Ayam kampus

Ada mahasiswa universitas trisakti kampus A (grogol) tidak ya?

2024.06.03 12:12 Tatiairwinn Ada mahasiswa universitas trisakti kampus A (grogol) tidak ya?

Jujur lagi nyari mahasiswa usakti kampus a yang masih aktif krn mau nanya soal bubur ayam🥲 yes you read it right, bubur ayam. Jadi dulu dari 2008-2016 di deket gedung M ada bubur ayam kopma, tapi pas 2023 gue ke kampus lagi tuh, gedung gedungnya udah beda bgt bahkan si kopma yg di gedung M udah gak ada. Padahal bubur ayam situ tuh bubur ayam terenak yg gue pernah makan seumur idup sih (gak lebay, serius gue sering pindah kota dan udah nyobain banyak bubur ayam juga, tetep gue suka yg di situ. Manis dan gurihnya pas). Ada yang tau gak ya, tukang bubur ayamnya pindah ke mana?🥲 mau cari community yg khusus univ trisakti tapi gak ada. Cari di google pun gak ada. Temen temen gue sama kakak gue juga udah gak pernah balik ke kampus lagi. So, sorry ya jadi ada pertanyaan random di forum besar gini🥲🙏🏻
submitted by Tatiairwinn to indonesia [link] [comments]


2023.11.14 05:56 Darkieh35 This dude yesterday on lockdown farm started nading teammates and me for no reason at all in the first 5 minutes of the match and today I got some relief.

This dude yesterday on lockdown farm started nading teammates and me for no reason at all in the first 5 minutes of the match and today I got some relief. submitted by Darkieh35 to ArenaBreakoutGlobal [link] [comments]


2023.07.02 06:01 rClipsBot ayam kampus gemi

ayam kampus gemi submitted by rClipsBot to clips [link] [comments]


2023.06.22 06:08 Forgetful_Learner Seminggu Sebelum Ujian Tesis [Renungan Studi S1 - S2] [What's Next?]

Early warning: Tulisan ini panjang, subjektif dan mungkin tidak sesuai bagi sebagian orang. Gue berterima kasih bila rekan komodos bersedia membaca hingga akhir, dan lebih berterima kasih bila meninggalkan komentar yang baik.
Sesuai dengan judul, sebentar lagi gue sidang tesis. Doakan semoga sukses, ya!
Sembari memperbaiki sitasi, tata bahasa, dan tulisan pada slide presentasi, gue mulai overthink lagi. Biasa, sih, setelah hectic kerjaan, terus tiba-tiba santai, pikiran bisa terbang kemana-mana.
Apa yang gua pelajari dari S1 dan S2?
Kampus S2 gue bisa dikata jauh lebih besar dan jauh lebih "tinggi" dari kampus S1 gue, secara kualitas pengajaran, riset dan ukuran. Jujur, gue masuk kampus S2 gue yang sekarang, itu mau mengubur "tengik" kampus S1 gue. Waktu gue abis wisuda, gue overthink dengan akreditasi prodi dan kampus gue yang gak sesuai: kampus gue rated A untuk bidang agama, sains sama teknik nya jeblok. Tiap ditanya orang, "kamu lulusan mana?", "lulusan kampus F, mas", "loh, bukannya yang kuliah disitu jadi ustadz, ya? Ada prodi sains nya, ya?"
Pas awal-awal, teman-teman gue yang lulus kerjanya serabutan. Karena gak pernah ada bimbingan karir, jadi, ya, benar-benar belajar sendiri.
Pada tahap itu, gue baru lihat bener nya ucapan orang, "dunia kuliah dan kerja itu bukan yang paling pintar atau paling cepet hafal, dunia kuliah kerja itu yang paling ulet, yang paling tekun dan yang paling pinter ngomong dan nyari relasi." Temen-temen gue yang dulu Kalkulus aja ngulang tiga kali, gak ngerti cara pake class di JS, tapi benar-benar belajar, skg justru sudah kerja sama bule2 di startup-startup di Bali, skg gabung ke Thales jadi Junior Programmer, dan dapat penempatan di Singapur. Temen gue dulu yang terkatung-katung belajar Filsafat Islam, ngebut ambil Magister Manajemen lalu tembus ke Big Four Consultant. Gue inget dulu dia grit sama grindingnya luar biasa, senin-jumat kerja, jumat malem sama sabtu pagi kuliah, minggu main futsal.
Melihat hal seperti itu, gue belajar, sejelek-jelek akreditasi kampus, belajar di lingkungan universitas itu mengajarkan how to think, how to solve problem. Sisanya adalah grit sama grinding kita. Bukan ambis, tapi ketahanan dan fokus mengejar visi.
Memang akreditasi kampus itu membuka jalan, kalau rendah, artinya kita membuka jalan kita sendiri. Dan memang gak selalu berhasil. Ada yang gue lihat sudah grit sama grinding nya sudah segede gunung, tapi tidak sejauh yang lain. Mungkin ada peran privilege, termasuk penampilan, postur tubuh, orang yang ada di sekitar, tapi pada akhirnya dia sampai pada suatu titik, yang bila dia bersyukur dan merasa cukup, titik itu menjadi kesuksesan.
Temen gue ada yang ambis mau masuk Gojek, tapi karena entah keduluan sama orang dalam, atau punya penampilan kurang, atau memang skill speakingnya kurang, tidak bisa masuk (padahal mainannya LeetCode). Lalu dia "belok" mencoba hal lain, ternak ayam, yang dia sudah punya akses dari kampungnya butuh koordinator peternak ayam. Awalnya sepertinya tidak pas, tiap ditelpon ngeluh terus. Tapi sekarang, sudah punya peternakan yang besar, kerjasama dengan orang kampungnya. Dia bilang, ya pada akhirnya suatu titik dia merasa "cukup", dan merasa bersyukur, dan dia melihat, ternyata ya dia sukses juga, sejahtera juga. Meskipun ada waktu-waktu dia kelaparan, uang nyaris habis, tapi ya entah dari mana ada saja, ada yang kebetulan berbaik hati.
Dia bilang, ya dia berusaha dimanapun menjadi "orang yang baik", entah kenapa dia merasa "wa yarzuquhu min haytsu la yahtasib" mendapat rejeki halal entah darimana datangnya.
Ilmunya? Kepake, dia ngatur keuangan, sampai ngatur jadwal ayam itu keluar, arus air pembersihan kotoran, kapan harus dibuka, kapan harus ditutup, manajemen ventilasi supaya bau kotoran tidak menguar kemana-mana. Dari cara dia cerita tentang bau kotoran yang dulu dia keluhkan saja kelihatan: abstraction, decomposition, pattern recognition dan algorithmic thinking.
Ketika gue S2 di kampus yang bisa dikata top. Ternyata ya gak se wah yang gue pikir. SPP mahal, naik terus tiap tahun, rektornya bermasalah. Yang wah bagi gue bertemu dengan orang-orang yang kompeten di bidangnya, tau cara menelusuri bidang ilmu sendiri, dan mencari celah-celah untuk pengembangan pertanyaan ilmiah.
S2 bukan mengulangi materi belajar S1, tapi untuk belajar bagaimana melakukan riset mandiri, yang mensyaratkan penguasaan dasar ilmu S1.
Ketika gue coba sit-in di kelas S1 dengan niat belajar lagi, ternyata gue juga gabisa ngikuti, karena metode ajar di kampus S2 gue dirancang untuk otak-otak yang memang kuat masuk situ, yang skor SNBT nya diatas 600. Bisa aja gue terus, tapi grit dan grinding gue gak sehebat itu.
Di penghujung kuliah S2 ini kembali gue merasa tidak nyaman, cemas dan nyaris-nyaris depresi untuk menghadapi dunia kerja. Gue masih mencoba grinding membangun portfolio, ikut kursus sana sini. Doakan saja masih kuat menjalani hidup.
Semoga anda semua diberikan kekuatan untuk menghadapi kesulitan dan tantangan hidup 🙏
submitted by Forgetful_Learner to indonesia [link] [comments]


2023.04.17 09:38 Hntrz63 Field Report Buka Bersama r/indonesia at Bandung: April 17th, 2023

Maaf sebelumnya kalau FR nya agak lama ya waktunya. Males bikinnya hehe.

Karena aku dan u/Martian_Catnip melihat antusisasmenya dari acara Bukber yang di Jakarta, sehingga kita tuh langsung ngobrol untuk bikin yang bagian Bandung juga. Karena sepertinya kita berdua juga ga lagi banyak ide untuk spot tempat bukbernya sehingga kita sepakat buat ngadainnay di spot Meetup Bandung pada november lalu.

D-DAY

Pada waktu jam 5 pas sesuai dengan waktu yang sudah ditentuin. Aku udh stay ditempat dimana kita kumpul. u/aliffattah (panggil aja ali) udh mulai nanyain nih dimana posisi tempat Bukbernya. Aku langsung fotoin dimana tempatnya di DCT dan juga di post Bukbernya. Yang datang duluan tapi itu redditor yang bernama Irul (dari dianya tidak memberi usernamenya siapa) dan juga temennya Irul (ga kasih usernamenya juga). Kemudian yang datang selanjutnya ada Ali dan kemudian kita mulai ngobrol small talk aja mengenai background kita masing-masing, kan namanya juga kita bertiga (temennya Irul lagi asik main HP) kan baru ketemu pada waktu itu. Kemudian u/madcat7mayhem juga dateng yang ikut meramaikan perbincangan kita.
Selanjutnya ada u/farhanw datang. Setelah melihat ko udh mau menjelang waktu buka, yang lain selain aku mulai mencari makan/minuman untuk mereka berbuka. Untuk mempersingkat FRnya dan jgua udh mulai lupa kita kemarin bahas apa aja, langsung kulist aja siapa aja yang dateng dari yang kuingat ya :)
And i think that's it! Terimakasih buat semuanya yang udh bantu kasih saran untuk post Bukber ini, bantu ngerencanain dan share Bukber kali ini, dan pastinya yang sudah nyempetin hadirr. Untuk yang lain yang ingin ikut acara sperti ini di Bandung ayo aja ikut atau buat aja acara kalian sendirii. Pasti banyak anggota di subreddit ini yang bakal bantu kalian kok! Cheers and happy Eid Mubarak for those who celebrate it!
submitted by Hntrz63 to indonesia [link] [comments]


2023.02.18 11:24 Substantial-Walk8875 Yandex.Com Id Videos Ayam Kampus Viral Bareng Pak Dosen

Yandex.Com Id Videos Ayam Kampus Viral Bareng Pak Dosen submitted by Substantial-Walk8875 to u/Substantial-Walk8875 [link] [comments]


2022.06.12 10:14 slotonlinebankbpd Lanjutan Fakta Fakta Unik Ayam Aduan Bangkok

Lanjutan Fakta Fakta Unik Ayam Aduan Bangkok


Lanjutan Fakta Fakta Unik Ayam Aduan Bangkok – Dengan kesempatan kali ini kami dari pemain ayam akan memberikan informasi tentang beberapa hal. Beberapa hal yang bisa berguna untuk para sobat pemain ayam ketahui untuk ayam aduan bangkok kesayangan nya. Banyak hal dari ayam aduan bangkok yang masih belum kita ketahui sebagai para sobat pemain ayam. Pada kesempatan kali ini kami dari pemain ayam akan memberikan fakta fakta unik dari ayam aduan bangkok.
Lanjutan Fakta Unik Ayam Bangkok. Banyak nya fakta tentang sabung ayam bangkok yang selain di gunakan untuk aduan di dunia sabung ayam. Ayam Bangkok juga mempunyai keunikan yang perlu untuk kita ketahui dan kita kaji. Pada artikel kali ini akan membahas beberapa fakta unik yang ada pada ayam terutama ayam aduan. Kenapa beberapa dari fakta unik pada ayam bangkok karena hal tersebut sudah mewakili. Sebagian besar dari seluruh keunikan ayam bangkok terutama yang untuk aduan di dunia sabung ayam.
Baca Juga : Fakta Fakta Unik Ayam Aduan Bangkok
Lanjutan Fakta Fakta Unik Ayam Bangkok
  1. Ayam Aduan Bangkok Memiliki Kaki yang Sangat Kuat Coba kita perhatikan bahwa kaki ayam sangat kecil di bandingkan dengan postur tubuhnya yang sangat besar. Namun begitu kaki ayam itu mampu menahan beban bahkan pada ayam bangkok bisa menahan. Serta menggunakan kaki sebagai senjata utama untuk menghancurkan lawannya.
  2. Seringnya Kata Kata Ayam Di Kaitkan Dengan suatu Yang Negative Seperti ayam kampus yang tulisannya mirip dengan kaki atau ceker ayam yang bahkan ada yang bilang muka kita mirip dengan ayam berarti kan artinya sangat jelek
  3. Membuat Para Ilmuan Menjadi Bingung Perlunya kita untuk mengetahui para pembaca semua bahwa sampai saat ini para ilmwan sangat bingung yang karena sampai saat ini mereka pada kebingungan dengan lebih duluan mana antara telur sama ayam.
  4. Ayam Aduan Bangkok Di Percaya Dapat Melakukan Hipnotis Mungkin para pembaca menganggap bahwa ayam tidak bisa di hipnotis! Anggapan ini sangat di kelirukan. Berikut adalah cara untuk menghipnotis ayam. * Dengan cara memegang kepala ayam lalu member garis lurus pada paru ayam hingga ke kepala, ayam akan tidur dan tidak bergerak kurang lebih lima belas menit. * Dengan member bawang merah pada hidung ayam, maka ayam akan seperti mati dan tidak akan bergerak dan cara ini biasanya di gunakan untuk memegang ayam pada ayam yang sulit untuk di tangkap.
  5. Ayam Aduan Bangkok Suka Mandi Pasir Seperti sama hal nya terhadap manusia pada umumnya di mana ayam juga akan membersihkan badan, namun cara untuk membersihkannya lain tidak sama dengan halnya manusia. Ayam akan mandi di pasir atau tanah yang biasa di sebut dengan kipu oleh orang jawa. Kipu di lakukan untuk melemaskan otot yang menghilangkan kutu di bulu dan juga untuk mendinginkan suhu tubuh.
Demikian lah informasi yang dapat kami pemain ayam berikan tentang Lanjutan Fakta Fakta Unik Ayam Aduan Bangkok. Semoga dengan informasi yang kami berikan dapat bermanfaat bagi para sobat pemain ayam. Terimakasih.
submitted by slotonlinebankbpd to u/slotonlinebankbpd [link] [comments]


2022.01.04 06:08 ivancandra13 KKN UNTAG: PENGEMBANGAN UKM YANG TERDAMPAK COVID-19 MELALUI PRODUK DAN PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL PADA USAHA LUMPIA AYAM DI DUKUH BULAK BANTENG SEKOLAHAN RT/RW. 04/06, KECAMATAN. KENJERAN, SURABAYA

KKN UNTAG: PENGEMBANGAN UKM YANG TERDAMPAK COVID-19 MELALUI PRODUK DAN PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL PADA USAHA LUMPIA AYAM DI DUKUH BULAK BANTENG SEKOLAHAN RT/RW. 04/06, KECAMATAN. KENJERAN, SURABAYA

https://preview.redd.it/8ygb5nj8nl981.png?width=341&format=png&auto=webp&s=838d3725afb40ddf2638f0c7a447b905ca48b33e
Pada masa pandemi seperti ini tentunya harus banyak-banyak berada di rumah dan menerapkan protokol kesehatan, hal ini tentu saja membuat para UKM menjadi sulit dalam mengembangkan usahanya karena nyatanya masih banyak UMKM yang bergantung pada berjualan secara langsung baik itu di pasar maupun berkeliling, hal itu yang membuat pendapatan dari UKM lumpia ayam ini menjadi menurun. Seperti yang di alami oleh UKM lumpia ayam Bu ety ini, Bu ety adalah seorang ibu rumah tangga yang berada di dukuh bulak banteng sekolahan, surabaya. Bu ety memulai usahanya sejak 2015 sampai sekarang. Selama ini dalam memasarkan jajanannya Bu ety hanya mengandalkan berjualan secara langsung seperti berkeliling dipasar, menawarkan ke toko-toko, dan menawarkannya di tetangga sekitar saja. Selain memiliki resiko yang besar dalam penyebaran virus Covid-19 atau corona beliau juga mengalami penurunan pemasukan akibat pembatasan jarak ini.
Diharapkan UKM dapat mengembangkan pasarnya menjadi jauh lebi luas dan bisa membantu peningkatan pendapatan dimasa pandemi ini. Dalam pelaksanaan pendampingan UKM ini dilaksanakan kurang lebih 12 hari terhitung mulai dari 10 desember sampai dengan 23 desember 2021. Program pelaksanaan ini dilakukan 12 hari sekali karena menyesuaikan dengan jadwal dari pihak UKM sendiri.
Materi yang diberikan kepada pelaku UKM disampaikan seringkas-ringkasnya sehingga UKM dapat dengan mudah mengerti dan memahami serta mampu mengaplikasikan secara langsung dengan apa yang telah di ajarkan.
Pelaku UKM diberikan pelatihan terkait memanfaatkan media sosial sebagai peluang usaha dan sebagai media pemasaran untuk produk mereka. Tidak hanya itu pelaku UKM juga dilatih untuk bagaimana memaksimalkan media sosial dalam pengembangan bisnis.
Dalam pengembangan UMKM di mulai dengan pembuatan desain logo yang sebelumnya belum ada logo sendiri sangat penting karena logo adalah identitas ataupun penanda dari UKM agar bisa dibedakan dan mudah dikenali oleh konsumen, setelah itu dilanjutkan dengan pembuatan desain stiker, poster, dan desain packaging. Bukan hanya itu saja, juga melakukan hunting produk dengan menggunakan mini studio yang di buat sendiri yang berguna sebagai bahan untuk posting di media sosial dan juga agar produk terlihat lebih menarik sehingga dapat bersaing dengan UKM diluar sana.
Setelah pembuatan materi untuk posting di media sosial dilanjutkan dengan pembuatan akun Instagram bisnis sebagai pengembangan UMKM dan untuk memperluas pasar. Dalam menarik konsumen dilakukanya penataan feed Instagram yang unik dan menarik dengan meadukan warna tone yang seragam pada postingan sehingga konsumen betah berlama-lama dalam akun tersebut, juga ditambahkanya beberapa informasi sehingga memudahkan konsumen dalam mencari tau baik itu tentang harga maupun menu yang tersedia.
Pendampingan pada UKM yang dilakukan mendapatkan respon positif dari pelaku UKM. Bu ety selaku pemilik UKM merasa sangat terbantu dengan adanya mahasiswa dari Universitas 17 agustus 1945 mau mengajarkan bagaimana memanfaatkan media sosial UKM miliknya.
“Saya merasa sangat terbantu dengan adanya program yang di ajarkan, menurut saya program tersebut membantu mempermudah saya dalam memasarkan produk yang saya punya. Dalam penjelasannya tidak hanya memberikan teori saja tetapi juga memberikan contoh secara langsung sehingga saya dengan mudah memahami apa itu media sosial,” ujar Bu ety.
#KitaUntagSurabaya #UntukIndonesia #UntagSurabayaKeren #Ecocampus #KampusKompeten
submitted by ivancandra13 to u/ivancandra13 [link] [comments]


2021.11.07 13:09 sumpitsehat R4R & Online PDKT: How and How Not to Approach Strangers Online

[December Update] Ada 7 poin baru dan tambahan poin-poin kecil yg di-enclose dengan [+]...[/+]. Ada glossary dan tambahan contoh percakapan juga. Karena jadi kepanjangan gw bagi jadi 2 thread.
Long thread, tapi setiap bagian ada TLDRnya. Thread kedua bisa dibaca di sini: R4R & PDKT: How and How Not to Approach Strangers Online/IRL [UPDATED/PART 2]
Hola! 5 Nov kemarin mod IndoR4R kita, u/wolfaragon dan u/amosinia, hapus account bersamaan. Ga tau u/wolfaragon kenapa, tapi terakhir u/amosinia sempet bilang beberapa orang emang ga bisa “take the hint” dan malah di-spam chat orangnya. Entah seller RG atau cowok ngegebet.
Ada beberapa (cewek) yg cerita ke gw pengalaman ga enak juga di IndoR4R. Solusi gampangnya adalah tinggal ban. Tapi menurut gw ini ga menyeselaikan karena kemungkinan orangnya ga tau salahnya di mana. Kalo tau caranya ngaco, ga mungkin dilakuin kan? Ya kecuali emang ngetroll… percuma dibahas.
[+] IndoR4R juga udah ga ada modnya, jadi ga bisa ban siapa-siapa di sana. ¯\_(ツ)_/¯ [/+]
Jadi… thread ini bertujuan untuk sharing sesama komodos tips PDKT dengan baik dan jitu. Gw juga ga jago-jago amat kok jadi arah diskusinya bisa ke sama-sama belajar. Oh karena gw cowok straight dan kebanyakan redditors di sini juga cowok straight dan korban harassment kebanyakan cewek, mungkin fokusnya ke arah gimana cowok bisa deketin cewek dengan benar dan ga creepy.
[+] Meskipun judulnya "Online PDKT", gw banyak tambahan jadi lebih umum, ga cuma online doang. Selain itu, gw rasa advicenya juga bisa dibaca perempuan. [/+]
IMPORTANT: Do not name and shame anyone. This is also not the place to talk about u/wolfaragon and u/amosinia. My writing is based on my personal experiences. What works for me may not necessarily work for you. I am NOT responsible for your dating life.
---

[+] Glossary [/+]

1.Chemistry: cuocok. Nyambung sama orang pas ngobrol atau lakuin aktifitas bersama.
  1. Gaslighting: memanipulasi, mengubah fakta agar orang lain menyalahi diri sendiri dan mempertanyakan sanity mereka. Contoh: "Kok gitu aja marah? Perempuan seharusnya ga boleh marah. Gila ya" padahal emang patut marah dan ga ada hubungannya sama gender.
  2. Gebetan: orang yg kalian "attracted to" dan deketin. Baca thread ini untuk perspektif lain.
  3. Ghosting: putusnya komunikasi secara mendadak. Chat tiba-tiba ga dibales, telpon ga diangkat, sosmednya ilang (artinya dia ngeblock). Banyak yg salah sangka kalo ghosting itu artinya chat yg perlahan mati. Kalo ini emang ga ada chemistry aja, emang chatnya kalo mau diterusin juga ga bakal nyambung.
  4. Harassment: artinya sih pelecehan, tapi biar gampang anggap aja hal yg bikin orang lain ga nyaman. Ga cuma berupa foto titit tanpa diminta ya. Banyak hal-hal yg orang suka ga sadar bikin ga nyaman. Contoh: maksa chat harus selalu dibales, maksa buat tau sexual history, menghina personal life atau passion, dst.
  5. Love Language: cara mengekspresikan rasa sayang. Tiap orang beda. Ada 5 jenis: words of affirmation (cth: kasih pujian), quality time (cth: nonton bareng), giving gifts (cth: kasih boneka), acts of service (cth: bikinin sarapan), dan physical touch (cth: pelukan).
  6. Red Flag: hal yg ga bisa ditoleransi dalam memilih pasangan. Tiap orang beda-beda. Contoh: ga bisa terima cewek ngambekan atau merokok. Bisa liat thread ini dan ini buat contoh lain. Cari pasangan ga perlu yg sempurna kok. Cari yg kelemahannya bisa diterima dan toleransi. Selain itu, perbaiki diri agar tidak memberikan red flag terhadap gebetan.
---

TLDR

PART 1: THE BASICS
1.Two Fundamental Rules: Sebelum ngapa-ngapain, pikirin dulu kalo hal yg sama terjadi sama kalian atau nyokap/saudara perempuan kalian.
  1. Why PDKT? Ask yourself if you really need a girlfriend. Having one is not the solution to your life problems.
  2. The Logic Behind Attraction and PDKT: Stop chasing girls. Invest in yourself.
PART 2: SELF-IMPROVEMENT
  1. How to Make Yourself (More) Interesting: Dalami passion tapi jangan sampe hidup berputar di sana aja. Miliki tujuan hidup.
  2. Building Confidence and Overcoming Insecurities: Ubah apa yg bisa diubah dari skincare, olahraga, pakaian, hygiene, keahlian, circle dll. Don’t pity yourself. Perlu proses. Jangan overconfident.
  3. Building Social Skills: Latihan sama stranger yg harus berinteraksi sama kita. Gunakan terima kasih, tolong, dan maaf. Bisa ikut organisasi atau volunteering.
PART 3: THE PROCESS
  1. Where to Begin: Coba di IRL, dating apps/IndoR4R, atau social media. Jangan cepet baper atau berkspektasi berlebihan. Filter sesuai interest dan gaya komunikasi.
  2. Texting and Communication 101: Cari common interests atau values, yg sopan, jangan kaku, hargai personal space.
  3. Progression and Asking Her Out: Nyaman komunikasi -> ajak keluar (perhatikan red flags) -> tunjukkan sisi romantis. Jangan diburu-buru.
  4. The Confession: Confess cuma kalo udah bisa terima nilai dan latar belakang masing-masing dan yakin dia nyaman juga. Confess pas ketemuan dan jangan berbelit-belit.
---

PART 1: THE BASICS

1. Two Fundamental Rules

i. The Self Litmus Test
Sebenernya ngertiin cewek itu ga susah, sama-sama manusia kok. Apa yg bikin kita nyaman atau bahagia, kemungkinan juga bikin mereka begitu. Apa yg bikin kita sedih, gelisah, atau kesel, kemungkinan bikin mereka begitu juga. Contoh: kesel ga kalo ada temen chat terus-terusan
p
p
bro mabar buruan
bales dong, buruan lama
padahal lagi sibuk? Kalo kesel, ya simpelnya cewek juga kesel kalo dispam terus apalagi udah disuruh stop.
Intinya perlakuin cewek siapapun sewajarnya kayak kalian memperlakukan manusia. Ga perlu overthink atau try too hard cuma buat impress perempuan. Mereka bukan makhluk ajaib.
ii. The MotheSister Litmus Test
Bayangin tiba-tiba ada stranger DM ibu atau adik/kakak perempuan kamu. Dia send foto kontol terus chat “syG jilaT donG kntL aQ,, snge nicHH”. Kalo lu pengen tonjok tu orang, berarti lo juga berhak ditonjok kalo ngelakuin hal yg sama. [+] Kecuali... sengaja harass perempuan karena lo ada dendam sama nyokap atau saudara perempuan. Go fuck yourself. [/+]
TLDR: Sebelum ngapa-ngapain, pikirin dulu kalo hal yg sama terjadi sama kalian atau nyokap/saudara perempuan kalian.

2. Why PDKT?

Kesepian? Butuh temen curhat? Apapun itu, jangan berharap kalo si cewek atau berada di relationship bisa jadi solusinya. She is not your psychologist. Kalo mental health bermasalah, cari psikolog beneran.
Kesepian itu ga enak banget. Gw kadang kesepian juga (sad). Tapi mending alihin energinya ke hal yg lain. Lakuin hobi, coba nolong orang, atau ngobrol di DCT minimal. Kalo cari cewek cuma gara-gara kesepian, you will end up feeling lonelier because she may not always reciprocate.
Jangan cari cewek karena pressure dari temen atau ortu atau karena udah umurnya. Ga akan bahagia. Being single in your 20s? In your 30s? Still a virgin? It’s okay, you are not a mistake. Mending ketemu telat daripada buang waktu di hubungan yg dipaksakan. Gunakan waktu single untuk self-exploration dan improvement.
Terakhir, jangan cari cewek cuma karena sange. Mending coli, open BO, atau cari yg sama-sama mau ONS/FWB. Harus jelas ekspektasinya di awal.
Terus ngapain deketin orang? Ya buat kenal lebih deket. Entah jadi pacar atau mental health membaik, semuanya bonus.
[+] Iya emang end game-nya buat punya pacar. Ga salah kok. Tapi akhirnya dapet pacar atau engga itu di luar kontrol kita. Kalo misalkan deket sama perempuan terus udah cepet-cepet baper dan mikirin masa depan bersama, you are just making yourself vulnerable. Gw lebih setuju mindsetnya buat kenal lebih deket, sekalian liat ini orang beneran pantes atau engga. Jangan berekspektasi berlebihan. [/+]
TLDR: Ask yourself if you really need a girlfriend. Having one is not the solution to your life problems.

3. [+] The Logic Behind Attraction and PDKT [/+]

Kalo ditanya, apa yg bikin kita naksir orang lain? Kemungkinan kita maunya yg semok, good looking, asik, atau nyambung kan? Ya... cewek juga begitu.
Banyak cowok yg asal deketin orang tanpa persiapan, tanpa meng-upgrade diri sendiri dulu jadi menarik. Banyak yg siklus PDKTnya tuh: tertarik -> keburu baper -> coba deketin -> ternyata ga cukup menarik buat doi -> sad ending -> repeat. The bitter truth is... your texts and presence are never enough. 2 hal itu bisa dikasih semua orang jadi ga spesial.
Mungkin di luar sana ada success story cowok ngejar-ngejar cewek bertahun-tahun (sampe ada yg 5 tahun?!?), sampe akhirnya si cewek mau. Gw pribadi ga nyaranin ngejar-ngejar kayak begini. Selain buang waktu, failure ratenya juga tinggi (contoh: ngejar-ngejar 2 tahun tapi tiba-tiba doi ketemu yg lebih mapan dan menarik. Sebulan kenalan langsung pacaran mereka 🤡). Ada kemungkinan kalo si cewek juga mau karena kasian.
Gimana kalo patternnya diubah? Jadi menarik -> coba ramah ke semua orang -> akan sendirinya attract orang yg sefrekuensi/cocok -> profit. Selain itu, kita jadi lebih punya decision-making power. Entah mau beneran serius sama orang ini kalo cocok, atau malah ngefriendzone dia kalo ternyata ga cocok. (hehehehe)
Masa PDKT itu bukan buat ngejar-ngejar satu arah. PDKT itu harusnya dua arah. Cinta kalian harus diperjuangkan doi juga, jangan dikasih cuma-cuma. Kalo emang ada chemistrynya, bakal lama-lama saling deket sendiri kok. Kalo responsnya ga positif (bales chat lama, ga pernah mau diajak ketemuan), ya berarti dia ga tertarik. Solusinya adalah buat diri kita menarik, bukan malah ngejar terus-terusan (selebihnya di Poin 4, 5, dan 6.)
[NOTE: jadi menarik bukan berarti jadi "THE" Alpha/Sigma Male whatsoever in the room ya. Ga mesti jadi yg paling ganteng atau yg paling populer. Yg penting ada effort buat diri sendiri. Upgrade untuk diri sendiri, bukan untuk orang lain.]
TLDR: Stop chasing girls. Invest in yourself.

PART 2: SELF-IMPROVEMENT

4. How to Make Yourself (More) Interesting

Kalo di dunia kerja ada yg namanya T-shaped skills. Garis vertikal di ‘T’ berarti seberapa dalam kita menguasai suatu bidang. Garis horizontal berarti seberapa fleksibel kita dengan bidang-bidang di luar spesialisasi kita.
Di dunia percintaan juga. Jadilah seseorang yg mendalami passion tertentu (garis vertikal). Akan terlihat menarik kalo punya passion yg jelas. Suka gambar? Suka nyanyi? Suka masak? Tekunin. Itu selling point dan sesuatu yg bisa di‘pamerin’ ke gebetan. [+] 'Pamer' maksudnya bukan songong ya.
Contoh yg salah: "eh liat gw masak Pasticcio alla Ferrarese with Balinese Sambal Matah, lo pasti ga bisa. JaMaN sEkArAnG cEwEk eMaNg GaK BiSa MaSak."
Contoh yg benar: "eh liat deh gw tadi coba-coba bikin ayam geprek. Kapan-kapan lo harus cobain deh. WKWKWK." Ini bisa membuka topik. Bisa juga jadi alasan untuk ketemuan.
[NOTE: passion ga cuma minat atau hobi ya. Nilai-nilai pribadi juga. Contoh: pandangan terhadap kesetaraan gender, konsep ketuhanan, dll. Tapi inget, ga semua orang akan terima values kalian.] [/+]
Di saat yg sama, jangan sampe kepribadian kita cuma 1 dimensi (perlu garis horizontal juga). Ketemu cewek yg 24/7 cuma ngomongin oppa favoritnya bikin capek kan? Sama. Boleh jadi wibu yg knowledgeable, tapi ga setiap hal harus di-Jepang-Jepang-in dan ga setiap saat harus manggil diri sendiri dengan ‘watashi’. Bakal bikin bosen. “Tapi kalo ketemu sesama wibu ekstrimis gimana?Kemungkinan bakal bosen juga karena sama-sama ga ada variasi. Sesuai huruf T, minimal ngerti dikit-dikitlah tentang recent news, tempat travel bagus, life skills, dll jadi diajak ngobrol hal lain tetep nyambung.
[+] Selain konsep huruf T ini, miliki juga tujuan hidup yg jelas dalam karir atau aspirasi. Kalo mau attract perempuan yg mencari long-term companionship, harus meyakinkan doi dulu kalo sama kalian bisa bikin secure dan ada kepastian. Tapi ga mesti jadi super ambisius juga kok. Seimbang aja. [/+]
TLDR: Dalami passion tapi jangan sampe hidup berputar di sana aja. Miliki tujuan hidup.

5. Building Confidence and Overcoming Insecurities

Confidence itu penting agar bisa menjadi menarik dan membawa percakapan. [+] Confident men (and women) are hella attractive. Cowok insecure akan mendatangkan perempuan insecure juga, yang akan berujung ke hubungan yg toxic karena sama-sama akan menghambat pertumbuhan partnernya. My partner shouldn't be better than me because I would feel insecure and less worthy. [/+]
Yes, looks matter and beauty privilege exists. Yup, muka kalian ga bisa tiba-tiba jadi seganteng u/TheBlazingPhoenix. TAPI selalu ada hal yg bisa diubah supaya rasa insecurenya berkurang. Liat ke cermin. Kalo merasa jelek, kemungkinan cuma fitur-fitur tertentu yg bikin jelek. Ga semua yg ada di diri kamu jelek.
Pahami apa yg bisa diubah dan apa yg ga bisa. Tinggi kalian mungkin berhenti di 170cm, tapi kalian selalu bisa ilangin skinny fat dan bentuk sixpack. Sebagian perubahan emang perlu waktu yg lama tapi bukan berarti mustahil. Contoh: bebas jerawat (harus rutin skincare, proper diet, sleep, dll), atau proper body physique (harus rutin olahraga, diet, rest). Ke progresspics buat liat kalo ganteng itu bisa dibentuk.
Dress up dan smile. Baju ga perlu mahal-mahal yg penting ga kekecilan atau kegedean. Kaos putih, jeans, jaket denim juga oke asal pas. (Katanya kalo kekurusan pake baju oversized aja(?) Gw ga ngerti deh rumusnya gimana tapi begitulah.) Rambut kepala dan facial hair trim yg rapi. Wangi dan bersih jangan lupa. [+] Senyum juga bisa tebar aura positif dan naikin mood. [/+]
Cari olahraga yg disukai. Ga cuma ngegym kok. Olahraga bikin mood bagus, yg berarti bikin PD. Menjadi confident karena prosesnya bukan karena hasilnya (karena ga instan).
Build expertise. Berkaitan dengan Poin sebelumnya, kalo kita punya keahlian atau minat khusus, kita juga akan lebih PD karena hal itu jadi nilai plus kita. Paling engga, ga akan insecure saat ngomongin hal yang kita kuasai. Banyak baca buku juga biar wawasannya luas.
[+] Keluar dari circle atau sosmed yg toxic. Kalo misalkan sekeliling kita cuma sombongin keberhasilan dan menjatuhkan kita, mending jauhi. Jangan takut FOMO atau sendiri apalagi demi kebahagiaan pribadi. Belajar untuk nyaman dalam kesendirian. [/+]
Don’t pity yourself. Know your worth. Jangan selalu tebar aura negatif atau kekuarangan kalian apalagi ke orang yg kalian suka. Secara implisit kalian bilang “ini loh... 1000 reasons why you SHOULDN'T date me”. [+] Selain bikin ilfeel (coba liat top comment di sini), apa yg kalian katakan akan tercermin ke sikap dan perilaku kalian. Ga mungkin bisa confident kalo enggak act that way. Fokus ke kelebihan. [/+]
Yang terpenting, ingat semuanya perlu proses. Ubah penampilan dan gaya hidup itu ga instan. Semua dimulai dari hal kecil. Ga biasa olahraga? 1 push up pas bangun tidur udah lebih baik daripada engga sama sekali. Ga perlu juga mencoba semua hal di atas secara bersamaan. 1-1. Misalkan bulan ini mau fokus perbaikin gaya berpenampilan, yaudah itu dulu. Bulan depannya bisa fokus olahraga.
[+] Percaya diri dan menarik itu go hand-in-hand. Bisa memperganteng diri terus lebih percaya diri lalu menjadi menarik. Bisa juga gara-gara percaya diri jadi lebih menarik.
Yg penting inget, jangan overconfident. Aware sama kemampuan dan batas masing-masing. Kalo misalkan ga ngerti Konsep A, jangan sok-sok jelasin cuma buat impress gebetan. Jangan juga kebanyakan pamer.
Selain buat PDKT, punya rasa percaya diri banyak manfaatnya kok. Mood jadi bagus, lebih berani speak up kalo ada hal yg bikin ga nyaman, dst. PENTING: Jadilah confident untuk diri sendiri, BUKAN untuk gebetan.
[NOTE: Di sini gw ngomongin bangun confidence secara umum ya. Kalo misalkan ada masalah psikologis tertentu yg mengakibatkan perpetually low self-esteem, berarti solusinya ke psikolog.] [/+]
TLDR: Ubah apa yg bisa diubah dari skincare, olahraga, pakaian, hygiene, keahlian, circle dll. Don’t pity yourself. Perlu proses. Jangan overconfident.
Further readings:

6. [+] Building Social Skills [/+]

Tujuannya adalah agar gimana kita bisa membawa percakapan dan ga menjadi boring. Saran gw sih coba latihan berinteraksi sama stranger (terutama lawan jenis) yg harus berinteraksi sama kita. Contohnya waitress, mbak-mbak warteg, mbak-mbak ojol, dll.
Cara ini tuh low return tapi low risk juga. Low return karena ga akan tiba-tiba kenalan terus nikah minggu depan. Ya cukup untuk latihan aja. Low risk karena kalo misalkan gagal atau awkward, ya ga usah ke sana lagi. Contoh gampang bisa muji masakan mbak-mbak warteg, "Eh kak/mbak/teh, enak nih ayam gorengnya saya suka. Hehehe." Apapun la terserah. Kalo ga suka long conversation, 1-2 kalimat aja cukup kok. Semakin lama bisa perpanjang percakapannya kalo kalian nyaman.
Manfaatnya agar merasa lebih PD, ga awkward, dan lebih nyaman sama perempuan. Kalo terbiasa ngomongin hal mundane kayak begitu, bisa bawa percakapan sama gebetan dengan lancar juga. Terakhir, biar ga gampang baper karena udah biasa ngobrol sama perempuan, jadi dibaikin sedikit sama perempuan ga bikin tiba-tiba baper hopeless.
Karena tujuannya latian, pembicaraannya sewajarnya aja. Ga perlu godain mbak-mbak wartegnya. Jangan bilang "Eh kak/mbak/teh, ayam gorengnya enak nih... aPaKaH sEeNaK mAsA dEpAn kItA jUgA?" 🤦‍♀️c r i n g e.
Biasakan juga menggunakan 3 kata sakti: Terima kasih, tolong, dan maaf, ke semua orang. Tujuannya melatih agar menjadi ramah. (Khusus minta maaf, jangan kebanyakan juga, liat Poin 13.)
Saran terakhir adalah coba ikut organisasi atau voluntereering. Ya sekalian latian interaksi sama orang aja. Tapi kalo ga suka, ya jangan.
[NOTE: Bagian ini ga ada hubungannya sama introvert atau extrovert ya. Gw introvert tulen juga kok. Paling ga suka kalo harus dipaksa interaksi sama orang padahal lagi ga mood. Tapi bukan berarti ga bisa ajak ngomong stranger.]
TLDR: Latihan sama stranger yg harus berinteraksi sama kita. Gunakan terima kasih, tolong, dan maaf. Bisa ikut organisasi atau volunteering.

PART 3: THE PROCESS

7. [+] Where to Begin [/+]

Poin ini bukan poin baru, tapi gw revamp banyak. Ada beberapa opsi:
i. IRL (temen kampus//komunitas/etc.). Ini paling enak sih apalagi yg seprojek bareng, jadi ada kesempatan buat ngobrol.
Kalo gw sih biasanya ga ada 'crush secara spesifik'. Ga pernah liat cewek terus langsung target dan fokus cuma ke dia. Gw biasanya mencoba ramah ke siapapun dan karena gw orangnya suka iseng dan bercanda sama orang, biasanya gw sekalian 'ngetes' siapa yg nyambung sama bercandaan gw. Dari situ biasanya akan gampang ngobrol sama gw dan bisa cepet akrab. Jadi dari awal udah attract yg emang sefrekuensi.
Jadi... cari tau interest dan gaya komunikasi kalian, dan gunakan itu untuk mem'filter' orang. Kalo misalkan kalian tipe yg melankolis pecinta puisi dan seni, biasanya akan attract dan cocok sama yg begitu juga. Kuncinya adalah untuk tunjukkin kelebihan dan buka opsi sebanyak-banyaknya. Jangan cepet baper atau fokus hanya ke 1 perempuan.
[NOTE: ini beda ya sama secara desperate godain semua perempuan. Liat Poin 2 dan 3. Intinya adalah buat jadi ramah aja. Sebagai introvert, gw juga ga bisa kok nge-maintain deket sama segitu banyak orang.]
ii. Dating apps/IndoR4R. Konsepnya sama kayak IRL. Coba ngobrol sebanyak-banyaknya dan filter yg ga cocok. Sesuai Poin 4 dan 5, tunjukkan kelebihan dan passion kalian di profile. Don't pity yourself. [+] Khusus dating apps, wajib pasang foto terganteng kalian. Bisa pm kalo mau gw nilai profile + foto kalian hahahaha. [/+] Kalo di IndoR4R, ga ada foto dan sosmed kayak di dating apps. Kalian bukan lagi bersaing secara fisik dan status, tapi murni tulisan di profile kalian. Use it to your advantage. Tulis juga kalo kalian mau serius atau iseng-iseng. Jangan pernah ragu juga untuk memulai percakapan duluan.
Patut diinget, jumlah M di dating apps dan IndoR4R itu jauh di atas F. Ciwik-ciwik ga akan selalu sempet balesin semua orang. Gpp kok. Value kalian ga akan turun cuma karena ga dibales Anon di internet. Jaga ekspektasi.
iii. Social media (IG, Reddit, dll.). Ini sebenernya final attempt ngegebet sih. Saran gw sih jangan asal nge-DM karena ga semua orang nyaman langsung ngomong 1-on-1 sama stranger. Kecuali ada written invitation, sesuatu yg privat atau mendesak, atau udah establish diri sebagai orang yg menarik dan bervalue baru boleh deh. Di IG balesin storynya dulu, di Reddit balesin comment atau postnya dulu. Bisa DM (with caution) kalo si cewek udah sering balesin juga. Liat creepyPMs untuk contoh yang SALAH.
TLDR: Coba di IRL, dating apps/IndoR4R, atau social media. Jangan cepet baper atau berkspektasi berlebihan. Filter sesuai interest dan gaya komunikasi.

8. Texting and Communication 101

Di dating apps atau IndoR4R, opening linenya gimana? Bisa coba pick up line. Tapi ini risky. Kalo bercandaanya kena, ya bagus. Tapi kalo salah sasaran, bisa dianggap cringe & first impressionnya jelek. Bisa juga ngomongin interests atau values dari profilenya.
[+] Di luar dating apps atau R4R, ngomongin common interests atau values aja. Kalo udah kenal IRL, bisa lanjutin percakapan IRL. [NOTE: ngejulid-in orang tertentu itu juga common interest loh hehehehe. Tapi jangan sering-sering.] [/+]
Tergantung orangnya, ga semua orang nyaman buat langsung ngomongin diri mereka sendiri. Liat mereka punya (TW) self-harm marks? Jangan tanya “lu depresi ya?”🤦‍♀️ Tunggu mereka yg cerita duluan. Jangan kasar dan tiba-tiba ngomongin hal seksual. Jadi pendengar yg baik dan jangan invalidate feelings.
[+] Contoh: doi cerita "aduh sedih banget revisi skripsi ditolak lagi."
Respon salah: "Biasa aja kali. Gw aja udah revisi 15 kali masih hepi-hepi aja." Selain ga ada yg nanya, emosi, entah sedih atau apapun itu, adalah hal natural dan ga bisa disalahi. Masalah hidup orang juga beda-beda. Gimana kalo ternyata ortunya tipe yg strict yg selalu menuntut dia untuk sempurna?
Coba clarify emosi dia dan tanya pertanyaan. Contoh: "Gila pasti pusing ya lu sekarang. Emang kata dosbingnya gimana? Ada yg bisa gw bantu ga?" atau berbagai variasi lainnya. [/+]
Karena ga ada intonasinya, bolehlah sekali-kali pake wkwk, haha, emoji atau sticker biar ga datar. Ada humor juga, bawa santai, dan jangan kaku.
Terakhir, ga perlu selalu chat 24/7. BUKAN karena harus jual mahal, tapi karena kita menghargai personal space doi.Bedanya apa ngab?” Jual mahal artinya menaruh harapan agar doi tertarik. Menghargai personal space artinya mengakui itu emang hak dia dan kita ga perlu dapet reward apa-apa. Tapi kalo doi asik-asik aja balesin dan lu juga gapapa, monggo. Selalu liat situasi, kalo respon dia negatif ya jangan diganggu-ganggu terus.
TLDR: Cari common interests atau values, yg sopan, jangan kaku, hargai personal space.

9. Progression and Asking Her Out

Ini sebenernya tergantung pace masing-masing. Mungkin umumnya kalo udah sama-sama lancar komunikasi terus-terusan (tetep bukan berarti 24/7). Doi ga sungkan ngomongin topik baru dan tanyain balik (jadi ga 1 arah). Ada inside jokes, bisa ngomong hal random tanpa perlu ragu. Tukeran sosmed juga oke-oke aja. Kemungkinan ya dia udah nyaman.
[+] Biasa di titik ini kalian akan mulai baper. Cie cie cie. Kadang kepikiran si dia pas ngelamun. Kadang cenat-cenut kalo dapet text si dia. Wajar kok gpp. Tapi inget buat selalu jaga ekspektasi. [/+]
Bisa mulai ajak keluar. Ga selalu perlu ‘proper date’ kok. Misalkan perlu beli baju baru, bisa tanya “eh Sabtu ini gw mau belanja baju baru nih, sempet temenin ga?” Pas udah keluar kan bisa sekalian makan bareng. Kalo ketemu, perhatikan juga red flag yg ga keliatan selama chatting. Contoh: ternyata dia hobi pup di celana terus cengengesan. Pas udah, jangan lupa bilang thank you udah ditemenin. [NOTE: ada orang yg prefer buru-buru ketemuan karena ga suka chatting. Sah-sah aja. Yg penting sama-sama nyaman.]
[+] Tujuan ketemuan adalah buat kenal lebih dalam, terutama shared values. Ga mesti dinner berdua di atas Monas kok. Yg penting sama-sama nyaman. How do you carry yourself matters most. [/+]
Kalo udah biasa keluar dan dia juga suka ajak keluar, bisa tunjukin sisi romantis dan perhatian situ untuk kasih hint kalau kalian tertarik. Contohnya bisa dari hal kecil. Dia mau sidang skripsi? Bisa tulis tangan surat UwU-UwUan buat semangatin. Dia baru promoted? Bisa kasih kue kecil-kecilan. Bisa dikit-dikit mulai kontak fisik tapi tetep respect boundaries [+] (jangan langsung pegang tete 😠, sentuh pundak dulu kek atau kalo pas jalan tangannya bisa deket-deketan). [/+] Senyaman love language kalian. Ini bisa ditunjukin di tahap sebelumnya juga sesuai kebutuhan. TAPI jangan berlebihan padahal baru kenal. Harus perlahan.
[+] [NOTE: Nikmati prosesnya. Jangan diburu-buru karena takut keduluan orang lain. Kalo kalian cukup ber-value, dia yg akan nungguin kalian.] [/+]
TLDR: Nyaman komunikasi -> ajak keluar (perhatikan red flag, kenal lebih dalam) -> tunjukkan sisi romantis. Jangan diburu-buru.
Further readings:

10. [+] The Confession [/+]

The 'confession' or the 'talk' or whatever you call it.
Harusnya di titik ini kalian udah sama-sama tau dan bisa menerima nilai-nilai dan latar belakang masing-masing. Sama-sama udah tau tujuan pacaran apa. Udah tau dan bisa terima konsekuensinya kalo pacaran (contoh: beda agama ahem).
[Paragraf ini pindahan dari Poin 9] Confession itu buat bikin resmi dan ada kepastian. Masing-masing yg tau sendiri senyaman apa gebetan, sesering dan setergantung apa dia sama kalian. Kalau selama ini ngobrol, keluar, dan dikasih perhatian khusus reaksinya positif-positif aja dan dia juga lakuin hal yg sama, kemungkinan bakal aman. You can still get rejected though, so be gentle and respect her decision.
How to properly confess? Ga mesti terlalu extravagant kayak sewa satu Sush* Te* buat berdua terus minta dinyanyiin staffnya Koi wo Shiyo yo kok. Sebisa mungkin confess pas ketemuan dan ngomongnya ga berbelit-belit. Look into her eyes. "Eh kalo boleh jujur, gw selama ini sih nyaman ya keluar bareng lo. Gw pengen deh bisa bawa hubungannya ke arah yg lebih serius" atau berbagai variasi lainnya. Tunjukkan rasa sayang dengan love language. Contoh: bawa gift kecil-kecilan misalkan boneka atau surat atau apalah yg dia suka.
Kalo dia terlalu permasalahin cara confession ("kOk gAk sErOmAnTiS SoNg JoOnG-Ki SiH?"), kemungkinan pas pacaran dia akan permasalahin hal-hal sepele lainnya. Seharusnya kalo udah dewasa sih lebih ngomongin kedepannya mau gimana ya daripada pusingin hal kayak begini.
[NOTE: buat perempuan yg baca thread ini tapi nungguin di-confess si cowok, don't. When in doubt, ask. Kalo engga, lo cuma kasih kesempatan buat dimainin. "Gw bisa ngomong sebentar? Pengen bilang sejauh ini gw sebenernya nyaman jalan bareng lo. Jadi kalo boleh tau ini arahnya sebenernya mau ke mana ya?" atau berbagai variasi lainnya.]
TLDR: Confess cuma kalo udah bisa terima nilai dan latar belakang masing-masing dan yakin dia nyaman juga. Confess pas ketemuan dan jangan berbelit-belit.
---
Dilanjutkan di thread kedua di R4R & PDKT: How and How Not to Approach Strangers Online/IRL [UPDATED/PART 2]
submitted by sumpitsehat to indonesia [link] [comments]


2021.02.20 09:27 KiloMegaGigaTera Komodos, berapa rata - rata pengeluaran uang makan per hari?

Baik buat individu maupun keluarga. Also what's your favorite daily food?
Gw biasa habis 50 ribu/hari kalo pake gofood/grabfood. Kalo beli biasa paling 30 ribu/hari buat 2x makan. Deket kampus sih jadinya banyak makanan yang murah. Yang sering dipesen ya nasi rames. Nasi + ayam suwir + sayur 2 jenis + es teh = 15 ribuan.
submitted by KiloMegaGigaTera to indonesia [link] [comments]


2020.04.28 15:09 kangjem89 Boking ayam kampus cantik ngentot dihotel

Boking ayam kampus cantik ngentot dihotel submitted by kangjem89 to u/kangjem89 [link] [comments]


2019.10.26 13:42 Evelin_queen99 8 Ide Bisnis Modal Rp 1 Jutaan Untung Besar

8 Ide Bisnis Modal Rp 1 Jutaan Untung Besar
https://preview.redd.it/oly4th4jhvu31.jpg?width=861&format=pjpg&auto=webp&s=72d5334d41b445f6d105f588aa16e7c29cc2681a

8 Ide Bisnis Modal Rp 1 Jutaan Untung Besar

Siapa bilang bisnis modal kecil tak bisa mendatangkan keuntungan besar?

Tak sedikit orang yang membatalkan niat membuka usaha karena mengaku tak punya dana. Padahal modal uang bukanlah satu-satunya faktor keberhasilan bisnis yang dijalani.
Siapa sih yang tak kenal Bob Sadino? Sebagai mantan buruh bangunan, pengusaha sukses satu ini mengawali usahanya dari nol dengan modal minim. Ada pula Susi Pudjiastuti, Menteri Kelautan dan Perikanan RI yang berhasil menguasai bursa pelelangan ikan di Pangandaran bermodalkan uang Rp 750 ribu.
Bagi kamu yang ingin merintis usaha atau memulai usaha sampingan, tak perlu berkecil hati jika memiliki modal terbatas. Dengan strategi yang tepat, terdapat puluhan peluang bisnis yang bisa menjadi pintu pemasukan baru.
Bisnis dengan modal Rp 1 juta sekalipun bisa menghasilkan keuntungan berlipat. Belum punya ide bisnis yang ingin dijalani? Tak perlu bingung lagi, berikut delapan rekomendasi ide bisnis modal kecil yang bisa kamu coba.
Daftar Judi online Poker Online DominoQQ
  1. Menjual menu sarapan di rumah
Tak sedikit orang yang memiliki rutinitas pagi cukup padat. Banyak pula yang harus berangkat ke kantor beberapa jam sebelum jam masuk demi tidak datang terlambat. Alhasil, tak ada lagi waktu untuk menyiapkan sarapan yang layak, baik untuk diri sendiri maupun keluarga.
Hal ini dapat menjadi peluang usaha yang potensial. Kamu bisa menawarkan menu sarapan, seperti bubur ayam, nasi uduk, lontong sayur, atau nasi kuning.
Bahan-bahan yang diperlukan cukup terjangkau. Tak perlu menyewa kedai atau rumah makan. Kamu bisa berjualan di depan rumah, bermodalkan satu buah meja dan kursi.
  1. Bisnis makanan ringan
Bisnis makanan ringan tak hanya diminati anak-anak, tapi juga orang dewasa. Dari pelajar hingga pekerja, banyak yang gemar menikmati makanan ringan sambil melakukan aktivitas mereka.
Tak perlu berpatok pada jenis camilan yang menggunakan bahan-bahan mahal. Sebagai contoh, kamu bisa mencoba berjualan keripik singkong. Selain bahannya yang terjangkau, pembuatannya pun terbilang sederhana.
Misalnya, untuk membuat 200 bungkus keripik, kamu membutuhkan 10 kg singkong. Ditambah bahan-bahan lainnya, seperti garam, bawang putih, dan minyak, modal yang kamu perlukan bahkan tak sampai Rp 200 ribu.
Jika kamu seorang karyawan, kamu bisa menjajakan camilan ini kepada rekan-rekan kantor. Asal bisa memberi jaminan rasa dan kualitas, bisnis makanan ringanmu berpotensi mendatangkan untung besar.
  1. Bisnis dropship
Bisnis dropship bukan lagi bisnis modal kecil, melainkan bisnis tanpa modal. Sebab, siapa pun bisa menjalani ini, bahkan tanpa uang sepeser pun. Selain itu, kamu juga tak perlu repot mengerjakan proses penyediaan maupun pengiriman produk.
Cukup sederhana, kamu hanya perlu memasarkan produk dari penjual dan meneruskan pemesan dan pembayaran dari pembeli ke penjual.
Namun, meski tampak mudah, usaha ini tak bisa disepelekan. Sebagai dropshipper kamu harus memahami spesifikasi barang yang dijual, serta memilih supplier terpercaya. Sebab, kualitas produk dan pelayanan supplier berdampak pada reputasimu juga.
  1. Bisnis aksesori perempuan
Usaha aksesori perempuan dapat menjadi bisnis yang sangat menjanjikan. Hal inilah yang berhasil dibuktikan Kartika Yuswadi, pemilik usaha aksesori berlabel SemoetKetjil. Dilansir dari Detik, dengan modal awal sebesar Rp 1 juta, usaha Kartika kini menghasilkan omzet hingga Rp 10 juta per bulan.
Tentunya keberhasilan tersebut bisa didapatkan Kartika setelah bertahun-tahun menjaga kualitas dan terus berinovasi untuk menarik pelanggan.
Tiru kesuksesan Kartika dengan menciptakan keunikan pada produk, agar brand-mu mudah diingat. Selain memanfaatkan media sosial, jangan segan mengenakan sendiri produk-produkmu sebagai salah satu cara pemasaran.
  1. Bisnis kaos pre-order
Industri fashion memang tak pernah ada matinya. Namun, membuka bisnis distro membutuhkan modal yang tak sedikit. Tapi, siapa bilang kamu tak bisa membuka bisnis modal minim dalam bidang ini?
Atasi keterbatasan dana dengan menerapkan sistem pre-order. Dengan sistem ini, kaos atau busana hanya akan diproduksi setelah ada pemesanan. Untuk memangkas biaya produksi, kamu juga bisa membatasi minimal jumlah pesanan untuk bisa masuk produksi.
  1. Jasa pengetikan
Jika kamu memiliki sebuah komputer atau laptop, bisnis jasa yang satu ini dapat menjadi ladang uang yang cukup menguntungkan.
Apalagi, jika tempat tinggalmu berada di sekitar kampus atau sekolah. Tak perlu khawatir sepi order, sebab banyak mahasiswa atau siswa yang mendapatkan tugas makalah atau laporan yang perlu bantuan jasa ketik.
Kamu juga bisa menambah layanan mencetak atau print. Sebuah printer baru dengan spesifikasi yang cukup bagus bisa kamu dapatkan kurang dari Rp 900 ribu.
  1. Menjual aneka kue kering
Punya hobi bikin kue? Kembangkan hobimu sebagai salah satu sumber penghasilan. Untuk memulai usaha ini, tak perlu modal besar kok. Sebagai permulaan kamu bisa membuat satu atau dua toples aneka kue kering untuk ditawarkan pada teman, tetangga, atau orang sekitar.
Pemilihan kue kering dapat disesuaikan dengan selera dan kemampuanmu. Sekalipun kue yang ditawarkan sudah umum, namun kamu bisa ciptakan tampilan dan variasi rasa yang menarik dan memiliki ciri khas agar tak kalah saing di pasar.
  1. Usaha aneka minuman
Selain usaha makanan, usaha minuman juga menarik untuk dilirik. Melalui minuman kreasimu, kamu juga bisa menciptakan tren baru daripada sekadar ikutan tren. Misalnya, di tengah-tengah tren kopi kekinian, kamu bisa memasarkan minuman cokelat atau bahkan jamu kekinian.
Bisnis modal kecil di bidang minuman inilah yang dipilih Syadan, mahasiswa asal Jambi. Bermodalkan Rp 1 juta hasil patungan bersama teman-temannya, ia sukses berbisnis teh Thailand.
5 tip bisnis modal kecil untung besar ala Susi Pudjiastuti
Salah satu bukti bisnis modal kecil bisa memberi untung besar adalah kisah Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti. Dilansir dari Detik, Susi memutuskan berhenti sekolah dan mulai menjalani usaha bermodalkan Rp 750 ribu.
Dengan modal tersebut, ia mendirikan bisnis perikanan dan terjun langsung ke pelelangan ikan untuk menjualnya pada sejumlah restoran. Tentu saja, perjalanan Susi tak selalu mulus. Tapi, berkat kegigihannya, ia berhasil memasarkan produknya hingga ke luar negeri.
Untuk meniru kesuksesannya,, yuk simak tips berbisnis modal kecil ala Susi Pudjiastuti, berikut ini.
Daftar Judi online Poker Online DominoQQ
  1. Pintar mengelola uang
Dalam berbisnis, kekhawatiran soal uang terkadang dialami, terlebih pada bisnis modal kecil. Oleh sebab itu, kemampuan mengelola uang harus dikuasai atau setidaknya terus dipelajari.
Meski usaha diawali secara kecil-kecilan, pastikan tetap luangkan waktu untuk mengatur dan mengevaluasi arus kas bisnis.
Sebaiknya, hindari mencampur uang pribadi dan uang usaha. Selain itu, pastikan strategi yang dipilih tidak membuat pasak jadi lebih besar daripada tiang.
  1. Fokus
Bagi Susi, sikap fokus adalah salah satu kunci berbisnis untuk pemula. Menurutnya, dalam menekuni bisnis yang dipilih, kita perlu mencurahkan tenaga dan pikiran pada bisnis tersebut.
Bagi karyawan, bukan berarti kamu tak bisa membuka bisnis sebagai usaha sampingan. Asalkan mampu memisahkan urusan kantor dan bisnis, serta tak setengah hati dalam menjalani bisnis, menjalani usaha sebagai pekerjaan sambilan tetap bisa dilakukan.
  1. Tak berhenti berinovasi dan tahu tren
Untuk terus mengikuti keperluan dan minat pasar, Susi Pudjiastuti menyarankan para pengusaha untuk tak berhenti berinovasi. Menurutnya, sangat penting melakukan pembaruan produk atau jasa agar pelanggan tak beralih ke yang lain.
Oleh sebab itu, mau tak mau, sebagai pengusaha kamu harus mengetahui tren yang ada. Bukan berarti harus selalu terbawa arus tren, melainkan melakukan inovasi yang tak ketinggalan zaman dan sesuai kebutuhan pelanggan.
  1. Gigih dan menyukai apa yang dikerjakan
Kesuksesan Susi Pudjiastuti tentu tak akan ia raih tanpa kegigihan. Bukan sekali dua kali ia mengalami penolakan saat menjalani usahanya. Namun, hal itu tak membuatnya menyerah dan berhenti.
Menurut Susi, hal itu bisa ia lakukan lantaran ia menyukai apa yang ia kerjakan. Dengan begitu, ia bisa total dan bekerja keras tanpa perasaan terpaksa. Bagi Susi, menjadi pengusaha bukan hanya soal materi, tapi juga bentuk pencapaian yang layak diraih.
  1. Jangan larut dalam kegagalan
Dalam berbisnis, bukan hanya modal materi yang diperlukan, tapi juga mindset dan mental sebagai pengusaha. Salah satunya adalah tak mudah menyerah dan pantang larut dalam kegagalan.
Susi beranggapan, jika kita terlarut dalam kegagalan, energi yang kita miliki akan terkuras untuk hal-hal negatif, sehingga sulit untuk bangkit kembali. Setiap pengusaha besar pasti telah melewati berbagai kesulitan dan memilih tidak menyerah.

(Baca: Cari Sumber Dana untuk Modal Usaha? Ini 5 Pilihannya)

Penyebab bisnis modal kecil berakhir gulung tikar
Sebenarnya, telah banyak pengusaha membuktikan keberhasilan bisnis modal kecil yang mereka rintis dari nol. Namun, tak dapat dipungkiri bahwa tak sedikit pula bisnis modal kecil yang berakhir gulung tikar. Memang, apa pun jenis usahanya, risiko kegagalan pastilah ada.
Oleh sebab itu, sekalipun dijalani sebagai bisnis sampingan, sebaiknya empat penyebab kegagalan bisnis ini tak kamu lakukan.
  1. Tak ada rencana bisnis yang matang
Meski bisnis kecil-kecilan, wajib hukumnya punya rencana tujuan jangka pendek dan jangka panjang, serta strategi yang perlu dilakukan. Perencanaan yang baik akan memudahkanmu dalam mengembangkan bisnis.
Bayangkan apa yang ingin kamu capai untuk bisnismu dalam beberapa tahun ke depan dan siapkan strateginya. Misalnya, jika kamu ingin usahamu berkembang sebagai bisnis waralaba, tak ada salahnya membuat proposal kemitraan dari sekarang. Dengan begitu, jika sewaktu-waktu ada pihak lain yang tertarik, kamu sudah punya rancangan yang menjanjikan.
  1. Tidak dijalani sepenuh hati
Penyebab satu ini sering terjadi pada bisnis modal kecil. Padahal, sayang sekali mengeluarkan tenaga, waktu, dan uang jika dikerjakan setengah hati. Hanya mereka yang tangguh dan bersungguh-sungguh yang bisa sukses menjalani dan mengembangkan bisnis sendiri.
  1. Kurang promosi
Dalam berbisnis, pemasaran adalah hal utama. Percuma punya produk yang bagus dan berkualitas, tapi tak ada orang yang tahu.
Zaman sekarang sayang sekali jika tak memanfaatkan berbagai sarana promosi yang telah tersedia secara gratis, seperti media sosial. Sebagai langkah awal, kamu bisa menawarkan promo harga miring atau meminta bantuan orang di sekitarmu untuk memberikan testimoni.
  1. Bersikap pasif
Pengusaha tak bisa menunggu pelanggan datang begitu saja. Untuk membuat usahanya berhasil, mau tak mau seorang pengusaha harus selalu berinteraksi dengan berbagai pihak, mulai dari calon pelanggan, calon rekan kerja, hingga sesama pengusaha lain.
Kemampuan membangun jaringan amat penting untuk kemajuan bisnis. Selain itu, dengan berinteraksi dengan banyak orang, terutama sesama pengusaha, ilmu yang didapatkan pun jadi lebih banyak.

8 Ide Bisnis Modal Rp 1 Jutaan Untung Besar

Siapa bilang bisnis modal kecil tak bisa mendatangkan keuntungan besar?

Tak sedikit orang yang membatalkan niat membuka usaha karena mengaku tak punya dana. Padahal modal uang bukanlah satu-satunya faktor keberhasilan bisnis yang dijalani.
Siapa sih yang tak kenal Bob Sadino? Sebagai mantan buruh bangunan, pengusaha sukses satu ini mengawali usahanya dari nol dengan modal minim. Ada pula Susi Pudjiastuti, Menteri Kelautan dan Perikanan RI yang berhasil menguasai bursa pelelangan ikan di Pangandaran bermodalkan uang Rp 750 ribu.
Bagi kamu yang ingin merintis usaha atau memulai usaha sampingan, tak perlu berkecil hati jika memiliki modal terbatas. Dengan strategi yang tepat, terdapat puluhan peluang bisnis yang bisa menjadi pintu pemasukan baru.
Bisnis dengan modal Rp 1 juta sekalipun bisa menghasilkan keuntungan berlipat. Belum punya ide bisnis yang ingin dijalani? Tak perlu bingung lagi, berikut delapan rekomendasi ide bisnis modal kecil yang bisa kamu coba.
Daftar Judi online Poker Online DominoQQ
  1. Menjual menu sarapan di rumah
Tak sedikit orang yang memiliki rutinitas pagi cukup padat. Banyak pula yang harus berangkat ke kantor beberapa jam sebelum jam masuk demi tidak datang terlambat. Alhasil, tak ada lagi waktu untuk menyiapkan sarapan yang layak, baik untuk diri sendiri maupun keluarga.
Hal ini dapat menjadi peluang usaha yang potensial. Kamu bisa menawarkan menu sarapan, seperti bubur ayam, nasi uduk, lontong sayur, atau nasi kuning.
Bahan-bahan yang diperlukan cukup terjangkau. Tak perlu menyewa kedai atau rumah makan. Kamu bisa berjualan di depan rumah, bermodalkan satu buah meja dan kursi.
  1. Bisnis makanan ringan
Bisnis makanan ringan tak hanya diminati anak-anak, tapi juga orang dewasa. Dari pelajar hingga pekerja, banyak yang gemar menikmati makanan ringan sambil melakukan aktivitas mereka.
Tak perlu berpatok pada jenis camilan yang menggunakan bahan-bahan mahal. Sebagai contoh, kamu bisa mencoba berjualan keripik singkong. Selain bahannya yang terjangkau, pembuatannya pun terbilang sederhana.
Misalnya, untuk membuat 200 bungkus keripik, kamu membutuhkan 10 kg singkong. Ditambah bahan-bahan lainnya, seperti garam, bawang putih, dan minyak, modal yang kamu perlukan bahkan tak sampai Rp 200 ribu.
Jika kamu seorang karyawan, kamu bisa menjajakan camilan ini kepada rekan-rekan kantor. Asal bisa memberi jaminan rasa dan kualitas, bisnis makanan ringanmu berpotensi mendatangkan untung besar.
  1. Bisnis dropship
Bisnis dropship bukan lagi bisnis modal kecil, melainkan bisnis tanpa modal. Sebab, siapa pun bisa menjalani ini, bahkan tanpa uang sepeser pun. Selain itu, kamu juga tak perlu repot mengerjakan proses penyediaan maupun pengiriman produk.
Cukup sederhana, kamu hanya perlu memasarkan produk dari penjual dan meneruskan pemesan dan pembayaran dari pembeli ke penjual.
Namun, meski tampak mudah, usaha ini tak bisa disepelekan. Sebagai dropshipper kamu harus memahami spesifikasi barang yang dijual, serta memilih supplier terpercaya. Sebab, kualitas produk dan pelayanan supplier berdampak pada reputasimu juga.
  1. Bisnis aksesori perempuan
Usaha aksesori perempuan dapat menjadi bisnis yang sangat menjanjikan. Hal inilah yang berhasil dibuktikan Kartika Yuswadi, pemilik usaha aksesori berlabel SemoetKetjil. Dilansir dari Detik, dengan modal awal sebesar Rp 1 juta, usaha Kartika kini menghasilkan omzet hingga Rp 10 juta per bulan.
Tentunya keberhasilan tersebut bisa didapatkan Kartika setelah bertahun-tahun menjaga kualitas dan terus berinovasi untuk menarik pelanggan.
Tiru kesuksesan Kartika dengan menciptakan keunikan pada produk, agar brand-mu mudah diingat. Selain memanfaatkan media sosial, jangan segan mengenakan sendiri produk-produkmu sebagai salah satu cara pemasaran.
  1. Bisnis kaos pre-order
Industri fashion memang tak pernah ada matinya. Namun, membuka bisnis distro membutuhkan modal yang tak sedikit. Tapi, siapa bilang kamu tak bisa membuka bisnis modal minim dalam bidang ini?
Atasi keterbatasan dana dengan menerapkan sistem pre-order. Dengan sistem ini, kaos atau busana hanya akan diproduksi setelah ada pemesanan. Untuk memangkas biaya produksi, kamu juga bisa membatasi minimal jumlah pesanan untuk bisa masuk produksi.
  1. Jasa pengetikan
Jika kamu memiliki sebuah komputer atau laptop, bisnis jasa yang satu ini dapat menjadi ladang uang yang cukup menguntungkan.
Apalagi, jika tempat tinggalmu berada di sekitar kampus atau sekolah. Tak perlu khawatir sepi order, sebab banyak mahasiswa atau siswa yang mendapatkan tugas makalah atau laporan yang perlu bantuan jasa ketik.
Kamu juga bisa menambah layanan mencetak atau print. Sebuah printer baru dengan spesifikasi yang cukup bagus bisa kamu dapatkan kurang dari Rp 900 ribu.
  1. Menjual aneka kue kering
Punya hobi bikin kue? Kembangkan hobimu sebagai salah satu sumber penghasilan. Untuk memulai usaha ini, tak perlu modal besar kok. Sebagai permulaan kamu bisa membuat satu atau dua toples aneka kue kering untuk ditawarkan pada teman, tetangga, atau orang sekitar.
Pemilihan kue kering dapat disesuaikan dengan selera dan kemampuanmu. Sekalipun kue yang ditawarkan sudah umum, namun kamu bisa ciptakan tampilan dan variasi rasa yang menarik dan memiliki ciri khas agar tak kalah saing di pasar.
  1. Usaha aneka minuman
Selain usaha makanan, usaha minuman juga menarik untuk dilirik. Melalui minuman kreasimu, kamu juga bisa menciptakan tren baru daripada sekadar ikutan tren. Misalnya, di tengah-tengah tren kopi kekinian, kamu bisa memasarkan minuman cokelat atau bahkan jamu kekinian.
Bisnis modal kecil di bidang minuman inilah yang dipilih Syadan, mahasiswa asal Jambi. Bermodalkan Rp 1 juta hasil patungan bersama teman-temannya, ia sukses berbisnis teh Thailand.
5 tip bisnis modal kecil untung besar ala Susi Pudjiastuti
Salah satu bukti bisnis modal kecil bisa memberi untung besar adalah kisah Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti. Dilansir dari Detik, Susi memutuskan berhenti sekolah dan mulai menjalani usaha bermodalkan Rp 750 ribu.
Dengan modal tersebut, ia mendirikan bisnis perikanan dan terjun langsung ke pelelangan ikan untuk menjualnya pada sejumlah restoran. Tentu saja, perjalanan Susi tak selalu mulus. Tapi, berkat kegigihannya, ia berhasil memasarkan produknya hingga ke luar negeri.
Untuk meniru kesuksesannya,, yuk simak tips berbisnis modal kecil ala Susi Pudjiastuti, berikut ini.
Daftar Judi online Poker Online DominoQQ
  1. Pintar mengelola uang
Dalam berbisnis, kekhawatiran soal uang terkadang dialami, terlebih pada bisnis modal kecil. Oleh sebab itu, kemampuan mengelola uang harus dikuasai atau setidaknya terus dipelajari.
Meski usaha diawali secara kecil-kecilan, pastikan tetap luangkan waktu untuk mengatur dan mengevaluasi arus kas bisnis.
Sebaiknya, hindari mencampur uang pribadi dan uang usaha. Selain itu, pastikan strategi yang dipilih tidak membuat pasak jadi lebih besar daripada tiang.
  1. Fokus
Bagi Susi, sikap fokus adalah salah satu kunci berbisnis untuk pemula. Menurutnya, dalam menekuni bisnis yang dipilih, kita perlu mencurahkan tenaga dan pikiran pada bisnis tersebut.
Bagi karyawan, bukan berarti kamu tak bisa membuka bisnis sebagai usaha sampingan. Asalkan mampu memisahkan urusan kantor dan bisnis, serta tak setengah hati dalam menjalani bisnis, menjalani usaha sebagai pekerjaan sambilan tetap bisa dilakukan.
  1. Tak berhenti berinovasi dan tahu tren
Untuk terus mengikuti keperluan dan minat pasar, Susi Pudjiastuti menyarankan para pengusaha untuk tak berhenti berinovasi. Menurutnya, sangat penting melakukan pembaruan produk atau jasa agar pelanggan tak beralih ke yang lain.
Oleh sebab itu, mau tak mau, sebagai pengusaha kamu harus mengetahui tren yang ada. Bukan berarti harus selalu terbawa arus tren, melainkan melakukan inovasi yang tak ketinggalan zaman dan sesuai kebutuhan pelanggan.
  1. Gigih dan menyukai apa yang dikerjakan
Kesuksesan Susi Pudjiastuti tentu tak akan ia raih tanpa kegigihan. Bukan sekali dua kali ia mengalami penolakan saat menjalani usahanya. Namun, hal itu tak membuatnya menyerah dan berhenti.
Menurut Susi, hal itu bisa ia lakukan lantaran ia menyukai apa yang ia kerjakan. Dengan begitu, ia bisa total dan bekerja keras tanpa perasaan terpaksa. Bagi Susi, menjadi pengusaha bukan hanya soal materi, tapi juga bentuk pencapaian yang layak diraih.
  1. Jangan larut dalam kegagalan
Dalam berbisnis, bukan hanya modal materi yang diperlukan, tapi juga mindset dan mental sebagai pengusaha. Salah satunya adalah tak mudah menyerah dan pantang larut dalam kegagalan.
Susi beranggapan, jika kita terlarut dalam kegagalan, energi yang kita miliki akan terkuras untuk hal-hal negatif, sehingga sulit untuk bangkit kembali. Setiap pengusaha besar pasti telah melewati berbagai kesulitan dan memilih tidak menyerah.

(Baca: Cari Sumber Dana untuk Modal Usaha? Ini 5 Pilihannya)

Penyebab bisnis modal kecil berakhir gulung tikar
Sebenarnya, telah banyak pengusaha membuktikan keberhasilan bisnis modal kecil yang mereka rintis dari nol. Namun, tak dapat dipungkiri bahwa tak sedikit pula bisnis modal kecil yang berakhir gulung tikar. Memang, apa pun jenis usahanya, risiko kegagalan pastilah ada.
Oleh sebab itu, sekalipun dijalani sebagai bisnis sampingan, sebaiknya empat penyebab kegagalan bisnis ini tak kamu lakukan.
  1. Tak ada rencana bisnis yang matang
Meski bisnis kecil-kecilan, wajib hukumnya punya rencana tujuan jangka pendek dan jangka panjang, serta strategi yang perlu dilakukan. Perencanaan yang baik akan memudahkanmu dalam mengembangkan bisnis.
Bayangkan apa yang ingin kamu capai untuk bisnismu dalam beberapa tahun ke depan dan siapkan strateginya. Misalnya, jika kamu ingin usahamu berkembang sebagai bisnis waralaba, tak ada salahnya membuat proposal kemitraan dari sekarang. Dengan begitu, jika sewaktu-waktu ada pihak lain yang tertarik, kamu sudah punya rancangan yang menjanjikan.
  1. Tidak dijalani sepenuh hati
Penyebab satu ini sering terjadi pada bisnis modal kecil. Padahal, sayang sekali mengeluarkan tenaga, waktu, dan uang jika dikerjakan setengah hati. Hanya mereka yang tangguh dan bersungguh-sungguh yang bisa sukses menjalani dan mengembangkan bisnis sendiri.
  1. Kurang promosi
Dalam berbisnis, pemasaran adalah hal utama. Percuma punya produk yang bagus dan berkualitas, tapi tak ada orang yang tahu.
Zaman sekarang sayang sekali jika tak memanfaatkan berbagai sarana promosi yang telah tersedia secara gratis, seperti media sosial. Sebagai langkah awal, kamu bisa menawarkan promo harga miring atau meminta bantuan orang di sekitarmu untuk memberikan testimoni.
  1. Bersikap pasif
Pengusaha tak bisa menunggu pelanggan datang begitu saja. Untuk membuat usahanya berhasil, mau tak mau seorang pengusaha harus selalu berinteraksi dengan berbagai pihak, mulai dari calon pelanggan, calon rekan kerja, hingga sesama pengusaha lain.
Kemampuan membangun jaringan amat penting untuk kemajuan bisnis. Selain itu, dengan berinteraksi dengan banyak orang, terutama sesama pengusaha, ilmu yang didapatkan pun jadi lebih banyak.

Siapa bilang bisnis modal kecil tak bisa mendatangkan keuntungan besar?

Tak sedikit orang yang membatalkan niat membuka usaha karena mengaku tak punya dana. Padahal modal uang bukanlah satu-satunya faktor keberhasilan bisnis yang dijalani.
Siapa sih yang tak kenal Bob Sadino? Sebagai mantan buruh bangunan, pengusaha sukses satu ini mengawali usahanya dari nol dengan modal minim. Ada pula Susi Pudjiastuti, Menteri Kelautan dan Perikanan RI yang berhasil menguasai bursa pelelangan ikan di Pangandaran bermodalkan uang Rp 750 ribu.
Bagi kamu yang ingin merintis usaha atau memulai usaha sampingan, tak perlu berkecil hati jika memiliki modal terbatas. Dengan strategi yang tepat, terdapat puluhan peluang bisnis yang bisa menjadi pintu pemasukan baru.
Bisnis dengan modal Rp 1 juta sekalipun bisa menghasilkan keuntungan berlipat. Belum punya ide bisnis yang ingin dijalani? Tak perlu bingung lagi, berikut delapan rekomendasi ide bisnis modal kecil yang bisa kamu coba.
Daftar Judi online Poker Online DominoQQ
  1. Menjual menu sarapan di rumah
Tak sedikit orang yang memiliki rutinitas pagi cukup padat. Banyak pula yang harus berangkat ke kantor beberapa jam sebelum jam masuk demi tidak datang terlambat. Alhasil, tak ada lagi waktu untuk menyiapkan sarapan yang layak, baik untuk diri sendiri maupun keluarga.
Hal ini dapat menjadi peluang usaha yang potensial. Kamu bisa menawarkan menu sarapan, seperti bubur ayam, nasi uduk, lontong sayur, atau nasi kuning.
Bahan-bahan yang diperlukan cukup terjangkau. Tak perlu menyewa kedai atau rumah makan. Kamu bisa berjualan di depan rumah, bermodalkan satu buah meja dan kursi.
  1. Bisnis makanan ringan
Bisnis makanan ringan tak hanya diminati anak-anak, tapi juga orang dewasa. Dari pelajar hingga pekerja, banyak yang gemar menikmati makanan ringan sambil melakukan aktivitas mereka.
Tak perlu berpatok pada jenis camilan yang menggunakan bahan-bahan mahal. Sebagai contoh, kamu bisa mencoba berjualan keripik singkong. Selain bahannya yang terjangkau, pembuatannya pun terbilang sederhana.
Misalnya, untuk membuat 200 bungkus keripik, kamu membutuhkan 10 kg singkong. Ditambah bahan-bahan lainnya, seperti garam, bawang putih, dan minyak, modal yang kamu perlukan bahkan tak sampai Rp 200 ribu.
Jika kamu seorang karyawan, kamu bisa menjajakan camilan ini kepada rekan-rekan kantor. Asal bisa memberi jaminan rasa dan kualitas, bisnis makanan ringanmu berpotensi mendatangkan untung besar.
  1. Bisnis dropship
Bisnis dropship bukan lagi bisnis modal kecil, melainkan bisnis tanpa modal. Sebab, siapa pun bisa menjalani ini, bahkan tanpa uang sepeser pun. Selain itu, kamu juga tak perlu repot mengerjakan proses penyediaan maupun pengiriman produk.
Cukup sederhana, kamu hanya perlu memasarkan produk dari penjual dan meneruskan pemesan dan pembayaran dari pembeli ke penjual.
Namun, meski tampak mudah, usaha ini tak bisa disepelekan. Sebagai dropshipper kamu harus memahami spesifikasi barang yang dijual, serta memilih supplier terpercaya. Sebab, kualitas produk dan pelayanan supplier berdampak pada reputasimu juga.
  1. Bisnis aksesori perempuan
Usaha aksesori perempuan dapat menjadi bisnis yang sangat menjanjikan. Hal inilah yang berhasil dibuktikan Kartika Yuswadi, pemilik usaha aksesori berlabel SemoetKetjil. Dilansir dari Detik, dengan modal awal sebesar Rp 1 juta, usaha Kartika kini menghasilkan omzet hingga Rp 10 juta per bulan.
Tentunya keberhasilan tersebut bisa didapatkan Kartika setelah bertahun-tahun menjaga kualitas dan terus berinovasi untuk menarik pelanggan.
Tiru kesuksesan Kartika dengan menciptakan keunikan pada produk, agar brand-mu mudah diingat. Selain memanfaatkan media sosial, jangan segan mengenakan sendiri produk-produkmu sebagai salah satu cara pemasaran.
  1. Bisnis kaos pre-order
Industri fashion memang tak pernah ada matinya. Namun, membuka bisnis distro membutuhkan modal yang tak sedikit. Tapi, siapa bilang kamu tak bisa membuka bisnis modal minim dalam bidang ini?
Atasi keterbatasan dana dengan menerapkan sistem pre-order. Dengan sistem ini, kaos atau busana hanya akan diproduksi setelah ada pemesanan. Untuk memangkas biaya produksi, kamu juga bisa membatasi minimal jumlah pesanan untuk bisa masuk produksi.
  1. Jasa pengetikan
Jika kamu memiliki sebuah komputer atau laptop, bisnis jasa yang satu ini dapat menjadi ladang uang yang cukup menguntungkan.
Apalagi, jika tempat tinggalmu berada di sekitar kampus atau sekolah. Tak perlu khawatir sepi order, sebab banyak mahasiswa atau siswa yang mendapatkan tugas makalah atau laporan yang perlu bantuan jasa ketik.
Kamu juga bisa menambah layanan mencetak atau print. Sebuah printer baru dengan spesifikasi yang cukup bagus bisa kamu dapatkan kurang dari Rp 900 ribu.
  1. Menjual aneka kue kering
Punya hobi bikin kue? Kembangkan hobimu sebagai salah satu sumber penghasilan. Untuk memulai usaha ini, tak perlu modal besar kok. Sebagai permulaan kamu bisa membuat satu atau dua toples aneka kue kering untuk ditawarkan pada teman, tetangga, atau orang sekitar.
Pemilihan kue kering dapat disesuaikan dengan selera dan kemampuanmu. Sekalipun kue yang ditawarkan sudah umum, namun kamu bisa ciptakan tampilan dan variasi rasa yang menarik dan memiliki ciri khas agar tak kalah saing di pasar.
  1. Usaha aneka minuman
Selain usaha makanan, usaha minuman juga menarik untuk dilirik. Melalui minuman kreasimu, kamu juga bisa menciptakan tren baru daripada sekadar ikutan tren. Misalnya, di tengah-tengah tren kopi kekinian, kamu bisa memasarkan minuman cokelat atau bahkan jamu kekinian.
Bisnis modal kecil di bidang minuman inilah yang dipilih Syadan, mahasiswa asal Jambi. Bermodalkan Rp 1 juta hasil patungan bersama teman-temannya, ia sukses berbisnis teh Thailand.
5 tip bisnis modal kecil untung besar ala Susi Pudjiastuti
Salah satu bukti bisnis modal kecil bisa memberi untung besar adalah kisah Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti. Dilansir dari Detik, Susi memutuskan berhenti sekolah dan mulai menjalani usaha bermodalkan Rp 750 ribu.
Dengan modal tersebut, ia mendirikan bisnis perikanan dan terjun langsung ke pelelangan ikan untuk menjualnya pada sejumlah restoran. Tentu saja, perjalanan Susi tak selalu mulus. Tapi, berkat kegigihannya, ia berhasil memasarkan produknya hingga ke luar negeri.
Untuk meniru kesuksesannya,, yuk simak tips berbisnis modal kecil ala Susi Pudjiastuti, berikut ini.
Daftar Judi online Poker Online DominoQQ
  1. Pintar mengelola uang
Dalam berbisnis, kekhawatiran soal uang terkadang dialami, terlebih pada bisnis modal kecil. Oleh sebab itu, kemampuan mengelola uang harus dikuasai atau setidaknya terus dipelajari.
Meski usaha diawali secara kecil-kecilan, pastikan tetap luangkan waktu untuk mengatur dan mengevaluasi arus kas bisnis.
Sebaiknya, hindari mencampur uang pribadi dan uang usaha. Selain itu, pastikan strategi yang dipilih tidak membuat pasak jadi lebih besar daripada tiang.
  1. Fokus
Bagi Susi, sikap fokus adalah salah satu kunci berbisnis untuk pemula. Menurutnya, dalam menekuni bisnis yang dipilih, kita perlu mencurahkan tenaga dan pikiran pada bisnis tersebut.
Bagi karyawan, bukan berarti kamu tak bisa membuka bisnis sebagai usaha sampingan. Asalkan mampu memisahkan urusan kantor dan bisnis, serta tak setengah hati dalam menjalani bisnis, menjalani usaha sebagai pekerjaan sambilan tetap bisa dilakukan.
  1. Tak berhenti berinovasi dan tahu tren
Untuk terus mengikuti keperluan dan minat pasar, Susi Pudjiastuti menyarankan para pengusaha untuk tak berhenti berinovasi. Menurutnya, sangat penting melakukan pembaruan produk atau jasa agar pelanggan tak beralih ke yang lain.
Oleh sebab itu, mau tak mau, sebagai pengusaha kamu harus mengetahui tren yang ada. Bukan berarti harus selalu terbawa arus tren, melainkan melakukan inovasi yang tak ketinggalan zaman dan sesuai kebutuhan pelanggan.
  1. Gigih dan menyukai apa yang dikerjakan
Kesuksesan Susi Pudjiastuti tentu tak akan ia raih tanpa kegigihan. Bukan sekali dua kali ia mengalami penolakan saat menjalani usahanya. Namun, hal itu tak membuatnya menyerah dan berhenti.
Menurut Susi, hal itu bisa ia lakukan lantaran ia menyukai apa yang ia kerjakan. Dengan begitu, ia bisa total dan bekerja keras tanpa perasaan terpaksa. Bagi Susi, menjadi pengusaha bukan hanya soal materi, tapi juga bentuk pencapaian yang layak diraih.
  1. Jangan larut dalam kegagalan
Dalam berbisnis, bukan hanya modal materi yang diperlukan, tapi juga mindset dan mental sebagai pengusaha. Salah satunya adalah tak mudah menyerah dan pantang larut dalam kegagalan.
Susi beranggapan, jika kita terlarut dalam kegagalan, energi yang kita miliki akan terkuras untuk hal-hal negatif, sehingga sulit untuk bangkit kembali. Setiap pengusaha besar pasti telah melewati berbagai kesulitan dan memilih tidak menyerah.

(Baca: Cari Sumber Dana untuk Modal Usaha? Ini 5 Pilihannya)

Penyebab bisnis modal kecil berakhir gulung tikar
Sebenarnya, telah banyak pengusaha membuktikan keberhasilan bisnis modal kecil yang mereka rintis dari nol. Namun, tak dapat dipungkiri bahwa tak sedikit pula bisnis modal kecil yang berakhir gulung tikar. Memang, apa pun jenis usahanya, risiko kegagalan pastilah ada.
Oleh sebab itu, sekalipun dijalani sebagai bisnis sampingan, sebaiknya empat penyebab kegagalan bisnis ini tak kamu lakukan.
  1. Tak ada rencana bisnis yang matang
Meski bisnis kecil-kecilan, wajib hukumnya punya rencana tujuan jangka pendek dan jangka panjang, serta strategi yang perlu dilakukan. Perencanaan yang baik akan memudahkanmu dalam mengembangkan bisnis.
Bayangkan apa yang ingin kamu capai untuk bisnismu dalam beberapa tahun ke depan dan siapkan strateginya. Misalnya, jika kamu ingin usahamu berkembang sebagai bisnis waralaba, tak ada salahnya membuat proposal kemitraan dari sekarang. Dengan begitu, jika sewaktu-waktu ada pihak lain yang tertarik, kamu sudah punya rancangan yang menjanjikan.
  1. Tidak dijalani sepenuh hati
Penyebab satu ini sering terjadi pada bisnis modal kecil. Padahal, sayang sekali mengeluarkan tenaga, waktu, dan uang jika dikerjakan setengah hati. Hanya mereka yang tangguh dan bersungguh-sungguh yang bisa sukses menjalani dan mengembangkan bisnis sendiri.
  1. Kurang promosi
Dalam berbisnis, pemasaran adalah hal utama. Percuma punya produk yang bagus dan berkualitas, tapi tak ada orang yang tahu.
Zaman sekarang sayang sekali jika tak memanfaatkan berbagai sarana promosi yang telah tersedia secara gratis, seperti media sosial. Sebagai langkah awal, kamu bisa menawarkan promo harga miring atau meminta bantuan orang di sekitarmu untuk memberikan testimoni.
  1. Bersikap pasif
Pengusaha tak bisa menunggu pelanggan datang begitu saja. Untuk membuat usahanya berhasil, mau tak mau seorang pengusaha harus selalu berinteraksi dengan berbagai pihak, mulai dari calon pelanggan, calon rekan kerja, hingga sesama pengusaha lain.
Kemampuan membangun jaringan amat penting untuk kemajuan bisnis. Selain itu, dengan berinteraksi dengan banyak orang, terutama sesama pengusaha, ilmu yang didapatkan pun jadi lebih banyak.
https://preview.redd.it/fn32glzhhvu31.jpg?width=861&format=pjpg&auto=webp&s=b9ef70f4d12182264fc358e72f0cf141319922b0
submitted by Evelin_queen99 to u/Evelin_queen99 [link] [comments]


2019.08.22 05:13 liputanindo Pengakuan Ayam Kampus di Palembang Masuk Kedalam Prostitusi Online Dengan Tarif Eksklusif

Pengakuan Ayam Kampus di Palembang Masuk Kedalam Prostitusi Online Dengan Tarif Eksklusif submitted by liputanindo to u/liputanindo [link] [comments]


2019.02.03 13:10 tataarnetta Mantan Ayam Kampus KUMPULAN CERITA DEWASA DAN CERITA HOT TERBARU

Mantan Ayam Kampus KUMPULAN CERITA DEWASA DAN CERITA HOT TERBARU submitted by tataarnetta to u/tataarnetta [link] [comments]


2018.09.13 12:57 ken7017 Ayam Kampus

Ayam Kampus submitted by ken7017 to u/ken7017 [link] [comments]


2018.07.08 07:34 CheckIn365 AyamKampus.Club - Cerita Sex Cersex Cerita Dewasa Cerita Seks Terupdate

AyamKampus.Club - Cerita Sex Cersex Cerita Dewasa Cerita Seks Terupdate submitted by CheckIn365 to u/CheckIn365 [link] [comments]


2018.03.11 23:40 ken7017 Ayam Kampus Tetek Super Montok ML Bareng Pacar

Ayam Kampus Tetek Super Montok ML Bareng Pacar submitted by ken7017 to u/ken7017 [link] [comments]


2018.01.27 07:08 rio_redd indo

[http://bokephd.blog21.net/ayam-kampus-bispak-dientot-kontol-bule.html] [# LINK_TEXT #] bagus, Silakan lihat!
submitted by rio_redd to u/rio_redd [link] [comments]


http://swiebodzin.info