan perang melawan hutan”, bersamaan dengan doa restu beliau dengan menancapkan tiang pertama pembangunan ibukota Palangka Raya. Modal kehormatan, Komando kehormantan, dengan inti-inti amanat penting, tak boleh dipisahkan satu sama yang lain.
“Perang melawan hutan” diartikan oleh beliau, yaitu melenyapkan sisa-sisa penjajahan, merombak semua ketidakadilan, menghilangkan keadaan yang tidak seimbang. “Menancapkan tiang pertama” itu diartikan memulai membangun ibukota Palangka Raya, sebagai lambang pembangunan daerah Kalimantan Tengah. Membangun daerah Kalimantan Tengah merupakan Revolusi Pembangunan. Oleh karena itu, membangun Palangka Raya, juga merupakan Revolusi Pembangunan. Karena itu juga, membangun Palangka Raya tidak didasarkan pada membangun di atas tempat atau kota yang sudah ada, seperti di Kuala Kapuas, di Sampit, di Muara Teweh atau tempat lain. Kota Palangka Raya harus bebas dari sisa-sisa asal zaman pembangunan oleh penjajah. Palangka Raya ingin menghirup udara segar, menurut iklim hidup masyarakatnya. Suasana pedalaman yang lebih suci daripada kemungkinan-kemungkinan adanya pengaruh-pengaruh faham atau aliran yang merusak. Dengan Palangka Raya ingin dibangun kembali pribadi rakyat, ingin diletakkan kembali harga diri rakyat. Dalam rangka pribadi nasional bangsa Indonesia, perasaan harga bangsa Indonesia.
Saudara-saudara sekalian, Itulah yang kami sebutkan Palangka Raya, supaya menjadi kota modal yang juga tersimpul didalam arti namanya, yaitu suatu wadah suci. Saudara-saudara sekalian, Palangka Raya diharapkan menjadi “Kota Model”, itu bukan karena kehendak kita sendiri saja. Tentu sekali, dari rakyat dan dari pihak kami sendiri, sangatlah bangga dapat menyaksikan pertumbuhan kota ini menjadi model, menjadi contoh tauladan. Pasti, kita semua, para Catur Tunggal dan semua alat-alat kekuasaan dan alat-alat Negara yang mengasuh dan membina daerah kita ini, merasa bangga kota ini menjadi yang sebaik-baiknya. Tapi itu semua bukanlah hanya diserahkan pada kemauan kita sendiri saja. Peranan kita untuk mengolah kota ini, hanyalah sebahagian saja. Kita di daerah ini hanyalah terikat pada suatu rencana pembangunan nasional, rencana pembangunan khusus. Kita tidak boleh semau-maunya saja membangun, mendirikan, merencanakan ini atau itu. Pertama, garis penentuan rencana diletakkan oleh P.Y.M. Presiden Bung Karno sendiri. Rencana bangunan-bangunan penting, rumah gubernuran, komplek perkampungan pelajar, penentuan blok-blok terpenting, disetujui oleh Kepala Negara. Keduanya, penentuan dan pelaksanaanya dilakukan oleh Yang Mulia Menteri Pekerjaan Umum dan Tenaga. Rencana pembagian-pembagian pembangunan, seperti bahagian pemerintahan, bahagian perumahan/kediaman pegawai, bahagian pusat dagang niaga. Bahagian seni budaya, bahagian pendidikan, bahagian industri sekitarnya, dan bahagian lainya, semuanya ditentukan oleh tingkatan Menteri. Bahkan, gambar-gambarnya dibikin oleh Departemen, oleh Jawatan Tata Kota dan Tata Daerah. Hal ini ketentuan-ketentuan dilakukan bersama, yaitu dengan memperhatikan pertimbangan-pertimbangan juga dari kami selaku Gubernur, yang oleh Pusat juga dianggap perlu untuk keselarasan dengan kepribadian daerah.
Seperti contoh, gambar semula daripada gedung rumah kediaman Gubernur dirubah, yaitu dengan memperhatikan usul-usul perubahan yang kami berikan pada pusat. Saudara-saudara sekalian, maka barulah apa yang tidak termasuk rencana Presiden dan rencana Menteri, itulah yang termasuk wewenang kami, untuk mengolah dan menggaris pembangunan kota ini. Disini perlu kami terangkan khusus hal itu, supaya jangan sampai ada salah faham, seakan-akan semuanya terbit dari fikiran kami sendiri saja. Bahkan untuk lebih dimengerti, bahwa pembangunan Palangka Raya adalah perpaduan rencana nasional, dari otak nasional, dari Presidennya dan Menterinya serta pemikir-pemikir lainnya. Apalagi mengenai perencanaan-perencanaan yang termasuk wewenang dari Gubernur sendiri. Tidaklah benar, jika mutlak atau kehendak kami sendiri. Gubernur untuk itu tetap menghormat corak musyawarah. Dan untuk itu, dengan surat putusan menetapkan terbentuknya Panitia Pembangunan Khusus Palangka Raya, dengan tugas mengurus segala sesuatu yang mengenai perencanaan pelaksanaan dan pengawasan pembangunan Palangka Raya. Sekali lagi, Palangka Raya adalah milik nasional, milik kita semua. Palangka Raya tidak mengenal golongan, tapi merupakan persatuan dan perpaduan dari segenap kekuatan-kekuatan revolusi, dari semua suku-suku, agama dan keyakinan, lapisan masyarakat, kesemuanya menegakkan lambang “Bhineka Tunggal Ika”.
Dengan 6 tahun berdirinya Palangka Raya, sejak peristiwa bersejarah P.Y.M Presiden mendengungkan komando tadi, pada jaam 10 pagi tanggal 17 Juli tahun 1957. Termasuklah Palangka Raya dalam hitungan, dan sekaligus Kalimantan Tengah terhadap dunia luar. Sejak tertancapnya tiang pertama, termasuklah Palangka Raya dalam Peta Indonesia, dalam peta dunia internasional. Maka secara teratur dan tersusun, dimulai pengisian kota ini. Nama-nama pembangunan, pengisi jiwa. Bapak Ir. Pangeran Moh. Noor waktu itu Menteri P.U.T. dan pencinta utama Kalimantan Tengah. Bapak Gubernur Milono, badan pembina dan pemimpin Kalimantan dan peminat utama Kalimantan Tengah. Kolonel Soenitijoso, Panglima yang dicinta oleh rakyat. Overste Darmosoegondo, tokoh pembangunan yang memberikan jiwanya bagi kemajuan daerah dan rakyat. Rangkaian nama-nama, Saudara-saudara Moenasir Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Sdr, Van Der Pijl Kepala Bagian Gedung-Gedung. Sdr. E.Mahar sewaktu itu sebagai Kepala Bagian Desa Kantor Gubernur dengan pegawai-pegawainya, sebagai kelompok pertama yang pindah ke Palangka Raya. Sdr. L.S. Binti Sekretaris Gubernur, yang memimpin pemindahan Kantor Gubernur sejak permulaanya. Saudara-saudara sekalian, Barisan-barisan pahlawan pelopor, perintis pembangunan yang tidak mau menonjolkan diri, tapi pada tempatnya kami berikan tempat kehormatan. Yaitu Saudara-saudara warga veteran Pejuang Kemerdekaan Republik Indonesia. Mereka ini benar-benar menjunjung tinggi nama kehormatan Pejuang. Mereka membuktikan jasa sebagai pejuang pembangunan, menebas, menebang, meratakan lapangan pembangunan Palangka Raya. Mereka ini membangun lapangan terbang “Panarung” ,mendirikan “Gedung Pertemuan” bersahaja dari kayu beratapkan daun rumbia. Tempat penginapan pegawai-pegawai di rumah-rumah yang masih serba “setengah selesai”, tanpa pintu jendela. Tempat berteduh di sementara kapal-kapal, gubuk-gubuk ditepi sungai. Suka duka para pegawainya, lebih banyak derita lahirnya, tapi juga kaya dengan suka bathinnya. Banyak kesukaran-kesukaran dan kekurangan-kekurangan dialaminya, tapi banyak pengalaman-pengalaman kemenangan jiwa diperolehnya.
Ceritera-ceritera dan dongeng-dongeng tentang hidup merintis sesuatu kota yang baru, bukan lagi dibaca dari buku, tapi menjadi kenyataan. Apalagi bagi para penghuni-penghuni Palangka Raya yang pertama. Apalagi bagi para Kepala-Kepala Pemerintahannya Setempat yang pertama juga kita berikan tempat terhormat bagi nama-nama C.Rupock, C.Unjung, J.Manahan, W.Embang, P.K Sawung, J.A. Sandan, Ibung Bangas, J.Timbung, C.U.Ringkin dan lain-lainnya. Jasa, sekali lagi jasa, bagi mereka, Palangka Raya, kota jasa, kota pewujud bakti, kota penguji kekuatan jiwa. Memang, hanya bagi mereka yang memiliki kekuatan jiwa, keuletan semangat, dapat hidup di kota Palangka Raya. Mereka yang cinta karya, mencapai kesenangan bekerja di Palangka Raja. Mereka akan menemukan lapangan karya yang luas sekali, akan menemukan lapangan bakti yang mulia sekali. Saudara-saudara sekalian, Sesudah dasar-dasar pertama pembangunan diwujudkan, maka sejalan dengan itu dimulailah pemindahan Kantor Gubernur. Perlu diberi tempat kehormatan pada para karyawan-karyawan dari seksi Pekerjaan Umum, yang sejak permulaan pembangunan gedung-gedung yang pertama sudah berkedudukan di Palangka Raya. Kantor Gubernur pindah kedudukan resmi di Palangka Raya memenuhi ketentuan Undang-Undang Darurat No.10 tahun 1957, memenuhi Undang-Undang No.21 tahun 1958 yang mensahkan Undang-Undang Darurat tadi, memenuhi Undang-Undang No.27 tahun 1959. Bahwa tempat berpijak pemerintahan daerah yang resmi adalah Palangka Raya, bahwa ibukota ada didalam daerah wewenang sendiri. Karena itu, penting sekali jiwa daripada instruksi Gubernur supaya terhitung tanggal 1 Januari 1961 semua dinas-dinas dan instansi-instansi berpindah kedudukan di Palangka Raya.
Memang banyak sekali kesulitan-kesulitan, apalagi dipandang dari segi kesejahteraan pegawai. Ini terasa sekali bagi para pegawai, apalagi bagi yang sudah berkeluarga. Juga dari sudut kedinasan, karena tidak mudahnya perhubungan. Apalagi, kebanyakan instansi-instansi masih bersifat dirangkap satu, tingkat Selatan dan Tengah. Saudara-saudara sekalian, Tiada kesulitan yang tidak dapat dipecahkan. Bahkan kita hendaknya meninjau segala sesuatunya dari rangkaian yang lebih besar, dari hubungan yang lebih luas. Maka tanggal 1 September 1961 merupakan saat penentuan. Penentuan, siapakah yang berjiwa kerakyatan Kalimantan Tengah. Tanggal 1 September 1961 merupakan tanggal terakhir bagi semua dinas, jawatan, lembaga kemasyarakatan, partai-partai, organisasi-organisasi, untuk berpindah kedudukan resmi ke Palangka Raya. Atau setidak-tidaknya pindah kelain tempat, asalkan termasuk daerah wewenang sendiri Disinilah akan terbukti kemampuan dan kepemimpinan tiap-tiap Kepala, Pemimpin, sebagai pemuka dan pembina daripada anak-buahnya. Juga dalam kecakapan memimpin pekerjaannya, dengan menghadapi segala kekurangan-kekurangan dan kesukarannya. Semua kendaraan-kendaraan mobil, kapal dan alat-alat kendaaran lainnya diwajibkan dipindahkan ke Palangka Raya. Disini, pada tempatnya kami menyampaikan perasaan hormat dan penghargaan kami, juga penghargaan atas nama Catur Tunggal, kepada segenap instansi yang sudah memenuhi kegotong royongan pindah ke Palangka Raya. Pengisian Palangka Raya berangsur-angsur lebih menghebat. Dari pembukaan Kantor Pos, Stasion Radio dengan hubungan radio telefon ke semua ibukota kabupaten dan ke Jakarta/Bandung, hubungan telepon. Perlengkapan pindahnya instansi-instansi tingkat I terus susul-menyusul, dipelopori oleh Catur Tunggal, Kantor Gubernur, Perwakilan Kodam, Kantor Polisi Komisariat, Kejaksaan, Lembaga-lembaga pendidikan susul menyusul, dari Sekolah Taman Kanak-kanak, sampai pada Sekolah Tingkat Menengah Atas, sampai pada pembukaan K.D.C. Rumah-rumah peribadatan, masjid, dengan pengajian-pengajian ajaran agama, gereja-gereja Protestan dan Katolik dengan kebaktian-kebaktian suci, usaha pendirian Balai Kaharingan dengan acara-acara adat nan murni, semuanya hidup subur saling hormat menghormat dan harga menghargai. Memang, sesuai dengan kepribadian rakyat, demikian pula ingin dicerminkan kepribadian Kota Palangka Raja. Ingin sekali Kota Palangka Raya menjadi kota contoh tauladan, kota yang lahir dalam revolusi, dibangun oleh jiwa dan otak bebas dari pengaruh kolonial. Kita ingin pula mengolah Palangka Raya menjadi kota revolusi pembangunan, kota indoktrinasi, kota pelahir watak dan pembentuk pribadi. Saudara-saudara sekalian, Terserahlah pada kita semua, untuk memelihara jiwa revolusi,, meresapkan jiwa indoktrrinasi, setia mendirikan dan taat pada kepribadian Indonesia. Pembangunan Palangka Raya penuh dengan keringat dan tetesan air mata. Tak sedikit jiwa yang sudah mengorbankan diri, dan sekarang mendahului kita menghadap Tuhan. Mereka ini pegawai, warga angkatan Bersenjata, sanak keluarga yang dicintai, yang tadinya ikut pindah ke Palangka Raya, disertai penuh cita-cita dan harapan-harapan suci. Jiwa pikiran kami tujukan pada arwah mereka, dengan doa, semoga tetap mendapat tempat layak disisi Tuhan. Kami serukan, marilah kita perteguh persatuan, perkuat keyakinan bahwa pekerjaan kita pasti berhasil. Dengan kesucian jiwa dan kebulatan tekad ini, kami tidak sangsi akan karunia kebesaran Tuhan, yang selalu berkenan memberi lindungan. Juga pada Palangka Raya diharapkan restu Saudara2-saudara sekalian, supaya selalu benar-benar menjadi wadah suci, sungguh berjiwakan persatuan, kekuatan dan keselarasan watak pribadi, yang didalam hubungan tanah air merupakan persatuan nasional, kekuatan nasional dan kebanguanan persatuan kepribadian nasional pula. Jagalah Palangka Raya melangkah kedepan! Tetaplah Piagam Palangka Raya menjiwai kita semua! Hidup Palangka Raya! Hidup Kalimantan Tengah! Hidup Indonesia! Merdeka!
Palangka Raya, 17 Juli 1963
Gubernur Kepala Daerah Kalimantan Tengah, TJILIK RIWUT
submitted by nyanard to indonesia [link] [comments]


2023.03.21 03:41 1412Elite Timeline/Penjelasan dari Kasus Transaksi 300T Kemenkeu (source: instagram sri mulyani)

Timeline/Penjelasan dari Kasus Transaksi 300T Kemenkeu (source: instagram sri mulyani) submitted by 1412Elite to indonesia [link] [comments]


2023.01.24 05:17 TKI_Kesasar Pengalaman Saya Kerja Di NYC, Amerika - Bagian 1 (Kerja Kasar)

Halo,
Bertemu kembali dengan saya, TKI_Kesasar. Beberapa thread saya sebelumnya: - Pendapat saya mengenai Indonesia, Jepang dan Amerika. https://www.reddit.com/indonesia/comments/z2iw19/my_thoughts_on_indonesia_japan_and_usa/ - Reddit AMA kerja sebagai programmer di NYC, USA. https://www.reddit.com/indonesia/comments/vdcxv3/saya_menang_lotre_green_card_usa_kerja_sebagai/
Belakangan ini saya melihat thread2 mengenai karir di bidang teknologi di subreddit ini, dan secara besar juga melihat kondisi ekonomi dunia yang semakin buruk, berawal dari Amerika yang mulai melakukan banyak lay off. Untungnya saya sendiri belum kena layoff, praise God.
Saya merasa mencoba untuk membagikan sedikit pengalaman kerja saya di NYC. Saya sekarang bekerja di bidang teknologi, sebagai programmer, tetapi awal2nya saya kerja serabutan dan kerja yang tidak ada hubungannya dengan ini.
Maka bagian pertama, saya post di thread ini, saya akan membagikan pengalaman kerjaan serabutan/kasar apa saja yang saya pernah lakukan. Bagian kedua saya akan post di thread lain, saya akan membagikan pengalaman saya di bidang teknologi sebagai programmer, dan sepertinya thread kedua ini akan lebih menarik sih daripada bagian pertama. Saya pisahkan supaya diskusinya bisa lebih tidak keluar dari topik.
Timelinenya untuk cerita dibawah ini, sekitar antara thn 2008 - 2014.
Kerjaan serabutan: - Packing di restoran sushi. Sekitar 6 Bulan.
Kebetulan yang punya restoran sushi ini kenalan saya. Setelah tau saya butuh uang, dia menawarkan untuk saya bekerja part time sbagai tukang ngepak take out di restorannya. Bayarannya waktu itu sekitar $5/jam. Saya kerja 20 jam seminggu.
Kadang2 saya juga cuci piring sewaktu jam2 sibuk.
Pros: - Bisa santai, bisa baca buku sambil belajar. - Makanan gratis, dimasakin. - Bisa duduk. - Bisa masuk siangan, jam 10 pagi masuk.
Cons: - Bayaran rendah. - Kalau lagi delivery banyak, misalnya karena diluar hujan atau salju, saya biasanya kelabakan. - Tidak ada skill khusus yang dipelajari dari sini. - Pulang jam 11 malam.
Contoh contoh kerja kasalow paying-job/non office job disini: - Dishwasher - Waiter - Busboy - Sandwich maker - Sushiman - Cook - Cleaning service - Dry leaning/Laundry - Barista - Nail salon - Hair stylist - Cashier
Kadang saya ditanya oleh teman2/saudara2 di Indonesia, apakah worth it untuk bekerja di Amerika dalam hal kerja kasar. Dulu saya ingat dosen saya (sewaktu saya di BiNus) saya bilang enak kerja di Amerika, tukang sapu gajinya $3000/bulan (itu tahun 2006 kalo ga salah dia bilang gitu). Tetapi setelah saya melihat2 disini, dan juga melihat nasib2 orang Indonesia yang kerja disini sebagai serabutan, saya pikir bahwa itu tergantung, worth it atau nggak.
Maksud saya begini. Kalau kerja disini tidak punya surat, dan bawah tangan, dan apalagi tidak punya skill, itu banyak gak enaknya. Contohnya: - Tidak dapat asuransi kesehatan. - Tidak dapat liburan, kalau mau libur bisa dipecat. - Kerjaan kasar, kerjaan yang fisiknya berat. - Skill kerjaannya rendah, ya paling mending itu paling sushi atau nail salon atau salon. - Bayaran relatif rendah untuk ongkos hidup sini. Ongkos hidup disini mahal. - Jadi kadang gak bisa punya kamar yang bagus, yg ada privasinya, tapi harus share sama 2 atau 3 orang lain. - Kemana mana takut di grebek kalau orang gak punya surat resmi. Walau NYC dan banyak kota2 lain yang biasanya sih gak peduli.
Selain itu, di kota2 besar seperti NYC, biaya hidup semakin mahal setiap tahun. Kalau tidak punya surat, berarti tidak punya nomor pajak, berarti tidak bisa investasi. Berarti uang yang ada cuma bisa ditaruh di bank saja, dan tiap tahun kemakan inflasi. Dalam 10 tahun, daya beli uang disini akan termakan 50%.
Semakin tua, badan semakin nggak sekuat dulu lagi. Semakin tua, kemungkinan sakit semakin besar, dan biaya pengobatan juga semakin besar.
Ketika suatu saat kembali ke Indonesia, kalau tidak bisa menabung, biasanya menyesal. Bikin bisnis di Indonesia, pakai uang tabungan hasil kerja di USA, tapi ternyata gagal, dan uang habis. Itu kalau bisa menabung. Banyak orang disini yang tidak bisa menabung.
Having money is like having your natural limiter taken off. It will show you who you really are. If you were a shopping addict, you will shop even more when you have money. If you were a prostitute addict, you will visit prostitutes more. If you were an alcoholic or drug addict, you will get wasted more. Usually people, when they have just a little bit more money than what they usually got, their vices start appearing left and right. It is especially true when coupled with the stress of competition in a foreign and expensive country with no social support.
Coba dibandingkan dengan orang yang tinggal di Indonesia, dan bekerja di Indonesia dengan baik. Misalnya kerjaan sukses, jaringan koneksi punya, skill meningkat, maka taraf hidupnya bisa jadi jauh lebih baik di Indonesia, dan masih bisa meningkat lagi.
Saya punya teman di Jepang yang kuliah sejak 7 tahun lalu dan sudah bekerja dan menikah dengan org Jepang. Walau kerja kantoran, tetapi gajinya tidak jauh berbeda dengan orang Indonesia, ketika dihitung2 kebutuhan hidup dan sisa tabungan. Malah, dia bilang, teman temannya di Indonesia sekarang sudah jauh lebih nyaman hidupnya dari dia.
Lain kata orang2 yang disini kerjanya nipu ya. Disini, saya pribadi sudah pernah ketemu dengan 2 orang penipu besar. Walau ketika ketemu saya sepertinya orang2 biasa aja, tapi ternyata dengar2 penipu. Sekali menipu bisa sampai puluhan ribu atau ratusan ribu USD. Kebanyakan korbannya adalah imigran2 dari tanah air sendiri yang tidak paham soal investasi dan tidak paham soal teknologi/hukum di negara asing.
What I learned during this period of my life:
I probably will post the second part of the thread sometime next week, or in 2 or 3 weeks (will visit Indonesia by that time as well so hopefully will have the same timezone to reply to comments), so that I can focus answering questions in this thread.
Every time I post a thread here, I try to stay up a little bit late to answer questions. But I need to work the next day (EST Timezone), so sometimes I fall asleep and can't reply right away, but will reply the next day. Kalau saya bisa balas langsung, akan saya balas. Atau kadang saya gak balas kalau saya merasa informasinya terlalu personal.
submitted by TKI_Kesasar to indonesia [link] [comments]


http://swiebodzin.info