Puisi basa jawa

Can not change my language.

2024.04.02 05:02 Reasonable_Union6561 Can not change my language.

Can not change my language.
Whenever i try, this just shows up
submitted by Reasonable_Union6561 to Tiktokhelp [link] [comments]


2024.02.12 05:52 Wolfgatewest [Question] Ada Yang Tau Judul dan Lirik dari Lagu Daerah Sunda ini?

[Question] Ada Yang Tau Judul dan Lirik dari Lagu Daerah Sunda ini?

https://reddit.com/link/1aorvj6/video/n0lst8tt43ic1/player
Jadi ceritanya saya ada nemu lagu daerah Sunda dari situs Watzatsong (situs buat mencari judul lagu), dari sumbernya sih ada orang luar rekam lagunya dari radio di Pulau Jawa di Tahun 1989, pas saya dengerin lagunya ada denger kata "Panon poe / Panonpoé" yang artinya Matahari dari Bahasa Sunda. Mungkin teman-teman dari Jawa Barat atau yang bisa Bahasa Sunda / Basa Sunda, boleh berbagi judul atau lirik dari lagunya ini

Deskripsi dari Sumber asal lagunya (Sumber : https://www.watzatsong.com/en/name-that-tune/799864.html)
submitted by Wolfgatewest to indonesia [link] [comments]


2024.02.10 23:13 Ryans0annoying Guys.... why? Who did this?

Guys.... why? Who did this?
It's only ASL too 😭,
submitted by Ryans0annoying to AO3 [link] [comments]


2023.12.15 15:53 komporinduksi Kenapa kadang ada yang tidak setuju kalau Bahasa Indonesia dan Malaysia itu dikatakan bahasa yang sama?

Keduanya dua versi Bahasa Melayu yang distandarkan, tapi tiap negara punya standar masing-masing. Maksudku, kalau orang Banyumas dan orang Surabaya masih bisa dibilang sama-sama ngomong Basa Jawa, seharusnya tidak ada kontroversi kalau dibilang Bahasa Indonesia dan Bahasa Malaysia itu sama, cuma beda dialek/logat dan ya status politik.
Apa mungkin pengaruh bahasa sehari-hari di Jakarta dan Kuala Lumpur yang memang cukup jauh dari bahasa resmi?
submitted by komporinduksi to indonesia [link] [comments]


2023.12.01 20:24 sumpitsakit Lahir di Jawa, besar di Jawa, ga bisa bahasa Jawa

Lahir di Jawa, besar di Jawa, ga bisa bahasa Jawa submitted by sumpitsakit to ondonesia [link] [comments]


2023.12.01 07:43 gajibuta Lahir di Jawa, besar di Jawa, ga bisa bahasa Jawa

Lahir di Jawa, besar di Jawa, ga bisa bahasa Jawa submitted by gajibuta to indonesia [link] [comments]


2023.11.05 01:45 wolfyfancylads Do you think this is just Wingdings?

Do you think this is just Wingdings? submitted by wolfyfancylads to HolUp [link] [comments]


2023.11.01 08:18 entroverze Agent keeps on invoking tool with empty input when it should have been a string

Agent keeps on invoking tool with empty input when it should have been a string
I made a chatbot that specializes in Javanese language and culture. A fragment of my code looks like this:
llm = ChatOpenAI(model_name="gpt-3.5-turbo-16k", temperature=0.0) embeddings = OpenAIEmbeddings() def split_texts(text_name): loader = TextLoader(text_name, encoding="utf-8") documents = loader.load() text_splitter = RecursiveCharacterTextSplitter(chunk_size=500, chunk_overlap=100) texts = text_splitter.split_documents(documents) return texts ... unggah_docsearch = Chroma.from_documents(split_texts("data/C-unggah-ungguh-basa.txt"), embeddings,persist_directory='db_unggah',collection_name="unggah-ungguh-col") unggah = RetrievalQA.from_chain_type(llm=OpenAI(temperature=0.0), chain_type="stuff", retriever=unggah_docsearch.as_retriever()) tools = [ Tool( name='Unggah-Ungguh-lan-Ngoko-Krama', func=unggah.run, description=("Dokumen kang ngebahas babagan 'unggah-ungguh' yaiku babagan etika ing interaksi kaliyan wong, yaiku ngoko lan krama " # "A document list concerning 'unggah-ungguh' which is Javanese way of speaking " ) ) ... ] class JawabotAgent(object): ... self.agent_chain = initialize_agent( tools, llm, agent=AgentType.OPENAI_FUNCTIONS, verbose=True, agent_kwargs=agent_kwargs, memory=self.memory ) def generate(self, text): resp = self.agent_chain.run(input=text, user_id = self.id) return resp agent = JawabotAgent() 
Sometimes when I run agent.generate() with the text having the same context as the tool's description it returns a response just fine. However sometimes it returns an error saying:
langchain.tools.base.ToolException: Too many arguments to single-input tool Unggah-Ungguh-lan-Ngoko-Krama. Args: [] 
Just like the following image:

https://preview.redd.it/hhue70k5toxb1.jpg?width=1280&format=pjpg&auto=webp&s=48c6f7f122132d622e0b919f09a028b2ad7c6a0e
Even though I clearly gave an input there. Does anyone knows how to resolve this?
submitted by entroverze to LangChain [link] [comments]


2023.09.07 14:49 dedenanda Bisnis Online Menjadi Penulis Lepas Dibayar

Bisnis Online Menjadi Penulis Lepas Dibayar

📷
  1. Mongabay.co.id
Mongabay.co.id merupakan web kabar area yang lumayan terkenal di Indonesia. Semenjak kehadirannya di Indonesia dekat 8 tahun kemudian, web ini banyak merendahkan liputan tentang area, flora serta fauna serta dan konflik binatang.
Mongabay.co.id merupakan bagian dari jaringan web kabar area yang lumayan terkenal di dunia ialah mongabay. com yang didirikan oleh Rhett A. Butler pada tahun 1999.
Diluncurkan serta beroperasi semenjak April 2012 buat tingkatkan atensi terhadap alam serta pemahaman warga terhadap permasalahan area di Indonesia. Mongabay. co. id mempunyai fokus spesial pada hutan, namun pula sediakan kabar, analisis, serta data lain yang berhubungan dengan area.
Menariknya, web ini membuka kesempatan untuk siapa saja buat mengirim tulisan serta postingan dengan topik yang fokus pada isu area. Buat tiap tulisan yang dilansir, penulis hendak memperoleh honor yang layak.
Seseorang sahabat aku yang jadi kontributor web ini mengaku tulisannya di Mongabay dibayar per kata. Jadi, jika mau memperoleh honor dari web ini, kalian wajib jadi kontributor: lepas ataupun kontributor kontrak( kontributor formal).
Tidak hanya menerima postingan, mongabay pula menerima kiriman gambar yang berkaitan dengan isu area. Buat mengirimkan tulisan ke web ini, kalian wajib jadi kontributor. Semacam telah dipaparkan di atas, terdapat 2 tipe kontributor di Mongabay.
Kontributor lepas merupakan tiap orang yang mengirim tulisan di web ini tanpa terikat secara langsung dengan Mongabay. Dengan demikian, tulisan yang dikirim jadi tanggung jawab Kamu sendiri.
Kontributor formal merupakan anggota kontributor Mongabay yang telah dilengkapi dengan ID ataupun ciri pengenal formal. Kontributor formal ini dapat bawa ID pers miliknya yang dikeluarkan oleh pihak Mongabay dikala meliput kabar.
Serta tiap kontributor, baik kontributor lepas ataupun formal, hendak mendapatkan hak berbentuk imbalan atas hasil kerjanya.
Bila terdapat postingan ataupun gambar yang kamu kirim ke web ini serta sukses terbit hingga pengirim berhak memperoleh kompensasi, dengan perhitungan semacam:
– Buat tulisan, bayarannya dihitung per kata di mana satu kata dihargai Rp750
– Buat gambar hendak menemukan kompensasi sebesar Rp50. 000–100. 000 per foto
Misalkan aku kita menulis tulisan selama 1200 kata serta sukses tayang di web ini, hingga kita berhak atas honor senilai Rp900 ribu. Jumlah yang tidak kecil, bukan? Terlebih bila tulisan tersebut dilengkapi dengan gambar karya kita sendiri, pasti honornya lebih besar lagi.
Buat data lebih jelas terpaut metode kirim tulisan ke web Mongabay. co. id, silakan merujuk pada halaman donasi ini.[Update: Terpaut taman donasi baca uraian pihak Mongabay. co. id]
  1. Basabasi.co
Kamu bahagia berbasa- basi serta kerap menulis tulisan- tulisan pendek semata- mata basi- basi? Jangan lewati peluang buat menulis serta mengirim tulisan ke web Basabasi. co.
Dari namanya saja, kita dapat ketahui jika Basabasi lebih fokus pada artikel- artikel ringan mulai dari opini, cerpen serta resensi novel. Mereka pula membuat sebagian jenis tulisan, serta tiap naskah yang dikirim memiliki harga yang berbeda- beda.
Bila kamu mengirimkan tulisan ringan ke web ini dalam wujud opini serta esai, misalnya, Kamu hendak memperoleh honor Rp100. 000 per tulisan.
Tetapi terdapat sebagian penulis yang dibayar hingga Rp300. 000 buat jenis opini ataupun esai. Sedangkan buat puisi serta resensi novel, Kamu hendak memperoleh honor Rp250 ribu serta Rp200. 000. Jumlah honor tersebut pasti saja lebih besar dari honor yang sanggup dibayarkan media lokal.
Tetapi, tulisan yang Kamu kirim tidak dan merta langsung dilansir. Tulisan yang dikirim hendak disunting terlebih dulu, itu juga bila lolos pilih regu editor di web Basabasi. co.
Bila layak, hingga tulisan kamu hendak diterbitkan langsung. Tidak hanya itu, bila tulisan yang Kamu kirim itu ialah tulisan awal yang sukses diterbitkan, Kamu hendak memperoleh souvenir berbentuk kaos plus honor.
Buat perinci lebih lengkap tentang tata metode pengiriman naskah di basabasi. co. Selamat berupaya.
  1. Alif.id
ALIF. ID didatangkan selaku ikhtiar kecil buat membuka atmosfer keberagamaan kita yang lebih bermacam- macam serta selaras dengan ruh ajaran Islam. Kami mengajukan visi Berkeislaman dalam Kebudayaan supaya jalur Islam yang luas kian terbuka.
Dengan visi di atas, Alif. ID bersungguh- sungguh memperkenalkan, atmosfer, warna, gagasan bermacam- macam dalam keberislaman kita. Harapannya, alid. id bisa membuka jalur baru kemaslahatan.
Alif. id menerima tulisan seputar budaya Islam, isu keberagaman serta tulisan pencerahan yang lain. Konon, buat tiap tulisan yang sukses dilansir, penulis hendak memperoleh honor Rp250. 000.
Bila mau mengirim tulisan ke web Alif ini, silakan merujuk pada halaman donasi.
  1. Remotivi.or.id
Remotivi tercantum web sungguh- sungguh serta sebagian besar kontennya berupa opini serta esai. Remotivi sangat fokus pada tulisan- tulisan yang berkaitan dengan isu jurnalisme.
Bila membaca web ini, kalian hendak memandang banyak postingan yang berkaitan dengan media semacam koran, Televisi, majalah, wartawan, kontributor media serta lain sebagainya.
Jika Kamu mempunyai keahlian menganalisis framing kabar serta metode kerja media, tidak terdapat salahnya mengirim ke web ini. Sebab jerih payah Kamu hendak dibayar mahal.
Kemudian, berapa honor yang didapat dikala mengirim tulisan ke web ini? Dari data yang aku miliki dari sahabat penulis, honor tulisannya merupakan Rp350. 000 per tulisan.
Penulis apalagi dapat memperoleh bayaran lebih besar, menggapai Rp. 1. 500. 000 per tulisan, bila tulisan tersebut dikira fresh, menarik serta relevan.
Buat memandang perinci lengkap tercantum tata metode serta pedoman ngirim tulisan di Remotivi, silahkan klik di mari.
  1. Geotimes.co.id
GEOTIMES Indonesia merupakan portal kolom terkenal serta terbaru tentang tokoh serta kebijakan publik. Web ini berikan ruang untuk para pembaca dengan perspektif tajam dari para ahli serta publik seputar agama, ekonomi, politik, sosial, serta media.
Web yang kerap diucap Geotimes Indonesia berisi tulisan dari penulis bermacam- macam latar balik, dengan perspektif serta sudut pandang yang tidak biasa.
Bila mau mengirim tulisan ke web ini, kalian wajib mencermati ketentuan serta syarat supaya tulisan yang kalian kirim layak memuat. Misalnya, dari faktor kenyataan, relevansi serta teori- teori pendukung lain. Sebagian besar konten di web ini berupa Opini serta Esai.
Tidak hanya itu, terdapat sebagian syarat- syarat yang wajib dicermati bila kamu mau mengirim naskah di web ini, semacam:
– Tulisan terdiri dari 750- 1000 kata
– Biodata pengirim wajib jelas serta cocok dengan bukti diri yang dimiliki
– Responsif terhadap isu- isu aktual
– Postingan wajib argumentatif
– Tidak memiliki SARA
– Tulisan seluruhnya jadi tanggungjawab penulis
Dari ketentuan di atas, sangat jelas jika tulisan di Geotimes sangat sungguh- sungguh. Karenanya tulisan yang kalian kirim tidak hanya berisi tema sungguh- sungguh, pula butuh menjajaki trend yang terdapat.
Berapa Geotimes membayar penulis? Konon, buat satu tulisan yang dilansir, seseorang penulis hendak memperoleh Rp350 ribu. Buat memandang ketentuan serta pedoman penyusunan postingan di Geotimes, silahkan rujuk taman ini.
  1. VoxPop.id
Web Voxpop sesungguhnya tidak jauh beda dengan Mojok. Sebagian besar konten yang dilansir di web ini berbentuk opini serta pula pemikiran terpaut dengan kehidupan warga. Pula ditulis dengan style ngepop.
Bila style menulis Kamu tidak sangat satire alias masih cenderung sungguh- sungguh, tidak terdapat salahnya mengirim ke VoxPop ini.
Lalu, berapa honor yang didapat bila postingan sukses tayang di Voxpop? Bagi penuturan sebagian sahabat penulis, mereka memperoleh honorarium Rp250 ribu per naskah.
Buat memandang perinci serta syarat pengiriman naskah di Voxpop. Ayo, dicoba!
  1. Buruan.co
Buruan. co merupakan web yang fokus pada kajian serta apresiasi dengan visi utama buat mengakomodasi atensi baca tulis secara daring. Selaku media kajian serta apresiasi, Buruan lebih menuju ke sastra yang disesuaikan sama atensi serta keahlian penulis.
Hasil amatan penulis, terdapat 2 tipe rubrik yang diterima ialah cerpen[cerita pendek] serta puisi. Nah, bila Kamu lagi mencari platform menulis puisi dibayar ataupun mau kirim cerpen serta memperoleh honor dapat manfaatkan web Buruan ini.
Menariknya, web ini tidak cuma menerima tulisan serta puisi berbahasa Indonesia tetapi pula berbahasa Sunda. Ini persis semacam Mojok yang pula mengakomodasi tulisan berbahasa Jawa.
Buat 2 tipe karya tulis di atas Kamu hendak menerima honor sebesar Rp200. 000. Ayo, amati ketentuan serta syarat pengiriman naskah ke Buruan. co di mari.
  1. Mojok.co
Aku belum sempat menulis serta mengirim tulisan buat web yang memiliki motto“ sedikit bandel banyak ide” itu. Tetapi aku sempat mendengar bila web berisi konten satir ini membayar penulis dengan honor yang lumayan layak.
Berapa sesungguhnya honor buat penulis yang tulisannya dilansir di Mojok? Bagi data di web Mojok, besaran honornya berkisar Rp250. 000- 350. 000 buat satu tulisan, serta honor tersebut dikirim tiap hari Senin. Bagi pengelola Mojok, honor tersebut lumayan buat menaktir pacar di suatu restoran populer.
Aku tidak ketahui apakah honor tersebut tercantum besar ataupun kecil buat tulisan, yang bagi mereka“ tulisan di Mojok cuma membutuhkan waktu sebagian menit serta dapat ditulis sembari menunggu bus kota” itu. Ya, jika dilihat dari tulisan yang dilansir memanglah simpel serta hanya membutuhkan 2–3 gelas kopi buat menyelesaikannya.
Oh ya, bila kalian mengirimkan tulisan ke mojok jangan kurang ingat melampirkan no rekening yang wajib diletakkan di tubuh email. Jika kalian jenis orang yang malas memberitahukan no rekening, dianjurkan buat tidak mengirim tulisan buat Mojok. Soal ini dapat kalian baca sendiri di bagian“ syarat mengirim tulisan” di web Mojok.
Serta, satu lagi saat sebelum aku kurang ingat. Belum lama ini Mojok membuka kanal“ halte” yang mirip halaman keroyokan ala Kompasiana ataupun Vivalog, di mana siapa juga dapat berkontribusi di situ. Kanal halte dimaksudkan selaku web auto- generated- content ataupun AGC yang menerima tulisan dari jalan non- reguler, sebab penulis dapat memposting sendiri tulisannya asal telah mempunyai akun. Pihak mojok yang nantinya memutuskan menayangkan tulisan ataupun tidak. Tetapi, sepanjang tulisan kalian menarik serta segar, aku yakin orang mojok tentu hendak terburu- buru memuatnya.
Reward ataupun benefit apa yang kita terima bila tulisan kita tayang di kanal halte? Bagi data yang aku baca, bila tulisan kita dilansir hingga kita berhak menerima 1 poin. Satu tulisan berarti 1 poin. Serta tiap sukses mengumpulkan 10 poin, kita hendak memperoleh duit Rp250. 000,-. Tiap penulis cuma dibolehkan mengumpulkan 20 poin ataupun Rp500. 000,- per bulan.
Nah, tunggu terlebih, ini kesempatan bagus buat mengais dollar, eh rupiah! Mau mengirim tulisan ke web ini, baca ketentuannya di mari.
  1. IDN Times
Bagi data yang aku baca di halaman IDN Times, per Februari 2017, media online tersebut merilis kanal IDN Times Community, suatu kanal yang dimaksudkan selaku medium/ platform menulis untuk generasi milenial, paling utama buat mereka yang memiliki hobi menulis serta tertarik pada passion tertentu.
Kemudian, gimana para penulisnya dibayar? IDN Times mencari para penulis terkenal yang tulisannya banyak dilihat serta dibaca orang, paling utama topik yang masih segar serta jadi trending. Terus menjadi terkenal suatu tulisan, hingga terus menjadi besar kesempatan si penulisnya memperoleh bayaran besar.
Dari data yang aku baca, kalau tiap 100 views dari postingan yang kalian tulis serta tayang di IDN Times, kalian hendak memperoleh 1 poin. Terus menjadi banyak tulisan yang kalian tulis serta memperoleh views yang melimpah, poinmu hendak terus meningkat. Poin itu dapat diganti dengan duit ataupun benda yang disediakan. Minimun poin yang bisa ditukarkan merupakan 500 poin serta kelipatannya.
Selaku ilustrasi: Jika postingan yang kalian tulis menciptakan 150. 790 pageviews. Hingga kalian hendak memperoleh 1500 poin. Poin ini dapat kalian tukarkan( redeem) dengan duit tunai senilai 150. 000 ataupun hadiah tertentu. Sisanya tidak hendak lenyap, melainkan jadi saldo poinmu.
Tunggu terlebih, lekas buat saya di IDN Times Community, serta mulailah menulis. Kumpulkan poin sebanyak- banyaknya. Sebab terus menjadi banyak poin yang dapat kalian kumpulkan, terus menjadi besar pemasukan yang kalian terima. Ketentuan serta syarat menulis di IDN Times dapat merujuk pada halaman ini.
https://www.dedenanda.com/2023/04/bisnis-online-menjadi-penulis-lepas.html
submitted by dedenanda to u/dedenanda [link] [comments]


2023.08.02 13:27 indiscorp No more "Hacker" language in Google search

No more submitted by indiscorp to google [link] [comments]


2023.05.31 17:38 Beneficial-Unit-5249 KISAH PEMUDAH MENDADAK KAYA

Juki, adalah salah satu dari sekian ribu orang yang kisahnya sangat menginspirasi para pemuda ataupun bapak bapak di daerah jawa tengah tepatnya di daerah solo. Kenapa tidak juki yang notabennya hanya seorang penjual sayur keliling di salah satu komplek elit di perbatasan solo dan juga jogja mendadak kaya raya dikarenakan mendapat profit besar dari sebuah game online di HOKI77.
Juki pemuda lulusan SMA yang bercita cita masuk universitas tinggi di ibukota jakarta harus mengubur mimpinya saat itu dikarenakan biyaya masuk universitas yang begitu mahal, Tanpa menyerah juki memutuskan untuk berjualan sayur keliling mengunakan motor demi meraup untung untuk kehidupan sehari hari.
Saat siang hari sehabis berjualan juki memutuskan untuk berhenti dulu di salah satu warung di komplek tersebuh demi untuk menyeduh kopi hitam, Di satu momen juki melihat teman seumurannya memaikan salah satu game di HOKI 777 dan begitu juki pulang ke rumah untuk menghitung uang hasil berjualannya dia tiba tiba mengingat game yang tadi dia lihat di warung.
Tanpa basa basi si juki pun mendaftarkan ID di game tersebut dengan niat untuk hiburan semata, Tanpa dia sadari setelah begitu lama dia memainkan game tersebut si juki pun mendadak mendapatkan profit besar dan mendadak ramai di bicarakan di komplek tersebut.
submitted by Beneficial-Unit-5249 to u/Beneficial-Unit-5249 [link] [comments]


2023.02.08 15:46 upperballsman Babad Diponegoro, Published by Narasi, Short Review:

Babad Diponegoro, Published by Narasi, Short Review:

https://preview.redd.it/crdhesee5zga1.png?width=1024&format=png&auto=webp&s=740b448a4d53db4004d02c128b448836b10622dc
Controversial bits are addressed at the bottom. Kalau ingin melihat Perang Jawa dri kacamata memori Pangeran Diponegoro sendiri, nggak ada opsi lebih baik dripada babad diponegoro, Babad yang ditulis pangeran sendiri ketika di pengasingan.
Babad dimulai dri Quick 200 Pages Recap sejarah Jawa, yang nggak ada kaitanya sama perang jawa sama sekali. tpi tetep menarik karena recap ini ngasih kita insight: sudut pandang sejarah jawa by jogja royal kraton pada saat itu,
contohnya, deskripsi trah panembahan senopati pakaianya serba hitam, atau bagaimana p. diponegoro mengingat peristiwa giyanti secara cukup dalam, tapi raden mas said/ mangkunegara disinggung sedikit sekali, dll
setelah 200 halaman lebih, dimulailah cerita perang jawa, masih menyambung dri kejadian giyanti, diceritakan bagaimana kondisi royal court saat itu, bagaimana pangeran diponegoro sangat tidak senang dengan "ketidak taatan" bangsawan kraton .
bagaimana makmurnya tegal rejo, dan bagaimana diponegoro terjebak di intrik royal kraton, yang membuat dia ke skip hak nya atas takhta.
my favourite part is the little details: contohnya, pas awal pecahnya perang, diponegoro lagi diskusi sama pengantar surat, di tengah pembicaraan terdengar suara meriam, semua pada kaget.
atau ketika tegalrejo udah diserang, diponegoro kekeuh ngga mau pergi, dia akhirnya pergi setelah diseret keluar, dan bagaimana anaknya(?) kabur dengan nggantung di kaki pangeran saat pangeran naik kuda.
semua detil kecil ini bikin kita ngerasa ikut serta dalam perjuangan pangeran, bagaimana rencana pembagian wilayah, gmn takaburnya kiai maja, gmn magelang penuh bgt orang ketika diponegoro dan belanda ngabisin waktu bersama di bulan puasa
endingnya paling surealis, diponegoro, dalam pengasinganya, cuma bisa menulis, dan menunggu kabar tak tentu atas keberabgkatan dia ke mekah, permintaan terakhir dia. kalimat terakhirnya, sangat melankolis:
"masih didalam kota manado, besok wallahualam adalah takdir Allah, sinuhun siang dan malam tetap berdoa kepada Allah ta'ala dan syafaat nabi"
setelah semua cerita panjang lebar itu, setelah semua pergolakan itu, di titik terakhir pun diponegoro gk pernah "menyerah", dia masih bersikap seolah raja kpd orang2 yang menangkapnya.
tpi kalimat terakhir itu ngehighlight, dihari itu, di hari kalimat itu dituliskan, kejayaan pangeran sudah lewat, dan sampai akhir hayatnya pangeran tidak pernah ke mekah, mimpi terakhirnya tidak pernah terwujud.
a melancholic ending for a wonderful story.
I said story, because it is a babad. saya nggak tau mana bagian yang benar mana bagian yang salah, atau di romantisasi. bahkan babad diponegoro pun ada banyak sekali versinya, dalam pengantar, penerbit nggak sebut ini versi yang mana, cuma disebut "dri museum nasional"
bukan berarti seluruh kesejarahan di buku ini invalid tho. anyway, buku ini diterjemahkan as-is, alias pake gaya susunan "puisi jawa", kalo kata pengantarnya. jadi bahasanya secara grammar lumayan rumit. all in all, a good read, 7/10.
Controversial bits: so i take it some of you already familiar with the whole "Diponegoro pernah nyalahin nyonya Cina yang dia setubuhi karena pernah kalah perang"
i will give you my insight:
di babad ini, diceritakan kira kira prafrasa nya begini "diponegoro menyesal salah mengira nyonya cina itu istrinya" dengan gaya2 puisi jawa yang serba rancu tanpa koma, klo insight dari gue: nggak ada satu katapun yang nyiratin klo objek utamanya itu si nona cina, feeling gue itu lebih menekankan "Diponegoro nyesel bersetubuh ama selain istrinya" ketimbang "Diponegoro menyalahkan nona Cina"
Itu dari gue, klo dari Ki Roni Sadewo (Certified turunan Diponegoro) dan Peter Carey, mereka, khas sejarawan yang selalu berhati2 dengan sumbernya, bilang "nyalahin nona cina" itu pernyataan yang bold. Tembang Jawa itu serba rancu, dan artinya bisa berubah2 tergantung naruh koma nya dimana, jdi pernyataan itu belum bisa dibenarkan.
submitted by upperballsman to NusantaraRaya [link] [comments]


2023.01.29 06:13 nick3597 HELP!!!My MacBook Pro 2019 16 inch model is showing horizontal lines in whole screen all of a sudden since yesterday..I haven’t dropped my MacBook .. I don’t wanna end up changing the whole display for no reason as it’ll cost me hell and my MacBook is already out of warranty 😔

submitted by nick3597 to macbookpro [link] [comments]


2023.01.29 06:09 nick3597 My MacBook Pro 2019 16 inch model is showing horizontal lines in whole screen all of a sudden since yesterday..I haven’t dropped my MacBook .. I don’t wanna end up changing the whole display for no reason as it’ll cost me hell and my MacBook is already out of warranty 😔

submitted by nick3597 to applehelp [link] [comments]


2023.01.07 07:34 trenditop Trendi Question And Answer Website

Trendi Question And Answer Website submitted by trenditop to u/trenditop [link] [comments]


2022.12.06 23:59 VickyVenom Stuck in loading….Assaulter got my stuff hacked….keep getting this loading screen and can’t get passed it. Lost so many years of photos and memories to my SAr and his friends. I’m just at a loss. It’s been a year now.

Stuck in loading….Assaulter got my stuff hacked….keep getting this loading screen and can’t get passed it. Lost so many years of photos and memories to my SAr and his friends. I’m just at a loss. It’s been a year now. submitted by VickyVenom to facebookdisabledme [link] [comments]


2022.10.11 09:18 JG_Online Can someone write this text in Aksara Jawa?

Someone send me this text for a project I am working on, however I need it written using the Aksara Jawa script, can anyone here be able to help me?
The text is the following:
Aku wedhus seng nembang
Aku nyokot
neng njero omah pilihan
Asu warnane ijon.
Cekelo aku, nek ora
Aku bakal mlayu
Aku rabutuh kowe nanging
Ojo ninggalke awakku.
Apik tenan koyo kebo
Ing nembang
Koyo curut
Ratau ketok.
Kabeh prestasiku
Asline gone wong liya
Aku iso ngomong enem basa
Raono seng tenanan.
Aku iki pangeran asli kulon
Abdiku akeh tenan,
Tak gowo ewonan kado
Aku ora tau ngapa!
Budeg karo alasan seng apik
Aku bakal mati,
Paling ora aku paling cepet
Antarane wong bodho.
submitted by JG_Online to indonesia [link] [comments]


2022.08.16 05:08 Elon___ come learn austronesian languages

come learn austronesian languages submitted by Elon___ to linguisticshumor [link] [comments]


2022.06.29 18:08 YamEater666 TATA TULIS LATIN JAWA oleh Purwanto Heri

Postingan ini bukan bertema Jawa Kuno, tapi saya perlu membahasnya karena sering jadi bahan eyel-eyelan.
Jadi begini ... orang Jawa mengenal huruf Latin karena dibawa Belanda. Sebelum Belanda datang, Jawa sudah punya aksara sendiri, yang biasa disebut Carakan.
Ketika bahasa Jawa ditulis pakai huruf Latin, maka Latin harus tunduk pada kaidah Carakan. Itu karena Carakan yang lebih dulu ada di sini. Bukan malah Carakan yang harus tunduk pada Latin!!
Latin Jawa beda dengan Latin Indonesia. - Latin Indonesia = bersifat transkriptif. Ditulis sesuai bunyi. - Latin Jawa = bersifat transliteratif. Ditulis menurut alih-aksara Carakan.
Rumusnya begini : - Nglegena = dilatinkan A - Wulu = dilatinkan I - Suku = dilatinkan U - Pepet = dilatinkan Ê - Taling = dilatinkan E - Taling Tarung = dilatinkan O
Maka, bahasa Indonesia DUA dalam bahasa Jawa ditulis LORO karena mengikuti Carakan yang mengandung taling tarung (lihat gambar). Sementara itu, bahasa Indonesia SAKIT dalam bahasa Jawa ditulis LARA karena mengikuti Carakan yang nglegena (lihat gambar).
Inilah jati diri orang Jawa. Meskipun menulis pakai huruf Latin, tapi tidak ikut aturan Belanda. Latin Jawa punya ciri khas sendiri yang berbeda dengan Latin Belanda dan Latin Indonesia. Jangan dicampur-aduk.
PERMASALAHANNYA ADALAH ... di zaman modern tidak semua orang Jawa paham Carakan. Banyak orang Jawa sekarang ngertinya huruf Latin saja, dan mereka menulis bahasa Jawa mengikuti kaidah Latin Indonesia. Padahal beda lho!!
Berikut ada sedikit tips untuk melatinkan bahasa Jawa bagi mereka yang tidak paham Carakan. Pertama-tama kita harus pahami lebih dulu adanya bunyi O JEJEG dan O MIRING.
Contoh bunyi O Jejeg : toko, sore, sawo, soto, kêbo, loyo.
Contoh bunyi O Miring : tokoh, lontong, garong, robot, colong.
Sekarang coba fokus pada suku kata terakhir, maka suku kata yang depan bisa mengikuti :
Untuk bunyi O JEJEG HIDUP dalam bahasa Jawa tetap ditulis O. Contoh : - kêbo (kerbau) ditulis: kêbo - bojo (istri) ditulis: bojo
Untuk bunyi O JEJEG MATI dalam bahasa Jawa ditulis U. Contoh: - dulor (saudara) ditulis: dulur - nguyoh (kencing) ditulis: nguyuh
Untuk O MIRING MATI dalam bahasa Jawa tetap ditulis O. Contoh: - kobong (terbakar) ditulis: kobong - kongkon (perintah) ditulis: kongkon
Untuk O MIRING HIDUP dalam bahasa Jawa ditulis A. Contoh: - konco (teman) ditulis: kanca - nggowo (membawa) ditulis: nggawa
Seperti itulah aturannya. Anehnya, banyak yang protes. Mungkin mereka lebih suka belajar bahasa Jawa dari teks VCD dangdut koplo daripada buku Pêpak Basa Jawa. Kalau benar begitu, mau dikemanakan jati diri bahasa Jawa???
Padahal, ketika nulis bahasa Inggris misalnya, - wan = ditulis : one - ai lav yu = ditulis : I love you Mereka bisa menerima. Tidak protes.
Tapi ketika menulis bahasa Jawa mengikuti standar yang baku, mereka protes. Alasannya "Aku bukan orang Sunda". "Aku bukan orang Ngapak." Kebanyakan alasan tapi tidak mau belajar.
Gambar di bawah ini semoga mudah dipahami.
Nuwun.
Heri Pur.
Source : https://www.facebook.com/groups/2157696554469452/permalink/2519743788264725/
submitted by YamEater666 to Javanese [link] [comments]


2022.05.29 18:00 Elon___ Basa Wong Jawa

Basa Wong Jawa submitted by Elon___ to indonesia [link] [comments]


2022.04.25 04:13 Gootube2000 lexiseleti: many various countries/territories/regions

Greenland (country); Greenlandic (language)
Faroe Islands (country); Faroese (language)
Cook Islands
Niue
Åland
Anguilla
Aruba
Bermuda
Bouvet Island
Cayman Islands
Canary Islands
Ceuta and Melilla
Christmas Island
Clipperton Island
Cocos Islands
Curaçao
Diego Garcia
*Englisa (Diego Garcia /diˈeɪ.ɡoʊ ɡɑɹˈsiː.ə/ * Jeni: Dyegogarsia, Dyegogarsi
Easter Island
Falkland Islands
French Guiana
French Polynesia
Gibraltar
Guadeloupe
Guam
Guernsey
Heard Island and McDonald Islands
Hong Kong * *Gwondunsa (香港 [hœ́ːŋ.kɔ̌ːŋ]) * Putunhwa (香港 /ɕi̯ɑŋ.kɑŋ/) * Englisa (Hong Kong /hɒŋˈkɒŋ/) * Jeni: Honkon
Isle of Man (Crown Dependency); Manx (Adjective)
Jan Mayen
Jersey
Kosovo
Macau, Macao
Martinique
Mayotte
Montserrat
New Caledonia
Norfolk Island
Northern Mariana Islands
Pitcairn Islands
Puerto Rico
Réunion
Saint Barthélemy
Saint Helena
Saint Martin and Sint Maarten
Saint Pierre and Miquelon
South Georgia and the South Sandwich Islands
Svalbard
Tokelau
Tristan da Cunha, Tristan
Turks and Caicos Islands
Vatican
Wallis and Futuna
Western Sahara
Abkhazia
Ossetia
Tibet
Wales
Caribbean
Java
Transnistria
Tigray
Amhara Region
Montserrat
submitted by Gootube2000 to Globasa [link] [comments]


2021.12.05 12:39 GodohBiu Jurnalis FOX News dipaksa ngomong Basa Jawa,

Jurnalis FOX News dipaksa ngomong Basa Jawa, submitted by GodohBiu to indonesia [link] [comments]


http://rodzice.org/