Www.cerita lucah bini aku.com

Just found out my "gf" is seeing another dude behind my back. Feel like I've been stabbed in the back and burned.

2024.02.09 04:03 Jco_00 Just found out my "gf" is seeing another dude behind my back. Feel like I've been stabbed in the back and burned.

Tbh this is a continuation of my previous post I made here. Singkat cerita, kemarin tanggal 15 Desember kami sempet putus karena ortunya nyuruh dia untuk fokus kuliah, dan dia sering ngerasa kesepian karena aku sering sibuk slowrespon dan nggak bisa nemenin kayak dulu. Tapi gimana mungkin aku bisa nemenin terus 24/7 kalo aku sibuk dengan kuliah dan punya banyak masalah lainnya sebagai anak rantau? Bahkan untuk nyari makan aja harus hemat banget dan harus jalan kaki kemana mana karena nggak punya uang untuk transportasi. Meskipun kami putus, dia nangis nangis mohon nggak mau lost contact sama aku, pengen tetep dekat tapi hanya sebagai sahabat. Dia pengen tetep bisa cerita cerita dan curhat dengan aku. Dia juga ngomong kalo nggak mungkin bisa nemu cowok sebaik aku dan akan selalu inget aku. Besoknya setelah putus, hubungan kami tetap sama aja seperti sebelumnya, hanya tanpa status pacar. Dia terus curhat dan cerita ke aku setiap hari tentang kehidupannya; bahkan kami aja pernah nonton bareng di bioskop dan makan berdua; ketemuan dan foto bersama saat ada acara alumni di SMA. Waktu akhir Januari, dia bahkan pengen agar aku "mesra bucin" lagi kayak dulu dan manggil dia sayang lagi. Jadi, apakah aku salah ngira bahwa kami sudah balikan karena ini bukan seperti sahabat biasa? Setidaknya hubungan kami setelah putus bisa dikatakan "Hubungan tanpa status", kan?
Baru baru ini aku sadar kalo aku cuma dimanfaatkan saat dia kesepian. Aku ngeliat tanda tanda di medsos kalo ada cowok lain, seorang polisi yang dekat sama keluarganya dan sudah pernah aku curigai sebelumnya. Sebelumnya nggak lama setelah putus tanggal 22 Desember, kami sempat berantem besar gara2 dia bohong dan nyembunyiin kalo dia pergi jalan berdua dengan orang itu naik mobil keliling kota. Bayangin coba gimana perasaanku waktu tau padahal nggak ada seminggu putus dan dia nyembunyiin itu. Dia malah marah dan nangis, ngomong kalo aku nuduh tanpa dasar dan suka berprasangka buruk padahal orangnya cuma temen. Eh orang yang sama ini beberapa Minggu yang lalu makan makan bareng keluarga dia dan duduk sama foto bersebelahan terus. Kejadian lagi seminggu yang lalu dia bikin story di Tiktok jalan berdua lagi naik mobil sama orangnya itu lagi, nggak lama kemudian dihapus sih storynya tapi aku dah terlanjur liat. Hal yang sama terjadi beberapa kali sendiri dan dia juga nggak bilang apa2 ke aku. Padahal selama ini dia masih deket banget sama aku, setiap hari dia cerita dan curhat ke aku tentang hal2. Aku berusaha positif thinking belajar dari kesalahan masa lalu supaya optimis terus dan nggak gampang jealous jadi nggak aku permasalahin kejadian2 itu ke dia.
Eh ternyata aku barusan sadar setelah nggak sengaja liat repost tiktoknya dia (Jarang banget buka tiktok) isinya hal2 yang nggak mungkin berkaitan sama aku tapi cocok sama orang itu, contohnya kayak: Tetep perjuangin orang batak (Si cowoknya itu batak sedangkan aku suku lain dan dia tau persis itu); Walaupun beda umur tapi cintaku nggak akan luntur (Si cowoknya itu umur 23 dan dah kerja sedangkan kami seumuran umur 19); Lirik lagu yang deskripsiin dia tinggi banget dan kekar (Si cowoknya itu tinggi dan kuat soalnya polisi sedangkan aku pendek dan kurus). Ada beberapa juga yang nyindir aku sih kayak surviving ex from "Nama sekolah" dan ex yang sering slowrespon ketiduran dan sebagainya. Nggak cuma itu, semua postingan yang berkaitan sama aku juga dihapus di semua medsosnya padahal habis putus pun masih ada loh beberapa, tapi sekarang ilang semua wkwkwk. Dia juga ngepost video gitu di tiktok dan ada temennnya yang nyindir ke cowoknya itu.
Intinya ngerasa betrayed soalnya aku kira kita dah balikan tapi kenyataannya malah dah ada yang baru dan disetujui keluarganya wkwkwkkw. Padahal ini dia setiap hari juga sering minta ditemenin curhat juga loh. Dia aja jealous dan ngekang banget sampe temenku cewek ada yang dilabrak gara2 terlalu deket sama aku, aku slowrespon gara2 main game aja dimarahin. Ya nasib deh, mungkin ini cara Tuhan sadarin aku atau gimana gitu. Maaf nulisnya kepanjangan dan nggak jelas ya, aku cuma bingung mau cerita ke siapa soalnya nggak ada siapa siapa yang bisa aku share hal ginian. Sekian dan terimakasih.
submitted by Jco_00 to indonesia [link] [comments]


2023.12.14 17:58 Star_Catcher28 My experiences as an ex cosplayers boyfriend

I'll elaborate my stories from my comment on this post
Hi komodos, saya mau sharing pengalaman personal saya sebagai mantan pacar cewe cosplayer, disclaimer dulu disini saya bukan bermaksud sexist atau misogynist, karena saya straight jadi cuma pernah pacaran sama cewe cosplayer, yang saya alami mungkin berlaku untuk semua cosplayer(regardless of their gender) yang saya maksud atau mungkin hanya saya saja yang dikutuk sama badluck, saya share cerita ini agar yang lain bisa belajar dari pengalaman saya(I'm looking at you weaboos), saya hanya menceritakan point point pentingnya saja agar tidak terlalu panjang, jadi enjoy saja bacanya jangan terlalu serius.
Okay yang pertama ini LDR tahun 2020 saya ketemu lewat salah satu game online, karena nyaman diajak ngobrol dan nyambung sama dia aku ajak chat lewat wa, setelah sekitar sebulan saling kenal,aku jadian sama dia(wew gak nyangka), walau yah cuma sekedar for fun saja karena jarak kami lumayan jauh, singkat cerita di tahun 2021 dia mulai jarang reply chat dan tiba tiba ngilang tanpa kabar, tiba tiba balik ngechat lagi dan dia bilang dia sekarang jadi content creator cosplay dibantu sugar daddy dia, dan dia cerita seakan gapernah ada hubungan lmao, it's okay tho cause it's long distance and I'm not fully committed to her, so not a great loss and as someone said life must go on.
Yang kedua ini yang paling parah(God it pains me just to remember it), jadi akhir tahun 2022 kemarin aku mulai coba cosplay karena aku gapunya hobi dan temenku juga ngajakin, setelah beberapa bulan cosplay aku cukup dikenal di komunitas daerah sini karena bantu bantu ngurus EO dan komunitas sebagai admin. Nah aku ketemu doi saat kumpul cosplayer and she instantly fell in love with me(seriously how?), Selama beberapa hari setelah kumpul cosplayer itu dia deketin aku, dan ya aku balas perasaan dia karena ya emang dia cantik, baik dan salah satu cosplayer paling populer di daerah sini waktu itu. Long story short beberapa minggu kemudian aku jadian sama dia(wew gak nyangka lagi), beberapa bulan setelah jadian ya baik baik aja mungkin cuma ada sedikit debat aja karena dia punya trust issue dan trauma(I don't want to dwelve on this matter cause it's irrelevant and i respect her privacy). Dia ini awalnya cosplay untuk pelarian dari masalahnya aja, tapi lama lama semakin serius dan mau memulai karir sebagai content creator cosplay, apalagi semenjak dia dijadikan talent sama agensi yang ngebatesin hubunganku sama dia(what???), sebenernya aku support dia cosplay mau diseriusin pun aku gak masalah, yang jadi masalah itu ketika cosplay dia makin revealing, dan puncaknya ketika dia ikut salah satu event terbesar di indonesia, karena dia bilangnya mendadak aku jadi khawatir sama dia walau dia kesana bareng agensinya, setelah pulang waktu kuajak diskusi malah aku dibilang overprotective, posesif, dan gak supportif, and she broke up with me with the classic "kamu terlalu baik buat aku/kamu pantes dapat yang lebih baik dari aku". Dibilang nyesel sih iya karena aku udah niat mau serius sama dia, dan tahun depan niatnya mau tunangan sama dia, tapi ya mau gimana lagi mungkin emang belum jodohnya. Sebenernya sih banyak faktor lain yang bikin hubungan kita berakhir bukan pure karena dia fokus karir cosplaynya, but in my opinion that is one of the main reason, masih banyak yang belum diceritakan tapi cukup segini aja ceritanya juga udah kepanjangan hehe.
Take my stories with a grain of salt cause I'm not perfect either, kalau kalian masih mau pacaran sama cosplayer silahkan, pengalamanku ini buat pembelajaran aja, aku enggak bilang semua cosplayer sifatnya sama, dari pengalamanku di komunitasnya banyak yang beneran baik dan tulus, kalau mau tanya tanya silahkan nanti saya jawab:D
submitted by Star_Catcher28 to indonesia [link] [comments]


2023.12.11 10:31 WhyHowForWhat Redditor Indonesia, kalian punya cerita soal orang2 yang menerapkan poligami, either with consent from both parties or not? Bagaimana endingnya?

https://www.reddit.com/indonesia/s/KGeBxffjL2
Lalu bagaimana tanggapan kalian soal cerita diatas? Basicly, a guy goes out of his way to make a profitable concensual harem and he ended up enjoying his life getting money collected by all of his harem from his hard work of educating his wives to open a business (pasti nya keluar duit dari dia buat ngemodalin). Cerita diatas bikin gua speechless karena pun kalo bini nya minta cerai, ya gpp kan toh aset nya udh punya bini dia (dari yang gua tangkap dari ceritanya. Mana mrk tau sama tau lg kalo di madu dan mrk ok2 aja. Ga seru kalo cmn baca tldr dr gua, lu pada harus baca ceritanya ampe abis wkwkwkwk
Berharap ada cerita yang justru cewe nya yang banyak lakinya but its impossible on this day and age, right?
submitted by WhyHowForWhat to indonesia [link] [comments]


2023.10.11 22:41 DigitalChildish Andy

Andy

"Cekrek, tak cekrek, tuk cekrek, klik, klik." Suara ketukan keyboard bergema dengan jelas di dalam ruangan yang remang-remang. Asap rokok menggantung di udara, dengan puntung rokok berserakan di sekitar. "Monster kill!" terdengar suara komputer dari speaker.

https://preview.redd.it/yk2kk0lqo5vb1.jpg?width=1024&format=pjpg&auto=webp&s=71a95302e9fd238423f5fcc9dacbb7912f0bed2e
"Ma, Mama, denger gak? Udah Andy bilang, itu tuh bukan salah Andy!" Andy terus bermain, rokok menyala di mulutnya, headset ditempelkan ke telinganya. Matanya tertuju pada layar, sesekali menghisap asap rokok.
"Mereka yang mulai duluan, tiap hari makanan Andy diambilin, disuruh-suruh, dikerjain. Sama kaya Mama, suka manggil Andy 'Si Cungkring'!" Matanya tetap menatap layar PC.
"Tau gak, Pah, duit yang Papa kasih kemarin, Andy pake buat traktir mereka. Kan papa pernah bilang, 'Duit segalanya, dengan duit semua beres'. Dan Papa Jarang dirumah karena banyak lembur buat keluarga, itu kan yang papa bilang! Aturan Papa dan Mama, udah Andy turutin semua. Belajar ini, belajar itu, biar jadi orang sukses dan kaya. Emang Papa kurang kaya apa sih? Ampe minta Andy seperti Papa juga? Apa yang kurang, Pah? Apa Papa pengen nambah kaya raya buat seneng-seneng sama cewek lain diluaran sana?" Andy menghela nafas dan menyandarkan diri ke kursi gaming-nya. Sambil menatap arah pintu dapur.
"Lihat kan, Ma? Kelakuan Papa? Makanya jangan terlalu banyak keluar rumah juga, sering jalan-jalan sama teman-teman, gosip? Tuh lihat kan, jadinya. Mama juga gak percaya dan suka marah-marah kalau Andy cerita apapun. Di mata Mama, Andy selalu salah."
"Hmm, ngomong-ngomong, Si Merli, putri kesayangan Mama, kok belum pulang jam segini?" Andy berdiri, lalu mengambil pisau yang penuh bekas darah di atas meja. Darah bercucuran ke lantai sementara tangan Andy memegangnya, ia berjalan menuju dapur.
"Si Merli pintar ya Ma, bisa ngakalin Mama sama Papa buat uang jajan. Malah suka nyuruh-nyuruh sama ambilin duit Andy juga. Bilangnya buat tambah beli buku ini, beli itu. Padahal duitnya buat pacaran loh, Ma. Andy pernah ngeliat dia... Sama kemarin, dia juga nyolong duit Papa tuh yang di dalam lemari. Tenang, Pa, nanti Andy kasih pelajaran!" Pisau yang Andy pegang menancap di pintu dapur. Ia masuk ke dalam dapur.

https://preview.redd.it/f5oytg6to5vb1.jpg?width=1024&format=pjpg&auto=webp&s=ba97d3447b7723a00b7509b609e7d589e4846db5
Suasana dapur terlihat berantakan, piring kaca pecah berserakan di mana-mana. Bau amis menusuk hidung, dan ruangan agak berkabut oleh asap rokok. Lampu dapur berkedip-kedip remang-remang memperlihatkan beberapa bercak darah didinding. Di salah satu pojok yang gelap, terlihat sosok wanita paruh baya terselungkup, berlumuran darah. Di sampingnya terbaring seorang pria paruh baya dengan banyak luka terbuka yang mengalir darah, tak lagi bernyawa.
Andy duduk terjongkok di kursi kecil sambil terus menghisap rokoknya. "Ma, Pa, Andy dibully di sekolah. Baru kali ini kalian mendengarkan ku dengan tenang"
Lalu, tiba-tiba terdengar suara langkah kaki dan pintu rumah dibuka di ruangan depan. "Ceklek, ceklek! Aku pulang. Ma, diluar ujan! Kok pagar depan gak di tutup? Lah gelap amat. Pada kemana sih?"
Dengan tersenyum sedikit sinis Andy berdiri, lalu mengambil pisau yang tertancap di pintu.
End.

Support Penulis, Untuk beli susu anak gan. Disini atau Disini. Terimakasih
Saya butuh bantuan teman-teman semua jika berkenan:
Mohon maaf sebelumnya, saat ini saya dalam situasi kesulitan finansial. Jika anda atau ada teman sanak saudara yang membutuhkan jasa service, Translate, Transkrip Audio/Video atau butuh membuat Subtitle untuk sebuah video, podcast, wawancara dll. Silahkan kontak saya langsung. Mohon infokan kepada teman-teman anda jika berkenan, terimakasih.
---------
Autobiografi Saya

Side Effect
- Kemelekatan (Inspirasi)
- Anto: Secangkir Kopi (Misteri)

submitted by DigitalChildish to indonesia [link] [comments]


2023.10.11 13:02 DigitalChildish Perjalanan Hidup Seorang Gamer - Part 02

Perjalanan Hidup Seorang Gamer - Part 02
Ok, terimakasih sudah mengikuti perjalan kisah hidupku. Postingan ini merupakan lanjutan dari "Perjalan Hidup Seorang Gamer - Part 01" Masih perkenalan-perkenalan, Drama nya nanti pas di Masa Kuliah yah.

Episode 10: Remaja

Masa-masa SMP adalah periode perubahan drastis dalam hidup saya dan mungkin Episode ini saya Rating 16++ bagi yang belum cukup umur skip saja haha. Di sini, saya mulai mengenal tubuh wanita. Maaf jika terdengar sedikit kurang sopan, tetapi itulah yang terjadi. Saat istirahat di sekolah, teman-teman dan saya sering pergi ke belakang perpustakaan, tempat rahasia para siswa berkumpul. Di sini adalah perbatasan dengan Sekolah Putri SMK. Kami kadang-kadang mencoba mengintip ke kelas putri melalui jendela. Kadang, kami melihat siswi-siswi berganti pakaian olahraga, meskipun tidak terlihat jelas karena terhalang oleh debu di kaca. Kami sering kali ketahuan dan mereka akan berteriak, "Hei, ngapain kalian, dasar bocah gendeng!" Sambil menggebrak kaca atau meja. Mereka selalu tahu bahwa kami seringkali mengintip mereka. Tapi kami hanya lari dan tertawa-tawa.

https://preview.redd.it/44pnee4n1ktb1.jpg?width=492&format=pjpg&auto=webp&s=0e709433f38140ea88a95c43c05cd6f757a3c7ac
Di tempat ini, saya juga diperkenalkan kepada anatomi wanita secara lebih lengkap dan gamblang. Seorang teman membawa sebuah buku dewasa dengan gambar-gambar sensual di dalamnya. Saya merasa campur aduk antara takut, kaget, berkeringat, dan penasaran. Itulah pertama kalinya saya memahami tentang wanita melalui gambar-gambar tersebut. Dulu, dalam pikiran saya, tubuh wanita terlihat mulus tanpa ada yang namanya bulu di ketiak atau bulu kemaluan (jembut). Dan yang saya tahu tentang hubungan badan adalah bahwa seorang pria dan wanita hanya bersentuhan tubuh, lalu munculah kehamilan. Ya dulu saya masih polos.
Saya ingat betul, kehilangan keperjakaan saya terjadi dalam sebuah momen yang cukup tidak terduga (Hmm bisakah ini disebut kehilangan keperjakaan?), Ceritanya yaitu saat saya sedang menghapal pelajaran agama. Untuk membantu saya ingat apa yang sedang saya pelajari, saya sering kali berbaring dan menegangkan tubuh saya. Suatu waktu, tanpa sengaja, tangan saya bergerak ke area 'si Robert'. Saya mulai menggosok-gosoknya dengan secara tidak sadar saat saya terus menghapal pelajaran. Lama kelamaan, sensasi yang aneh tapi menyenangkan muncul, dan tiba-tiba, semuanya terasa sangat nikmat. Saya bingung ketika mengetahui celana saya sudah basah. Tanpa saya sadari, ya cairan putih sudah keluar. Sungguh ironisnya, ini terjadi ketika saya sedang menghapal pelajaran agama. Saya jadi bertanya-tanya apakah ini mungkin adalah jalan Tuhan yang diberkati untuk saya. xD. Pada saat itu, saya juga mulai mengalami jerawat dan mulai tertarik pada lawan jenis.
Di masa ini, saya juga pertama kali terlibat dalam pertarungan satu lawan satu, perkelahian bahkan hampir tauran. Lucunya, saya sering berkomentar tentang anak-anak SMP yang terlihat sibuk pacaran atau tauran dalam berita pada saat ini, padahal sebenarnya saya juga pernah mengalami hal serupa. Haha! Ini adalah masa di mana saya pertama kali tahu tentang hal-hal berbau negatif di dunia. Tapi untungnya Merokok belum menjadi kebiasaan saya saat itu.
Saya sering bolos sekolah, terutama untuk bermain game, seperti main dingdong atau menyewa Playstation, yang sedang populer saat itu adalah Winning Eleven dan Resident Evil. Mama sering dipanggil oleh guru BP karena saya sering bolos. Akhirnya, mama memberikan ultimatum, mengancam akan melaporkan ke bapak jika saya masih sering bolos. Dan dengan demikian, saya kembali menjadi rajin di sekolah sementara. Ada beberapa mata pelajaran di mana nilai saya turun, dan saya merasa ada yang kurang dalam hidup saya. Saya merasa kehilangan sosok ayah di rumah.
Bapak pulang hanya dua minggu sekali dan hanya sebentar. Yang saya tunggu darinya hanyalah cemilan oleh-oleh ketika beliau pulang. Uniknya bapak selalu membeli jumlah cemilan sesuai dengan jumlah anak-anaknya. Misalnya, jika dia membeli ciki, dia akan membelinya sebanyak lima. Eskrim, lima. Coklat, juga lima. Semua makanan ringan itu selalu dihitung dan dibagikan secara adil kepada setiap anak. Namun, saat tiba di rumah, biasanya terjadi kekacauan saat kami semua berebutan untuk mengambil satu-satu. Itulah yang terjadi ketika memiliki banyak anak di rumah, selalu ada saja yang diributkan. Yah hanya sekedar itu, saya pun terlalu takut untuk bertanya atau ngobrol dengannya. Saya tidak memiliki patokan pria yang bisa saya jadikan panutan. Kemana si AA? Sama, kita merasakan hal yang sama ketika itu.

https://preview.redd.it/j2llhjiq1ktb1.jpg?width=986&format=pjpg&auto=webp&s=5a045605584817b149d8e0b53fcdab08f4e96421
Hari-hari di sekolah berjalan seperti biasa. Pada masa itu, saya masih merasa agak grogi dan cemas ketika harus berbicara dengan wanita, terutama jika wanita tersebut cantik. Dan tahukah kamu, bahkan disekolah ini salah satu teman saya seorang cewek menghadapi situasi yang cukup sulit. Dia seringkali dijauhi dan bahkan secara tidak langsung dibully oleh teman-teman cewek lainnya. Saya bisa melihatnya dengan jelas. Salah dia apa? Ya karena Cantik, dan tentu saja, setiap cewek di kelas terlihat iri padanya. Bullying ini terjadi secara tidak langsung, melalui sikap dan perlakuan yang membuatnya merasa terasing. Hai kamu cewek-cewek diluaran sana, pengen nanya nih. Apakah benar cewek sesama cewek suka seperti itu?
Setelah beberapa waktu, saya kembali bolos sekolah. Yah dunia game terus memanggilku. Selain itu saya juga sering naik kereta api tanpa membayar keliling kota mecari tempat-tempat game yang asik. Akhirnya Mama mengadukan hal ini kepada bapak, dan malam itu saya dipanggil untuk bicara. Bapak berkata, “Apa yang kamu mau?” dan saya sudah tahu dia akan marah. "Bolos sekolah? Ngapain, kamu merokok!? Silahkan! Kamu berantem, silahkan! Kamu nakal, silahkan! Main game? Boleh! Kamu mau kursus apapun, silahkan! Bapak mumpung masih bisa biayain semuanya! Asal satu, jangan bolos sekolah."Namun, dia memberikan pemahaman yang berbeda. Dia mengizinkan banyak hal, termasuk bermain game, selama saya tidak bolos sekolah. Kata-kata tersebut memotivasi saya untuk kembali berfokus pada pendidikan. Saya menyadari bahwa bermain game masih bisa dilakukan tanpa harus bolos sekolah.
Akhirnya, masa SMP pun berakhir, dan saya siap memasuki babak baru di SMA. Teman-teman baru, lingkungan baru, pengalaman baru, tetapi wajah saya tetap sama. xD.

Episode 11: New Hobby

Hari pertama masuk SMA, wajah saya penuh dengan jerawat. Saya merasa marah, kesal, dan frustrasi, tapi tidak tahu kepada siapa saya harus melampiaskan perasaan ini. Anehnya, saya teringat teman saya di SMP yang pernah memberi saran saat pertama kali muncul komedo di wajah saya. Dia berkata, "Bro, lu punya komedo? Biar gak keliatan, tinggal pakai ini aja. Nanti setelah makan gorengan, pasti ada minyak bekasnya di tangan. Nah, lu olesin aja ke komedo, biar muka lu kinclong lagi." Mungkin karena saya belum tahu banyak atau mungkin saya bego, saya mengikuti saran teman tersebut. Beberapa hari kemudian, jerawat-jerawat pun bermunculan di wajah saya. Sungguh, keputusan yang ndableg. (Sigh)

https://preview.redd.it/ccqa19lni5vb1.jpg?width=1024&format=pjpg&auto=webp&s=a9fc4bb87eb6d43898688df9a189cff2de6b523f
Masuklah ospek di SMA, suasana sangat berbeda dibandingkan dengan SMP. Saya merasa bahwa para siswi di sini sangat berbeda dan wangi-wangi. Teman-teman cowok juga terlihat lebih keren dan dewasa. Beberapa siswi di kelas saya saat itu sangat cantik. Kelas kami sangat kompak, baik dalam pelajaran maupun pertemanan. Kami dijuluki "Si Kelas 7" itu yang diingat oleh para guru disekolah. Guru-guru selalu mengingat nama kelas kami dan senang mengajar disini karena kami selalu aktif bertanya dalam kelas, sangat bersemangat dan juga paling sering berpartisipasi. Sebenernya Kami memiliki sebuah rahasia yaitu sering berbagi jawaban PR dan saling membantu saat ujian hehe.
Pada masa ini, saya diperkenalkan dengan genre musik pop rock oleh teman-teman sekolah dan teman-teman di rumah. Mulai dari Greenday, Blink-182, Rancid, Cranberries, bahkan Weezer dan Sixpence None the Richer, saya mulai menyukai beragam jenis musik. Saya sangat ingin mengenal dunia musik lebih dalam. Saya meminta kepada orang tua untuk membelikan saya gitar, dan mereka mengabulkannya. Saya senang sekali dengan gitar itu, meskipun sayangnya suaranya agak cempreng, seperti suara saya yang juga cempreng (iya, suara asli saya memang cempreng). Tapi saya tetap bersemangat untuk berlatih bermain gitar. Saya bahkan membuat drum dari kaleng bekas agar bisa berlatih main drum. Setiap malam, ketika saya menginap di rumah teman, saya selalu berlatih bermain musik. *7*

https://preview.redd.it/o9otoxsfj5vb1.jpg?width=1024&format=pjpg&auto=webp&s=3c30197b457e67e5fe79bc239ea1632c8207923a
SMA penuh dengan kenangan indah, tapi saya masih suka bermain game dan dingdong. Teman-teman di kelas dan di rumah tahu akan hobi saya itu. Ketertarikan saya terhadap lawan jenis sedikit bertambah, dan jerawat di wajah saya sudah tidak terkendali. Saya merasa kurang pede dan sering minder. Namun, jerawat bukanlah halangan untuk mencoba dan berani lho.
Ada seorang teman perempuan di kelas yang sering berpindah ke kursi di sebelah saya ketika bosan atau lelah duduk di depan. Namanya SENI. Dia memiliki pesona yang menarik, dan para cowok suka melihatnya dengan penuh rasa kagum ketika dia berjalan di depan kelas. Di masa itu, saya hanya bisa duduk dengan perasaan gugup ketika dia berada di dekat saya. Dia sering bertanya berbagai hal, seperti, "Males gw di depan, gw duduk sini yah," "Bangunin gw klo udah ada guru yah," "parfum gw baru nih cium deh, wangi gak?" atau "eh, makeup aku ketebelan gak sih?" Saya hanya bisa menjawab dengan ragu-ragu, Enggak & Tidak sambil tetap gugup dan salah tingkah (Oh Tuhan Sekarang saya lebih percaya diri dalam berbicara, sayangnya waktu itu saya tidak berani melanjutkan banyak pembicaraan dengan dia, entah bagaimana jika saya lebih berani ketika itu).
Di masa ini, saya mulai mengenal rokok dan sering merokok secara diam-diam di atas genteng rumah. Saya sering mengambil beberapa batang rokok milik bapak yang ditaruh di meja. Saya berpikir bapak tidak akan tahu atau mendengarnya, tapi sayangnya, beliau mengetahuinya. "Eh, rokok bapak kok ilang lagi sih? Hayo siapa? Kamu udah mulai merokok ya, Fan?" kata bapak sambil tertawa. Ups, ketahuan! Akhirnya bapak selalu memberi saya uang lebih saat beliau berada di rumah ketika saya ingin pergi bersama teman-teman. Saya sering pulang malam dan bahkan menginap di rumah teman. Mama sering mengingatkan, "Kamu tidak menggunakan narkoba, kan? Hati-hati jangan sampai tergoda untuk merokok yang teman-teman tawarkan. Lebih baik beli sendiri." Saya menjawab iya-iya untuk menghilangkan kekhawatiran mama, meskipun sebenarnya di rumah teman saya hanya berkumpul dan berbincang saja. Oh iya, salah satu teman saya mahir dalam mencukur rambut, jadi saya sering pergi ke rumahnya dan mendapatkan cukuran gratis, haha.
Selama liburan sekolah, saya sering menyewa PS1 karena saya belum memiliki konsol tersebut. Bahkan, saya membeli banyak CD game PS1 meskipun belum memiliki PlayStation. Tumpukan CD game itu sudah cukup banyak beberapa kardus. Teman-teman saya heran, "Kenapa kamu punya begitu banyak CD game PS1, tapi tidak punya konsolnya? Buat apa?" Saya menjawab, "Itu koleksi, bro." Ya, hobi bermain game saya belum berkurang sedikit pun.

https://preview.redd.it/0dm11vrlj5vb1.png?width=500&format=png&auto=webp&s=78638c231dd0b4f8a103aeb936734576a24a51d3
Singkat cerita, masa SMA pun berakhir. Kami semua lulus, meskipun ada beberapa mata pelajaran yang nilainya di bawah 3 (Waktu itu belum ada peraturan batasan minimal angka untuk kelulusan). Meskipun ada mata pelajaran yang nilai nya jelek, kami semua merasa aman. Semua lulus dengan bahagia. Ada banyak kisah seru selama masa SMA yang tidak saya ceritakan di sini, tapi secara singkat akhirnya teman-teman kami berpisah dan melanjutkan kehidupan masing-masing, ada yang kuliah, bekerja, keluar negeri, dan bahkan ada yang langsung menikah. Semua orang memiliki jalannya sendiri-sendiri. Saya pun memasuki masa kuliah dan disinilah puncaknya drama, yang sudah retak makin retak.

Bersambung...

Support Penulis, Untuk beli susu anak gan. Disini atau Disini. Terimakasih
Saya butuh bantuan teman-teman semua jika berkenan:
Mohon maaf sebelumnya, saat ini saya dalam situasi kesulitan finansial. Jika anda atau ada teman sanak saudara yang membutuhkan jasa service, Translate, Transkrip Audio/Video atau butuh membuat Subtitle untuk sebuah video, podcast, wawancara dll. Silahkan kontak saya langsung. Mohon infokan kepada teman-teman anda jika berkenan, terimakasih.
--------------------
Side Effect
- Andy (Misteri Horror)
- Kemelekatan (Inspirasi)
- Anto: Secangkir Kopi (Misteri)


submitted by DigitalChildish to indonesia [link] [comments]


2023.10.09 17:00 DigitalChildish Perjalan Hidup Seorang Gamer

Perjalan Hidup Seorang Gamer
Perkenalkan, namaku Irfan. Usiaku diakhir tigapuluhan mendekati empatpuluh tahun, Saya menikah dan mempunyai seorang putri yang cantik berumur 4 tahun. Dikehidupanku sejauh ini tak pernah mencapai kepemilikan rumah, mobil, motor, bahkan sepeda. Saat ini, saya berada dalam situasi tanpa pekerjaan tetap, dan saya sangat membutuhkan bantuan kalian. Namun, sebelum itu izinkan saya berbagi kisah hidup, semoga ceritaku memberikan penjelasan, inspirasi atau pelajaran hidup kepada banyak orang. Oh iya sebelum mulai, sedikit penjelasan ceritanya akan maju mudur dan pada angka-angka *1*,*2*,*3\*,dll dalam cerita merupakan titik point penting yang seharusnya saya fokuskan dalam hidup. Akan saya jelaskan di akhir cerita. Terimakasih.
Aku adalah anak keempat dari lima bersaudara. Di masa lalu dinegaraku, orang sering mengatakan, "banyak anak, banyak rejeki." Jika diartikan bahwa rejeki itu adalah materi, Tidak salah memang jika semua anak nya sukses, bagaimana jika tidak?
Dan Ini adalah kisah hidupku.

https://preview.redd.it/1j51llpgv6tb1.jpg?width=1024&format=pjpg&auto=webp&s=9b2f04b585c00579817aaa1353b5594770b4c505
Kami hidup dalam keluarga sederhana, bapak ku adalah seorang pegawai swasta di sebuah perusahaan asuransi dan ibuku merupakah ibu rumah tangga yang berhenti bekerja ketika menikah. Waktu kecilku penuh dengan energi yang meluap-luap, dari keisengan mengambil camilan dari warung tetangga lalu lari tanpa membayar, hingga pulang larut malam saat masih SD. Aku bahkan pernah mengambil celengan uang kakakku untuk jajan dan bahkan membakar sofa di teras rumah. Tapi, jangan ditiru ya, waktu itu aku masih sangat polos.
Meski begitu, aku adalah anak yang rajin. Aku sering membantu ibuku membersihkan rumah dan mencuci piring tanpa diminta. Aku juga mulai menunjukkan minatku dalam memperbaiki dan memodifikasi mainan elektronik agar terlihat lebih keren *1\* (Aku tertarik pada elektronik ketika pamanku berkunjung dan meperbaiki mobil-mobilanku yang rusak, dari situ aku baru tahu bahwa alat elektronik bisa diperbaiki dan tidak dibuang), yang membuat ibuku bangga padaku. Di sekolah, aku cukup cerdas dan pernah menduduki peringkat 1-3. Aku bahkan pernah mengikuti kompetisi cerdas cermat disekolah. Hanya dalam olahraga, aku selalu kesulitan karena tubuhku yang agak lemah. Aku selalu merasa pusing dan mual saat berolahraga. Guru-guruku sudah mengetahui kondisiku. Pelajaran favorit ku adalah matematika saat itu, ya betul matematika lho. Tapi saat itu.. sekarang? Sudahlah jangan ditanya, udah lupa berhitung saya, ada kalkulator bro.
Sekarang, izinkan aku bercerita tentang titik krusial dalam hidupku, pertemuan pertamaku dengan sesuatu yang disebut "Game" yang akan mengubah segalanya..

Episode 01: Pacarku ‘Dingdong’

Hari itu adalah hari Minggu yang tak terlupakan. Aku masih jelas mengingat saat itu, bapakku mengajakku naik motor Vespa-nya untuk pergi ke tukang cukur. Setelah cukuran selesai, giliran bapak yang harus dipangkas. Aku mulai merasa bosan dan memutuskan untuk keluar sebentar. Saat berjalan, aku melihat kerumunan orang yang sangat ramai, penasaran, aku mendekat.
Saat aku mendekati, aku melihat sejumlah besar layar berwarna-warni dengan gambar-gambar bergerak yang dikendalikan oleh orang-orang di sekitarnya. Aku bertanya-tanya, apa yang sedang terjadi di sana? Tiba-tiba, seseorang memasukkan koin ke dalam mesin, dan permainan dimulai. Ada yang berteriak, ada yang tertawa, bahkan ada yang terlihat marah. Aku tak bisa mengerti apa yang terjadi, tapi rasanya sangat seru dan penuh gairah. Ya, permainan ini disebut DINGDONG.

https://preview.redd.it/kx3ygys6w6tb1.jpg?width=1500&format=pjpg&auto=webp&s=21ce3d44f122fbb76fd172c14dfc7ac5b90e20b7
Tanpa berpikir panjang, aku berlari kembali ke tempat bapak dan memohon padanya untuk memberiku beberapa koin. Dengan senang hati, aku kembali ke mesin dingdong itu. Aku pun mencoba permainan itu, dan rasanya luar biasa! Itu adalah pengalaman pertamaku bermain game di mesin dingdong, dan aku tahu bahwa ini adalah awal dari sesuatu yang istimewa.
Hari-hari di tukang cukur menjadi saat yang selalu kutunggu-tunggu. Alasannya sederhana: itu adalah kesempatan bagiku untuk bertemu lagi dengan si 'game' ini. Bahkan ketika kami pergi berbelanja di daerah sana, aku selalu lari ke tempat dingdong itu. Walaupun aku hanya seorang anak SD ketika pertama kali bertemu dengan 'game' ini (ya, aku masih kecil), aku akhirnya tahu cara menuju ke sana sendiri.
Kadang, jika aku memiliki sedikit uang ekstra setelah pulang sekolah, aku akan mampir ke sana. Rasanya seperti pacaran, karena aku selalu bertemu dengan si 'game' ini. Pernah suatu hari, ketika aku mendapatkan uang tabungan sekolahku, aku langsung pergi ke sana setelah sekolah dan bermain sampai malam. Hingga akhirnya pulang kerumah, Mama sangat marah menungguku di pintu depan. "Kemana kamu malam-malam baru pulang? Mama cari kamu di sekolah, Kakak cari ke teman-teman kamu tidak ada. Mama sangat khawatir!" katanya.
Aku menjawab, "Aku pergi ke tempat dingdong, mama." Mama bertanya “Main Dingdong?! Sampai malam gini? dari mana uang nya?!” Aku mengaku bahwa uang itu berasal dari tabungan sekolah yang telah dibagikan. Aku hanya menyisakan sedikit dan kuberikan pada mama. Mama hanya menghela nafas dan memelukku erat. "Apakah kamu sudah makan?" tanyanya. Aku menjawab belum, dan dia mengatakan, "Ayo, segera mandi, dan kemudian kita makan malam." Dalam hatiku, aku tahu bahwa mama tidak begitu marah padaku. Dia hanya panik dan sangat mencintai anaknya.
Setelah mandi, aku menemukan bahwa bapak telah pulang kerja. Dia berdiri tegap dan menatapku. Aku terkejut dan ketakutan. Aku berpikir, "Wah, pasti bapak sangat marah padaku sekarang." Namun, akhirnya, bapak hanya berkata, "Hei, kemana kamu pergi? Haha, luar biasa, anak SD yang baru pulang malam. Lihat mama, dia sangat khawatir." Aku kaget karena bapak tidak marah. Dia memberiku banyak nasihat pada malam itu. Singkat cerita karena kebebalanku, keluargaku sekarang tahu bahwa jika aku pulang terlambat, aku pasti ada di tempat dingdong itu, dan mereka selalu datang menjemputku.

Episode 02: Nintendo

Suatu hari, keluargaku pergi ke sebuah supermarket bernama HERO. Ketika kami berada di sana, mataku tertuju pada sebuah mesin kecil yang terpajang di bagian penjualan mainan. Mesin itu berbentuk kotak, dengan sesuatu yang menancap di atasnya (yang akhirnya aku tahu itu adalah kaset game), dan ada kabel yang menjulur keluar. Di ujung kabel, ada kotak kecil yang tipis dengan tombol kontrol (stick). Kabel itu terhubung ke televisi 14 inci, di mana ada gambar karakter yang unik dan lucu, yaitu Mario Bros. Itu adalah pertama kalinya aku melihat sebuah konsol game yang bernama Nintendo. Aku mulai berpikir, "Wow, jika aku punya ini, aku tidak perlu lagi pergi ke tempat dingdong. Aku bisa bermain sepuasnya di rumah tanpa perlu koin." Aku meminta kepada orang tuaku, tetapi mereka mengingatkan bahwa masih banyak kebutuhan dan prioritas keluarga yang harus dipenuhi selain dari mesin Nintendo ini.

https://preview.redd.it/8r1571tnw6tb1.jpg?width=1024&format=pjpg&auto=webp&s=87f4274c19bf65c6f9686f2e70ff8bd6b2257e78
Setiap kali kami berbelanja di HERO, aku selalu berlari dan berhenti sejenak untuk melihat benda kecil yang menakjubkan ini bersama kakak pertamaku. Izinkan aku memperkenalkannya, dia adalah kakakku yang pertama dan saya panggil AA sifatnya agak eksentrik dan sering terlihat aneh. Dia sebenarnya pendiam dan juga bisa galak terkadang, tapi kami cukup dekat ketika kami masih kecil. Dia sering mengajakku bermain di lapangan besar belakang rumah kami, seperti bermain layangan dan mencoba kegiatan ekstrem seperti menjelajah jalan di bukit yang tinggi dan curam, berenang di sungai, dan bahkan suatu kali ketika kami menemukan beberapa orang sedang membersihkan saluran air di bawah jembatan, kami berdua memutuskan untuk "bersedekah" dengan membuang tai kami di sana. Aneh dan kocak, kan? Haha. (Jika Diingat-ingat Bahkan ketika SMP aku pernah menemukan koleksi foto-foto cewe sexy di koper belakang ketika sedang beres-beres. Dan itu ternyata milik kakak pertamaku dia ngamuk dan marah besar sampai memukul kepalaku ketika itu, ya aku nangis mengadu pada mama haha)
Meskipun kadang-kadang dia bisa sangat aneh dan kami sering meributkan hal kecil, dia tetaplah kakak pertamaku yang terbaik. Dia selalu membelaku, bahkan pada suatu hari ketika aku diledek oleh anak-anak dari kampung sebelah. Kakakku datang dan membela aku. Dia juga mencariku ketika aku tak pulang ke rumah pada sore hari karena aku duduk menangis saat layanganku robek oleh anak nakal lain.
Terlepas dari semua keanehan dan insiden lucu yang kami alami, dia tetaplah kakak yang sangat berarti bagi hidupku.
Oh, aku lupa menceritakan tentang orang tua kami. Mama adalah sosok ibu yang luar biasa, mungkin yang terbaik sepanjang masa. Beliau selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk kami, anak-anaknya. Mama adalah sosok yang penuh kreativitas. Masa muda mama selalu penuh petualangan, bepergian ke berbagai tempat, mengikuti seminar di kota ini, belajar di kota itu. Mama adalah tipe yang sangat ekstrovert, suka berbicara banyak, dan selalu membanggakan silsilah keluarga "darah biru"nya (setidaknya itu yang dikatakannya). Mama tak pernah berhenti bekerja, hingga suatu hari, di tempat kerjanya, dia bertemu dengan seorang pria muda. Ya, pria itu adalah bapakku sekarang. Saat itu, dia adalah anak buah mama. Seiring berjalannya waktu, mereka menjalin kasih dan akhirnya menikah. Mama berhenti bekerja saat hamil, dan posisinya di kantor digantikan oleh bapak. Mama mengandung anak pertama (yang sayangnya tidak berhasil bertahan di dunia ini, entah karena keguguran atau meninggal saat lahir, aku lupa). Kalau dihitung-hitung, jumlah anak mama jika masih hidup bisa mencapai 7 orang, tapi yang dua di antaranya meninggal. Semoga mereka menjadi bekal di akhirat, seperti yang dikatakan orang bahwa memiliki anak yang meninggal saat baru lahir adalah jaminan surga bagi ibunya. Karena si anak menunggu mamanya di surga kelak. Aamiin.
Dulu, keuangan keluarga kami cukup baik. Bahkan kami mampu menyekolahkan adik-adik bapak hingga mereka lulus dan berhasil. Keluarga bapak sering menginap dan meminta bantuan kepada keluarga kami saat itu. *2\* Mama pernah menjalankan bisnis konveksi kain dan baju, dan bahkan mencoba berjualan ikan asin, Kue-kue, Kerupuk buatan sendiri dengan menawarkannya kepada tetangga-tetangga. Mama benar-benar akrab dengan para tetangga dan sering menjadi biang tukang gosip di lingkungan kami, seperti halnya ibu-ibu pada umumnya.
Bapak adalah sosok yang baik, perhatian, dan sangat menyayangi anak-anaknya. Namun, beliau jarang bicara panjang lebar. Dan nanti Bapak melakukan kesalahan besar yang sangat-sangat fatal.
Ketika aku berada di depan konsol Nintendo di HERO, tiba-tiba bapak dan mama mendekatiku. Mereka bertanya, "Kamu ingin ini? Ranking 1 dahulu, nanti akan kami belikan untukmu." Rasanya seperti dunia berubah menjadi indah, hanya ada aku bersama konsol Nintendo ini, tidak ada yang lain. Aku bertekad dalam hati, "Nintendo, kita akan bersama suatu hari nanti. Aku akan menunggumu." Itu adalah secercah harapan bagiku untuk memiliki konsol game tersebut.

Episode 03: GIMBOT

Hari, bulan, dan tahun pun berlalu. Rankingku di kelas hanya berkisar antara 2 hingga 5, belum pernah mencapai ranking 1. Namun, suatu hari, bapak mengajakku ke sebuah toko jam. Kami naik Vespa, dan aku berdiri di depannya. Bapak selalu melindungi bagian dadaku dengan satu tangan, sambil berkata, "Kamu jangan sampai masuk angin, ya. Bapak akan menjagamu." Kami melaju pelan sambil menikmati angin sore, dan aku melihat pemandangan yang masih sangat hijau dan asri saat itu. Itu adalah momen yang masih aku ingat hingga sekarang.

https://preview.redd.it/7jn6rwgpx6tb1.png?width=320&format=png&auto=webp&s=ccb567f85ba7c36ba112fb0e3627dc3e84868ae5
Akhirnya, kami sampai di toko jam, dan bapak mulai bertanya-tanya kepada penjualnya. Aku melihat ada sesuatu yang menarik di laci berkaca di depan toko itu. Apa itu? Sebuah kotak kecil hitam dengan layar di dalamnya. Ya, itulah yang disebut Game Watch, atau yang kami sebut Gimbot. Di sekolah, aku sering bermain dengan perangkat ini. Ada abang-abang yang menyewakan berbagai versi Gimbot, ada yang seperti teropong dengan gambar animasi, ada yang bertema koboi, ada permainan ular, ada bola, ada mobil, ada motor, dan masih banyak lagi. Kami cukup membayar 25 atau 50 perak, aku lupa pastinya, dan bisa bermain beberapa menit saja. Abang-abangnya sering mengingatkan, "Sudah, waktu habis, ayo selesai." Terkadang, aku memohon, "Boleh bonus, bang? Kan aku sering main." Karena abangnya mengenal aku, dia sering memberiku bonus bermain lebih lama. Kembali Ketika aku melihat Gimbot dilaci berkaca tersebut dengan mata berbinar, aku tahu itu adalah versi Tetris dengan banyak mode permainan di dalamnya.
Ketika kami pulang, bapak menyodorkan sebuah plastik hitam ke padaku. Didalam plastik itu ternyata ada Gimbot tersebut. Aku terkejut. Wah, dengan senang hati, aku menerimanya. Bapak telah membelikan konsol ini untukku! Aku merasa sangat senang, bahkan ketika kami akan naik motor, aku tak henti-hentinya bermain dengan tombol Gimbot ini. "Eh, sudah, nanti mainnya di rumah!" kata bapak. Aku hanya tertawa senang. Hari itu sangat indah bagiku.

Episode 04: Pentas

Kehidupanku di SD sangat menarik, dan aku sangat mengingat semua hal-hal baru yang terjadi dengan sangat jelas. Pada kelas 4 SD, aku dan temanku yang duduk di sebelahku begitu populer di kelas, meskipun entah kenapa. Sangat jelas dan teringat, nama temanku yang duduk di sebelahku adalah Niar, dia adalah seorang cowok. Meskipun dia sedikit pendiam, namun pandangan teman-temannya selalu menganggapnya keren dan menarik, bahkan menurutku dia terlihat seperti orang yang sangat kaya. Aku bahkan pernah diajak ke rumahnya.
Di rumahnya, aku disuguhi dengan roti yang begitu enak, itu adalah pertama kalinya aku mencicipi sesuatu yang begitu lezat. Ibunya sepertinya sangat memanjakannya, dan dia hanya memiliki seorang kakak. Ada berbagai camilan lain seperti kue dan permen. Aku sangat lahap saat makan roti tersebut, sementara Niar hanya memandanginya di piringnya tanpa menyentuhnya. Namun, di rumahku, makanan atau minuman tidak pernah tersisa. Dalam keluarga kami yang memiliki banyak anak, camilan selalu menjadi rebutan, dan kami sering berdebat bahkan tentang wadah makanan atau gelas minuman. Kami bahkan sampai menggunakan gelas yang sama setiap kalinya secara otomatis meskipun tidak ada nama-nama pemiliknya.
Oh, iya, saat itu kami masih berempat bersaudara, adikku yang paling bungsu belum lahir. Kembali ke rumah Niar, sedikit cerita dengannya, dia mengatakan bahwa dia akan pindah ke Bandung. Aku lahir di Bandung, jadi aku berharap bahwa suatu saat nanti jika aku kembali ke Bandung, kami bisa bertemu lagi. Kami berjanji seperti anak kecil biasanya, tetapi tentu saja kami tidak memiliki nomor telepon satu sama lain saat itu. Itu hanyalah janji anak kecil semata.
Di kelas, ada juga seorang gadis yang menarik perhatianku, namanya dipanggil Yeyi. Dia berkacamata, pintar, cukup cantik, dan rambutnya sedikit ikal. Dia juga anak dari ibu wali kelas kami. Entah apa yang terjadi di kelas pada hari itu, tetapi semua gadis di kelas mulai bertingkah aneh dan lucu. Mereka tiba-tiba membuka rok mereka di depan kami berdua, aku dan Niar. Aku kaget dan bingung, tidak tahu apa yang sedang terjadi. Mereka semua tertawa-tawa. Aku merasa malu dan menutup mataku. Yang anehnya, Yeyi juga ikut-ikutan melakukan hal yang sama di depanku. Kami semua hanya tertawa-tawa. Itu adalah hari yang sangat aneh, absurd dan lucu bagiku, tapi juga sangat berkesan.
Suatu hari, Bu guru wali kelas kami mengumumkan bahwa akan ada acara panggung pentas perpisahan untuk kelas 6. Setiap kelas harus memberikan pertunjukan atau penampilan, biasanya berupa nyanyian atau tarian. Bu guru bertanya, "Ada yang punya ide lain atau siapa yang ingin ikut?" Entah mengapa, aku tiba-tiba mengacungkan tangan dan mengajukan diri. Aku berkata, "Aku ingin membuat pertunjukan komedi, Bu!" Yang lainnya bengong dan terkejut. Aku hanya merasa punya ide tersebut karena kami adalah kelas yang selalu kocak. Ada teman bernama Mbleh, dia selalu punya ingus di hidungnya. Muka dan ekspresinya lucu dan sering membuat kami tertawa. Aku lupa detailnya, tapi intinya ide cerita komedi kami berasal dari Mbleh dan teman-teman yang lain. Saat itu, aku masih kelas 4 SD, jadi mungkin komedinya belum terlalu lucu, haha.

https://preview.redd.it/8u03rodkf7tb1.jpg?width=1024&format=pjpg&auto=webp&s=3e2d65e1c0d2920598d1566163b9eefebff4d4bc
Setiap hari kami berlatih bermain komedi *3\*, dan akhirnya saat pentas tiba. Kami dipanggil ke atas panggung oleh pembawa acara, dan semua orang melihat ke arah kami. Kami terlihat mencolok karena kami adalah satu-satunya yang tampil beda, mengenakan peci dan sarung ala orang Sunda, dan akan melakukan pertunjukan komedi. Hal ini sangat jarang terjadi. Aku ingat inti cerita kami adalah bahwa kami sedang berkumpul, dan tiba-tiba terdengar suara aneh. Mbleh berkata, "Ini nih, ini nih!" sambil menunjuk ke arah pantatnya sambil menungging, lalu tiba-tiba dia kentut besar, dan kami semua terhempas. Semua penonton tertawa terbahak-bahak. Pertunjukan pun berakhir, dan kami semua mendapatkan uang masing-masing sebesar 500 perak dari Bu guru wali kelas. Itu adalah pengalaman pertama kali aku tampil di depan umum, dan sangat berkesan.

Episode 05: Bisnis

Setiap hari, mamaku selalu memberikan uang jajan pas-pasan kepada kami, dan mamaku adalah seorang ahli dalam mengelola keuangan dan membaginya dengan bijak. Karena hal ini, kakakku yang kedua memberikan ide untuk meningkatkan uang jajan kami dengan cara yang kreatif, yaitu dengan menyewakan komik. Mari perkenalkan kakakku yang kedua yang saya panggil Teteh. Dia adalah seorang perempuan tangguh dan penyabar, meskipun dia pendiam, dia selalu bijaksana dan penuh wibawa di mataku. Walaupun aku sering menggodanya, dia hanya akan marah sesaat dan kemudian menjadi seperti biasa lagi. Entah apakah dia masih mengingatnya atau tidak, tapi dia yang pertama kali mengajarkan aku tentang bisnis.*4\*

https://preview.redd.it/krn5p6c6g7tb1.jpg?width=1024&format=pjpg&auto=webp&s=18e438d739ade629d566070fb22b4a13ae771b85
Kami berempat, termasuk kakakku yang pertama dan ketiga, berpartisipasi dengan membantu membawa buku-buku dan komik-komik ke sebuah lapangan yang disebut Lapangan Merdeka. Saat itu bulan puasa dan sore-sore selalu ramai di sana, dengan banyak penjual makanan, minuman, dan berbagai barang di acara tersebut. Kami membawa buku-buku bacaan cerita dan komik-komik yang kami miliki untuk disewakan di sana. Aku tidak tahu sebelumnya bahwa komik & buku bisa disewakan, dan ini sangat mengejutkan bagiku. Wow, lumayan banyak yang menyewa buku-buku kami, mereka duduk di tikar sambil menunggu waktu berbuka puasa. Bagi saya, saat itu adalah pengalaman yang sangat menyenangkan dan hal baru.

Episode 06: Lil Brother

Tahun itu adalah tahun yang penuh kebahagiaan. Mama telah mengandung selama hampir 9 bulan. Ya, adikku yang akan menjadi yang termuda akan segera lahir pada tahun ini. Aku, yang sekarang berstatus sebagai anak bungsu, akan segera memberikan tahtaku sebagai anak bungsu kepada adikku yang akan segera dilahirkan. Sebagai anak bungsu, ada banyak keuntungan, seperti mendapatkan perhatian lebih, dimanja, dan perlindungan ekstra. Meskipun aku tidak bisa mengingat dengan jelas apa saja manfaat yang aku nikmati saat itu, satu hal yang pasti, itu adalah momen yang sangat berharga.
Ketika malam menjelang kelahiran adikku, bapakku terlihat gelisah, bolak-balik antara rumah dan rumah sakit. Seakan-akan dia khawatir tentang kami yang tinggal di rumah, sementara juga khawatir pada mama yang berada di rumah sakit. Pada satu malam, aku terbangun ketika bapakku kembali dengan membawa selimut dan pakaian dari lemari. Dia memberitahuku, "Mama akan melahirkan, jagalah dirimu baik-baik di rumah bersama kakak-kakakmu." Aku hanya mengangguk dan kembali tidur. Pagi harinya, bapakku sudah berada di rumah dengan senyum bahagia di wajahnya. Dia memberitahu kami bahwa adikku telah lahir, seorang bayi laki-laki yang sehat. Inilah adikku anggota yang kelima, sainganku dalam mencari perhatian di rumah (hehe).

https://preview.redd.it/8orww639g7tb1.jpg?width=1024&format=pjpg&auto=webp&s=e44bac656fb92b17c5dbf697b8d445d5419ad38c
Aku sering berbagi makanan kecil dengan adikku ini. Kalau dia memiliki makanan ringan, aku sering berada di sekitarnya dan berusaha baik-baik saja agar dia mau berbagi makanannya (hehe). Tingkahnya sungguh lucu; ketika dia harus buang air besar, dia akan berlari ke sudut dan teriak, "Ee eek eeek!!!" Kami semua tahu bahwa itu adalah tanda bahwa dia harus buang air besar.
Ketika dia masih kecil, kulitnya sangat putih, dia tampak sangat ganteng dan lucu. Banyak orang yang ingin menggendongnya karena pesonanya yang menggemaskan. Ketika dia tumbuh besar saya selalu memanggilnya Jony, dia selalu mengikuti jejakku. Apakah itu dalam hal bermain musik, gaya berpakaian, atau bahkan selera musikku. Bahkan dia juga suka bermain game sama seperti aku. Kami memiliki banyak kesamaan dan hubungan yang erat sebagai saudara.
Setiap hari dan bulan berlalu dengan lancar, kakek dan nenek sering datang ke rumah. Mama selalu menceritakan kepada mereka dan bangga padaku karena sering membantu di rumah dan merawat adik bayi. Hidupku masih berjalan normal seperti biasanya.

Episode 07: The Crack

Tahun demi tahun berlalu, dan akhirnya, pada kenaikan ke kelas 6, aku berhasil meraih peringkat pertama. Sungguh, ini adalah momen yang selama ini telah kusimpan dan kutunggu-tunggu. Akhirnya, “pacar pertamaku”, tunggulah aku! Dengan senang dan penuh kebahagiaan, aku menagih janji pada mama. “Ma, aku ranking satu lho. Asik hadiah nya mana?” Mama hanya tersenyum dan mengiyakan.
https://preview.redd.it/hq9d3mnkg7tb1.jpg?width=1024&format=pjpg&auto=webp&s=5799a156154699e7fc7a0ecc32ed0f6c96099caa
Namun, ada yang berbeda pada mama. Sejak beberapa tahun sebelumnya, ada ketidakharmonisan dalam hubungan dikeluarga. Mama dan bapak sering bertengkar hebat, bahkan kami seringkali pindah-pindah rumah kontrakan untuk menghindari omongan tidak enak dari tetangga. Kami tinggal di kota ini dalam kondisi menyewa. Sebelumnya, kami memiliki rumah di Bandung, namun bapak dipindahkan untuk bekerja di kota ini saat aku masih duduk di kelas 1 SD. Rumah di Bandung kami kontrakan kepada orang lain. Terdapat rumor bahwa bapak terlibat dalam hubungan dengan seorang wanita rekan kerjanya di kantor. Akhirnya, mama memutuskan untuk kembali ke Bandung. Kami kembali ke rumah lama yang pernah kami tinggali saat aku masih berada di TK.
Waktu saya masih TK, kompleks perumahan tempat tinggal saya belum begitu ramai, jadi apa yang kami lakukan tidak akan dilihat orang banyak. Saat itu, saya diajak bermain oleh teman-teman saya, dan kami melihat ada warung yang sepi dengan snack Chiki terpajang jelas di sana. Teman-teman saya mengajak saya untuk mengambilnya, dan karena saya masih kecil dan ikut-ikutan, saya pun mengambil Chiki dan kabur bersama mereka. Kami berlari ke belakang rumah yang tidak berpenghuni dan tertawa-tawa sambil menikmati Chiki hasil rampasan itu. Maafkan saya, pada saat itu, saya tidak tahu bahwa itu dilarang. Saya masih TK dan hanya mengikuti teman-teman. Oh iya, saya ingat, saya pernah bilang membakar sofa, kan? Gini ceritanya, waktu itu di rumah sedang ada tamu Mama, mereka sedang berbincang di ruang depan. Saya sendirian, merasa bosan, karena semua kakak-kakak saya sedang sekolah. Ketika saya duduk di teras depan yang memiliki sofa, saya mendengar suara cicit-cicit yang aneh. Saya melihat ke dalam celah-celah sofa, mencoba mencari tahu apa yang ada di sana. Mungkin itu tikus? Ah, saya akan menembakinya dengan senjata racikan saya (ini bukan senjata nyata, hanya dua batang korek api yang saya tempelkan dan balut dengan kertas rokok, saya diajari kakak pertama mengenai ini).
"Pasti ada tikus, kecoa, atau makhluk-makhluk aneh di dalam sini," pikir saya yang saat itu masih TK. Tanpa berpikir panjang, saya menyalakan korek api dan menembakinya: cuw cuww cuuuwww... Api masuk ke dalam celah sofa, dan tiba-tiba api tersebut mulai membesar. Insting saya mengatakan bahwa ini semakin serius dan harus segera dipadamkan. Saya mengambil gayung kecil yang ada di taman, mengambil air dari kolam ikan di depan rumah. Saya bolak-balik beberapa kali mengambil air.
Mama melihat saya bolak-balik dan mendekati, bertanya, "Hei, Ipan, apa yang sedang kamu lakukan? Kenapa bolak-balik seperti itu?"
"Astagaaa! Apa ini? Tolong, ini kebakaran!!!" Mama melihat api yang telah membesar di sofa. Untungnya, ada seorang tukang ojek yang sedang lewat dan memanggil temannya yang sedang nongkrong.
"Wah, ini kebakaran!!" akhirnya sofa berhasil diangkat keluar dengan cepat ke jalan. Beruntungnya, api belum menjalar ke atas plafon. Kebakaran pun berhasil dipadamkan di tengah jalan. Mama menggendong saya saat itu. Banyak orang yang ikut berkerumun. Aneh, ya, kok saya masih mengingat detail peristiwa itu. Haha.
Tindakan nakal lainnya juga dipengaruhi oleh teman dan lingkungan bermain. Saya bahkan pernah mengambil uang koin dari celengan kakak saya yang ketiga untuk jajan. Perkenalkan, kakak perempuan ketiga saya cukup pemberani dan keras kepala tapi mudah ditipu dan dijahili, saya memanggilnya Wie. Dia sering menjadi target jahil saya, dan kami sering bertengkar karena hal-hal remeh. Salah satunya, saya pernah mengatakan kepadanya, "Nih, rasakan aku kasih kutu!" Saya pura-pura mengambil kutu di rambut saya dan melemparkannya ke kepalanya, dan dia teriak histeris, "Ada kutu di rambut! Gara-gara si Ipon!" (Kami punya panggilan ejek sendiri, saya dipanggil Ipon). Sampai-sampai dia menangis dan mengadu kepada mama. Meskipun kami sering bertengkar ketika kecil, kakak ketiga saya selalu peduli padaku.
Suatu hari, saya melihat topeng kura-kura ninja di sekolahnya ketika berkunjung ke sana. Kakak saya mungkin melihat itu. Esok harinya, ketika dia pulang sekolah, dia tiba-tiba muncul dan membuat saya kaget dengan berpura-pura menjadi kura-kura ninja. Dia berkata, "Taraaa!" sambil memakai topeng kura-kura ninja yang sudah dia belikan. Saya sangat senang ketika itu. Apapun yang terjadi, kami tetap keluarga yang saling menyayangi dan saling mengerti.
Secara singkat, kami semua pindah kembali ke Bandung. Bapak tetap di kota tersebut dan bekerja di sana. Beliau hanya bisa pulang ke Bandung setiap seminggu sekali, atau bahkan dua minggu sekali. Dari saat itu, aku mulai merasa kehilangan sosok bapak dalam kehidupan sehari-hari kami. Oh, dan selama perpindahan itu, impianku untuk memiliki Nintendo pun sirna.

Episode 08: Homie

Di kota baru ini, dimulailah babak baru dalam kehidupanku. Aku dilahirkan di Bandung, kemudian sempat hijrah ke kota lain, tetapi akhirnya kami kembali ke Bandung. Saya pindah ke sini pada pertengahan kelas 6, dan tentu saja saya merasa tertinggal dalam pelajaran. Isi pelajarannya terasa berbeda atau mungkin saya yang belum terbiasa. Di kota sebelumnya, kami diajarkan untuk tidak menyontek dan bekerja sama saat ujian, tetapi di sini, teman-teman sering membantu satu sama lain saat ujian. Saya merasa hal ini cukup menarik.
Di sekolah ini, saya menjadi dekat dengan Ryan dan Agung, dua teman yang cukup berada. Terutama Agung, dia suka membelikan saya jajanan. Aku sering berkunjung ke rumah Ryan saat itu, karena di rumahnya ada konsol SEGA. Ini adalah konsol game terbaru di zamannya.

https://preview.redd.it/lzixs6gobdtb1.png?width=1200&format=png&auto=webp&s=ce860a35bb84a95e4492299e5a0c33775c3796d2
Sungguh, saya sangat senang saat pertama kali mencoba bermain konsol baru Sega ini. Konsol ini jauh lebih canggih dibandingkan dengan Nintendo. Setiap kali saya berkunjung ke rumah Ryan, kami selalu asyik bermain sampai sore bahkan kadang hingga malam jika orang tuanya tidak ada di rumah. Salah satu permainan yang paling kita sukai adalah Mortal Kombat. Kita selalu mencoba gerakan dan jurus-jurus baru dalam permainan ini, bahkan mencari panduan gerakan di sebuah kolom game dalam majalah remaja yang bernama "Fantasi." Majalah itu adalah salah satu bacaan favorit kami selain majalah "Bobo." Bagi mereka yang mengalami masa itu, pasti tahu tentang majalah "Fantasi" ini.

https://preview.redd.it/5e84rdd4bdtb1.jpg?width=448&format=pjpg&auto=webp&s=a0864219a3bac074c47dcc13fade74a2ef16d86d
Kembali ke masa SD di sekolah ini, ternyata beberapa artis dan penyanyi pernah bersekolah di sini, loh. Salah satunya, ada yang sekelas denganku, namanya Widya Saputra (Trio Laris). Mungkin dia tidak mengenaliku, sih, karena saya baru masuk tahun itu, haha. Selain itu, ada juga artis cilik yang bermain di sinetron atau film, Indra namanya, kalau tidak salah. Oh ya, di kelas saya juga pernah menyaksikan situasi yang mirip dengan kasus bullying, meskipun tidak secara langsung. Korban adalah siswi pintar yang selalu meraih juara dan peringkat teratas. Sayangnya, teman-teman sering menggodanya dengan menyebutkan masalah bau badan, seperti bau ketek. Ini sangat membuat saya merasa sedih. Di sekolah SD saya yang sebelumnya, saya juga pernah melihat situasi serupa, bahkan ada anak yang sampai harus pindah sekolah. Ya, begitulah, dunia sekolah bisa menjadi tempat yang cukup sulit untuk beberapa orang.
Kembali ke cerita di kota ini, tahukah kamu? Di sini ada mesin permainan 'dingdong', dan itu berlokasi sangat dekat dengan sekolahku. Setiap kali ada ekstrakurikuler, saya sering mampir ke tempat dingdong, dan Ryan tahu tempat di mana saya berada. Dia suka menjemput saya, "Hei, kamu dicari oleh guru, malah main ke sini lagi." Saya hanya tertawa, saya begitu menyukai permainan game ini. Kami bertiga sering bermain bersama, baik itu renang bersama, bermain game bersama, dan sebagainya. Bahkan ketika kami lulus SD dan akan masuk ke SMP, Ryan masih sering menghubungi saya, mengajak saya bermain di sana-sini. Sayangnya, saya jarang meresponsnya. *5\*

Episode 09: Finally on my Hand

Libur panjang menuju SMP pun tiba.Saya telah lulus dari SD dengan peringkat pertama "dari belakang" Haha. Waktu itu, ujian masih bernama EBTANAS, dan saya meraih nilai NEM yang cukup lumayan. Saya, Ryan, dan Agung akan bersekolah di SMP yang berbeda. Meskipun pertemanan kami singkat, itu adalah momen yang selalu saya ingat.
Cerita masa liburan sekolah ini sungguh menghadirkan rasa campur aduk, saya menderita sekaligus senang. Waktu itu, orang tua saya membawa saya pergi ke suatu tempat yang menarik. Saat keluar dari mobil, saya melihat banyak anak yang mengenakan sarung, tapi ada yang aneh disini. Kenapa ya sarungnya kelihatan berbeda? Ternyata, kejutan yang tak terduga menanti. *Jreng! Saya dibawa untuk menjalani sunat. Itulah yang membuat sarung mereka menonjol, karena mereka memakai pelindung setelah sunat.
Meskipun sebelumnya sudah ada pembicaraan tentang ini, saya tidak menyangka hari itu waktunya. Meski ada perasaan takut dan ragu, tekad yang kuat mendampingi saya. Bapak berjanji akan membelikan saya sebuah Nintendo sebagai hadiah nanti.
Sekadar info buat teman-teman yang belum pernah mengalami sunat, jangan terlalu khawatir lho ya. Awalnya hanya ada sedikit rasa sakit ketika disuntik sebelum proses “penjagalan”, tapi ketika proses berlangsung, rasanya tidak terlalu sakit. Dan sensasi sakit akan terasa setelah beberapa jam disunat, berjalan harus pelan-pelan sekali, tidur harus telentang, dan ketika kencing muncrat kemana-mana. Haha!

https://preview.redd.it/ijglm1oabdtb1.jpg?width=968&format=pjpg&auto=webp&s=cebaa179cdfe168fbe73b8988f710dd210d7ab14
Di sinilah hadiah yang selalu saya nantikan akhirnya tiba. Bapak membeli Sebuah konsol Nintendo hadir lengkap dengan TV 14 inci terbaru untuk menemani hari-hari saya setelah disunat. Akhirnya! Setiap hari, saya bermain game Nintendo ini, hingga banyak judul game yang telah saya tamatkan, dan saya senang bertukar kaset game Nintendo dengan teman-teman lainnya. Bahkan, saya rela mencoba game berbahasa Jepang, yang akhirnya membuat saya tertarik untuk belajar bahasa Jepang. Saya meminta kepada orang tua saya untuk membelikan saya kamus bahasa Jepang. Tanpa berpikir panjang, mereka membelikan saya kamus tebal yang berisi huruf katakana dan hiragana. *6\* Mungkin ini adalah langkah positif yang membuat saya langsung tertarik untuk mempelajari bahasa Jepang. Dari situlah, saya mulai memahami sedikit tentang huruf-huruf Jepang. Ketika memainkan game Tsubasa, motivasi saya untuk belajar bahasa Jepang semakin bertambah.
Singkat Cerita, saatnya saya masuk sekolah baru, Mama memberi tahu guru agar tidak terlalu keras selama ospek karena saya baru saja menjalani sunat. Duh, rasanya malu, saya sudah besar baru disunat, dan dibicarakan kepada orang lain. Tapi itulah mamah.
Bersambung...
Lanjut Part 02 disini yah.

Support Penulis, Untuk beli susu anak gan. Disini atau Disini. Terimakasih
Saya butuh bantuan teman-teman semua jika berkenan:
Mohon maaf sebelumnya, saat ini saya dalam situasi kesulitan finansial. Jika anda atau ada teman sanak saudara yang membutuhkan jasa service, Translate, Transkrip Audio/Video atau butuh membuat Subtitle untuk sebuah video, podcast, wawancara dll. Silahkan kontak saya langsung. Mohon infokan kepada teman-teman anda jika berkenan, terimakasih.
--------------------
Side Effect
- Andy (Misteri Horror)
- Kemelekatan (Inspirasi)
- Anto: Secangkir Kopi (Misteri)

submitted by DigitalChildish to indonesia [link] [comments]


2023.09.07 14:49 dedenanda Bisnis Online Menjadi Penulis Lepas Dibayar

Bisnis Online Menjadi Penulis Lepas Dibayar

📷
  1. Mongabay.co.id
Mongabay.co.id merupakan web kabar area yang lumayan terkenal di Indonesia. Semenjak kehadirannya di Indonesia dekat 8 tahun kemudian, web ini banyak merendahkan liputan tentang area, flora serta fauna serta dan konflik binatang.
Mongabay.co.id merupakan bagian dari jaringan web kabar area yang lumayan terkenal di dunia ialah mongabay. com yang didirikan oleh Rhett A. Butler pada tahun 1999.
Diluncurkan serta beroperasi semenjak April 2012 buat tingkatkan atensi terhadap alam serta pemahaman warga terhadap permasalahan area di Indonesia. Mongabay. co. id mempunyai fokus spesial pada hutan, namun pula sediakan kabar, analisis, serta data lain yang berhubungan dengan area.
Menariknya, web ini membuka kesempatan untuk siapa saja buat mengirim tulisan serta postingan dengan topik yang fokus pada isu area. Buat tiap tulisan yang dilansir, penulis hendak memperoleh honor yang layak.
Seseorang sahabat aku yang jadi kontributor web ini mengaku tulisannya di Mongabay dibayar per kata. Jadi, jika mau memperoleh honor dari web ini, kalian wajib jadi kontributor: lepas ataupun kontributor kontrak( kontributor formal).
Tidak hanya menerima postingan, mongabay pula menerima kiriman gambar yang berkaitan dengan isu area. Buat mengirimkan tulisan ke web ini, kalian wajib jadi kontributor. Semacam telah dipaparkan di atas, terdapat 2 tipe kontributor di Mongabay.
Kontributor lepas merupakan tiap orang yang mengirim tulisan di web ini tanpa terikat secara langsung dengan Mongabay. Dengan demikian, tulisan yang dikirim jadi tanggung jawab Kamu sendiri.
Kontributor formal merupakan anggota kontributor Mongabay yang telah dilengkapi dengan ID ataupun ciri pengenal formal. Kontributor formal ini dapat bawa ID pers miliknya yang dikeluarkan oleh pihak Mongabay dikala meliput kabar.
Serta tiap kontributor, baik kontributor lepas ataupun formal, hendak mendapatkan hak berbentuk imbalan atas hasil kerjanya.
Bila terdapat postingan ataupun gambar yang kamu kirim ke web ini serta sukses terbit hingga pengirim berhak memperoleh kompensasi, dengan perhitungan semacam:
– Buat tulisan, bayarannya dihitung per kata di mana satu kata dihargai Rp750
– Buat gambar hendak menemukan kompensasi sebesar Rp50. 000–100. 000 per foto
Misalkan aku kita menulis tulisan selama 1200 kata serta sukses tayang di web ini, hingga kita berhak atas honor senilai Rp900 ribu. Jumlah yang tidak kecil, bukan? Terlebih bila tulisan tersebut dilengkapi dengan gambar karya kita sendiri, pasti honornya lebih besar lagi.
Buat data lebih jelas terpaut metode kirim tulisan ke web Mongabay. co. id, silakan merujuk pada halaman donasi ini.[Update: Terpaut taman donasi baca uraian pihak Mongabay. co. id]
  1. Basabasi.co
Kamu bahagia berbasa- basi serta kerap menulis tulisan- tulisan pendek semata- mata basi- basi? Jangan lewati peluang buat menulis serta mengirim tulisan ke web Basabasi. co.
Dari namanya saja, kita dapat ketahui jika Basabasi lebih fokus pada artikel- artikel ringan mulai dari opini, cerpen serta resensi novel. Mereka pula membuat sebagian jenis tulisan, serta tiap naskah yang dikirim memiliki harga yang berbeda- beda.
Bila kamu mengirimkan tulisan ringan ke web ini dalam wujud opini serta esai, misalnya, Kamu hendak memperoleh honor Rp100. 000 per tulisan.
Tetapi terdapat sebagian penulis yang dibayar hingga Rp300. 000 buat jenis opini ataupun esai. Sedangkan buat puisi serta resensi novel, Kamu hendak memperoleh honor Rp250 ribu serta Rp200. 000. Jumlah honor tersebut pasti saja lebih besar dari honor yang sanggup dibayarkan media lokal.
Tetapi, tulisan yang Kamu kirim tidak dan merta langsung dilansir. Tulisan yang dikirim hendak disunting terlebih dulu, itu juga bila lolos pilih regu editor di web Basabasi. co.
Bila layak, hingga tulisan kamu hendak diterbitkan langsung. Tidak hanya itu, bila tulisan yang Kamu kirim itu ialah tulisan awal yang sukses diterbitkan, Kamu hendak memperoleh souvenir berbentuk kaos plus honor.
Buat perinci lebih lengkap tentang tata metode pengiriman naskah di basabasi. co. Selamat berupaya.
  1. Alif.id
ALIF. ID didatangkan selaku ikhtiar kecil buat membuka atmosfer keberagamaan kita yang lebih bermacam- macam serta selaras dengan ruh ajaran Islam. Kami mengajukan visi Berkeislaman dalam Kebudayaan supaya jalur Islam yang luas kian terbuka.
Dengan visi di atas, Alif. ID bersungguh- sungguh memperkenalkan, atmosfer, warna, gagasan bermacam- macam dalam keberislaman kita. Harapannya, alid. id bisa membuka jalur baru kemaslahatan.
Alif. id menerima tulisan seputar budaya Islam, isu keberagaman serta tulisan pencerahan yang lain. Konon, buat tiap tulisan yang sukses dilansir, penulis hendak memperoleh honor Rp250. 000.
Bila mau mengirim tulisan ke web Alif ini, silakan merujuk pada halaman donasi.
  1. Remotivi.or.id
Remotivi tercantum web sungguh- sungguh serta sebagian besar kontennya berupa opini serta esai. Remotivi sangat fokus pada tulisan- tulisan yang berkaitan dengan isu jurnalisme.
Bila membaca web ini, kalian hendak memandang banyak postingan yang berkaitan dengan media semacam koran, Televisi, majalah, wartawan, kontributor media serta lain sebagainya.
Jika Kamu mempunyai keahlian menganalisis framing kabar serta metode kerja media, tidak terdapat salahnya mengirim ke web ini. Sebab jerih payah Kamu hendak dibayar mahal.
Kemudian, berapa honor yang didapat dikala mengirim tulisan ke web ini? Dari data yang aku miliki dari sahabat penulis, honor tulisannya merupakan Rp350. 000 per tulisan.
Penulis apalagi dapat memperoleh bayaran lebih besar, menggapai Rp. 1. 500. 000 per tulisan, bila tulisan tersebut dikira fresh, menarik serta relevan.
Buat memandang perinci lengkap tercantum tata metode serta pedoman ngirim tulisan di Remotivi, silahkan klik di mari.
  1. Geotimes.co.id
GEOTIMES Indonesia merupakan portal kolom terkenal serta terbaru tentang tokoh serta kebijakan publik. Web ini berikan ruang untuk para pembaca dengan perspektif tajam dari para ahli serta publik seputar agama, ekonomi, politik, sosial, serta media.
Web yang kerap diucap Geotimes Indonesia berisi tulisan dari penulis bermacam- macam latar balik, dengan perspektif serta sudut pandang yang tidak biasa.
Bila mau mengirim tulisan ke web ini, kalian wajib mencermati ketentuan serta syarat supaya tulisan yang kalian kirim layak memuat. Misalnya, dari faktor kenyataan, relevansi serta teori- teori pendukung lain. Sebagian besar konten di web ini berupa Opini serta Esai.
Tidak hanya itu, terdapat sebagian syarat- syarat yang wajib dicermati bila kamu mau mengirim naskah di web ini, semacam:
– Tulisan terdiri dari 750- 1000 kata
– Biodata pengirim wajib jelas serta cocok dengan bukti diri yang dimiliki
– Responsif terhadap isu- isu aktual
– Postingan wajib argumentatif
– Tidak memiliki SARA
– Tulisan seluruhnya jadi tanggungjawab penulis
Dari ketentuan di atas, sangat jelas jika tulisan di Geotimes sangat sungguh- sungguh. Karenanya tulisan yang kalian kirim tidak hanya berisi tema sungguh- sungguh, pula butuh menjajaki trend yang terdapat.
Berapa Geotimes membayar penulis? Konon, buat satu tulisan yang dilansir, seseorang penulis hendak memperoleh Rp350 ribu. Buat memandang ketentuan serta pedoman penyusunan postingan di Geotimes, silahkan rujuk taman ini.
  1. VoxPop.id
Web Voxpop sesungguhnya tidak jauh beda dengan Mojok. Sebagian besar konten yang dilansir di web ini berbentuk opini serta pula pemikiran terpaut dengan kehidupan warga. Pula ditulis dengan style ngepop.
Bila style menulis Kamu tidak sangat satire alias masih cenderung sungguh- sungguh, tidak terdapat salahnya mengirim ke VoxPop ini.
Lalu, berapa honor yang didapat bila postingan sukses tayang di Voxpop? Bagi penuturan sebagian sahabat penulis, mereka memperoleh honorarium Rp250 ribu per naskah.
Buat memandang perinci serta syarat pengiriman naskah di Voxpop. Ayo, dicoba!
  1. Buruan.co
Buruan. co merupakan web yang fokus pada kajian serta apresiasi dengan visi utama buat mengakomodasi atensi baca tulis secara daring. Selaku media kajian serta apresiasi, Buruan lebih menuju ke sastra yang disesuaikan sama atensi serta keahlian penulis.
Hasil amatan penulis, terdapat 2 tipe rubrik yang diterima ialah cerpen[cerita pendek] serta puisi. Nah, bila Kamu lagi mencari platform menulis puisi dibayar ataupun mau kirim cerpen serta memperoleh honor dapat manfaatkan web Buruan ini.
Menariknya, web ini tidak cuma menerima tulisan serta puisi berbahasa Indonesia tetapi pula berbahasa Sunda. Ini persis semacam Mojok yang pula mengakomodasi tulisan berbahasa Jawa.
Buat 2 tipe karya tulis di atas Kamu hendak menerima honor sebesar Rp200. 000. Ayo, amati ketentuan serta syarat pengiriman naskah ke Buruan. co di mari.
  1. Mojok.co
Aku belum sempat menulis serta mengirim tulisan buat web yang memiliki motto“ sedikit bandel banyak ide” itu. Tetapi aku sempat mendengar bila web berisi konten satir ini membayar penulis dengan honor yang lumayan layak.
Berapa sesungguhnya honor buat penulis yang tulisannya dilansir di Mojok? Bagi data di web Mojok, besaran honornya berkisar Rp250. 000- 350. 000 buat satu tulisan, serta honor tersebut dikirim tiap hari Senin. Bagi pengelola Mojok, honor tersebut lumayan buat menaktir pacar di suatu restoran populer.
Aku tidak ketahui apakah honor tersebut tercantum besar ataupun kecil buat tulisan, yang bagi mereka“ tulisan di Mojok cuma membutuhkan waktu sebagian menit serta dapat ditulis sembari menunggu bus kota” itu. Ya, jika dilihat dari tulisan yang dilansir memanglah simpel serta hanya membutuhkan 2–3 gelas kopi buat menyelesaikannya.
Oh ya, bila kalian mengirimkan tulisan ke mojok jangan kurang ingat melampirkan no rekening yang wajib diletakkan di tubuh email. Jika kalian jenis orang yang malas memberitahukan no rekening, dianjurkan buat tidak mengirim tulisan buat Mojok. Soal ini dapat kalian baca sendiri di bagian“ syarat mengirim tulisan” di web Mojok.
Serta, satu lagi saat sebelum aku kurang ingat. Belum lama ini Mojok membuka kanal“ halte” yang mirip halaman keroyokan ala Kompasiana ataupun Vivalog, di mana siapa juga dapat berkontribusi di situ. Kanal halte dimaksudkan selaku web auto- generated- content ataupun AGC yang menerima tulisan dari jalan non- reguler, sebab penulis dapat memposting sendiri tulisannya asal telah mempunyai akun. Pihak mojok yang nantinya memutuskan menayangkan tulisan ataupun tidak. Tetapi, sepanjang tulisan kalian menarik serta segar, aku yakin orang mojok tentu hendak terburu- buru memuatnya.
Reward ataupun benefit apa yang kita terima bila tulisan kita tayang di kanal halte? Bagi data yang aku baca, bila tulisan kita dilansir hingga kita berhak menerima 1 poin. Satu tulisan berarti 1 poin. Serta tiap sukses mengumpulkan 10 poin, kita hendak memperoleh duit Rp250. 000,-. Tiap penulis cuma dibolehkan mengumpulkan 20 poin ataupun Rp500. 000,- per bulan.
Nah, tunggu terlebih, ini kesempatan bagus buat mengais dollar, eh rupiah! Mau mengirim tulisan ke web ini, baca ketentuannya di mari.
  1. IDN Times
Bagi data yang aku baca di halaman IDN Times, per Februari 2017, media online tersebut merilis kanal IDN Times Community, suatu kanal yang dimaksudkan selaku medium/ platform menulis untuk generasi milenial, paling utama buat mereka yang memiliki hobi menulis serta tertarik pada passion tertentu.
Kemudian, gimana para penulisnya dibayar? IDN Times mencari para penulis terkenal yang tulisannya banyak dilihat serta dibaca orang, paling utama topik yang masih segar serta jadi trending. Terus menjadi terkenal suatu tulisan, hingga terus menjadi besar kesempatan si penulisnya memperoleh bayaran besar.
Dari data yang aku baca, kalau tiap 100 views dari postingan yang kalian tulis serta tayang di IDN Times, kalian hendak memperoleh 1 poin. Terus menjadi banyak tulisan yang kalian tulis serta memperoleh views yang melimpah, poinmu hendak terus meningkat. Poin itu dapat diganti dengan duit ataupun benda yang disediakan. Minimun poin yang bisa ditukarkan merupakan 500 poin serta kelipatannya.
Selaku ilustrasi: Jika postingan yang kalian tulis menciptakan 150. 790 pageviews. Hingga kalian hendak memperoleh 1500 poin. Poin ini dapat kalian tukarkan( redeem) dengan duit tunai senilai 150. 000 ataupun hadiah tertentu. Sisanya tidak hendak lenyap, melainkan jadi saldo poinmu.
Tunggu terlebih, lekas buat saya di IDN Times Community, serta mulailah menulis. Kumpulkan poin sebanyak- banyaknya. Sebab terus menjadi banyak poin yang dapat kalian kumpulkan, terus menjadi besar pemasukan yang kalian terima. Ketentuan serta syarat menulis di IDN Times dapat merujuk pada halaman ini.
https://www.dedenanda.com/2023/04/bisnis-online-menjadi-penulis-lepas.html
submitted by dedenanda to u/dedenanda [link] [comments]


2023.09.07 14:48 dedenanda Bisnis Online Menulis Artikel

Bisnis Online Menulis Artikel

📷
Bisnins Online Menulis Artikel
  1. Membangun Blog
metode jadi penulis online yang menciptakan uang
Photo by Canva Studio on Pexels. com
Blogging merupakan salah satu metode menciptakan duit online yang sangat relevan untuk seseorang penulis. Terdapat ribuan para penulis dengan bermacam latar balik tema penyusunan yang telah berhasil meraup banyak duit dari membangun web.
Jadi, bila kalian bingung apakah bisa jadi tiap penulis dapat menciptakan lumayan duit dari web, hingga jawabannya merupakan IYA, web merupakan metode yang telah terbukti sekian lama.
Langkah awal bila kalian memilah web buat menciptakan duit merupakan dengan memilah niche ataupun tema web. Penulis gunung ini misalnya memakai tema penyusunan selaku niche web. Web aku yang lain semacam www. arcopodojournal. id memakai niche dunia petualangan serta pendakian gunung selaku tema penyusunan. Intinya merupakan; seleksi niche web yang sangat kalian gemari.
Buat membuat blogmu jadi lebih baik, kalian memerlukan domain, hosting, template serta lain sebagainya. Kalian pula butuh menekuni keahlian tentang SEO buat mendatangkan lebih wisatawan ke web yang kalian buat.
Tetapi ingat, membangun web hendak menuntut disiplin, tidak berubah- ubah serta kesabaran. Blogging bukan bisnis satu malam yang dapat langsung membuat kalian memperoleh banyak duit dalam waktu yang pendek.
Lalu gimana metode memperoleh duit dari web selaku seseorang penulis?
Terdapat banyak metode yang dapat kalian jalani, sebagian yang sangat terkenal misalnya merupakan;
Jadi penayang untuk industri iklan raksasa semacam Google Adsense.
Menawarkan jasa selaku ghost writing.
Menjual produk raga.
Menjual produk digital.
Affiliate marketing.
Menjual kursus online, pelatihan, konsultasi,
Serta masih banyak lagi.
  1. Menulis buat Web Orang Lain
Metode kedua yang dapat kalian jalani buat menciptakan duit secara online selaku seseorang penulis merupakan dengan menulis buat web orang lain.
Tiap web memerlukan konten, sedangkan konten merupakan tulisan ataupun artikel- artikel yang berisi data, bimbingan, bimbingan serta lain sebagainya. Selaku penulis, kalian tentu dapat menuliskannya.
Terdapat banyak blogger yang memerlukan penulis buat mengisi konten web mereka. Ataupun kalian pula dapat menciptakan lowongan kerja penulis postingan dibayar pada banyak platform freelance online semacam project. id, freelancer, ataupun sribulancer.
  1. Menerbitkan Novel Sendiri
Penulis Gunung
Metode jadi penulis online yang menciptakan duit berikutnya merupakan dengan menulis novel serta menerbitkannya sendiri.
Tipe novel apa juga yang kalian hasilkan, senantiasa terdapat opsi buat menerbitkannya secara mandiri. Metode menerbitkan novel mandiri dengan tata cara self publishing bisa kalian pelajari dalam postingan ini.
Bila kalian telah menulis suatu novel serta tidak terpikir buat mengirimnya ke penerbit besar, kenapa tidak menerbitkan sendiri lewat jalan indie? Penerbitan self publishing merupakan jalan penerbitan yang menantang, independen serta lebih berpeluang memperoleh banyak duit.
Jadi, bila kalian bertanya gimana metode memperoleh duit dari menulis novel yang sangat simpel? Hingga, menerbitkan sendiri novelmu lewat self publishing merupakan opsi yang dapat kalian pakai.
  1. Membuat Konten Afiliasi
Kalian bisa jadi sempat memandang konten sosial media semacam facebook, twitter, pinterest, tiktok yang menempatkan tautan ke salah satu produk di matketplace, bukan?
Konten tentang masakan bisa jadi berikan tautan produk perlengkapan masak, sedangkan konten alam leluasa memasang tautan buat produk berkemah, serta seterusnya.
Nah, itu merupakan konten afiliasi. Selaku penulis kalian dapat memperoleh duit dengan metode yang sama.
Kala tautan pada konten yang kalian buat didatangi setelah itu diklik oleh pembaca serta terjalin pembelian, hendak terdapat persentase keuntungan buat kalian yang diberikan. Besarnya sangat bermacam- macam, dapat 10%, 20% ataupun apalagi 50% buat bahan- bahan tertentu.
  1. Jadi Penulis Script Video
metode jadi penulis online yang menciptakan uang
Photo by Caleb Oquendo on Pexels. com
Di samping menulis novel, mengajar di kelas menulis, aku pula kadang- kadang menulis naskah buat video sebagian channel youtube selaku pemasukan bonus. Di sebagian peluang, aku pula mengajak sebagian penulis lain buat bersama- sama menulis script video dalam suatu project.
Bila kalian tertantang buat mencari ketahui metode memperoleh duit dari menulis cerpen, hingga ini merupakan salah satu jawabannya. Dengan mengganti cerpen tersebut dalam naskah drama setelah itu diajukan pada kreator video semacam di channel youtube, kalian dapat memperoleh duit dari situ.
Modal terbanyak dalam menulis naskah video merupakan kreativitas serta imajinasi, selaku penulis kalian tentu telah memilikinya, kan?
Sebagian kreator video tidak memerlukan naskah yang sempurna semacam skenario film. Prioritas mereka merupakan mutu cerita serta umumnya, plot twist yang ditawarkan.
  1. Menjajaki Lomba Menulis
Metode berikutnya yang pula dapat kalian jalani buat memperoleh duit secara online dari profesimu selaku penulis merupakan dengan menjajaki lomba penyusunan.
Ini bisa jadi sedikit terkesan‘ berjudi’ sebab cuma yang memenangkan perlombaan yang hendak memperoleh duit. Tetapi, bila kalian mempunyai lumayan banyak waktu serta pula sanggup menulis dengan baik, kenapa tidak mencobanya?
Terdapat banyak khasiat yang dapat kalian peroleh dengan menjajaki kontes menulis semacam ini tidak hanya duit. Kalian dapat memperoleh sahabat sesama penulis serta membangun kedekatan ataupun kalian pula dapat belajar lebih banyak dari tulisan penulis lain.
Terlebih bila kalian menang, nama serta popularitasmu selaku penulis pula dapat terangkat.
Terdapat banyak data perlombaan menulis yang dapat kalian temukan di internet. Kalian cuma butuh lebih teliti buat menciptakan lomba mana yang sangat kalian pas buat kalian ikuti.
  1. Jadi Ghost Writing buat Penyusunan Akademik
metode jadi penulis online yang menciptakan uang
Terdapat banyak penyusunan akademik buat bermacam kepentingan, mulai dari riset, persyaratan buat peningkatan pangkat, persyaratan buat praktisi pembelajaran serta lain sebagainya. Nah, tidak sedikit pula di antara orang- orang yang diwajibkan menulis akademik ini merasa kesusahan melaksanakannya.
Ini pasti saja jadi kesempatan buat kalian selaku seseorang penulis.
Bila kalian lumayan bagus dalam penyusunan akademik, kalian bisa menjual jasamu selaku seseorang ghost writer tulisan akademik semacam skripsi, disertasi, harian, Riset Aksi Kelas serta lain sebagainya.
Apakah cuma penulis dengan latar balik pembelajaran besar saja yang dapat jadi seseorang ghost writer buat tulisan akademik?
Pasti tidak, dari latar balik apa juga yang kalian miliki, sepanjang kalian lumayan bagus dalam menulis akademik, kesempatan ini terbuka lebar bagimu buat menciptakan banyak duit.
https://www.dedenanda.com/2023/04/bisnis-online-menulis-artikel.html
submitted by dedenanda to u/dedenanda [link] [comments]


2023.07.13 17:26 gajibuta Apakah etis membantu orang cerai?

Match di bumble. Ngedate, eh dia baru cerita kalo sedang menggugat suaminya.
Lha? Kaget gw. Gw kencan sama bini orang donk? First time for everything, I guess. Sesudah itu gw niat ga mau ketemu lagi sampai dia sah cerainya.
Yang jadi masalah dia agak sering curhat lewat chat. Curhat tentang suaminya, tentunya, dan proses divorce yang menguras mental.
Di satu sisi, gw segan mendengar cewe curhat kelakuan buruk suaminya ke gw, takut karma.
Di sisi lain, gw takut dianggap ga care kalo dengar curhatan aja ga mau.
Dan masak gw cuekin di saat dia sedang di titik buruk dalam hidupnya?
Menurut anda gimana? Apa sebaiknya gw menghilang aja, dan kembali beberapa bulan lagi, "hi, kamu udah cerai belum?".
submitted by gajibuta to indonesia [link] [comments]


2023.04.17 09:38 Hntrz63 Field Report Buka Bersama r/indonesia at Bandung: April 17th, 2023

Maaf sebelumnya kalau FR nya agak lama ya waktunya. Males bikinnya hehe.

Karena aku dan u/Martian_Catnip melihat antusisasmenya dari acara Bukber yang di Jakarta, sehingga kita tuh langsung ngobrol untuk bikin yang bagian Bandung juga. Karena sepertinya kita berdua juga ga lagi banyak ide untuk spot tempat bukbernya sehingga kita sepakat buat ngadainnay di spot Meetup Bandung pada november lalu.

D-DAY

Pada waktu jam 5 pas sesuai dengan waktu yang sudah ditentuin. Aku udh stay ditempat dimana kita kumpul. u/aliffattah (panggil aja ali) udh mulai nanyain nih dimana posisi tempat Bukbernya. Aku langsung fotoin dimana tempatnya di DCT dan juga di post Bukbernya. Yang datang duluan tapi itu redditor yang bernama Irul (dari dianya tidak memberi usernamenya siapa) dan juga temennya Irul (ga kasih usernamenya juga). Kemudian yang datang selanjutnya ada Ali dan kemudian kita mulai ngobrol small talk aja mengenai background kita masing-masing, kan namanya juga kita bertiga (temennya Irul lagi asik main HP) kan baru ketemu pada waktu itu. Kemudian u/madcat7mayhem juga dateng yang ikut meramaikan perbincangan kita.
Selanjutnya ada u/farhanw datang. Setelah melihat ko udh mau menjelang waktu buka, yang lain selain aku mulai mencari makan/minuman untuk mereka berbuka. Untuk mempersingkat FRnya dan jgua udh mulai lupa kita kemarin bahas apa aja, langsung kulist aja siapa aja yang dateng dari yang kuingat ya :)
And i think that's it! Terimakasih buat semuanya yang udh bantu kasih saran untuk post Bukber ini, bantu ngerencanain dan share Bukber kali ini, dan pastinya yang sudah nyempetin hadirr. Untuk yang lain yang ingin ikut acara sperti ini di Bandung ayo aja ikut atau buat aja acara kalian sendirii. Pasti banyak anggota di subreddit ini yang bakal bantu kalian kok! Cheers and happy Eid Mubarak for those who celebrate it!
submitted by Hntrz63 to indonesia [link] [comments]


2023.01.24 05:17 TKI_Kesasar Pengalaman Saya Kerja Di NYC, Amerika - Bagian 1 (Kerja Kasar)

Halo,
Bertemu kembali dengan saya, TKI_Kesasar. Beberapa thread saya sebelumnya: - Pendapat saya mengenai Indonesia, Jepang dan Amerika. https://www.reddit.com/indonesia/comments/z2iw19/my_thoughts_on_indonesia_japan_and_usa/ - Reddit AMA kerja sebagai programmer di NYC, USA. https://www.reddit.com/indonesia/comments/vdcxv3/saya_menang_lotre_green_card_usa_kerja_sebagai/
Belakangan ini saya melihat thread2 mengenai karir di bidang teknologi di subreddit ini, dan secara besar juga melihat kondisi ekonomi dunia yang semakin buruk, berawal dari Amerika yang mulai melakukan banyak lay off. Untungnya saya sendiri belum kena layoff, praise God.
Saya merasa mencoba untuk membagikan sedikit pengalaman kerja saya di NYC. Saya sekarang bekerja di bidang teknologi, sebagai programmer, tetapi awal2nya saya kerja serabutan dan kerja yang tidak ada hubungannya dengan ini.
Maka bagian pertama, saya post di thread ini, saya akan membagikan pengalaman kerjaan serabutan/kasar apa saja yang saya pernah lakukan. Bagian kedua saya akan post di thread lain, saya akan membagikan pengalaman saya di bidang teknologi sebagai programmer, dan sepertinya thread kedua ini akan lebih menarik sih daripada bagian pertama. Saya pisahkan supaya diskusinya bisa lebih tidak keluar dari topik.
Timelinenya untuk cerita dibawah ini, sekitar antara thn 2008 - 2014.
Kerjaan serabutan: - Packing di restoran sushi. Sekitar 6 Bulan.
Kebetulan yang punya restoran sushi ini kenalan saya. Setelah tau saya butuh uang, dia menawarkan untuk saya bekerja part time sbagai tukang ngepak take out di restorannya. Bayarannya waktu itu sekitar $5/jam. Saya kerja 20 jam seminggu.
Kadang2 saya juga cuci piring sewaktu jam2 sibuk.
Pros: - Bisa santai, bisa baca buku sambil belajar. - Makanan gratis, dimasakin. - Bisa duduk. - Bisa masuk siangan, jam 10 pagi masuk.
Cons: - Bayaran rendah. - Kalau lagi delivery banyak, misalnya karena diluar hujan atau salju, saya biasanya kelabakan. - Tidak ada skill khusus yang dipelajari dari sini. - Pulang jam 11 malam.
Contoh contoh kerja kasalow paying-job/non office job disini: - Dishwasher - Waiter - Busboy - Sandwich maker - Sushiman - Cook - Cleaning service - Dry leaning/Laundry - Barista - Nail salon - Hair stylist - Cashier
Kadang saya ditanya oleh teman2/saudara2 di Indonesia, apakah worth it untuk bekerja di Amerika dalam hal kerja kasar. Dulu saya ingat dosen saya (sewaktu saya di BiNus) saya bilang enak kerja di Amerika, tukang sapu gajinya $3000/bulan (itu tahun 2006 kalo ga salah dia bilang gitu). Tetapi setelah saya melihat2 disini, dan juga melihat nasib2 orang Indonesia yang kerja disini sebagai serabutan, saya pikir bahwa itu tergantung, worth it atau nggak.
Maksud saya begini. Kalau kerja disini tidak punya surat, dan bawah tangan, dan apalagi tidak punya skill, itu banyak gak enaknya. Contohnya: - Tidak dapat asuransi kesehatan. - Tidak dapat liburan, kalau mau libur bisa dipecat. - Kerjaan kasar, kerjaan yang fisiknya berat. - Skill kerjaannya rendah, ya paling mending itu paling sushi atau nail salon atau salon. - Bayaran relatif rendah untuk ongkos hidup sini. Ongkos hidup disini mahal. - Jadi kadang gak bisa punya kamar yang bagus, yg ada privasinya, tapi harus share sama 2 atau 3 orang lain. - Kemana mana takut di grebek kalau orang gak punya surat resmi. Walau NYC dan banyak kota2 lain yang biasanya sih gak peduli.
Selain itu, di kota2 besar seperti NYC, biaya hidup semakin mahal setiap tahun. Kalau tidak punya surat, berarti tidak punya nomor pajak, berarti tidak bisa investasi. Berarti uang yang ada cuma bisa ditaruh di bank saja, dan tiap tahun kemakan inflasi. Dalam 10 tahun, daya beli uang disini akan termakan 50%.
Semakin tua, badan semakin nggak sekuat dulu lagi. Semakin tua, kemungkinan sakit semakin besar, dan biaya pengobatan juga semakin besar.
Ketika suatu saat kembali ke Indonesia, kalau tidak bisa menabung, biasanya menyesal. Bikin bisnis di Indonesia, pakai uang tabungan hasil kerja di USA, tapi ternyata gagal, dan uang habis. Itu kalau bisa menabung. Banyak orang disini yang tidak bisa menabung.
Having money is like having your natural limiter taken off. It will show you who you really are. If you were a shopping addict, you will shop even more when you have money. If you were a prostitute addict, you will visit prostitutes more. If you were an alcoholic or drug addict, you will get wasted more. Usually people, when they have just a little bit more money than what they usually got, their vices start appearing left and right. It is especially true when coupled with the stress of competition in a foreign and expensive country with no social support.
Coba dibandingkan dengan orang yang tinggal di Indonesia, dan bekerja di Indonesia dengan baik. Misalnya kerjaan sukses, jaringan koneksi punya, skill meningkat, maka taraf hidupnya bisa jadi jauh lebih baik di Indonesia, dan masih bisa meningkat lagi.
Saya punya teman di Jepang yang kuliah sejak 7 tahun lalu dan sudah bekerja dan menikah dengan org Jepang. Walau kerja kantoran, tetapi gajinya tidak jauh berbeda dengan orang Indonesia, ketika dihitung2 kebutuhan hidup dan sisa tabungan. Malah, dia bilang, teman temannya di Indonesia sekarang sudah jauh lebih nyaman hidupnya dari dia.
Lain kata orang2 yang disini kerjanya nipu ya. Disini, saya pribadi sudah pernah ketemu dengan 2 orang penipu besar. Walau ketika ketemu saya sepertinya orang2 biasa aja, tapi ternyata dengar2 penipu. Sekali menipu bisa sampai puluhan ribu atau ratusan ribu USD. Kebanyakan korbannya adalah imigran2 dari tanah air sendiri yang tidak paham soal investasi dan tidak paham soal teknologi/hukum di negara asing.
What I learned during this period of my life:
I probably will post the second part of the thread sometime next week, or in 2 or 3 weeks (will visit Indonesia by that time as well so hopefully will have the same timezone to reply to comments), so that I can focus answering questions in this thread.
Every time I post a thread here, I try to stay up a little bit late to answer questions. But I need to work the next day (EST Timezone), so sometimes I fall asleep and can't reply right away, but will reply the next day. Kalau saya bisa balas langsung, akan saya balas. Atau kadang saya gak balas kalau saya merasa informasinya terlalu personal.
submitted by TKI_Kesasar to indonesia [link] [comments]


2022.11.06 15:46 starkofwinter Rebutan Hall

Sebuah drama yang terjadi pada hari minggu ini.
Back story: tante vicky si kolektor birkin dari cerita ini adalah preachepengkothbah dan semacam pembina persekutuan doa yg isinya tante2 super crazy rich. Rumah kamu nilainya di bawah 20M? Jangan harap masuk ke persekutuan doa ini. Tau kasus pendeta di Surabaya yg melecehkan anak selama bertahun2? Ibu anak tsb ada di persekutuan doa ini.
Ceritanya singkat sih, tapi cukup juicy karena melibatkan tante feli dari cerita ini.
Di balik persona pengkothbahnya yg sangat well curated di sosmednya, tante vicky, let's say, is not who she presents herself to be. Tante vicky menggunakan sebuah hall kecil di mall untuk persekutuan doanya. Not very publicized, karena kan ga mau orang sembarangan yg gabung circle mereka.
Nah sedangkan tante feli, juga punya persekutuan doa sendiri, TAPI isinya orang-orang dari middle-low class.
Drama dimulai ketika tante feli mau menyewa hall yg sama dengan tante vicky untuk persekutuan doanya. Tante feli tidak tahu kalau tante vicky pakai hall yg sama. Oleh pengelola hall, tante vicky diberitahu soal persekutuan doa tante feli yg mau sewa hall tsb (pengelola hall tau mereka temen dan cuma basa basi aja kasih tau). Tante vicky melarang pengelola hall untuk menyewakan hall tsb ke tante feli, dan tante vicky juga menghubungi tante feli untuk mencari hall lain.
Tante feli NGAMOK besar dan langsung maki2 tante vicky.
"YA ALLAH VIC AKU INI GAK TARAH NJUPUK JEMAATMU SING SUOOOOOGEEEEEH IKU. WONG SING TAK LAYANI LO WONG-WONG SING GAK BAKAL MBOK TRIMO NDE PERSEKETUAN DOAMU IKU!"

"YA ALLAH VICKY AKU NGGAK BAKAL NGAMBIL JEMAATMU YANG KAYA-KAYA ITU. YANG AKU LAYANI INI LO ORANG-ORANG YANG KAMU TIDAK MAU TERIMA."
Apakah tante vicky takut tersaingi? Ga mungkin. Kan segmentasi jemaatnya aja beda. Mungkin cuma petty? Atau mungkin tante vicky merasa jemaat tante feli terlalu hina untuk pakai hall yg mahal di mall yang bagus ini? Kita tidak tahu~
Habis ngomong begini, tante feli cuma noleh ke teman-temannya dan bilang "Ya sudah pakai hall hotelku aja. Tapi di timur lo ga papa ya?"
Ya udah sekian aja. Selamat bekerja besok.
submitted by starkofwinter to indonesia [link] [comments]


2022.08.02 06:46 muhammadnear Pengalaman kena scam berkedok agen travel

Pengalaman kena scam berkedok agen travel
Gw pengen cerita pengalaman gw kena scam kemarin. Seumur hidup gw orangnya selalu skeptis dan punya prinsip ngga bakal transfer uang ke siapapun/plaform apapun yg ngga gw kenal. Jadi ini pengalaman gw pertama kali kena scam dan mudah2an yg terakhir.
Jadi tgl 29 Juli 2022 jam 22.00 malem, gw harus nganter bini sama anak ke kampung halaman karena ada urusan mendadak waktu itu. Nah kebetulan waktu itu bini nemu di IG ada agen travel dengan nama cahaya bintang travel yang ngasih harga tiket murah utk perjalanan PP. Awalnya gw nggak percaya dan bilang ke bini kalo beli di t*ket atau t*aveloka, tapi bini bilang kalo banyak banget di situ testimoninya. Gw langsung coba cek dan logika gw bilang ini agen travel bisa jadi legit karena :
  1. akun IG testinya terlalu banyak dengan circle yg beda2
  2. akun IG testinya registered udah lama (tahun 2015 ke atas)
  3. latest date testinya baru di tgl 28 Juli (H-1 gw kena scam)
  4. niat banget utk bikin poster menarik bahkan sampe belain bikin instagram ads
Tapi yg jadi red flags di pikiran gw adalah :
  1. too good to be true. Harganya 1/2 dari harga di t*ket atau t*aveloka. Ini gw sampein ke bini, doi bilang ya kan bisa jadi di t*ket dan t*aveloka lebih mahal karena harus bikin iklan, marketing dan biaya lain. Hmm.. Okelah gw bisa terima
  2. fasilitas banyak banget. Free PCR & antigen, free bagasi (meanwhile L*on air group aja ngorbanin bagasi supaya harga tiket bisa murah).
  3. chattingan sama "admin" nya berasa de javu chattingan sama penipu asli. Jadi gini, gw kalo dapet SMS/chat wa penipuan (mama minta pulsa, hadiah jackpot 250 jt, dll), sering dengan sengaja gw ikutin alurnya. Nah, si "admin travel" ini gaya tulisannya mirip2 banget sama penipu2 tadi. Pikiran ini gw tepis karena selama gw ngisengin penipu beneran, nggak sampe ada yg seniat ini (liat poin gw kenapa gw mikir di awal kalo ini legit).
  4. minta fotoin KTP. Which, seumur2 gw pake jasa travel nggak ada yg pernah minta. Utk yg ini, kata bini gw "Yaelah ktp kita dan 200 juta penduduk yg lain udah bocor dari kemarin2 kali" yg gw jawab "Iya juga sih.." sambil garuk2 kepala.
Akhirnya gw lanjutin chat dan diminta bayar ke BRI no rek 684001013151535 a.n. KIEMAS MAS CIK. Yaudah gw bayar, toh di pikiran gw nominal ini nggak terlalu gede2 banget dan kalo ini legit, sifat skeptis gw mungkin akan gw turunin lagi standarnya.
Dan bener.. setelah gw transfer, bukannya e-tiket gw dapet tapi malah disuruh transfer duit lagi katanya buat deposito. Yaudah, dengan kecewa gw langsung hapus2in data pribadi dan foto KTP anak bini gw. Dan berusaha laporin rekening scammer ke sini dan sini. Sedih sih, tapi yaudah buat pelajaran berharga gw selamanya.
  1. JANGAN PERNAH transfer kepada siapapun/platform apapun yg lu nggak pernah kenal sebelummnya. Mau testinya banyak kek, posternya niat kek, bikin ads di socmed kek, JANGAN PERNAH.... kecuali kalo testinya dari org yg lu percaya sendiri. jadi kalo ada apa2 tinggal tempeleng aja. hahaha.
  2. Tetep yakin sama hunch lu. Jangan pernah turunin standarnya. Always sceptical.
kali aja komodos yg bisa bantu laporin biar rek. scammernya diblok atau minimal spread IG nya biar nggak ada yg kena lagi. Thanks.

Awal mula gw chat si \"Admin\"

Di sini gw diminta ngasih data pribadi standar utk beli tiket.

Meskipun gw berat banget share KTP, tapi yaudahlah

Data rek scammer

Gw transfer sambil deg-degan

Ini ketahuan busuknya. Gw disuruh transfer 4,8 juta buat \"deposit\"

Niat banget ampe bikin html yg relatif rapi begini. Gw yakin kalo orang awam, makin yakin utk transfer \"deposit\" ini.

Ini gw langsung lemes dan udah desperate barangkali si scammer kasihan terus uangnya balik wkwk

langkah desperate selanjutnya, pake metode ngancam. Barangkali scammer terintimidasi. Hahaha
submitted by muhammadnear to indonesia [link] [comments]


2022.03.23 11:52 Affectionate_Cat293 [Celotehan] Kenapa Orang Indonesia Terobsesi dengan "Sukses"?

Sesuai judulnya, kenapa orang Indonesia terobsesi dengan "sukses"? Menurut pengamatan amatirku, ada semacam "Indonesian dream": kalau kamu kerja keras, sekolah tinggi-tinggi (dan punya koneksi yang kuat), kamu akan punya karier yang cemerlang, menikah, punya anak, tinggal di rumah yang bagus, sambil jalan-jalan ke luar negeri. Ulangi prosesnya untuk anak kamu: kerja keras, sekolah tinggi-tinggi, dan sebagainya. "Mimpi Indonesia" ini sangat menekankan pentingnya kerja keras dan pendidikan tinggi, ini ada kajian jurnalnya.
Aku nggak tahu apakah aku bias karena lingkaran pertemananku atau apa. Ada beberapa temanku yang menghilang dari lingkaran pertemanan, semua bertanya-tanya kenapa? Sepertinya aku tahu jawabannya. Karena paling tidak di lingkaran pertemananku, hampir semuanya terobsesi dengan ide "sukses". Salah satu temanku punya slogan, "hidup tidak boleh sia-sia" atau apalah. Dan dia tipe yang "harus sukses", selalu berusaha melakukan apapun untuk mencapai puncak karier tertinggi, dan tentunya sering menunjukkan di media sosial pencapaian dia apa saja. Bahkan pencapaian-pencapaiannya dibingkai di rumahnya. Nah, kalau kebanyakan temanku seperti ini, wajar saja kalau beberapa temanku "menghilang" ketika hidup lagi tidak bersahabat. Misalnya ada yang putus kuliah, dia langsung menghilang setelah itu. Ada juga yang sempat kuliahnya tersendat, pada saat tersendat dia juga menghilang, dan baru kembali ke lingkar pertemanan setelah dia punya karier.
Begitu aku melihat keluar lingkar pertemananku, sepertinya memang obsesi "sukses" ini cukup umum di masyarakat. Hal ini terlihat dari seminar-seminar cara untuk jadi "sukses" atau "kaya" (terutama yang instan) selalu menarik banyak perhatian publik. Makanya Mario Teguh dan "salam sukses"nya populer dan menyihir banyak pemirsa (entah kenapa aku nggak pernah tersihir, dari kecil aku ngerasa dia kayak penipu). Menurutku ini juga kenapa orang Indonesia terus menerus terperangkap dalam skema piramida, karena banyak yang ingin sukses dan kaya secara instan.
Aku juga pernah ketemu cendekiawan yang bilang, kalau kamu harus menulis sesuatu yang akan melampaui zaman seperti Plato dan Aristoteles, jangan cuma nulis panduan untuk pakai kulkas. Maaf ya, tapi kulkas lebih penting karena kalau nggak tahu cara pakainya, nggak bisa nyimpan makanan untuk bertahan hidup.
Obsesi "sukses" ini juga yang memaksa banyak orang Indonesia untuk tidak mengejar mimpi, tetapi mengejar pekerjaan yang membawa banyak uang. Udah terlalu sering aku dengar cerita orang yang mau kuliah seni, sastra, budaya, dll, dilarang orang tuanya dan dipaksa belajar kedokteran atau ekonomi, karena kedokteran dan ekonomi diyakini membawa sukses, sementara seni, sastra, dan budaya tidak.
Kadang-kadang upaya untuk sukses ini mendorong orang untuk pura-pura sukses. Ada kenalanku yang setiap hari kerjaannya nunjukkan di Instagram, Facebook, dan Linkedin kalau dia sukses. Dia membius banyak pemirsa, tapi aku tahu kalau sebenarnya dia membesar-besarkan banyak hal. Misalnya dia mengklaim bisa bahasa Prancis, tapi aku yang kebetulan bisa bahasa Prancis pernah mencoba ngomong dengan dia dalam bahasa Prancis, dia melongo aja. Tapi di publik dia mengklaim bisa dan pamer di mana-mana untuk menunjukkan kalau dia pintar (misalnya dia suka post Instagram story artikel dalam bahasa Prancis untuk nunjukkin kalau dia bisa).
Kembali ke pertanyaannya, kenapa orang Indonesia terobsesi dengan "sukses"? Jangan salah, aku dulu juga pernah punya pikiran seperti itu karena latar belakang pendidikanku. Tapi semakin lama aku hidup, semakin aku sadar kalau "sukses" itu fana.
  1. "Sukses" itu relatif. Di Indonesia sepertinya "sukses" diukur dengan materi dan karier, karier harus cemerlang dan uang harus banyak, jadinya kalau pulang ke desa dengan naik mobil mahal, semua orang akan komentar "wah udah sukses lu ya". Tapi apakah hanya itu parameter sukses? Kalau gw hidup sederhana tapi bahagia, kenapa gw gak bisa bilang kalau itu "sukses"?
  2. "Sukses" bukan sifat dalam diri lu, tapi bagaimana orang melihat lu. Dari beberapa contoh di atas, mereka yang berusaha untuk "sukses" selalu unjuk kesuksesan di media sosial. Kalau mereka diam saja dan "rendah hati", apakah akan tetap dianggap sukses? Contoh, ada temanku yang bermimpi sekolah di Harvard. Kira-kira dia mau sekolah di Harvard karena memang ingin sekolah, atau ingin sukses? Apakah dia akan tetap mengambil posisi di Harvard kalau misalkan ada syarat dia tidak boleh memberitahukan siapapun kalau dia pernah kuliah di Harvard?
  3. "Sukses" tidak sama dengan "bahagia". Misalnya lu berhasil menang lomba, wah luar biasa. Bahagianya sepertinya hanya sesaat, hanya 1-2 hari. Ibarat kurva, kurvanya memuncak, lalu setelah 1-2 hari turun drastis dan datar. Banyak juga orang "sukses" yang tidak bahagia atau depresi dan akhirnya bunuh diri. Orang bertanya-tanya kenapa.
  4. Ini yang menurutku paradoks, masyarakat Indonesia sangat religius, temanku yang obsesi sukses di dunia juga religius, dan dalam agama dia kehidupan sebenarnya ada setelah kematian. Kalau begitu, apa gunanya sukses di dunia kalau akhirnya yang lebih penting adalah akhirat? Kalau semuanya fana?
  5. Yang dianggap sukses biasanya karier seperti "dokter" atau "pengacara", tapi kita tidak bisa hidup tanpa pembantu rumah tangga, tukang kebun, tukang kayu, dll, kenapa kita harus anggap mereka lebih rendah?

Maaf kalau aku celoteh panjang lebar. Aku nggak bermaksud menghakimi orang yang ingin "sukses", semua orang bebas untuk hidup seperti yang ia inginkan, tapi aku heran saja karena tekanan masyarakat dan keluarga adalah agar kamu "sukses" dan "tidak menyia-nyiakan hidup", padahal mungkin di mata budaya/orang lain, berusaha mengejar "sukses" adalah "menyia-nyiakan hidup", dan sekadar menikmati hidup dan bahagia adalah "memanfaatkan hidup sepenuhnya". Menurutku obsesi "sukses" di Indonesia sudah sampai tahap akut sampai-sampai orang bakal menghilang dari lingkar pertemanan kalau terkesan "gagal dalam hidup".
submitted by Affectionate_Cat293 to indonesia [link] [comments]


2022.03.03 07:23 upperballsman Titiek Sandhora, Kroncong Jawa Album Appreciation Thread

Di hari libur yang sunyi ini gue cuma pengen meluapkan isi hati gue atas kecintaan gue terhadap titiek sandhora dan albumnya Kroncong Jawa bersama Mus Mulyadi, formatnya bakal sama seperti yang pernah gue buat sebelumnya dalam thread Ira Maya Sopha. Also BIG THANKS to wicaksonogmail yang ngenalin gue ke Titiek Sandhora. Tanpa rekomendasi dia, mungkin gue g akan pernah ngerasain namanya nge simp idol CUMA gara gara suaranya yang sungguh luar biasa imut.
Yang paling gue seneng dari Album ini adalah karakter yang diperankan dari Titik Sandhora itu sendiri, yang bernada tegas tapi lembut, tomboy tapi feminim, sungguh sebuah suara yang gue jarang sekali dengar karakteristik nya, kalo ada saran yang mirip mirip monggo drop saja di komen! kalo kalian ada stereo di ruang tamu, coab deh, gelimbungan sambil dengerin lagu ini, sambil mata sayup sayup, dengerin lantunan suara Titik Sandhora, Sungguh Syahdu!
Hal lain yang seru dan gue suka dari lagu lagu indo lawas itu vibes nya yang wholesome, meskipun album ini lebih berselang seling dari lagu2 wholesome ke lagu2 sedih dibanding Ira Maya Sopha, tapi setiap lagu Wholesome nya itu sangatttttttttt menyenangkan untuk didengar, bahkan lagu yang ceritanya berantem pun vibesnya masih holsom! sama seperti Ira Maya Sopha, bukit berbunga, i say absolutely this album is a Masterpiece, mari kita bedah satu persatu:
The Album
Dibuka dengan melodi piano cantik dan irama gitar, kita mendengarkan suara Titiek SAndhroa pertama kali sebagai Penjual Buah Buahan. "Dipunduti Sadean Kulo Nikiiiiiiii" what a fucking beatuiful of a voice, dinamis antara pembeli dan penjualnya juga sangat gemas!

Lagu ini termasuk yang gue bilang vibes wholesome tapi Storyline not so much, Karakter utama kita curiga kalo pasanganya selingkuh dan suaminya ditodong "Ojo Sela, Ojo Sela" "Kowe wingiiiiii kanten karo sopo???" sungguh heran bagaimana bisa orang deliver line nodong seindah itu. Diiringi Piano yang tung tung tung tung tung tung tung tung, membuat situasi ini terasa jadi vibes sitkom lawas yang pertengkaranya ini hal tipikal dan bukan krisis rumah tangga yang serius

Kita mengenal lebih dalam dari karakter yang diperankan Titiek Sandhora yang berfilosofikan apa adanya dalam mencari pasangan, *maybe* filosofi yang gue secara pribadi g terlalu setuju, becos finansial stability is a must menurut gue, namun nontheless, the way she deliver "sugih opo mlarat aku ora peduliiii" is a fucking gem

Kita masuk ke lagu sedih pertama kita, Bahasa jawa gue gk terlalu bagus, tapi gue cukup yakin ini bercerita Titiek Sandhora yang sedang Move On dari pasangan dia. "Lilakno mas Lilakno.... Aku Raneng Kabeh Salahku...." maybe relakan mas relakan, aku mengakui kesalahanku??? anyway, ini salah satu lagu yang mantap ketika lu setengah teler karena di setereo suaranya dia ini tuh kek menggema gitu, so jadi kek menembus sukma

Balik lagi ke Happy Happy! disini menceritakan Titiek Sandhora yang excited bgt sama her-to-be SO karena dia udah positif banget kalo cowo nya ini juga suka sama dia, jdi the whole song itu ada vibes dia happy banget dan almost inda giggling? "Bapak utowo Ibuk, kabeh wes do perso.. .aku uwes bloko, opo isi neng ati" "Mugo mugo ra suwee, kowe bakal bloko, yen kowe, tresno aku" damnnn this outro diiringi piano bass sama gitarnya all just PERFECTION

Gue g tau ini kenapa ngulang.

Balik lagi ke lagu sedih, "Piye carane wiwiti~~~~~~~~~~~~~~~~~~~ crito lelaraning ati!~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~ priooooo seng tak tresnaniiiiiiiiii selak marang janjiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii" kalo kalian dengerin opening line itu diiringi dengan piano nya, man YOU WILL BE HOOKED, gue g bisa berkata banyak, ini adalah keindahan. one of my most favourite song of her

This is the highlight for the wholesome song for me, dari segi musik, vokal, cerita, lawakan, it all came down together soooo beautifully, terutama vokal nya titiek sandhora yang bikin narasi nyindir bisa jadi indahhh bangett "pengennn gagahhh njogo gengsiiii" "rambute...... digunduli......" "lha mbok jangan dong pak..." eleuh eluuuhhhhhhhh PERFECTO 10/10 will listen to it again. ketika titiek sandhroa marah marah diakhir pun masih gemas banget suaranya, gue rela dimarahin titiek sandhora 24/7.

Balik lagi ke lagu sedih, gue tidak bsia berkata banyak di lagu ini other than that gue rasa ini tuh prequel nya Lelaraning Ati dan Lilakno, karena tema nya more or less sama, tentang cinta yang sudah rapuh, sama kek sebelumnya, ini bakal nembus ke sukma kalo lu dengerinya sambil sayup2 mata 5 mili.

Ini mungkin yang paling relatable ama gen sekarang (well, lebih tepatnya, tahun 2010 an kemaren) karena lagu ini tuh bahas Friendzone, dari lirik pertamanya, udah nusuk banget "Aku ra tau janji, opo wae nang sliramu, coba eling elingen kapan..." lebih nusuk di kalimat keduanya "Yen aku ora kleru... Malah Aku tau kondo, sliramu wes tak anggep, dadi koyo kangmasku.... dewe..." ouchhhhhhhhh fuvking stings dud. gapapa, gue g sedih kalo yang bilang gitu ke gue Titiek Sandhora

Honorable Mention:
https://www.youtube.com/watch?v=y71D4dA_8Mo
Ini dimana vokal feminim tegasnya paling bersinar menurut gue, dari awalnya yang nada tinggi, diakhiri ke nada halus, menceritakan tentang banyak cowo2 yang modal omong2 doang dan g bener2 serius, dimana saat Titiek Sandhora deliver line "Nganti Kapan wae, aku dadii mimilan miduno???" That shit is STRAIGHT OUTTA HEAVEN ISTG!!!!!!!!!!

https://www.youtube.com/watch?v=NHp7iw6Y300
Ini first Exposure gue ke Titiek Sandhora, vibes nya wholesome banget, dan lagunya simpel, tapi asik.

https://www.youtube.com/watch?v=oBRq3ANdlHs
Literally melodi pertamanya itu mirip banget sama melodi kalo karakter terhipnotis dan emang g salah, lu BAKAL terhipnotis sama vibes nya yang dibawain Titiek Sandhora di lagu ini, bener bener kerasa sawah, bener bener keliatan gunung, kerasa ijo, kerasa angin sepoy, kerasa matahari jam 7 yang terang tapi g panas, sedikit nyelekit di kulit, mann i fucking missed my hometown. "Indah di Pagi Haaaaaariiii, burung pun berkicauuuuu, TRILILILILILILIIIIIIIIIIII"

https://www.youtube.com/watch?v=uX9nzhAg5k0
Yes i know, ini bukan lagu original, tapi i dont fucking care, aransemen dua orang ini tuh yang paling wholesome, dari beat drum nya, gitarnya, liriknya, man it makes me want to live!!!!!!!!!!! "Alangkah indahnya.... bangun dipagi hari... kudapat menikmati... burung murai berkicau" it made me tears mannnnnnnn, sungguh imut! gue jadi paham kenapa cowo2 pada simp sama idol idol, gue jadi paham! jadi ini rasanya simping sama orang.
Oh Bu TItiek saya doakan panjang umurmu, moga moga sehat selalu! Salam damai.
submitted by upperballsman to indonesia [link] [comments]


2022.01.11 07:17 starkofwinter Saga keluarga lintah (part 1)

Halo, beberapa hari ini cukup membuatku stress. Lagi butuh tempat untuk cerita soal keluarga ini. Kerjaan hari ini udah selesai semua dan aku ada banyak waktu kosong. Sepertinya /indonesia akan suka dengan cerita ini. Semua nama disamarkan. Ceritanya panjang sekali, dimulai dari tahun 2013 dan sampai sekarang tahun 2022 sehingga akan aku bagi dalam dua part. Buat yang merasa tau ini siapa, tolong jangan dibuka nama asli mereka.

2013

Sekitar tahun 2013, ada keluarga baru di gereja kami. Gereja kami kecil, jemaatnya cuma 100-150 orang dan semua saling kenal, jadi kalo ada jemaat baru pasti langsung kelihatan. Keluarga ini terdiri dari 5 orang, bapak (yg sampek sekarang aku nggak tau namanya siapa), ibu (tante maria), dan 3 anak (Sandra, Kevin, Nico). Saat itu, Sandra kelas 3 SMP, Kevin dan Nico masih SD. Mereka baru pindah dari Sampit ke Surabaya. Untuk kejadian tahun 2013 ini aku agak ngeblur persisnya gimana, jadi akan kuceritakan garis besarnya aja.
Menurut pengakuan tante Maria, dia ini anak orang SUPER KAYA di Sampit, tapi kabur ke Surabaya karena mereka sekeluarga masuk Kristen dan keluarga tante Maria yang beragama Buddha tidak terima dan meneror tante Maria (sampai hari ini aku nggak tau apakah ini benar atau tidak). Karena iman mereka yang sangat besar dalam Kristus Yesus penyelamat kita, mereka bersikukuh tidak mau kembali ke agama Buddha dan akhirnya secara finansial dicut off oleh orang tua tante Maria. Cerita ini sungguh menggugah hati jemaat gereja kami dan banyak bantuan yg diberikan ke mereka. Ada yg membelikan furnitur untuk kontrakan mereka, ada yg kasih kerjaan untuk si om (si om ini dipecat dari kerjaan tsb hanya dalam waktu 1 bulan karena nggak becus kerja), dan banyak yg kasih bantuan uang tunai.
Kebetulan kontrakan mereka dekat dengan rumah kami, sehingga mama sering ke rumah tante Maria untuk sekedar kirim masakan atau kirim sembako. Tante Maria tanya ke mamaku, sekolah apa yg bagus di Surabaya. Mengingat kondisi ekonomi mereka yang tidak stabil, mamaku menyarankan untuk anak2 yg SD dimasukkan ke sekolah negri dekat rumah aja, sedangkan yg SMP dimasukkan ke sekolah katolik yang ada di dalam kompleks perumahan kami. Dan tante Maria was like "Sekolah murah? EW NEVER! Kami ini cindo! Harus masuk sekolah top dan isinya cindo semua!". My mom was like "okay you do you."
Kemudian Sandra dan adik2nya dimasukkan ke sekolah katolik di tengah kota yang cukup punya nama. Mamaku sudah bilangin mereka untuk minta diskon ke suster kepala sekolah karena sekolah katolik biasanya cukup murah hati untuk kasih keringanan biaya. Tante Maria menanggapi dengan "ah males harus minta surat keterangan tidak mampu dari RT/RW dan diminta tagihan listrik.". I went to that same school during SMA, dan mereka kalo kasih keringanan itu beneran ringan sekali. Teman2 SMAku banyak yg SPPnya gratis karena ada subsidi silang. Baiklah karena mereka yg nggak mau mengajukan keringanan, mamaku juga diem aja.
6 bulan kemudian, sekitar bulan desember, tante Maria tetiba memberikan kesaksian (lebih kayak ngadu sih wkwkwk) di gereja tentang bagaimana beratnya hidup mereka di Surabaya dan bagaimana Kristus menolong mereka untuk surive sendirian di Surabaya. Kemudian, kesaksian tsb ditutup dengan "Saya nggak mampu sekolahin anak saya di SMP S*********, tapi saya percaya bahwa Kristus sendiri yang akan menyelesaikan masalah SPP yang nunggak." This, of course, pulled the heartstring of our smol church. Akhirnya ada satu jemaat crazy rich yang melunasi tunggakan SPP 3 bocah ini.

2015

Tante Maria sekeluarga pamit ke pendeta kami untuk pindah gereja karena kontrakan mereka pindah nun jauh ke ujung surabaya timur dan akan susah buat mereka untuk tetap berjemaat di gereja kami di surabaya barat.

2017

Waktu di mal, aku nggak sengaja ketemu dengan sahabat masa SD, akhirnya kami makan bareng. Waktu makan, dia nunjukin foto CG dia di gereja M**** S*****, lo and behold, ada Sandra di foto tsb. Aku langsung bilang kalo aku kenal sama Sandra dan keluarganya karena dulu jemaat di gerejaku. Temenku nyaut "kasian ya mereka kan dibuang sama keluarga mamanya gara2 masuk kristen. Papa mamanya kan di CG papaku, itu banyak dikasih bantuan finansial sama anggota CG yang lain gara2 nunggak uang sekolah." tanggapanku cuma "halah, lagu lama itu bro."
Sandra dan keluarganya masih in contact dengan beberapa ibu2 di gereja kami. Tahun 2017, ada seorang tante, sebut saja Tante Feli yang berbaik hati mau kuliahin Sandra. Sandra ini anaknya pinter sekali. Waktu SMA, dia bisa dapet sertifikat bahasa jerman B2 dari Goethe Institut hanya dengan belajar otodidak dan rata2 nilai rapornya cukup tinggi. Sandra bilang secara gamblang kalo dia pingin kuliah kedokteran. Tante Feli tidak bisa menyanggupi karena kuliah kedokteran ini mahal sekali. Kalo Sandra mau masuk jurusan lain yang masih berhubungan, seperti fisioterapi atau biotek, tante Feli sanggup membiayai sampai lulus. Tau apa tanggapan Sandra? "It's med school or nothing." Kalo nggak kedokteran nggak mau. Ya udah akhirnya oleh Tante Feli dilepas dan nggak dipaksa lagi.
Bulan mei 2017, Sandra telfon Tante Feli, bilang bahwa kuliah kedokteran di Jerman itu gratis, jadi Sandra akan coba ke sana. Tante Feli yang merupakan pemilik salah satu rumah sakit di surabaya, langsung bilang "lah kamu sekolah kedokteran ke jerman emang ilmunya bisa dipake di indonesia? Beda cerita lo ya Sandra kalo misal kamu kuliah spesialis ke Jerman. Kalo kedokteran baiknya ya di Indonesia karena kita negara tropis ada penyakit2 yang tidak diajarkan di Jerman. Katakanlah kamu lolos sekolah kedokteran di Jerman, terus biaya hidupnya gimana Sandra?" Dengan pedenya Sandra menjawab: Sandra nggak mau kembali ke Indonesia dan Sandra bisa kerja part time di Jerman. Dia pikir kuliah sambil kerja part time itu gampang.
Sandra kemudian tanya2 ke Goethe Institut soal persyaratan kuliah ke Jerman, Sandra disarankan untuk studienkollieg dulu supaya bahasa jermannya bisa level C1 untuk kuliah kedokteran, dan Sandra dihantam oleh kenyataan bahwa dia harus kasih deposit senilai kurang lebih 11k euro untuk dapat visa pelajar. Sandra kemudian telfon tante Feli lagi untuk tanya apakah tante Feli bisa kasih 11k euro sebagai uang deposit, dan tentu saja jawaban tante Feli adalah O HELL NO.
Part 2 lanjut habis makan siang ya. Besok aku bakal sibuk banget jadi cuma bisa cerita hari ini.

submitted by starkofwinter to indonesia [link] [comments]


2021.12.12 13:27 TruthversusSlander ME AND MINION CARRIER FROM MEKDI.

I KNOW.. I KNOW.. TAK HABIS LAGI CERITA PASAL MINION CARRIER NI.. HARI TU AKU DAH BELI SATU, HARI MASA AKU POST NI https://www.reddit.com/NegarakuMalaysia/comments/rd15p1/aku_dah_terbeli_staff_mcd_cakap_kat_aku_masa_aku/?utm_medium=android_app&utm_source=share LAH. STAFF MEKDI NAK BAGI AKU YANG 'ON DISPLAY' KAT ATAS KAUNTER CASHIER PEMBAYARAN MEKDI TU. AKU KATA AMBIL YANG BARU LAH, YANG TAK DIBUKA LAGI KOTAKNYA SEBAB YANG 'ON DISPLAY' NI RAMAI ORANG DAH PEGANG PEGANG, GONCANG GONCANG. DUA, TIGA KALI JUGA LAH AKU BERTEKAK DENGAN STAFF MEKDI TU. AKHIRNYA DIA BERSETUJU DAN PERGI KE BELAKANG AMBIL SATU KOTAK BESAR, BUKAN MAIN PUNYA LEBAR KOTAK TU.DAN AMBIL PISAU STATIONERY DAN HIRIS CELOTAPE YANG SEALED KOTAK TU SERTA MENGELUARKAN SATU PLASTIK KOTAK KUNING MINION CARRIER YANG BARU UNTUK AKU.
PETANG TADI PULA, MY ELDEST BRO (ABANG KANDUNG LAH) WASAP AKU KATA "KITORANG KAT MEKDI NI, KAU NAK APA-APA TAK?" . AKU REPLY " BELILAH ICE BLENDED CHOCOLATE, HOT CAPPUCINO DAN ICE MOCHA. BOLEHLAH AKU SIMPAN DALAM FRIDGE". PASTU MY ELDEST BRO AND HIS SMALL FAMILY DATANG NAK VISIT AKU KAT RUMAH BUJANG AKU JAP. DIA BAGI ICE BLENDED CHOCOLATE, HOT CAPPUCINO, ICE MOCHA, A SLICE OF CHEESECAKE DAN....
SATU PLASTIK KOTAK KUNING MINION CARRIER KAT AKU. AKU TERKEDU JAP... TERIMA JE LAH.
SEKARANG NI, MY BRO DAN FAMILINYA DAH BALIK KE RUMAH MEREKA, AKU CHECK JAP MINION CARRIER TU..
APA NI? PLASTIK BERKABUS, KELABU MACAM BERHABUK SIKIT, BUKAN MACAM PLASTIK PEMBALUT KOTAK MINION CARRIER YANG BARU IAITU BELUM PERNAH DISENTUH RAMAI ORANG. SAH! CONFIRM NI MESTI STAFF MEKDI AMBIK MINION CARRIER YANG 'ON DISPLAY' KAT ATAS CASHIER COUNTERS MEKDI DAN BAGI KAT ABANG AKU. HAA.. ABANG AKU JENIS BO LAYAN JE.. APA-APA PUN TAK PERHATI DAN TAK PEDULI SANGAT. KALAU AKU KOMPLEN KAT WASAP NANTI KAN, MUNGKIN DIA AKAN REPLY "KALAU KAU TAK NAK, BAGI BALIK. NANTI AKU BAGI KAT ORANG LAIN."
APA-APA PUN FREE...
[FOOTNOTE: KALAU KORANG NAK, AKU BOLEH POST FOTO KEDUA-DUA MINION CARRIERS, SATU YANG AKU BELI HARI TU DAN SATU LAGI YANG AKU DAPAT FREE SEBAB MY BRO BELIKAN DAN BAGI KAT AKU (DENGAN TRANSPARENT PLASTIK WRAPPER BERKABUS (ABSOLUTE FOGGY) TAPI YANG KEDUA NI AKU DAPAT FREE).]
submitted by TruthversusSlander to NegarakuMalaysia [link] [comments]


2021.11.22 09:43 jw_mentions /r/indonesia - "Seriously, Apa sih Saksi Yehuwah (Jehovah Witness) dan Ini mengapa kok agama Ini "Istimewa" dibandingkan aliran Kristen lainnya ?"

I am a bot! Please send NotListeningItsABook a private message with any comments or feedback on how I work.

About Post:

--- --- Notes
Submission Seriously, Apa sih Saksi Yehuwah (Jehovah Witness) dan Ini mengapa kok agama Ini "Istimewa" dibandingkan aliran Kristen lainnya ?
Comments Seriously, Apa sih Saksi Yehuwah (Jehovah Witness) dan Ini mengapa kok agama Ini "Istimewa" dibandingkan aliran Kristen lainnya ?
Author townofgrissee
Subreddit /indonesia
Posted On Sun Nov 21 17:58:34 EST 2021
Score 104 as of Mon Nov 22 03:43:18 EST 2021
Total Comments 196

Post Body:

For, Christian komodos or whoever know about that thing, Aku cuma ingin tahu tentang aliran, tentang berita penganut Saksi yehuwah yang menuntut perlakuan yang berbeda (Doa/Ibadah) dari aliran kristen yang lain & di sisi lain menolak upacara bendera. Kira-kira ada yang punya pengalaman terkait ajaran atau pengikut Saksi yehuwah ?

Related Comments (16):

--- --- Notes
Author townofgrissee
Posted On Sun Nov 21 18:27:27 EST 2021
Score 25 as of Mon Nov 22 03:43:18 EST 2021
Conversation Size 29
Body link
Kira-kira untuk pendapat Jehovah witness tentang roh kudus, jika mereka sendiri menolak trinitas ?
--- --- Notes
Author townofgrissee
Posted On Sun Nov 21 18:33:58 EST 2021
Score 7 as of Mon Nov 22 03:43:18 EST 2021
Conversation Size 0
Body link
Thanks docs for Video. I'm honestly know why Jehovah Witness is bizzarely weird even by my biased Muslim eye. It's goodamn cult.
--- --- Notes
Author DecayDancing
Posted On Sun Nov 21 20:29:39 EST 2021
Score 13 as of Mon Nov 22 03:43:18 EST 2021
Conversation Size 8
Body link
I wouldn't personally compare them to NOI. NOI itu agama yang black nationalist yang serba black, we waz kangz. Mereka percaya Allah orang item. Mereka punya concept "Asiatic Blackman" yang jujur aja bikin ngakak sendiri. Apalagi Yakub the scientist yang ngeinvent orang putih wkwkwkwkw. White people are the devil. Overall, yang gw respek dari mereka daripada BLM, mereka sangat terorganisir, militant dan mereka armed as fuck. Jadi aparat keamanan juga ga berani macem2 sama mereka. Sejujurnya gw kurang paham hal2 ttg ideology dalam Mormonisme atau JW, tp ya g jelas NOI itu menurut gw banyakan Black Superiority nya daripada Agama Islamnya.
Kalau Jehovah's Witness kayaknya lumayan inclusive karena yang Chinese ada, putih ada, keluarga Michael Jackson juga kalo ga salah JW. Idk much about Mormonisme, tp kayaknya mungkin emang ada miripnya soalnya mereka berdua punya Nabi Elijah Muhammad dan Joseph Smith yang muncul di Amerika. Tbf, biangnya sekte2 aneh di Dunia Islam itu sekte turunan dari Islam Shia.
--- --- Notes
Author Shaankarizma
Posted On Sun Nov 21 22:56:15 EST 2021
Score 1 as of Mon Nov 22 03:43:18 EST 2021
Conversation Size 0
Body link
Reminds me of that time i went to a book convention and thinking JW is actually a news company (DW aka "Deutsche Welle") So i just come to see the booth and the lady there talks about Jehovah witness so i just ran away
--- --- Notes
Author SweetKenny12
Posted On Mon Nov 22 00:15:48 EST 2021
Score 7 as of Mon Nov 22 03:43:18 EST 2021
Conversation Size 2
Body link
As a JW myself, gw bakal coba jawab tapi gak mau debat soal ajaran yakk soalnya pasti bakal banyak pertentangan

  1. We believe that Jehovah is the only God and Jesus is His son and our savior. Kita percaya tentang pengorbanan Yesus atas dosa kita tapi kita gak nyembah dia karena dia utusan dari Yehuwa
  2. Is it a scam ? No. Bahkan bahan bacaan yang kita biasa nya kita kasih gak di pungut biaya. Kita gak pernah maksa orang untuk kasih duit ke kita. Tapi kalau mereka mau nyumbang kami terima berapapun yang dia kasih dan itu masuk nya ke kas organisasi bukan kantong pribadi kita
  3. Apakah kita bener-bener menyendiri gak mau bergaul sama orang non JW ? Gak juga. Gw punya banyak temen non JW dan selama mereka gak kasih influence yang negatif, I'm fine with them
Itu sihh intinya. Kalo ada pertanyaan yang gak bahas soal ajaran, feel free to reply this comment
--- --- Notes
Author The412412Guy
Posted On Sun Nov 21 23:42:41 EST 2021
Score 1 as of Mon Nov 22 03:43:18 EST 2021
Conversation Size 2
Body link
Jehovah Witnesses is not a scam, so do Mormons, Advent and others.
--- --- Notes
Author MaruCoStar
Posted On Sun Nov 21 19:23:09 EST 2021
Score 33 as of Mon Nov 22 03:43:18 EST 2021
Conversation Size 21
Body link
Di Indonesia particularly, Jehovah Witness itu notorious gara2 ada insiden orgy di kalangan jemaat. Like, 1 gereja "mencintai" 1 sama lain, hence mereka orgy.
The act of orgy in the name of religion sama persis dgn pagan worship pas jaman2 dulu. That's why aliran ini dicap sesat, especially habis orgy incident ini.
But yea, ini sourcenya dari cerita mama papa ya. Aku masih lagi nyari tau ini tuh urban legend atau beneran terjadi.
--- --- Notes
Author SempakKuda
Posted On Sun Nov 21 22:55:05 EST 2021
Score 2 as of Mon Nov 22 03:43:18 EST 2021
Conversation Size 1
Body link
Gw sebenernya ga pernah nemu yang jehova witness di indo, tp denger ceritanya mereka aliran ekstrim jg
pagi-pagi coba turun di halte busway taman anggrek/cp nanti suka ada bapak2/ibu2 berbaju rapih terus ngasih phamplet.
--- --- Notes
Author Kosaki_MacTavish
Posted On Sun Nov 21 21:34:37 EST 2021
Score 8 as of Mon Nov 22 03:43:18 EST 2021
Conversation Size 3
Body link
Jehovah Witness itu notorious gara2 ada insiden orgy di kalangan jemaat. Like, 1 gereja "mencintai" 1 sama lain, hence mereka orgy.
Bukannya ini rumor tentang "Children of God" a.k.a. "Gereja Setan" ya?
JW rumornya malah lebih ke apolitis akut.
--- --- Notes
Author hassive-mitler
Posted On Sun Nov 21 22:07:14 EST 2021
Score 5 as of Mon Nov 22 03:43:18 EST 2021
Conversation Size 10
Body link
Excuse me do you have time to hear about lord and savior ShindoL ?
Jokes aside, mereka kayanya ganggu orang2 di US, ngetokin pintu rmh satu2 buat maksain ideologi mereka. Gw sebenernya ga pernah nemu yang jehova witness di indo, tp denger ceritanya mereka aliran ekstrim jg
--- --- Notes
Author Iowgosh
Posted On Sun Nov 21 22:21:07 EST 2021
Score 5 as of Mon Nov 22 03:43:18 EST 2021
Conversation Size 3
Body link
Jehovah witness adalah sekte fundamentalis kristen yang menerjemahkan kehidupan religiusitas rasul mula2 dengan interpretasi gaya fundamentalis mereka sendiri.
Ya sebagaimana fundamentalis mereka juga radikal dan puritan. Namun masih non-violence kecuali untuk dimensi privasi.
Kenapa Istimewa ya karena 'istimewa' memang ciri-ciri gerakan fundamentalis. Mereka selalu mencolok dan selalu berani bebicara dengan percaya diri akan ajaran mereka.
Namun, sebagaimana orang puritan pada umumnya mereka kurang fasih menggunakan pendekatan investigatif yang saintifik ketika melakukan penafsiran terhadap kitab.
Contoh sederhanya adalah dulu Jehovah Witness ini gencar datang ke Gereja2 untuk memaksa Gereja mengakui kalau sebutan "Yahweh" adalah nama official dari Allah.
Yang di counter dengan kaum Intelek teolog gereja dengan penerjemahan bahasa Ibrani sendiri. Bahwa 'Yahweh' sendiri adalah transliterasi modern. Di Septuaginta sendiri Yahweh tak pernah di sebutkan namun menggunakan 'YHWH' yang umat Israel kuno sendiri tak pernah menyebutkan dan manusia moderen hanya menerka2 sebutan ini. YHWH itu kayak Voldemort zaman israel kuno.
Argumen ini akhirnya di pergunakan banyak gereja untuk menendang saksi Yehowah yg berusaha menginfiltrasi gereja2 mainstream di Indonesia.
--- --- Notes
Author AnjingTerang
Posted On Sun Nov 21 19:01:42 EST 2021
Score 6 as of Mon Nov 22 03:43:18 EST 2021
Conversation Size 2
Body link
11-12 karena kalau gak salah Jehovah Witnesses adalah pecahannya Mormon. But correct me if I’m wrong.
--- --- Notes
Author justapotato9
Posted On Sun Nov 21 21:30:51 EST 2021
Score 7 as of Mon Nov 22 03:43:18 EST 2021
Conversation Size 0
Body link
Dulu pernah pagi-pagi ada yg teken bel rumah, gw bingung siapa nih pagi banget uda dateng, eh taunya orang jehovah witness.
Dia lagi jelasin sedikit langsung gw bilang ‘maaf tidak tertarik’, di tawarin brosur lagi dan kaga gw ambil. Anjay lagi enak tidur dibangunin cuma karena ini wkwkwk
--- --- Notes
Author AnjingTerang
Posted On Sun Nov 21 18:49:19 EST 2021
Score 19 as of Mon Nov 22 03:43:18 EST 2021
Conversation Size 10
Body link
Sederhananya berdasarkan video yg dikasi u/YukkuriOniisan, Jehovah Witnesses adalah Kristen Protestan yang berlebihan/ekstrim.
Kalau tau sejarahnya, Kristen Protestan muncul karena ada gerakan2 memprotes Gereja Katolik pada jaman dlu karena hanya Pastur2 yang bisa bahasa latin dan “interpret”/mengartikan injil. Jadi gak boleh ada interpretasi lain selain yg dibilang sama Gereja Katolik yang dipimpin dari Roma (Vatikan).
Protestan memprotes itu dan mengeluarkan injil dalam bahasa lokal (Jerman misalnya) supaya masyarakat awam juga bisa baca injil secara mandiri dan membuat interpretasi terhadap sabda Allah.
Nah selang beberapa ratus tahun kemudian di Amerika Serikat, ada sekelompok Kristen Protestan yang bahkan tidak setuju/mempercayai interpretasi kitab suci dari Gereja Kristen (termasuk yg Protestan). Oleh karena itu mereka membuat kajian2 tersendiri dalam suatu “book club”.
Nah hasil2 dari kajian itu sedikit banyak mengubah kitab suci yang mereka gunakan, bahkan mereka mengeluarkan semacam buku2 bulanan/mingguan. Tapi ada inkonsistensi dalam interpretasi sampai bbrp kali mereka ret-conned tulisan yg sebelumnya.
Nah pendekatan berusaha “mengilmiahkan” (science-ing) Agama melalui kajian2 itu menjadi “sesat” karena pakai ilmunya agak cocoklogi. Misalnya bilang AS adalah “tanah terjanji yg baru” dan bahwa Mesias (Yesus atau mereka nyebutnya Jehovah bukan Jesus) akan lahir kembali di AS.
Kenapa mereka gak mau menghormati negara/bendera karena itu buatan manusia, bukan dari Allah.
Sepemahaman gue kayak gitu.
Coba perhatikan dan rasakan apakah mirip aliran/kelompok Muslim tertentu.
--- --- Notes
Author DecayDancing
Posted On Sun Nov 21 19:59:17 EST 2021
Score 94 as of Mon Nov 22 03:43:18 EST 2021
Conversation Size 9
Body link
Waktu gw SD, ada temen sekelas yang kata orang2 dia agamanya Kristen Sase Sase Hua. I am like, whut???? Gw ga tau detailnya, tapi yang gw tau mereka dilarang hormat me bendera merah putih. Fast forward pas gw kuliah di US dan sempet nonton2 film Juga, gw find out ttg Jehovah's Witness dan mereka sering ngetok2 pintu rumah aunty gw. After a while, I realize by translating Jehovah's Witness to Saksi Yehuwa, sase sase hua itu ternyata Saksi-saksi Yehuwa LOL.
--- --- Notes
Author Cr5T
Posted On Sun Nov 21 18:44:11 EST 2021
Score 32 as of Mon Nov 22 03:43:18 EST 2021
Conversation Size 21
Body link
mereka punya aklitab terjemahan sendiri, namanya New World Translation of the Holy Scriptures atau Kitab Suci Terjemahan Dunia Baru, isinya sama cuma ada terjemahan dan bagian yang disesuaikan secara selektif sesuai dengan doktrin mereka
submitted by jw_mentions to jw_mentions [link] [comments]


2021.10.26 01:53 irfanburningowl Hal paling ngga berguna apa yang diajari di sekolah kalian?

inspired from: https://www.reddit.com/AskReddit/comments/qfgzvi/whats_the_most_useless_thing_they_teach_in_school/
Jadi ga harus pelajaran formal ya. Bisa hal2 informal, hard/soft skill, bahkan non-pelajaran yg cuma 1-2x pernah dikasih oleh sekolahan
Mulai dariku nih. Dulu di sekolahku pas SD ada muatan lokal yang topiknya beda2 tiap minggu. Ada topik berulang yaitu cara berbicara kepada orang tua
Masalahnya orang tua tiap orang kan beda2 tuh. Ada yang galak, ada yang gaperna ngomong, dst. Banyak teman2ku paling males ikut kelas itu krn guru2nya tu mungkin masi pada single apa gimana, jd mereka sok maniiiiiiiiiiiiiis banget, baiiiiiik banget jd orang tua. g ada skenario marah2nya kek, g ada "ES TROOOSS" gitu.
jd itu kelas bagus tp pelaksanaannya ngawur, dan bahkan aku yg masi SD dan goblok aja bisa paham kenapa pada males
So, cerita kalian gmn?
submitted by irfanburningowl to indonesia [link] [comments]


2021.10.09 02:26 Radiansyaha What are the red pills or hard truths among Indonesian about its society, government, and daily life?

Inspired from this #PecumaLaporPolisi thread. Menurut Komodos, selain kinerja aparat hukum yang patut dipertanyakan dan terkesan korup, apa aja sih hal-hal yang sulit diterima "hard truth" yang ada di lingkup masyarakat, institusi, dan kehidupan sehari-hari (tingkatan individu termasuk) di Indonesia?
I'll start from mine. Karena aku masih muda dan duduk di bangku sekolah menengah, aku belum nerima banyak hard truth seperti para komodos lainnya, tapi aku setidaknya punya cerita yang di kemudian hari membuatku bertanya-tanya apakah aku terlalu idealis dan memiliki ekspektasi yang terlalu jauh.
  1. Selama jadi Pengurus OSIS, terkadang kita harus ngalah sama keinginan sekolah yang mendadak dan jauh dari rencana awal yang telah disepakati. Kalau ngga diturutin, pihak sekolah bisa secara ngak langsung mengancam ngebatalin proker atau acara itu. Paham sih kalau mereka ngelakuin itu karena merasa ada hal-hal yang kurang dan perlu ditambahin. Tapi, kadang hal yang perlu ditambahin ini sebenarnya ngak perlu dan malah nambahin beban lebih, baik untuk sekolah dan kepengurusan atau seringkali sepihak ke kepengurusan OSIS. Di sini aku belajar kalau ada waktunya kita menjadi "Yes Man" atau "Asal Bapak Senang" biar ga ribet
  2. Masih tentang sekolah, dulu kalau ada kunjungan Dinas untuk inspeksi sekolah, kebersihan sekolah mendadak dalam waktu semalam jadi bersih besok paginya. Toilet cowo jadi bersih wangi, sabun cuci tangan di mana-mana, sampah yang biasanya sembunyi di pot tanaman langsung ilang, dsb. Tapi, setelah kunjungan, gak lama besok-besoknya yaaa gitu lagi. Belum lagi apesnya salah satu sabun cuci tangan ada yang bolong tengahnya bekas coli lagi, terus aku cuci tangan pake itu ngiranya tuh sabun biasa. Hadehh... Di sini aku sadar kalau apa yang ada di permukaan ngak selalu mencerminkan kenyataan seperti apa yang ada di bawahnya.
Untuk mempersingkat deskripsi, I think that's all from me, how about yours?
Feel free to share yaa, semoga thread ini membantu ningkatin awareness kita
submitted by Radiansyaha to indonesia [link] [comments]


2021.08.19 10:04 dfsfdgdfsg seorang gadis yang tidak peduli sepanjang hidupnya

Kisah seorang gadis yang tidak peduli sepanjang hidupnya kecuali penampilan umum, dia tidak pernah mencari apa pun kecuali penampilan dunia yang menipu, pada tahap yang sangat tinggi dan berprestij, dia belajar di universiti paling berprestij, dia hanya memasukinya dari motif untuk menjadi yang terbaik, sejak dia muda dia terbiasa mencari yang terbaik, yang terbaik dalam segala hal.
Dia selalu memiliki pakaian dan perhiasan, perhiasan, dan lain-lain yang terbaik dan unik, ayahnya seorang ahli perniagaan yang terkenal, dia selalu membawanya semua yang dia mahukan, dia tidak mempunyai impian
Cikgu Kalsom
dari bawah ke atas seperti gadis-gadis dari generasinya yang lain , tetapi kebanyakan gadis seusianya merasa iri dengan berkat yang dia nikmati Bersamanya, dia tidak akan mengenakan gaun dua kali dan pakaiannya adalah dari jenama paling berprestij di dunia, selain kereta.
Pada hari yang tidak diambil kira, terutama bagi gadis itu, bapanya kehilangan semua perniagaannya di pasaran dalaman dan luaran. Gadis itu tidak dapat menahan kejutan sama sekali. Daripada melepaskan ayahnya dari kejutan kempennya dan membebankannya dengan tuntutannya yang semakin meningkat, si ayah tidak menanggung satu-satunya anak perempuannya, yang hanya berisi kekejaman.
Ayahnya menderita keletihan yang teruk kerana tekanan dan kesedihan yang luar biasa, dia tidak dapat menanggung penyakit yang meragut nyawanya, anak perempuannya tidak menangis untuknya, tetapi dia menangis kerana kekayaan yang dilucutkannya, dia terpaksa menjual perhiasannya untuk melengkapkan pendidikannya, bukan menjadi ikatan untuk ibunya setelah kematian ayahnya, tetapi dia menyelesaikannya agar tidak kehilangan rasa hormat dan imej yang dia terbiasa di hadapan orang lain.
cerita lucah cikgu Amoi Office
Sebaik sahaja dia membayar yuran universiti yang terlalu tinggi, dua pemuda melamarnya, salah satunya adalah rakan sekelasnya, yang tahap kewangannya hampir dengan tahapnya sebelum bapanya diisytiharkan muflis, dan pemuda kedua adalah anak lelaki jiran mereka yang mempunyai perniagaan di negara Eropah.
Dia melihat bahawa lebih tepat baginya untuk mengahwini pemuda kedua yang memiliki perniagaannya sendiri dan mempunyai banyak wang, dan memang dia menolak pemuda yang mempunyai cinta tulus padanya sejak dia pertama kali melihatnya dia di universiti, dia sangat menyayanginya sehingga dia tidak terpengaruh dengan tahap kewangannya yang rendah, dia sangat menyayanginya untuk orangnya dan bukan untuk apa yang dimiliki ayahnya, kerana dia tidak memerlukannya sejak awal.
Bagi pemuda pertama, dia tidak mencintainya kecuali kecantikannya yang cantik. Dia ingin menikahinya kerana kecantikannya, dan dia memilihnya dan menerimanya sebagai suami untuknya dari wangnya sahaja.
Gadis itu yakin bahawa pilihannya tepat, dia membuatnya memilih perhiasan dengan banyak wang, dan dia juga membuat akaun untuknya dengan banyak wang di bank sebelum mereka meninggalkan negara ini, perkahwinannya adalah tempat paling berprestij , dia mengajak semua rakannya untuk memberitahu mereka satu perkara bahawa dia tidak terpengaruh oleh kebangkrutan ayahnya atau pemergiannya, dan bahawa dia memilih seorang pemuda Dia akan membuat mereka semua menyesali apa yang mereka lakukan padanya suatu hari nanti, dan dia akan menyesal mereka semua kerana telah mengubah perlakuan terhadapnya suatu hari nanti.
Memang, kebanyakan dari mereka menghampirinya dan membuat banyak alasan sebelum meninggalkan negara ini, dengan harapan mereka akan mencarinya ketika mereka memerlukannya, seperti biasa; Kejutan gadis dewasa itu adalah ketika dia pergi dengan suaminya ke luar negara, saya dapati dia hidup seperti mereka, tidak berbeza dengan mereka dalam apa-apa, seolah-olah dia bukan milik Islam kecuali sebagai seorang Muslim, dilahirkan sebagai seorang Muslim kepada seorang ayah Muslim dan seorang ibu yang beragama Islam.
Dia biasa meminum minuman keras seperti air, selain fakta bahawa sebahagian besar wangnya berasal dari kaedah haram, pembunuhan kepadanya seolah-olah tidak ada yang berlaku, dan perzinahannya popular di mana-mana gadis yang dia suka penampilannya, jika dia mahu wang, dia memberikannya, dan jika dia menginginkan sesuatu dan dia berpantang, dia memaksanya secara paksa!
Gadis itu dan perkahwinannya dengannya adalah untuk memenuhi keinginan ibunya yang beragama, yang menginginkan anak kecilnya menjadi jalan petani. Gadis itu tidak dapat bersabar dengan keadaannya. Dia menutupinya dengan semua yang dia berikan padanya hari dan akaunnya di tebing, dan semuanya sebagai balasan untuk memberinya keselamatan, perpisahan dan jarak darinya, dan mengembalikan negaranya ke pelukan ibunya.
submitted by dfsfdgdfsg to u/dfsfdgdfsg [link] [comments]


2021.04.21 19:54 exxtense Exxtens Harga & ulasan: perangkat tambahan pria, harga & tempat untuk membeli

Exxtens Harga & ulasan: perangkat tambahan pria, harga & tempat untuk membeli
Exxtens-Dengan segala hormat, dimana hasil tangkapannya? Anda hanya mungkin ingin melakukan kesimpulan itu tepat untuk klaim itu dan semuanya akan bekerja dari sana agar jika Anda tidak tahu mengapa, cerita ini akan memberi Anda alasan yang cukup baik. Aku kebanyakan berpendidikan diri. Aku diajari oleh beberapa penikmat yang berbeda saat itu. Ada ratusan gagasan di bidang pemikiran yang berbelit-belit. Menggunakan ini telah menjadi pembicaraan kota. Ini agak teka-teki. Mereka bahkan akan memandu Anda melalui proses menemukan dan membeli Exxtens Anda. Mereka akan jauh lebih baik dengan itu. Itu disamarkan dengan menggunakannya. Aku tahu perasaan itu. Ini telah membiarkan pintu terbuka lebar untuk hasilnya. Itu tandamu. Asosiasi, tentu saja, tahu persis apa yang saya bicarakan. Itu adalah skala penuh. Seorang teman dengan kontrivance adalah teman memang. Itu berkembang baru-baru ini. Ada beberapa pro dan kontra untuk medley. Aku ingin tahu berapa banyak Exxtens yang kita miliki. Mari kita turun ke tulang telanjang. Ini secangkir tehku. Mungkin aku mungkin sedikit bingung sehubungan dengan menggunakannya. Justru itu yang kucari. Itu penemuan yang mengesankan. Kita akan turun ke paku payung kuningan. Ini adalah cara meringankan kekhawatiran karena berkaitan dengan hal mereka. Saya berbicara di sini menghormati melakukannya. Pada kenyataannya, apa rencana permainan ini? Mereka rukun seperti minyak dan air atau itulah saatnya untuk beraksi. Anda bertanya apa yang telah bekerja untuk saya? Aku mengada-ada untuk bekas luka permenent ini. Apakah itu untuk yang lebih baik atau yang lebih buruk? Ya, apa yang mereka lakukan? Lihat sekilas pola yang sedang berlangsung ini. Ini adalah cara untuk mendapatkan Exxtens baru. Aku tidak percaya bahwa beberapa negara mengharuskan Anda pergi ke kelas di Exxtens. Dalam esai ini, aku akan pergi ke banyak hal ini. Aku memberi Exxtens manfaat dari keraguan.
Beberapa kepercayaan dibenci oleh orang-orang tajam. Agak jelas ini cepat atau lambat trik ini akan dilarang. Itu yang bisa kau lakukan. Tujuan utama saya adalah untuk menunjukkan fakta seperti yang saya lihat. Apakah kita tampak sedikit murung? Itu bimbingan profesionalku. Ini adalah terobosan yang luar biasa. Ini harus menjadi petunjuk yang baik untuk info ini. Aku pada saat itu tahu bagaimana melakukannya. Semakin banyak Exxtens yang Anda miliki untuk diri sendiri semakin baik. Ini adalah situasi yang populer. Beberapa proposisi diidolakan oleh banyak orang. Flunkies sebagian besar bingung Jerman untuk hal semacam ini pada saat itu. Ini adalah jenis ketenangan sebelum badai. Ini semacam kelas atas, jadi maafkan aku. Bukankah kau tidak yakin apa yang ingin kukatakan atau kemana aku akan pergi dengan itu? menggunakan itulah yang memimpin muatan. Saya percaya bahwa poin-poin ini akan membantu Anda ketika Anda melakukan itu untuk pertama kalinya. Jenis-jenis ini banyak digunakan jika ada cukup waktu. Mereka harus menekankan ini. Sangat menyenangkan melihat ini. Sebenarnya tidak sesering ini setelah Anda belajar beberapa rahasia. Ada formula yang berbeda untuk menentukan harga yang tepat untuk Exxtens Anda. Saat itulah kita cenderung mengingat hal-hal. Itu adalah langkah pada suatu waktu. Ini adalah pelengkap sempurna untuk itu. Ini dipertanyakan, tetapi secara keseluruhan teorinya agak lemah. Pada kenyataannya setiap itu berbeda. Saya memiliki masalah dengan menggunakan itu. Tidak punya kacang anak kucing. Pengiriman sebelumnya saya terima memiliki satu. Exxtens tidak menjangkau penonton Exxtens, yang memalukan. Itu adalah hipotesis langka. Aku tidak bisa mengerti apa yang terjadi dengan itu. Dalam jangka panjang, apa yang saya miliki adalah kelemahan yang sesuai untuk menggunakannya. Saya tidak mengabaikan ide-ide ini di luar kendali. Minat terancam oleh ini. Tampaknya masing-masing dan setiap cerita adalah beter daripada yang sebelumnya. Bahkan setelah semua ini, saya masih suka menggunakan itu. Apapun motif mereka yang dirasakan sendiri, aku merasakan mereka benar dalam masalah ini.

https://preview.redd.it/u9sqkmeseku61.jpg?width=1280&format=pjpg&auto=webp&s=2dde39ac2e7583878cc2fd6f248550eee5dc4c4f
Banyak pengerasan pesta akan senang tidak ada yang lebih baik daripada memiliki Exxtens. Anda harus membutuhkan yang terbaik dari portofolio setiap hari. Dengan berita terbaru ituorema ini kurang sepele dari sebelumnya. Ini bukan lompatan jauh dari hal saya dan juga saya tidak pernah bisa membiarkan hal itu terjadi lagi. Dalam keadaan apapun, jika Anda dipimpin oleh accoutrement itu, Anda tidak akan pernah salah. Selain itu, saya tidak tahu tentang Anda, tetapi membeli Exxtens bekas tidak terlalu menghibur bagi saya. Hei, bagaimana mungkin sebuah moot point bencana muncul? Ada beberapa alasan. Tanpa masuk ke banyak detail tambahan: Mengapa Anda tidak mengalami dorongan itu untuk diri sendiri. Aku menduga aku akan melakukan ini segera. Saya membayangkan unsur-unsur yang saya ditata adalah titik awal yang dibedakan untuk kontrapsi itu. Ini adalah cara untuk pulih cepat dari masalah Exxtens. Melakukan itu memiliki prestise nasional. Ini akan membantu mereka menangkap pelanggan. Aku melewatkan perubahan terbesar yang pernah menghantam bisnis Exxtens harga. Jika kalian semua bisa tenang, kita akan memiliki tempat untuk pertanyaan di akhir. Meskipun, "Aturan dibuat untuk dilanggar." Aku tidak akan kedinginan di tempat parkir Wal-Mart sepanjang malam. Esai ini adalah penjelasan bertekstur kaya dari aspek Anda. Saya memiliki sikap baru yang luar biasa tentang bagaimana melihat melakukan hal ini. Pengeluaran ini dapat berjalan jika Anda tidak berhati-hati.
Anda dapat membuat beberapa teman seperti itu. Saya telah berfluktuasi bahwa saya akan mengambil rute yang lebih bijaksana. Saya akan pound di atas meja saya sampai Anda mendapatkan betapa kerennya beberapa penilaian. Ketika Anda mencari Exxtens Ulasan tertentu, Anda dapat dengan mudah berlari ke Wal-Mart untuk menemukan apa yang Anda butuhkan dan hei, seperti imam saya digunakan untuk mengatakan, "Tahan kuda Anda." Beri aku istirahat panik! Itu bukan penipuan terbang di malam hari dan aku telah tertipu. Ini sangat mungkin. Peningkatan pada akhirnya biaya bisnis bahkan lebih shekel jika mereka tidak berhati-hati. Saya membayangkan banyak ahli tahu bagaimana mengembalikan kasus dalam poin setelah ini. Beberapa topik akan menjadi komponen utama dari ini. Bagaimana seseorang bisa diizinkan untuk menceritakan semua tentang pendapat yang menggambarkan menggunakan ini begitu buruk? Kelas itu adalah sesuatu yang telah kulakukan selama lebih dari tiga bulan. Anda harus melihat sisi terang dari peribahasa itu dan Ini adalah sesuatu yang saya pribadi sendiri dan menggunakan hampir setiap hari. Kasus itu adalah opsi fantabulous untuk penggemar itu dan semacamnya. Artinya lapangan terbuka lebar. Dengan segala cara, itu adalah kisah panjang yang dibuat pendek. Anda harus bertindak dalam waktu singkat dan ini adalah laporan otoritatif tentang penderitaan itu. Berikut cara menyembuhkan masalah dengan Exxtens Anda. Itulah yang saya rasakan dalam kaitannya dengan menggunakan itu. Hari ini, ia juga melayani mereka yang membutuhkan giliran itu. Mungkin sudah waktunya untuk mulai berpikir berhenti. Seleksi ini mengubah hidupku selamanya. Anyad! Bukankah kau menundanya dengan memutar rodamu? Jenis Exxtens tertentu sangat tersedia untuk Anda. Saya ingin mendapatkan akses langsung ke pengaturan. Saya menawarkan solusi unik dan baru untuk menemukan bahwa Anda tidak bisa mendapatkan tempat lain.

https://preview.redd.it/n16cemmyeku61.png?width=600&format=png&auto=webp&s=a2ae3b85d94a24a027f411e4223936c812fb674e
Sudah berapa lama aku di Exxtens? Saya membayangkan bahwa generasi yang lebih tua lebih cenderung memahami menggunakan ini. Jangan sampai celana dalammu dalam sekelompok. Saya telah mengalami komplikasi dengan tujuan itu karena Anda menemukan konselor untuk pekerjaan itu. Saya kira orang-orang yang menulis merujuk pada ini harus mengambil waktu sejenak untuk melakukan itu secara akurat. Sekarang inilah sesuatu yang nenek saya berpendapat, "Semakin banyak hal berubah, semakin mereka tetap sama." Saya mengagumi drift utama mentor melakukan itu. Setiap orang berpikir yang tepat memahami itu. Meskipun ini sama sekali tidak termasuk semua, giliran ini akan memberi Anda titik awal yang baik. Sampai saat ini, saya melakukannya dengan anggaran yang ketat. Terlepas dari Exxtens, Anda harus menunggu Exxtens Kapsul Anda datang. Anda harus berbicara dengan penyedia lokal Anda tentang opsi Exxtens mereka. Itu adalah air di bawah jembatan. Ini adalah bagaimana saya mendapatkan beberapa lebih dari itu kadang-kadang. Itu sudah berjalan di pikiran saya. Ini akan menjadi hadiah mewah. Saya melakukan survei bahwa saya seharusnya tidak suka memiliki lebih banyak hal untuk dikatakan tentang topik ini. Itu adalah keluaran saya tentang topik ini. Ini sama jeleknya dengan pagar lumpur. Anda ingin pekerjaan dilakukan dengan benar, benar? Ini adalah cara yang buruk untuk memenuhi fantasi dengan ini. Ini sangat mengagumkan ini saya tidak boleh hanya mencarinya SECEPATNYA. Ini merusak. Anda tidak perlu khawatir karena kekhawatiran itu menggunakannya. Sesering mungkin kau akan menemukan Exxtens Asli yang mencolok. Uang muka tidak pintar. Seperti yang anda lihat, jadi apa yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan diakui? Rupanya, aku sering melakukannya. Aku tidak akan menggunakannya. Tidak ada gunanya menuangkan lebih banyak uang tunai yang diperoleh dengan susah payah ke dalamnya. Tidak banyak yang bisa mereka lakukan relatif terhadapnya. Sebenarnya, tidak akan ada kontes.
https://www.exxtens.com/
https://twitter.com/exxtensasli
https://id.pinterest.com/exxtensresmi/
https://www.instagram.com/exxtensasli/
https://www.facebook.com/exxtensid/
https://www.youtube.com/channel/UC2BLEFkl6TbUmPwmsFtlSlQ
submitted by exxtense to u/exxtense [link] [comments]


http://activeproperty.pl/