Gambar wanita bugil

Unluckiest guy in Konoha.

2024.05.05 16:30 lightningcold69 Unluckiest guy in Konoha.

Unluckiest guy in Konoha.
Jakarta: Menggemparkan apabila seorang suami di Cianjur, Jawa Barat, baru-baru ini, mendapati bahawa isterinya adalah lelaki.
Portal detik.Com melaporkan rahsia 'wanita' terbongkar selepas pasangan itu bernikah selama 12 hari.
Menurut laporan berkenaan, si suami yang berusia 26 tahun itu tidak pernah mengetahui bahawa pasangannya itu adalah lelaki, walaupun mereka sebelum ini menjalin hubungan selama setahun.
Bagaimanapun, selepas berkahwin, lelaki itu mula curiga selepas 'si isteri' tidak mahu melakukan hubungan intim, tidak mahu bergaul dengan ahli keluarga dan masyarakat.
Sementara itu, siasatan polis tempatan mendapati bahawa 'wanita' itu tidak kelihatan seperti lelaki, terutamanya kerana dia sentiasa berpakaian wanita dan bersolek.
Gambar perkahwinan juga menunjukkan si 'isteri' dengan rupanya seperti wanita. Suaranya juga dilaporkan lembut dan ia menyebabkan lelaki itu tidak pernah meragui identiti sebenar kekasihnya itu.
Selepas jantina sebenar 'wanita' itu terbongkar, keluarga sebelah lelaki membuat laporan sebelum isterinya itu ditahan polis.
Ketika ditahan, 'wanita' itu berdolak-dalik, namun soal siasat terhadap bapa individu terbabit mengesahkan jantina sebenarnya.
Situasi itu amat mengejutkan keluarga si lelaki memandangkan dia dan 'isteri' dinikahkan dengan persetujuan wali hakim.
Wanita itu sebelum ini melaporkan bahawa ayahnya tidak dapat dikesan menyebabkan mereka bernikah dengan wali hakim.
Polis kini menahan 'wanita' itu untuk siasatan lanjut.
submitted by lightningcold69 to Bolehland [link] [comments]


2024.04.08 10:18 kabenoie Toko "Permen Besar".

Sebuah cerita tentang Saito dari ''Mahama Brothers'' yang bersiap membuka bisnis. "Dia" memutuskan untuk berhenti dari pekerjaannya sebagai wanita kantoran dan memulai toko Big Candy.
Kisah misterius tentang persiapan membuka usaha.
Barang Karakter
https://kabenoie.booth.pm/
Animasi digunakan ketika layar berubah, tetapi cerita terdiri dari satu kalimat per gambar.
Penulisnya, Kabe ee, punya banyak cerita seperti ini. Di Wall House (kabenoie.com), kami ingin Anda menikmati kisah-kisah misterius ini.
Penulis: kabe ee
Perusahaan: Rumah Tembok (kabenoie.com)
submitted by kabenoie to u/kabenoie [link] [comments]


2024.04.08 04:11 kabenoie Toko Permen Besar

Sebuah cerita tentang Saito dari ''Mahama Brothers'' yang bersiap membuka bisnis. Dia memutuskan untuk berhenti dari pekerjaannya sebagai wanita kantoran dan memulai toko Big Candy.
Kisah misterius tentang persiapan membuka usaha.
Barang Karakter
https://kabenoie.booth.pm/
Animasi digunakan ketika layar berubah, tetapi cerita terdiri dari satu kalimat per gambar.
Penulisnya, Kabe ee, punya banyak cerita seperti ini. Di Wall House (kabenoie.com), kami ingin Anda menikmati kisah-kisah misterius ini.
Penulis: kabe ee
Perusahaan: kabenoie.com
submitted by kabenoie to u/kabenoie [link] [comments]


2024.01.08 14:12 cowardchlorine Perlukan pendapat kaum wanita

Apa pendapat korang dengan lelaki (melayu,islam) yg pakai gelang tangan? Rasa macam red flag tak? Apa beza diorang dengan lelaki mat rempit yang keluar pakai seluar jeans atas lutut?
Gambar sekadar reference
Sbb ramai kawan aku yg dah start pakai gelang kat tangan so aku rasa macam ketinggalan pulak. Haha. Apapun, aku takde ramai kawan perempuan so aku perlukan pendapat kaum wanita di sini.
Hanya perempuan. Kalau aku jumpa satu komen dari orang lelaki, aku akan padam app ni!
submitted by cowardchlorine to Bolehland [link] [comments]


2023.12.20 12:18 MiserablePrince Menelisik Jawa sebelum Sañjaya dan Kapan Berdirinya Sebuah Kerajaan "Jawa".

Prasasti tertua yang dikeluarkan oleh seorang raja Jawa adalah Prasasti Canggal, bertahun 654 Śaka atau 732 Masehi, oleh Rakai Matarām Sang Ratu Sañjaya. Namun, apakah Sañjaya adalah raja Jawa pertama? Jawabannya: bukan.
Dalam Prasasti Canggal, Sañjaya menggantikan seorang raja bernama Sanna. Ketika Sanna meninggal, kerajaan "tenggelam dalam kesedihan" sebelum takhta diturunkan kepada keponakannya, Sañjaya, putra saudarinya, Sannaha. Adanya penanggalan Sañjaya (Sañjayawarṣa) dalam sejumlah prasasti memberi tahu bahwa raja ini menaiki takhta pada 716 atau 717 Masehi. Kita tidak mengetahui kapan naik maupun turunnya raja Sanna, tetapi terdapat prasasti dari Jawa Tengah yang lebih tua dari Prasasti Canggal, yaitu Prasasti Tuk Mas dari abad ke-6 atau 7 Masehi. Meski tidak menerakan nama raja, dapat diketahui bahwa agama Śiwa dan bahasa Sanskerta sudah eksis di Jawa sebelum Sanna hidup. Jadi, apakah ada catatan sezaman mengenai Jawa pada periode yang lebih tua dari masa Sañjaya? Berikut adalah berbagai sumber asing sezaman yang dikutip dari Nusantara Dalam Catatan Tionghoa (2009, pertama kali terbit pada 1880) karya W.P. Groeneveldt.
SUMBER SEZAMAN
  1. Sumber sezaman tertua mengenai Jawa berasal dari catatan perjalanan bhikṣu Fǎxiǎn dari Tiongkok, dalam karyanya Fóguó Jì ("Catatan Kerajaan-Kerajaan Buddhis"). Fǎxiǎn pada 414 mengunjungi negara Ya-va-di (Yawadwipa) dalam perjalanannya meninggalkan Sri Lanka dalam sebuah kapal dagang. Fǎxiǎn tidak menceritakan banyak mengenai negara ini dan hanya menyebut bahwa terdapat banyak penganut agama sesat (heretic) dan agama Brahman (Hindu), tetapi sedikit yang beragama Buddha. Fǎxiǎn tinggal di Ya-va-di selama lima bulan sebelum pergi menggunakan kapal dagang lain ke Tiongkok.
  2. Dalam Sòng Shū atau Buku Dinasti Liu Song (420-479), Volume 97, pada tahun 453 raja negara Ja-va-da (Jawa) yang bernama Sri Ba-da-duo-a-la-ba-mo mengirimkan utusan untuk mengirim surat dan beberapa hadiah (upeti). Sayang sekali, tidak diketahui ejaan asli dari nama raja ini, tapi berdasarkan gelar Sri dalam namanya, dapat dipastikan raja ini beragama Hindu-Buddha.
  3. Dalam Liáng Shū atau Buku Dinasti Liang (502-557), Volume 54, terdapat sebuah negara bernama Lang-ga-su (Langyaxiu) atau Lang-ga yang terletak di samudra selatan, panjangnya dari timur ke barat adalah 30 hari dan dari utara ke selatan 20 hari, berjarak dari Guangzhou sebanyak 24.000 li, dan memiliki hasil bumi seperti Siam (Thailand). Yang menarik dari catatan ini adalah terdapatnya tahun berdirinya negara Lang-ga, yang menurut penduduknya didirikan lebih dari 400 tahun yang lalu. Jika dihitung, ini berarti sekitar Abad ke-2 Masehi. Diceritakan pula bahwa ada seorang raja pada zaman dahulu yang tidak disukai rakyatnya. Dia memiliki seorang kerabat yang lebih pandai sehingga rakyatnya berpaling kepadanya. Raja kemudian mengurungnya di penjara, tapi rantainya berhasil putus dengan sendirinya ketika dirantai. Kerabat ini lalu diasingkannya ke India dan menikahi putri tertua di negara itu. Ketika raja wafat, kerabatnya diutus oleh para menteri menjadi raja yang baru. Ia bertakhta selama 20 tahun sebelum digantikan oleh putranya, yang bernama Pa-ga-da-duo. Ada pula seorang utusan bernama A-cha-duo yang dikirm pada 515 ke Tiongkok untuk mempersembahkan surat. Lokasi negara ini diperkirakan berada di pantai utara pulau Jawa pada bagian barat oleh para ahli geografi Tiongkok. Ada juga yang berpendapat bahwa Lang-ga atau Lang-ga-su adalah ejaan Cina untuk Langkasuka yang berada Semenanjung Melayu, bukan Jawa sama sekali.
  4. Dalam Sejarah Lama Dinasti Tang (618-907) dan Sejarah Baru Dinasti Tang (618-907), Volume ke-197 dan Volume ke-222, Jawa dikenal dengan nama Ka-ling atau Java, yang terletak di samudra selatan, di sebelah timur Sumatra dan di sebelah barat Bali. Di sebelah selatannya terdapat lautan dan di sebelah utaranya terdapat Kamboja.
  5. Dalam Sejarah Baru Dinasti Tang (618-907) Volume ke-222, Raja tinggal di kota Ja-pa (atau Java) tetapi pendahulunya Ji-yan tinggal di sebelah timur yang bernama Ba-lu-ga-si. Di sekeliling negara ini terdapat 28 negara kecil yang mengakui kekuasaan Java. Ada 32 menteri tinggi dan Da-zuo-gan-xiong adalah menteri pertama. Dari pegunungan distrik Lang-bi-ya, Raja sering memandangi lautan. Pada masa Zhengguan (627-649) negara ini bersama Dva-ha-lan dan Dva-ba-dan (Bali) mengirimkan utusan untuk membawa upeti. Karena Dva-ha-la memohon sejumlah kuda yang bagus mereka mendapatkannya. Pada 674 penduduk negera ini mengangkat seorang wanita bernama Xi-ma menjadi ratu. Pemerintahannya sangat bagus, bahkan barang-barang yang terjatuh di jalan tidak akan diambil siapa pun. Mendengar hal ini, seorang penguasa bangsa Arab mengirim sebuah tas berisi uang dan meletakkannya di perbatasan negara sang Ratu, yang tergeletak tanpa disentuh selama tiga tahun hingga putra mahkota melangkahinya. Xi-ma menjadi marah dan ingin membunuh putra mahkota, tetapi para menterinya menolak. Xima berkata: "Kesalahanmu terletak di kakimu, karena itu sudah memadai jika kakimu dipotong." Para menteri menolaknya dan akhirnya Xi-ma memotong ibu jari kaki sang pangeran. Ketika pangeran Da-zi (Arab) mendengar ini, dia menjadi takut dan tidak berani menyerang Ratu Xi-ma.
  6. Ada pula kesaksian bhikṣu Tiongkok Jiying: pada 664 seorang bhikṣu bernama Huìníng tiba di Heling dan tinggal di sana selama tiga tahun. Selama ia tinggal, dengan bantuan Jnanabhadra, seorang bhikṣu Heling, ia menerjemahkan berbagai naskah suci Buddha Hinayana.
Nama raja Jawa paling awal dalam catatan Tiongkok adalah Sri Ba-da-duo-a-la-ba-mo, bertakhta pada 453 Masehi, yang tidak diketahui ejaan asli namanya. Karena lokasi sesungguhnya Lang-ga-su atau Lang-ga masih diperdebatkan, apakah ada sumber lain yang menyatakan tanggal berdirinya Jawa? Ada.
Dalam buku Sejarah Dinasti Ming atau Ming Shilu (1384-1648), dikatakan pada saat Jawa mengirimkan upeti pada 1432, mereka juga menyampaikan sepucuk surat. Di dalamnya dinyatakan bahwa negara mereka didirikan 1376 tahun sebelumnya atau tahun pertama tarikh Yuankang pada masa Kaisar Xuandi dari dinasti Han (65 SM). Terdapat perbedaan dalam perhitungan orang Tiongkok. Jika surat ini ditulis pada 1432, sedangkan Jawa didirikan 1376 tahun yang lalu, tahun yang didapatkan seharusnya adalah 56 Masehi. W.P. Groeneveldt mengatakan bahwa mungkin terjadi kesalahan tulis jumlah tahun 1492 menjadi 1376 tahun. Jika demikian, perhitungan orang Tiongkok benar adanya.
Berita ini memberi tahu kita bahwa orang-orang Jawa mempercayai negara mereka didirikan pada Abad ke-1 dengan angka yang spesifik. Namun, apakah tanggal ini benar-benar nyata atau telah dicampur dengan kepercayaan setempat? Tidak ada yang dapat mengetahui secara pasti tanpa adanya bukti arkeologi sebagai sumber primer. Setidaknya melalui catatan-catatan ini, kita dapat mengetahui bahwa kerajaan di pulau Jawa bagian Tengah dan Timur telah ada sejak Abad ke-5 Masehi, jauh sebelum masa Sañjaya bertakhta maupun tanggal dikeluarkannya Prasasti Canggal.

Catatan:
submitted by MiserablePrince to u/MiserablePrince [link] [comments]


2023.12.01 12:14 TruthversusSlander Personal experience happen just now which makes me think negara kita semakin teruk sekarang.

Aku tengah berjalan, nampak awan mendung so in my mind "ya! nampaknya nak hujan'. Sedang aku asyik ambil foto langit yang mendung, tiba-tiba terdengar suara wanita menjerit dgn kuat dan kata "TAK NAK". Lepas tu nampak sorang perempuan yg aku syak dia PENGKID atau lesbo dan wanita yg menjerit tu kelihatan macam girlfriendnya. Girlfriendnya terlihat ciri-ciri kewanitaan sikit, pakai baju ada cutting kat pinggang, girlie-like, rambut color mcm blonde sedikit warna hitam. Pengkid tu memujuk/mengajak gfnya "< insert nama gf> Marilah" sebanyak dua kali. Aku pula sibuk rakam langit. Pastu tetiba si pengkid tu berjalan ke arah aku.. whoaaa.. eksyen dia... bukan main eksyen... dahlah perempuan.
Dia tanya aku "apa kau rakam?", "Apa yang kau rakam?" Kononnya nak tunjuk pengkid hero depan gf nya lah tu. Pastu aku reply kuat "Kau apehal?" Pengkid tu ulang lagi "Apa yg kau rakam?" . Tunjuk berani depan gf dia lah tu dengan mencabar aku seorang lelaki. Aku kata kat dia "Kau yg datang kat aku. Aku tak pergi kat kau".
Aku nak kata mencabar kelelakian aku tapi pengkid tu perempuan. Aku kata "WHAT THE HELL IS WRONG WITH PEOPLE?" kuat-kuat. "Ikut suka hati akulah aku ambik gambar apa?"
Karakter traits pengkid sama je. Rambut pendek, muka tetap perempuan walaupun kulit sawo matang, pakai sweater merah gelap lengan panjang dan seluar jeans warna biru kotor (dirty light blue) yg lusuh.
Lepas tu aku cakap kuat-kuat tunjuk garang depan muka dia dan pengkid tu hanya reply "yaa.. yaa.. yaa..."
"ya.. ya..."
Pastu tahu pulak pengkid tu ajak girlfriendnya pergi dari situ.
submitted by TruthversusSlander to NegarakuMalaysia [link] [comments]


2023.11.23 03:16 zenonidenoni Kalau nak makan kepala gajah pun saya sediakan, kata Datuk miang

Kalau nak makan kepala gajah pun saya sediakan, kata Datuk miang
Ketua Pengarah sebuah agensi keselamatan bergelar Datuk yang dikaitkan dengan kes gangguan seksual terhadap seorang wanita sejak awal November lalu didakwa turut menggunakan 'umpan kemewahan' sebagai modal untuk memikat mangsa.
Sumber berkata, suspek berusia 50-an mendakwa mempunyai terlalu banyak wang ketika mangsa bertemunya buat kali pertama di pejabat suspek di Putrajaya, 17 November tahun lalu.
Malah menurutnya, suspek pernah menawarkan duit imbuhan dan bekalan projek kepada mangsa wanita berusia 39 tahun itu.
"Bagaimanapun suspek tidak mengendahkan amaran dengan menghantar gambar dan video lucah melalui WhatsApp secara berterusan kepada mangsa bermula Ogos lalu.
"Tindakan suspek melakukan gangguan seksual menyebabkan mangsa mengalami kemurungan dan tekanan emosi, sekaligus memberi kesan kepada kariernya," katanya.
submitted by zenonidenoni to malaysia [link] [comments]


2023.11.09 12:44 Ferret_False Need recommendations where the ML is known to be poor but actually rich like this

Need recommendations where the ML is known to be poor but actually rich like this submitted by Ferret_False to OtomeIsekai [link] [comments]


2023.10.11 13:02 DigitalChildish Perjalanan Hidup Seorang Gamer - Part 02

Perjalanan Hidup Seorang Gamer - Part 02
Ok, terimakasih sudah mengikuti perjalan kisah hidupku. Postingan ini merupakan lanjutan dari "Perjalan Hidup Seorang Gamer - Part 01" Masih perkenalan-perkenalan, Drama nya nanti pas di Masa Kuliah yah.

Episode 10: Remaja

Masa-masa SMP adalah periode perubahan drastis dalam hidup saya dan mungkin Episode ini saya Rating 16++ bagi yang belum cukup umur skip saja haha. Di sini, saya mulai mengenal tubuh wanita. Maaf jika terdengar sedikit kurang sopan, tetapi itulah yang terjadi. Saat istirahat di sekolah, teman-teman dan saya sering pergi ke belakang perpustakaan, tempat rahasia para siswa berkumpul. Di sini adalah perbatasan dengan Sekolah Putri SMK. Kami kadang-kadang mencoba mengintip ke kelas putri melalui jendela. Kadang, kami melihat siswi-siswi berganti pakaian olahraga, meskipun tidak terlihat jelas karena terhalang oleh debu di kaca. Kami sering kali ketahuan dan mereka akan berteriak, "Hei, ngapain kalian, dasar bocah gendeng!" Sambil menggebrak kaca atau meja. Mereka selalu tahu bahwa kami seringkali mengintip mereka. Tapi kami hanya lari dan tertawa-tawa.

https://preview.redd.it/44pnee4n1ktb1.jpg?width=492&format=pjpg&auto=webp&s=0e709433f38140ea88a95c43c05cd6f757a3c7ac
Di tempat ini, saya juga diperkenalkan kepada anatomi wanita secara lebih lengkap dan gamblang. Seorang teman membawa sebuah buku dewasa dengan gambar-gambar sensual di dalamnya. Saya merasa campur aduk antara takut, kaget, berkeringat, dan penasaran. Itulah pertama kalinya saya memahami tentang wanita melalui gambar-gambar tersebut. Dulu, dalam pikiran saya, tubuh wanita terlihat mulus tanpa ada yang namanya bulu di ketiak atau bulu kemaluan (jembut). Dan yang saya tahu tentang hubungan badan adalah bahwa seorang pria dan wanita hanya bersentuhan tubuh, lalu munculah kehamilan. Ya dulu saya masih polos.
Saya ingat betul, kehilangan keperjakaan saya terjadi dalam sebuah momen yang cukup tidak terduga (Hmm bisakah ini disebut kehilangan keperjakaan?), Ceritanya yaitu saat saya sedang menghapal pelajaran agama. Untuk membantu saya ingat apa yang sedang saya pelajari, saya sering kali berbaring dan menegangkan tubuh saya. Suatu waktu, tanpa sengaja, tangan saya bergerak ke area 'si Robert'. Saya mulai menggosok-gosoknya dengan secara tidak sadar saat saya terus menghapal pelajaran. Lama kelamaan, sensasi yang aneh tapi menyenangkan muncul, dan tiba-tiba, semuanya terasa sangat nikmat. Saya bingung ketika mengetahui celana saya sudah basah. Tanpa saya sadari, ya cairan putih sudah keluar. Sungguh ironisnya, ini terjadi ketika saya sedang menghapal pelajaran agama. Saya jadi bertanya-tanya apakah ini mungkin adalah jalan Tuhan yang diberkati untuk saya. xD. Pada saat itu, saya juga mulai mengalami jerawat dan mulai tertarik pada lawan jenis.
Di masa ini, saya juga pertama kali terlibat dalam pertarungan satu lawan satu, perkelahian bahkan hampir tauran. Lucunya, saya sering berkomentar tentang anak-anak SMP yang terlihat sibuk pacaran atau tauran dalam berita pada saat ini, padahal sebenarnya saya juga pernah mengalami hal serupa. Haha! Ini adalah masa di mana saya pertama kali tahu tentang hal-hal berbau negatif di dunia. Tapi untungnya Merokok belum menjadi kebiasaan saya saat itu.
Saya sering bolos sekolah, terutama untuk bermain game, seperti main dingdong atau menyewa Playstation, yang sedang populer saat itu adalah Winning Eleven dan Resident Evil. Mama sering dipanggil oleh guru BP karena saya sering bolos. Akhirnya, mama memberikan ultimatum, mengancam akan melaporkan ke bapak jika saya masih sering bolos. Dan dengan demikian, saya kembali menjadi rajin di sekolah sementara. Ada beberapa mata pelajaran di mana nilai saya turun, dan saya merasa ada yang kurang dalam hidup saya. Saya merasa kehilangan sosok ayah di rumah.
Bapak pulang hanya dua minggu sekali dan hanya sebentar. Yang saya tunggu darinya hanyalah cemilan oleh-oleh ketika beliau pulang. Uniknya bapak selalu membeli jumlah cemilan sesuai dengan jumlah anak-anaknya. Misalnya, jika dia membeli ciki, dia akan membelinya sebanyak lima. Eskrim, lima. Coklat, juga lima. Semua makanan ringan itu selalu dihitung dan dibagikan secara adil kepada setiap anak. Namun, saat tiba di rumah, biasanya terjadi kekacauan saat kami semua berebutan untuk mengambil satu-satu. Itulah yang terjadi ketika memiliki banyak anak di rumah, selalu ada saja yang diributkan. Yah hanya sekedar itu, saya pun terlalu takut untuk bertanya atau ngobrol dengannya. Saya tidak memiliki patokan pria yang bisa saya jadikan panutan. Kemana si AA? Sama, kita merasakan hal yang sama ketika itu.

https://preview.redd.it/j2llhjiq1ktb1.jpg?width=986&format=pjpg&auto=webp&s=5a045605584817b149d8e0b53fcdab08f4e96421
Hari-hari di sekolah berjalan seperti biasa. Pada masa itu, saya masih merasa agak grogi dan cemas ketika harus berbicara dengan wanita, terutama jika wanita tersebut cantik. Dan tahukah kamu, bahkan disekolah ini salah satu teman saya seorang cewek menghadapi situasi yang cukup sulit. Dia seringkali dijauhi dan bahkan secara tidak langsung dibully oleh teman-teman cewek lainnya. Saya bisa melihatnya dengan jelas. Salah dia apa? Ya karena Cantik, dan tentu saja, setiap cewek di kelas terlihat iri padanya. Bullying ini terjadi secara tidak langsung, melalui sikap dan perlakuan yang membuatnya merasa terasing. Hai kamu cewek-cewek diluaran sana, pengen nanya nih. Apakah benar cewek sesama cewek suka seperti itu?
Setelah beberapa waktu, saya kembali bolos sekolah. Yah dunia game terus memanggilku. Selain itu saya juga sering naik kereta api tanpa membayar keliling kota mecari tempat-tempat game yang asik. Akhirnya Mama mengadukan hal ini kepada bapak, dan malam itu saya dipanggil untuk bicara. Bapak berkata, “Apa yang kamu mau?” dan saya sudah tahu dia akan marah. "Bolos sekolah? Ngapain, kamu merokok!? Silahkan! Kamu berantem, silahkan! Kamu nakal, silahkan! Main game? Boleh! Kamu mau kursus apapun, silahkan! Bapak mumpung masih bisa biayain semuanya! Asal satu, jangan bolos sekolah."Namun, dia memberikan pemahaman yang berbeda. Dia mengizinkan banyak hal, termasuk bermain game, selama saya tidak bolos sekolah. Kata-kata tersebut memotivasi saya untuk kembali berfokus pada pendidikan. Saya menyadari bahwa bermain game masih bisa dilakukan tanpa harus bolos sekolah.
Akhirnya, masa SMP pun berakhir, dan saya siap memasuki babak baru di SMA. Teman-teman baru, lingkungan baru, pengalaman baru, tetapi wajah saya tetap sama. xD.

Episode 11: New Hobby

Hari pertama masuk SMA, wajah saya penuh dengan jerawat. Saya merasa marah, kesal, dan frustrasi, tapi tidak tahu kepada siapa saya harus melampiaskan perasaan ini. Anehnya, saya teringat teman saya di SMP yang pernah memberi saran saat pertama kali muncul komedo di wajah saya. Dia berkata, "Bro, lu punya komedo? Biar gak keliatan, tinggal pakai ini aja. Nanti setelah makan gorengan, pasti ada minyak bekasnya di tangan. Nah, lu olesin aja ke komedo, biar muka lu kinclong lagi." Mungkin karena saya belum tahu banyak atau mungkin saya bego, saya mengikuti saran teman tersebut. Beberapa hari kemudian, jerawat-jerawat pun bermunculan di wajah saya. Sungguh, keputusan yang ndableg. (Sigh)

https://preview.redd.it/ccqa19lni5vb1.jpg?width=1024&format=pjpg&auto=webp&s=a9fc4bb87eb6d43898688df9a189cff2de6b523f
Masuklah ospek di SMA, suasana sangat berbeda dibandingkan dengan SMP. Saya merasa bahwa para siswi di sini sangat berbeda dan wangi-wangi. Teman-teman cowok juga terlihat lebih keren dan dewasa. Beberapa siswi di kelas saya saat itu sangat cantik. Kelas kami sangat kompak, baik dalam pelajaran maupun pertemanan. Kami dijuluki "Si Kelas 7" itu yang diingat oleh para guru disekolah. Guru-guru selalu mengingat nama kelas kami dan senang mengajar disini karena kami selalu aktif bertanya dalam kelas, sangat bersemangat dan juga paling sering berpartisipasi. Sebenernya Kami memiliki sebuah rahasia yaitu sering berbagi jawaban PR dan saling membantu saat ujian hehe.
Pada masa ini, saya diperkenalkan dengan genre musik pop rock oleh teman-teman sekolah dan teman-teman di rumah. Mulai dari Greenday, Blink-182, Rancid, Cranberries, bahkan Weezer dan Sixpence None the Richer, saya mulai menyukai beragam jenis musik. Saya sangat ingin mengenal dunia musik lebih dalam. Saya meminta kepada orang tua untuk membelikan saya gitar, dan mereka mengabulkannya. Saya senang sekali dengan gitar itu, meskipun sayangnya suaranya agak cempreng, seperti suara saya yang juga cempreng (iya, suara asli saya memang cempreng). Tapi saya tetap bersemangat untuk berlatih bermain gitar. Saya bahkan membuat drum dari kaleng bekas agar bisa berlatih main drum. Setiap malam, ketika saya menginap di rumah teman, saya selalu berlatih bermain musik. *7*

https://preview.redd.it/o9otoxsfj5vb1.jpg?width=1024&format=pjpg&auto=webp&s=3c30197b457e67e5fe79bc239ea1632c8207923a
SMA penuh dengan kenangan indah, tapi saya masih suka bermain game dan dingdong. Teman-teman di kelas dan di rumah tahu akan hobi saya itu. Ketertarikan saya terhadap lawan jenis sedikit bertambah, dan jerawat di wajah saya sudah tidak terkendali. Saya merasa kurang pede dan sering minder. Namun, jerawat bukanlah halangan untuk mencoba dan berani lho.
Ada seorang teman perempuan di kelas yang sering berpindah ke kursi di sebelah saya ketika bosan atau lelah duduk di depan. Namanya SENI. Dia memiliki pesona yang menarik, dan para cowok suka melihatnya dengan penuh rasa kagum ketika dia berjalan di depan kelas. Di masa itu, saya hanya bisa duduk dengan perasaan gugup ketika dia berada di dekat saya. Dia sering bertanya berbagai hal, seperti, "Males gw di depan, gw duduk sini yah," "Bangunin gw klo udah ada guru yah," "parfum gw baru nih cium deh, wangi gak?" atau "eh, makeup aku ketebelan gak sih?" Saya hanya bisa menjawab dengan ragu-ragu, Enggak & Tidak sambil tetap gugup dan salah tingkah (Oh Tuhan Sekarang saya lebih percaya diri dalam berbicara, sayangnya waktu itu saya tidak berani melanjutkan banyak pembicaraan dengan dia, entah bagaimana jika saya lebih berani ketika itu).
Di masa ini, saya mulai mengenal rokok dan sering merokok secara diam-diam di atas genteng rumah. Saya sering mengambil beberapa batang rokok milik bapak yang ditaruh di meja. Saya berpikir bapak tidak akan tahu atau mendengarnya, tapi sayangnya, beliau mengetahuinya. "Eh, rokok bapak kok ilang lagi sih? Hayo siapa? Kamu udah mulai merokok ya, Fan?" kata bapak sambil tertawa. Ups, ketahuan! Akhirnya bapak selalu memberi saya uang lebih saat beliau berada di rumah ketika saya ingin pergi bersama teman-teman. Saya sering pulang malam dan bahkan menginap di rumah teman. Mama sering mengingatkan, "Kamu tidak menggunakan narkoba, kan? Hati-hati jangan sampai tergoda untuk merokok yang teman-teman tawarkan. Lebih baik beli sendiri." Saya menjawab iya-iya untuk menghilangkan kekhawatiran mama, meskipun sebenarnya di rumah teman saya hanya berkumpul dan berbincang saja. Oh iya, salah satu teman saya mahir dalam mencukur rambut, jadi saya sering pergi ke rumahnya dan mendapatkan cukuran gratis, haha.
Selama liburan sekolah, saya sering menyewa PS1 karena saya belum memiliki konsol tersebut. Bahkan, saya membeli banyak CD game PS1 meskipun belum memiliki PlayStation. Tumpukan CD game itu sudah cukup banyak beberapa kardus. Teman-teman saya heran, "Kenapa kamu punya begitu banyak CD game PS1, tapi tidak punya konsolnya? Buat apa?" Saya menjawab, "Itu koleksi, bro." Ya, hobi bermain game saya belum berkurang sedikit pun.

https://preview.redd.it/0dm11vrlj5vb1.png?width=500&format=png&auto=webp&s=78638c231dd0b4f8a103aeb936734576a24a51d3
Singkat cerita, masa SMA pun berakhir. Kami semua lulus, meskipun ada beberapa mata pelajaran yang nilainya di bawah 3 (Waktu itu belum ada peraturan batasan minimal angka untuk kelulusan). Meskipun ada mata pelajaran yang nilai nya jelek, kami semua merasa aman. Semua lulus dengan bahagia. Ada banyak kisah seru selama masa SMA yang tidak saya ceritakan di sini, tapi secara singkat akhirnya teman-teman kami berpisah dan melanjutkan kehidupan masing-masing, ada yang kuliah, bekerja, keluar negeri, dan bahkan ada yang langsung menikah. Semua orang memiliki jalannya sendiri-sendiri. Saya pun memasuki masa kuliah dan disinilah puncaknya drama, yang sudah retak makin retak.

Bersambung...

Support Penulis, Untuk beli susu anak gan. Disini atau Disini. Terimakasih
Saya butuh bantuan teman-teman semua jika berkenan:
Mohon maaf sebelumnya, saat ini saya dalam situasi kesulitan finansial. Jika anda atau ada teman sanak saudara yang membutuhkan jasa service, Translate, Transkrip Audio/Video atau butuh membuat Subtitle untuk sebuah video, podcast, wawancara dll. Silahkan kontak saya langsung. Mohon infokan kepada teman-teman anda jika berkenan, terimakasih.
--------------------
Side Effect
- Andy (Misteri Horror)
- Kemelekatan (Inspirasi)
- Anto: Secangkir Kopi (Misteri)


submitted by DigitalChildish to indonesia [link] [comments]


2023.10.09 17:00 DigitalChildish Perjalan Hidup Seorang Gamer

Perjalan Hidup Seorang Gamer
Perkenalkan, namaku Irfan. Usiaku diakhir tigapuluhan mendekati empatpuluh tahun, Saya menikah dan mempunyai seorang putri yang cantik berumur 4 tahun. Dikehidupanku sejauh ini tak pernah mencapai kepemilikan rumah, mobil, motor, bahkan sepeda. Saat ini, saya berada dalam situasi tanpa pekerjaan tetap, dan saya sangat membutuhkan bantuan kalian. Namun, sebelum itu izinkan saya berbagi kisah hidup, semoga ceritaku memberikan penjelasan, inspirasi atau pelajaran hidup kepada banyak orang. Oh iya sebelum mulai, sedikit penjelasan ceritanya akan maju mudur dan pada angka-angka *1*,*2*,*3\*,dll dalam cerita merupakan titik point penting yang seharusnya saya fokuskan dalam hidup. Akan saya jelaskan di akhir cerita. Terimakasih.
Aku adalah anak keempat dari lima bersaudara. Di masa lalu dinegaraku, orang sering mengatakan, "banyak anak, banyak rejeki." Jika diartikan bahwa rejeki itu adalah materi, Tidak salah memang jika semua anak nya sukses, bagaimana jika tidak?
Dan Ini adalah kisah hidupku.

https://preview.redd.it/1j51llpgv6tb1.jpg?width=1024&format=pjpg&auto=webp&s=9b2f04b585c00579817aaa1353b5594770b4c505
Kami hidup dalam keluarga sederhana, bapak ku adalah seorang pegawai swasta di sebuah perusahaan asuransi dan ibuku merupakah ibu rumah tangga yang berhenti bekerja ketika menikah. Waktu kecilku penuh dengan energi yang meluap-luap, dari keisengan mengambil camilan dari warung tetangga lalu lari tanpa membayar, hingga pulang larut malam saat masih SD. Aku bahkan pernah mengambil celengan uang kakakku untuk jajan dan bahkan membakar sofa di teras rumah. Tapi, jangan ditiru ya, waktu itu aku masih sangat polos.
Meski begitu, aku adalah anak yang rajin. Aku sering membantu ibuku membersihkan rumah dan mencuci piring tanpa diminta. Aku juga mulai menunjukkan minatku dalam memperbaiki dan memodifikasi mainan elektronik agar terlihat lebih keren *1\* (Aku tertarik pada elektronik ketika pamanku berkunjung dan meperbaiki mobil-mobilanku yang rusak, dari situ aku baru tahu bahwa alat elektronik bisa diperbaiki dan tidak dibuang), yang membuat ibuku bangga padaku. Di sekolah, aku cukup cerdas dan pernah menduduki peringkat 1-3. Aku bahkan pernah mengikuti kompetisi cerdas cermat disekolah. Hanya dalam olahraga, aku selalu kesulitan karena tubuhku yang agak lemah. Aku selalu merasa pusing dan mual saat berolahraga. Guru-guruku sudah mengetahui kondisiku. Pelajaran favorit ku adalah matematika saat itu, ya betul matematika lho. Tapi saat itu.. sekarang? Sudahlah jangan ditanya, udah lupa berhitung saya, ada kalkulator bro.
Sekarang, izinkan aku bercerita tentang titik krusial dalam hidupku, pertemuan pertamaku dengan sesuatu yang disebut "Game" yang akan mengubah segalanya..

Episode 01: Pacarku ‘Dingdong’

Hari itu adalah hari Minggu yang tak terlupakan. Aku masih jelas mengingat saat itu, bapakku mengajakku naik motor Vespa-nya untuk pergi ke tukang cukur. Setelah cukuran selesai, giliran bapak yang harus dipangkas. Aku mulai merasa bosan dan memutuskan untuk keluar sebentar. Saat berjalan, aku melihat kerumunan orang yang sangat ramai, penasaran, aku mendekat.
Saat aku mendekati, aku melihat sejumlah besar layar berwarna-warni dengan gambar-gambar bergerak yang dikendalikan oleh orang-orang di sekitarnya. Aku bertanya-tanya, apa yang sedang terjadi di sana? Tiba-tiba, seseorang memasukkan koin ke dalam mesin, dan permainan dimulai. Ada yang berteriak, ada yang tertawa, bahkan ada yang terlihat marah. Aku tak bisa mengerti apa yang terjadi, tapi rasanya sangat seru dan penuh gairah. Ya, permainan ini disebut DINGDONG.

https://preview.redd.it/kx3ygys6w6tb1.jpg?width=1500&format=pjpg&auto=webp&s=21ce3d44f122fbb76fd172c14dfc7ac5b90e20b7
Tanpa berpikir panjang, aku berlari kembali ke tempat bapak dan memohon padanya untuk memberiku beberapa koin. Dengan senang hati, aku kembali ke mesin dingdong itu. Aku pun mencoba permainan itu, dan rasanya luar biasa! Itu adalah pengalaman pertamaku bermain game di mesin dingdong, dan aku tahu bahwa ini adalah awal dari sesuatu yang istimewa.
Hari-hari di tukang cukur menjadi saat yang selalu kutunggu-tunggu. Alasannya sederhana: itu adalah kesempatan bagiku untuk bertemu lagi dengan si 'game' ini. Bahkan ketika kami pergi berbelanja di daerah sana, aku selalu lari ke tempat dingdong itu. Walaupun aku hanya seorang anak SD ketika pertama kali bertemu dengan 'game' ini (ya, aku masih kecil), aku akhirnya tahu cara menuju ke sana sendiri.
Kadang, jika aku memiliki sedikit uang ekstra setelah pulang sekolah, aku akan mampir ke sana. Rasanya seperti pacaran, karena aku selalu bertemu dengan si 'game' ini. Pernah suatu hari, ketika aku mendapatkan uang tabungan sekolahku, aku langsung pergi ke sana setelah sekolah dan bermain sampai malam. Hingga akhirnya pulang kerumah, Mama sangat marah menungguku di pintu depan. "Kemana kamu malam-malam baru pulang? Mama cari kamu di sekolah, Kakak cari ke teman-teman kamu tidak ada. Mama sangat khawatir!" katanya.
Aku menjawab, "Aku pergi ke tempat dingdong, mama." Mama bertanya “Main Dingdong?! Sampai malam gini? dari mana uang nya?!” Aku mengaku bahwa uang itu berasal dari tabungan sekolah yang telah dibagikan. Aku hanya menyisakan sedikit dan kuberikan pada mama. Mama hanya menghela nafas dan memelukku erat. "Apakah kamu sudah makan?" tanyanya. Aku menjawab belum, dan dia mengatakan, "Ayo, segera mandi, dan kemudian kita makan malam." Dalam hatiku, aku tahu bahwa mama tidak begitu marah padaku. Dia hanya panik dan sangat mencintai anaknya.
Setelah mandi, aku menemukan bahwa bapak telah pulang kerja. Dia berdiri tegap dan menatapku. Aku terkejut dan ketakutan. Aku berpikir, "Wah, pasti bapak sangat marah padaku sekarang." Namun, akhirnya, bapak hanya berkata, "Hei, kemana kamu pergi? Haha, luar biasa, anak SD yang baru pulang malam. Lihat mama, dia sangat khawatir." Aku kaget karena bapak tidak marah. Dia memberiku banyak nasihat pada malam itu. Singkat cerita karena kebebalanku, keluargaku sekarang tahu bahwa jika aku pulang terlambat, aku pasti ada di tempat dingdong itu, dan mereka selalu datang menjemputku.

Episode 02: Nintendo

Suatu hari, keluargaku pergi ke sebuah supermarket bernama HERO. Ketika kami berada di sana, mataku tertuju pada sebuah mesin kecil yang terpajang di bagian penjualan mainan. Mesin itu berbentuk kotak, dengan sesuatu yang menancap di atasnya (yang akhirnya aku tahu itu adalah kaset game), dan ada kabel yang menjulur keluar. Di ujung kabel, ada kotak kecil yang tipis dengan tombol kontrol (stick). Kabel itu terhubung ke televisi 14 inci, di mana ada gambar karakter yang unik dan lucu, yaitu Mario Bros. Itu adalah pertama kalinya aku melihat sebuah konsol game yang bernama Nintendo. Aku mulai berpikir, "Wow, jika aku punya ini, aku tidak perlu lagi pergi ke tempat dingdong. Aku bisa bermain sepuasnya di rumah tanpa perlu koin." Aku meminta kepada orang tuaku, tetapi mereka mengingatkan bahwa masih banyak kebutuhan dan prioritas keluarga yang harus dipenuhi selain dari mesin Nintendo ini.

https://preview.redd.it/8r1571tnw6tb1.jpg?width=1024&format=pjpg&auto=webp&s=87f4274c19bf65c6f9686f2e70ff8bd6b2257e78
Setiap kali kami berbelanja di HERO, aku selalu berlari dan berhenti sejenak untuk melihat benda kecil yang menakjubkan ini bersama kakak pertamaku. Izinkan aku memperkenalkannya, dia adalah kakakku yang pertama dan saya panggil AA sifatnya agak eksentrik dan sering terlihat aneh. Dia sebenarnya pendiam dan juga bisa galak terkadang, tapi kami cukup dekat ketika kami masih kecil. Dia sering mengajakku bermain di lapangan besar belakang rumah kami, seperti bermain layangan dan mencoba kegiatan ekstrem seperti menjelajah jalan di bukit yang tinggi dan curam, berenang di sungai, dan bahkan suatu kali ketika kami menemukan beberapa orang sedang membersihkan saluran air di bawah jembatan, kami berdua memutuskan untuk "bersedekah" dengan membuang tai kami di sana. Aneh dan kocak, kan? Haha. (Jika Diingat-ingat Bahkan ketika SMP aku pernah menemukan koleksi foto-foto cewe sexy di koper belakang ketika sedang beres-beres. Dan itu ternyata milik kakak pertamaku dia ngamuk dan marah besar sampai memukul kepalaku ketika itu, ya aku nangis mengadu pada mama haha)
Meskipun kadang-kadang dia bisa sangat aneh dan kami sering meributkan hal kecil, dia tetaplah kakak pertamaku yang terbaik. Dia selalu membelaku, bahkan pada suatu hari ketika aku diledek oleh anak-anak dari kampung sebelah. Kakakku datang dan membela aku. Dia juga mencariku ketika aku tak pulang ke rumah pada sore hari karena aku duduk menangis saat layanganku robek oleh anak nakal lain.
Terlepas dari semua keanehan dan insiden lucu yang kami alami, dia tetaplah kakak yang sangat berarti bagi hidupku.
Oh, aku lupa menceritakan tentang orang tua kami. Mama adalah sosok ibu yang luar biasa, mungkin yang terbaik sepanjang masa. Beliau selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk kami, anak-anaknya. Mama adalah sosok yang penuh kreativitas. Masa muda mama selalu penuh petualangan, bepergian ke berbagai tempat, mengikuti seminar di kota ini, belajar di kota itu. Mama adalah tipe yang sangat ekstrovert, suka berbicara banyak, dan selalu membanggakan silsilah keluarga "darah biru"nya (setidaknya itu yang dikatakannya). Mama tak pernah berhenti bekerja, hingga suatu hari, di tempat kerjanya, dia bertemu dengan seorang pria muda. Ya, pria itu adalah bapakku sekarang. Saat itu, dia adalah anak buah mama. Seiring berjalannya waktu, mereka menjalin kasih dan akhirnya menikah. Mama berhenti bekerja saat hamil, dan posisinya di kantor digantikan oleh bapak. Mama mengandung anak pertama (yang sayangnya tidak berhasil bertahan di dunia ini, entah karena keguguran atau meninggal saat lahir, aku lupa). Kalau dihitung-hitung, jumlah anak mama jika masih hidup bisa mencapai 7 orang, tapi yang dua di antaranya meninggal. Semoga mereka menjadi bekal di akhirat, seperti yang dikatakan orang bahwa memiliki anak yang meninggal saat baru lahir adalah jaminan surga bagi ibunya. Karena si anak menunggu mamanya di surga kelak. Aamiin.
Dulu, keuangan keluarga kami cukup baik. Bahkan kami mampu menyekolahkan adik-adik bapak hingga mereka lulus dan berhasil. Keluarga bapak sering menginap dan meminta bantuan kepada keluarga kami saat itu. *2\* Mama pernah menjalankan bisnis konveksi kain dan baju, dan bahkan mencoba berjualan ikan asin, Kue-kue, Kerupuk buatan sendiri dengan menawarkannya kepada tetangga-tetangga. Mama benar-benar akrab dengan para tetangga dan sering menjadi biang tukang gosip di lingkungan kami, seperti halnya ibu-ibu pada umumnya.
Bapak adalah sosok yang baik, perhatian, dan sangat menyayangi anak-anaknya. Namun, beliau jarang bicara panjang lebar. Dan nanti Bapak melakukan kesalahan besar yang sangat-sangat fatal.
Ketika aku berada di depan konsol Nintendo di HERO, tiba-tiba bapak dan mama mendekatiku. Mereka bertanya, "Kamu ingin ini? Ranking 1 dahulu, nanti akan kami belikan untukmu." Rasanya seperti dunia berubah menjadi indah, hanya ada aku bersama konsol Nintendo ini, tidak ada yang lain. Aku bertekad dalam hati, "Nintendo, kita akan bersama suatu hari nanti. Aku akan menunggumu." Itu adalah secercah harapan bagiku untuk memiliki konsol game tersebut.

Episode 03: GIMBOT

Hari, bulan, dan tahun pun berlalu. Rankingku di kelas hanya berkisar antara 2 hingga 5, belum pernah mencapai ranking 1. Namun, suatu hari, bapak mengajakku ke sebuah toko jam. Kami naik Vespa, dan aku berdiri di depannya. Bapak selalu melindungi bagian dadaku dengan satu tangan, sambil berkata, "Kamu jangan sampai masuk angin, ya. Bapak akan menjagamu." Kami melaju pelan sambil menikmati angin sore, dan aku melihat pemandangan yang masih sangat hijau dan asri saat itu. Itu adalah momen yang masih aku ingat hingga sekarang.

https://preview.redd.it/7jn6rwgpx6tb1.png?width=320&format=png&auto=webp&s=ccb567f85ba7c36ba112fb0e3627dc3e84868ae5
Akhirnya, kami sampai di toko jam, dan bapak mulai bertanya-tanya kepada penjualnya. Aku melihat ada sesuatu yang menarik di laci berkaca di depan toko itu. Apa itu? Sebuah kotak kecil hitam dengan layar di dalamnya. Ya, itulah yang disebut Game Watch, atau yang kami sebut Gimbot. Di sekolah, aku sering bermain dengan perangkat ini. Ada abang-abang yang menyewakan berbagai versi Gimbot, ada yang seperti teropong dengan gambar animasi, ada yang bertema koboi, ada permainan ular, ada bola, ada mobil, ada motor, dan masih banyak lagi. Kami cukup membayar 25 atau 50 perak, aku lupa pastinya, dan bisa bermain beberapa menit saja. Abang-abangnya sering mengingatkan, "Sudah, waktu habis, ayo selesai." Terkadang, aku memohon, "Boleh bonus, bang? Kan aku sering main." Karena abangnya mengenal aku, dia sering memberiku bonus bermain lebih lama. Kembali Ketika aku melihat Gimbot dilaci berkaca tersebut dengan mata berbinar, aku tahu itu adalah versi Tetris dengan banyak mode permainan di dalamnya.
Ketika kami pulang, bapak menyodorkan sebuah plastik hitam ke padaku. Didalam plastik itu ternyata ada Gimbot tersebut. Aku terkejut. Wah, dengan senang hati, aku menerimanya. Bapak telah membelikan konsol ini untukku! Aku merasa sangat senang, bahkan ketika kami akan naik motor, aku tak henti-hentinya bermain dengan tombol Gimbot ini. "Eh, sudah, nanti mainnya di rumah!" kata bapak. Aku hanya tertawa senang. Hari itu sangat indah bagiku.

Episode 04: Pentas

Kehidupanku di SD sangat menarik, dan aku sangat mengingat semua hal-hal baru yang terjadi dengan sangat jelas. Pada kelas 4 SD, aku dan temanku yang duduk di sebelahku begitu populer di kelas, meskipun entah kenapa. Sangat jelas dan teringat, nama temanku yang duduk di sebelahku adalah Niar, dia adalah seorang cowok. Meskipun dia sedikit pendiam, namun pandangan teman-temannya selalu menganggapnya keren dan menarik, bahkan menurutku dia terlihat seperti orang yang sangat kaya. Aku bahkan pernah diajak ke rumahnya.
Di rumahnya, aku disuguhi dengan roti yang begitu enak, itu adalah pertama kalinya aku mencicipi sesuatu yang begitu lezat. Ibunya sepertinya sangat memanjakannya, dan dia hanya memiliki seorang kakak. Ada berbagai camilan lain seperti kue dan permen. Aku sangat lahap saat makan roti tersebut, sementara Niar hanya memandanginya di piringnya tanpa menyentuhnya. Namun, di rumahku, makanan atau minuman tidak pernah tersisa. Dalam keluarga kami yang memiliki banyak anak, camilan selalu menjadi rebutan, dan kami sering berdebat bahkan tentang wadah makanan atau gelas minuman. Kami bahkan sampai menggunakan gelas yang sama setiap kalinya secara otomatis meskipun tidak ada nama-nama pemiliknya.
Oh, iya, saat itu kami masih berempat bersaudara, adikku yang paling bungsu belum lahir. Kembali ke rumah Niar, sedikit cerita dengannya, dia mengatakan bahwa dia akan pindah ke Bandung. Aku lahir di Bandung, jadi aku berharap bahwa suatu saat nanti jika aku kembali ke Bandung, kami bisa bertemu lagi. Kami berjanji seperti anak kecil biasanya, tetapi tentu saja kami tidak memiliki nomor telepon satu sama lain saat itu. Itu hanyalah janji anak kecil semata.
Di kelas, ada juga seorang gadis yang menarik perhatianku, namanya dipanggil Yeyi. Dia berkacamata, pintar, cukup cantik, dan rambutnya sedikit ikal. Dia juga anak dari ibu wali kelas kami. Entah apa yang terjadi di kelas pada hari itu, tetapi semua gadis di kelas mulai bertingkah aneh dan lucu. Mereka tiba-tiba membuka rok mereka di depan kami berdua, aku dan Niar. Aku kaget dan bingung, tidak tahu apa yang sedang terjadi. Mereka semua tertawa-tawa. Aku merasa malu dan menutup mataku. Yang anehnya, Yeyi juga ikut-ikutan melakukan hal yang sama di depanku. Kami semua hanya tertawa-tawa. Itu adalah hari yang sangat aneh, absurd dan lucu bagiku, tapi juga sangat berkesan.
Suatu hari, Bu guru wali kelas kami mengumumkan bahwa akan ada acara panggung pentas perpisahan untuk kelas 6. Setiap kelas harus memberikan pertunjukan atau penampilan, biasanya berupa nyanyian atau tarian. Bu guru bertanya, "Ada yang punya ide lain atau siapa yang ingin ikut?" Entah mengapa, aku tiba-tiba mengacungkan tangan dan mengajukan diri. Aku berkata, "Aku ingin membuat pertunjukan komedi, Bu!" Yang lainnya bengong dan terkejut. Aku hanya merasa punya ide tersebut karena kami adalah kelas yang selalu kocak. Ada teman bernama Mbleh, dia selalu punya ingus di hidungnya. Muka dan ekspresinya lucu dan sering membuat kami tertawa. Aku lupa detailnya, tapi intinya ide cerita komedi kami berasal dari Mbleh dan teman-teman yang lain. Saat itu, aku masih kelas 4 SD, jadi mungkin komedinya belum terlalu lucu, haha.

https://preview.redd.it/8u03rodkf7tb1.jpg?width=1024&format=pjpg&auto=webp&s=3e2d65e1c0d2920598d1566163b9eefebff4d4bc
Setiap hari kami berlatih bermain komedi *3\*, dan akhirnya saat pentas tiba. Kami dipanggil ke atas panggung oleh pembawa acara, dan semua orang melihat ke arah kami. Kami terlihat mencolok karena kami adalah satu-satunya yang tampil beda, mengenakan peci dan sarung ala orang Sunda, dan akan melakukan pertunjukan komedi. Hal ini sangat jarang terjadi. Aku ingat inti cerita kami adalah bahwa kami sedang berkumpul, dan tiba-tiba terdengar suara aneh. Mbleh berkata, "Ini nih, ini nih!" sambil menunjuk ke arah pantatnya sambil menungging, lalu tiba-tiba dia kentut besar, dan kami semua terhempas. Semua penonton tertawa terbahak-bahak. Pertunjukan pun berakhir, dan kami semua mendapatkan uang masing-masing sebesar 500 perak dari Bu guru wali kelas. Itu adalah pengalaman pertama kali aku tampil di depan umum, dan sangat berkesan.

Episode 05: Bisnis

Setiap hari, mamaku selalu memberikan uang jajan pas-pasan kepada kami, dan mamaku adalah seorang ahli dalam mengelola keuangan dan membaginya dengan bijak. Karena hal ini, kakakku yang kedua memberikan ide untuk meningkatkan uang jajan kami dengan cara yang kreatif, yaitu dengan menyewakan komik. Mari perkenalkan kakakku yang kedua yang saya panggil Teteh. Dia adalah seorang perempuan tangguh dan penyabar, meskipun dia pendiam, dia selalu bijaksana dan penuh wibawa di mataku. Walaupun aku sering menggodanya, dia hanya akan marah sesaat dan kemudian menjadi seperti biasa lagi. Entah apakah dia masih mengingatnya atau tidak, tapi dia yang pertama kali mengajarkan aku tentang bisnis.*4\*

https://preview.redd.it/krn5p6c6g7tb1.jpg?width=1024&format=pjpg&auto=webp&s=18e438d739ade629d566070fb22b4a13ae771b85
Kami berempat, termasuk kakakku yang pertama dan ketiga, berpartisipasi dengan membantu membawa buku-buku dan komik-komik ke sebuah lapangan yang disebut Lapangan Merdeka. Saat itu bulan puasa dan sore-sore selalu ramai di sana, dengan banyak penjual makanan, minuman, dan berbagai barang di acara tersebut. Kami membawa buku-buku bacaan cerita dan komik-komik yang kami miliki untuk disewakan di sana. Aku tidak tahu sebelumnya bahwa komik & buku bisa disewakan, dan ini sangat mengejutkan bagiku. Wow, lumayan banyak yang menyewa buku-buku kami, mereka duduk di tikar sambil menunggu waktu berbuka puasa. Bagi saya, saat itu adalah pengalaman yang sangat menyenangkan dan hal baru.

Episode 06: Lil Brother

Tahun itu adalah tahun yang penuh kebahagiaan. Mama telah mengandung selama hampir 9 bulan. Ya, adikku yang akan menjadi yang termuda akan segera lahir pada tahun ini. Aku, yang sekarang berstatus sebagai anak bungsu, akan segera memberikan tahtaku sebagai anak bungsu kepada adikku yang akan segera dilahirkan. Sebagai anak bungsu, ada banyak keuntungan, seperti mendapatkan perhatian lebih, dimanja, dan perlindungan ekstra. Meskipun aku tidak bisa mengingat dengan jelas apa saja manfaat yang aku nikmati saat itu, satu hal yang pasti, itu adalah momen yang sangat berharga.
Ketika malam menjelang kelahiran adikku, bapakku terlihat gelisah, bolak-balik antara rumah dan rumah sakit. Seakan-akan dia khawatir tentang kami yang tinggal di rumah, sementara juga khawatir pada mama yang berada di rumah sakit. Pada satu malam, aku terbangun ketika bapakku kembali dengan membawa selimut dan pakaian dari lemari. Dia memberitahuku, "Mama akan melahirkan, jagalah dirimu baik-baik di rumah bersama kakak-kakakmu." Aku hanya mengangguk dan kembali tidur. Pagi harinya, bapakku sudah berada di rumah dengan senyum bahagia di wajahnya. Dia memberitahu kami bahwa adikku telah lahir, seorang bayi laki-laki yang sehat. Inilah adikku anggota yang kelima, sainganku dalam mencari perhatian di rumah (hehe).

https://preview.redd.it/8orww639g7tb1.jpg?width=1024&format=pjpg&auto=webp&s=e44bac656fb92b17c5dbf697b8d445d5419ad38c
Aku sering berbagi makanan kecil dengan adikku ini. Kalau dia memiliki makanan ringan, aku sering berada di sekitarnya dan berusaha baik-baik saja agar dia mau berbagi makanannya (hehe). Tingkahnya sungguh lucu; ketika dia harus buang air besar, dia akan berlari ke sudut dan teriak, "Ee eek eeek!!!" Kami semua tahu bahwa itu adalah tanda bahwa dia harus buang air besar.
Ketika dia masih kecil, kulitnya sangat putih, dia tampak sangat ganteng dan lucu. Banyak orang yang ingin menggendongnya karena pesonanya yang menggemaskan. Ketika dia tumbuh besar saya selalu memanggilnya Jony, dia selalu mengikuti jejakku. Apakah itu dalam hal bermain musik, gaya berpakaian, atau bahkan selera musikku. Bahkan dia juga suka bermain game sama seperti aku. Kami memiliki banyak kesamaan dan hubungan yang erat sebagai saudara.
Setiap hari dan bulan berlalu dengan lancar, kakek dan nenek sering datang ke rumah. Mama selalu menceritakan kepada mereka dan bangga padaku karena sering membantu di rumah dan merawat adik bayi. Hidupku masih berjalan normal seperti biasanya.

Episode 07: The Crack

Tahun demi tahun berlalu, dan akhirnya, pada kenaikan ke kelas 6, aku berhasil meraih peringkat pertama. Sungguh, ini adalah momen yang selama ini telah kusimpan dan kutunggu-tunggu. Akhirnya, “pacar pertamaku”, tunggulah aku! Dengan senang dan penuh kebahagiaan, aku menagih janji pada mama. “Ma, aku ranking satu lho. Asik hadiah nya mana?” Mama hanya tersenyum dan mengiyakan.
https://preview.redd.it/hq9d3mnkg7tb1.jpg?width=1024&format=pjpg&auto=webp&s=5799a156154699e7fc7a0ecc32ed0f6c96099caa
Namun, ada yang berbeda pada mama. Sejak beberapa tahun sebelumnya, ada ketidakharmonisan dalam hubungan dikeluarga. Mama dan bapak sering bertengkar hebat, bahkan kami seringkali pindah-pindah rumah kontrakan untuk menghindari omongan tidak enak dari tetangga. Kami tinggal di kota ini dalam kondisi menyewa. Sebelumnya, kami memiliki rumah di Bandung, namun bapak dipindahkan untuk bekerja di kota ini saat aku masih duduk di kelas 1 SD. Rumah di Bandung kami kontrakan kepada orang lain. Terdapat rumor bahwa bapak terlibat dalam hubungan dengan seorang wanita rekan kerjanya di kantor. Akhirnya, mama memutuskan untuk kembali ke Bandung. Kami kembali ke rumah lama yang pernah kami tinggali saat aku masih berada di TK.
Waktu saya masih TK, kompleks perumahan tempat tinggal saya belum begitu ramai, jadi apa yang kami lakukan tidak akan dilihat orang banyak. Saat itu, saya diajak bermain oleh teman-teman saya, dan kami melihat ada warung yang sepi dengan snack Chiki terpajang jelas di sana. Teman-teman saya mengajak saya untuk mengambilnya, dan karena saya masih kecil dan ikut-ikutan, saya pun mengambil Chiki dan kabur bersama mereka. Kami berlari ke belakang rumah yang tidak berpenghuni dan tertawa-tawa sambil menikmati Chiki hasil rampasan itu. Maafkan saya, pada saat itu, saya tidak tahu bahwa itu dilarang. Saya masih TK dan hanya mengikuti teman-teman. Oh iya, saya ingat, saya pernah bilang membakar sofa, kan? Gini ceritanya, waktu itu di rumah sedang ada tamu Mama, mereka sedang berbincang di ruang depan. Saya sendirian, merasa bosan, karena semua kakak-kakak saya sedang sekolah. Ketika saya duduk di teras depan yang memiliki sofa, saya mendengar suara cicit-cicit yang aneh. Saya melihat ke dalam celah-celah sofa, mencoba mencari tahu apa yang ada di sana. Mungkin itu tikus? Ah, saya akan menembakinya dengan senjata racikan saya (ini bukan senjata nyata, hanya dua batang korek api yang saya tempelkan dan balut dengan kertas rokok, saya diajari kakak pertama mengenai ini).
"Pasti ada tikus, kecoa, atau makhluk-makhluk aneh di dalam sini," pikir saya yang saat itu masih TK. Tanpa berpikir panjang, saya menyalakan korek api dan menembakinya: cuw cuww cuuuwww... Api masuk ke dalam celah sofa, dan tiba-tiba api tersebut mulai membesar. Insting saya mengatakan bahwa ini semakin serius dan harus segera dipadamkan. Saya mengambil gayung kecil yang ada di taman, mengambil air dari kolam ikan di depan rumah. Saya bolak-balik beberapa kali mengambil air.
Mama melihat saya bolak-balik dan mendekati, bertanya, "Hei, Ipan, apa yang sedang kamu lakukan? Kenapa bolak-balik seperti itu?"
"Astagaaa! Apa ini? Tolong, ini kebakaran!!!" Mama melihat api yang telah membesar di sofa. Untungnya, ada seorang tukang ojek yang sedang lewat dan memanggil temannya yang sedang nongkrong.
"Wah, ini kebakaran!!" akhirnya sofa berhasil diangkat keluar dengan cepat ke jalan. Beruntungnya, api belum menjalar ke atas plafon. Kebakaran pun berhasil dipadamkan di tengah jalan. Mama menggendong saya saat itu. Banyak orang yang ikut berkerumun. Aneh, ya, kok saya masih mengingat detail peristiwa itu. Haha.
Tindakan nakal lainnya juga dipengaruhi oleh teman dan lingkungan bermain. Saya bahkan pernah mengambil uang koin dari celengan kakak saya yang ketiga untuk jajan. Perkenalkan, kakak perempuan ketiga saya cukup pemberani dan keras kepala tapi mudah ditipu dan dijahili, saya memanggilnya Wie. Dia sering menjadi target jahil saya, dan kami sering bertengkar karena hal-hal remeh. Salah satunya, saya pernah mengatakan kepadanya, "Nih, rasakan aku kasih kutu!" Saya pura-pura mengambil kutu di rambut saya dan melemparkannya ke kepalanya, dan dia teriak histeris, "Ada kutu di rambut! Gara-gara si Ipon!" (Kami punya panggilan ejek sendiri, saya dipanggil Ipon). Sampai-sampai dia menangis dan mengadu kepada mama. Meskipun kami sering bertengkar ketika kecil, kakak ketiga saya selalu peduli padaku.
Suatu hari, saya melihat topeng kura-kura ninja di sekolahnya ketika berkunjung ke sana. Kakak saya mungkin melihat itu. Esok harinya, ketika dia pulang sekolah, dia tiba-tiba muncul dan membuat saya kaget dengan berpura-pura menjadi kura-kura ninja. Dia berkata, "Taraaa!" sambil memakai topeng kura-kura ninja yang sudah dia belikan. Saya sangat senang ketika itu. Apapun yang terjadi, kami tetap keluarga yang saling menyayangi dan saling mengerti.
Secara singkat, kami semua pindah kembali ke Bandung. Bapak tetap di kota tersebut dan bekerja di sana. Beliau hanya bisa pulang ke Bandung setiap seminggu sekali, atau bahkan dua minggu sekali. Dari saat itu, aku mulai merasa kehilangan sosok bapak dalam kehidupan sehari-hari kami. Oh, dan selama perpindahan itu, impianku untuk memiliki Nintendo pun sirna.

Episode 08: Homie

Di kota baru ini, dimulailah babak baru dalam kehidupanku. Aku dilahirkan di Bandung, kemudian sempat hijrah ke kota lain, tetapi akhirnya kami kembali ke Bandung. Saya pindah ke sini pada pertengahan kelas 6, dan tentu saja saya merasa tertinggal dalam pelajaran. Isi pelajarannya terasa berbeda atau mungkin saya yang belum terbiasa. Di kota sebelumnya, kami diajarkan untuk tidak menyontek dan bekerja sama saat ujian, tetapi di sini, teman-teman sering membantu satu sama lain saat ujian. Saya merasa hal ini cukup menarik.
Di sekolah ini, saya menjadi dekat dengan Ryan dan Agung, dua teman yang cukup berada. Terutama Agung, dia suka membelikan saya jajanan. Aku sering berkunjung ke rumah Ryan saat itu, karena di rumahnya ada konsol SEGA. Ini adalah konsol game terbaru di zamannya.

https://preview.redd.it/lzixs6gobdtb1.png?width=1200&format=png&auto=webp&s=ce860a35bb84a95e4492299e5a0c33775c3796d2
Sungguh, saya sangat senang saat pertama kali mencoba bermain konsol baru Sega ini. Konsol ini jauh lebih canggih dibandingkan dengan Nintendo. Setiap kali saya berkunjung ke rumah Ryan, kami selalu asyik bermain sampai sore bahkan kadang hingga malam jika orang tuanya tidak ada di rumah. Salah satu permainan yang paling kita sukai adalah Mortal Kombat. Kita selalu mencoba gerakan dan jurus-jurus baru dalam permainan ini, bahkan mencari panduan gerakan di sebuah kolom game dalam majalah remaja yang bernama "Fantasi." Majalah itu adalah salah satu bacaan favorit kami selain majalah "Bobo." Bagi mereka yang mengalami masa itu, pasti tahu tentang majalah "Fantasi" ini.

https://preview.redd.it/5e84rdd4bdtb1.jpg?width=448&format=pjpg&auto=webp&s=a0864219a3bac074c47dcc13fade74a2ef16d86d
Kembali ke masa SD di sekolah ini, ternyata beberapa artis dan penyanyi pernah bersekolah di sini, loh. Salah satunya, ada yang sekelas denganku, namanya Widya Saputra (Trio Laris). Mungkin dia tidak mengenaliku, sih, karena saya baru masuk tahun itu, haha. Selain itu, ada juga artis cilik yang bermain di sinetron atau film, Indra namanya, kalau tidak salah. Oh ya, di kelas saya juga pernah menyaksikan situasi yang mirip dengan kasus bullying, meskipun tidak secara langsung. Korban adalah siswi pintar yang selalu meraih juara dan peringkat teratas. Sayangnya, teman-teman sering menggodanya dengan menyebutkan masalah bau badan, seperti bau ketek. Ini sangat membuat saya merasa sedih. Di sekolah SD saya yang sebelumnya, saya juga pernah melihat situasi serupa, bahkan ada anak yang sampai harus pindah sekolah. Ya, begitulah, dunia sekolah bisa menjadi tempat yang cukup sulit untuk beberapa orang.
Kembali ke cerita di kota ini, tahukah kamu? Di sini ada mesin permainan 'dingdong', dan itu berlokasi sangat dekat dengan sekolahku. Setiap kali ada ekstrakurikuler, saya sering mampir ke tempat dingdong, dan Ryan tahu tempat di mana saya berada. Dia suka menjemput saya, "Hei, kamu dicari oleh guru, malah main ke sini lagi." Saya hanya tertawa, saya begitu menyukai permainan game ini. Kami bertiga sering bermain bersama, baik itu renang bersama, bermain game bersama, dan sebagainya. Bahkan ketika kami lulus SD dan akan masuk ke SMP, Ryan masih sering menghubungi saya, mengajak saya bermain di sana-sini. Sayangnya, saya jarang meresponsnya. *5\*

Episode 09: Finally on my Hand

Libur panjang menuju SMP pun tiba.Saya telah lulus dari SD dengan peringkat pertama "dari belakang" Haha. Waktu itu, ujian masih bernama EBTANAS, dan saya meraih nilai NEM yang cukup lumayan. Saya, Ryan, dan Agung akan bersekolah di SMP yang berbeda. Meskipun pertemanan kami singkat, itu adalah momen yang selalu saya ingat.
Cerita masa liburan sekolah ini sungguh menghadirkan rasa campur aduk, saya menderita sekaligus senang. Waktu itu, orang tua saya membawa saya pergi ke suatu tempat yang menarik. Saat keluar dari mobil, saya melihat banyak anak yang mengenakan sarung, tapi ada yang aneh disini. Kenapa ya sarungnya kelihatan berbeda? Ternyata, kejutan yang tak terduga menanti. *Jreng! Saya dibawa untuk menjalani sunat. Itulah yang membuat sarung mereka menonjol, karena mereka memakai pelindung setelah sunat.
Meskipun sebelumnya sudah ada pembicaraan tentang ini, saya tidak menyangka hari itu waktunya. Meski ada perasaan takut dan ragu, tekad yang kuat mendampingi saya. Bapak berjanji akan membelikan saya sebuah Nintendo sebagai hadiah nanti.
Sekadar info buat teman-teman yang belum pernah mengalami sunat, jangan terlalu khawatir lho ya. Awalnya hanya ada sedikit rasa sakit ketika disuntik sebelum proses “penjagalan”, tapi ketika proses berlangsung, rasanya tidak terlalu sakit. Dan sensasi sakit akan terasa setelah beberapa jam disunat, berjalan harus pelan-pelan sekali, tidur harus telentang, dan ketika kencing muncrat kemana-mana. Haha!

https://preview.redd.it/ijglm1oabdtb1.jpg?width=968&format=pjpg&auto=webp&s=cebaa179cdfe168fbe73b8988f710dd210d7ab14
Di sinilah hadiah yang selalu saya nantikan akhirnya tiba. Bapak membeli Sebuah konsol Nintendo hadir lengkap dengan TV 14 inci terbaru untuk menemani hari-hari saya setelah disunat. Akhirnya! Setiap hari, saya bermain game Nintendo ini, hingga banyak judul game yang telah saya tamatkan, dan saya senang bertukar kaset game Nintendo dengan teman-teman lainnya. Bahkan, saya rela mencoba game berbahasa Jepang, yang akhirnya membuat saya tertarik untuk belajar bahasa Jepang. Saya meminta kepada orang tua saya untuk membelikan saya kamus bahasa Jepang. Tanpa berpikir panjang, mereka membelikan saya kamus tebal yang berisi huruf katakana dan hiragana. *6\* Mungkin ini adalah langkah positif yang membuat saya langsung tertarik untuk mempelajari bahasa Jepang. Dari situlah, saya mulai memahami sedikit tentang huruf-huruf Jepang. Ketika memainkan game Tsubasa, motivasi saya untuk belajar bahasa Jepang semakin bertambah.
Singkat Cerita, saatnya saya masuk sekolah baru, Mama memberi tahu guru agar tidak terlalu keras selama ospek karena saya baru saja menjalani sunat. Duh, rasanya malu, saya sudah besar baru disunat, dan dibicarakan kepada orang lain. Tapi itulah mamah.
Bersambung...
Lanjut Part 02 disini yah.

Support Penulis, Untuk beli susu anak gan. Disini atau Disini. Terimakasih
Saya butuh bantuan teman-teman semua jika berkenan:
Mohon maaf sebelumnya, saat ini saya dalam situasi kesulitan finansial. Jika anda atau ada teman sanak saudara yang membutuhkan jasa service, Translate, Transkrip Audio/Video atau butuh membuat Subtitle untuk sebuah video, podcast, wawancara dll. Silahkan kontak saya langsung. Mohon infokan kepada teman-teman anda jika berkenan, terimakasih.
--------------------
Side Effect
- Andy (Misteri Horror)
- Kemelekatan (Inspirasi)
- Anto: Secangkir Kopi (Misteri)

submitted by DigitalChildish to indonesia [link] [comments]


2023.09.29 08:01 Alamsyah-005 Obat Jerawat Ampuh, Jerawat Hilang dalam Sehari! [EFEKTIF]

📷 Obat Jerawat Ampuh, Jerawat Hilang dalam Sehari! [EFEKTIF]
Obat Jerawat Ampuh, Jerawat Hilang dalam Sehari! [EFEKTIF] - Semua orang menginginkan kulit yang bersih dan bebas dari jerawat, terutama saat Anda memiliki acara penting yang akan datang dalam satu hari. Untungnya, kami memiliki solusi terbaik untuk Anda! Kami mempersembahkan obat jerawat revolusioner yang ampuh menghilangkan jerawat dalam sehari. Ingin tahu lebih lanjut? Baca terus!

Mengapa Jerawat Harus Dihapus dalam Sehari?

Wajah Anda tidak ingin seperti Gambar Wanita Cantik Jerawatan diatas bukan?Jerawat bisa menjadi masalah yang sangat mengganggu dan merusak kepercayaan diri Anda. Ketika Anda memiliki acara penting, pertemuan, atau bahkan pesta malam yang tidak dapat Anda lewatkan, tidak ada yang ingin menghadapinya dengan jerawat besar di wajah. Oleh karena itu, memiliki solusi yang efektif dan cepat untuk menghilangkan jerawat adalah impian setiap orang.
📷 Obat Jerawat Ampuh, Jerawat Hilang dalam Sehari! [EFEKTIF]

Obat Jerawat Everpure Sul-Pure Solusi Kilat untuk Jerawat

Kenalkan Everpure Sul-Pure mengandung Spot treatment yang diformulasikan secara efektif untuk mengatasi jerawat dalam 1 hari*, membantu meredakan jerawat serta kemerahan pada kulit. Selain itu yang paling penting produk ini Produk Asli Buatan Anak Bangsa yang sudah terdaftar di BPOM atau Badan Pengawas Obat dan Makanan sehingga sudah terjamin Kualitasnya.
Everpure Sul-Pure, mengandung formula khusus yang dirancang untuk mengatasi jerawat dengan cepat. Ini mengandung bahan-bahan aktif yang dapat mengurangi peradangan, membersihkan pori-pori, dan mengeringkan jerawat secara efektif.
📷 Kandungan Utama Everpure Sul-Pure

Kandungan Utama Everpure Sul-Pure :

Manfaat Obat Jerawat Everpure Sul-Pure :

✅ Mengatasi jerawat dalam 1 hari*✅ Melawan bakteri penyebab jerawat✅ Mengurangi kemerahan yang disebabkan oleh jerawat*Berdasarkan pengujian self assessment kepada subjek uji orang Indonesia dengan kondisi kulit acne-prone selama 24 jam.

Cara Menggunakan Everpure Sul-Pure :

Penggunaan Produk Jerawat ini sangat mudah : Tanpa mengocok botol, celupkan cotton bud hingga mengenai endapan pink. Aplikasikan pada wajah yang bersih dengan cara ditotol pada jerawat, biarkan mengering semalaman. Berikut Video Cara pakai nya :
Video cara Menggunakan Everpure Sul-Pure
📷
Notes: Apabila produk diterima dalam kondisi tercampur, diamkan 5 - 10 menit hingga endapan pink turun ke bawah botol. Proses ini merupakan hal yang alami terjadi dan tidak mempengaruhi performa produk.

Testimoni Pengguna Obat Jerawat Everpure Sul-Pure

Berikut ini kami perlihatkan Beberapa testimoni pengguna Obat Jerawat Everpure Sul-Pure setelah menggunakan Obat ini dan langsung terlihat perubahan wajahnya , Berikut Testimoninya :
📷Testimoni Obat Jerawat Everpure Sul-Pure 1
📷Testimoni Obat Jerawat Everpure Sul-Pure 2
📷Testimoni Obat Jerawat Everpure Sul-Pure 3
📷Testimoni Obat Jerawat Everpure Sul-Pure 4
Itulah Beberapa Testimoni Pengguna yang telah mencoba Obat Jerawat Everpure Sul-Pure ini, Wajah mereka langsung bersih berkilau bebas jerawat hanya dengan penggunaan sehari saja, bagaimana apakah anda tidak seperti mereka yang wajahnya terbebas dari Jerawat yang bisa saja muncul setiap saat.

Promo Khusus - Dapatkan Sekarang Juga!

Kami tahu bahwa Anda tidak ingin menunggu lama untuk hasil yang Anda inginkan. Oleh karena itu, selama periode promosi ini, Anda dapat mendapatkan produk kami dengan harga spesial! Cukup kunjungi situs web kami silahkan klik di sini : Everpure Sul-Pure dan pesan obat jerawat kami sekarang.
Catatan Penting:
Produk ini dikhususkan untuk mengatasi jerawat individu secara cepat dan efektif. Namun, hasil mungkin bervariasi tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit individu Anda. Selalu perhatikan petunjuk penggunaan dan jangan gunakan produk ini secara berlebihan.
Jadi, jika Anda ingin jerawat Anda hilang dalam sehari dan menampilkan kulit yang segar dan bersih di acara penting Anda, pesan produk kami sekarang dan nikmati hasilnya! Jangan lewatkan promo spesial ini karena waktu terbatas!
submitted by Alamsyah-005 to u/Alamsyah-005 [link] [comments]


2023.09.23 16:40 Craft099 Fashion style non formal untuk Pria?

Jujur saya agak kebingungan pake baju apa yang bagus. Kalo formal mungkin agak gampang karena base nya merujuk pada kemeja yang kita gunakan lalu disitu kita bisa bermain warna menyesuaikan kemeja kita dan tambahan beberapa aksesoris.
Yang jadi masalah adalah kalau non formal. Saya cari referensi dan jalan jalan di mall dan yang saya liat baju yang mereka gunakan hanya sebatas kaos saja atau kaos polo.
Sebagai pria seperti nya agak bland kalo dilihat di banding wanita. Pada Wanita satu type kain dapat dibuat gelombang, potongan potongan tertentu dapat merubah seluruh style baju. Sedangkan pria hanya jatuh di kemeja dan kaos yang begitu begitu saja sehingga saya sangat kesulitan memilih style apa yang bagus untuk non formal.
Saya juga agak takut dalam membeli suatu pakaian. Saya takut pakaian yang saya beli hanya dapat dipakai dengan satu style jika merubah salah satu pakaian dapat merusak seluruh style outfit. Saya ingin flexibilitas.
Saya ingin sebuah style yang dapat di kombinasikan dengan outfit yang saya punya sekarang. Sehingga tidak harus merubah seluruh lemari pakaian dan uang tidak kurus. Tapi saya tidak masalah membeli beberapa pakaian dan aksesoris asal tidak kemahalan dan flexible.
Ini jenis pakaian saya dalam lemari :
submitted by Craft099 to indonesia [link] [comments]


2023.05.19 09:17 Supplementlivenews Cordinox : Ulasan 2023, Bahan, Harga, Efek Samping, Farmasi, Manfaat !!

Cordinox Tekanan darah tinggi adalah masalah kesehatan utama yang harus segera ditangani untuk menghindari komplikasi di masa mendatang. Ada beberapa suplemen berkualitas tinggi yang tersedia yang mengandung vitamin penting, mineral, hawthorn berry, dan berbagai tumbuhan yang bekerja sama untuk membantu mengendalikan tekanan darah tinggi. Sangat penting untuk melakukan studi dan memilih program yang memenuhi kebutuhan dan gaya hidup spesifik Anda. Saya menyarankan Anda mencoba program pengurangan tekanan Cordinox.

Apa Sebenarnya Cordinox Itu?

Jika Anda khawatir dengan penurunan angka Anda, inilah saatnya untuk mengambil bantuan Bahan Cordinox dan menurunkan tekanan darah secara alami. Obat Khasiat Cordinox mengandung antioksidan yang berguna untuk kesehatan Anda secara keseluruhan selain zat anti hipertensi. Ini juga membantu mengurangi dan menghilangkan gejala hipertensi seperti stres, kelelahan, nyeri dada, dan hipertensi. Jika Anda ingin menurunkan tekanan darah secara alami, hasil Cordinox sangat menggembirakan, dan ini adalah formula tindak lanjut alami yang dapat Anda andalkan.
Beli sekarang !! Klik tautan di bawah untuk informasi lebih lanjut dan dapatkan diskon 50% hari ini!! Ayo cepat !!

Bagaimana Cordinox Bekerja?

Evaluasi Cordinox Kapsul Ini juga dapat membantu dengan gejala tekanan darah tinggi seperti stres, kelelahan, dan ketidaknyamanan dada, serta hipertensi dan nyeri dada. Vitamin dan mineral berkontribusi pada kekuatan dan kinerja pembuluh darah. Pembuluh darah melemah dan gagal berfungsi dengan baik saat tubuh kekurangan vitamin atau mineral tertentu. Misalnya, bila kekurangan vitamin C dalam aliran darah, tubuh bisa menjadi lelah. Ini karena kemampuan vitamin C untuk meningkatkan aliran darah. Seseorang dapat memperkuat pembuluh darahnya dan menurunkan kemungkinan efek berbahaya vitamin C pada tubuh dengan mengonsumsi ulasan Cordinox.

Kelebihan Cordinox

Komposisi Kesehatan jantung Cordinox telah terbukti secara klinis bermanfaat:

Efek Samping

Cordinox untuk hipertensi mencapai hasil yang efektif tanpa menyebabkan efek samping. Ini karena komposisi bio suplemen. Itu tidak memiliki kemiripan dengan senyawa kimia atau zat buatan lainnya. Pelanggan tidak memiliki keluhan tentang produk.
Beli sekarang !! Klik tautan di bawah untuk informasi lebih lanjut dan dapatkan diskon 50% hari ini!! Ayo cepat !!

Bagaimana Cara Mengonsumsi Cordinox?

Biaya cordinox Panduan langkah demi langkah membuatnya sangat jelas bahwa Anda dapat menggunakan suplemen makanan untuk wasir internal, eksternal, dan kombinasi tanpa efek samping negatif. Perlu diketahui bahwa selama uji klinis yang dilakukan oleh distributor resmi, suplemen diet tidak menunjukkan efek negatif apapun. Pabrikan perusahaan menyarankan tindakan terbaik setelah sejumlah tes laboratorium. Dan sebagai hasilnya, berikut adalah manual definitif untuk menggunakan Cordinox:

Di Mana Saya Dapat Membeli Cordinox?

Jika Anda ingin membeli Cordinox, Anda dapat melakukannya melalui situs web merek atau dengan mengklik gambar yang akan mengarahkan Anda ke halaman pembelian. Isi formulir dengan nama dan nomor telepon Anda, lalu klik tombol konfirmasi.
Cordinox efektif. Setelah Anda melakukan pemesanan di situs web, operator merek akan menghubungi Anda untuk menyelesaikan transaksi Anda. Anda dapat membeli produk ini melalui situs web resmi pabrikan atau melalui pengecer.
Kemudian, barang akan diantarkan langsung ke rumah Anda sehingga Anda dapat mulai meningkatkan kesehatan Anda.

Kesimpulan

Banyak forum diskusi kesehatan internet mempromosikan ulasan Cordinox. Pelanggan di Siprus, Yunani, dan Jerman menganggap produk tersebut tidak beracun dan sangat aman karena tidak mengandung senyawa berbahaya yang dapat merusak hati atau sel darah. "Forum Cordinox, di sisi lain, adalah solusi alami yang aman namun sangat efektif untuk mengencangkan pembuluh darah." Wasir, seperti yang Anda ketahui, adalah gangguan pembuluh darah. Saya merasa bahwa kemanjuran yang kuat dari Cordinox farmasi untuk sistem pembuluh darah membuatnya ideal untuk pencegahan varises juga.
Dalam setiap situasi, sebagai ahli bedah kardio-vaskular, saya tidak bisa mengatakan apa-apa selain memberikan umpan balik positif untuk produk ini, kata seorang dokter dengan praktik 20 tahun. Sementara itu, berikut adalah beberapa ulasan dan opini Cordinox otentik yang kami temukan secara online: Jangan khawatir tentang meminum pil penenang ekstra untuk aplikasi luar; Anda tidak membutuhkannya karena suplemen makanan ini menghilangkan rasa sakit dan gatal sejak dosis pertama.
Beli sekarang !! Klik tautan di bawah untuk informasi lebih lanjut dan dapatkan diskon 50% hari ini!! Ayo cepat !!
https://www.herbsreport.com/cordinox/
https://www.sympla.com.bprodutocordinox
submitted by Supplementlivenews to u/Supplementlivenews [link] [comments]


2023.04.26 12:53 Atama_Katama Misteri Batu Sumpah Tambunan

Misteri Batu Sumpah Tambunan
Batu Misteri Tambunan atau Tugu Peringatan Hari Besar Kaamatan bertarikh 10 Mei 1969
Pengenalan
Batu Sumpah Tambunan adalah artifak purba yang telah dilupakan selama bertahun-tahun. Lokasinya tidak diketahui, dan ia tidak diberi penghormatan yang sepatutnya. Batu Sumpah Tambunan merupakan peninggalan silam Sabah yang dilupakan, mempunyai makna yang besar dalam sejarah daerah itu. Selama bertahun- tahun, lokasi batu itu kekal sebagai misteri, dan ia dianggap hilang selama-lamanya.
Bagaimanapun, pada 18 September 2022, roh penjaga Batu Sumpah tersebut telah menghubungi Presiden MOPOT Dato Petinggi Atama Katama melalui Waris Bobolian Saripah dan Ketua Kampung Sunsuron En. Julius Gudok, dan menggesa mereka untuk mengadakan upacara memulihkan keseimbangan dan keharmonian di daerah ini sebelum Perayaan Pesta Menuai Kaamatan Tambunan 2023. Risalah ini ditulis bagi tujuan untuk menemui semula kepentingan Batu Sumpah Tambunan dan menyeru pemulihannya.
Kepentingan Batu Sumpah
Batu Sumpah digunakan sebagai lambang kesetiaan dan perpaduan dalam kalangan masyarakat Tambunan, dan secara am nya Suku Dusun. Ia adalah objek suci yang mewakili ikatan antara rakyat dan tanah mereka. Semasa upacara penting, seperti permerterian Pesta Kaamatan Tambunan, Batu Sumpah telah digunakan untuk secara ritual mengesahkan komitmen mereka kepada nenek moyang mereka dan tradisi mereka.
Mitos Tambunan Dikaitkan Dengan Aki Nabalu?
Mengikut sumber legenda, Tambunan dikatakan adalah tempat kelahiran 'Tataba' iaitu semangat kemurnian dan lambang kekuatan. Mitos tersebut mengisahkan bagaimana semangat kekuatan tersebut menjelmakan satu keunggulan luarbiasa kepada masyarakat Dusun Tambunan. Mitos tersebut dikatakan telah menzahirkan Tambunan sebagai sumber tokoh-tokoh kepimpinan, kesenian dan kebudayaan sehingga suatu masa peralihan zaman. Dikatakan bahawa Batu Sumpah tersebut mempunyai kaitan yang tidak dapat dipisahkan dengan masyarakat Dusun Tambunan yang menyambut Pesta Kaamatan bagi untuk menghormati semangat padi. Aki Nabalu, roh semangat penjaga Gunung Kinabalu terkait dengan Mitos tersebut kerana Dia lah yang membangun semula perhubungan antara generasi penerus di alaf moden ini kepada semangat tua pada zaman lalu.
Siapakah Aki Sator dan Kuasa Batu Sumpah?
Apabila Batu Sumpah tersebut diamalkan, dikatakan Aki Sator telah menjiwainya dengan kuasa, bagi menjadikannya objek suci tersebut yang akan mewakili ikatan antara rakyat dan tanah mereka. Batu Sumpah mempunyai kuasa untuk membawa keseimbangan dan keharmonian kepada daerah, dan ia mesti dihormati dan dijaga.
Batu Sumpah telah dilupakan kewujudannya?
Selama bertahun-tahun Batu Sumpah Tambunan dan tugu peringatan nya dilupakan. Kepentingannya telah hilang, dan lokasinya yang sebenar tidak diketahui. Batu Peringatan tersebut itu tidak dihargai dengan baik dan tong-tong sampah diletakkan di sebelahnya, menimbulkan kemarahan kepada roh penjaga. Batu Peringatan itu tidak diberikan penghormatan yang sepatutnya seperti yang telah dimeteraikan pada tulisan batu tersebut pada tahun 1969, dan ia tetap dilupakan sehinggalah roh penjaga perempuan (Odu) menghubungi Presiden MOPOT.
Menemui Semula Batu Sumpah
Pada 6 November 2022, pasukan penyelidik telah menemui lokasi keberadaan Batu Peringatan tersebut. Bagaimanapun, didapati batu itu tidak dijaga dengan baik. Penjaga roh wanita yang muncul merungut bahawa batu itu tidak boleh dikurung, dan ia harus berbumbungkan dengan betul dan boleh diakses secara terbuka oleh orang yang beriman tradisi dan juga orang ramai. Ini memerlukan keperluan mendesak untuk meninjau kembali masa lalu Tambunan, serta memulihkan kepentingan Batu Peringatan, dan memberikan penghormatan yang sewajarnya. Manakala tapak lokasi artefak Batu Sumpah yang asli sebenarnya masih menjadi misteri.
Seruan Pemulihan
MOPOT telah memohon nasihat Dr. Benedict Topin, Pengerusi Majlis Hal Ehwal Anak Negeri Sabah, untuk memaklumkan kerajaan dan Majlis Daerah tentang keperluan mendesak untuk meninjau kembali masa lalu Tambunan dan memastikan Batu Sumpah yang dilupakan diberi penghormatan sewajarnya sebelum Pesta Menuai Tambunan 2023. Sebagai pihak yang bertanggungjawab, MOPOT kini meminta sokongan dan bantuan kepada semua pemimpin di Daerah Tambunan untuk memperingati Batu Sumpah & Batu Tugu Peringatan seperti yang diarahkan oleh semangat penjaga (Odu). Nasihat daripada Pengerusi Majlis Hal Ehwal Anak Negeri Sabah kepada MOPOT adalah agar melakukan penyelidikan dan mencari saksi hidup bagi mendapatkan bukti.
Kesimpulan
Batu Sumpah Tambunan dan Tugu Peringatan Batu Kaamatan adalah artifak penting yang mewakili ikatan antara rakyat dan tanah pusaka adat mereka. Kewujudannya yang dilupakan adalah peringatan bahawa kita mesti melihat semula masa lalu kita dan memulihkannya. Menurut legenda tempatan, Tugu Peringatan Batu Kaamatan Tambunan dan Batu Sumpah dikaitkan dengan ritual adat Dusun, dan dipercayai bahawa pemegang amanah hendaklah komitmen pada masa kini bagi memperbaharui persetujuan yang dibuat pada masa lalu iaitu tahun 1969. Mesej semangat penjaga (Odu) adalah jelas; satu acara bersejarah perlu diadakan sebelum menganjurkan Pesta Kaamatan Tambunan pada tahun 2023 bagi mengembalikan keseimbangan dan keharmonian di Daerah Tambunan.
Maka ini, MOPOT menyeru agar semua pemimpin di Tambunan tampil untuk memperingati Sumpah tersebut seperti yang diarahkan oleh semangat penjaga (Odu). Tanggungjawab sosial & kebudayaan dan adat zahir terletak pada Pejabat Daerah, Penganjur Perayaan Kaamatan Daerah Tambunan dan menerusi Datuk Seri Panglima Dr Jeffrey G Kitingan, Adun Tambunan, juga selaku Timbalan Ketua Menteri Sabah sebagai Jawatankuasa Penganjur Pesta Menuai Negeri Sabah untuk sokongan kewangan untuk menganjurkan majlis bersejarah tersebut. Misteri yang menyelubungi Batu Sumpah 'Pesta Kaamatan' Tambunan yang dilupakan akhirnya terungkai, maka kepentingannya harus dipulihkan.
Kini terpulang kepada penduduk Tambunan untuk memastikan batu itu diberikan penghormatan sewajarnya, dan mana keseimbangan dan keharmonian daerah dapat dipulihkan melalui satu upacara. Kuasa semangat Batu Sumpah masih kekal, dan kesannya terhadap sejarah dan budaya daerah tidak boleh diabaikan lebih-lebih lagi kerana objek artifak fizikal tertanam di sebuah lokasi yang telah ditemui.

Temuramah oleh MOPOT bersama dengan Gundohing Saimon Ingging mengenai kisah Batu Sumpah tersebut.

Wakil MOPOT iaitu Jacob Edward Anap @ Tawie dan Clifford V Iking telah menemuramah Gundohing Saimon Ingging, berasal dari Kg Lintuhun Tambunan pada 20 Mac 2023 yang lalu. Mengikut penceritaan Gundohong Saimon, pada suatu ketika dahulu, batu ini diangkat daripada Kawakaan (merupakan satu perkampungan lama di Tambunan) yang dibawa ke Pomotodon dengan menyeberangi Sungai Pagalan ketika musim hujan dan batu ini telah diperbuat seperti bentuk payung bagi menutup kepala. Batu sebenar sudahpun terpecah dua bahagian dan telah dibawa ke tapak Tamu Lama Tambunan yang kini senagai tapak Mini Dewan Masyarakat. Bobolian yang memerteraikan upacara pada masa itu adalah Aki Sator.
Pada mulanya satu salinan mengenai kisah Batu ini disimpan oleh Gundohing Saimon namun telah rosak akibat bencana hujan dimana atap rumah beliau telah diterbangkan angin menyebabkan salinan tersebut telah basah dan rosak. Gundohing Saimon juga menceritakan bahawa Batu tersebut adalah kepunyaan moyang Saimon bernama Ambukan. Aki Ambukan telah membawa Batu tersebut dari kawasan perkampungan lama yg terletak di kawasan perantaraan Toboh dn Kaingaran dan dikenali sebagai Kawakahan.
Tujuan Batu Sumpah ini Diwujudkan
Tugu Peringatan Hari Besar Kaamatan ini ditanam dengan tujuan bagi menetapkan kehormatan Hari Besar Kaamatan yang mesti dihormati turun temurun hingga ke akhir zaman yang bertarikh 10.05.1969. Dan sewajarnya upacara menghormati Batu ini harus berkesinambungan oleh generasi pemelihara adat sehingga ke zaman ini.
Penghargaan:
Ucapan setinggi penghargaan: kepada En Tawie @ Jacob Edward Anap dan juga En Clifford V Iking wakil dari MOPOT kerana usaha mereka untuk menemuramah Gundohing Saimon Ingging di kediaman beliau pada 20 Mac 2023 di Kg Lintuhun Tambunan. Jutaan terima kasih juga kepada Gundohing Saimon Ingging diatas kesudian untuk berkongsi kisah dan sejarah terwujudnya Batu Sumpah ini. Semoga kisah ini akan terus diingati oleh generasi yang seterusnya dan mengingatkan asal usul kaum dan bangsa kita yang tidak akan luntur ditelan arus kemodenan.
TAMAT LAPORAN GAMBAR
Tawie @ Jacob Edward Anap
Yang ditemuramah Gundohing Saimon Ingging dengan bantuan Clifford V Iking
Peta Lokasi
submitted by Atama_Katama to SunduanOduAki [link] [comments]


2023.04.16 00:03 Zoffya TREND BAJU RAYA SEDONDON DI ZOFFYA

TREND BAJU RAYA SEDONDON DI ZOFFYA

https://preview.redd.it/30y5d0c7n4ua1.jpg?width=480&format=pjpg&auto=webp&s=0816930aa052096b132b84d4004f81fa222ede76
Aidilfitri datang lagi.
Mesti yang sudah berkeluarga sibuk memilih pakaian yang sedondon untuk digayakan bersama di pagi Syawal nanti.
Tentu masing-masing kerenah untuk tampak cantik dan segak di pagi Hari Lebaran. Namun, mengapakah kita perlu memakai pakaian sedondon untuk raya?
Asalkan ada baju, itu sudah mencukupi, bukan? Nak cari baju sedondon pun macam susah, kita pakai baju ikut citarasa masing-masing sahaja lah.
Mari kita kongsikan kenapa perlu pakai baju raya sedondon di hari raya nanti.


https://preview.redd.it/lclbz949n4ua1.jpg?width=1000&format=pjpg&auto=webp&s=e408c55f752b35f0c06ab8f701f6f4b3765dc16f
Pakai Sedondon di Pagi Raya
1. Semangat kekeluargaan
Tak nampak semangatlah keluarga itu kalau tak berdondon. Kita datang beraya satu keluarga mesti nampak lebih meriah kalau semua pakai baju sedondon. Baju raya sedondon dapat menzahirkan rasa cinta kita kepada keluarga dan berasa lebih berbahagia di hari Raya.
2. Nampak cantik dan kemas
Memang sudah sikap manusia yang sukakan benda-benda yang cantik, kemas dan teratur. Oleh itu, jika satu keluarga berpakaian sedondon, mereka akan kelihatan sungguh sedap mata memandang. Malah kehadiran mereka boleh menceriakan majlis dan sanak-saudara.
3. Nampak Cantik Apabila Bergambar
Ini antara sebab ramai keluarga nak berdondon pada 1 Syawal. Dengan adanya media sosial, bergambar di pagi Raya merupakan aktiviti yang wajib dilakukan. Bayangkan bergambar dengan satu keluarga yang berpakaian sedondon seirama?
Tentu sungguh comel dan ‘sweet’. Sesudah bergambar, pakat-pakat kongsi gambar-gambar cantik di media sosial. Lagi-lagi sekarang trend TikTok, pasti semua sibuk ambil video untuk dikongsi bersama pengikut di TikTok.
4. Mencipta Kenangan
Dalam sesebuah kenduri rumah terbuka, keluarga yang berpakaian sedondon akan lebih senang dicam dan diingati. Secara tidak langsung, ia akan merapatkan lagi hubungan keluarga dan menjadikan satu kenangan manis.
5. Eratkan silaturrahim
Buat anak-anak yang sudah besar dan merantau ke negeri atau negara lain, Raya merupakan peluang untuk merapatkan kembali hubungan keluarga.
Walaupun ada yang tidak mampu pulang ke kampung, cukuplah sekadar berbaju yang sama supaya terasalah sedikit kasih sayang antara ahli keluarga.
6. Memeriahkan Hari Raya Aidilfitri Yang Istimewa
Telah menjadi satu tanggungjawab kepada umat Islam untuk memanjatkan rasa syukur dan gembira di hari yang mulia. Selain daripada solat sunat raya, bermaaf-maafan sesama saudara dan sahabat handai, kita boleh menghiaskan diri asalkan mengikuti syarak. Berpakaian sedondon sekeluarga boleh dijadikan satu cara kita memeriahkan Syawal dan menzahirkan rasa syukur.
Mesti kita fikir nak dapat baju sedondon ni mesti susah. Anda silap.
Anda boleh membeli baju raya sedondon untuk sekeluarga di zoffya.com Terdapat pelbagai pilihan untuk anda dan keluarga.
Tapi sebelum tu dah fikir ke warna baju raya untuk tahun ini?


https://preview.redd.it/gshhmrkmn4ua1.jpg?width=1080&format=pjpg&auto=webp&s=484d73899b8b735d877e8e9bdfc2ac2646ed5d0b
Warna Tema Baju Raya 2023
Pastinya ramai dalam kalangan kita menunggu dan masih memikirkan idea warna tema baju raya tahun 2023.
Bagi yang sudah berkeluarga, pastinya mencari baju sedondon. Manakala bagi yang berpasangan juga pastinya mencari warna baju yang bersesuaian untuk kedua-dua pasangan.
Kalau anda masih belum pilih warna baju untuk raya dan susah untuk buat pilihan, kami kongsikan tema warna baju raya yang dijangka akan menjadi trend pada tahun ini.
Jom pilih warna baju raya yang sesuai dengan tona warna anda dan pasangan. Warna-warna ini juga terdapat di dalam ZOFFYA LUXE : SEMEKAR AIDILFITRI koleksi rekaan yang terbaharu yang diperkenalkan oleh ZOFFYA untuk tahun 2023 yang pastinya sedondon satu keluarga ibu, anak perempuan dan ayah serta anak lelaki.
Pemilihan tema warna baju raya sangat penting kerana raya hanya disambut setahun sekali. Lebih istimewa bila disambut dengan keluarga dengan tema warna yang sama.
Selain baju kurung, baju Melayu dan kurta untuk lelaki juga mempunyai pelbagai jenis warna yang boleh dipadankan dengan tema warna baju raya golongan wanita.

Sage green
Warna sage green ini aadalah warna yang semakin popular dalam dunia fesyen ketika ini. Ia adalah salah satu warna yang muted dalam kategori warna hijau. Berdasarkan psikologi warna, Sage Green adalah warna yang memberikan perasaan ketenangan, keseimbangan dan keharmonian menjadikannya pilihan yang bagus untuk mewujudkan persekitaran yang santai dan mesra.
Jadi, tidak hairanlah warna ini menjadi pilihan ramai untuk hari raya nanti.
Lilac purple
Warna yang ramai cari untuk raya kali ini adalah warna Lilac Purple. Warna ini adalah warna yang lembut, pastel dan menyerlahkan lagi ciri-ciri feminin buat wanita yang memakainya. Dalam psikologi warna, lilac juga sering dikaitkan dengan kemewahan, kecanggihan dan menjadikan ia sebagai pilihan warna popular untuk fesyen yang mewah.
Hitam
Hitam itu menawan.
Tidak dapat disangkal lagi bahawa warna hitam ini sentiasa menjadi pilihan ramai tidak kira situasi, acara ataupun perayaan. Yakin ramai yang minat warna hitam ini kerana mudah untuk dipadankan dengan pelbagai corak dan warna tudung.
Jadi, tidak hairanlah warna hitam ini selalu menjadi pilihan. Warna hitam juga sering dikaitakan dengan warna yang tegas dan berani. Malahan, ia juga menyerlahkan lagi sifat elegan bagi wanita yang memakainya.
Lavender
Selain warna lilac, warna lavender juga menjadi pilihan ramai untuk raya tahun ini. Warna lavender juga adalah salah satu warna yang cerah dan lembut sahaja apabila dipakai.
Pemilihan warna ini bergantung juga kepada personal preference. Ada orang suka warna purple yang cerah, ada juga yang suka warna gelap. Di samping itu, warna lavender juga sering dikaitkan dengan feminin, kelembutan dan ketenagan.
Anda juga boleh pilih digital lavender. Bersifat gender neutral dan sesuai digayakan oleh lelaki dan wanita. Boleh pilih untuk jadi warna tema seisi keluarga kerana warna ini juga telah dipilih sebagai warna utama tahun 2023.
Nude/champagne
Antara warna lain yang menjadi pilihan waktu raya nanti adalah warna Nude atau Champagne. Semestinya warna ini ada peminatnya yang tersendiri. Ia adalah warna yang sering dikaitkan dengan kesederhanaan ketenangan dan mudah didekati.
Warna nude berdasarkan warna kulit orang Caucasians iaitu gabungan antara warna coklat pucat dan putih. Warna ini membuatkan pemakainya kelihatan elegan, praktikal dan moden.
Warna ini sangat cantik kalau dijadikan tema warna baju raya kerana boleh dipadankan dengan pelbagai warna lain termasuk warna hitam dan coklat gelap.
Navy blue
Warna seterusnya adalah warna Navy Blue. Pastinya ramai yang sudah tahu bahawa warna navy blue ini adalah warna neutral. Oleh itu, ia sesuai digunakan oleh sesiapa sahaja sama ada anda mempunyai tona kulit cool ataupun warm.
Warna ini adalah warna yang sentiasa ada dalam mana-mana sahaja koleksi pakaian dalam dunia fesyen.
Maroon
Warna maroon juga antara warna yang popular dan hot pada tahun ini. Banyak koleksi pakaian raya yang menjual warna ini. Terdapat pelbagai corak dan rekaan yang boleh digayakan dengan warna ini.
Bagi penggemar warna merah tetapi tidak ingin kelihatan menyerlah, boleh pilih warna maroon sebagai baju raya anda.
Kelabu
Kelabu juga antara warna yang menjadi pilihan pada raya nanti. Kelabu adalah warna yang neutral dan sesuai dipadankan dengan pelbagai warna. Terdapat banyak rekaan dan pilihan baju kurung dengan warna kelabu.
Warna kelabu ada yang pekat, gelap dan cerah. Tetapi untuk memilih kepekatan warna kelabu itu bergantung kepada kecenderungan masing-masing.
Baby blue
Selain warna navy blue, baby blue juga antara warna yang semakin popular sekarang ini. Golongan muda lebih suka memakai warna ini berbanding golongan berusia. Warna baby blue adalah warna pastel yang lembut yang memberikan kesan ketenangan.
Antara warna yang sesuai dipadankan dengan warna baby blue adalah Beige, Nude, Champagne, Navy Blue, Pigeon Post, Lavender dan lain-lain.
Light yellow
Walaupun tidak ramai yang mempunyai keyakinan memakai warna seperti ini tetapi warna ini juga antara warna yang banyak dicari raya nanti. Warna soft atau light yellow ini adalah warna yang lembut dan cerah. Ia juga adalah salah satu warna pastel yang ramai dicari oleh golongan muda.
Warna light/soft yellow ini membawa mesej seperti keceriaan, kebahagiaan, bertenaga dan menenangkan.
Dah tahu warna apa yang hendak dipilih? Jom kita terjah koleksi ZOFFYA LUXE : SEMEKAR AIDILFITRI. Sebuah koleksi yang memberikan keselesaan buat semua di hari raya nanti.


https://preview.redd.it/hpkds0qan4ua1.jpg?width=1226&format=pjpg&auto=webp&s=0c655b743fc2706235282a92a25bd0313f9af9a2
KOLEKSI ZOFFYA LUXE : SEMEKAR AIDILFITRI SESUAI UNTUK SEISI KELUARGA
Koleksi ZOFFYA LUXE : SEMEKAR AIDILFITRI bagi tahun 2023 merupakan koleksi rekaan yang terbaharu yang pastinya sedondon satu keluarga ibu, anak perempuan dan ayah serta anak lelaki.
Sudah tentunya tak meriah Aidilfitri jika kita tidak mengenakan baju raya sedondon bersama keluarga tercinta. Setiap keluarga pasti ada tema warna baju raya yang tersendiri.
Oleh itu, para isteri haruslah memakai baju yang sedondon dengan si suami.
Bagi yang inginkan kurung moden dengan silky french lace di bahagian atas baju sehingga tangan dan bahagian atas skirt, PEONY Pleated Plain pastinya memjadi pilihan. Jika si isteri menggayakan PEONY Pleated Plain, suami mesti segak bergaya dengan Baju Melayu ARJUNA
Baju Melayu ARJUNA diperbuat dari material Santana cotton blend yang mempunyai rekaan moden tanpa pesak juga mempunyai koleksi untuk kanak-kanak lelaki.
ZOFFYA memartabatkan baju-baju Melayu dan mengekalkan identiti orang Melayu dengan menawarkan rekaan tak lapuk dek hujan, tak lekang dek panas.
Untuk ibu yang sedang mengandung, baju PEONY adalah sangat selesa untuk digayakan sewaktu raya.
Satu lagi koleksi baju kurung moden ialah CATTLEYA Pleat printed. Kurung moden diperbuat daripada fabrik fiore poly printed khas dengan godet net yang tampak mewah.
Terdapat perincian lace yang menarik di bahagian dada dan hujung tangan serta boxpleat di bahagian lengan rekaan CATTLEYA ini.
Rekaan baju kurung CATTLEYA dalam koleksi ZOFFYA LUXE: SEMEKAR AIDILFITRI nampak lebih elegan dengan hiasan lace.
Bagi suami pula jika tidak mahu berbaju Melayu, boleh sarungkan kurta di pagi Syawal. Terdapat pelbagai jenis kurta koleksi ZOFFYA LUXE: SEMEKAR AIDILFITRI yang sesuai untuk jejaka yang mementingkan keselesaan.
Antaranya ialah Kurta MALEEK. Diperbuat daripada Printed Poly (10% Stretchable), kurta inimerupakan kurta potongan biasa yang sesuai digayakan dengan koleksi CATTLEYA. Kurta Maleek bercorak petak-petak kecil.
Kolar teluk belanga (kolar leher bulat) dengan perincian jahitan atas dan pembukaan butang hadapan tunggal (butang ukiran tersuai Zoffya). Mempunyai Poket sisi tersembunyi (kedua-dua belah) dan reka bentuk lengkung garis bawah.
Bagi wanita yang inginkan kelainan dan penuh bergaya di hari raya nanti, boleh pilih MIMOSA, koleksi reka bentuk jenis kaftan kurung.
Diperbuat daripada kain jacquard satin yang mempunyai leher V dengan stand collar serta lace di bahagian tangan. Reka bentuk ini memiliki maksud tersendiri iaitu halus, mulus dan sopan.
Dapat lihat reka bentuk Mimosa mempunyai kehormatan yang sesuai untuk digayakan oleh ibu dan juga anak. Bagi kaum bapa pula boleh pilih koleksi kurta Raden daripada material soft cotton linen.
Rekaan kurta dari ZOFFYA LUXE: SEMEKAR AIDILFITRI ini memang sedondon dengan baju untuk wanita.
Koleksi MIMOSA ini juga boleh dipadankan dengan Baju Melayu ARJUNA.
Selain itu, terdapat rekaan CALENDULA dengan material bloomcore printed 10% yang stretchable dengan gabungan gaya kimono style dan gabungan mermaid cut skirt.
CALENDULA Flare Printed Kurung Modern dengan Floral Embellishment ini dipenuhi dengan bunga-bunga yang mekar dan mewarnai hari raya anda sekeluarga dengan lebih ceria!
Jika isteri dan anak perempuan gayakan corak berbunga, suami dan anak lelaki boleh gayakan dengan baju Melayu ARJUNA ataupun kurta MUEEZ. Kurta tanpa corak ini diperbuat daripada pearl skin satin yang lembut.
Kurta potongan bias aini mempunyai leher cekak musang dan 3 panel badan hadapan dengan celah pembukaan butang hadapan.
Mempunyai poket sisi tersembunyi (kedua-dua belah) dan reka bentuk lengkung garis bawah.
Jika anda inginkan koleksi sedondon lengkap untuk sekeluarga namun dengan menggayakan kaftan, pastinya anda akan memilih koleksi AIMEE CAFTAN In Printed Korean Chiffon Crepe dan kurta MATEEN.
Kaftan AIMEE ini diperbuat daripada material Korean chiffon crepe. Kaftan ini kaftan longgar dan nursing friendly yang mempunyai zip di bahagian hadapan dan mesra wuduk.
Dipadankan dengan kurta MATEEN dari fabrik printed poly (10% stretchable) dan bercorak amat sesuai untuk bergaya di hari raya. Koleksi pakaian ini sesuai untuk aktiviti ziarah ke rumah sanak saudara dan sahabat handai.


https://preview.redd.it/x7on21xcn4ua1.jpg?width=1800&format=pjpg&auto=webp&s=75ca3ca7259fbac011ee8b3a538da65e15e64647
Kenapa Perlu Memilih koleksi ZOFFYA LUXE: SEMEKAR AIDILFITRI
Koleksi ZOFFYA LUXE: SEMEKAR AIDILFITRI sebuah koleksi raya sedondon buat anda dan yang tersayang, sebagai lambang kekeluargaan dan cinta sejati.
Koleksi istimewa daripa ZOFFYA INI mengambil masa lebih 6 bulan untuk memastikan ianya sempurna.Dari penghasilan rekaan pula, pemilihan dilakukan dengan penuh teliti, bagi menghasilkan gabungan yang sempurna buat anda.
Selain baju kurung dan kaftan untuk wanita, baju Melayu dan kurta untuk lelaki juga mempunyai pelbagai jenis warna yang boleh dipadankan dengan tema warna baju raya golongan wanita.
Pastinya koleksi ZOFFYA LUXE: SEMEKAR AIDILFITRI merupakan one stop centre untuk anda memilih pakaian sekeluarga di hari raya nanti.
Jika anda berminat untuk memiliki koleksi ZOFFYA LUXE: SEMEKAR AIDILFITRI, anda boleh membuat pembelian secara online. Dapatkan potongan harga sebanyak RM 30 bagi setiap baju yang ditawarkan. Promosi adalah TERHAD.
Kualiti yang ditawarkan oleh Koleksi ZOFFYA LUXE: SEMEKAR AIDILFITRI sememangnya terjamin dan sentiasa menjadi pilihan ZOFFYALOVERS.
Dapatkan koleksi semekar aidilfitri di zoffya.com
submitted by Zoffya to Zoffya [link] [comments]


2023.04.11 06:55 Jazzlike_Fig4381 Mode operasional e-commerce era baru Save Time dengan mudah membantu kamu menyelesaikan masalah tidak ada pasokan dan tidak ada pesanan

Mode operasional e-commerce era baru Save Time dengan mudah membantu kamu menyelesaikan masalah tidak ada pasokan dan tidak ada pesanan
Munculnya era informasi telah membawa banyak kemudahan dalam hidup dan pekerjaan kita, dan juga memberi kita banyak jalan baru untuk memulai usaha. Banyak orang yang mengandalkan teknologi digital untuk memulai perjalanan usaha e-commerce baru mereka sendiri dan mewujudkan pertambahan nilai kekayaan mereka.

Situs Web Resmi:https://savetime.com.co/sign-up.html?code=vPdLKB9490
Line:annie031893
WhatsApp:+62 89611494449
https://preview.redd.it/mqq6sjy9s6ta1.jpg?width=930&format=pjpg&auto=webp&s=59749ab383743602f33fe8cb9e6c54b1e7d9ed87
https://preview.redd.it/97jzoly9s6ta1.png?width=1079&format=png&auto=webp&s=5d3c7f45828ecfbd0690317cb9610214398a86a4
submitted by Jazzlike_Fig4381 to u/Jazzlike_Fig4381 [link] [comments]


2023.02.24 05:15 Chii_kun Tranpuan Indonesia boleh mengikuti ajang Nasional untuk ke Miss Universe!

Tranpuan Indonesia boleh mengikuti ajang Nasional untuk ke Miss Universe! submitted by Chii_kun to indonesia [link] [comments]


2023.02.05 15:11 FantasticChip_ Menurut kalian smartphone itu banyakan pros atau cons-nya?

Gue habis liat podcastnya Deddy Corbuzier (kadang kl lagi bosen emg suka mampir youtubenya beliau, haha), baru tau ada kasus beberapa anak 8 tahun merkosa anak umur 5 tahun. Intinya yg dibahas itu bahwa faktor easy access to porn stuff merupakan salah satu faktor berkembangnya kejahatan seksual. Diblg : "Org zaman sekarang bisa melihat lebih banyak wanita bugil dlm wkt 15 menit drpd raja paling hebat dimasa dulu".
Smartphone, menurut gue salah satu item dlm kehidupan manusia yg ga "perlu2" amat buat exist. Emg siy ni barang memudahkan hidup manusia, tp ini bisa distract dan kasih influence ke elo bahkan ketika elo ga memintanya.
Kaya misalnya niy gue udh niat buka twitter buat search ttg suatu hal, baru buka home eh kebaca sesuatu yg lucu / seru, akhirnya malah scroll2 panjang, udh 10 menit br sadar : eh, gue td mau ngapain ya kok malah baca2 yg lain. Atau kalo kaya gue weekend pgn ngerjain sesuatu, tp niatnya kaya 50-50, krn gue bisa cari distraction lewat smartphone, bisa tu jd yaudah rebahan aja sambil scroll2, tau2 udh siang aja.
Mungkin, ini sih masih mungkin, kl akses internet msh dibatasin di laptop aja ky jaman smartphone belum canggih2 banget, manusia bisa lebih produktif dan anak2 kecil lebih bisa disupervisi. Kaya kl mau nonton yg aneh2 di tv juga kan mesti lbh dagdigdug takut ketauan, atau kaya kl mau males2an tp nontonnya di laptop, lebih extra step soalnya musti nunggu nyalain loading dll.
Ga tau ini gue doang apa ngga, kl nonton youtube di tv / laptop gue lebih cepet bosen, ketimbang liat di HP. Probably krn posisinya yg ga bs sambil rebahan, jd lebih aware sama badan yg capek duduk lama2.
Dan satu lagi, smartphone makes people think that you're reachable 24/7 : "Masa siy dr tadi ga liat HP?" Ya mungkin gue liat HP, tp bukan berarti gue lg mau ngobrol sama elo kaan. 😆
So yeah, gue tmasuk yg kinda wish smartphone doesn't exist. Kalo komodos kira2 pendapatnya gimana?
submitted by FantasticChip_ to indonesia [link] [comments]


2022.10.11 12:45 NewBalanceID Bagaimana cara menata wedges Unisa untuk berbagai kesempatan?

Industri alas kaki telah berkembang dengan desain baru dan merek fashion yang diluncurkan setiap hari. Namun, ada beberapa merek yang membuka jalan mereka ke atas. Unisa adalah salah satunya. Brand ini dikenal dengan desain wedges dan sandals yang menghadirkan kenyamanan sesuai dengan gaya hidup aktif wanita modern. Sepatu ini dibuat selaras dengan semua tren mode terbaru juga. Unisa memiliki beragam pilihan sepatu wedges hak tinggi serta flat sepatu wedges. Sepatu wedge ini cukup serbaguna sehingga Anda dapat menatanya dengan berbagai cara. Apakah Anda menyukai getaran feFminin yang chic atau Anda adalah penggemar tampilan eksperimental yang dramatis, Unisa sandals tidak akan mengecewakan Anda sama sekali. Merek ini menjadi favorit tanda tangan dengan ketersediaan berbagai warna dan desain di alas kaki mereka. Keserbagunaan Unisa sandals juga menjadikannya pasangan yang cocok untuk semua kesempatan yang berbeda.
Kiat Gaya
Irisan Unisa serba guna, dan Anda dapat menatanya dengan pakaian formal dan casual. Curi sorotan di pesta dengan hiasan sepatu wedge Unisa atau ciptakan kesan di acara bisnis dengan sepatu wedges hak tinggi klasik dari Unisa. Anda juga dapat mengikuti tren mode terbaru seperti denim on denim, color blocking, dan banyak lagi dengan Unisa yang menawarkan wedges dalam desain dan corak yang menakjubkan. Berikut adalah beberapa tip untuk membantu Anda menguasai permainan gaya dengan wedges Unisa Anda.
T-shirts And Shirts: Padukan T-shirt Anda dengan sandals wedge Unisa untuk tampilan yang chic dan casual. Anda juga dapat memilih untuk tampil baggy dengan T-shirt oversized atau memilih crop polo t-shirt untuk tampilan yang lebih elegan. Anda juga bisa memadukan kemeja dengan jeans ibu dan melengkapi tampilan dengan sepatu hak tinggi. Untuk tampilan musim panas yang mudah, ambil kemeja panjang favorit Anda dan kenakan sebagai gaun dengan sepasang potongan Unisa chunky.
Jeans And Trousers: Sepatu wedge Unisa Anda akan cocok dipadukan dengan semua jenis denim dan celana panjang. Pertahankan hal-hal klasik dengan denim fit lurus atau gila dengan jeans kasar berkaki lebar. Sandals Unisa Anda akan memberikan tampilan edgy pada pakaian Anda saat dipasangkan dengan celana yang disesuaikan atau flare. Kamu juga bisa memadukan tampilan semi formal dengan cropped shirt, flare pants, dan sepatu wedges hak tinggi Unisa.
Celana Pendek Dan Rok: Sepatu wedges datar Unisa dapat terlihat keren dan membuat Anda tetap nyaman saat kuliah atau bekerja. Padukan dengan celana pendek dan T-shirt untuk hari santai di kampus atau singkirkan T-shirt biasa dan padukan kemeja dengan celana pendek untuk piknik. Anda juga bisa menata rok dengan wedges untuk hari Jumat santai di tempat kerja. Rok skater dapat dikenakan dengan flat Unisa untuk hari belanja atau untuk kencan kopi. High heels wedges juga tampil gaya dengan rok berstruktur.
Gaun: Unisa wedges memiliki desain yang luar biasa yang cocok dengan gaun maxi atau mini. Padukan tampilan musim panas yang semilir dengan gaun bermotif bunga dan sepatu wedges. Jika Anda menginginkan pakaian yang bergaya namun nyaman untuk pesta, pasangkan sepatu hak tinggi Unisa Anda dengan gaun celah satin dan Anda siap untuk pergi!
Rompers Dan Jumpsuits: Gaya Unisa sandals Anda dengan rompers untuk beberapa gambar luar biasa pada liburan pantai Anda berikutnya. Sandal ini juga cocok dipadukan dengan jumpsuits yang lebih panjang. wedges Unisa melengkapi semua jenis cetakan sehingga Anda selalu dapat menata jumpsuit yang dicetak dengannya.
Blazer dan Celana Khusus: Pakaian formal seperti blazer dan celana yang disesuaikan juga terlihat bagus dengan wedges hak tinggi. Kombinasi ini membuat tampilan bersih dan terstruktur yang ideal untuk semua jenis acara bisnis.
Unisa Di Linea
Linea telah mengkurasi berbagai pilihan sandals dan sepatu Unisa. Jelajahi berbagai gaya dan desain yang berbeda mulai dari datar hingga wedges dan pumps. Pilih sandal mid-heel favorit Anda untuk dipasangkan dengan gaun formal dan casual Anda. Jika Anda mencari sandals wanita yang serba guna, jelajahi koleksi seperti Unisa Manday dan Unisa Cliver untuk sepatu wedge kualitas premium. Jika Anda lebih menyukai sandals yang chic, Unisa juga memiliki beragam pilihan sepatu wedges hak tinggi yang bisa mempercantik tampilan Anda. Koleksi populer lainnya dari brand Unisa antara lain Unisa Tola, Unisa Lupita, Unisa Jamal, dan Unisa Idone.
Dijual di Linea
Linea membawakan Anda berbagai macam Unisa sandals dengan harga diskon yang bagus. Situs web kami menawarkan diskon dan penawaran luar biasa untuk berbagai produk Unisa. Anda bisa mendapatkan diskon hingga 50% untuk alas kaki Unisa selektif di sale Linea. Beberapa koleksi terlaris seperti Unisa Lagata dan Unisa Canroc tersedia untuk dijual di situs web kami. Beli sepasang sepatu wedges Unisa favorit Anda di Linea hari ini dan tampil gaya setiap hari.
submitted by NewBalanceID to u/NewBalanceID [link] [comments]


2022.08.14 03:43 slotpulsabolavita Review Slot Peking Luck

Review Slot Peking Luck
Review Slot Peking Luck - Kita akan mengulas langkah bermain slot peking luck yang berada di provider slot yang sangat menarik perhatian beberapa slot online indonesia, Peking Luck slot online yang dibikin oleh Pragmatic Play yang tawarkan kekuatan menang besar dengan lebih dari 100.000X peluang taruhan Anda untuk dimenangi. Game ini dimainkan pada set gulungan 5X3, dan feature perputaran bebas bisa memberikan Anda sampai 38 perputaran dengan pengganda 18X.

https://preview.redd.it/lhnsyxkb3lh91.jpg?width=360&format=pjpg&auto=webp&s=866229761bd48215f042494b0771348b0fc2ffb2
Slot Gacor Terbaik - Games slot peking luck dapat di ucapkan sebagai penebusan Pragmatic play sesudah mereka melaunching games slot online sebagai terkenal di kelompok pemain slot dan tidak menyebalkan fans setia permainan slot dari pragmatic play.
Games slot Peking luck benar-benar gacor, games slot online itu kelihatan hebat. Di laut berpenampilan, seperti suatu hal dari lukisan Tiongkok kuno, kita menyaksikan teater Tiongkok yang terapung Lentera Cina bergoyang halus tertiup angin, dan kipas dan kedok beragam warna mengundang kami untuk coba peruntungan kami. Peking Luck semua kelihatan benar-benar tenang. Tetapi hati-hatilah. Ini ialah gemes slot online dengan volatilitas tinggi, jadi kemungkinan kelihatan secantik gambar, tapi teruslah berdasar pada topi Anda karena ini adalah perjalanan yang menyenangkan ke Timur Artis wanita elok yang sembunyi dengan santun dibalik kipas merah mudanya yang berkibar kemungkinan sedikit liar dari yang kelihatan.
Karena sama nya provider yang melaunching games slot ini ialah pragmatic play, karena itu mayoritas pemain slot indonesia dan telah pahami langkah karateristik permainan slot ini.
Pria yang dicat dengan hiasan kepala yang hebat bayar dari 750 untuk lima performa jadi dua cuma untuk dua darinya. Lima naga bayar 500, dan tersebut turun jadi cuma dua untuk dua naga. Drum tradisionil yang dihias, dengan pita-pitanya, bayar 400 untuk lima drum, 80 untuk empat drum, dan 20 untuk tiga drum. Kipas merah muda yang elok bayar masing-masing 300, 75 dan 15 untuk lima fans, empat fans, dan tiga fans. Dan simbal bayar 250, 60 dan 15 untuk tiap-tiap lima simbal, empat simbal dan tiga simbal.
Ada kartu remi biasa, walau ini dilukis dengan cantik dalam opsi warna seperti permata. Lima, empat dan tiga Aces bayar 200, 50 dan 10. Lima, empat dan tiga Raja bayar 150, 40 dan 10. Lima, empat dan tiga Ratu bayar 125, 30 dan 5. Lima, empat dan tiga 10 bayar 100, 25 dan 5. Dan pada akhirnya, Anda dibayarkan untuk lima, empat, tiga dan dua sembilan dan Anda akan menang 100, 25, 5 dan 2.
submitted by slotpulsabolavita to u/slotpulsabolavita [link] [comments]


2022.06.23 15:40 slotpulsabolavita Tips & Trik Bermain Slot Thai Paradise

Tips & Trik Bermain Slot Thai Paradise - Permainan slot thai paradise sebagai salah satunya salah satunya permainan lainnya yang paling di mininati oleh beberapa pecinta slot online. Bolavita Karena permainan ini dapat disebutkan akan gampang untuk meraih kemenangan yang besar. Permainan ini memvisualisasikan situasi yang berada di pantai Asia.

Rtp Slot Gacor Hari Ini - Permainan ini disuguhi dengan situasi pantai yang paling cantik dengan iringan musik yang hendak membuat anda makin semangat untuk bermain permainan ini. Yang menjadi pemasti dari kemenangan ini ialah figur wanita thailand yang elok dan sexy. Karena itu dari saat anda mendapatkan gambar dari figur wanita thai bisa ditegaskan anda mendapatkan kemenangan yang besar sekali.
Thai Paradise mempunyai paylines sekitar 15 lines dalam bermainnya itu. Jila pada gambar itu yang hendak keluarkan 3 gambar yang serupa karena itu anda akan memperoleh kemenangan. Nach buat anda yang belum ketahui tata langkah untuk permainan ini silakan untuk memerhatikan beberapa keterangan dari admin yang ada berikut ini :
Huruf A 5 Gambar : x150 4 Gambar : x40 3 Gambar : x5 2 Gambar : x0
Huruf K 5 Gambar : x150 4 Gambar : x40 3 Gambar : x5 2 Gambar : x0
Huruf J 5 Gambar : x100 4 Gambar : x25 3 Gambar : x5 2 Gambar : x0
Huruf Q 5 Gambar : x100 4 Gambar : x25 3 Gambar : x5 2 Gambar : x0
Angka 10 5 Gambar : x100 4 Gambar : x25 3 Gambar : x5 2 Gambar : x0
Bunga Scatter 5 Gambar : x200 4 Gambar : x20 3 Gambar : x2 2 Gambar : x0
Perahu 5 Gambar : x750 4 Gambar : x100 3 Gambar : x30 2 Gambar : x5
Rumah Thailand 5 Gambar : x750 4 Gambar : x100 3 Gambar : x30 2 Gambar : x5
Gajah Thailand 5 Gambar : x2.000 4 Gambar : x400 3 Gambar : x40 2 Gambar : x5
Wanita Thailand Elok ( Jekpot) 5 Gambar : x5.000 4 Gambar : x1.000 3 Gambar : x100 2 Gambar : x10
Di atas sebagai beberapa keterangan berkenaan ketentuan main dari permainan ini. Untuk bermain permainan ini supaya lebih gampang memperoleh kemenangan admin merekomendasikan ke anda untuk mengawali permainan ini dimulai dari bett yang paling rendah. Mengapa begitu ? Untuk permainan slot anda harus benar-benar memahami akan perputaran yang hendak keluar. Dengan membaca perputaran dari mesin slot online anda dapat meraih kemenangan.
submitted by slotpulsabolavita to u/slotpulsabolavita [link] [comments]


2022.06.20 16:33 slotpulsabolavita Permainan Jitu Dari Vivoslot Lady Hawk

Permainan Jitu Dari Vivoslot Lady Hawk
Permainan Jitu Dari Vivoslot Lady Hawk - Dalam permainan slot Lady Hawk ini bertopik ihwal kehidupan wanita dengan elang di tengah-tengah pegunungan yang sama-sama menolong. Dalam ulasan ini kali, akan kita katakan sedikit langkah bermain slot Lady Hawk dan jumlah line nya yang ada dalam permainan slot Lady Hawk ini. Kemungkinan kenal kembali untuk beberapa gamer slot yang kerap bermain di Vivoslot karena gamming slots ini kerap dimainkan oleh bettor karena games ini mempunyai 5 Reel, 3 row, dan 25 payline yang lumayan mudah untuk memperoleh keuntungan dengan secepat-cepatnya dan gampang.

https://preview.redd.it/2evcr3sies691.jpg?width=838&format=pjpg&auto=webp&s=2e1178402b321551641e41ebd1de10868d42f889
Daftar Vivoslot - Slot Lady Hawk mempunyai feature wild di mana Feature ini dapat gantikan feature apa saja kecuali lambang scatter, lambang Wild ini hanya akan muncul pada reel ke 2, reel ke 3, reel ke 4, dan reel ke 5. Dalam ini ada lambang Scatter yang yang hanya akan muncul pada reel ke 1, reel ke 2, dan reel ke 3 saja dan seandainya muncul lambang itu maka aktifkan set free spin yang di mana spinnya akan diberi yakni random ialah spin gratis sekitar 9x, spin gratis sekitar 12x, dan spin gratis sekitar 15x.
Tentu saja pada tiap permainan slots ada feature bonus dan jekpot yang berlawanan-beda, Jekpot pada gamming ini juga Bervariatif bergantung lambang apa yang didapat. Saat sebelum memulai permainan Slots Lady Hawk vivoslot, kau harus kenali secara jelas apa lagi dulu hal odds atau harga yang ada pada tiap lambang slots games vivoslot berikut ini: ( jika bettingannya 25)
Lady Hawk 5 gambar yang serupa dibayar 250 4 gambar yang sama dibayar 75 3 gambar yang sama dibayar 20
Alat Catat 5 gambar yang serupa dibayar 200 4 gambar yang serupa dibayar 60 3 gambar yang serupa dibayar 20
Sarung Tangan 5 gambar yang serupa dibayar 150 4 gambar yang sama dibayar 45 3 gambar yang sama dibayar 15
Pisau 5 gambar yang sama dibayar 125 4 gambar yang serupa dibayar 35 3 gambar yang sama dibayar 15
Kalung Elang 5 gambar yang sama dibayar 100 4 gambar yang serupa dibayar 30 3 gambar yang sama dibayar 10
A 5 gambar yang serupa dibayar 50 4 gambar yang serupa dibayar 15 3 gambar yang serupa dibayar 5
K 5 gambar yang serupa dibayar 50 4 gambar yang serupa dibayar 15 3 gambar yang sama dibayar 5 Q 5 gambar yang serupa dibayar 40 4 gambar yang sama dibayar 15 3 gambar yang serupa dibayar 5
J 5 gambar yang serupa dibayar 30 4 gambar yang serupa dibayar 15 3 gambar yang serupa dibayar 5
10 5 gambar yang sama dibayar 30 4 gambar yang serupa dibayar 15 3 gambar yang serupa dibayar 5
submitted by slotpulsabolavita to u/slotpulsabolavita [link] [comments]


http://rodzice.org/