Kata-kata kitab suci

7 Amalan Ringan Berpahala Besar

2024.04.06 14:55 Relevant_Somewhere22 7 Amalan Ringan Berpahala Besar

Ternyata terdapat amalan ringan, tapi memiliki pahala yang cukup besar loh, Sob! Mungkin untuk sebagian orang amalan-amalan ini banyak terlupakan, namun siapa sangka meski sedikit pahala yang diraih sungguh besar apabila kita melakukannya dengan ikhlas dan konsisten. Berikut amalan ringan yang bisa hadirkan pahala besar:
  1. Berdzikir
Berdzikir menjadi salah satu amalan ringan yang memiliki timbangan berat. Hal ini sesuai dengan hadist Rasulullah SAW yaitu dari Abu Hurairah, dari Nabi, beliau bersabda: “Dua kalimat yang ringan di lisan, namun berat ditimbangan, dan disukai Ar Rahman yaitu “Subhanallah wa bi hamdih, subhanallahil ‘azhim” (Maha Suci Allah dan segala puji bagi-Nya. Maha Suci Allah Yang Maha Agung). (H.R. Bukhari no. 6682 dan Muslim no. 2694)
  1. Membaca Basmallah setiap memulai aktivitas
Mungkin sebagian orang terkadang lupa untuk membaca basmallah saat memulai suatu pekerjaan. Namun, tanpa disadari hal ini memiliki nilai ibadah yang luar biasa.
Sebagaimana sabda Rasulullah SAW yang artinya, “Setiap amalan yang terdapat kepentingan di dalamnya jika tidak dimulai dengan (menyebut) nama Allah maka terputus (keberkahannya).” (HR. Abu Daud dan Nasa'i)
  1. Mengajak dan mendoakan orang lain dalam kebaikan
Dari Abu Hurairah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:“Barangsiapa yang mengajak kepada kebaikan maka dia mendapatkan pahala sebagaimana pahala orang yang mengikutinya, tanpa mengurangi pahala mereka sedikitpun. Dan barangsiapa yang mengajak orang lain untuk melakukan kesesatan dan maksiat maka dia mendapat dosa sebagaimana dosa orang yang mengikutinya, tanpa mengurangi dosa mereka sedikit pun.” (H.R.Muslim)
  1. Membaca ayat kursi setelah melakukan shalat
Abu Umamah al Bahily a berkata, Rasulullah bersabda: “Barangsiapa yang membaca ayat kursi setelah setiap shalat wajib, niscaya tidak ada yang menahannya masuk Syurga melainkan kematian” (H.R. an Nasâi dan dishahihkan oleh al Albani di dalam kitab Shahih al Jami’, no. 6464)
  1. Membaca Al Quran
Dari Abdullah bin Mas’ud a, Nabi bersabda: “Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Al-Qur’an maka dia mendapat satu pahala kebaikan. Dan setiap satu pahala itu dilipatkan menjadi 10 kali….” (H.R. at Tirmidzi, ath Thabrani dan dinilai shahih oleh al Albani).
  1. Mendengarkan dan Mengamalkan do’a Azan
Azan menjadi penanda seruan waktu shalat. Rasulullah SAW mengajarkan untuk mendengarkan azan hingga selesai dalam diam hal ini tercantum dalam hadits berikut:
Artinya: “Barangsiapa mengucapkan setelah mendengar adzan ‘allahumma robba hadzihid da’watit taammah wash sholatil qoo-imah, aati Muhammadanil wasilata wal fadhilah, wab’atshu maqoomam mahmuuda alladzi wa ‘adtah’ [Ya Allah, Rabb pemilik dakwah yang sempurna ini (dakwah tauhid), shalat yang ditegakkan, berikanlah kepada Muhammad wasilah (kedudukan yang tinggi), dan fadilah (kedudukan lain yang mulia). Dan bangkitkanlah beliau sehingga bisa menempati maqom (kedudukan) terpuji yang telah Engkau janjikan padanya], maka dia akan mendapatkan syafa’atku kelak.” (HR.Bukhari no. 614 )
  1. Shalat dua rakaat sebelum Shalat Subuh
Melakukan shalat qobliyah Subuh umumnya dikerjakan sebelum fardhu. namun terdapat hal istimewa ketika kita menjalankan ibadah ini secara rutin. Seperti hadits Rasulullah SAW ;
Dari Aisyah, Nabi bersabda: “Dua rakaat sebelum subuh lebih baik daripada dunia dan seisinya.” (H.R. Muslim).
Yuk, kita mulai amalkan amalan ringan di atas! Semoga dengan rutin kita menjalankannya keberkahan senantiasa melimpah di kehidupan kita. Aamiin.
submitted by Relevant_Somewhere22 to u/Relevant_Somewhere22 [link] [comments]


2024.03.30 18:10 ShioSouta Terjemahan Kitab Suci Buddhism dan Hinduism dalam bahasa Melayu

Saya sekarang sedang menterjemahkan Tipitaka dan Tao Te Ching ke dalam Bahasa Melayu. Saya dah lama tertarik dengan agama Buddha dan Hindu ni. Saya berazam untuk memperkasakan masyarakat Melayu dengan pemahaman mereka terhadap kitab suci Buddha dan Hindu yang kebanyakannya hanya tersedia dalam bahasa asal masing2. Kebetulan pula tak semua fasih dalam bahasa Inggeris akademik. Saya lebih terpanggil untuk melakukan perkara ini apabila melihat ramai masyarakat Melayu yang jahil tentang agama lain? Adakah rakyat Malaysia akan membacanya? Saya berharap terjemahan saya dapat diterbitkan suatu hari nanti🙏
submitted by ShioSouta to bahasamelayu [link] [comments]


2024.02.18 06:55 Surohiu Sa'alit tentang Cisadane.

Sebelum disebut Cisadane, sungai ini aslinya bernama Sadane. "Ci" dalam bahasa Sunda artinya sungai. Sedangkan kata "Sadane" berasal dari bahasa Sanskerta yang berarti istana kerajaan. Sehingga nama Ci Sadane atau Cisadane berarti sungai yang berasal dari istana kerajaan. Kemungkinan yang dimaksud istana kerajaan adalah Kerajaan Pajajaran dengan Ibukota di Pakuan, Bogor.
Ada pula pendapat lain yang menyebut, "Sadane" berasal dari kata “Sadhana” yang mengandung arti “Jalan Kebijaksanaan”. Seperti kita ketahui, Kerajaan Pajajaran merupakan kerajaan yang menganut agama Hindu yang sangat menghormati air sungai dari gunung sebagai sarana untuk membersihkan diri menuju jalan kebijaksanaan. Cisadane yang dulu mengalir bersih menjadi sungai suci bagi masyarakat Hindu Kerajaan Pajajaran.
Processing img slfvp7qy9ajc1...
submitted by Surohiu to Pasundan [link] [comments]


2024.01.21 09:56 Soggy-Cockroach9421 Perspektif Komprehensif Pengurusan Hidup Wanita dalam Batasan Islam

Perspektif Komprehensif Pengurusan Hidup Wanita dalam Batasan Islam
Dalam bidang ajaran Islam, Quran dan Hadith menyediakan kerangka holistik bagi wanita untuk menjalani kehidupan, merangkumi tanggungjawab keluarga, membesarkan anak, dan pekerjaan. Artikel ini menggali panduan yang ditawarkan oleh kitab suci Islam, mengambil inspirasi dari kehidupan perniaga wanita pada zaman Nabi Muhammad SAW.
https://preview.redd.it/pp2co9wqardc1.png?width=1280&format=png&auto=webp&s=fb594c8fef55a34d7561a5842a02ac21105d0886

Asas dalam Hikmah Quran:

1. Keluarga sebagai Asas:

Ayat-ayat Quran menekankan kepentingan utama kehidupan keluarga. Menyeimbangkan aspirasi profesional dengan tugas berkeluarga menjadi kewajiban yang suci, dengan keluarga berfungsi sebagai tapak asas kehidupan wanita.
Quran 30:21: "Dan di antara tanda-tanda (kebesaran-Nya) ialah Dia menciptakan untukmu pasangan hidup dari jenismu sendiri supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antara kamu rasa kasih dan sayang. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir."

2. Memupuk Masa Depan:

Quran menekankan peranan ibu dalam membesarkan generasi seterusnya. Ia menekankan impak mendalam yang ibu miliki terhadap perkembangan moral dan rohani anak-anak mereka.
Quran 31:14: "Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada ibu bapanya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyusukannya dalam dua tahun. Bersyukurlah kamu kepada-Ku dan kepada ibu bapamu, hanya kepada-Kulah kembali kamu."

Panduan dari Hadith:

1. Sokongan Nabi Muhammad terhadap Peranan Wanita:

Hadith menceritakan situasi di mana Nabi Muhammad SAW menyokong dan mendorong wanita dalam pelbagai peranan, termasuk usaha perniagaan. Beliau mengakui dan menghargai sumbangan mereka kepada masyarakat.
Diceritakan oleh Aisha (RA): "Nabi (SAW) biasa memperbaiki kasutnya sendiri, menjahit pakaiannya dan menjalankan tugas rumah tangga. Beliau tidak menolak untuk terlibat dalam tanggungjawab domestik." Rujukan Hadith: Sahih Bukhari, Buku 8, Hadith 116

2. Amalan Perniagaan Beretika:

Hadith juga menekankan urusniaga beretika yang sepatutnya mengawal kehidupan profesional wanita. Integriti, kejujuran, dan urusniaga yang adil adalah sifat-sifat yang ditekankan dalam menjalankan urusan perniagaan.
Diceritakan oleh Abdullah ibn Umar (RA): "Para pedagang akan dibangkitkan pada Hari Kiamat sebagai orang-orang yang berdosa, kecuali mereka yang takut kepada Allah, jujur, dan berkata benar." Rujukan Hadith: Sunan Ibn Majah, Buku 22, Hadith 218

Pengajaran dari Kehidupan Perniaga Wanita:

1. Khadijah bint Khuwaylid (RA):

Khadijah, isteri terkemuka Nabi Muhammad SAW, adalah seorang perniaga wanita berjaya yang terkenal dengan kecerdasan dan integriti. Contohnya menunjukkan bahawa wanita boleh cemerlang dalam bidang profesional sambil mengekalkan asas keluarga yang kukuh.

2. Umm Salamah (RA):

Umm Salamah, seorang sahabat terhormat Nabi Muhammad SAW, secara aktif terlibat dalam aktiviti perniagaan. Hidupnya menggambarkan keserasian kerjaya yang berjaya dengan tanggungjawab keluarga yang memuaskan.

"Roadmap" Terperinci untuk Pengurusan Hidup Wanita dalam Islam:

  1. Tetapkan Keutamaan yang Jelas: Mulakan dengan mengenal pasti dan memberi keutamaan kepada nilai-nilai utama, meletakkan keluarga dan kewajipan agama di barisan hadapan.
  2. Pengurusan Masa: Peruntukkan masa yang ditetapkan untuk setiap aspek kehidupan, memastikan komitmen profesional tidak merosakkan tugas keluarga atau keagamaan.
  3. Cari Ilmu: Sentiasa berusaha untuk meningkatkan pengetahuan agama dan profesional untuk melalui cabaran hidup dengan hikmah.
  4. Tingkah Laku Beretika dalam Kehidupan Profesional: Pertahankan standard tertinggi kejujuran, integriti, dan keadilan dalam semua urusan perniagaan, sejajar dengan prinsip-prinsip Islam.
  5. Melibatkan Keluarga dalam Usaha Profesional: Apabila mungkin, melibatkan ahli keluarga dalam aktiviti perniagaan untuk membina persekitaran sokongan dan berkongsi tanggungjawab.
  6. Fleksibiliti: Bersedia untuk menyesuaikan diri dengan perubahan keadaan, mencari panduan dari prinsip-prinsip Islam.
  7. Sentiada bermuhasabah dan bertaubat: Selalu merenungkan tindakan sendiri dan memohon ampun untuk sebarang kekurangan, memahami bahawa taubat yang ikhlas adalah aspek penting dalam pertumbuhan rohaniah.
  8. Sokongan Komuniti: Membangunkan rangkaian komuniti yang menyokong, berinteraksi dengan individu yang sefikiran yang berkongsi nilai-nilai yang sama dan boleh memberikan panduan dan dorongan.

Kesimpulan:

Pada asasnya, ajaran Islam menyediakan panduan komprehensif bagi wanita, menekankan integrasi harmoni kehidupan berkeluarga, membesarkan anak, dan usaha profesional. Contoh-contoh wanita terkemuka dari zaman Nabi Muhammad SAW menjadi sumber inspirasi, menunjukkan bahawa kejayaan dalam bidang peribadi dan profesional dapat dicapai dalam rangka nilai-nilai Islam. Menyeimbangkan peranan ini memerlukan kesungguhan, tingkah laku beretika, dan komitmen kepada prinsip-prinsip yang terkandung dalam Quran dan Hadith.

Artikel ini ditulis oleh Mohd Hamid dan telah diterjemahkan ke Bahasa Melayu.
Artikel asal https://www.linkedin.com/pulse/comprehensive-perspective-womens-life-management-within-mohd-hamid-8kmxc%3FtrackingId=wB83WNMASEmMbvm%252BpvSORw%253D%253D/?trackingId=wB83WNMASEmMbvm%2BpvSORw%3D%3D

submitted by Soggy-Cockroach9421 to jannahcircle [link] [comments]


2023.11.19 14:41 tuanabdullah Buku Dinarpedia

Buku Dinarpedia
Sudah bisa di pesan buku Dinarpedia tediri atas 10 Bab, 1.152 halaman, jilid jahit, sebagian halaman berwarna dan dengan sampul buku tebal (hard cover).
Buku ini ditulis atau disusun oleh pelaku sejarah dinar dan dirham pertama di Indonesia. Dengan memiliki buku Dinarpedia ini artinya para pembaca sama juga dengan sudah membeli dan membaca ratusan buku ilmiah, sejarah, jurnal, artikel, berbagai kitab, diskusi teknis, mendapat pengetahuan teknis dan non teknis tanpa kesulitan dan ikut merasakan berjuang tanpa harus hadir dan lain sebagainya, ambilah semua kemudahan ini untuk persiapan kita semua.
Buku ini juga menunjukan pentingnya memerangi riba yang diperintahkan oleh Allah dan rasul, membuka tabir kapitalisme yang hari ini menjadi sumber berbagai masalah semua orang, yaitu uang fiat, bank dan riba. Dimana sistem keuangan riba tersebut dijadikan sebagai sebuah kebenaran absolut, sebuah dogma suci yang tidak boleh ditentang atau dipertanyakan, untuk melakukan kontrol atas seluruh aspek transaksi kehidupan umat manusia melalui model negara modern hari ini. Pada akhirnya buku ini memberikan kesimpulan dan tindakan apa yang harus dilakukan di luar paradigma sistem kapitalis yang terbukti sudah gagal dalam keadilan dan kesejahteraan bangsa..
Buku Dinarpedia sudah bisa dibeli, silahkan lanjut di link ini https://dinarpedia.wordpress.com/2023/11/02/pesan-buku-dinarpedia/
submitted by tuanabdullah to Dinarpedia [link] [comments]


2023.11.01 13:45 Snoo_61170 Counter argument buat yang dikit - dikit bawa Agama

Sorry agak kurang penting. Gue capek kalau ortu menanggapi kendala hidup gue karena gue dianggap kurang agama. Gue kesalip orang untuk dapat promosi dari kantor dianggap gara gara kurang religius. Gue kena musibah dianggap gara gara sembahyangnya ngga bener. Gue rutin terapi buat memperbaiki emosi jiwa dianggap buang buang duit dan ngga spiritual. Gue sibuk terus tapi kualitas hidup stagnan dianggap karena ngga dekat dengan yang maha kuasa. Dan komentar2 sejenis lainnya.
Gue sudah sanggah dengan argumen yang logis, tapi kalian tau lah orang kalau sudah mabok agama seperti apa. Untuk konteks, tentu gue ngga religius. Gue cuman menunaikan kewajiban ritual harian aja, jarang banget nyentuh kitab suci dan mengkaji muatan yang dikandungnya. Jadi sepertinya bagus untuk main dengan permainan mereka. Nah, makanya mau nanya sama komodos yang sudah lebih religius, ada ngga ayat atau petuah agama kalian yang sekiranya bisa jadi bahan counter argument kalau gue lagi jenuh untuk ngediemin orang yang mabok agama. Referensi dari agama apapun boleh just for the lols dan kepuasan gue sendiri. Makasihh.
submitted by Snoo_61170 to indonesia [link] [comments]


2023.10.27 14:13 ZyeWorks A story from my lost friend (part 2)

Direct to BM la, okey aku smbung sebab bnyak permintaan.
Dia dduk la dkt rumah org bunian tu (prmpuan tu), dia tnye ke bunian tu, kenape kt alam sye bnyak orang bunian nak khwin dgn kiteorang? Mak prmpuan tu pun jawab, sebab manusia ni lebih bagus dripde kami, manusia dripde nabi adam. (Aku xtau nk cakap ape tpi dia maksudkan tu derajat la).
Pastu die pun tnye la kt mak prmpuan tu, boleh sye tanye tak makcik? Kampung Seri ni masih dekat Sabah ke?. Mak prmpuan tu jawab aku tak tahu ape yang kau cakap, ni adalah hutan suci. Di dunia kami takde yang name tempat macam tu. Kawan aku pun tnye lagi, okey sya faham tpi mmg bunian pakai ayat jawi ke? Mak prmpuan tu cakap, tak semestinye sebab ade jugak yang pakai bahase lain yang mmg korang manusia tak pernah tengok. Kawan aku tu pun angguk. Die tnye lgi kt mak prmpuan tu, boleh sye tau tak macam mane nak keluar dari alam ni? Mak bunian tu pun jawab ade satu ayat yang kau perlu cakap, bile kau ade kt penghujung hutan ni, kau sebut ayat ni dan kau boleh balik. Ayat ni adalah terlarang dan tak boleh beritahu kepade manusia manusia lain sebab kami di sini hidup harmoni dan berkemungkinan kau akan dikacau seumur hidup oleh jin.
Kawan aku pun berjanji tak akan beritahu kepada yang lain. Dia dduk la dgn kluarga bunian tu selama 2 bulan dengan bekerja di ladang dan kebun. Bila dia buka fon dia, nak buka camera untuk ambil pemandangan dan kampung orang bunian ni, camera dia hitam je. Tengok line pun takde. Dia berjalan jalan dekat kampung bunian tu tengok orang orang semua senyum dan ketawa. Kanak kanak lari riang bermain di tepi rumah. Dia pun rasa macam duduk kat kampung. Tapi yang peliknye semua prmpuan muda bunian tengok dia macam handsome semacam tapi dia tolak cinta diorang sebab dia tahu kalau dia kahwin dengan bunian, dia tak akan kembali lagi kepada jalan yang betul sebab syirik. Dia ada la perasaan nak ngorat prmpuan bunian kt sana sebab cantik, cute, sexy lagi. Tapi itu hnya sementara dia fikir.
Bila dia dh puas hidup dengan bunian, dia pun nak balik ke alam asal kita. Dia berjumpa dengan tu mak prmpuan balik lepastu dia cakap, makcik sya nak balik ke dunia asal sya. Mak prmpuan tu cakap, klau kau nak balik, ambil ni kertas. Bace kuat2 dekat hujung hutan ni lepastu kau akan terbangun dekat bawah pokok besar. Jangan lupa kami ye, kalau rindu datang balik ke tempat asal kamu yang di mana tiba tiba kamu berada di alam ini. Tapi kena baca satu doa supaya tak ada benda yang ikut bila kamu keluar dan masuk balik. (Mak prmpuan tu pun bgitau doa ape yang dia perlu baca). Kawan aku tu pun cakap baik makcik, saya akan kembali lagi lain kali, terima kasih kerana menjaga saya. Dia pun packing barang dia lepastu jalan ke penghujung hutan. Di penghujung hutan tu memang macam padang penuh dengan bunga bunga, dengan pemandangan sungai dan bukit bukit. Dia pun bacalah ape yang dituliskan dalam kertas yang berwarna kuning. Akhirnya dia kembali ke bawah pokok besar macam dia habis tidur. Dia pun bangun lepastu ambil barang dia, dia rasa macam kelaparan yang sungguh orang kata memang lapar la. Lepastu dia jalan kluar dri hutan tu dan terserempak dengan kereta yang lalu, lepastu dia panggil bantuan untuk call ambulance. Dan bgitulah dia kembali lagi ke sni.
Bila aku dengar khabar yang dia ada, aku ambik teksi la (grab). Aku pergi tmpt dia dkt hospital dan tanya/catat apa yang berlaku dkt dia.
Tamat.
QnA
Q.Melayu? A.Kawan aku ni bukan melayu ye termasuk aku.
Q.Diorang boleh cakap melayu moden ke? A.Ni cuma ayat aku, aku xtau nk cerita dengan ayat melayu klasik
Q. Ambik dadah ke? A.Dia tak ambik dadah dan dia Anti-Dadah
Q.Ni lebih kurang Isekai Time Travel eh? A.Aku pun rse jugak, memang ngam genre dia tapi experience tu macam xtau la
Q.Kartun bnyak sngat eh? A.Dia xpernah tengok kartun sebab dia memang xminat
So soalan aku balik, ni betul ke mmg gile dh.
submitted by ZyeWorks to Bolehland [link] [comments]


2023.09.16 16:27 Upset-Appearance784 Book ka painxa?

The second sex vanne kitab kasai sanga xa? Natra kata painxa thaha vaye please comment.
submitted by Upset-Appearance784 to NepaliBibliophiles [link] [comments]


2023.05.09 12:17 beelzebub-rising Siapa Penentu Kata Baku Pada Kamus Besar Bahasa Indonesia?

Siapa Penentu Kata Baku Pada Kamus Besar Bahasa Indonesia?
Heya, Komodos!
Saya iseng2 cek kata baku dan non baku Bahasa Indonesia, dan beberapa kata yg ditemukan aneh tapi masih bisa diterima, semisal :
Tidak Baku Baku
Astronot Astronaut
Kadaluarsa / Kadaluwarsa Kedaluwarsa
Silahkan Silakan
Tapi, saat ketemu Sumatera non baku dan Sumatra adalah kata baku nya, saya bingung. Seumur hidup tinggal di pulau ini ngga pernah kata Sumatra terpakai, dalam konteks formal maupun informal. Bahkan di Internet saja, penggunaan kata Sumatra hampir tidak pernah ditemukan. Bahkan lambang daerah juga pakai kata Sumatera

Lambang Sumatera Utara


Lambang Sumatera Barat

Nah, bagaimana bisa penetapan kata baku dari kata yang sudah mengakar di daerah asalnya ditetapkan sebagai kata Sumatra? Saya sudah coba cari beberapa artikel yang membahas kedua kata ini, dan yang pertama kali saya pikirkan : kenapa sulit banget nyari etimologi (asal usul adaptasi) kata di Bahasa Indonesia? Ensiklopedia dan Kamus Bahasa Inggris pasti sudah mencantumkan etimologi di setiap kata, tapi KBBI sama sekali ngga membahas etimologi kata sedikitpun. Hasil berseluncur di Internet juga tidak terlalu menjelaskan perihal penetapan kata baku. Artikel medium[2] juga hanya menambah referensi ke KBBI[1]. Wikipedia[3] juga ngga menjelaskan hal ini sama sekali, hanya menulis :
Sumatra (kata tidak baku: Sumatera)
That's... not helpful. Tapi, di halaman Wikipedia ternyata terdapat Etimologi, at last! Tapi! Di Wikipedia juga hanya tertulis bahwa singkatnya, kata Sumatra adalah "plesetan" dari kata samudra, yang juga kembali ke pertanyaan awal. Sumatera bisa derived dari kata samudera, tapi kitab suci KBBI membakukan kata samudra dan sekaligus membakukan kata Sumatra. Siapa yang membakukan kata samudra dan Sumatra? Apa alasan dari pembakuan kata-kata tersebut?

TLDR : Masyarakat di pulau Sumatra selalu menggunakan kata Sumatera, tapi kitab suci KBBI menetapkan kata Sumatra sebagai kata baku. Mengapa demikian?

[1] https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/Sumatra [2] https://medium.com/@mamat7798/bahas-bahasa-01-sumatra-versus-sumatera-538c3dcb3d9e [3] https://id.wikipedia.org/wiki/Sumatra
submitted by beelzebub-rising to indonesia [link] [comments]


2023.03.08 12:23 dreadedherlock Arti Semua Semboyan Seluruh Kabupaten dan Kota di Indonesia [Edisi Jawa Tengah dan Yogyakarta]

Sudah tahu deh apa thread ini. Hari ini provinsi Jawa Tengah dan Yogyakarta.
Daftar Bagian: Part 1 Part 2 Part 3 Part 4 Part 5 Part 6 Part 7 <-- Anda Di Sini Part 8 Part 9 Part 10
Jawa Tengah
  1. (Banjarnegara) Manunggaling Swara Tumataning Praja -> Bersatu suara membangun negara (1571 M)[1] [Bahasa Jawa]
  2. (Banyumas) Rarasing Rasa Wiwaraning Praja -> Rasa serasi merupakan pintu gerbang negara (1966 M)[1] [Bahasa Jawa]
  3. (Batang) Tidak ada semboyan
  4. (Blora) Çaçana Jaya Kerta Bhumi -> Tempat kejayaan dan kemakmuran daerah [Bahasa Sanskerta]
  5. (Boyolali) Boja-Lali -> Jangan lupa [Bahasa Jawa]
  6. (Brebes) Mangesti Wicara Ebahing Praja -> Bertekad bersama membangun negara (1678 M)[1] [Bahasa Jawa]
  7. (Cilacap) Jala Bhumi Wijayakusuma Çakti -> Air dan tanah untuk kejayaan tertinggi [Bahasa Sanskerta]
  8. (Demak) Tidak ada semboyan
  9. (Grobogan) Tidak ada semboyan
  10. (Jepara) Trus Karya Tataning Bumi -> Terus bekerja membangun negara (1549 M)[1] [Bahasa Jawa]
  11. (Karanganyar) Tidak ada semboyan
  12. (Kebumen) Bhumi Tirta Praja Mukti -> Tanah dan air untuk kesejahteraan negara [Bahasa Sanskerta]
  13. (Kendal) Ngesti Widdhi -> Mengharap rida Tuhan [Bahasa Jawa]
  14. (Klaten) Tumenga Tata Anggatra Rahardja -> Menatap keharmonisan demi membangun kesejahteraan (1950 M)[1] [Bahasa Jawa]
  15. (Kudus) Nagri Carta Bhakti -> Negeri yang makmur dan berbakti [Bahasa Sanskerta]
  16. (Magelang) Tidak ada semboyan
  17. (Pati) Bumi Mina Tani -> Tanah perikanan dan pertanian [Bahasa Jawa]
  18. (Pekalongan) Tidak ada semboyan
  19. (Pemalang) Tidak ada semboyan
  20. (Purbalingga) Prasetyaning Nayaka Amangun Praja -> Pemerintah setia membangun daerah (1830 M)[1] [Bahasa Jawa]
  21. (Purworejo) Tidak ada semboyan
  22. (Rembang) Tidak ada semboyan
  23. (Semarang) Dharmottama Satya Praja -> Berbuat yang terbaik demi rakyat [Bahasa Sanskerta]
  24. (Sragen) Tidak ada semboyan
  25. (Sukoharjo) Tidak ada semboyan
  26. (Tegal) Tidak ada semboyan
  27. (Temanggung) Swadaya Bhumi Phala -> Dengan kemandirian perkukuh hasil bumi [Bahasa Sanskerta]
  28. (Wonogiri) Sabda Sakti Nugrahaning Praja -> Kata suci pengorbanan untuk daerah (1967 M)[1] [Bahasa Jawa]
  29. (Wonosobo) Sabda Pandhawa Raga Nyawiji -> Perkataan Pandawa menyatukan tubuh (1957 M)[1] [Bahasa Jawa]
  30. (Kota Magelang) Tidak ada semboyan
  31. (Kota Pekalongan) Tidak ada semboyan
  32. (Salatiga) Srir Astu Swasti Prajabhyah -> Semoga bahagia dan selamat rakyat sekalian[2] [Bahasa Sanskerta]
  33. (Kota Semarang) Tidak ada semboyan
  34. (Surakarta) Rinaras Dadi Trus Manunggal -> Selaras berdiri terus bersatu (1946 M)[1] [Bahasa Jawa]
  35. (Kota Tegal) Tidak ada semboyan
Yogyakarta
  1. (Bantul) Hamemayu Hayuning Bawana -> Memperindah keindahan dunia [Bahasa Jawa]
  2. (Gunungkidul) Dhaksinarga Bhumikarta -> Pegunungan Selatan makmur negerinya [Bahasa Kawi]
  3. (Kulon Progo) Hamemayu Hayuning Bawana -> Memperindah keindahan dunia [Bahasa Jawa]
  4. (Sleman) Catur Rasa Trus Manunggal -> Empat watak selalu bersatu (1964 M)[1] [Bahasa Jawa]
  5. (Kota Yogyakarta) Mangayu Hayuning Bawana -> Memperindah keindahan dunia [Bahasa Jawa]
Banyak kabupaten yang tidak ada semboyannya pemerintahnya buat sengkala tapi aku sengaja tidak masukin karena itu lebih ke semboyan hari jadinya daripada semboyan daerah itu sendiri. Dan kalo mautahu sengkala akan dijelaskan di bawah.
Catatan
[1].Jadi maksud tahun di sini adalah sengkalan. Sengkalan itu sejenis kronogram yang berarti suatu kata diasosiasikan dengan nomor. Misalkan ada sengkalan sirna ilang kertaning bumi. Masing-masing kata adalah sandi yang dapat diterjemahkan ke nomor. Sirna = 0, Ilang = 0, Kerta = 4, dan Bumi = 1. Jika dibalikkan maka menjadi 1400 Saka, tahun kejatuhan Majapahit. Tentu saja nggak sengkalan harus ada artinya sendiri. Sengkalan ini sendiri artinya kemakmuran bumi ini telah lenyap dan hilang. [2]. Kalimat pertama dari prasasti Plumpungan.
submitted by dreadedherlock to indonesia [link] [comments]


2023.02.11 05:47 globetrotter1000G What are the good and bad things done by the previous governments? (Mahathir PM7 vs Abah vs Pak Mael)

Let's relook and compare the good and bad policies and events/scandals from the past 3x governments (Madey 2.0, Abah, and Pak Mael)
I'll start off with some
Madey 2.0 - We finally had our first change of federal government since merdeka - We thought Madey could have been a changed man (we were wrong) - "Manifesto bukan janji dan bukan kitab suci" - LGE more interested in hentam-ing past administration - Azmin showed his colours - The 5-person "Jedi Council" was kinda sus
Abah - MCO, MCO, MCO - PDFs - Doa - Darurat - Dukacita
Pak Mael - "Keluarga Malaysia" - Wifi logo - MOU - Najib jailed - "Adik saya yang buat"
submitted by globetrotter1000G to malaysia [link] [comments]


2023.01.14 06:39 RafifD24 Seharusnya aku belajar... Tapi malah buat meme...

Seharusnya aku belajar... Tapi malah buat meme... submitted by RafifD24 to indonesia [link] [comments]


2023.01.08 14:30 Shiws77 Cinta - Kahlil Gibran

Lalu berkatalah Almitra, Bicaralah pada kami perihal Cinta.
Dan dia mengangkatkan kepalanya dan memandang ke arah kumpulan manusia itu, dan keheningan menguasai mereka. Dan dengan suara lantang dia berkata:
Pabila cinta menggamitmu, ikutlah ia Walaupun jalan-jalannya sukar dan curam Pabila ia mengepakkan sayapnya, Engkau serahkanlah dirimu kepadanya Walaupun pedang yang tersisip pada sayapnya akan melukakan kamu.
Pabila ia berkata-kata Engkau percayalah kepadanya walaupun suaranya akan menghancurkan mimpimu seperti angin utara yang memusnahkan taman-taman kerana sekalipun cinta memahkotakan kamu Ia juga akan menyalibmu walaupun ia menyuburkan dahan-dahanmu ia juga mematahkan ranting-rantingmu walaupun ia memanjat dahanmu yang tinggi dan mengusap ranting-rantingmu yang gementar dalam remang cahaya matahari ia juga turun ke akar-akarmu dan menggoncangkannya dari perut bumi
Seperti seberkas jagung ia akan mengumpulmu untuk dirinya membantingkanmu sehingga engkau bogel mengayakkanmu sehingga terpisah kamu dari kulitmu mengisarkanmu sehingga engkau menjadi putih bersih mengulimu agar kamu mudah dibentuk dan selepas itu membakarmu di atas bara api agar kamu menjadi sebuku roti yang diberkati untuk perjamuan Tuhanmu yang suci
Semua ini akan cinta lakukan kepadamu supaya engkau memahami rahasia hatinya dan dengan itu menjadi wangi-wangian kehidupan tetapi seandainya di dalam ketakutanmu engkau hanya mencari kedamaian dan nikmat cinta maka lebih baiklah engkau membalut dirimu yang bogel itu dan beredarlah dari laman cinta yang penuh gelora ke dunia gersang yang tidak bermusim di sana engkau akan ketawa tetapi bukan tawamu dan engkau akan menangis tetapi bukan dengan air matamu
Cinta tidak memberikan apa-apa melainkan dirinya dan tidak mengambil apa-apa melainkan daripada dirinya cinta tidak mengawal sesiapa dan cinta tidak boleh dikawal sesiapa kerana cinta lengkap dengan sendirinya
Dan pabila engkau bercinta engkau tidak seharusnya berkata kejadian adalah hatiku, sebaliknya berkatalah: aku adalah kejadian
Dan janganlah engkau berfikir engkau boleh menentukan arus cinta kerana seandainya cinta memberkatimu ia akan menentukan arah perjalananmu
Cinta tiada nafsu melainkan dirinya tetapi seandainya kamu bercinta dan ada nafsu pada cintamu itu maka biarlah yang berikut ini menjadi nafsumu; menjadi air batu yang cair membentuk anak-anak sungai yang menyanyikan melodi cinta pada malam yang gelap gelita untuk mengenal betapa pedihnya kemesraan untuk merasa luka kerana engkau kini mengenali cinta dan rela serta gembira melihat darah dari lukanya untuk bangun pada waktu fajar dengan hati yang lega dan bersyukur untuk satu hari lagi yang terisi cinta untuk beristirehat ketika matahari remang untuk mengingati kemanidan dalam tidurmu berdoalah untuk kekasihmu yang bersemadi di dalam hatimu dengan lagu kesyukuran pada bibirmu
submitted by Shiws77 to u/Shiws77 [link] [comments]


2022.12.06 06:44 WhyHowForWhat Pasal kontroversi RKHUP

Sumber berita
https://www.bbc.com/indonesia/articles/cv2qj19zp28o.amp
Dalam waktu 3 tahun, RKHUP akan diberlakukan semenjak disahkan. Dalam jangka waktu itu, Yasonna Laoly mengatakan "Jaksa, hakim, polisi, advokat, pegiat HAM, kampus-kampus lagi agar tidak salah mengajar nanti… Harus ada dan kami harus menyusun dari sekarang sosialisasi terhadap stakeholders yang ada”. Selain itu, Ketua Komisi III DPR RI, Bambang Wuryanto menyatakan kalau kalau masyarakat dipersilahkan menempuh jalur hukum bila merasa ada pasal yang bermasalah, bahkan dia bilang masyarakat itu 'tidak perlu demo'.
Dari berita diatas, sebenernya gua pengen lebih menitikberatkan ke pasal-pasal yang kontroversial menurut versi bbc. Diantaranya adalah:
1. Pasal kontrasepsi
Peraturan yang melarang orang menawarkan atau menunjukkan alat kontrasepsi atau pencegah kehamilan "pada anak" tercantum di pasal 408-410. Bagi yang melanggar diancam dengan pidana denda Rp1 juta.
Sementara bagi orang yang tanpa hak secara terang-terangan menunjukkan maupun menawarkan alat untuk menggugurkan kandungan baik secara tertulis atau langsung, akan dipidana penjara paling lama enam bulan atau denda Rp10 juta.
Penerapan hukuman itu dikecualikan bagi petugas yang berwenang dalam rangka pelaksanaan keluarga berencana, pencegahan infeksi menular, atau kepentingan pendidikan/penyuluhan. Termasuk juga oleh relawan yang dianggap kompeten.
Akan tetapi, pasal ini sesungguhnya berbahaya karena "berpotensi menurunkan capaian kesehatan seksual dan reproduksi di Indonesia yang saat ini sudah cukup rendah," kata pendiri lembaga CISDI, Amru Sebayang dalam siaran pers kepada BBC News Indonesia.
Survei yang dilakukan BPS bersama USAID, Kemenkes, dan BKKBN menunjukkan anak dan remaja kerap berdiskusi soal masalah ini bersama teman-temannya, ketimbang dengan petugas kesehatan karena jauh dari stigma dan diskriminasi.
Itu mengapa, pendekatan informal oleh kelompok sebaya atau masyarakat sipil disebut CISDI "lebih efektif".
2. Pasal kumpul kebo
Aturan yang menyoal kumpul kebo tercantum dalam pasal 411-413 isinya: setiap orang yang melakukan hidup bersama sebagai suami istri di luar perkawinan dipidana penjara paling lama enam bulan atau denda Rp10 juta.
Pada ayat 2 dikatakan, perbuatan itu tidak akan dituntut kecuali ada pengaduan suami atau istri orang yang terikat perkawinan atau orangtua/anaknya bagi yang tidak terikat perkawinan.
Tak cuma itu saja, perbuatan yang disebut 'perzinaan' atau persetubuhan dengan orang yang bukan suami atau istri juga akan dipidana paling lama setahun dan denda Rp10 juta.
Bagi pengacara HAM dan aktivis perempuan, Naila Rizqi, pasal perzinaan itu tidak memiliki dasar yang jelas karena hubungan seks dua orang dewasa tidak ada pihak yang dirugikan "kecuali jika ada kekerasan," katanya dalam sebuah diskusi seperti yang dilansir VOA Indonesia.com.
Ia juga menilai pasal ini melanggar wilayah privasi warga dan membahayakan "kelompok rentan dan masyarakat miskin" karena jadi sasaran razia.
3. Pasal demonstrasi
Seperti yang tertulis di pasal 256: Setiap orang yang tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada yang berwenang mengadakan unjuk rasa atau demonstrasi di jalan umum yang mengakibatkan terganggunya kepentingan umum atau keonaran bisa dipidana paling lama enam bulan dan denda Rp10 juta.
Menurut aktivis demokrasi, Muhammad Isnur, pasal itu memperlihatkan adanya kemunduran dalam berdemokrasi dan "menempatkan kebebasan berpendapat pada posisi berisiko karena dianggap sebagai kejahatan".
Padahal menyampaikan pendapat di muka umum adalah hak yang dijamin Undang-Undang Nomor 9 Tahun 1998.
Banyak pihak menentang penerapan pasal ini karena rawan kriminalisasi dan berpotensi jadi pasal karet. Tapi tim sosialisasi RKUHP, Albert Aries, beralasan publik tak perlu khawatir dikriminalisasi selama mereka memberitahu unjuk rasa tersebut.
Dia juga mengeklaim, meski pasal demonstrasi dimasukkan tapi pemerintah tetap menghargai kebebasan berpendapat sebagai hak yang diatur dalam konstitusi.
4. Pasal penghinaan presiden, pemerintah, lambang negara
Tindak pidana yang menyerang diri Presiden dan/atau Wakil Presiden hingga pemerintah atau lembaga negara tercantum di pasal 217-240.
Pasal 217 menyebutkan: Setiap orang yang menyerang diri Presiden dan/atau Wakil Presiden yang tidak termasuk dalam ketentuan pidana yang lebih berat dipidana penjara paling lama lima tahun.
Kemudian pasal 218: Setiap orang di muka umum menyerang kehormatan atau harkat dan martabat diri Presiden dan/atau Wakil Presiden dipidana penjara paling lama tiga tahun atau denda Rp200 juta.
Tindakan penyerangan itu secara lebih rinci dijelaskan pada pasal 219 yang isinya: Setiap orang yang menyiarkan, mempertunjukkan atau menempelkan tulisan atau gambar sehingga terlihat oleh umum, atau menyebarluaskan dengan sarana teknologi informasi dapat dipidana penjara paling lama empat tahun atau denda Rp200 juta.
Adapun penghinaan terhadap pemerintah atau lambang negara seperti yang termuat di pasal 240 ayat 1, bakal kena pidana penjara paling lama 1,6 tahun dan denda Rp10 juta.
Dalam hal tindak pidana berakibat terjadinya kerusuhan dalam masyarakat, bisa dipidana penjara selama tiga tahun dan denda Rp200 juta.
Tindak pidana tersebut hanya bisa dituntut berdasarkan aduan pihak yang dihina.
Pusat Studi Hukum dan Kebijakan Indonesia (PSHK) dalam siaran publikasinya menilai pasal ini menunjukkan bahwa "penguasa negara ingin diagung-agungkan layaknya penjajah di masa kolonial".
Jika menelisik ke belakang, keberadaan pasal penghinaan presiden berasal dari KUHP Belanda yang mengatur soal penghinaan yang disengaja terhadap raja dan ratu.
Namun sesudah Indonesia merdeka, menurut PSHK, pasal tersebut diadopsi mentah-mentah dengan mengganti frasa "raja dan ratu" menjadi presiden dan wakil presiden.
Padahal berbeda dengan tradisi monarki yang menahbiskan raja/ratu sebagai simbol kebangsaan, sistem demokratis menyatakan jabatan kepala negara yang diampu presiden bukanlah simbol negara.
Simbol negara dalam pasal 35 dan 36B UUD 1945 yaitu Garuda Pancasila, bendera, bahasa, lambang negara serta lagu kebangsaan.
Karena itulah menurut PSHK, "setiap komentar, pujian bahkan cibiran publik kepada presiden adalah bentuk penilaian atas kinerja dalam melaksanakan tugas dan fungsinya".
Soal pantas atau tidaknya cara komunikasi dalam menyampaikan kritik berada pada wilayah etika sehingga tidak patut dijerat dengan sanksi pidana.
Selain itu, kata mereka, perubahan pasal penghinaan menjadi delik aduan "tidak menghilangkan risiko kriminalisasi". Faktanya, polisi kerap tebang pilih dan sulit bersikap proporsional kalau ada laporan dari pihak yang punya relasi dengan pejabat negara.
5. Pasal tindak pidana agama
Dalam salinan akhir Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana masih memuat pasal pidana untuk pelaku penodaan atau penistaan agama.
Pasal 300 RKUHP menyebutkan setiap orang di muka umum yang:
a. melakukan perbuatan yang bersifat permusuhan;
b. menyatakan kebencian atau permusuhan; atau
c. menghasut untuk melakukan permusuhan, kekerasan, atau diskriminasi terhadap agama, kepercayaan orang lain, golongan, atau kelompok atas dasar agama atau kepercayaan di Indonesia dipidana penjara paling lama tiga tahun atau denda paling banyak Rp200 juta.
Pasal selanjutnya mengatur bentuk penodaan agama dalam bentuk tulisan, gambar, hingga rekaman dan menyebarluaskan melalui teknologi informasi bisa diancam penjara paling lama lima tahun atau denda paling banyak Rp500 juta.
Ada juga ancaman hukuman bagi orang yang menghasut seseorang menjadi tidak beragama atau berkepercayaan yang dianut di Indonesia dengan penjara dua tahun atau denda Rp50 juta.
Sedangkan untuk orang yang memaksa seseorang tidak beragama atau berkepercayaan dengan kekerasan atau ancaman kekerasan bisa dipidana empat tahun atau denda Rp200 juta.
Kemudian di pasal 303, orang yang yang membuat gaduh pada waktu ibadah berlangsung bakal didenda Rp1 juta.
Untuk orang yang dengan kekerasan menganggu, merintangi atau membubarkan pertemuan keagamaan atau kepercayaan akan dipidana dua tahun atau denda Rp50 juta.
Dan bagi orang yang dengan kekerasan atau ancaman kekerasan menganggu, merintangi atau membubarkan orang yang sedang ibadah bakal dipidana lima tahun penjara atau denda Rp200 juta.
Sejumlah organisasi masyarakat menilai delik agama dalam RKUHP masih terlalu luas dan multitafsir, sehingga menimbulkan "kemungkinan kriminalisasi berlebihan".
submitted by WhyHowForWhat to indonesia [link] [comments]


2022.10.30 15:50 Lubangkepuasan Pemuda PH lancar manifesto, ikrar anggap sebagai ‘kitab Suci’

submitted by Lubangkepuasan to malaysia [link] [comments]


2022.10.04 14:23 Epiphyte_ Tak Terima Di-roasting, Anggota DPR Hillary Laporkan Komika Mamat Alkatiri

https://nasional.okezone.com/read/2022/10/04/337/2680420/tak-terima-di-roasting-anggota-dpr-hillary-laporkan-komika-mamat-alkatiri
Dalam unggahan media sosial Instagram u/hillarylasut, Hillary menampilkan potongan video konten Mamat yang dianggap mencemarkan nama baik.
"Konten ini hanya untuk simpan barbut," tulis Hillary dalam keterangan videonya yang diunggah pada Senin (3/10/2022). "Enggak usah bawa-bawa saya saya pejabat publik harus siap dikritik deh. T*i dan g*blo* bukan kritik. Itu bully dan verbal harrasment," tulis Hillary. Menurut Hillary, baik itu anggota DPR, presiden, atau pembantu rumah tangga sekalipun punya hak untuk dilindungi harkat dan martabatnya dari segala jenis kekerasan verbal dan psikis.
Adapun Video yang berdurasi tak lebih dari 30 detik itu tampak Mamat mengenakan kaos hitam dan topi hitam. Terdengar beberapa kata yang dinilai bernada kasar yang sempat dikatakan dan disambut gelak tawa oleh penonton.
"Kesal banget saya.." ucap Mamat. "Jangan takut, ayo masuk ke dalam politik! Hei, t*i. Coba yang ngomong begitu orang yang bapaknya bukan anggota DPR atau yang bukan punya partai. Coba aja," tutur Mamat melanjutkan. "'Saya orang tua bukan siapa-siapa, engga punya apa-apa.' Lalu, masuk politik. Emang enggak diminta duit sama partai? G*blo*!"
Atas kejadian itu, Brigitta pun merasa tersinggung dan melaporkan Mamat melalui kuasa hukumnya ke Polda Metro Jaya menggunakan Pasal 310 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP).
https://megapolitan.kompas.com/read/2022/10/04/16330681/begini-konten-roasting-komika-mamat-alkatiri-yang-diduga-menghina-hillary.
submitted by Epiphyte_ to indonesia [link] [comments]


2022.09.08 14:08 hannah_kimberly saya baru mengenal bahasa indonesia jadi maaf jika postingan ini terdengar lucu! saya ingin mendapatkan ini sebagai tato, adakah yang bisa memastikan bahwa salah satu kitab suci ini mengatakan malaikat? terima kasih banyak!

saya baru mengenal bahasa indonesia jadi maaf jika postingan ini terdengar lucu! saya ingin mendapatkan ini sebagai tato, adakah yang bisa memastikan bahwa salah satu kitab suci ini mengatakan malaikat? terima kasih banyak! submitted by hannah_kimberly to indonesia [link] [comments]


2022.09.01 12:56 bellaprescott ASKING FOR ADVICE

Halo gue 23F. Gue part of 🏳️‍🌈 dan sedang menjalin hubungan dengan seorang 24F. Gue udah kenal dia dari tahun 2019, dia nembak gue di Maret 2021 dan sampe sekarang kita masih bersama, jadi kurang lebih udah mau 1,5th lah kita pacaran. Karena kita sama2 closeted jadi kita sepakat buat lowkey aja gitu, ngga ngenalin satu sama lain ke temen2 kita. Kalo lagi ngedate di tempat umum, kita paling banter cuma gandengan tangan, sebisa mungkin ngga narik perhatian orang2 lah.
Gue sama pacar gue ini udah bucin banget deh pokoknya. Kita sering ngimpi gimana kalo di indo cewe sama cewe bisa nikah, kita pasti ada di barisan paling depan. Gue udah nyaman banget sama dia. Gue yakin banget kalau dia itu jodoh gue, begitupun dia. Tapi masalah datang ketika bokap gue mulai tanya2 rencana masa depan gue...
FYI, keluarga gue sangat relijius. Ortu gue udah pada haji, nyokap gue aktif di pengajian ibu2, bokap gue sampe belajar bhs arab supaya bisa lebih ngedalemin kitab suci, kita sekeluarga tiap hari abis solat subuh dilanjut dengan baca kitab suci dan hadis. Serelijius itu.
Long story short, alasan bokap gue nanya rencana masa depan gue adalah krn dia mau ngenalin anak temennya dia ke gue. Bokap ngasih ceramah kalo gue harus menyegerakan nikah krn udah mampu (gue udah cukup umur dan udah punya pekerjaan tetap), makannya dia mau ngejodohin gue sama si cowo ini. Gue bener2 ngga tau musti ngapain, gue udah jawab pertanyaan bokap seadanya, gue jg pernah walk out disaat dia mau ngobrolin ini saking udah ngga taunya musti ngomong apa. Gue ngga cerita masalah ini ke pacar gue krn gue ngga mau dia ikutan sedih. Gue ngga mau dikenalin sama si cowo ini atau cowo manapun. Gue stress mikirin ini, hampir tiap malem gue nangis sebelum tidur. Please advise, gue musti ngapain..
Update 14/09/22: Thanks redditors yg udah menyempatkan untuk reply postingan gue ini. Gue baca satu2 dan lumayan ngasih insight. Gue baca semua reply dan DMs terkait curhatan gue ini. Untuk sekarang, bokap gue udah lumayan jarang nanya2 masalah ini, mungkin krn guenya juga ngga ngasih respon yg jelas ke beliau dan pada akhirnya dia nyerah sendiri, for now. Gue udah cerita juga ke cewe gue dan dia bilang dia akan support apapun keputusan gue. Untuk sekarang, I choose my happiness alias gue masih lanjut pacaran sama dia. Idk what the future may hold for me, but at least I'm happy now :)
submitted by bellaprescott to indonesia [link] [comments]


2022.08.17 02:01 jw_mentions /r/indonesia - "yg paham ajaran agama kristen beserta cabang2nya"

I am a bot! Please send NotListeningItsABook a private message with any comments or feedback on how I work.

About Post:

--- --- Notes
Submission yg paham ajaran agama kristen beserta cabang2nya
Comments yg paham ajaran agama kristen beserta cabang2nya
Author awholenewworld99
Subreddit /indonesia
Posted On Wed Aug 10 09:44:40 EDT 2022
Score 30 as of Tue Aug 16 20:01:38 EDT 2022
Total Comments 150

Post Body:

Khususnya Protestanisme, Katolik & Orthodox.
Sebenernya lebih ke penasaran apakah orang non Nasrani akan "masuk" neraka?
Because I was raised muslim, mumpung masih sama2 agama abrahamik.
Kalau berdasarkan moral iman Islam, non muslim "akan" masuk neraka, yg murtad keluar dari islam juga jelas masuk neraka. Dosa murtad/keluar dari islam adalah dosa nomor 1 terbesar teramat paling besar, will go to hell of it & akan disiksa di neraka karena hal itu. Dosa murtad/syirik itu lebih besar dibanding melakukan pedofilia, pemerkosaan, pembunuhan antar manusia, makan harta rakyat/korup & tidak bisa diampuni. Ini sudah "mutlak" Dalam moral iman islam.
Kalau di Kekristenan, apakah punya konsep yg sama seperti moral islam dalam hal ini? Orang Kristen memutuskan keluar dari ajaran Kristen untuk pindah ke agama baru, atau memutuskan untuk jadi agnostik/atheist, bagaimana hukum injil mengenai hal ini? Perjanjian Baru ataupun lama? Akankah disiksa di neraka & kekal di dalamnya? Orang yg menolak ajaran/dakwah Kekristenan akan masuk neraka ga? Basically will non Christian going to hell? Mungkin aliran2 Kristen yg berbeda punya perbedaan moral/tafsiran soal ini.
Sebagian kalian mungkin pernah liat meme perempuan muslim & Kristen lagi buka kitab sucinya masing2. Si cewe muslim bilang "look you're going to hell", Lalu cewe Kristen menjawab "omg you too". Meme itu valid kah dalam konteks Alkitab?
Karena berdasarkan moral iman ajaran Yahudi a.k.a Judaism, "ibu kandung" dari Kekristenan & Islam, surga itu bisa didapatkan siapa saja termasuk non Yahudi. Asal, secara garis besar dalam hidupnya orang tersebut melakukan tujuh hukum Nuh. Maka dia akan ada kesempatan masuk ke surga, tanpa harus memeluk agama Yahudi/Judaism.

Related Comments (4):

--- --- Notes
Author akaciparaci
Posted On Thu Aug 11 00:23:02 EDT 2022
Score 1 as of Tue Aug 16 20:01:38 EDT 2022
Conversation Size 2
Body link
Di indo namanya Saksi Yehuwa, inggrisnya Jehovah's Witnesses
Whether it counts or not is up to you really, you can trust what everyone says that they're sesat or you can form your own opinion, kalau memang ga sesuai dengan ajaran alkitab=sesat, klo sesuai no sesat, simple as that, semua kembali ke kata Allah/Tuhan bukan kata diaaaaaaaaaa
Iirc sejak 2001 sih sudah diakui oleh negara, soal mainstream kristen/katolik ga seneng ya boleh tanya ke mereka kenapa, gw ga bisa kasih jawaban akurat hanya kayanya kayanya
Dan Saksi Yehuwa sih bukan aliran protestan, di alkitab ga pernah ada istilah protestan so kami ga pakai
Info lebih jelas soal identitas ssy bisa dibaca langsung di website resmi, much more reliable than a nameless random rebbitor
--- --- Notes
Author akaciparaci
Posted On Wed Aug 10 11:45:59 EDT 2022
Score 1 as of Tue Aug 16 20:01:38 EDT 2022
Conversation Size 4
Body link
https://www.jw.org/id/ajaran-alkitab/pertanyaan/apakah-neraka-ada/
https://www.jw.org/id/ajaran-alkitab/pertanyaan/siapa-yang-pergi-ke-neraka/
semua ada sumbernya, jadi ini bukan kata si anu si itu si ono
PS:ga maksud menuduh yg namanya anu itu ono ya *winkwink*
--- --- Notes
Author silvestgreat
Posted On Thu Aug 11 11:28:35 EDT 2022
Score 1 as of Tue Aug 16 20:01:38 EDT 2022
Conversation Size 0
Body link
Short story : ya sama aja kyk islam, dosa/murtad masuk neraka.
Long story: (ini yg gw tangkap dari pemahaman gw selama bersekolah di sekolah kristen, dan jg beragama katolik fyi gw ga begitu relijius jg) mungkin kalo di islam yg spt km sebutkan kalau keluar dari agama tersebut auto neraka. Tp dalam kristen, keluar pun belum tentu masuk neraka, masih di dalam agama pun belum tentu jg masuk surga. Yg bisa menentukan hanya Tuhan sendiri, dan manusia hanya bisa berusaha. Perlu ditandai bahwa jika nabi muhammad mendirikan agama islam mungkin jadi masuk akal karena pengajaran tentang dosa atau tdknya berparameter apakah seseorang masih mengikuti ibadah agama tersebut atau tidak. Tapi dalam agama kristen ga pernah tuh disebutkan bahwa Yesus mendirikan agama kristen, malah rumornya didirikan oleh murid"nya yaitu petrus dan paulus. Itu mengapa dalam ajaran Yesus tidak pernah ada kata bahwa org yg meninggalkan agamanya akan masuk neraka. Tetapi lebih jika org tsb tdk percaya dan tidak mengamanatkan ajarannya maka org tersebut yg msk neraka. Jd lebih ke mengikuti ajaran dan faith itu sendiri melebihi embel" label agama. Karena toh agama kristen yg skrg dijamin sdh tidak mungkin semurni gereja mula" (dimana sdh berdiri ribuan thn lalu), dan kristen itu cabangnya banyak sekali (katolik, calvinist, lutheran ,reformist, karismatik, pantekosta, orthodox, dll) jd mau masuk yg mana bingung kan? Tp garis besar cmn satu yaitu ajaran Yesus yg diabadikan dalam biblical manuscript sebagai acuan, semua agama kristen mengikuti itu (except maybe for mormon, jehovah witness, etc).
--- --- Notes
Author hiktaka
Posted On Wed Aug 10 11:55:54 EDT 2022
Score 0 as of Tue Aug 16 20:01:38 EDT 2022
Conversation Size 0
Body link
I'll surely be sad, maybe crying if one of my children become an apostate, but I won't stop the Islamic government's capital punishment.
Rmeember, Ibrahim was gonna decapitate his own son by Allah's order, albeit it was cancelled.
The total obedience to Allah is what makes him a true muslim.
submitted by jw_mentions to jw_mentions [link] [comments]


2022.07.14 14:14 bxbb Penggugat Palsukan Tanda Tangan, MK: Cabut Permohonan atau Dilaporkan Polisi

Upaya enam mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Lampung untuk menguji konstitusionalitas Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara akhirnya kandas setelah dua kali sidang di Mahkamah Konstitusi. Mereka terpaksa menarik kembali atau mencabut permohonan karena persoalan pemalsuan tanda tangan.
Hal itu terungkap dalam sidang kedua uji materi UU IKN dalam perkara 66/PUU-XX/2022, Rabu (13/7/2022). Dalam sidang selama 14 menit tersebut, hakim konstitusi Arief Hidayat yang mempimpin persidangan mengejar ”kejujuran” lima mahasiswa yang menghadiri sidang secara virtual dari kota asalnya tersebut. Tiga di antaranya mengenakan jaket almamater universitasnya, dua lainnya mengenakan kemeja putih.
Di tangan hakim terdapat berkas permohonan yang oleh hakim Arief diterima oleh Kepaniteraan MK pada hari itu juga, Rabu pukul 03.10. ”Ada beberapa hal yang perlu saya minta konfirmasi. Saudara ini tanda tangannya tanda tangan betul atau tanda tangan palsu? Kalau kita lihat kayak gini, tanda tangan ini mencurigakan, bukan tanda tangan asli dari para pemohon,” kata Arief Hidayat.
Mendapat pertanyaan tersebut, salah satu pemohon uji materi, Hurriyah Ainaa Mardiyah, menjawab bahwa tanda tangan tersebut merupakan tanda tangan asli tetapi memakai tanda tangan digital.
Namun, Arief tidak percaya. ”Tapi tanda tangannya kok begini? Apa enggak ditandatangani satu orang ini? Kalau Anda dicek ini tanda tangan palsu, anu lo, ya, bisa dipersoalkan lho,” desak Arief.
Hurriyah tetap berkukuh menyatakan bahwa itu tanda tangan asli para pemohon hanya saja menggunakan tanda tangan digital.
Hakim konstitusi pun tak kurang akal. Kartu tanda penduduk para pemohon pun diminta untuk dicek. Ternyata, setelah dibandingkan antara tanda tangan yang ada di berkas permohonan dengan yang ada di KTP, keduanya berbeda.
”Gimana ini? Ini bisa dilaporkan ke polisi. Kena pidana lho. Ini bermain-main di instansi yang resmi? Ha? Beda semua antara KTP dengan di permohonan,” tegas Arief.
Arief kemudian meminta perbedaan tanda tangan tersebut ditayangkan didalam layar monitor yang ada di MK. Bahkan, tanda tangan tersebut di- zoom. Hasilnya memang betul-betul berbeda. Ini Anda sebagai mahasiswa kalau memang ini palsu, diakui palsu. Tapi kalau tidak, Anda bisa pertahankan. Dan nanti ini akan kita minta dicek di kepolisian, palsu atau tidak. Gimana? Siapa yang mau jawab, ” ujar Arief.
Arief melanjutkan, ”Anda Mahasiswa Fakultas Hukum, dalam urusan resmi di peradilan, tanda tangannya harus tanda tangan asli dan bisa dipertanggungjawabkan. Tapi ini setelah kita cek dengan kasatmata, sudah terlihat begini. Gimana ini pertanggungjawaban Saudara? Kok diam?”
Pemohon tetap berbelit-belit menjawab Arief. Disebutkan bahwa tanda tangan itu tanda tangan digital dengan menggunakan mouse dengan aplikasi Word. Namun, Arief menjawab bahwa dirinya pun menggunakan tanda tangan digital sehingga alasan yang dikemukakan pemohon tetap tidak dapat diterima. Sebab, justru dengan tanda tangan digital tanda tangan justru makin jelas.
Akhirnya pemohon menjawab bahwa dua tanda tangan tersebut memang palsu dalam arti ditandatangani orang lain. Namun, hal itu dilakukan berdasarkan kesepakatan dengan yang bersangkutan.
Hakim akhirnya menyarankan agar para mahasiswa mencabut permohonannya. ”Karena ada persoalan pemalsuan tanda tangan, dicabut dulu. Kemudian kalau Saudara akan mengajukan permohonan kembali, silakan mengajukan dengan tanda tangan yang asli. Atau yang memalsukan dan yang dipalsukan kita urus di kepolisian. Bagaimana? Saudara mau?” ujarnya.
Kelima mahasiswa itu juga pada akhirnya bersedia mencabut permohonan dan akan mengajukan permohonannya kembali. Arief berharap supaya para mahasiswa tersebut mengambil pelajaran bahwa ketika berhadapan dengan lembaga negara, pemalsuan tanda tangan tidak bisa ditolerir.
”Itu sesuatu yang tidak sepantasnya dilakukan oleh mahasiswa fakultas hukum karena itu merupakan pelanggaran hukum,” tegas Arief.
Untuk diketahui, para mahasiswa itu memohon agar Pasal 1 Ayat (2), Pasal 4 Ayat (2) Huruf b, Pasal 5 Ayat (4), Pasal 9 Ayat (1), Pasal 13 Ayat (1) UU IKN dibatalkan. Pasal 1 Ayat (2) misalnya mengatur tentang bentuk pemerintahan Ibu Kota Nusantara sebagai satuan pemerintahan yang bersifat khusus setingkat provinsi. Ketentuan itu dinilai bertentangan dengan Pasal 4 Ayat (2) Huruf b yang menyebutkan bahwa otorita ibu kota Nusantara sebagai lembaga setingkat kementerian. Pemohon menilai kedua ketentuan tersebut bertentangan sehingga menyebabkan ketidakpastian hukum.
Pertentangan dengan konstitusi juga dinilai ada pada Pasal 5 Ayat (4) UU IKN yang menyebutkan Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara merupakan kepala pemerintahan daerah yang berkedudukan setingkat menteri, yang ditunjuk, diangkat dan diberhentikan oleh Presiden setelah berkonsultasi dengan DPR. Hal ini dinilai bertentangan dengan Pasal 18 Ayat (4) UUD 1945 yang menyatakan, Gubernur, Bupati, dan Wali Kota sebagai kepala pemerintahan daerah provinsi, kabupaten, dan kota yang dipilih secara demokratis.
Pemalsuan tanda tangan barang kali merupakan suatu hal yang biasa dilakukan di kalangan masyarakat. Misalnya, pemalsuan tanda tangan pada daftar hadir suatu kegiatan. Hal yang paling umum dilakukan lainnya adalah pemalsuan tanda tangan orang tua oleh anak untuk tujuan atau kepentingan sekolah entah karena alasan orang tua sedang bepergian ke luar kota atau karena takut meminta izin ikut kegiatan.
Namun, apa sebenarnya tanda tangan itu dan apa fungsinya. Tanda tangan merupakan bukti autentifikasi atau verifikasi identitas seseorang yang menjadi salah satu bukti keaslian atau keabsahan adanya kesepakatan atau persetujuan pada suatu hal dalam sebuah dokumen yang dilakukan oleh kedua belah pihak atau lebih.
Dalam dunia yang mengalami sebuah transformasi menuju era digital, tanda tangan elektronik menjadi sebuah kebutuhan.
Bagaimana dengan pemalsuan tanda tangan? Pemalsuan tanda tangan termasuk dalam bentuk pemalsuan surat yang dapat dijerat dengan Pasal 263 ayat (1) Kitab Undang-undang Hukum Pidana. Pelaku pemalsuan tanda tangan dapat dijerat dengan pidana penjara enam tahun.
Namun, apakah semua pemalsuan tanda tangan bisa dipidana mengingat hal tersebut terkadang lazim dilakukan? Ada pendapat bahwa pemalsuan tanda tangan hanya bisa dipidana apabila yang dipalsukan adalah terkait surat-surat penerbitan hak, perjanjian (utang piutang, jual beli, sewa, dan sejenis), pembebasan utang (kuitansi, cek, dan lainnya), surat yang dapat digunakan sebagai keterangan atas suatu peristiwa (buku kas, surat tanda kelahiran, dan lainnya). Semua dokumen tersebut berkaitan dengan hak orang lain sehingga ketika dipalsukan dapat menimbulkan kerugian.
Lantas, apakah MK bisa melaporkan pemohon yang memalsukan tanda tangan ke pihak berwajib? Direktur Pusat Studi Hukum dan Konstitusi Indonesia yang juga pengajar di Fakultas Syariah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Wiwik Budi Wasito, mengungkapkan, MK bisa saja melaporkan pemalsuan tanda tangan tersebut. Alasannya, dianggap menghina pengadilan dan ada unsur penipuan.
Namun, ia berpandangan, ancaman hakim MK hendak melapor ke polisi sebenarnya sekadar menakut-nakuti para pemohon supaya lebih serius dalam membuat permohonan. Sebab, meskipun MK tidak dirugikan secara materiil dengan pemalsuan tanda tangan tersebut, tindakan itu lebih condong pada contempt of court.
”Menghina lembaga peradilan dan tidak sesuai prosedur atau ketentuan hukum acara, khususnya perihal tata cara pengajuan permohonan,” ungkapnya.
Jadi, sebaiknya jika berperkara ke pengadilan, persiapan harus dilakukan secara matang. Jangan sampai perkara terhenti karena alasan teknis administratif, seperti tidak sempat meminta tanda tangan pemohon sehingga terpaksa memalsukannya.
source: https://www.kompas.id/baca/polhuk/2022/07/14/penggugat-palsukan-tanda-tangan-mk-cabut-permohonan-atau-dilaporkan-polisi
submitted by bxbb to indonesia [link] [comments]


2022.07.13 15:50 Living-Pound-5559 PLAT TEKTONIK

Korang tahu tak bahawa dalam al-quran ada ayat tentang pergerakan plat tektonik ni.Buktinya ada dalam surah al-naml(semut) ayat 88 yang bermaksud:

"Dan engkau akan melihat gunung-ganang yang engkau menganggap tetap di tempatnya,padaha; ia berjalan seperti awan.(Itulah) ciptaan Allah yang maha mencipta dengan sempurna segala sesuatu.Sesungguhnya,Dia Maha Teliti dengan apa yang kamu lakukan."
Surah Al-Naml,Ayat 88.
Maha suci Allah yang telah menerangkan segala ilmu yang tidak kita ketahui.Sedangkan segala ilmu itu telah tertulis dalam kitab yang diturunkan 1400 tahun yang lalu.

kalau tak percaya,cuba cek sendiri.
submitted by Living-Pound-5559 to Ajar_Malaysia [link] [comments]


2022.07.02 13:06 slotpragmaticgacor Game Google Doodle Populer 2020 Indonesia (2022)

Game Google Doodle Populer 2020 Indonesia (2022)

Game Google Doodle Populer 2020 Indonesia
Game Google Doodle Populer 2020 Indonesia - Saat bicara berkenaan manfaat Google, apa yang pertama kalinya tebersit dalam benakmu? Apa kamu pikirkan peranan mbah Google sebagai mesin pencari - si mesin perayap yang bisa menjawab beberapa pertanyaanmu mengenai pekerjaan, memberi info tentang informasi terbaru, dan memberitahukan sekitar aktris favoritmu? Atau mungkin kamu terpikirkan berkenaan feature Google Terjemahkan yang bisa menolongmu pahami bahasa asing? Kemungkinan kamu sukai melancong hingga terpikir akan faedah yang diberi Google Maps.
Google memang populer dengan kekuatannya memberi info. Tetapi, tahukah kamu jika Google seringkali keluarkan beragam permainan orisinal?
Sebagai triknya rayakan sekian hari besar, team Google Doodle terlatih membuat beragam games bagus yang dapat dimainkan beberapa pemakai Google. Beberapa permainan dibikin untuk mempertajam otak, beberapa bisa dimainkan bersama rekan, dan cukup banyak juga permainan yang bisa jadi tempat menambahkan info. Google simpan beberapa permainan Google Doodle mereka agar bisa dijangkau pemakai Google kapan pun.
Ingin tahu dengan permainan-permainan itu? Yok, check enam permainan berikut!

1. Champion Island

Dikeluarkan di tahun 2021, Champion Island menjadi satu diantara permainan Google Doodle yang bertaraf besar. Kita memperoleh peranan jadi Lucky sang Kucing yang menelusuri Pulau Doodle Champion untuk kumpulkan tujuh gulungan suci.
Champion Island berlainan dengan permainan-permainan Google Doodle secara umum. Bila permainan yang lain cuma mempunyai satu tipe rintangan, games ini mempunyai tujuh. Kita akan disuruh untuk menaklukkan beragam musuh dalam permainan tenis meja, panahan, papan luncur, rugby, berenang, memanjat, dan lari di perlombaan maraton.
Seperti permainan penjelajahan di game yang lain, watak Lucky bisa bicara dengan beberapa tokoh yang lain dalam permainan dan menuntaskan beragam side quest. Kita juga bisa tergabung dengan team yang terdiri dari beberapa pemain luar negeri.
Bila kamu berminat untuk mainkan permainan Champion Island ini, hal yang penting kamu kerjakan hanya menulis "Doodle Champion Island Game" di penelusuran Google.

2. Scoville

Permainan yang ini dibikin untuk menghargai ulang tahun ke-151 Wilbur Scoville, orang yang pertama kalinya memutuskan ukuran kepedasan cabe atau lada. Bukunya yang dengan judul "The Art of Compounding" menjadi satu diantara literatur yang pertama kalinya mengatakan jika susu bisa hilangkan rasa pedas.
Karena itu, dalam permainan ini, kita berperanan sebagai es cream yang bekerja menantang beberapa jenis cabe. Kita harus menantang dengan memencet tombol ketika sebuah lingkaran ada pas di tengah bar.
Di antara permainan, kita akan memperoleh beberapa informasi singkat berkenaan cabe-cabai yang kita musuh, dimulai dari jalapeno, ghost pepper, sampai trinidad scorpion butch pepper.
Bila kamu ingin terhubung permainan ini, "Doodle Scoville Game" ialah kalimat yang penting kamu tulis di penelusuran Google.

3. Garden Gnome

Dikeluarkan pas pada peringatan Hari Taman atau Garden Day di Jerman, permainan ini direncanakan untuk rayakan garden gnome - patung kurcaci kecil yang menghias taman dan mainkan peranan besar pada riwayat Jerman.
Kita bekerja untuk mengeluarkan patung-patung kurcaci memakai ketapel atau trebuchet melewati taman sejauhnya. Kita bisa juga manfaatkan kontribusi awan dan kupu-kupu untuk jaga supaya kurcaci masih tetap terbang, kontribusi jamur untuk mengorbitkan kurcaci, dan kontribusi tangkai kayu untuk tembakkan kurcaci. Ada enam tipe kurcaci yang bisa kita tentukan.
Yok, tulis "Doodle Garden Gnome Game" untuk bermain dan taklukkan rekormu sendiri!

4. Lotería

Lotería adalah permainan multiplayer pertama kali yang dikeluarkan Google Doodle. Maknanya, permainan ini dapat kamu permainkan bersama seseorang, baik orang asing atau rekan sendiri.
Langkah permainannya nyaris serupa dengan permainan bingo. Kita akan hadapi dengan papan berisi 16 kartu. Computer akan mengatakan kartu secara random. Bila kita mempunyai kartu yang disebut, kita harus menempatkan kacang di kartu itu. Siapa saja yang lebih dulu sukses menempatkan kacang di atas kartu-kartu sesuai ketetapan, ia harus memencet tombol "¡lotería!" dan jadi juara.
Mengajak temanmu dan rasakan keasikan bermain permainan kartu tradisionil dari Mexico ini dengan menulis "Doodle Lotería Game".

5. Coding

Team Google Doodle membuat permainan Coding ini untuk rayakan programming atau coding untuk anak-anak. Dalam permainan ini, kita disuruh untuk menolong satu ekor kelinci memperoleh wortel-wortelnya dengan memberi serangkaian perintah seperti coding simpel.
Walau dibikin untuk rayakan coding anak-anak, permainan ini masih tetap melawan karena ada enam tingkat yang tingkat kesusahannya selalu semakin bertambah bersamaan bertambahnya tingkat. "Doodle Coding Game" ialah kata yang perlu kamu tulis saat ingin coba mainkan permainan ini.

6. Cricket

Piala International Cricket Council 2017 jadi ide dibikinnya permainan paling akhir ini. Pada games ini kita berperanan sebagai satu ekor jangkrik yang menantang team siput. Kita disuruh untuk memukul bola pas ketika waktunya dan kumpulkan point sebanyaknya, seperti saat sedang main permainan kriket simpel.
Untuk terhubung permainan ini, kamu cukup menulis "Doodle Cricket Game" di Google.
https://situsidnlive.com/ merupakan situs idn live casino, bisa anda akses dari android atau ios.
Tersebut beberapa permainan Google Doodle yang sampai saat ini dapat kamu akses dan permainkan. Yok, dicoba! Mana sebagai permainan favoritmu?
submitted by slotpragmaticgacor to u/slotpragmaticgacor [link] [comments]


http://swiebodzin.info