Cerita argumentasi dengan bahasa sunda

indonesia

2008.08.04 07:02 indonesia

Welcome to /indonesia. Selamat datang di subreddit /indonesia. Please follow the rules and respect others. Mohon patuhi peraturan subreddit dan hormati orang lain.
[link]


2024.06.09 14:35 Aggressive-Fruit-482 Tentang game

Hai semua,
Saya ingin berbagi beberapa pemikiran tentang dunia video game dan mengapa saya percaya bahwa game bukan hanya sekadar hiburan. Sebagai seorang gamer yang telah menghabiskan banyak waktu di berbagai platform, saya telah menemukan banyak hal berharga dari game yang saya mainkan.
**1. Mengembangkan Keterampilan:
**2. Cerita yang Mendalam dan Berkesan:
**3. Manfaat Kognitif:
**4. Komunitas dan Koneksi Sosial:
**5. Pengaruh Positif pada Kesehatan Mental:
Kesimpulan: Video game lebih dari sekadar hiburan. Mereka mengajarkan keterampilan berharga, menceritakan cerita yang mendalam, dan menciptakan komunitas yang kuat. Jadi, bagi siapa pun yang masih berpikir bahwa game hanya membuang-buang waktu, pikirkan lagi. Dunia game penuh dengan potensi untuk belajar dan berkembang.
Bagaimana dengan kalian? Apa pengalaman paling berkesan yang kalian dapatkan dari bermain game? Bagikan di kolom komentar!
submitted by Aggressive-Fruit-482 to u/Aggressive-Fruit-482 [link] [comments]


2024.06.09 13:12 akangmacho PEMBUNUH TERMUDA DI JEPANG

PEMBUNUH TERMUDA DI JEPANG
https://preview.redd.it/von5m0ffzi5d1.png?width=1080&format=png&auto=webp&s=58309367be822efebcf1c44a684378e9ad57905e
Di ranah kejahatan sejati, hanya sedikit cerita yang meresahkan dan membingungkan seperti halnya Nevada Tan. Kasus ini, yang melibatkan seorang gadis berusia 11 tahun di jepang, menangkap perpaduan yang menghantui antara kepolosan masa muda dan kekerasan yang tidak dapat dijelaskan, meninggalkan bekas yang tak terhapuskan pada mereka yang menyelidiki narasi gelapnya.
  1. INSIDEN MENGERIKAN
Pada tanggal 1 juni 2004, kota kecil Sasebo yang tenang di prefektur Nagasaki diguncang oleh kejahatan yang mengerikan. Di dalam kelas kosong di Sekolah Dasar Okubo, seorang gadis berusia 11 tahun bernama Satomi Mitarai menemui akhir yang tragis di tangan teman sekelasnya. Penyerang, juga seorang gadis berusia 11 tahun, kemudian di kenal sebagai "Nevada Tan".
Moniker "Nevada Tan" berasal dari foto pelaku yang mengenakan kaus Univeristas Nevada, gambar yang dengan cepat beredar di laporan media dan forum online. Berbekal pisau utilitas, dia menimbulkan luka fatal di leher dan lengan Mitarai, yang menyebabkan kematiannya. Motif di balik tindakan brutal ini sangat sepele : penghinaan yang dirasakan atas komentar yang dibuat Mitarai tentang penampilan penyerang di internet.
  1. BUNTUT DAN KEHEBOHAN MEDIA
Pembunuhan itu mengirimkan gelombang kejut ke seluruh jepang, negara di mana kejahatan kekerasan relatif jarang terjadi, terutama dikalangan anak-anak. Kasus ini menarik liputan media yang intens, tetapi karena undang-undang privasi jepang yang ketat tentang anak dibawah umur, nama asli pelaku dirahasiakan. Sebaliknya, citra dirinya dengan kaus Nevada menjadi ikon, melambangkan kasus dimata publik.
Ketika rincian kejahatan muncul, begitu pula pertanyaan tentang pengaruh pada pikiran muda dan peran internet dalam memperburuk keluhan kecil menjadi tindakan kekerasan. Peristiwa tragis itu memicu perdebatan nasional tentang kenakalan remaja, intimidasi di sekolah, dan masalah kesehatan mental di kalangan anak-anak.
  1. DAMPAK BUDAYA
Nevada Tan dengan cepat menjadi fenomena budaya, terutama dalam komunitas internet. Kasus ini mengilhami gelombang daya tarik yang mengerikan, dengan pelaku di fitnah dan dimitologi secara aneh di berbagai subkultur online. Tanggapan ini menyoroti aspek mengganggu dari daya tarik kejahatan sejati, di mana tragedi kehidupan nyata kadang-kadang di abstraksikan menjadi simbol dan meme.
Dampak dari kasus ini meluas ke luar jepang, beresonansi dengan khalayak global yang bergulat dengan isu serupa kekerasan pemuda dan sisi gelap interaksi di gital. Ini berfungsi sebagai pengingat suram tentang seberapa dalam masalah sosial dapat mempengaruhi bahkan anggota termuda masyarakat.
  1. REFLEKSI PADA KISAH TRAGIS
Kisah Nevada Tan adalah ilustrasi nyata tentang kepolosan yang hilang dan ke dalaman kekerasan muda yang tak terduga. Bagi komunitas kejahatan sejati, ini berfungsi sebagai status kasus yang mengharukan dalam memahami kompleksitas kejahatan remaja dan berbagai faktor yang dapat menyebabkan hasil tragis seperti itu.
Saat kita merenungkan kasus ini, sangat penting untuk mengingat kehidupan yang selamanya di ubah oleh tindakan ini, korban, keluarganya yang berduka, pelaku muda, dan komunitas yang tersisa untuk mengambil potongan-potongan itu. Penggemar kejahatan sejati sering tertarik pada aspek tergelap dari sifat manusia, tetapi cerita seperti Nevada Tan mengingatkan kita pada konsekuensi mendalam di balik narasi ini.
Pada akhirnya, Kisah Nevada Tan adalah pengingat yang serius tentang perlunya kasih sayang, pengertian dan kewaspadaan dalam memelihara pikiran muda, memastikan bahwa tragedi semacam itu tetap menjadi anomali langka daripada berita utama yang berulang.
submitted by akangmacho to u/akangmacho [link] [comments]


2024.06.09 12:45 Danielfaris2001 Jepun membaca

Shared from https://www.facebook.com/share/UBkbT8WTeWfqu2dm/?mibextid=oFDknk
5 faktor Jepun boleh melahirkan masyarakat rajin membaca Negara Jepun termasuk dalam kumpulan rakyat yang paling kuat membaca di dunia. Selain negara Finland, Belanda, Sweden dan Australia.
  1. Pelajar sekolah wajib membaca selama 10 minit Bak kata pepatah melentur buluh biar dari rebung. Sejak di sekolah anak-anak Jepun sudah dididik untuk membaca selama 10 minit sebelum sesi pembelajaran dimulai. Ia berlaku secara berterusan pada setiap hari. Kebiasaan ini sudah berlangsung selama 30 tahun.
    1. Membaca secara percuma di kedai buku Kebanyakan kedai buku Jepun membiarkan pengunjung membaca buku secara percuma sambil berdiri, ini dipanggil tachiyomi. Pengunjung yang datang untuk membaca secara percuma, tidak membeli buku. Namun mereka turut menyumbang kepada jualan dengan membeli barang-barang lain dari kedai tersebut.
Berbeza dengan keadaan kedai buku di Malaysia. Kebanyakannya membalut buku dengan plastik lutsinar bagi mengelak daripada dibuka oleh pengunjung. Kadang-kala siap ada amaran bertulis DILARANG MEMBACA.
  1. Rancangan televisyen khas menjual buku Pernah tak tertengok rancangan CJ WOWSHOP dalam siaran TV? Rancangan sebegini memang banyak di Jepun dan ia khusus untuk penjualan buku.
Melalui rancangan ini penonton dapat melihat beberapa resensi buku yang ditayangkan dalam program tersebut. Penonton boleh memesan buku secara online jika berminat.
  1. Kedai buku yang sangat banyak Jumlah kedai buku di Jepun menyamai jumlah kedai buku di Amerika Syarikat. Sedangkan Amerika mempunyai keluasan 26 kali ganda berbanding Jepun. Kedai buku di Jepun tutup lebih lewat berbanding kedai-kedai lain.
Kebanyakan buku di Jepun diterbitkan dalam ukuran kecil, ringan, dan mudah dibawa kemana-mana. Buku-buku terjemahan dari bahasa asing juga boleh didapati dengan mudah.
  1. Ruang membaca awam Di Jepun terdapat sangat banyak kemudahan awam yang berbentuk ruang membaca yang sedia untuk digunakan pada bila-bila masa. Walaupun ramai orang zaman ini banyak meluangkan masa dengan telefon pintar, namun di Jepun majoritinya meluangkan masa dengan membaca buku atau komik untuk menghilangkan kebosanan.
Maka, tidak hairanlah jika negara Jepun pantas bangkit dari kejatuhan selepas kalah dalam perang dunia kedua. Walaupun mereka hancur teruk selepas pengeboman Hiroshima dan Nagasaki. Ini kerana mereka memiliki rakyat yang menyintai ilmu. Rakyat bukan beragama Islam, namun tindak tanduknya seolah-olah menyambut baik seruan Allah dari ayat pertama surah al-Alaq “IQRA!”
submitted by Danielfaris2001 to Ajar_Malaysia [link] [comments]


2024.06.09 08:55 Sensitive_Idea_9280 Ketika kamu merasa seperti memenangkan argumentasi dengan temanmu, tapi kemudian dia mengirimkan meme yang membuatmu terdiam: 'Hening adalah jawaban terbaik.'

submitted by Sensitive_Idea_9280 to rdatzhaa [link] [comments]


2024.06.09 05:14 Anxious_Scratch_913 Laskar pelangi

Laskar Pelangi adalah novel pertama karya Andrea Hirata yang diterbitkan oleh Bentang Pustaka pada tahun 2005. Novel ini bercerita tentang kehidupan 10 anak dari keluarga miskin yang bersekolah (SD dan SMP) di sebuah sekolah Muhammadiyah di Belitung yang penuh dengan keterbatasan.
Mereka bersekolah dan belajar pada kelas yang sama dari kelas 1 SD sampai kelas 3 SMP, dan menyebut diri mereka sebagai Laskar Pelangi. Pada bagian-bagian akhir cerita, anggota Laskar Pelangi bertambah satu anak perempuan yang bernama Flo, seorang murid pindahan. Keterbatasan yang ada bukan membuat mereka putus asa, tetapi malah membuat mereka terpacu untuk dapat melakukan sesuatu yang lebih baik.
Laskar Pelangi merupakan buku pertama dari Tetralogi Laskar Pelangi. Buku berikutnya adalah Sang Pemimpi, Edensor dan Maryamah Karpov. Buku ini tercatat sebagai buku sastra Indonesia terlaris sepanjang sejarah.
submitted by Anxious_Scratch_913 to u/Anxious_Scratch_913 [link] [comments]


2024.06.09 03:36 fergewzen Akan kerja di luar negeri, apa aja yang perlu disiapin ya?

Halo komodos! gw tau disini banyak orang indonesia yang kerja/tinggal di luar negeri, nah gw (sendirian) dalam beberapa bulan bakal ke luar negeri (dengan 4 musim, gak berbahasa inggris) untuk kerja dan tinggal juga nih, tapi gw juga ada rencana bakal balik lagi tinggal di indonesia suatu saat (bisa jadi cuma 5 tahun di luar negerinya, terus balik). Nah gw ada beberapa pertanyaan (mungkin beberapa pertanyaan bodoh juga):
  1. nomor telepon/sim card yang di indonesia tetap dipasang kah? atau dikasihkan ke keluarga kah? atau dibiarkan nomornya hangus? (nomor ini kepake untuk banyak OTP dan untuk restore password berbagai akun)
  2. rencana pengen bawa PC, tapi PC itu berat banget (rencana bakal cuma bawa mobo, cpu, ram, memory, gpu, terus ditaruh di koper bagasi, gaakan disangka bom kan ya?), ada saran?
  3. surat2/dokumen2 asli penting, seperti KTP, ijazah, KK, SIM, etc. perlu dibawa kah? denger2 sekarang bea cukai ngeharusin kita selalu nyimpen struk/invoice pembelian barang yang nantinya akan dibawa ke indonesia, ini berarti untuk setiap barang yang dibeli di luar negeri dan dibawa ke indonesia, kita harus nyimpen struk/invoicenya gitu?
  4. untuk pakaian yang dibawa, idealnya bawa berapa pasang ya?
  5. karena belum digaji, tapi harus udah ke luar negeri duluan, gw perlu tuker IDR ke mata uang negara tujuan segimana ya? (misal yg penting nutupin biaya hidup sebulan, atau mungkin perlu lebih)
  6. adakah barang2 yang better untuk dibeli di indo? (mungkin bisa lebih murah, misal, jaket winter, sepatu winter, HP, payung, etc.)
  7. bahasa lokal negara tujuan harus sejago apa? di tempat kerja bakal full inggris, tapi di negara itu kebanyakan orang gabisa bahasa inggris, nah kira2 untuk bahasa lokalnya perlu belajar sampe segimana ya?
  8. barang2 yang wajib dibawa apa ya? yang gw pikir sangat wajib itu passport aja, ada yang lain gak ya?
Kalo punya jawaban hanya untuk beberapa pertanyaan juga ga masalah, kalo ada tips/trick juga boleh dong dikasih tau hehe. Makasih sebelumnya.
submitted by fergewzen to indonesia [link] [comments]


2024.06.08 21:00 Dutchcheese1998 M4F 26 the Netherlands looking for someone from Europe or Asia #online

M4F M26 Europe/worldwide looking for a connection and maybe more
Hi there! a 26-year-old male from the Netherlands, living in a tiny but cozy studio apartment. I'm currently learning Bahasa Indonesia on Duolingo—aku belajar Bahasa Indonesia dengan Duolingo!! When I'm not exploring new languages, you'll find me immersed in music or binge-watching TV series.
I’m a huge fan of "How I Met Your Mother," and my music taste spans from Taylor Swift to Imagine Dragons and Måneskin, among many other pop and rock artists. Starting in October, I'll be diving into ballet lessons, which I'm super hyped about! It has been a lifelong dream of minds but I never followed up on it.
I work in the safety consulting industry, helping to ensure people and workplaces stay safe. If you're learning Dutch, I'd be happy to help you with it!
I love to learn about new cultures and travel whenever I can—my next destination is still unknown, but I'm always excited for the next adventure. I'm here looking for people to share stories with and make meaningful connections. Whether you want to talk about your favorite shows, share music recommendations, or discuss anything under the sun, I'd love to hear from you and receive a message. And who knows maybe there could be something more.
submitted by Dutchcheese1998 to r4r [link] [comments]


2024.06.08 19:16 Rendaa-83 Masakan rendangRendang (bahasa Minangkabau: randang; Jawi: رندڠ) adalah hidangan berbahan dasar daging yang dihasilkan dari proses memasak suhu rendah dalam waktu lama dengan menggunakan aneka rempah-rempah dan santan. Proses memasaknya memakan waktu berjam-jam (biasanya sekitar empat jam) hingga ya

submitted by Rendaa-83 to u/Rendaa-83 [link] [comments]


2024.06.08 18:05 One_Yard_1997 Pesawat terbang

Pesawat terbang ( Bahasa Inggris Amerika ) atau pesawat terbang ( Bahasa Inggris Persemakmuran ), secara informal pesawat , adalah pesawat bersayap tetap yang didorong ke depan dengan daya dorong dari mesin jet , baling-baling) , atau mesin roket . Pesawat terbang hadir dalam berbagai ukuran, bentuk, dan konfigurasi sayap . Spektrum luas kegunaan pesawat terbang mencakup rekreasi , transportasi barang dan orang, militer , dan penelitian . Di seluruh dunia, penerbangan komersial mengangkut lebih dari empat miliar penumpang setiap tahunnya dengan pesawat \1]) dan mengangkut lebih dari 200 miliar ton - kilometer \2]) kargo setiap tahunnya, yang berarti kurang dari 1% pergerakan kargo dunia. \3]) Kebanyakan pesawat terbang diterbangkan oleh seorang pilot di dalam pesawat tersebut, namun ada juga yang dirancang untuk dikendalikan dari jarak jauh atau dikendalikan oleh komputer seperti drone.
submitted by One_Yard_1997 to u/One_Yard_1997 [link] [comments]


2024.06.08 17:42 Ok-Friend-3022 Organisasi

Organisasi atau pertubuhan (Belanda: organisatie) merupakan sekumpulan dua orang atau lebih yang berkumpul dalam wadah yang sama dan memiliki satu tujuan. sumber daya baik dengan metode, material, lingkungan dan uang serta sarana dan prasarana, dan lain sebagainya dengan efisien) dan efektif untuk bisa mencapai tujuan organisasi.\1])Dalam lingkup ilmu-ilmu sosial, organisasi dipelajari sebagai objek penelitian oleh antara lain ilmu sosiologi, ekonomi, politik, psikologi, antropologi, sejarah, dan manajemen.
submitted by Ok-Friend-3022 to u/Ok-Friend-3022 [link] [comments]


2024.06.08 14:55 Weekly-Arm-9614 Dan ketika matahari bersembunyi di ufuk barat, kita merenungkan cerita hari ini dengan penuh syukur dan rasa bangga akan setiap pencapaian dan ketabahan yang telah kita tunjukkan. Meskipun halaman hari ini berakhir, kita siap menyambut lembaran baru yang akan datang, dengan keyakinan bahwa setiap ce

Dan ketika matahari bersembunyi di ufuk barat, kita merenungkan cerita hari ini dengan penuh syukur dan rasa bangga akan setiap pencapaian dan ketabahan yang telah kita tunjukkan. Meskipun halaman hari ini berakhir, kita siap menyambut lembaran baru yang akan datang, dengan keyakinan bahwa setiap ce submitted by Weekly-Arm-9614 to u/Weekly-Arm-9614 [link] [comments]


2024.06.08 14:54 Weekly-Arm-9614 Hari ini adalah lembaran baru dalam buku kehidupan kita. Dengan mata yang penuh semangat, kita menghadapi pagi yang cerah dengan harapan dan mimpi-mimpi yang mengambang di langit biru. Setiap langkah yang kita ambil, setiap keputusan yang kita buat, membentuk plot dari cerita yang sedang kita tulis

 Hari ini adalah lembaran baru dalam buku kehidupan kita. Dengan mata yang penuh semangat, kita menghadapi pagi yang cerah dengan harapan dan mimpi-mimpi yang mengambang di langit biru. Setiap langkah yang kita ambil, setiap keputusan yang kita buat, membentuk plot dari cerita yang sedang kita tulis submitted by Weekly-Arm-9614 to u/Weekly-Arm-9614 [link] [comments]


2024.06.08 14:46 Best_Substance9178 Melalui setiap percakapan dan pertemuan, kita menyulam ikatan yang menguatkan hubungan kita dengan sesama. Cerita hari ini dipenuhi dengan tawa, cerita, dan rasa syukur akan kehadiran orang-orang yang berarti dalam hidup kita. Bersama-sama, kita membentuk jalinan komunitas yang saling mendukung dan

Melalui setiap percakapan dan pertemuan, kita menyulam ikatan yang menguatkan hubungan kita dengan sesama. Cerita hari ini dipenuhi dengan tawa, cerita, dan rasa syukur akan kehadiran orang-orang yang berarti dalam hidup kita. Bersama-sama, kita membentuk jalinan komunitas yang saling mendukung dan submitted by Best_Substance9178 to u/Best_Substance9178 [link] [comments]


2024.06.08 14:45 Best_Substance9178 Hari ini adalah lembaran baru dalam buku kehidupan kita. Dengan mata yang penuh semangat, kita menghadapi pagi yang cerah dengan harapan dan mimpi-mimpi yang mengambang di langit biru. Setiap langkah yang kita ambil, setiap keputusan yang kita buat, membentuk plot dari cerita yang sedang kita tulis.

Hari ini adalah lembaran baru dalam buku kehidupan kita. Dengan mata yang penuh semangat, kita menghadapi pagi yang cerah dengan harapan dan mimpi-mimpi yang mengambang di langit biru. Setiap langkah yang kita ambil, setiap keputusan yang kita buat, membentuk plot dari cerita yang sedang kita tulis. submitted by Best_Substance9178 to u/Best_Substance9178 [link] [comments]


2024.06.08 14:44 Best_Substance9178 open your mine guys

"Langkah demi langkah, kita meniti jalan cerita hari ini. Dengan harapan di hati, kita menatap masa depan yang penuh warna. Setiap detik adalah bab baru yang menanti untuk diisi dengan keajaiban dan pengalaman. Bersama-sama, kita menjalani kisah hidup ini dengan semangat yang menggelora, siap mengukir jejak di lembaran waktu yang terus berputar."
submitted by Best_Substance9178 to u/Best_Substance9178 [link] [comments]


2024.06.08 13:30 SMB99thx Apakah kejadian suster meninggal di lift Rumah Sakit Simpang Surabaya memang terjadi? Kalau terjadi, kejadiannya pada tahun kapan?

Pada waktu kecil di Surabaya saya sering mendengar cerita ini pada waktu pergi ke Delta Plaza. Dan cerita ini terkenal hingga ada film "Suster Gepeng" yang dirilis pada tahun 2012. Saya percaya insiden ini memang terjadi dengan betapa banyaknya orang yang percaya, tapi aku kesulitan mencari buktinya di Internet. Saya perkirakan insiden ini terjadi di dekade 1970an (mungkin sekitar awal 1970an), tapi karena tidak ada bukti, aku gak tahu apa yang terjadi sebenarnya.
Jadi aku punya pertanyaan: Apakah kejadian lift yang menewaskan salah satu suster Rumah Sakit Simpang di Surabaya memang beneran terjadi? Dan bila terjadi, sekitar tahun berapa insidennya?
submitted by SMB99thx to indonesia [link] [comments]


2024.06.08 12:01 navarra8000 Makna Permainan Terbaik 2024

Permainan telah menjadi bagian integral dari kehidupan manusia sejak zaman prasejarah. Permainan tidak hanya berfungsi sebagai sarana hiburan, tetapi juga sebagai alat pendidikan, pengembangan keterampilan sosial, dan bahkan pemulihan kesehatan mental. Dalam artikel ini, kita akan mengeksplorasi makna dari permainan terbaik, mengkaji berbagai jenis permainan, unsur-unsur yang membuat permainan tersebut menarik, serta manfaat yang dapat diperoleh dari bermain permainan.
Sejarah Permainan

Permainan Kuno

Sejarah permainan dapat ditelusuri kembali hingga ribuan tahun yang lalu. Permainan kuno seperti catur dan go sudah dimainkan oleh masyarakat kuno untuk mengasah kecerdasan dan strategi. Contoh lain adalah permainan dadu yang telah ditemukan di situs arkeologi Mesir kuno, menunjukkan bahwa manusia telah lama terpesona oleh tantangan dan hiburan yang disediakan oleh permainan.
Permainan Modern
Seiring dengan perkembangan teknologi, permainan telah berevolusi secara signifikan. Dari permainan papan klasik, masyarakat beralih ke permainan video yang menawarkan pengalaman visual dan interaktif yang lebih mendalam. Permainan modern tidak hanya sekadar hiburan, tetapi juga menjadi alat untuk menjelajahi dunia virtual yang luas dan menantang.
Jenis-Jenis Permainan

Permainan Tradisional

Permainan tradisional seperti congklak, karambol, dan gasing masih dimainkan hingga saat ini. Meskipun sederhana, permainan ini mengandung nilai-nilai budaya dan sering digunakan sebagai alat untuk mengajarkan anak-anak tentang tradisi dan norma sosial.

Permainan Digital

Permainan digital mencakup berbagai jenis, mulai dari permainan komputer, konsol, hingga aplikasi ponsel. Permainan ini menawarkan grafik yang menakjubkan, alur cerita yang kompleks, dan multiplayer online yang memungkinkan pemain berinteraksi dengan orang lain di seluruh dunia.

Permainan Fisik

Permainan fisik seperti olahraga dan aktivitas luar ruangan juga sangat penting. Olahraga tidak hanya membantu menjaga kebugaran fisik tetapi juga mengajarkan kerja sama tim, strategi, dan ketahanan mental.

Unsur-Unsur Permainan Terbaik

Keterlibatan Pemain

Salah satu unsur yang membuat permainan menjadi terbaik adalah tingkat keterlibatan pemain. Permainan yang baik harus mampu menarik perhatian pemain dari awal hingga akhir, memberikan tantangan yang seimbang, dan menawarkan penghargaan yang memadai untuk setiap pencapaian.

Alur Cerita yang Menarik

Alur cerita yang menarik adalah elemen kunci dalam permainan. Sebuah narasi yang kuat dan karakter yang dikembangkan dengan baik dapat membuat pemain merasa terhubung secara emosional dengan permainan, sehingga mereka lebih terdorong untuk melanjutkan dan menyelesaikan permainan.

Grafis dan Desain

Grafis yang memukau dan desain yang kreatif juga memainkan peran penting dalam membuat permainan menarik. Visual yang menarik dan lingkungan yang dirancang dengan baik dapat meningkatkan pengalaman bermain, membuat pemain merasa benar-benar terlibat dalam dunia permainan.

Manfaat Permainan

Kesehatan Mental

Permainan dapat berfungsi sebagai alat untuk meredakan stres dan meningkatkan kesehatan mental. Bermain permainan yang menyenangkan dapat meningkatkan mood, mengurangi kecemasan, dan memberikan rasa pencapaian.

Kemampuan Sosial

Permainan, terutama yang melibatkan multiplayer, dapat membantu mengembangkan keterampilan sosial. Pemain dapat belajar tentang kerja sama, komunikasi, dan negosiasi melalui interaksi dengan pemain lain.

Kemampuan Kognitif

Permainan juga dapat meningkatkan kemampuan kognitif seperti pemecahan masalah, pemikiran strategis, dan konsentrasi. Permainan yang menantang otak dapat membantu mempertajam kemampuan berpikir dan memperbaiki keterampilan analitis.

Permainan dalam Kehidupan Sehari-hari

Pendidikan

Permainan telah digunakan dalam bidang pendidikan untuk membuat proses belajar menjadi lebih menyenangkan dan efektif. Game edukasi dapat membantu siswa memahami konsep-konsep sulit melalui pengalaman interaktif dan visualisasi yang menarik.

Pelatihan dan Simulasi

Dalam berbagai industri, permainan simulasi digunakan untuk pelatihan. Simulasi dapat memberikan pengalaman praktis yang aman dan terkontrol, memungkinkan individu untuk belajar dan berlatih keterampilan dalam situasi yang realistis tanpa risiko nyata.

Kesimpulan

Permainan adalah bagian penting dari kehidupan manusia yang menawarkan banyak manfaat. Dari permainan tradisional hingga digital, setiap jenis permainan memiliki keunikan dan kegunaannya sendiri. Permainan terbaik adalah yang dapat melibatkan pemain secara emosional, menantang pikiran, dan memberikan pengalaman visual yang memuaskan. Selain itu, permainan juga memiliki peran penting dalam pendidikan dan pelatihan, serta memberikan manfaat signifikan untuk kesehatan mental dan keterampilan sosial.
submitted by navarra8000 to u/navarra8000 [link] [comments]


2024.06.08 11:04 jafrdat Pendidikan Di Indonesia Memprihatinkan

Tesis: Indonesia memiliki sekitar 742 bahasa dan menempati posisi kedua negara dengan bahasa daerah terbanyak. Akan tetapi, pada akhir abad ke-21, lebih dari setengah bahasa daerah ini akan punah. Diperkirakan sekitar 441 bahasa daerah di Indonesia akan menghilang.
Argumentasi: Punahnya beberapa bahasa daerah ini disebabkan oleh berbagai faktor. Faktor-faktor tersebut adalah globalisasi dan modernisasi, perubahan demografis seperti migrasi massal dan urbanisasi, proses asimilasi budaya, penggunaan bahasa sebagai alat politik, bahasa daerah yang tidak didukung pemerintah dan masyarakat, serta perkembangan teknologi dan media massa.
Penegasan ulang: Untuk mengatasi fenomena ini, upaya cerdas dan serius perlu dilakukan. Hal ini perlu dilakukan oleh, tidak hanya pemerintah, tetapi juga komunitas etnik penutur bahasa terkait. Di antara cara yang dapat dilakukan adalah pendokumentasian, kajian-kajian, dan upaya-upaya revitalisasi.
submitted by jafrdat to u/jafrdat [link] [comments]


2024.06.08 11:02 jafrdat Rapor Merah, Bahasa Daerah Indonesai Akan Punahh

Tesis: Indonesia memiliki sekitar 742 bahasa dan menempati posisi kedua negara dengan bahasa daerah terbanyak. Akan tetapi, pada akhir abad ke-21, lebih dari setengah bahasa daerah ini akan punah. Diperkirakan sekitar 441 bahasa daerah di Indonesia akan menghilang.
Argumentasi: Punahnya beberapa bahasa daerah ini disebabkan oleh berbagai faktor. Faktor-faktor tersebut adalah globalisasi dan modernisasi, perubahan demografis seperti migrasi massal dan urbanisasi, proses asimilasi budaya, penggunaan bahasa sebagai alat politik, bahasa daerah yang tidak didukung pemerintah dan masyarakat, serta perkembangan teknologi dan media massa.
Penegasan ulang: Untuk mengatasi fenomena ini, upaya cerdas dan serius perlu dilakukan. Hal ini perlu dilakukan oleh, tidak hanya pemerintah, tetapi juga komunitas etnik penutur bahasa terkait. Di antara cara yang dapat dilakukan adalah pendokumentasian, kajian-kajian, dan upaya-upaya revitalisasi.
submitted by jafrdat to u/jafrdat [link] [comments]


2024.06.08 10:59 jafrdat BAGAIMANAKAH SISTEM PENDIDIKAN DI INDONESIA??

Tesis: Sebenarnya, Indonesia bukanlah negara yang kekurangan motivasi untuk belajar. Mulai dari pahlawan bangsa yang berasal dari Sabang hingga Merauke, semuanya memiliki semangat tinggi dalam meraih dan mengenyam pendidikan setinggi-tingginya. Namun, mengapa peringkat pendidikan (dan hal-hal yang berkaitan dengan itu) kita berada dalam kondisi yang memprihatinkan dan menyedihkan?
Argumentasi: Hal-hal tersebut terjadi karena beberapa hal. Pertama, kompetensi guru di Indonesia masih berada di tingkat yang sangat rendah. Kedua, (inilah yang saya sangat ingin tekankan kepada para pembaca) yaitu kaku dan membelenggunya kurikulum, mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi.
Penegasan ulang: Saya berharap, kita semua dapat mengerti kondisi pendidikan di negeri tercinta kita ini. Sehingga kita dapat lebih berintrospeksi diri sembari melakukan yang lebih baik untuk pendidikan kita, khususnya kepada anak kita yang masih mengenyam pendidikan formal, ataupun kita yang sedang melakukan studi lanjut.
submitted by jafrdat to u/jafrdat [link] [comments]


2024.06.08 10:54 jafrdat PENTINGNYA PENDIDIKAN BAGI SEMUA ORANG

Tesis: Pendidikan merupakan hal terpenting dalam kehidupan kita, memberikan hak kepada setiap manusia untuk berkembang secara kontinu. Ini adalah proses penting dalam pengembangan diri agar dapat hidup dan bertahan dalam kehidupan.
Argumentasi: Pendidikan dimulai dari lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat, dan menjadi kunci utama bagi perkembangan individu. Anak yang tumbuh dalam kasih sayang keluarga cenderung memiliki rasa keterhubungan yang kuat dan merasa penting dalam keluarga, yang memberikan dukungan bagi perkembangan mereka. Di lingkungan keluarga, harga diri berkembang karena diterima dan dihargai sebagai individu.
Sekolah menjadi tahap kedua dalam pendidikan, di mana guru berperan sebagai mediator ilmu yang memberikan dorongan dan bantuan kepada siswa untuk berkembang. Pentingnya pendidikan tercermin dalam upaya guru untuk menarik minat siswa agar mereka memiliki rasa tanggung jawab terhadap pembelajaran.
Selain itu peranan lingkungan masyarakat juga penting bagi anak didik. Hal ini berarti memberikan gambaran tentang bagaimana kita hidup bermasyarakat. Dengan demikian bila kita berinteraksi dengan masyarakat maka mereka akan menilai kita, bahwa tahu mana orang yang terdidik, dan tidak terdidik.
Penegasan ulang: Di zaman era globalisasi diharapkan generasi muda bisa mengembangkan ilmu yang didapat sehingga tidak ketinggalan dalam perkembangan zaman. Itulah pentingnya menjadi seorang yang terdidik baik di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat.
submitted by jafrdat to u/jafrdat [link] [comments]


2024.06.08 09:52 kimaseas Pengenalan Bahasa Pemrograman Python: Kenapa Harus Belajar?

Halo, Redditor! 🐍
Python adalah salah satu bahasa pemrograman yang paling populer dan serbaguna. Mengapa Anda harus mempelajarinya? Berikut beberapa alasan:
  1. Sintaks yang Mudah Dibaca:
    • Python memiliki sintaks yang sederhana dan mudah dibaca. Ini membuatnya cocok untuk pemula dan mempercepat proses pembelajaran.
  2. Komunitas yang Aktif:
    • Komunitas Python sangat besar dan aktif. Anda dapat dengan mudah menemukan tutorial, dokumentasi, dan solusi untuk masalah yang Anda hadapi.
  3. Banyak Modul dan Pustaka:
    • Python memiliki banyak modul dan pustaka yang memperluas fungsionalitasnya. Contohnya, NumPy untuk komputasi numerik, Pandas untuk analisis data, dan Flask untuk pengembangan web.
  4. Dukungan untuk Berbagai Platform:
    • Python dapat dijalankan di berbagai sistem operasi (Windows, macOS, Linux) dan platform (desktop, server, mobile).
  5. Aplikasi yang Beragam:
    • Python digunakan dalam berbagai bidang, termasuk pengembangan web, ilmu data, kecerdasan buatan, dan pengembangan game.
Jadi, jika Anda belum mempelajari Python, ini adalah saat yang tepat untuk memulai! 🚀
Semoga postingan ini menginspirasi orang lain untuk mempelajari Python. Jangan ragu untuk bertanya jika Anda ingin tahu lebih lanjut atau memiliki permintaan lain! 😊
submitted by kimaseas to u/kimaseas [link] [comments]


http://swiebodzin.info