Tante ku sendiri

modal 100rb perbulan ga bisa diapa-apain?

2024.05.18 16:42 First_Prior2232 modal 100rb perbulan ga bisa diapa-apain?

16 tahun, baru masuk sma. ortu ga ada tabungan buat kuliah fully expect buat aku dapet beasiswa. nilai akademik ku biasa" bgt. ortu struggle keuangan. aku jadi agak kepikiran, mending mulai sekarang aku sendiri kumpulin saku buat bantu biaya kuliah, plan B misal ga dapet beasiswa. (cause i think they would actually prepare biaya kuliah cuma ya..mepet). aku bener bener belum "melek" finansial sama sekali, ga ngerti saham, investasi, freelancing, side hustle apapun. kira kira mulai belajar dari mana ya? or even better, mulai nyoba buat ngasilin uang sendiri.
yang udah pasti ada, uang tabungan 2 juta, uang jajan 100rb perbulan dari ortu. ga termasuk makan pokok jadi klo misal ditabung itu bisa banget! if this doesn't sound naive, ga jajan 3 tahun udh kekumpul 3,6 juta maybe i could try doing investment with those. terus mulai belajar kerja sampingan. paling bener ngapain?
submitted by First_Prior2232 to finansial [link] [comments]


2024.05.07 12:45 AnginLembut Lulusan SMA pengen jadi programmer di 'negara konoha'

Halo, newbie di sini.
Jadi gue mau bertanya sama sepuh² IT di sini, tentang suatu bidang profesi yang mungkin bisa jadi secercah harapan untuk masa depan gue tentunya.
Is it possible to learn coding till you are employable level, with only little resources? These are my conditions right now:
1) M23, Lulusan SMA IPS, Introvert Akut 2) Cuma punya satu pc mid-range, nothing else 3) Punya pengalaman kerja sebagai Data Labelling (a lil bit of data analytic skills and marketing), sekarang lg nganggur. 4) Bahasa inggris sangat lancar tapi mentok passive (reading/listening,writing), karena biasanya auto bego kalau udh berdialog inggris. 5) Menemukan suatu situs yang dibangun komunitas programmer luar khusus untuk orang-orang awam atau yang gabisa ke univ (name is "The Odin Project")
Seandainya gue selesai mempelajari semua materinya, entah dalam waktu berapa tahun, apakah masih ada startup atau mungkin korporasi yang memberi kesempatan untuk orang tanpa gelar kayak gue?
Seberapa sulit untuk orang yang level pemahaman logikanya standar, untuk bisa menjadi programmer yang bekerja dengan gaji yang cukup untuk hidup sendiri si kota-kota besar? Dan hanya bermodalkan satu situs, The Odin Project tadi?
So sorry guys kalau bukan tempatnya, boleh bagitau subreddit yang lebih cocok di kolom reply. Anw, pertanyaan ini ga hanya tertuju untuk sepuh IT aja, bidang apapun silahkan, gue butuh kenyataan pahit di sisi recruitment perusahaan, bagi seorang lulusan SMA ini yang menjadikan belajar programming sebagai 'last resort'. Apakah benar-benar ada kesempatan itu untukku? Atau haruskah ku mengejar profesi lainnya?
Thanks in advance✌️
submitted by AnginLembut to indonesia [link] [comments]


2024.05.05 23:30 IsseiMidoriya0410 Reminder That Kusuri Sacrificed Her Experiment To Be In The Overseas Research Team So Hakari Can Be In The Rentarou Family Again

Reminder That Kusuri Sacrificed Her Experiment To Be In The Overseas Research Team So Hakari Can Be In The Rentarou Family Again submitted by IsseiMidoriya0410 to 100Kanojo [link] [comments]


2024.05.01 08:55 le_demonic_bunny Kalian termasuk generasi sandwich yang mana?

Sesuai judul. Keadaan kalian gimana sekarang?
Opsinya :
  1. Classic Sandwich : Mengurus / membiayai orangtua sendiri, kadang termasuk saudara sendiri (kalau punya) + anak sendiri.
  2. Club Sandwich : Mengurus/ membiayai orangtua sendiri, kadang termasuk saudara sendiri (kalau punya) + kakek nenek sendiri + anak sendiri.
  3. Triple Patty Burger : Mengurus/membiayai ortu sendiri, kadang termasuk saudara sendiri (kalau punya) + kakek nenek sendiri + anak sendiri + (Minimal 1 dari ini : ortu pasangan &/ kakek nenek pasangan &/ saudara pasangan &/ anak dari oom &/anak dari tante &/ cucu)
  4. Grilled cheese sandwich : hanya mengurus / membiayai orangtua sendiri &/ orangtua pasangan.
  5. Peanut butter sandwich : hanya mengurus / membiayai orangtua sendiri &/orangtua pasangan + saudara sendiri &/ saudara dari keluarga besar
  6. No Sandwich : Hanya urus diri sendiri.
Buat yg pilih no 4 atau 5, apakah keadaan kalian sekarang mempengaruhi keputusan kalian untuk mempunyai anak (juga dari sisi jumlah)?
View Poll
submitted by le_demonic_bunny to indonesia [link] [comments]


2024.04.26 19:28 kitten1932 Just did my third LPDP interview, gimana sih cara LPDP assign pewawancara ke peserta?

Hi all, ini post pertamaku di reddit since I never had any inclinations to write any. In this case however, aku bener-bener merasa frustasi dan sedih. Aku merasa butuh pov dari orang lain mengenai what has happened during my interview process di LPDP (ku sudah cerita ke orang-orang terdekat, so reddit is not my only place to vent). Didn't find any relevant subreddit, jadi maaf kalau misalnya kurang tepat ya postingannya :(
Hari ini adalah seleksi substansi LPDP ketiga yang sudah kujalanin. Tahun lalu aku daftar 2 kali, dua-duanya gagal di seleksi substansi juga. Pengalaman ku di previous rounds was okay, tiap gagal aku bisa derive sekiranya kenapa sih aku gagal dan try to improve so that I can hopefully succeed di next attempt. Ga pernah juga punya masalah dengan interviewernya. Tapi hari ini aku kedapetan interviewer yang sangat "wah".
Saat pertama kali perkenalan, karena namaku itu sama dengan salah satu penyanyi barat (lets's call her Cecille), interviewer ini (let's call him A) bercanda dan bertanya "wah, kok Cecille ga nyanyi?". Aku balas "Hahah, kalo saya Cecille yang penyanyi itu saya gabakal ada disini pak". His reply was "Iya bisa bedain kok, Cecille mah gemuk kamu engga kok".
Okay, mungkin si bapak A ini memang typical ignorant boomer yang suka becancain fisik wanita. It was a small (albeit tetep unsolicited) comment. I ignored it. Btw disini interviewernya ada 3 ya guys:
  1. Bapak A
  2. Ibu B
  3. Ibu C
Mulailah interviewnya. Awalnya masih aman, Ibu B yang sepertinya psikolog nanya-nanya soal psychological things. It was amicable and respectful. Ketika gantian ke Ibu C, mulai ditanyakan apasih yang mau kucapai di S2 ini, kenapa milih negara yang mau kutuju, dan lain sebagainya. Aku membahas banyak hal dan memang kedapetan pembahasan seperti kenapa aku ga milih S2 di Indo dan apa masalah yang mau ku solve di Indo ini. Disini aku banyak bandingin apa aja yang masih kurang di Indo dibandingin LN. Aku mengingat bahwa hal-hal yang ku bahas itu mostly dari apa yang sudah ku riset, dan dari Ibu C pun juga ga menyangkal data-data yang kubawa. Out of nowhere Ibu C bertanya:
"Oke, kalau gitu misalnya nanti kamu sudah disekolahkan ke LN menggunakan pajak negara yang kamu bodoh-bodohi ini, kamu baka abdcdef...?"
It wasn't the exact wording ya, tapi kira-kira mirip seperti itu. Aku pun kaget karena sepertinya aku memberikan impresi merendahkan Indo dari statement-statement sebelumnya. Aku tidak merasa sudah mengatakan hal yang out of line, tapi aku mikir kalau intensi kita itu mungkin belum tentu dianggap orang dengan tepat. Jadi sebelum menjawab pertanyaan sebenarnya, aku mencoba untuk minta maaf.
Aku: "Oh, bu sebelumnya minta maaf ya kalau saya ngasih impresi seperti membodoh-bodohi Indonesia, saya-" (ini langsung dipotong, dan memang dalam interview bersama Ibu C ini beliau cukup sering memotong pembicaraanku)
Ibu C: "Oh gapapa gapapa. Kan kamu punya asumsi, saya tidak menyalahkan asumsi kamu. Lanjut langsung jawab aja pertanyaannya."
I feel weird. Somewhere during the interview, perkataanku di misinterpret and I can't pinpoint perkataan mana yang menghasilkan impresi itu. Tapi yasudah, aku lanjutkan interviewnya. Akhirnya giliran si Pak A yang menginterview saya.
Guys, it wasn't an interview. The guy literally went batshit crazy. Dia nguliahin aku dan in any given time dia ingin bertanya, dia lakuin itu untuk mojokin aku.
Basically dia punya asumsi bahwa aku ini some arrogant S1 graduate yang gatau apa-apa dan aku nantangin senior-senior yang ada di bidang yang mau kutempuh di S2 (which is him, apparently). Some notable quotes:
"Kamu ini kan istilahnya baru punya gelar S1, tapi seakan-akan lebih tau dari senior-senior di bidangmu yang udah bertahun-tahun di bidangnya"
"Kamu pakai kata 'doang', itu offensive loh" => this is the only tangible indication of where I went wrong, whether whatever data I stated previously was incorrect or not I would never know.
"Kamu manggil saya dan ibu B dan C pakai kata 'kak' itu ga oke loh. Ya mungkin karena kamu kerja di tempat semacam (insert a startup name here)"
Iya, dia marah karena aku sering slip up manggil 'kak' dan dia cukup merendahkan hal itu karena dia melihat itu culture dari startup. But ffs, di startup we don't even use 'kak', we directly use names.
Selain itu dia berusaha menchallenge studi yang mau kulakukan, tapi dia bener-bener gamau dengerin apapun yang kujawab. Dia seperti sudah punya definisi sendiri dan gamau sama sekali untuk menerima apapun yang aku coba jelaskan, ketika aku berusaha untuk menjelaskan dengan elaborate (because it is a complex subject dan a straightforward answer is not gonna cut it), dia bakal motong pembicaraanku, mengulang pertanyaannya secara memaksa dan menyerang hal-hal kecil yang bisa dia serang (nitpicky). From this convo (if it can be called a convo at all), pak A ini ga melihat apa yang mau aku pelajari itu sesuatu yang real tapi dia juga ga mencoba untuk mendengar apa yang mau kusampaikan. Dia lagi-lagi kembali ke gagasan bahwa aku ini sok tau dan ga seharusnya aku merendahkan (dan memakai kata 'doang') in the first place. Semua point yang dia bawa ke argumen ini sebenernya bisa kusanggah dan ingin sekali rasanya aku menjelaskan pov ku, but he really didn't give a damn.
Bahkan I tried apologizing 2 times untuk own up to my possible mistakes. I don't want to offend anyone, dan aku ingin bisa kembali untuk membicarakan yang seharusnya dibicarakan di seleksi substansi pada umumnya. Tapi semuanya tidak didengar karena langsung dipotong.
Aku nahan nangis sepanjang sisa interview itu, karena aku ga dikasih kesempatan untuk present my case, kenapa aku mau kuliah S2 dan apa yang membuat aku bisa mencapai goal yang ingin kulakukan setelah lulus S2. He didn't even ask about the universities I want to go to (padahal aku udah dapet LoA di salah satu uni bagus di UK). Mind you, ini question ter-basic sepanjang sejarah seleksi substansi LPDP yang memang harusnya dibahas. Dan semua ini terjadi karena pak A benar-benar ga professional dalam mengatur emosinya sebagai pewawancara. Honestly kalau memang benar aku membuat kesalahan during the interview, I would own up to it. Tapi mau membuat kesalahan seperti apapun, ga seharusnya pak A malah merendahkan aku, memojokkan aku dan memotong pembicaraanku di setiap saat dia rasa aku ga menjawab sesuai ekspektasinya. Interview dengan pak A itu bahkan 80-90% dia yang berbicara, bukan aku sebagai peserta yang diberikan waktu untuk bercerita.
Pada akhirnya, interview selesai dan aku diberikan waktu untuk mengatakan closing statement. Disitu aku berterima kasih dan juga mengharapkan mereka untuk sukses, walaupun pak A hanya menjawab "Kok jadi kamu yang pengen kita sukses, harusnya kita yang doain kesuksesanmu. Kita mah disini diem-diem aja hahaha".
Segera setalah aku leave Zoom meetingnya, aku melepas tangis selama kurang lebih 2 jam :')
Aku ini orangnya sangat berhati-hati dalam bicara dan dari semua good feedback yang orang kantorku sering kasih, strong point ku selalu ada di bagian komunikasi (especially since I work as a software engineer). Aku juga sangat nyaman melakukan interview, I consider it as my forte during any selection process. Aku ga nyangka journeyku selama 1,5 tahun kebelakang dalam persiapan S2 ku akan berakhir karena aku give a wrong impression during the interview. So much time and money wasted.
It makes me wonder, sebenarnya gimana sih pihak LPDP memilih seorang interviewer? Identitas interviewer disamarkan sehingga aku juga gabisa nebak-nebak apa sih profesi si pak A ini. I guess they do it on purpose supaya gaada kasus sakit hati seperti diriku yang berujung fatal ya haha.
Anyway, aku sayangnya gabisa ngasih banyak detail mengenai banyak hal karena mau maintain anonymity jadi pasti gabisa determine apa yang went wrong gitu. Aku pun masih gatau aku terdengar seperti apa pas interview sehingga bisa memancing respon seprti itu dari pak A. All that I have done itu cuma ngisi survey setelah interviewnya, disitu aku complain mengenai treatmentku dalam interview kali ini. Tapi entahlah, kayaknya gaakan ada tanggapan apapun dari pihak LPDP.
Yang udah baca sampai sejauh ini, terima kasih yaa. Semoga kalian sehat-sehat terus dan terhindar dari orang-orang seperti pak A (dan mungkin dari orang arogan seperti diriku lol).
submitted by kitten1932 to indonesia [link] [comments]


2024.04.26 16:35 Craft099 Shin-tae-yong husbando.

Wah, wah, di mana saya harus memulai. Shin-tae-yong... sayang, beruang pookie-ku. Aku mencintaimu sejak pertama kali aku melihatmu. Cara kau mewarnai rasa ketakutan di mata musuh kau. Sentuhan halus Anda di sekeliling gawang itu, dan lompatan indah itu. Saya akan melakukan apapun untukmu. Saya berharap waktu dapat dibekukan sehingga saya tidak perlu melihat cintaku pensiun.
Kamu memiliki masa kecil yang sulit, tetapi kau tidak pernah putus asa. Kamu bahkan luar biasa di luar lapangan, kamu adalah suami dan ayah yang hebat, terkadang aku bahkan memanggilmu ayah.
Saya selamanya takut dan menangis, memikirkan hari dimana suatu hari nanti Shin-tae-yong ku akan pensiun. Aku akan mengorbankan hidupku sendiri, itulah satu-satunya hal yang bisa membuat wajah tampan mu tersenyum.
Kau telah memberi saya begitu banyak kegembiraan dan patah hati selama bertahun-tahun. Aku ingat saat kau diperlakukan lalu dikeluarkan meninggalkan Korea dan rasanya hatiku hancur berkeping-keping.
Tapi air mata masih menetes dari mata kananku saat aku melihatmu memenangkan kejuaraan ke-2 AFF 2020, karena jauh di lubuk hati, rajaku yang mulia pantas mendapatkannya. Aku hanya ingin kamu kembali ke Indonesia.
Lalu, ya, bayi laki-lakiku yang manis pulang dan aku bersukacita. Tahun 2020 adalah tahun yang berat bagi kami sayang, namun di tahun 2024 kamu membuat sejarah terjadi. Anda bangkit dari kedudukan 1-1 (11-10 penalti) dan saya tidak dapat mempercayainya.
Aku menangis, bahkan menangis, dan aku mendengar rajaku yang mulia berseru, "KABUPATEN CIBINONG, INI UNTUKMU!" Anda tidak hanya mengubah permainan bola dan dunia selamanya, tetapi Anda juga mengubah dunia saya selamanya. Dan sekarang kamu semakin tua, tapi tetaplah kambing, kambingku. Aku mencintaimu beruang pookie, rajaku yang mulia, Shin-tae-yong.
submitted by Craft099 to indowibu [link] [comments]


2024.04.26 15:12 Mekopantsu cara melihat kembali post dari akun redditor r/indonesia yang sudah di takedown/suspended.

cara melihat kembali post dari akun redditor indonesia yang sudah di takedown/suspended.
nyahooo~ everyone!!!!! (ノ◕ヮ◕)ノ*:・゚✧
Mekopantsu here for help. (ciaww!) =͟͟͞͞ =͟͟͞͞ ヘ ( ´ Д `)ノ
so... beberapa waktu yang lalu gw sempat melihat salah satu postingan di indonesia tersayang ini oleh user u/Lintar0 tentang salah satu penulis terbaik di sub-reddit ini: u/annadpk yang belum lama ini akun nya di suspend karena alasan tertentu. indeed it's a sad thing to hear because he/she covers so many things about indonesia. (just in case don't know yet.)
post original yang aku mention: worth to read!
Namun pernah nggak sih kalian kepikiran sebagussetelah melakukan beberapa research dan uji coba dari berbagai macam situs dan saran dari orang lain. Jadi hari ini saya mendedikasikan kepada kalian untuk sharing bagaimana caranya melihat kembali postingan indonesia dari akun/user yang sudah hilang.
special thanks untuk subreddit reddithelp

Note: sebenarnya walaupun akun, postingan, dan komen yang sudah di delete oleh personal maupun pihak lain sekalipun. sebenarnya masih bisa di index kembali oleh Google. Namun pada kasus tertentu perlu penanganan khusus karena kejadian yang terjadi berbeda. semisal:

1.bila akun sudah di delete sebenarnya postingan nya masih bisa dilihat kembali di Google asalkan kalian masih hafal betul title dari post yang pernah di post sebelumnya.
  1. bila postingan nya yang di hapus maka cara yang paling mudah adalah memiliki url dari postingan yang sudah di hapus. namun apakah bila tidak memiliki url maka masih bisa melihat post lagi? jawabanya adalah "mungkin". if you're fast enough and lucky. karena Google "biasanya" memerlukan waktu yang cukup lama untuk menghilangkan hasil pencarian dari post yang sudah di hapus. biasanya memerlukan waktu 2-3 bulan. (namun hal ini tidak pasti. sehingga jangan terlalu tegang. coba search dahulu di Google search engine.)
  2. bila komen yang kalian cari maka ini bukan post yang didedikasikan untuk melihat komen yang di delete, sorry. (sad face...* ╥﹏╥ ) but anyway.... gw ada situs yang bisa menjadi arahan bila ini yang kalian cari. tadaaa!!!

Tips & trick!

  1. selalu memiliki url! jangan jadi pemalas. jika postingan itu bermanfaat maka simpan lah sebagaimana kalian menyimpan buku.
  2. kenali siapa OP atau Original Poster nya. misal u/mekopantsu yang nerdy ini... (T▽T)
  3. selalu arsipkan dalam bentuk apapun. bisa dalam bentuk screenshot, text copy paste, atau bila niat bisa kalian unggah di internet archieve.

Okay! cukup basa-basi nya. Tanpa menunggu lama lagi berikut adalah beberapa cara yang bisa kalian gunakan untuk melihat kembali postingan bermanfaat shitpost yang sudah pernah kalian lihat sebelumnya. Namun untuk yang kali ini akan aku dedikasikan untuk melihat kembali postingan u/annadpk .

Cara pertama, gunakan situs Pullpush.io

mirror url: https://ihsoyct.github.io/index.html
quick links: https://search.pullpush.io/
situs archieve ini memungkinkan kalian mencari postingan reddit berbasis index username dan subreddit. sehingga untuk menggunakan situs ini kalian harus tahu siapa nama redditor nya sekaligus subreddit yang ia tuju ketika membuat postingan.
tutorial singkat: pada bagian USERNAME ketik nama redditor yang ingin kalian cari lalu pada bagian SUBREDDIT ketik subreddit yang redditor tersebut tuju.

TESTIMONI


HOREEE! SEKARANG KITA BISA MELIHAT POSTINGAN u/annadpk lagi!!! (*≧∀≦*)

CARA KEDUA, GUNAKAN SITUS UNDDIT

Cara kedua yang kali ini cukup mudah. namun hanya bisa berguna bagi kalian yang masih memiliki url dari postingan yang dihapus. cara nya cukup ubah url post menjadi url unddit itu sendiri yang sudah tertera di situs utama. Namun... aku cukup notice beberapa redditor di pushshift mengatakan bahwa situs ini sudah berkurang kemampuan nya karena alasan tertentu yang aku sendiri juga lupa apa alasan nya. intinya ada violation di bagian bla bla bla whatever. jadi goodluck menggunakan situs ini.

╮(╯_╰)╭

cara ketiga, gunakan situs reveddit

nah. situs ketiga ini mirip cara penggunaan nya dengan situs utama. cukup masukan nama username nya lalu boom! ketemu deh.

testimoni


hehe, bahkan komentar ku dari postingan yang udah di hapus sama momod aja masih ada lho...
YATTA, SELESAI!
ITULAH BEBERAPA CARA YANG BISA KALIAN LAKUKAN UNTUK MENCARI POSTINGAN DARI USER YANG SUDAH DI HAPUS. LONG LIVE FREE SPEECH RAAAAAHHH! (╬⓪益⓪)
aku harap postingan ini bisa membantu kalian dalam mencari dan me-recovery informasi penting terkait postingan indonesia yang hilang namun bermanfaat. sebenarnya masih ada beberapa cara lain seperti menggunakan internet archieve atau yang lain namun aku rasa ketiga cara ini masih merupakan cara yang lebih ampuh dibandingkan cara yang tidak aku sebutkan. oke, sampai segini saja dari mekopantsu. kalau kalian menemukan cara yang lebib baik atau post user lain yang ingin kalian recovery, bisa kalian tulis di komentar.
oke! sampai segini dahulu. mekopantsu out! (whoosh!) ─=≡Σ((( つ•̀ω•́)つ

submitted by Mekopantsu to indonesia [link] [comments]


2024.04.08 06:15 irpansudirja96 Jayko - Belajar Rap

Aku tak tau apa-apa tentang musik rap Dan jalanan ajarkanku untuk tak gila 'respect' Bila kau lebih hip hop, OK beri hormat Bila kau lebih tau, OK kasih hormat
Aku penikmat kopi coba seduh sendiri Buah ku petik semua asli ibu pertiwi Pengalaman hidupku berikanku nutrisi Tak ingin jadi poser yang lupakan tradisi
Bicara soal akar, berlomba paling pakar Paling lama berlayar berasa bisa ajar Homat atau uang? kau bisa pilih dua Awal keduanya cukup dengan kata gila
Kau lama dijalan, kau di perumahan Beralaskan jordan mahal teriak kerendahan Hatimu mungkin perlu banyak pencerahan Masih yang banyak pusing untuk sekedar makan
submitted by irpansudirja96 to 360titikdua [link] [comments]


2024.04.02 13:28 Tall_Recognition7749 please translate this indonesian language

haruskah ku terus bersama denganmu sementara kau tak peduli padaku hampir habis sudah ke sabaran ini semua ini ku terlalu tahan sendiri kurang apa hidupku padamu kau yang tahu betapa
submitted by Tall_Recognition7749 to indonesian [link] [comments]


2024.03.14 04:10 lightside09 Headset Logitech Gpro x Wireless mic feedback

Guys cara mengatasi mic dari headset logitech gpro x wireless yang fedback sendiri gimana.saat aku bicara aku dengar juga suara ku di telinga
submitted by lightside09 to LogitechG [link] [comments]


2024.03.11 18:57 PenSillyum Kenangan Ramadan

Share kenangan Ramadan kalian dong. Sekalian nostalgia masa kecil di kampung halaman. Dulu ada ritual bareng keluarga atau temen2 nggak? Yg sekarang udah punya keluarga sendiri, ritualnya dibawa ke keluarga inti kalian nggak? Buat yg nggak ikut merayakan Ramadan juga boleh ikut jawab.. siapa tau ada yg dulu suka ikut bukber di kampus pas lagi nongkrong bareng sore2 atau digrebek satpol waktu makan siang di warteg.
Kl saya dulu (waktu usia SD) rajin taraweh bareng anak2 tetangga yg lain. Pergi-pulang bareng nggak ditemenin orang dewasa. Kyknya cuma di event ini aja kami dibolehin pergi malem tanpa chaperone. Mungkin karena di jalan juga rame sama yg ke Masjid, jd lebih aman.
Dulu belum jaman teriak2 pakai toa Masjid, jd masih damai bgt. Puncak ramenya pas malam sebelum Lebaran aja, ada yg pukul2 bedug naik truk keliling kota. Saya dan sepupu2 juga main kembang api sambil nonton orang2 pukul bedug, kumpul semua di rumah tante yg paling dituakan. Ketupat udah jadi, biasanya lagi digantung2 di jemuran buat besok harinya.
submitted by PenSillyum to indonesia [link] [comments]


2024.03.06 09:10 Surohiu Reuni keluarga selanjutnya akan terasa sangat spesial bagi mereka berdua👍

Reuni keluarga selanjutnya akan terasa sangat spesial bagi mereka berdua👍 submitted by Surohiu to indonesia [link] [comments]


2024.02.25 12:42 upperballsman Perjuangan sampai Darah Penghabisan, Review Singkat Buku "Ahu Sisingamangaraja XII"

Perjuangan sampai Darah Penghabisan, Review Singkat Buku

https://preview.redd.it/tyhb6wzhxpkc1.png?width=184&format=png&auto=webp&s=8c62a97495dff67fbd60f15d355bebb8dd3dad7e
Saya expect buku2 di zaman late orba ini bakal tipikal kental sekali dengan nasionalisme berlebih and nothing more, ternyata saya salah. Berapa kali kita pernah dengar ungkapan "berjuang sampai titik darah penghabisan?" dab berapa kali kah sekiranya itu secara harfiah kejadian? dalam ingatan saya, tidak terlalu sering, relatively kebanyakan pahlawan mengakhiri perjuangannya dengan penangkapan dan pengasingan.
Tapi tidak dengan SSMRXII ini, secara harfiah, betul betul, satu keluarga besar, diburu dalam perjuangan sampai akhir hayatnya, dan pada akhirnya SSMRXII pun mengakhiri hayatnya dengan peluru pecah di hatinya.
Secara isi, buku ini boleh disandingkan dengan karya besar buku pertokohan semacam Pangeran Sambernyawa nya MC Ricklefs, atau Iskandar Muda nya Lombard, dalam 500 an halamanya, semua konteks dijelaskan secara runut. Tentang Geopolitik Toba dengan sekitarnya, tentang kondisi sosial masyarakat pada saat itu, tentang keterlibatan Zending didalamnya, benarkah SSMRXII adalah islam, dan jalanya Perang Toba dijelaskan betul2 secara runut dengan sitasi yang padat.
Satu karakter yang mencolok dari SSMRXII yang paling mencolok bagi saya adalah, seberapa genuine nya dia, dalam banyak hal, contohnya:
  1. SSMRXII, dalam naskah karya salah satu anaknya yang menjadi penyintas, tdk malu-malu menggambarkan "SSMRXII Menangis" di momen2 emosional, saya sangat relate dan senang bahwa depiksi "cowok gk boleh nangis" ini dientaskan mentah2 dalam kepribadian Batak Toba ini. Raja Buntal (Anak SSMRXII) menggambarkan momen momen itu tanpa mengurangi sifat tegas SSMRXII, malahan menghighlightnya, bahwa dia benar2 peduli terhadap rakyatnya dalam tingkat emosional.
  2. Salah satu perkataan SSMRXII pada publik bahwa "kita berperang bukan karena hutang nenek moyang, atau hutang bapak ku, atau hutang ku!!!". [1] ini adalah pernyataan yang genuine. dalam perspektif Batak Toba, penyebrangan infranti ke Bahal Batu adalah hal yang absurd dan tidak beralasan! Batavia memanfaatkan permohonan dari Zending Jerman untuk mengamankan daerah Silindung sebagai alasan invasi, namun dari pihak SSMRXII sendiri pun sudah berkomitmen untuk tidak menganggu Zending asalkan bukan asal Belanda (efek trauma perang padri).
  3. SSMRXII dalam suatu perencanaan pembicaraan perdamaian sudah menyiapkan segala keperluan pesta dan sapi sapi untuk disembelih, karena Ia percaya-respek terhadap perkataan musuh yang dilihatnya setara itu, namun apa boleh buat, Belanda ternyata memang tidak bs dipercaya, Alih2 menyantap sapi bersama2 surat rahasia gubernur jenderal membuat hanya adanya peperangan hari itu.
Kalau ada salah satu kelemahan di buku ini adalah, bagaimana Prof Sidjabat menggambarkan Pihak Zending sebagai 100 persen tidak bersalah. Memang betul kalau pihak Zending tidak menghendaki kekerasan yang berlebihan. namun seperti yang telah dibuktikan Uli Kozok dalam "Utusan Damai dalam Perang", cukup jelas bahwa pihak Zending Jerman memang ingin Belanda campur tangan di Sumatra Utara. inisiatif Zending itu nyata.
All in all, a very good book, 8/10 .
[1] Mungkin SSMRXII disini merujuk pada banyaknya kesultanan pesisir yang terjerat kontrak Belanda karena memiliki banyak Hutang dari hasil DP Belanda kepada mereka yang tak sesuai kontrak awal, misalkan seperti Kesultanan Jambi di masa lampau.

submitted by upperballsman to NusantaraRaya [link] [comments]


2024.02.23 03:19 mrcowcowcow Tiket HK2024, sekadar teguran

Assalamualaikum semua. I was planning to post in English but for the sake of everyone, I'll be using both language (Malay and English).
Pertama sekali, Selamat Hari Kebangsaan untuk semua warga Brunei, semoga kitani semua beroleh keberkatan yg berpanjangan dan sentiasa merdeka dunia akhirat.
Sekadar teguran, just this morning, some of us came as early as 6.00am, everything goes well, we met some new people, becerita, sharing life stories etc.
However theres few people, Bruneian babu2 and some old guy sasak2 dapan gate. He's talking loudly in front of the gate and Its so obnoxious and stupid. As Bruneian, saya sendiri malu meliat ulahnya. I'll just list his complaints :
  1. Kenapa nda buka awal?!! (8.00am)
  2. Baru tah kan briefing?!! Dari tadi nda briefing (8.00am)
  3. Dorg ani lintas2(ticket workers), orang beribu sudah dtg!! (Despite not even 100 people in attendance)
  4. Eh astah, ku rujuh krg pintu ani (As a form of threat)
  5. More nonsensical talks and being loud.
From the babu2 section:
  1. Dimanakani masuk?!!
  2. Kami dari tadi sudah ni!!
  3. Siapa tah dulu masuk ni?!!
From the queue:
  1. Random undisciplined old guy cutting the line and gone straight to the front.
Kesimpulannya, bagi orang2 Brunei yg diberkati Allah SWT. Santai saja mengambil tiket atu hari jumaat ni, kalau yg awal, di dapan, kalau yg akhir, paham2 saja back of the line. Inda perlu kitani sasak2 pagi2 hanya kerana sekeping tiket.
Nda wajib tu tiket ah, hal dunia saja, kalau nda ampit pun nda jua tani masuk neraka. insyaAllah kalau rezeki tani, ampit tu ticket ah. Jgn sampai kita memarahi pekerja minta bukakan gate awal.
Dorg pun ada tugas dorg dan dorg pun berusaha menjalankan tugas dengan baik. Hati2 biskita atu beumur sudah sorg2, jagatah disiplin dan sopan santun atu.
Kami yg diblakang bebaris ani pun malu meliat ulah kita, percuma saja bekopiah betudung kalau ganya pasal sekeping tiket pun mental mcm giuk angus.
Jalani saja dengan tenang, banyak lagi orang queueing up sampai bepanas, nda pun dorg bising2 dapan gate.
Kesimpulannya, sabar dan jagalah disiplin. Banyak lagi Bruneian non Muslim tani mengambil tiket, nda jua dorg bising2. Tani org Brunei yg tarang2 Islam ani pulang sasak2.
Mudah mudahan tani semua diberkati Allah SWT dan semoga urusan tani isuk berjalan dengan lancar, Salam Jumaat dan Selamat Hari Kebangsaan.
submitted by mrcowcowcow to Brunei [link] [comments]


2024.02.18 06:20 barudak-well Tolong Buatkan Puisi Tentang PR

Tolong Buatkan Puisi Tentang PR

https://preview.redd.it/kywfsedl3ajc1.jpg?width=1018&format=pjpg&auto=webp&s=f5808054ba05c60753938efa5e29b8e35a4772ba
Tolong Buatkan Puisi Tentang PR
Jawaban :
Puisi Tentang PR 1
Setumpuk kertas putih di meja Menunggu tulisan dari coretan pena Pertanyaan pertanyaan menunggu dijawab Soal soal menunggu pemecahannya
Kutulis lembar demi lembar namun terasa tak ada habisnya kepala penat tangan berteriak kelelahan wahai soal mengapa kau tak cari penyelesaian sendiri?
angka demi angka terjawab huruf dan kalimat telah dituliskan kepada setumpuk kertas putih di meja jangan kau kembali di esok hari
Puisi Tentang PR 2
Matahari telah naik sepenggalah Aku berjalan dengan lunglai Setumpuk pekerjaan dan tugas, Diberikan bu guru hari ini
Tiba dirumah.. Ku buka pekerjaan itu Angka dan hurufnya seakan memenuhi kepalaku Serasa seperti pecah kepala ini
Namun, ku kerjakan juga pekerjaan itu Tanpa mengeluh, Walaupun hampir tak mengerti Kubuka buku cetakku Kucari jawabanya Kutulis di kertas putih Seakan pena itu menari2 di atas kertas Ikuti setiap goresannya
Puisi Tentang PR 3
Beban Tumpukan Kertas
Tumpukan kertas bagai gunung menanti, Menyapa di meja, bagai monster diam. PR dan tugas, bagai mantra terukir, Menekan jiwa, menguras semangat.
Buku terbuka, pena di tangan gemetar, Kata demi kata, bagai teka-teki rumit. Otak berputar, mencari jawaban, Namun lelah mendera, kelopak mata terkulai.
Jam terus berputar, malam semakin larut, Tidur pun tertunda, demi menyelesaikan tugas. Harapan tuntas, menjadi pelipur lara, Meski esok pagi, mata sembab menyapa.
Beban PR dan tugas, bagai pisau bermata dua, Mendidik diri, namun merenggut keceriaan. Semoga kelak, ada solusi yang bijaksana, Agar belajar terasa indah, tanpa beban yang merana.
Sumber : https://barudakwell.com/tolong-buatkan-puisi-tentang-p
submitted by barudak-well to barudakwell [link] [comments]


2024.02.18 06:20 barudak-well Tolong Buatkan Puisi Tentang PR

Tolong Buatkan Puisi Tentang PR

https://preview.redd.it/itaax2xh3ajc1.jpg?width=1018&format=pjpg&auto=webp&s=81290f626771b759ac5d066ec00a6ce1a8339935
Tolong Buatkan Puisi Tentang PR
Jawaban :
Puisi Tentang PR 1
Setumpuk kertas putih di meja Menunggu tulisan dari coretan pena Pertanyaan pertanyaan menunggu dijawab Soal soal menunggu pemecahannya
Kutulis lembar demi lembar namun terasa tak ada habisnya kepala penat tangan berteriak kelelahan wahai soal mengapa kau tak cari penyelesaian sendiri?
angka demi angka terjawab huruf dan kalimat telah dituliskan kepada setumpuk kertas putih di meja jangan kau kembali di esok hari
Puisi Tentang PR 2
Matahari telah naik sepenggalah Aku berjalan dengan lunglai Setumpuk pekerjaan dan tugas, Diberikan bu guru hari ini
Tiba dirumah.. Ku buka pekerjaan itu Angka dan hurufnya seakan memenuhi kepalaku Serasa seperti pecah kepala ini
Namun, ku kerjakan juga pekerjaan itu Tanpa mengeluh, Walaupun hampir tak mengerti Kubuka buku cetakku Kucari jawabanya Kutulis di kertas putih Seakan pena itu menari2 di atas kertas Ikuti setiap goresannya
Puisi Tentang PR 3
Beban Tumpukan Kertas
Tumpukan kertas bagai gunung menanti, Menyapa di meja, bagai monster diam. PR dan tugas, bagai mantra terukir, Menekan jiwa, menguras semangat.
Buku terbuka, pena di tangan gemetar, Kata demi kata, bagai teka-teki rumit. Otak berputar, mencari jawaban, Namun lelah mendera, kelopak mata terkulai.
Jam terus berputar, malam semakin larut, Tidur pun tertunda, demi menyelesaikan tugas. Harapan tuntas, menjadi pelipur lara, Meski esok pagi, mata sembab menyapa.
Beban PR dan tugas, bagai pisau bermata dua, Mendidik diri, namun merenggut keceriaan. Semoga kelak, ada solusi yang bijaksana, Agar belajar terasa indah, tanpa beban yang merana.
Sumber : https://barudakwell.com/tolong-buatkan-puisi-tentang-p
submitted by barudak-well to u/barudak-well [link] [comments]


2024.02.18 03:53 maminya_mahae my love story #1

hai, hilmi. mungkin kamu nganggep ini kaya perkataan orang bodoh yang obsess sama kamu, tapi kamu harus tau, ini hal yang pengen aku bilang ke kamu dari lubuk hatiku paling dalam.
aku ketemu kamu di sekolah, tepatnya ruang 11 sekolah kita. ruang kelasku, kamu di bangku nomor satu sedangkan aku di bangku nomor delapan belas. pas itu kita lagi kelas btaq, pas aku denger suaramu, aku kagum, banget. suaramu merdu, mi.
aku ketemu kamu lagi di kelas bahasa inggris, kita sekelas lagi. aku ngeliat kamu.. lucu banget. aku pas itu nggak ada rasa apapun sama kamu kecuali kagum. satu hari, aku nganterin benieng ke kamar mandi. ada dua kakak kelas yang bilang kalo "benieng, kamu deket ya sama hilmi? aku temen sekelas kakaknya" dan mereka kaya ngeship kamu sama benieng, aku diem aja terus ketawa dikit. aku nggak cemburu, karna pas itu juga.. aku belum suka kamu.
makin lama, aku makin ngeliatin kamu, kamu itu.. lucu, banget. caramu ngobrol sama orang, caramu ngomong bahasa inggris, caramu memperlakukan orang, caramu buat bikin semua orang di sekitarmu seneng. aku suka.
satu hari, aku lagi di kopsis. duduk, mau masang sepatu. disebelahku itu kamu, yang sayangnya kakimu lagi cidera, keseleo, garagara kamu sendiri lari larian pas lagi olahraga. lucu, kamu ngerengek ke mamamu, bilang "gamau digendong, malu ada cewe". itu pertama kalinya aku punya another feeling buat kamu, hilmi.
akhirnya aku sering ngeliatin kamu, caranya kamu berinteraksi sama orang, caranya kamu senyum, caranya kamu ketawa. semua yang kamu lakuin, aku liatin dan aku dengerin, hilmi.
aku coba tanya faradisa tentang kamu, akhirnya aku memberanikan diri buat minta nomor kamu dan ngechat kamu, mi. maaf, di awal kita chatan aja aku bikin masalah, maaf ya, aku cuma bercanda sama faradisa pas itu hehe.
akhirnya aku tau, kamu anaknya ceroboh, dan lupa akan sesuatu. pas kamu mudik, aku ngetawain kelucuanmu yang dua kali salah lokasi, lucu banget. dan kamu anaknya suka sharing, suka cerita. what if kamu jadi pacarku, mungkin kamu tiap hari ngespam 100 unread yang isinya a day in ur life ya? hehe, lucu deh.
akhirnya aku juga tau kalo kita punya kesukaan yang sama, yaitu sama sama suka outer space! aku seneng banget pas tau, karna akhirnya kita bisa punya topik pembicaraan.
kamu inget ngga? pas aku ada bikin masalah kecil itu? yang sampe kamu bilang "masalah kecil nggausah dibesar-besarkan." maaf ya hilmi, maaf banget. aku bertingkah kaya gitu pasti kamu risih banget ya? that's why we can't have a relationship. issues ku terlalu banyak, hil. aku nggak pantes buat kamu. aku trust issue, aku juga ngerasa lancang buat bilang "soulmate things" ke ryuza dan faradisa. so ya, maaf ya?
aku pernah ngucapin kamu ucapan ulangtahun ke kamu hil, yaa walaupun ngucapinnya lewat faradisa dan ryuza, semoga pesannya tersampaikan ya. kalau belum, happy birthday, sayang.
i think it is enough for now karna ini cuma cerita tentang how we met? so ya, see u there.
submitted by maminya_mahae to u/maminya_mahae [link] [comments]


2024.02.14 00:27 Western_Jeweler_8121 Ijin bertanya : yes or no

Jadi dulu aku suka melukis badan aku sendiri hingga satu moment aku sadar bahwa aku gak bisa melukis punggung ku. jadi aku ada keinginan melukis punggung orang secara langsung dengan cat kuas , tapi aku malu jika meminta dari keluarga atau teman , aku merasa dapat tatapan judge buruk dan apakah menurut kalian pesan BO itu boleh ? Atau ada saran lain ? Jika BO aku gak mau di layanin cukup minta jadi patung dan aku menggambar di punggung saja. Kalau laki takut pada mikir aneh aneh .
Fyi aku F jadi gak mungkin aku lesbi or something , jelas saya suka laki. Klo anak anak saya gak mau nanti dikira pedofil
submitted by Western_Jeweler_8121 to indonesia [link] [comments]


2024.02.13 05:20 yakudayamitsubishi 33 M4R Online - Cari Teman Mobile Legends

tidak basa basi. saya cari temen mabar online. mau tua muda laki perempuan bodo amat. yang penting vibes nya positif dan pengen menang tanpa perlu ada unsur saling sok jagoan.

ini kriteria yg saya cari:
- punya discord & wifi. - gak harus jago, tapi pengen menang. - rank bebas role bebas. - device setidaknya layak untuk main grafik medium 60fps. - pertemanan oke, romance dilarang keras. - prefer umur 25-40, tapi bebas banget. saya kebetulan ada discord server isinya om tante copo fashion show. kalau cocok sama mereka, nanti saya invite. - punya mentalitas ingin berkembang, sadar kemampuan, aktif mempelajari recent meta & patch. - tidak bacot dan kebal bacotan orang. - anti cheat, penggunaan joki, room VPN, dan eksploitasi lain nya. - tidak ada pinjem2an duit saya udah gembel masih aja mau dipalakin.

sekilas tentang saya:
- teman2 saya copo konsisten. belakangan ngerasa jago & baperan karena MMR pada naik provinsi, tapi main masih kayak epic. jadi saya lebih sering solo. - saya pun gak jago. tapi setidaknya masih mencoba untuk menang, tidak ngotot pake hero abal2 duduk manis di lane. saat ini post dibuat, bintang 27 kayaknya. akun master - epic ada juga. - biasa saya push rank di minggu 4-8 setiap season sampe mythic 25, sisa nya classic. paling ranked sesuai ajakan. tidak pernah kejar MMR, cuma pengen menang aja. - jadwal main tengah malam sekitar 11PM-3AM WIB, tapi kadang di jam lain juga main. - device aman ultra ultra, wifi 75Mb/s pake sendiri ping stabil tapi 20-50ms (WITA maklum). - role balanced, tapi favorit nya core (jungle roam gold). - hero fav kebanyakan. - jung: fanny benedetta gusion lancelot barats - mid: kagura novaria eudora nana lylia yve valentina lunox - mm: beatrix kimmy ixia karrie lesley hanabi brody clint layla popolkupa - roam: jawhead franco johnson kaja selena natalia hylos belerick lolita grock hilda - exp: chou yuzhong dyroth minsitthar freya - gameplay niatnya yg punish aggressive gitu, tapi sering gak dapet follow up atau kadang malah saya yg lugu ketakutan. - saya tidak pernah chatting in game. palingan pake quick chat. kebal bacotan segala rupa. - moba kliklik 2013-2017, MLBB start dari starlight roger.

semoga dapat teman mabar. kalau saya terlalu copo, tinggal ghosting aja juga gakpapa.
submitted by yakudayamitsubishi to IndoR4R [link] [comments]


2024.02.07 08:25 friedsoyabeanpatty Dear recruiters/HRs of r/Indonesia: is not having a linkedin account really a "redflag"?

halo semua :)
selalu denger kalau akun linkedin sekarang ini seperti sebuah kewajiban/bare minimum, basically lu ga punya linkedin = you don't exist. how true is this?
posisi ku sendiri sekarang adalah mahasiswa tingkat akhir yg lagi skripsian. ga punya linkedin bukan karena males/gengsi, tapi karena setiap kali bikin selalu kena restricted for no reason (udah bikin 3 kali, dan no bukan karena ngespam atau minta connection sana-sini, bahkan 2 akun terakhir belom diapa-apain). udah nyoba verify identity selalu gagal dan costumer service linkedin basically non existent.
dan jujur sekarang udah memutuskan untuk sekalian ga punya aja. how do i put myself out there without having one? apakah platform lain seperti jobstreet, glints, etc udah cukup? apakah aku harus khawatir soal nyari pekerjaan in the future?
terima kasih
(bingung flair apa)
submitted by friedsoyabeanpatty to indonesia [link] [comments]


2024.01.25 10:15 moongladly Saran Ubah Lokasi Kerja Remote

Hi! Aku f22 baru mau kerja di perusahaan dan remote. Gajinya disesuaikan sama domisili. Tapi yang jadi masalah adalah aku bulan maret mau pindah ke Bali dimana gajinya jauh lebih rendah dari domisiliku sekarang. Untuk lokasinya sendiri ditentuin berdasarkan lokasi chrome aku. Kira-kira ada saran gak ya biar aku bisa pindah ke bali tapi tetep dapet gaji domisili ku yang sekarang? Atau ada saran VPN khusus kota di Indonesia mungkin? Terima kasih banyak!
submitted by moongladly to indonesia [link] [comments]


2024.01.22 11:43 soundTeMP rekomendasi tablet untuk orang tua

jadi tante saya masih pake tablet samsung dari tahun 2015, surprisingly masih bisa jalan tapi suka ngefreeze. mau minta rekomendasi tablet yang bagus untuk orang tua yang gaptek banget.
terima kasih sebelumya! :)
submitted by soundTeMP to indonesia [link] [comments]


http://swiebodzin.info