Contoh penelitian ilmiah biologi

science

2024.06.08 17:29 nathalia640 science

Apa yang dimaksud dengan metode ilmiah, dan mengapa penting dalam penelitian ilmiah?
submitted by nathalia640 to u/nathalia640 [link] [comments]


2024.06.01 13:30 ZotraxOTG [Help] Tolong bantu isi kuesioner buat skripsi. šŸ™

(Maaf kalau repost lagi, fam)
Halo, guys, perkenalkan saya mahasiswa dari jurusan Business Creation BINUS University sedang melakukan sebuah penelitian dengan topik "Pengaruh EWOM, Brand Equity, Price dan SMMA terhadap Minat Pembelian merek-merek ready-to-drink mainstram (contoh: Haus, Chatime, DLL).
Diharapkan teman-teman bisa membantu kami dengan mengisi form berikut ini. Terima kasih atas bantuannya. šŸ™
https://forms.office.com/VwLb8FBTaC
submitted by ZotraxOTG to indonesia [link] [comments]


2024.05.17 09:24 ZotraxOTG [Help] Tolong bantu isi kuesioner buat skripsi. šŸ™

Halo, guys, perkenalkan kami mahasiswa dari jurusan Business Creation BINUS University sedang melakukan sebuah penelitian dengan topik "Pengaruh EWOM, Brand Equity, Price dan SMMA terhadap Minat Pembelian merek-merek ready-to-drink mainstram (contoh: Haus, Chatime, DLL)
Diharapkan teman-teman bisa membantu kami dengan mengisi form berikut ini. Terima kasih atas bantuannya. šŸ™
https://forms.office.com/VwLb8FBTaC
submitted by ZotraxOTG to indonesia [link] [comments]


2024.04.22 04:21 dadangr Pemanasan global

Pemanasan global atau Global Warming adalah adanya proses peningkatan suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan Bumi. Suhu rata-rata global pada permukaan Bumi telah meningkat 0.74 Ā± 0.18 Ā°C (1.33 Ā± 0.32 Ā°F) selama seratus tahun terakhir. Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) menyimpulkan bahwa, ā€œsebagian besar peningkatan suhu rata-rata global sejak pertengahan abad ke-20 kemungkinan besar disebabkan oleh meningkatnya konsentrasi gas-gas rumah kaca akibat aktivitas manusiaā€[1] melalui efek rumah kaca. Kesimpulan dasar ini telah dikemukakan oleh setidaknya 30 badan ilmiah dan akademik, termasuk semua akademi sains nasional dari negara-negara G8. Akan tetapi, masih terdapat beberapa ilmuwan yang tidak setuju dengan beberapa kesimpulan yang dikemukakan IPCC tersebut
Model iklim yang dijadikan acuan oleh projek IPCC menunjukkan suhu permukaan global akan meningkat 1.1 hingga 6.4 Ā°C (2.0 hingga 11.5 Ā°F) antara tahun 1990 dan 2100.[1] Perbedaan angka perkiraan itu disebabkan oleh penggunaan skenario-skenario berbeda mengenai emisi gas-gas rumah kaca di masa mendatang, serta model-model sensitivitas iklim yang berbeda. Walaupun sebagian besar penelitian terfokus pada periode hingga 2100, pemanasan dan kenaikan muka air laut diperkirakan akan terus berlanjut selama lebih dari seribu tahun walaupun tingkat emisi gas rumah kaca telah stabil.[1] Ini mencerminkan besarnya kapasitas panas dari lautan.
Meningkatnya suhu global diperkirakan akan menyebabkan perubahan-perubahan yang lain seperti naiknya permukaan air laut, meningkatnya intensitas fenomena cuaca yang ekstrim,[2] serta perubahan jumlah dan pola presipitasi. Akibat-akibat pemanasan global yang lain adalah terpengaruhnya hasil pertanian, hilangnya gletser, dan punahnya berbagai jenis hewan. Beberapa hal-hal yang masih diragukan para ilmuwan adalah mengenai jumlah pemanasan yang diperkirakan akan terjadi di masa depan, dan bagaimana pemanasan serta perubahan-perubahan yang terjadi tersebut akan bervariasi dari satu daerah ke daerah yang lain. Hingga saat ini masih terjadi perdebatan politik dan publik di dunia mengenai apa, jika ada, tindakan yang harus dilakukan untuk mengurangi atau membalikkan pemanasan lebih lanjut atau untuk beradaptasi terhadap konsekuensi-konsekuensi yang ada. Sebagian besar pemerintahan negara-negara di dunia telah menandatangani dan meratifikasi Protokol Kyoto, yang mengarah pada pengurangan emisi gas-gas rumah kaca.
submitted by dadangr to rdatadao [link] [comments]


2024.04.12 05:10 Mission-Boss2860 Koridor Baru Tiongkok-Myanmar: Membangun Koridor, Berbagi Platform, Mendorong Pembangunan

Ramai dan mempesona. Berjalan melalui lokasi pameran Pameran Ekonomi dan Perdagangan Perbatasan Myanmar (Lashio) - Tiongkok (Lincang) ke-4 dan Pameran Ekonomi dan Perdagangan Perbatasan Myanmar (Naypyidaw) - Tiongkok (Lincang) (selanjutnya disebut Pameran Perbatasan Tiongkok-Myanmar ke-4), kita harus menghela nafas karena kegiatan yang ramai telah kembali dan acara akbar telah kembali.
Ini adalah pameran perbatasan offline pertama sejak epidemi Xin Guan, yang diadakan pada tanggal 25 hingga 28 Mei di Naypyidaw, Myanmar. Berfokus pada tema "Membangun Koridor Baru - Mencari Pembangunan Baru Bersama", Pameran Perbatasan bertujuan untuk secara proaktif melayani dan berintegrasi dengan Tiongkok dan Myanmar dalam membangun "Sabuk dan Jalan", Koridor Ekonomi Tiongkok-Myanmar, dan Koridor Baru Tiongkok-Myanmar di Samudra Hindia. Dengan mencari pengembangan baru kerja sama ekonomi dan perdagangan serta berbagi pencapaian baru kerja sama yang saling menguntungkan, hal ini mengkonsolidasikan persahabatan antara Tiongkok dan Myanmar dan memperdalam kerja sama perdagangan dan investasi.
Membangun Platform, Membangun Merek, dan Menjalin Pertemanan
Dalam Pameran Perbatasan ini, pihak China mengirimkan delegasi ekonomi dan perdagangan yang terdiri dari 156 anggota untuk berpartisipasi dalam pameran di Myanmar, di mana 82 perusahaan dari Yunnan, Shandong, Sichuan, Chongqing, Guangxi, Jiangsu, Guangdong, Henan, dan provinsi lain (daerah otonom dan kotamadya) secara kolektif muncul dalam pameran, dan produk yang dipamerkan termasuk makanan, kebutuhan sehari-hari, peralatan rumah tangga, produk fotovoltaik, kendaraan listrik, produk elektromekanis, suku cadang mobil, sepeda motor, dan aksesori lebih dari 500 jenis. Pihak Myanmar secara aktif mengorganisir perusahaan-perusahaan dari semua provinsi dan negara bagian untuk berpartisipasi dalam pameran, dan perusahaan-perusahaan China dan pengusaha China di luar negeri di Myanmar juga dengan antusias mendaftar untuk berpartisipasi dalam pameran.
Teman baru dan teman lama berkumpul bersama, membangun momentum membangun merek.
"Di sini, lihatlah ke sekeliling stan, yang semuanya merupakan mitra perusahaan kami di seluruh negeri dan di berbagai bidang." Meng Yao, Manajer Penjualan Wilayah Asia-Pasifik Asia Tenggara Sunshine Power Supply Co. Sebelumnya, Meng Yao dengan riang memperkenalkan bisnis perusahaan dalam bahasa Inggris kepada para tamu seperti Chen Hai, duta besar Tiongkok untuk Myanmar, dan Win Hin, wakil perdana menteri dan menteri perencanaan dan keuangan Myanmar, yang datang untuk berkeliling paviliun.
Meng Yao mengatakan bahwa sebagai perusahaan terkemuka di industri ini, Sunshine Energy sangat mementingkan Pameran Perbatasan ini. Tidak hanya membawa produk dan teknologi terbaru ke pameran, tetapi juga merekomendasikan pemasok nasional bahan dan aksesori terkait untuk menghadiri pameran bersama, melakukan upaya bersama untuk meningkatkan kesadaran merek seluruh rantai.
"Pameran singkat selama dua hari ini telah mencapai efek publisitas yang diharapkan." Myo De Piao, manajer umum Myanmar Golden Goat Co Ltd, melakukan perjalanan khusus dari Mandalay untuk berpartisipasi dalam Pameran Perbatasan. Peserta pameran dari Tiongkok sangat tertarik dengan jus tanduk asam merek "Crown" yang diproduksi oleh perusahaannya, dan ia sangat sibuk di stan.
Merapatkan mitra yang baik, membuka pasar Cina yang luas, berbagi pengalaman pengembangan yang kaya ...... pertama kalinya berpartisipasi dalam pameran perbatasan, panen Myo De Piao. "Pameran Perbatasan Myanmar-Tiongkok yang keempat telah memberi saya banyak kejutan, dan saya lebih percaya diri untuk memanfaatkan peluang bisnis dan memperluas kerja sama dengan perusahaan-perusahaan Tiongkok untuk saling menguntungkan dan saling menguntungkan." Myo De Piao mengatakan bahwa ia akan terus berpartisipasi dalam pameran tahun depan dan terus memperluas area gerainya untuk meningkatkan popularitas caper di Myanmar.
"Dibandingkan dengan Pameran Perbatasan pertama pada tahun 2019, Pameran Perbatasan kali ini menyajikan 'tiga hal tertinggi dan tiga hal lainnya'." Zhou Yongzhi, direktur Biro Perdagangan Kota Lincang, menjelaskan bahwa "tiga tertinggi" adalah peningkatan visibilitas, partisipasi dan kualitas produk, dan "tiga lebih banyak" adalah lebih banyak provinsi yang berpartisipasi, lebih banyak perusahaan yang berpartisipasi, dan lebih banyak produk yang berpartisipasi.
Dilaporkan bahwa dalam pameran 4 hari tersebut, omset di tempat mencapai 5 juta RMB, dan menerima lebih dari 10.000 pelanggan dari berbagai jenis. 19 perusahaan China dan Myanmar berhasil menandatangani 10 proyek, yang melibatkan perdagangan impor dan ekspor, pembelian dan penjualan produk pertanian dan sampingan, kerja sama perdagangan peralatan listrik industri dan rumah tangga serta bidang lainnya, dan jumlah kumulatif perjanjian tersebut mencapai lebih dari 800 juta yuan, dan denyut nadi kedua belah pihak dari pertukaran perdagangan menjadi lebih kuat.
Saluran baru, pengembangan baru, peluang baru
"Kami berkumpul karena pameran perbatasan dan berpelukan lebih erat karena saluran baru." Wakil sekretaris komite partai kota Lincang, walikota Du Jianhui mengatakan, saluran baru Samudra Hindia China-Myanmar melalui seluruh Myanmar, adalah negara-negara Samudra Hindia yang terhubung ke jalur penting pasar besar China, yang terhubung langsung ke barat daya China, tidak hanya kebutuhan untuk pengembangan Lincang, Yunnan, tetapi juga pasti akan membawa keuntungan besar bagi perkembangan Myanmar.
Dividen, dalam Pameran Perbatasan China-Myanmar keempat dapat dilihat.
Biro Perdagangan Kota Lincang Zhou Yongzhi memperkenalkan, pameran perbatasan semua pameran di China melalui pintu keluar pelabuhan Sungai Qingshui, naik kereta api ekspres Jalur Baru Samudera Hindia China-Myanmar ini, langsung ke Naypyidaw, Myanmar.
Bagaimana komoditas Myanmar dapat diangkut ke konsumen Tiongkok melalui Jalur Baru Samudra Hindia Tiongkok-Myanmar? Jawabannya dapat dilihat pada tata letak bisnis Pabrik Mebel "Citra Baru" Myanmar.
"Lashio adalah kota simpul penting dari koridor baru Samudra Hindia Myanmar-Tiongkok, untuk memfasilitasi ekspor luar negeri, kami menempatkan gudang transit di Lashio beberapa tahun yang lalu, tetapi di masa lalu, jalur darat dari Lashio ke Lincang, Tiongkok, karena infrastruktur yang buruk dan tidak perlu dikhawatirkan." Ao Kyaw Soe, kepala pabrik mebel, mengatakan bahwa dengan promosi aktif pembangunan Koridor Baru Samudra Hindia Myanmar-Tiongkok, Jembatan Jalur Bergulir yang dibantu oleh Tiongkok di Myanmar telah berhasil ditutup.
Memperluas Kerja Sama, Menikmati Sumber Daya, dan Berkembang Bersama
"Pameran Perbatasan adalah pertukaran budaya, berbaur adalah hati masyarakat, panen adalah persahabatan, mengejar pembangunan bersama." Zhou Yongzhi, direktur Biro Perdagangan Kota Lincang, berbicara dengan nada yang sama dengan para peserta pameran.
"Pameran Perbatasan memberikan kesempatan penting untuk kerja sama antara perusahaan-perusahaan Tiongkok dan Myanmar, dan pada saat yang sama mencerminkan bagaimana Lincang telah berubah dari sebuah kota kecil di daerah perbatasan barat daya menjadi jendela perbatasan untuk membuka diri ke Myanmar." Berbicara tentang pentingnya Pameran Perbatasan, Li Hui, penanggung jawab Lincang Shuangchuang Centre (selanjutnya disebut sebagai Shuangchuang Centre), mengatakan tanpa ragu-ragu. Dia mengamati bahwa banyak perusahaan luar biasa datang untuk mencari peluang bisnis dengan produk, sumber daya, saluran, dan solusi operasi terbaru mereka.
Proyek Shuangchuang Centre, yang dipimpin oleh Li Hui, berbasis di Lincang Hi-tech Zone dan menjangkau seluruh Kota Lincang. Pusat ini membangun sistem layanan yang mengintegrasikan informasi, pembiayaan, hak kekayaan intelektual, penelitian dan pengembangan ilmiah dan teknologi, pelatihan, manajemen, dan fungsi-fungsi lain untuk membantu perusahaan tumbuh secara sehat dan membimbing serta melayani kewirausahaan dan inovasi secara massal.
Li Hui memperkenalkan bahwa dalam beberapa tahun terakhir, Zona Teknologi Tinggi Lincang telah mengembangkan sejumlah perusahaan industri terkemuka dengan daya saing inti dan perusahaan ekonomi baru dengan kekuatan yang kuat, teknologi baru, pangsa pasar yang tinggi, dan pertumbuhan yang baik dengan meningkatkan kebijakan dukungan yang relevan dan mekanisme manajemen, yang memberdayakan pengembangan berkualitas tinggi di Lincang. Kali ini, sebanyak tujuh perusahaan dari Zona Teknologi Tinggi Lincang berpartisipasi dalam pameran tersebut.
Mempromosikan lapangan kerja dan kewirausahaan melalui kerja sama terbuka. Kantor Urusan Tiongkok Luar Negeri dari Pemerintah Kota Lincang telah membangun platform dengan departemen pemerintah Myanmar untuk membuat program pertukaran, merekrut lebih dari 200 siswa Myanmar setiap tahun ke Sekolah Tinggi Guru Sains dan Teknologi Yunnan Barat untuk pelatihan keterampilan kejuruan sebelum epidemi. "Dengan tujuan pertukaran, interaksi, pembelajaran, dan berbagi, Sekolah Tinggi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Yunnan Barat dan Shuangchuang Centre membangun kerja sama sekolah-perusahaan untuk memberikan magang kepada para siswa Myanmar di perusahaan yang didanai Tiongkok, untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam mengenai masyarakat, budaya, dan kebijakan Tiongkok, serta membuka jalan bagi mereka untuk mendapatkan pekerjaan dan berwirausaha." Kata Li Hui.
Selain berbagi bakat, "saling melengkapi" juga menjadi kata kunci yang disebutkan oleh para peserta pameran. "Perusahaan kami baru akan pindah ke Myanmar pada tahun 2020, dan kami berencana untuk menginkubasi Myanmar sebagai pasar utama." ujar Meng Yao, manajer penjualan Asia Tenggara untuk Wilayah Asia-Pasifik Sunny Power Supply Co.
Meng Yao menjelaskan bahwa Myanmar sering mengalami pemadaman listrik, dan kekurangan listrik yang parah telah mempengaruhi perkembangan sosial. "Listrik pada dasarnya dapat memenuhi permintaan selama musim hujan, tetapi ketika musim kemarau, keterbatasan pembangkit listrik tenaga air muncul ke permukaan. Pada saat yang sama, beberapa daerah di Myanmar memiliki sumber daya cahaya yang melimpah. Naypyidaw, misalnya, memiliki hingga 2.000 jam cahaya yang tersedia per tahun." Meng Yao mengatakan bahwa pengenalan fotovoltaik dapat menjadi pelengkap dengan pembangkit listrik tenaga air, sehingga masyarakat Myanmar dapat sepenuhnya menikmati kekuatan energi baru.
Memperdalam kerja sama ekonomi dan perdagangan China-Myanmar dengan saling melengkapi keunggulan masing-masing dan berbagi sumber daya adalah harapan bersama kedua belah pihak.
"China bersedia untuk memperkuat pertukaran dan saling pengertian dengan Myanmar, memperdalam persahabatan dan kerja sama, memberikan dukungan dan bantuan, serta menyumbangkan kebijaksanaan dan kekuatan China untuk perdamaian, stabilitas, dan pembangunan Myanmar." Pada upacara pembukaan Pameran Perbatasan China-Myanmar keempat, Chen Hai, duta besar China untuk Myanmar, mengatakan bahwa China dengan tegas akan mengejar strategi keterbukaan yang saling menguntungkan dan saling menguntungkan, dan mempercepat pembangunan pola pembangunan baru yang didominasi oleh siklus makro domestik, dengan siklus ganda domestik dan internasional yang saling mendorong satu sama lain, yang akan membawa peluang baru bagi pembangunan Myanmar. Wakil Perdana Menteri dan Menteri Perencanaan dan Keuangan Myanmar Win Htin mengatakan bahwa pihak Myanmar telah sepakat untuk bersama-sama membangun Koridor Ekonomi Myanmar-Tiongkok, untuk melaksanakan pembangunan proyek "Belt and Road" secara kooperatif, dan untuk mendirikan Zona Kerjasama Ekonomi Perbatasan Myanmar-Tiongkok.
Setelah keberhasilan tiga sesi pertama, Pameran Perbatasan telah menjadi kartu nama yang cemerlang untuk mengkonsolidasikan dan memperdalam pertukaran persahabatan dan kerja sama ekonomi dan perdagangan antara China dan Myanmar. Peluang bisnis bertabrakan dengan pameran, dan kerja sama dibangun dengan pameran. Semakin banyak perusahaan dan pengusaha China dan Myanmar telah menjadi "mitra internasional" dalam proses Koridor Baru Samudra Hindia China-Myanmar melalui platform, jembatan, dan pembawa Pameran Perbatasan.
submitted by Mission-Boss2860 to u/Mission-Boss2860 [link] [comments]


2024.04.06 20:54 Upper_Cantaloupe_402 Pemanasan global

Pemanasan global atau Global Warming adalah adanya proses peningkatan suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan Bumi. Suhu rata-rata global pada permukaan Bumi telah meningkat 0.74 Ā± 0.18 Ā°C (1.33 Ā± 0.32 Ā°F) selama seratus tahun terakhir. Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) menyimpulkan bahwa, ā€œsebagian besar peningkatan suhu rata-rata global sejak pertengahan abad ke-20 kemungkinan besar disebabkan oleh meningkatnya konsentrasi gas-gas rumah kaca akibat aktivitas manusiaā€[1] melalui efek rumah kaca. Kesimpulan dasar ini telah dikemukakan oleh setidaknya 30 badan ilmiah dan akademik, termasuk semua akademi sains nasional dari negara-negara G8. Akan tetapi, masih terdapat beberapa ilmuwan yang tidak setuju dengan beberapa kesimpulan yang dikemukakan IPCC tersebut
Model iklim yang dijadikan acuan oleh projek IPCC menunjukkan suhu permukaan global akan meningkat 1.1 hingga 6.4 Ā°C (2.0 hingga 11.5 Ā°F) antara tahun 1990 dan 2100.[1] Perbedaan angka perkiraan itu disebabkan oleh penggunaan skenario-skenario berbeda mengenai emisi gas-gas rumah kaca di masa mendatang, serta model-model sensitivitas iklim yang berbeda. Walaupun sebagian besar penelitian terfokus pada periode hingga 2100, pemanasan dan kenaikan muka air laut diperkirakan akan terus berlanjut selama lebih dari seribu tahun walaupun tingkat emisi gas rumah kaca telah stabil.[1] Ini mencerminkan besarnya kapasitas panas dari lautan.
Meningkatnya suhu global diperkirakan akan menyebabkan perubahan-perubahan yang lain seperti naiknya permukaan air laut, meningkatnya intensitas fenomena cuaca yang ekstrim,[2] serta perubahan jumlah dan pola presipitasi. Akibat-akibat pemanasan global yang lain adalah terpengaruhnya hasil pertanian, hilangnya gletser, dan punahnya berbagai jenis hewan. Beberapa hal-hal yang masih diragukan para ilmuwan adalah mengenai jumlah pemanasan yang diperkirakan akan terjadi di masa depan, dan bagaimana pemanasan serta perubahan-perubahan yang terjadi tersebut akan bervariasi dari satu daerah ke daerah yang lain. Hingga saat ini masih terjadi perdebatan politik dan publik di dunia mengenai apa, jika ada, tindakan yang harus dilakukan untuk mengurangi atau membalikkan pemanasan lebih lanjut atau untuk beradaptasi terhadap konsekuensi-konsekuensi yang ada. Sebagian besar pemerintahan negara-negara di dunia telah menandatangani dan meratifikasi Protokol Kyoto, yang mengarah pada pengurangan emisi gas-gas rumah kaca.
submitted by Upper_Cantaloupe_402 to u/Upper_Cantaloupe_402 [link] [comments]


2024.04.06 20:22 DanuAlfian Meneliti dan Mengompilasi 10 Fakta Mengejutkan Tentang Topik yang Tidak Dikenal

Meneliti dan Mengompilasi 10 Fakta Mengejutkan Tentang Topik yang Tidak Dikenal
Deskripsi:
  1. Pilihlah sebuah topik yang tidak diketahui tetapi Anda berpengetahuan atau bersemangat tentangnya. Ini bisa menjadi apa pun mulai dari fenomena ilmiah tertentu hingga aspek yang kurang dikenal dari sejarah, tradisi budaya unik, hobi yang tidak biasa, atau karya seni atau sastra yang terlupakan.
  2. Lakukan penelitian yang menyeluruh untuk menemukan 10 fakta menarik dan kurang dikenal tentang topik yang dipilih. Pastikan bahwa fakta-fakta tersebut akurat dan didukung oleh sumber yang dapat dipercaya.
  3. Kompilasikan fakta-fakta tersebut menjadi daftar yang terorganisir dengan baik, pastikan untuk menyajikannya dengan cara yang menarik dan mudah dipahami. Pertimbangkan untuk menggunakan poin-poin utama atau daftar berangka untuk meningkatkan keterbacaan.
  4. Buatlah format yang menarik secara visual untuk menyajikan fakta-fakta tersebut. Anda bisa menggunakan gambar, infografis, atau elemen visual lainnya untuk meningkatkan presentasi dan menarik perhatian pengguna Reddit.
  5. Tulislah judul yang menarik perhatian untuk posting Reddit Anda yang secara akurat merangkum konten dan memancing rasa ingin tahu. Misalnya, "10 Fakta Mengejutkan Tentang [Topik Anda] yang Akan Membuat Anda Terpesona!"
  6. Postingkan konten Anda di subreddit yang sesuai dengan topik yang Anda pilih. Pastikan untuk mengikuti aturan dan panduan subreddit saat memposting.
  7. Pantau posting tersebut dan terlibat secara aktif dengan komentator yang merespons konten Anda. Jawab pertanyaan, berikan informasi tambahan, dan dorong diskusi mengenai topik tersebut.
  8. Pantau kinerja posting, termasuk jumlah upvote, komentar, dan keterlibatan secara keseluruhan yang diterima. Gunakan umpan balik ini untuk menyempurnakan upaya pembuatan konten Anda di masa mendatang.
Tujuan: Meningkatkan poin karma Reddit Anda dengan membagikan konten bernilai dan menarik yang menarik minat para pengguna Reddit dan mendorong diskusi yang berarti dalam komunitas, potensial meningkatkan poin karma Anda dalam prosesnya.
submitted by DanuAlfian to u/DanuAlfian [link] [comments]


2024.04.06 19:49 Due-Beautiful-3773 Mengeksplorasi Dampak Perubahan Iklim terhadap Terumbu Karang: Perjalanan Visual

Sebagai seorang ahli biologi kelautan yang bersemangat, saya telah menghabiskan bertahun-tahun mempelajari ekosistem yang rumit dari terumbu karang. Dengan laju perubahan iklim yang mengkhawatirkan, dunia bawah laut yang penuh warna ini menghadapi ancaman yang belum pernah terjadi sebelumnya. Saya ingin berbagi beberapa temuan dan pengamatan terbaru saya melalui perjalanan visual.
Dalam ekspedisi penelitian terakhir saya ke Great Barrier Reef, saya melihat dengan mata kepala sendiri efek merusak dari kenaikan suhu laut dan asam laut. Terumbu karang yang dulu penuh warna sekarang kesulitan untuk bertahan hidup, memudar dan rapuh di tengah-tengah perubahan iklim.
Ditemani oleh fotografi bawah air yang memukau dan rekaman video, saya bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang kebutuhan mendesak akan upaya konservasi. Melalui visual ini, saya berharap dapat menyampaikan keindahan terumbu karang sambil menyoroti bahaya yang mengancam mereka.
Bergabunglah dengan saya dalam eksplorasi salah satu ekosistem alam paling berharga di Bumi dan mari kita diskusikan apa yang bisa kita lakukan untuk melindungi dan melestarikan keajaiban alam yang tak ternilai ini untuk generasi mendatang.
submitted by Due-Beautiful-3773 to u/Due-Beautiful-3773 [link] [comments]


2024.04.06 17:49 Sensitive_Chair_8842 HAve guys

Dalam keadaan hari-hari biasa, ketika hal tersebut terjadi maka seseorang dapat mengatasi hal tersebut dengan cara mencoba meningkatkan kembali hormon serotonin yang rendah saat bangun tidur. Makananyang tinggi triptofan seperti masakan dari ikan segar, pisang dan cokelat adalah contoh yang sudah terbukti secara ilmiah dapat meningkatkan kadar serotonin di otak.

Tidur Setelah Sahur dan Gangguan Mood
Memang tidak ada ketentuan Islam yang melarang untuk tidur kembali setelah sahur, tapi menengok anjuran Rasulullah SAW yang menyatakan bahwa sebaiknya mengakhirkan sahur sepertinya hal tersebut merupakan suatu pesan bahwa setelah sahur kita disuruh menunggu subuh untuk menjalankan shalat subuh. Jika kita tidur setelah sahur ataupun waktu sahur yang terlalu cepat sehingga tertidur kembali potensi untuk terlewatnya shalat subuh menjadi lebih meningkat.



Konten ini telah tayang di Kompasiana.com dengan judul "Sering Tidur Habis Sahur? Waspada Gangguan Mood Pagi Hari", Klik untuk baca:
https://www.kompasiana.com/meldyelfa/576c1435c923bd210ae2ddb9/sering-tidur-habis-sahur-waspada-gangguan-mood-pagi-hari

Kreator: Meldy Muzada Elfa



Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tulis opini Anda seputar isu terkini di Kompasiana.com
submitted by Sensitive_Chair_8842 to u/Sensitive_Chair_8842 [link] [comments]


2024.03.03 06:07 Josdab [HELP] Butuh 100 responden untuk kuesioner penelitian ilmiah

Kepada saudara/i yang saya hormati di Indonesia,
Perkenalkan saya siswa SMA yang saat ini sedang menyusun penilitian tugas akhir mengenai korelasi pola tidur dan prestasi yang berjudul "Korelasi Pola Tidur terhadap Prestasi Akademik Siswa". Mohon bantuannya dari saudara/i untuk mengisi kuesioner saya jika saudara/i sedang menjalani pendidikan SMP/sederajat, SMA/sederajat, dan perguruan tinggi.
Berikut link kuesionernya: Angket penelitian
Durasi pengerjaan kuesioner sekitar 5-10 menit. Penelitian ini tidak meminta nama dan saya menjamin kerahasiaan dari informasi yang diberikan.
Atas ketersediaan dan waktu dari saudara/i untuk mengisi kuesioner ini, saya ucapkan terima kasih.
submitted by Josdab to indonesia [link] [comments]


2024.02.28 15:15 AkaunSorok 5+ salah faham yang common tentang evolution

Video daripada Clint Explains, seorang PhD in Biology.
Ringkasan 5 point video + sedikit yg ditambah oleh saya.
1.Evolution ni semua organisma terlibat dalam proses ini. Biasanya kita sentiasa tanya tentang human evolution sampai terlupa yang semua organism, termasuklah mikroorganisma juga meengalami proses evolution.
2.Evolution tidak menerangkan konsep bermulanya kehidupan daripada benda yang tidak hidup. Evolution menerangkan macam mana kepelbagaian spesies ā€˜origin of speciesā€™ wujud dan berubah dalam jangka masa yang sangat lama. Konsep ā€˜origin of lifeā€™ tu kajian abiogenesis.
3.Evolution tidak mempunyai hala tuju yang specifik untuk menjadikan organisma itu lebih cerdas, lebih pantas, lebih kuat. Evolution itu adalah proses organisma yang mempunyai ciri-ciri yang lebih sesuai untuk membiak dalam persekitaran tertentu (natural selection). Contohnya, kecerdasan otak mungkin dilihat sangatlah baik, tetapi kecerdasan otak yang tertinggi sesuatu organisma memerlukan tenaga yang tinggi. Otak manusia menggunakan 20% keseluruhan tenaga badan kita peroleh. Jika persekitaran memberi kelebihan kepada organisma yang lebih ringkas (kekurangan makanan, seperti extinction event), kecerdasan otak mungkin akan menjadi kekurangan yang sangat besar.
4.Populasi evolve, bukan individu. Individu tidak akan mengalami evolusi dalam jangka hayatnya. Tetapi genetik individu tersebut mungkin mempengaruhi populasi species tersebut di generasi-generasi akan datang. Contoh seperti black/white moth di England. Ketika industrial revolution, black moth lebih mudah untuk hidup dan membiak kerana persekitaran berasap yang lebih gelap. White moth secara individu tidak boleh berubah kepada hitam untuk menyesuaikan diri kepada persekitaran baru. Tetapi populasi moth telah dikatakan mengalami ā€˜natural selectionā€™. Akhirnya pada akhir kurun ke-19, black moth, yang dahulunya hanyalah deformasi genetik di kalangan moth yang majoritinya white, mendominasi sekitar 98% populasi moth.
5.Kita tidak evolve daripada species yang wujud sekarang. Biasa kita mendengar hujah, jika evolution itu benar, mengapa tiada chimpanzee berubah menjadi manusia? Manusia dan chimpanzee berkongsi ā€˜common ancestorā€™ pada sekitar 7 juta tahun dahulu. Cabang evolusi daripada common ancestor itu, setelah beberapa generasi, telah menghasilkan organisma yang sangatlah berbeza mengikut kesesuaian persekitaran masing-masing. Adakah chimpanzee boleh menjadi organisma bijak seperti manusia? Mungkin jika persekitaran chimpanzee memerlukan organisma yang lebih bijak, tetapi proses evolution yang kompleks untuk menghasilkan species yang cerdas akan mengambil masa yang sangat, sangat lama, dan kita tidak akan boleh melihatnya pada zaman ini.
Point saya sendiri
  1. Salah faham: ā€˜Teori evolution hanya berkait dengan Darwin. Darwin mungkin salah dalam menghasilkan teori evolutionā€™.
Darwin publish bukunya, On the Origin of Species pada tahun 1859. Sejak daripada itu, teori evolution semakin berkembang pesat dan kukuh setelah dikaji oleh saintis-saintis daripada pelbagai bidang seperti fosil paleontologi dan genetik. Jika teori evolution adalah salah, tidak mungkin ia dapat bertahan pada zaman sains moden ini.
  1. Salah faham: ā€˜Evolution ini hanyalah teoriā€™.
Konsep teori di dalam kajian sains bermaksud penerangan saintifik kepada sesuatu fenomena, yang telah dikaji secara mendalam dan mempunyai bukti-bukti saintifik yang kukuh. Teori adalah konsep yang tertinggi dalam kajian sains. Perbezaan antara law dengan teori ini, law ialah pengiraan matematik untuk mendapatkan anggaran kepada sesuatu fenomena. Teori pula menerangkan bagaimana fenomena itu terjadi. Germ theory of disease, cell theory, gravity theory adalah contoh-contoh teori lain yang kita yakin adalah benar dan diterima masyarakat. Mengapa evolution tidak diterima dan disisihkan?
Kredit (shoutout) kepada Alfred Russel Wallace, seorang naturalist sezaman dengan Darwin. Mengkaji haiwan-haiwan di Malay Archipelago, (negara kita pun ada!) manakala Darwin di Kepulauan Galapagos. Juga mengusulkan teori evolution, tetapi overshadowed by Darwin. Boleh dikatakan sebagai co-founder of evolution. Saya sangatlah bangga, kerana kekayaan biodiversiti kita menarik perhatian beliau dan memberi sumbangan terhadap kajian beliau.
Hanya seorang manusia yang minat biologi. Ada salah silap komenlah di bawah.
Ada edit struktur sedikit.
submitted by AkaunSorok to Ajar_Malaysia [link] [comments]


2024.02.27 12:43 Affectionate_Cat293 Geopolitik Indonesia Menurut Lemhannas

Geopolitik Indonesia Menurut Lemhannas
Biasanya untuk memahami geopolitik Indonesia atau alasan kenapa pindah ibu kota negara, kita sering bergantung pada sumber luar (yang amatir), seperti Caspian Report. Tapi sebenarnya ada sumber yang jauh lebih bagus dan lebih tepercaya, yaitu paparan dari Lemhannas ("Lemhannas dibentuk sebagai sekolah Geopolik. Sekolah yang mempelajari interaksi antara geografi dan politik") dan publikasi mantan Gubernur Lemhannas Andi Widjajanto. Contoh:
  1. 19 Mei 2022-Gubernur Lemhannas RI Andi Widjajanto pada Orasi Ilmiah
  2. 21 Juni 2022-Gubernur Lemhannas RI Andi Widjajanto menjadi Narasumber dalam Kuliah Umum dan Bincang-Bincang Ibu Kota Negara (IKN) oleh Universitas Balikpapan
  3. 2 Maret 2023-Gubernur Lemhannas RI Andi Widjajanto pada Seminar Nasional Universitas Jenderal Achmad Yani
  4. 9 Agustus 2022-Gubernur Lemhannas RI Andi Widjajanto pada Seminar Nasional PPRA 63 Lemhannas RI
  5. 10 Agustus 2022-Gubernur Lemhannas RI Andi Widjajanto pada Pembukaan Pemantapan Nilai-nilai Kebangsaan bagi Komponen Bangsa Provinsi Papua dan Kuliah Umum Universitas Cenderawasih
  6. 25 Januari 2023-Gubernur Lemhannas RI Andi Widjajanto pada FGD "Memutus Kekerasan di Papua melalui Pendekatan Hankam"
Lengkapnya di sini: https://www.lemhannas.go.id/index.php/publikasi/kup
Isinya menarik sekali dan membuat kita paham cara pikir pemerintah Indonesia soal geopolitik. Beberapa hal menarik yang aku temui:
Salah satu tonggak penting geopolitik Indonesia adalah pengembangan konsep Wawasan Nusantara. Wawasan Nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa, tentang jati diri dan lingkungan yang mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa, serta kesatuan wilayah untuk mendukung pencapaian kepentingan nasional. Deklarasi Djuanda yang kemudian diwujudkan melalui Konvensi Hukum Laut Dunia telah memfasilitasi gagasan kesatuan wilayah. Deklarasi Djuanda menyatakan Indonesia menganut prinsip-prinsip kenegaraan berlandaskan kepulauan. Wawasan Nusantara terutama dibentuk dalam rangka mengantisipasi skenario terburuk berupa perang semesta yang diluncurkan oleh negara lain untuk menguasai titik-titik strategis kepulauan Nusantara. Skenario terburuk tersebut pernah dilakukan oleh armada Jepang dalam Perang Pasifik dengan menggelar operasi laut dari bulan Desember 1941 hingga April 1942 untuk secara total melumpuhkan dan menguasai semua benteng pertahanan dan fasilitas strategis Hindia Belanda.
Guna mencegah berulangnya invasi total, Indonesia mengandalkan doktrin pertahanan rakyat semesta yang memadukan pilar mobilisasi, pertahanan berlapis, pertahanan dalam, strategi defensif aktif, hingga gelar operasi gabungan yang mengandalkan kemampuan untuk melakukan perang asimetris yang berlarut. Peta strategi pertahanan laut Nusantara (Gambar 13) serta peta gelar komando utama operasi TNI (Gambar 14) pada dasarnya menunjukkan bahwa geostrategi militer Indonesia sudah disiapkan untuk mengantipati gelar ekspansionis ofensif berskala perang semesta seperti yang dulu dilakukan Jepang dalam perang Pasifik.
Hal ini menunjukkan kalau pemerintah Indonesia sangat waswas dengan ancaman dari utara (bukan dari selatan, jadi ketakutan orang Oz di geopolitics soal Indonesia sangat tidak berdasar). Maka perencanaan militer dan geopolitik diarahkan untuk menanggulangi ancaman tersebut.
https://preview.redd.it/v4a4h1wr74lc1.png?width=1402&format=png&auto=webp&s=e8cd954f9a9d8ff76afaa28fa4dde40d550cda11
Pemerintah terutama sangat khawatir dengan kontrol atas Selat Makassar:
Dari sisi konektivitas, posisi Nusantara berdekatan dengan Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) II dan titik rawan (choke point) Selat Makassar. Sebagai salah satu jalur perdagangan dan pelayaran strategis, jalur tersebut turut disertai dengan beragam risiko yang perlu menjadi perhatian terkait kerawanan pertahanan nusantara. Selain itu, kerawanan turut terpantau pada posisi Nusantara yang memiliki perbatasan darat dengan Malaysia. IKN juga rentan terhadap agresi dari negara asing. Posisi IKN relatif berada di garda terdepan pertahanan nasional. Secara historis, lokasi IKN merupakan salah titik awal yang diinfiltrasi militer Jepang di era Perang Pasifik (Perang Dunia II).
Habis ngebaca ini, aku jadi yakin kalau analisisnya annadpk dan weilim soal geopolitik Indonesia itu sangat akurat dan juga menunjukkan bagaimana pemerintah Indonesia sebenarnya melihat geopolitik. Soal ancaman dari utara, ini sudah pernah dianalisis annadpk:
To the Indonesian military strategist the threat is from the North. Right now its like the period after Majapahit had defeated the Mongols, and spent the next 20-30 years, expanding and ultimately waiting for the return of the Mongols. The Majapahit Navy had a fleet based in Natuna and also the Makassar Strait waiting for another Mongol invasion fleet.
You see that now in Indonesia, Natuna is again being militarized. The capital is moving Northward to secure control over the Makassar Strait-Lombok Strait
Soal rentannya Selat Makassar juga sudah pernah diangkat oleh weilim:
Lastly, this analysis will talk about Makassar Strait-Sulu-Celebes Sea region, which gets very little press in both the West and China, but is an important region in Asia. First it contains the third, and wider, access point from the Pacific to the Indian Ocean after the Malacca and Sunda Strait. Most of the supertanker ply the Makassar-Lombok Strait route from Middle East into East Asia. Secondly, it was the route the Austronesian used when they travelled from Taiwan to Southeast Asia 5000 years ago. During the 13-16th century the Chinese traded directly with traders in this region for spices like cloves and nutmeg During Second World War, one reason why Japan attacked the US and by extension the Philippines, was to get access to oil fields in East Kalimantan. Currently, most of Indonesia's exports to East Asia (especially China) come from this region. The bulk of China and Hong Kong's private investment in Indonesia is invested in this region.
NOTE: In East Asian and Southeast Asian geopolitics there are only two period were a country managed to achieve hegemony in the region one was during the Yuan and Early Ming Dynasty. I lump these two together, the reality is these Yuan and early Ming should be treated as one when it comes to geopolitics. The second is the Japanese invasion during the Second World War. The Mongols and Japanese had different goals, invasion routes and faced different geopolitical realities. When the Mongols tried to invade Java in 1292, their invasion forcesailed through the South China Sea. In contrast, the Japanese main invasion route was through the Philippines down through Makassar Strait capturing the oil fields in Balikpapan enroute to Java. The second invasion force captured Malaya and Singapore by invading it from the North via a land invasion. While the Japanese did send invasion force through the South China Seas, its was minor compared to the two other forces. The Japanese didn't have to worry about Thailand or French Indochina since they belonged to allied governments.
Terakhir soal pemindahan ibu kota, media asing selama ini ribut soal Jakarta tenggelam, tapi menurut Lemhannas ini sebenarnya alasannya:
Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara tidak hanya ditujukan untuk menjawab tantangan nasional, tetapi juga global. Melihat pembangunan IKN dari kacamata empat kapasitas sebelumnya, pemindahan IKN ke tengah wilayah Indonesia yang merepresentasikan keadilan merupakan perwujudan dari sistem Demokrasi. Pemindahan IKN diharapkan mendorong pemerataan akses serta pertumbuhan semua wilayah Indonesia.
Jadinya analisisnya weilim soal "MOVING AWAY FROM JAVA CENTRISM" benar-benar terkonfirmasi oleh Andi Widjajanto dari Lemhannas sendiri.

Jadi apa inti post ini? Mungkin ke depannya, buat yang mau bikin effort post soal gepolitik Indonesia (baik itu di sini maupun geopolitics), bisa pakai paparan Lemhannas sebagai sumber yang jelas. Dengan melihat paparan tersebut kita jadi bisa tahu mana analisis yang benar-benar tajam dan mana yang cuma karangan bule doang tanpa sumber yang jelas.
submitted by Affectionate_Cat293 to indonesia [link] [comments]


2024.01.27 04:26 yourcontent Apa apa dengan film Indonesia? A poll.

Hai Komodos, aku peneliti (dan penggemar) perfilman Indo, saat ini sedang menyelesaikan S3 tentangnya. Sejauh ini aku kebanyakan meneliti produksi, dan belum ada kesempatan meneliti penonton (tp aku telah kumpul beberapa riset dari penelitian lain). Aku pikir mungkin menarik untuk lakukan poll kepada orang2 di sini tentang perasaan terhadap film Indo kini.
Yang menarik aku, di masa HP dan sosmed semakin menarik perhatian kita, industri film dan bioskop juga menjadi lebih besar dari sebelumnya. Seberapa tinggi bisa dicapai?
Tentu saja Reddit punya demografi yang sempit, jadi ini tidak sungguh ilmiah. Sejujurnya ini hanya karena rasa ingin tahu, dan aku senang membagikan hasilnya untuk dilihat semua.
Poll di sini. Makasih banyak!
Maaf jika ini bodoh dan/atau tidak menarik! Ini hyperfixation aku, mau bagaimana lagi. šŸ¤·šŸ»ā€ā™€ļø
submitted by yourcontent to indonesia [link] [comments]


2024.01.12 09:22 AdimoParanto Adimo Paranto: Gelombang IPO Perusahaan Nikel di Bursa Saham Indonesia, Permintaan Mobil Listrik Mendorong Perkembangan Pasar Saham

Pada acara berbagi yang diorganisir oleh Akademi Studi Keuangan hari ini, pendiri Adimo Paranto berbicara tentang pandangannya terhadap mobil listrik dan komponen kunci baterai. Penjualan mobil listrik yang kuat mendorong peningkatan permintaan nikel padat, menarik perusahaan pertambangan untuk meningkatkan kapasitas produksi dan skala bisnis mereka, termasuk dua perusahaan tambang nikel, yaitu PT. Sumber Mineral Global Abadi dan PT. Adhi Kartiko Pratama, keduanya memutuskan untuk melakukan penawaran umum perdana (IPO) pada awal tahun 2024.
PT Sumber Mineral Global Abadi (SMGA) adalah perusahaan perdagangan grosir nikel dan batu bara yang akan melakukan IPO di Bursa Efek Indonesia (IDX). Adimo Paranto menyimpulkan dari prospektus bahwa SMGA akan menerbitkan hingga 1,75 miliar saham biasa baru.
Untuk memastikan kelancaran tindakan perusahaan ini, perusahaan tersebut akan menunjuk PT Victoria Sekuritas Indonesia sebagai penjamin emisi dan pelaksana.

Adimo Paranto: Dorongan IPO Terletak pada Permintaan Mobil Listrik yang Kuat
Setelah dikurangi biaya penawaran, pendapatan dari IPO SMGA akan sepenuhnya digunakan untuk membayar nikel dan batu bara dari pemasok untuk memenuhi kontrak pengadaan.
Adimo Paranto menyebutkan bahwa selain SMGA, perusahaan tambang nikel PT Adhi Kartiko Pratama (NICE) juga akan melangsungkan IPO pada awal bulan ini. NICE menetapkan harga awal per saham dalam IPO-nya. Berdasarkan prospektus, NICE akan menawarkan 1,21 miliar saham biasa yang dimiliki oleh pemegang saham pengendali, setara dengan 20% dari modal yang akan diterbitkan atau sepenuhnya dibayar setelah IPO.
Dengan harga awal yang ditetapkan, dana yang dikumpulkan dari IPO ini mencapai 34,33 juta dolar AS, semua pendapatan dari penawaran perdana akan diterima oleh pemegang saham yang menjual saham, dan NICE tidak akan menerima pendapatan IPO apa pun untuk menjaga stabilitas harga saham.
Periode penawaran saham perdana NICE dijadwalkan berlangsung dari 3 hingga 5 Januari 2024, dengan tanggal alokasi pada 5 Januari dan tanggal alokasi elektronik pada 8 Januari 2024.
NICE akan secara resmi terdaftar di Bursa Efek pada 9 Februari 2024. Menurut laporan keuangan dalam prospektus, total utang NICE melebihi ekuitas atau modalnya. Hingga Juni 2023, potensial penerbit yang terlibat dalam penambangan nikel ini memiliki total utang lebih tinggi dari ekuitasnya.
Adimo Paranto mengatakan bahwa dalam beberapa tahun terakhir, penjualan mobil listrik dan peningkatan permintaan baterai sebagai komponen kunci telah mendorong perkembangan pasar saham Indonesia. Terutama, peningkatan permintaan akan material nikel padat telah menarik banyak perusahaan pertambangan untuk meningkatkan kapasitas produksi dan skala bisnis mereka. Dalam tren ini, dua perusahaan tambang nikel Indonesia, yaitu PT. Sumber Mineral Global Abadi dan PT. Adhi Kartiko Pratama, melakukan IPO, yang lebih lanjut mendorong aktivitas pasar saham.
Adimo Paranto: Pendapatan Penjualan Nikel Mungkin Cocok untuk Investasi Jangka Panjang
Adimo Paranto menyatakan bahwa IPO kedua perusahaan ini akan membawa peluang investasi baru ke pasar saham Indonesia dan mendorong perkembangan lebih lanjut. Namun, Adimo Paranto memperingatkan bahwa investor perlu berhati-hati ketika terlibat dalam IPO ini. Sebelum mempertimbangkan investasi dalam perusahaan-perusahaan ini, para investor seharusnya melakukan penelitian dan analisis menyeluruh tentang kondisi keuangan, prospek bisnis, dan persaingan industri.
Sesuai rencana, IPO SMGA akan efektif pada 19 Januari 2024, dengan periode penawaran umum berlangsung dari 22 hingga 25 Januari, tanggal alokasi saham diperkirakan pada 26 Januari, dan tanggal penawaran perdana di Bursa Efek Indonesia pada 29 Januari. Sementara itu, IPO NICE akan resmi terdaftar pada 9 Februari 2024.
Namun, Adimo Paranto juga mengingatkan bahwa meskipun kedua perusahaan memutuskan untuk melantai di pasar saham, mereka juga menghadapi beberapa tantangan. Sebagai contoh, menurut prospektus NICE, hingga Juni 2023, total utang perusahaan ini melebihi modal. Selain itu, laba bersih NICE mengalami penurunan, terutama disebabkan oleh penurunan penjualan. Meskipun penjualan turun, biaya penjualan justru meningkat. Faktor-faktor ini perlu dipertimbangkan oleh investor sebelum membuat keputusan investasi.
Secara keseluruhan, tren IPO perusahaan pertambangan nikel di pasar saham Indonesia dipicu oleh dorongan permintaan mobil listrik. Seiring dengan permintaan global terhadap mobil listrik yang terus meningkat, permintaan terhadap baterai sebagai salah satu komponen inti juga mengalami peningkatan signifikan. Material nikel padat, yang memainkan peran penting dalam produksi baterai, mendapat perhatian khusus dalam perkembangan ini.
submitted by AdimoParanto to STOCKMARKETNEWS [link] [comments]


2024.01.06 07:54 GranLusso64 Misteri Gunung Padang

Misteri Gunung Padang
Situs prasejarah Indonesia yang breakout lewat netflix
Bulan oktober lalu, makalah dari tim ilmuwan Indo yang dipimpin oleh Dr. Hilman Natawidjaja diterbitkan di jurnal ilmiah dunia. Paper yang terbit di jurnal ilmiah punya arti yang signifikan, karena gak bisa sembarangan dan harus peer-reviewed dulu.
Dalam makalah tersebut, kesimpulan mereka adalah situs gunung padang merupakan struktur buatan manusia (piramida) tertua di bumi berusia 23.000+ tahun. Wow, indonesa number one ! Tapi paper ini lagi didebat banyak arkeolog dunia karena banyak kesalahan fakta dan dalam metodologi yg dipakai.
Sedangkan hasil penelitian yang lebih diterima oleh para ilmuwan adalah bahwa situs tersebut merupakan punden berundak yang didirikan oleh kebudayaan sunda kuno kurleb pada 50 tahun SM. Sebenernya fakta ini aja udah keren, kalau di pulau jawa sudah ada kebudayaan/peradaban pada jamannya Yesus dan romawi, dan situsnya di cianjur juga menarik banget. Jadi engga harus 25.000 tahun yang lalu, dan oleh peradaban atlantis yang hilang, tapi boong.
Disclaimer: Bukan profesional atau studi arkeologi, jadi mohon cmiiw.
submitted by GranLusso64 to indonesia [link] [comments]


2023.11.13 06:54 wungapetu Setelah nonton ā€˜Gadis Kretekā€™ jadi inget artikel yang lumayan bikin kaget tentang Manfaat Rokok ini

Setelah nonton ā€˜Gadis Kretekā€™ jadi inget artikel yang lumayan bikin kaget tentang Manfaat Rokok ini
(Pic:@evanwijaya95)
Artikel ini tentu tidak bermaksud mengajak anda untuk mulai merokok atau meneruskan kebiasaan anda mengisap asap tembakau.
Tetapi adalah hak anda untuk percaya atau tidak bahwa nikotin dan zat-zat lain yang juga berasal dari alam dan berada di dalam rokok juga mempunyai kegunaan.
Pada artikel ini dilampirkan pula berita, info atau hasil riset secara saintifik dan ilmu pengetahuan. Namun nyaris semua di taken down / banned / dihapus yang di duga oleh pihal farmasi.
Perlu diketahui bahwa pihak perusahan farmasi dunia yang memperoduksi obat kimia dan perusahaan herbal dunia yang memproduksi obat alami, sedang ā€œperangā€ untuk saling mengklaim mana yang lebih baik dan lebih bermanfaat.
Prologue:
Rokok (Cigarette) dan Kretek (Clove Cigar) adalah beda. Maksud dari rokok disini sejatinya adalah Kretek. Namun karena kretek kurang dikenal dunia secara global, maka di Indonesia kretek juga diartikan rokok. Padahal keduanya beda.
Rokok hanya dari tembakau (bahkan kertas rendaman tembakau) sedangkan kretek adalah resep leluhur dari racikan jamu yang dibakar untuk kemudian dihisap. Itu sebabnya, para leluhur zaman dulu jika batuk menghisap rokok yang berfungsi untuk meredakan batuk mirip in-healer pada masa kini.
Lagi pula dari jutaan perokok dan perokok pasif, kenapa yang terkena efeknya hanya kurang dari 2% saja? Itupun kebanyakan akibat dari rokok, dan bukan dari kretek. Banyak ilmuwan menyimpulkan bahwa penyakit termasuk kanker yang tadinya disimpulkan akibat efek perokok pasif, sebenarnya adalah akibat polusi udara secara global dan juga lemahnya kekebalan pada individu korban.
Anda pasti terkaget-kaget ketika membaca judul ini. Sama seperti terkejutnya saya ketika pertama kali membaca dari sumbernya, Forces The Evidence Therapeutic Effects Of Smoking http://www.forces.org/evidence/evid/therap.htm / back-up cache web
Kita sadar informasi negatif tentang rokok dan kebiasaan merokok dijejalkan kepada kita sudah sejak lama. Sebagian besar menghubung-hubungkan dampak buruk asap rokok dan zat-zat yang terkandung di dalamnya terhadap kesehatan tubuh manusia.
Informasi tersebut diterima oleh masyarakat luas yang awam mengenai riset dan penelitian sebagai kebenaran mutlak yang tidak perlu diperdebatkan.
Sesuatu yang berbahaya pastinya dilarang, dan sesuatu yang dilarang karena mambahayakabn, pastinya haram menurut agama, kecuali dipakai sebagai obat atau untuk pencegahan penyakit.
Sama persis pada masa lalu. Dulu, racun bisa ular sangat mematikan, tapi kini dapat digunakan untuk serum bahkan penyembuhan. Dulu, racun lebah sangat menyakitkan dan juga mematikan, tapi kini dapat sebagai penyembuh penyakit.
Dulu, cannabis (ganja) sangat dilarang, tapi kini dapat menjadi obat kanker. Juga tumbuhan-tumbuhan beracun lainnya, setelah diteliti mendalam kini juga justru menjadi obat yang mujarab.
Bahkan bisa ular, ubur-ubur, kalajengking dan lainnya, yang pastinya berbahaya, tapi justru kini manjadi obat yang jauh lebih mujarab untuk melawan penyakit-penyakit kronis dan mengerikan.
Yang banyak dilupa oleh orang awam ialah, pertama, semua itu adalah ALAMI alias alam yang membuatnya ada, bukan kimia. Tapi apa yang terjadi? Masyarakat awam lebih mempercayai hasil kimiawi dibandingkan dengan yang alami.
Kedua, adanya racun yang masuk ke dalam tubuh manusia, maka akan manjadikannya stimultan imunisasi pada tubuh manusia. Artinya, jika tubuh manusia diberikan racun atau zat yang merugikan tubuh, maka imunisasi manusia justru meningkat akibat melakukan perlawanan, maka manusia bisa lebih kebal.
Hal sederhana itu juga terjadi pada lingkungan kita, misalkan ada anak yang sangat sering dan suka bermain hujan-hujanan, ternyata anak itu jauh lebih kebal atau imune terhadap penyakit flu dan tak mudah sakit, dibanding dengan anak yang dimanja dan tak pernah bermain hujan-hujanan selama hidupnya. Tapi, memang itulah kenyataannya.
Risks from Smoking Smoking can damage every part of the body ā€¢ Cancers ā€¢ Chronic Diseases ā€¢ Head or Neck ā€¢ Stroke ā€¢ Blindness ā€¢ Gum infection ā€¢ Lung ā€¢ Leukemia ā€¢ Stomach ā€¢ Kidney ā€¢ Pancreas ā€¢ Colon ā€¢ Bladder ā€¢ Cervix ā€¢ Aortic rupture ā€¢ Heart disease ā€¢ Pneumonia ā€¢ Hardening of the arteries ā€¢ Chronic lung disease & asthma ā€¢ Reduced fertility ā€¢ Hip fracture
Informasi mengenai dampak buruk dan tak ada untungnya terhadap tembakau atau rokok selama hidup manusia memang diterima oleh masyarakat luas yang awam mengenai riset dan penelitian sebagai kebenaran mutlak.
Namun tidak demikian dengan para ilmuwan. Sesuai dengan bidang ilmunya, mereka mengadakan penelitian seputar dampak rokok dan merokok bagi kesehatan dengan berangkat dari dasar pemikiran yang netral.
Mereka mencoba menggali adakah manfaat zat-zat yang terdapat di dalam sebatang rokok untuk kesehatan manusia, yang selama ini sudah diberi stigma negatif secara luas.
Berikut beberapa riset yang menguak manfaat rokok bagi kesehatan manusia. Saya bukan seorang dokter atau peneliti bidang kesehatan, jadi pembahasan ilmiah tentang isi warta ini bisa diperdebatkan oleh para pakar sendiri.
  1. Merokok Mengurangi Resiko Parkinson
Banyak bukti yang menunjukkan bahwa merokok melawan penyakit Parkinson. Sebuah penelitian terbaru menambah kuat bukti sebelumnya yang melaporkan bahwa merokok dapat melindungi manusia dari penyakit Parkinson.
Secara khusus, penelitian baru tersebut menunjukkan hubungan temporal antara kebiasaan merokok dan berkurangnya risiko penyakit Parkinson. Artinya, efek perlindungan terhadap Parkinson berkurang setelah perokok menghentikan kebiasaan merokoknya.
(sumber: Smoking lowers Parkinsonā€™s disease risk http://www.data-yard.net/10v2/parkinson.htm / back-up cache web
Studi lain mengenai pengaruh positif merokok terhadap Parkinson Desease (PD) adalah sebuah penelitian terhadap 113 pasangan kembar laki-laki. Tim peneliti yang dipimpin oleh Dr Tanner terus melihat perbedaan yang signifikan ketika dosis dihitung sampai 10 atau 20 tahun sebelum diagnosis.
Mereka menyimpulkan bahwa temuan ini menyangkal pernyataan bahwa orang yang merokok cenderung memiliki PD.
(sumber: Smoking and Parkinsonā€™s disease in twins http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/11865136
  1. Perokok lebih kuat dan cepat sembuh dari Serangan Jantung dan Stroke
Penelitian besar menunjukkan manfaat lain merokok, yakni manfaat terhadap restenosis atau penyempitan pembuluh darah yang menyebabkan aliran darah menjadi terbatas, seperti pembuluh darah ke jantung (cardiovaskular disease) atau ke otak (stroke). Perokok memiliki kesempatan yang lebih baik untuk bertahan hidup dan penyembuhan yang lebih cepat.
(sumber: Impact of Smoking on Clinical and Angiographic Restenosis After Percutaneous Coronary Intervention http://www.data-yard.net/34/circulation_2001_104_773.htm / back-up cache web
Penelitian lain menyebutkan karbon monoksida dapat mengurangi Serangan Jantung (Myocardial infarction) dan Stroke. Karbon monoksida merupakan produk sampingan dari asap tembakau. Sebuah laporan menunjukkan tingkat sangat rendah dari karbon monoksida dapat membantu para korban serangan jantung dan stroke.
Karbon monoksida menghambat pembekuan darah, sehingga melarutkan gumpalan berbahaya di pembuluh arteri. Para peneliti memfokuskan pada kemiripan yang dekat antara karbon monoksida dengan oksida nitrat yang menjaga pembuluh darah tetap melebar dan mencegah penumpukan sel darah putih.
Baru-baru ini oksida nitrat telah ditingkatkan statusnya dari polutan udara biasa menjadi penghubung fisiologis terpenting kedua secara internal. Oleh karena itu tidak akan mengherankan kalau karbon monoksida secara paradoks dapat menyelamatkan paru-paru dari cedera akibat penyumbatan pembuluh darah ke jantung (cardiovascular blockage).
(sumber: The Carbon Monoxide Paradox http://www.data-yard.net/10b/cm.htm / back-up cache
  1. Merokok mengurangi resiko penyakit ā€œSusut Gusiā€ (Gingival recession) yang parah
Dulu disebutkan bahwa tembakau adalah akar semua permasalahan penyakit gigi dan mulut. Padahal sebuah studi telah menunjukkan bahwa sebenarnya perokok berisiko lebih rendah terhadap penyakit gusi seperti susut gusi atau Gingival recession.
(sumber: Smoking Does Not Increase Risk Of Receding Gums http://www.data-yard.net/10o/gums.htm /back-up cache web
  1. Merokok mencegah Asma dan penyakit karena Alergi lainnya
Sebuah studi dari dua generasi penduduk Swedia menunjukkan dalam analisis multi variasi, beberapa anak dari para ibu yang merokok sedikitnya 15 batang sehari, cenderung memiliki peluang yang lebih rendah untuk menderita alergi rhino-conjunctivitis, allergic conjunctivitis (alergi pada membran mata), alergi asma, eksim atopik dan alergi makanan, dibandingkan dengan anak-anak dari para ibu yang tidak pernah merokok.
Penelitian sebelumnya telah memberikan hasil yang bertentangan mengenai dampak paparan asap tembakau pada sensibilization atopik.
Sebuah studi cross-sectional dari kebiasaan perokok dan mantan perokok dalam kaitannya dengan gangguan atopik dari data pada 6909 orang dewasa muda dan setengah baya (16-49 tahun) dan 4472 anak-anak (3-15 tahun) dari Swedish Survey of Living Conditions tahun 1996-97.
Hasil: Prevalensi asma alergi dan alergi rhino-konjungtivitis menurun, secara dosis-respons / dose-response manner (masing-masing P=0,03 dan P=0,004), dengan peningkatan paparan asap tembakau dalam penelitian pada populasi dewasa.
Anak-anak dari ayah yang merokok sedikitnya 15 batang rokok sehari memiliki kecenderungan yang sama.
(sumber: Does tobacco smoke prevent atopic disorders? A study of two generations of Swedish residents http://www.data-yard.net/30/asthma.htm /back-up cache web
  1. Nikotin membunuh kuman penyebab Tuberculosis (TB)
Suatu hari, Nikotin mungkin menjadi alternatif yang mengejutkan sebagai obat Tubercolosis atau TBC yang susah diobati, kata seorang peneliti dari University of Central Florida (UCF).
Senyawa ini menghentikan pertumbuhan kuman TBC dalam sebuah tes laboratorium, bahkan bila digunakan dalam jumlah kecil saja, kata Saleh Naser, seorang profesor mikrobiologi dan biologi molekuler di UCF. Kebanyakan ilmuwan setuju bahwa nikotin adalah zat yang menyebabkan orang menjadi kecanduan rokok.
(sumber: Shocker: ā€˜Villainā€™ nicotine slays TB http://www.data-yard.net/10c/nicotine.htm / back-up cache web
  1. Merokok mencegah Kanker Kulit yang langka
Seorang peneliti pada National Cancer Institute berpendapat bahwa merokok dapat mencegah pengembangan kanker kulit yang menimpa terutama orang tua di Mediterania, wilayah Italia Selatan, Yunani dan Israel.
Bukan berarti merokok disarankan untuk populasi itu, kata Dr James Goedert, namun yang penting adalah merokok tembakau dapat membantu untuk mencegah kanker yang langka bentuk. Dan ini adalah sebuah pengakuan dari peneliti di National Cancer Institute bahwa ada manfaat dari rokok.
Goedert yang bergabung di American Association for Cancer Research (AACR) mengatakan bahwa ia tetap tidak akan merekomendasikan merokok, bahkan kepada anggota populasi yang telah diteliti.
ā€œStudi ini menunjukkan merokok menghasilkan risiko lebih rendah penderita penyakit langka yang jarang dan berakibat fatal,ā€ katanya ringkas.
(sumber: Smoking Cuts Risk of Rare Cancer http://www.data-yard.net/10b/kaposi.htm / back-up cache web
ā€¢ Literatur yang mendekati: Dr. James Goedert, Risk factors for classical Kaposi sarcoma in a population-based case-control study in Sicily (back-up link PDF) Artikel: Does Smoking Reduce Kaposiā€™s Sarcoma Risk? (link PDF)
  1. Merokok mengurangi resiko terkena Kanker Payudara
Sebuah penelitian baru dalam jurnal dari National Cancer Institute (20 Mei 1998) melaporkan bahwa pembawa mutasi gen tertentu (yang cenderung sebagai pembawa kanker payudara).
Jika seorang wanita merokok hingga 4 pak tahun, pengurangan adalah 35 persen, untuk 4 pak atau lebih per tahun, pengurangan adalah 54 persenā€œ, ujar Jean-Sebastien Brunet, pemimpin studi yang telah dipublikasikan pada Journal of the National Cancer Institute.
Yang merokok selama lebih dari 20 pak per tahun (yaitu, jumlah pak per hari dikalikan dengan jumlah lamanya tahun merokok) menurut statistik ternyata mengalami penurunan signifikan sebesar 54 persen dalam insiden kanker payudara bila dibandingkan dengan pembawa yang tidak pernah merokok. Salah satu kekuatan dari penelitian ini adalah bahwa penurunan insiden melebihi ambang 50 persen.
(sumber: Cigarettes May Have an Up Side http://www.forces.org/evidence/files/brea.htm / back-up cache web
  1. Nitrat Oksida dalam Nikotin mengurangi Radang Usus Besar
Nikotin mengurangi aktivitas otot melingkar, terutama melalui pelepasan nitrat oksida, dalam kasus ulcerative colitis (UC) atau radang usus. Temuan ini dapat menjelaskan beberapa terapi manfaat dari nikotin (dan merokok) terhadap UC dan dapat menjelaskan mengenai disfungsi penggerak kolon pada penyakit aktif.
(sumber: Nitric oxide mediates a therapeutic effect of nicotine in ulcerative colitis http://www.data-yard.net/22/ncbi.htm / back-up cache web
  1. Efek transdermal nikotin pada kinerja kognitif (berpikir) penderita Down Syndrome
Sebuah penelitian mengenai pengaruh rangsangan nikotin-agonis dengan 5 mg jaringan kulit implan lebih baik bahkan jika dibandingkan dengan plasebo (obat kontrol), pada kinerja kognitif pada lima orang dewasa dengan gangguan kinerja kognitif (berfikir).
Perbaikan kemungkinan berhubungan dengan perhatian dan pengolahan informasi yang terlihat pada pasien Down Syndrom dibandingkan dengan kontrol kesehatan lainnya.
(sumber: Effects of transdermal nicotine on cognitive performance in Downā€™s syndrome http://www.data-yard.net/13/tlj.htm /back-up cache web
ā€¢ Down syndrome adalah penyakit yang disebabkan adanya kelainan pada kromosom 21 pada pita q22 gen SLC5A3, yang dapat dikenal dengan melihat manifestasi klinis yang cukup khas. Kelainan yang berdampak pada keterbelakangan pertumbuhan fisik dan mental anak ini pertama kali dikenal pada tahun 1866 oleh Dr.John Longdon Down.
  1. Merokok baik bagi ibu hamil untuk mencegah Hipertensi di masa kehamilan dan penularan ibu-anak infeksi Helicobacter pylori
Konsentrasi urin cotinine (tembakau yang bermetabolis di dalam tubuh) mengkonfirmasi berkurangnya risiko Preeklamsia dengan paparan tembakau Eksposur. Pre-eklamsia adalah kondisi medis di mana hipertensi muncul dalam kehamilan (kehamilan dengan hipertensi) yang bekerjasama dengan sejumlah besar protein dalam urin.
Pre-eklampsia ditandai dengan tekanan darah tinggi, kenaikan kadar protein di dalam urin (proteinuria), dan pembengkakan pada tungkai (edema).
Pre-eklampsia dialami oleh ibu yang sedang hamil, terutama para ibu muda yang baru pertama kali hamil. Penyebab pasti pre-eklampsia belum diketahui, sehingga masih sulit untuk dicegah kemunculannya.
Jika pre-eklampsia bertambah parah pada masa kehamilan, maka akan menyebabkan eklampsia yang dapat berujung pada kematian. Studi ini, meskipun kecil, menunjukkan salah satu manfaat dari merokok selama kehamilan.
ā€œTemuan ini, diperoleh dengan menggunakan uji laboratorium, mengkonfirmasi penurunan risiko preeklamsia berkembang dengan paparan tembakau (Am J Obstet Gynecol 1999;. 181:1192-6.).
(sumber: Urinary cotinine concentration confirms the reduced risk of preeclampsia with tobacco exposure http://www.data-yard.net/2/13/ajog.htm / back-up cache web
Sebuah penelitian lain menemukan hubungan terbalik yang kuat antara ibu yang merokok dan infeksi Helicobacter pylori di antara anak-anak prasekolah, di mana ditunjukkan kemungkinan bahwa penularan ibu-anak berupa infeksi mungkin kurang efisien jika ibu merokok.
Untuk mengevaluasi hipotesis ini lebih lanjut, dilakukan studi berbasis populasi di mana infeksi H. pylori diukur dengan 13C-urea breath test (tes kandungan urea pada nafas) dalam 947 anak-anak prasekolah dan ibu-ibu mereka.
Kami memperoleh informasi rinci tentang faktor-faktor risiko potensial untuk infeksi, termasuk ibu merokok, dengan menggunakan kuesioner standar.
Secara keseluruhan, 9,8% (93 dari 947) dari anak-anak dan 34,7% (329 dari 947) dari ibu-ibu telah terinfeksi. Prevalensi (rasio jumlah kejadian penyakit dengan unit pada populasi beresiko) infeksi jauh lebih rendah di antara anak-anak dari ibu yang tidak terinfeksi (1,9%) dibandingkan pada anak-anak dari ibu yang terinfeksi (24,7%).
Ada hubungan terbalik yang kuat infeksi anak-anak dengan ibu yang merokok (odds ratio atau penyimpangan disesuaikan = 0,24; interval kepercayaan 95% = 0,12-0,49) di antara anak-anak dari ibu yang terinfeksi, tetapi tidak di antara anak-anak dari ibu yang terinfeksi. Hasil ini mendukung hipotesis dari peran utama untuk penularan ibu-anak berupa infeksi H. pylori, yang mungkin menjadi kurang efisien jika si ibu merokok.
(sumber: Forces The Evidence Smoking, Pregnancy, And Reproduction http://www.forces.org/evidence/evid/preg.htm / back-up cache web
Riset-Riset Yang Tak Pernah Dipublikasikan Secara Luas
Barangkali anda mencurigai bahwa riset-riset yang telah disebutkan diatas tersebut didanai oleh perusahaan rokok.
Tapi riset-riset ini ternyata justru tidak pernah dipublikasikan secara meluas, kalau memang bertujuan mendukung promosi rokok.
Sedangkan informasi ilmiah mengenai bahaya merokok sudah kita ketahui sangat dominan dipublikasikan.
Sebetulnya apapun itu tetap mempunyai dua sisi yang berbeda, dan propaganda anti-rokok inilah yang juga perlu dicurigai sebagai upaya mendongkrak penjualan obat-obatan dari perusahaan farmasi.
Demikianlah artikel yang menguak temuan-temuan para peneliti dan ilmuwan tentang rokok dalam sisi yang berbeda dari sekian banyak artikel yang dominan.
Namun sekali lagi untuk sedekar mengingatkan, bahwa artikel ini tentu tidak bermaksud mengajak anda untuk mulai merokok atau meneruskan kebiasaan anda mengisap asap tembakau.
Tetapi adalah hak anda untuk percaya atau tidak bahwa nikotin dan zat-zat lain yang juga berasal dari alam dan berada di dalam rokok juga mempunyai kegunaan. Wallahuaā€™lam. (sumber: YTTA)
submitted by wungapetu to indonesia [link] [comments]


2023.11.07 22:30 Xenoryzen_Dragon Mengenal Program Kuliah Setahun Diploma D1 Di Indonesia

Program Diploma Satu (D1) adalah salah satu jenjang pendidikan tinggi pada program vokasi yang paling singkat masa studinya. Pelajar yang memilih program diploma satu (D1) memiliki masa studi kuliah selama satu tahun atau 2 semester dengan bobot studi yang berjumlah 36 SKS (Satuan Kredit Semester). Adapun masa studi paling lama untuk program ini adalah 2 tahun.
Karena program diploma mempersiapkan tenaga yang dapat menguasai suatu kemampuan tertentu, maka bobot perkuliahan praktikum jauh lebih banyak daripada pembelajaran secara teori. Mahasiswa D1 wajib menyelesaikan tugas akhir berupa kerja praktik dan karya ilmiah sebagai syarat kelulusan. Gelar yang diterima oleh mahasiswa yang lulus program diploma 1 adalah Ahli Pratama (A.P.).
Beberapa contoh program studi jenjang D1 yang tersedia di berbagai perguruan tinggi di Indonesia antara lain: Jurusan Pajak, Jurusan Kepabeanan dan Cukai, dan Jurusan Kebendaharaan Negara di Politeknik Keuangan Negara. Selanjutnya adalah Jurusan Perhotelan di Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti, dan Jurusan Teknik Informatika di Akademi Komunitas Negeri Pacitan.\
https://campus.quipper.com/kampuspedia/program-diploma-satu-d1
Bagi ente yang udah nganggur bertahun tahun walau udah kuliah s1/s2 dan habis puluhan juta...........jalan terbaik kuliah lagi di Program D1 hanya setahun plus magang selama 6 bulan di bidang mekanik seperti Teknik HVAC, Teknik otomotif, Teknik Listrik, Teknik Mengelas, Teknik Tenaga Surya, Mekanik Mobil Listrik/EV Repair, Mekanik Tenaga Angin, Teknik KomputeIT, Teknologi Pertenunan, Logisitik, Pengelolahan Limbah, Desain Produk Industri, Pemintalan, Dll
Dgn Skill D1 Minimal bisa buka usaha sendiri/bengkel mekanik independent, alternatif lain bisa ambil Kursus di BLK umumnya 3 bulan pelatihan
submitted by Xenoryzen_Dragon to indonesia [link] [comments]


2023.10.19 05:29 One_Ad434 5 Aplikasi AI Anime Terbaik di Tahun 2023

Anime AI
Anime AI adalah platform kecerdasan buatan (AI) yang dapat mengubah gambar menjadi anime. Anime AI dikembangkan oleh Waifu Labs, sebuah perusahaan rintisan yang berbasis di Hong Kong.
Anime AI menggunakan teknologi AI untuk menganalisis pola-pola dalam gambar orang dan mengubahnya menjadi gambar anime. Anime AI dapat menghasilkan gambar anime dalam berbagai gaya, seperti chibi, kawaii, dan moe.
Anime AI dapat digunakan oleh berbagai macam orang, termasuk:
Berikut adalah beberapa contoh penggunaan Anime AI:
Anime AI adalah alat yang sangat bertenaga, dan memiliki potensi untuk mengubah cara orang bekerja dan belajar. Anime AI masih dalam pengembangan, tetapi telah menunjukkan kemampuan yang luar biasa dalam mengubah gambar menjadi anime.
Fotor
Fotor adalah platform AI yang dapat mengubah foto menjadi berbagai macam gaya, termasuk anime. Fotor memiliki berbagai macam fitur, seperti:
Fotor dapat digunakan oleh berbagai macam orang, termasuk:
Berikut adalah beberapa contoh penggunaan Fotor:
Fotor adalah alat yang sangat bertenaga, dan memiliki potensi untuk mengubah cara orang bekerja dan belajar. Fotor masih dalam pengembangan, tetapi telah menunjukkan kemampuan yang luar biasa dalam mengedit foto dan video dengan menggunakan teknologi AI.
ZMO.AI
ZMO.AI adalah platform AI yang dapat membuat video dari teks. ZMO.AI menggunakan teknologi AI untuk menganalisis teks dan mengubahnya menjadi video dengan menggunakan gambar, video, dan musik.
ZMO.AI dapat digunakan oleh berbagai macam orang, termasuk:
Berikut adalah beberapa contoh penggunaan ZMO.AI:
ZMO.AI adalah alat yang sangat bertenaga, dan memiliki potensi untuk mengubah cara orang membuat dan mengkonsumsi konten video. ZMO.AI masih dalam pengembangan, tetapi telah menunjukkan kemampuan yang luar biasa dalam membuat video dari teks.
Waifu Labs
Waifu Labs adalah perusahaan rintisan yang mengembangkan berbagai macam produk AI, termasuk:
Waifu Labs memiliki visi untuk membuat teknologi AI lebih mudah diakses dan digunakan oleh semua orang. Waifu Labs berkomitmen untuk mengembangkan produk AI yang menyenangkan dan bermanfaat bagi semua orang. Waifu Labs percaya bahwa teknologi AI memiliki potensi untuk membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik, dan Waifu Labs berkomitmen untuk mewujudkan potensi tersebut.
Canva Pro
Canva Pro adalah platform desain grafis yang menggunakan teknologi AI untuk membantu pengguna membuat desain yang profesional dan menarik. Canva Pro memiliki berbagai macam fitur, seperti:
Canva Pro dapat digunakan oleh berbagai macam orang, termasuk:
Berikut adalah beberapa contoh penggunaan Canva Pro:
Canva Pro adalah alat yang sangat bertenaga, dan memiliki potensi untuk mengubah cara orang membuat dan mengkonsumsi konten visual. Canva Pro masih dalam pengembangan, tetapi telah menunjukkan kemampuan yang luar biasa dalam membantu pengguna membuat desain yang profesional dan menarik dengan menggunakan teknologi AI.

baca selengkpanya di : Nextechpulse
submitted by One_Ad434 to KecerdasanBuatan [link] [comments]


2023.10.19 05:20 One_Ad434 Craiyon.com: Hasilkan Gambar dari Teks dengan AI

Craiyon.com (formerly DALL-E Mini) adalah situs web yang memungkinkan pengguna untuk menghasilkan gambar dari teks menggunakan kecerdasan buatan (AI). Craiyon.com dikembangkan oleh OpenAI, sebuah perusahaan penelitian AI yang berbasis di San Francisco, Amerika Serikat.
Craiyon.com masih dalam pengembangan, tetapi telah menunjukkan kemampuan yang luar biasa dalam menghasilkan gambar dari teks. Craiyon.com dapat menghasilkan gambar dalam berbagai gaya, termasuk realistis, kartun, dan abstrak. Craiyon.com juga dapat menghasilkan gambar dari teks yang kompleks dan deskriptif.
Craiyon.com dapat digunakan oleh berbagai macam orang, termasuk:
Berikut adalah beberapa contoh penggunaan Craiyon.com:
Craiyon.com adalah alat yang sangat bertenaga, dan memiliki potensi untuk mengubah cara orang bekerja dan belajar. Craiyon.com masih dalam pengembangan, tetapi telah menunjukkan kemampuan yang luar biasa dalam menghasilkan gambar dari teks. Saya sangat tertarik untuk melihat apa yang dapat dilakukan Craiyon.com di masa depan.
Baca selengkapnya di : Nextechpulse
submitted by One_Ad434 to KecerdasanBuatan [link] [comments]


2023.10.19 05:14 One_Ad434 Google Bard AI: Model Bahasa Generatif Terbaru dari Google

Google Bard AI adalah model bahasa besar (LLM) generatif yang dikembangkan oleh Google AI. Bard dilatih pada dataset teks dan kode yang sangat besar, dan dapat digunakan untuk berbagai macam tugas, termasuk:
Bard masih dalam pengembangan, tetapi telah menunjukkan kemampuan yang luar biasa dalam berbagai macam tugas. Bard dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan, seperti:
Berikut adalah beberapa contoh penggunaan Google Bard AI:
Google Bard AI adalah alat yang sangat bertenaga, dan memiliki potensi untuk mengubah cara kita bekerja, belajar, dan berkomunikasi. Bard masih dalam pengembangan, tetapi telah menunjukkan kemampuan yang luar biasa dalam berbagai macam tugas. Saya sangat tertarik untuk melihat apa yang dapat dilakukan Bard di masa depan.
Baca selengkapnya di : Nextechpulse
submitted by One_Ad434 to KecerdasanBuatan [link] [comments]


2023.10.19 05:12 One_Ad434 Prosa AI: Solusi AI Berbasis Pemrosesan Bahasa Alami dan Suara dari Indonesia

Prosa AI adalah sebuah perusahaan teknologi asal Indonesia yang mengembangkan solusi-solusi berbasis kecerdasan buatan (AI) untuk pemrosesan bahasa alami (NLP) dan suara. Prosa AI memiliki berbagai macam produk, termasuk:
Prosa AI memiliki visi untuk membuat teknologi AI lebih mudah diakses dan digunakan oleh semua orang, terutama di Indonesia. Prosa AI berkomitmen untuk mengembangkan solusi-solusi AI yang bermanfaat bagi masyarakat dan mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia.
Berikut adalah beberapa contoh penggunaan Prosa AI:
Prosa AI adalah perusahaan teknologi yang inovatif dan memiliki visi yang besar. Prosa AI memiliki potensi untuk menjadi pemain utama dalam industri AI di Indonesia dan dunia.

Baca selengkapnya di : Nextechpulse
submitted by One_Ad434 to KecerdasanBuatan [link] [comments]


2023.10.14 10:51 desainpixelldesign Cara Membuat Poster Ilmiah yang Bagus dengan Cara Termudah

Cara Membuat Poster Ilmiah yang Bagus dengan Cara Termudah
Berikut ini adalah langkah-langkah cara membuat poster ilmiah:
  • 1.Tentukan topik dan tujuan poster:Pilih topik yang cocok dan sesuai dengan ilmu yang ingin ditampilkan dalam poster. Kemudian, tentukan tujuan dari poster tersebut, apakah untuk memperkenalkan ide, menjelaskan konsep, atau mempresentasikan hasil penelitian.
  • 2.Buat kerangka dan rancanganBuat kerangka poster dengan menuliskan titik-titik penting yang akan dihadirkan dalam poster. Setelah itu, buat rancangan poser dengan memilih warna, gambar, dan font yang sesuai dengan topik dan tujuan poster.
  • 3.Persiapkan materi yang akan ditampilkanSediakan materi yang akan ditampilkan dalam poster, seperti grafik, gambar, tabel, atau tulisan. Pastikan materi tersebut mudah dipahami dan dapat memberi informasi yang jelas.
  • 4. Buat teks yang efektif:Teks dalam poster harus singkat, padat, dan cukup besar untuk dibaca dari jarak jauh. Buatlah judul yang menarik perhatian dan ringkasan yang memberikan gambaran singkat tentang isi poster.
  • 5. Gunakan layout yang jelasLayout yang baik harus mudah dipahami dan memberikan kesan yang profesional. Letakkan unsur-unsur poster secara logis dan mudah diikuti. 6. Periksa kesalahan: Lakukan review dan periksa semua kesalahan yang ada pada poster, baik itu kesalahan penulisan, kejelasan materi, atau penataan. Pastikan semua informasi yang disampaikan benar dan mudah dipahami.
  • 7. Gunakan visual yang menarik:Poster ilmiah perlu memiliki visual yang menarik dan mudah dipahami untuk menarik perhatian audience. Visual seperti gambar, grafik, dan diagram sebaiknya dioptimalkan untuk menyampaikan informasi dengan efektif.
  • 8 Sajikan informasi dengan logis: Sajikan informasi dalam poster dengan perencanaan yang logis sehingga audience dapat mengikuti perjalanan presentasi poster dengan mudah. Isi poster hendaknya mengalir dari satu bagian ke bagian lain dengan lancar.
  • 9. Gunakan warning sign: Bila ada topik yang sensitif dalam poster, misalnya kesimpulan dari studi yang menimbulkan perdebatan, sebaiknya terlebih dahulu diperingatkan dengan tanda 'warning' agar audience dapat memperhatikan isu tersebut dan mempersiapkan diri dengan baik.
  • 10 Buat akhir yang kuat: Terakhir, akhiri poster dengan kesimpulan yang kuat dan jelas. Kesimpulan tersebut harus membawa isu penting dalam poster dan memotivasi audience untuk bertindak atau melanjutkan studi setelah melihat poster ilmiah.
Jika anda merasa kesulitan dalam membuat poster ilmiah, anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan jasa desain yang menyediakan layanan pembuatan poster ilmiah. Berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan jasa desain untuk pembuatan poster ilmiah : Pembuatan Poster Ilmiah pixelldesign.com https://www.pixelldesign.com/poster-penelitian-ilmiah.html

  1. Profesional: Desainer poster yang berpengalaman dapat menghasilkan poster ilmiah yang mengesankan dan profesional. Mereka telah memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk membuat poster ilmiah yang menarik perhatian audience dan efektif menyampaikan informasi.
  2. Waktu dan Energi: Dalam membuat poster ilmiah membutuhkan waktu dan tenaga yang cukup besar dan itulah mengapa menggunakan jasa desain dapat membantu menghemat waktu dan energi Anda untuk membuat poster tersebut.
  3. Kreativitas: Desainer poster ilmiah dapat menambah sentuhan kreativitas untuk poster Anda. Mereka dapat membantu dalam memilih warna, font, dan visual yang tepat untuk membuat poster lebih menarik.
  4. Revisi: Dalam menggunakan jasa desain, biasanya Anda akan diberikan opsi untuk memberikan revisi terhadap poster yang telah dibuat sesuai dengan keinginan Anda.
  5. Harga terjangkau: Beberapa jasa desain menawarkan harga terjangkau dan menghasilkan kualitas poster ilmiah yang baik.
Gambar Desain Poster Ilmiah Pixell Design

https://preview.redd.it/rao2v0i9t4ub1.jpg?width=709&format=pjpg&auto=webp&s=f9ab1caba519b7986f59bfef62f704377ec8e661
https://preview.redd.it/khtta0i9t4ub1.jpg?width=800&format=pjpg&auto=webp&s=935412eb51fe8e0f79ae6877de5d92c6669e1c0e
https://preview.redd.it/6thwwzh9t4ub1.jpg?width=600&format=pjpg&auto=webp&s=0d931706d195df1b709a83ade573efeae92bec39
https://preview.redd.it/6sx901i9t4ub1.jpg?width=566&format=pjpg&auto=webp&s=2269cbe8e55b28d01ebf5cdab239cee7ce641458
https://preview.redd.it/jk29p2i9t4ub1.jpg?width=800&format=pjpg&auto=webp&s=85b619e4c436b70b3059e6d83a25607b8d1f0b6e
https://preview.redd.it/ocbca2i9t4ub1.jpg?width=723&format=pjpg&auto=webp&s=fbed18aa305b2bdd2d13c0ac766f21422c595316

submitted by desainpixelldesign to u/desainpixelldesign [link] [comments]


http://swiebodzin.info