Contoh cerita fiksi

Cerita Pendek

2014.07.29 15:04 inuandjaime Cerita Pendek

[link]


2024.05.08 08:48 PROTROLLERs Adakah kamu setuju Bangsa KDM di bawah rumpun Dayak.

Mcm yang kita tau, kita selalu panggil kdm² sja kan teda nama rasmi. Baru² ini Datuk Ewon Benedick telah mencadangkan pengunaan terma Momogun untuk bangsa kdm. Momogun National Congress (MNC) telah bekerjasama dgn YB Datuk Ewon Benedick untuk mempopularkan penggunaan Momogun ini. Contoh penggunaan Momogun: Momogun Tatana
Manakala Datuk Jeffery Kitingan pula mau penggunaan rumpun Dayak bagi semua kaum di Sabah. Contohnya: Dayak Tatana Imej Dayak di Sabah terumanya di Kuala Penyu memang dikaitkan dengan unsur negatif. Ada cerita bilang dayak putung kepala orang kita la etc.
Jadi soalan sia, apakah gelaran yang paling sesuai untuk nama "payung" KDM?
submitted by PROTROLLERs to Sabah [link] [comments]


2024.05.02 10:43 The-Uncle-Dev Soalan bodoh maybe.

Stupid question...
Aq nak tulis cerita, tapi tak tahu pasal benda tu. Kalau sekolah pemulihan macam Henry Gurney or the fictional Sekolah Wira Bakti. Jadi persoalannya, macam mana seseorang remaja yang masuk ke sekolah itu boleh dilepaskan. Boleh ke kalau ada orang yang suka hati je nak lepaskan sesiapa dari sekolah tu macam contoh, duit. Benda ni boleh terjadi ke kalau sekolah tu korup?
Tolong jangan marah tanya soalan pelik" macam ni. Jangan kecam ☺️👌
submitted by The-Uncle-Dev to malaysia [link] [comments]


2024.04.29 18:31 arya21god HORROR Genre IS THE Indonesia POP CULTURE?

Genre horror bagi saya adalah salah satu pop culture indonesia yang mendunia banyak produk produk pop culture dari dari genre ini. Contoh karya pop culture yang terkenal bagi saya DredOut dan Film "Siksa Kubur"
Game horor Indonesia "DreadOut" menarik perhatian dengan menyajikan pengalaman horor yang unik berdasarkan mitologi dan budaya lokal. Dengan memadukan elemen-elemen horor barat dan tradisi lokal, permainan ini berhasil menciptakan atmosfer yang mencekam bagi para pemainnya.
Di sisi lain, film "Siksa Kubur" menjadi representasi lain dari perkembangan genre horor dalam industri film Indonesia. Dengan plot yang menggabungkan horor, misteri, dan drama psikologis, film ini memperlihatkan pendekatan yang lebih kompleks dalam penyampaian cerita horor. "Siksa Kubur" memberikan sorotan pada ketegangan antara dunia nyata dan dunia gaib, serta menggali konflik-konflik emosional yang mendalam di antara karakter-karakternya.
Kehadiran karya-karya seperti "DreadOut" dan "Siksa Kubur" tidak hanya menyokong pertumbuhan genre horor di Indonesia, tetapi juga menunjukkan potensi kreativitas dan keberagaman dalam menghadirkan kisah-kisah seram yang menghibur dan menghantui penonton dan pemainnya.
submitted by arya21god to indonesia [link] [comments]


2024.04.29 12:54 SeriousSumail Uuu yea, ez firetfly :cook

Uuu yea, ez firetfly :cook submitted by SeriousSumail to DanhengMains [link] [comments]


2024.04.26 20:00 Front_Rabbit153 Hal buruk berlandaskan niat baik?

Hello komodos, gw mau berencana bikin sebuah essay, salah satunya poin yang gw singgung adalah kejadian/ hal2 buruk yang berlandaskan niat baik. Gw yakin banyak sekali hal2 buruk yang terjadi dimana orang mikir "kan niat gw baik" tp situasinya malah berubah jadi chaos. Disini gw butuh contoh dalam history indonesia (ataupun dunia, yang penting bukan fiksi) yang bisa menguatkan argumen gw. Entah kenapa buntu banget ga kepikiran apa contoh event nya.
submitted by Front_Rabbit153 to indonesia [link] [comments]


2024.04.10 20:48 admkukuh A little rant for weak ass like me

Halo komodos, gw dari dulu pernah kepikiran kek buat cerita dikit gt disini, gw 20 (M), tapi takut kalo cerita gada hasil apa apa. Gw sangat memandang diri gw rendah dibanding semua org bahkan adek sendiri. Gw ada masalah personal dengan diri gw dan gw ngerasa gw hipokrit karena gw bisa treat others fine or even better but not myself. I see myself as a tool, just give me a bit of maintenance (a bit of attention or being included), and i'll do everything to you.
A little background, gw dibesarin dengan didik kasar sama bokap and it works, tapi entah kenapa belakangan ini gw merasa kalau yg diucapkan oleh ortu gw itu kadang ada yg personal ada yg emotional dump, dan kadang gw merasa sakit hati kalo di ucapin yang memang tidak seharusnya diucapin gt. Bokap gw sih yang biasanya gitu, cuma gw gapapa lah ga mempermasalahkannya, mungkin beliau lagi capek or somewhat lagi ada masalah. Gw ama bokap ga terlalu deket as a result (gw takut sampe skrg ama beliau, tapi masih bisa kalo sekedar komunikasi but not heart to heart, just man to man). Gw dipaksa terus buat ngomong ama bokap kek ngomong apa aja, yang dimana gw gabisa karena gw emg ada luka batin dari kecil buat selalu nerima rant nya dia unconditionally or even get a bit of physical abuse, which im fine cause what could i do. Selalu aja bokap itu ngomongin tentang hubungan emosional but at the same time beliau ngomong kalo anak itu yang ngerti orang tua, bukan sebaliknya. Bokap gw emang egonya besar kalo udah ranah personal, jadi anggep aja ngerawat gw itu out of responsibility, but there is almost no love carried, which is different compared to my sister. Gw gapernah dengki sama siapa siapa di rumah walau udah di perlakukan se kocak itu, soalnya gw emang dikasi tau sama nyokap kandung gw sebelum meninggal buat tetep jadi orang baik, jangan besar egonya, sama tetep inget sama semua kebaikan orang. Gw sendiri emg tipikalnya yang pasrah dan ngalah terus karena yaaa dari kecil emg disuruh ngalah terus mau aku bener ato salah wkwkw. Itulah kenapa gw merasa kalo gw ini gada valuenya samsek, dipandang rendah, dan gapernah dianggap "ingin jadi dewasa", karena bokap gw selalu ngomongin itu ke gw apalagi kalo beliau ada rasa jengkel gatau kenapa tb tb gw targetnya, ya intinya gw jadi target kalo mau di kasarin apa aja bentuknya, dan ntar abis biasa lagi gada maafan gt kek yodah langsung aja ngomong ke gw kek gada perasaan bersalah wkwkw.
Jadi, ceritanya adalah dari akhir januari (2 hari terakhir januari) rumah tangga bokap gw mulai kacau, bener bener yg pertama kali bikin gw ketakutan buat kerumah, singkat cerita nyokap tiri mulai kek orang kesetanan, dan gw yang jadi target marahannya selain ke bokap gw, entah deh gw ada salah apa sama beliau tapi gw gapernah yang namanya ngerugiin orang dari segi apapun, yah mungkin nyokap tiri lagi cape ato gimana tapi ini berlangsuung sampe skrg boi wkwkw, gw disini juga posisi sahabat gw keknya nge cut off gw gatau kenapa (dari 20 jan), dan gw bener bener merasa messed up yang baru yang sama sekali belom pernah gw rasain, kek beneran jatuh yang sukar banget bangkitnya, dan gw sempet ngerasa kalo ini bom waktu sampe gw kelar kuliah terus dpet kerjaan baru di kick gw dari rumah wkwk. Inti dari permasalahan di keluarga gw itu sebenernya gw gatau karena nyokap tiri gw emang gajelas marah" nya, tapi dari apa yg gw dapat karena itu semua rant isinya repetitif semua, itu karena adanya ketidakadilan dalam keluarga gw.... which is actually nonexistent because my father did alot for our family??? Nah terus ini ada yg lucu lagi, kan nyokap tiri gw marah marah lagi gatau lah kenapa, tiba tiba nyuruh bokap gw (bokap gw 20 taun lebih tua btw, so age gap nya gede wkwk) buat kumpulin sekeluarga di meja makan, gw lgsg telp adek kandung gw yg lagi nugas di luar kali ini darurat besar, nah akhirnya sampe rumah, taunya pas sampe rumah dikasi tau kalo gw ama adek gw tuh anak adopsi, tapi pas ngucapinnya ke gw, gw itu anak pungut diambil dari jembatan, terus ngaata ngatain lah nyokap asli gw mandul ato gmn, dan gw kaget lah kek kok bisa ngomong kek gt wkwk, ya gw sih emang dari 6 taun pernah mikir gw ini anak pungut ato bukan ya soalnya gw kek di treat beda sama adek gw cuma yodahlah bomat (iya gw belajar buat bomat dari kecil krn gapernah dibanggakan samsek wkwkw). Nah disitu gw kabur dari rumah sehari aja ketemuan ama temen gw yg kebetulan emang lucu keluarganya, ya saran yg gw dapet abis 4 jam curhat nonstop cuma suruh bodoamat, itu dosa mereka bukan dosa gw, gw gatau ya ges soalnya gw emang baru baru ini kembali beribadah, ya alasan awalnya karena permasalahan di keluarga + di cut off ama sahabat gw. Intinya atmosfir di rumah suram, gw di kos temen gw yg ala kadarnya bisa tidur pulas dibanding di rumah bokap yang beda jauh kondisinya sama kos kos an, yaa di rumah gw bisa tidur tp ga istirahat gt deh wkwkw.
Kalau tentang sahabat gw (21 F), gw udah sahabatan ama dia selama 5 tahun lamanya dari sma, yah baru tahun kemarin si kami jadi deket lagi karena gw curhat tentang kuliah gw yg kacau balau nilainya krn keberatan kuliah waktu itu, dan sempet suicidal, tapi abis semua percakapan panjang itu dia setuju untuk bantu gw dan yap nilai gw selama kuliah bener bener melejit, gw bener bener bisa ber ekspresi se bebas itu, bener bener ga takut sama yang namanya orang asing, dan yaaaa bisa jadi makhluk sosial yg fungsional wkwk. Kita deket, gw confess ke dia, tapi gw ga nembak dia, karena gw dari awal gada intensi buat dapetin dia, ya confess kan ga selalu tentang suka ato cinta gt kan ya wkwk, gw confess aja ke dia sebetapa nyaman dan bahagianya gw berada disampingnya etc., yang dimana awalnya dia yg confess kalo dia menggantungkan kebahagian dia di gw, and the story goes on untill december last year dimana dia mulai capek ama kerjaan dia di organisasi and yeah she decided to be bitter towards everyone, dan dia ilfeel sama gw as a result, tapi gw ga masalahin sih, pas ketemu dia abis event apa gt, gw tanyain kenapa, ada apa, dll in simple terms, dia takut ama gw, tapi gtw kenapa, tepat di ujuung desember dia cerita kalo dia bersalah banyak ama gw karena ya katanya gw menganggap ini kek hal yang wajar, memberi dia waktu dan ruang yang cukup besar menurut dia, dan rela jadi punching bag dia dengan cara di diemin selama hampir 2 bulan wkwkw. Gw ga ngerasa kek itu beban sih awalnya, soalnya ya bro kita udah besar santai aja kali. Memasuki januari kita nongki kan, disitu gw nangis di dia karena gw capek ama kondisi rumah gw waktu itu. Yah diperjalanan pulang dia ngomong kalo gw orangnya tulus, gw yang gapernah nganggep gw sendiri orang baik, tulus, ato apalah itu, kaget lah, intinya ya gw makasih banyak sama sahabat gw satu ini karena bener bener bisa bantu gw nge revive diri gw yang sengaja gw tinggal. Namun semenjak dirinya magang, di minggu terakhir dia magang gw curhat lah ke doi soal masalah dirumah, ga semuanya sih tapi intinya gt, dan dia minta maaf karena gada buat gw kan, gw gapapa karena emang fokusin magang aja biar hasilnya bagus, dan beberapa hari setelahnya gw curhat lagi, but idk i think this time she's mad or something like that to me, she never replied to my text ever from last month. And no, i dont bother her like in the way i need her to help me, i just told her that my day went this and that and yeah, something you could either reply or not and no effect would grow on it. Gw merasa kek gw salah apa yak yang bikin dia pengen cut off gw, soalnya terkahir kali dia silent treatment ke gw, gw merasa salah, taunya dia yg maaf karena bukan gw yg salah gt, yah you guys got the glimpse lah. Gw merasa kek ini downfall of our friendship, and i feel like i ruined everything again for the idk howmany times. To be honest gw ngerasa kalo gw tersakiti sama ekspektasi gw, bukan karena dianya. Yaaa sejak kemaren februari pertengahan dia gapernah ngabarin, sok cerita, ato apalah, well idk if it's because of me or something, but i do hope that she would return one day, with a whole new story.
Nah, gw sekarang itu merasa capek ama semua, pengen curhat dan didengerin, yang dimana biasanya sahabat gw ada buat gw curhat dan sebaliknya. Gw bener bener ngerasa sendiri, walau gw udah doa tiap abis sholat, well intinya gw kesepian dan gw rasanya itu pengeeen banget cerita dan disambung dengan ceritanya lawan bicara, yaa saling cerewet dengan interest masing masing gt lah like how i used to do with my buddy, but now am all alone like idk man, it just feels alone.
Gw gapernah punya kesempatan untuk ngeluh sebesarnya dan diterima, marah sebesarnya dan diterima, serta berbeda pendapat dan diterima. Gw selama idup selalu dibebani sama perasaan bersalah, kurang dan tidak pede, cuma pas gw bersama sahabat gw dimanapun, gw ngerasa gw bisa jadi diri gw sepenuh potensial gw (contoh kecil nilai 2 semester kemarin meningkat pesat sampe gw heran). Gapernah gw mandang gw itu apalah walau beberapa temen gw muji gw karena hard skill ama soft skill gw, yang dimana gw gapernah mandang itu kek sesuatu yang pantas untuk di puji wkwk.
Gitu doang sih ges a little rant of me and my life, if you guys have any suggestion for me or any advice, im all ears. Maaf ya kalo cerita gw ga jelas ato gimana, you could ask for details :D
submitted by admkukuh to indonesia [link] [comments]


2024.04.09 03:44 MelodicConfusion500 JENIS SISIK DAN MITOS KATURANGGANNYA

pukulannya lawan tarung akan merasakan sakit luar dalam Memiliki Mental yang cukup bagus dan banyak dicari oleh para bobotoh Memiliki pergerakan dan keseimbangan kaki yang cukup Lihai
  1. ROTAN (Bulat) Sisik kaki rotan adalah salah satu yang paling banyak dikenal dan sering kita jumpai akan tetapi sisik kaki rotan super yang dipercaya memiliki pukulan menyakitkan bahkan dibilang mematikan. Ayam aduan sisik rotan punya ciri khas kaki berbentuk bulat ramping debgan barisan sisik yang begitu rapih/kerep maka dari itu para penghobi lama lebih menyukai ayam aduan dengan model kaki berbentuk bulat. Memiliki kekuatan pukulan yang begitu keras disertai taji super Memiliki kemampuan pukulan yang dapat Mematahkan tulang leher sehingga lawan tarung tak sanggup menahan rasa sakit Memiliki Mental bagus dan kuat Memiliki Keseimbangan dan pergerakan yang cukup ideal
  2. NAGA BANDA Sisik kaki Naga Banda merupakan jenis kaki ayam bangkok yang paling populer dan dikenal berbahaya tentunya' penghobi sering menyebutkan bahwa ini adalah contoh bentuk kaki ayam bangkokan asli (Original) sejak dulunya. ciri khas Naga banda memiliki sisik yang serupa dengan kulit buah salak melihat dari bentuk kaki dan karakter sisik naga banda memiliki aura yang dapat menakuti lawan. Memiliki Pukulan pedas, panas dan keras sehingga jarang sekali lawan tarung yang tahan jika terkena pukulannya. Memiliki Pukulan Depan yang mampu membuat lawan tersungkur dalam beberapa menit. Memiliki Mental luar Biasa seperti baja. Memiliki Pergerakan kaki yang begitu cepat.
  3. PUTRI KINIRUNG (Selap) Sisik kaki putri kinirung merupakan salah satu katuranggan yang masuk dalam naskah kuno seperti diprimbon jawa misalnya banyak kalangan penghobi mempercayai hal ini. jenis sisik ini diyakini memiliki pukulan yang dapat membuat lawan tarung sempoyongan bahkan lemas. khas putri kinirung sendiri memiliki ciri yaitu sebuah sisik janggal menyelip/melik keluar (dalam bahasa sunda sisik selap) Memiliki pukulan Menyakitkan yang terkenal panas Memiliki kemampuan pukulan yang membuat lawan kebingungan sehingga menjadi lemas bahkan lumpuh Memiliki mental yang bagus dan kuat Memiliki kecepatan dalam pergerakan
  4. SURO WETU Sisik kaki suro wetu merupakan salah satu ayam aduan paling berbahaya dan mematikan Katuranggan yang tersimpan dipercaya memiliki banyak kelebihan dan keampuhan jenis ini masuk kedalam daftar nama - nama ayam suro yang kita ketahui. Selain banyak dicari sisik suro wetu punya nilai harga yang cukup tinggi. Ciri khas Suro wetu yaitu memiliki benjolan pada bagian belakang kaki tepat dibawah taji. Memiliki pukulan yang begitu keras hingga kedalam tulang Memiliki kehebatan yang membuat lawan tumbang dalam beberapa menit. Memiliki Kelebihan dari cara dia melangkan, kuda kuda, dan juga pergerakan Memiliki mental yang cukup dan sulit dikalahkan
11.BATU RANTAI (Buaya) Sisik Kaki Batu Rantai atau dikenal dengan sebutan sisik buaya ini sangat populer dikalangan masyarakat pecinta sabung ayam. Menurut informasi salah satu jenis ini disebutkan keturunan se'ekor buaya maka dari itu setiap penghobi meyakini katuranggan tersimpan didalam sisik ini sangat kuat. Banyak mitos yang mengatakan bahwa sisik batu rantai mudah kelelahan dan tidak boleh bertarung berdekatan dengan pohon bambu. Ciri khas batu rantai sendiri memiliki beberapa sisik pada bagian - bagian bawah jari. Memiliki pukulan yang dikenal pedas dan panas sehingga lawan merasakan nyeri pada bagian urat - urat seperti otot Memiliki Kehebatan pukulan yang mampu membuat tenaga lawan hilang Memiliki mental cukup bagus dan tenaga mudah kembali setelah terkena air Memiliki keseimbangan dan pergerakan kaki yang cukup gesit
  1. BATU LAPAK Sisik batu lapak merupakan salah satu yang paling sulit ditemukan bahkan jarang dimiliki oleh jenis ayam mana pun hanya orang - orang tertentu saja yang beruntung memilikinya. Berbicara katuranggan batu lapak dipercaya memiliki kekuatan pukulan yang dapat mengalahkan lawan dalam sekejap khas batu lapak sendiri punya ciri yaitu terdapat sisik tepat pada bagian telapak kaki. Memiliki pukulan yang dikenal mematikan cukup keras sehingga lawan tarung merasa linu pada bagian - bagian tulang. Memiliki Kehebatan pukulan yang mampu melumpuhkkan lawan dalam sekejap. Memiliki Mental jiwa petarung perkasa. Memiliki pergerakan dan kuda kuda cukup baik.
  2. SATRIYA SINEKTI Sisik kaki satria sinekti adalah salah satu model jenis terlangka sangat sulit ditemukan jenis ini sejak pada jaman dahulu dikenal dengan digdaya yang mempunyai kelebihan sebagai ayam aduan terhebat dan sulit dikalahkan. Menurut primbon yang dituliskan bahwa ayam aduan dengan bentuk kaki seperti ini memiliki katuranggan pada urutan ke 10 dan dijelaskan bahwa satriya sinekti adalah yang tanpa sisik melik dalam artian sisik yang hampir tak terlihat seakan menyatu dengan tulang kaki Memiliki pukulan begitu keras dan mematikan mampu membunuh lawan dengan sangat cepat Memiliki kekuatan pukulan sakti yang bisa membuat lawannya cacat mental Memiliki mental petarung pantang mundur Memiliki pergerakan cepat dalam menyerang
  3. NAGA TEMURUN Sisik kaki Naga temurun merupakan jenis sisik kaki terhebat dan banyak dibicarakan oleh setiap master ayam soal kemampuannya menghabisi lawan. Istilah naga temurun yaitu sisik yang mirip dengan sisik ular naga para penghobi pun mempercayai katuranggan jenis ini punya banyak keistimewaan dari cara teknik bertarung juga pukulan maka dari itu naga temurun dinobatkan salah satu jenis sisik paling berbahaya oleh para lawannya. Ciri khas naga temurun tersebut bisa dibedakan yaitu dilihat dari bentuk barisan sisik belakang yang menurun kesuluruhan memang banyak kalangan penghobi yang keliru tentang hal ini, kami akan menjelaskan secara detail sebetulnya dari kata menurun pada bagian bentuk lengkungan atas berada diposisi bawah tidak berada diatas kalau kita simpulkan secara langsung bentuk sisik berubah menjadi berbalik menghadap ke atas lihat berikut gambar ini.
Tampilan Posisi lengkungan berada dibawah/turun boleh dikatakan sisik kaki ayam aduan naga temurun sesungguhnya !! Memiliki kualitas pukulan super keras/jero Mampu mengalahkan lawan dalam hitungan menit Memiliki kekuatan pukulan bertenaga kuat sampai bagian dalam sehingga lawan merasa kesakitan dan linu pada setiap tulang Memiliki Mental petarung hebat dan kuat Memiliki Keseimbangan dan pergerakan kaki disaat melontarkan pukulan atau pun kuda kuda
  1. TUNGGAK WINARAYAN Sisik Tunggak Winaraya dikenal salah satu sisik mematikan dan banyak dicari para jagoHolic. Dari setiap ciri pecahan pada bagian kedua jari kanan dan kiri (kelingking) dipercaya memiliki katuranggan dari hasil turun temurun. Sisik tunggak winaran sering dikatakan jenis special penghancur lawan bertarung oleh karena itu memiliki ayam aduan dengan khas sisik seperti ini menjadi kebanggaan tersendiri. Memiliki pukulan cukup besar dan mematikan, efek terkena pukulan sisik ini lawan mudah down bahkan stres Memiliki kemampuan pukulan yang dapat membuat bagian tulangan dalam menjadi rusak Memiliki Mental bagus seperti baja Memiliki kecepatan pergerakan dalam menyerang
  2. KAKI BLINGBING SOKA Sisik kaki belingbing soka merupakan salah satu kaki ayam aduan khas ayam bangkok Asli thailan diera ke'emasannya jenis ini dikenal sadis mampu membuat ayam lain cacat seperti kehilangan mental keberanian tentu para pemain lama mengetahui hal tersebut. Ciri sisik blingbing sendiri memiliki khas yaitu bentuk dua barisan sisik yang tersesun rapih dan bagian tengah sedikit menekuk kedalam. Maraknya fovulasi persilangan yang dilakukan setiap penghobi menjadikan sisik jenis ini se'akan menghilang dan jarang terlihat khususnya diwilayah indonesia. Memiliki Pukulan sangat keras dan pedas, satu kali lontaran pukulan yang diluncurkan mampu membuat gangguan pengelihatan pada mata lawan Memiliki kehebatan pukulan tepat pada bagian batangan Memiliki jiwa mental tempur yang bagus Memiliki daya cengkraman dan gerakan baik
  3. NAGA EMAS Sisik kaki Naga Emas salah satu paling berbahaya bahkan dikenal dengan keganasan yang dimiliki dari karakter pukulan atau pun teknik bertarung. Katuranggan naga emas sangat dipercaya akan keampuhan yang tersimpan dari kekuatannya. dilihat dari bentuk fostur dan warna sisik ini punya kemiripan dengan jenis pancuran Emas hanya saja Sisik naga Emas Memiliki tampilan berbeda yaitu bentuk sisik yang tajam dan warna kaki kuning polos. Kini sisik naga emas Terbilang sulit dicari bahkan ditemukan. Memiliki bobot tenaga pukulan tidak terlalu keras namun menyakitkan seperti ditusuk jarum yang mengakibatkan lawan tarung mudur dalam pertempuran Memiliki kehebatan super taji yang dapat merusak bahkan melumpukan Memiliki Mental jiwa seorang petarung sejati Memiliki kecapatan, keseimbang dan pergerakan terbilang agresif/lincah
  4. KADAL METENG Sisik kaki kadal meteng merupakan salah satu sisik ayam aduan yang ditakuti oleh para lawannya dan Katuranggan yang dimiliki masih dipercaya sampai saat ini. Ciri khas jenis ini punya model sisik tajam pada setiap jari kaki. Kadal meteng sering disebutkan salah satu sisik beracun ( dalam bahasa sunda sisik Peurah) biasanya jika terkena pukulan sisik ini akan meninggalkan bekas seperti biru memar. Kadal meteng sebetulnya suatu ciri bentuk sisik yang hanya dimiliki ayam betina/babon maka dari itu jarang sekali terlihat pada ayam jantan berbanggalah anda jika memiliki ayam aduan dengan tampilan sisik seperti berikut ini. Memiliki pukulan pedas dan menyakitkan meski kecil mampu memutuskan saraf Memiliki pukulan tenaga dalam yang banyak disebut pukulan beracun/peurah Memiliki Mental yang terbilang sedikit lambat Memiliki Keseimbangan bagus dan pergerakan lebih lincah
  5. KING SAPU JAGAT Sisik kaki sapu jagat salah satu jenis paling terlangka sulit ditemukan pertama kali ditemukan yaitu dinegara thailan dan Myanmmar hanya orang - orang tertentu saja pernah memilikinya. Berbicara tentang Katuranggan sisik ini sering dikatakan punya banyak keistimewaan seperti aura wibawa dan kesan melihat dari bentuk tampilan king sapu jagat punya pamor sisik menakutkan bahkan para penghobi lama menyebutnya salah satu mesin pembunuh dalam artian mampu mengalahkan lawan hanya dengan 3/4 kali pukulan. ciri khas king sapu jagat sendiri punya ciri sisik aneh dan unik yang menyerupai tulang kalau diperhatikan hampir mirip dengan bentuk taji/jalu Memiliki pukulan sangat keras disertai taji/jalu yang mampu membuat lawannya ambruk dengan hanya berapa pukulan saja Memiliki kehebatan pukulan special depan dan badan sangat ahli dibidang brangkot Memiliki mental cukup ganas saat bertarung Memiliki pergerakan kaki sedikit lamban
  6. ULAR PANDAN (Pandanus Snake) Siapa yang tak mengenal salah satu sisik paling dicari dan populer dengan famor khas sisik kaki berwarna hijau ini menjadi jenis yang terhebat dan berbahaya didunia sabung ayam. Menurut cerita sisik ular pandan dikenal paling ditakuti para bobotoh papan atas pada masa itu jenis ini memiliki pecahan komplit atau istilah tembus pada setiap jari dan sisik utama. Para hobi mempercayai Katuranggan ayam aduan model sisik ular pandan begitu kuat dan sakti Berikut ciri asli sisik ular pandan. Memiliki pukulan super tandes/jero terasa pada setiap tulang dalam, Sangat cepat dibidang menuntaskan pertarungan Memiliki kelebihan balasan pukulan lebih menyakitkan, efek terkena pukulannya mampu memberikan reaksi cepat yang berpengaruh pada setiap otot - otot sehingga lawan tidak bisa berjalan bahkan memukul Memiliki Mental yang dikenal keganasannya Memiliki keseimbangan dan pergerakan super cepat juga baik
  7. GAMBIR Sisik kaki Gambir memiliki khas warna corak merah kecoklatan pada bagian sisik utama' ayam aduan dengan sisik seperti ini merupakan salah satu yang boleh dikatakan paling berbahaya jika terkena pukulanya mampu membuat lawan terguling bahkan K.O dalam beberapa ronde. Sisik gambir menjadikan terfavorit dihati dan dimata pecinta sabung ayam, menurut mitos sisik yang terdapat corak merah adalah ayam terkuat dan sulit untuk dikalahkan. Memiliki pukulan pedas, panas dan keras mampu merusak pada bagian kelemahan lawan Memiliki kekuatan tenaga pukul 2x lipat lebih menyakitkan, Jika terkena pukulan pada bagian sambungan leher bisa berakibat fatal Memiliki mental super dan pemberani Memiliki pergerakan dan kecepatan kaki cukup seimbang saat melakukan penyerangan atau pun kuda - kuda
Mungkin itu saja 21 Nama Sisik Kaki Ayam Petarung Terhebat Dan Paling Banyak Dicari pilihan dari setiap model dan ciri sisik yang saya tuliskan dalam artikel ini merupakan jenis sisik kaki ayam aduan pilihan yang dikenal akan keganasan dan kehebatan masing - masing saya harap informasi ini sedikit memberikan ilmu tentang nama nama dan kualitas jenis sisik.
submitted by MelodicConfusion500 to AYAMBANGKOK [link] [comments]


2024.04.05 20:52 tersxin Hip hop

Apa pendapat tentang genre lagu yang memberi galakan kepada perkara yang buruk dan beruk…Terdapat Hip hop yang ok seperti zaman malique dan Joe flizzow yang kita takde dengar lirik yang terlalu negatif..Contohnya,altimet,malique,Joe flizzow,sleeq,Luqman podol,Syamsul Yusuf atau sonaone,waris…Antara contoh lirik yang sampah adalah seperti MK,benzololo,A kid,etc..Dan yang terbaru cerita pasal gangsterisme seperti group gangsterisme mcm band baru traphouzi...Ini bukan pasal kemahiran rap atau band itu,ini pasal genre Hip hop itu..Apa yang aku tk suka kalau dalam lagu crita pasal gangsterisme,drugs,zina,perkara ini jika dinormalisasikan akan menjadi budaya,Malaysia tkkan jadi aman kerana pengaruh generasi muda..Sekarang mungkin aman,tetapi disebabkan genre hiphop yang nk fuck,shoot,get high sebagainya merosakkan generasi dan negara..Adakah ini berkaitan kebebasan berkarya??Atau mengundang bahaya??Bagi aku,setakat negara kita yang aman ni,buat lagu hiphop tentang cinta atau flex,pasal life sudah,tk payah buat lagu gejala hancur..Nk dengar dengar lagu english..Negara dorang dah mmg hancur dh..Contoh lagu hiphop yang nice seperti Gard,Lastkhaliff,Nakalness,Yonnyboi,zynakal..Pendapat anda?
submitted by tersxin to NegarakuMalaysia [link] [comments]


2024.03.31 18:48 twisted_egghead89 Peristiwa sejarah di Indonesia yang kalau diangkat ke film/serial bakal seepik dan semegah Game Of Thrones/Gladiator/LOTR/Dune

Ini berawal dari obsesi aku yang luar biasa tinggi dengan cerita-cerita epos (bayangin kayak Mahabharata, Ramayana, Illiad, Odysseus, Paradise Lost, War and Peace) yang punya skala besar dan tentang perjuangan karakter kepahlawanan protagonis di dunia yang cukup kompleks, dengan intrik politik, drama, action, soundtrack, worldbuilding yang luar biasa megah. Semua ini berawal dari aku nonton film Dune part two awal Maret kemarin yang membuat aku terkesima dengan pengalaman sinematik dan seberapa besarnya dunia cerita yang membuat aku tenggelam didalamnya, terus lanjut dengan nonton film epik Lawrence of Arabia, Akira, LOTR, Gladiator dan hal itu membuat aku terobsesi untuk cari inspirasi cerita sejarah Indonesia yang dimana tokoh-tokoh pahlawannya punya kepribadian dan karakter yang kompleks dan dunia nya bisa jadi worldbuilding yang luar biasa megah.
Yang baru muncul di kepala ku adalah biopik Pangeran Diponegoro atau Gajah Mada yang bisa jadi film biopik yang potensial banget dibuat bagus karena kepribadian mereka yang sebenarnya kompleks dan motif mereka yang terkadang abu-abu dan lebih dari sekadar label "Pahlawan Nasional" yang terlalu diglorifikasi berlebihan, itu pun juga peristiwa sepanjang hidup mereka cukup besar, aku pikir scene di film mereka bakal butuh pemain extra yang banyak atau set bangunan yang mahal untuk capture epic feeling nya, belum juga scene perangnya.
Tapi menurut kalian, apa aja peristiwa atau cerita pahlawan Indonesia yang potensi banget jadi film epik terbaik Indonesia? Saran ku sebelum abad 20, tapi kalau mau nyediain contoh abad 20 ya gapapa juga sih.
submitted by twisted_egghead89 to indonesia [link] [comments]


2024.03.30 08:55 Tukang-Gosip I find it funny

Langsung aja yes - gue sekarang liat kebanyakan orang orang kita itu lucu (abis ngedenger ama ngeliat kisah teman dan beberapa kenalan gue)
Lucu nya nape? Ya karena di dumay ama irl tereak tereak 'mental health awareness' yet kebanyakan dari mereka ini menganggap wajar toxic behaviour
Ini gue pake dari kisah beberapa kenalan ama temen gue (2 contoh dulu) , mungkin ada yang pernah ngalamin / ngeliat dengan mata kepala sendiri irl juga kayak gue
  1. people pleasing : ada banyak kenalan gue yang suka dinasehatin 'jangan mau jadi people pleaser' - ya begitu kenalan gue beneran lebih sibuk ama keluarga dan kehidupannya sendiri dan beberapa orang 'nolak kemauan si orang lain' (in this case yang gue liat : arranged marriage - abang ato mbaknya udah berumur - akhirnya 'dijodohin' lah ke kenalan gue) : kikipelit, individualis, egoist etc....funny thing pas dibalikin omongan mereka, mereka ngomongnya 'suka gak suka budaya timur itu budaya nyenengin orang-mau gak mau mesti ada salah satu pihak yang mesti turutin maunya suatu pihak'......terus buat apa nasehatin orang soal boundaries ama mental health kalo ujungnya mereka anggep wajar dan memaklumi sifat people pleaser?
  2. lomba adu nasib : ada banyak temen gue yang ngalamin nasib sial di workplacenya kayak
A. Ada yang kontrak kerjanya kelar tapi evaluation reportnya diobrak abrik ama bosnya - dilabelin 'insubordinate' (ngelawan atasan) dan berakhir dengan dapet status 'do not rehire' aka diblacklist (gara gara masalah sepele - temen gue inj komplen soal keponakan salah satu manager yang udah nggak bisa kerja / low perform - suka lempar tanggung jawab juga - spv nya cerita temen gue ini yang suka benerin laporan ama ngerjain kerjaannya ponakan si manager tsb) kebanyakan temen gue begini nasibnya btw : evaluation report diobrak abrik cuman gara gara masuk shit list manager
B. Ada juga temen gue yang diterminate cuman gara gara dia komplen soal kelakuan pacar bosnya ke dia (aka dia dilaporin harrassment)
Pas mereka curhat soal struggle mereka - malah jadi 'lomba adu nasib' (ada yang terang terangan ngomong lah 'di blacklist ama dimusuhin pihak management mah masalah biasa di dunia kerja - gue yang sering dimaki maki financial controller tanpa alasan jelas aja selow' ama 'udah 8 tahun kerja di administrasi baru ngeluh sekarang soal black list ama masuk shit list manager? Lebay ah...itu hal biasa') pas mereka bales komplen ya responnya : ' lah lomba adu nasib ama gaslit biarpun kesannya negatif tapi diperluin - tujuannya biar lu gak jadi drama king ama gak berlarut di masalah lu' (dan banyak random stranger di medsos kenalan ama kawan gue yang setuju soal gini - 'budaya kita itu ketimuran dan gotong royong - udah pastilah sifat people pleaser itu wajib dipake... suka gak suka pasti ada momen dimana kita wajib ngikutin ama nurutin maunya pihak lain.....' ama 'lomba adu nasib emang perlu di real life, buat nunjukin kalo bukan cuma lu yang punya masalah' (gue rasa ini para manusia menganggap serius komik ama karakter fiktif kayak naruto ama recca yang hobi suka lomba adu nasib ama lawannya lmao)
Sama kayak diatas.....ngapain ngomong soal self care, empati, mental health kalo hal kayak gaslit, 'invalidate feelings' ama lomba adu nasib dianggap wajar dan perlu?
Gue penasaran, buat apa sebenarnya teriak teriak soal mental health kalo ujungnya toxic behaviour masih dipake dan dianggap penting dan wajib?
submitted by Tukang-Gosip to indonesia [link] [comments]


2024.03.25 14:09 d_number1 Review Buku

Review Buku
Judul: Perfect Penulis: Cecelia Ahern Tahun Terbit: 2017 Genre: Fiksi, Romantis
Sinopsis: "Perfect" mengisahkan tentang seorang gadis bernama Celestine North yang hidup dalam sebuah masyarakat yang diatur oleh aturan yang ketat. Di dunia di mana kesempurnaan dihargai lebih dari segalanya, Celestine menemukan dirinya terjebak dalam konflik moral yang memaksa dirinya untuk mempertanyakan segala sesuatu yang dia ketahui. Ketika Celestine melanggar aturan yang ada, dia dihadapkan pada konsekuensi yang tak terduga dan harus berjuang untuk menemukan kebenaran di tengah kekacauan yang mengancam untuk menghancurkan hidupnya. Dalam perjalanannya, Celestine menemukan sekutu yang tidak terduga dan belajar bahwa ketidaksempurnaan mungkin adalah kunci untuk kebebasan sejati.
Pesan Utama: Cecelia Ahern mengajak pembaca untuk merenungkan arti sebenarnya dari kesempurnaan dan pentingnya mempertahankan integritas pribadi di dunia yang seringkali menuntut konformitas buta. Melalui narasi yang penuh dengan intrik dan ketegangan, Ahern menggali tema-tema seperti keberanian, pengorbanan, dan harga diri.
Ulasan: "Perfect" merupakan sebuah kisah yang menarik perhatian pembaca dengan plot yang kompleks dan karakter-karakter yang mendalam. Cecelia Ahern berhasil menggabungkan elemen-elemen cerita yang menyentuh hati dengan latar belakang dunia fiksi yang penuh imajinasi. Meskipun berfokus pada tema-tema yang serius, Ahern juga menyelipkan sentuhan humor dan romantis yang membuat pembaca terhubung dengan cerita ini secara emosional.
Kesimpulan: "Perfect" adalah sebuah novel yang memikat dengan narasi yang kuat dan pesan moral yang mendalam. Cecelia Ahern sekali lagi membuktikan bakatnya dalam menciptakan cerita yang menginspirasi dan menggugah pikiran pembaca. Bagi mereka yang mencari kisah yang menghibur sambil merangsang pemikiran, "Perfect" adalah pilihan yang sempurna.

perfect 📕

cecelia_ahern ✍🏻

novels

membaca 👓

buku 📕

membacabuku 👓📖

submitted by d_number1 to bacabuku [link] [comments]


2024.03.08 11:03 CoomerDoomer92 [CopyPastaFB] ADIL ???

[CopyPastaFB] ADIL ???
ADIL ??? Saya rasa ramai pernah nampak kedai dan promosi ni. 1. Nama kedai ni Baker’s Cottage
  1. Dia buat promosi yang amat menarik.
  2. Seekor ayam panggang pada harga 16.90 sahaja
  3. Banyak tahun dah dia buat
  4. Strategi dia sangat power
  5. Dulu Baker’s Cottage ni mcm dah sendu sket...….
  6. Tapi diaorang buat strategy loss leader ni, Ramai orang datang membeli
  7. Dan dia berjaya buka banyak outlet satu Malaysia
  8. Tapi kenapa saya letak tajuk ADIL ??
  9. Macam ni citer nya
  10. Baker’s Cottage ni kedai lama.. brand dah lama
  11. Jual roti.. kedai bakery la
  12. Ok la roti dia sedap
  13. Tapi business dia tak strong sangat
  14. Sampai satu hari keputusan dibuat untuk di jual...
  15. Dan di beli oleh syarikat Leong Hup
  16. Siapa syarikat Leong Hup ni
  17. Dia jual ayam...
  18. Walau anda seorang Muslim yang claim anda tak beli ayam dari kedai bukan muslim… kemungkinan besar anda silap
  19. Leong Hup ni adalah salah satu syarikat integrator kat Malaysia ni
  20. Selain mereka ada lebih kurang 10 syarikat macam mereka
  21. Apa dia orang buat?
  22. Diaorang sediakan anak ayam, dedak ayam, dan ikat kontrak dengan penternak ayam
  23. Bila ayam dah besar, diaorang akan beli balik ayam daripada penternak itu.
  24. Jumlah transaki ayam diaorang capai level puluhan juta sebulan
  25. Senang cerita 70% ayam kat Malaysia datang dari diaorang
  26. Walau awak beli dari kedai melayu kat pasar, kemungkinan BESAR ayam tu datang dari giant ni ni...Kadang boleh kata hampir pasti
  27. Yes mereka la giant.. Leong Hup salah satu giant terbesar di Malaysia
  28. Sebab apa giant, sebab mereka la yang hari hari decide berapa harga ayam nak jual kat pasaran
  29. Kita dok tibai menteri kalau ayam naik harga… sebenarnya kartel ni lagi besar dari kementerian
  30. Susah nak faham harga ayam
  31. Tapi takper la… itu satu hal… selagi dia sembelih , ada sijil halal… saya rasa ok la nak buat mcm mana....
  32. Mmg tak ramai supplier lain… Tapi kita usahakan la support brand mcm Ayam Bismi dalam perjuangan mereka..
  33. Harap Ayam Bismi boleh saing dgn mereka segera , Aamiin (di baca)
  34. Tapi bukan itu yang saya nak tekan kan hari ni
  35. Ni citer Bakers Cottage ni
  36. Leong Hup beli Bakers Cottage...So BC dgn pengalaman banyak, dan duit boss baru yang banyak...Dia dah jadi level big brand...
  37. Lepas tu LEONG HUP supply ayam kat BC ,
  38. Pastu BC beli oven combi...panggang ayam... jual sekor ayam panggang harga 16.90
  39. Order banner besar letak depan kedai...Ayam Panggang 16.90
  40. Hahaha... terdiam gak tengok harga dia
  41. Untung la pelanggan....hari hari masuk...beli ayam sauk gak roti dan lain lain...Bijak betul strategi ni
  42. Tapi peniaga lain gigit jari
  43. RM 16 tu kalau peniaga lain ...harga kos belum masak, tak masuk kos pekerja , sewa dan lain lain
  44. Pengsan beb
  45. Dah celah mana nak bersaing... tapi ni bukan masalah peniaga ayam jer...
  46. Banyak bisnes kecil... tak kisah la jual ayam ke..ikan ke, tapir ker hatta jual pensil tekan sekali pun...selalu hadap dilemma ni...
  47. Company start up yang belum ada volume susah nak dapat harga kos yang rendah
  48. Maka terpaksa jual pada harga tinggi
  49. Bila dia jual tinggi ,nak kena lawan dgn company giant mcm Leong Hup ni...Yang ada modal banyak dan kos rendah..Also R&D yang power... Maka company start up tak leh lawan guna kekuatan produk semata mata
  50. Sebab tu banyak brand start up main sentimen lain... contoh ..perkauman, agama, simpati, gimik, influencer, gimik, dan lain lain.
  51. Ramai yang bash... ni la company local...takder daya saing... Tapi apa daya saing yang ada time tu...Lepas tu cakap peniaga ni penunggan agama
  52. Contoh mudah cuba tengok Syukor Burger la...... Dia buat burger level street...Sama taraf dgn McD... pada harga marhaen... (So jangan compare kan dia dgn brand Woodfire lak)
  53. So kalau Syukor Burger letak sebelah sebelah dgn McD... of course la automatik orang akan cakap burger syukor tak sedap, service tak power, brand tak standard, staff tak friendly...
  54. Mekdi tu dah berpuluh tahun niaga kot...Syukor baru setahun buka kedai burger... Mmg tak leh lawan
  55. Sebab tu dia kena guna strength personal branding dia dulu... tarik pelanggan... Guna unsur Bmf, simpati... dan slowly perbaiki segala aspek yang ada...
  56. Nak perbaiki ni take time... takkan boleh nyer tetiba terrer.... heheheheh
  57. Ada orang complaint ELEWSMART lagi mahal dari 99 speedmart... Again... berapa volume Elewsmart berbanding 99... berapa harga dia beli berapa harga dia jual... Tapi kalau ELEWSMART dapat bertahan , di sokong pelanggan...lagi 20 tahun dia ada 500 outlets, time tu dia boleh jual murah gile la
  58. Saya takder apa apa against Leong Hup dan Baker's Cottage... Saya ada je beli ayam dia...sedap gak for the price...
  59. But kalau kita nak menyaksikan ada lonjakan ekonomi kat Malaysia... kena ada gerakan besar besaran untuk support small brand yang baru nak naik ni.
  60. Dan berdamai yang brand baru nak naik ni tak boleh sempurna di peringkat awal... at least 10 tahun pertama mereka akan keep on buat mistake.
  61. Faham yang brand start up kadang kena jual mahal... Kalau tak nak beli takper tapi jangan jatuhkan mereka dgn kecaman berjemaah
  62. Saya tak pertikai ADIL ke Baker's Cottage jual harga ayam murah...dia power buat strategi...dia ada kelebihan..adil la guna.. No prob..Respect!!!
  63. Tapi saya nak tekan kan.. Adil ke Bulan ramadhan nanti , kalau korang nampak orang meniaga ayam golek kat Pasar Ramadhan... jual harga RM 22 sekor... pastu cakap "ni la peniaga nak gi haji balik hari, menipu harga jer...Baker's Cottage boleh je jual murah..."
  64. Jeng woiii !!!
  65. Saya menulis pasal dunia F&B dan perkongsian pengalaman dan pandangan saya.. Banyak lagi content cenggini kat FB Saya.
#NAZDAIM 6 Mar 9.33am
https://preview.redd.it/uexfsc4a33nc1.jpg?width=720&format=pjpg&auto=webp&s=19a8aeef124d0f7c48eccc77bb06524f58a98265
submitted by CoomerDoomer92 to Bolehland [link] [comments]


2024.03.02 05:10 barudak-well Berikut Yang Tidak Termasuk Setting Adalah

Berikut Yang Tidak Termasuk Setting Adalah

https://preview.redd.it/xfivp0txiulc1.jpg?width=1024&format=pjpg&auto=webp&s=3b14645b452ac8dd9c6781c0f18a19fb7e91f187
Berikut Yang Tidak Termasuk Setting Adalah
a. tempat
b. latar
c. suasana
d. waktu
e. tokoh
Jawaban 1 :
Jawaban yang benar adalah e. tokoh.
Setting cerita terdiri dari:
  • Tempat: lokasi geografis di mana peristiwa dalam cerita berlangsung.
  • Waktu: kapan peristiwa dalam cerita terjadi.
  • Suasana: atmosfer atau nuansa yang tercipta dalam cerita.
  • Latar: penggambaran tempat, waktu, dan suasana dalam cerita.
Tokoh adalah elemen cerita yang berbeda dari setting. Tokoh adalah individu yang terlibat dalam peristiwa cerita dan memiliki karakteristik dan peran masing-masing.
Berikut penjelasannya:
a. Tempat
Contoh: Di sebuah desa terpencil di Jawa Barat.
b. Latar
Latar adalah penggambaran tempat, waktu, dan suasana dalam cerita.
c. Suasana
Contoh: Suasana mencekam dan penuh misteri.
d. Waktu
Contoh: Pada tahun 2045.
e. Tokoh
Contoh: Seorang anak perempuan bernama Ana yang berusia 10 tahun.
Jadi, jawaban yang benar adalah e. tokoh.
Semoga penjelasan ini membantu!
Jawaban 2 :
Setting dalam sebuah cerita melibatkan pengaturan atau latar tempat, waktu, dan suasana. Dalam konteks ini, yang tidak termasuk dalam setting adalah:
e. tokoh
Tokoh merujuk kepada karakter atau orang-orang dalam cerita, sementara setting lebih berkaitan dengan elemen-elemen fisik dan lingkungan di sekitar cerita tersebut.
Sumber : https://barudakwell.com/berikut-yang-tidak-termasuk-setting-adalah/
https://barudakwell.com/
submitted by barudak-well to barudakwell [link] [comments]


2024.03.02 05:10 barudak-well Berikut Yang Tidak Termasuk Setting Adalah

Berikut Yang Tidak Termasuk Setting Adalah

https://preview.redd.it/jv24imdviulc1.jpg?width=1024&format=pjpg&auto=webp&s=d3f85e8f0220a00f348a4bf192073e0f8a4a1248
Berikut Yang Tidak Termasuk Setting Adalah
a. tempat
b. latar
c. suasana
d. waktu
e. tokoh
Jawaban 1 :
Jawaban yang benar adalah e. tokoh.
Setting cerita terdiri dari:
  • Tempat: lokasi geografis di mana peristiwa dalam cerita berlangsung.
  • Waktu: kapan peristiwa dalam cerita terjadi.
  • Suasana: atmosfer atau nuansa yang tercipta dalam cerita.
  • Latar: penggambaran tempat, waktu, dan suasana dalam cerita.
Tokoh adalah elemen cerita yang berbeda dari setting. Tokoh adalah individu yang terlibat dalam peristiwa cerita dan memiliki karakteristik dan peran masing-masing.
Berikut penjelasannya:
a. Tempat
Contoh: Di sebuah desa terpencil di Jawa Barat.
b. Latar
Latar adalah penggambaran tempat, waktu, dan suasana dalam cerita.
c. Suasana
Contoh: Suasana mencekam dan penuh misteri.
d. Waktu
Contoh: Pada tahun 2045.
e. Tokoh
Contoh: Seorang anak perempuan bernama Ana yang berusia 10 tahun.
Jadi, jawaban yang benar adalah e. tokoh.
Semoga penjelasan ini membantu!
Jawaban 2 :
Setting dalam sebuah cerita melibatkan pengaturan atau latar tempat, waktu, dan suasana. Dalam konteks ini, yang tidak termasuk dalam setting adalah:
e. tokoh
Tokoh merujuk kepada karakter atau orang-orang dalam cerita, sementara setting lebih berkaitan dengan elemen-elemen fisik dan lingkungan di sekitar cerita tersebut.
Sumber : https://barudakwell.com/berikut-yang-tidak-termasuk-setting-adalah/
https://barudakwell.com/
submitted by barudak-well to u/barudak-well [link] [comments]


2024.02.24 16:05 trenchman_ Feeling suicidal

just telling my story
2 years ago, gw dapet kerja di fnb dimasukin sama kaka dari kaka ipar gw. seingkat cerita gw kerja disitu cuma semingu karna coworkers didn't tell me what I supposed to do, mereka ngasih tau apa yang harus dilakukan setiap hari tu cuma setengah-setengah & mereka gak memberitahu apa yang gw lakukan itu salah. contoh ketika gw dikasih jadwal cuma 4 jam nah di 4 jam itu di toko cuma ada 2 org gw sama co worker gw, nah selesai 4 jam gw balik dan ningalin co worker gw sendiri dan dia gak ngasih tau gw bahwa seharus nya gw lembur, kalau dia ngasih tau gw harus lembur gw bakal dan bisa lembur. next day gw masuk shif pagi nah setiap pagi karyawan wajib nyiapin raw material makanan, gw langsung motongin bawang, bawang daun & wortel, but my co worker said "gak usah stock di kulkas masih banyak, duduk aja sambil nungu pesenan biar gw nyiapin japche" ya udah gw duduk, tapi cctv liat gw duduk gak ngelakuin daily morning task. thats my second mistakes. my third mistakes pada hari itu pesenan banyak dan ada satu pelangan yang balik ke toko dia bilang minumannya kurang satu dan gw langsung bikinin minuman yang kurang itu dan gw apologize ke dia. gw gak tau siapa yang lupa masukin minuman nya apa kah gw atau co worker gw, dan co worker gw bilang that was me, dan dia bilang untuk hati hati lain kali & dia bilang "Kumaha lamun di Skorsing" dan gw bilang "Keun we lah" dan disitu gw di cap sebagai Bad Altitude. hari selanjut nya gw gak dapet jadwal dan besok nya gw dapet WhatsApp gw gak bisa kerja lagi disitu and my mother was mad. disitu mental gw langsung pecah.
bebera bulan kemudian gw dapet duit dari pra-kerja dan gw bilang ke ibu gw, gw mau pake duit nya buat beli laptop biar gw bisa kerja online. gw dapet lumayan dari online dan cukup buat gw sendiri dan ibu gw gak suka karna dia pengan nya gw punya kerja dengan gaji umr dan itu membuat gw a little bit depreses
bulan lalu suami sepupu gw nawarin gw kerjaan jadi cleaning service di suatu universitas di bandung karna ayah nya suami sepupu gw adalah salah satu staff di universitas itu, gw agak takut karna kejadian tahun lalu & gw juga takut dengan lingkungan baru, orang-orang baru dan kerja di lingkungan dangan banyak orang lalu lalang seperti universitas, gw admit gw punya mental lemah. dan ibu gw maksa gw untuk mau kerja disitu. seminggu kemudian gw dapet panggilan dan gw nervous setengah mati, setelah di interview besok nya gw ikut training dan gw di ajarin cuma CARA BERSIH BERSIH nge pel, nyapu, ngilangin sarang laba laba di ceiling dll. setelah di training gw ditempatin di salah satu gedung disitu. nah svp & leader nyuruh salah satu cleaning service senior(lawan shift gw) di gedung itu untuk ngajarin apa aja daily activity apa yang harus di lakukan setiap hari, and gues what dia ngasih tau nya cuma setengah setengah, dia gak ngasih tau setiap hari sabtu itu harus nyuci tong sampah, bersihin pantry, kalau dapet shift malem closingan harus ngapain aja, gw sempet nanya ke senior lain & gw mulai beradaptasi tapi tetep svp & senior nge cap gw buruk, tadi(sabtu) gw dipangil sama svp & leader dan gw dipindah jadi relifer. and I feel down & very depressed dan gw merasa malu sama pekerja cleaning service disitu
I'm tired, I can't take it anymore, gw akui gw punya mental lemah sedikit sedikit merasa down, it gets worse day by day. dari yang sekedar pikiran jadi pengen ngelakuin jadi ngelakuin beneran. tadi gw coba gantung diri by door knob hanging pake kabel stopkontak tapi malah putus kabel nya gak kuat nahan beban berat badan gw and I write this instead. Now I remember kenapa gw punya mental lemah, gw dulu waktu kecil selalu di bully sama sepupu-sepupu gw yang kaya raya.
dulu gw takut dengan kematian, apa yang akan terjadi setelah kematian, sekarang gw pengen cepet cepet. maaf bukannya mau caper nulis ginian I'm just trying to feel better

submitted by trenchman_ to indonesia [link] [comments]


2024.02.16 07:26 barudak-well Apa Hukumnya Membaca Cerita Sek Dewasa ?

Apa Hukumnya Membaca Cerita Sek Dewasa ?

https://preview.redd.it/7nbfatjj5wic1.jpg?width=512&format=pjpg&auto=webp&s=167c59889acf07040ba6812e7d7992bf2369a2b2
Apa Hukumnya Membaca Cerita Sek Dewasa ?
Jawaban :
Hukum membaca cerita dewasa dalam islam adalah
  • Makruh, karena membacanya membuang - buang waktu tanpa mendapatkan faedah. Hukum ini terikat jika yang membacanya tidak memunculkan syahwat yang dikhawatirkan akan terjerumus ke dalam perbuatan haram.
  • Haram dan berdosa, jika dengan membacanya memunculkan syahwat yang menggugah hati kita untuk bermaksiat.
Pembahasan
Membaca cerita atau novel dewasa tidak dibenarkan. Apalagi kalau efeknya sampai membuatnya melakukan perbuatan maksiat. Berusahalah membaca sesuatu yang bermanfaat tentang pengetahuan dunia atau akhirat.
Membaca cerita dewasa merupakan kegiatan yang tiada faedahnya, maka hukumnya makruh. Rasulullah SAW bersabda, "Barang siapa beriman kepada Allah dan hari akhir, maka berkatalah yang baik atau diam."
Selain itu, manusia diciptakan oleh Allah untuk mengenal Allah dan beribadah kepada-Nya saja. Allah Ta'ala berfirman, "Dan tidaklah aku ciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah kepada-Ku saja."
Lalu, apakah menulis cerita fiksi itu haram?
Cerita fiksi adalah sebuah karya sastra yang didalamnya berisi tentang cerita rekaan atau yang didasari dengan angan-angan atau fantasi dan bukan sesuai dengan kejadian nyata.
Menulis cerita fiksi yang dapat membangun moral atau jiwa diperbolehkan.
Sedangkan memasukkan cerita fiksi ke dalam cerita nyata adalah haram.
Rasulullah SAW bersabda, "Celakalah bagi yang berbicara lantas berdusta hanya karena ingin membuat suatu kaum tertawa. Celakalah dia, celakalah dia." (HR Abu Daud dan Tirmidzi).
Sumber : https://barudakwell.com/apa-hukumnya-membaca-cerita-sek-dewasa/
submitted by barudak-well to barudakwell [link] [comments]


2024.02.16 07:26 barudak-well Apa Hukumnya Membaca Cerita Sek Dewasa ?

Apa Hukumnya Membaca Cerita Sek Dewasa ?

https://preview.redd.it/w6wszt1h5wic1.jpg?width=512&format=pjpg&auto=webp&s=e613e38d9ee6741fdb199c11e196ebe5dc1d18c5
Apa Hukumnya Membaca Cerita Sek Dewasa ?
Jawaban :
Hukum membaca cerita dewasa dalam islam adalah
  • Makruh, karena membacanya membuang - buang waktu tanpa mendapatkan faedah. Hukum ini terikat jika yang membacanya tidak memunculkan syahwat yang dikhawatirkan akan terjerumus ke dalam perbuatan haram.
  • Haram dan berdosa, jika dengan membacanya memunculkan syahwat yang menggugah hati kita untuk bermaksiat.
Pembahasan
Membaca cerita atau novel dewasa tidak dibenarkan. Apalagi kalau efeknya sampai membuatnya melakukan perbuatan maksiat. Berusahalah membaca sesuatu yang bermanfaat tentang pengetahuan dunia atau akhirat.
Membaca cerita dewasa merupakan kegiatan yang tiada faedahnya, maka hukumnya makruh. Rasulullah SAW bersabda, "Barang siapa beriman kepada Allah dan hari akhir, maka berkatalah yang baik atau diam."
Selain itu, manusia diciptakan oleh Allah untuk mengenal Allah dan beribadah kepada-Nya saja. Allah Ta'ala berfirman, "Dan tidaklah aku ciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah kepada-Ku saja."
Lalu, apakah menulis cerita fiksi itu haram?
Cerita fiksi adalah sebuah karya sastra yang didalamnya berisi tentang cerita rekaan atau yang didasari dengan angan-angan atau fantasi dan bukan sesuai dengan kejadian nyata.
Menulis cerita fiksi yang dapat membangun moral atau jiwa diperbolehkan.
Sedangkan memasukkan cerita fiksi ke dalam cerita nyata adalah haram.
Rasulullah SAW bersabda, "Celakalah bagi yang berbicara lantas berdusta hanya karena ingin membuat suatu kaum tertawa. Celakalah dia, celakalah dia." (HR Abu Daud dan Tirmidzi).
Sumber : https://barudakwell.com/apa-hukumnya-membaca-cerita-sek-dewasa/
submitted by barudak-well to u/barudak-well [link] [comments]


2024.02.12 11:37 b00dzyt Rekomendasi Buku Kriminal

Aku sudah lama ngga ke toko buku, kata temenku kebanyakan buku disana (terutama cerita) itu kayak cerita watppad (in pejorative way). Apakah Komodos punya saran buku maupun e-book yang bagus dengan topik kriminal berlatar Indonesia? Sekelas majalah Intisari lawas gitu. Boleh fiksi, non-fiksi, cerita nyata, dsb.
submitted by b00dzyt to indonesia [link] [comments]


2024.01.28 07:18 WorkingExotic5848 apakah you percaya saat orang bilang "hard work beat talent" ?? dan seberapa pentingnya talent? (there is so many beautiful lies)

banyak yg suka bilang "hard work always beat talent when talent doesn work hard", tp di real life saat gw sekolah dulu banyak orang yg rangking-1 tp malah kerjaanny bnyk baca komik terus dan belajar cm pas ulangan . sedangkan ad tmn gw yg cewek yg tiap hri nge-les dan belajar itu cm rangking-3.
cuman ya, dari yg gw liat untuk bisa sukses menguasai sesuatu lu gak perlu talent sebenarnya mau pinter matematika, pinter musik. cuma , beda cerita kalau misal kita ingin berkompetisi . talent sangat diperlukan. karena bisa dibilang talente itu semacam EXP boost. hal yg mungkin dikuasai orang biasa dalam 1 thn mngkin si talent itu bisa nguasai dalam 6 bulan.
ibarat dalam dunia sport yg kompetitif, everyone work hard mau lu berbakat atau ngak.alhasil tentu aja orang2 berbakat bakal lebih dominant ketimbang yg gak berbakat .tpi banyak banget orang yg buta dan kurang mau mengakui ,mengibaratkan bahwa "talent is lazy" seakan2 orang yg pny bakat itu pasti malas. cth aja ronaldo vs messi, byk yang bilang ronaldo itu cth dari kerja keras dan messi contoh dari bakat.
padahal klo misal mau d blg mah, baik messi dan ronaldo itu pny kedua ny bakat dan kerja keras.
cm mngkin klo bakat messi scoreny 90pt, bakat ronaldo scoreny 80pt. dan ronaldo menutupi kekuarangnny dengan bekerja lbh keras dari messi. but that doesnt mean messi itu males kan??
dan ada lagi yang blg bahwa " bakat itu gak ada , dan semua orang itu cm butuh kerja keras lebih" well, setiap orang terlahir beda dari bentuk muka tinggi badan, bahkan ukuran otak gk ad yg sama . apa yg membuat mereka menyimpulkan kalau bakat itu atau kecerdasan itu sama utk semua orang ?? padahal diantara manusia gk ada yg identik.
apakah itu kecenderungan orang-orang utk tidak mau mengakui bahwa "other is better"???
submitted by WorkingExotic5848 to indonesia [link] [comments]


2024.01.19 16:37 high_oncatnip Need advice from boboyz.

I'm (24F) Melei and my friend (34M) Bhai.
Kawan aku ni dah mcam another brother from another mother. Kawan aku ni dah kawen, aku kenal bini + mak pak dia. Memang rapat giler la to the point that aku panggil dia "bro". Making jokes, bantering, teasing and cursing hardcore to one another ni mmg dah biasa.
Nak jadikan cerita... Aku dah nak kawen next week to a mat saleh. Makin hari makin dekat time aku nak kawen, dia punya jokes jadi more personal and targeted to me, sampai aku jadi offended. Contoh jokes dia: hidung kemek, muka senget, pendek, motty etc. Dia asyik dok tnye tunang aku, "kenapalah ko nak budak hidung kemek, muka senget, pendek ni? "Ko deserve better and not this idiot."
My question to all the boboyz is that: wtf is his intention and motive behind all these? Does he means well or he's just an A-hole? Need advice from the perspective of a guy.
Mekaceh boboyz.
submitted by high_oncatnip to Bolehland [link] [comments]


2024.01.16 18:13 AlulAlif-bestfriend Tiba-tiba mikir abis makan burger, karena lagi bosan saya mau nanya

Kalian reaksinya gimana ya kalau misal rahasia Sihipenyihir, supernatural dll terungkap ke umum & rupanya sihir emang ada? Rahasia kayak di Harry Potter (statute of secrecy) dan banyak cerita fiction urban fantasy lainnya, takut? Tertarik dan mau kenalan sama penyihitukang santet? Atau biasa aja?
Kalo misal terungkapnya malah dimulai dgn bencana yg memakan korban, contohnya Shibuya incident di JJK atau Blue Exorcist, misalnya Insiden Bundaran HI di acara tahun baru (contoh)? It would be a disaster for jakartans if that would happen, banyak banget orang di tahun baru 💀
Kalau gua, ya takut dan merasa bakal banyak yg witch hunt (terutama dari kelompok religius) dan Pastinya banyak yg bakal bikin meme di internet, udah pasti tu. Btw this trope in fiction is named unmasqued world (dunia yg telah tahu rahasia supernatural)
submitted by AlulAlif-bestfriend to indonesia [link] [comments]


2023.12.14 21:56 upperballsman Apakah Pembelajaran Sejarah Indonesia Pra Nasional (Era Prasejarah, Klasik dan Kesultanan) Perlu Lebih Ditekankan daripada yang Sekarang di Kurikulum Pendidikan?

TLDR: Closing statement di paling bawah, dengan penekanan ini, kita bisa memperkuat identitas bangsa sehingga gk mudah dipecah belah, dan pada yang saat bersamaan juga memperkuat dalam hal mempromosikan persatuan republik.
Bila anda tidak tau masa lalu, maka anda secara harfiah tak akan tau apapun, anda tak akan mempunyai bahasa, mempunyai sejarah, jdi hal pertama yang akan terjadi adalah ketidak-utuhan secara personal (Wendell Berry).
Keutuhan macam apakah yang dibicirakan Wendell Berry ini? untuk konteksnya, saya lagi membaca "of Palm and Wine" karya David W Bade tentang Invasi Mongol ke Jawa.
Namun saya rasa bagian tengah buku ini begitu luar biasa, membahas tentang alasan personal kenapa Khubilai dan Kertanegara merasa adil dan benar dalam perspektif masing masing. detailnya tidak relevan dengan judul post, tpi bagian pembahasan-nya ada yang menurut saya relevan dengan judul diatas.
yaitu kutipan dari Plato yang bunyinya begini:
"Pergerakan umat manusia diarahkan kepada pencarian kejelasan tentang diri sendiri. Ia tidak dapat mendapat kejelasan tentang diri sendiri kecuali ketika Ia mendapat kejelasan dari hal hal yang ada disekitarnya"
dua kutipan dari Wendell dan Plato itu membuat saya kontemplasi malam2 ditengah gk bisa tidurnya saya. karena saya merasa kok ya bisa saja dihubung hubungkan dengan historiografi tradisional kita.

1. Pencarian Jati Diri dalam bentuk ideal

Contohnya Babad Tanah Jawi terkenal sebagai propaganda Mataram yang menyerukan garis dinasti mereka turunan langsung dari Brawijaya, hal ini turun terus menerus dari berbagai generasi sampai kraton Jogjakarta, dimana mereka menemukan diri mereka dikerdili oleh kekuasaan eropa, dimana Kraton mereka dijarah habis, dan kekuatan duniawinya dicabut sampai hampir seutuhnya. kita akan lihat tren disini bahwa tutur akan menjadi semakin rumit dan rumit seiring jalanya waktu.
Seperti tutur kekalahan mongol di catatan jawa, yang awalnya dikisahkan "dapat dikalahkan" lama kelamaan berkembang jadi "raja mongol pun mati di jawa", begitupun juga dengan Brawijaya, dari yang cuma Brawijaya saja di Babad Tanah Jawi, ujug ujug semakin berjalan waktu tiba tiba Brawijaya ada seriesnya sampe yang ke 5 di Serat Pustaka Rajapurwa.
ini semua proses pencarian jati diri yang wajar menurut saya, sebagaimana orang-orang saat itu-- terutama dinasti berkuasa --mengklaim mandat dari surga, mengklaim keturunan ki ageng yang bisa menjinakan petir, keturunan dari alexander, atau bahkan nabi adam sekalipun, itu wajar. apa yang mereka lakukan itu sejatinya pencarian jati diri-dengan waktu yang bersamaan juga upaya memahami dunia yang ada disekitarnya, dan bagaimana caranya membuat masuk akal apa yang ada kala itu.

2. Pencarian Jati diri di era Modern

Hal itu terjadi pada saya, ketika tau bahwa indonesia ini katanya memiliki "peradaban besar" "dahulu kala" "pusat perdagangan internasional". saya pun penasaran dengan semua itu dan, karena kecewa dengan materi ala kadarnya di sekolahan, saya berusaha menyelami lebih dalam tentang hal ini. dan betapa kagetnya saya ketika mempelajari bahwa kurikulum melewatkan semua ini. banyakkkkkkk sekali yang dapat dijabarkan disini.
Ada sumber kebangaan daerah, ada fakta2 menarik mengenai multi kulturalisme, dan yang paling penting, ini adalah kesamaan dalam setiap cerita itu, yang paling penting adalah betapa jelasnya bangsa ini SANGAT MUDAH di pecah belah.
Saya gk ngomongin entengnya entitas lokal memberikan perjanjian terhadap kekuatan eropa, dari kacamata zaman-nya, cukup jelas bahwa bentuk perjanjian kerjasama itu hal yang niscaya dilakukan sultan pelabuhan yang kesejahteraanya tergantung dari arus dagang, tidak. yang saya bicarakan disini adalah pecah belah antar internal entitas lokal, ceritanya selalu sama, yaitu:
"VOC memberi bantuan pada pangeran tandingan, pangeran tandingan dijadikan boneka, negara diambang kehancuran".
ya, saya tentu saja oversimplify hal hal disini, banyak diskusi yang lebih nuanced, tapi itu intinya.

3. Kenapa menurut saya harus lebih ditekankan

saya rasa, kesejarahan lokal, perlu lebih ditekankan lagi dalam sekolah sekolah. kembali ke perumpamaan babad tanah jawi, kurikulum yang ada dulu dan (mungkin)sekarang ini lebih ke model babad tanah jawi yang mana hanya dilihatkan penggambaran ideal dari kegemerlapan masa lalu saja. nggak ada bedanya dengan babad mataram yang hanya menampilkan gemerlap, menjadikan babad tersebut sebagai basis justifikasi tiraninya.
maka menurut saya ada 3 manfaat yang akan didapat bila pengajaran sejarah lokal lebih ditekankan:
  1. seperti kutipan pertama, masing masing daerah makan dengan itu akan lebih sadar akan kebangaanya dalam kesejarahan, multi-kulturalisme yang sangat penting di negara kita, dan memiliki jati diri yang jelas. hal ini berdampak nyata di dunia nyata, contoh paling segar, ada kasus beberapa orang mempermasalahkan dekorasi naga merah di pagar bupati pontianak. berkata bahwa "itu terlalu kecina cinaan" seandaikan mereka lebih ditekankan wawasan sejarahnya, pasti mereka bisa menerima penjelasan bahwa dekorasi itu merupakan gabungan motif dayak, melayu, dan cina, etnis kalimatan barat semenjak zaman kesultanan, bahkan kesultanan pun pernah beraliansi dengan kongsi cina melawan kolonialisme.
  2. jati diri ini sangat penting bagi negara seperti kita, ini saya hubungkan dengan Thesis Yoko Harada yang membahas kompleksitas inferior atau dengan kata lain, rasa tidak pede dengan bangsa sendiri, rasa "kurang dari bangsa lain" ini timbul dari kolektif identitas bangsa yang merasa "kurang dewasa" dari peradaban bangsa lain, Yoko Harada menggunakan contoh Jepang dan Newzealand post WWII sebagai contohnya, namun saya disini umpamakan saja misalkan Sejarah Surabaya yang "hanya" berkutat di 10 November saja, dengan "cerita yang kita ingat" cuma disekitaran situ saja, dapat menghasilkan persepsi bahwa bangsa kita kurang dari, lets say Inggris. Yoko Harada berkesimpulan kompleks inferioritas ini dapat menghasilkan sifat anti-produktif, saya contohkan disini misalkan oleh sebagian orang yang udah pesimis duluan dengan indonesia sehingga selalu berkata "ahh indo mah bisa apa". hal ini berdampak nyata (asumsi saya) pada persepsi kasus sehari hari, seperti contohnya kapan hari saya melihat opini di twt yang lumayan banyak yang menyetujui kira kira bunyinya begini "selamat berkomuter :) (menyinggung gerbong yang empet2an)" dan "emang indo tuh gk cocok dibuat kendaraan umum kek luar negeri". dalam hal ini kompleksitas inferiornya adalah asumsi bahwa indo gk cocok di aplikasikan transportasi umum bagai luar negeri, dan persepsi seperti itu yang gk produktif, padahal keputusan pembelian gerbong tambahan itu sangat mungkin terjadi di pemerintahan, instead of bersama sama menyuarakan tekanan, mereka malah jatuh kedalam inferiority complex, ini dapat dipahami, karena seperti yang dibilang sebelumnya, mereka cuma berusaha memahami dari apa yang ada di sekitar mereka saja. andai saja mereka sadar sejarah bahwa dahulu kala trem2 semerbak dan bisa beroperasi dengan efektif, mungkin mereka tidak akan dengan begitu mudah kena propaganda car-centrist.
  3. yang terpenting adalah, penekanan terhadap sejarah kelokalan ini akan lebih menekankan pentingnya persatuan dan kesatuan, kenapa bisa begitu? karena dalam bayangan saya, dengan bersamaanya pembelajaran kelokalan, maka orang pasti sadar betapa jeleknya sistem kesultanan/feodalisme kita di masa akhir kolonialisme, heck, bahkan betapa tidak dapat diandalkanya sistem kesultanan di zaman VOC, ini harus, dan sangat harus ditekankan dalam pembelajaran lokal, bahwa kesultanan tidak mampu mempertahankan daulatnya dan seringkali diadu domba secara internal oleh penguasa luar, dan dosa terbesar mereka adalah bagaimana mereka secara sadar memperbesar beban rakyat di zaman kolonial, dengan konsensi2 tanah, dan pemberatan kewajiban tradisional diatas kewajiban kolonial pada rakyat, ini menurut saya justifikasi yang lebih dari pantas untuk argumen republik harus berdiri. sebangga bangga nya mereka dengan kesaktian dayak, sultan agung, cetbang, kottamara, atau turunan bukit siguntang ini harus ditekankan. kebangaan regional yang berlebihan hanya membawa kesengsaraan.
Jadi, dengan begitu, daerah masing masing dapat menelusuri jati diri mereka masing masing, sehingga tidak mudah disetir (oleh buzzemedia luar misalkan), tapi dalam saat yang bersamaan mereka juga semakin sadar akan wawasan persatuan.
submitted by upperballsman to indonesia [link] [comments]


http://activeproperty.pl/